3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

haus-kurang-cairan-minum-air.jpg

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

1. Nyeri Kepala

Selain kehilangan air, tubuh Anda juga kehilangan garam penting seperti natrium dan kalium. Kehilangan garam dapat mengakibatkan perubahan dan gangguan kimia dalam darah.

Otak Anda terutama, sangat sensitif terhadap perubahan ini. Dan sensitifitas tersebut dapat berujung pada nyeri kepala. Semakin banyak air yang hilang, semakin banyak volume darah berkurang dan berarti semakin berkurang pula asupan aliran oksigen ke otak.

Sebagai kompensasinya, pembuluh darah Anda akan melebar dan nyeri kepala Anda dapat bertambah parah.

2. Air Kencing Anda Berwarna Kuning Pekat

Mungkin terdengar agak menjijikan bukan? Namun itu memang faktanya. Hal ini disebabkan oleh karena urin Anda mengandung ?sampah? yang terakumulasi dan menumpuk. Jika Anda minum cukup air, ?sampah? tersebut dapat dengan mudah dibuang lewat urin.

Gambar diatas membantu Anda untuk mengukur seberapa cukup atau kurang kebutuhan cairan Anda dari warna air kencing Anda.

3. Susah Buang Air Besar (BAB)

Alasannya hampir sama dengan urin Anda yang pekat. Air membantu mendorong ?sampah? yang ada di dalam usus besar Anda untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Jika Anda kurang minum air, maka kotoran tersebut akan menetap dan sulit untuk keluar sehingga mengakibatkan Anda susah BAB.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diet Jantung Sehat

Diet Jantung Sehat

Oleh: dr. Tri Rejeki Herdiana Anda dapat mengurangi risiko terjadinya aterosklerosis (salah satu faktor risiko sumbatan pembuluh darah) dengan makan makanan yang sehat. Anda juga dapat memperlambat proses semua jenis penyakit dengan memperhatikan asupan makanan. Makanan sehat yang dimaksud dalam hal ini adalah jenis makanan yang tidak membebani jantung dan tidak mencetuskan faktor risiko. Diet sehat merupakan salah satu cara untuk mengurangi faktor risiko yang dapat mengakibatkan penyakit jantung. Nutrisi jantung sehat adalah nutrisi yang dapat mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat), menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi berat badan. Fokuskan diri Anda terhadap jenis makanan sehat apa saja yang dapat Anda makan. Rekomendasi yang diberikan oleh American Heart Association 2006 dan Food and Drug Administration (FDA) adalah: Makanlah lebih banyak buah dan sayuran sejumlah 4-5 kali porsi sehari Makanlah makanan yang mengandung gandum karena kandungan seratnya yang tinggi. Gandum dapat dikonsumsi sebanyak 6-8 porsi setiap harinya Batasi kandungan lemak di dalam makanan Anda. Batasi juga lemak jenuh, trans-fat, dan kolesterol (keju, su [...]

5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

5 Makanan Pemicu Sakit Kepala

Siapa sih di antara kita yang belum pernah merasakan sakit kepala? Pasti Anda semua pernah merasakannya, mulai dari sakit kepala ringan hingga sakit kepala berat yang sangat mengganggu kualitas hidup. Penyebab sakit kepala hampir sebagian besar tidak diketahui. Ternyata sakit kepala yang Anda rasakan bisa juga disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya sakit kepala: 1. Alkohol Alkohol yang terdapat di dalam minuman dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke otak dan menyebabkan dehidrasi, kedua kondisi ini dapat memicu terjadinya sakit kepala. Kandungan sulfiat yang digunakan sebagai pengawet dalam anggur merah juga disinyalir memicu migraine. 2. Keju Semakin lama usia keju semakin tinggi kadar tiramin di dalamnya. Tiramin dibentuk dari hasil pemecahan protein pada makanan. Jumlah tiramin dalam keju bervariasi bergantung dari proses, fermentasi, usia, pemecahan dan kontaminasi bakteri. Contok keju yang mengandung kadar tiramin tinggi adalah keju swiss, blue cheese, cheddar, gouda dan parmesan. 3. Penyedap Rasa Monosodium glutamate (MSG) yang sering ditemukan dalam penyedap rasa telah terbukti dapat m [...]

4 Kondisi Penyebab Lidah Putih

4 Kondisi Penyebab Lidah Putih

Lidah yang sehat berwarna pink dan ditutup nodul-nodul kecil yang disebut papila. Sedangkan lidah putih bisa menjadi tanda-tanda penyakit. Lidah putih terjadi karena papila pada permukaaan lidah mengalami pertumbuhan berlebih dan pembengkakan. Lapisan putih ini muncul akibat sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati bersarang atau tersangkut di antara papila yang membesar dan terkadang meradang. Lidah putih mungkin terlihat mengkhawatirkan, tapi biasanya tidak berbahaya dan bersifat sementara. Namun, lidah putih bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi serius, mulai dari infeksi hingga kondisi prakanker. Berikut beberapa penyakit yang membuat lidah berubah warna menjadi putih. Leukoplakia Leukoplakia suatu kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk di lidah. Bercak putih ini kemungkinan terjadi karena terlalu banyak sel dan protein keratin di mulut. Meskipun tidak sakit, bercak putih tersebut tidak dapat dihilangkan dengan disikat atau dikorek. Leukoplakia bisa terjadi ketika lidah mengalami iritasi dan sering kali ditemukan pada perokok dan mereka yang minum banyak minuman beralkohol. Leukoplakia tidak berbahaya tapi bisa berubah menjadi ka [...]

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Apa Bedanya Flu dan Sinusitis?

Ketika Anda mengalami hidung tersumbat, bersin-bersin, sakit kepala, apakah Anda bisa membedakan hal tersebut disebabkan oleh flu atau sinusitis? Untuk orang awam, flu dan sinusitis memang sulit dibedakan. Sinusitis pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri pada rongga sinus. Sinus adalah rongga yang terdapat di dalam tulang pipi, dekat mata, dahi, dan hidung. Sedangkan flu biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang menyebkan produksi lendir hidung bertambah. Berikut ini adalah perbedaan antara flu dan sinusitis: Flu Sinusitis Gejala Demam, sakit kepala Sakit tenggorokan Pilek dengan lendir berwarna jernih Bersin-bersin, hidung tersumbat Gejala utama muncul di daerah hidung Nyeri di sekitar wajah, mata, atau dahi, terutama jika ditekan Nyeri bertambah saat sujud Sakit kepala Hidung tersumbat Demam Lendir dari hidung berwarna kuning atau hijau Bau mulut Penyebab Virus Bakteri Lama gejala Menghilang dalam 3-5 hari Menetap sampai 1 minggu atau lebih, bahkan berbulan-bulan Pengobatan Istirahat cukup [...]

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Waspada! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Ladies, kapan terakhir kali Anda membongkar tas kosmetik dan menyortir peralatan makeup yang lama tak terpakai? Sebagian wanita punya kebiasaan membeli kosmetik baru meskipun koleksi alat makeup lama masih cukup banyak. Alhasil karena terlalu lama tidak dipakai, kosmetik pun jadi kedaluwarsa.Meski begitu, masih ada saja yang menyimpan bahkan menggunakannya tanpa sadar akan bahaya yang mengintai. Sebuah tes laboratorium yang dilakukan di London ini mungkin akan membuat para wanita segera menyingkirkan peralatan kosmetiknya yang sudah tak layak pakai. Produk makeup yang sudah lama ternyata menyimpan bakteri berbahaya, salah satunya bakteri penyebab meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yaitu enterococcus faecils.Para peneliti dari London Metropolitan University telah memeriksa lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation dan lip gloss dan menemukan bahwa mereka menyimpan banyak bakteri berbahaya.Selain enterococcus faecalis, peralatan kosmetik kedaluwarsa juga menyimpan bakteri berbahaya lainnya yaitu eubacterium yang bisa menyebabkan bacterial vaginosis (ketidakseimbangan flora dan bakteri pada Miss V) dan aeronoma, penyebab gastroenteritis dan infeksi pada luka. T [...]

Cegah Pikun di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Cegah Pikun di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Pernahkah Anda lupa menaruh kunci mobil? Ataukah lupa mengingat password e-mail? Sebaiknya Anda patut waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda-tanda penurunan daya ingat di usia dini.Namun jangan khawatir, ada satu cara mudah untuk mencegahnya, yaitu cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.Dalam percobaan tersebut mereka diperlihatkan suatu film pendek yang hanya diisi oleh adegan-adegan tanpa suara. Setelah itu, mereka kembali disajikan sebuah film yang dilengkapi dengan suara.Kemudian para ahli melontarkan berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan film-film yang baru saja mereka lihat. Hasilnya, sebanyak 71% relawan menjawab pertanyaan secara tepat dengan mata terpejam. Sedangkan 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka justru memberikan jawaban yang kurang tepat.Metode memejamkan mata untuk mengingat kembali suatu kejadian ini dipercaya sebagai salah satu teknik yang memungkinkan pelakunya untuk membangun bayangan yang lebih detail dalam pikirannya. Salah satu penelitinya, Robert Nash mengatakan orang- [...]

Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke

Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke

Rutin memakan tiga pisang dalam sehari bisa mengurangi stroke (anti stroke). Pisang adalah pilihan baru untuk mendapatkan asupan makanan yang kaya akan kalium selain bayam, kacang-kacangan, dan ikan bandeng. Meskipun beberapa penelitian sebelumnya mengatakan bahwa pisang penting untuk mengendalikan tekanan darah dan mencegah stoke, hasilnya tidak selalu konsisten. Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam the Journal of the American College of Cardiology ini para ilmuwan menganalisa data dari 11 penelitian berbeda sejak era 60-an dan digabungkan untuk mendapatkan hasil keseluruhan. Mereka menemukan asupan kalium harian sebesar 1.600mg atau kurang dari separuh jumlah kalium harian yang dianjurkan untuk dewasa sebesar 3.500mg. Jumlah tersebut cukup untuk menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima. Inilah manfaat pisang lainnya: Manfaat Pisang Lainnya Pisang rata-rata mengandung 500mg kalium mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Ilmuwan dari Universitas Warwick dan Naples mengatakan asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan. Sedangkan, terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan c [...]

Stres? Jangan Merokok!

Stres? Jangan Merokok!

Oleh: drg. Arni Maharani Tidak sedikit orang memilih alasan untuk merokok ketika merasa dalam tekanan dan stres. Wabil khusus orang yang memiliki sejarah ketergantungan nikotin sebelumnya. Namun sekalipun peringatan bahaya merokok sudah sering dikumandangkan oleh berbagai pihak tetapi pada kenyataannya penikmat rokok di negara kita tidak berkurang. Telah dengan gamblang dikatakan serta dipromosikan bahwa kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, impotensi serta gangguan kehamilan. Namun sayangnya segelintir orang yang baru menyadari dampak merokok juga menyerang kesehatan gigi dan mulut. Sehingga pengetahuan yang beredar luas dimasyarakat mengenai bahaya kebiasaan merokok bagi kesehatan gigi dan mulut adalah hanya noda yang ditinggalkan pada gigi. Padahal, masih banyak dampak buruk merokok bagi kesehatan gigi dan mulut, diantaranya: Tidak hanya gigi yang menjadi kecoklatan Napas menjadi bau Terbentuknya karang gigi Kerusakan gusi Penyembuhan luka pasca tindakan medis yang terhambat Selain hal itu kebiasaan merokok memperbesar faktor terkena beberapa penyakit, seperti: Kerusakan tulang Kelainan gusi yang dapat berlanjut pada gigi goyang dan kehilanga [...]

Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Oleh: dr. Jessica Florencia Apakah penderita diabetes dapat berpuasa? Ya, penderita diabetes dapat berpuasa. Namun, selama berpuasa, penderita diabetes perlu memperhatikan kondisi kesehatannya, kadar gula dalam darah dan 1-2 bulan sebelumnya telah berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan kesehatan lengkap dan penyesuaian obat. Saat berpuasa ada 2 kondisi yang perlu diperhatikan dan diwaspadai pada penderita diabetes, yaitu: 1. Hipoglikemia Hipoglikemiamerupakan keadaan ketika kadar gula dalam darah sangat rendah (<40 g/dL) sehingga tubuh tidak dapat beraktivitas. Jika tidak segera diatasi, hipoglikemia dapat menyebabkan hilang kesadaran dan kejang. Hal ini dapat terjadi pada penderita diabetes yang mengkonsumsi obat golongan Sulfonil Urea dan insulin. Gejala yang dirasakan: a. Merasa sangat lapar b. Gemetar c. Berkeringat d. Pucat e. Merasa gelisah f. Berdebar-debar g. Kesemutan pada bibir h. Pandangan kabur i. Sulit berkonsentrasi j. Merasa bingung k. Merasa tidak enak badan Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah periksakan gula darah Anda. Jika terlalu rendah, Anda perlu segera berbuka dengan yang manis seperti jus buah, atau teh manis untuk seger [...]

Jangan Murung, Yuk Tertawa dan Rasakan 5 Manfaatnya Ini

Jangan Murung, Yuk Tertawa dan Rasakan 5 Manfaatnya Ini

Liburan long weekend semakin menyenangkan jika dihabiskan dengan bergembira bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Tertawa bersama mereka bukan hanya bisa membuat hati tenang, tapi juga berdampak positif pada kesehatan. Saat tertawa, Anda juga bisa sekaligus berolahraga. Sebenarnya apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan? Berikut ini uraiannya seperti dikutip dari berbagai sumber:1. Tertawa sebagai olahragaTertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat.Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.2. Meningkatkan imunTahukah Anda bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal flu. Rendahnya tingkat stres dapat memperkuat kekebalan tubuh.Sebuah studi menunjukan bahwa antibodi mampu memerangi infeksi yang ada dalam tubuh saat tertawa. Hal itu disebabkan karena kadar oksigen meningkat ketika Anda tertawa.3. Baik untuk hatiPenelitian di California, Amerika Seri [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *