3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

haus-kurang-cairan-minum-air.jpg

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

1. Nyeri Kepala

Selain kehilangan air, tubuh Anda juga kehilangan garam penting seperti natrium dan kalium. Kehilangan garam dapat mengakibatkan perubahan dan gangguan kimia dalam darah.

Otak Anda terutama, sangat sensitif terhadap perubahan ini. Dan sensitifitas tersebut dapat berujung pada nyeri kepala. Semakin banyak air yang hilang, semakin banyak volume darah berkurang dan berarti semakin berkurang pula asupan aliran oksigen ke otak.

Sebagai kompensasinya, pembuluh darah Anda akan melebar dan nyeri kepala Anda dapat bertambah parah.

2. Air Kencing Anda Berwarna Kuning Pekat

Mungkin terdengar agak menjijikan bukan? Namun itu memang faktanya. Hal ini disebabkan oleh karena urin Anda mengandung ?sampah? yang terakumulasi dan menumpuk. Jika Anda minum cukup air, ?sampah? tersebut dapat dengan mudah dibuang lewat urin.

Gambar diatas membantu Anda untuk mengukur seberapa cukup atau kurang kebutuhan cairan Anda dari warna air kencing Anda.

3. Susah Buang Air Besar (BAB)

Alasannya hampir sama dengan urin Anda yang pekat. Air membantu mendorong ?sampah? yang ada di dalam usus besar Anda untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Jika Anda kurang minum air, maka kotoran tersebut akan menetap dan sulit untuk keluar sehingga mengakibatkan Anda susah BAB.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Penyebab Postur Tubuh Tidak Ideal

7 Penyebab Postur Tubuh Tidak Ideal

Kebanyakan orang mengabaikan tentang pentingnya memiliki postur tubuh yang baik dan ideal. Padahal, selain membuat tampilan fisik kurang menarik, postur tubuh yang tidak sempurna juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Menurut fisioterapis Dr. Tina Mahendrakar, ada beberapa hal yang menyebabkan postur tubuh seseorang tidak sempurna, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Cedera di Masa LaluJika pernah mengalami cedera, seseorang cenderung menggerakkan tubuhnya dengan posisi berbeda untuk menghindari rasa sakit. Padahal, dengan gerakan yang lama-kelamaan menjadi kebiasaan rutin tersebut dapat mengakibatkan cedera di area tubuh yang lain. Perbaiki segera postur tubuh Anda dengan menemui fisioterapis atau ahli fitnes untuk mendapat penanganan yang tepat.2. Kekurangan GiziTulang punggung membutuhkan nutrisi, kalsium dan vitamin yang cukup agar tumbuh kuat dan lurus. Jika pola makan Anda tidak didukung oleh ketiga hal tersebut, maka tulang dan otot menjadi lemah dan tidak mampu menciptakan bentuk postur yang seharusnya.3. Warisan KeluargaFaktor keturunan juga bisa menjadi penyebab bentuk postur yang tidak sempurna. Jika Anda memiliki orangtua atau keluarga yang [...]

Apakah Minuman Manis Dapat Sebabkan Depresi

Apakah Minuman Manis Dapat Sebabkan Depresi

Dalam studi terbaru yang dipresentasikan pada bulan Maret di pertemuan tahunan American Academy of Neurology yang ke-65 di San Diego, orang yang minum minuman manis - termasuk soda, fruit punch, dan es teh manis secara teratur - memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena depresi. Penelitian tersebut melibatkan 264.000 orang di atas usia 50 tahun yang terdaftar dalam AARP untuk studi diet dan kesehatan. Para partisipan ditanya tentang kebiasaan minum mereka sebagai bagian dari survei diet rinci. Sekitar 10 tahun kemudian mereka ditanya apakah mereka telah didiagnosis mengalami depresi selama dekade sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari empat cangkir atau kaleng soda diet sehari memiliki risiko sekitar 30% lebih tinggi mengalami depresi selama masa tindak lanjut dibandingkan mereka yang tidak minum. Mereka yang minum soda secara teratur memiliki risiko 22% lebih tinggi. Minum kopi, bagaimanapun, dikaitkan dapat menurunkan risiko depresi sebesar 10%. Diet minum minuman manis-tampaknya terkait dengan risiko depresi yang sedikit lebih tinggi secara keseluruhan dari minum minuman bergula. Para peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa mengurangi [...]

Risiko dari Tindik di Lidah

Risiko dari Tindik di Lidah

Tindik lidah mungkin dapat seseorang membuat tampil beda, dan makin dipopulerkan oleh para superstar yang menindik lidah mereka. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melubangi lidah Anda dan menghiasinya dengan perhiasan apapun, ada baiknya Anda ketahui dulu risiko apa saja yang mungkin Anda hadapi di kemudian hari. Meski risiko ini belum tentu pasti dialami oleh semua orang, ada baiknya Anda waspada. Masalah yang paling umum terjadi setelah tindik lidah adalah perdarahan berlebihan, selain itu juga dapat menyebabkan infeksi, gangguan bicara, masalah pada pernafasan dan bahkan dapat menyebabkan patahnya gigi geligi. Tindik lidah lebih berpotensi untuk terjadi infeksi dibandingkan tempat lainnya yang lazim ditindik misalnya daun telinga, mengingat letaknya yang berdekatan dengan saluran pernafasan dan mengandung banyak pembuluh darah. Jika terjadi infeksi pada lidah maupun dasar mulut (daerah di bawah lidah),dapat menyebabkan pembengkakan pada lidah yang berujung pada kesulitan bernafas. Infeksi juga rentan terjadi karena banyaknya bakteri di dalam rongga mulut. Jika peralatan/perhiasan yang digunakan pada saat penindikan tidak steril, maka risiko terjadi infeksi meningkat berkali-ka [...]

Fakta tentang Dahak

Fakta tentang Dahak

Semua orang pasti pernah mengeluarkan dahak, dengan atau tanpa batuk. Pada pagi hari setelah bangun tidur pun seringkali kita mengeluarkan dahak. Seberapa banyak dahak yang normal? Apakah dahak merupakan pertanda infeksi? Apakah dahak bisa dikurangi atau dihilangkan? Berikut ini adalah penjelasannya. Dahak atau lendir dalam dunia kedokteran disebut mukus. Mukus sebetulnya merupakan bagian penting dari tubuh, sama seperti minyak pada mesin. Mulut, hidung, sinus, paru-paru, dan saluran cerna semuanya memproduksi lendir. Berikut ini adalah fungsinya: Melindungi permukaan saluran napas/saluran cerna agar tidak kering dan tetap lembab. Menangkap bakteri, debu, atau benda asing yang masuk ke saluran napas Mukus mengandung: Antibodi untuk melawan bakteri/virus Enzim untuk membunuh benda asing Protein untuk membuat lendir lengket Kenapa kita memproduksi banyak lendir? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikutnya: Fakta tentang Dahak Kenapa kita memproduksi banyak lendir? Sekalipun kita sehat, tubuh akan tetap memproduksi mukus/lendir 1-1,5 liter per hari dan paling banyak diproduksi saluran napas dan lendir tersebut akan turun melalui tenggorok [...]

Kenali Perbedaan Kram Perut yang Normal dan Perlu Dikhawatirkan Saat Haid

Kenali Perbedaan Kram Perut yang Normal dan Perlu Dikhawatirkan Saat Haid

Rasa sakit atau nyeri saat hari pertama haid dialami banyak wanita. Kondisi ini terbilang normal, apabila rasa sakit masih bisa ditoleransi dan tidak berlangsung lama. Tapi apabila mengalami kram hebat hingga keluar keringat dingin setiap kali haid, bisa jadi tanda kalau ada masalah pada organ reproduksi Anda. Kenali rasa sakit saat Anda haid, untuk mengetahui apakah itu termasuk normal atau berada di kondisi yang mengkhawatirkan.1. Kram NormalKram normal saat hari pertama menstruasi biasanya terasa di perut bagian bawah. Dikutip dari Cosmopolitan USA, rasa sakit cenderung ringan, seperti ingin buang air besar dan umumnya tidak berlangsung lama. Sekitar dua sampai lima jam. Apabila sakit sudah tak tertahankan, Anda bisa meminum obat pereda rasa sakit agar bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi hindari konsumsi obat jangka panjang dan terus menerus, karena efeknya kurang baik bagi kesehatan.2. Kista pada OvariumJika Anda mengalami kram sehingga sulit untuk bergerak, diikuti dengan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, sebaiknya segera periksakan ke ginekolog. Ada kemungkinan terdapat kista di ovarium Anda. Jika dideteksi sejak dini, penanganannya bisa lebih mudah. Namun un [...]

Trik Makan Fast Food dengan Cara yang Lebih Sehat

Trik Makan Fast Food dengan Cara yang Lebih Sehat

Siapa yang tidak tergoda dengan lezatnya ayam goreng tepung, french fries, cheeseburger, beefburger atau pizza? Makanan cepat saji memang menggugah selera karena tampilan dan aromanya. Tapi makanan tersebut hanya nikmat di lidah. Ketika sudah masuk tubuh, akan menjadi tumpukan racun yang berbahaya bagi tubuh dan menyebabkan kegemukan apabila dikonsumsi terus menerus.Makanan cepat saji sebaiknya dikonsumsi sebagai rekreasional saja. Alias hanya untuk sesekali, maksimal satu bulan sekali. Tapi jika Anda harus sering memakannya, pilihlah cara yang lebih sehat dalam mengonsumsinya. Jangan tambah 'beban' di tubuh Anda dengan lemak, kalori, gula dan garam berlebih. Ini trik menyiasati konsumsi makanan cepat saji agar tidak berdampak terlalu buruk, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Makan SecukupnyaMakanlah secukupnya dan pastikan nutrisi yang diasup seimbang. Artinya, janga hanya memesan dua potong ayam, nasi dan soda. Atau setangkup cheese burger dengan sedikit acar. Restoran cepat saji biasanya juga menyediakan salad. Beli juga menu salad seperti garden salad, fruit salad atau coleslaw. Untuk minuman, dibandingkan soda, air mineral jauh lebih sehat.2. Pilih yang Lebih SehatKetika [...]

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Cara Redakan Rasa Nyeri Ketika Haid Hari Pertama

Sebagian wanita sering merasakan nyeri saat datang 'bulan'. Nyeri tersebut bisa karena reaksi dari menstruasi itu sendiri atau tanda adanya penyakit. Rasa nyeri membuat Anda tidak nyaman bahkan beberapa wanita tak bisa beraktivitas seperti biasa. Untuk meredakan sakit yang sangat mengganggu aktivitas, dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menyarankan minum obat. "Obat apa saja yang mengandung analgesik atau anti sakit bisa justru harus diminum," ujar dokter Frits kepada wolipop, Rabu (1/5/2013).Hal itu juga disetujui oleh Dr Prima Progestian, SpOG,CH,CHt, dokter kandungan yang berpraktek di Brawijaya Women and Children Hopsital. Ia menuturkan, sebaiknya konsumsi obat anti nyeri jika sakit haid sudah tak tertahankan. Namun bila ada keluhan lain yang mengganggu, pria yang juga membuka praktek di Klinik Permata Bintaro itu menyarankan segera periksa ke dokter."Kalau obat-obatan anti nyeri seperti Feminax, panadol itu nggak masalah. Anti nyeri boleh saja. Tapi kalau ada keluhan lebih baik diperiksakan langsung karena mungkin ada infeksi atau penyakit," ujar Dr Prima saat dihubungi wolipop melalui telepon, Rabu (1/5/2013).Jika tidak mau merasakan nyeri, [...]

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

Cedera Olahraga? Jangan Asal Urut!

Saat kita berolahraga, banyak manfaat yang dapat kita peroleh bagi tubuh kita. Akan tetapi, bukan berarti bahwa olahraga tidak memiliki risiko. Salah satu risiko melakukan olahraga adalah cedera olahraga Cedera olahraga adalah segala jenis cedera yang timbul akibat melakukan olahraga. Jenis cedera dapat dibagi menjadi beberapa klasifikasi berdasarkan penyebab, berat ringan cedera, waktu, struktur jaringan yang terkena, dan mekanisme terjadinya (biomekanik). Salah satu klasifikasi yang paling kompleks adalah klasifikasi berdasarkan struktur jaringan. Klasifikasi ini sekaligus dapat membantu kita memahami apa saja yang dapat terjadi pada struktur tubuh kita ketika mengalami cedera. Cedera berdasarkan struktur jaringan dapat dibagi menjadi: A. Cedera Jaringan Lunak Yang termasuk dalam jaringan lunak adalah: Kulit. Jaringan ikat: tendon, ligamen Jaringan non konektif: pembuluh darah, saraf, dan otot Cedera pada kulit yang paling sering adalah ekskoriasi (lecet), laserasi (robek), atau punctum (tusukan). Ekskoriasi (lecet) terjadi karena adanya gesekan dengan benda rata, misal tanah, aspal. Luka laserasi adalah luka sobek yang disebabkan oleh benda tajam. Sedangkan luka puctum diseb [...]

Tips Sahur yang Sehat

Tips Sahur yang Sehat

Konsumsilah makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama dibandingkan mengonsumsi makanan yang cepat dicerna. Makanan yang dicerna dalam jangka waktu lama atau sekitar 8 jam pencernaan diantaranya adalah karbohidrat kompleks (gandum, beras merah). Sedangkan makanan yang cepat dicerna (3-4 jam) dan sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat sederhana Perbanyak makan sayuran karena sayuran mengandung serat yang cukup lama dicerna sehingga menimbulkan rasa kenyang lebih lama Tingkatkan asupan cairan dalam jumlah cukup (3-4 gelas air) Jangan minum minuman yang mengandung kafein karena bersifat diuretik dan dapat menimbulkan keluhan sakit kepala akibat dari efek adiksi Konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral Hindari makanan yang digoreng (deep fried) karena dapat menimbulkan keluhan kesehatan seperti mual, heart burn, kembung, dan peningkatan berat badan Konsumsilah makanan dan minuman dalam jumlah cukup dan seimbang [...]

Do’s & Don’ts Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Do’s & Don’ts Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Memiliki gigi yang kuat dan mulut sehat hingga tua tentu diinginkan setiap orang. Namun banyak yang salah dalam merawat gigi dan mulut sehingga terjadi kerusakan seperti gigi keropos, gusi berdarah, penipisan email, gigi berlubang dan sebagainya. Untuk itu, rawatlah gigi Anda secara benar dengan cara berikut, yang dipaparkan nutritionist dan konsultan diet Shilpa Mittal, dikutip dari Health Me Up.1. Sikat Dua Kali SehariGosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan sikat gigi yang berbulu lembut serta pasta gigi mengandung fluoride. Fluoride berfungsi menguatkan gigi.2. Pijat GusiPijat gusi minimal dua kali seminggu. Memijat gusi berfungsi mencegah periodontitis, yaitu infeksi gusi yang bisa merusak tulang serta jaringan di sekitar gigi. Gusi yang rajin dipijat akan berkembang dengan baik dan menghasilkan mulut sehat. Pemijatan gusi bisa dilakukan dengan sikat gigi berbulu lembut. Sikat gusi perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Jangan ditekan terlalu keras karena bisa membuat gusi berdarah.3. Bersihkan LidahJaga kebersihan lidah dengan membersihkannya setiap selesai sikat gigi menggunakan pembersih lidah. Gerakkan pembersih lidah dari pangkal menuju ujung lidah.4. Jangan Meroko [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *