15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

6 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Punggung

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat bermudik, duduk terlalu lama di dalam kendaraan dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini tentu menyebabkan rasa tidak nyaman. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan saat duduk untuk mengurangi risiko terjadi nyeri punggung. No. Gerakan Cara Melakukan Gambar 1. Gerakan Postur Dasar Duduk di bagian depan kursi, tarik perut ke dalam dan regangkan pinggang 2. Gerakan Peregangan Perut dan Pinggang Regangkan punggung secara maksimal, lalu bungkukkan badan untuk melepaskan ketegangan 3. Gerakan Melihat Pusar Bungkukkan punggung sebanyak mungkin, lalu tarik perlahan perut ke dalam dan lihat ke arah pusar. Ulangi kegiatan ini. 4. Gerakan Menunduk Lipat siku dan lebarkan tungkai. Menggunakan berat kepala, turunkan kepala seperti gerakan membungkuk sambil membuang napas 5. Gerakan Peregangan Punggung Regangkan punggung perlahan, seperti anjing meluruskan punggungnya. Pada saat yang bersamaan, tarik napas panjang dan naikkan dinding [...]

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Indonesia Mewaspadai Kemungkinan Ancaman E-coli

Menyusul setelah memakan korban jiwa sebanyak 22 jiwa dan sedikitnya 2200 korban dirawat intensif, pihak otoritas kesehatan Indonesia mulai mengambil tindakan pengamatan dan waspada dalam mengantisipasi perluasan wabah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coliyang hadir dengan strain barudari benua Eropa. Strain e-coli yang baru dikenal dengan sebutan Enterohaemorrhagic Escherichia coli atau EHEC, yang memiliki dampak fatal yang memicu perdarahan parah. Pengamatan dantindakanantisipasidilakukan kepada penumpang dari mancanegara yang menunjukkan gejala infeksi; seperti kram disertai diare yang diikuti demam juga mual-muntah. Dirjen Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama memerintahkan semua unit kesehatan pada setiap instansi di bandara internasional Indonesia untuk mewaspadai hal-hal tersebut. ?Memang masih terlalu dini untuk merespon keadaan yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa, namun tidak ada salahnya dengan mengambil tindakan pencegahan ekstra,? jelasnya. Lebih jauh beliau menjelaskan masa inkubasi EHEC yang berkisar antara 3 hingga 8 hari. Bakteri tersebut diduga berasal dari sayuran kecambah dar [...]

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan

Nyeri tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak dan juga nyeri menelan.Nyeri tenggorokan kadang merupakan gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas yang bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. Apakah Penyebabnya? Virus, 80% sakit tenggorokan disebabkan oleh virus, dapat menyebabkan demam. Infeksi bakteri (juga dikenal sebagai strep throat atau infeksi virus yang menyebabkan faringitis). Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap). Iritasi (misalnya merokok). Kelembapan yang rendah. Kurang asupan cairan. Udara kering. Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, berikut penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengatasi Nyeri Tenggorokan Setiap penyebab, memiliki ciri khas gejala tersendiri, di antaranya: Jika penyebabnya infeksi virus: Infeksi virus biasanya merupakan penyebab selesma (pilek) dan influenza yang kemudian mengakibatkan terjadinya radang tenggorokan. Selesma biasanya sembuh sendiri sekitar 1 minggu begitu tubuh Anda membentuk antibody melawan virus tersebut. Pengobatan dengan antibiotik tidak akan efektif untuk m [...]

10 Cara Mudah Agar Hidup Lebih Sehat

10 Cara Mudah Agar Hidup Lebih Sehat

Pola hidup sehat merupakan sesuatu yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kondisi tubuh bugar. Untuk memperoleh tubuh yang sehat, tidak harus mengikui pola hidup yang mahal. Semua itu dapat Anda peroleh dengan mudah dan murah. Hidup sehat dapat Anda awali dengan perubahan kecil.Berikut ini 10 cara sederhana untuk mengubah pola hidup Anda, seperti dilansir enzine:1. Ketika Anda bangun di pagi hari, sebaiknya buka jendela dan biarkan sinar matahari menyinari tubuh Anda. Hal ini dapat membuat Anda lebih segar dalam menjalani hari.2. Tidak berolahraga di pagi hari. Cenderung orang yang melakukan olahraga pada pagi hari memiliki kadar kortisol tinggi dan IgA rendah. IgA adalah, (besarnya aliran air liur, yang sangat berguna untuk melindungi hidung dan mulut dari infeksi. Jika Anda memiliki kadar kortisol tinggi dan IgA rendah, artinya tingkat stres akan lebih tinggi, kekebalan tubuh yang rendah dan rawan terkena infeksi hidung dan mulut.3. Kerjakan tugas yang paling sulit di dua jam pertama pada waktu jam kerja Anda, sebab setelah itu Anda akan memperoleh hari yang produktif.4. Ingin terhindar dari flu? Penelitian medis mengungkapkan bahwa dengan berjalan dapat melindungi 25% tubu [...]

Selera Asin Terbentuk Saat Bayi

Selera Asin Terbentuk Saat Bayi

Sebuah penelitian yang di publikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa pembentukan selera rasa asin pada bayi dikarenakan pengenalan makanan awal yang mengandung garam. Hal ini yang kemudian dapat berkembang seiring usia dengan kesukaan menambahkan garam pada setiap makanan dengan kadar yang semakin meningkat pula. Hasil penelitian ini seakan membukakan mata dalam mencegah berkembangnya selera individu dalam penggunaan garam melalui pencegahan pemberian makanan bergaram di awal perkenal makanan padat setelah ASI pada bayi. Para peneliti menemukan bahwa bayi usia 6 bulan yang diperkenalkan makanan padat pertama berupa makanan proses siap saji, akan memiliki kecenderungan menyukai makanan asin. Hal ini disebabkan oleh kadar sodium yang terdapat pada makanan tersebut. Sehingga pada saat masuk sekolah, selera mereka akan lebih menyukai makanan-makanan asin, bahkan tidak jarang kesukaan mereka akan garam meningkat seperti langsung menjilati bubuk perasa asin maupun garam itu sendiri. Berbanding terbalik apabila bayi usia 6 bulan yang diperkenalkan pertamaka kali dengan makanan padat berupa buah ataupun sayuran segar yang dihaluskan tanpa tambahan per [...]

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik?

Percayakah Anda bahwa daging kambing dapat meningkatkan keperkasaan, khususnya untuk pria? Bahkan ada yang mengatakan kalau daging kambing muda atau daging kambing setengah matang lebih baik ketimbang daging kambing yang matang. Entah darimana pernyataan tersebut berkembang. Berikut penjelasannya: Daging kambing bukanlah golongan makanan pembangkit libido. Rasa hangat yang timbul setelah makan daging kambing berasal dari lemak yang melekat di daging kambing, dan secara ilmiah tidak ada hubungannya dengan peningkatan libido. Bahkan daging kambing memiliki kandungan gizi yang sama dengan daging sapi, hanya saja kandungan lemak daging kambing lebih rendah. Hal tersebut membuat daging kambing terasa lebih ringan dan mudah dicerna, sehingga menimbulkan perasaan nyaman dalam tubuh. Inilah yang membuat seseorang mengartikan perasaan nyaman itu dengan peningkatan libido. Benarkah Daging Kambing Bikin Libido Naik? Jika Anda ingin menambah gairah seksual, sebaiknya Anda memilih makanan yang mampu meningkatkan hormon testosteron (hormon yang bermanfaat untuk mengatur fungsi seksual), seperti alpukat, durian, tiram dan cokelat. Sebaliknya, jika Anda ingin meningkatkan g [...]

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Kemenkes RI: Klorin di Pembalut Indonesia Tidak Berbahaya

Ramai tersebar di media massa mengenai pemberitaan pembalut yang mengandung klorin. Sebagaimana yang dilansir cnnindonesia.com, YLKI mengumumkan hasil penelitian pembalut yang memiliki kadar klorin dianggap berbahaya. Disebutkan sedikitnya 9 pembalut yang dianggap YLKI berbahaya. Sandaran YLKI adalah regulasi FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) yang melarang penggunaan klorin pada pembalut. "Klorin itu terdapat dalam dioksin yang bersifat karsinogenik. Menurut WHO, ada 52 juta berisiko terkena kanker serviks, salah satunya dipicu oleh zat-zat dalam pembalut," jelas Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, demikian yang terlansir dari CNN Indonesia 7 Juli 2015 lalu. Namun pada kenyataannya temuan klorin pada pembalut di Indonesia tidak dianggap berisiko oleh Kementerian Kesehatan RI. Sebagaimana diungkapkan Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang yang terlansir pada Kompas.com, Selasa (7/7/2015) lalu, bahwa penggunaan klorin pembalut di Indonesia yang memiliki izin edar masih dalam batas aman. "Yang tidak boleh itu mengandung dioxin dalam pembalut. Dioxin, dalam suhu panas bisa menguap, bisa masuk ke dalam [...]

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

Inilah Kenapa Makanan Pedas Bisa Berbahaya untuk Tubuh Anda

Sudah tidak jarang kita mendengar cerita orang terkena diare (mencret) akibat makan makanan pedas. Tapi apa membuat orang jera untuk memakannya lagi? Kebanyakan tidak. Justru sebagai orang Indonesia, makanan jika tidak didampingi sambal, akan seperti Terdapat berbagai macam makanan khas Indonesia yang bercita rasa pedas. Contohnya mulai dari makanan ringan hingga makanan berat, seperti keripik dan ikan balado. Banyak orang beranggapan bahwa makanan pedas dapat meningkatkan nafsu makan. Namun perlu diketahui, bahwa makan makanan pedas secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pedas pada makanan bisa didapat dari beberapa hal, yaitu cabai, jahe, dan merica. Cabai merupakan produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan cita rasa pedas pada makanan. Dalam cabai terkandung Capsaicin, yang menyebabkan efek pedas pada makanan. Makin kecil ukuran cabai, makin pedas rasanya, karena mengandung makin banyak Capsaicin pada biji dan urat bagian dalamnya. Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Berikut penjelasannya: Lalu apa fungsi dan manfaat capcaisin bagi tubuh? Capsaicin bermanfaat menstimulasi otak untuk [...]

Cara Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit

Cara Membentuk Otot Lengan Dalam 10 Menit

Melatih tubuh bagian atas, salah satunya dengan membentuk otot lengan, tidak hanya berperan untuk memperindah penampilan tubuh. Lebih dari itu, melatih otot lengan bermanfaat menjadikan kinerja tubuh menjadi lebih baik. Otot lengan yang kuat akan memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan yang sederhana sekalipun, seperti meraih benda di rak tinggi, menenteng belanjaan, menggendong anak, atau mengangkut setumpuk pakaian. Rangkaian gerakan berikut dapat dicoba sendiri di rumah atau di sela-sela waktu istirahat di kantor. Tidak perlu waktu lama, cukup sekitar 10 menit per hari. Gerakan ini bahkan dapat dilakukan sambil menonton TV atau menunggu cucian dalam mesin cuci mengering. Tapi sebelumnya disarankan untuk diawali dengan gerakan peregangan dan pemanasan selama 5 menit demi mengurangi risiko cedera otot. Tekuk Lengan Atas Gerakan ini cocok diterapkan sebagai langkah permulaan latihan atau dapat juga dilakukan oleh lansia yang ingin membentuk otot lengan. Berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu sambil memegang botol berisi air pada kedua tangan. Secara perlahan, tekuk kedua lengan pada sisi tubuh dan angkat beban hingga setinggi bahu. Tahan beber [...]

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

Menonton televisi biasanya menjadi alternatif seseorang untuk melepas penat sehabis pulang kantor atau beraktifitas. Tetapi tanpa disadari, Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari empat jam, hal itulah yang berbahaya. Seperti yang dikutip dari lifemojo, ini lima alasan mengapa kebiasaan menonton televisi dapat merugikan kesehatan.1. Meningkatkan risiko penyakit jantungBerdasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dari 8.800 pria dan wanita Australia (di atas usia 25 dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung), peneliti menemukan bahwa menonton televisi dapat meningkatkan risiko kematian seseorang akibat serangan jantung sebesar 18 persen dan kanker sebesar 9 persen. Kesimpulannya, orang yang menonton televisi lebih dari 4 jam memiliki 80 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dalam kurun waktu enam tahun, bila dibandingkan dengan orang yang menonton hanya dua jam tiap harinya.2. Sebabkan ganguan tidurSinar yang dipancarkan dari televisi memiliki pengaruh buruk dan dapat mengurangi kadar melatonin otak. Inilah yang mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat Anda terbangun lebih lama dan sebabkan kelelahan yang ekstrim.3. Meningkatkan risik [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *