3 Cara Memperkuat Gigi

cavitypose3.jpg

Banyak yang menganggap kekuatan gigi ditentukan pada masa anak-anak hingga remaja. Setelah dewasa, maka tidak ada kesempatan lagi untuk merawat dan memperkuat gigi. Pendapat ini salah. Ketika Anda dewasa, masih banyak cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat dan memperkuat gigi.

Dilansir dari Howstuffworks pada Kamis (23/10/2014) memperkuat gigi dapat dilakukan dengan cara menempatkan mineral kembali ke enamel gigi atau yang dinamakan dengan remineralisasi. Berikut 3 cara remineralisasi.

Pastikan Dapat Cukup Flouride

Flouride dapat membantu membuat kristal yang membentuk kembali enamel gigi lebih tahan lama. Flouride juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang memproduksi asam.

Ada dua cara untuk menambah asupan flouride untuk gigi. Pertama, flouride topikal, yaitu memberikan flouride langsung ke gigi melalui pasta gigi. Kedua, flouride sistemik yang digunakan dengan cara diminum. Beberapa kandungan makanan yang mengandung banyak flouride adalah ikan dan teh hijau.

Makan Makanan Penguat Gigi

Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah bakteri yang ada di mulut. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang dapat menghilangkan bakteri tersebut, diantaranya adalah jus kranberi dan anggur merah. Hal ini dikarenakan dua makanan tersebut memiliki banyak polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain kedua buah tersebut, keju juga baik untuk memperkuat gigi karena memiliki banyak kandungan kalsium. Menyantap keju setelah makan dapat menetralisir asam yang menempel pada gigi.

Makanan lain yang kaya kalsium adalah ikan salmon, sarden, sayuran berdaun hijau gelap, sirup molase, susu rendah lemak, almond, kacang Brasil dan biji bunga matahari.

Selain kalsium, zat lain yang dapat memperkuat gigi adalah fosfor dan magnesium. Fosfor dapat Anda temukan pada daging, ikan dan telur. Sedangkan magnesium dapat Anda temukan di bayam dan pisang.

Asupan Vitamin

Kalsum memang baik untuk gigi. Tetapi, untuk dapat menyerap kalsium dengan maksimal, tubuh Anda membutuhkan vitamin D. Vitamin D dapat Anda dapatkan pada kuning telur, hati, ikan berlemak seperti salmon dan tuna serta susu. Paparan sinar matahari di pagi hari juga merupakan sumber vitamin D.

Selain vitamin D, vitamin C juga penting. Vitamin C dapat membantu menjaga gigi dan gusi tetap sehat. Diantara sumber vitamin C adalah jeruk, stroberi, brokoli, paprika dan tomat.

Itulah beberapa cara merawat gigi agar lebih kuat, terutama untuk orang dewasa. Di luar itu, cara yang paling mudah untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat adalah dengan menggosok gigi dua kali sehari.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kaleidoskop Health Agustus: Diet Cacing Pita Makan `Korban`

Kaleidoskop Health Agustus: Diet Cacing Pita Makan `Korban`

Salah satu metode penurunan berat badan yang tidak pernah dianjurkan untuk dilakukan, karena dinilai sangat ekstrem adalah menelan cacing pita. Meski begitu, cukup banyak wanita yang rela menelan dan membiarkan cacing pita hidup di dalam tubuhnya agar keinginan untuk langsing cepat terwujud.Memang, cara seperti ini begitu menjijikkan. Namun, tak bisa dipungkiri, kalau cara nekat seperti ini menjadi pilihan terakhir bagi yang sudah susah payah menurunkan berat badan, tapi tak berhasil sama sekali.Dan, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pelaku diet cacing pita cukup banyak.Beragam penjelasan pun dilontarkan oleh banyak pakar kesehatan, mengapa kita tidak boleh melakukan diet cacing pita. Advanced Diploma of Herbal Medicine dari Sturt University, Mizpa Matus B. Hlth.Sc, mengatakan, jika cacing pita masuk ke dalam tubuh maka akan membentuk kista di hati, mata, otak, dan sumsum tulang belakang dengan konsekuensi yang berpotensi mematikan.Tak hanya itu, cacing pita juga berdampak pada terjadinya sumbatan di usus yang membuat pelakunya mengalami malnutrisi.Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa cacing pita dapat mengganggu pencernaan dan penyerapan nutrisi di tubuh [...]

Menunggu di RSCM Tak Lagi Membosankan dengan Taman Bacaan

Menunggu di RSCM Tak Lagi Membosankan dengan Taman Bacaan

Untuk meningkatkan minat membaca dan mencerdaskan anak bangsa, RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di lima titik rumah sakit. TBM merupakan program pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan beberapa pihak."Kemendikbud merekomendasikan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo menjadi satu lokasi ruang publik yang memiliki TBM dan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) sebagai LSM yang dipercaya mengelolanya. Ini untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tanpa membedakan status sosial," kata Direktur Utama RSCM, Dr. dr. C.H Heriawan Soejono, SpPD, KGer, MEpid, FACP, FINASIM, saat pembukaan acara, Selasa (18/2/2014).Berdirinya TBM ini diharapkan bisa memberikan dampak positif terutama pasien, keluarga pasien, dokter, perawat, staff, karyawan serta masyarakat yang berada di dalam lingkungan rumah sakit."TBM di rumah sakit ini diharapkan sangat bermanfaat. Biasanya kalau di rumah sakit menjadi tempat yang membosankan menunggu keluarga yang sakit, nah ini menjadi menyenangkan sekaligus menambah wawasan masyarakat," kata Presenter, Andi F. Noya.Di RSCM, menurut Humas RSCM, Sulastin, TBM ada di lima lokasi rumah sakit."Masyarakat bisa mem [...]

Dibanding Minuman Energi, Minuman Olahraga Lebih Baik?

Dibanding Minuman Energi, Minuman Olahraga Lebih Baik?

Pro dan kontra minuman berenergi yang tinggi kafein terus mendapat perhatian khusus dari ahli kesehatan di negara maju. Bahkan menurut sebagian para ahli, minuman bernergi dapat membahayakan jantung karena mengandung tinggi kafein. Consumer Reports dan Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika (FDA) mencatat, minuman berenergi mengandung 500 miligram kafein per kaleng atau botol dibandingkan dengan 100 mg dalam secangkir kopi asli. Belum lagi, banyak minuman berenergi tidak menyertakan tingkat kafein secara akurat. "Orang-orang dengan kelainan jantung benar-benar harus menghindari semua minuman energi," kata ahli jantung di University of North Carolina, Kevin R. Campbell , MD, seperti dilansir Everydayhealth, Senin (28/4/2014) Kevin menyampaikan, orang-orang yang minum dengan dosis tinggi kafein dan memiliki penyakit jantung, dapat mengalami gangguan irama jantung yang mengancam jiwa. Disamping itu, taurin dalam minuman energi juga dapat membebani jantung karena membuat detak jantung tidak teratur dan kematian mendadak." Para ahli pun mengungkapkan alternatif minuman manis yang cenderung lebih baik seperti Gatorade, Powerade serta Vitamin Water. Menurut ahli kesehatan, jenis min [...]

Saat Pelukan, Usahakan Dada Kiri Saling Menyentuh!

Saat Pelukan, Usahakan Dada Kiri Saling Menyentuh!

Pelukan bisa mendekatkan seseorang. Seperti ketika orangtua memeluk anaknya atau suami dan istri berpelukan. Saat memeluk orang yang Anda cintai, usahakan dada kiri Anda menyentuh dada kiri orang yang Anda cintai.Demikian disampaikan Master Trainer Neuro Associative Conditioning (NAC) Arief Adinoto saat berbincang-bincang di Redaksi Liputan6.com, di Gedung SCTV Tower, Jakarta, dan ditulis Kamis (30/1/2014)."Kalau peluk jangan asal peluk," kata pria yang akrab disapa Kak Arief."Saat pelukan pastikan dada kiri menyentuh dada kiri agar ikatan batin kuat," kata pria yang kerap disapa Kak Arief.Banyak penelitian yang membuktikan manfaat pelukan. Contohnya saja penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Bliss di Montreal yang menyebutkan pelukan ibu bisa mendorong pemulihan bayi dari rasa sakit.Tak hanya untuk anak, pelukan istri ke suami juga bisa mencegah perselingkuhan karena pelukan menyebabkan perasaan percaya dan loyalitas hubungan yang baik.(Mel/Abd)Baca Juga:Bayi Lebih Sehat Jika Dipeluk dan DiciumPelukan 20 Detik Bisa Cegah Pasangan SelingkuhLelaki Jangan Pelit-pelit Berikan Dadamu ke Anak! [...]

RS Pertamedika Memang Lain dari Rumah Sakit Lain

RS Pertamedika Memang Lain dari Rumah Sakit Lain

Sebagai pusat lever dan jantung di kawasan Bogor, Jawa Barat, Rumah Sakit Pertamedika juga memiliki harapan agar Indonesia dapat menjadi bagian medical tourism di dunia.Karena itu, Presiden Direktur RS Pertamedika Sentul City, Dr. Dany Amrul Ichdan, SE, MSc menyampaikan bahwa RS Pertamedika memiliki diferensiasi produk dan layanan dibandingkan dengan rumah sakit swasta lain."Dalam strategi diferensiasi produk dan pelayanan, kami memiliki paket pemeriksaan hati dan jantung yang didukung teknologi canggih dan spesialis yang kompeten. Kami juga memiliki paket untuk mereka yang kurang mampu dengan harga termurah sampai paket ekslusif untuk keluarga," kata Dany, seperti ditulis Selasa (21/1/2014).Sementara untuk diferensiasi pelayanan, RS Pertamedika memberi garansi waktu tunggu dan antrian dari konsultasi dokter, sharing, bayar obat, dengan standar pelayanan 30 menit."Jadi bisa dikira-kira kalau ada kepentingan lain setelah periksa dari rumah sakit," jelasnya. Selain itu, RS Pertamedika juga bekerjasama dengan ahli lever dari Jepang dengan harapan mereka juga akan melakukan transfer ilmu agar dokter Indonesia bisa mandiri dan punya kemampuan yang tak kalah hebat tentang lever."Kami jug [...]

5 Batu yang Menyiksa Tubuh

5 Batu yang Menyiksa Tubuh

Istilah batu banyak digunakan dalam dunia kesehatan. Hal ini merujuk pada suatu keadaan dalam tubuh manusia yang menimbulkan benjolan maupun kumpulan sesuatu dengan tekstur relatif keras. Munculnya batu ini pada tubuh acapkali jadi permasalahan serius yang juga menyakitkan. Lalu, istilah-istilah batu apa saja yang menyiksa manusia? Berikut ulasannya seperti dirangkum Selasa (24/9/2014): 1. Batu ginjal Batu ginjal atau dalam istilah kedokterannya disebut juga nefrolitiasis sebuah keadaan dimana terdapat kristal yang menyerupai batu pada organ ginjal yang terbentuk dari garam dan mineral. Batu ginjal sendiri terdiri dari empat jenis yang ditentukan oleh penyebabnya yaitu batu kalsium, batu sistin, batu struvit, batu asam urat. Ukuran batu bervariasi, mulai dari berbentuk pasir hingga sebesar buah jeruk. Biasanya kaum pria lebih sering terkena penyakit ini dibandingkan perempuan. 2. Kencing batu Istilah kencing batu penyebabnya sama dengan batu ginjal. Adanya kristal-kristal yang dihasilkan dalam ginjal akan terbawa ke saluran ureter. Hal ini akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat saat kencing yang disertai nyeri pinggang. Pada beberapa kasus, kristal-kristal tersebut ikut [...]

Kadinkes DKI akan Tegur 5 RS yang Tolak Pasien KJS

Kadinkes DKI akan Tegur 5 RS yang Tolak Pasien KJS

Seorang bayi berusia 11 bulan, Muhammd Fauzan Saputra, yang menderita radang otak ditolak oleh 5 rumah sakit (RS) di Jakarta dengan alasan ruang rawat yang penuh. Kelima rumah sakit itu adalah RS Taruna, RS Tarakan, RS Harapan Kita, RS Pelni dan RS Hermina Jatinegara. Karena itu, Fauzan terpaksa dirawat di RS Royal Taruma yang tidak terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan pemerintah selama lebih dari sepekan. Akibatnya, biaya rumah sakit yang dikeluarkan oleh orangtua Fauzan yang hanya seorang penjual bubur ayam Rp 17 juta di RS tersebut. Melihat fakta tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dien Emmawati mengatakan pihaknya akan segera memberi teguran kepada 5 rumah sakit yang menolak pasien peserta Kartu Jakarta Sehat (KJS). "RS nanti kita akan tegur. Artinya RS tidak boleh menginformasikan ke pasien untuk mencari RS sendiri. Dia bisa telepon 119, dia (RS) bisa kontak saya, dia bisa kontak Kadis-nya. Harus itu. Ini memang yang masih tidak benar," ujar Dien usai mengunjungi Fauzan di RS Tarakan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (9/5/2014). Selain itu, Pemprov DKI dalam hal ini Dinkes juga akan mengganti biaya pengobatan Fauzan yang membengkak selama berobat di RS Royal Tar [...]

Psikolog: Marshanda vs Ibunya Seperti Api dalam Sekam

Psikolog: Marshanda vs Ibunya Seperti Api dalam Sekam

Perseturuan ibu dan anak yang dialami artis peran dan musik, Marshanda dan Rianty Sofyan, merembet pada masalah yang membawa keduanya ke pengadilan. Sebenarnya, masalah seperti ini bukanlah hal baru bagi keduanya. Justru, ini merupakan hasil kumulatif dari banyaknya kasus yang mendera Marshanda dan Rianty Sofyan."Mereka ini sering ribut, walaupun hanya ribut-ribut kecil. Cuma masalahnya, tidak ada penyelesaian yang tuntas atas masalah itu. Mereka beranggapan masalah yang dialami adalah sesuatu yang sudah lewat, dan dengan mudah dihilangkan begitu saja," kata Psikolog dari Universitas Pendidikan (UI), Dr. Rose Mini A.p., M.Psi saat diwawacarai Health Liputan6.com di Gedung Satmarindo, Jalan Ampera Raya Nomor 5, Cilandak, Jakarta, ditulis Kamis (7/8/2014)Diketahui, pada 2009 silam Marshanda membuat publik tersentak dengan aksi yang diperlihatkannya di situs berbagi video Youtube. Dalam video itu, Marshanda tampak kesal dan mengungkapkan isi hati yang selama ini ia simpan terhadap teman-temannya di masa sekolah dulu. Belakangan pada di penghujung Juli 2014, Marshanda dirawat di sebuah rumah sakit dan dijaga oleh sang ibu. Beberapa hari kemudian, Marshanda diizinkan keluar dan dapat m [...]

Taman Bacaan Masyarakat Bisa Juga Jadi Tempat Titip Anak

Taman Bacaan Masyarakat Bisa Juga Jadi Tempat Titip Anak

Untuk meningkatkan minat membaca buku masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat program Taman Bacaan Masyarakat (TBM)."Ini sebenarnya program sudah lama sekali. Kami terus berkembang. Nah saat ini kami berupaya ada TBM di ruang publik seperti rumah saki, mall, pasar, terminal dan tempat lainnya," kata Asmawi saat ditemui usai acara peresmian TBM di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Selasa (18/2/2014).Menurut Asmawi, TBM harus menjadi tempat yang menyenangkan. "Buku yang ada pada TBM jangan hanya jadi pajangan saja, tetapi kami berupaya sebaik mungkin. Salah satunya kami berusaha untuk membuat semakin menarik misalnya ada kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.Untuk makin mendorong minat baca masyarakat, Asmawi menyebutkan agar TBM menjadi tempat yang nyaman. Bahkan di beberapa derah di indonesia, TBM bisa dijadikan tempat penitipan anak."Mungkin sekarang itu sudah jadi tempat yang menyenangkan yah, buktinya sudah mulai banyak yang datang dan jadi tempat perkumpulan para ibu terampil dan menitipkan anak sekalian dia belajar?" jelas Asmawi sambil tersenyum.Hal serupa juga dikatakan Presenter Andy Flores Noya. "Untuk meningkatkan minat me [...]

Minum Soda Bikin Kulit Gampang Keriput, Anda Cepat Terlihat Tua

Minum Soda Bikin Kulit Gampang Keriput, Anda Cepat Terlihat Tua

Bagi Anda yang suka mengonsumsi soda, mungkin hal ini bisa menjadi perhatian. Pasalnya, sebuah penelitian baru menemukan bahwa konsumsi soda berkaitan dengan peningkatan penyakit dan penuaan. Seperti dikutip Cosmopolitan, Rabu (22/10/2014), peneliti menilai 5.309 orang dewasa yang memiliki kebiasaan mengonsumsi soda manis, jus buah, dan diet soda lebih dari 24 jam. Kemudian, mereka membandingkan telomere (urutan DNA berulang), komponen kromosom yang secara alami menua saat usia bertambah dan juga perkiraan usia biologis serta risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan beberapa jenis kanker. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 8 porsi reguler (non-diet) soda dapat mempercepat proses penuaan. "Usia biologis Anda bisa sekitar 4,6 tahun lebih tua daripada non-peminum soda," tulis peneliti.Melihat penelitian tersebut, peneliti menyarankan untuk membatasi asupan soda dan membuat beberapa perubahan gaya hidup seperti misalnya diet yang sehat, olahraga, manajemen stres, dan bersosialisasi. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *