10 Tanda Anda Mengalami Depresi

10-Tanda-Anda-Mengalami-Depresi.jpg

Depresi bukan sekadar terlihat murung dan sedih. Stres bukan cuma bergejala pusing dan sakit kepala. Tapi jika Anda belum tahu, depresi itu gejalanya sangat samar.

Tidak diundang, tidak disadari, depresi muncul dengan gejala yang kerap kita sangka sebagai kebiasaan yang wajar. Apa saja gejala depresi? Berikut di antaranya:

  1. Anda makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya

Depresi dapat mempengaruhi selera makan Anda. Jika pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran negatif, maka Anda dapat menjadi lupa atau kehilangan minat untuk makan. Di sisi lain, hal tersebut juga bisa berkebalikan. Depresi bisa juga membuat Anda menjadi lebih mudah lapar dan makan lebih banyak. Kombinasi perasaan sedih, pesimis terhadap masa depan dan rasa percaya diri yang rendah seringkali membuat Anda mengalihkan dengan makan berlebih sebagai efek menenangkan.

  1. Anda tidur terlalu berlebih atau susah tidur

Beberapa orang dengan depresi seringkali merasakan lelah sepanjang hari dan membuatnya menjadi ingin terus tidur. Selain itu tidur juga menjadi salah satu cara orang yang mengalami depresi untuk “lari” dari kesedihan. Namun di sisi lain, orang yang mengalami depresi juga bisa mengalami insomnia atau kesulitan tidur karena memikirkan terlalu banyak hal.

  1. Hal kecil dapat membuat Anda mudah tersinggung

Tanda ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Bahwa orang yang sedang mengalami depresi mempunyai ambang “tersinggung” yang rendah. Ketika Anda sedang depresi, Anda bisa menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung karena “nyeri psikologis” yang Anda rasakan.

  1. Anda menjadi sulit fokus atau sulit konsentrasi

Anda lupa pada deadline pekerjaan atau lupa menjemput anak di sekolah? Apakah Anda sering mengalami “keruwetan” pikiran dan seringkali sulit mengambil keputusan? Bisa jadi Anda sedang mengalami gejala depresi. Ketika pikiran Anda terokupasi oleh perasaan sedih atau kekosongan, dapat mempengaruhi konsentrasi Anda terhadap pekerjaan dan hal-hal lainnya.

  1. Anda tidak merasakan kesenangan dengan aktivitas kegemaran Anda

Jika sebelumnya Anda merasa sangat senang setelah melepas penat dengan berkaraoke dengan teman-teman, sekarang Anda merasakan ada yang berbeda. Anda menjadi kurang bersemangat dan tak lagi tertarik pada hal-hal yang dulunya menjadi hobi atau kegemaran Anda. Bisa jadi Anda mengalami depresi. Anda menjadi menarik diri dan depresi seakan “merenggut” kebahagiaan Anda dan membuat mood Anda menjadi buruk untuk melakukan apapun.

Berikut 5 tanda lainnya Anda mengalami depresi tanpa Anda sadari:

10 Tanda Anda Mengalami Depresi

  1. Anda merasa rendah diri dan tidak berharga

Jika Anda terus dipenuhi pikiran berulang seperti: “saya tidak cukup baik” atau “saya tidak penting lagi” atau “saya tidak berharga”, maka berhati-hatilah. Jika Anda mulai berpikir seperti ini dan terus dihantui rasa bersalah, maka Anda bisa memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan menjadi semakin depresi.

  1. Pikiran Anda dipenuhi dengan kematian

Pemikiran berulang tentang bagaimana Anda akan meninggal, bagaimana perasaan teman dan sanak keluarga jika Anda meninggal, cara bunuh diri bisa menjadi indikator yang sangat kuat Anda mengalami depresi dan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan psikiater. Terlebih jika Anda terus menerus memikirkannya setiap hari atau hampir setiap hari selama paling tidak 2 minggu, segeralah berkonsultasi.

  1. Anda menjadi panik dan mudah cemas

Perasaan ketakutan berlebihan akan sesuatu bisa jadi merupakan tanda dari suatu ansietas atau gangguan cemas. Namun bisa jadi itu juga merupakan tanda dari depresi. Orang yang sedang mengalami depresi seringkali memberikan gejala berupa kecemasan atau panik yang berlebihan.

  1. Rasa lelah berlebih

Rasa lelah yang berlebih pada penderita depresi bisa jadi disebabkan oleh perasaan sedih atau merasa putus asa dan tidak berdaya. Nyeri emosional yang kronis memang bisa “menyedot” energi Anda. Anda menjadi cepat lelah bahkan untuk bangun dari tempat tidur atau mandi pun Anda merasakan kelelahan.

  1. Anda merasakan nyeri yang tidak diketahui penyebabnya

Nyeri emosional dari depresi bisa saja menimbulkan nyeri fisik seperti nyeri kepala, gangguan perut, leher, punggung bahkan mual. Seseorang yang sedang mengalami depresi dan memiliki kesedihan dan stress yang mendalam seringkali tidak mampu menahan emosinya dan emosi tersebut “muncul” dalam bentuk keluhan fisik seperti nyeri.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memilih Susu Cair untuk Buah Hati

Memilih Susu Cair untuk Buah Hati

Kunci dalam memilih susu cair adalah ketelitian. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan baik-baik sebelum dan setelah membeli susu cair. Berikut adalah empat kiat dalam memilih susu cair untuk anak: Perhatikan kemasannya Pilihlah susu cair yang kemasannya masih baik dan tidak menggembung, karena, kemasan yang menggembung menandakan bahwa bakteri dalam kemasan susu tersebut telah berkembang dengan cepat sehingga susu seolah bertambah banyak. Apabila susu tersebut diminum, dikhawatirkan akan terjadi gangguan pencernaan pada anak. Teliti tanggal kedaluwarsa Sebelum membeli susu cair, cari tanggal kedaluwarsanya. Jika Anda tidak menemukan cantuman tanggal kedaluwarsanya, lebih baik hindari. Simpan di ruangan sejuk Simpan produk susu cair di suhu ruang sejuk. Hal ini untuk menjaga gizi dalam kandungannya tetap baik. Segera habiskan setelah kemasan dibuka Apabila Anda sudah membuka kemasan susu cair, sebaiknya langsung dihabiskan untuk mendapatkan nilai gizi maksimal. Jika Anda mengonsumsinya kembali setelah kemasan dibuka, nilai gizinya tak akan sama lagi seperti pada awal konsumsi. Hal tersebut disebabkan oleh susu cair yang diolah tanpa pengawet sehingga jika dibiarkan se [...]

Mouth Guard, Si Pelindung Mulut

Mouth Guard, Si Pelindung Mulut

Oleh: drg. Martha Mozartha Atlet olahraga yang banyak melibatkan kontak fisik rentan untuk mengalami trauma pada gigi. Sebut saja olahraga tinju, rugby, football, dan olahraga lainnya yang beresiko tinggi untuk terjadi kecelakaan pada wajah, mulut dan sekitarnya. Untuk melindungi gigi dan jaringan lunak jika kecelakaan tak terhindarkan, dibuatlah alat yang disebut mouth guard. Umumnya atlet di cabang olahraga tertentu diharuskan untuk memakai alat ini, dan ada juga sekolah-sekolah yang mewajibkan murid-murid menggunakan mouth guard pada saat pelajaran olahraga tertentu. Selain penggunaan di bidang olahraga, mouth guard juga memiliki kegunaan di bidang medis. Alat ini dapat digunakan sebagai splint pada penderita kelainan sendi rahang (temporomandibular/TMJ disorder) dan bruxism. Bruxism adalah kebiasaan buruk mengerat tidur tanpa sadar terutama saat tidur malam, dan dapat menyebabkan permukaan gigi menjadi aus. Oleh karena itu mouth guard digunakan untuk melindungi gigi. Alat ini umumnya terbuat dari material plastik. Ada beberapa jenis mouth guard yang dapat digunakan: Stock/Ready made mouth guard. Jenis ini sudah dibuat di pabrik dengan berbagai ukuran tapi tidak [...]

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

Apa yangAndapikirkan ketika mendengar istilah awet muda? Kulit tetap kencang? Kulit wajah bebas keriput? Ketahuilah, awet muda tidak melulu soal penampilan kulit bertahan di usia 20-an hingga 30-an. Karena pada prinsipnya, jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini, keuntungan penampilan kulit tersebut menjadi ?bonus? dan penampilan Anda secara keseluruhan dapat menjadi 5 hingga 10 tahun lebih muda. Melawan proses penuaan merupakan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun demikian manfaatnya banyak sekali. Karena dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan kulit bertahan semata, tetapi justru secara esensi Anda justru melawan beberapa penyakit degeneratif nan kronis yang mengintai, seperti halnya: Penyakit jantung, Kanker, diabetes, Hipertensi Dimana penyakit-penyakit tersebut adalah biang kerok yang mempercepat penuaan dan merupakan penyebab kematian muda yang paling sering terjadi. Meskipun proses penuaan mutlak terjadi dan kita tidak dapat menghindarinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunda penuaan tersebut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini: Kebiasaan Awe Muda#1: Konsumsi Sayur dan Buah Orang-orang yang mengkonsumsi ber [...]

Nyaman Memakai Gigi Palsu

Nyaman Memakai Gigi Palsu

Selain mengganggu proses mengunyah makanan dan berbicara, gigi yang tidak lengkap juga bisa mengurangi estetika wajah seseorang. Namun tenang saja karena masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan gigi palsu. Tertarik mengisi kekosongan di mulut dengan gigi palsu? Baca dulu informasinya di bawah ini. Gigi palsu adalah gigi tiruan yang dapat dilepas-pasang. Terbuat dari bahan plastik atau logam yang diproduksi khusus agar sesuai gigi dan gusi asli, gigi palsu dapat memberi efek tampilan yang alami. Jenis-jenis Gigi Palsu Ada dua tipe gigi palsu, yaitu gigi palsu lengkap dan gigi palsu parsial. Gigi Palsu Lengkap Gigi palsu jenis ini digunakan jika semua gigi Anda hilang. Gigi palsu lengkap ada yang dapat dibuat ?segera? dan dipasang setelah gigi Anda dicabut. Karena pembuatannya yang cepat, gigi palsu ini memerlukan penyesuaian lebih lama di mulut karena gusi dan tulang di bawah gigi yang sudah dicabut biasanya akan mengecil. Maka biasanya gigi ini hanya dijadikan solusi sementara. Tapi ada pula yang pemasangannya harus menunggu dua hingga tiga bulan pasca mencabut gigi atau setelah jaringan gusi sembuh. Jenis ini dinamakan gigi palsu lengkap ?konvensional? dan bisa dipasan [...]

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Ini Pentingnya Rajin Minum Air Perasan Lemon Tiap Pagi

Banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon sesaat setelah bangun tidur. Meskipun rasanya asam, buah lemon merupakan makanan yang sifatnya basa, yang dapat menjaga keseimbangan pH tubuh agar terjaga kesehatannya serta terhindar dari berbagai penyakit. Ini beberapa alasan lainnya kenapa Anda disarankan untuk meminum air lemon hangat di pagi hari.1. Tonik untuk LiverPraktisi food combining, Erikar Lebang mengatakan, air dengan perasan lemon di pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan liver. Setelah semalaman bekerja untuk menyaring racun-racun di dalam tubuh yang berasal dari makanan tidak sehat, liver membutuhkan tonik untuk mempertahankan fungsi kerjanya. Pagi hari merupakan waktu paling tepat untuk memberi 'hadiah' pada liver, tapi pastikan Anda tidak mengonsumsi apapun 20 menit sebelum atau setelah meminumnya.2. Mengganti Cairan ElektrolitSaat malam hari, tubuh kekurangan cairan selama lebih kurang 6-7 jam. Itulah sebabnya kita kerap merasa lemas saat bangun di pagi harinya. Meminum air putih saja tidak cukup, Anda perlu menggantinya dengan cairan elektrolit. Ketimbang minum minuman kemasan yang mengandung elektrolit, akan l [...]

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kemunculan alergi pada seseorang bisa sangat mengganggu kehidupan sehair-hari, tidak terkecuali pada ibu hamil. Ibu hamil dengan segala kemungkinan kelainan dalam kehamilannya, perlu benar-benar menjaga kesehatan agar alergi tidak perlu terjadi. Apa saja yang harus Anda ketahui mengenai alergi pada kehamilan? Isabella Pali-Sch�ll, Ph.D., dalam artikelnya yang bertajuk ?Asthma dan Allergic in Pregnancy? mengatakan bahwa asma dan alergi dalam kehamilan dapat menimbulkan banyak masalah. Misalnya saja dalam pemilihan obat alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena efeknya dapat mempengaruhi janin. Idealnya, Anda tidak mengonsumsi obat apa pun yang dapat memicu masalah dalam perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan. Kemunculan asma dan alergi pada kulit dalam kehamilan sangat sering dijumpai. Bentuk alergi sangat bermacam-macam di antaranya: Kelainan kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan Kelainan pernapasan seperti batuk dan hidung meler Kelainan pencernaan seperti diare, konstipasi, dan nyeri perut Gejala berat seperti bengkak mata, mulut, dan kesulitan bernapas Memang, alergi tidak dapat dihila [...]

Dora Idap Von Willebrand

Dora Idap Von Willebrand

Kondisi Dora Indriyati Trimurni (25), pasien pengidap penyakit keringat darah yang keluar dari pori-pori di kepalanya asal Padang, Sumatera Barat, yang sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Magunkusumo (RSCM) sejak Rabu (8/6/2011) dalam keadaan baik. Tim dokter RSCM baru memeriksa fungsi trombosit dengan melakukan empat macam tes, diantaranya, pemeriksaan ADP (agregasi trombosit), epinefrin, kolagen, dan ristocetin. Hasilnya pun diketahui bahwa terdapat kelainan pada salah satu fungsi trombosit tersebut, yakni pada ristocetin. Hasil diagnosa sementara tim dokter RSCM menunjukkan, Dora mengalami penyakit kelainan darah Von Willebrand. (VWD) atau adanya kelainan perdarahan yang sudah dialaminya sejak dua tahun terakhir. Penyakit Von Willebrand adalah salah satu jenis kelainan perdarahan yang banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit keluarga. [...]

5 Alasan Untuk Sarapan

5 Alasan Untuk Sarapan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Alasan-alasan seperti ?Saya tidak punya waktu di pagi hari? atau ?saya tidak dapat makan di pagi hari? tentu sering sekali dikeluhkan oleh seseorang, namun ternyata bila kita melewatkan sarapan pagi, banyak kerugian yang dapat muncul pada diri kita, yang dapat berpengaruh terhadap mood, berat badan dan kesehatan tubuh. Menurut suatu jurnal yang dipublikasikan dalam The National Weight Control Registry, sarapan pagi berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Dibawah ini terdapat beberapa alasan agar Anda rajin sarapan tiap harinya: Sarapan pagi dapat mengisi nutrisi di tubuh kita setelah beberapa jam tanpa makanan dalam tidur. Banyak studi yang berpendapat bahwa seseorang yang berangkat kerja tanpa sarapan pagi tidak dapat bekerja dengan baik, pada anak-anak pun terjadi hal serupa. Tanpa makanan, kadar gula darah dapat turun, yang membuat tubuh Anda menjadi lemas dan cemas dalam pekerjaan dapat menyebabkan susah dalam membuat keputusan dan cemas dalam bekerja. Melewati sarapan dapat memicu makan snack yang berat ataupun makan siang yang lebih besar kalorinya. Sarapan pagi dapat menyingkirkan beberapa penyakit seperti d [...]

Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit

Sering Sakit Pinggang? Mungkin Saraf Terjepit

Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang, disertai kesemutan atau sakit yang menjalar ke arah panggul, paha atau bahkan sampai jari-jari kaki? Mungkin Anda mengalami HNP atau Hernia Nucleosus Pulposus atau seringkali secara awam disebut dengan saraf terjepit. Hernia Nucleosus Pulposus adalah suatu kondisi di mana sebagian atau seluruh bagian tengah dari lempengan intervertebralis yang lembut dan seperti agar-agar keluar menonjol melalui bagian lemah dari lempeng secara terpaksa, sehingga gejala yang sering dialami adalah nyeri punggung karena iritasi persarafan yang terjepit oleh tonjolan tersebut. Penyebabnya seringkali adalah trauma yang terjadi terus menerus seperti misalnya jatuh terduduk, kecelakaan, posisi tubuh yang tidak tepat dalam mengangkat barang atau duduk. Berat badan berlebihan dan kebiasaan memposisikan tubuh dengan tidak tepat juga seringkali menjadi faktor penyebab. Pada beberapa kasus juga disebabkan karena kelainan bentuk tulang belakang. (Baca: 14 Penyebab Nyeri Punggung Bawah) Bagian tulang belakang yang sering terpengaruh adalah bagian lumbal (di daerah pinggang) dan bagian servikal (daerah leher). (Baca: Cara Mengatasi Nyeri Pada Leher) Beberapa gejala ya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *