15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Diciptakan, Permen Mengandung Bakteri yang Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Diciptakan, Permen Mengandung Bakteri yang Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Makan permen terlalu sering sebaiknya dihindari untuk mencegah kerusakan gigi. Kandungan gula yang tinggi di dalam penganan manis ini bisa menyebabkan gigi berlubang, apabila gigi tidak disikat setelah memakannya. Tapi ada satu permen yang justru bisa menjaga kesehatan gigi.Permen ini bisa membunuh bakteri dan kuman jahat di dalam mulut. Permen diciptakan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang menempel di permukaan gigi. Bakteri tersebut memicu penipisan pada email gigi sehingga gigi keropos dan berlubang.Bagaimana cara permen bekerja? Seperti dikutip dari Daily Mail, permen bebas gula ini mengandung bakteri baik probiotik (lactobacillus paracasei) untuk melawan bakteri jahat (streptococcus mutans). Ketika permen dihisap, bakteri baik ini akan lepas dan masuk ke dalam air liur. Kemudian bakteri baik akan 'mengunci' bakteri jahat dengan membentuk gumpalan yang mengurangi kemampuan bakteri jahat untuk menempel di permukaan gigi. Akhirnya bakteri jahat tertelan bersama air liur dan keluar dari tubuh lewat air seni atau keringat.Bakteri baik yan terdapat dalam permen ini sama dengan bakteri yang banyak ditemukan pada yoghurt dan minuman probiotik. Lactobacillus merupakan kelomp [...]

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.Belum diketahui secara pasti kenapa para peng [...]

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

5 Gejala Kanker yang Sering Kita Abaikan

Kanker merupakan penyakit yang cukup menyeramkan untuk kita dengar. Terkadang orang-orang yang menderita kanker baru menunjukkan gejala signifikan setelah kanker itu menyebar. Nah menurut sebuah studi Kanker di Inggiris menunjukkan bahwa ada sebanyak 5 gejala yang dapat menjadi pertanda awal kanker. 1. Batuk yang lama dan suara serak Batuk yang sering muncul dan hilang merupakan gejala yang sering kita temui dan berkaitan dengan alergi. Namun batuk yang lama tidak sembuh-sembuh dan diserati darah harus diwaspadai. Batuk yang lama dan disertai darah bisa saja merupakan tanda adanya kanker paru-paru, dan bisa dilakukan pemeriksaan xray untuk memastikan. Gejala kanker lainnya yang sering kita abaikan di halaman berikut. Gejala Kanker Lainnya yang Sering Disepelekan 2, Nyeri yang lama dan tidak dapat dijelaskan Kebanyakan nyeri bukan disebabkan oleh kanker, namun nyeri yang berlangsung lama harus segera dilakukan pemeriksaaan. Misalnya, Anda memiliki gejala nyeri kepala yang lama sekali, coba lakukan pemeriksaan, mungkin bukan sebuah kanker otak, namun ada baiknya segera dilakukan pemeriksaan. Nyeri yang lama pada daerah dada bisa juga merupakan tanda dari kank [...]

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menaruh ponsel di pinggang? Jika ya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan menaruh ponsel di pinggang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang Anda.Dikutip dari Times of India, orang yang sering menaruh ponselnya di ikat pinggang sebelah kanan dapat mengurangi kandungan mineral tulang atau Bone Mineral Content (BMC). Sedangkan di sebelah kiri, bisa mempengaruhi kepadatan tulang atau Bone Mineral Density (BMD). BMC dan BMD adalah suatu pemeriksaan kuantitatif untuk mengukur kandungan mineral tulang. Pemeriksaan ini membantu untuk mengetahui apakah seseorang mengalami osteoporosis atau tidak.Dr. Sravi dari National University di Cuyo, Mendoza, melakukan tes dual-energy x-ray absorptiometry untuk mengukur BMC dan BMD pada pinggul kanan dan kiri responden yang sehat. Tes dilakukan pada 24 responden yang tidak menggunakan ponsel dan 24 yang menaruh ponsel pada ikat pinggang sebelah kanan selama satu tahun.Rata-rata kadar BMC dan BMD pada pinggul tidak terlalu berbeda di antara kedua kelompok responden tersebut. Namun, kelompok yang tidak menggunakan ponsel memiliki kadar mineral lebih tinggi pada tulang [...]

5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

5 Bahan Alami Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat adalah masalah semua orang. Dalam mencegah dan mengatasi jerawat, perawatan kulit memegang peranan penting. Beberapa bahan herbal Indonesia cukup banyak yang dapat bermanfaat untuk merawat kulit untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Bahan-bahan herbal ini telah diteliti dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti peradangan, mengurangi aktivitas kelenjar minyak dan mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat, antara lain: Kunyit. Bahan aktif dalam kunyit yaitu curcumin ternyata menunjukkan aktivitas anti peradangan, anti oksidan dan mempercepat penyembuhan luka karena jerawat yang pecah. Manggis. Kulit buah manggis mengandung banyak bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan, anti bakteri dan anti oksidan. Bahan alami lainnya yang dapat membantu masalah jerawat: Bahan Alami Lainnya yang Dapat Membantu Masalah Jerawat 3. Pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghilangkan sel kulit mati. Perawatan masker daging buah pepaya dapat mengurangi jerawat, dan memperbaiki kulit kasar. 4. Temulawak. Bahan aktif dalam temulawak memiliki efek anti peradangan dan anti bakteri. 5. Tea Tree. Minyak daun tea tree memiliki efe [...]

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

5 Alasan Mengapa Harus Rutin Memakan Buah & Sayur

Makan buah-buahan dan sayuran adalah salah satu rekomendasi untuk diet sehat, tapi masih banyak orang yang tidak suka makan buah atau sayur. Mengapa makan buah dan sayur itu penting bagi tubuh?The National Cancer Institute merekomendasikan setiap orang setidaknya makan lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Ada banyak alasan mengapa buah dan sayur sangat penting bagi tubuh. Seperti dilansir dari HSPH dan FamilyEducation, berikut beberapa alasan mengapa buah dan sayur penting.1. Buah dan Sayur Melindungi KesehatanBuah-buahan dan sayuran dikemas dengan vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh. Makan buah dan sayur setiap hari dapat memberi keuntungan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe II, terkena risiko kanker, melancarkan sistem pencernaan, bantu dapatkan fungsi penglihatan dan memori, meningkatkan sitem kekebalan tubuh serta, mendapatkan tulang dan gigi yang kuat.2. Buah dan Sayur Melawan Berbagai Jenis PenyakitBuah dan sayur mengandung fitokimia yaitu senyawa kimia seperti beta-karoten yang terjadi secara alami pada tanaman, dan sangat penting untuk melawan berbagai jenis penyakit. Fitokimia biasanya terkait dengan war [...]

Pertolongan Stroke dengan Mengeluarkan Darah di Ujung Jari adalah Hoax

Pertolongan Stroke dengan Mengeluarkan Darah di Ujung Jari adalah Hoax

Stroke adalah gangguan pada pembuluh darah otak. Gangguan yang terjadi dapat berupa sumbatan atau berupa pecahnya pembuluh darah. Stroke perlu ditangani dengan segera, karena waktu awal terjadinya stroke merupakan waktu yang menentukan terapi selanjutnya. Apakah benar apabila seorang terserang stroke, maka kita harus mengeluarkan darah dari ujung jari? Apa gejala awal stroke? Otak merupakan motor penggerak tubuh manusia. Apabila terjadi gangguan pada otak, maka dapat terjadi pada berbagai sistem organ lainnya. Gejala awal stroke adalah adanya kelemahan pada tubuh, umumnya pada salah satu sisi saja. Pasien stroke akan mengeluh bicara menjadi pelo, atau mata tidak bisa membuka. Apabila seorang mengalami stroke perdarahan, maka akan terjadi peningkatan tekanan di dalam otak. Peningkatan tekanan ini akan menyebabkan keluhan sakit kepala tiba-tiba yang hebat. Penderita stroke juga dapat mengeluh mual dan muntah. Perlukah mengeluarkan darah dari ujung jari? Halaman berikut jawabannya: Perlukah mengeluarkan darah dari ujung jari? Penanganan awal stroke bukan dengan mengeluarkan darah dari ujung jari. Mengeluarkan darah dari semua ujung jari tidak memiliki manfaat dal [...]

Berapa Jam Tidur yang Sehat?

Berapa Jam Tidur yang Sehat?

Oleh: dr. Titania Nur Shelly Tidur yang sehat, berapa jam sehari? Tidur merupakan aktivitas alamiah setiap individu. Hampir sepertiga hidup kita, kita habiskan untuk tidur. Dahulu, tidur dianggap sebagai waktu tubuh untuk beristirahat setelah lelah bekerja, sekolah, dan aktivitas lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan membuktikan bahwa tidur tidak lagi hanyalah sesuatu untuk mengisi waktu saat seseorang dalam kondisi tidak aktif. Bahkan, tidur sendiri melibatkan banyak sekali aktivitas dan ternyata memiliki banyak pengaruh pada kesehatan. Berbagai penelitian dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh tidur pada tubuh menemukan bahwa tidur berhubungan antara lain dengan peningkatan dan penurunan berat badan, hingga risiko kematian di masa yang akan datang. Sebuah penelitian dilakukan oleh Universitas Wincosin, Amerika Serikat menemukan bahwa lamanya (durasi) tidur seseorang dapat berpengaruh pada Indeks Massa Tubuh (IMT). Penelitian dilakukan pada 1.024 sukarelawan berusia 30-60 tahun. Pada penelitian ini, kebiasaan tidur yang kurang dari 7,7 jam berkaitan dengan peningkatan BMI, baik pada anak, remaja, maupun orang dewasa. Mengapa hal ini dapat terjadi? Ternya [...]

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur

6 Kesalahan Pemicu Insomnia yang Sering Dilakukan Sebelum Tidur

Setiap orang butuh tidur yang berkualitas di malam hari, karena tubuh perlu waktu beristirahat agar kesehatannya selalu terjaga dan metabolisme stabil. Namun tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur bahkan insomnia. Kurang tidur bisa membuat tubuh lesu, lemas, memicu obesitas bahkan bisa membuat berbagai penyakit mudah menyerang. Kenapa seseorang bisa sulit tidur padahal aktivitas di siang harinya cukup padat? Ini beberapa kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan sebelum tidur.1. Makan Malam Terlalu BanyakMenyantap makanan yang berlebihan di malam hari akan membuat Anda sulit terlelap, terutama jika menunya banyak mengandung protein. Protein lebih sulit dicerna oleh tubuh ketimbang nutrisi lainnya sehingga membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras semalaman. Perlu diketahui, tubuh manusia tidak diciptakan untuk mencerna makanan saat tidur dan itulah yang menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak. Hindari makanan yang tinggi protein di malam hari, atau Anda bisa menyantapnya minimal tiga jam sebelum jam tidur. Hal ini juga berlaku untuk karbohidrat, usahakan tidak mengonsumsi banyak karbohidrat atau makanan tinggi gula karena bisa membuat otak lebih aktif.2. Minum A [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *