4 Kondisi Penyebab Lidah Putih

4-kondisi-penyebab-lidah-putih-alodokter.jpg

Lidah yang sehat berwarna pink dan ditutup nodul-nodul kecil yang disebut papila. Sedangkan lidah putih bisa menjadi tanda-tanda penyakit.

Lidah putih terjadi karena papila pada permukaaan lidah mengalami pertumbuhan berlebih dan pembengkakan. Lapisan putih ini muncul akibat sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati bersarang atau tersangkut di antara papila yang membesar dan terkadang meradang.

Lidah putih mungkin terlihat mengkhawatirkan, tapi biasanya tidak berbahaya dan bersifat sementara. Namun, lidah putih bisa menjadi indikasi dari beberapa kondisi serius, mulai dari infeksi hingga kondisi prakanker. Berikut beberapa penyakit yang membuat lidah berubah warna menjadi putih.

Leukoplakia

Leukoplakia suatu kondisi dimana terjadi pembentukan bercak-bercak putih di dalam mulut, termasuk di lidah. Bercak putih ini kemungkinan terjadi karena terlalu banyak sel dan protein keratin di mulut. Meskipun tidak sakit, bercak putih tersebut tidak dapat dihilangkan dengan disikat atau dikorek. Leukoplakia bisa terjadi ketika lidah mengalami iritasi dan sering kali ditemukan pada perokok dan mereka yang minum banyak minuman beralkohol. Leukoplakia tidak berbahaya tapi bisa berubah menjadi kanker setelah bertahun-tahun dibiarkan tanpa penanganan. Segera konsultasi dengan dokter jika bercak putih di lidah tidak hilang setelah dua minggu.

Oral thrush

Oral thrush atau disebut juga candidiasis disebabkan oleh akumulasi atau pertumbuhan terlalu cepat jamur Candida albicans (organisme yang normal ada dalam mulut) di lapisan mulut. Oral thrush dapat menyebabkan sensasi terbakar atau perih di lidah serta plak putih (terkadang merah) yang terasa nyeri dan dapat dikerok. Candidiasis lebih mungkin terjadi pada bayi dan orang tua, pada orang yang memiliki penyakit diabetes, sering minum antibiotik, kekurangan zat besi atau vitamin B, sistem kekebalan tubuhnya yang lemah, dan yang memakai gigi palsu. Datangi dokter jika menderita oral thrush karena bisa bertahan lama dan membuat mulut terasa tidak nyaman.

Oral lichen planus

Oral lichen planus adalah gangguan sistem kekebalan tubuh jangka panjang yang menimbulkan garis-garis putih berenda dan bercak putih di dalam mulut, dan juga pada lidah. Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi terbakar atau perih, mulut terasa tidak nyaman, gusi merah dan sakit, plak yang menimbulkan nyeri pada lapisan mulut. Gejala ini mungkin tidak terjadi pada kasus ringan.

Oral lichen planus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Penyebab kondisi ini sering kali tidak diketahui dokter. Merawat kebersihan gigi yang tepat, dan membatasi asupan makanan yang menyebabkan iritasi pada mulut serta berhenti merokok diduga membantu terhindar dari oral lichen planus.

Geographic tongue

Geographic tongue adalah kondisi di mana papila pada permukaan lidah hilang dan terlihat seperti ?pulau? merah halus dengan pinggiran berwarna putih. Penyebabnya tidak diketahui. Mungkin ada hubungannya dengan genetik karena merupakan kondisi turunan atau psoriasis (kondisi kulit kronis). Tapi pendapat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Geographic tongue tidak menyebabkan masalah kesehatan dan tidak berhubungan dengan infeksi atau kanker. Namun terkadang dapat membuat lidah terasa tidak nyaman dan sensitif terhadap zat tertentu.

Lidah putih umumnya tidak berbahaya namun jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter atau dokter gigi. Terutama jika Anda khawatir dengan perubahan lidah, lidah terasa sakit, atau lidah putih berlangsung selama lebih dari beberapa minggu.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Mencegah Luka Pada Pasien Diabetes - Salah satu komplikasi tersering dari diabetes melitus (DM) adalah kaki diabetik. Pada pasien DM terdapat gangguan pada: pembuluh darah kecil (mikroangiopati) pembuluh darah besar (makroangiopati) gangguan syaraf (neuropati) Gejala adanya gangguan pada syaraf berupa rasa baal/kebas, kesemutan, rasa nyeri berkurang/tidak ada rasa nyeri sama sekali. Hilangnya sensasi pada kaki menyebabkan tekanan berulang pada kaki akhirnya terjadi kerusakan jaringan lunak. Selain itu penderita menjadi tidak peka terhadap suhu atau benda asing (seperti benda tajam) sehingga memudahkan terjadinya luka. Selain itu, gangguan pada pembuluh darah akibat kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga meningkatkan risiko terjadinya kaki diabetik pada pasien DM. Luka pada kaki diabetik lebih sulit untuk sembuh dan dapat semakin parah jika tidak segera diobati. Komplikasi utamanya adalah infeksi dan amputasi. Dari seluruh penderita diabetes, 15% menderita ulkus diabetes pada kaki, dan 12-14% dari yang menderita ulkus tersebut memerlukan amputasi. Perawatan kaki pada penderita [...]

Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan seringkali dialami banyak orang terlebih dalam situasi cuaca yang kurang menentu ini. Pagi terik, siang bisa hujan lebat. Atau sebaliknya, hujan lebat di pagi hari, terik di siang hari. Meskipun tidak melulu salah cuaca, sakit tenggorokan acapkali gejala tubuh sedang mengalami infeksi karena daya tahan tubuh menurun. Salah satu kiat mengatasi sakit tenggorokan adalah berkumur (gargling). Berkumur atau gargling yang dimaksud berbeda dengan berkumur yang umum. Bukanlah berkumur yang sama ketika kita menyikat gigi. Tapi berkumur dengan mendongakkan kepala keatas dan dengan mulut terbuka, teknik gargling ini merupakan salah satu cara yang sederhana dan efektif untuk membunuh kuman dan mengurangi sakit tenggorokan. Berikut adalah cara-cara alami yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. 1. Cara Alami Hilangkan Sakit Tenggorokan Air Garam Cara yang cukup kuno ini mungkin sudah sering Anda dengar. Cobalah dengan mencampurkan 1/4 sdt garam di dalam segelas air. Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin karena kurang efektif. Kumur-kumur dan jangan ditelan. Berkumurlah dengan menengadahkan kepala dan arahkan air di kerongkongan lalu biarkan [...]

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Akhir-akhir hijab telah menjadi tren fashion di kalangan muslimah Indonesia. Semakin banyak perempuan muda yang tertarik untuk berhijab karena dapat mengikuti aturan agama tetapi tetap cantik dan modis.Di Manchester ada seorang perempuan berusia 40 tahun memutuskan untuk mengenakan hijab karena mengidap penyakit Polymorphic Light Eruption (PMLE) atau yang biasa dikenal dengan alergi matahari.Dennis Queen yang merupakan ibu dari empat anak ini akan merasakan gatal yang luar biasa dan kulitnya memerah setelah beberapa saat terpapar matahari secara langsung.Awalnya Queen berusaha mengatasi alerginya dengan menggunakan sunblock dan mengenakan topi untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun cara tersebut dianggap tidak ampuh karena kulitnya tetap memerah dan ia akan merasa gatal.Merasa tidak tahan dengan ruam kulit akibat alerginya, Queen sempat menghindar untuk keluar rumah. Tidak dapat terus menerus berdiam di rumah, Queen mulai mencari cara agar ia tetap dapat keluar rumah pada siang hari tanpa perlu membuat kulitnya memerah dan gatal.Awalnya ia ingin membeli baju yang didesain khusus untuk kulit yang alergi tetapi harganya sangat mahal. Ketika diamati model-mode [...]

Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan

Salah satu ahli radiasi, Jacqueline Williams, seorang profesor di Department of Radiation Oncology di University of Rochester, New York, mengatakan bahwa radiasi tingkat tinggi dapat mematikan, karena radiasi dapat mengganggu sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan kematian. Paparan zat radiaktif tingkat tinggi itu dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan seperti rambut rontok, matinya sel syaraf, kejang dan kematian mendadak, gangguan peredaran darah, penyakit jantung, serta kerusakan sistem reproduksi. Biasanya, radiasi yang terlepaskan memiliki dua komponen besar, yaitu radioaktif iodine dan cesium. Iodine-131 adalah salah satu jenis material radioaktif yang berbahaya, menghirup atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi radioaktif iodine dapat menyebabkan kanker tiroid. Makanan (khususnya produk susu) dapat terkontaminasi dengan debu radioaktif yang mengendap pada tanaman, bahkan pada rumput yang dimakan oleh sapi atau binatang lainnya. Sedangkan radioaktif cesium-137 dapat menyebabkan bahaya dalam jangka panjang dan merupakan ancaman besar bagi kesehatan manusia, termasuk masalah kanker dan paru-paru. Mengantisipasi ancaman radiasi akibat bocornya reaktor nuklir PLTN di Fukushim [...]

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Cuaca dingin sangat mempengaruhi kesehatan yang menyebabkan flu. Setelah perubahan musim, akan muncul gejala gatal dan sakit pada tenggorokan yang disertai batuk. Biasanya, banyak orang yang mencegah dan mengobatinya dengan minum teh herbal atau sirup batuk. Akan tetapi, ada cara untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan menghindari makanan tertentu agar tidak semakin parah. Ini dia, seperti yang dilansir dari Boldsky.Makanan AsamBuah jeruk, jus lemon, permen karet yang mengandung asam manis dapat memicu gatal ketika Anda sakit tenggorokan. Jangan pula Anda memakan makanan yang mengandung cuka atau vinegar, makanan jenis tersebut akan memperparah rasa sakit dikerongkongan pada saat menelan.Makanan PedasBanyak yang berasumsi bahwa makanan pedas dapat membantu menyingkirkan rasa gatal dan batuk yang disebabkan sakit tenggorokan. Sebaiknya Anda berhenti sementara untuk mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, cengkeh, lada, pala, paprika dan rempah-rempah lainnya. Makanan pedas hanya memperburuk rasa sakit pada tenggorokan.Produk SusuJika ada kerabat yang menyarankan Anda untuk meminum segelas susu panas untuk menyembuhkan nyeri pada tenggorokan, jangan Anda minum. Banyak orang yang [...]

Sendi Sakit Akibat Cedera Lutut, Tangani Secepatnya

Sendi Sakit Akibat Cedera Lutut, Tangani Secepatnya

Cedera lutut bisa menerpa salah satu bagian dari struktur penyusun lutut. Bagian-bagian yang menyusun lutut, antara lain ligamen, tulang rawan, dan tulang keras. Beberapa cedera yang menimpa lutut sering sekali didapatkan saat seseorang berolahraga. ACL atau anterior cruciate ligament adalah bagian yang paling sering terkena. Yang Terjadi saat Mengalami Cedera Lutut Ketika lutut mengalami cedera, bisa menimbulkan rasa nyeri, memar, atau bengkak. Ketiga hal tersebut bisa diderita selang beberapa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut. Terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya pembuluh darah adalah dua kondisi yang umumnya terjadi dan menjadi penyebab rasa sakit. Akibat lain yang biasa ditimbulkan akibat cedera lutut adalah mati rasa pada kaki bagian bawah. Selain itu, kaki bagian bawah bisa jadi merasakan lemah, dingin, kesemutan, kebiruan, atau pucat. Penyebab lutut mengalami cedera secara tiba-tiba bisa dikarenakan oleh benturan langsung pada lutut. Selain itu, lutut bisa mengalami cedera karena menjadi tumpuan saat memutar tubuh, jatuh, atau menekuk lutut. Cedera lutut secara tiba-tiba biasa disebut cedera akut. Berbagai Jenis Cedera Lutut Karena lutut terdiri dari ber [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *