10 Anggapan yang Salah Tentang Nutrisi Sehat

nutrisi.jpg

Banyak orang yang mempercayai berbagai mitos diet yang cukup menyesatkan. Meskipun bahan makanan tertentu mempunyai manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti makanan tersebut bisa dikonsumsi secara berlebihan, begitu juga sebaliknya.

Berikut 10 anggapan yang seringkali salah mengenai nutrisi, seperti yang dikutip dari detikhealth:

1. Mengurangi asupan buah karena banyak mengandung gula
Meskipun benar bahwa buah mengandung gula, namun gula tersebut merupakan gula buah alami dan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Fruktosa yang ditemukan dalam buah akan membantu mengolah tumpukan glikogen dalam hati. Hal tersebut merupakan salah satu faktor keputusan apakah tubuh akan melepaskan energi atau tidak.

2. Menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hati
Banyak orang yang menganggap bahwa bahan herbal cukup aman, sehingga seringkali menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hati.

Meskipun bahan herbal alami, tetapi bukan berarti tanpa efek samping. Sebelum menggunakan ramuan herbal tertentu, pastikan bahwa ramuan tersebut telah diuji secara klinis.

3. Hanya memikirkan jumlah kalori untuk menurunkan berat badan
Meskipun benar bahwa jumlah kalori dalam diet akan menentukan apakah akan menaikkan atau akan mengurangi berat badan.

Tetapi ingatlah bahwa jenis kalori dalam asupan makanan akan menentukan bagaimana mudahnya untuk mencapai tingkat kalori yang diinginkan. Jika tidak makan apa-apa selain junk food atau makanan ringan olahan, mungkin akan menyebabkan meningkatknya gula darah dan akan lebih mudah lapar.

4. Menghindari semua daging merah
Jangan berpikir untuk menghindari daging merah, karena daging merah memasok sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun otot tubuh, termasuk zat besi, seng, dan vitamin B12. Cukup memilih potongan sirloin yang lebih tidak berlemak seperti steak, daging rusa, atau daging bagian lain.

5. Mempertahankan kebiasaan diet sehat secara berlebihan
Mempertahankan kebiasaan diet sehat, bukan berarti membiarkan pola makan yang monoton.

Hal tersebut justru akan menyebabkan kebosanan makanan yang cukup serius. Jika mempertahankan pola diet sehat secara berlebihan juga lebih mungkin dapat menderita kekurangan gizi. Pola makan diet harus diselingi dengan makanan lain, atau merencanakan menu diet yang lebih bervariasi.

6. Mengabaikan rempah-rempah
Sumber kalori seringkali bersembunyi dibalik rempah-rempah atau bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak makanan. Sebaliknya, bumbu dan rempah-rempah dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Bumbu dan rempah-rempah dapat menawarkan manfaat bagi kesehatan dan akan menambah rasa tanpa kalori.

7. Terlalu sering mengonsumsi minuman olahraga
Mengonsumsi minuman olahraga terlalu sering selama latihan sebelum mengalami dehidrasi tidak baik. Kecuali jika berolahraga selama berjam-jam berturut-turut.

8. Mengandalkan multivitamin
Banyak orang yang kurang menyukai rasa berbagai sayuran sehingga beralih pada suplemen atau multivitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Multivitamin dimaksudkan untuk membantu mengisi kesenjangan gizi, bukan untuk pengganti total. Meskipun terdapat manfaat dari multivitamin untuk kesehatan, tetapi sebaiknya harus mendapatkan nutrisi langsung dari sumbernya.

9. Buah dan sayuran segar lebih baik daripada yang dibekukan
Banyak orang yang mempercayai bahwa, mengonsumsi buah dan sayuran segar lebih baik bagi kesehatan daripadabuah dan sayuran yang telah dibekukan.

Sebenarnya, buah dan sayuran beku dapat memiliki gizi yang sama dan dapat jauh lebih nyaman untuk dikonsumsi.

10. Mengurangi kalori secara berlebihan dapat membakar lemak
Banyak orang beranggapan bahwa, mengurangi kalori secara berlebihan dapat menyebabkan lemak yang telah menumpuk pada tubuh dapat terbakar.

Mengurangi kalori ketika sedang tidak terlalu membutuhkan energi akan jauh lebih efektif. Jika merasa telah menjalani cara diet yang salah, maka pastikan segera untuk menerapkan perubahan yang sesuai.

(ir/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) menunjukkan tren yang semakin meningkat di Indonesia. Rehabilitasi narkoba merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan para pengguna dari belenggu narkoba. Untuk itu ada beberapa tahapan rehabilitasi narkoba yang perlu dilakukan. Data yang diperoleh dari survei Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Pusat Penelitian Kesehatan UI tahun 2008 mengungkap, angka prevalensi pengguna narkoba sekitar 1,9% dari seluruh penduduk Indonesia, dengan kisaran usia 10 sampai 60 tahun. Hanya dalam tiga tahun kemudian, angka prevalensi meningkat menjadi 2,2%. Yang berarti sekitar 4 juta penduduk Indonesia tercatat sebagai penyalahguna narkoba. Penyalahgunaan narkoba sebagian besar diawali dengan upaya coba-coba dalam lingkungan sosial. Semakin lama pemakaian, maka risiko kecanduan semakin tinggi. Jika terus dilanjutkan, maka dosis narkoba yang digunakan juga akan semakin besar untuk mencapai kondisi yang diinginkan (teler). Hingga pada titik tak mampu melewatkan satu hari tanpa narkoba. Beberapa gejala yang menandakan seseorang sudah dalam tahap kecanduan antara lain keinginan untuk mengonsumsi narkoba setiap hari atau beberapa kali dalam [...]

Apakah HIV Menular Melalui Ludah?

Apakah HIV Menular Melalui Ludah?

Berkembangnya jumlah penderita HIV/AIDS merupakan suatu masalah utama dalam bidang kesehatan. Penyakit yang banyak menyerang usia produktif ini cukup meresahkan karena sampai pada saat ini belum benar-benar ada terapi yang dapat menyembuhkan. Maka pengetahuan masyarakat mengenai HIV dan bagaimana pencegahan penularannya harus ditingkatkan agar angka penularan infeksi penyakit ini dapat ditekan. Apakah itu HIV? Berikut penjelasannya: Apa Itu HIV? Sering kali kita mendengar istilah HIV, tapi apakah anda tahu persis apakah itu HIV?. HIV adalah merupakan suatu retrovirus yang menyerang sel CD4 yang merupakan komponen sistem kekebalan tubuh manusia, dan kemudian akan menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), dimana kondisi imunologinya sudah turun dan keadaan ini cukup fatal karena bisa menyebabkan kematian. Rusaknya sistem kekebalan tubuh akibat serangan virus HIV menyebabkan penderita rentan terhadap infeksi mikroorganisme yang bahkan dalam keadaan normal mikroorganisme tersebut tidak berbahaya. Beberapa Infeksi ini mempunya tanda dan gejala dalam rongga mulut,dan dapat digunakan sebagai parameter tingkat keparahan perkembangan penyakit HIV/AIDS. [...]

Penggunaan Obat Tetes Mata yang Tepat

Penggunaan Obat Tetes Mata yang Tepat

Ketahui dengan benar bagaimana penggunaan obat tetes mata yang tepat demi kesehatan mata Anda. Saat Anda mengalami gangguan mata seperti mata terasa kering atau mata merah, penggunaan obat mata bisa menjadi salah satu solusi. Namun sebelum menggunakannya ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu cara penggunaan dan kandungan yang ada dalam obat tersebut. Kandungan dasar obat tetes mata adalah saline atau air mengandung garam. Bahan tambahan dari masing-masing obat tetes mata disesuaikan dengan tujuan penggunaan, bisa berupa bahan pelumas, air mata buatan, mengatasi kemerahan dan lain sebagainya. Bagaimana Cara Pakainya? Berikut langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan ketika menggunakan obat tetes mata : Cek botol kemasan obat tetes mata yang akan digunakan. Obat tetes mata harus dalam kondisi steril ketika digunakan. Cuci tangan hingga bersih sebelum menggunakan obat tetes mata. Dongakkan wajah, kemudian tarik kelopak mata bagian bawah dengan perlahan. Tekan kemasan obat tetes mata ke kelopak mata bagian bawah. Kemudian, kedipkan mata agar obat tetes mata itu menyebar ke seluruh bagian mata. Jangan sampai ujung botol atau kemasan obat tetes mata menyentuh permukaan mata. Hal in [...]

Nyaman Memakai Gigi Palsu

Nyaman Memakai Gigi Palsu

Selain mengganggu proses mengunyah makanan dan berbicara, gigi yang tidak lengkap juga bisa mengurangi estetika wajah seseorang. Namun tenang saja karena masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan gigi palsu. Tertarik mengisi kekosongan di mulut dengan gigi palsu? Baca dulu informasinya di bawah ini. Gigi palsu adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Terbuat dari bahan plastik atau logam yang diproduksi khusus agar sesuai gigi dan gusi asli, gigi palsu dapat memberi efek tampilan yang alami. Jenis-jenis Gigi Palsu Ada dua tipe gigi palsu, yaitu gigi palsu lengkap dan gigi palsu parsial. Gigi Palsu Lengkap Gigi palsu jenis ini digunakan jika semua gigi Anda hilang. Gigi palsu lengkap ada yang dapat dibuat ?segera? dan dipasang setelah gigi Anda dicabut. Karena pembuatannya yang cepat, gigi palsu ini memerlukan penyesuaian lebih lama di mulut karena gusi dan tulang di bawah gigi yang sudah dicabut biasanya akan mengecil. Maka biasanya gigi ini hanya dijadikan solusi sementara. Tapi ada pula yang pemasangannya harus menunggu dua hingga tiga bulan pasca mencabut gigi atau setelah jaringan gusi sembuh. Jenis ini dinamakan gigi palsu lengkap ?konvensional? dan bisa dipasan [...]

Diabetes Mengancam

Diabetes Mengancam

Apabila sebelumnya badan kesehatan dunia, WHO, memprediksikan kasus diabetes akan meningkat hingga mencapai 438 juta manusia seluruh dunia di tahun 2030 pada the World Diabetes Atlas 2009, kini kemungkinan itu meningkat menjadi 522 juta sesuai data terbaru dari The International Diabetes Federation. Bahkan dikatakan bahwa 1 dari 10 orang merupakan penderita diabetes baik itu diabetes tipe 1 maupun 2. Bahkan WHO memprediksikan 21,3 juta penduduk Indonesia terancam terserang diabetes mellitus pada tahun 2030 seperti dilansir dalam Jawa Pos minggu kemarin (13/11). Hal ini memberikan kekhawatiran tersendiri bagi Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2-PL) Kemenkes Tjandra Yoga Aditama, karena membawa Indonesia menduduki rangking 4 dunia dalam tingginya kasus diabetes setelah Amerika Serikat, Tiongkok dan India. Hal ini perlu menjadi perhatian publik akan perlunya mencegah prediksi tersebut dengan mengubah pola hidup dan pola makan yang sehat. Meskipun diabetes merupakan salah satu penyakit turunan, namun penyakit ini semakin berkembang dan banyak diderita orang banyak akibat semakin maraknya makanan dan minuman siap saji dengan penggunaan gula maupun pemanis buatan. [...]

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Hampir 1 dari 10 orang Indonesia mengalami infeksi hepatitis B. Vaksinasi hepatitis B menjadi salah satu jenis yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Orang dewasa pun dapat menghindari diri dari infeksi berbahaya dengan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksin hepatitis B dimaksudkan untuk menangkal infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Vaksinasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai akibat yang dapat ditimbulkan infeksi hepatitis B, seperti kanker hati dan sirosis. Vaksinasi hepatitis B dapat diberikan bersama dengan vaksin lain, selain pemberian tunggal. Vaksinasi ini dapat melindungi dari infeksi hepatitis B dalam jangka panjang, bahkan seumur hidup. Rekomendasi Vaksinasi Vaksinasi hepatitis B diharapkan dapat melindungi bayi dan anak-anak sebagai golongan yang berisiko tinggi terkena infeksi kronis. Bagi anak-anak hingga remaja berusia kurang dari 19 tahun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi hepatitis B, direkomendasikan untuk segera mendapatkannya, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penyebaran hepatitis terbanyak. Orang dewasa juga bukan berarti tidak berisiko terkena infeksi hepatitis B. Terdapat beberapa kondisi tertentu [...]

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Konsumsi 10 Makanan Ini untuk Memperlambat Penuaan

Semakin bertambahnya umur kita perlu menjaga pola makanan dan nutrisi yang diasup. Jika tidak begitu, berbagai penyakit bisa menyerang. Gloria Tsang, founding editor di website HealthCastle, menyarankan untuk memilah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tetapi mengkombinasi makanan untuk sehari-hari tidaklah mudah. Berikut makanan yang dapat membantu penuaan, seperti diulas eHow. 1. Biji-bijian dan Gandum UtuhBiji-bijian merupakan komponen yang sangat penting dalam mengatur pola makan yang sehat karena dapat mencegah diare. Serat yang terkandung di dalamnya bisa mempengaruhi pembentukan feses. Campurkan biji-bijian bisa dimasukkan ke dalam kandungan kue atau sebagai pengganti nasi. Gandum juga merupakan sumber serat yang bagus untuk memperlancar pencernaan. 2. Kacang-kacanganMakanan yang juga penting untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung kadar serat yang tinggi, protein, dan potasium . Karena kandungan potasiumnya tinggi, makanan ini cocok untuk mereka yang menderita penyakit darah tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga dapat digunakan sebagai pengganti daging bagi para vegetarian karena kandungan proteinnya tinggi.3. KentangSelain kacang, kentang [...]

10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas

10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas

Otak anak berkembang dengan sangat cepat pada tiga tahun pertama kehidupannya, yang disebut sebagai golden period. Otak terdiri dari jutaan neuron yang saling berhubungan satu sama lain. Semakin banyak hubungan neuron yang terbentuk, anak akan semakin pintar. Pembentukan koneksi antar neuron dapat dipicu oleh faktor lingkungan seperti warna, suara, bau, gerakan, sentuhan, dan sebagainya. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan orang tua untuk menstimulasi kecerdasan si kecil: 1. Biarkan dan ajak anak bermain Ajaklah anak bermain, akan lebih baik jika bermain dengan anak usianya. Selain mengasah otak juga dapat mengajarkan cara bersosialisasi. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usianya. Untuk anak usia 12-24 bulan, dapat menggunakan mainan dengan beragam bentuk (balok, segitiga, bola, binatang), boneka, mainan yang bisa berjalan (mobil-mobilan, kereta), buku berwarna, dan sebagainya. Silakan klik ?next? untuk selanjutnya. 10 Cara Stimulasi Otak untuk Anak Cerdas 2. Floor time Sempatkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama Anda (orang tua) dengan buah hati untuk berinteraksi dan bermain. 3. Musik Mengenalkan berbagai jenis musik terhadap anak dapa [...]

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Pada tahun 2000 jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia mencapai 8,4 juta orang. Jumlah itu terus meningkat, dan pada 2030 diperkirakan mencapai 21,3 juta orang. Ironisnya dari jumlah itu, baru 50% yang sadar mengidapnya dan di antara mereka hanya 30% yang datang berobat teratur. Diabetes melitus menyebabkan kematian yang lebih banyak daripada korban HIV/AIDS. Sedangkan dikutip dari data yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah pengidap diabetes melitus di Indonesia merupakan yang terbanyak ke-empat di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Nasi putih adalah makanan yang mempunyai kadar gula yang tinggi. Sayangnya jika nasi putih dikonsumsi terlalu banyak dan tidak disertai dengan olahraga yang cukup, maka level glukosa dalam darah akan meningkat sehingga dapat memicu risiko seseorang terkena diabetes. Maka dari itu, jika rencana pemerintah membuat program 'Sehari Tanpa Nasi' atau 'One Day No Rice' menuai pro kontra, praktisi kesehatan justru melihat banyak manfaatnya untuk kesehatan rakyat. Memang sulit untuk mengganti pola pikir masyarakat tentang nasi. Bahkan, sampai ada pepatah bahwa ?belum makan namanya jika belum memakan nasi?. Nasi puti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *