4 Cara Mencegah Serangan Jantung

sakit-jantung.jpg

Sebagai kontributor nomor wahid kematian jiwa di dunia, penyakit jantung koroner telah menjadi momok di dunia kesehatan. Datang tanpa permisi, atau kerap kali dengan gejala yang samar sehingga disepelekan pemilik tubuh.

Tidak heran jika penyakit jantung koroner telah menjadi penyumbang kematian jiwa tertinggi di dunia, pasalnya penyakit ini mudah sekali dicetus dari gaya hidup tidak sehat yang kian populer dewasa ini. Merokok, menu makan tidak sehat dan gaya hidup sedenter (sedikit bergerak aktif) kian menjadi pilihan untuk menikmati hidup.

Padahal, justru merokok, pola makan tidak sehat, dan tidak berolahraga adalah faktor-faktor penyebab munculnya penyakit jantung di kemudian hari. Hal yang kemudian terjadi, tidak lain dan tidak bukan, sengsara tidak sehat dan terkendala menikmati hidup.

Untuk menghindarinya, terdapat beberapa kiat yang dapat membantu Anda untuk semakin jauh dari risiko ancaman penyakit jantung, antara lain:

1. 2,000 langkah dalam sehari = Menurunkan risiko 10%

Pada sebuah studi global ini menunjukkan, orang dewasa diatas 50 tahun yang memiliki risiko penyakit jantung dan diabetes, dimana saat mereka menambah jalan hingga 2,000 langkah dalam sehari (kurang lebih 20 menit jalan cepat) maka risiko mereka terkena penyakit jantung berkurang hingga 10%.

Tidak hanya itu, jika Anda menambah kecepatan sedikit jalan kaki Anda, maka Anda tidak hanya menurunkan risiko penyakit jantung sebanhyak 10%, tapi juga menurunkan risiko kanker prostat.

Peneliti dari University of California San Francisco seteleh mengamati 1.455 orang yang terdiagnosa kanker prostat menemukan bahwa laki-laki yang berjalan cepat setidaknya selama 3 jam dalam waktu seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena salah satu dari komplikasi atau penyakit tersebut.

2. Extra 7 gram = Menurunkan risiko 9%

Sebuah meta-analisis dari 22 studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi serat dalam jumlah extra hingga 7 gram dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 9%.

Berapa banyakkah 7 gram tersebut itu?

Sebuah apel memiliki 5 gram serat, setengah gelas brokoli juga memiliki jumlah yang sama. Buah, sayur, kacang merupakan sumber serat yang baik.

Jadi berapa jumlah serat yang kita butuhkan?

Bagi mereka berusia di bawah 50 tahun, pria membutuhkan 38 gram serat setiap harinya dan wanita membutuhkan 25 gram serat setiap harinya. Sedangkan mereka yang berusia di atas 50 tahun membutuhkan jumlah yang lebih rendah, 30 gram/hari untuk pria dan 21 gram/hari untuk wanita.

3. Vaksin Flu = Menurunkan Risiko 36%

Sebuah analisis terbaru menemukan bahwa pada orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung setelah melakukan vaksin flu dapat mengurangi risiko munculnya serangan jantung hingga 36%.

Jadi tidak hanya Anda dapat menekan risiko terserang influenza dengan mendapatkan vaksin flu, tapi juga sekaligus juga menekan dan menjauhi Anda dari ancaman serangan penyakit jantung.

4. Hidup Sehat = Mengurangi Risiko 25%

The Centers for Disease Control and Prevention baru-baru ini mengestimasi bahwa bila semua orang tidak merokok, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, mencapai berat badan yang tepat, dan secara rutin melakukan checkup maka orang-orang tersebut dapat mengontrol faktor risiko munculnya penyakit seperti tekanan darah tinggi dan meningkatnya kadar kolestrol dapat berkurang hingga 25%.

Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyakit yang sering menyebabkan kematian, bila hal ini dilakukan maka tiap tahunnya sebanyak 200,000 nyawa dapat diselamatkan.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
CALEG Rawan Depresi & Stres

CALEG Rawan Depresi & Stres

Para calon legislatif (CALEG) yang tereliminasi kelak dikhawatirkan memiliki kecenderungan potensi depresi. Menilik kilas balik Pemilihan Umum 5 tahun lalu, RS Hasan Sadikin Bandung menyampaikan hasil penelitiannya soal kemungkinan yang kuat sekali untuk para CALEG yang tidak lolos dapat kehilangan kewarasannya karena frustasi dari beban kegagalan yang dimilikinya. (Baca: PEMILU 2009: CALEG Rawan Depresi Meningkat 40%) Sulit ditampik, beda 5 tahun lalu memang bisa beda lagi situasi 2014 ini. Jika para CALEG pada 2009 lalu mayoritas dinilai tidak memiliki kadar kekuatan mental untuk menjadi fondasi pencegahan kecenderungan depresi pada penelitian, tidak menutup kemungkinan dikhawatirkan muncul dengan hasil evaluasi tes kejiwaan yang tidak jauh berbeda dari 2009 lalu. Buktinya? Tidak main-main, sederet mantan CALEG 2009 resmi menjadi depresi pasca kegagalan PEMILU 5 tahun lalu. seorang calon bupati di Jawa Timur menjadi gila karena kalah dalam proses pilkada. Dilaporkan dirinya telah menghabiskan Rp. 3 miliar hasil mengutang guna menutupi kebutuhan kampanye. Hutangnya berakumulasi, usahanya gulung tikar, dan situasi rumah tangganya menuju perceraian dengan istrinya. Senada yang diala [...]

Gelang ‘Bunglon’ yang Berubah Warna untuk Cegah Kanker Kulit Akibat Sinar UV

Gelang ‘Bunglon’ yang Berubah Warna untuk Cegah Kanker Kulit Akibat Sinar UV

Bagi para penyuka pantai, berjemur di bawah teriknya matahari sambil meneguk segarnya minuman tropis tentunya menjadi 'me time' yang menyenangkan. Tapi di balik kesenangan itu, ada bahaya yang mengintai. Akibat terlalu asyik menikmati keindahan pantai, pencinta pantai bisa lupa waktu dan terpapar sinar matahari terlalu lama. Akibatnya, kulit bisa terbakar bahkan berpotensi terkena kanker kulit. Untuk itu, sekelompok ilmuwan di Skotlandia menciptakan sebuah gelang 'detektor'. Gelang tersebut akan memberitahu sudah berapa lama Anda berada di bawah sinar matahari, dan apakah sinar UV yang mengenai kulit sudah berbahaya atau masih dalam tahap aman.Gelang tersebut akan berubah warna dari kuning menjadi pink ketika sudah terkena terlalu banyak sinar UV. Ketika gelang sudah berganti warna, itu artinya pemakainya harus segera pindah ke tempat teduh sebelum terkena risiko sunburn atau kanker kulit. Gelang yang diberi nama Smartsun ini dibuat dalam beberapa tipe, yang disesuaikan dengan jenis dan ketahanan kulit terhadap sinar matahari. Seperti diketahui, kulit orang yang berkulit putih dan dari ras kaukasia umumnya lebih sensitif terhadap sinar matahari dan berisiko lebih tinggi terkena [...]

Memang Benar Herba, Tapi Efek Ganja Tetap Beracun

Memang Benar Herba, Tapi Efek Ganja Tetap Beracun

Menggunakan ganja mungkin tidak berbahaya, tapi efek ganja dapat memengaruhi tubuh dan pikiran jika terus-terusan dikonsumsi dalam jangka panjang. Mariyuana atau ganja adalah obat-obatan herba yang terdiri dari daun, bunga, dan tunas tanaman Cannabis sativa. Ganja sering kali diisap seperti rokok pipa atau rokok ?lintingan?. Namun, ganja juga bisa dijadikan bahan makanan atau diseduh menjadi teh. Masyarakat Aceh, Medan, dan Padang terkenal menggunakan sedikit ganja untuk bumbu tambahan pada masakan tradisional mereka. Banyak orang menggunakan ganja untuk membuat mereka merasa santai atau sangat bahagia (high), menghilangkan nyeri sakit atau nyeri saraf, atau merasa lapar sehingga bisa makan lebih banyak. Di luar negeri, selain banyak digunakan untuk tujuan kesenangan, ganja juga dipelajari sebagai pengobatan potensial untuk berbagai kondisi seperti nyeri kronis dan multiple sclerosis. Selain itu, ganja diduga mampu membantu mengurangi tekanan mata pada penderita glaukoma. Namun, jika dikonsumsi terus-menerus, dalam jangka waktu lama dengan dosis berlebihan, akan timbul efek ganja yang tidak baik bagi kesehatan. Efek Ganja Akibat Penggunaan Tanpa Resep Dokter Ganja termasuk ke da [...]

Meneropong Anatomi Penis

Meneropong Anatomi Penis

Apakah pria perlu mengkhawatirkan ukuran penisnya? Bagaimana ereksi terjadi? Kenapa penis mengalami ereksi saat bangun tidur di pagi hari? Mengenali anatomi dan cara kerja penis dapat membuat kita menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Penis memiliki dua peran utama. Selain berperan sebagai organ seksual, penis juga berfungsi sebagai jalan keluarnya urine dari tubuh pria. Mengenali Bagian Penis Fungsi vital penis membuat semua pria seharusnya mengenali bagian-bagian organ ini dengan baik sehingga dapat menjaga kesehatannya. Secara umum, penis terdiri dari beberapa bagian. Kepala penis. Pada ujung kepala, terdapat celah kecil atau bukaan uretra untuk urine dan air mani keluar. Pada penis yang tidak disunat, kepalanya ditutupi oleh kulup. Batang penis. Saat lahir, semua batang penis tertutup oleh kulit luar atau kulup. Pada sebagian pria di Indonesia, kulup ini kemudian akan disunat atas alasan kesehatan, agama, atau budaya. Sistem dan kerja penis tidak akan berubah setelah menjalani sunat. Penis yang tidak disunat lebih berisiko mengalami fimosis, yaitu kondisi ketika kulup atau kulit luar tidak dapat ditarik dari kepala penis. Korpus kavernosum: jaringan yang berada d [...]

Penis Bengkok: Normal atau Penyakit

Penis Bengkok: Normal atau Penyakit

Sebagian pria memiliki penis yang bengkok ke sisi kanan atau kiri, ke atas atau bawah saat mengalami ereksi. Umumnya kondisi ini dianggap bukan masalah dan tidak perlu penanganan khusus. Namun jika disertai gejala-gejala lain, seperti rasa sakit, penis bengkok bisa menjadi gejala penyakit serius. Apa penyebab umum penis bengkok? Di dalam penis, terdapat ruangan seperti spons yang akan dialiri darah bilamana seorang laki-laki terangsang secara seksual. Pada umumnya, penis bengkok terjadi saat ruangan tersebut tidak mengembang secara merata dikarenakan perbedaan anatomi penis yang normal. Kondisi penis bengkok tidak membutuhkan penanganan khusus bilamana bengkok tidak terlalu signifikan, tidak mengalami kesulitan saat berhubungan seksual dan tidak merasakan sakit pada penisnya. Namun, beberapa kondisi penis bengkok mungkin perlu mendapat perhatian khusus karena disebabkan oleh situasi berikut: Penyakit Peyronie. Gangguan auto-immune. Cedera pada penis. Ketidaknormalan pada jaringan fibrosa yang diturunkan dari keluarga. Penis bengkok juga dapat terjadi pada bayi yang mengalami hypospadias, dimana ujung saluran kencing terdapat di bawah penis. Mewaspadai Penyakit Peyronie Pen [...]

Membersihkan ‘Miss V’ dengan Douching, Boleh Tidak?

Membersihkan ‘Miss V’ dengan Douching, Boleh Tidak?

Menjaga kesehatan organ kewanitaan sebenarnya tidak susah, tapi nyatanya masih banyak wanita yang masih belum tanggap terhadap pentingnya hal tersebut. Sementara itu, banyak penyakit berbahaya yang dapat menyerang organ reproduksi, antara lain keputihan, vulvitis, vaginitis, herpes simpleks, HPV, kutil kelamin, displasia. Selain itu, ada penyakit kista indung telur dan penyakit yang mematikan seperti kanker vulva, kanker leher rahim, kanker indung telur. Di seluruh dunia lebih dari 600 wanita meninggal setiap hari karena kanker serviks, dan di Indonesia kanker ini telah merenggut nyawa seorang wanita setiap jamnya. Terkadang para wanita yang awam beranggapan bahwa dengan melakukan douching (kegiatan membersihkan vagina dengan sabun berpewangi atau alat penyemprot), maka vagina telah menjadi bersih. Pada kenyataannya, douching justru dapat meningkatkan gangguan kesehatan area genital. Ketika melakukan douching, maka keseimbangan kadar pH di dalam vagina terganggu. Sebenarnya di dalam vagina terdapat bakteri, 95 persennya adalah bakteri yang baik sedang sisanya bakteri pathogen. Agar ekosistem seimbang, dibutuhkan tingkat keasaman (pH balance) pada kisaran 3,8 - 4,2. Dengan tingkat k [...]

Diabetes Terkait Penurunan Kognitif

Diabetes Terkait Penurunan Kognitif

Sebuah studi yang dilakukan selama 5 tahun oleh tim dari Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) mengemukakan efek komplikasi yang diderita pasien diabetes tidak hanya terkait pada sakit ginjal, masalah pada kaki maupun ganguan dalam penglihatan semata, namun juga terkait pada kinerja otak. Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Vera Novak, MD, PhD, selaku Director of the Syncope and Falls in the Elderly (SAFE) dan Associate Professor of Medicine di Harvard Medical School, Amerika Serikat menunjukkan bahwa diabetes memberikan efek pada penurunan kesehatan kognitif orang lanjut usia seperti kehilangan ingatan, depresi, dan berbagai macam ganguan kognitif lainnya yang perlu di anggap sebagai konsekuensi serius. Dalam jurnal Diabetes Care ? November 2011, penelitian ini menjelaskan bahwa dua molekul adhesi (sVCAM dan SICAM) pada penderita diebates usia lanjut, menyebabkan peradangan pada otak sehingga memicu serangkaian peristiwa yang mempengaruhi pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan otak bagian depan, dimana bagian tersebut merupakan bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengambil keputusan-keputusan penting, bahasa, memori verbal dan berbagai tugas kompleks [...]

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Penelitian terbaru akhirnya dapat menunjukkan dengan pasti jenis dan takaran asupan serat alami bagi kesehatan tubuh khususnya dalam menurunkan resiko kanker usus pada manusia. Apabila selama ini kita telah sering mendengar manfaat dan kebutuhan serat dalam makanan sehari-hari, tentu kita akan selalu beranggapan bahwa serat alami tersebut cukup dari buah dan sayuran semata. Namun kenyataannya, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the British Medical Journal menemukan bahwa asupan serat alami dari gandum dan biji-bijian lebih mempunyai khasiat dalam mencegah berbagai penyakit khususnya di usus. Para peneliti dari Imperial College London, Inggris ini menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dan biji-bijian sehari, telah mampu meningkatkan kebutuhan serat alami tubuh sekaligus menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 10%. Berbanding terbalik dengan hasil 25 studi sebelumnya yang hanya menggunakan buah serta sayuran. Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus Meskipun buah dan sayuran juga mempunyai serat alami yang baik bagi tubuh, namun kadar dan khasiatnya tidak memberikan perubahan pada penurunan resiko ka [...]

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Telapak Kaki Sakit? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Jangan remehkan jika telapak kaki Anda terasa sakit. Bisa jadi rasa sakit itu menjadi tanda adanya gangguan kesehatan dalam diri Anda. Untuk mengetahui penyebabnya, kita harus mengetahui telapak kaki bagian mana yang sakit. Selain itu, penting juga mengetahui bagaimana dan kapan rasa sakit tersebut muncul untuk mempermudah diagnosis dan pengobatannya. Kondisi Yang Mungkin Merupakan Sumber Sakit Telapak kaki sakit bisa disebabkan oleh bentuk struktur alami dari telapak kaki itu sendiri. Otot, ligamen, tulang, kulit, saraf, dan bagian lainnya yang terganggu juga bisa menjadi sebab dari munculnya rasa sakit. Berikut adalah penyebab-penyebab umum sakit pada telapak kaki sakit: Metatarsalgia Rasa sakit seperti terbakar atau nyeri pada bagian depan kaki secara medis biasa disebut metatarsalgia. Jenis gangguan ini akan memburuk jika penderitanya berjalan. Keadaan akan semakin memburuk jika penderitanya kelebihan berat badan, melakukan olahraga berat, dan memakai sepatu ketat dalam jangka waktu yang lama. Gangguan ini patut diwaspadai oleh para orangtua karena kelompok umur mereka rentan akan metatarsalgia. Kebanyakan kasus metatarsalga dapat dengan mudah ditangani dengan obat pereda [...]

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Pantang 4 Makan Ini Jika Anda Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan terjadi ketika tenggorokan meradang dan timbul iritasi. Rasa nyeri dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan karena virus dan bakteri, atau bisa juga ditimbulkan oleh demam, polusi, dan asap rokok. Kondisi dapat memburuk jika Anda mengonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Apa saja makanan-makanan tersebut? Berikut rinciannya: 1. Makanan berlemak Tahanlah diri Anda untuk tidak menyantap makanan tinggi lemak seperti daging merah, produk susu tinggi lemak, kue panggang, dan makanan goreng. Menurut ahli gizi Ilyse Schapir, makanan berlemak lebih sulit untuk dicerna dan dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin makan daging, pilihlah daging tanpa lemak seperti kalkun, ikan, dan ayam. Jenis makanan lainnya yang harus dihindari: Jenis makanan lainnya yang harus dihindari: 2. Makanan asam Hindari dulu makanan asam seperti jeruk, limau, dan lemon karena dapat menimbulkan iritasi dan memperburuk sakit tenggorokan. Sebagai gantinya, konsumsilah buah-buahan yang menenangkan tenggorokan seperti pisang, melon, kiwi, dan persik. Jangan khawatir kekurangan vitamin C, karena Anda masih dapat mengonsumsi kale dan paprika merah sebagai alter [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *