2 Hal yang Harus Dipahami dalam Diet Mayo

039354900_1410930568-Diet.jpg

Diet mayo memiliki dua hal penting yang harus dipahami oleh para pelakunya. Sebab, diet mayo dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing, sesuai dengan situasi tubuh kita saat menjalaninya.

Diet mayo yang ditemukan oleh pakar profesional dari Mayo Clinic merupakan jenis diet yang dikembangkan berdasarkan penelitian dan pengalaman klinis, yang diterbitkan pada 2010.

Para pakar profesional mengatakan bahwa mengontrol berat badan jangka panjang akan sukses bila kita tidak hanya berfokus pada apa yang dimakan saja. Pun saat kita menjalani diet mayo.

Dengan diet mayo ini, diharapkan kita mampu mengubah gaya hidup secara menyeluruh, dan mengadopsi kebiasaan sehat yang baru.

Ada pun dua bagian utama dalam diet mayo yang harus kita pahami adalah sebagai berikut, seperti dikutip Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic pada Rabu (17/9/2014)

1. Lose it!

Lose it merupakan fase dari diet mayo yang akan membuat kita tampak berbeda dalam waktu dua minggu. Pada fase ini, kita akan belajar bagaimana cara menghilangkan bobot tubuh sebanyak 6 sampai 10 pon (2,7 sampai 4,5 kilogram) dengan cara yang sehat.

Para pakar profesional mengatakan, pada fase ini kita akan lebih fokus pada kebiasaan gaya hidup. Kita belajar bagaimana cara menambahkan kebiasaan sehat dan membuang kebiasaan buruk dalam kehidupan kita sehari-hari. Terpenting dalam fase ini, jangan lupa untuk berolahraga, setidaknya 30 menit sehari.

2. Live it!

Menurut pakar profesional dari Mayo Clinic, fase ini merupakan suatu pendekatan seumur hidup untuk diet dan kesehatan.

Pada fase ini, kita mempelajari lebih jauh tentang pilihan makanan untuk diet mayo, ukuran porsi, perencanaan menu, dan berpegang teguh pada kebiasaan sehat.

Kita akan melanjutkan penurunan berat badan yang stabil sebanyak 1 sampai 2 pound (0,5 sampai 1 kilogram) dalam seminggu, sampai kita mencapai berat badan yang diinginkan.

Dengan terus menjalani gaya hidup sehat ini, kita dapat mempertahankan berat badan secara permanen. Kita pun akan belajar bagaimana mengatur agar berat badan tetap stabil dan mengembangkan pola makan sehat sepanjang hidup.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Puasa, Waktu Terbaik Langsingkan Tubuh dengan Totok Perut

Jangan pernah menyerah untuk memiliki bentuk badan yang ideal. Menjelang bulan Ramadhan, ketika tubuh berpuasa lebih dari 12 jam, ternyata ini merupakan waktu yang tepat untuk membuat tubuh lebih ramping. Seperti diungkapkan Founder Totok Perut Kamaratih, Ratih Dewanti, berpuasa semestinya menjadi kesempatan besar untuk menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Ini karena High Human Growth Hormone (HGH) akan lebih sering aktif."Kita kan puasa sekitar 12 jam lebih, saat HGH aktif, olahraga sebelum berbuka bisa membantu penurunan berat badan lebih cepat. Dua kali lebih cepat pembakarannya dibanding saat tidak puasa," kata Ratih saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (10/6/2014).Selain itu, wanita 55 tahun yang memiliki berat 60 kilogram tersebut juga mengatakan trik agar mudah langsing di bulan Ramadhan yaitu olahraga pada pukul 4 sore, saat berbuka minum dengan air hangat dan minum atau makan setelah shalat maghrib. Sedangkan totok perut disarankan dilakukan saat puasa untuk mempertahankan berat badan. [...]

Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA Prediksi Diet Paling Efektif untuk Anda

Tes DNA ternyata bisa memprediksi diet yang paling efektif untuk tubuh Anda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Amerika Serikat, tes DNA bisa menentukan apakah Anda lebih cocok melakukan diet rendah lemak atau diet karbohidrat.Hasil studi awal dari 101 perempuan menunjukkan mereka yang melakukan diet sesuai gen dapat menurunkan berat badan dua sampai tiga kali lipat lebih besar dibanding yang lain.Sebuah studi yang berkembang yaitu nutrigenomics mencoba melihat bagaimana makanan dapat berinteraksi dengan gen. Dan telah lama diketahui bahwa reaksi seseorang terhadap nutrisi tertentu tergantung dengan genetik. Para peneliti dari universitas Stanford menganalisis data dari 101 perempuan dengan cara mengambil sampel DNA mereka dari sel pipi. Para perempuan itu dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan genotipe yang digambarkan sebagai karbohidrat rendah responsif, responsif diet rendah lemak dan diet yang seimbang genotipe responsif.Hasilnya ditemukan bahwa orang-orang yang diet sesuai dengan genotipe mereka berhasil menurunkan berat badan 2-3 lebih besar setelah 12 bulan dibanding mereka yang melakukan diet "salah".Prof Christine Williams, dari University of Reading berpendapat ini [...]

Gemuk Saat Hamil Bisa Berlanjut Lho!

Gemuk Saat Hamil Bisa Berlanjut Lho!

Wanita yang saat hamil memiliki berat badan berlebih bisa keterusan lho. Kebanyakan calon ibu berpikir mengonsumsi makanan harus dengan jumlah lebih dari biasanya atau dua porsi, satu untuk ibu dan satu lagi untuk sang buah hati. Pemikiran tersebut yang menurut peneliti dari Penn State College of Medicine sering sekali menjadi penyebab calon ibu menderita obesitas. Para peneliti tersebut memperingatkan selama kehamilan sebaiknya juga menjaga berat badan. "Masalah berat badan itu berdampak pada jangka panjang, bisa keterusan atau berlanjut menderita obesitas dan ada risiko kelahiran prematur. Untuk itu sebaiknya rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan dan ahli gizi," kata Pemimpin Studi, Profesor Kedokterdan dan Ilmu Kesehatan masyarakat di Penn State College of Medicine, Cynthia Chuang, dikutip Health, Senin (3/3/2014). Para peneliti melibatkan 29 wanita yang telah melahirkan dengan berat badan yang berlebih. Semuanya diberi pertanyaan seputar kebiasaan mereka setelah melahirkan mulai dari morning sickness, olahraga dan pola makan. Setengah dari peserta penelitian tersebut memiliki pemikiran yang sama yaitu mengonsumsi makanan dengan jumlah lebih banyak. "Secara keseluruha [...]

Diet yang Tepat dan Efektif Menurut Adrian Maulana

Diet yang Tepat dan Efektif Menurut Adrian Maulana

Diet bagi Adrian Maulana adalah manajemen makan dan bagaimana cara mengatur setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bukan tidak makan sama sekali, dan hanya mau mengonsumsi buah-buahan dan sayuran saja. Diet, kata Adrian, bila sampai membuat tubuh menjadi lemas, loyo, dan membuat muka terlihat kusam, menandakan bahwa ada yang salah dengan konsep diet yang dijalani itu. "Apalagi bila diet membuat si pelaku merasa tersiksa, berarti konsepnya yang harus diperhatikan. Kenapa? Karena menurut saya, diet yang baik adalah pola hidup yang dapat dijalani sepanjang hidup kita," kata Adrian kepada Health-Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (27/9/2014) Suami Dessy Ilsanty mengatakan bahwa dirinya telah menjalani diet selama belasan tahun. Setiap pagi, dirinya rutin mengonsumsi oat dan putih telur. Sedangkan pada siang hari, barulah memasukan karbohidrat berupa nasi ke dalam tubuhnya. "Malam hari, saya mengonsumsi lauk pauknya saja dan buah-buahan," kata Adrian. Pola diet yang seperti ini, terang Adrian, membuat tubuhnya senantiasa sehat dan bugar. Adrian mengaku, dirinya bukanlah sosok orang yang seringkali sakit dan harus menjalani perawatan di rumah sakit. "Saya juga kan ingin hidup panja [...]

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

Kehidupan super sibuk sering dijadikan mereka yang ingin menurunkan berat badan sebagai alasan tak sempat untuk berolahraga dan memasak makanan sehat di rumah. Kesibukan di kantor yang menguras waktu atau kesibukan kuliah ditambah perjalanan panjang rumah ke kantor pulang pergi membuat waktu hanya cukup untuk beristirahat. Tapi tenang, bagi Anda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menurunkan berat badan masih ada cara untuk mendapatkan hal tersebutl lewat beberapa langkah kecil. Dilansir dari laman Women's Health pada Senin (24/11/2014) dengan melakukan beberapa hal kecil berikut bisa berdampak menurunkan berat badan Anda. 1. Singkirkan stok makanan atau minuman tak sehat Jauhkan makanan enak di lidah seperti keripik, kerupuk olahan, makanan beku. Lupakan juga aneka minuman kola dan manis lainnya. "Ketika sedang sibuk dan lapar, Anda akan mengambil makanan ini dibandingkan makanan sehat," terang ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey, R.D. Lebih baik, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran. 2. Tulis jadwal olahragaTulis dalam reminder Anda maupun notes, pada pukul berapa esok akan berolahraga. "Jika Anda menulis dengan spesifik be [...]

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Membenci Orang Saat Hamil Bisa Bikin si Anak Mirip yang Dibenci

Saat ibu hamil orang selalu mengingatkan jangan membenci orang karena wajah anaknya bisa mirip dengan yang dibenci. Alasannya, pikiran ibu bisa memengaruhi fisik anak.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang dengan Redaksi Liputan6.com, seperti ditulis Minggu (2/2/2014)."Jangan benci orang berlebihan. Bukan cuma benci, emosi pikiran ke satu orang membuat anaknya jadi mirip," kata pria yang akrab disapa Kak Arief.Menurut Arief, antara benci dan cinta itu tipis. Cinta dan benci sama-sama membayangkan orangnya. "Kita bayangkan, visualisasikan menempel ke mindset kita, jadi mendarah daging dan jadi karakter kita," ujarnya.Ketika hamil, lanjut Arief, ibu membagi dua kebutuhan yakni fisik dan rohani. Emosi dan stres bisa mempengaruhi bayinya, termasuk fisiknya.Jika ibu stres maka anak ikut stres. "Saat itu kita tidak menyadarinya. Kerugian kelihatan saat dewasa. Saat remaja sudah kelihatan. Jadi ibu hamil perasaannya dijaga.Arief berpegang pada pernyataan `Jagalah pikiranmu karena pikiran menjadi kata-katamu. Jagalah kata-katamu karena kata-kata menjadi sikapmu. Jagalah sikapmu karena sikap menjadi sifat dan jagalah si [...]

Selama Hamil Ibu Dilarang Jadi Vegetarian

Selama Hamil Ibu Dilarang Jadi Vegetarian

Menjadi seorang vegetarian adalah pilihan hidup masing-masing individu. Beragam manfaat memang didapat ketika memutuskan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi daging. Tapi bagi wanita, ketika memutuskan untuk hamil, ada baiknya untuk melepaskan diri sejenak dari kebiasaannya tersebut.Di masa kehamilan, ibu hamil (bumil) wajib untuk mengonsumsi makanan yang beragam. Tidak hanya sayuran, tapi juga harus mengonsumsi yang berasal mengandung protein hewani. Bila bumil masih vegetarian, bagaimana bisa memenuhi itu semua.Penjelasan ini disampaikan Guru Besar dari Departemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS. saat berbincang dengan Health Liputan6.com, pada Rabu (5/2/2014)"Mengapa jangan vegetarian? Sebab, bumil harus memenuhi kebutuhan asam folat sekitar 600 mikrogram per hari," kata Prof. Hardin menjelaskan.Enam ratus mikrogram asam folat per hari, lanjut Prof. Hardin, bisa didapatkan bumil dengan cara mengonsumsi tiga mangkuk sayuran hijau, terutama bayam, brokoli, tauge, dan dua porsi buah, seperti jeruk, pepaya, dan stroberi. "Dan jangan lupa, tiga potong pangan hewani, seperti hati, telur, dan lauk lainnya," kata Prof. Hardin menambahka [...]

Makan Sushi Tanpa Takut Gemuk

Makan Sushi Tanpa Takut Gemuk

Siapa yang tak mengenal sushi? makanan asli Jepang ini memang membuat siapapun tergoda. Selain lezat, gulungan nasi dan lauknya juga disebut-sebut salah satu makanan sehat yang kini semakin mudah didapatkan di Indonesia. Tapi jangan salah. Menurut pakar gizi dan kesehatan dari New York, Allison Tanenbaum tidak semua jenis sushi sehat. Karena beberapa gulungan sushi bisa mengandung 500 sampai 1.000 kalori. "Selain lezat, sushi bisa jadi makanan tak sehat karena tergantung pada apa yang Anda pesan." Untuk tetap dapat menikmati makanan lezat dan sehat, perhatikan beberapa tips dalam memilih menu sushi seperti dilansir Everydayhealth, Jumat (7/3/2014) berikut ini: 1. Mengubah mindset saat memesan makanan di Restoran sushi Wakil Presiden Kuliner di Blue C Sushi dari Seattle, Jeffery Lunak, menyarankan untuk memakan potongan kecil sushi dalam beragam jenis dibandingkan makan satu jenis sushi dalam jumlah banyak. "Satu gulungan nasi dengan ikan mentah ditambah sup miso dan sedikit protein jika disatukan bisa jadi keseimbangan yang sempurna." 2. Mulai dengan Edamame Edamame atau kedelai Jepang menurut Allison adalah makanan rendah kalori dan tinggi protein yang sangat baik jika dikon [...]

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Penelitian yang dilakukan profesor emeritus biokimia di Liverpool John Moores University, Rodney Bilton cukup mengejutkan. Beliau menghabiskan 15 tahun untuk mencari tahu apa saja makanan apa yang tepat untuk menjadi langsing dan sehat. Dan salah satunya ternyata pisang mentah.Mengutip laman Dailymail, Kamis (17/7/2014), pisang mentah yang berwana kehijauan disebut Prof Rodney memiliki kandungan serat yang tinggi dan resisten pati (Resistant Starch) yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar. "Serat pada pisang mentah ini tidak diserap oleh usus kecil melainkan diserap lambat oleh tubuh bersama bakteri di usus besar untuk memberikan energi yang lama," kata Rodney.Resisten pati,kata Rodney merupakan jenis karbohidrat tidak seperti karbohidrat lainnya. Karena tidak menyebabkan gula darah meningkat jadi aman bagi penderita diabetes dan tidak mudah lapar.Selain itu, katanya, pisang mentah juga memiliki keuntungan pelangsing lain seperti merangsang pelepasan hormon, glukagon, yang membuat pembakaran lemak."Resisten pati merupakan komponen penting dalam mengelola berat badan dan gula darah, serta membantu bakteri sehat tumbuh di usus besar. Nilai tambahnya, [...]

Diet Tapi Kulit Bergelambir, Bagaimana Mengatasinya?

Diet Tapi Kulit Bergelambir, Bagaimana Mengatasinya?

Para pelaku diet kerap kewalahan ketika mengetahui badan mereka menjadi bergelambir ketika kurus. Hal itu menandakan bahwa pelaku diet hanya menjalani diet saja, tanpa diimbangin dengan berolahraga.Menurut Personal Trainers, Etty Budhi, mereka yang berdiet tapi diimbangin dengan olahraga secara rutin, ketika kurus akan memiliki perut yang kencang dan tidak bergelambir."Kalau menggelambir, karena mereka diet doang, tidak diimbangin dengan olahraga. Kan yang paling bagus adalah dengan melakukan keduanya," kata Etty Budhi di Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta, ditulis Kamis (2/10/2014).Lebih lanjut wanita yang dinobatkan sebagai Instruktur Aerobik Terbaik di Indonesia menjelaskan bahwa dengan melakukan olahraga, otot-otot mampu berkontraksi, yang membuat perut para pelaku diet tidak bergelambir lagi."Karena kan saat turun berat badan, otomatis yang dibuang 'kan, air dulu. Setelah itu, baru massa otot. Dengan olahraga, mampu meningkatkan massa otot, yang membuat otot berkontraksi," kata Etty menjelaskan.Etty juga mengingatkan agar selama berolahraga, cukup melakukannya selama 20 menit, asalkan dikerjakan dengan intensitas yang tinggi. Ditambah juga dengan melakukan angkat beban, yang d [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *