3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

haus-kurang-cairan-minum-air.jpg

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

1. Nyeri Kepala

Selain kehilangan air, tubuh Anda juga kehilangan garam penting seperti natrium dan kalium. Kehilangan garam dapat mengakibatkan perubahan dan gangguan kimia dalam darah.

Otak Anda terutama, sangat sensitif terhadap perubahan ini. Dan sensitifitas tersebut dapat berujung pada nyeri kepala. Semakin banyak air yang hilang, semakin banyak volume darah berkurang dan berarti semakin berkurang pula asupan aliran oksigen ke otak.

Sebagai kompensasinya, pembuluh darah Anda akan melebar dan nyeri kepala Anda dapat bertambah parah.

2. Air Kencing Anda Berwarna Kuning Pekat

Mungkin terdengar agak menjijikan bukan? Namun itu memang faktanya. Hal ini disebabkan oleh karena urin Anda mengandung ?sampah? yang terakumulasi dan menumpuk. Jika Anda minum cukup air, ?sampah? tersebut dapat dengan mudah dibuang lewat urin.

Gambar diatas membantu Anda untuk mengukur seberapa cukup atau kurang kebutuhan cairan Anda dari warna air kencing Anda.

3. Susah Buang Air Besar (BAB)

Alasannya hampir sama dengan urin Anda yang pekat. Air membantu mendorong ?sampah? yang ada di dalam usus besar Anda untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Jika Anda kurang minum air, maka kotoran tersebut akan menetap dan sulit untuk keluar sehingga mengakibatkan Anda susah BAB.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Cara Mencegah Sakit Kepala

10 Cara Mencegah Sakit Kepala

Sakit kepala dialami hampir semua orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sakit kepala terkadang makin sering muncul ketika seseorang stres, kepala dipenuhi pikiran atau makanan tertentu.Mulai sekarang cari tahu apa penyebab sakit kepala itu dan mulailah serius untuk menghentikan sakit yang mengganggu aktivitas itu.Berikut ada 10 langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko sakit kepala seperti dilansir dari Discoverchannel.com:1. Identifikasi pemicunya. Mulailah melacak apa penyebab sakit kepala itu dengan menulis rekam sakitnya di buku harian Anda. Catat apa yang Anda makan hari itu, bagaimana cuaca hari itu atau posisi Anda saat itu untuk mengidentifikasi polanya. Setelah tahu apa yang menjadi pemicu sakit kepala, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.2. Mengurangi stres. Walaupun menghindari stres adalah mustahil tapi Anda bisa mengurangi dampaknya. Pelajari cara untuk melawannya seperti memutar kaset untuk relaksasi, mandi dalam waktu lama, pijat atau segala sesuatu yang dapat meminimalkan dampak dari stres pada tubuh Anda.3. Stop merokok. Merokok merupakan faktor risiko untuk beberapa jenis sakit kepala. Bahkan asap rokok atau cerutu dapat memi [...]

Mengenal Makanan Bebas Gluten

Mengenal Makanan Bebas Gluten

Gluten merupakan jenis protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Secara umum gluten aman dikonsumsi oleh seseorang dalam dietnya, namun tidak dianjurkan kepada mereka yang memiliki kondisi gangguan seperti penyakit celiac dan sensitivitas terhadap gluten. Diet bebas gluten harus dilakukan oleh penderita kondisi-kondisi ini karena konsumsi gluten dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Bagi Anda yang menderita salah 1 kondisi di atas, berikut adalah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai diet bebas gluten. Halaman berikut penjelasan selengkapnya: Mengenal Makanan Bebas Gluten 1. Mengidentifikasi makanan rumahan yang bebas dari gluten Beberapa jenis makanan yang bebas dari kandungan gluten adalah: Sayur dan buah segar Daging ayam dan sapi segar Daging ikan dan seafood segar Telur dan susu segar Kacang-kacangan Nasi putih dan nasi merah Bumbu masak alami (gula, garam, lada, ketumbar, cuka, dan cabai) ?2. Membaca label pada bungkus makanan dan identifikasilah makanan yang mengandung gluten Bacalah label pada bungkus makanan yang hendak dibeli atau yang ingin dikonsumsi. Hindari makanan yang terbuat dari atau meng [...]

Beberapa Pekerjaan Masih Mungkin Memiliki Resiko Bagi Penderita Asma

Beberapa Pekerjaan Masih Mungkin Memiliki Resiko Bagi Penderita Asma

Sebuah studi baru menemukan, paparan bahan kimia di tempat kerja banyak menyebabkan kasus asma, terutama untuk tukang pipa, pekerja yang bekerja dengan cat semprot dan penata rambut,. Para peneliti di Swedia menemukan banyak pekerja yang terpapar zat beracun saat melakukan pekerjaan mereka walaupun mereka telah menggunakan peralatan pelindung yang disarankan. Penelitian internasional tersebut melibatkan lebih dari 13.000 orang dewasa di Swedia, Norwegia, Denmark, Islandia dan Estonia. Kasus asma merupakan salah satu penyakit yang paling umum bagi orang dewasa. Penelitian menunjukkan, total kejadian pada kasus baru adalah 1,3 kasus asma dari 1.000 orang pria, dan 2,4 kasus asma dari 1.000 orang wanita,. Para peneliti baru-baru ini melaporkan secara online di Annals of Hygiene Kerja bahwa tujuh persen dari kasus asma terjadi pada kalangan perempuan dan hingga 14 persen pada pria, berhubungan dengan tempat dimana mereka kerja. "Untuk bisa bekerja secara proaktif, adalah penting untuk menunjukkan mana zat di tempat kerja yang meningkatkan risiko asma dan mana pekerjaan yang memiliki resiko tinggi," kata Linnea Lillienberg, seorang peneliti di Sahlgrenska Academy, University of Gothenbu [...]

Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

Salah satu ahli radiasi, Jacqueline Williams, seorang profesor di Department of Radiation Oncology di University of Rochester, New York, mengatakan bahwa radiasi tingkat tinggi dapat mematikan, karena radiasi dapat mengganggu sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan kematian. Paparan zat radiaktif tingkat tinggi itu dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan seperti rambut rontok, matinya sel syaraf, kejang dan kematian mendadak, gangguan peredaran darah, penyakit jantung, serta kerusakan sistem reproduksi. Biasanya, radiasi yang terlepaskan memiliki dua komponen besar, yaitu radioaktif iodine dan cesium. Iodine-131 adalah salah satu jenis material radioaktif yang berbahaya, menghirup atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi radioaktif iodine dapat menyebabkan kanker tiroid. Makanan (khususnya produk susu) dapat terkontaminasi dengan debu radioaktif yang mengendap pada tanaman, bahkan pada rumput yang dimakan oleh sapi atau binatang lainnya. Sedangkan radioaktif cesium-137 dapat menyebabkan bahaya dalam jangka panjang dan merupakan ancaman besar bagi kesehatan manusia, termasuk masalah kanker dan paru-paru. Mengantisipasi ancaman radiasi akibat bocornya reaktor nuklir PLTN di Fukushim [...]

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Ternyata Ada Risiko Kontrasepsi Tubektomi bagi Wanita

Salah satu metode kontrasepsi permanen bagi wanita yaitu tubektomi. Sebelum memutuskan untuk menjalaninya ketahui dulu risiko-risikonya. Tubektomi atau ligasi tuba dilakukan dengan memotong atau menutup tuba falopi sehingga sel telur tidak masuk ke rahim, sekaligus menghalangi sperma ke tuba falopi. Proses tubektomi dapat dilakukan kapan saja, termasuk yang dilakukan setelah persalinan normal ataupun caesar. Relatif Aman Tubektomi digolongkan sebagai prosedur yang aman dengan risiko komplikasi kurang dari 1 persen. Meski demikian, sebagaimana prosedur operasi, tetap ada risiko ketika dilakukan anastesi. Selain itu, terdapat pula risiko pendarahan atau infeksi saat dilakukan tindakan tubektomi. Risiko lain dari prosedur tubektomi yaitu kerusakan usus, kantung kemih, dan pembuluh darah utama. Nyeri pada panggul atau perut yang berkelanjutan juga dapat terjadi. Penutupan tuba falopi yang tidak sempurna pada saat tubektomi dapat menyebabkan kehamilan yang berisiko menjadi kehamilan ektopik. Hal ini tergolong berbahaya dan harus segera mendapat penanganan. Beberapa kondisi meningkatkan risiko komplikasi tubektomi, seperti : Pernah menjalani operasi panggul atau perut sebelumnya. Obesi [...]

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Mungkin Anda sudah tahu bahwa mengkonsumsi makanan yang tepat dapat menjaga Anda supaya tetap sehat. Kabar baiknya lagi adalah: diet yang sehat dapat membuat Anda terlihat muda dan bahkan memperlambat proses penuaan. Bahkan beberapa makanan tersebut dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti: Alzheimer, diabetes, serta penyakit jantung. Berikut diantaranya: Buah?buahan dan sayuran Mengurangi risiko kebutaan di usia 65 tahun atau lebih. Sayuran dan buah-buahan seperti: bayam, kembang kol, jagung, jeruk, dan wortel kaya akan vitamin c, zinc dan beta karoten yang baik untuk mata. Anggur, terutama anggur merah kaya akan antioksidan (resveratrol) yang membantu mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Sayur-sayuran berwarna kuning dan hijau mengandung vitamin C yang berguna untuk peremajaan kulit. Makanan lainnya yang dapat membantu Anda awet muda lainnya adalah: Makanan yang Membuat Awet Muda Lainnya: Gandum. Dengan mengkonsumsi gandum yang kaya akan serat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Ikan. Omega 3 yang terkandung pada minyak ikan memiliki fungsi untuk mencegah penuaan [...]

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Inilah Wanita Tertua di Dunia Berusia 127 Tahun

Leandra Beccera Lumbreras, begitulah nama wanita asal Meksiko yang mengklaim sebagai wanita tertua di dunia itu. Leandra baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-127.Seperti dikutip CNN Meksiko, Leandra mengaku usianya mencapai 27 tahun saat Perang Dunia 1 pecah. Dan ketika Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy tewas ditembak, usianya sudah 75 tahun. Dan saat Tembok Berlin roboh, umurnya sudah 100 tahun.Usia 127 tahun menurut teman dan keluarga dicapai Leandra pada Minggu (31/8/2014). Artinya wanita tersebut lahir pada 31 Agustus 1887. Sayangnya pencapaian dari Leandra ini tidak bisa dicatat secara resmi di Guinness Book of Records karena tak memiliki akte kelahiran yang bisa menjadi bukti resmi mengenai usianya. Akte kelahirannya hilang saat dia pindah rumah 40 tahun lalu.Hidup panjang umur, Leandra sudah melihat banyak hal dalam hidupnya. Hal itu termasuk menyaksikan bagaimana lima anak dan beberapa cucunya meninggal lebih dulu darinya. Saat ini dia memiliki 73 cicit dan 55 piut (keturunan setelah cicit).Apa resep panjang umur Leandra? Menurut keluarganya, wanita yang tinggal di Zapopan, Meksiko ini selalu makan sehat, ngemil cokelat dan cukup tidur. Hingga dua tahun lalu [...]

4 Makanan ‘Pelipur Lara’ yang Sehat nan Lezat

4 Makanan ‘Pelipur Lara’ yang Sehat nan Lezat

Saat sedih, kesal, patah hati atau kecewa orang cenderung melampiaskannya dengan mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Sebut saja es krim, permen cokelat, cookies cokelat, french fries atau keripik kentang. Makanan-makanan tersebut memang memberi kenikmatan dan membuat Anda lupa dari masalah, tapi sifatnya hanya sementara dan tidak lama. Setelah makanan 'pelipur lara' itu habis, rasa sedih dan stres kembali datang dan justru mendatangkan masalah baru; kalori berlebihan dan potensi kegemukan. Sebenarnya ada makanan pereda stres yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan ini memiliki komponen-komponen yang efektif membuat hati dan pikiran jadi lebih tenang. Apa saja?1. AlpukatBuah dengan tekstur lembut dan rasa creamy ini kaya akan vitamin B, yang terbukti bisa mengurangi stres. Alpukat juga mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal) dan serat yang membuat perut terasa penuh sehingga keinginan untuk makan berlebihan bisa lebih dikontrol. Anda bisa memakan alpukat langsung tanpa diolah terlebih dahulu karena rasa aslinya sudah cukup lezat. Tapi jika ingin citarasa yang berbeda, bisa membelah alpukat jadi dua bagian, berikan perasan lemon di atasnya lalu m [...]

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Bahaya Kesehatan di Balik Jus Apel

Jika Anda pikir jus buah adalah minuman yang sehat, sebaiknya pikir kembali. Menurut pakar kesehatan, jus buah justru bisa memiliki efek buruk terhadap kesehatan. Salah satu yang berbahaya adalah jus apel.Menurut pakar kesehatan dan nutrisi, jus apel bisa berbahaya bagi berat badan dan gigi pada anak. Jus apel dipercaya mengandung banyak kalori dan pada beberapa kasus, juga mengandung gula dan soda.Membiarkan anak meminum jus apel, sama saja seperti membiasakan anak mengonsumsi makanan manis dan menjauhkannya dari makanan serta minuman sehat. Belum lagi adanya risiko obesitas yang akan dihadapi si kecil di kemudian hari."Jus apel seperti air gula. Saya tidak akan membiarkan anak saya yang berusia 3 tahun meminum jus apel'," ujar Judith Stern, profesor dalam bidang kesehatan dan nutrisi di University of California.Belakangan ini banyak dijumapi jus yang telah dilengkapi dengan berbagai macam vitamin. Namun hal tersebut tidak memuaskan beberapa ahli gizi. Menurut mereka dengan adanya vitamin, minuman itu tetap tak bisa disebut sebagai minuman sehat."Jika tidak sehat pada awalnya, menambahkan vitamin tidak membuatnya jadi makanan atau minuman sehat. Jika minuman itu malah menambah [...]

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

5 Fakta vs Mitos Seputar Diet

Tubuh langsing dan sehat merupakan impian banyak orang. Namun perlu Anda ketahui bahwa tujuan yang seharusnya Anda capai bukanlah sekedar penampilan yang baik, namun juga tubuh yang sehat. Banyak cara untuk membuat tubuh sehat, salah satunya adalah menjaga berat badan ideal. Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan diet. Namun ada beberapa mitos seputar diet yang perlu Anda ketahui. Yuk, kita simak satu per satu. 1. Mitos: Minum air dingin bikin gemuk Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Tentu minuman bersoda memiliki lebih banyak kalori dibandingkan air putih. Mitos #1: Minum air dingin bikin gemuk Fakta: Salah. Suhu sebuah minuman, baik itu hangat atau dingin tidaklah berhubungan dengan kegemukan seorang. Hal yang paling penting Anda perhatikan adalah kandungan kalori dalam minuman tersebut. Meskipun ada anggapan air dingin akan menyulitkan pencernaan lemak di perut Anda, hal yang paling berperan dalam minuman yang dapat membuat Anda lebih gemuk adalah kandungan kalori [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *