10 Petunjuk Pola Hidup Sehat

gaya-hidup-sehat.JPG

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Gaya hidup saat ini , khususnya di kota-kota besar, sangatlah padat dan akhirnya kita jarang sekali memiliki waktu untuk merawat diri kita sendiri. Oleh sebab itu, saat ini di Indonesia terjadi peningkatan jumlah penyakit tidak menular, yaitu penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti kencing manis/diabetes, penyakit jantung koroner, dan stroke. Untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut di atas, Prof. Dr. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD memberikan pedoman yang ia sebut sebagai ?Sepuluh Petunjuk Pola Hidup Sehat?.

Beliau menyingkat pedoman ini menjadi GULOH SISAR dengan harapan mudah diingat oleh setiap orang. GULOH SISAR ini mencakup:

  1. Gula: kurangi konsumsi gula dalam asupan sehari-hari, khusus bagi penderita kencing manis pantangi gula.

  2. Urat: untuk mengontrol kadar asam urat, batasilah asupan jeroan, alkohol, ikan sarden, burung dara, unggas lainnya, kaldu, emping dan tape.

  3. Lemak : untuk mengontrol asupan lemak, batasilah telur, keju, kepiting, udang, kerang, cumi, susu dan santan.

  4. Obesitas: hindarilah terjadinya peningkatan berat badan berlebih, usahakan berat badan ada di kadar ideal dan jangan sampai terjadi obesitas (Indeks Massa Tubuh >25). Indeks Massa Tubuh dapat dihitung dengan rumus berat badan dibagi tinggi badan dalam meter yang dikuadratkan (kg/m2). Lingkar pinggang juga sebaiknya dijaga supaya risiko penyakit metabolik tidak menigkat. Untuk perempuan sebaiknya di bawah 80 cm, sedangkan untuk laki-lai di bawah 90 cm.

  5. Hipertensi: kontrol tekanan darah, hindari terjadinya tekanan darah tinggi, dan bagi penderita tekanan darah tinggi batasilah asupan garam, ikan asin, dan asinan.

  6. Rokok: hindarilah paparan terhadap asap rokok dan apabila Anda perokok, segera stop merokok.

  7. Inaktivitas: hindari terjadinya inaktivitas, rutinkan olahraga setiap hari. Usahakan setiap hari jalan kaki minimal 3 km.

  8. Stres: kontrol kadar stres Anda. Usahakan tidur minimal 6 jam sehari.

  9. Alkohol: hindari minum alkohol.

  10. Regular Check Up: biasakan kontrol fungsi tubuh secara teratur dengan melakukan cek kesehatan dan konsultasi tenaga kesehatan secara rutin, terutama apabila Anda suadah berumur di atas 40 tahun. Biasakan kontrol kesehatan setiap 12 bulan sekali.

Selain sepuluh pedoman di atas, beliau juga menganjurkan meningkatkan asupan yang kaya antioksidan sehingga dapat memerangi efek radikal bebas dalam tubuh. Jenis makanan tersebut di antaranya, adalah:

  1. Buncis. Jangan lagi singkirkan warna hijau dari piring Anda, dan mulai konsumsilah buncis.
  2. Bawang putih. Bumbu masakan yang baunya khas ini sangat berguna bagi kesehatan dan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.
  3. Teh hijau. Minuman yang populer di negeri Sakura ini memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan paling baik dikonsumsi tanpa gula tentunya.
  4. Merica. Selain mengandung antioksidan yang tinggi, merica juga mengandung mineral tinggi seperti zat besi.
  5. Tomat. Dengan kandungan vitamin C dan vitamin A yang tinggi, tomat menjadi salah satu pilihan makanan paling sehat.
  6. Kacang-kacangan. Kita dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan sebanyak 1 mangkok per hari. Akan tetapi, hindarilah kacang-kacangan yang digoreng dan pilihlah kacang yang dipanggang atau direbus.
  7. Wortel. Meskipun tidak terbukti mengurangi mata minus, akan tetapi mengkonsumsi vitamin A tinggi yang terdapat pada wortel akan membantu menjaga kesehatan kita.
  8. Pepaya. Buah ini merupakan sumber serat dan nutrisi yang baik, yaitu vitamin A, vitamin C dan folat.
  9. Jeruk. Sebagai sumber vitamin C tinggi, jeruk sebaiknya menjadi bagian dari asupan makanan kita sehari-hari.
  10. Kurma. Buah ini terkenal saat bulan Ramadhan, tetapi sebenarnya juga baik dikonsumsi sehari-hari.
  11. Apel. Buah yang tinggi vitamin A ini sebenarnya paling baik dikonsumsi dengan kulitnya.
  12. Brokoli. Sayuran hijau ini selain tinggi anti oksidan juga tinggi kadar kalsiumnya.
  13. Kubis. Sayuran ini merupakan sumber serat yang tinggi dan juga tinggi beta karoten.

(SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari untuk Bunuh Kuman, Efektifkah?

Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari untuk Bunuh Kuman, Efektifkah?

Menjemur kasur atau karpet di bawah teriknya matahari diyakini bisa membunuh kuman, bakteri atau kutu yang bersarang di serat-serat kainnya. Namun ternyata menjemur saja tidak cukup untuk terhindar dari gangguan kesehatan.Kutu atau kuman pada kasur atau karpet memang bisa mati dengan cara dijemur, namun tidak cukup efektif untuk terhindar dari reaksi alergi yang ditimbulkannya. Seperti dikutip dari ABC Australia, kutu dan kuman merupakan salah satu pemicu gejala alergi paling umum. Kutu, seperti halnya hewan lainnya mengeluarkan kotoran, cairan juga beberapa bagian tubuhnya terdapat sejenis protein yang bisa menimbulkan alergi.Saat kotoran dan cairan dari kutu mengenai permukaan kasur, bantal atau karpet, residunya tetap tertinggal dan sulit hilang jika hanya menjemurnya di bawah sinar matahari. Peneliti tentang alergi Dr Euan Tovey dari Sydney University pun menyatakan, cara tersebut bukan satu-satunya solusi untuk membersihkan perangkat rumah Anda dari debu dan kuman secara total.Ia mengungkapkan, menjemur karpet, kasur atau bantal selama tiga jam cukup efektif membunuh semua kutu dan kuman. Tapi tidak menyingkirkan allergen-nya (pemicu alergi)."Hanya membunuh kutunya saja tid [...]

Mencegah Gagal Jantung dengan Kebiasaan Keluarga

Mencegah Gagal Jantung dengan Kebiasaan Keluarga

Sehat itu bukan milik pribadi namun adalah hak setiap orang dan seluruh usia serta bermula di dalam keluarga. Jika seseorang hidup dan tinggal di dalam keluarga yang sehat, maka orang tersebut cenderung akan menerapkan pola hidup sehat dan akan kembali membentuk keluarga yang sehat. Bila salah satu anggota keluarga sakit, maka akan menyulitkan seluruh anggota keluarga. Daripada mengobati, mari kita mulai dengan mencegah sakit. Hidup sehat dimulai dari keluarga! Empat Pola Hidup Sehat Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh American Journal of Epidemiology, didapatkan 4 perilaku sehat yang berpengaruh untuk mencegah kematian, terutama karena penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan pada 6299 subyek berusia 444-84 tahun tersebut menunjukkan bahwa mereka yang melakukan pola hidup sehat memiliki risiko kematian 80% lebih rendah dari pada mereka yang tidak melakukan pola hidup sehat. Empat pola hidup sehat tersebut adalah tidak merokok, makan makanan sehat dengan gizi seimbang, melakukan kegiatan fisik rutin setiap hari dan menjaga berat badan ideal dan sehat. Efek dari keempat pola hidup sehat ini saling mempengaruhi. Semakin banyak kebiasaan sehat tersebut yang diterapkan dala [...]

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner Bisa Picu Alergi dan Penyakit Berbahaya

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner Bisa Picu Alergi dan Penyakit Berbahaya

Hati-hati! Cara Anda membersihkan rumah justru bisa berdampak negatif terhadap kesehatan. Membersihkan rumah dengan vacuum cleaner bisa memicu alergi karena 'kabut' debu, bakteri dan jamur yang ditimbulkannya. Partikel- partikel yang lebih kecil dari debu akan terangkat dan disemprotkan kembali ke udara oleh vacuum cleaner. Partikel tersebut akan menyebar ke sekeliling ruangan dan bisa terhirup. Sekelompok peneliti di Australia telah memperingatkan bahwa bakteri dan jamur bisa memicu alergi bahkan beberapa jenis bakteri mematikan yang mungkin saja dilepaskan ke udara dari penggunaan vacuum cleaner.Dalam sebuah percobaan di University of Queensland dan Laval University di Quebec, Kanada, sisa-sisa DNA bakteri yang kebal terhadap obat dan DNA dari bakteri beracun ditemukan dalam debu yang tersedot vacuum cleaner. Menurut para peneliti, debu yang terdapat dalam ruangan bisa menjadi 'kendaraan' bagi bakteri jenis infant botulism yang berbahaya dan berpotensi menyebabkan sindrom kematian mendadak. Seperti dikutip dari Daily Mail, mereka menjelaskan bahwa membersihkan karpet dan furnitur berdebu dengan vacuum bisa mengangkat partikel kuman dan jamur yang berpotensi mematikan, kemudian [...]

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Remaja Depresi Cenderung Dengarkan Musik

Tahukah Anda bahwa sering mendengarkan musik memiliki hubungan dengan depresi? Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Seperti yang dikutip dari discovery, peneliti menganggap bahwa kebiasaan mendengarkan musik lebih sering dilakukan oleh remaja. Dalam sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, para peneliti menemukan adanya hubungan antara gangguan depresi utama atau biasa disebut depresi klinis dengan kebiasaan mendengarkan musik pada 106 remaja.Penelitian ini dilakukan dnegan cara menelpon 46 remaja yang didiagnosis menderita depresi dan sedang dalam pengobatan. Dengan menjawab secara langsung, para remaja tersebut melaporkan kegiatan apa yang sedang mereka lakukan, apakah sedang menggunakan internet, menonton TV atau film, mendengarkan musik, bermain video games atau membaca buku.Hasilnya, para peneliti menemukan adanya hubungan antara mendengarkan musik dengan depresi. Orang yang cenderung mengalami depresi lebih senang mendengarkan musik ketimbang mengerjakan kegiatan lain.Alasan mengapa remaja lebih senang mendengarkan musik saat depresi mungkin bel [...]

Penemuan Baru, Gel Diinjeksi ke Tubuh untuk Turunkan Berat Badan

Penemuan Baru, Gel Diinjeksi ke Tubuh untuk Turunkan Berat Badan

Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk dan berat tubuh ideal? Di masa depan, keinginan itu sepertinya akan lebih mudah terwujud dibandingkan sekarang.Sejumlah peneliti di Amerika Serikat telah mengembangkan metode baru dalam mengurangi berat badan yaitu dengan menyuntikkan lemak sehat ke dalam tubuh. Metode ini juga diklaim bisa membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi.Peneliti menggunakan gel khusus yang diberi nama hydrogel. Gel tersebut dirancang sedemikian rupa untuk mampu menopang dan mengontrol implan yang mengandung stem cell manusia. Stem cell tersebut berfungsi memproduksi jaringan lemak sehat yang biasa dikenal dengan sebutan brown fat.Perlu diketahui, penyebab dari kegemukan salah satunya adalah lemak yang diberi nama white fat. Lemak ini terbentuk dari asupan kalori dan gula berlebihan yang kemudian menumpuk dan tersimpan di dalam tubuh. Sementara brown fat bertindak di dalam tubuh layaknya 'generator penghasil panas' yang membantu pembakaran kalori."Yang benar-benar menarik dari sistem ini adalah bagaimana potensinya untuk menyediakan suplai brown fat yang cukup untuk tujuan terapi," ujar Kevin Tharp, penulis penelitian yang dilakukan Univer [...]

Kisah Wanita yang Berjuang Lawan 3 Kanker Selama 23 Tahun

Kisah Wanita yang Berjuang Lawan 3 Kanker Selama 23 Tahun

Perjuangan wanita ini melawan kanker ovarium, payudara dan paru begitu menginspirasi. Selama 25 tahun pernikahannya, ia harus berjuang melawan kanker selama 23 tahun. Namun di balik perjuangannya, terdapat kebahagiaan yang baru-baru ini ia rasakan. Apakah itu?DeLese Range, 43 tahun, menikah dengan suaminya, Lonzie di usia 18 tahun. Saat menikah, ia terpaksa meminjam gaun pengantin dari orang lain. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 1989, ia hamil anak pertamanya sekaligus didagnosa kanker ovarium.Memasuki tahun 2001, ia pun kembali divonis kanker payudara stadium empat. Akibat mahalnya terapi kemo yang ia jalani, ia tidak pernah memiliki pesta pernikahan yang ia impikan, tak terelakkan mengenakan gaun pengantin yang ia dambakan.Malangnya, 10 tahun kemudian, di tahun 2011, ia kembali didiagnosa dengan kanker paru-paru meskipun ia tidak pernah merokok, seperti yang dikutip dari ABC News. Dari situ, ia merasa hidupnya hanya seputar terapi kemo yang menguras tabungan hidupnya.Ia tetap berjuang untuk bertahan hidup dan keadaannya pun berangsur membaik berkat dukungan dari keluarganya. Tahun ini, ia merayakan 25 tahun pernikahan dengan suaminya. Ia berharap bisa memperbaharui ikatan p [...]

7 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Masuk Toilet Umum

7 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Masuk Toilet Umum

Toilet umum merupakan tempat bersarangnya jutaan bakteri penyebar penyakit. Tidak hanya di kloset, tapi juga pegangan pintu hingga kran wastafel. Sekitar 25% dispenser atau tempat sabun di toilet umum terkontaminasi bakteri berbahaya. Ironis memang, sabun yang harusnya menghilangkan bakteri dan kuman, justru bisa jadi media penyebarannya.Menurut ilmuwan Charles Gerba, Ph.D., "Kebanyakan botol sabun tidak pernah dibersihkan, jadi bakteri bisa berkembang lewat buih sabun yang tertinggal di atas permukaan botol. Juga, banyak tangan-tangan kotor yang menyentuhnya."Maka tak heran jika berbagai macam kuman, mulai dari yang ringan sampai berbahaya berkumpul di toilet. Lalu, haruskah Anda menahan keinginan buang air kecil saat berada di mal, pusat perbelanjaan atau tempat umum lainnya hanya untuk terhindari dari kuman? Tidak perlu seekstrem itu. Seperti dikutip dari Times of India, ini tujuh langkah yang perlu dilakukan saat masuk ke toilet umum.1. Pastikan Ada TisuSebelum masuk, pastikan bilik toilet masih tersedia tisu. Setelah buang air kecil atau buang air besar, Anda harus mengeringkan area genital dengan tisu. Jika dibiarkan basah, air yang menempel di area genital akan membasahi [...]

11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

11 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Selalu gagal untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda? Mungkin ada beberapa langkah yang salah. Seperti yang dikutip dari webmd, berikut 11 cara menghentikan kebiasaan merokok.1. Tahu alasan berhenti merokokJika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu alasannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok. Simak tujuh dampak negatif rokok di sini.2. Jangan anggap remehMungkin berhenti merokok terdengar mudah. Anda hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, akhirnya malah kembali merokok. Alasannya adalah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.3. Lakukan terapi nikotinKetika Anda berhenti merokok, nikotin bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Studi menunj [...]

5 Sebab Kenapa Tubuh Susah Gemuk

5 Sebab Kenapa Tubuh Susah Gemuk

Tubuh ideal merupakan impian setiap orang, namun tentu diperlukan usaha untuk mencapainya. Mungkin Anda sudah lelah dengan berbagai cara untuk menambah otot tubuh Anda. Bagi Anda yang ingin menambah berat badan dan massa otot, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat tubuh Anda menjadi atletis, berisi dan ideal. Mari kita simak apa saja cara untuk membentuk tubuh yang ideal. 1. Komposisi makanan yang tidak seimbang Jika tubuh Anda tidak bertambah besar, bisa jadi salah satu alasannya adalah bahwa Anda tidak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Untuk menambah berat badan dan besar otot Anda, maka komposisi makanan yang disarankan adalah makanan yang tinggi kalori. Namun demikian, makanan yang Anda konsumsi juga harus memiliki komposisi yang tepat, yaitu makanan dengan kandungan protein yang tinggi, mengandung cukup karbohidrat, dan serat. Contoh makanan yang tinggi protein adalah putih telur, daging dada ayam dan ikan salmon. Berikut penyebab lainnya kenapa tubuh sulit gemuk: Sebab Faktor Tubuh Sulit Gemuk 2. Olahraga tidak teratur Olahraga merupakan sebuah cara agar otot terstimulasi untuk tumbuh. Dengan melakukan olahraga, maka And [...]

Usia Muda Berisiko Terkena Serangan Jantung

Usia Muda Berisiko Terkena Serangan Jantung

Penyakit jantung kini tak lagi terjadi hanya kepada orang tua yang lanjut usia saja, tetapi juga kepada orang yang berusia muda. Serangan jantung biasanya terjadi mendadak, penyebabnya pun bervariasi.Penyebab utama yang sering terdeteksi biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh darah yang mengalir tersumbat oleh lemak dan kolesterol, atau pun zat-zat kimia dari penggunaan obat yang berlebihan. Bagaimana mendeteksi penyakit jantung dan pencegahannya? Berikut tips dari Heath Me Up agar jantung Anda selalu sehat.- Faktor Risiko Masalah Jantung Pada Usia MudaSalah satu faktor yang menyebabkan masalah jantung di usia muda adalah riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau disebut familial hyper-cholesterolemia. Kadar kolesterol tinggi terjadi akibat kurangnya berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh mengeluarkan keringat.Sering mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung di usia muda.Jika Anda suka merokok, berhentilah mulai sekarang. Sebab merokok dapat merusak lapisan arteri dengan menimbun bahan lemak (ateroma) yang mempersempit arteri. Selain i [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *