3 Alasan Utama Anda Harus Mengganti Sprei Kasur

membersihkan-tempat-tidur-kutu.jpg

Bagi para ibu rumah tangga tentu sudah menjadi kewajibannya untuk menjadwalkan kapan sprei di rumah harus diganti.

Sprei yang menjadi alas bagi kita tidur tentunya harus diperhatikan kebersihannya, apalagi bagi si kecil atau orang-orang dengan bakat alergi.

Meskipun demikian, ada beberapa alasan medis lainnya yang memperkuat alasan kenapa Anda harus mengganti sprei secara rutin.

Pasalnya, jika kebersihan alas tidur dibiarkan tidak terjaga, maka akan muncullah ancaman-ancaman kesehatan lainnya yang bermunculan.

Apa saja konsekuensinya?

Berikut ini adalah beberapa paparannya dan alasan kesehatannya:

1. Sel Kulit yang Mati Mengundang Tungau

Saat tidur, terutama malam hari sel-sel tubuh kita diperbaiki dan diperbaharui dengan sel baru, begitu pula halnya dengan kulit.

Sisa-sisa kulit mati kita tentunya menempel pada sprei yang kita gunakan walaupun tidak terlihat dengan mata telanjang. Sisa-sisa kulit mati inilah yang akan menjadikan sprei tempat yang digemari tungau.

Tungau merupakan hewan mikroskopik yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang. Tungau banyak terdapat di dalam debu rumah. Tungau yang terbawa debu dan hinggap di sprei akan memakan sisa-sisa kulit mati yang terdapat di sana sehingga sprei yang jarang diganti akan mengandung banyak tungau.

Tungau ini adalah semacam kutu yang pada sebagian orang tidak tahan atau alergi terhadap sekret yang mereka keluarkan. Karenanya, jarang mengganti sprei dapat menyebabkan gatal-gatal terutama bagi orang yang alergi tungau. Debu yang menempel di sprei pun bila terhirup dapat menyebabkan sesak napas.

2. Tungau adalah Penyebab Skabies

Salah satu yang penyakit yang mudah muncul dari kondisi tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies hadir karena munculnya tungau atau kutu di tempat tidur yang lama tidak dibersihkan.

Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Skabies dikenali apabila ditemukan minimal dua dari keluhan-keluhan berikut:

  • Rasa gatal di daerah lesi pada malam hari
  • Umumnya terjadi dalam kelompok yang memiliki kontak dekat (seperti rumah, asrama, dsb)
  • Adanya lesi (perlukaan) khas berupa terowongan putih atau keabuan rata-rata sepanjang 1 cm yang pada ujungnya terdapat lesi kulit seperti jerawat atau lenting. Umumnya terdapat di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah.
  • Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa.

Permasalahannya adalah skabies seringkali menyerupai kelainan kulit lain yang juga memiliki keluhan gatal sehingga menyulitkan diagnosis, dan tentu saja, menyulitkan pengobatannya.

3. Sprei Lembab Menjadi Biang Kuman dan Jamur

Selain itu, saat tidur tidak jarang kita mengeluarkan keringat terutama bila saat udara panas. Keringat yang mengenai sprei dapat menimbulkan kelembaban yang menjadi tempat yang disukai oleh kuman dan jamur. Mengganti dan mencuci sprei secara berkala tentunya akan mengurangi kemungkinan kita untuk terjangkit berbagai penyakit.

Lalu apakah hal ini bisa terjadi juga pada alat tidur yang berada di ruangan ber-AC, yang notabene ruangan berAC lebih sedikit risiko mengundang kelembaban dan cenderung kering. Jawabnya adalah sama. Meskipun dirasa kering, kadar kelembaban tak kasat mata dan perkembangannya tidak dapat tertakar kecuali dengan piranti canggih. Jadi, untuk pencegahan keseluruhannya sangat disarankan untuk mulai rutin menjaga kebersihan alas tidur Anda.

Jadi, meskipun mengganti sprei terdengar sebagai sesuatu hal yang sepele namun ternyata jika diabaikan dapat berdampak bagi kesehatan kita.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
AC Hemat Listrik Mengurangi Penyakit Akibat Global Warming

AC Hemat Listrik Mengurangi Penyakit Akibat Global Warming

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan peringatan bahwa perubahan iklim dan pemanasan global memicu munculnya banyak penyakit baru di dunia. Sepanjang tahun 1976-2008 tercatat 30 penyakit baru muncul akibat suhu bumi yang memanas. Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Pendidikan dari Dewan Nasional Perubahan Iklim Indonesia, Amanda Katili Niode menyampaikan; ?Sebab perubahan iklim jelas-jelas akibat dari kegiatan manusia yang tak peduli terhadap keseimbangan alam, yang kemudian berimplikasi serius terhadap kesehatan publik, " jelas beliau. Salah satu pencetus pemanasan global adalah pemakaian energi yang tidak bertanggung jawab. Sumber energi olahan yang berupa bahan bakar fosil yang digunakan untuk menyalakan kendaraan ataupun mesin perindustrian memiliki tenggat waktu kapasitasnya, dengan kata lain suatu waktu akan habis. Tidak luput juga penggunaan energi listrik. Jelas dengan demikian sudah saatnya piranti elektronik dan mekanik yang hemat energi menjadi pilihan. Salah satunya adalah pemakaian AC sebagai penjaga kenyamanan suhu udara ruangan. Walau pemakaian AC tidak bisa dilepaskan dalam persepsi boros listrik, akan jauh berbeda urusannya jika piranti pengkondisi u [...]

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah & Sayur

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah & Sayur

Jika Anda memenuhi kulkas dengan menu-menu yang sehat, Anda baru saja memenangkan separuh pertempuran melawan penyakit. Karena dari pengaturan pola makan adalah selangkah usaha menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit degeneratif yang populer berkembang dewasa ini, antara lain seperti diabetes, hipertensi, stroke dan penyakit jantung koroner. Kenapa di Kulkas? Suhu ruangan tidak mampu menunda penurunan kualitas kesegaran buah dan sayuran. Dengan menyimpan menu makanan yang menyehatkan di kulkas, artinya Anda telah menyiapkan menu pola makan yang sehat untuk konsisten dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda memenuhi kulkas dengan makanan yang tidak menyehatkan, seperti daging olahan, makanan tinggi kalori dan junk food lainnya, maka mind-set hidup sehat akan jauh dari terlaksana. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan melalui PLoS Medicine, The Effect of Chromosome 9p21 Variants on Cardiovascular Disease May Be Modified by Dietary Intake: Evidance from a Case/Control and a Prospective Study. Dalam studi ini, mampu mendukung rekomendasi kesehatan publik US untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar lebih dari lima serving sizes yaitu sekitar 2.5 ukuran gelas penuh [...]

Mesin Cuci Pun Juga Harus Dicuci

Mesin Cuci Pun Juga Harus Dicuci

Fungsi mesin cuci adalah mencuci pakaian agar bebas dari kuman. Tapi apakah Anda tahu bahwa dalam mesin cuci pun terdapat kuman? (Baca: 10 Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari) Jangan panik. Karena seperti halnya pakaian yang harus dicuci setiap hari, mesin cuci pun harus dibersihkan secara berkala untuk menghilangkan bau dan menghilangkan kuman. Berikut adalah tips untuk membersihkan mesin cuci: EksteriorSupaya eksterior mesin cuci Anda tetap mengkilap, lap dengan cuka atau pembersih serba guna. TubTuang dua cangkir cuka atau perasan air lemon ke dalam drum cuci dan nyalakan pada temperatur panas sehingga bau, sisa kotoran, dan bekas deterjen akan hilang. Penutup Gosok pinggiran penutup mesin cuci dengan cuka untuk menghilangkan jamur dan sisa deterjen yang menumpuk. Karet pada penutupBila mesin cuci Anda jenis front-loader, buka karetnya, dan periksa apakah terdapat jamur. Gunakan cuka untuk membersihkannya. Laci deterjenIni adalah bagian mesin cuci tempat berkumpulnya kuman-kuman akibat menumpuknya sisa deterjen. Jika memungkinkan, keluarkan laci dan bersihkan dengan sikat gigi. Agar mesin cuci tetap [...]

9 Cara Alami Atasi Alergi

9 Cara Alami Atasi Alergi

Pernahkah Anda mengalami gatal-gatal atau bersin-bersin tiba-tiba setelah makan atau menghirup sesuatu? Itu artinya Anda memiliki alergi, sebuah kondisi ketika tubuh terpapar zat atau benda asing bersifat alergen, sistem antibodi kita bereaksi berlebihan menimbulkan gejala-gejala alergi parah seperti: peradangan, kulit memerah, eksema, bengkak, bintik-bintik merah, dan asma. Alergi dapat dipicu oleh makanan seperti seafood, kotoran dari polusi, serangga, serbuk sari, bulu binatang, jamur dan masih banyak lagi. Terkena alergi itu bisa menyebalkan hingga mengkhawatirkan. Nah, bila Anda memiliki alergi, sebaiknya mempraktikan beberapa tips untuk mencegahnya datang lagi: Tips Alami Mencegah Alergi 1. Pastikan Rumah Bersih Setiap kali masuk ke dalam rumah, tanpa disadari, Anda mempersilakan zat alergen ikut masuk. Zat-zat alergen ini menempel di pakaian, sepatu, r [...]

10 Kiat Penanganan Flu di Rumah

10 Kiat Penanganan Flu di Rumah

Flu yang tidak kunjung sembuh tentu akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya. Berikut adalah 10 kiat untuk mengusir flu yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:1. Minum Teh Hangat dengan MaduSaat Anda sedang flu, perbanyak konsumsi cairan terutama yang hangat. Teh dapat membantu meredakan tenggorokan. Tambahkan madu yang kaya akan antioksidan dan perasaan jeruk lemon sebagai tambahan vitamin C. 2. Minum Jus JerukJeruk kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meredakan flu dan berfungsi sebagai dekongestan alami. Sumber vitamin C lainnya bisa didapatkan dari stroberi, tomat, dan brokoli.3. Makan SupMakan sup ayam hangat dapat membantu meredakan gejala flu. Terlebih jika disajikan hangat, uapnya akan melegakan hidung yang tersumbat.4. Menghirup Uap HangatAnda bisa mengisi baskom dengan air panas dan menambahkan 2 sdt jahe yang sudah dipotong-potong. Cobalah untuk menghirupnya agar meredakan gejala flu. Selain itu, cara lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih atau minyak mint ke dalam baskom air panas tersebut. 5. Mandi atau Berendam Air HangatSewaktu Anda mandi dengan air hangat, tutup j [...]

Tips Sehat Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips Sehat Menyimpan Makanan di Kulkas

- Salah satu faktor yang paling penting dalam melakukan pola makan yang sehat adalah penyimpanan makanan. Salah penyimpanan makanan, bisa-bisa kandungan nutrisi yang sudah alami dimiliki makanan sehat malah berkurang. Dalam soal penyimpanan makanan, kulkas menjadi pilihan. Karena selain dapat menjaga kesegaran lebih lama dari makanan, kulkas juga menurunkan risiko pertumbuhan bakteri yang mudah berkembang dalam suhu ruangan pada makanan. Bagaimana caranya? Ikutilah beberapa tips berikut ini untuk menyimpan bahan makanan sehat Anda di kulkas. Kategori daging, ikan & unggas. Untuk penyimpanan daging, ikan dan unggas disarankan tidak untuk membuka kemasan platik ketat dari toko swalayan. Namun jika Anda membeli daging, ikan dan unggas tanpa kemasan, disarankan untuk menempatkan terlebih dahulu dalam wadah yang memungkinkan tertutup. Wadah tertutup untuk menghindari paparan aroma amis dan mencegah tetesan ke makanan lain dari ketiga makanan ini. Disarankan menempatkan daging, ikan dan unggas berada dalam posisi yang memiliki suhu terendah (paling dingin) di kulkas. Produk susu & olahan turunannya. Jika Anda berencana menyimpan susu dalam wakt [...]

Tips Menyimpan ASI di Kulkas

Tips Menyimpan ASI di Kulkas

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Berbagai variasi dalam pemberian Air Susu Ibu (ASI) dapat dilakukan oleh seorang Ibu yang sedang menyusui. Misalnya, pemberian tidak harus selalu langsung dari payudara Ibu, tapi dapat dipompa dulu dan diberikan kemudian, karena ASI sendiri dapat diawetkan dengan cara menyimpannya di termos atau ditempat tertutup dan bersih, dalam hal ini kulkas dapat menjadi pilihan andalan. ASI dapat tahan 6 jam pada suhu kamar dan 2x24 jam bila disimpan dilemari es. Dengan demikian Ibu dapat memberi ASI tanpa kehadiran Ibu. Di bawah ini akan kami berikan penyimpanan ASI beserta dengan ketahanannya : Suhu ruang (19-22 C) : 4-10 jam Refrigerator (kulkas bawah) dengan suhu 0-4 C : 2-3 hari Freezer pd kulkas berpintu satu (suhu variatif < 4 C) : 2 minggu Freezer pd kulkas berpintu dua (suhu variatif < 4 C) : 3-4 bulan Freezer khusus ( -19 C) : 6 bulan atau lebih Untuk memudahkan bagi Anda, berikut saran cara menyimpan ASI di kulkas yang baik dan benar. Pastikan terlebih dahulu kondisi kulkas tidak rusak atau tengah mengalami kendala teknis. Tempatkan botol ASI yang paling pertama dipompa di bagian paling depan (paling mudah diraih), dan beru [...]

9 Hal Pemicu Alergi di Rumah

9 Hal Pemicu Alergi di Rumah

Alergi merupakan reaksi dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat/bahan yang secara normal tidak berbahaya bagi tubuh. Reaksi ini kadang berlebihan sehingga menyebabkan gatal di kulit, bersin-bersin atau pembengkakan di anggota tubuh. Hampir semua benda di sekeliling kita bisa memicu reaksi mulai dari yang ringan, menyebalkan sampai mengkhawatirkan. Berikut adalah 9 pemicu alergi yang paling umum yang dapat datangnya dari rumah: 1. Serbuk sari Serbuk sari dari pohon, rumput, atau alang-alang bisa menjadi pemicu timbulnya alergi. Gejalanya seperti bersin, hidung berair, nafas tersumbat, gatal, atau mata berair. Untuk mencegahnya, sebisa mungkin tinggal di dalam rumah ketika cuaca berangin dan menutup jendela atau pintu supaya serbuk sari tidak masuk ke dalam rumah. 2. Binatang Bulu atau air liur dari binatang peliharaan dapat menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Nah, jika hewan peliharaan Anda menyebabkan alergi, buat kamar tidur Anda menjadi zona bebas hewan. Mandikan hewan peliharaan Anda secara teratur. Membersihkan rumah dengan penyedot debu berfilter HEPA juga membantu menyedot bulu atau kotoran yang menempel di karpet. Berikut ini beberapa daftar pence [...]

Cara Sederhana Cegah Foodborne Illness

Cara Sederhana Cegah Foodborne Illness

Salah satu alat yang penting untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari penyakit yang ditularkan lewat makanan (foodborne illness) adalah kulkas Anda. Pada suhu ruangan, jumlah bakteri yang dapat menyebabkan penyakit dapat meningkat dua kali setiap 20 menit. Menjaga makanan tetap dalam suhu yang tepat merupakan salah satu cara terbaik untuk menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri ini.Untuk kiat sederhana tahap awal, Anda dapat melakukan beberapa kiat berikut ini: Anda dapat membeli dua termometer yang harganya tidak terlalu mahal untuk memonitor suhu lemari pendingin Anda. Tempatkan satu termometer dalam bagian tengah kulkas dan termometer yang lain dalam freezer dan periksalah secara berkala. Pastikan temperatur kulkas di bawah 4?C dan temperatur freezer di bawah -18?C. Selain itu, ikuti tips-tips di bawah ini untuk terhindar dari infeksi bakteri yang dapat menghampiri saluran cerna Anda dan keluarga tercinta: Me [...]

Mencegah Kuman Menyebar di Rumah

Mencegah Kuman Menyebar di Rumah

Anak yang sakit dapat menjadi sumber stres nomor satu orangtua.Untuk itulah, menjaga kebersihan dari rumah sangat diperlukan.Berikut ini empat cara untuk mencegah penyakit dan kuman berkembang di rumah Anda:1. Mencuci tanganMencuci tangan merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah kuman menyebar.Sekitar 80% penyakit menular yang disebarkan oleh sentuhan tangan. Ajarkan anak-anak untuk mencuci tangan sebelum makan, saat mandi, dan setelah dari toilet.Supaya kegiatan mencuci tangan tidak membosankan, ajaklah mereka untuk melantunkan lagu sembari mencuci tangan.Para ahli merekomendasikan untuk mencuci tangandengan sabun selama 20 detik. Nah, nasihat yang samajuga berlaku untuk Anda. Ketika Anda sudah terlalu sibuk dengan anak, kadang Anda luput untuk menjaga kesehatan sendiri.Padahal, anak yang sakit bisa saja disebabkan oleh kuman yang ada pada tangan Anda.Berikut langkah pencegahan penyebaran kuman lainnya: Beri [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *