3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

kopi-bangun-kafein-segar_8.jpg

Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur.

Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan.

Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat berakibat menggangu tidur serta kecemasan.

Nah, dibawah terdapat beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari.

3 Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi

Di musin penghujan, terkadang keinginan kita untuk bangun tidur sangat susah, udara dingin, rentik-rentik air hujan serta langit yang gelap dapat membuat kita semakin malas untuk bangun tidur.

Namun saat Anda harus bangun tidur untuk bekerja, terkadang Anda dapat mengkonsumsi kopi berlebihan.

Sebaliknya, ternyata terlalu banyak kopi pun terkadang membuat tubuh menjadi semakin letih. Memang kopi dapat membuat kita melek, namun terlalu banyak konsumsi kopi dapat berakibat menggangu tidur serta kecemasan.

Nah, dibawah terdapat beberapa tips yang Anda dapat lakukan untuk menghindari konsumsi kopi berlebihan, terutama bagi Anda yang tergantung pada kopi untuk memulai hari.

.

Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi #1: Minum Air

Saat bangun tidur, tubuh kita dalam keadaan dehidrasi ringan, dan hanya dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan rasa lelah Anda.

Hidrasikanlah diri Anda dengan air putih yang dapat membantu mengalirkan adrenalin serta menghilangkan rasa lelah.

Mandi dengan air dingin juga membantu Anda menjadi lebih segar.

.

Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi #2:Makan Pagi

Makan pagi merupakan hal yang sangat penting untuk tubuh kita, saat Anda tidak makan pagi, maka perasaan Anda dalam sehari dapat buruk. Setelah beristirahat beberapa jam, mengkonsumsi makan pagi dengan nutrisi tinggi dapat membantu metabolisme tubuh, memberikan energy, dan membantu konsentrasi.

Tidak makan pagi dapat membuat Anda lapar sehingga membuat Anda mengkonsumsi makanan kecil yang tidak sehat. Cobalah makanan yang mengandung protein tinggi dan dikombinasikan dengan makanan tinggi serat seperti apel.

Cara Bangun Tidur Tanpa Kopi #3: Aktif Bergerak

Saat Anda tidur malam, aliran darah di tubuh dapat mengalir tidak seimbang sehingga memicu sirkulasi yang buruk. Mulailah pagi Anda dengan berjalan cepat untuk mengalirkan endorphin di tubuh. Cobalah olahraga ringan saat Anda bangun tidur seperti sit-up.

(EA)

Ditulis oleh:

dr. Dewi Ema Anindia

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Menjaga Daya Ingat

Tips Menjaga Daya Ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang menganggap bahwa kehilangan daya ingat merupakan suatu proses yang normal dalam penuaan. Seseorang yang menderita dementia (pikun) dapat berkurang fungsi intelektualnya, mengalami perubahan serius dengan daya ingat, kepribadian dan tingkah laku sehingga berpengaruh dengan aktivitasnya sehari -hari. Kepikunan akibat penuaan (dementia) acapkali sulit dihindari. Karena sebagaimana kita ketahui, hal tersebut merupakan bagian dari proses penuaan yang diikuti oleh kondisi menurunnya performa beberapa organ tubuh seiring bertambahnya usia. Pada prinsipnya daya ingat dapat dipelihara dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri daya ingat dapat mengalami penurunan performa akibat dari beberapa kondisi gangguan tubuh. Apa sajakah pemicunya? Penyebab Dementia Terdapat beberapa penyebab dementia, diantaranya: Infeksi; Gangguan jantung; Gangguan pada otak; Keracunan; Gangguan metabolisme dan endokrin. Untuk menjaga daya ingat tetap baik, dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas mental yang mengasah otak. Otak yang aktif akan menghasilkan hubungan baru diantara sinaps saraf sehingga berpengaruh pada daya ingat. Hal- [...]

5 Kiat Dapatkan Tidur yang Berkualitas

5 Kiat Dapatkan Tidur yang Berkualitas

Kurang tidur dapat menjadi masalah dalam performa kerja, kehidupan seks, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Bagi Anda yang selalu kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan seperti dilansir oleh Health.1. Hindari Suara-suara yang MenggangguSuami yang mendengkur, suara kendaraan dari luar dan sebagainya akan terus membuat Anda terjaga. Ganti semua suara yang mengganggu tersebut dengan lagu-lagu yang membuat Anda nyaman. Untuk kenyamanan lebih, Anda bisa mencoba Sleep Phones, speaker tipis yang dibalut dalam ikat kepala yang berbulu sangat halus.2. Coba Teknik RelaksasiKetika sudah berada di atas tempat tidur, cobalah teknik relaksasi ini. Gerakkan jari-jari kaki Anda sampai hitungan ketujuh, dan kemudian rileks. Ulangi kegiatan ini pada bagian kelompok otot yang bekerja dari jari-jari ke leher Anda.3. Membuat CatatanRutinitas harian sangat mempengaruhi seberapa baik Anda tidur. Setiap hari mulailah hari Anda mencatat berapa banyak kafein yang telah diminum, kapan dan berapa banyak olahraga yang Anda lakukan, apa saja yang Anda makan, kapan Anda tidur dan bangun, serta tuliskan juga total waktu tidur Anda. Kemudian konsultasik [...]

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Tips Menghindari Kanker. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #1 1. Hentikan Tembakau Risiko terkena kanker paru-paru meningkat 23 kali pada laki-laki dan 13 kali pada wanita yang merokok. Tembakau meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, pankreas, pita suara, cerviks, kandung kemih dan ginjal. Terbukti bila para perokok berhenti merokok dalam sehari maka risiko untuk terkena kanker dapat hilang. Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #2 2. Kurangi Paparan Sinar Matahari Bila Anda berkulit putih, dan saat terkena matahari kulit Anda mudah terbakar menunjukkan bahwa kandungan melanin di kulit Anda sedikit. Kulit terbakar ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit jenis melanoma. Melanoma carcinoma (Kanker kulit) Beberapa tips penting yang perlu diingat adalah hindari paparan sinar matahari pukul 10.00?15.00, gunakan baju yang menutupi daerah yang akan terpapar sinar matahari, gunakan kacamata hitam [...]

Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan performa kerja seseorang sepanjang hari. Tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa berdampak buruk pada kesehatan."Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan katajaman mental dan kinerja seseorang, tapi terlalu banyak kafein dapat berdampak negatif pada suasana hati, energi dan bahkan kesehatan," ujar Erin Palinski, RD, CDE, CPT yang membuka praktek di New Jersey, Amerika, seperti yang dikutip dari Privention International."Beberapa penelitian juga menghubungkan dosis kafein tinggi dengan kemandulan dan risiko patah tulang pinggul pada wanita berusia tua," jelas Keri Gans M., MS, RD, CDN, dan penulis 'The Small Change Diet'. Oleh karena itu, ada baiknya jika membatasi supan kafein dengan mengetahui tanda-tanda bahwa Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein. Apa saja?1. Tak Minum Kopi Buat Anda Lemas Tak Berdaya"Jika Anda tak bisa melalui hari dengan tak meminum kopi atau minuman bersoda, Anda mungkin kecanduan kafein," kata David J. Clayton, MD, penulis 'The Healthy Guide to Unhealthy Living'. Meminum beberapa gelas kopi, bisa buat Anda berenergi seketika dan kemudian merasa sangat lelah ketik [...]

Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Solusinya!

Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Solusinya!

Banyak faktor yang mempengaruhi pembengkakan kaki dan pergelangan kaki saat hamil. Tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak saat kehamilan. Selain itu, rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Selain itu, perubahan hormon juga dapat berperan. Ibu dapat melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengatasinya: Hindari berdiri terlalu lama dan menyilangkan tungkai. Bila memungkinkan, duduk dengan posisi mengangkat kaki dan secara teratur putar pergelangan kaki. Ibu juga dapat duduk di bawah dan mempertahankan tungkai pada posisi lebih tinggi. Berbaring miring ke kiri. Dalam posisi ini, tekanan pada vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang dilewati darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, berkurang. Taruh bantal di bawah tungkai untuk menjaga posisinya lebih tinggi. Gunakan compression stocking. Minum cairan dalam jumlah cukup, yaitu 10 gelas (2,3 liter) per hari selama kehamilan. Lakukan aktivitas fisik yang rutin seperti berjalan mengeliling lingkungan rumah, bersepeda, atau berenang. Rendam kaki dalam air. [...]

Riset: Orang Bahagia Lebih Panjang Umur

Riset: Orang Bahagia Lebih Panjang Umur

Anda ingin memiliki umur panjang? Cobalah untuk selalu merasa bahagia. Menurut penelitian, orang yang bahagia dan memiliki cara pandang positif akan hidup lebih lama.Penelitian yang dilakukan pada lima tahun lalu menunjukkan bahwa mereka yang hidup dengan tingkat kepuasan tinggi cenderung terhindar dari kematian dini sebanyak 35 persen. Penelitian tersebut telah melibatkan hampir 4000 orang dengan rentang usia dari 52 hingga 79 tahun.Kini, penelitian terbaru yang diprakarsai oleh University College of London, telah menyempurnakan hasil studi terdahulu. Menurut penelitian itu, 'Positive well-being' berfungsi sebagai obat untuk atasi stres dan beberapa penyakit.Dalam penelitian tersebut, para peserta diminta untuk menilai perasaan mereka mengenai kebahagiaan dan juga kecemasan sebanyak empat kali dalam setahun. Para peneliti juga mengukur jumlah kematian yang terekam selama periode lima tahun.Setelah memperhitungkan beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat depresi dan penyakit yang diderita oleh peserta, para peneliti menemukan bahwa mereka yang selalu merasa bahagia memiliki risiko 35 persen lebih rendah terhadap kematian dini dibandingkan dengan peserta yang jarang m [...]

Ini Bentuk Sentuhan yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Ini Bentuk Sentuhan yang Bisa Kurangi Rasa Sakit

Sentuhan bisa membantu meringankan rasa sakit pada luka, bengkak atau sakit lainnya secara fisik. Penelitian terbaru menemukan, mengelus-elus secara lembut kulit yang berjarak satu atau dua inci dari area yang terluka bisa mengurangi intensitas rasa sakit.Efek ini ditimbulkan dari serat-serat syaraf di permukaan kulit yang memroses rangsangan sentuhan antara bagian yang disentuh dan yang sakit, sehingga berfungsi seperti analgesik alami. Penemuan ini didapat setelah dilakukan percobaan kepada beberapa sukarelawan.Partisipan penelitian ditutup matanya dan diminta memakai headphone. Gunanya untuk menahan sensor lain yang mungkin mengganggu respon partisipan terhadap rasa sakit. Kemudian laser ditembakkan ke bagian lengan untuk menimbulkan rasa sakit pada partisipan.Pada beberapa partisipan, selain disinari laser, mereka juga diberi stimulasi sentuhan menggunakan kuas nilon di dekat area yang dilaser, berjarak 1 cm. Hasilnya menunjukkan, ketika penyinaran laser dan sentuhan dilakukan secara terus menerus dan bersamaan, partisipan tidak merasakan sakit yang menusuk atau tajam. Sementara pada kelompok yang hanya disinari laser, rasa sakitnya 93 persen lebih tinggi. Tapi ketika diberi [...]

Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan seringkali dialami banyak orang terlebih dalam situasi cuaca yang kurang menentu ini. Pagi terik, siang bisa hujan lebat. Atau sebaliknya, hujan lebat di pagi hari, terik di siang hari. Meskipun tidak melulu salah cuaca, sakit tenggorokan acapkali gejala tubuh sedang mengalami infeksi karena daya tahan tubuh menurun. Salah satu kiat mengatasi sakit tenggorokan adalah berkumur (gargling). Berkumur atau gargling yang dimaksud berbeda dengan berkumur yang umum. Bukanlah berkumur yang sama ketika kita menyikat gigi. Tapi berkumur dengan mendongakkan kepala keatas dan dengan mulut terbuka, teknik gargling ini merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan. Berikut adalah cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. 1. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan Air Garam Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan. Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan [...]

Kulit Menghitam Saat Hamil

Kulit Menghitam Saat Hamil

Oleh: dr. Jessica Florencia Hampir 90% wanita, terutama yang berkulit agak gelap akan mengalami masalah kulit saat kehamilan. Para calon Ibu ini akan mengalami hiperpigmentasi (penghitaman kulit) di bagian-bagian kulit tertentu yang seringkali kurang menyenangkan. Hiperpigmentasi kulit ini terjadi pada awal-awal kehamilan dan seringkali dapat merupakan tanda awal terjadinya kehamilan. Bagian-bagian kulit yang biasanya menjadi lebih hitam adalah bagian puting payudara, areola payudara (daerah sekitar payudara yang lebih gelap), wajah, leher, punggung belakang, ketiak, selangkangan, paha bagian dalam, daerah sekitar pusar dan garis tengah perut. Jaringan parut yang baru terbentuk atau tahi lalat yang baru muncul juga akan menjadi semakin menghitam. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan yang mempengaruhi pembentuk pigmen kulit oleh sel-sel melanosit (pembentuk pigmen pada kulit). Bagian kulit yang menghitam tersebut akan semakin menghitam selama kehamilan dan menjadi lebih terang setelah persalinan, namun seringkali memang tidak dapat kembali seperti warna kulit sebelumnya. Untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit pada masa kehamilan, Ibu hamil perlu memperhatikan hal [...]

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Lawan Rasa Kantuk dengan 5 Makanan Ini

Letih dan kantuk yang tidak tertahankan di siang hari hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Mengantuk memang hal yang alamiah, tapi jika terus berlangsung selama jam sibuk dapat mengganggu performa kerja Anda.Banyak penyebab rasa lemas dan ngantuk timbul di tengah hari. Kurang tidur, makan siang yang terlalu banyak atau pun stres merupakan kondisi yang memicu ngantuk berlebih. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk pada siang hari? Berikut tipsnya dari Health Me Up.YoghurtYoghurt dapat memberikan semangat. Gula alami dan protein yang terkandung membuat tubuh lebih bugar. Apalagi mengonsumsi yoghurt dingin, rasa kantuk langsung hilang. Selain itu, yoghurt bermanfaat untuk kesehatan. Probiotik bakteri dalam yoghurt bermanfaat untuk sistem pencernaan.OatmealOatmeal yang diseduh dengan susu atau air dapat meningkatkan energi. Kandungan mineral seperti magnesium dan fosfor dapat mencegah kelelahan. Selain itu kombinasi dari karbohidrat dan serat dapat mengenyangkan lebih lama.Air dan Jus LemonSalah satu penyebab utama lelah dan kantuk adalah dehidrasi. Untuk itu, rajinlah minum air putih yang banyak. Anda juga bisa menambahkan lemon, gula dan sedikit garam pada air minum untuk meng [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *