15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Apa Saja Syarat Donor Darah?

Apa Saja Syarat Donor Darah?

Donor darah merupakan kegiatan ketika Anda bersedia memberikan darah kepada seseorang secara sukarela. Darah Anda bisa sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan banyak darah saat operasi, terluka, atau memiliki penyakit tertentu, seperti anemia, leukimia, atau thalasemia. Apakah hati Anda terketuk ingin menyumbangkan darah kepada mereka yang membutuhkan transfusi darah? Sayangnya tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. Berikut ini beberapa syarat yang harus Anda ketahui untuk bisa menjadi pendonor. Persyaratan dasar untuk ikut serta dalam kegiatan donor darah di Indonesia adalah pendonor berusia 17 hingga 65 tahun usia. Berat badan minimal adalah 45 kg dengan tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100 serta memiliki kadar hemoglobin sekitar 12,5-17 g/dl. Setelah hal di atas telah dipenuhi, maka Anda harus lulus syarat berikutnya, yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah Anda akan masuk ke dalam tubuh seseorang. Jika Anda memiliki penyakit menular, maka bisa memengaruhi kondisi kesehatan penerima. Berikut ini adalah faktor-faktor berdasarkan ketentuan dari PMI yang membuat seseorang tidak bisa menjadi pendonor darah: Tidak diizinkan [...]

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Oleh: drg. Arni Maharani Benturan ringan sampai keras pada saat kecelakaan merupakan salah satu penyebab utama gigi patah. Kecelakaan yang terjadi bisa diakibatkan oleh olahraga, kecelakaan lalu lintas, aktivitas luar ruangan seperti bersepeda, dan juga ada penyebab lain yang bukan termasuk kecelakaan seperti tindakan kekerasan. Usia , gender dan riwayat terjadinya kecelakaan adalah faktor terbesarnya risiko gigi patah dan lebih banyak dialami oleh laki-laki berdasarkan laporan kasus. Pada anak-anak hal ini juga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari- hari, dikarenakan kegiatan mereka dan pola tingkah laku. Gigi yang tersering patah adalah gigi depan atas (first incisive dan second incisive) dan kadang melibatkan lebih dari satu gigi. Berdasarkan anatomi gigi, bagian dari gigi yang patah dapat meliputi email, dentin, pulpa (kamar syaraf) dan akar. Bagian yang patah bisa hanya mengenai satu bagian saja, misalnya pada email , tetapi bisa juga meliputi semua bagian dari email sampai ke akar. Baik rasa sakit yang ditimbulkan sampai tipe perawatan yang akan dilakukan oleh dokter gigi bergantung dari bagian gigi yang patah. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai pert [...]

Evita Zoraya, Tingkatkan Kualitas Hidup Lewat Aromaterapi

Evita Zoraya, Tingkatkan Kualitas Hidup Lewat Aromaterapi

Profesi aromatherapist masih terbilang jarang di Indonesia. Perlu keahlian khusus untuk menjadikan wewangian sebagai terapi untuk menenangkan pikiran bahkan membantu menyembuhkan penyakit. Evita Zoraya, adalah satu di antara sedikit orang yang serius menekuni dunia tersebut.Sebelum menjadi aromatherapist, Evita sempat mengalami tantangan hidup yang cukup berat. Masalah yang menyebabkan stres kerap menghampirinya hingga sampai pada satu titik, ia sadar harus membuat suatu perbaikan dalam hidup. Wanita berusia 41 tahun ini pun akhirnya menemukan solusi lewat aromaterapi."Pertama untuk diri sendiri dulu awalnya. Aku lihat mamaku sakit, ada masalah di keluarga, stres. Lalu aku belajar bagaimana wewangian juga bisa meningkatkan kualitas hidup dan membawa perbaikan. Sakit bukan hanya fisikal tapi banyak faktor. Karena stres, karena tidak ada keseimbangan dalam hidup," ujar Evita saat berbincang dengan wolipop di klinik miliknya, Scentsibility di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.Pada 2007, ibu dua anak ini 'berguru' ke salah satu pakar pengobatan holistik. Ia mengikuti kursus untuk mendapatkan sertifikat sebagai aromatherapist. Waktunya terbilang singkat, yaitu 20 hari namun dengan jam [...]

Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan

Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Tertahankan

Nyeri yang dirasakan di masa menstruasi dapat menjadi indikator adanya penyakit atau kondisi tertentu. Nyeri haid umumnya dirasakan sebagian wanita pada awal masa menstruasi. Pada beberapa wanita, rasa sakit di bagian bawah perut ini tidak begitu terasa hingga mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Namun sebagian lain merasakan nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan apapun. Kontraksi Penyebab Nyeri Sepanjang waktu, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun di masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri. Rasa nyeri semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri. Diduga sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih ban [...]

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Denyut jantung merupakan jumlah jantung Anda berdetak per menit. Level aktivitas, kesehatan, ukuran tubuh, emosi dan obat-obatan dapat mempengaruhi denyut jantung Anda. Dalam keadaan normal, denyut jantung yang ?sehat? adalah antara 60-100 kali per menit. Denyut jantung sendiri merupakan salah satu indikator paling penting dari kesehatan jantung Anda. Namun sangat sedikit orang yang mengehahui tentang denyut jantung mereka. Mitos 1: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat perlu dikhawatirkan Fakta: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat bukan selalu berarti bahwa ada yang salah dalam kondisi jantung Anda atau Anda memiliki jantung yang "lemah". Orang yang berolahraga rutin dan dalam intensitas yang tinggi dapat memiliki denyut jantung <60x/menit. Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Mitos 2: Denyut jantung yang normal berarti tekanan darah Anda juga normal Fakta: Denyut jantung yang normal tidak selalu berarti tekanan darah Anda normal. Orang yang memiliki denyut nadi normal dapat memiliki tekanan darah yang tinggi. Juga sebaliknya, seseorang [...]

Pisang dan Pil Kalium

Pisang dan Pil Kalium

Kalium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, fungsi saraf dan otot. Potasium dan sodium bekerja sama dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh kita. Pisang merupakan salah satu sumber makanan kalium. Orang dewasa yang sehat membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium setiap harinya, tetapi beberapa orang, termasuk atlet dan orang-orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu, mungkin membutuhkan lebih. Kebanyakan orang memperoleh kalium yang mereka butuhkan dari makanan dalam diet mereka, tetapi beberapa orang perlu mengkonsumsi suplemen kalium. Kalium di Pisang. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potassium. Jika pisang adalah satu-satunya sumber kalium kita, maka kita harus mengkonsumsi 11 buah pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Untungnya, ada makanan lain yang juga mengandung kalium. Selain potasium, pisang mengandung serat dan vitamin C dan pisang bebas lemak dan bebas kolesterol. Pisang mudah untuk dikonsumsi, membuat pisang sebagai makanan yang nyaman. Dan pisang juga selalu tersedia sepanjang tahun. Pil Kalium. Suplemen kalium dalam bentuk pil, dijual dalam berbagai nama merek, sebagai conto [...]

Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

Antibiotik Bisa Memicu Kekebalan Bakteri

Sejak ditemukan antibiotik oleh Alexander Flemming pada tahun 1920-an, penggunaan antibiotik kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Namun kecenderungan yang terjadi, penggunaan antibiotik secara berlebihan justru menimbulkan kerugian. Tidak hanya bagi orang yang mengonsumsi antibiotik, pada sisi lain akan berdampak lebih luas. Ada berbagai antibiotik yang tersedia dengan beragam merek. Biasanya antibiotik dikelompokkan berdasarkan bagaimana cara kerjanya. Tiap jenis antibiotik hanya bekerja melawan bakteri atau parasit jenis tertentu. Itulah alasan antibiotik yang berbeda digunakan untuk mengobati jenis-jenis infeksi yang berbeda pula. Pemilihan Antibiotik Pilihan antibiotik tergantung pada beberapa hal, antara lain: Jenis bakteri yang dituju. Bagian mana dari bakteri yang dituju. Tujuan penggunaan untuk membunuh seluruh bakteri atau terbatas menghentikan perkembangannya. Seberapa lama antibiotik akan digunakan. Bagaimana antibiotik itu akan digunakan. Faktor-faktor lain yang memengaruhi pilihan sebuah antibiotik, termasuk seberapa parah infeksi yang terjadi, bagaimana kondisi ginjal dan hati, jadwal konsumsi serta obat lain yang menyertai, kemungkinan efek samping, dan catatan [...]

Terapi Suntikan Penurun Kolesterol

Terapi Suntikan Penurun Kolesterol

Sebuah penelitian terbaru berhasil menurunkan 64% kadar kolesterol ?jahat? dalam tubuh dengan hanya pemberian 1 kali suntikan. Tidak hanya menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) namun juga menurunkan keseluruhan total kolesterol termasuk apo-8 yang merupakan partikel lemak dalam darah yang turut berperan dalam meningkatkan resiko penyakit jantung. Hasil penelitian ini di publikasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat (14/11). Meskipun penelitian ini masih terbilang awal, namun tidak diayal menerima banyak dukungan karena penderita kelebihan kolesterol mempunyai resiko kematian yang tinggi. Bahkan seringkali pasien juga mengeluhkan harus meminum obat penurun kolesterol setiap hari. Sehingga dengan menemukan cara penurunan yang lebih cepat dan efektif akan memberikan kemungkinan tambahan terapi pada pengobatan penderita kolesterol tinggi maupun sebagai salah satu cara untuk merendahkan kadar kolesterol ?jahat? dalam tubuh. Sebab apabila kadar LDL dalam darah lebih dari 100 mg/dL maka sudah termasuk tahap waspada. Untuk itu penelitian ini baru memulai memberikan 1 dosis suntikan pada 54 orang pria dan 2 wanita usia 18 ? 45 tahun [...]

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Berhati-hatilah jika Anda hobi atau sering makan junk food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.Selain membuat tubuh menjadi gemuk, makanan ini juga dapat merusak otak Anda. Junk food bisa memengaruhi hormon, terutama neurotransmitter dalam otak yang menyebabkan gangguan mental. Berikut dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan, seperti dilansir dari Bold Sky.1. Gangguan MentalKandungan junk food sebagian besar berasal dari lemak jenuh yang akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Seseorang yang sering mengonsumsi lemak jenuh bisa menderita gangguan mental, seperti depresi dan Alzheimer. Hal itu karena Anda tidak mendapatkan sejumlah vitamin dan mineral dari junk food yang seharusnya ada di dalam makanan alami. Makanan ini juga berdampak pada hormon dan pengaliran darah ke otak yang menyebabkan kerusakan mental.2. Masalah PsikologisJunk food bisa menyebabkan masalah fisik dan perubahan fungsi otak. Anda akan menderita masalah psikologis jika kecanduan junk food, seperti terlalu emosional atau terlihat 'kaku' pada lingkungan sekitar. Cara mengatasi masalah psikologis ini [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *