3 Minyak Aromaterapi yang Efektif Redakan Stres

esensialcover.jpg

Tinggal di perkotaan membuat orang rentan terkena stres. Entah itu karena masalah pekerjaan, urusan rumah tangga hingga harus menghadapi kemacetan serta polusi setiap harinya.

Liburan menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres, namun tak semua orang punya waktu maupun biaya untuk pergi liburan setiap minggunya. Ada satu solusi yang bisa mengatasi stres di kota besar. Cenderung mudah dilakukan, tanpa perlu menghabiskan banyak uang dan tidak perlu juga keluar rumah. Yaitu dengan menggunakan minyak aromaterapi.

Dari berbagai jenis aromaterapi, ada tiga minyak esensial yang diketahui efektif membuat pikiran lebih relaks, menghilangkan rasa jenuh sekaligus meredakan stres. Apa saja dan seperti apa fungsinya? Apakah hanya untuk mengatasi stres?

1. Lavender
Minyak yang berasal dari ekstrak bunga berwarna ungu ini merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer, baik karena fungsi penyembuhnya maupun relaksasi. Pijat dengan minyak lavender akan menenangkan otot-otot dan membantu tidur lebih nyenyak, sehingga banyak aromaterapis yang menyarankan penggunaan minyak ini untuk mengatasi insomnia. Selain itu lavender juga berkhasiat sebagai antiseptik, antidepresan, anti peradangan, deodoran dan ‘obat’ penenang.

2. Bergamot
Bergamot merupakan minyak esensial beraroma citrus yang diekstrak dari pohon Citrus Beragamia, tanaman yang tumbuh di Asia Tenggara. Minyak esensial ini banyak digunakan untuk mengatasi stres, depresi, gelisah hingga infeksi kulit seperti psoriasis dan eczema. Bergamot juga banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk menyehatkan liver, meningkatkan fungsi pencernaan dan menyamankan saat merasa tidak enak badan.

Selain itu Bergamot juga berkhasiat mengobati pilek dan nyeri ringan pada tubuh. Untuk kecantikan, minyak esensial ini bisa untuk meredakan kemerahan, mengatasi jerawat meradang serta membuat rambut tampak lebih berkilau.

3. Rosemary
Minyak rosemary berkhasiat sebagai antidepresan dan membuat fungsi otak lebih aktif. Minyak ini juga bekerja sebagai analgesik yang meredakan rasa sakit, otot kram, sakit kepala dan migrain. Sebagai antiseptik, rosemary bisa mengatasi infeksi ringan pada liver maupun sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, minyak rosemary juga merupakan solusi alami untuk berbagai masalah rambut. Mulai dari mencegah rambut rontok, menyehatkan kulit kepala dan rambut, menstimulasi sirkulasi darah agar rambut tumbuh lebih subur juga mengatasi kulit kusam.

Perlu diketahui bahwa penggunaan minyak esensial, apa pun jenisnya perlu diperhatikan. Minyak esensial atau aromaterapi mengandung konsentrat yang cukup tinggi dari tanaman, maka pemakaiannya pun tidak boleh berlebihan karena bisa menimbulkan iritasi. Beberapa jenis minyak esensial juga bisa memicu gejala alergi. Misalnya, ada beberapa orang yang alergi terhadap lavender sehingga penggunaannya sebaiknya dihindari.

Untuk pijat, tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam lotion atau minyak pijat agar mendapatkan efek relaksasi. Sementara untuk perawatan rambut atau kulit, sebaiknya baca dengan teliti aturan pakai atau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya. Penggunaan minyak esensial sebagai aromaterapi atau yang dipanaskan juga sebaiknya hanya dituangkan beberapa tetes saja ke alat pembakar atau burner.

(hst/fer)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Saat Tubuh Berkeringat Ternyata Mitos

Air kelapa selama ini disebut-sebut sebagai minuman alami pengganti energy drink atau minuman ion penyeimbang cairan elektrolit di dalam tubuh. Popularitasnya sebagai 'minuman super' ikut didukung para selebriti seperti Miranda Kerr dan Kerry Washington, yang rutin minum air kelapa untuk detoksifikasi.Kenyataannya, air kelapa tidak sehebat seperti yang digembar-gemborkan selama ini. Pakar diet asal Australia, Julie Gilbert mengatakan, air kelapa memang minuman sehat namun kurang tepat jika dikatakan sebagai 'minuman super' yang memiliki banyak manfaat."Air kelapa mungkin baik untuk menghidrasi tubuh, tapi bukan berarti dia 10 atau 15 kali lebih baik ketimbang minuman lainnya," tutur Julie, seperti dikutip dari ABC Australia.Yang sekarang menjadi pertanyaan, benarkah air kelapa lebih efektif mengganti cairan tubuh yang hilang daripada energy drink? Jawabannya bisa ya, bisa tidak.Ketika berkeringat, tubuh kehilangan cairan yang di dalamnya mengandung mineral penting seperti sodium, potassium, kalsium dan magnesium. Air kelapa memang memiliki empat jenis mineral tersebut, terutama potassium. Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau khasiat air kelapa sama efektifnya dengan energy [...]

Musik Pada Bayi Dalam Kandungan

Musik Pada Bayi Dalam Kandungan

Semakin bermunculan CD berisi kompilasi musik klasik untuk ibu hamil dan bayi, seringkali membawa pertanyaan akan manfaat dari terapi musik itu sendiri terhadap perkembangan bayi. Sehingga perlu pemahaman lebih dalam akan pengaruh musik terhadap bayi Anda. Meskipun hingga kini belum ada penelitian secara langsung yang membuktikan pengaruh musik, khususnya musik klasik dalam meningkatkan kecerdasan otak, namun ada beberapa penelitian telah mampu menyimpulkan bahwa memberikan musik untuk bayi semenjak didalam kandungan dapat membantu membangun jembatan syaraf dimana pemikiran dan informasi berputar. Bahkan para peneliti mengungkapkan bahwa musik dapat merangsang gelombang alpha pada otak sehingga menciptakan rasa tenang dan menentramkan perasaan bayi seperti dilansir BBC Health News. Irama lembut yang dilantunkan dalam musik klasik, terbukti dapat menenangkan janin yang sedang gelisah menjadi rileks, begitupun pada bayi dan anak-anak. Sehingga beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris, sudah memasukkan keharusan pemutaran musik klasik pada rumah sakit bersalin, ruang bayi dan ruang anak-anak sebagai upaya menentramkan perasaan selama perawatan. Namun demikian, peneliti [...]

Cegah Dehidrasi Hingga Sembelit, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Timun

Cegah Dehidrasi Hingga Sembelit, Ini 10 Manfaat Mengonsumsi Timun

Timun menjadi salah satu makanan yang kerap kali dikonsumsi sebagai hidangan salad ataupun menjadi pemanis dalam sajian masakan. Tetapi ternyata timun tak hanya berfungsi sebagai pelengkap makanan saja, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dirasakan saat mengonsumsi timun. Apa saja? 1. Mencegah DehidrasiSalah satu manfaat mengonsumsi timun adalah untuk mencegah dehidrasi. Timun memiliki 95.2 persen kadar air atau 150 ml air dari 142 gr penyajian. Hal itu berarti sebanyak 26 persen asupan air di dalam tubuh setiap harinya sudah terpenuhi.2. Kesehatan JantungTimun mengandung potassium sebanyak 152gr setiap penyajian yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi timun dalam porsi yang tepat bisa menurunkan potensi penyakit stroke dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.3. Melindungi OtakSuatu zat bernama fisetin yang terdapat di dalam timun berguna sebagai anti pembengkakan di dalam tubuh. Ternyata, fisetin juga memiliki peranan penting untuk melindungi kesehatan otak karena kemampuannya mengurangi dampak negatif dari penyakit otak yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi otak dan masalah usia. Maka dari itu, timun juga bi [...]

Apa itu Penyakit Drakula?

Apa itu Penyakit Drakula?

Anda pasti sudah akrab dengan sosok drakula, bukan? Sudah tidak terhitung drama, film atau lagu yang terinspirasi dari sosok drakula. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang membutuhkan darah untuk kelangsungan hidupnya dan takut akan sinar matahari. Namun apakah Anda pernah mendengar istilah ?Penyakit Drakula?? Apa itu pernyakit drakula? Porfiria atau dikenal juga dengan sebutan penyakit drakula adalah sebuah penyakit keturunan yang langka. Penyakit ini menyebabkan gangguan produksi bagian dari sel darah merah, yaitu heme dan porfirin. Kunci dasar dari penyakit ini adalah kegagalan produksi heme dan menyebabkan akumulasi dari porfirin, prekursor dari heme. Porfirin inilah yang dapat menyebabkan berbagai gejala pada penyakit porfiria. Kata porfiria sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti warna ungu. Apa gejala dari penyakit ini? Penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gejala, mulai dari kulit sampai saraf. Kulit. Porfiria dapat menyebabkan sensitivitas kulit meningkat sehingga mudah melepuh ketika terkena matahari. Hal ini disebabkan karena adanya deposit porfiria yang berlebihan pada kulit. Gejala inilah yang menyebabkan penyakit ini dikenal dengan istilah ?Penyakit [...]

Manfaat Jus Mangga Untuk Bantu Program Diet Anda

Manfaat Jus Mangga Untuk Bantu Program Diet Anda

Mangga adalah buah yang mengandung vitamin C, vitamin A dan 25 jenis karotenoid untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat. Kandungan nutrisinya menjadi salah satu alternatif untuk tetap menjaga kondisi tubuh. Selain manfaat kesehatan, jus mangga juga dapat membantu program diet yang sedang Anda jalani. Dilansir dari healthmeup berikut manfaat jus mangga bagi kesehatan.1. Jangan Ditambah GulaPenting untuk memahami berapa besar kandungan gizi yang ada pada mangga. Sebuah mangga berukuran sedang menghasilkan sekitar satu cangkir jus buah mangga yang mengandung 100 kalori, tiga gram serat, 23 gram gula alami, vitamin dan mineral. Oleh karena itu, jus mangga yang dikonsumsi secara alami tanpa tambahan gula sudah dapat meningkatkan nilai gizi.2. Mendukung Performa Kardio AndaMengonsumsi segelas jus mangga setiap hari dapat memenuhi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Ia mengandung 60 sampai 100 persen vitamin C dan sekitar 40 sampai 50 persen vitamin A dalam tubuh Anda. Vitamin yang diperoleh dari jus mangga ini bermanfaat untuk gigi dan gusi, kesehatan mata, neurologis dan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Fungsi lain yang dikandung oleh jus mangga adalah 20 persen [...]

Fakta Medis Dibalik Perselingkuhan

Fakta Medis Dibalik Perselingkuhan

Perselingkuhan merupakan fenomena tanpa akhir yang kerap sekali terjadi di seluruh penjuru dunia. Tidak hanya laki-laki, namun wanita pun terkadang juga selingkuh. Masalah psikologis memang tetap menjadi salah satu penyebab kuat datangnya orang ketiga. Tidak puas dengan pasangan hingga rasa penasaran untuk mencari sesuatu yang baru. Dari sisi medis, perselingkuhan terjadi karena adanya hormon testosteron pada laki-laki. Saat ia tertarik pada seorang wanita, hormon ini biasanya bergejolak dan memicu rangsangan seksual pada laki-laki tersebut. Seiring berjalannya waktu, biasanya kadar hormon testosteron akan menurun dan digantikan oleh oksitosin, si hormon persahabatan. Lalu bagaimana dengan perempuan? Berikut penjelasannya: Bagaimana dengan wanita? Untuk kaum hawa, bila testosteron meningkat dan menurunkan kadar oksitoksin, maka sama seperti yang terjadi pada pria, wanita tersebut akan menjadi tidak setia pada pasangannya. Para wanita akan memproduksi hormon testosteron lebih banyak jika menemukan pria yang membuat penasaran dan tidak bisa memberikan komitmen penuh serta merasa kurang tertarik dengan pria yang dengan setia menunggunya di rumah. Jagalah kesetiaa [...]

Ketimbang Pria, Wanita Lebih Sulit Tidur Karena Masalah Uang

Ketimbang Pria, Wanita Lebih Sulit Tidur Karena Masalah Uang

Sebuah survei dibuat untuk mencari tahu apa penyebab seseorang tidak bisa tidur. Dari survei terungkap, 30% wanita sulit tidur karena mengkhawatirkan masalah keuangan.Sementara 35% pria mengaku mereka tidak mengalami masalah tersebut. Survei tersebut dibuat oleh situs Manilla.com. Ada 1000 pria dan wanita bekerja menjadi responden. Mereka semua tinggal di Amerika Serikat.Penyebab lainnya yang membuat wanita tidak bisa tidur di malam hari adalah stres dan daftar pekerjaannya. Ada 18% responden wanita yang mengalami hal itu."Dengan gaya hidup yang semakin sibuk, masalah keuangan sepertinya jadi masalah paling membutuhkan perhatian," ujar Linda Descano dari Women & Co, kepada Manilla.com.Dari survei juga terungkap, sebagian besar wanita punya masalah pada kurangnya pengorganisasian dalam pekerjaan. 73% wanita mengaku frustasi dengan ketidakorganisasian, sedangkan pria yang frustasi hanya 59%.Saat segala sesuatunya sudah teroganisir, wanita merasa lebih rileks. 50% wanita mengakui hal tersebut. Sementara 40% wanita mengaku lebih bahagia. Sedangkan pria hanya 41% dan 37% responden yang merasakan hal serupa.(eny/eny) [...]

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Menghalau Flu dengan Makanan Sederhana

Sakit flu sering kali menyebabkan penderitanya menjadi tidak berselera makan. Tapi sebenarnya ada cara jitu untuk menghadapinya. Melalui asupan makanan dan minuman yang tepat, gejala flu dapat lebih mudah diatasi. Saat flu, tubuh makin membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang, termasuk vitamin dan mineral. Sebab tubuh membutuhkan energi yang banyak untuk menciptakan sel imunitas dalam jumlah besar demi melawan virus yang masuk ke tubuh. Memanfaatkan Asupan Nutrisi Meski selera makan Anda terganggu, pastikan asupan nutrisi dan cairan tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan makan lebih sering, namun dalam porsi yang lebih kecil. Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan tubuh energi ekstra guna meringankan gejala-gejala flu, antara lain: Minum air putih secukupnya untuk menjaga hidrasi tubuh. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi jus buah. Minum perlahan-lahan dan sedikit demi sedikit. Teh hangat yang ditambahkan dengan madu dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sekaligus melegakan saluran pernapasan yang tersumbat. Minuman yang terbuat dari jahe dapat membantu mencegah tubuh dari dehidrasi, sekaligus meredakan mual serta [...]

Cuci Darah untuk Mengatasi Gagal Ginjal

Cuci Darah untuk Mengatasi Gagal Ginjal

Sejatinya tubuh kita secara alami didesain untuk mampu melakukan cuci darah secara otomatis. Namun jika diperlukan, proses cuci darah dengan bantuan alat medis bisa dilakukan. Saat ini cuci darah identik dengan proses medis untuk menghilangkan kelebihan kotoran dan air di dalam darah. Dalam proses alami, ginjal adalah organ yang bertanggung jawab dalam melakukan hal ini. Kenapa Membutuhkan Cuci Darah? Penyaringan darah adalah tugas ginjal. Pada penderita penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal, fungsi ginjal ini tidak dapat dilakukan secara optimal. Karena ginjal gagal untuk melakukan pembersihan, terjadilah penumpukan limbah dan cairan pada darah. Kondisi ini berisiko membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seseorang yang kehilangan fungsi ginjalnya antara 85-90 persen wajib melakukan cuci darah agar terhindar dari beragam komplikasi yang fatal. Tentu saja dibutuhkan penilaian dari dokter dan serangkaian tes medis untuk menentukan mengenai wajib atau tidaknya seseorang melakukan cuci darah. Level kreatinin dan ureum pada darah adalah dua hal yang akan dijadikan tolok ukur keputusan dokter. Demikian juga pemeriksaan urine. ?Creatinine clearance? pada urine sebagai tola [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *