2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

039354900_1410930568-Diet.jpg

Diet mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab, diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh kita saat menjalaninya.

Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.

Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo.

Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.

Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut, seperti dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Lose it!

Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.

Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasaan gaya hidup. Kita belajar bagaimana cara menambahkan kebiasaan sehat dan membuang kebiasaan buruk dalam kehidupan kita sehari-hari. Terpenting dalam fase ini, jangan lupa untuk berolahraga, setidaknya 30 menit sehari.

2. Live it!

Menurut pakar profesional dari Mayo Clinic, fase ini merupakan suatu pendekatan seumur hidup untuk diet dan kesehatan.

Pada fase ini, kita mempelajari lebih jauh tentang pilihan makanan untuk diet mayo, ukuran porsi, perencanaan menu, dan berpegang teguh pada kebiasaan sehat.

Kita akan melanjutkan penurunan berat badan yang stabil sebanyak 1 sampai 2 pound (0,5 sampai 1 kilogram) dalam seminggu, sampai kita mencapai berat badan yang diinginkan.

Dengan terus menjalani gaya hidup sehat ini, kita dapat mempertahankan berat badan secara permanen. Kita pun akan belajar bagaimana mengatur agar berat badan tetap stabil dan mengembangkan pola makan sehat sepanjang hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat Makan Sendiri, Hindari Makan dengan 3 Cara Ini

Saat makan akan jadi lebih berarti saat bersama teman, pasangan, atau keluarga. Namun, ada kalanya keadaan membuat kita makan sendirian. Studi terbaru dari sebuah perusahan riset menyatakan bahwa kesibukan masyarakat membuat makan sendirian jadi tren. Mayoritas orang menghabiskan sarapan sendirian. Saat sendirian, seseorang cenderung makan sambil melakukan sesuatu agar tak merasa sendirian. "Hal ini membuat Anda tak menyadari kapan sudah merasa perut masih lapar atau sudah kenyang," ujar Leslie Heinberg, Ph.D., dari Bariatric and Metabolic Institute di Cleveland Clinic Foundation. Oleh karena itu agar tak membuat barat badan melonjak, saat makan sendirian hindari makan sambil melakukan aktivitas berikut seperti dilansir Women's Health, Senin (18/8/2014). 1. Makan tidak di meja makanAda beberapa orang yang karena enggan makan sendirian, memilih memesan makanan lewat drive thru lalu makan di dalam kendaraan. Hal ini memicu Anda cenderung memilih makanan cepat saji yang tinggi kalori.Lebih baik, pesan dan duduk makan di restoran atau rumah makan tersebut sambil melihat pemandangan yang ada di sekitar Anda. 2. Menyalakan TV atau laptopSaat makan sambil nonton TV atau browsing di [...]

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin. Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):1. Sauna dan mandi uapAda banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.2. BercintaJika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh di [...]

Risiko Diet Mayo yang Perlu Diperhatikan

Risiko Diet Mayo yang Perlu Diperhatikan

Hati-hati risiko dari diet mayo. Biasanya, risiko yang akan dihadapi oleh para pelaku diet mayo adalah peningkatan gula darah atau lemak darah tertentu.Para pakar dari Mayo Clinic yang menemukan diet mayo, mengatakan, selama menjalani diet yang telah melewati pengujian klinis ini para pelaku sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beragam jenis buah-buahan dan sayuran. Tapi, karena berlebihan dalam mengonsumsi makanan sehat itu, risiko yang diterima adalah peningkatan gula darah bagi kesehatan kita. "Jadi, kita Anda memiliki diabetes atau kondisi serta masalah kesehatan lainnya, berbicaralah dengan dokter Anda sebelum memulai diet mayo," kata Pakar Kesehatan dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Rabu (17/9/2014)Para pakar melanjutkan, karena diet mayo aman untuk dilakukan, siapa pun boleh menjalani diet mayo ini. Mulai dari anak-anak sampai orang berusia dewasa.Dalam diet mayo, tidak ada batasan berapa banyak buah dan sayuran yang boleh kita konsumsi. Sebab, bagi banyak orang makan banyak buah-buahan dan sayuran tidak akan menyebabkan masalah apa pun."Namun, jika Anda tidak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, maka diet mayo yang Anda jalani percuma. Karena dengan bu [...]

Trik Langsing Usai Melahirkan dari Halley Berry

Trik Langsing Usai Melahirkan dari Halley Berry

Bagi aktris dan model terkenal, Halle Berry, menyusui merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi seorang ibu. Selain untuk memenuhi asupan yang menyehatkan bagi putra bungsunya Maceo Robert Martinez yang lahir pada Oktober 2013, menyusui juga bermanfaat bagi sang ibu sendiri. Menyusui, menurut bintang film Catwoman dapat membantu wanita terutama ibu-ibu yang habis melahirkan menurunkan berat badannya dengan cepat. "Setiap ibu harus menyusui. Ini adalah cara tercepat untuk menurunkan berat badan yang nantinya bisa dibantu dengan makan sehat," kata pemeran Ororo Munroe- Storm di Film X-Men ini, seperti dilansir The Stir, Minggu (6/4/2014). Meski terdengar egois, tapi inspirasi yang memang terbukti secara ilmiah ini banyak ditiru. Berbagai penelitian menyebutkan, selain dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyusui juga dapat membantu tumbuh kembang bayi lebih baik saat dewasa. Bagi ibu, menyusui juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, kanker rahim, serviks serta menangkal diabetes tipe 2 dan osteoporosis. [...]

Perempuan Ini Makin Seksi Gara-gara Makan Pisang 51 Buah Sehari

Perempuan Ini Makin Seksi Gara-gara Makan Pisang 51 Buah Sehari

Sejak berat badannya naik setelah melahirkan, Freelee bertekad untuk mulai mengonsumsi 2000 dan 5000 kalori per hari. Tapi bukan itu yang menarik. Karena yang mengejutkan, ia melakukan diet pisang dan dapat makan 51 pisang dalam sehari. Melansir laman Dailymail, Senin (14/4/2014), Freelee mengaku dietnya memang lebih banyak mengutamakan pisang dan buah lainnya dibanding karbohidrat. Intip saja kesehariannya seperti berikut ini: Pagi-pagi, makan sejumlah buah tunggal, seperti dua nanas, lima mangga, dua liter jus jeruk, 1,4 kilogram aprikot, atau 20 pisang. Setelah pukul 16:00 Freelee mengonsumsi makanan yang dimasak seperti 3,5 kilogram kentang panggang atau buah. Setelah menderita anoreksia dan bulimia di masa lalu, Freelee mengklaim bahwa mengadopsi diet pisang bukan hanya membuat tubuhnya seksi tapi juga membersihkan jerawat, tak pernah lagi mengalami kelelahan kronis, dan terhindar dari gangguang fungsi tiroid dan pencernaan. Meski diet ini masih kontroversial, namun beberapa ahli diet di Inggris menyatakan konsumsi pisang yang berlebihan menimbulkan keprihatinan. Sementara itu, Juru bicara Asosiasi Diabetes Amerika, Aisling Pigott menyampaikan bahwa diet pisang ini mena [...]

Mau Diet Sukses, Kuncinya Ada di Pikiran

Mau Diet Sukses, Kuncinya Ada di Pikiran

Banyak orang beranggapan, diet itu menyulitkan dan cenderung menyengsarakan. Ada beberapa mitos yang salah sebenarnya dalam menjalani diet. Seperti misalnya diet itu bukan berarti tidak makan. Karena segala keinginan makan yang ditahan itu justru akan menambah berat badan. Seperti disampaikan pakar Hypnoslimming, Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt bahwa sebenarnya pola pikir yang eror lah yang menyebabkan pola kerja tubuh ikut eror. Artinya, kebanyakan masalah berat badan sebenarnya bukan karena apa yang Anda makan tapi karena suasana hati yang mempengaruhi pola pikir sehingga ketika ingin makan ditahan, sampai akhirnya gagal diet. "Prinsipnya kalau ingin langsing nggak boleh menahan makanan apapun. Jangan seperti bola karet yang ditekan dalam air, kita paksa dia terus untuk bertahan dalam air dan Blum! bola itu keluar air. Begitu juga perut kita, kalau kita tahan, nanti makannya jadi lebih banyak. Karena menahan pikiran kita sendiri itu akan buat kita kalah," kata Tony saat ditemui di acara seminar Kamaratih-Totok Perut di DCost, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (24/5/2014). Nih, yang perlu Anda perhatikan, kata Tony, Anda tidak dibenarkan untuk makan teman makanan yang Anda inginkan. M [...]

Saat Diet, Lebih Baik Kurangi Karbohidrat atau Lemak?

Saat Diet, Lebih Baik Kurangi Karbohidrat atau Lemak?

Jika diminta memilih, lebih baik mengurangi asupan karbohidrat atau lemak saat diet? Nah, sebuah penelitian baru yang diterbitkan di Annals of Internal Medicine menemukan bahwa cara efektif dalam menurunkan berat badan adalah mengurangi karbohidrat. Seperti dikutip Womenshealth, Senin (15/12/2014), untuk penelitian ini, ilmuwan dari Tulane University secara acak melibatkan 148 pria dan wanita obesitas tanpa penyakit jantung atau diabetes untuk mengikuti diet rendah karbohidrat dan diet rendah lemak. "Setelah satu tahun, peserta yang diet rendah karbohidrat kehilangan sekitar 34 kilogram dibanding mereka yang diet rendah lemak. Plus, diet rendah karbohidrat membuat massa lemak dan faktor risiko kardiovaskular lainnya menurun," ujar peneliti.Tapi, ada yang penting dicatat dalam peneliti. Dalam studi tersebut, peneliti menyarankan diet hanya membatasi asupan karbohidrat sampai 40 gram per hari (sekitar empat potong roti gandum) dan mengatakan kepada mereka untuk mengonsumsi banyak gram serat."Hati-hati memilih sumber karbohidrat adalah kuncinya. Jika hanya mengurangi nasi putih, kentang, biji-bijian olahan, dan minuman maka berat badan cenderung mengikuti. Sebaliknya, Anda tidak aka [...]

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Avokad, Kudapan Siang Bikin Langsing dan Tahan Lapar

Sebuah studi baru yang dilakukan peneliti di Loma Linda University, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa menyisipkan buah avokad saat makan siang dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti dikutip laman Health, Senin (5/5/2014) mengonsumsi setengah avokad di siang hari dapat membantu mengurangi rasa lapar di sore hari. Peneliti bahkan mengatakan bahwa serat dan lemak tak jenuh tunggal dalam avokad bisa membantu membuat Anda kenyang lebih lama. Penulis studi, Dr. Michelle Wien, PH juga menuliskan manfaat avokad yang kaya serat dan lemak tak jenuh sehingga membuat seseorang bisa kenyang tahan lama. Sebelumnya, Ahli Gizi dari Loma Linda University, California, Dr. Joan Sabate menjelaskan bahwa rasa kenyang dalam diet merupakan faktor penting dalam menghindari seseorang mengalami kenaikan berat badan. Cara lain kenyang yang sehat yakni dengan menambahkan setengah porsi avokad pada saat makan siang. [...]

5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

Diet Mayo yang dirancang oleh para pakar kesehatan dari Mayo Clinic ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dapat dilakukan seumur hidup. Diet ini membantu meningkatkan kesehatan para pelakunya dengan cara memilih makananan sehat dan mengembangkan gaya hidup sehat. Berikut 5 makanan sehat yang bisa dijadikan menu diet mayo Anda seperti yang dilansir Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Senin (20/10/2014): 1. Apel Apel dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Selain itu, apel juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga kesehatan kapiler dan pembuluh darah lainnya, dan membantu dalam penyerapan zat besi. Tunggu apa lagi, ayo masukkan apel di dalam menu diet mayo Anda! 2. Brokoli Selain merupakan sumber asam folat, brokoli juga mengandung fitonutrien. Makanan sehat yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin A pada brokoli juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. 3. Kacang Merah Kacang merah merupakan sumber fosfor dan kalium ya [...]

Kata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi`

Kata `Sarapan` Lebih Pas Dibanding `Makan Pagi`

Dahulu orang menyebut aktivitas mengonsumsi sesuatu di pagi hari dengan "makan pagi'. Tapi kini, sebutan itu sudah tidak pas untuk digunakan, dan harus diganti dengan 'sarapan'. Sebab, sarapan merupakan aktivitas makan dan minum yang dilakukan di pagi hari."Sarapan merupakan sebutan yang pas. Kalau hanya makan pagi, yang diingat hanya makannya saja tidak ada minumnya. Sedangkan kita kalau tidak minum kepala akan pusing serta pencernaan akan terganggu," kata Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS dalam acara 'Nestle Breakfast Cereals Sambu Pekan Sarapan Nasional 2014' di Carefour Lebak Bulus, Jakarta, Jumat (14/2/2014)Agar sarapan memiliki manfaat yang besar untuk tubuh, lanjut Hardinsyah, maka yang harus disantap adalah makanan pokok dan minuman berupa cairan pendamping. "Makanan pokoknya adalah karbohidrat. Kalau ada nasi di rumah, ibu bisa memasaknya dan menjadikannya sebagai nasi goreng," kata dia menambahkan.Karena definisi dari makan adalah menyantap menu bervariasi, maka ada baiknya untuk menambahkan menu lain dari seporsi nasi goreng yang dimasak untuk disantap ketika sarapan. Baik itu telur, ikan, atau siwira [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *