15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
4 Makanan yang Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4 Makanan yang Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kita seringkali tidak peduli dengan makanan apa yang kita makan, yang penting rasa lapar terpenuhi. Padahal, banyak makanan yang tanpa disadari bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu berbagai macam penyakit salah satunya stroke.Mengatasi hipertensi dan menjaga kadar gula dalam tubuh memang susah-susag gampang. Apalagi untuk Anda yang mempunyai kebiasaan banyak makan dan ngemil. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya bukan? Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan hipertensi. Ini dia beberapa diantaranya seperti dikutip dari Times of India.1. BayamBayam kaya akan magnesium dan kalium. Dua jenis mineral ini berperan penting menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jadi, tambahkan sayuran hijau ini pada makanan Anda agar lebih sehat dan tekanan darah tetap terjaga.2. Dark ChocolateMenurut penelitian, mengonsumsi 25 ? 30 kalori dari dark chocolate per hari dapat menurunkan tingkat tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini karena dark chocolate mempunyai kandungan flavanol, jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu menurunkan tekanan darah.3. [...]

4 Benda Sehari-hari yang Bahaya Jika Dipakai Bergantian

4 Benda Sehari-hari yang Bahaya Jika Dipakai Bergantian

Berhati-hatilah bagi Anda yang sering meminjam telepon genggam orang lain. Menurut penelitian, handphone merupakan salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri.Sebuah penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine pada 390 handphone, menemukan bahwa hampir semua ponsel mengandung bakteri. Beberapa di antaranya mengandung 1000 jenis kuman, seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan E.Coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan.Selain handphone, para peneliti percaya ada beberapa benda yang berbahaya jika dipakai secara bergantian karena bisa menularkan bakteri jahat. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berikut empat benda tersebut.1. Keyboard dan Mouse KomputerSebuah jajak pendapat yang dibuat oleh lembaga konsumen, Which? menemukan bahwa keyboard komputer di kantor-kantor mengandung kuman lima kali lebih banyak dari dudukan toilet. Begitu juga dengan mouse komputer, menurut University of Arizona, rata-rata mouse mengandung 1.676 mikroba per inci persegi.Hal tersebut tentu tidak terlalu mengejutkan karena 10 persen dari pekerja kantor mengklaim tidak pernah membersihkan keyboard mereka. Hal ini semakin diperparah dengan [...]

Diambil Sebelum 5 Detik Makanan yang Jatuh Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Diambil Sebelum 5 Detik Makanan yang Jatuh Aman Dikonsumsi, Mitos atau Fakta?

Banyak mitos seputar kesehatan yang beredar dan dipercaya banyak orang. Padahal belum tentu itu benar, dan beberapa mungkin masih dalam tahap penelitian untuk membuktikan akurasinya. Ini dia mitos-mitos kesehatan paling umum yang perlu di-update lagi kebenaran informasinya.1. Memeretakkan Jari Bisa Sebabkan Radang SendiSaat lelah atau pegal, orang biasanya meretakkan jari jemari sehingga menimbulkan suara seperti tulang retak. Kebiasaan ini dianggap bisa memicu terjadinya radang sendi atau tulang rapuh. Memeretakkan jari mungkin bisa membuat orang di sekitar merasa terganggu dengan suaranya dan terkadang membuat persendian terasa sakit. Tapi belum ada yang bisa membuktikan secara ilmiah bahwa aktivitas ini bisa menyebabkan radang sendi atau arthritis. Radang sendiri merupakan kondisi dimana persendian terasa sakit serta nyeri ketika digerakkan dan biasanya disebabkan oleh pengapuran tulang atau peradangan otot akibat aktivitas fisik terlalu berat. 2. Belum Lima Detik, Makanan yang Jatuh Aman untuk DimakanSebagian dari Anda mungkin tidak terlalu asing dengan anggapan ini. Selama belum lima detik, makanan yang terjatuh ke lantai atau tanah terbilang aman karena belum sempat terkon [...]

Merokok di Pagi Hari 2 Kali Lebih Berbahaya

Merokok di Pagi Hari 2 Kali Lebih Berbahaya

Hampir sebagian besar orang tahu bahwa kebiasaan merokok bisa merusak kesehatan. Namun tahukah Anda, merokok di pagi hari ternyata dua kali lebih berbahaya?Sebuah penelitian yang melibatkan 7000 perokok, dilakukan oleh para ilmuwan dari Penn State College of Medicine, Amerika. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa seseorang yang menghisap sebatang rokok, 30 menit setelah bangun tidur memiliki risiko terkena kanker paru-paru dua kali lebih besar.Dari semua partisipan penelitian terdapat 4776 perokok yang sudah menderita kanker paru-paru, sedangkan perokok lainnya sehat. Dibandingkan dengan mereka yang merokok pada satu jam setelah bangun tidur, orang yang langsung merokok setelah bangun tidur memiliki kemungkinan sebesar 79% terkena kanker. Namun dilihat secara keseluruhan, berapa banyak rokok yang dihisapnya tidak memperngaruhi angka tersebut."Perokok pagi hari memiliki tingkat nikotin yang tinggi dan racun lain dari tembakau di tubuhnya. Mereka juga lebih kecanduan daripada perokok yang menahan diri untuk tidak merokok setengah jam atau lebih setelah bangun tidur," kata salah satu peneliti, Joshua Muscat, seperti yang dikutip dari Genius Beauty.Pada penelitian lain yang men [...]

Pria dengan Lubang di Wajah Itu Kini Bisa Mencium Istrinya Setelah 10 Tahun

Pria dengan Lubang di Wajah Itu Kini Bisa Mencium Istrinya Setelah 10 Tahun

Kanker membuat pria ini menghadapi dua pilihan berat, kehilangan mulut, hidung dan pipinya atau nyawanya. Dia pun memilih yang pertama. Kini 10 tahun setelah menjalani pilihannya itu, si pria mendapatkan kebahagiaannya lagi, bica mencium istri tercintanya dengan mulut barunya.Donnie Fritts itulah nama si pria yang sempat mirip monster setelah kehilangan mulut, hidung dan pipinya karena kanker. Pada 2003, dokter melakukan operasi pengangkatan kanker yang sangat langka yaitu ameloblastic carcinoma untuk membuatnya tetap hidup."Saat itu seperti mimpi buruk. Anak-anak akan melihat diriku dengan ketakutan dan lari ke ibunya. Aku seperti monster," ujar Donnie yang tampil dalam tayangan televisi TLC terbaru, 'Body Bizarre'.Donnie awalnya tidak mengetahui dirinya sakit kanker. Pada satu hari di musim panas tahun 2000, istrinya memintanya memeriksakan diri ke dokter gigi setelah dia menderita sakit gigi yang tak kunjung sembuh. Ketika itu dokter gigi mereferensikannya untuk memeriksakan diri ke dokter lain karena rasa sakit yang dialaminya diduga karena infeksi sinus.Pria 55 tahun itu pun kembali memeriksakan diri ke dokter berbeda, namun hasilnya tetap sama. Dia disebut menderita sinus [...]

8 Tips Alami Kontrol Tekanan Darah

8 Tips Alami Kontrol Tekanan Darah

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Untuk penderita tekanan darah tinggi, minum obat saja tidak cukup untuk mengontrol tekanan darah. Yang lebih penting adalah mengubah diet dan gaya hidup. Simak tips-tips mengontrol tekanan darah di bawah ini: 1. Turunkan berat badan Anda Memiliki bobot dan lemak yang berlebih terutama di area pinggang dapat meningkatkan risiko hipertensi. Menurunkan berat badan yang berlebih juga akan membantu metabolisme obat hipertensi menjadi lebih efektif. Pria memiliki risiko jika memiliki lingkar pinggang >91 cm Wanita memiliki risiko jika memiliki lingkar pinggang >81 cm 2. Olahraga rutin Aktivitas fisik rutin, setidaknya 30-60 menit sehari, dapat menurunkan tekanan darah Anda hingga 4-9 mmHg. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai program olahraga yang tepat bagi Anda. Mulailah dari aktivitas fisik yang ringan misalnya: jalan santai 30 menit setiap harinya 3. Diet dan pola makan yang sehat Konsumsi makanan yang tinggi serat seperti gandum, sayur dan buah dapat menurunkan kadar lemak jenuh, kolesterol dan tekanan darah Anda hingga 14mmHg. Selain itu, potassium juga dapat mengurangi efek sodium terhadap tekanan darah. Anda dapat memperoleh asupan p [...]

Bahaya Mouthwash Bagi Kesehatan Mulut & Gigi

Bahaya Mouthwash Bagi Kesehatan Mulut & Gigi

Berkumur dengan mouthwash setelah menyikat gigi memang menimbulkan sensasi lebih bersih dan segar di mulut. Tapi dibalik itu, mouthwash bisa menimbulkan dampak berbahaya bagi gigi dan mulut.Beberapa bahan yang terkandung dalam mouthwash punya efek merugikan untuk gigi dan gusi jika tidak digunakan dengan benar. Menurut Robin Seymour, profesor perbaikan masalah gigi dari Newcastle University, saat ini banyak produk mouthwash yang mengandung alkohol hingga 26 persen per satu kemasan. Alkohol bekerja sebagai agen 'pembawa' yang mengoptimalkan fungsi menthol, eucalyptol dan thymol untuk menembus lapisan luar gigi dan menyingkirkan plak.Kedengarannya memang tidak berbahaya, tapi alkohol bisa menyebabkan kekeringan di mulut dan menghilangkan 'mucus' suatu zat yang menjaga mulut tetap basah dan lembab. Mulut yang kering menimbulkan bau nafas tak sedap dan sensasi 'menggigit' saat berkumur.Dikutip dari Daily Mail, mouthwash yang mengandung alkohol juga sering disebut-sebut sebagai penyebab meningkatnya risiko kanker mulut. Hasil penelitian yang diterbitkan Dental Journal of Australia melaporkan bahwa ethanol (sejenis alkohol) dalam mouthwash bisa memicu peningkatan zat-zat berbahaya yan [...]

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. (Baca: Menikmati Hidup Bebas Wasir) Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah. Nah, sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda kenali dulu gejala-gejala wasir: Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus Ada benjolan di anus saat BAB Rasa gatal di sekeliling anus Sebenarnya, hampir semua orang pernah kena wasir. Nah supaya tak kena kedua kalinya, beberapa adalah penyebabnya: Faktor genetika Sembelit atau Diare Hipertensi Obesitas Kehamilan Kurang makanan tinggi serat Kurang minum air putih Kini Anda sudah mengetahui gejala dan penyebab kondisi wasir, tidak akan sulit untuk melakukan pencegahannya, bukan? di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Menikmati Hidup Bebas Wasir Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang [...]

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Bunga safron rasanya kurang begitu dikenal dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun di Amerika, bunga yang terkenal mahal ini sudah dimanfaatkan sebagai rempah-rempah penggugah selera dalam berbagai masakan.Dan ternyata, manfaat bunga safron tidak hanya mampu membuat makanan lezat. Menurut penelitian Iran?s Roozbeh Psychiatric Hospital di Tehran University of Medical Sciences, safron baik untuk para wanita yang kerap mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Pada masa seperti ini para wanita kerap mengalami BT atau yang disebut BT (bad temper), galau atau mood jelek."Bunga yang hanya memiliki putik sedikit ini dapat mengurangi gejala depresi dan sindrom pramenstruasi (PMS) yang umumnya dialami wanita di kala haid," kata Shahin Akhondzadeh, Ph.D dikutip Eatingwell, Sabtu (15/3/2014).Para ilmuwan ini meneliti dengan melibatkan 50 wanita yang kerap mengalami gangguan PMS. Mereka diberi dua kapsul yakni safron dan plasebo masing-masing ukuran 15 mg. Pada siklus menstruasi pertama, mereka diberi kapsul saffron dan siklus yang kedua diberikan plasebo. Lebih dari tiga perempat wanita melaporkan penurunan gejala PMS dengan intensitas lebih besar ketika mengonsumsi kapsul saffr [...]

Para Pecandu Internet Memiliki Perubahan Pada Otaknya

Para Pecandu Internet Memiliki Perubahan Pada Otaknya

Penelitian awal menunjukkan bahwa pecandu internet memiliki perubahan pada otak yang serupa dengan yang kecanduan pada narkoba atau alkohol. Para ahli di Cina melakukan scan otak terhadap 17 anak muda pecandu internet dan mereka menemukan gangguan dalam susunan otak dari para anak muda pecandu internet ini. Mereka mengatakan bahwa penemuan ini, yang diterbitkan dalam Plos One, bisa mengarahkan pada pengobatan baru untuk perilaku adiktif. Kecanduan internet adalah gangguan klinis yang ditandai dengan penggunaan internet secara berlebihan. Sebuah tim peneliti dipimpin oleh Hao Lei dari Akademi Ilmu Pengetahuan di Wuhan, Cina, melakukan scan otak pada 35 pria dan wanita yang berusia antara 14 dan 21 tahun. Tujuh belas dari mereka yang diklasifikasikan sebagai yang memiliki gangguan kecanduan internet (IAD) berdasarkan menjawab ?ya? untuk pertanyaan-pertanyaan seperti, "Apakah Anda berulang kali gagal dalam melakukan upaya untuk mengontrol, mengurangi atau menghentikan penggunaan internet?" Scan otak MRI menunjukkan ada perubahan pada substansia alba (bagian yang mengandung serabut saraf) dari otak, pada mereka yang digolongkan sebagai pecandu internet, dibandingkan dengan yang non-pec [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *