Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Pencegah perut kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya.

Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung.

Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung:

1. Sayuran Tertentu
Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.

2. Produk Susu (dairy products)
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.

4. Junk food
Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi perut kembung / makanan pencegah perut kembung:

1. Serat

Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, juga dapat diperoleh dari gandum dan beras merah. Serat baik untuk saluran cerna.

2. Jahe, kunyit, dan peppermint
Ketiga bahan herbal tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.

3. Prebiotik dan Probiotik
Prebiotik alami dapat diperoleh dari asparagus dan oat (sejenis gandum) sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt. Namun konsumsi yogurt perlu diwaspadai pada penderita intoleransi laktosa karena dapat berdampak sebaliknya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering merasa kembung? Perhatikanlah apa yang Anda makan untuk mengatasi kembung Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Miras Oplosan dan Bahayanya

Miras Oplosan dan Bahayanya

Tidak semua orang pernah mendengar atau mengetahui tentang etanol. Namun, kita semua sangat awam tentang minuman keras atau minuman beralkohol. Mungkin tidak semua pernah mengonsumsi, namun paling tidak mengetahui dampak negatif mengonsumsinya. Minuman keras atau minuman beralkohol yang sering kita dengar tersebut sebenarnya mengandung etanol. Terdapat 3 jenis minuman beralkohol atau minuman keras, yaitu: bir, minuman anggur dan spiritus. Masing-masing dengan kadar etanol berbeda-beda. Spiritus dan vodka mengandung etanol yang telah mengalami proses pemurnian dan berada dalam kadar yang lebih tinggi. Kandungan etanol dalam minuman keras, seperti bir biasanya berkisar antara 4%-6%, namun ada produk yang dapat mencapai hingga 12%. Minuman anggur dapat mengandung 9%-16% etanol. Sedangkan produk dengan kadar etanol lebih tinggi seperti spiritus, dapat mengandung 20% hingga mencapai 96% etanol. Bagaimana oplosan bisa bermula? Berikut tinjauan sejarahnya: Sejarah Miras Oplosan Berdasarkan akar sejarahnya, minuman beralkohol sebenarnya dikonsumsi oleh mereka yang tinggal di dataran eropa maupun wilayah berudara dingin dengan tujuan untuk menghangatkan tubuh. Namun, [...]

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Jangan Minum Kopi Pagi-pagi!

Minum kopi di pagi hari menjadi kebiasaan begitu banyak orang untuk mengusir kantuk saat bekerja maupun menjalankan aktivitas lainnya. Waktu ini dinilai tepat karena membuat mereka lebih prima. Tapi ternyata, pagi hari sebenarnya salah satu saat terburuk dalam sehari untuk anda minum kopi. Alasannya? Karena tingginya tingkat kortisol dalam tubuh kita di pagi hari. Seperti yang kita ketahui bahwa mengonsumsi kafein ketika kadar kortisol tinggi menciptakan dua masalah. Salah satunya adalah bahwa kafein mengganggu produksi kortisol di dalam tubuh, hormon ini yang dilepaskan oleh tubuh dalam respon terhadap stres dan glukosa darah pada kadar yang rendah. Tubuh pada akhirnya memproduksi kortisol yang rendah dan lebih mengandalkan kafein untuk mengompensasi hal yang terjadi. Inilah efek lain ari minum kopi di pagi hari. Jangan Minum Kopi Pagi-pagi! Efek lain dari minum kopi di pagi hari adalah meningkatkan toleransi seseorang terhadap kafein karena menggantikan kortisol yang disebabkan dorongan alami yang memang merupakan respon dari tubuh. Ingatlah bahwa kadar kortisol tinggi pada tiga kali dalam sehari, bukan hanya pagi hari saja. Menurut sebuah studi 2009 yait [...]

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Ini Cara Masak yang Bisa Mempercepat Penuaan Kulit

Cara memasak ternyata bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang. Mengolah makanan dengan cara memanggang, membuat kulit lebih cepat keriput dibandingkan mengukusnya.Sebuah scanner teknologi baru telah mengungkap kerusakan kulit yang terjadi akibat memasak dengan cara panggang dan goreng. Alat scanner tersebut memeriksa kondisi kesehatan kulit dengan cara mengukur tingkat Advannced Glycation End-products (AGEs) dalam tubuh. AGEs merupakan senyawa yang bersifat merusak. Dalam konsentrasi tinggi, AGEs bisa mempercepat penuaan kulit dan biasanya terbentuk ketika makanan dimasak dalam temperatur tinggi --disebabkan reaksi antara karbohidrat (gula dan pati) dan protein atau lemak bersuhu tinggi.Seperti halnya indeks massa tubuh dan tekanan darah, tingkat AGEs juga menjadi penanda kondisi kesehatan. Penting untuk mengetahui level AGEs karena membantu Anda memilih gaya hidup yang lebih sehat. Penelitian yang dilakukan Morinda --brand penyedia produk kesehatan asal Amerika-- menunjukkan bahwa AGEs diserap ke dalam tubuh melalui makanan. Jika terlalu banyak, senyawa ini akan menyebabkan keriput dan kulit mengendur karena kerusakan kolagen dan elastin, dua komponen yang membuat kulit terlih [...]

Lebih Sedikit Berbohong, Lebih Sehat

Lebih Sedikit Berbohong, Lebih Sehat

Tidak berbohong dapat meningkatkan kadar kesehatan seseorang. Itulah kesimpulan yang didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anita Kelly, PhD, seorang professor dari University of Notre Dame. Penelitian ini mengikutsertakan 110 orang usia 18-71 tahun yang dibagi ke dalam 2 kelompok. Kelompok yang pertama diminta untuk tidak berbohong selama 10 minggu sementara kelompok lainnya diminta untuk menghitung berapa sering mereka berbohong dalam kurun waktu yang sama. Dalam kurun waktu tersebut setiap peserta penelitian diberikan pertanyaan mengenai kondisi hubungan antarmanusia yang mereka alami, kesehatan emosi dan kesehatan fisik. Terkait kesehatan fisik, para peserta ditanyakan mengenai keluhan sakit kepala atau sulit tidur.(Baca: 10 Petunjuk Pola Hidup Sehat) Setelah masa penelitian berakhir, maka disimpulkan bahwa kedua kelompok berbohong lebih sedikit dengan kelompok yang diminta untuk tidak berbohong melakukan kebohongan jauh lebih sedikit daripada kelompok lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kelompok yang berbohong lebih sedikit juga ternyata mengalami keluhan kesehatan fisik lebih sedikit. (Baca: 4 Saran Dokter Cara Puasa Ngga Gampang Sakit) Secara med [...]

Ini Buah Paling Tinggi Kandungan Vitamin C-nya

Ini Buah Paling Tinggi Kandungan Vitamin C-nya

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Vitamin ini juga berkhasiat mempercantik kulit serta mencegah gusi berdarah. Sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C, yaitu sebanyak 75 mg per harinya. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksi sendiri vitamin C, tapi harus diasup dari luar. Sumber vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan seperti nanas, mangga, jeruk, anggur dan kiwi. Dari semua buah yang disebutkan, kiwi merupakan buah yang cukup banyak kandungan vitamin C-nya. Pada jenis kiwi berwarna hijau misalnya, mengandung 85 mg vitamin C per 100 gram-nya. Kandungan vitamin C bisa lebih tinggi lagi pada kiwi jenis Gold dan Sungold, yaitu masing-masing sebanyak 105,4 mg dan 161,3 mg per 100 gram.Sebagai perbandingan, mangga memiliki 27,7 mg kandungan vitamin C sementara nanas 47,8 mg. Jeruk yang dikenal sebagai buah kaya vitamin C mengandung lebih sedikit dari kiwi hijau, yaitu 53,2 mg. Sedangkan buah-buahan lainnya seperti anggur, pir, apel, semangka dan pisang masing-masing di bawah 10 mg.Kadar vitamin C dalam tubuh sangat mudah menurun karena sifatnya yang larut air. Maka dar [...]

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Sudah seharusnya bahwa orang tua memperhatikan benar apa yang dikonsumsi oleh anak. Jangan hanya karena alasan sibuk, orang tua malah memberikan makanan yang tidak sehat. Untuk menghindarinya, simak lima makanan yang sebaiknya tidak Anda sajikanuntuk si kecil, seperti yang dikutip dari Lifemojo.1. Chicken nuggetsMakanan ini merupakan salah satu makanan favorit anak-anak. Sayangnya, makanan ini mengandung banyak garam, perasa buatan dan bahan pengawet. Belum lagi chicken nugget dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang kaya akan lemak trans (salah satu jenis lemak yang tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengikis kolesterol baik) Memakannya dengan saus tomat atau sambal botolan tentu semakin memperparah keadaan.Tak diragukan lagi, makanan ini memang lezat namun sedikit sekali nutrisi yang bisa diambil oleh tubuh. Sebaiknya, ganti chicken nugget dengan dada ayam bakar yang dibentuk lucu, mungkin diperlukan usaha dan kreatif lebih untuk membuatnya tapi ini berguna agar si kecil termotivasi untuk mengonsumsinya.2. Sereal manisSereal manis dengan berbagai rasa seperti cokelat atau marshmellow juga menjadi santapan favorit si kecil saat sarapan. Sebagian sereal tersebut meng [...]

6 Kebiasaan Sehat untuk Melawan Penuaan

6 Kebiasaan Sehat untuk Melawan Penuaan

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada kulit saja. Tubuh secara keseluruhan pun bisa mengalami yang namanya penuaan. Proses ini memang alami dan merupakan bagian dari lingkarang kehidupan. Tapi tentunya Anda ingin ketika sudah mencapai usia senja, kulit masih elastis, wajah masih segar, tubuh sehat dan bugar serta daya ingat masih kuat. Cara mendapatkannya, dengan melakukan enam kebiasaan sehat yang dikutip dari Canadian Living.1. Hindari Paparan Sinar Matahari Terlalu Sering & LamaTerkena paparan sinar matahari terlalu sering dan lama bisa mengakibatkan kanker kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti noda kecoklatan dan kerutan. Agar kulit sehat dan tampak muda lebih lama, hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan selalu gunakan sunscreen. Kenakan juga topi dan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV.2. Diet Sehat Seiring bertambahnya usia, tubuh semakin rentan terkena gangguan kesehatan. Jadi salah satu strategi agar sehat lebih lama adalah mengonsumsi variasi makanan sehat yang rendah lemak, kaya serat, sumber vitamin, mineral dan antioksidan. Menurut konsultan diet Cathy Pearson, diet sehat bisa meningkatkan tingkat energi, kesehatan ment [...]

Cara Mengajak Pasangan untuk Jalani Hidup Sehat

Cara Mengajak Pasangan untuk Jalani Hidup Sehat

Kebiasaan pasangan melakukan gaya hidup 'sembarangan' seringkali membuat Anda khawatir. Apabila pasangan belum bisa mengimbangi hidup sehat Anda, cobalah untuk terus mendukungnya. Dikutip dari Health Me Up, inilah cara menyemangati pasangan agar mau mengubah pola hidup sehat. 1. Tunjukkan Manfaat Hidup SehatJangan hanya memberikan nasihat, Anda perlu menunjukkan secara langsung manfaat dari hidup sehat. Beritahukan dia bahwa hidup sehat bisa membuat Anda semakin nyaman menjalani kegiatan, bebas melakukan aktivitas tanpa takut sakit jantung atau penyakit lainnya, dan merasa lebih semangat. Setelah melihat sendiri khasiatnya, pasangan akan percaya dan yakin untuk mengubah gaya hidupnya.2. Jangan MengomelOmelan hanya memperkeruh suasana. Pasangan bisa merasa kesal dan tidak mau menjalankan apa yang disarankan bila Anda memberikan nasihat dengan intonasi nada tinggi. Lebih ajak ia untuk melakukan aktivitas bersama, seperti jogging pada pagi hari, pergi ke pusat kebugaran, bermain badminton bersama dan mengonsumsi makanan yang sehat.3. Terus Semangati PasanganMungkin pasangan Anda bukan seseorang yang biasa melakukan fitness atau pergi ke gym. Anda bisa menggantinya dengan olahraga y [...]

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

5 Cara Sederhana Untuk Dapatkan Jantung Sehat

Setiap orang tentunya ingin memiliki jantung yang sehat. Namun untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Sedari dini, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan, salah satunya dengan lima langkah sederhana ini.Menurut Holly Andersen, direktur pendidikan di rumah sakit NewYork-Presbyterian, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan tubuh setiap tahunnya. Berikut lima cara sederhana tersebut, seperti yang dikutip dari Times of India.1. Kenali angka AndaAngka disini maksudnya adalah jumlah tekanan darah, kolesterol, tingkat trigliserida. Mengetahui jumlah tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memulai hidup sehat agar mendapatkan jantung kuat.2. Mulailah berjalanBerolahraga merupakan salah satu cara untuk membuat Anda tetap awet muda. Berjalan kaki selama kurang lebih 20 hingga 30 menit setiap minggu, dapat mengurangi kematian dini lebih dari 50 persen.3. Perbanyak tertawaTertawa adalah obat yang paling mujarab. Tertawa 15 menit setara dengan 30 menit latihan aerobik untuk jantung. Tetawa juga sering dikaitkan dengan fungsi sehat pembuluh darah, peningkatan hormon otak yang memperbaiki mood dan pengurangan rasa sakit serta ce [...]

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Perabotan di rumah bisa saja menyimpan ribuan bakteri dan kuman yang bisa membahayakan tubuh. Menurut penelitian, laci sayuran dalam kulkas merupakan tempat terjorok.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, laci sayuran dapat mengandung bakteri 750 kali lipat jumlahnya dibandingkan tempat lain. Menurut para peneliti, laci sayuran mengandung bakteri yang berbahaya seperti E.coli, Salmonella dan Listeria.Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti telah melakukan percobaan terhadap 30 kulkas. Hasilnya, mereka menemukan rata-rata 7.850 unit koloni bakteri per satu centimeter persegi. Penghitungan ini menggunakan satuan cfu/cm2 atau colony-forming units per square centimeter."Fungsi lemari es adalah untuk menjaga makanan agar tetap aman dan meminimalkan kemungkinan adanya pertumbuhan bakteri serta jamur. Kinerja kulkas sangat penting ketika cuaca hangat, saat suhu lingkungan tinggi berarti ada potensi bagi bakteri untuk berkembang biak. " ujar Paul McDonnell dari Microban Europe di Cannock, Staffordshire yang memimpin penelitian.McDonnell menambahkan bahwa laci sayuran merupakan area paling kotor karena sayuran dan buah masih mengandung bakteri dari tanah, walau telah melewati pros [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *