15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Wanita Perlu Tahu! Tanda-tanda Keputihan yang Normal dan Abnormal

Wanita Perlu Tahu! Tanda-tanda Keputihan yang Normal dan Abnormal

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita. Keluarnya cairan pada vagina memiliki fungsi untuk 'membersihkan' sistem reproduksi wanita, khususnya tepat setelah menstruasi.Itulah sebabnya kenapa keluarnya cairan Miss V cenderung lebih banyak di hari-hari pasca haid. Gunanya untuk menyingkirkan sel-sel lama dan cairan yang sudah tidak berfungsi pada uterus dan Miss V. Ini juga merupakan cara alami bagi tubuh untuk menjaga uterus, serviks dan vagina tetap bersih.Namun seringkali keputihan menimbulkan kekhawatiran pada wanita, terutama bila keluar terlalu banyak. Seperti apa keputihan yang normal? Ginekolog dr Prachi Kakkar mengatakan, banyak/sedikitnya keputihan bisa berbeda-beda pada tiap wanita. Jadi apa yang normal pada wanita yang satu, bisa jadi abnormal bagi wanita lainnya."Selain itu jumlah dan intensitas keluarnya keputihan bisa dipengaruhi beberapa faktor seperti stres, infeksi, penyakit, penggunaan antibiotik, penuaan dan kehamilan," ujar dr Prachi, seperti dikutip dari Times of India.Sementara pada beberapa wanita bisa mengalami keputihan tiap hari, di luar masa menstruasi, pada wanita lainnya bisa terjadi di waktu-waktu tertentu saja. Dr Prachi menuturkan [...]

5 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Leher

5 Info Mudik Sehat Tanpa Nyeri Leher

Oleh: dr. Jessica Florencia Mengemudi merupakan salah satu penyebab nyeri leher. Apalagi mengemudi jarak jauh. Ketika Anda akan bermudik dan Anda bertugas menyetir kendaraan, maka ada satu hal yang perlu Anda perhatikan: postur. Penyebab paling utama nyeri leher karena mengemudi adalah karena postur mengemudi yang buruk. Untuk mencegah nyeri leher karena mengemudi, usahakanlah agar posisi kepala dan tulang belakang Anda tetap sejajar. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah nyeri leher. Atur tempat duduk Anda sehingga kursi setir Anda membentuk sudut sekitar 100 derajat. Posisikan tangan Anda pada setir agar posisi lengan Anda menjadi senyaman mungkin. Posisi yang direkomendasikan adalah kedua tangan pada posisi jam 3 dan jam 9 setir Anda. Menjaga agar posisi kepala Anda sedikit ke belakang akan menjaga otot-otot leher tetap rileks. Usahakan jangan membungkuk, memajukan kepala atau menengok terlalu sering karena akan membuat otot leher menjadi tegang. Atur posisi kursi dan posisi spion dengan baik. Pastikan penglihatan Anda dalam keadaan baik sehingga tidak menyebabkan pandangan kabur dan mengakibatkan posisi memajukan kepala atau membungkuk sepan [...]

Penatalaksanaan Pertama pada Cedera: R.I.C.E.

Penatalaksanaan Pertama pada Cedera: R.I.C.E.

Oleh: dr. Sophia B. Hage Anda pernah terjatuh dan mengalami memar atau terkilir saat main sepakbola? Apakah yang Anda lakukan saat itu? Sebelum ke dokter, ada metode sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri, yaitu RICE. RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. Metode pengobatan ini biasanya dilakukan untuk cedera akut, khususnya cedera jaringan lunak (sprain maupun strain, dan memar). Metode terapi RICE ini dilakukan secepat mungkin sesaat setelah terjadinya cedera, yaitu antara 48 sampai 72 jam segera setelah cedera terjadi. R = REST Rest artinya mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera, sedangkan bagian tubuh yang tidak cedera boleh tetap melakukan aktivitas. Tujuan mengistirahatkan bagian tubuh yang cedera adalah: 1. Mencegah cedera lebih lanjut 2. Membuat proses penyembuhan luka lebih cepat Segera setelah cedera sebaiknya jangan gunakan bagian cedera sama sekali atau istirahatkan total sekitar 15 menit. Kemudian, istirahatkan sampai nyeri pada cedera hilang, atau hingga 48 jam. I = ICE Secara umum manfaat penggunaan es pada cedera jaringan lunak adalah: � Membatasi pembengkakan � Mengurangi nyeri � Me [...]

Kecantikan Wajah vs Tingkat Kepercayaan Diri

Kecantikan Wajah vs Tingkat Kepercayaan Diri

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan bermasyarakat, penampilan seseorang menjadi hal yang pertama kali dinilai. Penampilan ini meliputi beberapa hal seperti cara berpakaian, gaya potongan rambut, merubah warna kulit dan tampilan wajah. Dari beberapa hal tadi, tampilan wajah merupakan hal yang terpenting dari keseluruhan penampilan seseorang. Tampilan wajah seseorang adalah suatu karakteristik fisik yang mempengaruhi seseorang dalam perkembangan self image dan harga dirinya. Seseorang yang puas dengan tampilan wajahnya akan merasa nyaman dan mempunyai tingkat percaya diri yang baik dan memudahkan dia dalam bersosialisasi, dan sebaliknya seseorang yang tidak puas dengan keadaan wajahnya akan mencari bantuan untuk memperbaiki kelainan yang ada dan diharapkan kemudian penampilannya akan menjadi menarik dan meningkatkan kepercayaan diri. Kelainan pada wajah yang cukup mengganggu seperti bentuk wajah yang asimetri, rahang bawah yang lebih maju terhadap rahang atas, susunan gigi atas yang terlalu maju dan susunan gigi yang tidak rapih. Tentu saja hal tadi akan mengganggu penampilan wajah seseorang, tetapi tiap orang akan mempunyai reaksi dan penilaian yang bervariasi terhadap k [...]

Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental

Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental

Fenomena menikah muda sudah mulai bergeser, khususnya di perkotaan. Tuntutan karir dan keadaan sosial membuat usia pernikahan pria dan wanita bergeser ke usia yang lebih tua. Fenomena ini terasa khususnya di negara adidaya, Amerika Serikat. Indonesia pun tak luput dari fenomena ini akibat tuntutan hidup yang semakin besar. Namun adakah dampak negatif yang disebabkan oleh fenomena ini? Anak yang lahir dari ayah dengan usia yang lebih tua ternyata memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan psikiatri dan gangguan belajar. Kesimpulan ini didapatkan dari sebuah penelitian berskala besar di Swedia yang melibatkan dua juta anak di Swedia. Berdasarkan penelitian ini, anak yang lahir dari ayah dengan usia diatas 45 tahun, lebih rentan untuk menderita berbagai gangguan seperti autis gangguan bipolar dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD, Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental Anak yang lahir dari ayah dengan usia lebih dari 45 tahun ternyata memiliki risiko lebih besar 3.5 kali untuk menderita autisme dan 13 kali lebih besar untuk menderita penyakit hiperaktivitas dan pemusatan perhat [...]

Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Ikan untuk Mencegah Alzheimer

Studi menunjukkan bahwa orang yang makan ikan secara teratur mungkin memiliki resiko yang lebih rendah untuk dapat terjangkit penyakit Alzheimer. Orang tua yang makan ikan panggang atau kukus setidaknya sekali seminggu dapat meningkatkan kesehatan otak mereka. Dalam sebuah studi baru, scan pencitraan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki lebih sedikit sel-sel otak mati di area otak yang bertanggung jawab untuk mengingat memori jangka pendek. Misalnya, untuk mengingat nomor telepon yang baru saja didengar. ?Dan orang-orang yang mengkonsumsi ikan, baik panggang ataupun kukus secara mingguan dan tidak kehilangan sel-sel otak memiliki kemungkinan yang sangat rendah untuk bisa terserang penyakit Alzheimer, atau gangguan mental ringan.? Kata Cyrus Raji, MD, PhD, dari University of Pittsburgh School of Medicine seperti dilansir dari WebMD pada hari jumat 30 Desember 2011. Beberapa studi telah mengaitkan, sebuah diet yang kaya akan ikan dengan berkurangnya resiko terserang penyakit Alzheimer. Manfaat ini diduga berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan. Meskipun penelitian dari suplemen minyak ikan memiliki hasil yang mengecewakan [...]

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Bau Mulut saat berpuasa, bagaimana cara mengatasinya? 90 % bau mulut berasal dari mulut, sisanya dapat disebabkan oleh masalah pencernaan dan penyakit umum lainnya. Makanan dan rokok juga dapat menjadi sumber bau mulut namun sifatnya hanya sementara. Jadi bila Anda merasa nafas Anda berbau tak sedap, pastikan gigi dan mulut Anda bebas dari masalah. Perhatikan kondisi gigi Anda. Apakah ada yang tumpang tindih, berlubang, ada abses (bisul) pada gusi, ada karang gigi, atau ada gigi yang sering terselip makanan? Bagaimana kesehatan gusi Anda, apakah ada yang bengkak, atau mudah berdarah, atau warnanya merah tua? Kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap timbulnya bau mulut tak sedap.Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. [...]

Tidur Telentang atau Tengkurap, Mana yang Lebih Baik?

Tidur Telentang atau Tengkurap, Mana yang Lebih Baik?

Manusia membutuhkan waktu sepertiga dari hidupnya untuk tidur agar fungsi tubuh dapat bekerja dengan semestinya secara maksimal. Kualitas tidur ditentukan oleh sejumlah faktor salah satunya posisi Anda saat tidur di malam hari. Beberapa posisi tidur baik untuk menunjang kesehatan namun ada pula yang sebaiknya dihindari karena bisa mengganggu kinerja fungsi tubuh.Umumnya manusia tidur dengan posisi yang dianggapnya nyaman tanpa memikirkan apakah itu baik atau tidak terhadap kesehatan. Posisi tidur yang satu pun belum tentu cocok untuk semua orang, tergantung dari kondisi kesehatan dan gaya hidupnya. Ini berbagai posisi tidur yang paling umum, dan tentukan sendiri mana yang paling sesuai untuk Anda.1. TelentangSebagian besar ahli kesehatan akan menyarankan Anda untuk tidur telentang atau berbaring. Posisi ini paling ideal untuk menjaga kesehatan tulang belakang dan leher. Kasur akan menopang tulang belakang dengan baik, punggung pun tetap lurus dan tidak mengerut. Akan lebih baik lagi jika Anda tidur dengan bantal tipis atau tanpa bantal karena membuat tulang leher dalam posisi netral. Terlalu banyak memakai bantal untuk menoopang kepala bisa membuat Anda sulit bernapas.Tidur tele [...]

9 Tips Untuk Memperlancar ASI

9 Tips Untuk Memperlancar ASI

Setiap orang tua pastinya hendak memberikan hanya yang terbaik bagi sang buah hati. Untuk itulah memberikan ASI sejak lahir bagi buah hati merupakan pilihan yang tepat. Sayangnya seringkali usaha ini seringkali terhambat dengan ASI yang tidak lancar. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi produksi ASI, mulai dari makanan dan minuman yang kurang diperhatikan hingga perasaan stres dan kurang percaya diri Ibu untuk dapat menyusui dengan baik sampai selesai. Ada beberapa hal yang dapat membantu Ibu untuk dapat menyusui dengan sukses, yaitu: Ibu Merasa Nyaman Ibu perlu membangun percaya diri dalam merawat bayi, bahwa Ibu akan mampu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati. Jika terdapat nyeri atau kecemasan sebaiknya Ibu segera mengkonsultasikannya ke dokter atau tenaga kesehatan lain agar dapat segera ditangani. Pikirkanlah hanya pikiran-pikiran yang menyenangkan dan baik tentang Ibu dan bayi Ibu. (Baca: Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?) Carilah Tempat Menyusui yang Tenang dan Perhatikanlah Privasi Ibu Dengan menyusui di tempat yang tenang akan membuat Ibu dan bayi menjadi lebih tenang. Jika privasi Ibu terjaga, Ibu juga akan merasa nyaman untuk membiarkan bayi me [...]

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

7 Tips Cegah Eksim Pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Eksim dapat sulit dihadapi oleh buah hati kita. Kulit merah-merah dan gatal tentunya tidak nyaman untuknya. Ikuti tips-tips di bawah ini untuk mencegah mengurangi gatal yang membandel karena eksim pada ananda buah hati Anda. Bila Ibu pikir anak Ibu menderita eksim, pastikan dengan dokter anak Ibu agar mendapat diagnosis dan tata laksana yang tepat. Jangan coba mengobati sendiri. Setiap kasus eksim dapat memerlukan penanganan yang berbeda, umumnya melibatkan kombinasi pelembab dan steroid oles. Jika kulit menjadi merah dan mulai mengeluarkan cairan, mungkin sudah terjadi infeksi. Segera ke dokter untuk mendapatkan antibiotika. Anak dengan eksim sering mengalami kesulitan untuk tidur karena kulit menjadi terasa lebih panas dan gatal pada malam hari. Jaga kamar tidur sejuk dan gunakan alas tidur dari katun. Berikan pelembab minimal 20 menit sebelum tidur. Hindari sabun dan shampoo yang keras. Sabun dapat membuat eksim bertambah parah. Rekomendasi saat ini adalah memandikan bayi satu atau dua kali seminggu (wajah, tangan, dan bokong bayi harus dibersihkan setiap hari). Mandikan bayi dalam air hangat, dan gunakan sabun serta shampoo tan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *