15 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

jahe

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman obat-obatan yang juga dapat digunakan sebagai campuran pelenglap bumbu masakan. Namun tahukah anda jahe memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan baik dalam menjaga kesehatan dan kecantikan.

Tanaman jahe dikenal dalam tiga jenis jahe yaitu jenis jahe putih, jahe merah dan jahe gajah. Masing-masing jenis jahe ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jahe putih memiliki karakteristik warna daging dan kulit putih dan sedikit kuning dibagian tengan daging. Rasa jahe putih memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak menyengat sehingga dalam pemanfaatannya pun banyak dengan menggunakan jenis jahe putih. Jahe gajah memiliki karakteristik yang hamper sama dengan jahe putih, namun memimiliki rasa yang sedikit kurang kuat dibandingkan dengan jahe putih. Jahe gajah memiliki diameter yang sedikit besar dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Jahe merah memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya. Memiliki warna kulit dan daging yang kemerah-merahan dan sedikit warna putih dibagian tepi daging. Rasa jahe merah memiliki rasa yang kuat karena didalamnya terdapat kandungan minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis jahe yang lainnya.
Manfaat jahe untuk kesehatan

1. Jahe putih untuk menjaga kekebalan tubuh
Jahe putih memiliki kandungan anti toksin dan anti oksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dari radikal bebas maupun virus yang dapat menyerang kapan saja. Dengan mengonsumsi secara rutin dan teratur, jahe dapat menghindarkan anda dari serangan penyakit akibat radikal bebas. Cara mengonsumsinya cukup mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan beberapa potongan jahe putih kedalam seduhan minuman tea maupun susu yang disedu dengan menggunakan air panas.

2. Jahe putih dan merah untuk menghangatkan tubuh
Jahe putih dan merah memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh, hal ini dikarenakan terdapat kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam jahe yang bersifat pedas dan hangat. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe tersebut anda dapat mengolahnya dalam bentuk seduhan minuman hangat yang dapat anda tambhakan sedikit pemanis gula pasir. Untuk menggunakan jahe merah sebagai seduhan hangat, perlu hati-hati dalam jumlah jahe yang anda ccampurkan. Karena jahe merah memiliki rasa yang pedas yang tinggi sehingga disarankan untuk menggunakan jahe merah dalam jumlah yang sedikit.

3. Jahe putih untuk menyembuhkan kembung
Jahe dapat dimanfaatkan sebagai menyembuhkan kembung. Hal ini dikarenakan rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengurangi kembung. Dalam pengolahannya untuk ramuan menghilangkan kembung, anda dapat mengolahnya dengan cara menyedunya dengan air panas dengan campuran pemanis baik dengan gula pasir maupun susu. Dalam mengonsumsinya baiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat – panas. Untuk mencapai kesembuhan, dianjurkan untuk mengonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan porsi biasanya sampai penderita kembung dapat bersendawa dan mengeluarkan keringat dari tubuhnya.

4. Jahe putih untuk menyembuhkan batuk dan flu
Rasa hangat yang terkandung dalam jahe dapat juga digunakan sebagai penyembuhan penyakit batuk dan flu. Pada dasarnya batuk dan flue merupakan jenis penyakit yang ditimbulkan akibat virus dan radikal bebas. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan menggunakan seduhan jahe hangat karena pada kandungan jahe terdapat zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat mengurangi virus akibat radikal bebas. Rasa hangat yang terkandung dalam jahe juga dapat melegakan sistem pernafasan dan mengurangi timbulnya dahak pada tenggorokan. Sehingga batuk dan flue dapat berkurang dan dapat segera membaik.

5. Jahe putih untuk mengurangi resiko mabuk kendaraan
Kandungan jahe memiliki rasa sedikit pedas dan hangat. Dalam kondisi anda mabuk kendaraan baik udara, darat maupun laut disarankan anda untuk mengonsumsi seduhan jahe hangat dengan sedikit manis. Rasa jahe yang khas dapat mengurangi rasa mual yang timbul dan dapat dengan segera menetralisir kondisi tubuh anda.

6. Jahe putih untuk menjaga peredaran darah
Kandungan jahe dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah. Dengan mengonsumsi secara rutin dan ditunjang dengan olahraga yang rutin maka peredaran darah akan lancar sehingga dapat mengurangi resiko penyakit akibat dari kurangnya peredaran darah seperti pusing.

7. Jahe putih untuk menghilangkan zat buruk dalam tubuh
Kadungan hangat yang terkandung dalam jahe dapat mengurngi zat buruk yang terdapat dalam tubuh. Rasa hangat yang dikandung dapat mengeluarkan zat-zat buruk bersamaan dengan keluarnya keringat.

8. Jahe putih untuk menghilangkan rasa capek
Jahe dapat digunakan sebagai penghilang rasa capek. Hal ini dikarenakan kandungan jahe memiliki fungsi untuk menjaga kerenggangan otot-otot yang ada dalam tubuh dan dapat melumasi persendian dengan baik. Dengan demikian capek-capek dapat dihilangkan dengan cara sedikit bersantai sejenak dengan menikmati seduhan jahe hangat.

9. Jahe putih untuk mengurangi rasa pusing
Dalam manfaat jahe yang satu ini, ada kaitannya dengan sistem peredaran darah yang kurang lancar sehingga dapat menimbulkan rasa penat dan pusing. Dengan kandungan jahe yang memiliki fungsi melancarkan peredaran darah maka jahe juga dapat mengurangi rasa pusing yang timbul.

10. Jahe merah untuk mengurangi sel-sel kanker
Jahe merah memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, kandungan jahe merah juga dapat merangsang perutmbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian maka jahe dapat mengurangi timbulnya sel-sel jahat seperti sel-sel kanker.

11. Jahe merah untuk menjaga kesetabilan tubuh
Kandungan jahe untuk menjaga kesetabilan tubuh ada kaitannya dengan kandungan zat anti oksidan dan anti toksin yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari serangan virus.

12. Jahe putih dan merah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kasiat jahe untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut didapatkan dari adanya kandunga jahe yang merupakan anti jamur. Kandungan anti jamur yang terdapat pada jahe dapat mengungi timbulnya jamur dan kuman pada mulut sehingga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dan juga dapat menghindarkan dari timbulnya sariawan.

13. Jahe putih untuk mengurangi stress
Jahe putih yang diseduh dengan rasa yang nikmat dapat memberikan efek perasaan yang menenangkan. Sehingga untuk mengurangi rasa penat dan stress maka dapat anda coba dengan menikmati sedukah jahe hangat yang nikmat.

14. Jahe merah untuk mengurangi kadar kolesterol
Kandungan jahe putih maupun jahe merah memiliki kandungan yang dapat melancarkan peredaran darah dan merontokkan sel-sel kolesterol pada tubuh. Dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan secara rutin mengonsumsi seduhan jahe maka resiko kolesterol dapat dikurangi.

15. Jahe putih untuk melancarkan pencernaan
Kandungan jahe juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan herbal jahe dapat menjaga kesehatan usus dan lambung dan menjaga tumbuhnya infeksi dalam sistem pencernaan yang akan menghambat jalannya sistem pencernaan anda.
Untuk mendapatkan manfaat jahe dengan baik disarankan mengonsumsi secara teratur dengan mengurangi campuran pemanis pada penyeduhan jahe hangat.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Cara Memperbesar Payudara dengan Implan

Cara Memperbesar Payudara dengan Implan

Dewasa ini semua hal dapat dilakukan demi mendapatkan estetika tubuh. Salah satu diantaranya adalah untuk mendapatkan bentuk payudara yang didambakan. Ukuran payudara memang relatif dan acapkali berbenturan dengan persoalan selera. Karena tidak dapat dipungkiri, segala usaha 'koreksi' organ payudara yang mayoritas dilakukan kaum hawa ini semata untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai selera. Salah satu menyesuaikan bentuk dan ukuran payudara yang ada adalah melalui tindakan implan payudara. Pun, dalam prosesnya penanaman implan di payudara memiliki dua jenis implan. Yakni implan payudara saline dan implan payudara silikon. Apa perbedaan antara implan payudara saline dan silikon? Apa Perbedaan Antara Implan Payudara Saline dan Silikon? Implan payudara, baik saline maupun silikon, keduanya sama-sama terbungkus oleh kantung silikon, hanya berbeda bahan dan konsistensinya saja. Saline Implan payudara berbahan saline terdiri dari cairan garam steril. Ketika dimasukkan ke dalam payudara, implan payudara berbahan saline kosong dan kemudian diisi di dalam payudara Silikon Implan payudara berbahan silikon terdiri dari silikon gel, yaitu suatu cairan tebal [...]

Ini Alasan Mengapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur

Ini Alasan Mengapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur

Beberapa orang sudah terbiasa minum teh pagi dan malam. Saat Ramadan, tradisi minum teh tersebut juga dilakukan ketika sahur maupun berbuka puasa. Namun sebenarnya teh manis tidak dianjurkan untuk sahur. Mengapa?Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG., teh manis tidak terlalu baik dikonsumsi saat sahur. "Buka puasa minum teh manis boleh kalau nggak ada makanan manis jadi buat pengganti makanan manis. Kalau saat sahur, terlalu banyak gula nanti rasanya malah haus," tutur dr. Johannes saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014).dr. Johannes melanjutkan, daripada minum teh manis lebih baik diganti jus segar tanpa gula tapi maksimal 150 cc atau 3/4 gelas berukuran besar. Namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena jika Anda minum jus terlalu banyak dapat meningkatkan trigliserda (lemak darah). Lemak darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, hingga jantung.Pria lulusan S2 di Deakin University, Melbourne, ini juga menganjurkan agar minum air putih setiap hari minimal dua liter. Ketika puasa, minumlah dua gelas di waktu sahur dan berbuka, serta empat gelas setelah salat Magrib.Air putih memang lebih baik dikonsumsi daripada te [...]

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

Pembedahan Invasif Minimal Harapan Baru Bagi Penderita Jantung

RSUD dr.Soetomo, Surabaya pada Maret 2012 lalu telah mensukseskan operasi jantung invasif minimal secara perdana di Indonesia kepada dua pasiennya. Dimana hal tersebut merupakan titik cerah harapan baru bagi penderita jantung. Karena bagi pasien yang tidak ingin mendapatkan sayatan panjang di tubuhnya, metode pembedahan ini dapat menjadi alternatif pilihan baru yang inovatif. Metode operasi yang juga disebut dengan video-assisted thoracoscopy endoscopic cardiac surgery (operasi bedah jantung endoskopik) itu telah sukses mengoperasi jantung Tafif Rusilawati dan Mohammad Hasan. Proses operasi tersebut pun merupakan hasil kerjasama RSUD dr. Soetomo dengan tim RS Yodak Shanghai, China. Metode operasi jantung yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan pola sayatan standar bedah jantung yang harus membuka tulang dada. Termasuk penggunaan mesin jantung-paru yang lazim disebut heart lung machine (HLM) saat operasi jantung terbuka. Berbeda dengan prosedur pembedahan operasi jantung yang saat ini populer, operasi jantung invasif minimal yang dilakukan tidak memerlukan sayatan besar hingga membelah tulang dada. Cukup melakukan dengan membuat tiga lubang di tubuh untuk membuka akses [...]

6 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

6 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

Selama proses kehamilan, akan terjadi beberapa perubahan pada fisik seorang wanita. Jadi jangan kaget jika ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh Anda ketika sedang hamil. Apa saja perubahan fisik saat kehamilan? Mari kita simak satu per satu. � Uterus Uterus adalah rahim tempat calon bayi berada. Rahim Anda akan beradaptasi untuk menerima dan melindungi hasil pembuahan sampai persalinan. Rahim akan bertambah besar dengan cepat selama kehamilan dan kembali seperti semula beberapa minggu setelah persalinan. Karena itu, perut Anda juga akan bertambah besar seiring bertambahnya ukuran rahim. Sebagai gambaran, pada usia kehamilan 22 minggu, rahim akan berkembang sampai perbatasan pusar. Pada usia kehamilan 36 minggu, rahim akan berada tepat di bawah tulang dada. � Serviks/ mulut rahim Pada usia satu bulan setelah pembuahan, serviks akan menjadi lunak dan kebiruan akibat perubahan pola pembuluh darah. Serviks bertanggungjawab menjaga janin di dalam uterus sampai akhir kehamilan. Saat mendekati usia persalinan, terjadi penurunan dari jumlah kolagen serviks yang menyebabkan semakin melunaknya serviks. � Kulit Kulit dinding perut akan [...]

Jenis-jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya

Bagi kaum wanita, istilah keputihan atau vaginal discharge nampaknya sudah tidak asing lagi di telinga. Menurut data penelitian, sebanyak 75% wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan setidaknya sekali dalam hidupnya. Dalam dunia kedokteran, terdapat dua jenis keputihan, yaitu keputihan normal dan tidak normal.Salah satu ciri khas dari keputihan normal adalah keluarnya lendir yang sifatnya encer dan tidak berwarna atau jernih. Dalam keputihan normal juga tidak ada gejala-gejala seperti gatal, panas, atau perih. Sedangkan sebaliknya, gejala-gejala dari keputihan yang tidak normal adalah lendir yang berwarna seperti putih susu, kekuningan atau kehijauan. Apabila terdapat perubahan warna, biasanya diikuti juga dengan rasa gatal, perih, panas dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.Dalam bincang-bincangnya bersama Wolipop di kediamannya, Dr. M. Rezha Faisal, SpOG yang merupakan spesialis kebidanan dan penyakit kandungan mengatakan bahwa keputihan yang tidak normal termasuk dalam kategori berbahaya. Namun, semua ini bergantung kepada penyebab keputihan seperti bakteri, jamur, parasit atau protozoa. Sebaiknya Anda tidak perlu khawatir, karena keputihan ini dapat diatasi dengan cara [...]

Tips P3K di Rumah

Tips P3K di Rumah

Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu tertera di dekat telepon, kulkas, ataupun tempat yang mudah dijangkau. Namun satu hal yang pasti dalam kegawatdaruratan, jika Anda menemukan seseorang tergeletak, prioritaskan dahulu hal-hal berikut ini: Apakah orang tersebut bernafas atau tidak? Apakah terdapat luka-luka? Apakah orang tersebut pernah mengalami trauma (benturan) ataupun kondisi kronis? Sementara Anda menunggu bantuan medis, yang perlu Anda lakukan adalah: Tips P3K di Rumah Ketika Anda ataupun orang-orang terkasih Anda mengalami suatu keadaan yang berpotensi mengancam jiwa, tentu Anda tahu bahwa yang perlu Anda lakukan adalah mencari bantuan medis. Kita tidak pernah tahu atau memprediksi kapan kita akan membutuhkan bantuan darurat. Sehingga ada baiknya jika nomor telefon atau kontak ambulans ataupun rumah sakit terdekat selalu terter [...]

Sembuhkan Flu & Batuk dengan Minyak Aromaterapi

Sembuhkan Flu & Batuk dengan Minyak Aromaterapi

Selain bisa merilekskan pikiran dan tubuh, minyak aromaterapi dapat digunakan sebagai obat alami untuk meredakan flu serta batuk. Kandungan molekul dari minyak aromaterapi berfungsi melawan virus dan bakteri. Selain itu, molekul tersebut juga membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh.Seperti yang dikutip dari ezinearticle, ada beberapa virus yang cenderung tidak kebal terhadap obat atau resep dokter. Para ahli aromaterapi percaya kalau aromaterapi memiliki kemampuan lebih baik melawan pilek dan flu daripada obat.Oleh karena itu, saat Anda merasa pilek mulai menyerang, segera gunakan minyak ini hingga kondisi kembali sehat. Aromaterapi lebih cepat meredakan flu jika dipakai sebelum Anda terserang. Akan tetapi, apabila penyakit ringan itu sudah mengganggu Anda, oleskan minyak aromaterapi setiap 2 atau 3 jam sekali di leher dan di dada.Pada musim hujan, aromaterapi yang cocok dipakai adalah minyak oregano, kayu manis, eucalyptus/kayu putih, dan lemon. Minyak oregano paling banyak digunakan untuk menghilangkan batuk dan pilek.Namun, Anda harus berhati-hati ketika memakainya, jangan sampai terkena kulit wajah yang bisa menyebabkan iritasi. Jika Anda mengalami sesak napas karena p [...]

Cuci Darah untuk Mengatasi Gagal Ginjal

Cuci Darah untuk Mengatasi Gagal Ginjal

Sejatinya tubuh kita secara alami didesain untuk mampu melakukan cuci darah secara otomatis. Namun jika diperlukan, proses cuci darah dengan bantuan alat medis bisa dilakukan. Saat ini cuci darah identik dengan proses medis untuk menghilangkan kelebihan kotoran dan air di dalam darah. Dalam proses alami, ginjal adalah organ yang bertanggung jawab dalam melakukan hal ini. Kenapa Membutuhkan Cuci Darah? Penyaringan darah adalah tugas ginjal. Pada penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, fungsi ginjal ini tidak dapat dilakukan secara optimal. Karena ginjal gagal untuk melakukan pembersihan, terjadilah penumpukan limbah dan cairan pada darah. Kondisi ini berisiko membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seseorang yang kehilangan fungsi ginjalnya antara 85-90 persen wajib melakukan cuci darah agar terhindar dari beragam komplikasi yang fatal. Tentu saja dibutuhkan penilaian dari dokter dan serangkaian tes medis untuk menentukan mengenai wajib atau tidaknya seseorang melakukan cuci darah. Level kreatinin dan ureum pada darah adalah dua hal yang akan dijadikan tolok ukur keputusan dokter. Demikian juga pemeriksaan urine. ?Creatinine clearance? pada urine sebagai tola [...]

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat di Kantor

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Punggung Saat di Kantor

Sakit pada area punggung seringkali dirasakan oleh para pekerja kantoran. Rasa nyeri itu terkadang sampai mengganggu performa kerja seseorang di kantor. Lalu bagaimana cara mengatasinya?Sebelum mengatasinya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab sakit punggung yang sering terjadi di tempat kerja. Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda 'mau tak mau' harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut 'muscle imbalance'.Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelum [...]

10 Langkah Tampil Menarik & Sehat di Valentine

10 Langkah Tampil Menarik & Sehat di Valentine

Tidak hanya para wanita, kaum pria juga ingin tampil ?lebih? untuk merayakan hari kasih sayang. Memang merawat tubuh bagi pria tidak serumit seperti pada wanita, tapi jangan sepelekan kegunaannya. Dengan merawat tubuh secara teratur agar selalu tampak bersih dan rapi, kesehatan Anda juga akan lebih terjaga, orang lain pun akan lebih menghargai Anda, apalagi orang terdekat Anda. Untuk itu, ucapkan selamat tinggal terlebih dahulu kepada bulu alis lebat ataupun bulu hidung Anda yang tebal. Berikut adalah tips-tips perawatan tubuh untuk pria agar Anda bisa tampil ?lebih? di hari kasih sayang: Hilangkan Bau Mulut Bau mulut adalah masalah klasik. Tapi bagaimana Anda tahu Anda mempunyai bau mulut atau tidak? Anda dapat mengetahuinya dengan menjilat sedikit punggung tangan Anda, tunggu, dan bau. Atasi masalah ini dengan rajin menggosok gigi dengan benar dan membersihkan lidah Anda, karena lidah yang kotor adalah salah satu dari penyebab utama bau mulut. Anda pun dapat pergi ke dokter untuk mengonsultasikan hal ini, bisa jadi penyebab bau mulut yang Anda alami berasal dari masalah gigi ataupun infeksi pada gusi. Rapihkan Rambut Pada Hidung dan Telinga Saat rambut Anda mulai rontok, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *