Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Pencegah perut kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya.

Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung.

Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung:

1. Sayuran Tertentu
Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.

2. Produk Susu (dairy products)
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.

4. Junk food
Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi perut kembung / makanan pencegah perut kembung:

1. Serat

Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, juga dapat diperoleh dari gandum dan beras merah. Serat baik untuk saluran cerna.

2. Jahe, kunyit, dan peppermint
Ketiga bahan herbal tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.

3. Prebiotik dan Probiotik
Prebiotik alami dapat diperoleh dari asparagus dan oat (sejenis gandum) sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt. Namun konsumsi yogurt perlu diwaspadai pada penderita intoleransi laktosa karena dapat berdampak sebaliknya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering merasa kembung? Perhatikanlah apa yang Anda makan untuk mengatasi kembung Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan bahwa "Secara umum pergantian cuaca itu memang bisa memicu ulat-ulat itu untuk bisa keluar dari tempatnya. Ini menyerang tanaman mangga dan sudah luar biasa.? Namun jika diteliti lebih lanjut ternyata ada 3 spesies ulat bulu yang menyebar dan mengakibatkan wabah yang cukup serius di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata. ''Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,'' tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah. Salah satu spesies yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan. Namun dapat dipastikan ancaman bahaya kesehatan yang ada berada ditahap sekunder. Paparan ancaman yang diberikan ulat bulu sebatas gatal-gatal atau inflamasi ringan. Untuk pertolongan pertama jika terkena reaksi inflamasi ringan akibat ulat bulu, ikut [...]

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat menjalankan puasa, umat Muslim tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, maka kecenderungan yang sering terjadi adalah kenaikan berat badan. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapat mencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Hal ini disebabkan karena: Makanan pada saat sahur lebih sering terdiri dari makanan berat dengan kalori tinggi dan tinggi karbohidrat. Makanan pada saat berbuka juga lebih sering makanan berat dengan kalori tinggi, tinggi karbohidrat, tinggi lemak dan jumlah yang banyak. Pada malam hari, setelah berbuka, seringkali dilanjutkan dengan mengkonsumsi camilan atau makanan penutup dengan kalori yang tinggi. Rendah konsumsi buah dan sayuran. Alhasil, pada akhir bulan puasa, cukup banyak yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Nah, bagaimanakah solusinya? Simak artikel 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa disini selengkapnya. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info.[](JF) [...]

Studi: Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat Dari yang Rata

Studi: Wanita Berbokong Besar Lebih Sehat Dari yang Rata

Sebagian wanita dilahirkan dengan bokong besar yang seksi. Sebagian lainnya yang memiliki bokong rata melakukan implan demi mendapatkan tampilan bokong yang lebih besar. Selain terlihat seksi, wanita dengan bokong besar alami ternyata lebih sehat daripada yang rata. Berdasarkan penelitian di University of Oxford, wanita berbokong besar lebih sehat dan tidak rentan terhadap penyakit kronis. Seperti yang dilansir dari ABC News, wanita dengan bokong besar memiliki tingkat kolesterol dan gula yang rendah. Oleh karena itu, wanita berbokong besar lebih kecil kemungkinannya mempunyai penyakit diabetes atau jantung daripada yang berpinggul serta bokong rata."Professor Konstantinos Manolopoulos, pimpinan University of Oxford mengatakan bahwa wanita dengan lebih banyak lemak di bagian bokong memiliki kolesterol dan kadar glukosa yang rendah," ujar salah satu peneliti seperti dilansir dari All Women Stalk. Lebih lanjut, penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pemilik bokong besar memiliki hormon leptin lebih stabil. Hormon leptin berperan dalam mengatur asupan makan, keseimbangan energi, dan berat badan. Hormon ini digerakkan oleh lemak sehingga ketika bokong memiliki banyak lemak sec [...]

Kenapa Seseorang Bisa Mimpi Basah?

Kenapa Seseorang Bisa Mimpi Basah?

Ketika memasuki masa pubertas, remaja pria akan mengalami mimpi basah. Tidak jarang, mimpi erotis semacam itu juga dialami pria dewasa. Namun apa sebenarnya mimpi basah dan bagaimana dengan intensitas mimpi basah yang wajar? Mimpi basah atau nocturnal emission adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Umumnya pada saat itu, pria bermimpi melakukan hubungan seksual. Ejakulasi saat mimpi basah bisa terjadi tanpa rangsangan tertentu. Faktor Usia Berapa kali seseorang mengalami mimpi basah sangatlah bervariasi. Bagi pria belum menikah yang berusia 15-40 tahun, rata-rata mengalami mimpi basah satu kali tiap 3-5 minggu. Sementara bagi pria yang sudah menikah antara usia 19-50 tahun, rata-rata mengalami mimpi basah satu kali tiap 4-8 minggu. Salah satu yang menjadi pemicu mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual, terutama pada pria yang belum memiliki pasangan. Seberapa sering seorang pria mengalami mimpi basah diduga juga berkaitan dengan masturbasi. Secara umum, mimpi basah paling banyak dialami pria yang jarang melakukan masturbasi. Frekuensi mimpi basah biasanya akan makin jarang dialami seiring dengan pertambahan usia. Namun sebagian pria yang berusia 60-7 [...]

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

6 Cara Aneh untuk Tidak Mudah Sakit

Mungkin Anda sudah familiar dengan fungsi antioksidan seperti vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh dan tidak mudah sakit. Namun tahukah Anda, ternyata ada cara lain yang cukup aneh untuk meningkatkan imunitas dan agar tidak mudah sakit: Berciuman Ya, berciuman dapat membantu Anda untuk memerangi flu! Dengan bertukar bakteri, Anda akan menstimulasi daya tahan tubuh secara alami dan meningkatkan imunitas tubuh. Tentunya pastikan pasangan Anda sedang tidak flu juga. Bahkan berhubungan seks, jika dilakukan secara rutin seminggu sekali dapat meningkatkan produksi immunoglobulin A (IgA), yaitu suatu protein untuk kekebalan tubuh yang dapat membunuh kuman. Mendengarkan musik Riset menunjukkan bahwa mendengarkan musik seperti jazz atau soft rock saat Anda sedang sakit selama 30 menit, dapat membantu meningkatkan kadar IgA dalam tubuh. Berjalan cepat, namun jangan berlari Jika Anda berjalan cepat selama 45 menit, 4x atau lebih dalam seminggu dapat meningkatkan kadar imunitas tubuh dan dapat terhindar dari sakit. Jangan membuang ingus Ketika Anda sedang flu, hidung Anda akan dipenuhi dengan cairan dan sekret. Hindari untuk membuang ingus, terlebih s [...]

Untuk Anak yang Lepas ASI, Susu UHT atau Formula?

Untuk Anak yang Lepas ASI, Susu UHT atau Formula?

Air susu ibu (ASI) merupakan satu-satunya makanan terbaik bagi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Pemberian ASI dapat diteruskan sampai dengan usia 2 tahun atau bahkan lebih lama. Mengapa ASI merupakan makanan terbaik? Komposisi nutrisi dan bioaktif yang terdapat pada ASI sangat bermanfaat untuk kesehatan dan pembentukan daya tahan tubuh bayi. ASI Air mengandung bahan komponen antiinfeksi, antiradang, zat untuk pertumbuhan, dan prebiotik. Selain itu, ASI memiliki kandungan nutrisi yang dinamis, artinya kandungan nutrisinya akan berubah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi bayi seiring pertumbuhannya. Setelah usia 6 bulan, bayi dianjurkan untuk mendapat makanan padat sebagai pendamping ASI. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), pada usia 2 tahun Si Kecil dapat diberikan susu sebagai asupan tambahan. Pada beberapa kasus, susu pengganti ASI dapat diberikan sebelum usia ini, namun tentunya harus dengan rekomendasi dari dokter. Selain kandungan ASI yang lebih baik, susu sapi dapat mencetuskan alergi pada beberapa kasus. Mungkin kita sering bertanya, mengapa susu sapi yang paling banyak beredar di pasaran sebagai nutrisi tambahan? Susu sapi merupakan bahan makanan penting bukan hany [...]

6 Tips Cepat Hamil

6 Tips Cepat Hamil

Pada prinsipnya, status kondisi tubuh calon ibu dan ayah jelas mempengaruhi proses memperoleh keturunan. Jadi, dari sekian banyak persiapan kehamilan yang dapat dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan calon ibu sangat penting untuk diprioritaskan. Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik. Berikut ini adalah 6 cara mempercepat kehamilan bagi Anda yang merencanakan kehamilan: Lakukan medical check up sebelum merencanakan kehamilan Sebelum Anda merencanakan kehamilan, dianjurkan agar Anda terlebih dahulu berkonsultasi dan melakukan medical check-up. Tanyakan kepada dokter vitamin apa saja yang sebaiknya dikonsumsi, misalnya: asam folat yang berguna untuk mencegah kelainan bawaan seperti spina bifida (kelainan saraf tulang belakang). (Baca: 5 Medical Check-up Wajib untuk Wanita) 2. Pahami Siklus Menstruasi Anda Dengan mengetahui siklus menstruasi, maka Anda juga akan dapat mengetahui periode ovulasi Anda. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda dapat memfokuskan untuk hubungan seksual. Cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi Anda normal yakni 21-35 hari, maka cara perh [...]

Ingin Selalu Senang & Langsing? Bangun Lebih Pagi!

Ingin Selalu Senang & Langsing? Bangun Lebih Pagi!

Bangun pagi tak hanya membuat Anda terhindar dari masalah kemacetan. Menurut penelitian, bangun pagi bisa buat Anda jauh lebih sehat, bahagia serta langsing. Wow!Para peneliti dari Roehampton University menyimpulkan bahwa, mereka yang bisa melawan rasa kantuk dan mau bangun lebih pagi dapat menyelesaikan pekerjaan di pagi hari lebih cepat. Misalnya, menyiapkan sarapan, mengantar anak ke sekolah dan pergi ke kantor.Sementara itu, para peneliti menemukan bahwa orang yang suka bergadang akan berisiko mengalami stres dan depresi. Tak hanya itu, berat badan mereka juga diperkirakan akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan.Kesimpulan tersebut didapat dari hasil jajak pendapat terhadap 1.068 orang dewasa. Mereka diberi pertanyaan seputar kesehatan dan kebiasaan tidur. Dari survei itu ditemukan, 'morning people' rata-rata bangun pada pukul 6.58 pagi, sedangkan 'evening people' baru akan bangun pada pukul 8.45 pagi untuk memulai hari.Pada akhir pekan, kedua kelompok tersebut menikmati tambahan satu jam untuk tidur, dan bangun pada puku 7.47 pagi ('morning people') dan pukul 10.09 pagi ('evening people')."Ada 'morning people' dan 'evening people', dan orang pagi cenderung lebih sehat [...]

Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Haus sebenarnya adalah kondisi normal sebagai tanda bahwa tubuh membutuhkan cairan untuk menjalankan metabolisme. Namun selalu merasa haus sepanjang waktu justru bisa jadi tanda ada hal yang tidak normal dalam tubuh. Apabila Anda selalu merasa haus sepanjang waktu, sebaiknya diwaspadai. Bisa jadi itu adalah salah satu gejala penyakit diabetes. Rasa haus yang normal menjadi pertanda bahwa tubuh memerlukan cairan sebagai respons atas beberapa kondisi mulai dari dehidrasi, respons terhadap makanan, kehamilan dan respons terhadap obat-obatan tertentu. Dehidrasi: biasanya terjadi setelah cukup lama tidak mengonsumsi cairan, apalagi jika tubuh mengalami hilangnya cairan akibat kondisi tertentu seperti diare, muntah, ataupun banyak berkeringat. Makanan: mengonsumsi makanan, terutama makanan pedas dan asin dapat membuat tubuh haus dan ingin mengonsumsi lebih banyak cairan. Kehamilan: wanita hamil umumnya lebih sering merasa haus dan ingin buang air kecil terus menerus. Obat-obatan tertentu: konsumsi obat-obatan tertentu seperti litium dan diuretik dapat menyebabkan orang merasa haus berlebihan. Di samping penyebab haus seperti disebutkan di atas, terkadang pada beberapa kasus ada jug [...]

Marah-marah Main Flappy Bird Dapat Menyebabkan Mr. P Loyo

Marah-marah Main Flappy Bird Dapat Menyebabkan Mr. P Loyo

Permainan "Flappy Bird" yang sedang marak di berbagai smartphone akhir-akhir ini dikhawatirkan mencetuskan stres. Demikian pemantauan PeduliSehat.info dari hasil penyerapan pada fenomena sosial media Twitter pada Rabu (05/02). Topik Flappy Bird yang sudah bertengger dalam kategori Trending Topics Twitter.com, memuat rata-rata 9 dari 10 tweet bertendensi negatif dari pengalaman mereka memainkan game Flappy Bird. Bahkan lebih jauh tidak sedikit yang mengungkapkan perasaannya cenderung marah, kesal, bahkan stres akibat memainkan game yang dirilis pada Mei 2013 silam tersebut. Marah, kecewa, kesal yang ditimbulkan akibat bermain game Flappy Bird tidak menutup kemungkinan menjuruskan seseorang dalam kondisi stres hingga menyebabkan gagalnya ereksi pada pria. Tidak dapat dipungkiri, meskipun banyak penelitian yang mengemukakan manfaat kesehatan dalam bermain games, jika dalam melakukan permainan justru emosi negatif yang muncul, maka dampaknya malah berbalik menjadi bahaya untuk kesehatan. Dalam kondisi medis, pencetus stres disebut dengan istilah stressor. Stressor bagi seseorang, menjerumuskan tubuh dalam berbagai kemungkinan penyakit, diantaranya: Meningkatkan kolesterol Me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *