3 Cara Memperkuat Gigi

cavitypose3.jpg

Banyak yang menganggap kekuatan gigi ditentukan pada masa anak-anak hingga remaja. Setelah dewasa, maka tidak ada kesempatan lagi untuk merawat dan memperkuat gigi. Pendapat ini salah. Ketika Anda dewasa, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat dan memperkuat gigi.

Dilansir dari Howstuffworks pada Kamis (23/10/2014) memperkuat gigi dapat dilakukan dengan cara menempatkan mineral kembali ke enamel gigi atau yang dinamakan dengan remineralisasi. Berikut 3 cara remineralisasi.

Pastikan Dapat Cukup Flouride

Flouride dapat membantu membuat kristal yang membentuk kembali enamel gigi lebih tahan lama. Flouride juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang memproduksi asam.

Ada dua cara untuk menambah asupan flouride untuk gigi. Pertama, flouride topikal, yaitu memberikan flouride langsung ke gigi melalui pasta gigi. Kedua, flouride sistemik yang digunakan dengan cara diminum. Beberapa kandungan makanan yang mengandung banyak flouride adalah ikan dan teh hijau.

Makan Makanan Penguat Gigi

Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah bakteri yang ada di mulut. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan bakteri tersebut, diantaranya adalah jus kranberi dan anggur merah. Hal ini dikarenakan dua makanan tersebut memiliki banyak polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain kedua buah tersebut, keju juga baik untuk memperkuat gigi karena memiliki banyak kandungan kalsium. Menyantap keju setelah makan dapat menetralisir asam yang menempel pada gigi.

Makanan lain yang kaya kalsium adalah ikan salmon, sarden, sayuran berdaun hijau gelap, sirup molase, susu rendah lemak, almond, kacang Brasil dan biji bunga matahari.

Selain kalsium, zat lain yang dapat memperkuat gigi adalah fosfor dan magnesium. Fosfor dapat Anda temukan pada daging, ikan dan telur. Sedangkan magnesium dapat Anda temukan di bayam dan pisang.

Asupan Vitamin

Kalsum memang baik untuk gigi. Tetapi, untuk dapat menyerap kalsium dengan maksimal, tubuh Anda membutuhkan vitamin D. Vitamin D dapat Anda dapatkan pada kuning telur, hati, ikan berlemak seperti salmon dan tuna serta susu. Paparan sinar matahari di pagi hari juga merupakan sumber vitamin D.

Selain vitamin D, vitamin C juga penting. Vitamin C dapat membantu menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Diantara sumber vitamin C adalah jeruk, stroberi, brokoli, paprika dan tomat.

Itulah beberapa cara merawat gigi agar lebih kuat, terutama untuk orang dewasa. Di luar itu, cara yang paling mudah untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat adalah dengan menggosok gigi dua kali sehari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan Pokok dan Mengenyangkan Tak Harus Nasi

Makanan Pokok dan Mengenyangkan Tak Harus Nasi

'Jika belum makan nasi, rasanya belum makan' kira-kira begitu pandangan sebagian besar masyarakat Indonesia. Kesukaan terhadap makan nasi membuat konsumsi beras masyarakat Indonesia tergolong sangat tinggi padahal ada banyak bahan pangan lain yang bisa menggantikan nasi di Indonesia. "Konsumsi beras di Indonesia sangat tinggi sekitar 139,5 kilogram per tahun per kapitanya. Ini termasuk sangat tinggi, dimana sebaiknya berada pada angka 70 hingga 80 kilogram per tahun per individu," ungkap ahli ilmu pangan dan teknologi Prof. Dr. Ir. Djoko Said Damardjati, MS di Solo, Jawa Tengah seperti ditulis pada Kamis (6/11/2014). "Saya memang ahli beras tapi menginginkan konsumsi beras tak setinggi angka sekarang," ungkap Djoko. Tingginya angka konsumsi beras membuat Indonesia terus mengimpor beras. Padahal ada banyak makanan lain yang juga mengenyangkan seperti jagung, ubi jalar, singkong, sorgum atau sagu. "Saya membayangkan masyarakat Indonesia menghidangkan aneka bahan makanan yang mengenyangkan lain seperti di India. Sehingga bisa mengurangi konsumsi nasi," tambahnya. Peran pemerintah sangat dibutuhkan untuk menggalakkan pentingnya mengolah aneka bahan pangan alternatif. Misalnya tenta [...]

Bahaya Kesepian Seperti Merokok 15 Batang Sehari

Bahaya Kesepian Seperti Merokok 15 Batang Sehari

Kesepian bisa membunuh seseorang. Alasannya, tak memiliki teman bisa membahayakan kesehatan seseorang sama halnya dengan obesitas dan merokok 15 batang sehari.Demikian hasil penelitian dari Brigham Young University seperti dilansir MensHealth, Rabu (15/5/2014).Studi lain menunjukkan, orang-orang yang setidaknya memiliki tiga teman dekat di tempat kerjanya 96 persen lebih mungkin puas dengan kehidupan mereka.Teman bisa menurunkan stres, menangkis depresi, dan melayani ratusan fungsi penting lainnya. Tapi, banyak orang yang menemukan dirinya kehilangan kontak dengan teman-teman lamanya.Anda bisa mendapatkan teman baru yang tak aneh agar Anda kesepian dengan beberapa cara di bawah ini:1. Minta arahanMenurut Psikolog Klinis dan Penulis Buku TheFriendship Fix, Andrea Bonior, PhD, seperti dalam bisnis, tak ada yang mengalahkan arahan yang baik. Anda akan lebih sukses mendapat teman baru jika Anda diperkenalkan oleh teman-teman atau rekan-rekan yang ada.Mungkin salah satu dari teman lama Anda bersama dengan teman kerjanya sesekali atau teman kerja keluar dengan beberapa kolega yang belum pernah Anda temui. Jika demikian, cobalah ikut bergabung dan meminta teman lama Anda untuk mempertemuk [...]

Waspadai Bahaya Kabut Asap di Riau dan Kalimantan

Waspadai Bahaya Kabut Asap di Riau dan Kalimantan

Kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan Kalimantan menimbulkan kabut asap yang meluas tak hanya di wilayah tersebut. Kualitas udara jadi tak sehat, kesehatan masyarakat yang menghirup berisiko alami gangguan. Pada tanggal 19 September 2014 lalu misalnya, menurut Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Pekanbaru mencapai angka 180 yang artinya tidak sehat. Lalu di Kota Jambi, ISPU berada pada angka 128 yang juga tak sehat. Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Profesor Tjandra Yoga Aditama, kabut asap dapat menimbulkan gangguan pada" 1. Paru dan pernapasan, seperti peningkatan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan perburukan penyakit asma, bronkitis dan emfisema.2. Gangguan organ lain, seperti mata (iritasi dan peradangan), hidung (iritasi dan alergi), dan gangguan kulit.3. Penyakit kronik dapat menjadi lebih buruk. 4. Gangguan saluran cerna yang disebabkan karena bahan makanan dan minuman tercemar debu kebakaran hutan. Oleh karena itu, Profesor Tjandra mengingatkan masyarakat yang diselimuti kabut asap untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan di atas dengan cara:1. Sedapat mungkin menghindari atau mengurangi mengh [...]

Dijamin, Vaksin HPV Bisa Selamatkan Perempuan dari Kanker Serviks

Dijamin, Vaksin HPV Bisa Selamatkan Perempuan dari Kanker Serviks

Human Pappilloma Virus merupakan virus yang dapat menyebabkan terjadinya kanker serviks pada perempuan. Berdasarkan data WHO GLOBOCON 2012, setiap hari ditemukan 38 kasus baru kanker serviks dan 70 persen dalam kondisi stadium lanjut di Indonesia. Hal ini sangat disayangkan, karena sesungguhnya kanker serviks yang disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18 ini bisa dicegah jika dilakukan vaksinasi sejak dini sekitar pada usia 9-13 tahun. "Risiko efektivitas hingga 98 persen," ungkap dokter Andi Darma Putra, SpOG (K) Onk pada kesempatan seminar Waspada HPV di Jakarta pada Selasa (14/10/2014). Selain pemeriksaan dini, bila wanita sudah aktif berhubungan seksual juga dirasa tepat untuk lakukan vaksin HPV. Namun, antusias perempuan untuk melakukan vaksin ini masih rendah karena harga vaksin bekisar dua juta rupiah. "Coba kalau ada gadget baru yang canggih, pasti langsung buru-buru beli. Padahal gadget kan kalau ada model baru juga ganti, kalau vaksin kanker serviks kan investasi seumur hidup," terang duta pencegahan kanker serviks sekaligus aktris Ira Wibowo ditemui dalam kesempatan sama. Menurut dokter Andri, meski harga rata-rata untuk vaksin HPV itu sekitar dua juta rupiah, [...]

Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usai Maraton

Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usai Maraton

Sejak divonis menderita kanker langka, Michaela Cotterill dibolehkan dokter untuk melakukan apapun yang ia sukai dalam satu hari. Ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan melakukan maraton. Ajaib, setelah melakukan maraton, kondisinya perlahan membaik dan kini ia dinyatakan telah sembuh. Mengutip laman Nydailynews, Rabu (13/8/2014), kejadian ini terjadi enam tahun lalu ketika Michaela hamil. Saat usia kandungannya 34 minggu, ia terus batuk darah. Kala itu, Dokter mendiagnosis Michaela mengalami koriokarsinoma atau kanker yang tumbuh dari sel-sel plasenta. "Menurut dokter, kanker tersebut langka. Kemungkinan pilihannya saya melahirkan dan saya hanya divonis memiliki satu hari untuk hidup. Saya pun langsung terpikirkan untuk melakukan maraton. Dan setelah melahirkan Maesie-Claire, anehnya saya perlahan-lahan pulih," katanya. Kini Michaela aktif melakukan maraton dan bekerjasama dnegan badan amal untuk membantu setiap orang yang membutuhkan. Koriokarsinoma adalah kanker yang sangat langka, dan sering didiagnosis setelah kehamilan molar, keguguran, aborsi atau kehamilan ektopik. Kanker ini juga diduga bisa terjadi apabila ada jaringan plasenta tertinggal dan tumbuh di pe [...]

Selain Ikan, 5 Makanan Ini Kaya Omega 3

Selain Ikan, 5 Makanan Ini Kaya Omega 3

Pasti banyak dari Anda telah mengetahui manfaat asam lemak omega-3. Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menyebutkan, omega 3 dapat membantu mencegah penyakit koroner, penyakit Alzheimer, dan depresi . Sayangnya, beberapa dari kita mungkin hanya mengetahui kalau omega 3 itu hanya terdapat dalam ikan seperti salmon. Padahal, ada makanan lain yang tinggi omega 3. Seperti yang disebutkan penulis of The Small Change Diet, Keri Gans, R.D berikut ini:1. Daging dari hewan pemakan rumput"Rumput itu sebenarnya merupakan sumber yang baik dari omega-3. Jadi, ketika sapi makan rumput, daging yang dihasilkan akan lebih baik dan menghasilkan omega 3," kata Gans, seperti dikutip Womenshealth, Sabtu (9/8/2014). 2. Edamame Jenis kacang kedelai yang kulitnya berwarna hijau dan agak berbulu ini ternyata juga merupakan sumber yang luar biasa dari omega-3. "Ini snack yang sempurna karena serat dan protein," kata Gans.3. Minyak biji rami Selain sumber serat sehat, minyak biji rami juga kaya omega-3.4. Telur "Ketika peternak memberi makan biji rami pada ayam mereka, maka telur yang dihasilkan ayam akan tinggi omega-3," jelasnya.5. Kenari Dari semua jenis kacang-kacangan di [...]

Satu Faktor Kenapa Anda Belum Sukses

Satu Faktor Kenapa Anda Belum Sukses

Salah satu faktor yang menyebabkan orang belum bisa berhasil mencapai impianya adalah karena tidak menetapkan target atau impian yang sebenarnya diinginkan. Sebaliknya justru yang ditetapkan adalah target yang tidak diinginkan. "Mereka menetapkan impian bukan dengan kesadaran, dengan hati tetapi dengan emosi,"ujar Pakar Mind Technology DR. Adi W Gunawan, CCH, di Bogor, ditulis Selasa (9/9/2014). Kebanyakan orang memutuskan ingin mendapatkan sesuatu karena orang lain mendapatkan hal yang sama. Akibatnya, kata pendiri Adi W Gunawan Institute of Mind Technology, orang menetapkan impian tanpa tahu mengapa mereka menginginkannya. Adi memberi contoh dirinya sendiri sebelum menjadi seorang trainer di bidang teknologi pikiran. Dulu, dia termasuk orang semacam itu saat menjalankan bisnis MLM (multi level marketing). "Saya begitu bersemangat dan termotivasi untuk mencapai berbagai impian yang disampaikan dan dibangun di dalam diri saya oleh para upline saya. Ini tidak salah. Namun, motivasi saya menjadi naik-turun,"katanya. Ternyata, setelah bertanya pada diri sendiri dengan jujur, Adi mengaku sebenarnya tidak menginginkan impian-impian yang biasa dikumandangkan di berbagai pelatihan da [...]

Penny 2 Kali Operasi Payudara demi Mirip Bintang Kartun Seksi

Penny 2 Kali Operasi Payudara demi Mirip Bintang Kartun Seksi

Obsesi seseorang terhadap bintang favoritnya bisa membuatnya rela melakukan apa saja agar bisa mirip. Itulah yang dilakukan Penny Brown (25) yang begitu ingin terlihat seperti Jessica Rabbit, bintang kartun seksi di Who Framed Roger Rabbit.Wanita kelahiran Australia yang kini tinggal di Okinawa, Jepang, itu sampai melakukan operasi plastik dan menggunakan korset dengan ukuran yang kecil agar terlihat seperti bintang kartun favoritnya.Penny memaksakan dirinya menggunakan korset kecil seukuran 23 inci (58,42 sentimeter/cm) selama 23 jam sehari dan menjalani dua kali operasi pembesaran payudara. Sebelumnya ukuran payudaranya 34H dan kini meningkat menjadi 36O. Ukuran dadanya kini dua kali dari lingkar pinggangnya."Saya sudah terobsesi dengan Jessica Rabbit sejak kecil. Dia sangat seksi dan memiliki kekuatan yang nyata dan berkarakter," kata Penny seperti dilansir Metro, Jumat (13/6/2014).Penny memang harus tersiksa demi mirip Jessica Rabbit. Ia jadi membungkuk, senang berbaring, melakukan olahraga, makan normal, dan sulit bernapas. Tapi, Penny senang dengan hasilnya. Dalam empat bulan pertama, ukuran pinggangnya menyusut dari 38 inci (96,52 cm) menjadi 23 inci (58,42cm).Pada Agustus 2 [...]

Pria Ini Pernah Menjadi Kura-kura Galau 500 Tahun Lalu (1)

Pria Ini Pernah Menjadi Kura-kura Galau 500 Tahun Lalu (1)

Nasuri Suray, nama pria ini. Saat dihipnoterapi dengan metode past life regression, mendapati dirinya adalah kura-kura raksasa (panjang satu setengah meteran) yang sedang galau mencari kura-kura lainnya di pantai Yunani. "Saya terbang dengan sayap dan melihat awan-awan dan burung-burung. Ketika ditanya ada apa, saya melihat ada pantai dan melihat kura-kura. Saat itu jiwa saya masuk ke dalam kura-kura itu berenang ke tengah laut." ujar Suray. Menurut Suray, dia juga merasakan sensasi air dan nikmatnya berenang di lautan. Suray juga menyebutkan bahwa dirinya terlibat di dalam proses regresi itu. Jadi, apa yang dilihatnya itu semuanya tiga dimensi. Sebagai kura-kura, Suray galau karena istrinya meninggal dan dia belum menyelesaikan hutang pada istrinya. Sang Bijaksana dalam diri Suray menyebutkan bahwa kura-kura istrinya, Kiki, yang meninggal karena kesepian itu akibat sikap Keko (Suray) yang terlalu banyak aktif bersama orang lain dan kurang mengindahkan istrinya, kura-kura si Kiki. Kiki, ingin sebagai istri dia diajak berenang bareng, dinomorsatukan dan diperhatikan. Kebetulan istrinya (Suray) yang sekarang adalah Kiki pada waktu itu. Sang Bijaksana dalam dirinya akhirnya men [...]

Kronologi Pemukulan Dokter oleh Oknum TNI AU di Yogyakarta

Kronologi Pemukulan Dokter oleh Oknum TNI AU di Yogyakarta

Kasus pemukulan terhadap Dokter Achmad Arief Fatoni yang bertugas di Skuadron Pendidikan (Pangkalan Udara) 102 TNI Angkatan Udara (AU) terus bergulir. Mulai dari aksi solidaritas yang dilakukan Alumni Fakultas Kedokteran dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jendral Achmad Yani (UNJANI), Bandung hingga kecaman dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Divisi Advokasi dan Legislasi IDI, dr Warsito pun mengungkapkan kronologi kejadian pemukulan yang berlangsung sekitar 3 jam tersebut oleh para siswa instruktur penerbang kepada dr. Arief sebagai berikut. Selasa 4 Maret 2014 Dokter di Sukadron Pendidikan 102 KODIK TNI AU Pangkalan Udara Yogyakarta, Dokter Achmad Arief Fatoni membawa romobongan siswa calon instruktur penerbang ke Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (LAKESPRA) untuk pemeriksaan kesehatan. Dalam pemeriksaan, didapatkan kemungkinan kelainan jantung pad Lettu Dika. Dokter Arief pun menjelaskan hasil pemeriksaan tersebut dan menyarankan untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito. Rabu 5 Maret 2014 Dokter Arief merujuk Lettu Dika ke Dokter Spesialis Jantung di RSPAU Hard [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *