2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

039354900_1410930568-Diet.jpg

Diet mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab, diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh kita saat menjalaninya.

Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.

Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo.

Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.

Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut, seperti dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Lose it!

Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.

Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasaan gaya hidup. Kita belajar bagaimana cara menambahkan kebiasaan sehat dan membuang kebiasaan buruk dalam kehidupan kita sehari-hari. Terpenting dalam fase ini, jangan lupa untuk berolahraga, setidaknya 30 menit sehari.

2. Live it!

Menurut pakar profesional dari Mayo Clinic, fase ini merupakan suatu pendekatan seumur hidup untuk diet dan kesehatan.

Pada fase ini, kita mempelajari lebih jauh tentang pilihan makanan untuk diet mayo, ukuran porsi, perencanaan menu, dan berpegang teguh pada kebiasaan sehat.

Kita akan melanjutkan penurunan berat badan yang stabil sebanyak 1 sampai 2 pound (0,5 sampai 1 kilogram) dalam seminggu, sampai kita mencapai berat badan yang diinginkan.

Dengan terus menjalani gaya hidup sehat ini, kita dapat mempertahankan berat badan secara permanen. Kita pun akan belajar bagaimana mengatur agar berat badan tetap stabil dan mengembangkan pola makan sehat sepanjang hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Tubuh kita sangat cepat menyimpan kalori ekstra dalam bentuk jaringan lemak atau sel lemak, bila kalori yang masuk lebih besar daripada yang keluar. Untuk mencegah kegemukan atau mengurangi berat badan, pengaturan makan yang benar harus dilakukan Ada orang mengeluh, hanya melihat makanan saja sudah menambah berat badan. Sementara yang lain dapat menikmati aneka makanan modern tanpa khawatir bertambah gemuk. Itu bisa terjadi, karena: 1. Gender (jenis kelamin)Pria memiliki metabolisme lebih tinggi daripada wanita. Wanita mempunyai tantangan berat badan meningkat saat hamil. Kebanyakan susah kembali ke berat normal normal. Namun, kesibukan merawat sendiri bayinya akan membantu ibu dalam usaha membakar kalori. Metabolisme wanita menopause juga menurun, sehingga perlu mengatur asupan kalori. 2. Usia Metabolisme tubuh usia lanjut tentu menurun. Konsumsi kalori berlebih bisa menyebabkan kegemukan, apalagi jika aktivitas juga menurun. ?Menurut hasil penelitian, kaum usia lanjut lebih cepat gemuk karena tubuh sudah tidak dapat lagi mengatur metabolisme yang fleksibel,? kata Mary P. Clarke, Ph.D, RD, profesor makanan dan nutrisi di Universitas Pusat Kansas di Manhattan. 3. A [...]

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Meski Sedot Lemak, Olahraga Tetap Harus Jalan

Sedot lemak menjadi jalan pintas bagi individu yang sulit menurunkan bobot tubuhnya. Meski sedot lemak memiliki nilai plus, tetap saja banyak pihak yang berkecimpung di dunia kesehatan yang melarang untuk melakukan pengambilan lemak yang tidak boleh terlalu banyak.Sama halnya dengan yang dilakukan Etty Budhi. Sebagai seorang Personal Trainer, wanita yang terlihat aktif di usia yang tidak lagi muda, tidak pernah menganjurkan siapa pun untuk melakukan sedot lemak."Tapi, jika orang tersebut sudah benar-benar over weight atau obesitas, dan jalan satu-satunya adalah sedot lemak, ya mau bagaimana lagi, itu adalah jalan pintas," kata Etty Budhi di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014)Tapi harus diingat bahwa usai melakukan sedot lemak, mereka pun tetap harus melakukan olahraga secara rutin. Apalagi bagi mereka yang melakukan sedot lemak untuk mentransfer lemak itu ke bagian lain di tubuhnya, sudah sangat jelas harus berolahraga."Misalnya saja ada orang yang kelebihan lemak di perut, kemudian disedot dan ditransfer ke bokong. Nilai plusnya, perutnya flat (rata), pantatnya berbentuk. Tapi, kalau tidak berolahraga, tetap saja perut yang rata itu akan kembali (berlemak [...]

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Benarkah Korset Bikin Langsing Kim Kardashian?

Kalau Anda sadari, ada hal menarik yang membuat sosialita, Kim Kardashian memiliki pinggang kecil walaupun baru beberapa bulan melahirkan. Ya, dia sering menggunakan korset. Pakaian yang biasanya sering digunakan sebagai dalaman pakaian ini sering digunakan ibu North West ini. Banyak yang beranggapan, korset bisa menjaga bentuk tubuh tidak melar setelah melahirkan, benarkah? pelatih fitnes sekaligus dokter kandungan Michele Olson, PhD mengatakan korset ternyata tidak membantu pembakaran lemak. "Korset tidak bisa membakar lemak. Lemak perut memang dapat menyebabkan penyakit jantung, tapi dalam hal ini korset terlalu ketat bisa menghambat pernapasan, sirkulasi darah, dan pencernaan," katanya, seperti dilansir Fitnessmagazine, Sabtu (8/11/2014). Anggota fitnes lainnya yang juga dokter kandungan, Jennifer Ashton, MD, juga menampiknya. "Apa pun yang Anda kenakan, tidak akan menembus beberapa lapisan lemak dalam perut Anda," katanya. "Ada kemungkinan bahwa lemak itu bergeser, tapi tidak hilang. Menggunakannya setelah melahirkan biasanya berguna untuk kenyamanan dan penampilan," katanya.Intinya, lanjut Jennifer, bila Anda ingin pinggang langsing, lakukan diet dan olahraga untuk membak [...]

Es Krim Bisa Percepat Pertumbuhan Sel Kanker

Es Krim Bisa Percepat Pertumbuhan Sel Kanker

Siapa yang tidak suka camilan lezat dingin seperti es krim? Meski banyak orang menyukainya, Dokter Munetetsu Tei dari Nihon Pharmaceutical University, sebuah institusi yang menggabungkan pengobatan modern dengan pengobatan holistik justru menuliskan bahaya es krim bagi penderita kanker. Dalam bukunya, Gan No Iyagaru no Shokuji (Diet benci kanker), Dr. Tei menjelaskan, adanya keterkaitan antara es krim dan sistem kekebalan tubuh manusia. Karena ia memperhatikan beberapa pasien kanker yang suka melahap es krim sering kambuh. Seperti dugaannya, Dr Tei akhirnya melakukan studi kecil. Ia menemukan, beberapa makanan seperi es krim, gula, junk food memiliki kandungan gula yang tinggi dan dapat membuat penyebaran sel kanker berkembang lebih cepat. "Kanker berkembang pada makanan yang dingin dan manis. Jenis makanan tersebut bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Memberikan makanan ini ke pasien sama saja memberikan makan sel kanker," tulis Dr Tei, seperti ditulis Rocketnews24, Rabu (28/5/2014). Tak cukup sampai di situ, Dr Tei juga menuliskan, buah-buahan yang terlalu manis seperti apel juga kurang baik dikonsumsi penderita kanker. [...]

Ingat, Teh Hijau Tak Bisa Bikin Anda Kurus!

Ingat, Teh Hijau Tak Bisa Bikin Anda Kurus!

Tubuh ideal merupakaan dambaan setiap orang. Untuk mencapai berat badan ideal, beragam cara dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi teh hijau.Tak dapat dimungkiri, masih banyak yang percaya bahwa konsumsi berlebih teh hijau ampuh membakar lemak dan menurunkan berat badan. "Tidak ada gunanya minum banyak teh hijau apabila pola makannya berantakan. Bisa saja sih kurus, tapi karena kekurangan cairan, bukan lemak. Jelas ini tidak sehat," kata Clinical Dietician, Emilia E. Achmadi MS., RD dalam acara `Ichi Ocha, Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Pertama dengan 1 Kali Proses Penyeduhan`, The Only One Club, FX Lifestyle X?enter, Jakarta, ditulis Kamis (6/2/2014)Menurut Emilia, teh hijau memiliki fungsi sebagai salah satu pendukung dihancurkannya lemak jahat dalam tubuh. Tapi, teh hijau tidak akan membuat kurus bila pengonsumsinya sendiri tidak menjaga pola makan dan hidupnya."Minum teh hijau idealnya sekitar 2 sampai 3 gelas sehari. Dan jangan lupa minum air putih. Kalau mau kurus, imbangi dengan pola makan, istirahat, dan aktivitas fisik," kata dia menambahkan.Selain antioksidan, tambah Emilia, di dalam teh hijau terkandung senyawa lain yang dapat menimbulkan efek diuretik, rasa ingin [...]

Lapar Tengah Malam dan Tak Ingin Gemuk? Makan Buah Ini

Lapar Tengah Malam dan Tak Ingin Gemuk? Makan Buah Ini

Kita semua mungkin tahu kalau rahasia menurunkan berat badan itu selain mengonsumsi makanan sedikit kalori, juga harus mengandung nutrisi dan vitamin.Nah, ternyata kategori makanan pembakar lemak dengan kalori minim ada pada buah semangka. Selain rendah kalori, buah ini juga mengandung lycopene yang bisa mengurangi kanker.Seperti dikutip Healthmeup, Jumat (7/11/2014) dalam 100 gram semangka hanya mengandung 30 kalori. Jadi bisa dibayangkan bukan, bila makanan ini dikonsumsi sebagai camilan saja, kita sudah dapat banyak manfaatnya.Semangka yang mengandung banyak air juga bisa mengurangi gejala dehidrasi. Belum lagi kandungan seratnya yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Maka itu, buah ini disebut-sebut efektif dikonsumsi saat diet.Satu lagi manfaat semangka yang perlu Anda tahu, buah ini kaya akan elektrolit, natrium dan kalium serta sumber baik dari L-citrulline / L-arginine, asam amino yang menurunkan tekanan darah. Dengan manfaat ini membuat semangka diklaim bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). [...]

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur, Ada 20 Langkah

Diet Panjang Umur Dalam bukunya berjudul The Real Age Diet: Make Yourself Younger with What You Eat, gerontologis dari University of Chicago, Dr. Michael F. Roizen, menyebutkan bila Anda ingin awet muda, ikuti beberapa petunjuk ini: 1. Menyantap setidaknya empat porsi buah sehari. Beraneka vitamin dan mineral, juga serat ada dalam buah-buahan. 2. Gunakan makanan pengganti. Sedikitnya ada tiga makanan pengganti untuk bahan makanan yang Anda asup setiap hari. Misalnya, bila hari ini Anda menggunakan margarin, gantilah dengan minyak zaitun. Begitu seterusnya. 3. Konsumsilah ikan sedikitnya tiga kali seminggu. Sebagian besar ikan mengandung omega 3. Bahan ini sangat bagus untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kemampuan otak. Omega 3 membantu menstabilkan jantung, mencegah kanker usus, menjaga kesehatan payudara, serta meningkatkan sistem imun. Ikan tuna, salmon, trout, makarel, sarden, adalah yang disarankan. Konsumsi ikan 13 ons per minggu bisa membuat umur 1,6 sampai 3,4 tahun lebih muda. 4. Makan teratur setiap hari. Jangan anggap dengan tidak makan misalnya di pagi hari, Anda terus sehat. Tubuh justru akan minta lebih banyak di malam hari. Lantas gemuklah [...]

Minum Air Putih Tak Bantu Turunkan Berat Badan

Minum Air Putih Tak Bantu Turunkan Berat Badan

Pelaku diet banyak yang mencoba meminum air putih untuk membantu menurunkan berat badannya. Tapi, minum air demi langsing hanya mitos.Demikian disampaikan Ahli Gizi Dr Beth Kitchin, di University of Alabama seperti dilansir MailOnline, Minggu (16/3/2014)."Sangat sedikit bukti air bisa menurunkan berat badan. Itu adalah mitos yang abadi," kata Dr Kitchin.Dr Kitchin menjelaskan, meski tak ada buktinya namun ia tak mengatakan minum putih tak baik. "Hanya ada satu penelitian yang menunjukkan orang yang lebih banyak minum air membakar banyak kalori dan itu hanya beberpa kalori per hari," kata Dr Kitchin.Ia menambahkan, minum delapan gelas sehari juga merupakan mitos agar orang langsing. "Orang memang perlu mendapat cairan, tapi itu tak harus air putih. Tak ada bukti bahwa itu mencairkan lemak atau membuat Anda merasa lebih kenyang, jadi jika Anda tak suka air tak masalah," kata Dr Kitchin.Ia menjelaskan, air putih memang cairan terbaik yang diminum untuk menghidrasi tubuh, tapi teh hijau. kopi, dan squash juga bisa menghidarsi. "Orang berpikir kopi tak masuk hitungan, namun sebenarnya tidak."Ketika Anda minum kopi, tubuh Anda mempertahankan banyak cairan terutama orang-orang yang biasa [...]

Lakukan Hal Mudah Ini di Pagi Hari Agar Tetap Langsing

Lakukan Hal Mudah Ini di Pagi Hari Agar Tetap Langsing

Siapa bilang menurunkan berat badan selalu mesti dengan latihan fisik yang berat. Sebuah studi baru dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, yang diterbitkan dalam Jurnal PLoS ONE menemukan, bangun dan berjemur diri di bawah siraman cahaya matahari di pagi hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Seperti ditulis Womenshealth, Sabtu (5/4/2014) peneliti meminta 54 peserta yang rata-rata berusia 30 tahun. Peserta diminta memakai monitor di pergelangan tangan yang dilacak peneliti selama tujuh hari berturut-turut. Peserta juga diminta menjaga makanan dan merekam asupan kalori termasuk apakah mereka terkena sinar matahari pagi atau tidak. Ternyata, orang-orang yang mendapat lebih banyak cahaya pagi memiliki BMI lebih rendah daripada yang kurang mendapat sinar matahari. Jadi, mengapa orang yang terpapar sinar matahari pagi berhubungan dengan penurunan berat badan? Peneliti menerangkan dua alasan. Pertama, cahaya pagi dapat menyinkronkan jam internal tubuh Anda, yang berarti bahwa Anda mungkin memiliki jadwal tidur alami dan mantap. Jadwal tidur yang stabil membantu metabolisme berjalan lebih efisien dan membantu penurunan berat badan. Alasan kedua, secara a [...]

Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Garam merupakan bahan yang digunakan untuk menambahkan cita rasa dalam masakan yang disajikan. Tanpa garam, masakan akan terasa hambar. Meski besar manfaatnya, kita harus tahu bahwa konsumsi garam berlebihan berakibat buruk bagi kesehatan.American Heart Association (AHA) menunjukan, orang yang sehat tanpa tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular, ada baiknya tidak mengonsumsi lebih dari 3,75 gram garam per hari. Berikut alasan Anda harus membatasi pemakaian garam dalam diet harian, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Jumat (16/5/2014)Tekanan darahKonsekuensi yang akan Anda terima jika mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih adalah meningkatnya tekanan darah. Jika ini sampai terjadi, Anda pun berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.Dalam sebuah studi, orang yang mengurangi sepertiga asupan natrium, dapat mengurangi 22 persen terjadi stroke, dan 16 persen serangan jantung di Inggris.OsteoporosisOsteoporosis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kesehatan tulangnya, sehingga rapuh dan lemah. Kalsium adalah mineral utama yang memberikan kontribusi besar untuk kesehatan tulang. Sedangkan bila Anda masih mengonsumsi garam dengan asupan yang cukup tinggi, j [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *