4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Inilah Akibatnya Jika Minum Obat Pelangsing Sembarangan

Setiap wanita ingin memiliki bentuk tubuh yang langsing dan singset. Namun, seringkali para wanita ingin melakukannya dengan cara yang cepat dan instan. Tidak salah untuk menginginkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, namun, praktik cara-cara instan kebanyakan hanya membawa efek buruk bagi tubuh, sebagai contoh adalah konsumsi obat pelangsing. Obat pelangsing yang beredar di pasaran seringkali menyatakan bahwa obat-obat tersebut mengandung bahan alami yang dapat menurunkan berat badan konsumennya dalam waktu singkat. Namun sayangnya produsen produk-produk ini seringkali tidak menyebutkan dengan jelas bahan, isi dan kandungan produknya sehingga efek yang ditimbulkan terhadap tubuh dan berat badan serta efek sampingnya sulit untuk diprediksi. Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah: Risiko Kesehatan Minum Obat Langsing Sembarangan Beberapa obat-obat pelangsing dalam bentuk suplemen maupun herbal yang beredar bebas di pasaran biasanya tidak efektif untuk menurunkan berat badan dan efeknya seringkali adalah: 1. Menyebabk [...]

Manfaat Kesehatan Puasa Berselang (Intermittent Fasting/Diet OCD)

Manfaat Kesehatan Puasa Berselang (Intermittent Fasting/Diet OCD)

Oleh: dr. Jessica Florencia Puasa berselang (Intermittent fasting / Diet OCD) merupakan suatu rencana diet untuk menurunkan berat badan yang dapat dilakukan dengan beberapa metode. Terdapat metode yang dapat dilakukan dengan makan seperti biasa selama 5 hari dan melakukan makan dengan pembatasan kalori selama 2 hari lainnya dalam seminggu. Kalori dibatasi hingga hanya 500 kalori saja untuk wanita dan 600 kalori untuk pria. Metode lain dilakukan dengan melakukan makan makanan cair selama 6 hari dan makan dengan pembatasan kalori hingga 120 kalori saja dalam 1 hari dalam seminggu. Pembuat metode ini juga menyatakan bahwa selain dapat menurunkan berat badan, metode ini dapat bermanfaat juga untuk meningkatkan usia hidup, meningkatkan fungsi otak dan melindungi terhadap penyakit Alzheimer serta melindungi terhadap penyakit kanker, diabetes melitus tipe 2 dan penyakit jantung. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat mendukung pernyataan ini sehingga manfaat-manfaat tersebut belum dapat ditegaskan secara pasti. Metode yang digunakan pun belum didukung penelitian yang baik untuk menentukan metode yang paling tepat dan paling baik. Selain itu belum ada penelitian yang m [...]

Makan Kacang Tiap Hari Bisa Cegah Sakit Jantung

Makan Kacang Tiap Hari Bisa Cegah Sakit Jantung

Setiap orang pasti ingin memiliki jantung yang sehat. Menurut penelitian, ada cara mudah agar terhindar dari penyakit jantung, yaitu dengan mengonsumsi kacang-kacangan setiap hari.Para ilmuwan telah menemukan untuk pertama kalinya, bahwa terdapat hubungan antara tingginya tingkat serotonin akibat kebiasaan makan kacang dengan sindrom metabolime (MetS). Gejala sindrom metabolime (MetS) antara lain memiliki kelebihan lemak perut, gula darah tinggi atau tekanan darah tinggi.Sedangkan, serotonin adalah zat yang bantu mengirimkan sinyal pada saraf yang dapat mengurangi perasaan lapar, membuat orang bahagia dan meningkatkan kesehatan jantung. Menurut laporan yang diterbitkan dalam Jurnal Riset Proteome, gejala MetS akan meningkatkan risiko penyakit Diabetes tipe 2 serta penyakit jantung.Menurut penelitian yang dilakukan tim yang dipimpin Cristina Andres-Lacueva serta rekan dari Universitas Rovira i Virgili menjelaskan peningkatan obesitas di seluruh dunia membuat semakin banyak orang yang menderita sindroma MetS.Dalam penelitiannya, para ilmuwan meminta 22 pasien MetS untuk melakukan diet kacang selama dua minggu. Kemudian, ilmuwan mmebandingkannya dengan kelompok lain yang tidak meng [...]

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: 5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya. Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi. Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui. Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya: [...]

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Suntik Botox

Oleh: dr. Nadia Octavia Flek-flek hitam, kerutan, cekungan pada wajah merupakan efek normal dari penuaan (dan tentu saja paparan sinar matahari). Ketika berurusan dengan kerutan, salah satu jawabannya yang tentu tidak asing lagi adalah botox. Sebelum Anda menggunakannya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta berikut: Botox dan keracunan makananTahukah Anda bahwa botulinum toxin A atau yang lebih dikenal dengan botox merupakan neurotoksin yang diproduksi oleh bakteri Clostridium Botulinum? Bakteri? Ya. Toksin yang dikeluarkan oleh bakteri tersebut dapat menyebabkan botulism, yaitu suatu kondisi paralisis atau kelumpuhan. Salah satu jenis botulism menyebar melalui makanan yang tidak diproses sempurna. Bakteri ini juga sering terdapat pada debu dan tanah. Bakteri ini memproduksi neurotoksin, yaitu substansi yang merusak jaringan saraf. Racun ini yang biasa digunakan pula oleh kalajengking dan tarantula untuk membunuh mangsanya. Pada manusia, botulism dapat menyebabkan kelemahan otot, gangguan penglihatan dan ptosis. Botox dan paralisisTerdapat 7 jenis toksin botulinum, yang diidentifikasikan dengan huruf A hingga G. Botulinum toxin atau botox yang biasa digunakan untuk [...]

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti, Penyelamat Nyawa Pengidap Sakit Jantung

Angioplasti koroner adalah prosedur untuk membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Setelah menjalani angioplasti, harapan hidup seseorang yang pernah atau berisiko mengalami serangan jantung dapat meningkat dan risiko untuk serangan jantung berikutnya dapat berkurang. Pada umumnya angioplasti berperan meningkatkan aliran darah pada jantung. Mekanisme ini dilakukan dengan memasukkan dan menggembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu memperluas salurannya. Prosedur ini sebenarnya termasuk umum dalam penanganan penyakit jantung, terutama pada pasien di atas 65 tahun. Prosedur ini kerap dikombinasikan dengan penempatan tabung kawat kecil yang disebut dengan stent. Sebagian stent dilapisi obat-obatan yang membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap terbuka. Penempatan stent bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit. Peran Angioplasti Secara umum angioplasti adalah solusi untuk gangguan kesehatan berikut: Untuk memperbaiki aliran darah ke jantung yang tersumbat pada pengidap aterosklerosis, antara lain gejalanya adalah nyeri dada dan sesak napas. Aterosklerosis, yaitu pengerasan [...]

6 Bagian Tubuh yang Wajib Dilindungi Agar Terhindar Kanker Kulit

6 Bagian Tubuh yang Wajib Dilindungi Agar Terhindar Kanker Kulit

Matahari adalah musuh bagi kulit. Bukan hanya menjadikannya terbakar dan berwarna gelap, sinar UV berlebihan dapat memicu kerutan bahkan ?kanker. Solusi paling ampuh untuk menghindari itu semua tentu saja dengan rajin mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen sebelum ke luar ruangan. Ketika mengenakan sunscreen, jangan hanya fokus pada area tangan, wajah, dan bagian depan kaki. Pakaikan juga sunblock di enam bagian tubuh berikut ini:1. ? Kulit KepalaBenar, kulit kepala ternyata perlu dilindungi dari sinar jahat sinar matahari. Dikutip dari situs StyleCaster, meski rambut sudah melindungi kulit kepala, belahan rambut tentu masih terekspos sinar UV. Untuk itu?, aplikasikan sedikit sunscreen di bagian itu. Bila kulit kepala Anda terkena kanker, penyakit itu bisa menyebar ke otak.2. BibirPernahkah Anda merasa bibir jadi kering setelah lama terpapar sinar matahari? Hal itu karena bibir tidak dilindungi oleh tabir surya. Demi menghindarinya, coba gunakan lip balm dengan minimal SPF 30 ?ketika tengah berada di cuaca panas yang ekstrem. 3. TelingaTelinga juga merupakan bagian tubuh yang perlu dipakaikan tabir surya. Pastikan bila Anda tak hanya mengaplikasikannya pada bagian dalam namu [...]

5 Manfaat Mendonorkan Darah

5 Manfaat Mendonorkan Darah

Tahukah Anda dengan mendonorkan darah selain dapat membantu orang yang membutuhkan darah tersebut Anda juga akan mendapat berbagai manfaat kesehatan? Setiap 1 orang yang mendonorkan darahnya dapat menyelamatkan 3 hingga 4 orang yang membutuhkan. Bagaimana bagi pendonor sendiri, apakah ada manfaatnya? Ternyata banyak sekali manfaat kesehatan mendonorkan darah. Berikut beberapa manfaat mendonorkan darah bagi pendonor: 1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung Di dalam darah terdapat suatu komponen yang bernama zat besi. Zat besi berpengaruh terhadap ketebalan darah. Kadar zat besi yang tinggi menyebabkan darah lebih tebal. Selain itu peningkatan kadar zat besi juga dapat mempercepat proses oksidasi kolesterol. Hal ini dapat mempengaruhi konsistesi darah dan meningkatkan gesekan ketika darah mengalir di pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko terjadinya hambatan pada pembuluh darah. Menurut American Journal of Epidemiology, dengan mendonorkan darah Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 33% dan menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Peneliti dari American Medical Association mengatakan dengan mendonasikan darah setiap 6 bulan dapat menurunkan risiko seranga [...]

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril LavigneAvril Lavigne terdiagnosa mengidap Lyme disease, dan untuk pertamakalinya pada Senin (29/6/2015), ia blak-blakan mengenai penyakit yang sudah dideritanya selama hampir dua tahun di televisi. Berurai air mata, Avril menceritakan tentang perjuangan kerasnya lepas dari penyakit mengerikan itu dan kini ia sedang dalam proses pengobatan intensif.Lyme disease merupakan penyakit yang disebabkan penularan infeksi bakteri, oleh kutu pembawa bakteri Borrelia Burgdorferi. Sekitar 15 persen kasus penularan penyakit Lyme terjadi ketika seseorang bepergian ke luar negeri, terutama Inggris dan Wales. Dikutip dari situs National Health Service UK, gejala awal penyakit Lyme ditandai dengan ruam-ruam kemerahan berbentuk lingkaran pada area yang terkena gigitan kutu. Ruam tersebut biasanya muncul sekitar tiga hingga 30 hari setelah digigit. Bentuk ruam ini seperti motif lingkaran target pada papan dart.Sayangnya, tidak setiap orang yang tergigit kutu pembawa penyakit Lyme mengalami ruam sehingga sulit terdeteksi. Sekitar satu dari tiga orang yang terkena gejala Lyme tidak mengalami ruam pada kulitnya.Selain ruam, gejala awal tertular Lyme [...]

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Jangan Remehkan Sakit Tenggorokan Anda!

Radang tenggorokan memang kebanyakan disebabkan oleh infeksi virus yang umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis. Namun demikian, yakinkah Anda bahwa radang tenggorokan yang Anda alami disebabkan oleh virus? Sebagian kecil radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptococcus, yang pada umumnya menimbulkan gejala yang lebih berat dibandingkan radang karena virus. Radang karena bakteri tidak dapat diobati hanya dengan terapi suportif, tetapi juga memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Antibiotik ini pun harus dikonsumsi dalam dosis dan jumlah tertentu agar bakteri tersebut dapat diberantas sampai tuntas. Pengobatan yang tidak adekuat dapat berakibat pada tidak sembuhnya penyakit, dan juga meningkatkan risiko timbulnya komplikasi. Pada umumnya radang streptococcus mengenai anak berusia 5-15 tahun, namun tidak menutup kemungkinan dapat dialami oleh segala usia. Berikut adalah tanda dan gejala radang tenggorokan karena bakteri yang harus Anda waspadai : Nyeri tenggorokan Sulit dan nyeri menelan Amandel bengkak, merah, dan disertai ?kotoran? berwarna putih Bercak merah di langit-langit mulut Pembesaran kelenjar getah bening leher Demam Sakit kepala Ruam [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *