10 Anggapan yang Salah Tentang Nutrisi Sehat

nutrisi.jpg

Banyak orang yang mempercayai berbagai mitos diet yang cukup menyesatkan. Meskipun bahan makanan tertentu mempunyai manfaat untuk kesehatan, namun bukan berarti makanan tersebut bisa dikonsumsi secara berlebihan, begitu juga sebaliknya.

Berikut 10 anggapan yang seringkali salah mengenai nutrisi, seperti yang dikutip dari detikhealth:

1. Mengurangi asupan buah karena banyak mengandung gula
Meskipun benar bahwa buah mengandung gula, namun gula tersebut merupakan gula buah alami dan tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Fruktosa yang ditemukan dalam buah akan membantu mengolah tumpukan glikogen dalam hati. Hal tersebut merupakan salah satu faktor keputusan apakah tubuh akan melepaskan energi atau tidak.

2. Menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hati
Banyak orang yang menganggap bahwa bahan herbal cukup aman, sehingga seringkali menggunakan bahan herbal dengan tidak hati-hati.

Meskipun bahan herbal alami, tetapi bukan berarti tanpa efek samping. Sebelum menggunakan ramuan herbal tertentu, pastikan bahwa ramuan tersebut telah diuji secara klinis.

3. Hanya memikirkan jumlah kalori untuk menurunkan berat badan
Meskipun benar bahwa jumlah kalori dalam diet akan menentukan apakah akan menaikkan atau akan mengurangi berat badan.

Tetapi ingatlah bahwa jenis kalori dalam asupan makanan akan menentukan bagaimana mudahnya untuk mencapai tingkat kalori yang diinginkan. Jika tidak makan apa-apa selain junk food atau makanan ringan olahan, mungkin akan menyebabkan meningkatknya gula darah dan akan lebih mudah lapar.

4. Menghindari semua daging merah
Jangan berpikir untuk menghindari daging merah, karena daging merah memasok sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun otot tubuh, termasuk zat besi, seng, dan vitamin B12. Cukup memilih potongan sirloin yang lebih tidak berlemak seperti steak, daging rusa, atau daging bagian lain.

5. Mempertahankan kebiasaan diet sehat secara berlebihan
Mempertahankan kebiasaan diet sehat, bukan berarti membiarkan pola makan yang monoton.

Hal tersebut justru akan menyebabkan kebosanan makanan yang cukup serius. Jika mempertahankan pola diet sehat secara berlebihan juga lebih mungkin dapat menderita kekurangan gizi. Pola makan diet harus diselingi dengan makanan lain, atau merencanakan menu diet yang lebih bervariasi.

6. Mengabaikan rempah-rempah
Sumber kalori seringkali bersembunyi dibalik rempah-rempah atau bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak makanan. Sebaliknya, bumbu dan rempah-rempah dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Bumbu dan rempah-rempah dapat menawarkan manfaat bagi kesehatan dan akan menambah rasa tanpa kalori.

7. Terlalu sering mengonsumsi minuman olahraga
Mengonsumsi minuman olahraga terlalu sering selama latihan sebelum mengalami dehidrasi tidak baik. Kecuali jika berolahraga selama berjam-jam berturut-turut.

8. Mengandalkan multivitamin
Banyak orang yang kurang menyukai rasa berbagai sayuran sehingga beralih pada suplemen atau multivitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Multivitamin dimaksudkan untuk membantu mengisi kesenjangan gizi, bukan untuk pengganti total. Meskipun terdapat manfaat dari multivitamin untuk kesehatan, tetapi sebaiknya harus mendapatkan nutrisi langsung dari sumbernya.

9. Buah dan sayuran segar lebih baik daripada yang dibekukan
Banyak orang yang mempercayai bahwa, mengonsumsi buah dan sayuran segar lebih baik bagi kesehatan daripadabuah dan sayuran yang telah dibekukan.

Sebenarnya, buah dan sayuran beku dapat memiliki gizi yang sama dan dapat jauh lebih nyaman untuk dikonsumsi.

10. Mengurangi kalori secara berlebihan dapat membakar lemak
Banyak orang beranggapan bahwa, mengurangi kalori secara berlebihan dapat menyebabkan lemak yang telah menumpuk pada tubuh dapat terbakar.

Mengurangi kalori ketika sedang tidak terlalu membutuhkan energi akan jauh lebih efektif. Jika merasa telah menjalani cara diet yang salah, maka pastikan segera untuk menerapkan perubahan yang sesuai.

(ir/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Obat Anti Nyeri sebelum Olahraga: Baik atau Buruk?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Mengkonsumsi obat anti nyeri atau painkillers seperti ibuprofen untuk mencegah nyeri setelah olahraga bukan hal yang asing bagi populasi atlet. Bahkan beberapa atlet berpikir bahwa hal ini dapat meningkatkan performa saat berolahraga karena menghilangkan nyeri. Akan tetapi, tindakan ini justru dapat menimbulkan bahaya menurut penelitian baru yang diterbitkan di Medicine & Science in Sports & Exercise. Penelitian yang dilakukan di Belanda oleh dr. Kim van Wijck, seorang residen bedah di ORBIS Medical Center, Masstricht, mempertanyakan penggunaan obat anti inflamasi ibuprofen sebelum dan sesudah olahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa ibuprofen justru menimbulkan cedera setelah olahraga di usus halus pada laki-laki sehat yang terlatih dalam melakukan olahraga endurance. Dalam penelitian ini, van Wijck mengevaluasi 9 laki-laki sehat yang aktif berolahraga dengan usia rata-rata 27 tahun. Para subyek penelitian menghabiskan waktu 3 hingga 10 jam per minggu melakukan olahraga endurance. Van Wijck sebelumnya telah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa olahraga mempunyai efek menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Selain itu, obat anti inflamasi [...]

Menghindarkan Penularan HIV dari Ibu kepada Bayi

Menghindarkan Penularan HIV dari Ibu kepada Bayi

Wanita dengan HIV yang menjalani pengobatan antiretroviral di masa kehamilan dapat mengurangi risiko penularan virus HIV kepada bayi mereka hingga di bawah 1 persen. Wanita hamil yang hidup dengan HIV berisiko meneruskan virus yang diidapnya kepada bayi ketika masih di dalam kandungan, selama proses persalinan, dan saat menyusui. Namun risiko ini dapat dikurangi dengan menjalani pengobatan. Mengurangi Risiko Risiko penularan virus HIV dari ibu kepada bayi dapat diminimalisasi dengan cara-cara berikut ini. Menjalani terapi kombinasi atau terapi antiretroviral (highly active antiretroviral therapy/HAART) selama masa kehamilan. Sekitar 1 dari 4 bayi yang lahir dari ibu yang positif mengidap HIV dan tidak menjalani terapi ini akan mengidap HIV. Bayi menerima pengobatan antiretroviral pada saat proses persalinan dan setelahnya. Tidak memberikan ASI tapi memberikan susu kepada bayi dengan botol. Jika virus HIV sejak awal telah diantisipasi dengan baik dan tidak terdeteksi dalam darah, melahirkan dengan proses normal tidak akan meningkatkan risiko penularan HIV kepada bayi. Namun pada kasus lain, dokter dapat merekomendasikan ibu hamil untuk melahirkan secara caesar untuk mengurangi r [...]

Tips Berolahraga yang Aman Selama Kehamilan

Tips Berolahraga yang Aman Selama Kehamilan

Mempertahankan rutinitas olahraga selama kehamilan dapat membantu Anda tetap sehat serta memperbaiki postur tubuh dan mengurangi beberapa ketidaknyamanan seperti sakit punggung dan kelelahan. Ada penelitian bahwa berolahraga dapat mencegah diabetes gestasional (diabetes yang berkembang selama kehamilan), menghilangkan stres, dan membangun lebih banyak stamina yang dibutuhkan untuk persalinan. Olahraga apa yang aman selama masa kehamilan? Olahraga yang paling aman adalah berenang, jalan cepat, bersepeda dalam ruangan, dan aerobik ringan. Tenis dan badminton umumnya aman, tetapi perubahan keseimbangan selama kehamilan dapat mempengaruhi gerakan olahraga. Jogging juga diperbolehkan asal tidak dilakukan secara berlebihan. Olahraga apa yang harus dihindari selama masa kehamilan? Olahraga yang berpotensi membuat jatuh seperti menunggang kuda Olahraga softball, sepak bola, basket, dan voli Olahraga yang membutuhkan gerakan melompat-lompat secara berlebihan Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk berolahraga? Berikut penjelasannya: Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk berolahraga? Bila Anda memiliki masalah medis seperti asma, jantung, atau diabetes, olahraga [...]

Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan

Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan

Setelah melahirkan, ibu kadang ingin langsung melakukan diet agar badannya kembali seperti dulu. Tapi diet yang salah bisa membuat ibu tidak mendapatkan gizi yang baik dan mempengaruhi kesehatan anak yang menyusu. Seorang ibu membutuhkan energi yang bisa memproduksi makanan untuk mengatasi perubahan hormon atau fisiologis yang terjadi dalam tubuhnya, memenuhi permintaan gizi bayi sementara ia masih menyusui bayinya. Ibu menyusui harus mencakup makanan tertentu yang bisa meningkatkan produksi susunya. Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup dari sumber makanan luar, maka ia akan mengekstrak dari tubuh ibu dan bisa jadi produksinya berkurang. Berikut ini adalah makanan diet sehat bagi ibu yang baru melahirkan, seperti dikutip dari Lifemojo, Senin (16/1/2012). Klik next. Diet Sehat untuk Ibu yang Baru Saja Melahirkan Beras merah Mengurangi karbohidrat bisa menyebabkan produksi energi dan susu pada ibu menyusui lebih sedikit. Untuk itu konsumsi nasi merah agar produksi energi tetap meningkat sehingga bisa memasok kalori yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi susu. Produk susu Produk susu seperti yoghurt, keju dan susu kaya akan kalsium dan sum [...]

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Antibiotik

Jangan Sembarangan Mengonsumsi Antibiotik

Kini menggunakan antibiotik tanpa resep dokter sebagai bagian pengobatan sendiri makin banyak dilakukan. Padahal antibiotik merupakan jenis golongan obat resep dan tidak semestinya dapat dibeli secara bebas. Sangat penting untuk mendapatkan petunjuk dan anjuran dari dokter sebelum mengonsumsi obat antibiotik. Yang perlu diketahui adalah jenis antibiotik bukan hanya ada satu. Perbedaan infeksi membutuhkan jenis dan dosis antibiotik yang berbeda-beda. Apakah Antibiotik Pengobatan yang Tepat? Antibiotik sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan atas inisiatif pribadi karena bisa berdampak buruk pada kesehatan di masa depan. Terdapat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis pengobatan untuk infeksi yang Anda alami. Oleh karena itu, penggunaan antibiotik yang aman selalu memerlukan petunjuk dari dokter yang telah terlatih secara medis untuk bertahun-tahun. Sebelum meresepkan antibiotik kepada seorang pasien, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa infeksi itu disebabkan oleh bakteri atau parasit yang memang bisa dimusnahkan oleh antibiotik. Jika infeksi disebabkan oleh virus, maka mengonsumsi antibiotik bukan hanya langkah yang salah dan tidak efektif tapi bis [...]

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Membesarkan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Membesarkan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap pasangan. Merawat dan membesarkan anak memang susah-susah gampang namun hal tersebut dapat menjadi pengalaman indah yang tak tergantikan. Penting bagi setiap anak untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin tak terkecuali pada anak dengan kelainan jantung bawaan. Beberapa hal di bawah ini perlu diperhatikan bagi orang tua dengan anak memiliki kelainan jantung: 1.Rutin Periksakan Anak ke Dokter Spesialis Jantung Anak Sebagian besar anak dengan PJB membutuhkan pemeriksaan periodik jantung. Pada anak yang baru saja terdiagnosis dan menjalani operasi kontrol akan lebih sering (setiap minggu, bulan) lalu bertahap menjadi lebih jarang. Anak dengan kondisi ringan biasanya hanya butuh control setiap 1 hingga 5 tahun. Serangkainan tes berkala dapat dilakukan bergantung dengan kondisi anak Anda. Tes tersebut antara lain rekam jantung (EKG), USG jantung, rontgen dada, MRI/CT scan jantung, stress test, kateterisasi, dan lain sebagainya. 2.Mencegah Infeksi Anak dengan penyakit jantung bawaan (PJB) rentan terkena infeksi. Infeksi yang dapat terjadi dan cukup membahayakan adalah endokarditis infektif, yaitu infeksi pada jaringan [...]

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, meninjau rendahnya keseimbangan pemberitaan pada media menyoal polemik Kartu Jakarta Sehat; ?jangan sampai yang diinformasikan adalah kejelekkan rumah sakit, kejelekkan sang dokter. Tapi ngga pernah terekspos selama 2012 itu adalah 3,2 juta masyarakat miskin yang sudah kita obat dan sembuh gitu loh,? demikian jelas beliau. Dalam penilaian beliau, media justru memiliki potensi peran penting dalam mendukung edukasi penyelenggaraan KJS, namun disayangkan justru yang muncul justru peran media yang dianggap memiliki kepentingan yang dirasa memberatkan pelaku pelyanan kesehatan; ?belum tentu semua media yang bagus itu bagus untuk media. Namun begitu informasinya jelek, itu adalah good news untuk media,? sampainya. Lebih lanjut, beliau memaparkan bagaimana pentingnya proses edukasi kepada masyarakat dalam penyelenggaraan KJS. ?Satu sisi diinformasikan standar prosedur kemudian bagaimana komunikasi dengan pasien, bagaimana dengan standar IGD. Tapi masyarakat pun juga harus edukasi, ngga bisa ngga. Ya ngga bisa ujuk-ujuk dalam kondisi biasa masuk rumah sakit swasta tanpa premier [...]

Pakai Smartphone Lebih dari 1 Jam Sehari, Hati-hati Mungkin Anda Depresi

Pakai Smartphone Lebih dari 1 Jam Sehari, Hati-hati Mungkin Anda Depresi

Tanda-tanda depresi, terutama yang masih dalam tahap ringan seringkali sulit terlihat secara awam. Tanda depresi biasanya hanya psikiater atau ahli kejiwaan yang bisa mengenalinya. Namun studi terbaru mengungkapkan cara yang simpel untuk mengenali gejala awal depresi, yaitu dengan memperhatikan kecenderungan penggunaan smartphone.Durasi pemakaian dan lokasi di mana gadget tersebut digunakan ternyata bisa menjadi petunjuk apakah seseorang mengalami depresi, atau kondisi kejiwaannya masih dalam tahap normal. Dalam hasil studi disebutkan bahwa semakin banyak orang menghabiskan waktu dengan smartphone atau ponselnya, maka semakin besar kemungkinan ia mengalami depresi.Penelitian yang dilakukan Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat itu menemukan, rata-rata orang yang mengalami depresi menghabiskan waktu sekitar 68 menit per hari dengan smartphone-nya. Sedangkan orang-orang yang bahagia hanya total 17 menit sehari.Studi tersebut mengungkapkan, orang melewati sebagian besar hari-harinya di dalam rumah atau lokasi yang sepi -seperti yang terlacak lewat GPS di ponsel mereka- juga cenderung menunjukkan tanda-tanda depresi. Menggunakan data mobile telepon, t [...]

Fungsi Usus Halus dalam Proses Pencernaan Makanan

Fungsi Usus Halus dalam Proses Pencernaan Makanan

Makanan yang Anda konsumsi menyimpan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh. Tapi sebelumnya, makanan tersebut harus dicerna menjadi zat yang cukup kecil sehingga dapat diserap tubuh. Proses pencernaan dan penyerapan makanan ini merupakan bagian dari fungsi usus halus. Nutrisi dari hidangan yang telah dicerna akan diserap oleh tubuh. Nutrisi ini bisa membuat tubuh bertenaga dan dipakai untuk fungsi tubuh lainnya. Namun ada pula nutrisi yang harus dipadatkan menjadi tinja, lalu dibuang melalui anus. Usus pada tubuh manusia menjalar panjang dari perut hingga anus. Usus sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu usus halus dan usus besar. Usus halus memiliki panjang sekitar 6 meter dengan diameter berukuran 2,5 sentimeter. Usus ini terbagi menjadi tiga bagian yaitu duodenum (usus duabelas jari), jejunum (usus kosong), dan ileum (usus penyerapan). Sebagian besar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan terjadi di dalam usus halus. Sementara usus besar memiliki panjang sekitar 1,5 meter dengan ukuran diameter sebesar 7,6 cm. Usus ini bertugas memroses sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna atau diserap. Cara Usus Halus dalam Menjalankan Fungsinya Sebelum memas [...]

7 Camilan Berkalori Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

7 Camilan Berkalori Tinggi yang Perlu Anda Waspadai

Camilan tentu sering menjadi teman setia Anda saat mengerjakan tugas di kantor atau menonton TV di rumah. Berbagai produk kudapan pun tak jarang selalu masuk ke dalam daftar belanja setiap bulannya. Ketika Anda sedang berusaha menguruskan atau mempertahankan berat badan serta menjaga kesehatan, tentu konsumsi camilan perlu diperhatikan. Pastikan jika jumlah kalorinya tidak menyebabkan diet dan olahrga yang Anda selama ini lakukan jadi sia-sia.Menghindari kudapan kurang sehat memang tidak selalu mudah. Rasanya yang lezat serta mengenyangkan sering Anda andalkan untuk mengganjal perut ketika waktu makan belum tiba. Sebagian orang pun kerap tertipu dengan iming-iming sehat dari berbagai produk tanpa mengetahui kalori sebenarnya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut tujuh camilan berkalori tinggi yang perlu Anda waspadai:1. Cokelat = 73 kaloriCokelat sering diandalkan wanita sebagai makanan pembangkit semangat. Namun konsumsi yang terlalu banyak dapat memicu kegemukan. Apalagi jika cokelat tersebut dicampur susu. Camilan berbahan utama cokelat pun memiliki kalori yang berbeda-beda. Dilansir situs Bembu, permen cokelat M&M bisa mengandung 3,4 kalori per buah. Sementara cokel [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *