3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

haus-kurang-cairan-minum-air.jpg

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

1. Nyeri Kepala

Selain kehilangan air, tubuh Anda juga kehilangan garam penting seperti natrium dan kalium. Kehilangan garam dapat mengakibatkan perubahan dan gangguan kimia dalam darah.

Otak Anda terutama, sangat sensitif terhadap perubahan ini. Dan sensitifitas tersebut dapat berujung pada nyeri kepala. Semakin banyak air yang hilang, semakin banyak volume darah berkurang dan berarti semakin berkurang pula asupan aliran oksigen ke otak.

Sebagai kompensasinya, pembuluh darah Anda akan melebar dan nyeri kepala Anda dapat bertambah parah.

2. Air Kencing Anda Berwarna Kuning Pekat

Mungkin terdengar agak menjijikan bukan? Namun itu memang faktanya. Hal ini disebabkan oleh karena urin Anda mengandung ?sampah? yang terakumulasi dan menumpuk. Jika Anda minum cukup air, ?sampah? tersebut dapat dengan mudah dibuang lewat urin.

Gambar diatas membantu Anda untuk mengukur seberapa cukup atau kurang kebutuhan cairan Anda dari warna air kencing Anda.

3. Susah Buang Air Besar (BAB)

Alasannya hampir sama dengan urin Anda yang pekat. Air membantu mendorong ?sampah? yang ada di dalam usus besar Anda untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Jika Anda kurang minum air, maka kotoran tersebut akan menetap dan sulit untuk keluar sehingga mengakibatkan Anda susah BAB.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Enzim Lithium Mengurangi Risiko Alzheimer

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa enzim lithium diduga dapat menangkal penyakit alzheimer. Menurut para ilmuwan penyakit alzheimer, suatu kondisi yang semakin merusak motor neuron, bisa diobati dengan enzim lithium, unsur alami yang sangat murah dan telah digunakan untuk gangguan kejiwaan lainnya. Peneliti di Sao Paulo Universitas di Brazil, dipimpin oleh Dr. Orestes Forlenze, telah menemukan obat penyakit alzheimer. ?Apa yang kami kerjakan menunjukkan bahwa lithium dapat menyerap produksi amyloid pada penderita alzheimer. Percobaan pada tikus menunjukkan tikus mengalami mutasi. Mutasi itu sama dengan mutasi yang menyebabkan penyakit alzheimer,? ujarnya. Penelitian ini memeriksa 41 orang di atas usia 60 tahun dengan gangguan kognitif ringan, dengan mengambil dosis rendah dari lithium setiap hari selama satu tahun. Semua berjalan melalui tes memori dan perhatian, lalu sampel cairan otak dianalisis untuk mengetahui konsentrasinya. Walaupun semua peserta menunjukkan penurunan fungsi memori selama satu tahun, namun lithium menunjukkan bentuk protein untuk mencegah penyakit alzheimer dalam cairan cerebrospinal mereka. Temuan ini dipublikasikan di British Journal of Psychiatry, Jumat [...]

Trik Tahan Nafsu Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Trik Tahan Nafsu Makan Makanan Tinggi Lemak dan Kalori

Tidak sedikit wanita yang menjalani program diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh ideal. Beberapa dari mereka mengeluhkan berat badan yang seringkali bertambah karena tidak bisa menahan nafsu makan. Bukan makanan berat yang sulit dikendalikan justru camilan tinggi lemak dan kalori seperti keripik, gorengan, hingga cokelat. Bagi Anda yang sulit mengontrol nafsu untuk mengonsumsi camilan tinggi lemak, berikut tujuh trik untuk mengatasinya.1. Alihkan ke Camilan Rendah LemakAhli diet olahraga di Memorial Hermann Sports Medicine Institute, Houston, Roberta Anding, MS, RD, mengatakan bahwa ketika tubuh tidak mengonsumsi makanan lebih dari lima jam maka gula darah akan turun dan nafsu makan mulai meningkat. Di saat itulah biasanya para wanita mencari camilan yang tinggi lemak dan kalori. Roberta menyarankan agar menggantinya dengan camilan rendah lemak, misalnya buah persik, 15 anggur, popcorn, atau lima biskuit pretzel.2. Mengonsumsi Makanan BerproteinUntuk menghindari 'ngidam' makanan tinggi lemak sebaiknya cari camilan berprotein seperti ikan, telur, atau keju rendah lemak. "Protein dapat membantu mengontrol pola gula darah Anda dan membantu membuat tubuh merasa lebih kenyang den [...]

Embrace Infant Warmers: Inkubator Murah Meriah

Embrace Infant Warmers: Inkubator Murah Meriah

Klikdoter.com - Angka kematian bayi prematur ataupun lahir dengan berat badan yang kurang masih menjadi kekhawatiran tersendiri di berbagai belahan dunia khususnya daerah-daerah terpencil dan miskin. Hal inilah yang membawa 4 pelajar dari Stanford University, Amerika Serikat, berhasil menciptakan alat inkubator murah dan tanpa memerlukan tenaga listrik. Inkubator merupakan alat yang sangat vital dalam meningkatkan keselamatan hidup bayi prematur dan bayi yang lahir dengan berat badan kurang akibat belum sempurnanya seluruh organ bagian dalam tubuh mereka dan kurangnya lemak untuk menjaga kehangatan tubuh mereka. Namun sayangnya alat ini termasuk mahal dan jarang bisa dibeli oleh rumah sakit ataupun tempat persalinan di daerah terpencil dan miskin. Sehingga tak ayal badan kesehatan dunia, WHO, menjelaskan bahwa ada sekitar 450 bayi prematur dan kurang berat saat lahir sekarat setiap jamnya bahkan sekitar 4 juta bayi tersebut akan meninggal dalam empat minggu awal kehidupan mereka. Penemuan yang memenangkan The Stanford Social Entrepreneurship Challenge tahun 2008 ini terdiri atas Jane Chen, Rahul Panicker, Naganand Murty dan Linus Liang. Mereka kemudian mengembangkan produk penghan [...]

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Berbagai Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Yoga menjadi alternatif olahraga bagi Anda yang malas untuk latihan yang berat. Banyak manfaat yang bisa didapat dari yoga. Sehingga tak heran banyak wanita yang kini beralih untuk ikut kelas yoga. Seperti dilansir dari webmd, setidaknya ada lima manfaat yang paling banyak terasa dari yoga. Berikut manfaat-manfaat tersebut.1. FleksibilitasKetika beberapa orang berpikir tentang yoga, mereka membayangkan seperti fitnes, sehingga merasa terlalu tua, dan tidak fit untuk melakukan yoga. Salah satu bagian dari yoga disebut asanas yang bekerja secara aman untuk stretching otot Anda. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan, sakit dan kelelahan. Selain itu, yoga juga meningkatkan berbagai gerakan dan lubrikasi di sendi.Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi juga seluruh sel-sel tubuh Anda. Dalam suatu studi ditemukan bahwa terdapat peningkatan fleksibilitas sebesar 35% setelah 8 bulan melakukan yoga. Keuntungan yang paling besar adalah fleksibilitas di pundak dan badan.2. KekuatanBeberapa gaya dari yoga seperti ashtanga dan power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan yang lain. Mempraktikkan salah satu dari gaya ini akan membantu mening [...]

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Perdebatan mengenai sirkumsisi (sunat) terus berlangsung terutama di negara-negara barat. Prosedur sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang pada umumnya dilakukan karena alasan agama, namun pada tahun 2007 WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa 1/3 pria di Amerika melakukan sirkumsisi bukan karena alasan agama. ? Mengapa terjadi fenomena ini? Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Jonathan Wright dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika menyebutkan bahwa sirkumsisi melindungi pria dari penyakit kanker prostat. Studi ini menunjukkan bahwa pria yang disirkumsisi sebelum pertama kali melakukan hubungan seksual memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil sebanyak 15% dibandingkan yang tidak disirkumsisi. ? Apa buktinya? Dokter Wright meneliti 3.399 pria yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menderita penyakit dan kelompok kedua tidak menderita penyakit kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam kelompok dari kelompok pertama sudah disirkumsisi sebelum melakukan hubungan seksual pertama kalinya. Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat! ? Bagaimana prosesnya? Ternyata ada beberapa kuman yang dapat [...]

Senam Kegel untuk Pria

Senam Kegel untuk Pria

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot dasar panggul, misalnya: prostatektomi radikal (operasi pengambilan prostat), diabetes mellitus dan gangguan pada kandung kemih. Kelak Anda akan merasakan manfaat senam kegel jika Anda pernah mengalami masalah berikut ini: Memiliki inkontinensia urin atau fekal (tidak mampu menahan BAK atau BAB) Kebocoran urin (adanya urin yang menetes setelah BAK) Bagaimana melakukan senam kegel Temukan otot yang tepat Untuk mengidentifikasi otot dasar panggul, cobalah menghentikan urin saat BAK atau kencangkan otot-otot yang mencegah Anda untuk buang gas. Jika Anda mengencangkan otot-otot dasar panggul saat melihat cermin, dasar penis Anda akan naik mendekati perut dan testis Anda juga akan naik. Sempurnakan teknik Anda Saat Anda sudah berhasil mengidentifikasikan otot-otot dasar panggul Anda, kosongkan kandung kemih dan berbaringlah dengan kaki ditekuk dan posisi mengangkang. Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda, tahan kontraksi selama 3 detik dan relaksasi selama 3 detik. Ulangi beberapa kali. Ketika otot-otot Anda sudah semakin kuat, lakukan senam kegel ini sewaktu duduk, berdiri atau berjalan. Fokus Untuk hasil yang m [...]

Kentut Bau, Sehatkah?

Kentut Bau, Sehatkah?

Tidak tidak sedikit kasus sakit hati yang terjadi dilatarbelakangi oleh kejadian kentut yang terlepas (atau dilepas dengan sengaja). Aromanya yang kurang sedap juga tidak jarang menjadi pemicu pertumpahan fitnah dalam pergaulan. Kehadirannya sering membuat onar ?kesehatan? lingkungan sosial, namun apakah kehadirannya senantiasa menjadi biang kerok kesehatan tubuh juga? Simak lebih jauh disini. Kentut dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Flatulensi. Proses ini adalah keluarnya gas dari saluran pencernaan manusia. Keluarnya gas dari anus manusia dapat disebabkan oleh berbagai hal, misal produksi sampingan dari makanan yang Anda konsumsi atau efek dari pengobatan. Bagaimana proses terjadinya kentut? Dalam keadaan normal, manusia akan menelan sejumlah udara ketika menelan makanan. Udara ini dapat terakumulasi di dalam saluran pencernaan. Kumpulan udara ini perlu dikeluarkan dari dalam saluran pencernaan melalui flatulensi atau cegukan. Bau yang khas dari flatulensi berasal dari komponen sulfur yang tekandung dalam gas yang dikeluarkan tubuh. (Baca: Menghilangkan Kembung) Apa penyebab kentut? Berikut penjelasannya: Apa Penyebab Kentut? Berikut Penjelasannya: [...]

Mitos & Fakta Tentang Wasir

Mitos & Fakta Tentang Wasir

Wasir adalah penyakit dengan pembuluh darah di sekitar anus teriritasi dan meradang. Penyebabnya ada berbagai macam. Sembelit, diare, terlalu banyak duduk, serta kehamilan adalah beberapa di antara penyebab umum munculnya wasir. Keluhan dari para penderitanya adalah tidak nyaman ketika duduk dan nyeri ketika mengejan saat BAB. Wasir adalah penyakit umum yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Meski begitu, banyak yang masih tidak mengerti tentang penyakit ini. Terlalu banyak mitos yang dipercayai oleh masyarakat tanpa mengecek kebenarannya. 1. Mitos: Wasir Menyebabkan Kanker Hal ini tidak sepenuhnya benar. Wasir disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus sementara kanker disebabkan oleh perubahan dan sel menjadi tidak normal. Karena penyebabnya berbeda, pengobatannya pun berbeda. Namun, harap dicatat, meskipun wasir bukan penyakit yang mengancam nyawa, bila tidak segera diobati akan menjadi fatal. Beberapa Fakta dan Mitos Wasir Lainnya: 2. Mitos: Makanan Pedas Menyebabkan Wasir Mitos ini sama sekali tidak benar. Meskipun mengonsumsi makanan pedas menyebabkan sakit perut dan diare tapi tidak menjadi penyebab langsung wasir. Namun, jik [...]

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Waspadai Risiko Fatal di Balik Cedera Kepala

Siapa saja, termasuk anak-anak yang sedang aktif bergerak berisiko mengalami cedera kepala yang dapat berakibat fatal. Risiko ini makin tinggi ketika banyak orang tidak mengenakan helm saat mengendarai motor. Cedera kepala dapat terjadi karena banyak hal, seperti perkelahian, kecelakaan kendaraan bermotor, cedera saat berolahraga, jatuh, atau sekadar terbentur. Gegar otak adalah jenis cedera kepala yang paling umum terjadi. Kata dalam bahasa Inggrisnya, concussion, berasal dari kata dalam bahasa Latin yang berarti ?diguncang dengan kencang?. Gegar otak adalah cedera kepala yang berdampak kepada fungsi otak. Selain karena benturan dan guncangan pada kepala, gegar otak umumnya terjadi karena guncangan keras pada tubuh bagian atas. Otak terlindungi dari guncangan oleh cairan otak dalam tengkorak. Oleh karenanya guncangan dan benturan keras pada kepala atau tubuh bagian atas dapat membuat otak ikut terguncang membentur dinding kepala bagian dalam. Kondisi ini dapat bersifat ringan, tapi juga bisa berisiko fatal jika sampai mengakibatkan pendarahan di dalam atau di sekitar otak. Menurut tingkat keparahan dan ada tidaknya pingsan, gegar otak dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis: T [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *