10 Petunjuk Pola Hidup Sehat

gaya-hidup-sehat.JPG

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Gaya hidup saat ini , khususnya di kota-kota besar, sangatlah padat dan akhirnya kita jarang sekali memiliki waktu untuk merawat diri kita sendiri. Oleh sebab itu, saat ini di Indonesia terjadi peningkatan jumlah penyakit tidak menular, yaitu penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kencing manis/diabetes, penyakit jantung koroner, dan stroke. Untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut di atas, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD memberikan pedoman yang ia sebut sebagai ?Sepuluh Petunjuk Pola Hidup Sehat?.

Beliau menyingkat pedoman ini menjadi GULOH SISAR dengan harapan mudah diingat oleh setiap orang. GULOH SISAR ini mencakup:

  1. Gula: kurangi konsumsi gula dalam asupan sehari-hari, khusus bagi penderita kencing manis pantangi gula.

  2. Urat: untuk mengontrol kadar asam urat, batasilah asupan jeroan, alkohol, ikan sarden, burung dara, unggas lainnya, kaldu, emping dan tape.

  3. Lemak : untuk mengontrol asupan lemak, batasilah telur, keju, kepiting, udang, kerang, cumi, susu dan santan.

  4. Obesitas: hindarilah terjadinya peningkatan berat badan berlebih, usahakan berat badan ada di kadar ideal dan jangan sampai terjadi obesitas (Indeks Massa Tubuh >25). Indeks Massa Tubuh dapat dihitung dengan rumus berat badan dibagi tinggi badan dalam meter yang dikuadratkan (kg/m2). Lingkar pinggang juga sebaiknya dijaga supaya risiko penyakit metabolik tidak menigkat. Untuk perempuan sebaiknya di bawah 80 cm, sedangkan untuk laki-lai di bawah 90 cm.

  5. Hipertensi: kontrol tekanan darah, hindari terjadinya tekanan darah tinggi, dan bagi penderita tekanan darah tinggi batasilah asupan garam, ikan asin, dan asinan.

  6. Rokok: hindarilah paparan terhadap asap rokok dan apabila Anda perokok, segera stop merokok.

  7. Inaktivitas: hindari terjadinya inaktivitas, rutinkan olahraga setiap hari. Usahakan setiap hari jalan kaki minimal 3 km.

  8. Stres: kontrol kadar stres Anda. Usahakan tidur minimal 6 jam sehari.

  9. Alkohol: hindari minum alkohol.

  10. Regular Check Up: biasakan kontrol fungsi tubuh secara teratur dengan melakukan cek kesehatan dan konsultasi tenaga kesehatan secara rutin, terutama apabila Anda suadah berumur di atas 40 tahun. Biasakan kontrol kesehatan setiap 12 bulan sekali.

Selain sepuluh pedoman di atas, beliau juga menganjurkan meningkatkan asupan yang kaya antioksidan sehingga dapat memerangi efek radikal bebas dalam tubuh. Jenis makanan tersebut di antaranya, adalah:

  1. Buncis. Jangan lagi singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulai konsumsilah buncis.
  2. Bawang putih. Bumbu masakan yang baunya khas ini sangat berguna bagi kesehatan dan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.
  3. Teh hijau. Minuman yang populer di negeri Sakura ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan paling baik dikonsumsi tanpa gula tentunya.
  4. Merica. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, merica juga mengandung mineral tinggi seperti zat besi.
  5. Tomat. Dengan kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi, tomat menjadi salah satu pilihan makanan paling sehat.
  6. Kacang-kacangan. Kita dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 1 mangkok per hari. Akan tetapi, hindarilah kacang-kacangan yang digoreng dan pilihlah kacang yang dipanggang atau direbus.
  7. Wortel. Meskipun tidak terbukti mengurangi mata minus, akan tetapi mengkonsumsi vitamin A tinggi yang terdapat pada wortel akan membantu menjaga kesehatan kita.
  8. Pepaya. Buah ini merupakan sumber serat dan nutrisi yang baik, yaitu vitamin A, vitamin C dan folat.
  9. Jeruk. Sebagai sumber vitamin C tinggi, jeruk sebaiknya menjadi bagian dari asupan makanan kita sehari-hari.
  10. Kurma. Buah ini terkenal saat bulan Ramadhan, tetapi sebenarnya juga baik dikonsumsi sehari-hari.
  11. Apel. Buah yang tinggi vitamin A ini sebenarnya paling baik dikonsumsi dengan kulitnya.
  12. Brokoli. Sayuran hijau ini selain tinggi anti oksidan juga tinggi kadar kalsiumnya.
  13. Kubis. Sayuran ini merupakan sumber serat yang tinggi dan juga tinggi beta karoten.

(SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Keuntungan dari Mandi Malam Hari

5 Keuntungan dari Mandi Malam Hari

Ketika lelah bekerja seharian, tak jarang dari Anda yang memilih tidak mandi dan hanya ganti baju untuk tidur. Sebaiknya Anda mulai mengurangi kebiasaan itu. Mitos yang menyatakan mandi malam dapat menyebabkan penyakit, tampaknya tidak perlu Anda takuti lagi. Karena ternyata, mandi malam hari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ini dia beberapa keuntungan dari mandi di malam hari yang dikutip dari Spark Life.1. Menyegarkan dan Membuat SantaiSetelah seharian berkutat dengan urusan kantor yang melelahkan, mandi ketika pulang kantor akan membuat Anda lebih santai dan menyegarkan tubuh. Tidur dalam keadaan tubuh bersih dan segar, tentunya akan membuat tidur Anda lebih nyenyak.2. Waktu Lebih LamaMungkin Anda tidak akan sempat menjalankan ritual membersihkan tubuh, seperti lulur atau masker rambut ketika mandi pagi hari. Berbeda jika Anda mandi di malam hari, Anda punya waktu yang lebih lama sehingga bisa membersihkan tubuh dengan detail. Hasilnya, tentu saja tubuh Anda menjadi lebih bersih dan tak ada bagian tubuh yang terlewat dibersihkan.3. Menurunkan Tekanan DarahMandi di malam hari dapat mempengaruhi tekanan darah Anda. Apalagi jika mandi dengan air hangat. Selain [...]

Mengenal Serat Lebih Dekat

Mengenal Serat Lebih Dekat

Kita sering mendengar bahwa serat dapat membantu memperlancar buang air besar. Namun apakah hanya itu kegunaannya? Sebenarnya apakah serat itu? Serat adalah suatu bagian dari makanan berupa tumbuhan yang tidak dapat dicerna ataupun diserap oleh tubuh sehingga akan keluar dari tubuh dalam bentuk yang utuh. Secara umum, serat dibagi menjadi 2 jenis. Mengenal Serat Lebih Dekat Secara umum, serat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu: 1. Serat larut Jenis serat ini akan larut dalam air dan membentuk bahan seperti jel. Banyak ditemukan dalam gandum, kacang, apel, jeruk dan wortel. Serat ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan gula dalam darah. 2. Serat tidak larut Serat yang tidak larut dalam air membantu untuk membentuk masa kotoran yang baik dan lebih mudah lewat dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu mencegah sulit buang air besar. Banyak ditemukan dalam tepung gandum, gandum, kacang-kacangan, kol, kacang hijau dan kentang. Selain itu, secara umum, makanan tinggi serat lebih sulit untuk dikunyah dan dicerna sehingga tidak menyebabkan kita cepat lapar. Selain itu jumlah kalorinya juga rendah sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga [...]

Berapakah Jumlah ASI untuk Bayi Saya?

Berapakah Jumlah ASI untuk Bayi Saya?

Banyak orangtua yang mempertanyakan berapakah jumlah ASI yang harus dikonsumsi oleh bayi mereka dalam perharinya. ASI adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. Sedangkan istilah ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan dan meneruskan pemberiannya sampai berumur 2 tahun. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Menurut penelitian (Boston Children Hospital) anak yang diberi ASI memiliki tingkat bahasa dan intelegen (IQ) lebih tinggi dalam kehidupannya nanti. Pada minggu-minggu pertama kehidupan akan terjadi peningkatan kebutuhan ASI. Lalu jumlahnya akan menetap sampai bulan keenam. Tetapi hal ini terdapat pengecualian jika bayi tersebut sedang terjadi masa growth spurts dimana terjadi peningkatan kebutuhan ASI. (Baca: Ketika Bayi Tidak Henti-hentinya Menyusu) Growth spurts adalah saat dimana tubuh bayi tumbuh lebih cepat dari normal. Keadaan ini adalah keadaan normal. Selama growth s [...]

Rahasia Kecil Si Usus Buntu

Rahasia Kecil Si Usus Buntu

Di Indonesia, banyak sekali kesalahpahaman dan salah tafsir dalam dunia kesehatan, masyarakat dihadapkan pada berbagai pemahaman yang sesat yang akhirnya malah memunculkan berbagai ketakutan, salah satu kesalahan selalu terjadi pada pengetahuan akan penyebab usus buntu, mari kita simak! Usus buntu, atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan appendix adalah bagian dari saluran pencernaan manusia. Memang sampai hari ini, belum ditemukan alasan yang jelas mengenai asal usul dan fungsi si usus kecil ini, yang jelas, kecil-kecil begini ia sering menimbulkan masalah, terutama jika terjadi peradangan padanya. Mitos di tengah masyarakat: ?Banyak bergerak setelah makan (berlarian, melompat-lompat) dapat menyebabkan usus buntu?. Fakta: Tidak benar, setelah kita makan, makanan akan diolah di lambung selama kurang lebih 3-5 jam, artinya makanan bahkan belum mencapai usus halus, sedangkan usus buntu terletak di permulaan dari usus besar. Melompat-lompat setelah makan memang dapat membuat perut kita sakit karena ada peregangan lambung, tetapi sama sekali tidak ada kaitannya dengan usus buntu. (Baca: Sakit Perut Kanan Bawah? Waspadai Usus Buntu!) Penyebab usus buntu adalah jika ada [...]

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Makanan Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala sering dikaitkan dengan stres atau tubuh yang kurang istirahat. Padahal sakit kepala juga dapat dipicu oleh asupan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hanya saja, sensitivitas tiap orang terhadap jenis makanan atau minuman tertentu akan beragam. Sakit kepala akibat makanan juga sulit dikenali karena efek tersebut terjadi sekitar 30 menit hingga 72 jam setelah mengonsumsi makanan. Pengaruh Pola Makan Risiko sakit kepala dapat dipengaruhi oleh pola makan dalam dua cara : Beberapa makanan tertentu dianggap sebagai pemicu sakit kepala. Kebiasaan makan yang kurang baik, seperti terlambat makan atau kurang asupan cairan yang juga dapat memengaruhi risiko sakit kepala. Khusus bagi wanita, masa pramenstruasi bisa membuat Anda lebih sensitif terhadap makanan pemicu sakit kepala. Satu jenis makanan mungkin tidak akan menimbulkan sakit kepala ketika dikonsumsi setelah haid, dibandingkan satu minggu sebelumnya. Pemicu Sakit Kepala Sakit kepala terkadang muncul tanpa diduga. Mulai dari nyeri yang terasa sesaat, hingga rasa sakit berdenyut selama berjam-jam. Bisa jadi hal itu berawal dari konsumsi Anda beberapa waktu sebelumnya. Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yan [...]

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Oleh: dr. Adithia Kwee Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang memiliki angka kejadian yang tinggi, terutama bagi mereka yang wanita. Apa yang menyebabkan wanita lebih sering terpapar? Saluran kencing wanita memiliki ukuran lebih pendek (sekitar 4 cm) dibandingkan dengan saluran kencing pria, yakni sekitar 12 cm. Hal inilah yang menjadi penyebab utama. Dengan memiliki saluran kencing yang lebih pendek, bakteri E.coli, agen infeksius yang paling sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih lebih mudah memanjat ke dalam saluran kemih yang pendek. Pencegahan Pada prinsipnya langkah-langkah menjaga kebersihan vagina adalah kunci yang utama. Namun dewasa ini infeksi saluran kemih dapat dicegah melalui pemilihan menu makanan. Salah satu makanan yang dapat mencegah infeksi saluran kemih yang populer saat ini adalah buah cranberry. Sekalipun belum begitu populer di Indonesia, peminatnya sudah banyak. Dimakan langsung atau dijus, begitulah cara kebanyakan orang menikmati buah cranberry. Buah kecil ini selain nikmat dimakan, juga memiliki khasiat menguntungkan bagi kesehatan kita. Ya, buah cranberry dapat mencegah dan meringankan gejala dari infeksi saluran kemih. Bagaimana buah mungil [...]

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah Oleh: drg. Martha Mozartha Beberapa tahun belakangan ini, industri hiburan di Korea khususnya Korea Selatan melejit dan sepertinya sedang dalam masa keemasan. K-pop, serial atau drama Korea digemari tidak hanya oleh masyarakat Korea Selatan tapi terkenal ke seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa seperti halnya artis Hollywood, artis Korea Selatan pun rata-rata telah menjalani operasi bedah plastik demi memiliki penampilan yang menawan. Dan berdasarkan data statistik dari Departemen Kesehatan Kor-Sel, kecenderungan untuk mengubah penampilan dengan bedah plastik rupanya tidak hanya berlaku pada artis namun juga pada masyarakat awam. Bagian yang paling diminati untuk diperbaiki di tangan seorang dokter adalah bagian mata, tulang rahang dan hidung. Selain itu, tuntutan untuk mendapatkan perawatan gigi juga tinggi, demi sebuah senyum yang indah. Dengan semakin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran gigi, para profesional di bidang ini sangat terbantu untuk dapat memperbaiki bentuk dan warna gigi pasien menjadi lebih memuaskan secara estetik. Salah satu caranya adalah dengan melapisi permukaan gigi dengan suatu material sewarna gigi [...]

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Amankah, Efek apa dan Tanda-tanda apa yang perlu diketahui saat ibu hamil berpuasa?. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar puasa dan kehamilan. Apakah puasa aman untuk bayiku? Belum ada penelitian yang dapat menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini sepenuhnya merupakan jawaban dari Anda, Bila Anda merasa sanggup untuk melakukan ibadah puasa, tentu saja boleh. namun selalu ingat, apabila Anda semakin lemas dan merasa badan semakin tidak enak, menurut teori sebaiknya tidak melakukan puasa. Terutama bila udara sedang panas sebab dapat memicu dehidrasi. Apa efek dari puasa terhadap bayiku? Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa tidak ada efek pada janin, namun ada beberapa penelitian yang mengatakan dapat mempengaruhi kecerdasan bayi saat dewasa, namun ini belum dapat dipastikan. Ada beberapa teori yang kita dapat lihat dari penelitian : Tidak ada perbedaan pada skor APGAR pada bayi dengan ibu yang puasa atau tidak. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pada ibu yang puasa (terutama pada trimester pertama) mempengaruhi berat badan bayi, namun studi lain mengatakan bahwa perbedaan hanya sedikit. Ada yang menyebutkan dapat mempengaruhi pertumbu [...]

3 Trik Unik Membuat Tubuh Cepat Mengantuk dan Tidur Nyenyak Secara Alami

3 Trik Unik Membuat Tubuh Cepat Mengantuk dan Tidur Nyenyak Secara Alami

Susu panas, teh chamomile dan makan kangkung dipercaya bisa membantu tubuh relaks dan lebih mudah tertidur nyenyak. Tapi pada sejumlah orang, cara-cara tersebut tidaklah cukup.Berdasarkan survei dari Crampex, tablet pereda kram otot, di Inggris sendiri ada 86 persen orang yang mengalami gangguan tidur. Penggunaan obat-obatan memang bisa membantu seseorang lebih cepat tidur namun jika dikonsumsi terus-menerus bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain dengan obat atau konsumsi makanan/minuman tertentu, sebenarnya ada cara mudah yang bisa membantu Anda tertidur. Ini tiga cara yang bisa dicoba, seperti dikutip dari Mirror.1. Bernapas dengan Hidung Sebelah KiriIni merupakan metode yoga yang diyakini bisa menurunkan tekanan darah dan membuat Anda lebih tenang. Terapis holistik Peter Smith menganjurkan untuk bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri."Tidurlah dengan posisi miring ke kiri, lalu tutup lubang hidung sebelah kanan. Perlahan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang kiri hidung," ujar Peter.Penulis buku 'Sleep Better With Natural Therapies' ini mengatakan, teknik tersebut efektif dilakukan apabila Anda sulit tidur karena suhu kamar yang terlalu panas atau wanita dengan ko [...]

6 Langkah yang Perlu Dilakukan Tiap Hari Agar Hidup Sehat Lebih Lama

6 Langkah yang Perlu Dilakukan Tiap Hari Agar Hidup Sehat Lebih Lama

Setiap orang tentunya ingin bisa menjalani pola hidup sehat agar bisa tetap produktif dan memiliki hidup berkualitas selama mungkin. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang bertahan sampai tua, ternyata tidak perlu 'usaha' terlalu berat. Anda bisa memulainya dengan melakukan enam hal ini tiap hari, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.1. Perbanyak Makan Sayur Ketimbang DagingJika menu makan siang Anda lebih banyak sayuran segar dibandingkan nasi, daging atau telur, maka Anda telah mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Orang-orang yang rajin makan sayur jarang terkena gangguan kesehatan seperti sakit jantung, diabetes atau kanker. Hasil studi dari World Health Organization menemukan bahwa 63 persen kematian di dunia pada 2008 disebabkan oleh tiga penyakit yang disebutkan di atas dan itu dipicu oleh pola makan tidak sehat. Sebagai perbandingan, negara yang budaya makannya berbabis sayuran sebagai makanan utama, masyarakatnya lebih jarang sakit ketimbang mereka yang hidup di lingkungan pemakan daging atau nasi.2. Relaksasi dengan MeditasiStudi yang dilakukan pada 2012 menemukan, hanya dengan melakukan meditasi selama 30 menit, tujuh kali seminggu, bisa mengurangi tekanan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *