3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

haus-kurang-cairan-minum-air.jpg

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

1. Nyeri Kepala

Selain kehilangan air, tubuh Anda juga kehilangan garam penting seperti natrium dan kalium. Kehilangan garam dapat mengakibatkan perubahan dan gangguan kimia dalam darah.

Otak Anda terutama, sangat sensitif terhadap perubahan ini. Dan sensitifitas tersebut dapat berujung pada nyeri kepala. Semakin banyak air yang hilang, semakin banyak volume darah berkurang dan berarti semakin berkurang pula asupan aliran oksigen ke otak.

Sebagai kompensasinya, pembuluh darah Anda akan melebar dan nyeri kepala Anda dapat bertambah parah.

2. Air Kencing Anda Berwarna Kuning Pekat

Mungkin terdengar agak menjijikan bukan? Namun itu memang faktanya. Hal ini disebabkan oleh karena urin Anda mengandung ?sampah? yang terakumulasi dan menumpuk. Jika Anda minum cukup air, ?sampah? tersebut dapat dengan mudah dibuang lewat urin.

Gambar diatas membantu Anda untuk mengukur seberapa cukup atau kurang kebutuhan cairan Anda dari warna air kencing Anda.

3. Susah Buang Air Besar (BAB)

Alasannya hampir sama dengan urin Anda yang pekat. Air membantu mendorong ?sampah? yang ada di dalam usus besar Anda untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Jika Anda kurang minum air, maka kotoran tersebut akan menetap dan sulit untuk keluar sehingga mengakibatkan Anda susah BAB.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ciptakan Istri Sempurna, Dokter Lakukan Operasi Miss V Hingga Bokong

Ciptakan Istri Sempurna, Dokter Lakukan Operasi Miss V Hingga Bokong

Seorang ahli bedah plastik di Amerika Serikat menggunakan kemampuannya untuk menciptakan wanita impiannya. Wanita yang kini menjadi istrinya itu dengan sukarela menjalani berbagai operasi kecantikan mulai dari mengubah bentuk Miss V hingga bokong.Dr David Matlock bertemu dengan istrinya Veronica pada 2007. Saat itu, wanita 38 tahun tersebut datang berkonsultasi padanya untuk melakukan operasi vaginoplasty yaitu mengubah bentuk Miss V atau vagina. Dia ingin melakukan operasi tersebut setelah melahirkan putrinya, Isabella yang kini berusia sembilan tahun.Saat konsultasi itu Dr Matlock tidak hanya menyarankan Veronica melakukan operasi vaginoplasty. Sang dokter juga menyuruhnya melakukan serangkaian prosedur kecantikan yang disebutnya 'Wonder Woman Makeover'. Prosedur tersebut melibatkan tindakan sedot lemak di area dagu, lengan, paha dan juga operasi pengencangan bokong ala Brazil. Dr Matlock mengaku langsung jatuh cinta pada pandangan pertama begitu melihat Veronica, terlepas dari penampilannya yang kelebihan berat badan 18 kg. Dia pun langsung mengajak wanita itu untuk kencan dan melamarnya."Aku tidak memperhatikan berat badannya. Aku hanya tahu apa yang ingin aku lakukan. Dia t [...]

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Ini Sebabnya Obat Generik Bisa Lebih Murah

Obat yang beredar di Indonesia digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu obat generik berlogo (OGB) dan obat generik bermerek (obat dagang). Namun, minat pembelian masyarakat Indonesia untuk obat generik masih tergolong rendah. Selain itu meskipun pemerintah sudah mencanangkan berbagai program untuk penggunaan obat generik agar menurunkan biaya pengobatan, tetap saja obat generik masih kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena tak dapat dihindarkan, stigma murah di masyarakat lekat dengan konotasi 'murahan' yang kerap diasosiasikan dengan kualitas dan mutu sealakadarnya. Padahal, belum tentu murah itu 'murahan'. Untuk mengetahui lebih lanjut kenapa obat generik hadir di pasaran bisa lebih murah, ada baiknya kita ketahui dulu bagaimana obat generik dibuat. Halaman berikut penjelasannya: Mengenal Obat Generik Pada tahun 1989, dengan tujuan memberikan alternatif obat bagi masyarakat, pemerintah Indonesia meluncurkan program Obat Generik Berlogo (OGB) dengan kualitas terjamin, harga terjangkau, serta ketersediaan obat yang cukup. Bedanya OGB dengan obat bermerek lain adalah OGB tidak ada biaya promosi, sehingga harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan masy [...]

Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Tidur Tingkatkan Kecerdasan Anak

Oleh: dr. Cesilia Handayani Tidur merupakan salah satu rangsang bagi tumbuh kembang otak. Saat tidur di produksi hormon pertumbuhan untuk memulihkan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, membangun otot dan jaringan pendukung. Fluktuasi produksi hormon ini dipengaruhi oleh cahaya, adanya cahaya bisa menghambat pelepasan hormon sehingga produksinya lebih banyak pada malam hari. Penelitian menunjukkan bahwa tidur dapat meningkatkan kewaspadaan, menurunkan stress, serta meningkatkan fungsi kognitif terutama pada anak, termasuk perhatian, memori, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Seperti kita ketahui bayi dan anak-anak terbiasa tidur siang. Pada bayi misalnya bila tidak tidur siang akan rewel dan sering menangis. Akan tetapi tidur di malam hari jauh lebih bermanfaat dalam meningkatkan fungsi berpikir pada anak. Anak yang bisa tidur malam lebih lama memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang lebih banyak tidur siang karena anak yang lebih banyak tidur siang akan mengurangi waktu tidurnya di malam hari. Jadi diusahakan untuk mengurangi waktu tidur siang pada anak dan memperpanjang waktu tidur malamnya. Berilah anak kesempatan untuk beraktivitas da [...]

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Bekerja di malam hari memang tak bisa dihindari bagi sebagian golongan masyarakat. Baik bagi yang memang jadwal masuk kerjanya hanya malam hari ataupun yang menggunakan jam rotasi. Berjuta-juta masyarakat di dunia memiliki jam kerja pada malam hari termasuk polisi, satpam, dokter, perawat, pilot, pelayan, disc jockey (DJ), supir truk dan banyak lagi. Berbagai masalah kesehatan dapat timbul pada pekerja yang menggunakan sistem shift. Mulai dari masalah yang disebabkan oleh perubaha gaya hidup maupun biologis tubuh. Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Berikut penjelasannya: Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Sebanyak 60-80% pekerja dengan menggunakan sistem shift cenderung lebih sering mengalami gangguan tidur. Mereka dapat merasa terisolasi karena kenyataan sulit berkumpul dengan keluarga dan kerabat pada jam-jam normal sehingga lebih mudah mengalami gangguan emosi dan depresi. Beberapa orang akan merasakan kesulitan untuk berolahraga dan lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji. Sekitar 80% akan merasakan kelelahan. Selain itu pekerja shift malam juga memiliki 4-5x risiko lebih tinggi [...]

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Penyakit wasir adalah keadaan di mana ada pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ciri-cirinya ada benjol dan pendarahan di sekitar anus diiringi rasa nyeri ketika BAB. Penyakit ini umum diderita oleh masyarakat. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari susah BAB, hipertensi, obesitas, jarang makan yang berserat, serta kurang minum air putih. Ibu hamil pun berisiko mengalami wasir. Bagi yang menderita, rasanya tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri. Dan wasir tidak bisa didiamkan. Karena bila tidak diambil tindakan, benjolan akan semakin membesar dan pendarahan semakin banyak. Bila sudah dalam tahap ini, biasanya harus segara dilakukan tindakan operasi untuk menyembuhkannya. Jangan khawatir. Wasir termasuk penyakit yang mudah disembuhkan. Ada banyak cara tradisional dan alami untuk mengobatinya. Tapi paling mudah adalah meminum obat herbal. Salah satunya, rutin mengonsumsi kapsul Hemorid yang mengandung bahan-bahan herbal alami, sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Menikmati Hidup Bebas Wasir Penyakit wasir adalah keadaan di mana ada pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah pada anus. Ciri-cirinya ada benjol dan pendarahan di seki [...]

Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!

Nyeri Otot Setelah Fitness? Makanlah Semangka!

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Mengkonsumsi jus semangka dapat menghilangkan nyeri otot setelah berolahraga sesuai dengan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dipercaya bahwa kandungan asam amino L-Citrulline yang terdapat di dalam semangka dapat mempercepat waktu pemulihan dan meningkatkan stamina atlit. Sebelumnya memang sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa semangka memiliki potensi sebagai antioksidan, memiliki potensi untuk meningkatkan kandungan protein di otot serta meningkatkan stamina dari atlit, namun kaitan semangka dengan percepatan pemulihan nyeri otot baru pertama kali ditemukan. Penelitian yang dipimpin oleh Encarna Aguayo dari Technical University of Cartagena di Spanyol melakukan percobaan dengan membagi beberapa kelompok berdasarkan minuman yang diperoleh yaitu pada kelompok pertama mendapat jus semangka yang diperkaya dengan L-citrulline, kelompok kedua mendapat jus semangka alami dan kelompok ketiga mendapat air minum biasa yang tidak mengandung L-citrulline. Ketiga minuman diberikan satu jam sebelum berolahraga. Pada hasil akhir ditemukan bahwa kelompok yang mengkonsumsi jus semangka dan jus semangka yang diperkaya deng [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Seberapa Jauh Akurasi Tes DNA?

Disebutkan bagaimana kekuatan hasil tes DNA menjadi bukti yang paling mendasar atas polemik kematian orang yang paling dicari pihak otoritas Amerika Serikat. Namun seberapa jauh akurasi hasil tes DNA tersebut, simak informasi serba-serbi tes DNA berikut ini: DNA terdapat pada inti sel dan mitokondria sel manusia. DNA membentuk suatu kesatuan untaian yang disebut kromosom di dalam inti sel. Setiap manusia memiliki setengah pasang kromoson dari ayah dan setengah pasang kromosom dari ibu. Hal inilah yang berdampak pada setiap individu membawa sifat yang diturunkan baik dari ibu maupun ayah. Dengan melakukan Tes Paternitas ataupun Tes Maternitas, dapat dilakukan pembandingan pola DNA pemilik DNA yang diselidiki dengan DNA kedua orangtua. Hampir semua sampel biologis dapat dipakai untuk tes DNA. Mulai dari sel mukosa di pipi bagian dalam, darah, kuku, sampai rambut. Sampel yang paling efektif adalah darah karena bisa dapat banyak DNA. Namun dewasa ini proses pengambilan sampel sudah sangat canggih. Berkat kehadiran teknologi yang dapat menggandakan sampai jutaan kali fragmen suatu DNA yang akan diperiksa, sampel dapat diambil dari fragmen sampel terkecil sekalipun. DNA juga bisa ditemuk [...]

Jangan Sembarangan Memakai Sex Toys

Jangan Sembarangan Memakai Sex Toys

Bukan hal yang aneh lagi bagi pasangan suami istri yang menggunakan alat bantu seks atau sex toys. Alat tersebut memang sejak awal diciptakan untuk membantu para pasangan meraih kenikmatan seksual. Bentuk sex toys kebanyakan menyerupai alat kelamin manusia. Beberapa jenis sex toys bisa bergetar sehingga mampu memberikan efek yang lebih merangsang kepada pemakainya. Meski alat bantu seks mampu menambahkan kenikmatan seksual bagi pasangan, para pemakainya wajib memerhatikan aspek kebersihannya. Perhatikan Beberapa Hal Berikut Karena industri alat bantu seks terbilang baru, maka aturan keamanan dan keselamatan dari produk tersebut masih belum serinci industri lainnya. Hal-hal terkait bahan baku dan bahan kimia yang digunakan masih belum diatur dengan ketat. Para pemakai sex toys harus mengerti dengan baik bagaimana menjaga kebersihan alat yang digunakan. Jika faktor kebersihan ternyata terlupakan, salah satu kerugiannya adalah bisa tertular oleh infeksi menular seksual dan infeksi yang bisa ditularkan melalui darah. Beberapa infeksi menular seksual yang bisa ditularkan adalah sifilis, herpes, dan klamidia. Sedangkan penyakit yang bisa ditularkan melalui cairan darah yang rawan dit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *