4 Kondisi Penyebab Lidah Putih

4-kondisi-penyebab-lidah-putih-alodokter.jpg

Lidah yang sehat berwarna pink dan ditutup nodul-nodul kecil yang disebut papila. Sedangkan lidah putih bisa menjadi tanda-tanda penyakit.

Lidah putih terjadi karena papila pada permukaaan lidah mengalami pertumbuhan berlebih dan pembengkakan. Lapisan putih ini muncul akibat sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati bersarang atau tersangkut di antara papila yang membesar dan terkadang meradang.

Lidah putih mungkin terlihat mengkhawatirkan, tapi biasanya tidak berbahaya dan bersifat sementara. Namun, lidah putih bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi serius, mulai dari infeksi hingga kondisi prakanker. Berikut beberapa penyakit yang membuat lidah berubah warna menjadi putih.

Leukoplakia

Leukoplakia suatu kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk di lidah. Bercak putih ini kemungkinan terjadi karena terlalu banyak sel dan protein keratin di mulut. Meskipun tidak sakit, bercak putih tersebut tidak dapat dihilangkan dengan disikat atau dikorek. Leukoplakia bisa terjadi ketika lidah mengalami iritasi dan sering kali ditemukan pada perokok dan mereka yang minum banyak minuman beralkohol. Leukoplakia tidak berbahaya tapi bisa berubah menjadi kanker setelah bertahun-tahun dibiarkan tanpa penanganan. Segera konsultasi dengan dokter jika bercak putih di lidah tidak hilang setelah dua minggu.

Oral thrush

Oral thrush atau disebut juga candidiasis disebabkan oleh akumulasi atau pertumbuhan terlalu cepat jamur Candida albicans (organisme yang normal ada dalam mulut) di lapisan mulut. Oral thrush dapat menyebabkan sensasi terbakar atau perih di lidah serta plak putih (terkadang merah) yang terasa nyeri dan dapat dikerok. Candidiasis lebih mungkin terjadi pada bayi dan orang tua, pada orang yang memiliki penyakit diabetes, sering minum antibiotik, kekurangan zat besi atau vitamin B, sistem kekebalan tubuhnya yang lemah, dan yang memakai gigi palsu. Datangi dokter jika menderita oral thrush karena bisa bertahan lama dan membuat mulut terasa tidak nyaman.

Oral lichen planus

Oral lichen planus adalah gangguan sistem kekebalan tubuh jangka panjang yang menimbulkan garis-garis putih berenda dan bercak putih di dalam mulut, dan juga pada lidah. Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi terbakar atau perih, mulut terasa tidak nyaman, gusi merah dan sakit, plak yang menimbulkan nyeri pada lapisan mulut. Gejala ini mungkin tidak terjadi pada kasus ringan.

Oral lichen planus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Penyebab kondisi ini sering kali tidak diketahui dokter. Merawat kebersihan gigi yang tepat, dan membatasi asupan makanan yang menyebabkan iritasi pada mulut serta berhenti merokok diduga membantu terhindar dari oral lichen planus.

Geographic tongue

Geographic tongue adalah kondisi di mana papila pada permukaan lidah hilang dan terlihat seperti ?pulau? merah halus dengan pinggiran berwarna putih. Penyebabnya tidak diketahui. Mungkin ada hubungannya dengan genetik karena merupakan kondisi turunan atau psoriasis (kondisi kulit kronis). Tapi pendapat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Geographic tongue tidak menyebabkan masalah kesehatan dan tidak berhubungan dengan infeksi atau kanker. Namun terkadang dapat membuat lidah terasa tidak nyaman dan sensitif terhadap zat tertentu.

Lidah putih umumnya tidak berbahaya namun jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau dokter gigi. Terutama jika Anda khawatir dengan perubahan lidah, lidah terasa sakit, atau lidah putih berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Kenali angka AndaAngka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.2. Mulailah berjalanBerolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.3. Perbanyak tertawaTertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta ce [...]

Kanker Pankreas: Uji Coba Obat MRK003 Menunjukkan Prospek yang Menjanjikan

Kanker Pankreas: Uji Coba Obat MRK003 Menunjukkan Prospek yang Menjanjikan

Klikdokter - Para ilmuwan mengatakan mereka mungkin telah menemukan senjata baru untuk melawan kanker pankreas setelah melihat hasil uji coba awal yang menjanjikan dari suatu percobaan kombinasi obat. Penelitian pada tikus menunjukkan,?memberikan zat kemoterapi gemcitabine dengan obat percobaan yang disebut MRK003, kemudian membentuk sebuah rantai peristiwa yang akhirnya membunuh sel kanker?. Sekarang, para pasien menguji pengobatan tersebut untuk melihat apakah pengobatan tersebut akan bekerja untuk mereka. Percobaan yang dilakukan Yayasan Penelitian Kanker di inggris ini dilaksanakan di Cambridge. Ayah dua anak, Richard Griffiths, 41 tahun, dari Coventry, sudah berpartisipasi dalam percobaan ini sejak didiagnosa menderita kanker pankreas pada Mei 2011. "Setelah enam siklus pengobatan, scan menunjukkan tumor telah berkurang, jadi saya melanjutkan pengobatan ini," katanya. "Percobaan ini memberikan harapan. Saya benar-benar merasa kalau saya bisa mengalahkan penyakit ini dengan ilmu pengetahuan yang membantu saya." Yayasan Penelitian Kanker di Inggris mengatakan, penelitian ini lebih memprioritaskan pada kanker pankreas, karena tingkat kelangsungan hidup pasiennya masih sangat rend [...]

Mengapa Bisa Terjadi Kesemutan?

Mengapa Bisa Terjadi Kesemutan?

Sensasi kesemutan menandakan adanya iritasi pada saraf. Jika diibaratkan lalu lintas yang lancar, impuls listrik yang normal berjalan sepanjang persarafan dari tulang belakang dan anggota gerak. Kemudian diteruskan ke sumsum tulang belakang untuk diterjemahkan di otak. Apabila terdapat tekanan yang konstan pada salah satu bagian saraf, maka akan terjadi kemacetan lalu lintas impuls saraf, yang menghambat kerja sistem saraf normal untuk meneruskan impuls listrik dan menerjemahkannya menjadi sensasi sensoris. Ketika terdapat area persarafan yang tertekan, maka arteri di sekitarnya juga terganggu. Arteri tersebut mengalirkan suplai darah yang mengandung oksigen dan glukosa untuk saraf. Apabila terjadi blokade, maka kemampuan saraf untuk mengirimkan sinyal ikut terganggu sehingga anggota gerak yang mengalami tekanan akan terasa lemah dan sulit digerakkan. Ketika tekanan pada area tersebut disingkirkan, sel saraf akan kembali aktif dan mulai menerima impuls kembali. Sistem saraf cenderung menjadi hiperaktif karena fungsinya mulai kembali normal. Hal inilah yang mendasari sensasi kesemutan atau rasa seperti tertusuk jarum pada saraf anggota gerak yang tertekan. Ini merupakan fase sementa [...]

8 Makanan Bagi Tulang Wanita

8 Makanan Bagi Tulang Wanita

Tulang wanita menjadi cukup kuat hingga usia 30 tahun. Setelah usia 30 tahun, kepadatan tulang mulai menurun dan semakin menurun lagi ketika wanita tersebut memasuki usia menopause. Namun, selagi bisa, para wanita dapat memaksimalkan usaha untuk menabung kepadatan tulang dengan olahraga yang teratur dan asupan makanan yang tepat. Makanan-makanan yang dapat membantu kepadatan tulang wanita adalah: 1. Kalsium Kalsium adalah sumber utama tulang yang kuat. Orang dewasa hingga usia 50 tahun membutuhkan 1000 miligram kalsium setiap harinya. Memasuki usia 51 tahun, wanita membutuhkan asupan 1200 mg kalsium setiap hari. Sebanyak 237 mL susu mengandung 300 mg kalsium. (Baca: Menabung Kalsium untuk Kesehatan Tulang) 2. Yogurt dan Keju Satu cangkir kecil yogurt atau 28 gram keju mengandung sejumlah kalsium yang sama dengan 237 mL susu. (Baca: Manfaat Yogurt untuk Kesehatan Gigi) 3. Ikan Sarden Sebanyak 85 gram ikan sarden dapat memberikan asupan kalsium yang sedikit lebih banyak daripada secangkir susu. 4. Sayuran hijau Sayuran seperti sawi hijau, bok chiy dan sayuran hijau gelap lainnya juga mengandung banyak kalsium. (Baca: Buah & Sayur Penangkal Risiko Jantung) 5. Suplemen Kalsi [...]

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Jantung Sehat dengan Cukup 2000 Langkah Sehari

Berjalan kaki terbukti dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Baru?baru ini para peneliti menemukan berapa banyaknya langkah berjalan yang dibutuhkan untuk membuat Anda lebih sehat dalam hal ini adalah kesehatan jantung. Bahkan dengan berjalan pun, para penderita diabetes dapat mengurangi risiko penyakit jantung atau stroke sebanyak 8%. Kenapa harus 2.000? Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Lancet, menemukan bahwa orang dengan gejala awal diabetes, bila menambah langkah berjalan hingga 2,000 langkah dalam sehari atau sama dengan 20 menit jalan dengan kecepatan sedang, dapat membantu mengurangi risiko terkena kelainan pada jantung. Apa buktinya? Penelitian ini melihat 9,306 orang dewasa dari 40 negara yang mengikuti percobaan yang dinamakan NAVIGATOR. Dalam penelitian ini para peneliti melihat hubungan antara jumlah langkah dan risiko terjadinya gangguan penyakit hati pada tahun tersebut termasuk menghitung faktor risiko lain. Orang yang melakukan jalan kaki sedikitnya sebanyak 2000 langkah sehari, ternyata menunjukkan penurunan 10% angka risiko terjadi gangguan jantung di tahun berikutnya. Oleh karena itu, penemuan ini merupakan penemuan yang sangat b [...]

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

4 Cara Mudah Untuk Mencegah Bekas Jerawat

Jerawat dan bekas jerawat adalah 2 masalah kulit yang seolah semakin tidak dapat dipisahkan. Mereka yang datang ke ruang praktik dokter karena masalah jerawat, seringkali kembali lagi, baik karena masalah jerawat yang membandel atau karena masalah bekas jerawat. Tidak semua orang merasa bahwa bekas jerawat adalah suatu masalah. Namun, untuk sebagian orang lainnya, bekas jerawat dapat menyebabkan masalah kepercayaan diri yang cukup serius. Sebenarnya, bekas jerawat dapat dicegah dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini adalah rekomendasi dari American Academy of Dermatology mengenai cara mudah untuk mencegah munculnya bekas jerawat pada kulit berjerawat. Cara Mencegah Munculnya Bekas Jerawat Obati Jerawat Anda Semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin kecil kemungkinan Anda untuk memiliki bekas jerawat. Mengobati jerawat sangat penting untuk mencegah jaringan parut, terutama jika: Jerawat parah (kista dan nodul): Jerawat jenis ini lebih mungkin untuk meninggalkan bekas luka setelah jerawatnya teratasi. Jerawat yang mulai muncul pada usia muda: jerawat yang muncul di masa praremaja sering berkembang menjadi jerawat yang parah dalam beberapa tahun. Di [...]

Inilah Efek Samping Jika Menggunakan Steroid Sembarangan

Inilah Efek Samping Jika Menggunakan Steroid Sembarangan

Dewasa ini banyak pria maupun wanita yang berusaha untuk tampil menarik, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sempurna. Seringkali, para binaragawan menghalalkan berbagai cara agar impiannnya dapat tercapai, salah satunya dengan mengkonsumsi steroid. Steroid juga sering disalahgunakan sebagai obat untuk menggemukkan badan. Steroid merupakan obat yang seringkali digunakan oleh dokter sebagai terapi untuk anti radang, asma, penyakit autoimun, penyakit kulit, dan sebagainya. Penggunaannya harus sangat hati-hati dan di bawah pengawasan dokter karena obat ini dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Steroid sebenarnya merupakan hormon yang secara natural dihasilkan oleh kelenjar adrenal. Sama seperti obat lainnya, steroid juga memiliki efek samping jika tidak digunakan secara tepat. Apa saja efek samping berbahaya tersebut? mari klik next untuk melanjutkan. Inilah Efek Samping Jika Menggunakan Steroid Sembarangan Peningkatan berat badan karena retensi cairan disertai deposit lemak pada wajah (moon face), stretch mark, jerawat, dan pembesaran payudara pada laki-laki (ginekomastia). Inilah [...]

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Waspadai 6 Dampak Buruk Smartphone Pada Kesehatan (Bag.1)

Secara tidak sadar kehidupan manusia kini sangat bergantung dengan smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir tidak pernah terlepas dari tangan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang dapat melihatnya lebih dari 150 kali dalam sehari. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang? Inilah bagian pertama dari enam dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai seperti dikutip dari Daily Mail.1. Merusak mataApakah Anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena Anda terlalu lama fokus pada benda kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata.Sebaiknya smartphone juga dijauhkan dari anak-anak karena menurut Allon Barsam, konsultan bedah mata di Luton & Dunstable University Hospital, Inggris, gadget tersebut dapat meningkatkan potensi terkena mata rabun. Psikolog Dr. Aric Sigman juga menyarankan untuk tidak memperbolehkan anak berusia 3-7 tahun bermain game dengan layar kecil selama lebih dari setengah jam sehari.Selain itu menurut penelitian, penggunaan smartphone juga dapat menyebabkan Presbyopia yaitu ketidakmamp [...]

Bedanya Akut dan Kronis

Bedanya Akut dan Kronis

?Duh rasa ngantukku ini sudah kronis sekali?, tutur seorang siswa SMA kepada temannya. Fenomena di tengah masyarakat yang begitu sering kita dengar, kata ?akut? dan ?kronis? dipakai tanpa dipahami betul makna sesungguhnya, untuk itu artikel ini ditulis, supaya kita bsia menggunakan kedua kata tersebut dengan tepat. Dalam dunia kedokteran, kata akut dan kronis adalah dua kata yang dipakai untuk menggambarkan proses atau perjalanan sebuah penyakit. Akut menggambarkan perjalanan penyakit yang cepat, biasanya terjadi dalam hitungan jam sampai hari, sementara kronis bicara mengenai perjalanan penyakit yang progresinya panjang dan cenderung lebih lambat dalam perburukannya. Anda akan lebih mengerti setelah membaca contoh berikut ini. Jika hari ini Anto sehat-sehat saja, kemudian besok ia mulai batuk, batuknya parah sekali sampai-sampai si Anto sulit bernafas, dan batuk ini terjadi selama beberapa hari kemudian Anto sembuh, dalam kasus ini bisa kita katakan si Anto menderita batuk akut, bukan batuk kronis. (Baca: 8 Penyebab Batuk Kronis) Di lain pihak, jika seseorang terkena gangguan fungsi hati, maka tidak serta merta jika orang tersebut minum alkohol hari ini, keesokan harinya ia lang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *