15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Tanda-Tanda Anak Kekurangan Nutrisi dari Susu

Kalsium dan vitamin D memiliki peran penting bagi pertumbuhan serta perkembangan anak. Kedua asupan tersebut dapat diperoleh dari susu dan produk olahan susu lainnya. Jika anak kurang asupan makanan disertai minimnya asupan susu, hal tersebut bisa menimbulkan gangguan nutrisi dan meningkatkan risiko terjadinya riketsia. Riketsia merupakan penyakit yang dapat menyebabkan tulang menjadi lunak, sehingga anak menjadi kesulitan untuk tumbuh tinggi, kesulitan untuk menekuk kaki, serta mengalami kelemahan pada bagian otot. Ikuti panduan nutrisi ini, sebagai rekomendasi asupan susu sesuai dengan kategori umur: Anak usia 2-3 tahun disarankan minum 2 gelas susu (473 ml) dalam sehari Anak usia 4-8 tahun disarankan minum 2 gelas susu (591 ml) dalam sehari Anak usia 9 tahun ke atas disarankan minum 3 gelas susu (710 ml) dalam sehari Kalsium Kalsium merupakan zat terpenting untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mengontrol otot serta saraf di dalam tubuh. Tanda-tanda anak kekurangan kalsium di dalam tubuh adalah badan terasa lemas, kaku otot, nafsu makan menurun, serta mengalami gangguan irama jantung. Asupan kalsium per hari yang dianjurkan untuk anak berusia 1-3 tahun adalah s [...]

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Fast Food

Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Fast Food

Makanan cepat saji atau fast food diketahui tidak baik untuk kesehatan. Tapi jika seseorang mengonsumsi makanan cepat saji dan meminum kopi setelahnya, merupakan kombinasi yang sangat buruk bagi kesehatan.Seperti yang dikutip dari Times of India, meminum kopi saat atau setelah memakan makanan cepat saji dapat meningkatkan kadar gula darah. Menurut peneliti Marie-Soleil Beaudoin dari University of Guelph, Kanada, makanan cepat saji sudah mengandung banyak lemak, bila ditambah dengan mengonsumsi kopi maka kenaikan gula darah menjadi berlipat ganda."Dengan adanya hasil ini, kita diberitahu bahwa lemak jenuh mengganggu stabilisasi gula darah dalam tubuh dan ketika digabungkan dengan kopi, dampaknya bisa lebih buruk lagi," terang Beaudoin.Gula yang menetap di dalam darah dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kondisi kesehatan yang tidak baik dan dapat berpengaruh pada organ tubuh lain. Penelitian yang dilakukan oleh Beaudoin, Profesor Lindsay Robinson dan Terry Graham menemukan adanya pengaruh lemak jenuh dan kopi berkafein terhadap tingkat gula darah.Dalam penelitian ini Beaudoin dan rekannya mendesain sebuah minuman khusus berupa koktail yang mengandung lemak. Minuman ini diranc [...]

Bagaimana Seharusnya Aroma Miss V yang Normal?

Bagaimana Seharusnya Aroma Miss V yang Normal?

Salah satu keresahan yang menjadi permasalahan wanita adalah ketidaktahuan mereka tentang aroma yang dihasilkan dari organ kewanitaannya. Maka tak heran banyak yang bertanya-tanya bagaimana seharusnya aroma Miss V yang normal.Di samping itu, banyak juga para wanita yang beranggapan bahwa seharusnya aroma Miss V mengeluarkan wewangian yang harum dan lembut. Lantas, benarkah demikian? Sebenarnya, seperti apakah aroma Miss V yang normal?Ahli kesehatan dr. Sara Gottfried, M.D mengatakan bahwa tidak ada patokan khusus untuk mengetahui apakah aroma yang dihasilkan dari organ intim wanita normal atau tidak. Menurutnya, organ intim wanita tidak seharusnya berbau harum seperti wangi bunga, namun juga tidak berbau amis.Untuk mengetahui apakah aroma Miss V normal atau memiliki gangguan, bisa dilihat dari kadar asam (pH) di cairan vagina. "Selama siklus menstruasi, ada waktu tertentu di mana vagina memiliki perubahan aroma. Banyak wanita yang menyadarinya setelah menstruasi berakhir. Aroma tersebut berkaitan dengan asam di dalam vagina," ujar dr. Sara.Dokter yang berpraktik di The Gottfried Center for Integrative Medicine California menjelaskan, pH di dalam Miss V berkisar di bawah 4.7. Tet [...]

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Yoga menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang malas untuk latihan yang berat. Banyak manfaat yang bisa didapat dari yoga. Sehingga tak heran banyak wanita yang kini beralih untuk ikut kelas yoga. Seperti dilansir dari webmd, setidaknya ada lima manfaat yang paling banyak terasa dari yoga. Berikut manfaat-manfaat tersebut.1. FleksibilitasKetika beberapa orang berpikir tentang yoga, mereka membayangkan seperti fitnes, sehingga merasa terlalu tua, dan tidak fit untuk melakukan yoga. Salah satu bagian dari yoga disebut asanas yang bekerja secara aman untuk stretching otot Anda. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan, sakit dan kelelahan. Selain itu, yoga juga meningkatkan berbagai gerakan dan lubrikasi di sendi.Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi juga seluruh sel-sel tubuh Anda. Dalam suatu studi ditemukan bahwa terdapat peningkatan fleksibilitas sebesar 35% setelah 8 bulan melakukan yoga. Keuntungan yang paling besar adalah fleksibilitas di pundak dan badan.2. KekuatanBeberapa gaya dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan yang lain. Mempraktikkan salah satu dari gaya ini akan membantu mening [...]

Seorang Perokok Pasif (Kembali) Menjadi Korban

Seorang Perokok Pasif (Kembali) Menjadi Korban

Noor Atika Hasanah (28) di akhir hayat hidupnya berpesan melalui media sosial akun Facebooknya: 'Bagi para ortu perokok, aku mohon banget supaya ngerokok sejauuuh mungkin dari anaknya walau sampai anak dewasa supaya jauh dari kemungkinan terkena flek paru'. Keadaan Bronchopneumonia Duplex yang dideritanya membuat kondisi fisiknya mengalami penurunan berat badan hingga 35kg. Disamping sesak napas, batuk keras dan pilek, keadaan semakin diperparah dengan faktor risiko berada lingkungan perokok. Pada skala internasional, pendataan dari penelitian Swedish National Board of Health and Welfare dan Bloomberg Philanthropies menganalisis data tentang perokok pasif di 192 negara sejak tahun 2004. Mereka menemukan 40 persen anak-anak serta lebih dari 30 persen pria dan wanita menjadi perokok pasif. Perokok pasif menghirup asap dari pembakaran rokok para perokok aktif. Tika ialah salah satu korban yang meninggal akibat perokok pasif. Melalui media-media akun sosial internetnya dirinya menegaskan bukanlah perokok melainkan diposisi korban dari asap perokok aktif. Almh. Noor Atika Hasanah Kasus ini merupakan fenomena gunung es dari pada kasus-kasus serupa di Indonesia pada khususnya. Sed [...]

Puting Payudara Gatal, Mungkin Ini Sebabnya

Puting Payudara Gatal, Mungkin Ini Sebabnya

Bagi para wanita, mungkin Anda pernah tiba-tiba merasa puting payudara terasa gatal. Rasa gatal bisa bersifat ringan dan parah. Karena rasa gatal yang muncul berbeda keparahannya, intensitas keinginan untuk menggaruk pun bisa datang sesekali atau terus-menerus. Rasa gatal pada puting payudara ini disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena akibat kulit kering atau yang paling parah akibat kanker. Meski sangat ingin menggaruk, sebaiknya Anda berhati-hati. Pasalnya, garukan yang terlalu sering tersebut bisa merusak kulit. Kulit di sekitar area payudara dapat memerah, pecah-pecah, menebal atau membengkak. Beberapa penyebab lain gatal pada puting payudara adalah: Eksim. Kondisi ini berupa kulit kering, gatal, bersisik, merah, sampai pecah-pecah, perdarahan dan pengerasan kulit. Eksim sering diperparah oleh bakteri bernama staphylococcus aureus. Kondisi ini biasanya berlangsung kronis atau jangka panjang. Kehamilan. Payudara biasanya akan membesar saat masa kehamilan. Peregangan ini dapat memicu gatal-gatal disertai kulit megelupas. Menyusui. Permasalahan umum yang kerap menimpa ibu menyusui adalah mastitis (infeksi pada jaringan payudara) karena kemungkinan ibu menyusui mengalami p [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

Diet Jantung Sehat

Diet Jantung Sehat

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Anda dapat mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis (salah satu faktor risiko sumbatan pembuluh darah) dengan makan makanan yang sehat. Anda juga dapat memperlambat proses semua jenis penyakit dengan memperhatikan asupan makanan. Makanan sehat yang dimaksud dalam hal ini adalah jenis makanan yang tidak membebani jantung dan tidak mencetuskan faktor risiko. Diet sehat merupakan salah satu cara untuk mengurangi faktor risiko yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Nutrisi jantung sehat adalah nutrisi yang dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi berat badan. Fokuskan diri Anda terhadap jenis makanan sehat apa saja yang dapat Anda makan. Rekomendasi yang diberikan oleh American Heart Association 2006 dan Food and Drug Administration (FDA) adalah: Makanlah lebih banyak buah dan sayuran sejumlah 4-5 kali porsi sehari Makanlah makanan yang mengandung gandum karena kandungan seratnya yang tinggi. Gandum dapat dikonsumsi sebanyak 6-8 porsi setiap harinya Batasi kandungan lemak di dalam makanan Anda. Batasi juga lemak jenuh, trans-fat, dan kolesterol (keju, su [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *