4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Muda Merokok, Tua Rematik

Muda Merokok, Tua Rematik

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Perempuan Perokok Rentan Terkena Artritis Reumatoid. Bertambah lagi satu alasan bagi perempuan untuk tidak menghisap rokok. Merokok, bahkan hanya beberapa batang per hari, meningkatkan risiko seorang perempuan menderita artritis reumatoid sebanyak dua kali lipat. Kesimpulan ini didapatkan dari sebuah penelitian berskala besar yang melibatkan sekitar 30,000 perempuan selama kurun waktu 7 tahun dan dimuat dalam jurnal Arthritis Research & Therapy. Merokok memang sudah diktahui sebagai salah satu faktor risiko arthritis rheumatoid. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa risikonya dapat meningkat dua kali lipat bahkan bila seorang perempuan hanya menghisap 1 ? 7 batang rokok per hari. Risiko ini juga tetap ada walaupun ia sudah 15 tahun berhenti merokok. Selain itu ditemukan juga hubungannya dengan lama merokok. Perempuan yang sudah merokok selama 1?25 tahun 1,6 kali lebih mungkin terkena artritis reumatoid.Penelitian yang dilakukan oleh Karolinska Institute di Stockholm Swedia ini menganalisis 34.101 perempuan berusia 54 ? 89 tahun yang juga menjadi bagian dari penelitian Swedish Mammography Cohort. Selama diteliti, sejak 1 Januari 2003 hingga 31 Des [...]

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Apakah Diabetes Bisa Disembuhkan?

Diabetes atau dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan kelainan pada sistem metabolisme tubuh yang menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Menurut American Diabetes Association (ADA) tahun 2010, diabetes melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik peningkatan kadar gula dalam darah yang terjadi karena kelainan kerja insulin, produksi insulin, atau keduanya. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menurunkan jumlah glukosa dalam darah. Jika Anda memiliki diabetes, tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau Anda tidak merespon dengan baik untuk itu. Dari segi penyebabnya, diabetes melitus dapat dibagi ke dalam empat kelompok yaitu: 1. DM Tipe 1 Diabetes melitus yang disebabkan kerusakan pankreas sehingga tidak dapat memproduksi insulin 2. DM Tipe 2 Diabetes melitus yang disebabkan adanya resistensi insulin. Jumlah insulin yang dihasilkan cukup namun tidak dapat bekerja maksimal untuk menurunkan gula darah. Resistensi insulin sendiri biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. 3. DM Tipe Lain Diabetes melitus yang disebabkan oleh faktor lain misal obat, infeksi, sindrom gene [...]

6 Bagian Tubuh yang Wajib Dilindungi Agar Terhindar Kanker Kulit

6 Bagian Tubuh yang Wajib Dilindungi Agar Terhindar Kanker Kulit

Matahari adalah musuh bagi kulit. Bukan hanya menjadikannya terbakar dan berwarna gelap, sinar UV berlebihan dapat memicu kerutan bahkan ?kanker. Solusi paling ampuh untuk menghindari itu semua tentu saja dengan rajin mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen sebelum ke luar ruangan. Ketika mengenakan sunscreen, jangan hanya fokus pada area tangan, wajah, dan bagian depan kaki. Pakaikan juga sunblock di enam bagian tubuh berikut ini:1. ? Kulit KepalaBenar, kulit kepala ternyata perlu dilindungi dari sinar jahat sinar matahari. Dikutip dari situs StyleCaster, meski rambut sudah melindungi kulit kepala, belahan rambut tentu masih terekspos sinar UV. Untuk itu?, aplikasikan sedikit sunscreen di bagian itu. Bila kulit kepala Anda terkena kanker, penyakit itu bisa menyebar ke otak.2. BibirPernahkah Anda merasa bibir jadi kering setelah lama terpapar sinar matahari? Hal itu karena bibir tidak dilindungi oleh tabir surya. Demi menghindarinya, coba gunakan lip balm dengan minimal SPF 30 ?ketika tengah berada di cuaca panas yang ekstrem. 3. TelingaTelinga juga merupakan bagian tubuh yang perlu dipakaikan tabir surya. Pastikan bila Anda tak hanya mengaplikasikannya pada bagian dalam namu [...]

Sehat Sampai Tua dengan Mengonsumsi Camilan

Sehat Sampai Tua dengan Mengonsumsi Camilan

Hampir semua orang mendambakan kondisi tubuh sehat hingga tua, namun merasa sulit untuk mendapatkannya. Tahukah Anda bahwa sehat sampai tua bisa didapatkan dengan mengonsumsi camilan seperti popcorn dan keju?Menurut penelitian yang dikutip dari Times of India, orang yang melakukan diet seimbang, tidak merokok dan rajin berolahraga secara teratur, tentunya akan memiliki hidup sehat. Selain itu, mengonsumsi makanan atau camilan sehat juga merupakan faktor utama untuk dapatkan tulang, otot, serta jantung yang sehat.Tulang: Untuk dapatkan tulang yang kuat dan sehat, sebaiknya jangan lupa untuk mengonsumsi keju. Keju tidak hanya untuk anak-anak saja, karena keju bisa bantu tambahkan jumlah kalsium pada tulang Anda.Otot: Dapatkan otot kuat dengan banyak mengonsumsi camilan yang terbuat dari kedelai. Misalnya saja, susu, rempeyek, kacang atau snack bar kedelai.Jantung: Popcorn tanpa rasa tambahan seperti keju, karamel bisa bantu tingkatkan kesehatan jantung dan hindari risiko kanker. Popcorn mengandung polyphenol, antioksidan yang yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran dan sangat berperan dalam menjaga kesehatan.(eya/eya) [...]

Ini Kerugian Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Ini Kerugian Memiliki Kuku Panjang Bagi Kesehatan

Sebagian wanita senang memanjangkan kuku agar terlihat lebih feminin dan mudah untuk dibentuk maupun dihias. Tapi jika tidak benar memeliharanya, kuku panjang bisa menjadi sumber penyakit dan penyebab terjadinya gangguan kesehatan.Menurut studi terbaru yang dilakukan Infectious Disease Society of America, kuku yang panjangnya melebihi tiga milimeter dari ujung jari bisa menyimpan bakteri dan jamur berbahaya. Kebanyakan orang hanya fokus pada kulit tangan serta sela-sela jari saat mencuci tangan, tapi kerap mengabaikan kuman-kuman di bawah kuku mereka.Seperti dikutip dari Health Me Up, banyak orang tidak membersihkan tangan dan kukunya dengan benar. Sedikitnya diperlukan waktu 15 detik untuk mencuci tangan dan membersihkan bagian bawah kuku agar benar-benar terhindar dari kuman berbahaya.Mencuci tangan dengan benar sangatlah penting, karena tangan merupakan organ tubuh manusia yang paling banyak terkena kontak langsung dengan puluhan bahkan ratusan benda setiap harinya. Baik di rumah saat memasak, membersihkan lantai, mencuci piring, memegang remote control atau bersalaman dengan orang lain, memencet tombol eskalator, menyentuh kursi bus hingga memegang uang kertas.Selain pada ta [...]

3 Bahaya Mengintai di Balik Air Mineral Kemasan

3 Bahaya Mengintai di Balik Air Mineral Kemasan

Semua orang tahu bahwa kebiasaan meminum air mineral sebanyak 8 gelas per hari, baik untuk tubuh. Namun jika meminum air dari kemasan botol, justru bisa membahayakan, Seperti yang dikutip dari fitbie. Mengapa?1. Buat Bibir Cepat KeriputDikutip dari Lookbeauty, saat meneguk air dari botol, bibir secara spontan akan mengerut untuk menyesuaikan dengan lebar lubang botol. Gerakan mengerut inilah yang bisa menyebabkan timbulnya garis-garis dan kerutan pada bibir. Jika terus menerus dibiasakan minum air dari botol, lipatan-lipatan akan terbentuk pada bibir secara permanen yang tampak seperti kerutan. Ahli Dermatologi Dr. Marilyn Berzin, menjelaskan, efek bibir berkerut karena minum dari botol bisa sama buruknya dengan merokok. Marilyn juga mengatakan, kerutan di bibir akan permanen jika kebiasaan itu sering dilakukan selama lebih kurang dua tahun.2. Bisa Memicu ObesitasZat kimia yang digunakan dalam membuat kemasan plastik, seringkali dikaitkan dengan risiko kanker dan bahkan diberi label zat beracun. Zat itu adalah bisphenol A (BPA), bahan kimia yang umum digunakan untuk membuat botol plastik. BPA merupakan endocrine disruptor yang dapat mempengaruhi aktivitas hormon normal di dalam [...]

Mengenal Orang-orang Kepribadian Ganda Lebih Dekat

Mengenal Orang-orang Kepribadian Ganda Lebih Dekat

Gangguan kepribadian ganda adalah kondisi di mana terdapat dua atau lebih kepribadian yang berbeda di dalam satu tubuh. Dua sosok ini masing-masing berdiri sendiri. Kekerasan fisik, emosional, atau seksual yang terjadi secara berulang-ulang pada masa usia dini berisiko menyebabkan kondisi ini. Kepribadian ganda dikenal dengan sebutan Gangguan Identitas Disosiatif (Dissociative Identity Disorder). Sebenarnya, sebagian orang pernah mengalami disosiatif ringan, misalnya melamun atau hilang arah ketika sedang mengerjakan sesuatu. Namun, kepribadian ganda adalah bentuk dari disosiatif yang sudah berat. Tanda-Tanda Gangguan Kepribadian Ganda Masing-masing dari dua atau lebih kepribadian pada gangguan kepribadian ganda memiliki identitas berbeda satu sama lain. Setiap kepribadian berbeda dalam hal pola pikir, cara berbicara, perilaku, jenis kelamin, usia, dan ras. Masing-masing kepribadian dapat memegang kendali penuh atas tubuh si penderita secara bergantian. Perempuan dianggap lebih berisiko mengalami gangguan kepribadian ganda. Terbukti dari hasil penelitian yang menyatakan bahwa jumlah pasien penyakit ini, antara laki-laki dan perempuan adalah 1:9. Penelitian mengenai hal ini masih [...]

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella Complex, Kondisi Wanita Tergantung Pada Pria

Cinderella complex pertama kali digambarkan oleh Colette Dowling, yang menulis buku tentang ketergantungan wanita pada sosok orang lain. Kelainan ini semakin terlihat seiring pertambahan usia seorang wanita. Sesuai dengan namanya, Cinderella complex mengambil namanya dari sebuah cerita dongeng tentang seorang wanita cantik dan pekerja keras yang terperangkap dalam sebuah situasi sosial yang tidak dapat diubahnya. Namun situasi berubah dengan bantuan kekuatan luar, dalam hal ini adalah sesosok pria, dan dalam kisah cinderella diwakili oleh seorang pangeran. Apa itu Cinderella Complex? Cinderella complex adalah sebuah keadaan psikis dimana wanita memiliki perasaan takut terselubung untuk menjadi mandiri. Dalam pikiran wanita terdapat keinginan untuk selalu diselamatkan, dilindungi dan disayangi oleh pasangan. Layaknya dongeng Cinderella, wanita dengan cinderella complex merasa takut untuk menjadi mandiri dan berharap ada sosok lelaki yang dapat melindunginya dan menjadi sosok ?pangeran? dalam hidupnya. Cinderella complex menjadi hambatan bagi individu tersebut untuk berkembang karena keinginannya untuk bersandar pada sosok suami atau pasangan. Seorang wanita merasa nyaman dengan ke [...]

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Mencermati Anatomi Telinga dan Proses Pendengaran

Suara percakapan orang-orang di sekeliling Anda, bunyi musik, serta bisingnya suara kendaraan bermotor sudah menjadi hal yang biasa didengar. Namun ternyata proses pengolahan suara oleh organ telinga tidaklah sesederhana yang kita kira. Selain berperan mengumpulkan dan memproses suara sehingga menjadi sinyal yang sampai ke otak, telinga juga memiliki fungsi menjaga tubuh Anda tetap seimbang. Organ pendengaran ini memastikan Anda tidak akan terjatuh saat membungkuk mengambil barang dari lantai atau berdiri dari posisi jongkok. Mengenali anatomi telinga dapat membuat kita lebih dapat menghargai dan menjaga kesehatan organ pendengaran ini. Tiga Bagian Telinga Telinga terdiri dari tiga bagian besar. Masing-masing terdiri dari struktur yang memegang peranan berbeda dalam proses mengubah gelombang suara untuk mencapai otak. Telinga bagian luar Telinga bagian luar terdiri dari bagian telinga yang nampak secara fisik, yaitu pinna dan lubang telinga. Pinna adalah daun telinga yang dapat terlihat dari luar. Bentuknya menyerupai mangkok yang mengumpulkan gelombang suara dari sekitar dan meneruskannya ke dalam lubang telinga. Telinga bagian luar ini juga terdiri dari saluran telinga tempatny [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *