10 Tanda Anda Mengalami Depresi

10-Tanda-Anda-Mengalami-Depresi.jpg

Depresi bukan sekadar terlihat murung dan sedih. Stres bukan cuma bergejala pusing dan sakit kepala. Tapi jika Anda belum tahu, depresi itu gejalanya sangat samar.

Tidak diundang, tidak disadari, depresi muncul dengan gejala yang kerap kita sangka sebagai kebiasaan yang wajar. Apa saja gejala depresi? Berikut di antaranya:

  1. Anda makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya

Depresi dapat mempengaruhi selera makan Anda. Jika pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran negatif, maka Anda dapat menjadi lupa atau kehilangan minat untuk makan. Di sisi lain, hal tersebut juga bisa berkebalikan. Depresi bisa juga membuat Anda menjadi lebih mudah lapar dan makan lebih banyak. Kombinasi perasaan sedih, pesimis terhadap masa depan dan rasa percaya diri yang rendah seringkali membuat Anda mengalihkan dengan makan berlebih sebagai efek menenangkan.

  1. Anda tidur terlalu berlebih atau susah tidur

Beberapa orang dengan depresi seringkali merasakan lelah sepanjang hari dan membuatnya menjadi ingin terus tidur. Selain itu tidur juga menjadi salah satu cara orang yang mengalami depresi untuk “lari” dari kesedihan. Namun di sisi lain, orang yang mengalami depresi juga bisa mengalami insomnia atau kesulitan tidur karena memikirkan terlalu banyak hal.

  1. Hal kecil dapat membuat Anda mudah tersinggung

Tanda ini seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang. Bahwa orang yang sedang mengalami depresi mempunyai ambang “tersinggung” yang rendah. Ketika Anda sedang depresi, Anda bisa menjadi lebih sensitif dan mudah tersinggung karena “nyeri psikologis” yang Anda rasakan.

  1. Anda menjadi sulit fokus atau sulit konsentrasi

Anda lupa pada deadline pekerjaan atau lupa menjemput anak di sekolah? Apakah Anda sering mengalami “keruwetan” pikiran dan seringkali sulit mengambil keputusan? Bisa jadi Anda sedang mengalami gejala depresi. Ketika pikiran Anda terokupasi oleh perasaan sedih atau kekosongan, dapat mempengaruhi konsentrasi Anda terhadap pekerjaan dan hal-hal lainnya.

  1. Anda tidak merasakan kesenangan dengan aktivitas kegemaran Anda

Jika sebelumnya Anda merasa sangat senang setelah melepas penat dengan berkaraoke dengan teman-teman, sekarang Anda merasakan ada yang berbeda. Anda menjadi kurang bersemangat dan tak lagi tertarik pada hal-hal yang dulunya menjadi hobi atau kegemaran Anda. Bisa jadi Anda mengalami depresi. Anda menjadi menarik diri dan depresi seakan “merenggut” kebahagiaan Anda dan membuat mood Anda menjadi buruk untuk melakukan apapun.

Berikut 5 tanda lainnya Anda mengalami depresi tanpa Anda sadari:

10 Tanda Anda Mengalami Depresi

  1. Anda merasa rendah diri dan tidak berharga

Jika Anda terus dipenuhi pikiran berulang seperti: “saya tidak cukup baik” atau “saya tidak penting lagi” atau “saya tidak berharga”, maka berhati-hatilah. Jika Anda mulai berpikir seperti ini dan terus dihantui rasa bersalah, maka Anda bisa memiliki kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan menjadi semakin depresi.

  1. Pikiran Anda dipenuhi dengan kematian

Pemikiran berulang tentang bagaimana Anda akan meninggal, bagaimana perasaan teman dan sanak keluarga jika Anda meninggal, cara bunuh diri bisa menjadi indikator yang sangat kuat Anda mengalami depresi dan sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan psikiater. Terlebih jika Anda terus menerus memikirkannya setiap hari atau hampir setiap hari selama paling tidak 2 minggu, segeralah berkonsultasi.

  1. Anda menjadi panik dan mudah cemas

Perasaan ketakutan berlebihan akan sesuatu bisa jadi merupakan tanda dari suatu ansietas atau gangguan cemas. Namun bisa jadi itu juga merupakan tanda dari depresi. Orang yang sedang mengalami depresi seringkali memberikan gejala berupa kecemasan atau panik yang berlebihan.

  1. Rasa lelah berlebih

Rasa lelah yang berlebih pada penderita depresi bisa jadi disebabkan oleh perasaan sedih atau merasa putus asa dan tidak berdaya. Nyeri emosional yang kronis memang bisa “menyedot” energi Anda. Anda menjadi cepat lelah bahkan untuk bangun dari tempat tidur atau mandi pun Anda merasakan kelelahan.

  1. Anda merasakan nyeri yang tidak diketahui penyebabnya

Nyeri emosional dari depresi bisa saja menimbulkan nyeri fisik seperti nyeri kepala, gangguan perut, leher, punggung bahkan mual. Seseorang yang sedang mengalami depresi dan memiliki kesedihan dan stress yang mendalam seringkali tidak mampu menahan emosinya dan emosi tersebut “muncul” dalam bentuk keluhan fisik seperti nyeri.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Membersihkan gigi secara rutin setiap hari penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain rajin, cara yang dilakukan saat membersihkannya juga harus benar. Sayangnya banyak mitos seputar kesehatan gigi yang belum terbukti kebenarannya, tapi dipercaya banyak orang. Survei yang dilakukan TePe, brand produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak memahami cara menjaga kesehatan mulut yang benar. Ada 20 persen responden yang mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari. Sementara anjuran dari dokter adalah dua kali sehari; pagi dan malam sebelum tidur. Salah satu mitos yang palinh sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama. Padahal obat kumur mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Beberapa produk mouthwash ada yang mengandung bahan yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang mengalami kekeringan pada mulut, sariawan atau gigi dan mulut sensitif sebaiknya tidak menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada mouthwash akan [...]

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur Bisa Dikaitkan dengan Risiko Penyakit Berbahaya

Mendengkur sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang lumrah dialami seseorang saat sedang tidur. Suara yang ditimbulkannya biasa mengganggu pasangan atau teman sekamar. Namun ternyata dengkuran, yang merupakan salah satu gejala utama apnea tidur/sleep apnea, bisa dikaitkan dengan adanya peningkatan risiko kondisi yang berbahaya. Mendengkur umumnya lebih banyak dialami pria, terutama dengan berat badan di atas rata-rata ideal. Sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung mengidap sleep apnea dengan ciri-ciri utamanya adalah mendengkur. Kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh kelebihan massa yang mengumpul di sekitar leher, menjadikan orang tersebut kesulitan bernapas di malam hari. Sebagian orang bisa jadi memiliki amandel besar yang dapat mempersempit jalan napas sehingga menyebabkan dengkuran saat tidur. Riwayat keluarga yang mendengkur dan mengonsumsi minuman keras juga dapat meningkatkan risiko mendengkur. Seiring pertambahan usia, dengkuran bisa menjadi makin parah. Pada kasus tertentu, penelitian menemukan bahwa mendengkur dapat dihubungkan kepada peningkatan risiko berbagai kondisi dan penyakit yang berbahaya, yaitu: Gangguan pernapasan Orang yang serin [...]

4 Penyakit Kronis yang Sering Menyerang Wanita, Ini Cara Mencegahnya!

4 Penyakit Kronis yang Sering Menyerang Wanita, Ini Cara Mencegahnya!

Kesehatan itu mahal, ungkapan ini benar adanya ketika Anda telah mengidap suatu masalah kesehatan, khususnya penyakit-penyakit kronis yang sering menyerang pada wanita. Oleh karenanya Anda perlu melakukan tindakan pencegahan.Tidak hanya karena biaya pengobatan yang mahal, tetapi tubuh yang sehat akan membuat hidup lebih bahagia. Mayoclinic yang merupakan situs kesehatan, merilis cara-cara sederhana untuk mencegah timbulnya penyakit kronis pada wanita. Simak ulasannya di bawah ini.Penyakit JantungMenurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit jantung menempati urutan pertama masalah kesehatan serius yang sering menyerang wanita di dunia. Penyakit yang berdampak fatal ini dapat dihindari dengan beberapa cara sederhana. Salah satunya adalah pola hidup sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran hijau, rutin berolahraga, tidak merokok dan membatasi minum alkohol Anda sudah melakukan pencegahan tanpa disadari. Dan yang terpenting adalah selalu mengontrol tingkat stres, dengan menikmati hal-hal yang Anda lakukan.KankerPenyebab kematian wanita kedua menurut CDC adalah kanker, terutama kanker mulut rahim atau yang biasa dikenal dengan [...]

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Manfaat wortel bagi kesehatan? tentu orang langsung menjawab bahwa wortel bagus untuk mata. Tapi sebenarnya selain itu, wortel yang tinggi beta-karoten dapat membantu dalam pembentukan kulit. Tanaman sayur yang mempunyai nama latin dacus carota ini memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Wortel juga membantu mencegah dan mengobati jerawat ketika diserutkan dan ditempelkan di kulit muka. Wortel juga baik untuk meningkatkan penglihatan dan baik untuk wanita hamil. Jus wortel juga baik untuk kencing manis serta bertindak sebagai racun yang hebat. Manfaat wortel yang jelas untuk kesehatan tubuh, adalah; Jerawat dan Bekas Jerawat Minum jus wortel setiap hari dapat mencegah jerawat. Beta karoten membantu dalam penyembuhan jaringan yang terluka dan membantu masa pertumbuhan sel-sel baru pada kulit. Wortel juga membantu keluarnya racun dari tubuh dan membersihkan hati. Wortel juga memuliki banyak anti-oksidan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mata Tingginya beta-karoten dalam wortel membantu melindungi mata dan meningkatkan kejernihan mata. Karoten juga sangat baik untuk kesehatan mata dan menjaganya. Kandungan karoten di dalam wortel membantu menc [...]

Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat

Tips Hindari Sakit Punggung Akibat Bawaan Berat

Sering merasakan sakit di punggung, otot tegang atau leher kaku? Mungkin tas Anda penyebabnya. Kebiasaan membawa banyak barang di tas tangan, ransel atau tas kantor ternyata bisa mengganggu anatomi tubuh.Dikutip dari Times of India, sudah banyak jumlah wanita yang mengeluhkan sakit akibat membawa tas yang terlalu berat. Rasa sakit umumnya dialami pada bahu, punggung bagian bawah, leher, kepala bahkan ngilu pada persendian.Sayangilah tubuh dan tulang Anda! Jaga agar tidak mengalami kerusakan permanen. Simak tiga tips berikut ini untuk menghindarkan Anda dari sakit punggung.1. Atur Barang dalam Tas Ahli Bedah Ortopedi Dr Ashish Phadnis mengatakan, membawa beban berat di punggung dapat mengakibatkan berbagai penyakit di sekitar tulang punggung. Salah satunya adalah postur membungkuk, sakit punggung, ketegangan otot, dan terkilir."Secara umum, berat maksimum yang dapat dibawa seseorang adalah sekitar 15 persen dari berat tubuhnya. Idealnya, beban pada punggung harus didistribusikan di daerah yang lebih luas, yaitu kedua bahu. Jika masih terasa berat, susunlah barang-barang yang ada dalam tas agar tidak ada tekanan yang berat sebelah, " jelas Dr Ashish.Dia juga menambahkan, distribus [...]

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Merawat dan membersihkan gigi secara rutin memang merupakan hal yang sepele dan seringkali tidak diperhatikan. Namun, ternyata hal tersebut dapat memberikan dampak yang cukup serius pada kesehatan secara umum.Kunjungan ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun dapat membantu untuk mengurangi risiko menderita serangan jantung atau stroke. Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari sekelompok peneliti dari Veterans General Hospital in Taipei, Taiwan.Hasil penelitian tersebut, baru-baru ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association (AHA) di Orlando, Florida."Perlindungan dari penyakit jantung dan stroke lebih jelas pada peserta penelitian yang mendapatkan pemeriksaan gigi sedikitnya setahun sekali. Memiliki gigi yang dibersihkan secara rutin oleh tenaga kesehatan profesional dapat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan. Bakteri peradangan tersebut dapat menyebakan kondisi yang mengarah pada perkembangan penyakit jantung atau stroke," kata Dr Emily (Zu-Yin) Chen, seorang ahli kardiologi di Veterans General, dalam sebuah rilis berita hasil penelitian di AHA seperti dikutip detikhealth dari HealthNews.Menyikat gigi secara ruti [...]

Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Belum Tentu Anda Tahu

Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Belum Tentu Anda Tahu

Buah nanas memiliki rasa asam-manis yang menyegarkan. Selain bisa dinikmati dalam bentuk masih segar, buah tropis ini juga kerap menjadi bahan campuran masakan. Di samping rasanya yang enak, buah nanas juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Buah nanas kaya nutrisi, vitamin serta mineral dan selain itu harganya juga relatif terjangkau. Ini beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari Times of India.1. Kaya Vitamin CSatu cangkir nanas potong mengandung vitamin C yang sudah bisa memenuhi hingga 131 persen kebutuhan akan vitamin peningkat daya tahan tubuh ini. Cukup asupan vitamin C bisa membantu tubuh melawan virus dan meningkatkan kemampuan kulit untuk mencegah infeksi saat terluka. Nanas bisa dikonsumsi dengan cara dipotong-potong atau dibuat jus tanpa tambahan gula maupun susu untuk menjaga kandungan nutrisinya.2. Menguatkan TulangSatu cangkir, atau sekitar 165 gram nanas bisa memenuhi kebutuhan mangan setiap harinya, hingga 76 persen. Mangan adalah jenis mineral yang penting untuk menjaga kekuatan tulang dan jaringan tulang sehat di sekitarnya. Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram 3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan [...]

Punya Misi, Wanita Ini Ikut Maraton Tanpa Pakai Pembalut Walau Sedang Haid

Punya Misi, Wanita Ini Ikut Maraton Tanpa Pakai Pembalut Walau Sedang Haid

Kiran Gandhi, musisi wanita yang dikenal sebagai drummer untuk penyanyi M.I.A., mengikuti lomba Maraton di London tanpa memakai pembalut ataupun tampon, meskipun saat itu dia sedang datang bulan. Hal itu dilakukannya untuk suatu misi. Apa misi Kiran?"Aku lari sepanjang maraton dengan membiarkan darah haidku mengalir ke kakiku," demikian ungkap Kiran dalam website miliknya seperti dikutip People.Wanita 26 tahun itu memutuskan untuk mengikuti maraton tanpa mengenakan pembalut setelah malam sebelum lomba dia mendapatkan haid. Dia pun merasa menggunakan tampon akan membuatnya semakin tidak nyaman untuk berlari. Namun alasannya bukan karena hal itu saja.Kiran pun menjelaskan tujuan dari aksinya yang bagi sebagian orang mungkin menjijikkan itu. Dia melakukan hal tersebut untuk menyadarkan para wanita lainnya bahwa masih banyak sesama wanita di belahan bumi yang tidak memiliki akses atau biaya untuk membeli produk kewanitaan seperti pembalut. Sehingga menurut wanita lulusan Harvard Business School itu, wanita tidak perlu merasa malu dengan masa datang bulan yang didapatnya."Ada yang wanita sengaja merahasiakan masa haidnya, meskipun mereka merasakan kesakitan. Aku berlari untuk menyuar [...]

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Bahaya Laser Ke Tubuh Manusia

Laser, terobosan teknologi abad 21 ini masih perlu diawasi penggunaannya. Faktor keamanan dan potensi fatal yang dimiliki alat ini belum keseimbangan antara pemahaman yang menyeluruh dari teknologi penyinaran ini dengan keamanan serta fatalitas yang ditimbulkan jika dipaparkan kepada manusia. Terdata sudah beberapa kasus kerusakan mata yang ditimbulkan oleh laser ?pulpen cahaya?, antara lain pada seorang remaja berusia 15 tahun di Inggris September 2010 lalu, bahkan pada bulan terakhir, kasus kerusakan mata serupa pun dilaporkan karena eksposur laser pula. Laporan senada juga terjadi anak berusia tujuh tahun setelah terkena paparan laser yang sama. Hingga tim dokter di Inggris memutuskan untuk melaporkan kejadian ini. Alat penunjuk laser yang biasa digunakan untuk peralatan kantor, akademi, sekolah, bahkan pada mainan anak-anak yang dijual bebas di pasaran tersebut kini dibatasi peredarannya oleh Food and Drugs Administration (FDA) di AS. Legalnya, pointer laser yang diperbolehkan di pasaran dibatasi output 5 watt demi keamanan warga AS. Pun di beberapa negara maju lainnya telah dibentuk badan pengawas untuk penggunaan laser. Paparan pointer laser dengan intensitas tingkat tinggi [...]

Dampak Buruk Menonton TV Pada Anak

Dampak Buruk Menonton TV Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Penelitian-penelitian terbaru menunjukkan hubungan lama menonton televisi dengan perilaku antisosial. Di Universitas Glasgow, peneliti menemukan bahwa ?menonton televisi, video, atau DVD selama 3 jam atau lebih sehari berhubungan dengan peningkatan masalah perilaku antara usia 5 sampai 7 tahun.? Penelitian ini dilakukan menggunakan sampel 11,000 anak yang lahir antara tahun 2000 hingga 2002. Gangguan perilaku yang dimaksud adalah perilaku antisosial seperti berkelahi, mencuri atau bullying. Pada penelitian yang dipublikasikan pada tanggal 25 Maret 2013 di Archives of Disease in Childhood ini, para ibu dari anak-anak yang berusia 5 sampai 7 tahun diberikan sebuah kuesioner yang mengukur masalah perilaku, gejala emosional, hiperaktivitas atau gangguan pemusatan perhatian, kesulitan berteman, dan empati terhadap orang lain (yang dinilai sebagai perilaku pro-social). Mereka juga ditanyakan berapa sering anak menonton televisi atau bermain komputer dan video games pada usia 5 tahun. Senada dengan hasil tersebut, sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan di Selandia Baru terhadap 1000 anak yang lahir di Dunedin, Selandia Baru pada tahun 1972 dan 1973 m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *