15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

Vasektomi pada Pria Bisa Ganggu Performa Seks?

Sebagai salah satu cara kontrasepsi, vasektomi pada pria masih tergolong jarang. Vasektomi kerap disebut memiliki efek samping terhadap kemampuan seks. Mari kita telaah anggapan tersebut. Vasektomi adalah metode kontrasepsi yang dilakukan dengan memotong saluran sperma (vas deferens) yang membawa sperma dari testis ke penis. Dengan metode yang menyerupai sterilisasi ini, sperma tidak lagi keluar bersama air mani saat pria ejakulasi. Di kalangan awam, metode vasektomi memang banyak yang mempertanyakan. Salah satunya mitos bahwa vasektomi dapat memengaruhi gairah seksual pria. Padahal, tidak demikian. Setelah vasektomi, seorang pria tetap akan merasakan sensasi orgasme, ereksi bahkan ejakulasi. Memang, sesaat setelah vasektomi dilakukan, ada kasus yang mengalami rasa nyeri di bagian testis, tetapi hal itu hanya sementara. Beberapa hari setelah prosedur vasektomi, seorang pria dapat segera melakukan hubungan seksual. Vasektomi juga tidak akan memengaruhi produksi hormon testosteron pada pria. Demikian juga air mani yang keluar saat ejakulasi setelah vasektomi, tidak akan banyak berbeda, karena sperma hanya merupakan bagian kecil dari air mani secara keseluruhan. Sebagai metode k [...]

Tips Agar Coklat Tidak Mengganggu Diet

Tips Agar Coklat Tidak Mengganggu Diet

Kerap kali ketika menjalani diet kita lemah terhadap godaan makanan manis seperti coklat, es krim, kue, dan lainnya. Di sini kita tidak akan membicarakan tentang bagaimana kita membodohi diri sendiri dengan menganggap wortel kecil adalah sebatang coklat, tapi lebih kepada hal-hal nyata yang bisa dilakukan. Elizabeth Somer, MA, RD, penulis buku 10 Habits That Mess Up a Woman?s Diet memberikan salah satu nasehatnya, yaitu ?Dump the fat-free desserts.? (Tinggalkan Pencuci Mulut yang Bebas Lemak.? Spmer meneyebutkan bahwasanya sebagian besar makanan pencuci mulut bebas lemak memiliki tingkat kalori yang sama dengan makanan pencuci mulut lainnya yang bukan bebas lemak. Bahkan jika pencuci mulut tersebut memiliki kalori yang rendah, Anda juga tidak diijinkan untuk memakannya dalam porsi yang besar. Berikut ini adalah tips-tips bagi Anda yang sedang berdiet agar tetap dapat menikmati coklat, karamel, dan makanan manis lainnya di hari kasih sayang dengan orang terkasih. Jika coklat yang Anda inginkan, maka coklatlah yang akan Anda makan. Caranya, potong kecil-kecil buah yang Anda suka, contoh yang paling bagus adalah stroberi, pisang, nanas, ataupun melon. Lalu celupkan potongan terse [...]

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

6 Cara Cepat Hentikan Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan mendengkur pasangan seringkali membuat tidur tak nyenyak. Jika Anda tak tahan lagi dengan kebiasaan buruknya, simak enam cara cepat atasi kebiasaan mendengkur pasangangan, seperti yang dikutip dari ehow.1. Taruh humidifier (pelembab ruangan yang mengeluarkan uap air) di kamar dan nyalakan pada saat pasangan ingin tidur. Mendengkur kerap kali disebabkan oleh keringnya tenggorokan dan uap air bisa bantu melembabkan tenggorokan yang kering.2. Sarankan pasangan agar mau mengonsumsi beberapa sendok makan madu setiap harinya. Hal tersebut dapat mencegah kekeringan pada tenggorokan saat tidur.3. Tidur di atas beberapa tumpukan bantal bisa membuat seseorang lebih leluasa untuk bernapas. Ketika kepala tetap tinggi, udara di langit-langit mulut tidak akan tersumbat. Sehingga memungkinkan udara bebas bergerak dan mencegah dengkuran keras. Selain itu, gunakan bantal yang agak keras. Bantal terlalu empuk justru mempersempit saluran pernapasan.4. Hindari mengonsumsi makanan, minuman dan obat tertentu. Minuman beralkohol dan obat tidur dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan. Produk susu menyebabkan lendir, yang dapat mengganggu pernapasan.5. Hindari makan terlalu banyak karena dapa [...]

Indomie Aman Dikonsumsi

Indomie Aman Dikonsumsi

Isu razia dan penarikan produk mie instan Indomie di Taiwan sempat membuat kekhawatiran akan keamanan pada produk tidak hanya di Taiwan itu sendiri, tapi juga di masyarakat Indonesia. Walau sudah diperkuat pernyataan Food and Drug Administration (FDA/BPOM-USA) mengenai Methyl P-Hydroxybenzoate dan BPOM RI sebagai zat pengawet yang aman, Taiwan tetap memutuskan untuk melarang peredaran dagang Indomie di Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan belum menggunakan ratifikasi standar International Codex Alumentarius Commission (ICAC) yang merupakan persyaratan mengenai keamanan mutu gizi dan produk makanan olahan sebagaimana sebagian besar negara-negara besar lainnya di dunia sudah menggunakannya. Walau demikian, dalam pengaplikasiannya ICAC di beberapa negara memiliki standar ambang batas konsumsi sendiri-sendiri, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Sebagaimana Amerika Serikat dan Kanada menggunakan batas ambang aman konsumsi Methyl P-Hydroxybenzoate 1000mg/kg untuk makanan, dan 250mg/kg untuk kecap. Namun di Jepang membatasi 250mg/kg untuk semua jenis bahan makanan. Sementara di Indonesia sendiri memiliki kebijakan ketat serupa dengan Jepang. Ditambah lagi BPOM RI selalu mengada [...]

Kenapa Bisa Terjadi Sakit Perut Bagian Bawah?

Kenapa Bisa Terjadi Sakit Perut Bagian Bawah?

Anda pasti pernah merasakan sakit di bagian bawah perut, entah rasa sakit yang ringan, kram, atau terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk jarum. Namun apakah Anda tahu penyebabnya? Dalam ilmu medis, sakit perut bagian bawah kerap dideskripsikan sebagai nyeri panggul. Rasa sakit ini bisa menyerang pria maupun wanita, meski lebih umum ditemui pada wanita. Sakit Perut Bagian Bawah pada Wanita Sakit perut bagian bawah lebih sering terjadi pada wanita karena berhubungan dengan organ reproduksi kaum hawa, seperti vagina, ovarium, rahim, serviks, atau tuba falopi. Berikut ini kemungkinan penyebabnya: Sakit perut akibat menstruasi. Ovulasi. Hamil di luar kandungan atau kehamilan ektopik. Keguguran. Penyakit radang panggul. Kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium. Endometriosis. Abrupsi plasenta atau gangguan lain pada plasenta saat hamil. Fibroid. Gangguan pada serviks seperti infeksi, radang, atau kanker. Kanker rahim. Radang saluran tuba atau salpingitis. Sakit Perut Bagian Bawah pada Pria dan Wanita Rasa sakit pada bagian bawah perut juga tidak melulu berkaitan dengan organ reproduksi. Rasa sakit juga bisa ditimbulkan karena adanya infeksi pada organ non-reproduksi, seperti tulan [...]

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Hati-Hati, Asma Bisa Menyebabkan Kematian

Banyak orang berpikir bahwa asma adalah gangguan pernafasan ringan dimana pasien hanya mengeluh perasaan sesak ringan. Namun perlu Anda ketahui bahwa serangan asma berat dapat mengancam nyawa. Jadi mari kita kenali lebih jauh mengenai serangan asma. Apa itu Asma? Asma adalah gangguan pernafasan yang ditandai dengan serangan sesak nafas. Asma disebabkan karena saluran udara mengecil atau adanya cairan mukus yang banyak. Pernafasan pasien akan lebih sulit karena saluran udara yang lebih kecil. Pernafasan pasien juga akan menimbulkan bunyi sebagai akibat dari benturan aliran udara dengan saluran udara yang kecil. Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Berikut penjelasannya: Bagaimana Asma menyebabkan kematian? Asma menyebabkan kematian dengan menyumbat aliran pernafasan. Walaupun umumnya serangan asma adalah serangan yang ringan, dalam beberapa kasus dapat terjadi serangan asma berat. Serangan asma berat dapat menyebabkan sumbatan saluran nafas yang begitu berat dan menghalangi udara masuk ke alveoli paru-paru, sel yang berperan dalam pertukaran udara. Ketika sumbatan saluran nafas begitu berat, seorang pasien asma akan mengalami serangan sesak nafas yang berat. A [...]

Kesempatan Indonesia Internasionalkan Jamu

Kesempatan Indonesia Internasionalkan Jamu

Dalam kunjungan ke Jenewa mengikuti pertemuan penelitian di WHO minggu ini, saya mendapat informasi dari Perwakilan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa bahwa Indonesia (diwakili PTRI) menjadi Ketua Like Minded Countries (LMC) ?yang membahas Genetic Resources, Traditional Knowledge, Folklore (GRTKF). Pembahasan di tingkat PBB di Jenewa dikabarkan masih cukup ketat dan membutuhkan waktu diskusi panjang. Dalam kaitan dengan kesehatan, database jamu dan tanaman obat kita (yang dimiliki Balitbangkes) mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu bahan diskusi GRTKF di UN Geneve ini, seperti hasil Ristoja, koleksi herbarium nasional yang sudah terdaftar, dan masih banyak lagi. Saya akan koordinasikan hal ini di tanah air, lalu komunikasikan dengan PTRI Jenewa. ?Saat ini kita juga sedang dalam proses memulai penelitian Randomozed Case Control Trial (RCT) tentang 3 saintifikasi Jamu, yaitu untuk jamu untuk osteoarthritis, dispepsia dan hemorhoid. Pelatihan para 94 dokter yang akan menjadi pelaksana (utamanya di Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur) telah selesai pada minggu lalu. Randomisasi untuk penelitian ini akan kami lakukan terpusat, artinya bisa saja 1 dokter mendapat plasebo saja [...]

5 Tips untuk Tetap Sehat & Bugar di Hari Kerja

5 Tips untuk Tetap Sehat & Bugar di Hari Kerja

Makan di meja kantor atau duduk dengan posisi bungkuk merupakan beberapa kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan saat di kantor. Dan tentunya, hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan, seperti tingkat energi yang berkurang serta perubahan postur tubuh.Agar tidak terjadi pada Anda, sekarang adalah saat yang tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk di kantor. Seperti yang dikutip dari danone, berikut lima tips untuk menyiasati kebiasaan buruk tersebut.1.Buat DaftarKedengarannya memang sederhana, namun membuat daftar pekerjaan sangat bermanfaat. Dengan adanya daftar pekerjaan, Anda bisa menghindari stres akibat tugas yang menumpuk. Untuk hasil yang lebih maksimal, usahakan mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu.2. Ganti Kursi AndaTidak sedikit perusahaan yang mengizinkan karyawannya mengganti tempat duduk dengan stability ball, bola yang biasa digunakan untuk berolahraga. Jika perusahaan Anda salah satunya, jangan ragu untuk menggunakannya. Stability ball berguna untuk membantu mendapatkan keseimbangan saat duduk, yang pada akhirnya merangsang Anda untuk duduk dengan postur tegak.3. BerjalanBuat darah Anda mengalir tanpa hambatan dengan berjalan-jalan di kantor selama seteng [...]

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Sebagian besar wanita mengeluhkan rasa sakit pada telapak kaki serta tumitnya saat mengenakan high heels. Fashion item yang satu ini memang menjadi dilema bagi para wanita. Di satu sisi, high heels membuat tampilan wanita lebih menarik, tapi di sisi lain juga menyiksa kaki.Tapi kini rasa sakit saat memakai high heels bisa diatasi berkat penemuan terbaru ini. Seorang dokter bedah plastik menciptakan spray yang bisa membuat kaki 'mati rasa' saat memakai high heels. Spray 'Heel No Pain' keluaran Biochemistry ini diklaim bisa meredakan rasa sakit pada telapak kaki serta tumit hingga tiga jam."Rasa sakitnya bisa hilang dan bertahan dua hingga tiga jam. Waktu yang cukup untuk tampil di pesta atau red carpet," ujar Dr. Randal Haworth, spesialis bedah plastik asal Beverly Hills yang menciptakan spray ini, seperti dikutip dari Mail Online.Dr Randal telah mengembangkan spray ini selama lebih dari dua tahun. Idenya berasal dari para pasien wanita yang meminta dirinya memasukkan bantalan di ujung tumitnya. Ia pun mencoba injeksi filler, namun prosesnya sangat menyakitkan dan hasil bisa berbeda-beda tiap pasien. Belum lagi efek samping yang mungkin terjadi.'Heel No Pain pada dasarnya adalah [...]

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Berjalan kaki terbukti dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Baru?baru ini para peneliti menemukan berapa banyaknya langkah berjalan yang dibutuhkan untuk membuat Anda lebih sehat dalam hal ini adalah kesehatan jantung. Bahkan dengan berjalan pun, para penderita diabetes dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke sebanyak 8%. Kenapa harus 2.000? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Lancet, menemukan bahwa orang dengan gejala awal diabetes, bila menambah langkah berjalan hingga 2,000 langkah dalam sehari atau sama dengan 20 menit jalan dengan kecepatan sedang, dapat membantu mengurangi risiko terkena kelainan pada jantung. Apa buktinya? Penelitian ini melihat 9,306 orang dewasa dari 40 negara yang mengikuti percobaan yang dinamakan NAVIGATOR. Dalam penelitian ini para peneliti melihat hubungan antara jumlah langkah dan risiko terjadinya gangguan penyakit hati pada tahun tersebut termasuk menghitung faktor risiko lain. Orang yang melakukan jalan kaki sedikitnya sebanyak 2000 langkah sehari, ternyata menunjukkan penurunan 10% angka risiko terjadi gangguan jantung di tahun berikutnya. Oleh karena itu, penemuan ini merupakan penemuan yang sangat b [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *