15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penelitian: Makanan Tradisional Lebih Sehat Daripada Fast Food

Penelitian: Makanan Tradisional Lebih Sehat Daripada Fast Food

?You are what you eat? atau ?Anda adalah apa yang Anda makan?, sepertinya prinsip ini sudah terbukti secara ilmiah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan yang buruk, seperti makanan kaya lemak jenuh dan sedikit serat, ditambah jarang berolahraga dapat meningkatkan risiko Anda dalam mengalami berbagai penyakit seperti penyakit jantung. Namun ternyata makanan yang Anda konsumsi tidak hanya berpengaruh pada terjadinya penyakit, tapi juga berpotensi dalam menjaga kesehatan mental Anda. Gangguan psikiatri seperti depresi dan cemas merupakan sebuah kelainan yang melibatkan gangguan pada senyawa kimia dalam otak, setidaknya itu yang telah kita ketahui saat ini. Pengobatan yang sudah digunakan umumnya adalah pengobatan yang mengubah metabolisme atau jumlah senyawa kimia di otak. Namun sebuah prospek pendekatan pengobatan baru ditemukan yaitu berupa pola makan. Makanan Tradisional Lebih Sehat Daripada Fast Food ?You are what you eat? atau ?Anda adalah apa yang Anda makan?, sepertinya prinsip ini sudah terbukti secara ilmiah. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makanan yang buruk, seperti makanan kaya lemak jenuh dan sedikit serat, ditambah jarang berolahra [...]

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

17 April – WORLD HEMOPHILIA DAY: Anak Mudah Lebam, Hati-Hati Hemofilia

Apakah Anda pernah mendengar penyakit ?Hemofilia?? Hemofilia merupakan sebuah penyakit pembekuan darah yang dapat diturunkan. Terdapat beberapa gangguan perdarahan, salah satunya hemofilia. Mari kita kenali apa itu hemofilia, gejala hemofilia dan penanganan awal jika terjadi perdarahan pada kelainan ini. (Baca: Serba-serbi Hemofilia) Apa itu Hemofilia? Hemofilia adalah gangguan pembekuan darah, dimana proses pembekuan darah berjalan ?lebih lambat? dari seharusnya. Tubuh kita memerlukan faktor pembekuan untuk menjaga kestabilan darah. Jika tubuh manusia kekurangan faktor pembekuan darah, seperti dalam kasus hemofilia, maka akan terjadi peningkatan kejadian perdarahan pada tubuh. Terdapat dua tipe hemofilia yaitu hemofilia A (kekurangan faktor pembekuan delapan) dan hemofilia B (kekurangan faktor pembekuan sembilan). Secara epidemiologis, angka kejadian hemofilia A jauh lebih tinggi dibanding hemofilia B. Apa Saja Gejala Hemofilia? Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, hemofilia adalah gangguan pembekuan darah. Karena itu, keluhan yang umumnya timbul adalah keluhan terkait perdarahan. Tanda khas untuk hemofilia adalah hemartrosis. (Baca: Waspadai Gumpalan Darah) Apa itu Hemart [...]

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Rajin Makan Tomat

7 Manfaat Kesehatan yang Didapat dengan Rajin Makan Tomat

Tidak hanya rasanya yang asam menyegarkan, tomat juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan seluruh tubuh. Selama ini, mungkin yang kita tahu tomat hanya baik untuk kesehatan mata. Namun masih banyak keuntungan yang Anda dapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh manfaat kesehatan dari buah oranye kemerahan ini, seperti dilansir Times of India.1. AntioksidanTomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene yang tinggi. Seluruh kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir zat radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Zat radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan Lycopene tingkat tinggi yang terdapat dalam tomat. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar dalam kotak bekal Anda sehari-hari.2. Mata SehatKarena kandungannya akan vitamin A yang begitu besar, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari kemungkinan penyakit rabun senja.3. Mencegah KankerBanyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan Lycopene yang dimil [...]

Berteriaklah Saat Tubuh Merasa Sakit, Ini Manfaatnya

Berteriaklah Saat Tubuh Merasa Sakit, Ini Manfaatnya

Saat merasakan sakit, berteriak merupakan reaksi yang paling wajar dan sulit ditahan. Ternyata berteriak bukan hanya reaksi spontan atau insting naluriah. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa mengeluh, mengaduh dan berteriak merupakan cara tubuh untuk melawan rasa sakit.Ketika seseorang berteriak, 'aw!', 'ouch' atau 'aduh!', reaksi itu akan memanipulasi sinyal sakit yang dihantarkan dari tubuh ke otak. Berteriak mengindikasikan bahwa sebenarnya manusia melakukannya untuk mengalihkan diri sendiri dari rasa sakit tersebut.Para peneliti dari departemen psikologi dan neurobiologi National Universrity of Singapore menulis dalam jurnal ilmiah Journal of Pain, "Suara yang dikeluarkan saat mengalami rasa sakit umumnya memicu mulut untuk terbuka, lidah terangkat dan bibir membulat. Reaksi itulah yang sedikit banyak membantu orang menahan dan mengurangi rasa sakitnya."Seperti dikutip dari Daily Mail, para peneliti melakukan percobaan untuk melihat berapa lama voluntir bisa tahan merendam tangannya di dalam air yang sangat dingin. Voluntir yang berjumlah 56 orang itu diperbolehkan berteriak 'ow' ketika tangan mereka sudah terasa sakit. Kemudian eksperimen diulang hingga empat kali, namun pa [...]

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria

Kesulitan untuk hamil bukan semata-mata masalah wanita. Untuk terjadinya kehamilan diperlukan kesuburan yang baik pada wanita dan pria. Untuk itu, kesuburan pria juga merupakan hal yang penting. Kesuburan seseorang sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu di antaranya adalah berat badan. Pada beberapa penelitian telah ditemukan bahwa kegemukan atau obesitas pada pria dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Dalam berbagai penelitian telah ditemukan bahwa pada pria-pria yang obesitas terjadi hal-hal sebagai berikut: Jumlah sperma yang lebih sedikit Mempengaruhi komposisi sperma sehingga dapat mempengaruhi fungsi dan hasil pembuahan Selain itu, pada pria obesitas terjadi perubahan keseimbangan hormon testosteron sehingga dapat menyebabkan menurunnya gairah seksual dan performa seksual serta gangguan ereksi (disfungsi ereksi). Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi? 3 Faktor Turunkan Kesuburan Pria 1. Gangguan Hormon Pada pria obesitas, ditemukan adanya penurunan hormon testosteron dan peningkatan hormon estrogen (hormon kewanitaan). Hal ini sangat berpengaruh pada proses pembentukan sperma, sehingga jumlah dan kualitas dapat menurun. Gangguan keseimbangan [...]

8 Langkah Berbuka Puasa yang Sehat dan Benar

8 Langkah Berbuka Puasa yang Sehat dan Benar

Awas jangan kalap dan gelap mata ketika Anda berbuka puasa! Bukan cuma masalah berat badan jadi naik, tapi ada intaian bahaya risiko penyakit degeneratif lainnya seperti diabetes, kolesterol dan bahkan gagal jantung. Bagaimana cara berbuka puasa dengan cara yang baik dan benar secara medis? Berikut tips saat berbuka puasa; Segerakanlah berbuka puasa jika sudah tiba waktunya. Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan yang memiliki kadar glukosa alami untuk pemulihan energi di dalam tubuh, seperti kurma dan jus buah. Jus buah yang tidak asam dan tidak berasal dari suhu yang dingin dapat merupakan alternatif minuman berbuka yang sehat karena dapat mengembalikan kadar gula darah ke kadar normal Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan seperti kolak, biji salak, es buah, dan sebagainya, kurang baik untuk dikonsumsi Makanlah secara perlahan-lahan, bertahap, dan kunyahlah dengan sempurna untuk membantu pencernaan tubuh menyesuaikan diri setelah berpuasa seharian Jangan menyantap hidangan berbuka terlalu banyak, istirahatkan perut Anda setelah berbuka dengan menunaikan ibadah shalat terlebih dahulu baru kemudian menyantap hidangan utama [...]

Sticker Membantu Anak Makan Sehat

Sticker Membantu Anak Makan Sehat

Hadiah kecil berupa sticker ternyata terbukti lebih ampuh mengajak anak memakan makanan sehat seperti sayuran dibandingkan ucapan manis orang tua ataupun janji-janji pemberian hadiah lainnya seperti dilansir dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Sebuah penelitian dari The University College London, Inggris, berhasil menunjukkan perubahan sikap anak dari 173 keluarga terhadap ketidaksukaan mereka pada beberapa jenis sayuran hanya dengan memberikan hadiah sticker, dibandingkan anak yang hanya diberikan upaya secara verbal seperti mengatakan bahwa ?sayur itu enak, ?nanti dikasih hadiah?, maupun perkataan manis lainnya dalam mengajak anak untuk makan sayuran. Selama 12 hari, anak yang diberikan hadiah sticker setiap kali mereka memakan sayuran yang mereka tidak sukai, menunjukkan perubahan selera makan. Selera sayuran yang tidak disukai anak-anak seperti wortel, seledri, ketimun, kol, kacang-kacangan hingga cabai, secara bertahap rasanya menjadi disukai oleh anak-anak yang selalu mendapatkan sticker setiap mereka memakannya. Bahkan asupan sayuran merekapun bertambah dari 5gr per piring menjadi 10gr sayuran dan kebiasaan memakan sayuran bertahan terus hingga 3 bulan kedepan. [...]

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Riset: Punya Bokong Besar Baik untuk Kesehatan

Tidak sedikit wanita yang benci dengan bentuk bokong besar. Namun menurut penelitian, bokong berukuran besar justru baik untuk kesehatan. Mengapa?Para peneliti di Oxford University menemukan bahwa lemak yang berada pada tubuh bagian bawah dapat memangkas kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan koleksterol baik (HDL) yang melindungi tubuh dari pengerasan pembuluh darah. Namun peneliti menegaskan, area tubuh bagian bawah yang baik menyimpan lemak itu adalah paha dan bokong, bukan pada perut.Hasil penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, menunjukkan bahwa manfaat dari memiliki bokong berukuran besar bisa mengurangi risiko terkena diabetes. Lemak gluteofemoral, tersimpan di bagian bahwa tubuh dan bertindak sebagai buffer (penyangga), menyapu bersih radang lemak yang bisa menyebabkan efek berbahaya di mana saja.Profesor Jimmy Bell, Kepala Pencitraan Metabolik dan Molekular di Hammersmith Hospital NHS Trust, menjelaskan bahwa lemak bisa datang dalam dua bentuk, yakni yang 'baik' dan 'buruk'. Menurutnya, lemak di bagian bawah tubuh meluruh lebih lambat dari lemak di perut.Orang dengan bokong serta paha besar memiliki tingkat inflamasi senyawa yang diseb [...]

5 Tanda Kelainan Penis

5 Tanda Kelainan Penis

Penis merupakan organ vital bagi setiap pria. Organ ini tidak hanya berguna untuk membuang zat sisa tubuh berupa air kencing, namun juga penting dalam sistem reproduksi manusia. Namun ada beberapa kelainan penis yang dapat mengganggu fungsi penis Anda, apa saja itu? Yuk, kita simak beberapa kelainan penis. Disfungsi Ereksi Disfungsi ereksi berarti ketidakmampuan seorang untuk mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Seorang dengan disfungsi ereksi dapat mengalami gangguan dalam hal hubungan seksual dengan pasangan atau masalah kepuasan seksual. Beberapa penyebab dari disfungsi ereksi adalah penggunaan obat tertentu, faktor psikogenik (cemas dalam berhubungan) dan faktorpenuaan. 2. Priapisme Berlawanan dengan disfungsi ereksi, pada kelainan priapisme justru seorang mengalami ereksi untuk waktu yang lama. Penis pria dengan priapisme justru terus menerus ereksi. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah gangguan darah dan pembuluh darah. Kelainan ini merupakan keadaan emergensi yang membutuhkan penanganan segera. Priapismus terjadi ketika darah yang mengisi penis untuk membuatnya ereksi tidak dapat mengalir keluar lagi. Kondisi ini da [...]

Tidak Semua Yoghurt Sehat, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli

Tidak Semua Yoghurt Sehat, Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Membeli

Yoghurt dianggap sebagai penganan sehat dan alternatif pengganti camilan yang lebih 'ramah' terhadap kesehatan tubuh. Minuman dengan rasa asam yang creamy ini juga jadi pilihan makanan untuk diet penurunan berat badan karena rendah kalori. Namun tak semua produk yoghurt di pasaran memiliki kandungan sehat dan rendah kalori serta lemak. Banyak yoghurt yang ternyata mengandung gula, lemak dan perasa buatan yang berlebihan. Belum lagi pengawet dan pewarna artifisial. Jika Anda memfavoritkan yoghurt sebagai makanan sehat, sebaiknya pilih dengan seksama agar tak terjebak memilih yoghurt yang tidak sehat. Ini enam hal yang penting diperhatikan, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Less Is MoreYoghurt yang baik umumnya terbuat hanya dari susu murni dan dua jenis bakteri hidup baik, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang mengubah susu menjadi yoghurt melalui fermentasi. Di luar itu, menurut pakar nutrisi Caroline Kaufman, RDN, sedikit tambahan perasa, gula atau buah asli masih baik. Jauhi produk-produk yang memiliki daftar panjang pada bahan-bahannya dan banyak nama yang terdengar asing seperti hydrogenated oils dan pemanis buatan.2. Mengandung KalsiumYoghurt me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *