4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Varises Saat Hamil

Varises Saat Hamil

Keluhan varises atau melebarnya pembuluh darah hingga terlihat dari permukaan kulit merupakan salah satu keluhan yang tidak jarang dikeluhkan oleh perempuan yang sedang hamil. Keluhan ini biasanya akan mulai muncul di trimester kedua kehamilan. Selain pembengkakan di daerah kaki, biasanya yang membuat perempuan makin kecewa terhadap penampilannya adalah melihat kakinya sekarang dihiasi gambaran biru pembuluh darah yang terlihat menonjol. Kondisi varises ini terjadi pada 40% perempuan hamil sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir apabila kondisi ini pun terjadi pada Anda. Bagaimana varises terjadi? Varises muncul akibat gabungan beberapa faktor, di antaranya adalah: - Adanya hormon-hormon kehamilan di aliran darah. - Peningkatan volume darah saat hamil. Jadi, wajarkah hal ini terjadi? Halaman berikut penjelasannya: Normalkah Muncul Varises Ketika Hamil? Kedua hal tersebut di atas menyebabkan dinding pembuluh darah melebar dari ukuran seharusnya. Pelebaran ini menyebabkan katup yang terdapat di dalam pembuluh darah tidak dapat menutup dengan sempurna. Katup ini berfungi untuk mencegah aliran darah yang kembali ke jantung untuk turun ke bagian ujung tubuh se [...]

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Jangan Sepelekan Suara Tiba-tiba Serak

Pernahkah suara Anda tiba-tiba serak setelah melakukan aktivitas tertentu? Sebenarnya, mengapa suara bisa mengalami serak? Apa penyebabnya? Berikut penjelasannya: Kelelahan bersuara merupakan adaptasi negatif pembentukan suara pada orang-orang yang sering menggunakan suara dalam jangka waktu lama tanpa kelainan patologis pada laring. Kelelahan bersuara biasanya ditandai dengan perubahan kualitas suara, rasa tidak nyaman saat bersuara, dan adanya keterbatasan penggunaan suara. Karenanya, suara yang lelah biasanya akan terdengar serak atau parau. Penyebab utama kelelahan bersuara adalah penggunaan suara yang berlebihan, berbicara di lingkungan yang bising, dan faktor stres. Berbicara dengan suara yang keras dapat meningkatkan frekuensi vibrasi pita suara yang apabila berlangsung terus-menerus dapat mengakibatkan kekakuan pada pita suara. Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Cara Atasi Suara Serak Untuk mengatasi suara yang serak, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini: Menghindari berbicara terlalu keras dalam jangka waktu yang lama. Bila berbicara di ruangan yang besar atau di antara banyak orang lebih baik menggunakan [...]

5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Naik Saat Puasa

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Pernahkah Anda mendengar cerita orang lain yang justru berat badannya bertambah setelah berpuasa? Apakah penyebabnya? Bukankah seharusnya berat badan turun setelah berpuasa? Seringkali kita melihat seseorang yang makan secara berlebihan saat berbuka puasa dengan alasan ?mengganti? makanan untuk kebutuhan satu hari. Dari puasa, banyak pelajaran yang bisa dipetik, contohnya kesabaran, menerapkan kedisiplinan, dan mengontrol diri. Makan secara berlebihan pada saat berbuka puasalah yang dapat menyebabkan berat badan meningkat. (Baca: 3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan) Bagaimana diet seimbang yang ideal agar berat badan tidak naik selama bulan puasa? Klik 'next' untuk selanjutnya. 5 Nutrisi Pencegah Berat Badan Naik Saat Puasa Bulan suci ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan seluruh umat muslim di dunia. Pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh. Pernahkah Anda mendengar cerita orang lain yang justru berat badannya bertambah setelah berpuasa? Apakah penyebabnya [...]

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Konstipasi atau sembelit tentunya membuat perut terasa tidak nyaman dan jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan gangguan pencernaan serius. Frekuensi ideal orang buang air besar (BAB) adalah dua kali sehari, atau setidaknya satu kali sehari. Jika lebih dari tiga hari tak juga BAB maka sudah bisa dikatakan Anda mengalami sembelit.Terlalu banyak konsumsi makanan olahan, daging merah, minuman berkafein, makanan mengandung banyak minyak dan produk-produk susu olahan menjadi salah satu penyebab paling umum masalah pencernaan ini. Kurang mengonsumsi serat juga bisa menyebabkan BAB tak lancar. Ketika sudah mengalami sembelit, ada baiknya Anda mencoba dahulu melakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Cukup Minum AirTerjadinya sembeli bisa dikarenakan kurangnya asupan cairan. Air putih berfungsi membersihkan racun-racun dan kotoran dari usus agar lebih mudah terbuang. Ketika Anda kurang minum air putih, maka proses pembuangan kotoran akan terhambat dan terjadilah sembelit. 2. Minum Teh Hijau atau Air HangatDisarankan meminum satu hingga dua gelas air putih hangat atau teh hijau setelah bangun tidur. Selain membuat perut terasa nyaman, teh hijau [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selain Untuk Kesehatan Mata, Ini Dia Manfaat Lain Wortel

Selama ini yang kita ketahui manfaat wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Tapi ternyata tidak hanya itu saja. Seperti yang dikutip dari ehow, berikut ini enam manfaat lain dari rajin mengonsumsi wortel.1. Terhindar dari Risiko Penyakit JantungWortel memiliki banyak kandungan vitamin A, kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang terakhir itu mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, dan perkembangan rheumatoid sebanyak 70 persen.2. Bantu Melawan Efek Buruk PolusiTeh hijau bukanlah saru-satunya panganan yang mengandung antioksidan. Wortel pun juga mengandung zat yang berfungsi untuk melawan radikal bebas dalm tubuh, yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.3. Turunkan KolesterolSebuah penelitian di Harvard University berhasil mengungkapkan bahwa seseorang yang setidaknya memakan wortel 6 buah dalam satu minggu dapat menurunkan resiko kolesterol dari pada yang hanya mengkonsumsi 1 buah saja sebulan.4. Mengurangi Risiko Kanker PayudaraPenelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karot [...]

5 Camilan yang Bisa Disantap Setiap Saat Tapi Tidak Bikin Gemuk

5 Camilan yang Bisa Disantap Setiap Saat Tapi Tidak Bikin Gemuk

Hampir semua wanita suka mengonsumsi camilan baik saat sedang menonton film, kerja, atau ketika lapar malam hari. Namun sebagian dari mereka memilih camilan yang kurang sehat seperti makanan berminyak atau kripik kemasan. Tanpa terasa camilan tersebut membuat berat badannya kian bertambah terutama saat disantap sebelum tidur. Oleh karena itu, Anda harus pintar memilih jenis makanan ringan yang akan dikonsumsi. Berikut lima camilan yang bisa dimakan setiap saat tanpa takut menggemuk.1. Salad SayurSayur mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein yang menyehatkan. Sayuran juga mempunyai kandungan air yang tinggi sehingga tetap membuat Anda terhidrasi seharian. Oleh karena itu, salad sayur bisa menjadi camilan Anda ketika bosan bahkan sesaat sebelum tidur karena kandungannya tidak membuat lemak bertumpuk di dalam tubuh Anda.2. Buah CeriBuah ceri kaya akan melatonin yang sangat baik untuk membantu mengurangi insomnia. Maka dari itu, jika Anda lapar, buah ceri bisa menjadi alternatif camilan setiap saat. Hindari mengonsumsi dalam jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan gula darah meningkat.3. Susu Rendah LemakSusu rendak lemak mengandung vitamin D serta kalsium yang bagus untu [...]

Apa Saja yang Memicu Rematik Asam Urat?

Apa Saja yang Memicu Rematik Asam Urat?

Menghindari faktor pemicu rematik asam urat memang bukan bertujuan mengobati penyakit tersebut, tapi dapat membantu mengontrol serangan. Secara umum, ada beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu serangan rematik asam urat. Jika berat badan berlebih, mengurangi berat badan adalah langkah utama dalam menangani asam urat. Selain itu, jika Anda memang telah terdeteksi atau berpotensi mengidap rematik asam urat, ada baiknya untuk membatasi diri dari konsumsi hal-hal berikut ini. Minuman keras seperti bir atau apa pun minuman yang mengandung alkohol kecuali wine dapat memicu tingginya kadar asam urat dan rematik atau gout. Selain itu, minuman jenis ini dapat memicu dehidrasi. Dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat menjadi berkurang. Maka jika Anda kekurangan air minum, Anda berisiko mendapat serangan rematik asam urat. Makanan yang mengandung kadar purin tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Purin adalah bahan yang terkandung secara alami dalam beberapa makanan dan diproses dalam tubuh menjadi asam urat. Purin umumnya ditemukan dalam makanan berprotein tinggi, seperti daging merah (daging sapi dan kambing), h [...]

Penyakit Stroke dan Jantung Dipengaruhi Pendapatan Nasional

Penyakit Stroke dan Jantung Dipengaruhi Pendapatan Nasional

Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyakit yang dipisahkan oleh sebuah patologi umum. Keduanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke organ vital, dan dua penyakit ini banyak sekali faktor risiko secara umum, seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, aktivitas fisik dan merokok. Namun, analisis penyakit jantung dan stroke yang dikumpulkan dari 192 negara oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa faktor dari kedua penyakit tersebut berhubungan erat dengan pendapatan nasional. Laporan analisis ini diterbitkan minggu ini dalam jurnal Circulation, di San Francisco. Menurut para peneliti di University of California, San Francisco (UCSF), menemukan bahwa negara-negara berkembang cenderung lebih banyak memiliki kasus kematian dan cacat oleh stroke dibandingkan dengan penyakit jantung. "Secara umum, penyakit jantung masih nomor satu di seluruh dunia penyebab kematian, namun ada cukup banyak variasi alasan tentang hal ini di setiap dunia," kata Anthony S. Kim, MD, MAS, asisten profesor neurologi di UCSF yang melakukan penelitian dengan S. Claiborne Johnston, MD, PhD, profesor neurologi dan wakil kanselir asosiasi penelitian di UCSF. [...]

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak banyak menjadi pilihan wanita yang bosan atau tak suka dengan penggunaan kacamata. Sayangnya, penelitian terbaru menemukan banyak pengguna lensa kontak yang malas mengikuti aturan dan cara pemakaian yang tepat. Seperti yang dikutip dari Webmd, sebanyak 80 persen orang tahu betul mengenai aturan dan cara pemakaian lensa kontak dengan benar. Tetapi hanya dua persen yang benar-benar melakukan aturan tersebut. Dan kurang dari satu persen yang mau mencuci tangan mereka sebelum memakai lensa kontak, menggunakan cairan pembersih khusus dan tidak mengenakan lensa kontak terlalu sering. Survei yang diterbitkan dalam jurnal 'Optometry and Vision Science' itu, dilakukan pada pasien yang menjalani pemeriksaan mata dalam praktek swasta atau universitas. Sebagian besar, yaitu 85 persen dari peserta survei telah merasa menepati petunjuk pemakaian lensa kontak, tetapi hanya 0,4 persen yang mengikuti semua petunjuk. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai lensa kontak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menghindari komplikasi. Namun, sedikit yang benar-benar mengikuti semua rekomendasi. Komplikasi yang paling sering dilaporkan oleh pemakai lensa kontak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *