3 Minyak Aromaterapi yang Efektif Redakan Stres

esensialcover.jpg

Tinggal di perkotaan membuat orang rentan terkena stres. Entah itu karena masalah pekerjaan, urusan rumah tangga hingga harus menghadapi kemacetan serta polusi setiap harinya.

Liburan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres, namun tak semua orang punya waktu maupun biaya untuk pergi liburan setiap minggunya. Ada satu solusi yang bisa mengatasi stres di kota besar. Cenderung mudah dilakukan, tanpa perlu menghabiskan banyak uang dan tidak perlu juga keluar rumah. Yaitu dengan menggunakan minyak aromaterapi.

Dari berbagai jenis aromaterapi, ada tiga minyak esensial yang diketahui efektif membuat pikiran lebih relaks, menghilangkan rasa jenuh sekaligus meredakan stres. Apa saja dan seperti apa fungsinya? Apakah hanya untuk mengatasi stres?

1. Lavender
Minyak yang berasal dari ekstrak bunga berwarna ungu ini merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer, baik karena fungsi penyembuhnya maupun relaksasi. Pijat dengan minyak lavender akan menenangkan otot-otot dan membantu tidur lebih nyenyak, sehingga banyak aromaterapis yang menyarankan penggunaan minyak ini untuk mengatasi insomnia. Selain itu lavender juga berkhasiat sebagai antiseptik, antidepresan, anti peradangan, deodoran dan ‘obat’ penenang.

2. Bergamot
Bergamot merupakan minyak esensial beraroma citrus yang diekstrak dari pohon Citrus Beragamia, tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara. Minyak esensial ini banyak digunakan untuk mengatasi stres, depresi, gelisah hingga infeksi kulit seperti psoriasis dan eczema. Bergamot juga banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk menyehatkan liver, meningkatkan fungsi pencernaan dan menyamankan saat merasa tidak enak badan.

Selain itu Bergamot juga berkhasiat mengobati pilek dan nyeri ringan pada tubuh. Untuk kecantikan, minyak esensial ini bisa untuk meredakan kemerahan, mengatasi jerawat meradang serta membuat rambut tampak lebih berkilau.

3. Rosemary
Minyak rosemary berkhasiat sebagai antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif. Minyak ini juga bekerja sebagai analgesik yang meredakan rasa sakit, otot kram, sakit kepala dan migrain. Sebagai antiseptik, rosemary bisa mengatasi infeksi ringan pada liver maupun sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, minyak rosemary juga merupakan solusi alami untuk berbagai masalah rambut. Mulai dari mencegah rambut rontok, menyehatkan kulit kepala dan rambut, menstimulasi sirkulasi darah agar rambut tumbuh lebih subur juga mengatasi kulit kusam.

Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak esensial, apa pun jenisnya perlu diperhatikan. Minyak esensial atau aromaterapi mengandung konsentrat yang cukup tinggi dari tanaman, maka pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi. Beberapa jenis minyak esensial juga bisa memicu gejala alergi. Misalnya, ada beberapa orang yang alergi terhadap lavender sehingga penggunaannya sebaiknya dihindari.

Untuk pijat, tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam lotion atau minyak pijat agar mendapatkan efek relaksasi. Sementara untuk perawatan rambut atau kulit, sebaiknya baca dengan teliti aturan pakai atau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Penggunaan minyak esensial sebagai aromaterapi atau yang dipanaskan juga sebaiknya hanya dituangkan beberapa tetes saja ke alat pembakar atau burner.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pil Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

Pil Minyak Ikan Tak Buat Anak Lebih Pintar

Mengonsumsi minyak ikan pada saat ibu hamil dipercaya bisa bantu perkembangan otak anak di kandungan. Namun sebuah penelitian terbaru justru menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan tidak memberikan pengaruh yang signifikan ketika anak berusia enam tahun.Hasil penelitian terbaru ini bantu menjelaskan penelitian sebelumnya, yang melibatkan ibu hamil dengan kebiasaan mengonsumsi pil minyak ikan dan yang tidak. Penelitian di Norwegia tersebut juga tidak menemukan perbedaan tingkat IQ pada anak berusia tujuh tahun. Asam lemak, seperti asam docosahexaenoic (DHA), yang ditemukan dalam ikan dan makanan lain dianggap penting bagi janin. Oleh karena itu, para peneliti meminta ibu hamil untuk mengonsumsi minyak ikan, minyak ikan plus suplemen folat, folat saja dan pil yang tidak mengandung suplemen, pada penelitian terbaru ini.Lalu setelah tujuh tahun kemudian, tim peneliti yang dipimpin Dr Cristina Campoy dari Universitas Granada di Spanyol memberikan tes kecerdasan pada 154 anak-anak yang lahir dari ibu-ibu peserta penelitian. Hasilnya, seperti yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, asam lemak seperti DHA tetap penting, namun tidak memberikan perbedaan dalam tin [...]

Kurang Sinar Matahari Saat Bekerja Bisa Berakibat Terkena Gangguan Tidur

Kurang Sinar Matahari Saat Bekerja Bisa Berakibat Terkena Gangguan Tidur

Lupakan minum susu, air hangat atau membaca buku sebelum tidur. Rahasia sebenarnya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah tempat Anda bekerja.Riset terbaru menunjukkan apabila karyawan yang bekerja di ruangan minim jendela, atau ruangan dengan sinar matahari yang sedikit rata-rata memerlukan waktu 46 menit lebih lama untuk berhasil tidur. Riset yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa lingkungan kerja berperan penting untuk mengatur siklus internal yang ada di dalam tubuh.Peneliti mengatakan bahwa ruang kerja yang didesain lebih nyaman dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental para pekerja. Stres, komputer dan membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah seringkali dianggap menjadi penyebab kurangnya kualitas tidur.Akan tetapi, penyebab utama dari kurangnya tidur di malam hari adalah suasana hati yang buruk dan kurang fokus. Kurangnya tidur secara terus menerus dapat meningkatkan kondisi medis yang serius seperti kegemukan, penyakit jantung serta diabetes, bahkan dapat memperpendek harapan hidup.Ruangan dengan sinar matahari yang cukup diketahui sangat penting untuk mengatur ritme tubuh dan siklus internal yang dapat menentukan [...]

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Kemampuan Bersepeda Mampu Membedakan Penyakit Parkinson

Mulai maraknya kesadaran akan manfaat bersepeda dikalangan umum, memberikan dampak positif pada pola hidup yang sebelumnya lebih mengarah pada pola hidup yang merugikan. Salah satu manfaat bersepeda ternyata dikemukakan oleh salah seorang peneliti dari Jepang dalam Journal of Parkinson?s Disease, yaitu mengenai kemampuan seseorang bersepeda dapat menjadi acuan pembeda dari tipe penyakit Parkinson dan tipe Parkinsonisme diluar dari faktor situasi dan kondisi keadaan tempat bersepeda. Gangguan parkinsonisme merupakan gangguan syaraf yang pertama kali kemukakan oleh Dr. James Parkinson dimana berkurangnya zat dopamine yang berguna sebagai penghubung pada syaraf motorik . James sendiri menggunakan istilah Paralysis Agitans dikarenakan gangguan ini mempengaruhi gerak motorik seseorang sehingga gerakannya menjadi kaku bahkan menghilangkan refleks postural yang menyebabkan orang tersebut sering jatuh dan tidak mampu melakukan gerakan pencegahan yang umumnya secara otomatis dilakukan oleh tubuh. Semakin berkembangnya penelitian mengenai paralysis agitans, ditemukan mengenai penyakit Parkinson yang merupakan penyakit neurodegenerative progressive. Yaitu penyakit syaraf yang terus menurun na [...]

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Setelah menahan lapar lebih dari 12 jam, berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu. Seringkali saat berbuka puasa banyak orang yang kalap memakan apapun yang terhidang di meja. Mulai dari es buah, kolak, gorengan hingga nasi lengkap dengan lauknya. Pola makan tersebut ternyata keliru dan justru bisa membuat tubuh terasa lemas dan perut jadi tidak nyaman.Lalu bagaimana pola makan yang benar saat berbuka puasa? Pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS menyarankan untuk berbuka dengan perlahan dan bertahap. Porsi makan saat berbuka juga sebaiknya kecil, yaitu hanya untuk membatalkan puasa."Sekedarnya saja, satu gelas air putih. Kalau mau teh manis atau jus silakan saja. Tapi bagusnya yang netral. Sama buah, 1-2 potong. Kolak juga bisa," ujar pria yang akrab disapa Hardin ini, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Senada dengan Hardin, dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG juga menyarankan untuk tidak terlalu banyak makan saat buka puasa dan utamakan untuk meminum dua gelas air putih terlebih dahulu. Makanan berlemak dan yang berkuah santan sebaiknya dihindari ketika berbuka."Diselingi makanan manis sedikit saja. Misalnya kola, mengandung santa [...]

Manfaat dan Efek Samping Adas bagi Ibu Menyusui

Manfaat dan Efek Samping Adas bagi Ibu Menyusui

Sejak dahulu, tanaman herba adas dipercaya sebagai galactagogue, yaitu sebuah zat yang dipromosikan bisa memperlancar air susu ibu (ASI). Bagian dari tanaman ini yang kerap digunakan untuk memperlancar ASI adalah biji dan daunnya. Seperti yang kita ketahui, ibu menyusui dilarang mengonsumsi sembarang makanan karena bisa berdampak kepada ASI. Lalu bagaimana dengan keamanan adas bagi ibu menyusui dan bayi? Adas adalah sejenis tanaman bunga yang berasal dari Mediterania. Kini keberadaannya bisa dijumpai di seluruh penjuru dunia. Tanaman berbau harum dan memiliki cita rasa ini kerap dijadikan bumbu dapur pada sejumlah masakan. Khasiat Adas Secara Ilmiah Selama ini adas dipercaya dapat menambah pasokan ASI ibu yang sedang menyusui. Hal itu didukung oleh satu penelitian kecil yang menyatakan bahwa terapi dengan adas bisa meningkatkan volume susu. Namun satu penelitian saja belum cukup untuk membuktikan secara klinis khasiat adas. Masih dibutuhkan uji klinis ilmiah yang lebih lengkap dan menyeluruh untuk mendapatkan kepastian tersebut. Jika Anda ingin mencoba melancarkan ASI memakai adas, Anda bisa menikmatinya dengan tiga cara. Diseduh menjadi teh. Tambahkan sebagai bumbu masakan. Dim [...]

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

Saat kita berolahraga, banyak manfaat yang dapat kita peroleh bagi tubuh kita. Akan tetapi, bukan berarti bahwa olahraga tidak memiliki risiko. Salah satu risiko melakukan olahraga adalah cedera olahraga Cedera olahraga adalah segala jenis cedera yang timbul akibat melakukan olahraga. Jenis cedera dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan penyebab, berat ringan cedera, waktu, struktur jaringan yang terkena, dan mekanisme terjadinya (biomekanik). Salah satu klasifikasi yang paling kompleks adalah klasifikasi berdasarkan struktur jaringan. Klasifikasi ini sekaligus dapat membantu kita memahami apa saja yang dapat terjadi pada struktur tubuh kita ketika mengalami cedera. Cedera berdasarkan struktur jaringan dapat dibagi menjadi: A. Cedera Jaringan Lunak Yang termasuk dalam jaringan lunak adalah: Kulit. Jaringan ikat: tendon, ligamen Jaringan non konektif: pembuluh darah, saraf, dan otot Cedera pada kulit yang paling sering adalah ekskoriasi (lecet), laserasi (robek), atau punctum (tusukan). Ekskoriasi (lecet) terjadi karena adanya gesekan dengan benda rata, misal tanah, aspal. Luka laserasi adalah luka sobek yang disebabkan oleh benda tajam. Sedangkan luka puctum diseb [...]

Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

Penyebab Utama Gigi Terasa Ngilu Setiap Kali Minum Air Es

Sering merasakan nyeri atau ngilu menusuk pada gigi setiap kali mengonsumsi makanan/minuman panas, dingin atau terlalu asam? Bisa jadi pertanda gigi Anda sensitif.Gigi sensitif atau dentine hypersensitivity adalah rasa nyeri yang timbul akibat terbukanya lapisan dentin (batas antara gigi dan gusi) di bawah email gigi. Dengan terbukanya dentin, maka rangsangan dari makanan atau minuman akan langsung menuju syaraf dan menyebabkan nyeri. Ada beberapa faktor yang membuat gigi sensitif, dan umumnya karena kebiasaan menggosok gigi atau pemilihan sikat gigi yang salah."Gosok gigi terlalu kuat yang menekan gigi dan gusi, juga penggunaan sikat gigi yang bulunya terlalu keras dan kaku adalah beberapa penyebab gigi sensitif," ujar Drg. Zaura Rini Anggraini MDS., saat acara peluncuran dua varian terbaru Pepsodent Sensitive Expert di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jl. Garnisun Dalam, Semanggi, Jakarta Selatan, Rabu (5/06/2013).Menggosok terlalu kuat akan membuat dentin gigi terbuka, juga membuat email gigi mengalami penipisan. Hal yang sama juga terjadi apabila Anda menggunakan sikat gigi yang terlalu kaku.Selain itu, peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi juga bisa menyebabkan terja [...]

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

Sebagian dari Anda mungkin ingat di kala kecil, ibunda sering melarang bermain keluar saat hujan turun karena bisa terkena pilek. Ada pula 'orang dulu' yang mengatakan kalau sering makan pisang saat hamil akan melahirkan bayi laki-laki, banyak-banyaklah makan sup ayam agar flu cepat sembuh, dan masih banyak lagi anjuran lainnya. Anjuran orangtua zaman dulu kerap disepelekan karena dianggap mitos, klise dan kurang masuk akal. Tapi sejumlah penelitian telah membuktikan ada beberapa yang berdasarkan fakta dan telah terbukti kebenarannya.1.'Jangan Hujan-hujanan, Nanti Pilek'Tubuh yang basah dan kedinginan, jika dibiarkan terlalu lama memang bisa memicu pilek, hal itu telah dibuktikan berdasarkan penelitian dari Cardiff University, Inggris. Penelitian melibatkan dua kelompok responden, kelompok pertama diminta merendam kaki mereka ke dalam baskom berisi es batu selama 20 menit. Sedangkan kelompok kedua memasukkan kaki mereka ke baskom kosong. Empat atau lima hari kemudian, hampir 30 persen responden yang merendam kakinya dalam baskom es batu mengalami gejala pilek. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang kelompok kedua yang hanya sembilan persen."Terkena hawa dingin terutama di area ka [...]

Awas, Makan Siang di Meja Kerja Berbahaya

Awas, Makan Siang di Meja Kerja Berbahaya

Walau pekerjaan menumpuk, melupakan makan siang bukanlah hal yang baik. Hal tersebut sama tidak baiknya dengan makan di atas meja kerja. Menurut survei, makan di meja kerja bisa sangat berbahaya!Pekerjaan yang menumpuk seringkali buat Anda lupa makan siang atau makan di atas meja kerja. Padahal, makan siang di atas meja kerja bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.Makan siang kini, sudah tidak menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar karyawan kantoran. Seperti yang dikutip dari Female First, sebuah jejak pendapat terbaru telah menunjukkan 50% orang jarang meninggalkan meja kerja mereka saat jam makan siang. Survei tersebut diprakarsai oleh staffbay dan diikuti 1.800 orang.Padahal meninggalkan meja kerja ini di waktu istirahat ini cukup penting. Selain Anda perlu beristirahat dan merenggangkan tubuh, meja kerja merupakan tempat yang kotor apabila Anda akhirnya memilih makan siang di sana. Meja kerja ternyata sangat berbahaya karena 400 kali lebih kotor dibandingkan toilet.Meja kerja mengandung banyak kuman, terutama meja kerja wanita karena mereka menyimpan kosmetik, hand lotions, yang mempermudah berpindahnya bakteri. Tidak hanya itu, wanita juga menyimpan beragam mak [...]

Sunscreen Saja Tak Cukup Cegah Kanker Kulit, Harus Pakai Apalagi?

Sunscreen Saja Tak Cukup Cegah Kanker Kulit, Harus Pakai Apalagi?

Salah satu kebiasaan yang bisa memperlambat penuaan dini pada kulit adalah dengan memakai sunscreen secara rutin. Ketika tengah berada di luar ruangan dan sinar matahari sedang sangat terik, sunscreen dipercaya dapat menangkal sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan gangguan-ganguan seperti kulit cepat keriput, terbakar sampai penyakit kanker seperti melanoma.Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa meski cahaya matahari sedang tidak sangat menyengat, sunscreen tetap dibutuhkan karena sinarnya masih bisa membahayakan kulit kita. Produk ini pun menjadi satu-satunya item yang paling diandalkan untuk menangkal bahaya sinar jahat. Namun bagaimana jika ternyata sunscreen saja tak cukup untuk melindungi kulit dari penyakit melanoma?Dikutip dari situs BBC, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Manchester, Inggris, menyatakan bahwa krim pelindung sinar matahari saja sepertinya tak bisa sepenuhnya menghalau resiko kanker kulit melanoma. Penelitian ini diujikan pada pada sejumlah tikus yang telah dipaparkan sinar ultraviolet penyebab penyakit yang ditandai oleh munculnya tahi lalat abnormal tersebut.Hasilnya para peneliti menyimpulkan bahwa produk sunscreen t [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *