10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya

makanan-bakteri-sehat-berat-badan.jpg

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Keracunan makanan biasanya timbul karena kita memakan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Oleh sebab itu, tempat dan cara penyimpanan atau pengolahan makanan harus dijaga sedemikian rupa supaya makanan tidak terkontaminasi bakteri. Risiko keracunan makanan akan meningkat ila makanan disimpan pada suhu kamar karena bakteri di lingkungan dapat berkembang dengan pesat.

Lalu bagimana bila masakan di rumah terlalu banyak untuk dihabiskan sehingga harus disimpan untuk keesokan hari? Atau ketika kita membeli bahan makanan untuk persediaan seminggu penuh? Biasanya jawaban pertama adalah dengan menyimpan di kulas atau lemari pendingin. Memang betul suhu yang rendah atau dingin akan mencegah bakteri berkembang biak. Tetapi apakah cukup ditaruh di kulkas? Berikut adalah tips seputar menjaga kebersihan makanan dan mencegah terjadinya keracunan makanan:

  1. Cuci tangan sebelum memegang makanan. Tidak peduli apakah bahan masakan sudah diolah menjadi makanan atau masih berupa produk mentah, cuci tangan adalah langkah pencegahan paling penting untuk menjaga kebersihan makanan. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir sebelum dan sesudah memegang dan menyimpan makanan.

  2. Bersihkan kulkas secara teratur. Tempat penyimpanan yang bersih dan bebas bakteri akan membuat bahan makanan juga terbebas dari bakteri. Pastikan Anda membersihkan sisi dalam kulkas secara teratur dan pasang suhu kulkas di suhu yang dianjurkan.

  3. Pisahkan daging mentah. Apabila Anda menyimpan daging, ayam atau ikan dalam bentuk mentah di dalam kulkas, pastikan bahan makanan ini disimpan dalam tempat yang tertutup rapi dan terpisah dari bahan makanan lainnya.

  4. Jangan masukkan makanan yang masih hangat ataupun panas. Apabila menyimpan sisa makanan di dalam kulkas, tunggulah hingga suhu makanan turun atau hingga menjadi dingin lalu taruh di tempat yang dapat ditutup atau tempat makanan kedap udara, kemudian baru disimpan di kulkas.

  5. Bahan makanan yang dibeli dingin harus tetap dingin. Apabila Anda membeli bahan makanan seperti susu, keju, atau bahan makanan lain yang perlu didinginkan, maka setelah sampai di rumah segeralah memasukkan bahan makanan tersebut ke kulkas.

  6. Makanan kaleng tetap harus dibersihkan. Apabila membeli makanan atau bahan masakan yang disimpan dalam bentuk kaleng, bukan berarti Anda dapat langsung membukanya. Bersihkan dahulu permukaan atas dan pinggir kaleng tersebut dengan air mengalir dan lap hingga bersih sebelum membukanya. Bakteri di permukaan kaleng dan kotoran yang tidak terlihat dapat menjadi sumber bakteri yang berbahaya bagi manusia.

  7. Jangan panaskan makanan lebih dari sekali. Apabila Anda mengeluarkan makanan dari kulkas untuk dikonsumsi, janganlah memasukkan kembali setelah dipanaskan. Dalam arti lain, makanan yang disimpan tidak boleh dipanaskan lebih dari dua kali. Apabila Anda masih ingin menyimpannya, sebaiknya ambil sebanyak yang Anda inginkan lalu segera masukkan kembali ke dalam kulkas. Lalu jumlah yang sudah Anda ambil tersebut baru dihangatkan dan sebaiknya dihabiskan atau dibuang bila ada sisa.

  8. Permukaan dapur harus bebas bakteri. Selalu bersihkan permukaan dapur, termasuk kompor yang Anda pakai sebelum dan sesudah menggunakannya. Bersihkan dengan air panas dan sabun atau antiseptik/disinfektan.

  9. Gunakan talenan yang berbeda. Jangan menggunakan satu jenis talenan untuk semua jenis bahan makana. Pakailah satu talenan untuk makanan mentah dan talenan lainnya untuk makanan matang. Jangan lupa untuk selalu mencuci kedua talenan sebelum dan sesudah Anda memakainya.

  10. Selalu cuci sayuran dan buah dengan air mengalir sebelum Anda mengolah ataupun mengkonsumsinya.

(SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Masuk angin?, sangat sering menjadi diagnosa mandiri masyarakat awam apabila tubuh kurang fit karena dirasa banyaknya ?angin? di dalam tubuh serta menimbulkan gejala sebagai berikut: Demam Menggigil Keringat dingin Kembung Pilek Mual, muntah Nafsu makan menurun Diare Dan berbagai gejala lainnya. Faktanya, medis tidak mengenal adanya istilah masuk angin. Adapun rangkaian gejala di atas biasanya mengarah ke ?flu like symptom? yang merupakan gejala awal timbulnya serangan virus. Jangan gegabah untuk mengkonsumsi antibiotik, terutama bila tidak disertai oleh resep dan pengawasan dokter. Biasanya ?flu like symptom? akan membaik dengan sendirinya apabila sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ?masuk angin? atau ?flu like symptoms? tersebut? Ada, berikut sarannya: [...]

Dikunyah atau Digosok, Ini 9 Makanan yang Bisa Memutihkan Gigi

Dikunyah atau Digosok, Ini 9 Makanan yang Bisa Memutihkan Gigi

Makanan yang kita makan, selain dapat berpengaruh terhadap kesehatan, juga berpengaruh terhadap keindahan gigi kita. Bagi Anda yang ingin mendapatkan senyum menarik dengan gigi yang putih cemerlang, cobalah untuk mengonsumsi beberapa makanan yang disarankan oleh dr. Aarti Sharma, dari Clove Dental berikut ini seperti dikutip dari Health Me Up.1. StrawberryBuah ini mengandung asam alami yang bisa bantu mencerahkan warna gigi. Cobalah untuk menumbuk strawberry, kemudian menggosokkannya pada gigi Anda. Tunggu 15 menit, kemudian bilaslah dengan air.2. AlmondMengunyah kacang almond dapat melunturkan plak dan noda dari permukaan gigi Anda. Almond mengandung protein, lemak sehat dan mampu membantu Anda mendapatkan senyum putih.3. WortelWortel meningkatkan produksi air liur, yang berfungsi sebagai pembersih mulut. Selain itu, wortel juga dapat memperkuat gusi Anda.4. NanasSama halnya dengan wortel, nanas bertindak sebagai pembersih noda alami dengan meningkatkan produksi air liur yang mampu membersihkan sisa makanan sehingga mulut Anda lebih bersih dan segar.5. PisangMenggosok gigi menggunakan kulit pisang selama dua menit bisa membantu memutihkannya, karena kulit pisang mengandung bebe [...]

Vampire di Dunia Nyata, Wanita Ini Minum 3,8 Liter Darah Tiap Bulan

Vampire di Dunia Nyata, Wanita Ini Minum 3,8 Liter Darah Tiap Bulan

Kisah Bella Swan yang kecanduan minum darah menjelang berubah jadi vampire dalam film Twilight terjadi di dunia nyata. Seorang wanita asal AS mengalami hal seperti Bella. Bukan vampire tentunya, tapi dia kecanduan minum darah setiap hari.Julia Caples, wanita asal Wilkes Barre, Pennsylvania ini rutin minum darah manusia yang didapatkannya dari para pendonor. Dia sudah melakukan hal ini sejak 30 tahun terakhir.Setiap bulannya Julia minum 1/2 gallon atau sekitar 3,8 liter darah. Wanita 45 tahun ini percaya darah tersebut memiliki khasiat membuatnya menjadi lebih muda dan bugar."Saat aku minum darah aku merasa lebih kuat dan sehat. Aku tahu secara ilmiah tidak ada banyak nutrisi dalam darah, tapi mungkin saja ada beberapa manfaat yang belum ditemukan," katanya seperti dikutip Daily Mail.Julia menambahkan dia merasa lebih cantik ketika rutin minum darah. Kesehatannya pun tidak pernah bermasalah dan dia selalu jadi lebih berenergi sepanjang waktu.Darah-darah yang diminum Julia ini didapatkannya dari para 'donor'. Donor di sini bukan mereka yang kerap mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. Ternyata para pendonor ini adalah mereka yang ngefans pada cerita-cerita vampire sehingga merela [...]

Cara Menyembuhkan Penyakit yang Datang Pasca Putus Cinta

Cara Menyembuhkan Penyakit yang Datang Pasca Putus Cinta

Putus cinta tidak hanya menyebabkan seseorang merasa galau dan sedih. Pada sebagian orang patah hati juga menimbulkan rasa sakit fisik, mulai dari rasa nyeri di dada hingga diare. Kok bisa? Lalu bagaimana cara menyembuhkannya?Seperti yang dikutip dari msnbc, para peneliti mengerti bahwa masalah percintaan dapat memicu perubahan dalam otak yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Edward Smith, seorang psikolog dari Universitas India dan rekannya, menemukan bahwa rasa sakit emosional yang kuat dapat mengaktifkan saraf yang sama seperti rasa sakit pada fisik.Sakit fisik pasca putus cinta bisa dialami orang dalam berbagai cara. Ada yang merasakan nyeri pada dada, flu, insomnia, atau pencernaan kurang lancar seperti diare. Apabila Anda pengidap asma, bukannya tak mungkin langsung mengalami serangan asma. Punya masalah usus besar? Maka bersiap-siaplah untuk bolak-balik ke toilet. Berikut ini beberapa penyakit yang 'berasal' dari sakit hati.1. Tekanan & Ritme Jantung Tidak NormalKetika respon jantung dipicu oleh keputusan untuk berpisah, tubuh mengirimkan banyak hormon kortisol dan adrenalin. "Setiap kali adrenalin meningkat, denyut jantung bisa menjadi lebih cepat dari biasanya, ber [...]

Naomi Campbell Puasa Satu Kali Seminggu Agar Panjang Umur

Naomi Campbell Puasa Satu Kali Seminggu Agar Panjang Umur

Naomi Campbell masih memiliki tubuh yang seksi dan indah meskipun usianya sudah tidak muda lagi. Ia pun terlihat fit saat melenggang di atas catwalk untuk fashion shoe Versace beberapa waktu lalu.Saat ditanyai rahasianya menjaga tubuh tetap indah dan sehat, Naomi menyarankan untuk berpuasa secara rutin, minimal satu minggu sekali. Menurut supermodel asal Inggris ini, puasa satu kali seminggu bisa membantu membuat orang hidup lebih lama alias panjang umur. Sebab, puasa bisa membersihkan dari racun-racun yang sengaja atau tidak sengaja masuk ke tubuh."Saya rasa setiap orang harus berpuasa setidaknya satu kali seminggu. Kita mengonsumsi berbagai macam makanan jadi (puasa) bagus untuk membersihkan usus. Saya rasa itu juga bisa memperpanjang umur Anda," ujar Naomi, seperti dikutip dari Female First.Naomi biasanya akan berpuasa sebelum tampil di fashion show. Selain itu dia juga menjalani diet ketat dengan hanya mengonsumsi jus buah dan sayuran. Pola makan itu dilakukannya saat dia akan membawakan adi busana desainer di Paris Haute Cuture Fashion Week, belum lama ini.Sementara di hari-hari lainnya (di luar persiapan fashion show), wanita berusia 43 tahun ini berusaha menjaga makan aga [...]

5 Langkah Menghindari Stres

5 Langkah Menghindari Stres

Oleh: dr. Alvin Nursalim Pak Mujidin, 60 tahun adalah seorang pengusaha sukses. Sepintas, kehidupannya terlihat sempurna dan sering kali membuat tetangganya terkagum. Rumah mewah dan kendaraan mewah menjadi bagian hidupnya yang tidak terpisahkan. Tak pelak lagi, semua orang yang melihat akan menilai bahwa pak Mujidin adalah orang yang sukses. Namun, pak Mujidin memendam perasaan stres akibat tekanan tinggi pada pekerjaannya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, beban pekerjaannya menyebabkan pak Mujidin lelah secara fisik dan mental. Suatu pagi, ketika sedang bersiap untuk kerja, pak Mujidin merasakan nyeri dada yang tidak tertahankan bagai tertimpa benda berat. Hal ini mmbuatnya pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter jantung mengatakan bahwa pak Mujidin menderita penyakit jantung koroner, sebuah penyakit yang menyerang pembuluh darah jantung. Dua buah pembuluh darah jantung pak Mujidin sudah tertutup hampir 60%. Hal inilah yang menyebabkan nyeri dada yang dialami pak Mujidin. Ilustrasi kasus diatas merupakan kisah yang menggambaran kehidupan urban yang sering dialami oleh masyarakat. Stres, yang diakibatkan oleh tekanan pekerjaan atau masalah keluarg [...]

Ukuran Penis dan Kepuasan Pasangan

Ukuran Penis dan Kepuasan Pasangan

Oleh dr. Alvin Nursalim Banyak pria mengkhawatirkan ukuran penisnya. Umumnya, pria merasa bahwa ukuran penisnya tidak cukup besar dan hal ini akan berdampak pada kepuasan pasangan saat berhubungan. Namun penelitian menunjukkan bahwa banyak pria meremehkan ukuran penis yang mereka miliki. Kekhawatiran pria akan ukuran penis sudah terlihat sejak zaman dahulu. Suku Indian mencoba memanjangkan penisnya dengan menggantung benda pemberat pada penisnya, dengan harapan penisnya akan bertambah panjang. Namun suku Topinama Brazil melakukan hal yang lebih ekstrim untuk memperbesar penis, yaitu dengan membiarkan ular mengigit penisnya. Namun apakah benar ukuran penis berhubungan dengan kepuasan pasangan? Mari kita bahas seluk beluk ukuran penis selanjutnya dengan tombol klik 'next'. Ukuran Penis dan Kepuasan Pasangan Banyak pria mengkhawatirkan ukuran penisnya. Umumnya, pria merasa bahwa ukuran penisnya tidak cukup besar dan hal ini akan berdampak pada kepuasan pasangan saat berhubungan. Namun penelitian menunjukkan bahwa banyak pria meremehkan ukuran penis yang mereka miliki. Kekhawatiran pria akan ukuran penis sudah terlihat sejak zaman dahulu. Suku Indian mencoba mem [...]

Bayi Rentan Terkena Infeksi Paru-Paru

Bayi Rentan Terkena Infeksi Paru-Paru

Virus yang menyebabkan infeksi paru-paru dan saluran pernafasan disebut juga Respiratory syncytial virus (RSV) dalam bahasa kedokteran. Bagi kebanyakan orang tua, RSV bukan merupakan istilah asing. Tapi merupakan penyebab umum dari infeksi pernafasan serius dengan dampak yang cukup besar pada kesehatan bayi dan anak-anak diseluruh dunia, menurut sebuah Journal Pediatric Infectious Disease edisi Juni. Jurnal ini diterbitkan oleh Lippincott Williams & Wilkins, bagian kesehatan Wolters Kluwer. Menurut Drs. Gayle Langley Fischer dan Larry J. Anderson dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Akan dilakukan secara rutin untuk memperlajari penyakitnya, faktor risikonya, dan pencegahan infeksi RSV pada bayi dan anak-anak. Sementara langkah-langkah itu diambil untuk mencegah bayi dan anak-anak yang berisiko tinggi terinfeksi RSV yang sebelumnya sehat dan tidak ada masalah medis. Wabah infeksi RSV terjadi setiap tahun, paling sering saat musim gugur dan awal musim semi. Virus ini dapat menyebabkan infeksi pneumonia dan infeksi bronkiolitis atau disebut juga saluran kecil di paru-paru. Faktor risiko terkena infeksi RSV itu rendahnya antibodi maternal terhadap RSV, dan bayi yang ti [...]

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil

Dampak buruk stres pada ibu hamil akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang umumnya dilatarbelakangi oleh keadaan stres selama masa kehamilan menjadi sebab utama di dunia kematian ibu dan janin. Perempuan hamil lebih tinggi berisiko stroke, 2,4 kali lebih besar daripada yang perempuan tidak hamil. Hal ini dikemukakan di jurnal kesehatan perempuan oleh peneliti Loyola di University Health System, Amerika. ?Diagnosis dari hasil penelitian dan identifikasi perempuan hamil berisiko stroke dianjurkan untuk melakukan terapi dari awal masa kehamilan dan hasil klinis menunjukkan tekanan darahnya normal, jika dilakukan dengan rutin,? ujar Loyola. Klik next untuk melanjutkan. Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil Kehamilan identik dengan naiknya tekanan darah tinggi termasuk pre-eklampsia, eklampsia dan penyakit yang jarang ditemui namun serius, disebut sindroma HELLP (hemolisis, peningkatan enzim hati dan jumlah trombosit rendah). Pre-eklampsia atau sering disebut toksemia ini adalah suatu kondisi yang bisa dialami oleh setiap perempuan hamil. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah yang diikuti oleh peningkatan kadar protein di dalam urine. Perempuan ham [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *