15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Obsesi Makan Sehat, Baguskah?

Obsesi Makan Sehat, Baguskah?

Oleh: dr. Nadia Octavia Anda mungkin sering menjumpai hal ini atau mungkin Anda yang mengalaminya sendiri: makan siang dengan sedikit nasi merah dengan lauk semangkuk penuh sayuran dan diakhiri dengan dessert buah-buahan seperti apel atau pisang. Hal itu mungkin terdengar sangat menyehatkan atau bisa jadi Anda mengalami orthorexia. Apakah itu orthorexia? Namun, pernahkah Anda mendengar orthorexia? Orthorexia sendiri bukan merupakan suatu diagnosis yang ofisial dan belum dimasukkan di dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM), yaitu suatu acuan yang dikeluarkan oleh American Psychiatric Association. Orthorexia nervosa sendiri merupakan suatu gangguan makan (eating disorder) yang memiliki karakteristik preokupasi ekstrim atau terus menerus memikirkan dan menghindari makanan yang tidak sehat. Hal ini jika dibiarkan lebih lanjut dapat berujung pada malnutrisi, anoreksi dan kecemasan. Apakah saya mengalami orthorexia? Seringkali untuk mendiagnosis orthorexia merupakan hal yang pelik. Orang yang mengalami orthorexia dianggap sehat atau hanya sedang menjalani pola diet seperti: vegetarian atau fruitarian. Hal yang tidak kalah pelik adalah penderita orthorexia banya [...]

Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

Sering Terbangun dari Tidur di Malam Hari? 4 Hal Ini Penyebabnya

Pukul 10 atau 11 malam, Anda dengan mudahnya tertidur lelap. Namun begitu pukul 3 pagi, Anda terbangun dengan mata terbuka lebar dan tidak sedikit pun merasa ngantuk. Sering atau bahkan setiap malam mengalami kejadian serupa? Kondisi ini disebut dengan mid-insomnia atau kesulitan menjaga tidur yang terbilang normal.Dijelaskan James Findley, Ph.D., direktur klinis dari Behavioral Sleep Medicine Program di University of Pennsylvania, ada tiga siklus tidur yang terjadi setiap malamnya. Dimulai dari tidur nyenyak yang dalam, tidur dengan kesadaran sedang hingga tidur ringan. Tapi ada kalanya ketika sedang tidur lelap, fase tidur tiba-tiba bergerak ke tahapan tidur yang lebih ringan sehingga besar kemungkinan akan terbangun. Alhasil banyak orang yang mengalami 'tidur terpecah' saat dini hari. "Biasanya Anda akan bangun, mengubah posisi tidur dan kembali tidur. Itu hal yang normal dan bukan masalah," ujar James, seperti dikutip dari Huffington Post. Namun jika Anda terbangun di malam atau dini hari, dan sulit tertidur lagi lebih dari 30 menit selama tiga sampai empat hari dalam seminggu, maka kemungkinan Anda mengalami gangguan tidur yang lebih serius. Apa saja penyebabnya?1. Faktor U [...]

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

4 Gaya Hidup Sehat untuk Kurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti terutama bagi kalangan wanita. Menurut World Cancer Report, kanker payudara merupakan jenis kanker paling sering ditemukan pada satu dari lima wanita di dunia.Sementara berdasarkan data di Kementerian Kesehatan, dari sekian banyak kanker yang menyerang penduduk Indonesia, kanker serviks dan payudara paling tinggi kasusnya di seluruh rumah sakit. Baik dilihat dari segi terjangkitnya maupun dari sudut angka kematian. Penyebab kanker payudara umumnya diduga karena faktor keturunan. Namun sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa faktor genetik hanya 'menyumbang' 5-10 persen dari seluruh kasus kanker yang ada. Artinya, pemicu kanker lebih disebabkan oleh faktor eksternal seperti diet dan gaya hidup tidak sehat. Dengan mengikuti gaya hidup sehat, maka bisa mengurangi risiko terkena kanker secara signifikan. Ini beberapa langkah yang bisa dilakukan wanita untuk terhindar dari ancaman kanker payudara, seperti dikutip dari Female First.1. Tetap AktifPara peneliti di Oxford University, Inggris menemukan bahwa rutin fitnes dengan intensitas sedang dan tinggi selama 4-7 jam seminggu bisa menurunkan risiko terkena kanker payudar [...]

Vaksin untuk Mencegah Flu

Vaksin untuk Mencegah Flu

Kebanyakan orang berpikir bahwa influenza merupakan penyakit yang ringan. Namun sebenarnya influenza juga bisa menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian, terutama pada anak-anak dan orang tua. Vaksin flu sangat efektif untuk mencegah penyakit influenza dan komplikasinya. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan agar setiap orang mendapatkan vaksin influenza setiap 6 bulan atau 1 tahun. Mengapa kita perlu melakukan vaksin flu setiap tahun? Setiap tahun vaksin influenza yang baru dikeluarkan, disesuaikan dengan jenis virusnya. Virus tersebut dapat berevolusi dengan sangat cepat, yang artinya vaksin influenza tahun lalu mungkin tidak dapat melindungi Anda dari virus influenza pada tahun ini. Setelah vaksinasi, sistem imun tubuh akan memproduksi antibodi yang melindungi tubuh dari virus yang terdapat dalam vaksin. Selain itu, kadar antibodi dalam tubuh semakin lama akan semakin turun, maka dari itu diperlukan vaksin flu setiap tahun. Bagaimana cara pemberian vaksin flu? Halaman berikut penjelasan selengkapnya. Vaksin untuk Mencegah Flu Vaksin flu diberikan melalui dua cara, yaitu: Suntikan Vaksin biasanya disuntikkan pada otot [...]

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Apakah Anda mengetahui berat badan Anda? Apakah Anda pernah menghitung indeks massa tubuh (IMT) Anda? Penting bagi wanita untuk mengetahui berat badannya karena hal ini terkait dengan kesuburan dan kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Para wanita dengan IMT di sekitar 30kg/m2 terancam untuk mengalami gangguan kesuburan dan kesulitan untuk hamil. Para wanita terancam mengalami ketidaksuburan jika berat badannya berlebih karena beberapa faktor: Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur) Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil. Selain itu, kegemukan pada wanita juga menenggarai pada masalah proses pembuahan. Berikut penjelasannya: Beberapa Masalah Kesuburan Pada Wanita Obesitas Masalah pada proses pembuahan Selain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang [...]

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis

Sebuah Klinik Gigi Ditemukan Tidak Higienis Oleh: drg. Martha Mozartha Oklahoma, salah satu negara bagian di Ameriksa Serikat, saat ini cukup digemparkan dengan adanya berita seorang dokter gigi yang dituduh menjalankan praktiknya tanpa mengindahkan kebersihan klinik dan sterilisasi alat-alat kedokteran giginya. Sebanyak 7000 pasien yang pernah menjadi pasien Dr. W. Scott Harrington selama 6 tahun terakhir telah dikirimkan surat dari Departemen Kesehatan Kota Tulsa. Surat tersebut berisi peringatan mengenai buruknya higienitas klinik sang dokter, dan pasien-pasien tersebut sangat disarankan untuk datang ke North Regional Health and Wellness Center Tulsa pada hari Sabtu lalu (30/3). Sebanyak 420 orang datang memenuhi panggilan tersebut dan telah menjalani pemeriksaan Hepatitis B, Hepatitis C serta HIV. Kaitlin Snider, juru bicara Departemen Kesehatan Tulsa, mengatakan Dr. Harrington telah menjalankan prakteknya selama 36 tahun. Petugas kesehatan menemukan bahwa instrumen kedokteran gigi yang digunakan di klinik tersebut tidak dibersihkan dan disterilisasi dengan benar, dan berpotensi untuk menularkan penyakit infeksi menular seperti Hepatitis dan AIDS. Selain itu, terdapat keluhan a [...]

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Pegagan Bisa Mengatasi Penyakit dan Luka pada Kulit?

Tanaman herba pegagan banyak digunakan untuk menangani permasalahan pada kulit. Tidak heran jika kini banyak produsen yang memasukkan ekstrak pegagan ke dalam produk obat, seperti dalasakit telinga, penuaan, anakm kandungan salep atau krim. Tidak hanya itu, produsen kosmetik pun ikut tergiur dengan tanaman yang kerap dicampurkan ke dalam asinan Bogor itu. Lantas apakah benar pegagan bisa membuat kulit sehat dan cantik? Manfaat Pegagan Menurut Penelitian Pegagan memiliki zat-zat kimia yang sepertinya bisa membantu mengurangi peradangan. Pegagan, terutama pada kandungan asam asiatiknya, dianggap bisa meningkatkan produksi kolagen, yaitu salah satu zat yang memiliki peran penting dalam proses penyembuhan luka. Melihat cara kerjanya, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan pegagan untuk mengatasi permasalahan kulit. Berikut ini hasil penelitian yang menyatakan bahwa pegagan mungkin bisa mengatasi permasalahan kulit. Stretch marks. Menurut sebuah uji klinis, krim yang mengandung pegagan, vitamin E, dan kolagen mungkin bisa mengurangi stretch marks yang biasa timbul pada wanita yang sedang hamil. Guratan yang kerap timbul pada bagian perut ini mungkin dapat berkurang jika dioles [...]

4 Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

4 Hal Tak Terduga yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh wanita. Paparan sinar radiasi yang terlalu lama, merokok dan minum alkohol disebut-sebut penyebab timbulnya kanker payudara. Namun, ada beberapa kebiasaan yang sebenarnya dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Ini dia empat hal itu.1. Salah Pilih VitaminKarolinska Institute, Stockholm, Swedia menemukan bahwa salah pilih vitamin dapat memperbesar risiko terkena penyakit kanker payudara. Penelitian terhadap 35 ribu wanita 39-83 dalam waktu 10 tahun menunjukkan, para wanita yang terbiasa mengkonsumsi multivitamin setiap hari justru memiliki risiko 20 persen lebih besar terkena kanker payudara ketimbang wanita yang tidak mengkonsumsi multivitamin. Dalam penelitian lebih lanjut dijelaskan, beberapa bahan yang terkandung dalam multivitamin seperti folid acid adalah yang menyebabkan sel tumor menjadi hidup dan tumbuh. 2. Duduk Terlalu LamaSebuah penelitian berskala besar yang dipaparkan dalam konferensi tahunan, American Institute for Cancer Research, telah mengungkapkan adanya hubungan kuat antara aktivitas seseorang dengan pertumbuhan sel yang tak teratur. Para peneliti mengatakan, terdapat 92 r [...]

Anak Hiperaktif, Baik atau Buruk?

Anak Hiperaktif, Baik atau Buruk?

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) merupakan kelainan perilaku yang paling sering muncul pada masa anak-anak meski tidak menutup kemungkinan ADHD muncul pada orang dewasa. Biasanya gejala dari ADHD muncul pada usia 7 tahun. ADHD membuat anak sulit fokus pada satu hal, hiperaktif, dan sulit dikontrol. Ada beberapa subtype dari ADHD, antara lain: Hyperactive-impulsive, dimana anak cenderung hiperaktif dan tidak dapat diatur Inattentive, dimana anak cenderung pendiam dan tidak memperhatikan hal-hal disekitarnya Kombinasi antara hyperactive-impulsive dan inattentive Bagaimana mengidentifikasi anak ADHD? . Gejala ADHD Anak dengan ADHD sulit dikenali secara fisik (misalnya, dengan pemeriksaan darah, tes urin, dan lain-lain). Perlu pengamatan khusus dari tenaga ahli seperti psikiater, psikolog, maupun dokter anak. Namun, orang tua maupun orang disekitar dapat mengenali gejala-gejala yang timbul sebelum dikonsultasikan kepada dokter. Gejala-gejala tersebut dapat berupa: � Sulit fokus terhadap satu hal � Sulit diajak berkomunikasi � Mudah terdistraksi � Selalu bergerak (hiperaktif) & [...]

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

10 Cara Cepat Langsing Kembali Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan hampir sebagian besar wanita berharap dapat kembali ke bentuk tubuh semula dan menurunkan berat badan. Hampir sebagian besar wanita pasca melahirkan kehilangan setengah berat badan saat hamil dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Sisanya akan perlahan-lahan turun dalam bulan-bulan berikutnya. Diet sehat yang disertai olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelah melahirkan. Bila Anda langsung menurunkan berat badan proses penyembuhan akan berlangsung lebih lama. Setidaknya beri jangka waktu 6 minggu sebelum program penurunan berat badan, bagi Anda yang menyusui disarankan menunggu hingga bayi Anda berusia setidaknya 2 bulan. Terlalu cepat menurunkan berat badan dapat mempengaruhi produksi air susu ibu. Menyusui dapat membantu membakar kalori dalam tubuh sehingga Anda akan takjub melihat penurunan berat badan Anda saat menyusui. Penurunan berat badan yang ideal setelah melahirkan adalah 1.5 pons atau sekitar 680 gr per minggu. Penurunan dengan jumlah tersebut tidak akan mempengaruhi produksi ASI. Anda dapat mengikutinya dengan cara mengurangi 500 kalori asupan Anda per hari. Tentunya Anda disarankan b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *