3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

haus-kurang-cairan-minum-air.jpg

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

3 Tanda Anda Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan cairan, terutama air, melebihi jumlah asupan yang dikonsumsi. Pada kondisi dehidrasi, air keluar dari sel tubuh lebih banyak dibandingkan dengan yang kita minum.

Setiap harinya tubuh kita kehilangan air melalui penguapan dari nafas dan pengeluaran pada keringat, urin dan feses. Bersamaan dengan air, sejumlah kecil garam juga ikut hilang.

Jika kita kehilangan terlalu banyak air, tubuh akan kehilangan keseimbangan atau dehidrasi. Dehidrasi yang parah bahkan dapat berujung pada kematian.

Lalu apa saja sih sebetulnya tanda-tanda Anda mengalami dehidrasi?

1. Nyeri Kepala

Selain kehilangan air, tubuh Anda juga kehilangan garam penting seperti natrium dan kalium. Kehilangan garam dapat mengakibatkan perubahan dan gangguan kimia dalam darah.

Otak Anda terutama, sangat sensitif terhadap perubahan ini. Dan sensitifitas tersebut dapat berujung pada nyeri kepala. Semakin banyak air yang hilang, semakin banyak volume darah berkurang dan berarti semakin berkurang pula asupan aliran oksigen ke otak.

Sebagai kompensasinya, pembuluh darah Anda akan melebar dan nyeri kepala Anda dapat bertambah parah.

2. Air Kencing Anda Berwarna Kuning Pekat

Mungkin terdengar agak menjijikan bukan? Namun itu memang faktanya. Hal ini disebabkan oleh karena urin Anda mengandung ?sampah? yang terakumulasi dan menumpuk. Jika Anda minum cukup air, ?sampah? tersebut dapat dengan mudah dibuang lewat urin.

Gambar diatas membantu Anda untuk mengukur seberapa cukup atau kurang kebutuhan cairan Anda dari warna air kencing Anda.

3. Susah Buang Air Besar (BAB)

Alasannya hampir sama dengan urin Anda yang pekat. Air membantu mendorong ?sampah? yang ada di dalam usus besar Anda untuk keluar dari tubuh dalam bentuk feses. Jika Anda kurang minum air, maka kotoran tersebut akan menetap dan sulit untuk keluar sehingga mengakibatkan Anda susah BAB.

Bagi Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, di laman website kami. Budayakan hidup sehat sebagai kebutuhan![](NO)

Ditulis oleh:
dr. Nadia Octavia
Anggota Redaksi Medis
PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ingin Anak Laki-laki atau Perempuan?

Ingin Anak Laki-laki atau Perempuan?

Hari-hari ini dunia kedokteran begitu modern, seakan tidak bisa terbendung lagi, saking modernnya dokter kebidanan pun kita bisa menyusun ?program? untuk menentukan jenis kelamin bayi yang dikandung ibu, bagaimana mungkin? Meskipun Indonesia adalah negara yang mengusung program Keluarga Berencana, program ini belum sepenuhnya dijalankan secara merata. Pasalnya, tidak sedikit keluarga di Indonesia yang terus menambah keturunan dengan alasan belum mendapatkan jenis kelamin anak yang didambakan setelah hamil anak ketujuh sekalipun. Pola Makan Menentukan Jenis Kelamin Calon Bayi Dokter kebidanan memang tidak bisa menjanjikan jenis kelamin anak, tetapi ada saja usaha yang bisa dilakukan. Yaitu dengan mengatur pola asupan makanan si ayah, agar sperma yang nantinya membuahi telur adalah sperma yang bisa menghasilkan jenis kelamin yang diinginkan. Perlu Anda pahami bahwa laki-laki memiliki kromosom XY sementara perempuan memiliki kromosom XX. Kromosom bisa kita katakan menjadi identitas inilah yang menentukan jenis kelamin. Pembuahan selalu melibatkan sperma dan sel telur, kromosom yang dibawa sel telur selalu kromosom X, jadi sang sperma lah yang menentukan kromosom X atau Y yang nantin [...]

Fakta Mitos Usus Buntu

Fakta Mitos Usus Buntu

Usus buntu (umbai cacing) adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai cacing, dan merupakan perpanjangan dari sekum (bagian dari usus besar). Panjang dari usus buntu biasanya sekitar 8-10 cm namun dapat bervariasi dari 2 hingga 20 cm. Apendisitis (radang usus buntu) merupakan sebuah prosses peradangan yang terjadi pada lapisan dalam dari apendiks (usus buntu), yang menyebar hingga ke area disekitarnya. Peradangan pada daerah ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan dapat menyebabkan kematian jika terlambat mencari pertolongan. Beberapa mitos yang sering terdengar mengenai apendisitis misalnya: MITOS: Makan jambu biji, atau cabai dapat menyebabkan terjadinya radang usus buntu. FAKTA: SALAH. Seorang rekan spesialis bedah yang sudah lebih dari sering melakukan apendectomi (operasi pengangkatan usus buntu) tidak pernah menemukan sebutir biji jambu maupun biji cabai. 2. MITOS: Lari setelah makan menyebabkan usus buntu. FAKTA: SALAH. Sama sekali tidak ada hubungannya. Sebenarnya, secara medis radang usus buntu ini terjadi karena adanya sumbatan pada lumen usus. Penyumbatan ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan didalam lumen usus, sumbatan ini ya [...]

Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Konsumsi Tomat yang Dimasak Tiap Hari Bisa Kurangi Risiko Sakit Jantung

Tomat yang dimasak atau telah mengalami proses pemanasan ternyata memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik ketimbang tomat segar. Penelitian terbaru membuktikan, satu atau dua sendok saus tomat segar bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.Seperti dikutip dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan University of Verona ini mengikutkan 20 pria sebagai partisipan. Setengah dari mereka diberi makanan yang disertai dengan saus tomat, sementara kelompok lainnya tidak.Percobaan dilakukan berdasarkan teori bahwa 80 gram saus tomat bisa mengurangi efek buruk dari makanan tinggi lemak yang berada di sepanjang pembuluh darah. Saus tomat juga membantu mencegah disfungsi endothelial (kondisi yang memicu atherosclerosis, atau penyumbatan lemak pada pembuluh arteri). Kuncinya ada pada lycopene, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Kandungan lycopene akan meningkat ketika tomas dimasak atau melalui proses pemanasan.Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tomat, Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, rebus, kukus, tumis atau dijadikan saus/puree tomat segar. Selain baik untuk jantung, tomat juga berkhasiat sebagai tabir surya alami bagi kulit.Dalam percobaan yang dil [...]

4 Cara Minum Obat yang Aman

4 Cara Minum Obat yang Aman

Obat dapat menyembuhkan, namun juga bisa menjadi racun bila tidak digunakan secara tepat. Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi obat, harus diketahui sifat dan cara pemakaiannya. Informasi tentang obat, terutama obat bebas, dapat diperoleh dari brosur yang menyertai obat tersebut. Jika Anda sembarangan menggunakan obat tanpa membaca petunjuk, tentu hal itu akan berakibat fatal bagi kesehatan. Misalnya, Parasetamol (obat bebas) bila diminum dengan dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Halaman berikut ini adalah kiat-kiat untuk pemakaian obat yang aman: 4 Cara Minum Obat yang Aman Kenali & Teliti Obat Ketika hendak membeli obat, pertimbangkan bentuk sediaannya (tablet, sirup, kapsul, krim, dll) dan pastikan bahwa kemasan tidak rusak. Lihatlah dengan teliti kemasan luar maupun kemasan dalam produk obat. Jangan mengambil obat yang menunjukkan adanya kerusakan walaupun kecil. Selain kemasan, perhatikan juga bentuk fisik sediaan. Untuk yang bentuk sirup, hal yang harus diperhatikan adalah warna dan kekentalannya. Pastikan tidak ada partikel-partikel kecil di bagian bawah botol atau mengapung dalam sirup. Pada tablet, bentuk harus benar-benar utuh dan [...]

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: 5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: [...]

Indonesia Perkenalkan Undang-undang Baru Rokok

Indonesia Perkenalkan Undang-undang Baru Rokok

Aktivis anti-rokok di Indonesia menyambut undang-undang baru yang mengharuskan untuk memasang foto atau gambar dampak merokok pada bungkus rokok sebagai peringatan bahaya merokok. Ini adalah saat yang ditunggu-tunggu di negara yang memiliki angka perokok ketiga tertinggi di dunia. "Undang-undang ini memiliki proses yang panjang, namun memiliki kemajuan," kata Hakim Sorimuda Pohan, anggota Komisi Nasional Pengendalian Tembakau, pada 10 Januari, seperti dilansir oleh asianscientist.com Undang-undang ini terealisasi tiga tahun setelah parlemen meloloskan RUU tembakau sebagai daftar zat adiktif. Petani tembakau dan perusahaan rokok yang telah lama menentang langkah tersebut, mengatakan RUU tersebut mengancam mata pencaharian ratusan ribu orang yang bekerja di industri tembakau. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, dengan jumlah penduduk yang mencapai 240 juta, Indonesia menempati urutan ketiga di dunia dalam hal jumlah perokok. Sekitar 65 persen laki-laki Indonesia dan 35 persen dari perempuan berusia 15 atau lebih tua merokok pada tahun 2010, seperti yang dilaporkan oleh kementerian. Penyakit tidak menular termasuk yang disebabkan merokok membukukan 64 persen dari semua ke [...]

Hamil 7 Bulan, Kim Kardashian Merasa Seperti Ikan Paus

Hamil 7 Bulan, Kim Kardashian Merasa Seperti Ikan Paus

Mengandung menjadi masa yang menyenangkan sekaligus kurang nyaman bagi seorang wanita. Karena pengaruh hormon, bentuk butuh serta suasana hati mereka bisa berubah-ubah.Hal ini juga dialami Kim Kardashian. Bintang realiti Keeping Up with The Kardashians tersebut memberikan pengakuan blak-blakan mengenai kehamilan anak keduanya. Ia pun memiliki masalah dengan tubuh membesar yang dikatakannya seperti ikan paus.Istri Kanye West ini memang sudah memiliki tubuh yang sintal sebelum hamil. Ketika mengandung anak kedua, ia pun mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak sehingga merasa kurang nyaman. Hal ini memang wajar mengingat bayi di kandungannya yang kabarnya berukuran cukup besar. Di situs Kim Kardashian West, wanita 35 tahun itu mengaku jika anaknya sudah seukuran buah kelapa pada usia tujuh bulan.Selain merasa 'berat', Kim ternyata juga tidak tahan dengan beberapa makanan seperti ibu hamil kebanyakan. Ibu dari North West itu mengaku jika ia jadi tidak suka permen Meksiko. Padahal dahulu Kim sangat menggemari makanan tersebut. "Itu membuatku mulas," kata Kim di situs pribadi berbayarnya.Perubahan Kim ternyata bukan hanya masalah berat badan serta makanan. Seperti beberapa ib [...]

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Seberapa Amankah Penggunaan Obat Kolesterol?

Banyak yang merasa khawatir ketika baru saja didiagnosis dengan hiperkolesterolemia (peningkatan kadar kolesterol di dalam darah). Bagaimana tidak? Kadar kolesterol yang berlebih merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke. Meskipun Anda tak dapat memutar balik waktu, namun Anda dapat mengontrol kadar kolesterol Anda. Saat ini sudah banyak pengobatan yang aman dan baik untuk mengatasi peningkatan kadar kolesterol. Obat-obatan tersebut dapat secara langsung menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan kematian. Akan tetapi, gaya hidup sehat tetap merupakan lini terdepan untuk melawan kadar kolesterol tinggi. Bagi sebagian orang, membuat perubahan dalam gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga sudah cukup untuk menurunkan kadar kolersterol. Namun, diet yang baik dan berolahraga terkadang belum cukup untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah, karena tak sedikit pula yang membutuhkan tambahan obat-obatan. Oleh karena itu, kombinasi perubahan gaya hidup dan obat-obatan merupakan penanganan yang paling tepat. Berikut adalah manfaat obat-obatan penurun kolesterol: Menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, atau yang dikenal se [...]

Fakta Seputar Tomcat

Fakta Seputar Tomcat

Meningkatnya kesadaran publik seputar ancaman yang disebabkan serangga dikenal sebagai Tomcat, telah mendistorsikan beberapa fakta seputar dampak dari serangga yang dikenal dengan nama lokal, semut semai. Berikut adalah fakta medis seputar dampak dari semut semai alias tomcat, antara lain: Serangga semut semai tidak mematikan. Serangga ini berhabitat alami di persawahan. Predator alaminya adalah wereng dan kepik. Jika habitatnya menghilang, maka serangga ini akan berkomunal di tempat yang terang dan hangat. Tomcat memang memiliki cairan beracun, namun tidak mematikan. Semut semai menyebarkan racunnya dengan cara menyemprotkan ke arah datangnya ancaman. Dampak yang ditimbulkan adalah gejala kemerahan dan muncul bintil-bintil 24-36jam pasca paparan. Sensasi yang dirasakan adalah panas dan gatal. Pertolongan pertama bisa dilakukan dengan membasuh dengan cairan sabun atau air bersih dengan aliran satu arah. Tidak menyebabkan herpes Pada beberapa sebaran informasi di berbagai media disebutkan serangan serangga ini menyebabkan herpes. Ini salah besar. Memang adanya gejala yang ditimbulkan sangat mirip dengan herpes, namun iritasi kulit yang ada bisa ditangani tidak sama dengan penang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *