4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan dan Kecantikan

4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebagian orang enggan mandi menggunakan air dingin, terutama di pagi hari karena membuat tubuh menggigil dan kurang nyaman. Padahal, mandi air dingin memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya memberikan efek segar sehingga Anda lebih bersemangat beraktivitas di pagi hari."Air dingin memberi efek energizing," ujar psikolog Ayoe Soetomo, M.Psi.Selain itu masih ada empat manfaat lagi dengan mandi air dingin. Apa saja? Berikut penuturannya seperti dikutip dari Women's Health USA.1. Membangkitkan MoodAir dingin bisa memberikan efek hydrotherapy yang bisa mengaktifkan hormon-hormon tertentu pada tubuh. Sheenie Ambardar, M.D., seorang psikiater berbasis di Beverly Hills menjelaskan bahwa air dingin meningkatkan level beta-endorphon dan noradrenaline pada darah dan otak. Dua hormon ini berfungsi sebagai anti-depresan yang membantu meningkatkan mood. Sebuah studi yang dilansir jurnal Medical Hypotheses menemukan bahwa mandi air dingin dengan temperatur 20 derajat Celcius selama 2-3 menit terbukti meningkatkan mood para responden penelitian.2. Meredakan Nyeri OtotSakit atau nyeri otot yang terjadi setelah olahraga berat bisa diredakan dengan mandi air dingin. Henry Halse, pakar [...]

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cranberry Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention) berjuta-juta warga dunia terutama wanita menderita infeksi saluran kemih setiap tahunnya. Sebuah studi terbaru membuktikan bahwa cranberry dapat mencegah infeksi saluran kemih. Salah satu studi analisa terbesar saat ini (menganalisa 24 studi dengan pasien lebih dari 4,400 yang dipublikasikan tahun 2012) menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa cranberry mempunyai efek positif terhadap pencegahan infeksi saluran kemih. Meskipun selama ini pendapat mengenai efek dari cranberry untuk infeksi saluran kemih masih misteri, namun menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari McGill University yang dipimpin oleh Profesor Nathalie Tufenkji mencoba menjawabnya. Mereka melakukan penelitian untuk melihat efek dari cranberry terhadap dua kuman yang paling sering menyebabkan infeksi saluran kemih; yaitu Escherichia-coli dan Proteus-mirabilis. Penelitian ini menghasilkan sebuah teori bahwa cranberry tidak dapat membunuh kuman namun membatasi pergerakan dan penyebaran kuman. Seperti yang disebutkan sebelumnya pada Journal of Microbiology bahwa kuman P.mirabilis mengeluarkan flagella (kaki) yang dapat memba [...]

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan Anda. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi lavender misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa menenangkan saraf Anda. Selain lavender, kira-kira wewangian apa lagi ya yang diklaim baik untuk kesehatan? Simak di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. KopiApakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah. 2. LavenderAroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.3. Citrus (Jeruk atau Limau)Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual.4. Minyak Kayu PutihApakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada [...]

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Timbunan lemak di perut tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Perut buncit dapat terjadi pada siapapun, tidak hanya pada mereka yang memiliki tubuh yang gemuk. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal dengan bentuk tubuh seperti apel dan lingkar pinggang (waist circumference) yang lebar juga harus berhati-hati. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, lebih dari 70% pasien jantung dengan lingkar pinggang yang lebar meninggal pada saat penelitian dibanding pasien dengan lingkar perut yang lebih kecil. Selain itu, lingkar pinggang menjadi prediktor yang lebih kuat dibandingkan indeks massa tubuh dalam menentukan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak tubuh terdiri dari dua jenis, yaitu lemak visceral dan subkutan. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bawah kulit. Sedangkan lemak visceral terdapat di dalam perut dan mengelilingi organ-organ vital seperti hati, jantung, dan ginjal. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak visceral yang berlebihan (obesitassentral) dapat menyebabkan sindrom metabolik, meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus, hipertensi [...]

10 Cara Bersihkan Sayur & Buah Dari Pestisida

10 Cara Bersihkan Sayur & Buah Dari Pestisida

Buah dan sayur sudah dipercaya sebagai makanan sehat yang kaya serat. Namun laporan kesehatan terbaru justru menemukan 67 jenis pestisida yang akhirnya membuat buah dan sayur menjadi 'kotor'.Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, memikat atau membasmi hama, penyakit dan gulma yang tidak berpengaruh pada tanaman. Pestisida seringkali disebut sebagai 'racun'. Tapi banyak petani yang menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan atau pembusukan.Dalam jumlah tertentu, penggunaan pestisida untuk tanaman buah dan sayur masih dapat ditolerir tubuh. Namun bila jumlahnya berlebihan, bisa membahayakan untuk kesehatan, seperti menyebabkan kanker, ADHD pada anak, gangguan sistem saraf, gangguan tiroid dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.Agar hal buruk tak terjadi pada Anda dan keluarga, ada baiknya mengetahui cara menghilangkan pestisida dari sayur dan buah yang benar. Seperti yang dikutip dari Hubpages, berikut 10 cara tersebut.1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air mengalir sebelum memegang produk makanan, termasuk saat akan mencuci buah dan sayur.2. Cuci buah dan sayur dengan air bersih dan mengalir untuk membersihkan sisa-sisa tanah dan kotoran [...]

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil?

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil?

Apakah Wi-Fi Berdampak Negatif pada Kesehatan Si Kecil? (health)Koneksi internet tanpa kabal atai Wi-Fi sudah menjadi salah satu fasilitas 'wajib' di beberapa sekolah. Tetapi Wi-Fi disebut-sebut memiliki efek radiasi terhadap terhadap kesehatan anak-anak. Benarkah?Seperti yang dikutip dari Ezine Article, belakangan ini semakin banyak asosiasi medis, dokter dan ilmuwan yang merasa khawatir dengan adanya Wi-Fi di sekolah-sekolah. Menurut mereka, beberapa anak mengalami sakit kepala, kelelahan, mual, nyeri di dada, memiliki masalah pada penglihatan dan alami gangguan tidur.Selain itu, ada pula peningkatkan gangguan kesehatan lain seperti ADHD, alergi, asma. Kesemua masalah kesehatan tersebut dialami anak-anak setelah sekolah mereka menyediakan fasilitas Wi-Fi. Gejala itu terjadi karena intensitas gelombang mikro dalam satu ruang kelas di Sekolah County Simcoe ternyata empat kali lebih kuat dari menara ponsel.Mengapa anak-anak? Berdasarkan ilmuwan, sistem saraf dan otak anak masih dalam tahap berkembang, hal itulah yang jadi alasan mengapa anak-anak lebih rentan terhadap radiasi Wi-Fi, ketimbang orang dewasa. Kesimpulan itu juga diamini oleh Dr. Barrie Trower, seorang fisikawan dari [...]

Sering Kerja Lembur? Ini Cara Agar Tetap Sehat dan Segar

Sering Kerja Lembur? Ini Cara Agar Tetap Sehat dan Segar

Orang yang sering lembur dan bekerja shift malam umumnya kerap memiliki kesehatan yang buruk karena harus tetap terjaga sepanjang malam. Tidak hanya menyebabkan insomnia, kebiasaan lembur kerja juga bisa membuat tubuh dan pikiran stres karena secara biologis tubuh dirancang untuk aktif di siang hari, dan beristirahat di malam harinya.Selain itu fungsi tubuh dan jenis hormon yang diproduksi juga berbeda antara siang dan malam hari. Saat aktivitas itu dibalik (istirahat di siang dan aktif di malam hari), maka organ-organ tubuh jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Namun di era yang serba sibuk ini, kerja lembur atau mendapat shift malam seringkali tak terhindari. Saat Anda mendapat giliran kerja malam, ini lima hal yang perlu dilakukan agar tubuh tetap segar dan sehat, seperti dirangkum dari berbagai sumber.1. Atur Pola MakanPastikan Anda mengonsumsi makan malam yang hangat sebelum pergi bekerja. Makanan hangat akan membantu menjaga proses pencernaan tetap sehat untuk memberi energi di malam hari. Bisa dengan mengonsumsi sup atau sayur berkuah yang terbuat dari kaldu ayam. Perlu diketahui, kaldu ayam kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan energi dan menambah tenaga, ser [...]

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Awas! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental

Berhati-hatilah jika Anda hobi atau sering makan junk food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.Selain membuat tubuh menjadi gemuk, makanan ini juga dapat merusak otak Anda. Junk food bisa memengaruhi hormon, terutama neurotransmitter dalam otak yang menyebabkan gangguan mental. Berikut dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan, seperti dilansir dari Bold Sky.1. Gangguan MentalKandungan junk food sebagian besar berasal dari lemak jenuh yang akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Seseorang yang sering mengonsumsi lemak jenuh bisa menderita gangguan mental, seperti depresi dan Alzheimer. Hal itu karena Anda tidak mendapatkan sejumlah vitamin dan mineral dari junk food yang seharusnya ada di dalam makanan alami. Makanan ini juga berdampak pada hormon dan pengaliran darah ke otak yang menyebabkan kerusakan mental.2. Masalah PsikologisJunk food bisa menyebabkan masalah fisik dan perubahan fungsi otak. Anda akan menderita masalah psikologis jika kecanduan junk food, seperti terlalu emosional atau terlihat 'kaku' pada lingkungan sekitar. Cara mengatasi masalah psikologis ini [...]

Kurang Sinar Matahari Saat Bekerja Bisa Berakibat Terkena Gangguan Tidur

Kurang Sinar Matahari Saat Bekerja Bisa Berakibat Terkena Gangguan Tidur

Lupakan minum susu, air hangat atau membaca buku sebelum tidur. Rahasia sebenarnya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah tempat Anda bekerja.Riset terbaru menunjukkan apabila karyawan yang bekerja di ruangan minim jendela, atau ruangan dengan sinar matahari yang sedikit rata-rata memerlukan waktu 46 menit lebih lama untuk berhasil tidur. Riset yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine mengungkapkan bahwa lingkungan kerja berperan penting untuk mengatur siklus internal yang ada di dalam tubuh.Peneliti mengatakan bahwa ruang kerja yang didesain lebih nyaman dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental para pekerja. Stres, komputer dan membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah seringkali dianggap menjadi penyebab kurangnya kualitas tidur.Akan tetapi, penyebab utama dari kurangnya tidur di malam hari adalah suasana hati yang buruk dan kurang fokus. Kurangnya tidur secara terus menerus dapat meningkatkan kondisi medis yang serius seperti kegemukan, penyakit jantung serta diabetes, bahkan dapat memperpendek harapan hidup.Ruangan dengan sinar matahari yang cukup diketahui sangat penting untuk mengatur ritme tubuh dan siklus internal yang dapat menentukan [...]

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Istilah Masuk Angin Dalam Sudut Pandang Medis

Masuk angin?, sangat sering menjadi diagnosa mandiri masyarakat awam apabila tubuh kurang fit karena dirasa banyaknya ?angin? di dalam tubuh serta menimbulkan gejala sebagai berikut: Demam Menggigil Keringat dingin Kembung Pilek Mual, muntah Nafsu makan menurun Diare Dan berbagai gejala lainnya. Faktanya, medis tidak mengenal adanya istilah masuk angin. Adapun rangkaian gejala di atas biasanya mengarah ke ?flu like symptom? yang merupakan gejala awal timbulnya serangan virus. Jangan gegabah untuk mengkonsumsi antibiotik, terutama bila tidak disertai oleh resep dan pengawasan dokter. Biasanya ?flu like symptom? akan membaik dengan sendirinya apabila sistem imun di tubuh kita bekerja dengan baik. Adakah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ?masuk angin? atau ?flu like symptoms? tersebut? Ada, berikut sarannya: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *