10 Tanda Anda Mengalami Depresi

10-Tanda-Anda-Mengalami-Depresi.jpg

Depresi bukan sekadar terlihat murung dan sedih. Stres bukan cuma bergejala pusing dan sakit kepala. Tapi jika Anda belum tahu, depresi itu gejalanya sangat samar.

Tidak diundang, tidak disadari, depresi muncul dengan gejala yang kerap kita sangka sebagai kebiasaan yang wajar. Apa saja gejala depresi? Berikut di antaranya:

  1. Anda makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya

Depresi dapat mempengaruhi selera makan Anda. Jika pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran negatif, maka Anda dapat menjadi lupa atau kehilangan minat untuk makan. Di sisi lain, hal tersebut juga bisa berkebalikan. Depresi bisa juga membuat Anda menjadi lebih mudah lapar dan makan lebih banyak. Kombinasi perasaan sedih, pesimis terhadap masa depan dan rasa percaya diri yang rendah seringkali membuat Anda mengalihkan dengan makan berlebih sebagai efek menenangkan.

  1. Anda tidur terlalu berlebih atau susah tidur

Beberapa orang dengan depresi seringkali merasakan lelah sepanjang hari dan membuatnya menjadi ingin terus tidur. Selain itu tidur juga menjadi salah satu cara orang yang mengalami depresi untuk “lari” dari kesedihan. Namun di sisi lain, orang yang mengalami depresi juga bisa mengalami insomnia atau kesulitan tidur karena memikirkan terlalu banyak hal.

  1. Hal kecil dapat membuat Anda mudah tersinggung

Tanda ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Bahwa orang yang sedang mengalami depresi mempunyai ambang “tersinggung” yang rendah. Ketika Anda sedang depresi, Anda bisa menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung karena “nyeri psikologis” yang Anda rasakan.

  1. Anda menjadi sulit fokus atau sulit konsentrasi

Anda lupa pada deadline pekerjaan atau lupa menjemput anak di sekolah? Apakah Anda sering mengalami “keruwetan” pikiran dan seringkali sulit mengambil keputusan? Bisa jadi Anda sedang mengalami gejala depresi. Ketika pikiran Anda terokupasi oleh perasaan sedih atau kekosongan, dapat mempengaruhi konsentrasi Anda terhadap pekerjaan dan hal-hal lainnya.

  1. Anda tidak merasakan kesenangan dengan aktivitas kegemaran Anda

Jika sebelumnya Anda merasa sangat senang setelah melepas penat dengan berkaraoke dengan teman-teman, sekarang Anda merasakan ada yang berbeda. Anda menjadi kurang bersemangat dan tak lagi tertarik pada hal-hal yang dulunya menjadi hobi atau kegemaran Anda. Bisa jadi Anda mengalami depresi. Anda menjadi menarik diri dan depresi seakan “merenggut” kebahagiaan Anda dan membuat mood Anda menjadi buruk untuk melakukan apapun.

Berikut 5 tanda lainnya Anda mengalami depresi tanpa Anda sadari:

10 Tanda Anda Mengalami Depresi

  1. Anda merasa rendah diri dan tidak berharga

Jika Anda terus dipenuhi pikiran berulang seperti: “saya tidak cukup baik” atau “saya tidak penting lagi” atau “saya tidak berharga”, maka berhati-hatilah. Jika Anda mulai berpikir seperti ini dan terus dihantui rasa bersalah, maka Anda bisa memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan menjadi semakin depresi.

  1. Pikiran Anda dipenuhi dengan kematian

Pemikiran berulang tentang bagaimana Anda akan meninggal, bagaimana perasaan teman dan sanak keluarga jika Anda meninggal, cara bunuh diri bisa menjadi indikator yang sangat kuat Anda mengalami depresi dan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan psikiater. Terlebih jika Anda terus menerus memikirkannya setiap hari atau hampir setiap hari selama paling tidak 2 minggu, segeralah berkonsultasi.

  1. Anda menjadi panik dan mudah cemas

Perasaan ketakutan berlebihan akan sesuatu bisa jadi merupakan tanda dari suatu ansietas atau gangguan cemas. Namun bisa jadi itu juga merupakan tanda dari depresi. Orang yang sedang mengalami depresi seringkali memberikan gejala berupa kecemasan atau panik yang berlebihan.

  1. Rasa lelah berlebih

Rasa lelah yang berlebih pada penderita depresi bisa jadi disebabkan oleh perasaan sedih atau merasa putus asa dan tidak berdaya. Nyeri emosional yang kronis memang bisa “menyedot” energi Anda. Anda menjadi cepat lelah bahkan untuk bangun dari tempat tidur atau mandi pun Anda merasakan kelelahan.

  1. Anda merasakan nyeri yang tidak diketahui penyebabnya

Nyeri emosional dari depresi bisa saja menimbulkan nyeri fisik seperti nyeri kepala, gangguan perut, leher, punggung bahkan mual. Seseorang yang sedang mengalami depresi dan memiliki kesedihan dan stress yang mendalam seringkali tidak mampu menahan emosinya dan emosi tersebut “muncul” dalam bentuk keluhan fisik seperti nyeri.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bayi Bisa Mati Mendadak Jika Tidur Salah Posisi

Bayi Bisa Mati Mendadak Jika Tidur Salah Posisi

Bayi yang berusia kurang dari satu tahun membutuhkan perhatian khusus, tidak hanya tumbuh kembangnya, namun juga keamanan. Dengan hadirnya si kecil, maka penting bagi Anda untuk memastikan lingkungan rumah aman, termasuk memperhatikan posisi tidur bayi. Apa hubungannya posisi tidur bayi dengan keselamatan bayi? Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan kematian mendadak pada bayi, yang disebut sudden infant death syndrome (SIDS). SIDS biasanya terjadi pada bayi berusia kurang dari 1 tahun dan dapat terjadi tanpa peringatan, sekali pun pada bayi sehat. Penyebab tersering SIDS adalah bayi tidur dalam posisi tengkurap. Bayi yang tidur tengkurap menyebabkan tekanan pada rahang bayi sehingga membuat jalan napas lebih pendek, menghambat saluran napas, kadar oksigen berkurang sehingga menyebabkan kematian. Faktor risiko SIDS lainnya adalah: Ibu yang merokok atau minum alkohol saat hamil Bayi prematur atau berat badan lahir rendah Ibu berusia kurang dari 20 tahun saat hamil Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya SIDS pada bayi: Pastikan bayi selalu tidur dengan posisi terlentang Berikan ranjang terpisah untuk bayi, jangan berb [...]

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

Siklus menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Setiap bulan, indung telur mengeluarkan telur yang disebut dengan ovulasi atau masa subur. Di saat yang bersamaan, perubahan hormonal juga menyiapkan rahim untuk kehamilan. Jika saat ovulasi telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan meluruh keluar melalui vagina yang disebut dengan menstruasi. Bagaimana siklus menstruasi yang normal? Siklus menstruasi, yang dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya, tidak sama pada setiap wanita. Menstruasi akan berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21-35 hari. Dengan definisi yang lebih luas, menstruasi "normal" pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika dirasakan menstruasi Anda tidak seperti biasanya. Apa saja yang perlu saya perhatikan pada menstruasi saya? Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan Pada Menstruasi Saya? Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan pada siklus haid Anda: Tanggal Catatlah tanggal dimulai dan berhentinya menstruasi Anda. Apakah lebih lama atau lebih pendek dari biasanya. Banyaknya menst [...]

Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya. Namun, karena kehadirannya yang sering kali tidak terdeteksi membuat kista ovarium yang tadinya jinak bisa berpotensi menjadi ganas. Lantas, apa saja ciri-ciri sebuah kista jinak yang berpotensi menjadi ganas? Kista ovarium adalah sebuah kantung berisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Kebanyakan kista ovarium tidaklah berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Kehadirannya pun sering tidak disertai gejala. Gejala baru dirasakan ketika kista telah membesar, pecah atau menutupi suplai darah ke ovarium. Jika sudah memasuki tahap itu, Anda akan merasakan gejala-gejala seperti: Perut kembung Sering buang air kecil Perubahan siklus menstruasi Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti saat yang Anda rasakan saat kehamilan Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit Nyeri sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir Nyeri saat buang air besar Nyeri panggul saat melakukan hubungan seksual Jenis-jenis Kista Ovarium Pada umumnya, kebanyakan kista ovarium tidaklah bersifat kanker. Kista yang berkaitan dengan menstruasi disebut kista fungsional dan terdapat pada se [...]

Obat Bius, si Penghilang Rasa Sakit

Obat Bius, si Penghilang Rasa Sakit

Apa yang terjadi jika para ahli di bidang kesehatan tidak menemukan obat bius? Pastinya, kita akan mendengar jeritan kesakitan para pasien dari balik pintu ruang medis. Dalam bidang kesehatan, pembiusan disebut dengan anestesi, yang berarti ?tanpa sensasi?. Tujuan obat bius adalah membuat mati rasa area tubuh tertentu atau bahkan membuat Anda tidak sadarkan diri (tertidur). Dengan mengaplikasikan obat bius, dokter bisa leluasa melakukan tindakan medis yang melibatkan peralatan tajam dan bagian tubuh tanpa menyakiti Anda. Bagaimana Cara Kerja Obat Bius? Pembiusan yang membuat seseorang menjadi tidak sadar disebut dengan bius umum. Bius lokal dan regional dilakukan pada area tertentu di tubuh dan tidak menyebabkan hilangnya kesadaran. Pada pembiusan umum, obat bius bekerja dengan cara menghentikan sinyal saraf yang membuat Anda sadar dan terjaga agar tidak sampai ke otak. Hasilnya, Anda akan tidak sadarkan diri sehingga tidak akan merasa sakit saat dokter menjalani tindakan medis atau istilah lainnya. Obat ini juga bisa mengatur pernapasan, peredaran dan tekanan darah serta denyut dan irama jantung. Setelah efek obat bius menghilang, sinyal saraf akan menjalankan fungsinya seperti [...]

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Aturan Makan Malam Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Berat Badan Tak Naik

Tidak sedikit orang yang justru mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Hal ini terjadi karena pola makan salah yang cenderung kalap terutama saat berbuka. Agar tetap sehat dan tidak makin gemuk, Anda bisa mencoba metode food combining.Food combining mengenal padu-padan yang cocok atau tidak cocok untuk setiap unsur makanan. Bagaimana menjalaninya saat Ramadan? Anda bisa membaca ulasannya di sini.Asyiknya food combining ini, tidak seperti metode penurunan berat badan lainnya, Anda bisa makan apapun hingga kenyang. Namun untuk makannya, Anda harus sesuai aturan dari food combining tersebut. Sama seperti orang pada umumnya, pelaku food combining juga tetap makan malam saat puasa. Dijelaskan praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang dalam bukunya Food Combining di Bulan Ramadan, waktu makan malam paling ideal saat Ramadan adalah sebelum salat Isya atau setelah Tarawih.Waktu yang tersedia untuk makan malam ini tidaklah panjang. Setelah salat Magrib hingga menjelang Isya, Anda hanya punya waktu sekitar 30-45 menit. Sedangkan jika makan setelah Tarawih, waktu yang Anda punya juga tidak terlalu berbeda. Oleh karena sempitnya waktu makan ini, Erikar pun menyarankan untuk menyede [...]

Inilah 42 Dokter Spesialis Pemeriksa Kesehatan Capres & Cawapres

Inilah 42 Dokter Spesialis Pemeriksa Kesehatan Capres & Cawapres

Pasangan bakal calon presiden Joko Widodo dan bakal calon wakil presiden Jusuf Kalla baru saja menjalani tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Perwira Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Kamis (22/05). Dimana pemeriksaan kesehatan merupakan bagian dari syarat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mewajibkan para kandidat peserta bursa pemilihan umum presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2014 yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti tes pemeriksaan kesehatan. 42 Tenaga Dokter Tes kesehatan yang memakan biaya Rp.75 juta per orang itu dilaksanakan oleh Tim Penilai Kesehatan yang terdiri atas 42 tenaga dokter. Tim dokter menyediakan waktu satu hari penuh untuk pemeriksaan kesehatan pada masing-masing pasangan calon. Sehingga, setiap pasangan kandidat dapat melakukan pemeriksaan dengan leluasa tanpa berbenturan jadwal pemeriksaan. Berikut adalah 42 dokter spesialis yang melakukan pemeriksaan kesehatan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden 2014: Prof. Dr. Lukman Hakim Makmun, Sp.PD, KKV, K.Ger, FINASIM DR. Dr. Zulkifli Amin, Sp.PD, K-P, FINASIM, FCPP Dr. Djoko Wibisono, Sp.PD. KGEH Dr. Danardi Sosrosumihardjo, Sp.KJ(K) Prof. DR. Dr. HM. Syams [...]

Dapatkah Cokelat Menyebabkan Jatuh Cinta?

Dapatkah Cokelat Menyebabkan Jatuh Cinta?

Di dalam khazanah medis, jatuh cinta pada tubuh manusia difaktori oleh hormon oksitosin. Hormon oksitosin yang mencetuskan perasaan terbuka, saling mendukung, menerbitkan kasih sayang dan atribut romantika lainnya. Lalu, bagi Anda yang akrab dengan suasana Valentine, cokelat dirutinkan menjadi kado dan simbol kasih sayang yang diberikan kepada orang yang disayangi. Pertanyaannya, kenapa cokelat? Apa karena cokelat menyebabkan jumlah hormon oksitosin di dalam tubuh meningkat, sehingga memunculkan perasaan jatuh cinta? Berikut penjelasannya: Cokelat + Valentine = Jatuh Cinta? Jawabnya, hal ini masih diteliti melalui azas medis. Karena belum lengkap literatur yang menyebutkan ada makanan atau minuman khusus yang dapat melepaskan produksi hormon oksitosin secara signifikan, sehingga Anda sekonyong-konyong langsung jatuh cinta setelah memakan dan meminumnya. Namun demikian, yang jelas oksitosin dapat diterbitkan melalui stimulasi kasih sayang di tubuh. Contohnya seperti sentuhan, belaian, memberikan hadiah, rasa kepedulian, rasa empati, rasa simpati dan kasih sayang. Jadi kesimpulannya, untuk menumbuhkan cinta seseorang adalah memancing jumlah hormon oksitosin yang [...]

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Inilah Pengobatan untuk Wasir

Wasir yang sudah hilang bisa muncul lagi karena beberapa alasan. Untuk mengatasinya, ada beberapa pilihan terapi wasir yang bisa dilakukan, termasuk penyuntikan wasir dengan zat sklerosan sehingga menyebabkan pengerasan dasar pembuluh darah dan membuat perdarahan berhenti. Terapi ini hanya berguna pada hemoroid yang masih kecil yaitu derajat I-II yang tidak sembuh dengan terapi konservatif (diet tinggi serat, tidak mengedan, krim hemoroid). Sekitar 77-86% hemoroid akan sembuh total atau tidak kembali seperti semula. Namun terapi ini sudah jarang dilakukan lagi di negara-negara maju karena risiko infeksi dan komplikasi yang dapat menyebabkan kerusakan rektum. Apakah penanganannnya berbeda pada wasir yang berukuran lebih besar? Berikut penjelasannya: Apakah Penanganannya Berbeda untuk Wasir yang Berukuran Lebih Besar? Sementara untuk wasir yang berukuran lebih besar, umumnya dilakukan terapi bedah haemorrhoidectomy di mana dokter bedah akan memotong jaringan wasir menggunaan laser atau skalpel, kemudian menjahit bekas jaringan yang terpotong. Teknik ini membutuhkan rawat inap dan observasi. Pada saat ini terapi non-operatif yang cukup banyak digunakan adalah Ru [...]

10 Tanda Anda Berisiko Bunuh Diri

10 Tanda Anda Berisiko Bunuh Diri

Kondisi seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Semakin tinggi tekanan yang dialami maka kemungkinan besar ia akan depresi. Kondisi serius ini dapat memicu seseorang untuk bunuh diri.Menurut WebMD, di Amerika Serikat hanya 1 dari 10 orang depresi yang mendapatkan pengobatan. Selain itu, riset yang dilakukan oleh The National Institute of Mental Health (NIMH) melaporkan bahwa 16% orang yang melakukan bunuh diri karena depresi. Banyak dari mereka yang berusia diatas 65 tahun.Namun, jika gejala depresi dapat dideteksi dari awal, resiko melakukan bunuh diri dapat ditekan. Menurut Delker Barb, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Owensboro, Kentucky ada 10 tanda-tanda awal risiko Anda dapat melakukan bunuh diri, dikutip dari Third Age.1. Berbicara bahwa ia akan menyakiti diri sendiri.2. Mencari alat untuk melakukan bunuh diri, misalnya pisau atau pil.3. Menyatakan bahwa kematian (bunuh diri) adalah hal yang wajar.4. Merasa putus asa, selalu marah, dan ingin melakukan balas dendam.5. Bertindak gegabah atau melakukan kegiatan yang beresiko fatal.6. Merasa terjebak dalam satu kondisi yang tidak ada jalan keluarnya.7. Mulai menggunakan obat-obatan terlarang.8. Menjauh dari [...]

Memiliki Binatang  Peliharaan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Memiliki Binatang Peliharaan Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Oleh: dr. Ema Anindia Selain dapat menyenangkan ternyata binatang peliharaan dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pernyataan ini diungkit oleh Perkumpulan Peneliti di American Heart Association (AHA) dimana mereka menganalisa studi-studi sebelumnya yang menghubungkan kesehatan jantung dengan kepemilikan binatang peliharaan, dimana mereka menemukan bahwa jika seseorang memiliki binatang peliharaan maka dapat mengurangi risiko penyakit jantung bagi mereka tanpa riwayat jantung, dan bagi mereka yang memiliki riwayat jantung dapat mengurangi angka kematian. Perkumpulan ini yang diketuai oleh dr. Glenn Levine, seorang profesor dari Baylor College of Medicine, yang menyatakan bahwa memiliki kucing atau anjing dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara membantu pemilik untuk lebih aktif secara fisik yang dapat mengurangi tekanan darah dan mengurangi efek dari stres. Studi sebelumnya juga menunjukkan bahwa hubungan dan pertemanan antara pemilik dan binatang peliharaan dapat meningkatkan level hormon anti-stres yang dapat membuat seseorang lebih tahan terhadap situasi traumatik atau stres. Namun, dr. Levine berkata ?Bila seseorang memelihara binatang namun tetap hanya dudu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *