3 Cara Memperkuat Gigi

cavitypose3.jpg

Banyak yang menganggap kekuatan gigi ditentukan pada masa anak-anak hingga remaja. Setelah dewasa, maka tidak ada kesempatan lagi untuk merawat dan memperkuat gigi. Pendapat ini salah. Ketika Anda dewasa, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat dan memperkuat gigi.

Dilansir dari Howstuffworks pada Kamis (23/10/2014) memperkuat gigi dapat dilakukan dengan cara menempatkan mineral kembali ke enamel gigi atau yang dinamakan dengan remineralisasi. Berikut 3 cara remineralisasi.

Pastikan Dapat Cukup Flouride

Flouride dapat membantu membuat kristal yang membentuk kembali enamel gigi lebih tahan lama. Flouride juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang memproduksi asam.

Ada dua cara untuk menambah asupan flouride untuk gigi. Pertama, flouride topikal, yaitu memberikan flouride langsung ke gigi melalui pasta gigi. Kedua, flouride sistemik yang digunakan dengan cara diminum. Beberapa kandungan makanan yang mengandung banyak flouride adalah ikan dan teh hijau.

Makan Makanan Penguat Gigi

Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah bakteri yang ada di mulut. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan bakteri tersebut, diantaranya adalah jus kranberi dan anggur merah. Hal ini dikarenakan dua makanan tersebut memiliki banyak polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain kedua buah tersebut, keju juga baik untuk memperkuat gigi karena memiliki banyak kandungan kalsium. Menyantap keju setelah makan dapat menetralisir asam yang menempel pada gigi.

Makanan lain yang kaya kalsium adalah ikan salmon, sarden, sayuran berdaun hijau gelap, sirup molase, susu rendah lemak, almond, kacang Brasil dan biji bunga matahari.

Selain kalsium, zat lain yang dapat memperkuat gigi adalah fosfor dan magnesium. Fosfor dapat Anda temukan pada daging, ikan dan telur. Sedangkan magnesium dapat Anda temukan di bayam dan pisang.

Asupan Vitamin

Kalsum memang baik untuk gigi. Tetapi, untuk dapat menyerap kalsium dengan maksimal, tubuh Anda membutuhkan vitamin D. Vitamin D dapat Anda dapatkan pada kuning telur, hati, ikan berlemak seperti salmon dan tuna serta susu. Paparan sinar matahari di pagi hari juga merupakan sumber vitamin D.

Selain vitamin D, vitamin C juga penting. Vitamin C dapat membantu menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Diantara sumber vitamin C adalah jeruk, stroberi, brokoli, paprika dan tomat.

Itulah beberapa cara merawat gigi agar lebih kuat, terutama untuk orang dewasa. Di luar itu, cara yang paling mudah untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat adalah dengan menggosok gigi dua kali sehari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tumbuhan Hijau Dongkrak Produktivitas Kerja

Tumbuhan Hijau Dongkrak Produktivitas Kerja

Mendengar kata kantor selalu identik dengan pekerjaan, stres, dan kebosanan. Namun kini ada cara untuk buat suasana kantor lebih bahagia dan tambah produktivitas Anda. Rapikan meja dan tambahkan tanaman hijau di dekatnya. Menurut penelitian terbaru, tanaman hijau di kantor mampu ubah suasana kantor ke arah positif. Segarnya pemandangan di kantor dan meja kantor dengan tumbuhan hijau memang menyejukkan mata dan membuat pikiran tenang. Selain itu, tanaman ternyata bisa meningkatkan kualitas udara. Dampak positifnya adalah terjadi kekuatan peningkatan konsentrasi dan peningkatan umum dalam kepuasan kerja. Tak heran, jika studi yang menguji beberapa kantor di Inggris dan Belanda mengungkapkan bahwa kehadiran tumbuhan hijau di area kantor mereka mampu meningkatkan produktivitas kerja hingga 15%. "Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa lansekap kantor berdampak besar pada peningkatan kualitas dan produktivitas pegawai," terang penulis studi Alex Haslam, seorang profesor psikologi di University of Queensland seperti dilansir Time, Selasa, (2/9/2014). Jadi, tak ada salahnya Anda ingin meningkatkan produktivitas kerja dengan meletakkan pot berisi tanaman hijau seperti kaktus di samping [...]

2 Tahun Terapi, Penderita Skizofrenia Bisa Lepas Obat

2 Tahun Terapi, Penderita Skizofrenia Bisa Lepas Obat

Skizofrenia atau penyakit gangguan jiwa berat akibat gangguan otak ini ternyata bisa membawa kesembuhan bagi penderitanya. Jika dideteksi dini, pasien yang telah melakukan terapi 2 tahun bahkan bisa beraktivitas tanpa obat yang mesti ia konsumsi. Seperti disampaikan Ketua Seksi Skizofrenia Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, dr. A. A. Ayu Agung Kusumawardhani, SpKJ (K) bahwa penderita skizofrenia itu fungsi otak dan kognitifnya bisa tetap utuh asalkan segera diobati. "Skizofrenia itu penyakit yang menyebabkan halusinasi atau waham. Ini terjadi karena hiper dopamin di otak. Dopamin berlebih menjadi racun buat neuron, sel saraf di otak. Kalau tidak diobatiakan menyebabkan kematian sel otak, kalau itu terjadi lama, akan terjadi penurunan kecerdasan. Tapi kalau dini ada intervensi, maka dia akan tetap cerdas dan tidak terpengaruh fungsi kognitifnya," kata Ayu saat Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Lighting the Hope for Schizophrenia di hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta, ditulis Rabu (10/9/2014). Menurut Ayu, jika pasien yang terdeteksi skizofrenia dan diobati dini, kemudian responnya bagus. Artinya stabilitas dipertahankan, sudah tidak ada gejala lagi. Mi [...]

Ibu Hamil, Waspadai Tanda-tanda Membahayakan Ini!

Ibu Hamil, Waspadai Tanda-tanda Membahayakan Ini!

Hati wanita mana yang tak hancur ketika harus menerima kenyataan mengalami keguguran saat hamil. Apalagi bila itu kehamilan pertama.Bisa sebelum keguguran terjadi, tanda-tanda awal sudah ada seperti misalnya bercak darah di vagina. Karena itu, berhati-hatilah dengan tanda bercak di vagina karena ini bisa jadi tanda ada masalah dalam kandungan. Menurut NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat, jumlah keguguran yang terjadi di seluruh negeri Paman Sam mencapai 20 persen dari seluruh kehamilan.Keguguran bisa terjadi di setiap saat dalam 20 minggu pertama. Apabila keguguran terjadi setelah minggu ke-20 maka disebut kelahiran prematur.Berikut beberapa gejala keguguran seperti dikutip situs Parenting.com, Senin (20/1/2014):1. Bercak atau pendarahan di vaginaHal ini tidak bisa diabaikan, baik itu jumlahnya sedikit apalagi jika banyak.2. Kram atau sakit perutKram kecil bisa terjadi pada awal kehamilan, tapi seharusnya tak parah.3. Keputihan yang tak wajarJika keguguran maka akan keluar bercak cokelat atau merah mudah seperti darah.4. DemamSetiap demam di awal kehamilan harus dikonsultasikan ke dokter kandungan karena bisa menjadi petunjuk keguguran.5. Mengeluarkan jaringan, plasenta ata [...]

Salah Kaprah Penggunaan Sedot Lemak

Salah Kaprah Penggunaan Sedot Lemak

Timbunan lemak di perut atau di bagian tubuh lain memang bikin penampilan kurang enak. Jika sudah mengatur makanan dan olahraga sudah maksimal namun timbunan lemak masih ada, Anda bisa melakukan cara lain yang agak esktrem, yakni dengan sedot lemak. Meski begitu, metode ini sebenarnya tidak ditujukan untuk mengubah penampilan. Menurut ahli spesialis penyakit kulit dan kelamin dokter Lis Surachmiati Suseno, SpKK sedot lemak sebenarnya berfungsi untuk membentuk tubuh. "Sedot lemak bukanlah suatu cara untuk mengurangi berat badan, melainkan body countering atau pembentukan tubuh agar menjadi lebih baik," ungkapnya seperti dikutip dalam buku Bunga Rampai Masalah Kesehatan 2007. Namun, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih masih bisa sedot lemat namun dilakukan secara bertahap. "Tindakan liposuction (sedot lemak) memiliki batasan jumlah lemak yang bisa dikeluarkan untuk satu kali tindakan. Teknik bius lokal pada praktek sedot lemak menggunakan cairan lidokain dengan batas 55 mg/kg berat badan. Jika melebihi ketentuan tersebut pasien akan alami keracunan terang dokter yang berpraktek di RS Mitra International ini. [...]

Lagi Diet, Jangan Takut Konsumsi Daging Sapi dan Daging Kambing

Lagi Diet, Jangan Takut Konsumsi Daging Sapi dan Daging Kambing

Hari Raya Idul Adha identik dengan daging sapi dan daging kambing. Segala jenis hidangan berbahan dasar kedua hewan kurban tersebut, seperti sate, tongseng, dan gulai, akan tersajikan di atas meja makan.Bagi yang sedang berdiet, umumnya menolak untuk mengonsumsi daging sapi atau daging kambing. Menurut mereka, baik daging sapi maupun daging kambing akan merusak diet yang sudah mereka jalankan selama ini.Pakar Diet dan Fitnes, Denny Santoso mengatakan, apa pun tujuan masing-masing individu menjalani diet atau mengatur pola makan, baik itu bertujuan membentuk otot maupun mengurangi lemak dalam tubuh, maka dianjurkan untuk menambah asupan protein, dan mengurangi atau membatasi asupan lemak ke dalam tubuh."Memang, selama ini para pelaku diet kerap mengonsumsi putih telur, daging ayam tanpa lemak dan kulit, serta ikan untuk sumber protein di dalam tubuh," kata Denny Santoso Dijelaskan Denny Santoso, mengingat protein merupakan nutrisi terpenting untuk pembentukan otot, membantu memerbaiki metabolisme tubuh, serta berguna untuk pembakaran lemak dalam tubuh, maka ketiga jenis makanan yang merupakan sumber protein rendah lemak paling baik tersebut harus dikonsumsi secara rutin."Bukan berar [...]

Akibat Makan Berlebihan yang Dibenci Rasulullah SAW

Akibat Makan Berlebihan yang Dibenci Rasulullah SAW

Rasulullah menganjurkan bagi umat-Nya yang berpuasa untuk tidak berbuka dengan makan berlebih. Apalagi jika sampai kesulitan konsentrasi ketika melaksanakan salat Maghrib.Dokter Muhammad Suwardi mengatakan, makan sebaiknya jangan sampai kekenyangan. Karena, akan membuat badan menjadi lemas dan mengantuk. Sesaat setelah makan, terjadi perubahan sirkulasi darah di dalam tubuh."Sirkulasi darah ke lambung dan usus halus akan meningkat dibandingkan sirkulasi ke organ-organ tubuh yang lain," kata Suwardi dalam bukunya berjudul `Solusi Sehat Islami` ditulis Health Liputan6.com, Jumat (4/7/2014)Untuk memasok energi yang besar dalam rangka proses pencernaan, jelas dia, hampir 70 persen energi dialokasikan ke saluran pencernaan. Dengan peningkatan sirkulasi ini, maka suplai oksigen di otak tidak optimal. Sehingga, rasa kantuk akan mudah menyerang kita. Akibatnya, kita menjadi malas untuk bergerak dan beribadah.Bahkan tak jarang, ketika malas bergerak dan rasa kantuk menyerang, ada di antara kita yang mungkin langsung memilih untuk tidur. Padahal, tidur setelah makan juga tidak baik untuk kesehatan kita."Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, cairkanlah makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah [...]

Alfamart Beri Les Gratis Anak-anak yang Tinggal Sekitar Toko

Alfamart Beri Les Gratis Anak-anak yang Tinggal Sekitar Toko

Berikan fasilitas belajar Bahasa Inggris, Alfamart kembali mengadakan kegiatan Albi English Club (AEC) pada tahun ajaran baru 2014/2015. Dikatakan Corporate Communication GM Alfamart, Nur Rachman, kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian Alfamart di bidang pendidikan. Yakni dengan memberikan fasilitas belajar Bahasa Inggris Gratis bagi anak-anak yang tinggal atau bersekolah di sekitar toko. Seperti pada periode Maret-Juni tahun ini, Alfamart telah berhasil menyelenggarakan Program AEC di dua Rumah Albi, yakni di Tangerang dan Depok. Rencananya, AEC akan diadakan kembali di 3 Rumah Albi, ditambah dengan 5 kegiatan AEC yang bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa di Wilayah Jabodetabek dan Bandung. ?Penguasaan Bahasa Inggris merupakan hal penting bagi masa depan anak-anak, namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengikuti kursus tambahan," ungkap Nur Rachman. Untuk itu, Alfamart, membantu masyarakat untuk mempermudah akses dalam menambah pengetahuan. Lebih dari itu, Albi English Club menjadi tempat kedua belajar setelah sekolah, bahkan anak-anak juga bisa membahas tugas-tugas sekolah pada saat sesi belajar. "Metode belajar yang interaktif juga mendorong a [...]

Ayah Satu Orang Anak Ini akan Jalani Transplantasi Wajah Terumit

Ayah Satu Orang Anak Ini akan Jalani Transplantasi Wajah Terumit

Luis Casaramona (44) menderita penyakit langka yang akan merenggut nyawanya bila ia tak mendapatkan wajah baru dari para pendonor. Tapi untungnya, saat ini tim medis sudah menemukan pendonor yang cocok, yang membuat Luis akan menjalani transplantasi wajah paling rumit beberapa hari ke depan.Ayah satu orang ini akan mendapatkan rahang, bibir, telinga, rambut, gigi, lidah, otot, saraf, dan wajah yang baru. Dari sekian organ tubuh, hanya mata, otak, dan tenggorokan saya yang masih asli kepunyaan Luis.Pria yang sehari-hari bekerja di bursa saham ini diketahui memiliki penyakit langka, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan pada pemburuh darah. Bila tak segera dioperasi, dokter mengatakan ia akan meninggal dunia karena kehabisan darah."Jika operasi ini berhasil, maka itu memberikan hidup saya kembali," kata Luis seperti dikutip laman Mirror, Senin (6/1/2013)Sang istri Serena (38) dan putri sematawayangnya, Frida (11) terus memberikan dukungan kepada Luis yang akan menjalani operasi transplantasi di Barcelona.(Adt/Abd)Baca juga:Rekor Bertahan Hidup 31 Tahun dengan Transplantasi JantungJantung Tiruan Berhasil Ditanam, Pertama di PrancisSimpan Ari-ari di Bank Saja Dibanding Dikubur Kendi [...]

Menkes Kirim 405 Dokter ke Daerah Tertinggal dan Perbatasan

Menkes Kirim 405 Dokter ke Daerah Tertinggal dan Perbatasan

Untuk meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH melepas 405 orang dokter/dokter gigi pegawai tidak tetap (PTT) untuk bertugas di daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan (DTPK). Terdiri atas 238 orang dokter umum dan 167 dokter gigi lulusan provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat. Sementara, lulusan 13 provinsi lainnya akan dilepas oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, atas nama gubernur setempat. Nafsiah Mboi mengatakan, dari 600 orang dokter umum yang mendaftar, Kemenkes hanya menerima sekitar 300-an orang. Sebaliknya, dokter gigi yang mendaftar tidak sebanyak dokter jumlah dokter umum. "Dokter gigi yang mendaftar sedikit, secara otomatis semuanya diterima. Untuk dokter gigi, kami membutuhkan 332 orang, yang melamar hanya 167 orang. Itu berarti setengahnya," kata Nafsiah Mboi di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, Senin (28/4/2014) Menurut Nafsiah, kurangnya jumlah dokter gigi yang mendaftar PTT, karena banyak tempat yang tidak diminati. Yaitu, Papua. Padahal, di Papua masih membutuhkan banyak dokter gigi. "Di Papua, ada alat (praktik [...]

Meremehkan Vaksinasi, Membahayakan

Meremehkan Vaksinasi, Membahayakan

Keliru bila ada yang berpendapat bahwa tubuh bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pemberian vaksin setiap bulannya. Apalagi bila menyamakannya dengan kondisi yang terjadi pada masyarakat zaman dulu.Afiono Agung Prasetyo, dr., Ph.D mengatakan, keengganan untuk melakukan sebuah penelitian terhadap suatu penyakit, membuat masyarakat pada zaman itu membiarkan penyakit yang ada di tubuhnya sembuh dengan sendiri."Dulu, orang-orang tidak mau melakukan penelitian terhadap batuk dan pilek, karena bisa sembuh dengan sendirinya selama satu minggu. Tapi, ilmu pengetahuan ini kan terus berkembang, dan orang mulai sadar dampaknya," kata Afiono ditulis Rabu (20/8/2014).Menyadari bahwa batuk dan pilek yang didiamkan membuat pasien berisiko menderita asma, pandangan masyarakat pun secara perlahan mulai terbuka. "Mereka yang hidup di negara maju sekali pun, rutin melakukan vaksin. Termasuk negara yang terbebas dari endemi suatu penyakit dan dianggap bersih," kata Wakil Ketua Bidang Penelitian dan Kerjasama Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS)Hal yang sama juga terjadi pada kasus influenza. Dulu, pasien yang terserang virus influenza pun akan didiamkan selama [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *