4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
1 dari 4 Pria Mengaku Alami Gejala ‘Datang Bulan’, Ini Tanda-tandanya

1 dari 4 Pria Mengaku Alami Gejala ‘Datang Bulan’, Ini Tanda-tandanya

Menstruasi adalah siklus alami pada tubuh yang diketahui hanya terjadi pada wanita. Saat sedang haid, wanita menghadapi sejumlah gejala seperti perut kram, pegal-pegal, mudah tersinggung serta marah, hingga mengidam. Siapa sangka jika hal serupa juga dirasakan oleh pria setiap bulannya. Menurut riset, gejala itu dialami satu dari empat pria.Hal tersebut terungkap dari sebuah poling yang dilakukan oleh situs Voucher Cloud. Survei itu dilakukan kepada 2.412 orang yang sebagian adalah pria. Berdasarkan riset yang dilakukan di Inggris tersebut, dua per tiga wanita mendapati pasangannya mengidap gejala menstruasi. Mereka pun percaya bahwa pria benar-benar bisa mengalami 'datang bulan'. Bahkan satu dari lima wanita menganggap jika PMS pacar atau suaminya lebih parah dari mereka.Penelitian itu membeberkan bahwa 26% pria memiliki tanda-tanda yang bisa diasosiasikan dengan menstruasi. Beberapa gejala utamanya adalah mudah tersinggung atau kesal. Diikuti oleh rasa pegal atau kelelahan lebih dari biasanya. Para wanita pun mengungkapkan jika kekasih atau suaminya kerap mengidam, terus menerus merasa lapar, hingga alami pembengkakan tubuh. Sementara 12% pria mengaku lebih sensitif terhadap b [...]

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat!

Perdebatan mengenai sirkumsisi (sunat) terus berlangsung terutama di negara-negara barat. Prosedur sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang pada umumnya dilakukan karena alasan agama, namun pada tahun 2007 WHO (World Health Organization) menyatakan bahwa 1/3 pria di Amerika melakukan sirkumsisi bukan karena alasan agama. ? Mengapa terjadi fenomena ini? Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Jonathan Wright dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Amerika menyebutkan bahwa sirkumsisi melindungi pria dari penyakit kanker prostat. Studi ini menunjukkan bahwa pria yang disirkumsisi sebelum pertama kali melakukan hubungan seksual memiliki resiko terkena kanker prostat lebih kecil sebanyak 15% dibandingkan yang tidak disirkumsisi. ? Apa buktinya? Dokter Wright meneliti 3.399 pria yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menderita penyakit dan kelompok kedua tidak menderita penyakit kanker prostat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar subjek dalam kelompok dari kelompok pertama sudah disirkumsisi sebelum melakukan hubungan seksual pertama kalinya. Mau Bebas Kanker Prostat? Sunat! ? Bagaimana prosesnya? Ternyata ada beberapa kuman yang dapat [...]

Penyakit yang Bisa ‘Dideteksi’ Lewat Bentuk Tubuh

Penyakit yang Bisa ‘Dideteksi’ Lewat Bentuk Tubuh

Seberapa sehatkah tubuh Anda? Kondisi kesehatan fisik bisa diketahui melalui panjang jari telunjuk, panjang kaki bahkan bentuk betis. Mulai dari sekarang, coba perhatikan bentuk tubuh Anda agar gangguan kesehatan bisa diketahui lebih dini dan bisa cepat diatasi. Berikut ini 6 bentuk bagian tubuh yang bisa menjelaskan kondisi kesehatan Anda, seperti dikutip dari Times of India.1.Panjang Jari TelunjukJika wanita memliki jari telunjuk lebih pendek daripada jari manis, kemungkinan dua kali lebih besar untuk menderita osteoartritis. Hal ini berdasarkan pada studi yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis dan Rematik pada tahun 2008. Osteoartritis pada lutut biasanya banyak dialami pada pria dan wanita dengan jari manis lebih panjang, tapi efeknya sangat rentan pada wanita. Namun, jika jari telunjuk lebih panjang dari jari manis, wanita berisiko terkena kanker payudara.Bagi wanita yang mempunyai jari telunjuk lebih pendek, sebaiknya banyak berolahraga, terutama melatih lutut. Lakukan senam lutut atau membuat gerakan yang memfokuskan pada bagian kaki. Sebaliknya, wanita dengan jari telunjuk panjang, dapat mengurangi kebiasaan pola hidup buruk (merokok, mengurangi makanan cepat saji, dan [...]

Ini Bahayanya Jika Makan Makanan yang Mengandung Formalin

Ini Bahayanya Jika Makan Makanan yang Mengandung Formalin

Kita tentu sering mendengar berita mengenai makanan-makanan yang diawetkan dengan formalin. Sebenarnya, apa yang ditakutkan dan dikhawatirkan dari formalin yang ada di dalam makanan? Mengapa makanan-makanan yang mengandung formalin dilarang beredar dan tidak boleh dikonsumsi? Mengenal Formalin Formalin sebenarnya merupakan larutan yang mengandung 37% formal dehida. Larutan kimia ini sering digunakan dalam produksi plastik resin, pupuk, desinfektan, fungisida, tekstil, kosmetik, dan pengawet. Formal dehida sebenarnya terdapat secara alami di lingkungan selain dari bentuk buatan manusia. Secara alami, selain terdapat di udara dalam bentuk gas sebagai hasil pembakarankayu atau sampah, dan asap dari industri, formal dehida yang terlarut dalam cairan juga dapat ditemukan di dalam makanan. Beberapa makanan seperti buah, sayur, daging, ikan, udang, dan jamur yang dikeringkan memang secara normal mengandung formal dehida. Berikut diantaranya: Beberapa makanan seperti buah, sayur, daging, ikan, udang, dan jamur yang dikeringkan memang secara normal mengandung formal dehida. Berikut diantaranya: Buah dan sayur mengandung 3-60 mg/kg Susu dan produk susu mengandung seki [...]

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Khasiat Tomat untuk Kesehatan: Jantung Sehat Sampai Tulang Kuat

Selama ini, mungkin orang hanya tahu tomat baik untuk kesehatan mata. Ternyata masih banyak manfaat kesehatan yang didapat dengan rajin mengonsumsi tomat. Ini dia tujuh khasiat dari buah oranye kemerahan ini, seperti dikutip dari Times of India.1. AntioksidanTomat kaya akan vitamin A dan C, serta kandungan beta carotene dan lycopene yang tinggi. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan aktif yang bekerja menetralisir radikal bebas yang berbahaya di dalam aliran darah. Radikal bebas dalam darah ini dapat dibuang dengan lycopene. Radikal bebas sangat berbahaya karena dapat merusak sel. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sandwich dengan potongan tomat segar atau tomat ceri sebagai camilan dalam bekal makan Anda sehari-hari.2. Menyehatkan MataKarena kandungannya akan vitamin A yang begitu tinggi, tomat adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. Tomat akan menjaga mata dari risiko penyakit rabun senja.3. Mencegah KankerBanyak penelitian menunjukkan bahwa kandungan lycopene yang dimiliki tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat pada pria, kanker perut dan kanker usus besar) Lycopene dianggap sebagai antioksidan alami yang dapat memban [...]

Jadwal Kerja Tak Tetap Bisa Kurangi Daya Kerja Otak

Jadwal Kerja Tak Tetap Bisa Kurangi Daya Kerja Otak

Idealnya, waktu bekerja di kantor dimulai dari pukul 08:00 hingga 17:00. Tetapi lain halnya jika Anda bekerja di tempat-tempat yang membutuhkan pelayanan 24 jam, misalnya rumah sakit, dinas pemadam kebakaran atau call center. Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan karyawannya untuk bekerja dengan jadwal bergilir di pagi hari atau malam hari.Menurut para ilmuwan, memiliki pekerjaan dengan jadwal yang digilir ternyata dapat menumpulkan sistem kerja otak dan mengurangi kemampuan intelektual seperti pemahaman, analisa dan pemecahan masalah. Hal ini dikemukakan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine. Jurnal tersebut memaparkan, sistem jam kerja shift akan mengurangi jam tidur sehingga membuat otak berusia enam tahun lebih tua.Penelitian ini juga dikaitkan dengan penyakit demensia, yaitu penurunan fungsional otak yang disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak karena waktu tidur yang terganggu. Akibatnya, orang jadi mudah lupa atau mengalami kepikunan.Dalam jurnal tersebut, dijelaskan bahwa jam internal alami yang dimiliki tubuh telah dirancang secara otomatis untuk beraktivitas di pagi hari dan beristirahat di malam hari. Apabila [...]

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik Botox Bisa Sembuhkan Disfungsi Kandung Kemih

Suntik botox biasanya dilakukan untuk mencegah timbulnya kerutan dan kulit kusam karena penuaan. Tapi kini, obat antikerut itu juga dapat digunakan untuk mengobati wanita yang menderita disfungsi kandung kemih, yang menyebabkan inkontinensia atau sering buang air kecil.Bagi para wanita yang memiliki kandung kemih yang terlalu aktif, harus menggunakan obat jika metode lain terbukti tidak efektif. Aturan ini telah dikeluarkan oleh Regulator obat National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE).Dikutip dari Daily Mail, satu dari lima orang di Inggris dan Wales menderita sindrom kandung kemih tersebut. Gejalanya yaitu, mereka selalu merasa terdesak untuk menggunakan toilet. "Botox memberikan perbaikan dramatis bagi banyak orang dan memungkinkan mereka untuk melanjutkan gaya hidup normal," ungkap Andrew Hextall, konsultan urogynaecologist dari Spire Bushey Hospital dan St Albans City Hospital di Hertfordshire.Botox merupakan obat yang mengandung sejumlah toksin botulinum yang dimurnikan. "Botox dapat melumpuhkan otot-otot kandung kemih sehingga mencegah mereka menegang," jelas Hextall."Tapi efeknya hanya berlangsung selama enam sampai delapan bulan, sehingga suntikan perl [...]

Olahraga Mata untuk yang Sering Terlalu Lama di Depan Komputer

Olahraga Mata untuk yang Sering Terlalu Lama di Depan Komputer

Menatap layar komputer terlalu lama tanpa istirahat atau membaca dengan penerangan yang redup bisa membuat syaraf mata menegang dan lelah. Sebab pupil akan membesar agar cahaya lebih banyak masuk ke mata Anda.Jika mata terlalu sering tegang, bisa menyebabkan sakit kepala tak tertahankan, kelelahan, pandangan kabur dan kehilangan kemampuan untuk fokus pada suatu objek. Salah satu penyebab paling umum terjadinya ketegangan mata adalah menatap layar perangkat digital seperti komputer, smartphone, tablet atau video. Ketegangan mata akibat perangkat elektronik digital dikenal dengan computer vision syndrome dan itu terjadi pada 50-90 persen karyawan yang sehari-harinya bekerja di depan komputer.Paparan cahaya komputer yang terlalu sering dan ekstrem memberi dampak buruk pada mata. Selain itu aktivitas yang membuat mata jarang berkedip, seperti membaca novel atau menonton TV juga bisa mengakibatkan kelelahan dan kekeringan pada mata. Untuk mengatasinya, atau paling tidak meminimalisir ketegangan mata maka perlu dilakukan olahraga mata.Menurut dokter bedah mata Dr Keiki Mehta, olahraga mata bisa membantu kemampuan mekanik dan optik mata. "Latihan meningkatkan kestabilan mekanik dari ma [...]

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis Remaja Merokok Beresiko Memiliki Penyakit Tulang

Gadis remaja yang merokok memiliki kemungkinan risiko yang lebih besar terkena osteoporosis, menurut sebuah studi baru yang menemukan gadis yang merokok memiliki jumlah pertumbuhan tulang yang lebih sedikit selama periode pertumbuhan yang penting dalam kehidupan mereka. Pada osteoporosis, tulang kehilangan kepadatan mineral dan menjadi rapuh. Orang dengan kondisi - yang jauh lebih sering terjadi pada wanita daripada pria - rentan terhadap patah tulang. Para peneliti meneliti bagaimana merokok, depresi, kecemasan dan alkohol mempengaruhi pertumbuhan tulang pada 262 perempuan mulai usia 11-19 tahun. Selama tiga tahun, gadis-gadis tersebut menjalani uji klinis dan total kandungan mineral tulang dan kepadatan mineral tulang tubuh mereka diukur. Gadis-gadis tersebut juga ditanya apakah mereka punya gejala depresi atau kecemasan, dan juga menyampaikan seberapa sering mereka merokok atau meminum alkohol. Meskipun semua gadis memiliki tentang massa tulang yang sama pada usia 13, terlepas dari berapa banyak mereka merokok, mereka yang lebih sering merokok ditemukan memiliki tingkat pertumbuhan tulang belakang lumbar dan kepadatan mineral tulang pinggul yang lebih rendah ketika mereka mengin [...]

Haus Habis Olahraga? Minum Air Kelapa!

Haus Habis Olahraga? Minum Air Kelapa!

Suatu studi yang diterbitkan oleh Medicine & Science in Sports & Exercise menyebutkan bahwa air kelapa dapat mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga lebih baik daripada air biasa. Jika dibandingkan dengan minuman berolahraga, karena kaya kandungan elektrolitnya air kelapa memiliki kemampuan yang sama untuk mengganti cairan tubuh setelah berolahraga. Namun dengan catatan, air kelapa memiliki nilai kelebihan pada jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kalori yang dimiliki minuman berenergi. Bahkan, studi lain menyebutkan bahwa air kelapa dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk rehidrasi cairan dan gangguan pencernaan yang timbul seperti mual, kembung ataupun gangguan lambung lebih minimal dibandingkan minuman berenergi ataupun air mineral. Keutamaan nutrisi air kelapa adalah karbohidrat dan sodium yang rendah dan tinggi akan potassium. Nah, jika Anda telah berolahraga berat lebih dari 3 jam, berada dalam lingkungan yang lembab dan kehilangan cairan tubuh yang banyak, Anda membutuhkan karbohidrat yang mudah dicerna untuk asupan energi dan untuk menggantikan elektrolit yang hilang seperti sodium dan potassium. Air kelapa dapat menjadi pilihan yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *