12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

kebiasaan-kulit-cantik_1.jpg

Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit pun membutuhkan perawatan dan perlindungan. Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal.

Jadi, bagaimana solusinya? Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga penampilan, termasuk kulit. Nah, untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut diantaranya:

1. Berlama-lama di bawah sinar matahari

Berjemur selama 15 – 20 menit pada pagi hari memang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kulit terlalu sering terpapar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Anda dapat dengan mudah mengetahui bila seseorang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama dan tanpa pelindung. Kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam.

2. Malas menggunakan tabir surya

Banyak orang membuat kesalahan terbesar dengan tidak menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang cukup. Ada pula yang tidak menggunakan berulang kali sesuai dengan aturan yang tertera di botol tabir surya. Meskipun Anda hanya berada di luar ruangan saat berangkat ke kantor atau pergi makan siang, kulit Anda tetap memerlukan SPF. Dan ingat, menggunakan tabir surya pada pagi hari tidak akan melindungi kulit pada siang hari. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih pada pagi dan siang hari. Tabir surya perlu dipakai 30 menit sebelum keluar ruangan dan diulang setiap 2 jam.

Berikut beberapa kebiasaan buruk lainnya yang dapat merusak kulit Anda:

Kebiasaan Buruk Perusak Kulit:

3. Sering melakukan tanning spa

Tanning bed lebih aman dibandingkan sinar matahari? Coba pikir lagi. Tanning bed yang sering dijumpai di salon atau tempat perawatan tubuh, dapat menyebabkan kulit lebih cepat menua dan keriput. Selain itu, dapat meningkatkan risiko melanoma, sejenis kanker kulit yang berbahaya. Hal tersebut disebabkan oleh radiasi sinar ultra violet yang dipancarkan dari tanning bed.

4. Merokok

Tentu Anda tahu beberapa penyakit yang timbul akibat merokok, seperti kanker paru-paru, emfisema, penyakit jantung dan stroke. Tapi, tahukah Anda bahwa merokok juga menjadi salah satu penyebab utama penuaan dini pada kulit? Kandungan racun dalam rokok diketahui dapat merusak sel kulit, sehingga menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Merokok juga membuat kulit kusam , menyebabkan kulit kering, dan menghambat proses penyembuhan luka jaringan serta kulit .

5. Mencuci wajah dengan sembarang produk pembersih

Jangan menggunakan sabun yang diperuntukkan bagi kulit tubuh. Faktanya, kondisi kulit tubuh jauh berbeda dengan kulit wajah. Tak seperti bagian tubuh lainnya, kulit wajah relatif lebih tipis. Jadi, gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk kulit wajah, terutama bila Anda memiliki kulit sensitif. Sementara bagi Anda yang mudah berjerawat, pastikan produk pembersih wajah yang Anda gunakan bebas dari minyak dan tidak dapat menyumbat pori-pori. Biasanya, di label kemasan produk tertera tulisan oil-free dan/atau non-comedogenic.

6. Terlalu sering menggunakanscrub

Mencuci wajah saja belum cukup untuk mengatasi masalah kulit kusam. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan scrub atau eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, perawatan ini hanya boleh dilakukan maksimal seminggu sekali, menggunakan scrub mikrodemabrasi. Artinya, butiran scrub yang digunakan lebih kecil, sehingga terasa lebih lembut di kulit. Jangan sekali-kali melakukannya saat kulit berjerawat, karena scrubbing dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat semakin meradang.

Tahukah Anda memencet jerawat juga dapat membuat kulit Anda rusak? Berikut paparannya:

Kebiasaan yang Merusak Kulit Lainnya:

7. Memencet jerawat

Kendalikan diri Anda untuk tidak memencet jerawat,seberapa besar pun jerawat maupun keinginan Anda. Daripada memencet jerawat, sebaiknya Anda oleskan obat atau plester jerawat yang mengandung bahan benzoyl peroxide atau salicylic acid. Bila kondisi kulit wajah Anda tak kunjung membaik, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

8. Stres berkepanjangan

Jangan biarkan stres menguasai pikiran Anda, karena stres mampu mempengaruhi kondisi kulit Anda. Seseorang yang mengalami stres cenderung mengabaikan kesehatan kulit. Bila tidak diatasi, stres dapat memicu psoriasis, rosacea dan jerawat. Kondisi ini juga dapat menurunkan kemampuan kulit untuk melawan infeksi dan iritasi.

9. Tergiur dengan perawatan kulit ?murah meriah?

Kulit awet muda dan berseri merupakan dambaan setiap orang, terutama perempuan. Untuk mewujudkan impian tersebut, tentu ada harga yang harus dibayar. Banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan kecantikan. Namun, tidak sedikit juga yang nekat melakukan perawatan karena tergiur dengan harga yang murah. Hati-hati, bila melakukan perawatan chemical peeling atau facial tanpa didampingi oleh ahli demartologis, karena terdapat kemungkinankulit Anda akan mengalami luka, infeksi atau iritasi. Sebaiknya, serahkan saja pada ahlinya.

10. Makan berlebihan

Cegah sebelum terlambat. Jaga pola makan Anda agar terhindar dari risiko kegemukan. Ketika tubuh Anda mengalami kegemukan, kulit akan tertarik menyesuaikan bentuk tubuh Anda. Bila elastisitasnya kurang, kemungkinan besar kulit tidak akan kembali menyusut saat tubuh mengalami penurunan berat. Meskipun tubuh Anda mengurus, kulit yang kendur akan tampak berlipat-lipat dan menggantung.

11. Kurang tidur

Kurang tidur atau sering begadang akan menyebabkan terbentuknya kantong mata berwarna kehitaman. Selain itu, wajah Anda akan terlihat kusam dan lesu. Saat tidur, energi akan mengalir ke seluruh tubuh untuk proses peremajaan sel. Sehingga, bila waktu tidur Anda kurang, tubuh akan kehilangan momen peremajaan kulit.

12. Mengabaikan tanda-tanda kanker kulit

Pada umumnya, tahi lalat memang tidak berbahaya. Lain halnya dengan tahi lalat yang mengalami perubahan secara tiba-tiba, karena bisa jadi itu merupakan gejala kanker kulit. Perubahan yang sering dijumpai adalah ukuran, bentuk, warna dan jumlah. Mulai saat ini, cobalah untuk memperhatikan kulit Anda secara rutin. Bila terjadi perubahan atau ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kanker kulit, segera periksakan diri Anda ke ahli dermatologis.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

3 Fungsi Nivea Creme untuk Ibu Hamil

3 Fungsi Nivea Creme untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah proses alami yang penuh keindahan. Klimaks kebahagiaan seorang wanita menjadi perempuan seutuhnya. Seiring perubahan fisik karena kondisi kehamilan, kulit ibu hamil akan diuji hingga ke batas maksimalnya. Perubahan fisik akan membuat kulit mengalami peregangan setiap harinya. Senti demi senti kulit teregang menyesuaikan bertambahnya volume perut yang kian membesar. Artinya kelenturan dan kekuatan kulit akan mencapai kemampuan regang yang sangat hebat. Tak pelak lagi dari kondisi tersebut muncul kondisi-kondisi alamiah kehamilan lainnya, seperti stretch marks, rasa gatal pada kulit, jerawat dan lainnya. Namun demikian ibu hamil tidak perlu khawatir Nivea Cr�me akan memastikan masa kehamilan Anda berjalan dengan mulus. Simak beberapa fakta fungsi Nivea Cr�me berikut ini untuk menunjang masa kehamilan Anda: 1. Mengurangi potensi munculnya stretch marks Pada trimester pertama masa kehamilan, perut Anda akan mulai perlahan membesar seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan. Walau proses peregangan kulit belumlah mencapai batas maksimal, namun proses ini sebaiknya diikuti dengan kiat memelihara kelembapan kulit dengan rutin mengol [...]

Cara Atasi Tumit Kering

Cara Atasi Tumit Kering

Setiap harinya kita menggunakan kaki untuk menjalankan aktivitas seperti berjalan atau bahkan berlari dengan menggunakan sepatu berhak tinggi. Tidak heran jika tumit yang kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Tidak hanya tumit kering membuat kaki Anda terlihat kurang bagus, namun juga dapat menyebabkan gatal, nyeri dan rasa terbakar, seperti pada kondisi seperti athlete's foot. Apa yang menyebabkan tumit saya kering?Seperti halnya pada bagian tubuh lain, xerosis atau kulit kering dapat terjadi karena kelembaban yang rendah, obat-obatan atau bahan-bahan tertentu pada sabun Anda.Kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, penyakit tiroid, eksim dan athlete's foot juga dapat menyebabkan tumit kering dan pecah-pecah. Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Untuk mengatasi tumit yang kering dan kasar, Anda dapa [...]

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P - 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:1. Perawatan Rutin yang TelitiBersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam. 2. Penggunaan Sabun yang LembutGunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kul [...]

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut di antaranya:1. Hindari Makanan Rendah LemakMakanan berlemak dan makanan yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Konsumsilah makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Pilih yoghurt tanpa lemak ketimbang yoghurt manis yang ditambahi susu. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng.Berikut menu makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak: Makanan Lainnya Pencegah Kulit Berminyak [...]

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

Hari Kasih Sayang menjelang di bulan Februari ini. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengutarakan kasih sayang Anda kepada anggota keluarga di rumah, beberapa diantaranya adalah menunjukan kepedulian kesehatan kulit dengan senantiasa menyediakan krim untuk kulit di rumah Anda. Dengan krim untuk kulit, banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam mewujudkan kasih sayang di hari Valentine ini, antara lain: Bermasker-Krim-Kulit-ria untuk Kesehatan KulitAmbil krim untuk kulit Anda, dan mulailah ratakan krim untuk kulit Anda ke seluruh wajah. Diamkan sejenak selama 10-20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan handuk. Kulit Anda akan terasa lebih kencang, lembab dan kenyal. Terutama jika Anda menggunakan krim yang mengandung Eucerit, glycerol dan Panthenol. Ketiga kandungan ini saling melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda. Memberikan Pijatan Kasih Sayang dengan Krim untuk KulitJika Anda bersama pasangan, Anda dapat mengajaknya dalam suasana pijatan yang romantis dengan krim untuk kulit. Pilihlah krim untuk kulit yang memiliki aroma lembut dan mengandung Panthenol. Kandungan Panthenol membantu memberikan sensasi kulit yang segar dan sejuk, menambah suasan [...]

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Kulit menjadi kering ketika tidak mampu mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini dapat terjadi akibat proses penuaan, terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang tidak tepat, iklim yang dingin, atau akibat adanya masalah medis tertentu.Agar kulit yang kering senantiasa lembap dan bebas masalah, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk kecantikan atau mengubah pola hidup. Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh sehingga sel kulit dapat memperbaiki diri, mempertahankan kelembapannya, serta membentengi diri dari berbagai masalah.Langkah berikut dapat Anda lakukan sehari-hari agar kulit tetap lembap dan bebas masalah:1. Minum air.Air mudah ditemukan di sekitar Anda. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Sisa metabolisme sel kulit akan lebih mudah keluar bila konsumsi air mencukupi. Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, berkilau, dan lembap.2. Konsumsi buah dan sayuran segar.Sama seperti air, buah dan sayuran selalu te [...]

Mengapa Kulit Menghitam?

Mengapa Kulit Menghitam?

Yang Maha Kuasa menciptakan manusia dalam berbagai warna kulit. Keragaman warna kulit yang indah dan unik ini telah ditentukan sejak lahir berdasarkan informasi genetik yang kita miliki. Informasi genetik tersebut akan diterjemahkan menjadi komposisi dan aktivitas sel-sel tertentu di dalam lapisan kulit. Hal ini yang menentukan tipe warna kulit kita.Sel yang bertanggung jawab terutama terhadap warna kulit adalah melanosit. Melanosit terletak di bagian dasar lapisan epidermis kulit dan memproduksi pigmen melanin yang menentukan warna kulit. Warna kulit lebih bergantung pada aktivitas melanosit ketimbang dari jumlahnya.Jumlah, kualitas, dan penyebaran melanin yang diproduksi melanosit pada lapisan kulit merupakan faktor utama yang mempengaruhi warna kulit manusia. Pada kulit yang berwarna lebih gelap, sel melanosit memproduksi lebih banyak melanin, melanosom (kantong penyimpan melanin) memiliki ukuran yang lebih besar, dan mengalami penguraian lebih lama dibandingkan dengan melanosom pada kulit yang berwarna lebih terang. Namun, selain dari warna dasar kulit dari sejak awal, kulit kita juga dapat menjadi lebih gelap, baik secara keseluruhan atau pada area tertentu saja. Ada 2 penyeba [...]

Cantik Sehat dan Alami

Cantik Sehat dan Alami

Kecantikan sesungguhnya adalah ketika seseorang tetap terlihat menarik walau tanpa polesan perias wajah sedikit pun. Walau penilaian cantik adalah hak relatif setiap individu, yang membedakan adalah bagaimana tampil awet muda lebih lama. Kecantikan akan memudar seiring dengan waktu. Persepsi ini salah besar. Mamang benar adanya proses penuaan merupakan proses yang tidak mungkin dihindari, namun yang masih bisa dilakukan seorang manusia dalam menghadapi proses penuaan ialah menunda proses penuaan pada tubuh lebih lama. Pemakaian kosmetik dan dandanan pakaian tidak banyak membantu menghilangkan kerutan wajah yang timbul lebih dini. Tanpa disadari, cara paling sehat dalam usaha cantik awet muda lebih lama tanpa kosmetik ada didepan mata kita dan sangat mudah sekali dilakukan, berikut beberapa kiatnya: 1. Makanlah Secukupnya. Dari jaman dahulu sama sekali tidak ada pakem khusus yang menyatakan resmi jadwal makan wajib manusia adalah tiga kali sehari. Selama ini kita banyak dipengaruhi primordialisme yang turun temurun dari leluhur manusia sejak dahulu. Makanlah secukupnya ketika lapar, jangan berlebihan. Pola makan kekenyangan (baca: berlebihan) hanya menimbulkan masalah kesehatan lanj [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *