4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Posisi Tidur Apakah yang Tepat untuk Anda?

Posisi Tidur Apakah yang Tepat untuk Anda?

Posisi tidur yang salah seringkali mengakibatkan rasa nyeri pada punggung, leher, bahkan kerutan dini. Seperti yang dikutip dari Health, ada beberapa posisi tidur yang dianjurkan dan adapula yang dihindari.1. TerlentangTidur dengan posisi terlentang memudahkan kepala, leher dan tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral. Posisi ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, meminimalkan keriput dan menjaga bentuk payudara tetap baik. Sayangnya posisi terlentang tidak cocok untuk mereka yang mempunyai kebiasaan mendengkur. Rahang dan tenggorokan juga di bawah pengaruh gravitasi yang menyebabkan tenggorokan menyempit sehingga menghasilkan turbulensi udara yang menyebabkan getaran dan dengkuran.2. MenyampingTidur dengan posisis menyamping sebenarnya baik untuk kesehatan secara menyeluruh karena mengurangi dengkur dan merenggangkan tulang belang belakang. Tapi kekurangan posisi ini adalah," bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur," ujar Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi di Saint Louis University. Jika Anda sedang hamil, tidur menyamping ke sebelah kiri bisa menjadi pilihan karena dapat melancarkan aliran darah.3. Meringkuk & MenyampingMenurut Glaser, posisi [...]

Telepon Genggam Bukan Penyebab Kanker Otak

Telepon Genggam Bukan Penyebab Kanker Otak

Akhirnya kita dapat bernafas lega akan penelitian yang membuktikan tidak adanya hubungan antara kanker otak dengan penggunaan telepon genggam seperti yang sering diberitakan sebelumnya. Kehidupan kita yang penuh dengan mobilitas dan pergerakan cepat, sudah pasti membutuhkan teknologi komunikasi yang selalu dapat diandalkan dalam berkomunikasi dimanapun. Namun perkembangan teknologi komunikasi yang dapat kita bawa kemanapun kita pergi ini sudah menjadi perdebatan selama puluhan tahun akan dampak sinyal, magnetik, dan lain sebagainya terhadap kesehatan kita. Penelitian terakhir yang dipimpin oleh The Institue of Cancer Epidemology di Denmark menunjukkan tidak adanya kaitan antara kanker otak pada para pengguna telepon genggam berdasarkan hasil observasi selama 18 tahun terhadap 350.000 orang. Para peneliti menemukan bahwa resiko mereka yang menggunakan telepon genggam akan terkena kanker otak sama dengan resiko yang tidak pernah menggunakan telepon genggam seumur hidup mereka. Bahkan pengguna telepon genggam terlama, yaitu lebih dari 13 tahun, tidak menunjukkan adanya kenaikan resiko terhadap kanker otak. Hal ini memberikan kesimpulan secara langsung tidak adanya hubungan antara kank [...]

Tumbuh Kembang yang Sehat dan Optimal untuk Si Kecil

Tumbuh Kembang yang Sehat dan Optimal untuk Si Kecil

Tumbuh dan kembang memiliki arti yang berbeda. Sering kali kita masih bingung dengan kedua kata ini. Tumbuh dapat diartikan dengan penambahan berat badan dan tinggi badan yang terukur secara angka. Sedangkan kembang dapat diartikan penambahan kemampuan kognitif dan aktivitas fisik sejalan dengan pertambahan usia anak seperti bicara, motorik kasar, dan motorik halus. Pertumbuhan anak yang optimal sangat dipengaruhi oleh asupan gizinya. Sebagai contoh, asupan zat besi yang memadai akan sangat mempengaruhi perkembangan otak pada tahap awal kehidupan sampai dengan usia remaja. Beberapa poin berikut merupakan rekomendasi pemberian nutrisi pada anak: Air Susu Ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Bayi sebaiknya tidak diberikan makanan padat selain ASI sampai usia 6 bulan. Pemberian makanan padat dimulai secara bertahap dan tidak memberikan lebih dari satu jenis makanan tiap minggunya. Menurut WHO suplementasi zat besi secara rutin diberikan sejak usia 6 bulan. Menurut American Pediatric Assosiation (AAP), penggunaan dot dan empeng tidak direkomendasikan sebab dapat menimbulkan kerusakan gigi. Menurut AAP, pemberian gula dan garam [...]

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Agar Sehat Total, Jangan Konsumsi Susu Almond yang Ditambah Gula

Selain susu hewani yang sering dikonsumsi banyak orang, susu yang terbuat dari kacang-kacangan seperti susu almond juga menjadi salah satu minuman yang kini tengah diminati. Alasannya, susu 'alternatif' ini dipercaya mengandung lemak dan kalori yang rendah serta bebas kolestrol sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Susu kacang yang seringkali disebut dengan sari nabati ini banyak dikonsumsi mereka yang memiliki intoleransi laktosa, penganut gaya hidup sehat, dan orang-orang yang sedang menjalani diet. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes selaku ahli gizi memaparkan, kacang-kacangan tersebut diolah sedemikian rupa untuk memberikan manfaat yang besar kepada tubuh. Namun yang sering terjadi adalah banyak orang yang menambahkan gula dengan takaran berlebih saat memproduksi susu kacang seperti susu almond tersebut. Menurutnya, hal tersebut sebaiknya dihindari."Khusus untuk orang dewasa, harus diperhatikan tujuan mengonsumsi sari kacang-kacangan ini seperti apa. Jika dikonsumsi agar bermanfaat untuk kesehatan, jangan rusak manfaat itu dengan menambahkan gula terlalu berlebihan. Kalau ingin sehat ya sehat total," ujar ibu empat anak itu saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Baca Juga: [...]

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Kenali Penyebab lalu Cegah Penyakit Cacingan

Penyakit cacingan tidak hanya berisiko dialami anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Kurangnya menjaga kebersihan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mendorong penyebaran infeksi akibat cacing. Gejala-gejala penyakit cacingan kadang tampak samar. Namun jika tidak ditangani dengan benar, penyakit cacingan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ada tiga jenis cacing yang paling umum menyebabkan penyakit cacingan, yaitu : Cacing Pita Cacing pita atau Cestodes, dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti pita yaitu pipih dengan ruas-ruas pada seluruh tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa dapat mencapai 4,5 hingga 9 meter. Cacing pita memasuki tubuh manusia ketika tangan yang bersentuhan dengan tinja yang mengandung telur cacing berdekatan dengan mulut ataupun makan makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi. Selain itu, daging babi, sapi ataupun ikan yang mentah juga diketahui dapat menyebabkan masuknya cacing pita pada tubuh manusia. Cacing tersebut kemudian dapat hidup dalam usus. Gejala infeksi cacing pita antara lain sakit perut dan terkadang diikuti dengan muntah dan diare. Namun, bisa saja infeksi cacing pita tidak menimbulkan gejala atau disalahartikan sebag [...]

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Nasi Putih Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes

Pada tahun 2000 jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia mencapai 8,4 juta orang. Jumlah itu terus meningkat, dan pada 2030 diperkirakan mencapai 21,3 juta orang. Ironisnya dari jumlah itu, baru 50% yang sadar mengidapnya dan di antara mereka hanya 30% yang datang berobat teratur. Diabetes melitus menyebabkan kematian yang lebih banyak daripada korban HIV/AIDS. Sedangkan dikutip dari data yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah pengidap diabetes melitus di Indonesia merupakan yang terbanyak ke-empat di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Nasi putih adalah makanan yang mempunyai kadar gula yang tinggi. Sayangnya jika nasi putih dikonsumsi terlalu banyak dan tidak disertai dengan olahraga yang cukup, maka level glukosa dalam darah akan meningkat sehingga dapat memicu risiko seseorang terkena diabetes. Maka dari itu, jika rencana pemerintah membuat program 'Sehari Tanpa Nasi' atau 'One Day No Rice' menuai pro kontra, praktisi kesehatan justru melihat banyak manfaatnya untuk kesehatan rakyat. Memang sulit untuk mengganti pola pikir masyarakat tentang nasi. Bahkan, sampai ada pepatah bahwa ?belum makan namanya jika belum memakan nasi?. Nasi puti [...]

Kenapa Batuk Bisa Ngga Sembuh-sembuh?

Kenapa Batuk Bisa Ngga Sembuh-sembuh?

Batuk yang tidak sembuh-sembuh memang mengganggu. Sudah minum obat, dahak malah semakin banyak. Sudah pergi ke dokter berkali-kali, hasilnya tetap nihil. Ada beberapa hal yang menyebabkan batuk tidak kunjung pergi. Apa saja? Berikut di antaranya: 1. Saluran pernapasan mengalami iritasi Batuk yang kronis bisa disebabkan oleh infeksi virus dan dapat berlangsung selama beberapa minggu. Oleh karena itu, biasanya saluran pernapasan menjadi sangat sensitif sehingga menimbulkan iritasi. 2. Masalah kesehatan lainnya Penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan batuk di antaranya; alergi, asma, asam lambung dan sindrom sleep apnea (berhentinya napas saat tidur), dan lain-lain. 3. Stres Untuk mengatasi batuk berkepanjangan, Anda harus lebih memperhatikan jam tidur dan belajar cara mengelola stres. Berikan waktu kepada diri Anda untuk santai sejenak. Berikut beberapa pencetus masalah batuk tak kunjung sembuh lainnya: Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh-sembuh 4. Kurang minum air Mengonsumsi cairan apa pun seperti air putih, jus dan sup dapat membantu mengurangi dahak di saluran pernapasan. Hindari alkohol dan kopi karena akan menimbulkan dehidrasi. 5. Udara yang terlalu keri [...]

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Apa Manfaat Vaksinasi Hepatitis B?

Hampir 1 dari 10 orang Indonesia mengalami infeksi hepatitis B. Vaksinasi hepatitis B menjadi salah satu jenis yang wajib diberikan kepada bayi yang baru lahir. Orang dewasa pun dapat menghindari diri dari infeksi berbahaya dengan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksin hepatitis B dimaksudkan untuk menangkal infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Vaksinasi juga dimaksudkan untuk mencegah berbagai akibat yang dapat ditimbulkan infeksi hepatitis B, seperti kanker hati dan sirosis. Vaksinasi hepatitis B dapat diberikan bersama dengan vaksin lain, selain pemberian tunggal. Vaksinasi ini dapat melindungi dari infeksi hepatitis B dalam jangka panjang, bahkan seumur hidup. Rekomendasi Vaksinasi Vaksinasi hepatitis B diharapkan dapat melindungi bayi dan anak-anak sebagai golongan yang berisiko tinggi terkena infeksi kronis. Bagi anak-anak hingga remaja berusia kurang dari 19 tahun yang belum pernah mendapatkan vaksinasi hepatitis B, direkomendasikan untuk segera mendapatkannya, apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penyebaran hepatitis terbanyak. Orang dewasa juga bukan berarti tidak berisiko terkena infeksi hepatitis B. Terdapat beberapa kondisi tertentu [...]

Daun Sirih untuk Radang Gusi

Daun Sirih untuk Radang Gusi

Oleh: drg. Arni Maharani Pengobatan secara herbal merupakan salah satu metode pengobatan yang sangat dipercaya oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Oleh karena itu tentu saja daun sirih sangat dikenal dalam fungsinya sebagai tanaman obat. Daun sirih yang mempunyai nama ilmiah piper betle linn telah dipercaya secara turun temurun untuk digunakan sebagai tanaman obat pada beberapa penyakit. Aroma yang khas akan terasa apabila daun ini diremas atau dikunyah, ini dikarenakan adanya kandungan zat kimia tertentu. Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri. Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut. Sifat-sifat yang dimiliki minyak atsiri inilah yang mampu mengurangi peradangan gusi, dimana keradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada dalam karang gigi. Berdasarkan suatu penelitian daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi [...]

Ingin Ramping dan Seksi di Usia 40-an? Ini Tips Jitunya

Ingin Ramping dan Seksi di Usia 40-an? Ini Tips Jitunya

Di usia 40 atau 50 ke atas, metabolisme tubuh wanita umumnya akan melambat. Pembakaran lemak tak lagi semudah dulu, menguruskan tubuh yang menggemuk pun jadi lebih sulit. Perut, lengan, bokong dan paha biasanya menjadi bagian tubuh yang paling terlihat perubahannya jelas usia paruh baya.Belum lagi perubahan hormon, di mana hormon estrogen berkurang dan kortisol yang menyebabkan stres justru bertambah. Tapi kenapa ada beberapa wanita yang tetap memiliki tubuh ramping, seksi dan kencang seolah tak termakan usia? Supermodel seperti Naomi Campbell, Cindy Crawford dan Christie Brinkley misalnya, ketiganya masih tampil menarik dengan tubuh yang ideal. Ternyata ada beberapa kesamaan dalam menjalani gaya hidup yang bisa menghasilkan tampilan tubuh seperti sekarang. Ini rahasianya, yang dihimpun Wolipop dari berbagai sumber.1. Tingkatkan Metabolisme TubuhSeiring menuanya usia, tubuh mulai kehilangan massa otot sehingga tampak kendur. Pakar fitnes Denise Austin, seperti dilansir Livestrong menjelaskan bahwa otot mampu membakar 6 hingga 10 kalori per pon. Jadi ketika massa otot berkurang maka kemampuan tubuh untuk memangkas kalori berlebih juga menurun drastis. Oleh karena itu jagalah mass [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *