2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

039354900_1410930568-Diet.jpg

Diet mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab, diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh kita saat menjalaninya.

Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.

Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo.

Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.

Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut, seperti dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Lose it!

Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.

Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasaan gaya hidup. Kita belajar bagaimana cara menambahkan kebiasaan sehat dan membuang kebiasaan buruk dalam kehidupan kita sehari-hari. Terpenting dalam fase ini, jangan lupa untuk berolahraga, setidaknya 30 menit sehari.

2. Live it!

Menurut pakar profesional dari Mayo Clinic, fase ini merupakan suatu pendekatan seumur hidup untuk diet dan kesehatan.

Pada fase ini, kita mempelajari lebih jauh tentang pilihan makanan untuk diet mayo, ukuran porsi, perencanaan menu, dan berpegang teguh pada kebiasaan sehat.

Kita akan melanjutkan penurunan berat badan yang stabil sebanyak 1 sampai 2 pound (0,5 sampai 1 kilogram) dalam seminggu, sampai kita mencapai berat badan yang diinginkan.

Dengan terus menjalani gaya hidup sehat ini, kita dapat mempertahankan berat badan secara permanen. Kita pun akan belajar bagaimana mengatur agar berat badan tetap stabil dan mengembangkan pola makan sehat sepanjang hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

5 Cara Jaga Berat Badan Saat Liburan

5 Cara Jaga Berat Badan Saat Liburan

Libur Lebaran tahun ini memang menyenangkan. Usai bersilahturahmi bersama keluarga masih tersisa beberapa hari yang dapat digunakan untuk berlibur. Tapi waspadai juga efek berlibur karena membuat kita lupa mengontrol asupan makanan yang masuk ke tubuh. Coba lakukan hal berikut saat liburan seperti dilansir WebMD, Selasa (29/30/2014) agar berat badan tak melonjak pascaliburan. 1. Hindari membeli makan berlebihPada saat mendatangi tempat baru dan melakukan wisata kuliner, beragam makanan disantap dan biasanya sampai membuat sangat kenyang. Hal itu dibenarkan oleh Linda H. Clemens EdD, RD dari Consumer Science and Education Department University of Memphis, dimana menemukan fakta bahwa perempuan cenderung membeli makanan berlebih saat di luar rumah dibandingkan hari biasa. Hal ini menyebabkan tubuh kelebihan kalori dan lemak. 2. Perbanyak berjalan kakiNikmati pemandangan di tempat liburan sambil berjalan kaki. Tak hanya sekedar mendapatkan pengalaman lebih jelas dan detil, aktivitas ini pun mampu membakar kalori berlebih saat makan tadi. 3. Perbanyak pesan menu sehatSaat berada di restauran memang akan dihadapkan puluhan menu menggugah selera. Usai memilih makanan yang d [...]

Diet Tapi Kulit Bergelambir, Bagaimana Mengatasinya?

Diet Tapi Kulit Bergelambir, Bagaimana Mengatasinya?

Para pelaku diet kerap kewalahan ketika mengetahui badan mereka menjadi bergelambir ketika kurus. Hal itu menandakan bahwa pelaku diet hanya menjalani diet saja, tanpa diimbangin dengan berolahraga.Menurut Personal Trainers, Etty Budhi, mereka yang berdiet tapi diimbangin dengan olahraga secara rutin, ketika kurus akan memiliki perut yang kencang dan tidak bergelambir."Kalau menggelambir, karena mereka diet doang, tidak diimbangin dengan olahraga. Kan yang paling bagus adalah dengan melakukan keduanya," kata Etty Budhi di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014).Lebih lanjut wanita yang dinobatkan sebagai Instruktur Aerobik Terbaik di Indonesia menjelaskan bahwa dengan melakukan olahraga, otot-otot mampu berkontraksi, yang membuat perut para pelaku diet tidak bergelambir lagi."Karena kan saat turun berat badan, otomatis yang dibuang 'kan, air dulu. Setelah itu, baru massa otot. Dengan olahraga, mampu meningkatkan massa otot, yang membuat otot berkontraksi," kata Etty menjelaskan.Etty juga mengingatkan agar selama berolahraga, cukup melakukannya selama 20 menit, asalkan dikerjakan dengan intensitas yang tinggi. Ditambah juga dengan melakukan angkat beban, yang d [...]

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

6 Makanan Pembentuk Perut Six Pack

Selain sit up dan push up, untuk mendapatkan perut yang rata, pria harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat mempercepat prosesnya dan meningkatkan metabolisme Anda, seperti dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2015)AlmondKacang dengan kandungan vitamin E ini mampu membantu Anda membangun otot dan mengurangi rasa lapar. Dan dalam banyak studi disebutkan bahwa kacang almon mampu membantu seseorang menurunkan berat badan dan menghancurkan lemak dalam tubuh.Kacang-kacanganKonsumsi kacang-kacangan yang kaya akan serat dapat membuat usus menjadi bersih. Kacang-kacangan ini juga dapat membantu memperbaiki pencernaan Anda, membakar lemak, dan membentuk otot sesuai keinginan Anda.BayamBayam rendah kalori, sarat dengan vitamin dan serat, serta dapat membantu seseorang membangun ototnya.Alpukat atau avokadAlpukat dengan buah berwarna hijau mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu membakar lemak perut. Alpukat juga kayak akan vitamin, nutrisi, mineral, dan baik untuk kesehatan secara menyeluruhApelApel yang kaya akan serat mampu membuat kita kenyang. Konsumsi apel secara rutin, juga dapat meningkatkan metabolisme dan [...]

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Contoh Menu Diet dalam Sehari ala Ade Rai

Banyak orang sulit menjalankan diet dengan tepat serta konsisten. Alasannya, tidak ingin lapar. Padahal diet yang benar, menurut binaragawan Ade Rai harusnya tidak membuat kita lapar. Berikut salah satu contoh menu diet yang tepat menurut Pendiri RAI Institute, Fitness Education Center yang dikutip dari binaraga.net, Senin (22/9/2014): Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Bubur oatmeal + susu rendah lemakNasi/bubur merah + omelet putih telurRoti gandum + ayam / omelet putih telurYoghurt + muesliSnack Pagi: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Yoghurt rendah lemakSusu rendah lemakBubur oatmeal + bubuk proteinGado-gado + telur rebusBuah + susu kedelai Makan Siang: Protein + Karbohidrat, contoh menu (pilih salah satu): Ayam bakar + nasi merah + sayuranSteak + kentang + sayuranOmelet putih telur + tempe + nasi merah + salad/sup sayuran beningTahu bacem + lalab + nasi merahIkan kukus/bakar + nasi merah + salad/sup sayuran bening Snack Petang: (sama dengan snack pagi) Makan Malam: (sama dengan makan siang) Catatan: Jumlah atau porsi disesuaikan dengan ukuran tubuh dan tujuan fisik yang ingin dicapaiPorsi protein makanan: 1 telapak tangan [...]

Kampus Paksa Mahasiswi Yale Gemukkan Badan karena Kekurusan

Kampus Paksa Mahasiswi Yale Gemukkan Badan karena Kekurusan

PeduliSehat.info, New Jersey Mahasiswi Yale University, Frances Chan memiliki tubuh yang kurus. Beratnya saja hanya 40 kilogram (kg) dengan tinggi 157 sentimeter (cm). Karena saking kurusnya, kampus mengancam akan mengeluarkannya karena ia diduga memiliki gangguan makan.Gadis dari New Jersey itu mengaku, ancaman tersebut memaksanya makan Cheetos, kue, junk food, dan es krim. Ia juga memilih menggunakan elevator dibanding menaiki tangga agar berat badannya bertambah. Menurut Chan, berat badannya sejak SMA memang 40 kg dan seluruh keluarganya memang kurus. Tapi, sejak Desember, ia terpaksa menimbang setiap minggu dan mendatangi seorang profesional kesehatan mental dan ahli gizi karena sekolah meyakini ia memiliki gangguan makan.Meskipun Chan sudah berusaha keras, ia hanya berhasil menaikkan berat badan 0,9 kg. Tapi, perguruan tinggi yang terletak di New Haven, Coenncticut, tak puas dan bahkan membiarkannya ketika orangtuanya mengirim catatan medis anaknya dan dokter sudah menelepon ke kampus. "Rasanya benar-benar buruk dengan ketidakberdayaan ini," kata Chan.Berawal dari BenjolanChan mengatakan, pertempuran dengan berat badannya dimulai pada September 2013, ketika ia melihat ada benj [...]

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Manfaatnya Makan Perlahan dan Menikmati Proses Mengunyah

Makan secara perlahan dipercaya dapat menurunkan berat badan. Sebab, dengan cara itu, kita lebih fokus dan konsentrasi pada makanan yang disantapnya sekaligus bisa menikmati makanan.Banyak penelitian mengatakan bahwa trik ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat membantu seseorang mengurangi 150 sampai 200 kalori per hari.Seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (25/1/2014), semakin lama seseorang mengunyah makanan maka reaksi otak menangkap rasa kenyang dapat berlangsung makin cepat. Selain itu, makan secara perlahan juga dapat membantu Anda terbebas dari masalah pencernaan dan membuat perut tidak kembung.Proses lambat itu juga memungkinkan terbentuknya enzim yang berfungsi membuat makanan menjadi lebih lembut baik saat di mulut dengan enzim lipase atau pun enzim-enzim lain yang ada di kerongkongan, lambung dan usus. Aroma dan rasa lapar dengan kunyahan yang lambat membantu tubuh mengolah makan dengan baik dan membuat yang makan bisa mengontrol dirinya terhadap apa yang dimakan.Selama ini seseorang tidak terlalu memerhatikan kecepatan makannya. Bahkan cenderung makan cepat-cepat. Tapi, bila kebiasaan ini dubah, dapat membantu Anda yang berkeinginan menurunkan berat bad [...]

Kuis : Pastikan Gaya Makan Anda Sehat

Kuis : Pastikan Gaya Makan Anda Sehat

Jangan makan sembarangan! Betapa sering kita mendengar nasehat itu. Tapi, seberapa serius kita memperhatikannya, masih patut dipertanyakan lagi. Ikutilah kuis dari World Gym Kennewick, organisasi yang berhubungan dengan olahraga dan diet di bawah ini untuk memastikan Anda peduli gaya makan yang sehat. 1. Berapa porsi biasanya Anda makan buah-buahan perhari? (1 porsi = 1 iris ukuran sedang, 1 cangkir jus buah, atau 1/2 cangkir irisan buah-buahan)a. 0 (-2) b. 1 (0)c. 2 hingga 3 (+2)d. 4 atau lebih (+3) 2. Berapa macam buah-buahan biasanya Anda makan dalam sebulan?a. 2 atau kurang (-2) b. 3 hingga 4 (0)c. 5 hingga 6 (+1)d. 7 hingga 8 (+2)e. 9 atau lebih (+3)3. Berapa porsi biasanya Anda makan sayuran perhari? (1 porsi = 1 cangkir sayuran hijau segar atau 1/2 cangkir sayuran masak)a. 0 (-3)b. 1 (0)c. 2 (+1)d. 3 atau lebih (+3) 4. Berapa macam sayuran biasanya Anda konsumsi dalam sebulan?a. 2 atau kurang (-2) b. 3 hingga 4 (0)c. 5 hingga 6 (+1)d. 7 hingga 8 (+2)e. 9 atau lebih (+3)5. Seberapa sering Anda makan biji-bijian, misalnya nasi atau gandum?a. saya tidak makan keduanya (-3)b. 2 atau kurang per ming [...]

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Revalina S Temat: Tak Lagi Konsumsi Beras Merah

Menjalani pola hidup sehat dengan pilihan makanan tertentu bukan persoalan mudah bagi aktris cantik Revalina S Temat. Tak heran meski pernah merasai bermanfaatnya beras merah atau beras hitam, sekarang Reva sudah tidak lagi mengonsumsinya. Pemeran Karina dalam film horor berjudul `Oo Nina Bobo` mengakui sangat susah menghindari beberapa jenis makanan yang tak boleh disantapnya ketika berada di lokasi syuting. Sebab, tak mungkin pihak rumah produksi yang mengontraknya mesti mengikuti menu makanan yang disantapnya. "Di lokasi syuting kan enggak bisa pilih-pilih. Apa yang ada disantap saja, deh. Yang penting sampai sekarang aku enggak makan gorengan. Kalau cuma nasi putih dan mie saja, tidak jadi masalah," kata Reva menerangkan. Untung, saat ini berat badannya yang sudah turun beberapa kilogram. Jadi, makanan apa saja bisa dikonsumsinya dengan batasan tertentu termasuk nasi putih atau mie."Mie sebenarnya enggak boleh. Tapi apa boleh buat. Yang disediakan di lokasi syuting itu, dan kebetulan aku memang lagi lapar. Daripada maagku kambuh, lebih baik aku makan itu, tak peduli nasi putih atau mie," kata Reva saat bertandang ke Redaksi Health Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Ra [...]

Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

Cari Tahu Keinginan Tubuh Saat Mengidam Makanan

Apa yang tubuh Anda beritahukan ketika mengidam alias menginginkan makanan seperti kue, es krim, cokelat, atau sandwich?Dengarkanlah apa yang diinginkan tubuh. Mengidam makanan merupakan cara tubuh Anda memberitahukan Anda perlu memperbaiki gizi.Apakah Anda kekurangan nitrogen atau kelelahan adrenal, kebanyakan orang salah mengarahkan keinginan makanannya itu dalam kebiasaan yang tak sehat.Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang mengidam makanan baik emosional, fisik, dan biologi.Bahkan masa lalu dan makanan yang kita sukai sewaktu kecil memengaruhi makanan yang kita inginkan dari hari ke hari."Jenis makanan yang cendeurng kita dambakan terkadang dari masa kecil dan berdasarkan jenis makanan yang diberi saat kecil sebagai hadiah atau membuat kita merasa lebih baik," kata Ahli Gizi Fiona seperti dilansir Sofeminine, Rabu (5/3/2014).Mulai dari cokelat, perman, roti dan mentega yang saraf karbohidrat, junk food serta keripik asin, sebenarnya apa artinya? Naturopath Dr Sohere Roked dan Ahli Gizi Fiona Hunter membantu memahami apa arti makanan yang Anda inginkan:1. ManisSemua wanita senang dengan yang manis-manis. Apakah Anda ingin makan danish di pagi hari atau permen, tak bisa d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *