15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Gelang Cinta yang Membuat Wanita Ini Kehilangan Segalanya

Gelang Cinta yang Membuat Wanita Ini Kehilangan Segalanya

Seorang wanita Inggris 40 tahun menyalahkan gelang beracun yang dipakainya karena telah merusak hidupnya. Setelah dua tahun memakainya, wanita yang bernama Jo Wollacott yang berasal dari Bridport, Dorset, menderita halusinasi, pusing dan mual-mual yang mengakibatkan dirinya kehilangan kekasih, pekerjaan, rumah hingga disebut sakit jiwa.Jo awalnya merasa dirinya terkena karma buruk karena selalu tertimpa sial, sampai akhirnya ia menyadari bahwa gelang yang dipakainya mengandung racun. Ibu dari dua anak tersebut masih bersyukur karena ia masih hidup, mengingat gelang tersebut mengandung kimia Abrin, zat kimia yang digunakan para teroris untuk membunuh orang hanya dengan menelannya sebanyak 3 mg.Gelang 'cinta' warna merah-hitam ini dibelinya di situs eBay pada bulan April 2010 seharga 1 Pounds (sekitar Rp 14 ribu). Jo yang bekerja sebagai pembuat seni mosaik ini mulai mengalami gangguan kesehatan seminggu setelah pemakaian. Mulutnya membengkak, kulit tangannya gatal-gatal dan selama musim panas, ia sakit diare dan muntah-muntah.Menganggapnya sebagai penyakit biasa, ia tidak berobat dan mendiamkannya. Sejak saat itu kehidupannya mulai berantakan. Gelang energi dengan nama Jequirity [...]

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk atau Diluruskan

Penyebab Lutut Sakit Saat Ditekuk atau Diluruskan

Sakit lutut saat ditekuk atau diluruskan merupakan keluhan yang banyak dialami orang, baik mereka yang sudah berusia lanjut atau masih dalam usia produktif. Daerah lutut terdiri atas tulang, tulang rawan, otot, ligamen, tendon, meniskus, dan bursa. Kelainan atau gangguan pada salah satu struktur tersebut dapat menimbulkan nyeri. Selain nyeri, evaluasi penyebab nyeri lutut juga didasari pada: Karakteristik nyeri (apakah tiba-tiba, menetap, nyeri tajam atau ngilu, apakah nyeri bertambah) Lokasi nyeri (pada satu atau kedua lutut, di belakang lutut atau di sekitar tempurung, atau di daerah persendian) Pencetus nyeri (cedera, aktivitas sehari-hari, atau penggunaan berlebihan) Gejala penyerta (seperti memar, perubahan warna kulit, bunyi, bengkak, kaku, kelemahan sendi, penurunan rentang gerak, dan sebagainya) Gejala yang memberat (contohnya akibat duduk atau berdiri lama, beristirahat, atau akibat pergerakan) Ketika lutut mengalami kesulitan menekuk atau bergerak lurus, beberapa penyebab berikut perlu dipikirkan: Bursitis Di antara tendon dan kulit terdapat kantong berisi cairan yang disebut bursa, yang menjadi bantalan pencegah gesekan antara kulit, tendon, dan tulang. Fungsi lain [...]

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Anak-anak Sering Terkena Jenis Penyakit Kulit Ini

Penyakit kulit bisa diderita oleh siapa saja, tidak peduli mereka dewasa atau anak-anak. Ruam dan gatal-gatal yang biasa diderita anak-anak biasanya terkait oleh respons akibat faktor lingkungan dan makanan. Selain itu, anak-anak yang terutama masih bayi atau balita lebih cenderung memiliki penyakit kulit karena kebiasaan sehari-hari mereka memakai popok. Beberapa masalah kulit lainnya berisiko diderita oleh anak-anak karena mereka bersentuhan dengan anak lain yang sudah memiliki gangguan kulit oleh karena kuman tertentu. Tentu saja, ada juga penyakit kulit yang bersifat keturunan dan jenis ini biasanya permanen. Penyakit Kulit yang Umum Diderita Anak-anak Meski kemungkinan jenis penyakit kulit yang diderita anak bisa sama dengan yang diderita orang dewasa, ada sebagian jenis yang kebanyakan mengenai anak-anak. Beberapa penyakit di bawah ini adalah contohnya. Eksim Eksim yang bernama medis dermatitis atopik ini merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan kulit merah dan gatal. Meski sering terjadi pada anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa terbebas dari penyakit ini. Eksim adalah jenis penyakit kulit jangka lama (kronik) dan cenderung kambuh secara tiba-tiba, namun kemud [...]

Solusi Masalah Gatal Pada Kulit Selama Kehamilan

Solusi Masalah Gatal Pada Kulit Selama Kehamilan

Masa hamil merupakan salah satu masa dimana terjadinya perubahan hormonal pada tubuh sehingga memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan pada kulit. Hal umum yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah stretch mark, selulit, linea nigra hingga gatal-gatal. Selain perubahan kulit yang terlihat nyata, rasa gatal inilah yang sering menjadi keluhan lebih lanjut. Rasa gatal pada kulit sekitar paha, pantat, perut, pusar dan payudara, bisa muncul kapan saja mulai dari trimester pertama hingga trimester akhir kehamilan. Sehingga dapat dikatakan bahwa keluhan ini dialami sepanjang masa kehamilan yang seringkali membawa perubahan mood ibu. Keluhan ini muncul dikarenakan berbagai macam sebab, antara lain akibat meregangnya kulit untuk menyesuaikan perkembangan janin sehingga kulit menjadi lebih kering, hal lainnya yang menjadi penyebab adalah iritasi pada lipatan tubuh yang mengalami pergesekan seiring dengan bertambahnya berat badan ibu, juga dikarenakan perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron yang membuat terjadi penumpukan bilirubin pada kulit sehingga mengakibatkan rasa gatal. Untuk itu perlunya penanganan yang benar dalam menanggulangi masalah gatal ini dari awal sebelum berkembang [...]

Jangan Takut dengan Paranoid Karena Bisa Disembuhkan

Jangan Takut dengan Paranoid Karena Bisa Disembuhkan

Psikoterapi adalah langkah pertama dan utama dalam mengobati gangguan paranoid atau gangguan delusional. Pengobatan ini berupa perawatan psikososial untuk mengatasi masalah perilaku dan psikologis. Dua masalah itulah yang mungkin terpicu karena gangguan paranoid. Selain psikoterapi, gangguan paranoid dapat disembuhkan dengan cara lain, yang terkait dengan obat-obatan. Kondisi orang dengan gangguan paranoid atau gangguan delusional, berbeda-beda. Ada yang terlalu sibuk dengan delusi mereka sendiri, ada juga yang tetap dapat bersosialisasi. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah, gangguan ini merupakan gangguan kesehatan mental yang serius. Gejala Gangguan Paranoid Penderita gangguan paranoid atau delusional senantiasa merasa ada seseorang yang akan menipu, membohongi, mengikuti dari belakang, atau berencana mencelakai dirinya. Sebagai gejala lainnya, seseorang dengan gangguan paranoid cenderung mudah marah, sedih, atau tersinggung. Pasien juga kemungkinan mengalami halusinasi, seperti mendengar suara atau mencium sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Untuk menyembuhkan gangguan [...]

4 Aktivitas Pemicu Radang Sendi

4 Aktivitas Pemicu Radang Sendi

Ketika sedang sibuk melakukan suatu aktivitas, sering kali kita tidak menyadari dampaknya bagi kesehatan, hingga tubuh memberikan alarm yang menandakan adanya suatu masalah. Jika dibiarkan terus-menerus, peringatan tersebut dapat berkembang menjadi penyakit. Penyakit yang sering dipicu oleh aktivitas fisik adalah penyakit yang melibatkan anggota gerak, salah satunya arthritis. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui: 1. Olahraga yang berlebihan. Olahraga amat bermanfaat untuk tubuh, namun jika dilakukan secara berlebihan dari segi intensitas dan waktu, justru dapat memicu timbulnya penyakit. Ketika sedang berolahraga, selalu dengarkan tubuh Anda, terutama daerah persendian. Bila terdapat nyeri yang bertahan hingga beberapa jam, maka menandakan ada yang salah dengan latihan Anda. Jika Anda memiliki regiment latihan, lakukan secara bertahap sesuai petunjuk, dan jangan terburu-buru menginginkan hasil karena tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi. 2. Olahraga high impact. Terutama bila dilakukan oleh individu berusia paruh baya, kegiatan olahraga yang melibatkan lari atau lompat, dapat memicu kerusakan lutut yang dapat berkembang menjadi osteoarthritis (OA). Oleh karena itu, ind [...]

5 Cara yang Efektif Menghilangkan Bau Kaki

5 Cara yang Efektif Menghilangkan Bau Kaki

Aroma tidak sedap yang timbul dari kaki tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Sebenarnya, dari mana bau kaki berasal? Menurut podiatrist (ahli penyakit kaki) Josep Stern, orang rata-rata memiliki masing-masing 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya.Seperti keringat lain pada tubuh, keringat di kaki sebenarnya tidak berbau. Tapi akibat keringat yang berlebihan, kelenjar keringat bisa berreaksi terhadap bakteri (yang biasanya menempel pada sel-sel kulit mati), lalu dilepaskan ke udara dan membuat kaki berbau. Jika Anda termasuk penderita masalah bau kaki, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan, atau paling tidak menguranginya, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kenakan kaus kaki terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Sebelum memakai kaus kaki, taburkan dulu telapak kaki dengan talc untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dan menjaga kaki tetap kering. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada sela-sela jari kaki.2. Semprotkan bagian dalam sepatu dengan deodorizer untuk meminimalisir bau. Jika sepatu Anda boleh dicuci, bersihkan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri. Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan mas [...]

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Miliki Asuransi Kesehatan dari Sekarang

Memiliki asuransi kesehatan sejak muda dapat menghemat banyak pengeluaran untuk pengobatan saat terserang penyakit. Hanya 30 persen penduduk Indonesia yang memiliki asuransi. Sebagian besar masih membayar biaya kesehatannya sendiri dari tabungan. Padahal inflasi biaya kesehatan mencapai 10-15 persen per tahun akibat meningkatnya harga obat, peralatan, dan honor dokter. Memiliki asuransi kesehatan sejak masih muda sebenarnya mendatangkan banyak keuntungan. Umumnya tidak memerlukan pemeriksaan kesehatan karena dianggap lebih sedikit berisiko sakit. Jumlah premi yang perlu dibayarkan relatif lebih kecil dibandingkan dengan yang baru mulai berasuransi di usia lanjut. Anda yang belum memiliki asuransi kesehatan dapat memeriksa pilihan produk dan mencari-cari informasi dari sekarang. Fasilitas Asuransi Kesehatan dari Kantor Anda yang bekerja tetap, sebaiknya periksa dahulu fasilitas kesehatan yang disediakan oleh kantor. Umumnya perusahaan memberikan asuransi kesehatan untuk rawat inap bagi pekerjanya. Teliti dahulu apakah asuransi kesehatan yang diberikan dari kantor tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda: Adakah penyakit tertentu yang tidak dijamin? Beberapa asuransi tidak menjamin [...]

Cara Berjabat Tangan Bisa Memprediksi Masa Depan Seseorang

Cara Berjabat Tangan Bisa Memprediksi Masa Depan Seseorang

Bagaimana cara Anda berjabat tangan? Kekuatan tangan Anda saat menggenggam tangan orang lain bisa 'memprediksi' masa depan seseorang. Seberapa cepat dia menua, tingkat edukasi bahkan kesehatan di kehidupannya nanti.Para peneliti dari International Institute for Applied Systems Analysis telah me-review lebih dari 50 studi dari seluruh dunia untuk artikel mereka yang akan dimuat dalam jurnal PLOS ONE. Dari analisa hasil studi tersebut, mereka menemukan bahwa orang dengan tingkat edukasi tinggi di usia 69 tahun, punya genggaman yang sama kuatnya saat berjabat tangan dengan orang berusia 65 tahun yang tingkat pendidikannya rendah. Itu berarti semakin kuat genggaman tangan maka semakin tinggi juga tingkat edukasi mereka."Menurut kekuatan genggaman saat berjabat tangan, orang dengan edukasi tinggi merasa lebih muda beberapa tahun dibandingkan orang yang tingkat pendidikannya lebih rendah," ujar penulis penelitian Sergei Scherbov, seperti dikutip dari abc Australia.Studi lain yang telah di-review oleh tim peneliti, dilakukan terhadap lebih dari satu juta responden pria asal Swedia. Kekuatan jabatan tangan mereka diperiksa sebagai bagian dari tes masuk akademi militer. Dari data diketah [...]

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Bahaya Jatuh Cinta Bagi Penderita Jantung Serius

Ketika seseorang yang sedang jatuh cinta melihat pujaan hatinya, jantung akan berdegup kencang karena hormon adrenalinnya. Orang yang jatuh cinta memiliki detak jantung yang hampir sama dengan orang yang berlari. Oleh karena itu, orang dengan masalah jantung serius jadi sangat berbahaya ketika jatuh cinta, seperti yang dikutip dari detikhealth.Sebenarnya apa yang jantung dan otak lakukan saat orang jatuh cinta?Timothy Loving, asisten profesor ekologi manusia di University of Texas, Austin menjelaskan bahwa proses ketertarikan berkaitan erat dengan gejolak fisiologis. Secara umum, hal tersebut diawali dengan peningkatan denyut jantung, keringat, dan lainnya."Ketika seseorang melihat kekasihnya dan hatinya mulai berdegup, itu disebabkan oleh adrenalin," kata Dr Reginald Ho, elektrofisiologis jantung dan profesor kedokteran dari RS Thomas Jefferson University di Philadelphia, Pennsylvania.Otak mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang kemudian mengeluarkan hormon seperti adrenalin, epinefrin dan norepinefrin. Kemudian hormon-hormon tersebut mengalir melalui darah dan menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat. Jadi jangan heran jika orang yang jatuh cinta memiliki de [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *