4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tinggal Bersama Mertua Bisa Bahayakan Kesehatan Wanita

Tinggal Bersama Mertua Bisa Bahayakan Kesehatan Wanita

Banyak anggapan bahwa tinggal bersama mertua bisa menimbulkan banyak konflik bagi kehidupan rumah tangga. Kini menurut penelitian, tinggal bersama mertua juga berakibat buruk bagi kesehatan wanita.Para ilmuwan mengatakan bahwa wanita memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar terkena penyakit serius seperti jantung ketika mereka tinggal satu atap dengan sang mertua. Hal ini karena sang istri merasa stres.Ketika wanita tinggal bersama mertuanya, mereka merasa tertekan karena harus berperan sebagai anak, ibu, sekaligus pasangan tiap harinya. Rasa stres yang diderita oleh wanita tersebut bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes.Penelitian itu melihat adanya efek dari pengaturan hidup pada hampir 91 ribu pria dan wanita sehat, lebih dari 14 tahun. Hasilnya ditemukan, antara tahun 1990 hingga 2004, 671 dari peserta penelitian didiagnosis mengidap penyakit arteri koroner, 339 meninggal karena penyakit jantung dan 6.255 meninggal karena penyebab lain.Dari hasil penelitian itu, disimpulkan bahwa wanita menikah --terutama yang telah memiliki anak-- yang tinggal dengan mertua atau orang tuanya sendiri memiliki kemungkinan tiga kali terkena penyakit jantung ketimbang mereka yang [...]

Alergi Jagung dan Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

Alergi Jagung dan Peningkatan Jumlah Sel Darah Putih

Jagung mengandung sejumlah kecil protein yang dapat memicu reaksi alergi. Jika Anda memiliki alergi terhadap jagung dan tidak menghindari konsumsi jagung dalam segala bentuknya, Anda dapat memiliki jumlah sel darah putih yang tinggi. Tubuh Anda memproduksi beberapa jenis sel darah putih, termasuk eosinofil, sejenis sel darah putih yang meningkat saat Anda memiliki reaksi alergi. Jika Anda memiliki alergi jagung, bicarakan dengan dokter tentang bagaimana mengontrol gejala dan jumlah sel darah putih. Mendiagnosis Alergi Jagung. Alergi jagung memang tidak umum, dan hanya mempengaruhi sekitar 0,016 persen orang Amerika, menurut Asosiasi Pabrik gula Jagung, seperti dilansir dari livestrong, rabu (01/02/2012). Ruam dan asma adalah gejala paling umum dari alergi jagung. Dokter Anda biasanya dapat mendiagnosis alergi makanan melalui tes alergi dan dengan gejala lain, seperti gatal-gatal, ruam, sesak napas atau gejala pencernaan tanpa melakukan tes jumlah sel darah putih. Jika dokter meminta Anda untuk melakukan tes jumlah darah putih, mungkin dikarenakan dokter menemukan jumlah eosinofil yang tinggi. Ketika jumlah eosinofil meningkat, yang disebut juga dengan eosinofilia, dapat membantu me [...]

Trauma Masa Kecil Jadi Penyebab Timbulnya Selulit pada Wanita?

Trauma Masa Kecil Jadi Penyebab Timbulnya Selulit pada Wanita?

Selulit merupakan masalah kulit yang dialami hampir semua wanita. Menurut penelitian, 80 persen wanita memiliki penampakan 'kulit jeruk' ini, tak terkecuali selebriti seperti Kim Kardashian dan Sienna Miller.Berbagai produk pun diluncurkan dan cara-cara ekstrim dilakukan untuk mengatasi selulit. Mulai dari olahraga, diet detoks, koyo green tea, lotion, gel hingga pakaian yang diklaim bisa menghilangkan selulit. Tapi menurut seorang psikolog, selulit bisa dihilangkan tanpa semua produk yang disebutkan tadi.Psikolog asal Venezuela, Martha Sanchez Navarro mengklaim, masalah kulit yang umumnya dialami wanita usia 30an ke atas ini bisa diatasi dengan terapi konsultasi. Ia yakin selulit lebih banyak disebabkan oleh trauma masa kecil, bukan karena latihan yang tidak tepat atau sirkulasi darah tidak lancar.Martha mengatakan bahwa emosi yang datangnya dari dalam bisa keluar lewat gejala fisik yang bisa terlihat secara kasat mata. Stres yang dialami seseorang di masa kanak-kanak, misalnya terlalu banyak aturan dari orangtua yang harus dituruti, bisa menumpulkan kreativitas dan menyebabkan timbulnya selulit ketika dewasa nanti.Pendapat Martha mungkin terdengar tidak masuk akal, namun ia bu [...]

Kate Middleton Picu Gaya Hidup Tak Sehat

Kate Middleton Picu Gaya Hidup Tak Sehat

Tidak hanya gaya berbusana Kate dan Pippa Middleton saja yang menjadi tren. Bentuk tubuh mereka pun menjadi inspirasi banyak wanita. Sayangnya tren ini bukanlah hal yang positif. Kedua kakak beradik ini dianggap mendukung anoreksia.Seperti yang diberitakan sebelumnya, foto Pippa Middleton terpampang di situs-situs dan forum yang mendukung anoreksia dan bulimia. Situs ini juga memberikan banyak tips untuk menurunkan berat badan secara drastis."'Thinspiration' atau 'thinspo' merupakan sebutan untuk orang yang memberikan isnpirasi untuk menurunkan berat badan dengan cara yang menyiksa, biasanya model atau selebriti. Dulu, Victoria Beckham dan Mary-Kate Olsen yang menjadi 'thinspiration'. Tapi kini dengan seringnya pemberitaan, Kate dan Pippa menjadi 'thinspiration' terbaru, "ujar Lynn S. Grefe, MA, presiden dan CEO National Eating Disorders Association.Dalam postingan di salah situs anoreksia, foto Kate Middleton mendapat tanggapan baik dari para pembacanya seperti, "dia begitu cantik dan sangat kurus". Selain itu, tidak sedikit pengguna forum anoreksia menyebutkan Kate sebagai 'thinspiration' nomor ketiga setelah Victoria Beckham dan Olsen.Yang membuat ketakutan para ahli kesehata [...]

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Jeans Terlalu Ketat Bisa Rusak Pencernaan

Banyak wanita yang malas mengganti celana jeans lamanya dengan yang baru, karena merasa masih muat dikenakan. Ternyata, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi sistem pencernaan dan mengganggu kenyamanan perut setelah Anda makan besar.Seperti yang dikutip dari danone, Dr Oz, seorang ahli bedah yang sering menjadi pembicara di acara talk-show Oprah Winfrey, merasa setuju bahwa jeans terlalu ketat dapat menyebabkan masalah pencernaan dan sembelit. Selain itu, jeans ketat yang berpotongan di pinggang akan membuat makanan sulit menuju usus. Itu sebabnya jeans terlalu ketat bisa menyebabkan nyeri perut dan kram.Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticut. Menurutnya, "jeans ketat dapat mengganggu mobilitas usus. Hal ini yang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau sakit pada perut setelah dua atau tiga jam setelah makan. Banyak orang yang tidak sadar kalau nyeri itu akibat jeans."Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut, ada baiknya Anda mengutamakan kenyamanan saat memilih jeans. Usahakan membeli jeans bermodel slip on --jeans dengan pinggang berkaret-- dan memiliki campuran bahan lycra. Selain tidak terlalu ketat, jeans se [...]

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

Diet yang seimbang pastinya harus menjadi prioritas utama kita! Mengkonsumsi beragam jenis makanan dapat memberikan sumbangan nutrisi yang seimbang bagi tubuh kita yang memang membutuhkan beragam jenis nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh adalah berupa vitamin dan mineral dalam berbagai jenis. Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah: Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anda: 1. Apel Apel adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Salah satu serat larut yang penting adalah pektin yang membantu mengatasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Kulit apel juga bermanfaat karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan. 2. Pisang Pisang mengandung banyak kalium yang berguna untuk fungsi otot dan saluran cerna. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. 3. Brokoli Brokoli adalah makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu [...]

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Trik Menyingkirkan Jerawat Batu pada Wajah

Stres rasanya jika wajah ditumbuhi oleh jerawat batu. Ukurannya yang besar, berwarna kemerahan dan dipenuhi nanah pastinya mengganggu penampilan kita. Belum lagi efeknya yang mungkin bisa menimbulkan rasa sakit dan gatal pada area yang ditumbuhi jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara menyingkirkan ?tamu tidak diundang? ini dari wajah Anda. Jerawat bisa timbul ketika pori-pori wajah Anda tersumbat dengan sel-sel kulit mati. Terkadang bakteri ikut menyusup ke dalamnya dan membuat area tersebut menjadi merah dan bengkak. Sementara jerawat batu terjadi ketika infeksi ini telah masuk jauh ke dalam kulit wajah Anda. Tidak hanya pada wajah, jerawat batu juga bisa muncul pada dada, pundak, punggung, atau lengan atas. Sebenarnya tidak ada penyebab pasti kenapa Anda memiliki jerawat batu, namun hormon androgen bisa ditunjuk sebagai pemicunya. Hormon androgen yang meningkat bisa menyebabkan perubahan pada kulit yang dapat mengakibatkan tersumbatnya pori-pori dan jerawat. Kalangan yang biasanya memiliki hormon androgen tinggi adalah remaja. Namun itu bukan berarti kalangan remaja saja yang bisa mengidap jerawat batu. Anak-anak berusia 8 tahun atau orang tua berusia paruh b [...]

Alergi Dapat Memicu Sinusitis?

Alergi Dapat Memicu Sinusitis?

Reaksi alergi kerap mengganggu saluran pernapasan pada sebagian orang. Tidak hanya itu, alergi juga dapat memicu gangguan lain, seperti sinusitis. Reaksi alergi adalah ketika sistem imunitas tubuh melakukan kontak dengan objek-objek penyebab alergi. Terdapat beragam reaksi yang dihasilkan oleh tubuh, antara lain gangguan pada saluran pernapasan dan sinus. Sinus adalah rongga-rongga berisi udara di kerangka kepala kita yang terletak di belakang dahi dan tulang pipi. Dari alergi menjadi sinusitis Pada saat alergi tidak tertangani dengan baik, maka sinus berpotensi mengalami peradangan dan tidak mampu mengeluarkan cairan yang menumpuk. Kondisi ini membuat sinus menjadi tempat yang cocok untuk mikroorganisme berkembangbiak sehingga menyebabkan infeksi atau sinusitis. Dengan alergi dan peradangan akibat sinusitis, cairan makin menumpuk di dalam lubang-lubang sinus dan dapat menyebabkan gejala, berupa rasa sakit pada wajah penderitanya. Gejala sinusitis lain yang kerap dikeluhkan, antara lain mampat pada hidung, pusing dan berkurangnya kemampuan hidung untuk mencium bau serta kemampuan lidah untuk merasakan. Jika sinusitis disebabkan oleh bakteri dan tergolong tidak ringan, antibiotik [...]

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Pilek? Enaknya Makan 6 Menu Ini Biar Cepat Sembuh!

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami pilek alias flu dalam hidupnya. Flu seakan bukan hal yang aneh lagi. Flu atau influenza sendiri disebabkan oleh virus dan dibutuhkan imunitas tubuh yang tinggi untuk memeranginya. Tapi tahukah Anda, sebetulnya ada makanan dan minuman yang tepat sekali untuk dikonsumsi ketika kita pilek? Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu percepat kesembuhan, antara lain: Sup ayamKonsumsi semangkuk sup ayam memberikan manfaat lebih dari sekedar efek menenangkan. Pada tahun 2000, sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh American College of Chest Physicians membuktikan bahwa sup ayam mengandung efek anti peradangan yang dapat meredakan gejala flu dan meningkatkan imunitas tubuh. Susu dan makanan kaya vitamin DMakanan yang kaya akan vitamin D seperti susu dan sereal dapat membantu memerangi flu. Pada suatu studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital pada tahun 2009, mereka yang mengkonsumsi makanan kaya vitamin D cenderung jarang mengalami flu dibandingkan dengan yang tidak. 6 Makanan Agar Pilek Cepat Sembuh Hampir setiap orang pasti pernah mengalami p [...]

3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

3 Menu Sarapan untuk Penderita Diabetes

Makanan sangat penting untuk mengontrol diabetes, termasuk makan pagi. Sarapan yang sehat dapat menjaga gula darah Anda tetap dalam keadaan baik. Apa saja?Untuk menjaga kadar gula darah, pasien diabetes harus konsisten menjaga waktu dan porsi makan. Sarapan pada waktu yang sama setiap hari dengan jumlah makanan yang konsisten, terutama karbohidrat, dapat membantu penderita diabetes mengatur gula darah lebih baik.Karbohidrat meliputi pati, buah, susu atau yoghurt. Dokter atau ahli gizi biasanya menentukan berapa banyak yang pasien butuhkan untuk sarapan. Tapi menurut American Diabetic Association, pasien diabetes bisa sarapan sebanyak 45 sampai 60 gram. Seperti yang dikutip dari detikhealth, berikut beberapa makanan sehat yang baik untuk pasien diabetes.1. SerealSereal adalah sarapan yang sehat untuk pasien diabetes. Carilah sereal tawar dengan lebih dari 2,5 gram serat per porsi. Gunakan susu skim atau susu dengan 1 persen lemak untuk membatasi asupan kalori dan lemak jenuh. Orang dengan diabetes memiliki tingkat lebih tinggi menderita penyakit jantung sehingga harus membatasi asupan lemak jenuh. Sarapan 45 sampai 60 g karbohidrat bisa berupa tiga perempat cangkir sereal gandum [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *