Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Pencegah perut kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya.

Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung.

Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung:

1. Sayuran Tertentu
Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.

2. Produk Susu (dairy products)
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.

4. Junk food
Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi perut kembung / makanan pencegah perut kembung:

1. Serat

Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, juga dapat diperoleh dari gandum dan beras merah. Serat baik untuk saluran cerna.

2. Jahe, kunyit, dan peppermint
Ketiga bahan herbal tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.

3. Prebiotik dan Probiotik
Prebiotik alami dapat diperoleh dari asparagus dan oat (sejenis gandum) sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt. Namun konsumsi yogurt perlu diwaspadai pada penderita intoleransi laktosa karena dapat berdampak sebaliknya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering merasa kembung? Perhatikanlah apa yang Anda makan untuk mengatasi kembung Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
14 Tips Menjaga Pola Makan Saat Hamil

14 Tips Menjaga Pola Makan Saat Hamil

Hamil bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya. Justru Anda perlu memperhatikan setiap asupan yang masuk ke dalam mulut. Kendati Anda harus mengonsumsi 300 kalori lebih banyak, cobalah untuk tetap menjaga pola makan. Ingat: gizi yang baik dan seimbang akan memberikan dampak yang baik juga terhadap janin. Jadi, bagaimana dan apa saja asupan nutrisi yang penting untuk ibu hamil? Berikut ini 14 tips yang dapat berguna untuk mendukung pola makan saat kehamilan Anda: Pilih makanan tinggi serat seperti roti gandum, sereal, pasta dan beras, serta buah-buahan dan sayuran. Pastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral dalam menu harian. Makan empat porsi produk susu dan makanan yang kaya kalsium untuk mencukupi kebutuhan 1000-1300 mg kalsium dalam menu harian. Konsumsi tiga porsi makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, bayam, kacang-kacangan, dan sereal setiap hari untuk memastikan Anda memperoleh 27 mg zat besi setiap hari. Saat hamil, tubuh memerlukan 250 mikrogram yodium per hari untuk membantu memastikan otak dan sistem saraf perkembangan bayi. Anda bisa mendapatkannya dari keju, yoghurt, kentang panggang, salmon, dan udang. Jangan lupakan vitamin C dari sayur [...]

Kepuasan Hidup Melindungi Dari Penyakit Jantung Koroner

Kepuasan Hidup Melindungi Dari Penyakit Jantung Koroner

Sebuah penelitian mengatakan, kepuasan hidup melindungi dari penyakit jantung koroner. Penelitian dilakukan hampir 8000 pegawai negeri di Inggris yang diterbitkan pada European Heart Journal. Depresi dan kecemasan memang telah dikenal sebagai faktor risiko terkena segala penyakit terutama penyakit jantung. Para pegawai negeri sipil yang semuanya anggota Whitehall di Inggris dengan usia rata-rata 49 tahun, diberi pertanyaan sekitar tujuh soal dari kehidupan mereka sehari-hari seperti, hubungan cinta, kegiatan rekreasi, kehidupan keluarga, pekerjaan, seks, pertemanan dan diri sendiri. Mereka diminta untuk menilai kepuasan mereka sendiri dalam setiap soal dari skala 1 (sangat tidak puas) sampai skala 7 (sangat puas). Lalu, diberikan juga peringkat untuk setiap soal dengan memberi skor angka kepuasan rata-rata untuk kehidupan mereka sendiri secara menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan hidup seseorang lebih tinggi dari rata-rata terkait dengan risiko penyakit jantung koroner dalam keseluruhan. Sebuah perkiraan juga menunjukkan 13 persen orang yang mengidap penyakit jantung koroner terkait dengan ketidakpuasannya dalam empat hal kehidupan yang dimilikinya, y [...]

Jangan Taruh Roti di Dalam Kulkas!

Jangan Taruh Roti di Dalam Kulkas!

Kulkas adalah benda penting di zaman modern ini karena fungsinya yang tidak dapat tergantikan. Penyimpanan berbagai jenis produk makanan dan minuman menjadi lebih mudah. Banyak jenis makanan yang dapat disimpan dalam waktu lebih lama sehingga dapat digunakan berkali-kali, tanpa khawatir bahan tersebut telah basi, busuk, atau terkontaminasi. Namun, tidak semua jenis makanan dapat disimpan di dalam kulkas. Ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas karena dapat menyebabkan perubahan rasa atau menyebabkan bahan tersebut berjamur lebih cepat sehingga tidak aman dimakan. Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah: Beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas adalah: 1. Tomat Tomat yang disimpan di dalam kulkas akan mengalami perubahan rasa. Udara dingin dalam kulkas akan menghambat pematangan tomat, sehingga rasanya menjadi kurang nikmat. Selain itu, tekstur tomat juga akan berubah menjadi lebih lembek dan kering karena rusaknya membran bagian dalam kulit tomat karena suhu yang dingin. 2. Daun Kemangi Di dalam kulkas, daun kemangi menjadi lebih layu, tidak segar, dan kurang harum karena men [...]

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat?

Tidak sedikit timbul kekhawatiran diantara para Bunda sahabat Klikdokter dalam perihal menyusui ASI kepada sang buah hati. Dari kekhawatiran hubungan pola makan ke produktivitas ASI, bahkan hingga soal aman atau tidaknya meminum obat selama menyusui. (Baca: 5 Info Seputar Menyusui) Karena acapkali tidak dapat dipungkiri, ibu terjebak dalam situasi mau tidak mau harus mengkonsumsi obat-obatan sementara menyusui harus diprioritaskan. Apakah aman meminum obat-obatan selama menyusui? Simak lebih lengkap pada jawaban-jawabab dari beberapa pertanyaan yang kerap terlontar berikut ini. Apakah Semua Obat Masuk ke Dalam ASI dan Dapat Mempengaruhi Bayi? Jawabannya adalah iya. Hampir semua obat yang ada pada darah Anda dapat masuk melalui ASI, meskipun kadarnya jauh berkurang. Paparan terhadap obat-obatan yang ada di dalam ASI akan meningkatkan risiko pada bayi prematur, bayi baru lahir dan bayi yang secara medis tidak stabil atau memiliki gangguan ginjal. Risiko tersebut akan menurun pada bayi sehat yang berusia di atas 6 bulan. Apakah ada obat-obatan yang aman dikonsumsi bagi ibu menyusui? Obat-obatan Apa Saja yang Aman Dikonsumsi Bagi Ibu Menyusui? [...]

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Ini Akibatnya Jika Anda Malas Minum Air Putih

Tidak sedikit orang yang malas minum air putih terutama di ruangan atau daerah dingin karena merasa tidak haus. Sebaiknya jangan turuti perasaan malas minum air putih karena tubuh yang akan menanggung akibatnya.Air adalah komponen terbesar di dalam tubuh manusia. Kandungannya bervariasi sesuai usia. Kandungan air pada bayi 80 persen, orang dewasa sebesar 60 persen dan pada usia lanjut atau di atas 65 tahun sebesar 50 persen.Air juga merupakan zat gizi penting bagi kesehatan tubuh karena berperan sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh serta penyedia mineral dan elektrolit. Banyaknya air yang dibutuhkan seseorang berbeda-beda tergantung pada ukuran tubuh orang tersebut dan apa yang dianggap sesuai untuk tubuhnya.Meski kebutuhan air tiap orang berbeda menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa. Berikut akibat jika malas minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine:1. Ketika pasokan air minim tubuh akan mengalami kekurangan air atau dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabk [...]

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Meningkatkan Kolesterol Baik, Memungkinkan Penurunan Resiko Jantung Pada Penderita Diabetes

Kolesterol yang selama ini seakan menjadi momok bagi kesehatan, sebenarnya terdiri atas beberapa susunan jenis yang memeliki kemampuan masing-masing. Salah satunya adalah kolesterol HDL yang biasa disebut sebagai kolesterol baik. Kolesterol HDL atau High Density Lipoprotein ini, mempunyai peran dalam membersihkan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dari darah ke organ hati untuk dilakukan proses lebih lanjut, sehingga mampu menjaga jantung tetap dalam kondisi prima. Para peneliti Kaiser Permanente mengungkapkan hasil penelitian mereka pada 30,067 pasien diabetes tipe 2 berdasarkan kadar kolesterol HDL untuk melihat keterkaitan pasien dengan resiko serangan jantung atau stroke. Dari penelitian tersebut mereka menemukan bahwa setengah dari pasien memiliki kadar HDL yang rendah, dengan perbandingan dibawah 50 mg/dL untuk wanita dan dibawah 40 mg/dL untuk pria. Berdasarkan penelitian terbaru, agar mampu menjaga kesehatan pembuluh darah dalam menurunkan resiko terkena serangan jantung dan stroke pada penderita diabetes tipe 2 , HDL sangat perlu ditingkatkan dengan kadar diatas 50 mg/dL. Hal ini sesuai dengan The National Cholesterol Education Program, a project of the National Hear [...]

Madu untuk Sariawan

Madu untuk Sariawan

Madu merupakan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Penggunaannya cukup luas, dari sebagai bagian bahan masakan sampai dijadikan obat alternatif. Pada jenis madu tertentu terkadang harganya relatif mahal, namun tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap khasiatnya membuat harga tidak begitu dipermasalahkan. Fungsi madu sebagai obat alternatif pada beberapa penyakit kian digandrungi karena juga dianggap tidak mempunyai efek samping. Lalu sesuai dengan judul artikel ini, bagaimana madu dapat bermanfaat untuk khasiat kesehatan mulut? Berikut penjelasannya: Khasiat Madu Sejak dulu madu sudah dipergunakan sebagai pembalut luka seperti luka bakar karena mataharidan sebagai obat untuk penyakit seperi diare, batuk serta radang tenggorokan. Madu mentah adalah jenis madu yang sering digunakan dalam mengobati luka. Komponenan dan kandungan madu mempunya sifat yang menguntungkan dalam proses penyembuhan luka. Sifat madu yang merupakan antiradang dan antiinfeksi menjadikan madu sebagi pertolongan pertama yang ideal dalam penyembuhan luka, berdasarkan suatu laporan menyatakan bahwa luka dua kali lebih cepat sembuh dengan penggunaan madu. Propol [...]

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

8 Penyakit yang Bisa Ditularkan Melalui Mulut dan Tenggorokan

Penyakit infeksi bisa ditularkan lewat beberapa cara, seperti melalui udara, ludah, kulit, darah, kontak seksual, makanan, atau benda yang terkontaminasi bakteri. Cara penularan paling sering adalah melalui udara, misalnya saat seseorang batuk atau bersin. Droplet (partikel air kecil) tersebut membawa mikroorganisme yang dapat dihirup langsung oleh orang lain. Beberapa infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan ludah. Berikut ini adalah delapan penyakit yang dapat ditularkan melalui mulut dan tenggorokan: Selesma Gejala selesma biasanya diawali dengan sakit tenggorokan diikuti pilek, hidung tersumbat, dan batuk. Demam biasanya muncul pada anak-anak, namun jarang terjadi pada orang dewasa. Ada ratusan jenis virus yang bisa menyebabkan selesma, namun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Influenza Berbeda dengan selesma, gejala flu biasanya lebih berat dan berupa sakit tenggorokan, demam tinggi, pegal-pegal di seluruh badan, batuk, dan pilek. Sebagian besar virus influenza akan hilang dalam 5-7 hari, tetapi ada beberapa jenis virus influenza yang berbahaya dan telah menimbulkan pandemik seperti virus H1N1 (flu babi). Ber [...]

Mencermati Penyebab Batuk Pada Bayi

Mencermati Penyebab Batuk Pada Bayi

Ketika bayi Anda batuk, hal tersebut bisa terdengar memprihatikan. Apalagi jika batuk pada bayi mengganggu kenyamanannya. Umumnya, batuk pada bayi akan mereda dengan sendirinya setelah dua minggu, namun bukan berarti Anda bisa menganggapnya remeh. Orang tua perlu mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis batuk dan tanda-tanda jika telah terjadi perkembangan penyakit atau bahkan komplikasi. Mengenali Jenis Batuk Sebagaimana orang dewasa, bayi dapat mengalami batuk kering atau batuk berdahak. Batuk kering merupakan upaya menghilangkan gangguan yang terjadi karena rasa gatal pada bagian belakang tenggorokan. Ini terjadi karena adanya pembengkakan pada tenggorokan dan saluran pernapasan. Batuk kering biasanya menjadi gejala terjangkitnya pilek atau flu. Bayi memiliki kemungkinan mengalami pilek hingga delapan kali per tahun. Namun jangan khawatir karena seiring waktu kekebalan tubuh si kecil akan meningkat. Sementara itu, batuk berdahak merupakan upaya alami untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru. Batuk pada bayi juga bisa saja diikuti dengan gejala-gejala lain, seperti demam, hidung tersumbat, radang tenggorokan, mata merah, tidak nafsu makan, dan rewel. Selain itu bisa muncul [...]

6 Penyebab Anemia

6 Penyebab Anemia

Anemia adalah suatu keadaan dimana terjadi keadaan kurangnya darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Komponen darah ini tidak memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Bila Anda merasa lelah bahkan setelah tidur yang cukup dan merasa kekurangan tenaga setelah aktivitas normal maka kemungkinan besar Anda menderita anemia. Anemia pun dapat menjadi dasar dari gangguan ingatan atau gangguan perasaan Anda. Beberapa gejala anemia lainnya adalah kelemahan, pusing, kulit yang pucat dan nyeri kepala. Beberapa penyebab dari anemia adalah: Rendahnya konsumsi besiDiet makanan yang rendah besi dapat menimbulkan anemia. Besi yang didapatkan dari sayuran tidak diserap sebaik kandungan besi yang ada dalam daging. Beberapa penyakit seperti celiac dan crohn?s dapat mempengaruhi penyerapan zat besi. Kekurangan vitaminTubuh memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk membuat sel darah merah. Diet makanan yang rendah akan kandungan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Beberapa penyakit autoimmune juga dapat menyebabkan kelainan dalam penyerapan vitamin ini. Beberapa kandungan makanan seperti sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, roti, dan pasta mengandung asam folat. Pe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *