10 Tips Makanan Bebas Bakteri Berbahaya

makanan-bakteri-sehat-berat-badan.jpg

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Keracunan makanan biasanya timbul karena kita memakan makanan yang terkontaminasi oleh bakteri. Oleh sebab itu, tempat dan cara penyimpanan atau pengolahan makanan harus dijaga sedemikian rupa supaya makanan tidak terkontaminasi bakteri. Risiko keracunan makanan akan meningkat ila makanan disimpan pada suhu kamar karena bakteri di lingkungan dapat berkembang dengan pesat.

Lalu bagimana bila masakan di rumah terlalu banyak untuk dihabiskan sehingga harus disimpan untuk keesokan hari? Atau ketika kita membeli bahan makanan untuk persediaan seminggu penuh? Biasanya jawaban pertama adalah dengan menyimpan di kulas atau lemari pendingin. Memang betul suhu yang rendah atau dingin akan mencegah bakteri berkembang biak. Tetapi apakah cukup ditaruh di kulkas? Berikut adalah tips seputar menjaga kebersihan makanan dan mencegah terjadinya keracunan makanan:

  1. Cuci tangan sebelum memegang makanan. Tidak peduli apakah bahan masakan sudah diolah menjadi makanan atau masih berupa produk mentah, cuci tangan adalah langkah pencegahan paling penting untuk menjaga kebersihan makanan. Cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir sebelum dan sesudah memegang dan menyimpan makanan.

  2. Bersihkan kulkas secara teratur. Tempat penyimpanan yang bersih dan bebas bakteri akan membuat bahan makanan juga terbebas dari bakteri. Pastikan Anda membersihkan sisi dalam kulkas secara teratur dan pasang suhu kulkas di suhu yang dianjurkan.

  3. Pisahkan daging mentah. Apabila Anda menyimpan daging, ayam atau ikan dalam bentuk mentah di dalam kulkas, pastikan bahan makanan ini disimpan dalam tempat yang tertutup rapi dan terpisah dari bahan makanan lainnya.

  4. Jangan masukkan makanan yang masih hangat ataupun panas. Apabila menyimpan sisa makanan di dalam kulkas, tunggulah hingga suhu makanan turun atau hingga menjadi dingin lalu taruh di tempat yang dapat ditutup atau tempat makanan kedap udara, kemudian baru disimpan di kulkas.

  5. Bahan makanan yang dibeli dingin harus tetap dingin. Apabila Anda membeli bahan makanan seperti susu, keju, atau bahan makanan lain yang perlu didinginkan, maka setelah sampai di rumah segeralah memasukkan bahan makanan tersebut ke kulkas.

  6. Makanan kaleng tetap harus dibersihkan. Apabila membeli makanan atau bahan masakan yang disimpan dalam bentuk kaleng, bukan berarti Anda dapat langsung membukanya. Bersihkan dahulu permukaan atas dan pinggir kaleng tersebut dengan air mengalir dan lap hingga bersih sebelum membukanya. Bakteri di permukaan kaleng dan kotoran yang tidak terlihat dapat menjadi sumber bakteri yang berbahaya bagi manusia.

  7. Jangan panaskan makanan lebih dari sekali. Apabila Anda mengeluarkan makanan dari kulkas untuk dikonsumsi, janganlah memasukkan kembali setelah dipanaskan. Dalam arti lain, makanan yang disimpan tidak boleh dipanaskan lebih dari dua kali. Apabila Anda masih ingin menyimpannya, sebaiknya ambil sebanyak yang Anda inginkan lalu segera masukkan kembali ke dalam kulkas. Lalu jumlah yang sudah Anda ambil tersebut baru dihangatkan dan sebaiknya dihabiskan atau dibuang bila ada sisa.

  8. Permukaan dapur harus bebas bakteri. Selalu bersihkan permukaan dapur, termasuk kompor yang Anda pakai sebelum dan sesudah menggunakannya. Bersihkan dengan air panas dan sabun atau antiseptik/disinfektan.

  9. Gunakan talenan yang berbeda. Jangan menggunakan satu jenis talenan untuk semua jenis bahan makana. Pakailah satu talenan untuk makanan mentah dan talenan lainnya untuk makanan matang. Jangan lupa untuk selalu mencuci kedua talenan sebelum dan sesudah Anda memakainya.

  10. Selalu cuci sayuran dan buah dengan air mengalir sebelum Anda mengolah ataupun mengkonsumsinya.

(SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Pemakaian Produk Fashion yang Bisa Rusak Kesehatan

5 Pemakaian Produk Fashion yang Bisa Rusak Kesehatan

Banyak orang yang rela melakukan apa saja demi penampilan sempurna yang gaya, termasuk menghiraukan bahaya kesehatan. Seperti yang dikutip dari allwomanstalk, ada beberapa pemakaian fashion item yang bisa merusak kesehatan. Apa saja?1. High HeelsWalau dapat membuat penampilan lebih bergaya dan seksi, sepatu hak tinggi seringkali menjadi penyebab masalah pada kaki. Para ilmuwan mengatakan bahwa high heels bisa menjadi pemicu rasa sakit dan nyeri pada kaki. Kondisi tersebut dapat bertambah parah jika mengenakan sepatu hak tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama.Bahkan, menurut sebuah penelitian dari University of East Anglia, high heels bisa sebabkan perubahan bentuk telapak kaki karena tendon kaki melemah akibat protein alami dalam tubuh. Sang peneliti Dr. Graham Riley, mengatakan bahwa high heels tidak hanya dapat menimbulkan rasa sakit, tetapi juga berpotensi membuat bentuk telapak kaki menjadi rata (flat feet).2. Jeans KetatMenurut dr. Betsy Evans, seorang ob-GYN di Issaquah Obstetri dan Ginekologi di Issaquah, Washington, "Setiap celana ketat akan membatasi sirkulasi udara ke daerah pangkal paha dan dapat menyebabkan infeksi ragi". Ragi berkembang ketika keadaan basah dan l [...]

Ahok Kena DBD

Ahok Kena DBD

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dikabarkan terpapar demam berdarah dengue (DBD). Setelah sebelumnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut mengeluhkan pusing dan demam. Setelah pemeriksaan di rumah sakit sekitar kediamannya, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, hasil tes darah menunjukan Gubernur DKI menderita demam berdarah dengue. Hingga berita ini diturunkan orang nomor satu DKI itu masih beristirahat untuk proses penyembuhan. Menurut keterangan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat pada Senin (9/3) kemarin, diduga paparan DBD adalah dari daerah sekitar kediaman Gubernur DKI, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Hal ini dikuatkan pula pada terjangkitnya putra bungsu Ahok tengah dalam proses pemulihan DBD. Fogging di Wilayah Kediaman Ahok Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto pada Senin (9/3) kemarin juga telah menjelaskan sudah ada tindakan rutin fogging setiap pekan dari Dinas Kesehatan DKI. Namun pihaknya menemui kendala pada pemeriksaan jentik pada setiap lingkungan, karena tertutupnya lingkungan tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui, fogging saja pada prnisipnya tidak dapat menghentikan DBD. (Baca: Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD). K [...]

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

Makanan dan Minuman yang Dapat Memicu Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain memang tidak mematikan, namun jika tidak diatasi, akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas. Migrain adalah masalah neurologis yang menyebabkan rasa sakit, mual dan kepekaan terhadap cahaya. Sakit kepala ini dapat melemahkan, kadang-kadang juga didahului gangguan penglihatan, yang dikenal sebagai aura. Tidak ada salahnya menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu migrain. Apa saja? Berikut makanan dan minuman tertentu dapat memicu kekambuhan migrain, seperti dilansir Livestrong Makanana atau minuman yang merupakan produk susu umumnya dihubungkan dengan migrain. Menurut SteadyHealth, produk-produk susu mengandung histamin, yang mungkin bertanggung jawab untuk menyebabkan perubahan kimia yang mengarah ke migrain. Mengonsumsi krim asam, yogurt atau buttermilk pada khususnya dapat memicu migrain. Produk susu Pemicu migrain lainnya adalah makanan yang mengandung tyramine. Tyramine biasanya banyak terkandung dalam keju, mozzarella atau cheddar. Tyramine Makanan dari produk daging juga bisa menyebabkan migrain. Daging banyak mengandung nitrat yang terkait dengan migrain. Jika Anda menderita migrain, hindari hot dog, pepperoni, sosis, sa [...]

Tidak Perlu Panik Hadapi Demam pada Bayi

Tidak Perlu Panik Hadapi Demam pada Bayi

Semua bayi pasti pernah mengalami demam. Kondisi ini memang umum terjadi pada semua orang, termasuk si Kecil. Dalam ilmu medis, seorang bayi dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celcius atau lebih. Sebagai orang tua, Anda pasti khawatir dan panik ketika mendapati tubuh si Kecil terasa panas. Anda tidak perlu tergesa-gesa ke dokter ketika menghadapi situasi semacam ini. Ada kalanya demam pada bayi adalah suatu kondisi yang normal terjadi dan bisa ditangani di rumah. Demam sendiri sebenarnya sebuah gejala. Kondisi ini biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh si Kecil sedang melawan penyakit. Contohnya demam karena efek imunisasi. Demam bisa dianggap menjadi bukti sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik. Dengan kata lain, kinerja tubuh bayi Anda berjalan normal. Demam juga bisa menyerang bayi jika dia terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Atau bisa juga terjadi ketika Anda memakaikan baju yang terlalu Maka Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan jika tubuh bayi Anda terasa panas, tapi dia masih terlihat aktif dan masih mau minum susu. Meski begitu, terdapat kondisi tertentu yang membutuhkan perhatian lebih. Anda harus waspada ketika ba [...]

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Pentingnya Pemeriksaan Mata Rutin

Indra penglihatan merupakan salah satu indra terpenting manusia. Penglihatan sendiri merupakan suatu proses yang kompleks dari mengumpulkan, memfokuskan serta mengubah cahaya menjadi objek penglihatan. Seiring dengan bertambahnya usia, mata menjadi lebih rentan mengalami kerusakan dan berbagai penyakit. Beberapa penyakit pada mata seperti peningkatan tekanan bola mata pada glaukoma tidak memiliki gejala apapun pada stadium awalnya, sehingga Anda baru akan mengetahuinya jika sudah menginjak stadium akhir. Hal ini akan membuat penanganan menjadi lebih sulit. Oleh karena itu pemeriksaan mata secara rutin sangatlah penting. Apa saja yang dilakukan saat pemeriksaan mata? Pemeriksaan mata tidak menimbulkan rasa nyeri. Dokter akan melakukan pemeriksaan mata yang meliputi pemeriksaan kondisi luar mata seperti kelopak mata, bagian mata seperti konjungtiva, sklera, kornea, iris dan retina untuk mengetahui tanda-tanda suatu penyakit. Pemeriksaan mata yang lengkap meliputi: Pemeriksaan penglihatan (tanpa atau dengan lensa korektif) Pemeriksaan refleks pupil Pemeriksaan otot-otot mata Pemeriksaan lapangan pandang Pemeriksaan dengan slit lamp Pemeriksaan tekanan bola mata Pemeriks [...]

HUT DKI ke 486: Berpolusi, Penduduk Jakarta Berisiko Stroke & Serangan Jantung

HUT DKI ke 486: Berpolusi, Penduduk Jakarta Berisiko Stroke & Serangan Jantung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Ketua Komisi Penghapusan Bensin Bertimbal Ahmad Syafrudin, memaparkan peningkatan pencemaran udara di DKI Jakarta yang kian meningkat, dari tahun 2010 hingga 2011 terdapat lonjakan drastis, yakni peningkatan 30-40%. Sedikitnya 70% adalah partikel debu dari kendaraan bermotor, ditambah lagi 90% hydro karbon dari asap buangan kendaraan. Lebih jauh, polusi udara pada kesehatan ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan jantung yaitu dapat memicu serangan jantung dan stroke. Dengan cara apa? Polusi udara dapat mempercepat proses atherosclerosis (penebalan pembuluh darah arteri) sesuai dengan penelitian yang diterbitkan pada jurnal PLOS Medicine. Studi ini merupakan terusan dari studi sebelumnya yang melaporkan bahwa polusi udara dapat mengstimulasi proses inflamasi (peradangan) yang dapat memicu perubahan pada tekanan darah serta peningkatan pembekuan di pembuluh darah yang dapat memicu kelainan pada jantung. Penelitian yang dilakukan di University of Michigan School of Public Health dan University of Washington mengikuti 5,362 subjek dengan rentang usia 45 hingga 84 tahun pada 6 daerah di Amerika. Mereka menemukan bahwa pada subjek yang terpapar oleh pol [...]

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Ramai tersebar di media massa mengenai pemberitaan pembalut yang mengandung klorin. Sebagaimana yang dilansir cnnindonesia.com, YLKI mengumumkan hasil penelitian pembalut yang memiliki kadar klorin dianggap berbahaya. Disebutkan sedikitnya 9 pembalut yang dianggap YLKI berbahaya. Sandaran YLKI adalah regulasi FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) yang melarang penggunaan klorin pada pembalut. "Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisiko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat-zat dalam pembalut," jelas Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, demikian yang terlansir dari CNN Indonesia 7 Juli 2015 lalu. Namun pada kenyataannya temuan klorin pada pembalut di Indonesia tidak dianggap berisiko oleh Kementerian Kesehatan RI. Sebagaimana diungkapkan Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang yang terlansir pada Kompas.com, Selasa (7/7/2015) lalu, bahwa penggunaan klorin pembalut di Indonesia yang memiliki izin edar masih dalam batas aman. "Yang tidak boleh itu mengandung dioxin dalam pembalut. Dioxin, dalam suhu panas bisa menguap, bisa masuk ke dalam [...]

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Inilah Tanda Jantung Anda Tidak Sehat

Jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskular) merupakan sistem yang kompleks. Jika diumpamakan, jantung berperan seperti reservoir dan pompa utama air, dan pembuluh darah berperan seperti pipa-pipa air yang menyalurkan air bersih ke berbagai area yang membutuhkan. Apabila terdapat masalah dengan jantung, maka suplai darah ke berbagai organ tubuh juga ikut terganggu, sehingga dapat menimbulkan gejala baik pada jantung maupun pada bagian tubuh yang menerima aliran darahnya. Indikator kesehatan jantung dapat diketahui dari ada tidaknya gejala terkait, pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan. Selain nyeri dada yang khas, beberapa gejala berikut juga dapat menunjukkan adanya masalah pada jantung: 1. Kelelahan Rasa lelah terus-menerus dapat menandakan gangguan pada jantung. Keluhan ini lebih sering dirasakan oleh wanita. Rasa lelah yang dimaksud terasa amat berat, berbeda dengan rasa lelah sehabis melakukan aktivitas sehari-hari. Keluhan ini dapat berlangsung beberapa hari sebelum terjadi serangan jantung. 2. Keringat yang berlebihan Gangguan jantung juga perlu dicurigai apabila saat beristirahat, sedang duduk santai, cuaca tidak sedang panas, atau tidak melakukan aktivitas [...]

Bad Mood Menyerang? Konsumsi 5 Makanan Ini

Bad Mood Menyerang? Konsumsi 5 Makanan Ini

Apa Anda sedang merasa bad mood hari ini? Perubahan suasana hati mungkin terjadi karena adanya konflik di rumah, bertengkar dengan pasangan, terlalu lelah atau sedang PMS. Terkadang, mood yang buruk bisa menghambat pekerjaan Anda. Maka dari itu, usir bad mood Anda dengan makanan yang menyehatkan.Menurut penelitian, makanan yang mengandung lemak omega-3, asam folat dan vitamin B12 dapat mengubah mood yang buruk jadi lebih baik. Dikutip dari Times of India, ada lima macam makanan atau minuman yang membuat Anda lebih bahagia.1. CokelatKonsumsi cokelat saat sedang bad mood. Cokelat memberikan efek nyaman, rileks, dan meningkatkan semangat dalam tubuh. Selain itu, cokelat baik untuk kesehatan. Penelitian juga mengatakan kalau menikmati batangan cokelat susu akan meningkatkan daya fungsi otak Anda. Jangan takut gigi Anda rusak karena makan cokelat. Justru cokelat baik untuk gigi karena cocoanya mengandung zat yang dapat membunuh bakteri penyebab karang gigi.2. PisangSelain murah, buah pisang mudah ditemukan. Pisang akan memperbaiki perasaan yang sedang kacau. Kini, para ahli percaya bahwa makan pisang dapat menghangatkan hati dan menambah energi Anda. Pisang mengandung tryptophan, sej [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *