3 Tipe Kesalahan dalam Penggunaan Obat

3-Tipe-Kesalahan-dalam-Penggunaan-Obat.jpg

Apakah Anda tipe orang yang selalu membaca hati-hati petunjuk obat sebelum mengonsumsinya? Atau, apakah Anda selalu membaca ala kadarnya karena merasa sudah mengenali obat tersebut? Dan tahukah Anda dengan risiko yang akan terjadi bila Anda mengabaikan aturan pakai atau tidak patuh terhadap penggunaan obat?

Penggunaan obat dikatakan tidak tepat jika risiko yang mungkin terjadi tidak seimbang dengan manfaat yang diperoleh dari tindakan memberikan suatu obat. Dengan kata lain, penggunaan obat dapat dinilai tidak rasional jika:

  • Pemilihan obat tidak tepat, artinya obat yang dipilih bukan obat yang terbukti paling bermanfaat, paling aman, paling sesuai dan paling ekonomis.
  • Cara penggunaan obat tidak tepat dan hal itu mencakup: besarnya dosis, cara pemberian, frekuensi pemberian, dan lama pemberian.
  • Pemberian obat tidak disertai dengan penjelasan yang sesuai kepada pasien atau keluarganya.
  • Pengaruh pemberian obat, baik yang diinginkan atau yang tidak diinginkan, tidak diperkirakan sebelumnya dan tidak dilakukan pemantauan secara langsung atau tidak langsung.

Pada kenyataannya, tidak semua pengguna atau konsumen obat mematuhi aturan-aturan penggunaan obat yang benar. Ketidakpatuhan konsumen dalam menggunakan obatnya akan mengakibatkan kesalahan-kesalahan.

Halaman selanjutnya terdapat tipe-tipe kesalahan yang sering ditemui.

3 Tipe Kesalahan dalam Penggunaan Obat

1. Kelebihan dosis (Over-dose)

  • Menggunakan obat lebih dari dosis yang dianjurkan untuk satu kali pakai
  • Menggunakan obat lebih dari aturan yang telah dianjurkan untuk satu hari pakai
  • Menggunakan obat tidak mengikuti aturan waktu yang telah ditetapkan
  • Menggunakan obat yang sama yang berasal dari wadah yang berbeda dalam waktu yang bersamaan

?2. Kurangnya dosis (Under-dose)

  • Menggunakan obat kurang dari jumlah yang dianjurkan untuk sekali pakai
  • Mengabaikan anjuran dosis
  • Menghentikan pemakaian sebelum waktunya
  • Tidak menggunakan obat sama sekali dalam satu hari

3. Lain-lain

  • Menggunakan obat tidak pada waktunya seperti yang telah dianjurkan
  • Salah cara menggunakan obat
  • Menggunakan obat yang sudah dihentikan dokter
  • Menggunakan obat yang sudah lama/kedaluwarsa
  • Tidak mengambil/menebus obat
  • Salah dalam penggunaan obat

Untuk menghindari tiga kesalahan di atas, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu cara penggunaan obat yang benar sebelum mengonsumsinya. Berikut adalah kiat-kiatnya:

  • Bacalah aturan pakai obat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label.
  • Jangan membuang label atau bagian kemasan yang memberikan informasi mengenai penggunaan obat tersebut, agar tidak terjadi kesalahan bila Anda menggunakan obat itu kembali.
  • Apabila merasa obat yang sedang digunakan tidak memberikan efek yang diinginkan setelah jangka waktu penggunaan yang dianjurkan, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Your Babies Are What You Eat

Your Babies Are What You Eat

Nutrisi selama masa kehamilan sangat menentukan masa depan sang bayi. Semua sangat tergantung pada masa kehamilan. "Kecenderungan potensi penyakit degeneratif dari yang bayi miliki kelak mencapai dewasa sangat tergantung dari pola asupan nutrisi semasa ibu mengandung," demikian disampaikan dr. Aditya Kusuma, Sp.OG ketika mengemukakan hipotesis Barker; Fetal Origins of Adult Disease pada acara talkshow yang diselenggarakan oleh @selamatkanibu. Dilain sisi, status asupan nutrisi masa kehamilan juga menentukan bakat potensi bayi pasca kelahiran pada paparan gizi buruk. Meninjau lambatnya laju angka penurunan kasus gizi buruk di Indonesia dibandingkan tahun-tahun yang lalu, juga merupakan parameter fenomena rendahnya kesadaran ibu selama masa kehamilan pada esensi pentingnya nutrisi selama masa kehamilan demi kesehatan janin. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2010, prevalensi anak balita pendek 35,6% atau turun 1,2% dibandingkan 2007, sebesar 36,8% berdasarkan hasil riset serupa. Dilain aspek, prevalensi anak balita gizi kurang dan buruk hanya turun 0,5% dari 18,4% pada 2007 menjadi 17,9%pada 2010. Prevalensi anak balita kurus 13,3%, turun 0,3% dari 2007. Tidak dapa [...]

Vaksin Malaria Baru Akan Ada di 2015

Vaksin Malaria Baru Akan Ada di 2015

Malaria pasti terdengar akrab di telinga masyarakat Indonesia. Penyakit yang disebabkan oleh parasit Plasmodium dan ditularkan oleh nyamuk ini dapat membuat penderitanya demam sangat tinggi, merusak sel darah merah penderita bahkan hingga menyebabkan kematian. Sedemikian menakutkan efek dari penyakit ini, Badan Kesehatan Dunia menetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Malaria Sedunia untuk menggemakan pesan-pesan penting terkait Malaria di berbagai belahan dunia. Tentu saja terutama di daerah-daerah endemis yang masih banyak terdapat kasus malaria dan banyak memakan korban jiwa. Indonesia termasuk di dalamnya. Pada tahun 2010, terdapat 424 kabupaten dari 576 kabupaten di Indonesia yang ditetapkan sebagai daerah endemis malaria. Badan Kesehatan Dunia menegaskan bahwa terdapat 544.470 kasus malaria positif di Indonesia di tahun tersebut. Sayangnya peningkatan malah terjadi pada tahun 2011. Badan Kesehatan Dunia menegaskan terdapat 1.322.451 kasus malaria positif di Indonesia pada tahun tersebut. Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan daerah-daerah yang terutama memerlukan perhatian dan dukungan khusus dalam melawan malaria. Hari Malaria S [...]

Efek Positif Video Games Bagi Anak

Efek Positif Video Games Bagi Anak

Apakah bermain video games baik untuk anak? Para orangtua seringkali ketakutan jika anaknya bermain video games karena berbagai alasan. Video games dikatakan hanya membuang waktu dan membuat anak menjadi bodoh. Namun, ahli psikologi mengatakan sebenarnya video games memiliki banyak manfaat yang membuat anak cerdas. Bermain video games dapat mempengaruhi otak, sama halnya seperti membaca, bermain piano, atau membaca peta. Saat bermain video games otak membutuhkan konsentrasi penuh yang akan merangsang neurotransmitter seperti dopamin yang akan memperkuat memori. Apa saja efek positif video games? � Melatih otak dan mental Saat bermain video games, butuh keterampilan, kemampuan berpikir abstrak dan cara berpikir yang baik agar bisa memenangkan permainan. Beberapa keterampilan yang bisa didapat yaitu: o Melatih problem solving dan logika o Melatih koordinasi tangan-mata, motorik halus, dan kemampuan spasial o Mengikuti instruksi dan membuat rencana o Berpikir cepat, membuat analisa dan keputusan dengan cepat o Strategi dan antisipasi o Memperkuat memori dan konsentrasi o Berani mengambil risiko dan melatih cara menghadapi tantangan � Mengenalkan anak [...]

Informasi Seputar Kadar Asam Urat Normal

Informasi Seputar Kadar Asam Urat Normal

Ada sedikit salah kaprah akan hal yang beredar di masyarakat mengenai asam urat. Banyak orang menyamakan asam urat dengan penyakit. Padahal asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi tubuh. Selama bisa menjaga kadar asam urat normal, tidak akan menimbulkan masalah. Yang berbahaya adalah ketika kadarnya tinggi karena dapat memicu penyakit ginjal dan rematik asam urat atau gout. Asam urat terbentuk dari proses penguraian zat purin yang terdapat dalam makanan dan minuman. Kemudian darah membawanya ke ginjal untuk di saring, dan sisanya dibuang melalui urine. Jika tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan dan ginjal tidak mampu lagi membuangnya, maka bisa mengundang peradangan sendi karena terbentuknya kristal padat pada sendi-sendi. Zat purin ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman, seperti daging merah, hati, ikan makerel, kacang, dan bir. Untuk mengetahui berapa kadar asam urat dalam tubuh Anda, maka perlu dilakukan beberapa pemeriksaan seperti berikut: Tes Asam Urat Dalam Darah Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui kemungkinan gout. Hasil tes biasanya baru keluar setelah satu hingga dua hari. Perlu diketahui bahwa bisa saja terdapat perbedaan acuan antara lab [...]

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Menjaga kebersihan tubuh sehari-hari harus dilakukan secara benar dan rutin. Mandi, mencuci rambut dan sikat gigi adalah suatu aktivitas yang tentu saja tidak boleh dilewatkan karena apabila hal ini tidak dilakuakan secara rutin dan benar maka berbagai penyakit dapat menjangkiti tubuh. Pada kenyataannya masih banyak orang yang tidak begitu perduli terhadap kebersihan rongga mulut dan gigi sehingga kegiatan menyikat gigi hanya dilakukan sekedarnya. Perlu diketahui bahwa menyikat gigi adalah hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan guna menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Berbagai macam metode menyikat gigi telah diperkenalkan oleh para ahli seperti metode Bass pada tahun 1944 dan metode Charters pada tahun 1928, berikut diantaranya: Berbagai macam metode menyikat gigi telah diperkenalkan oleh para ahli seperti metode Bass pada tahun 1944 dan metode Charters pada tahun 1928, berikut diantaranya: Metode Bass Menganjurkan untuk menempatkan kepala sikat gigi 45 derajat kearah akar gigi diantara pertemuan gigi dan gusi, hal ini bertujuan agar dapat menghilangkan plak yang terbentuk. Metode Charters Lebih mengutamakan pembersihan plak pada bagian [...]

Hati-Hati, Ciuman Bisa Menularkan Herpes!

Hati-Hati, Ciuman Bisa Menularkan Herpes!

Apakah Anda pernah mendengar penyakit Herpes simpleks ? Penyakit herpes simpleks adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum ditemui saat ini. Ternyata terdapat berbagai metode penularan herpes simpleks. Bahkan sekedar ciuman dapat menularkan virus herpes simpleks ini. Nah, penasaran bagaimana virus ini bisa tertular melalui ciuman? Yuk kita pelajari lebih dalam tentang virus ini. Apa itu penyakit herpes? Berikut penjelasannya: Apa itu penyakit herpes? Penyakit herpes yang umumnya dikenal dapat dibagi menjadi dua jenis penyakit. Penyakit herpes dapat dibagi menjadi herpes zooster (yang lebih dikenal dengan cacar air) dan herpes simpleks. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, namun dengan jenis virus yang berbeda. Herpes zooster disebabkan oleh virus varicela zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simplex Virus . Banyak yang memiliki pemahaman yang salah tentang kedua jenis virus ini. Penyakit yang menjadi pembahasan artikel ini adalah herpes simplex virus, yang merupakan penyakit yang dapat ditularkan seacra seksual. Apa gejala yang dialami pasien dengan herpes simpleks? Berikut penjelasannya: [...]

Bagi Gigi, Apel Sama Berbahayanya dengan Bir

Bagi Gigi, Apel Sama Berbahayanya dengan Bir

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa apel bisa empat kali berisiko membuat gigi rusak, bila dibandingkan dengan minuman berkarbonasi. Kok bisa?Selama ini minuman seperti wine, bir dan soda dipercaya bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi. Namun menurut ketua penelitian, Profesor David Bartlett, kepala prostodontik di King s College London Dental Institute, cara orang memakan makanan juga berikan pengaruh terhadap kesehatan gigi."Hal ini tidak hanya mengenai apa yang kita makan, tapi juga bagaimana kita memakannya. Dokter cukup benar dengan mengatakan bahwa apel adalah makanan yang baik, tetapi jika Anda memakannya secara perlahan, tingkat keasaman apel yang tinggi dapat merusak gigi. Minuman yang paling sering dikaitkan dengan erosi gigi, terutama cola justru tindak menunjukkan adanya peningkatan risiko," ujar David, seperti yang dikutip dari Daily Mail.Mengonsumsi apel biasanya dilakukan karena seseorang ingin berdiet. Namun dengan adanya hasil penelitian terbaru itu, dijelaskan bahwa diet sebaiknya juga memerhatikan tingkat keasaman makanan ketimbang hanya menghindari minuman ringan saja.Penelitian tersebut para peneliti mencari hubungan antara gigi dengan diet pada 1000 pr [...]

Awas! Terlalu Sering Makan Makanan Berserat Bisa Berisiko Susah Hamil

Awas! Terlalu Sering Makan Makanan Berserat Bisa Berisiko Susah Hamil

Makanan berserat sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap ramping dan sehat . Tapi konsumsi serat berlebihan ternyata juga berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa timbulkan risiko susah hamil.Mengonsumsi makanan serat tinggi memang memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker usus besar dan kanker payudara. Para ahli menyarankan, orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 25 gram (wanita) sampai 30 gram (pria) dan sekitar 20 gram untuk anak-anak. Tapi bila orang mengonsumsi serat hingga lebih dari 45 gram per hari, maka serat tersebut justru bisa berakibat buruk bagi tubuh. Dilansir dari detikhealth, berikut lima akibat dari kebanyakan mengonsumsi serat.1. SembelitSebenarnya bila orang makan serat dengan jumlah yang cukup dan sesuai, maka serat akan membersihkan perut dan kotoran di usus bisa menjadi lebih lunak. Tapi jika mengonsumsi serat lebih dari kebutuhan tubuh, serat justru dapat membuat sembelit (susah buang air besar). Hal ini karena serat menyerap air ketika melalui sistem pencernaan. Jadi jika orang terlalu banyak konsumsi serat, air dalam saluran cerna pun banyak yang diserap. Akibatnya bisa menjadi susah buang air besar.2. Dehid [...]

Melihat Lebih Dalam Anatomi Mata Anda

Melihat Lebih Dalam Anatomi Mata Anda

Mata adalah jendela dunia. Tanpa kehadirannya Anda tidak bisa melihat warna-warni dunia. Tapi pernahkah Anda membayangkan bagaimana sepasang mata bisa melihat berbagai objek? Untuk mengetahui jawabannya, mari kita telusuri lebih dalam anatomi mata beserta cara kerjanya. Bagian-bagian Mata Mata berbentuk bulat dengan sedikit tonjolan di bagian tengahnya. Bagian yang bisa terlihat ketika kita sedang bercermin hanyalah setengah bagiannya saja. Bagian mata yang tampak terdiri dari kornea, iris, pupil, sklera, dan konjungtiva. Kornea. Bisa dibilang kornea adalah kubah pelindung transparan yang berada di bagian depan bola mata. Kornea berfungsi memfokuskan cahaya sebelum diterima oleh lensa. Kornea tidak memiliki pembuluh dan sangat sensitif terhadap rasa sakit. Iris. Ini adalah bagian yang memengaruhi warna mata Anda. Iris bertugas mengatur cahaya yang masuk ke mata Anda dengan mengubah ukuran pupil mata. Cahaya masuk ke dalam mata melalui pupil. Pupil. Di bagian tengah iris, Anda akan melihat sebuah lubang kecil berwarna hitam yang disebut pupil. Sklera. Bagian putih mata Anda dinamakan sklera. Bagian ini berfungsi sebagai dinding keras yang melindungi jaringan mata lain yang h [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *