3 Tipe Kesalahan dalam Penggunaan Obat

3-Tipe-Kesalahan-dalam-Penggunaan-Obat.jpg

Apakah Anda tipe orang yang selalu membaca hati-hati petunjuk obat sebelum mengonsumsinya? Atau, apakah Anda selalu membaca ala kadarnya karena merasa sudah mengenali obat tersebut? Dan tahukah Anda dengan risiko yang akan terjadi bila Anda mengabaikan aturan pakai atau tidak patuh terhadap penggunaan obat?

Penggunaan obat dikatakan tidak tepat jika risiko yang mungkin terjadi tidak seimbang dengan manfaat yang diperoleh dari tindakan memberikan suatu obat. Dengan kata lain, penggunaan obat dapat dinilai tidak rasional jika:

  • Pemilihan obat tidak tepat, artinya obat yang dipilih bukan obat yang terbukti paling bermanfaat, paling aman, paling sesuai dan paling ekonomis.
  • Cara penggunaan obat tidak tepat dan hal itu mencakup: besarnya dosis, cara pemberian, frekuensi pemberian, dan lama pemberian.
  • Pemberian obat tidak disertai dengan penjelasan yang sesuai kepada pasien atau keluarganya.
  • Pengaruh pemberian obat, baik yang diinginkan atau yang tidak diinginkan, tidak diperkirakan sebelumnya dan tidak dilakukan pemantauan secara langsung atau tidak langsung.

Pada kenyataannya, tidak semua pengguna atau konsumen obat mematuhi aturan-aturan penggunaan obat yang benar. Ketidakpatuhan konsumen dalam menggunakan obatnya akan mengakibatkan kesalahan-kesalahan.

Halaman selanjutnya terdapat tipe-tipe kesalahan yang sering ditemui.

3 Tipe Kesalahan dalam Penggunaan Obat

1. Kelebihan dosis (Over-dose)

  • Menggunakan obat lebih dari dosis yang dianjurkan untuk satu kali pakai
  • Menggunakan obat lebih dari aturan yang telah dianjurkan untuk satu hari pakai
  • Menggunakan obat tidak mengikuti aturan waktu yang telah ditetapkan
  • Menggunakan obat yang sama yang berasal dari wadah yang berbeda dalam waktu yang bersamaan

?2. Kurangnya dosis (Under-dose)

  • Menggunakan obat kurang dari jumlah yang dianjurkan untuk sekali pakai
  • Mengabaikan anjuran dosis
  • Menghentikan pemakaian sebelum waktunya
  • Tidak menggunakan obat sama sekali dalam satu hari

3. Lain-lain

  • Menggunakan obat tidak pada waktunya seperti yang telah dianjurkan
  • Salah cara menggunakan obat
  • Menggunakan obat yang sudah dihentikan dokter
  • Menggunakan obat yang sudah lama/kedaluwarsa
  • Tidak mengambil/menebus obat
  • Salah dalam penggunaan obat

Untuk menghindari tiga kesalahan di atas, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu cara penggunaan obat yang benar sebelum mengonsumsinya. Berikut adalah kiat-kiatnya:

  • Bacalah aturan pakai obat sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label.
  • Jangan membuang label atau bagian kemasan yang memberikan informasi mengenai penggunaan obat tersebut, agar tidak terjadi kesalahan bila Anda menggunakan obat itu kembali.
  • Apabila merasa obat yang sedang digunakan tidak memberikan efek yang diinginkan setelah jangka waktu penggunaan yang dianjurkan, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Yang Penting Diketahui Saat Menghilangkan Rambut Miss V dengan Pisau Cukur

Yang Penting Diketahui Saat Menghilangkan Rambut Miss V dengan Pisau Cukur

Sebagian wanita kurang menyukai keberadaan rambut Miss V karena dianggap bisa mengganggu 'penampilan' saat bercinta dengan pasangan, atau ketika mereka ingin berbikini. Metode penghilangan rambut pun dilakukan, mulai dari mencukurnya (shaving), waxing hingga laser yang hasilnya bisa permanen.Setiap metode penghilangan bulu memiliki kelebihan tersendiri, namun ada pula yang bisa berbahaya bagi kesehatan area genital. Salah dalam penerapannya, bukan menjadi bersih dari rambut kemaluan, Miss V justru bisa terkena iritasi bahkan infeksi.Berdasarkan studi terbaru, menghilangkan rambut dengan cara dicukur atau shaving adalah metode paling berisiko. Keluhan yang muncul terkait dengan penghilangan rambut Miss V banyak terjadi pada wanita yang menggunakan pisau cukur. Meskipun merupakan cara penghilangan rambut yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, shaving juga paling berisiko menyebabkan luka, iritasi hingga penyebaran bakteri. Jika Anda tetap ingin mencukur rambut Miss V dengan pertimbangan karena lebih ekonomis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Andrea Young, pemilik Beam Laser Spa yang berbasis di Manhattan memberikan penjelasannya, seperti dikutip dari Glamo [...]

Lingkungan Berperan Penting Dalam Perkembangan Autis

Lingkungan Berperan Penting Dalam Perkembangan Autis

Sebuah penelitian yang diterbitkan minggu ini, mengungkapkan, bahwa faktor lingkungan berperan penting dalam perkembangan autis. Genetic Heritability and Shared Environmental Factors Among Twin Pair With Autism, yang didanai oleh National of Health (NIH), memberikan informasi lebih lanjut bahwa gen saja tidak dapat menjelaskan kenaikan tingkat autis selama dua dekade terakhir. Sekarang jumlah autis 1:10000 untuk anak yang lahir pada tahun 1980, namun naik menjadi 1:110 pada tahun 1998. Peneliti mengatakan, ?kami memberikan bukti bahwa pengaruh faktor genetik pada pengembangan autis sangat berlebihan. Karena faktor lingkungan sebelum masa melahirkan (prenatal) dan sesudah melahirkan (postnatal) sangat mempengaruhi. Sebelum melahirkan dibagi dua lingkungan yang sama, dan beberapa faktor dari lingkungan mempengaruhi kerentanan terhadap autis yang mengarahkan efek dari masa krisis kehidupan. Lanjutnya, ?penelitian masa depan berusaha untuk menjelaskan faktor-faktor dan peran lingkungan dalam kerentanan genetik autis meningkat atau menurun serta agar kita mengetahui lebih dalam tentang autis itu.? Asosiasi Autis Nasional, bersama dengan beberapa organisasi lain dan ribuan keluarga, sec [...]

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal Pencegahan Kanker

Mengenal pencegahan kanker sangatlah tepat dan benar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mengurangi risiko pada kanker tertentu mungkin bisa melalui perubahan pada makanan dan gaya hidup. Bagaimana risiko bisa dikurangi tergantung pada spesifikasi kanker. Tembakau yang ada pada rokok yang digunakan secara langsung dihubungkan dengan sepertiga pada semua penyakit kanker. Tidak merokok dan menghindari kontak langsung dengan asap rokok bisa sangat mengurangi risiko pada kanker paru-paru, ginjal, saluran kemih, kepala dan leher. Kanker adalah sel yang telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak teratur. Kanker bisa terjadi dari berbagai jaringan dalam berbagai organ. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangbiakannya, sel-sel kanker membentuk suatu masa dari jaringan ganas yang menyusup ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar ke seluruh tubuh. Berdasarkan data yayasan kanker di Amerika, resiko yang terjadi pada kanker terentu dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Ada beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena kanker, diantaranya; 1. Menghindari merokok atau terkena asap tembakau Sejumlah faktor lingkungan [...]

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Menaklukkan Kanker Payudara dengan Mastektomi

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi wanita. Mastektomi merupakan salah satu tindakan yang sering diambil untuk mengatasinya. Apa sebenarnya mastektomi? Mastektomi adalah operasi pengangkatan payudara. Kini mastektomi dilakukan tidak hanya sebagai tindakan untuk penderita kanker payudara, namun juga bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan guna menekan risiko terjangkitnya penyakit tersebut. Jenis Mastektomi Mastektomi dapat dilakukan pada satu payudara ataupun keduanya. Dulu, pengangkatan payudara secara keseluruhan atau mastektomi radikal merupakan standar tindakan untuk kanker payudara. Namun, kini ada beberapa jenis mastektomi di antaranya: Mastektomi radikal Mastektomi jenis ini semakin jarang dilakukan. Tindakan ini akan mengangkat seluruh bagian payudara termasuk puting. Mastektomi radikal juga mengangkat kulit bagian atas payudara, otot di bagian bawah sekaligus kelenjar getah bening. Mastektomi radikal modifikasi Mastektomi ini akan mengangkat seluruh bagian payudara dan kelenjar getah bening di bawah ketiak, namun otot dada umumnya tetap dipertahankan. Sementara, kulit bagian atas payudara bisa ikut diangkat atau dibiarkan. Mastektomi parsia [...]

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

Siklus menstruasi adalah siklus bulanan yang terjadi pada tubuh wanita untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan. Setiap bulan, indung telur mengeluarkan telur yang disebut dengan ovulasi atau masa subur. Di saat yang bersamaan, perubahan hormonal juga menyiapkan rahim untuk kehamilan. Jika saat ovulasi telur tidak dibuahi, maka lapisan rahim akan meluruh keluar melalui vagina yang disebut dengan menstruasi. Bagaimana siklus menstruasi yang normal? Siklus menstruasi, yang dihitung dari hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid berikutnya, tidak sama pada setiap wanita. Menstruasi akan berlangsung selama 2-7 hari dengan siklus 21-35 hari. Dengan definisi yang lebih luas, menstruasi "normal" pada setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika dirasakan menstruasi Anda tidak seperti biasanya. Apa saja yang perlu saya perhatikan pada menstruasi saya? Apa Saja yang Perlu Saya Perhatikan Pada Menstruasi Saya? Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan pada siklus haid Anda: Tanggal Catatlah tanggal dimulai dan berhentinya menstruasi Anda. Apakah lebih lama atau lebih pendek dari biasanya. Banyaknya menst [...]

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Sedihnya Jadi Orang Kegemukan, Dipermalukan Setidaknya 1 Kali Seminggu

Overweight atau kegemukan bukan hanya bisa menyebabkan masalah kesehatan. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri. Riset terbaru mengungkapkan menurut orang-orang dengan tubuh kegemukan mereka setidaknya mengalami penghinaan satu kali dalam seminggu.Penelitian tersebut dilakukan terhadap 2.573 mantan orang overweight. Seperti dikutip Female First, para responden yang dulunya gemuk ini sudah berhasil menurunkan berat badannya. Seseorang dikatakan mengalami kegemukan jika indeks masa tubuhnya antara 25 sampai 30.Ribuan responden yang pernah gemuk ini ditanya apakah mereka pernah dihina atau dipermalukan karena bentuk tubuh mereka. Dan menurut hasil riset ada dua dari lima responden yang mengaku mengalami penghinaan setidkanya satu kali seminggu. Penghinaan ini paling sering datang dari penjaga toko baju, teman, orang yang lewat dekat mereka, lawan jenis dan anak remaja yang sengaja memotret mereka.Menyikapi hasil survei tersebut, Profesor James Stubss ketua dari jurusan perubahan perilaku dan manajemen berat badan di Universitas Derby dan peneliti senior di Slimming World, meminta agar masyarakat lebih bersimpati pada orang-orang overweight. Pe [...]

Ingin Selalu Senang & Langsing? Bangun Lebih Pagi!

Ingin Selalu Senang & Langsing? Bangun Lebih Pagi!

Bangun pagi tak hanya membuat Anda terhindar dari masalah kemacetan. Menurut penelitian, bangun pagi bisa buat Anda jauh lebih sehat, bahagia serta langsing. Wow!Para peneliti dari Roehampton University menyimpulkan bahwa, mereka yang bisa melawan rasa kantuk dan mau bangun lebih pagi dapat menyelesaikan pekerjaan di pagi hari lebih cepat. Misalnya, menyiapkan sarapan, mengantar anak ke sekolah dan pergi ke kantor.Sementara itu, para peneliti menemukan bahwa orang yang suka bergadang akan berisiko mengalami stres dan depresi. Tak hanya itu, berat badan mereka juga diperkirakan akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan.Kesimpulan tersebut didapat dari hasil jajak pendapat terhadap 1.068 orang dewasa. Mereka diberi pertanyaan seputar kesehatan dan kebiasaan tidur. Dari survei itu ditemukan, 'morning people' rata-rata bangun pada pukul 6.58 pagi, sedangkan 'evening people' baru akan bangun pada pukul 8.45 pagi untuk memulai hari.Pada akhir pekan, kedua kelompok tersebut menikmati tambahan satu jam untuk tidur, dan bangun pada puku 7.47 pagi ('morning people') dan pukul 10.09 pagi ('evening people')."Ada 'morning people' dan 'evening people', dan orang pagi cenderung lebih sehat [...]

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Penyebab Ketidaksuburan Perempuan

Jika Anda sulit mendapatkan momongan, Anda tidak sendiri. Sekitar satu dari tujuh pasangan memiliki masalah ini. Ketidaksuburan atau infertilitas sering dianggap sebagai masalah perempuan, padahal 1/3 dari kasus infertilitas disebabkan oleh masalah pada laki-laki, seperti jumlah sperma yang sedikit. Pada 20 ? 30% kasus, penyebabnya tidak dapat diidentifikasi. Inilah pemaparan kami mengenai berbagai penyebab infertilitas yang dapat ditemukan pada perempuan. Penyebab Ketidaksuburan Perempuan Di bawah ini adalah penyebab infertilitas yang dapat ditemukan pada perempuan: Faktor ?U? (Usia) Memasuki usia 35 tahun, kesuburan perempuan akan menurun, 95% diantaranya bisa hamil hanya setelah melakukan hubungan intim tanpa proteksi yang teratur selama tiga tahun. Pada usia 37 tahun kesuburan akan menurun drastis sampai masuk ke masa menopause yaitu usia 40-45 tahun. Gangguan Ovulasi Ovulasi adalah proses dikeluarkannya sel telur dari indung telur setiap bulannya. Gangguan ovulasi dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti sindrom ovarium polikistik dan gangguan kelenjar tiroid (hipertiroidisme atau hipotirioidisme). Endometriosis Sel selaput lendir [...]

4 Makanan yang Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4 Makanan yang Bantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kita seringkali tidak peduli dengan makanan apa yang kita makan, yang penting rasa lapar terpenuhi. Padahal, banyak makanan yang tanpa disadari bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu berbagai macam penyakit salah satunya stroke.Mengatasi hipertensi dan menjaga kadar gula dalam tubuh memang susah-susag gampang. Apalagi untuk Anda yang mempunyai kebiasaan banyak makan dan ngemil. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya bukan? Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan hipertensi. Ini dia beberapa diantaranya seperti dikutip dari Times of India.1. BayamBayam kaya akan magnesium dan kalium. Dua jenis mineral ini berperan penting menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jadi, tambahkan sayuran hijau ini pada makanan Anda agar lebih sehat dan tekanan darah tetap terjaga.2. Dark ChocolateMenurut penelitian, mengonsumsi 25 ? 30 kalori dari dark chocolate per hari dapat menurunkan tingkat tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini karena dark chocolate mempunyai kandungan flavanol, jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu menurunkan tekanan darah.3. [...]

Kenali Penyakit Kulit dari Warna Mata Anda

Kenali Penyakit Kulit dari Warna Mata Anda

Ada banyak cara untuk mendeteksi penyakit, salah satunya melalui warna mata. Menurut penelitian terbaru, kecenderungan mengidap penyakit kulit bisa diketahui lewat warna mata seseorang.Seperti yang dikutipdari WebMD, hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang dengan mata berwarna biru cenderung lebih sedikit mengalami ganguan vitiligo --penyakit kulit yang menimbulkan bercak putih pada kulit dan rambut. Sedangkan, mereka yang memiliki mata coklat lebih mungkin terkena penyakit kulit yang sama.Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menjelaskan bahwa warna mata juga memiliki pengaruh terhadap risiko penyakit kulit melanoma. Dikutip dari detikhealth, melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang berbahaya. Melanoma tidak hanya mempengaruhi kulit, lebih dari itu dapat menyebar ke organ lain dan juga tulang."Secara genetik, dalam beberapa hal vitiligo dan melanoma adalah kutub yang berlawanan. Beberapa variasi genetik membuat seseorang berisiko terkena vitiligo dan orang lain cenderung tidak mudah terkena melanoma, begitu juga sebaliknya," ujar peneliti Richard Spritz, MD, Human Medical Genetics and Genomics Program di University of Colorado School of Medicine. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *