3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

kopi-bangun-kafein-segar_8.jpg

Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur.

Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan.

Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat berakibat menggangu tidur serta kecemasan.

Nah, dibawah terdapat beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari.

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur.

Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan.

Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat berakibat menggangu tidur serta kecemasan.

Nah, dibawah terdapat beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari.

.

Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi #1: Minum Air

Saat bangun tidur, tubuh kita dalam keadaan dehidrasi ringan, dan hanya dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan rasa lelah Anda.

Hidrasikanlah diri Anda dengan air putih yang dapat membantu mengalirkan adrenalin serta menghilangkan rasa lelah.

Mandi dengan air dingin juga membantu Anda menjadi lebih segar.

.

Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi #2:Makan Pagi

Makan pagi merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh kita, saat Anda tidak makan pagi, maka perasaan Anda dalam sehari dapat buruk. Setelah beristirahat beberapa jam, mengkonsumsi makan pagi dengan nutrisi tinggi dapat membantu metabolisme tubuh, memberikan energy, dan membantu konsentrasi.

Tidak makan pagi dapat membuat Anda lapar sehingga membuat Anda mengkonsumsi makanan kecil yang tidak sehat. Cobalah makanan yang mengandung protein tinggi dan dikombinasikan dengan makanan tinggi serat seperti apel.

Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi #3: Aktif Bergerak

Saat Anda tidur malam, aliran darah di tubuh dapat mengalir tidak seimbang sehingga memicu sirkulasi yang buruk. Mulailah pagi Anda dengan berjalan cepat untuk mengalirkan endorphin di tubuh. Cobalah olahraga ringan saat Anda bangun tidur seperti sit-up.

(EA)

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dibanding Wanita, Pria Jomblo Lebih Berisiko Mati Muda

Dibanding Wanita, Pria Jomblo Lebih Berisiko Mati Muda

Apakah Anda masih menjomblo? Menurut hasil penelitian terbaru, orang yang terlalu lama jomblo berisiko mati muda.Penelitian tersebut dipublikasikan di American Journal of Epidemiology. Dalam penelitian itu, para peneliti menganalisa data dari 90 studi sebelumnya yang melibatkan 500 juta orang. Data tersebut kemudian dibandingkan dengan risiko kematian kelompok yang berstatus single (tidak pernah menikah) dan kelompok menikah.Dari penelitian tersebut ditemukan mereka yang terus menjomblo, berisiko mati muda. "Sangat menyedihkan hidup mereka yang single," jelas pimpinan penelitian tersebut, David Roelfs, Asisten Profesor Sosiologi di Universitas Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, seperti dikutip dari MSNBC.Penelitian itu juga menunjukkan pria jomblo, 32% lebih tinggi risikonya mati muda dibandingkan pria yang menikah. Pada wanita jomblo, risikonya lebih kecil menjadi 23%."Skenario terburuknya, pria single bisa meninggal 8-17 tahun lebih cepat dari teman prianya yang menikah," ujar Roefls. Sedangkan wanita, meski tidak lebih baik, risikonya lebih kecil dibanding pria single. Wanita single berisiko meninggal 7-15 tahun lebih cepat dibandingkan teman wanitanya yang menikah.Para p [...]

Benarkah Minuman Anggur Merah Menyehatkan?

Benarkah Minuman Anggur Merah Menyehatkan?

Siapa yang tidak tahu minuman anggur merah? Anggur merah atau lebih dikenal dengan red wine merupakan salah satu minuman yang paling sering di konsumsi terutama di daerah Barat. Minuman ini terkenal karena aromanya yang nikmat dan rasa hangatnya ketika masuk ke dalam tubuh. Namun, selain cita rasanya yang nikmat, red wine juga terbukti memiliki manfaat dalam segi kesehatan. Red wine mengandung Resveratrol yang membantu untuk mencegah kerusakan pembuluh darah dan menurunkan LDL atau ?kolestrol jahat?. Etanol dalam red wine juga dapat meningkatkan kadar dari HDL atau ?kolestrol baik?. Red Wine juga merupakan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Salah satu manfaat dari red wine sebagai antioksidan adalah untuk mencegah klot pada darah yang secara tidak langsung akan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Lalu apa dasarnya? Adakah penelitian ilmiah yang menguatkan? Ada, berikut penjelasannya: Red Wine Bermanfaat Kesehatan Berdasarkan penelitian dari The New England Journal of Medicine, konsumsi alkohol dalam batas normal juga terbukti dapat meningkatkan kinerja otak. Orang yang meminum alkohol dalam batas normal memiliki risiko 23% lebih rendah terha [...]

Penggunaan Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Cara Menangkalnya

Penggunaan Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Cara Menangkalnya

Penggunaan tisu saat flu atau pilek selama ini dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan virus penyebab penyakit tersebut yang lebih baik daripada sapu tangan. Namun jika memakainya dengan cara yang salah atau tisu yang Anda gunakan tidak steril justru dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.Sejumlah ahli kesehatan mengatakan bahwa tisu merupakan pilihan yang paling higienis karena hanya sekali pemakaian. Namun ternyata ada banyak orang yang menggunakan tisu hingga berulang kali seperti halnya sapu tangan. Kebiasaan buruk ini bisa membuat virus menyebar dan menular pada orang lain, juga membuat penyakit flu bertambah parah.Ketika Anda menempelkan tisu ke hidung lalu mengeluarkan sekresi lendir yang dipenuhi virus penyebab flu, maka virus tersebut juga akan menempel pada tisu. Virus tersebut pun akan bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Research Centre di Cardiff University Inggris mengatakan, virus pada sapu tangan atau tisu bisa bertahan hidup selama berjam-jam. Ketika tisu bersentuhan dengan tangan, otomatis tangan Anda akan menjadi 'perantara' dalam menyebarkan virus ke orang lain.Dijelaskan Profesor Jack Gwalt [...]

Hal yang Perlu Diketahui Seputar  Penyakit Pneumonia

Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia

Pneumonia merupakan suatu penyakit infeksi pada paru-paru yang dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Gejala pneumonia bisa ringan hingga berat. Pneumonia ringan umumnya tidak harus dirawat di rumah sakit. Namun, bayi, anak-anak, orang lanjut usia sangat rentan terhadap berbagai komplikasi ? maka dari itu, pada umumnya mereka memerlukan perawatan di rumah sakit. Terlebih lagi, pneumonia disebut sebagai penyebab kematian terbanyak pada anak-anak di dunia. Pada pneumonia, terjadi peradangan atau infeksi pada alveolus (kantong udara) di paru-paru. Peradangan tersebut menyebabkan alveolus terisi oleh cairan dan membuat paru-paru tidak dapat bekerja dengan baik. Pada pneumonia berat dapat terjadi gangguan aliran oksigen dari paru-paru ke pembuluh darah, sehingga tubuh menjadi kekurangan oksigen. Apa saja gejalanya? Gejala pneumonia yang paling utama adalah batuk. Batuk pada umumnya berdahak, disertai demam tinggi, lemas, mual atau muntah. Pneumonia berat ditandai dengan peningkatan frekuensi napas, nyeri dada, dan sesak napas. Bagaimana mengatasi pneumonia? Halaman berikutnya penjelasan selengkapnya: Hal yang Perlu Diketahui Seputar Penyakit Pneumonia [...]

Khasiat Buah Tomat

Khasiat Buah Tomat

DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio dalam penelitian yang telah diterbitkan menyebutkan bahwa tomat berkhasiat untuk mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. ?Apalagi tomat juga timggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.? Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Klik next untuk melanjutkan. Khasiat Buah Tomat Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan toma [...]

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Tips Menghindari Kanker. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #1 1. Hentikan Tembakau Risiko terkena kanker paru-paru meningkat 23 kali pada laki-laki dan 13 kali pada wanita yang merokok. Tembakau meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, pankreas, pita suara, cerviks, kandung kemih dan ginjal. Terbukti bila para perokok berhenti merokok dalam sehari maka risiko untuk terkena kanker dapat hilang. Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #2 2. Kurangi Paparan Sinar Matahari Bila Anda berkulit putih, dan saat terkena matahari kulit Anda mudah terbakar menunjukkan bahwa kandungan melanin di kulit Anda sedikit. Kulit terbakar ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit jenis melanoma. Melanoma carcinoma (Kanker kulit) Beberapa tips penting yang perlu diingat adalah hindari paparan sinar matahari pukul 10.00?15.00, gunakan baju yang menutupi daerah yang akan terpapar sinar matahari, gunakan kacamata hitam [...]

Jangan Pasung Skizofrenia

Jangan Pasung Skizofrenia

Konfrensi Nasional Skizofrenia 2010Fenomena yang memprihatinkan yang ditemukan di Indonesia terhadap penderita skizofrenia atau gangguan jiwa berat adalah pemasungan. Ironisnya, hal pemasungan ini justrudilakukan oleh keluarga terdekat penderita itu sendiri. Tujuannya, untuk menghindari konflik atau beban sosial dari kegagalan interaksi dengan masyarakat sekitar. Di Indonesia, penderita skizofrenia telah mencapai sekitar 2,5 persen dari total penduduk Indonesia. Mirisnya, dari jumlah tersebut hanya 8,3 persen penderita yang melakukan pengobatan, sisanya dilatarbelakangi faktor finansiil dan sikap tertutup dari keluarga penderita yang menganggap skizofrenia adalah momok atau aib yang memalukan yang dimiliki. Hingga mengarah kepada kondisi pemasungan. Hal ini berlawanan dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 1966 tentang Kesehatan Jiwa menyatakan bahwa pasien dengan gangguan jiwa yang terlantar harus mendapatkan perawatan dan pengobatan pada suatu tempat perawatan. Suatu hal esensiil terhadap pertimbangan kebutuhan hak asasi manusia. Masih banyaknya temuan kasus pemasungan di masyarakat menandakan kegagalan otoritas dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak asasi terhadap warganya [...]

Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Jangan Abaikan Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

Menatap layar komputer terlalu lama bisa membuat mata tegang serta lelah. Sakit, terasa kering tapi sering berair, mata terasa berat yang disertai sakit pada punggung, bahu dan leher merupakan beberapa ciri mata Anda mengalami kelelahan.Selain menatap komputer dalam waktu lama, penyebab lain mata lelah adalah stres di tempat kerja, pola makan tidak sehat, kurang minum juga kekurangan vitamin B12, D dan K. Mata yang sering lelah juga bisa dikarenakan faktor genetik atau keturunan.Mata lelah kerap disepelekan oleh penderitanya, padahal jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penurunan fungsi mata, misalnya rabun jauh. Untuk menjaga mata tetap sehat meskipun harus berlama-lama di depan layar komputer, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.1. Banyak BerkedipBiasakan untuk mengedipkan mata. Saat tidak ada ketegangan, mata akan berkedip secara otomatis setidaknya 10-12 menit kali per menit. Orang yang menderita masalah penglihatan biasanya cenderung jarang berkedip. Akibatnya, mata terbuka lama dan mengakibatkan mata tegang, kering dan lelah. Lakukan aturan berkedip serba 20 untuk mata. Setiap 20 menit, pengguna komputer harus berhenti selama 20 detik dan melihat objek lain se [...]

Tertarik Merelaksasi Tubuh dengan Minyak Atsiri?

Tertarik Merelaksasi Tubuh dengan Minyak Atsiri?

Anda pasti sudah tidak asing mendengar kata aromaterapi. Ya, terapi yang mengeluarkan aroma harum ini kerap dijadikan pilihan untuk merelaksasi tubuh, terutama bagi kaum hawa. Aroma harum tersebut bersumber dari minyak atsiri. Benarkah minyak yang berasal dari sari tanaman tersebut bisa membantu Anda merelaksasi tubuh? Bagian tanaman yang dijadikan bahan baku pembuatan minyak atsiri terdiri dari batang tanaman, bunga, daun, kulit kayu, biji, atau akar tumbuhan. Setelahnya bahan-bahan tersebut disuling sehingga menghasilkan uap. Uap tanaman ini kemudian mengembun dan kembali menjadi cairan yang kemudian dikumpulkan pada sebuah wadah. Sebutan lain minyak atsiri adalah minyak aromatik, minyak esensial, atau minyak eterik. Kegunaan Minyak Atsiri Minyak atsiri pada aromaterapi digunakan untuk merelaksasi tubuh karena sepertinya minyak ini bekerja dengan cara merangsang reseptor bau di hidung. Setelah itu reseptor mengirim pesan melalui sistem saraf ke bagian otak yang mengontrol emosi, yaitu sistem limbik. Biasanya minyak atsiri yang dipakai untuk merelaksasi tubuh berasal dari tanaman lavender, kamomil, melati, mawar, bergamot, kayu cendana, dan vanila. Namun, masih banyak tanaman la [...]

Madu untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Madu untuk Hilangkan Batuk dan Sakit Tenggorokan, Benarkah Efektif?

Madu banyak dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan batuk dan biasanya diminum sebelum tidur. Penggunaan madu untuk menyembuhkan batuk biasanya lebih banyak diterapkan pada anak-anak karena rasanya yang manis sehingga lebih mudah diminum.Benarkah madu efektif meredakan batuk, khususnya pada anak-anak? World Health Organisation dan American Academy Pediatrics sama-sama menyatakan kalau madu memang bisa membantu menghilangkan batuk. Dr Ronald McCoy dari Royal Australian College of General mengatakan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa dengan memberikan satu sendok makan penuh madu setiap beberapa jam sekali bisa mengurangi iritasi pada tenggorokan. Efektivitas madu akan lebih terasa pada anak kecil ketimbang orang dewasa."The World Health Organisation merekomendasikan madu untuk redakan batuk pada penderita di negara-negara berkembang, dimana akses untuk mendapatkan pengobatan masih terbatas. Jadi meskipun buktinya belum cukup kuat, tetap ada efek menyembuhkan terutama pada anak kecil," ujar Dr Ronald seperti dikutip dari ABC Australia. Pendapat tersebut diperkuat dengan hasil studi di Amerika yang menunjukkan bahwa madu bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan batuk [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *