15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Mengapa Kebersihan Gigi dan Mulut Penting Bagi Ibu Hamil?

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi Begitu mendapati kabar gembira bahwa dirinya sedang hamil pada umumnya para wanita langsung terfokus pada kehamilannya, terutama dalam hal menjaga kesehatan kandungan dan mempersiapkan segala sesuatu bagi kedatangan sang buah hati. Satu hal yang kerap terabaikan adalah kesehatan gigi dan mulut. Padahal perawatan gigi dan mulut sangat penting, terutama pada masa kehamilan. Perubahan Hormonal Wanita yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang drastis. Jumlah hormon progesteron meningkat dan hal ini membawa dampak yang besar bagi rongga mulut. Jaringan lunak mulut menjadi lebih rentan terhadap peradangan, terutama gusi, yang ditandai dengan gusi bengkak, berwarna merah terang, dan mudah berdarah. Penyebab utama dari radang gusi (gingivitis) adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Oleh karena itu, wanita hamil yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulutnya akan semakin beresiko untuk mengalami gingivitis, meski tingkat keparahannya pada masing-masing orang berbeda-beda. Perubahan Pola Makan Selama kehamilan, para ibu umumnya cepat merasa lapar dan cenderung makan dan minum lebih banyak sepanjang hari. Ada juga para ibu yang memiliki kesukaan [...]

Minum Es Saat Haid Bisa Sebabkan Kista, Itu Salah!

Minum Es Saat Haid Bisa Sebabkan Kista, Itu Salah!

Banyak wanita yang masih menganggap bahwa minum es saat menstruasi bisa menyebabkan haid terhambat. Haid yang terhambat karena minum es tersebut diduga bisa menyebabkan kista dalam waktu lima tahun ke depan. Benarkah seperti itu?Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menuturkan minum es ketika haid bisa menghambat darah kotor yang keluar itu salah. "Minum es nggak benar, nggak ngaruh ah, itu nggak ngaruh, nggak ada kaitannya, es itu nggak bagus buat daya tahan tubuh saja, kena kerongkongan, masuk angin, sakit," jelas dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Hal itu juga diperkuat oleh dokter kandungan, Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt. "Sebenarnya nggak benar. Mitos itu nggak ada hubungannya secara langsung," tutur Prima yang menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, saat diwawancara wolipop, Rabu (1/5/2013).Begitu pula dengan kabar yang mengatakan bahwa banyak minum soda akan memperlancar menstruasi. Dokter Frits mengatakan, minum soda sebenarnya hanya untuk menyegarkan tubuh tidak mempengaruhi masa menstruasi wanita. Oleh karena itu ia menyarankan agar minum soda secukupnya saja tidak perlu berlebihan."Mekanisme soda itu mempengaruhi fungsi d [...]

Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

Hati-hati, Awalnya Stroke Ringan, Selanjutnya Stroke

Stroke ringan memiliki durasi serangan yang singkat dan dapat menghilang dalam beberapa menit. Namun meski gejalanya telah pergi, penyakit ini tetap menyimpan bahaya mematikan jika diabaikan, termasuk kematian. Stroke ringan sendiri dalam bahasa medis dinamakan serangan iskemik transien atau transient ischaemic attack (TIA). Penyebab penyakit ini sama dengan stroke, yaitu terhalangnya aliran darah ke otak. Sehingga wajar jika gejala yang muncul mirip dan organ tubuh yang terlibat pun sama. Gejala TIA atau stroke ringan sendiri biasanya mudah dilihat melalui wajah, lengan, dan kemampuan bicara. Stroke ringan dapat menyebabkan kelemahan otot wajah sehingga wajah turun ke salah satu sisi, tidak bisa senyum, mata, atau mulut turun ke bawah. Penderita stroke ringan kemungkinan takkan mampu mengangkat kedua lengan. Hal ini terjadi karena lengan mereka lemas atau mati rasa pada salah satu sisi. Pada orang yang mengalami stroke ringan, kemampuan bicara mereka juga bisa terganggu. Mereka akan cadel, tidak beraturan, atau bahkan tidak mampu bicara sama sekali. Jika salah satu gejala yang telah disebutkan, maka segeralah menghubungi dokter. Perbedaan mendasar antara stroke ringan dengan st [...]

Dengan Olahraga Ini, Nyeri Tumit Plantar Fasciitis Bisa Diredakan

Dengan Olahraga Ini, Nyeri Tumit Plantar Fasciitis Bisa Diredakan

Plantar fasciitis adalah salah satu penyebab umum nyeri tumit. Untungnya, plantar fasciitis bisa diredakan dengan melakukan beberapa olahraga selama beberapa menit untuk membuatnya lebih lentur. Plantar fasciitis adalah peradangan pada jaringan fibrosa tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut plantar fascia dan berguna untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Jika terlalu meregang atau terlalu sering digunakan, permukaan plantar fascia bisa sobek hingga menyebabkan peradangan, nyeri, dan sulit berjalan. Plantar fasciitis bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti mengenakan sepatu berhak tinggi, telapak kaki datar tidak memiliki lengkungan, otot betis tegang, sedang hamil, obesitas, atau berdiri lama. Sakit tumit di pagi hari atau setelah istirahat lama biasanya menjadi ciri penyakit ini. Olahraga untuk plantar fasciitis Rasa sakit akibat plantar fasciitis bisa diredakan dengan melakukan olahraga yang dirancang untuk meregangkan otot betis dan plantar fascia seperti di bawah ini: Bantuan handuk Sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, lingkarkan handuk di sekitar kaki. Gunakan hand [...]

Makanan yang Membantu Pria Tahan Lama di Ranjang

Makanan yang Membantu Pria Tahan Lama di Ranjang

Tidak dapat dipungkiri, pola makan mutlak mempengaruhi status kesehatan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, bahkan pemilihan menu makan juga mempengaruhi kondisi stamina seks seorang pria. Apa saja makanan yang dapat membantu pria tahan lebih lama di ranjang? Berikut ini diantaranya: Blueberry Blueberry mengandung beberapa kandungan yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi tubuh, dimana perbaikan sirkulasi Selain itu blueberry mengandung banyak serat yang dapat mengurangi kadar kolestrol. KOlestrol yang rendah serta peningkatan aliran darah ke penis sehingga dapat memicu ereksi yang lebih lama. Kacang Kacang tinggi akan kandungan asam animo, L-arginine yang sangat penting untuk stamina seksual. L-arginine dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah ke daerah kelamin serta stamina seks yang meningkat. Pisang Pisang dapat meningkatkan stamina seksual dengan cara meningkatkan energy pria saat berhubungan seksual. Pisang juga mengandung enzim yang dinamakan bromelain, yang dapat membantu meningkatkan potensi, stamina seksual, dan libido. Beberapa makanan yang membantu stamina seksual Anda meningkat: [...]

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Polusi Asap Turunkan Kecerdasan Anak

Selain membahayakan saluran pernapasan, ternyata polusi asap juga dapat memberikan pengaruh negatif terhadap kecerdasan otak. Suatu penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar oleh polusi udara di kota sejak dalam kandungan akan memiliki IQ yang lebih rendah daripada anak-anak yang kurang terpapar. Penelitian tersebut dilakukan oleh Dr. Frederica P.Perera, Direktur Columbia Center for Children?s Environmental Health, dkk dan telah diterbitkan oleh Journal of American Academy of Pediatrics pada bulan juli tahun 2009. Menurut hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa IQ anak usia 5 tahun di kota New-York yang telah terpapar oleh polusi udara yang tinggi akan Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) sejak dalam kandungan akan lebih rendah 4 poin daripada anak-anak yang kurang terpapar terhadap PAH. Polycyclic Aromatic Hydrocarbon (PAH) PAH merupakan suatu zat kimia yang terdapat di dalam udara akibat proses pembakaran batu bara, diesel, oli, gas, dan benda-benda lain yang mengandung karbon seperti rokok. Di daerah perkotaan, PAH terutama dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Meskipun penurunan IQ yang terjadi hanya 4 poin, namun hal tersebut sudah cukup mempengaruhi kema [...]

Air Kelapa dan Kurma: Manakah Pilihan Buka Puasa Terbaik?

Air Kelapa dan Kurma: Manakah Pilihan Buka Puasa Terbaik?

Oleh: dr. Sophia B. Hage Tidak sedikit tentunya dari kita yang menyukai air kelapa karena rasanya yang menyegarkan. Karena alasan inilah sebagian orang memilih untuk berbuka puasa dengan air kelapa. Sebenarnya apakah kandungan dari air kelapa? Air Kelapa untuk Berbuka Puasa Air kelapa adalah air yang terdapat dalam buah kelapa yang masih muda. Seiring dengan bertambah matang atau tua sebuah kelapa, air kelapa ini akan digantikan oleh daging kelapa. Air kelapa memiliki kandungan karbohidrat dan elektrolit yang tinggi, seperti kalium atau disebut juga potasium, natrium atau sodium, dan juga magnesium. Karena kandungan elektrolit tersebut, air kelapa sering digunakan sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi dehidrasi. Alasan itu pula yang menjadikan air kelapa pilihan minuman saat berbuka puasa. Akan tetapi, ada beberapa peneliti yang meragukan fungsi air kelapa sebagai minuman untuk dehidrasi. Mereka menyebutkan bahwa sebenarnya tidak terdapat perbedaan bermakna antara mengganti cairan tubuh dengan air kelapa dan dengan air minum yang mengandung elektrolit. Kurma untuk Berbuka Puasa Kurma adalah buah yang populer saat Ramadhan tiba. Buah kurma merupakan buah dari po [...]

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Awas! Belanja Bisa Tularkan Penyakit Berbahaya

Bagi sebagian besar wanita, berbelanja merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi Anda perlu hati-hati, karena di balik kegiatan tersebut tersembunyi penyakit-penyakit yang bisa merugikan kesehatan Anda.Mencoba-coba pakaian sebelum membeli merupakan hal yang wajar. Namun sayangnya, hal itu justru bisa membuat mikroba dan bakteri menyebar sehingga menyebabkan flu hingga infeksi.Dalam penelitian yang dilakukan oleh Philip Tierno, Ph.D., direktur klinik mikrobiologi dan imunologi di New York, ditemukan adanya sekresi pernapasan, flora kulit bahkan flora kotoran pada pakaian. Menurutnya, bakteria dapat hidup pada pakaian yang kering selama tiga sampai enam bulan. Agar acara berbelanja Anda tak berujung penyakit, ketahui apa saja bahaya tersebut dan cara menyiasatinya, seperti yang dikutip dari msn.1. Saat Membeli TopiKemungkinan sudah ada beberapa kepala yang mencoba topi yang Anda coba sebelumnya. Kekhawatiran terbesar saat mencoba topi adalah transmisi kutu. Jika orang yang mencoba topi sebelum Anda berkutu, ada kemungkinan kutu-kutu tersebut pindah ke kepala Anda dan berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilihlah obat pengusir kutu dengan kandungan pediculicide atau cetaphil yan [...]

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Wasir

Bila Anda menderita wasir, berarti Anda harus lebih menjaga pola makan. Salah langkah bisa memperparah penyakit Anda. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar sistem pencernaan tetap bagus, sehingga sakit pada wasir pun bisa dikendalikan. Berikut ini 6 makanan pantangan untuk penderita wasir yang wajib diketahui: 1. Obat pencahar Obat pencahar memang dapat mencegah sembelit, namun juga memiliki efek yang menyakitkan untuk penderita wasir karena memiliki kandungan asam yang tinggi. 2. Alkohol Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit pada wasir, sebaiknya hindari mengonsumsi lebih dari satu atau dua gelas minuman beralkohol. Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir: Berikut menu makanan dan minuman lainnya yang wajib dihindari penderita wasir: 3. Makanan olahan Makanan olahan seperti junk food memiliki kandungan serat yang rendah, sehingga dapat mengakibatkan sembelit. 4. Garam Terlalu banyak garam dapat memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Selain itu, penumpukan garam dalam darah dapat menyebabkan kembu [...]

Kolik Pada Bayi

Kolik Pada Bayi

Kolik pada bayi merupakan keadaan dimana bayi sering menangis selama sekitar 2 jam saat malam tiba atau 15 menit setelah menyusui, dengan wajah memerah, tangan mengepal dan kaki ditarik yang seakan menunjukkan sikap merasa sakit di perut. Hampir 40% bayi akan mengalaminya saat usia 2 minggu hingga 3 bulan. Untuk beberapa kasus bisa terjadi hingga usia 6 bulan. Namun sesungguhnya kolik yang terjadi pada bayi sendiri belum diketahui penyebabnya hingga kini. Umumnya beberapa ahli mengungkapkan bahwa hal tersebut akibat bakteri yang mengganggu pencernaan bayi akibat penyumbatan yang mengakibatkan nyeri di perut (kolik); adapula ahli yang mengatakan hanya dikarenakan terlalu banyak udara yang dihirup bayi dan tidak mampu bersendawa membuat pengumpulan gas (flatus) menjadikan perut bayi kembung; hingga pakar psikologis anak yang mengkonklusikan akibat tidak mampunya bayi mengontrol emosi akibat ketidaknyamanan diluar rahim sang bunda yang memerlukan adaptasi terhadap lingkungan sekitar. Meski demikian, ketiga pendapat tersebut tidak dibantah maupun di claim sebagai faktor penyebab utama terjadinya keadaan rewel pada bayi. Karena kolik pada bayi akan hilang dengan sendirinya dan beberapa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *