Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Pencegah perut kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya.

Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung.

Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung:

1. Sayuran Tertentu
Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.

2. Produk Susu (dairy products)
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.

4. Junk food
Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi perut kembung / makanan pencegah perut kembung:

1. Serat

Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, juga dapat diperoleh dari gandum dan beras merah. Serat baik untuk saluran cerna.

2. Jahe, kunyit, dan peppermint
Ketiga bahan herbal tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.

3. Prebiotik dan Probiotik
Prebiotik alami dapat diperoleh dari asparagus dan oat (sejenis gandum) sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt. Namun konsumsi yogurt perlu diwaspadai pada penderita intoleransi laktosa karena dapat berdampak sebaliknya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering merasa kembung? Perhatikanlah apa yang Anda makan untuk mengatasi kembung Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Sudah Tepatkah Penggunaan Antibiotika Anda?

Sudah Tepatkah Penggunaan Antibiotika Anda?

Penggunaan antibiotika yang sangat masif dalam 50 tahun terakhir mengakibatkan masalah tersendiri dalam dunia pengobatan, yakni resistensi terhadap beberapa antibiotika. Tidak hanya menimbulkan peningkatan masalah resistensi pada pasien, namun yang lebih berbahaya adalah menimbulkan resistensi di komunitas, negara, sampai dengan kawasan negara-negara. Kenyataan ini juga akan membahayakan individu yang tadinya tidak resisten terhadap obat tertentu. Di Uni Eropa, masalah resistensi menjadi fokus utama, sebab 25.000 kematian telah terjadi akibat resistensi terhadap obat. Untuk mempromosikan penggunaan antibiotika yang rasional, pada bulan Oktober hingga Maret 2002 dilakukan kebuah kampanye penggunaan antibiotika yang rasional. Hasilnya cukup mencengangkan, pada tahun 2007 didapatkan data bahwa penggunaan antibiotika menurun 26,5% apabila dibandingkan dengan penggunaan antibiotika pada rentang waktu 2000-2002. Pada negara berkembang seperti Indonesia, penggunaan antibiotik paling banyak dijumpai pada kasus infeksi saluran napas atas. Hal ini sebenarnya tidak rasional. Mengapa? Tidak semua kasus infeksi saluran pernapasan atas seperti batuk pilek memerlukan antibiotika, karena sebagian [...]

4 Cara Dokter Tetap Segar Selama Puasa

4 Cara Dokter Tetap Segar Selama Puasa

Ramadhan merupakan bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia setiap tahunnya. Saat Ramadhan juga berarti saat untuk menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga. Puasa di bulan Ramadhan dapat juga meningkatkan risiko dehidrasi karena makanan dan minuman dibatasi sebelum sahur dan sesudah maghrib. Oleh karena itu asupan yang tepat dapat melancarkan puasa Anda: Jangan melewatkan santap sahur Seperti ibarat pepatah, makan pagi merupakan waktu makan yang terpenting sepanjang hari. Terlebih dalam bulan Ramadan, hal ini menjadi sangatlah penting. Jika Anda melewatkan santap sahur, maka tubuh Anda akan mengalami waktu puasa yang lebih panjang dan tubuh Anda hanya akan bergantung dari makanan yang sebelumnya Anda konsumsi sebelum tidur. Hal ini dapat membuat Anda merasa lelah, dehidrasi dan kurang bersemangat sepanjang hari. Selain itu melewatkan waktu sahur dapat membuat Anda makan berlebih saat berbuka dan meningkatkan berat badan. (Baca: Saran Dokter Menu Sahur & Buka Puasa yang Sehat) Jangan makan berlebih saat berbuka Sebagaimana tidak disarankan untuk melewatkan waktu sahur, makan berlebih saat berbuka puasa juga tidak dianjurkan. Saat berbuka puas [...]

Minuman Bersoda dapat Memperparah Osteoartritis

Minuman Bersoda dapat Memperparah Osteoartritis

Apa yang Anda ketahui tentang Osteoartritis? Seringkali kita lebih sering mendengar orang-orang menyebutnya dengan istilah rematik. Osteoartritis merupakan penyakit persendian yang paling banyak ditemukan. Pada osteoartritis terjadi penyempitan celah sendi karena rusaknya tulang rawan sendi yang dapat disertai dengan pertumbuhan tulang rawan dan tulang baru pada persendian. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri, pembengkakan sendi dan rasa kaku pada persendian. Penyakit ini lebih sering terjadi pada wanita, namun dapat juga terjadi pada pria, terutama pada usia di atas 40 tahun dan memiliki berat badan berlebih. Penyakit osteoartritis lebih sering menyerang para pria yang sering bekerja berat seperti pekerja konstruksi/mekanik, pekerja lapangan, dan mereka yang banyak bekerja secara fisik (mengangkat benda berat, menekuk lutut, aktivitas berulang-ulang). Olahragawan pria yang sering mengalami trauma pada persendian juga terancam menderita penyakit ini. Persendian yang paling sering mengalami masalah ini adalah sendi-sendi jari tangan, lutut dan panggul. Apa bahaya lebih parah jika minum soda? Klik next untuk melanjutkan. Minuman Bersoda dapat Memperparah Osteoar [...]

Kaki Bengkak, Hati-Hati Empat Penyakit Ini

Kaki Bengkak, Hati-Hati Empat Penyakit Ini

Apakah Anda pernah mengeluh kaki terasa bengkak? Kedua kaki menjadi membesar dan kulit terlihat tegang. Kaki bengkak akibat terisi cairan dikenal dengan istilah ?Edema?. Edema dapat disebabkan oleh berbagai penyakit. Apa saja penyakit yang menyebabkan keadaan ini? 1. Gagal jantung Gagal jantung adalah penyakit yang umum ditemui. Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti: tekanan darah tinggi, diabetes, atau adanya kadar lemak yang tinggi. Penyandang gagal jantung akan mengeluhkan adanya sesak nafas, cepat lelah dan kaki bengkak. Kaki akan terasa bengkak khususnya setelah beraktivitas lama. Penderita gagal jantung juga akan mengeluhkan cepat merasa lelah. Kegiatan yang seharusnya tidak melelahkan, akan terasa berat bagi penderita gagal jantung. 2. Sirosis hati Sirosis hati adalah istilah yang menggambarkan adanya pengerasan hati. Pada keadaan sirosis hati, komposisi hati berubah dan menjadi lebih banyak jaringan ikat. Keadaan ini menyebabkan hati tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Salah satu tanda yang menyertai keadaan sirosis hati adalah berkumpulnya cairan pada rongga perut, atau disebut asites. Pasien akan mengeluh perut terasa membesar dan tegang. [...]

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Apakah Nutrisi Si Kecil Sudah Tercukupi?

Pertumbuhan yang normal dari seorang anak perlu didukung oleh asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Anda dapat menandai pertumbuhan yang kurang baik dari dua hal, yaitu tinggi badan pendek dibanding usianya dan gagal tumbuh. Selain ditentukan oleh genetik, tinggi badan juga dipengaruhi oleh faktor nutrisi. Pertumbuhan tinggi badan seorang anak dikatakan normal apabila berada pada rentang tinggi badan pada populasi anak secara umum. Biasanya tenaga medis akan menggunakan acuan grafik menurut CDC atau WHO. Diet seimbang yang sehat tidak hanya baik untuk tubuh anak secara keseluruhan, namun juga pada otak mereka. Makanan yang tepat dapat meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi anak. Makanan bergizi dan sarapan sangat vital untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak. Dalam penelitian Kleinman dkk. disebutkan bahwa anak yang tadinya tidak mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang memadai, setelah mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi baik, ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya. Komponen nutrisi dalam makanan anak Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral merupakan elemen penting dalam nutrisi anak. [...]

Tips agar Berhenti Mendengkur Saat Tidur

Tips agar Berhenti Mendengkur Saat Tidur

Menurut penelitian, 45 persen orang dewasa mendengkur ketika tidur. Menurut spesialis yang menangani masalah mendengkur Daniel P. Slaughter, masalah tersebut dapat mengganggu sistem pernafasan selama tidur dan dapat meningkatkan penyebab penyakit jantung. Bahkan Slaughter mengatakan, mendengkur juga dapat menimbulkan masalah dalam pernikahan. Tentu saja itu bisa terjadi karena pasangan bisa merasa terganggu. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mendengkur? Berikut tips yang mungkin dapat membantu Anda seperti dirangkum dari Web MD.1. Mengubah Posisi TidurTidur dengan posisi telentang membuat lidah dan langit-langit mulut bergerak ke dinding belakang tenggorokan sehingga menyebabkan bunyi dengkuran saat tidur. Untuk mencegahnya, Slaughter menyarankan agar Anda mengubah posisi tidur menjadi miring dan dapat dibantu dengan bantal yang panjangnya mencakup seluruh tubuh Anda.Menurut ahli pengobatan masalah tidur Sudhansu Chokroverty, bola tenis yang ditaruh di belakang baju tidur Anda juga dapat membantu Anda agar tidak tidur telentang. Alternatif kedua adalah dengan mencoba tidur berbaring dengan posisi kepala ke atas (dagu diangkat). Cara tersebut dapat membuka jalan perna [...]

Sedang Stres atau Sedih? Makan Sandwich Tuna Buat Anda Lebih Bahagia

Sedang Stres atau Sedih? Makan Sandwich Tuna Buat Anda Lebih Bahagia

Sedang merasa kesal, sedih atau stres? Ada cara baru untuk membuat Anda lebih bahagia, makan saja hidangan laut seperti sandwich tuna atau salmon asap. Berdasarkan studi terbaru, makan ikan bisa membuat mood negatif menjauh. Sayanngya, manfaat ikan ini tidak bisa dirasakan semua orang, tapi hanya pada wanita.Kenapa hanya wanita? Penelitian yang laporannya telah dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology ini menyatakan bahwa asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam ikan, ketika bereaksi dengan hormon seks wanita (estrogen dan progesteron) akan membuat otak berfungsi dengan lebih baik. Hal itu telah dibuktikan lewat studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti di Menzies Research Institute di Tasmania, Australia.Peneliti telah memeriksa 1.400 pria dan wanita dengan usia antara 26-36 tahun selama lima tahun. Para partisipan diminta mencatat pola makan mereka sehari-hari dalam sebuah buku. Makanan apa saja yang merek makan, termasuk apakah mereka mengonsumsi berbagai varian makanan laut seperti ikan, udang dan kerang. Selain itu gaya hidup mereka juga dianalisa. Apakah mereka perokok, rajin berolahraga, mengonsumsi alkohol, latar belakang pendidikan, status pekerjaan hing [...]

5 Cara yang Efektif Menghilangkan Bau Kaki

5 Cara yang Efektif Menghilangkan Bau Kaki

Aroma tidak sedap yang timbul dari kaki tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Sebenarnya, dari mana bau kaki berasal? Menurut podiatrist (ahli penyakit kaki) Josep Stern, orang rata-rata memiliki masing-masing 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya.Seperti keringat lain pada tubuh, keringat di kaki sebenarnya tidak berbau. Tapi akibat keringat yang berlebihan, kelenjar keringat bisa berreaksi terhadap bakteri (yang biasanya menempel pada sel-sel kulit mati), lalu dilepaskan ke udara dan membuat kaki berbau. Jika Anda termasuk penderita masalah bau kaki, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan, atau paling tidak menguranginya, seperti dikutip dari Canadian Living.1. Kenakan kaus kaki terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Sebelum memakai kaus kaki, taburkan dulu telapak kaki dengan talc untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dan menjaga kaki tetap kering. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada sela-sela jari kaki.2. Semprotkan bagian dalam sepatu dengan deodorizer untuk meminimalisir bau. Jika sepatu Anda boleh dicuci, bersihkan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri. Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan mas [...]

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

3 Khasiat Air Kelapa untuk Buka Puasa

Sangatpentingadanya bagi kita untuk segera mengganti cairan tubuh yang hilang ketika berbuka puasa. Karena metabolisme tubuh kita perlu dikembalikan keseimbangannya setelah 14 jam tanpa asupan cairan. Selain dianjurkan untuk mengutamakan cairan dan makanan yang berserat untuk menurunkan rasa lapar, ada beberapa cairan yang dapat direkomendasikan untuk dijadikan pilihan sebagai menu berbuka. Diantaranya adalah air kelapa. Air buah kelapa dapat dikonsumsi sebagai minuman berbuka puasa karena berbagai alasan berikut: Kelapa memiliki kandungan gula sederhana yang dapat mengembalikan kadar gula dalam darah secara cepat. Berbeda dengan minuman bersoda atau minuman energi, dimana kandungan gulanya cenderung membahayakan tubuh dengan ancaman diabetes. Hal yang membuat air kelapa unik berbeda dengan minuman manis lainnya adalah air kelapa memiliki kaya kandungan elektrolit yang juga membantu pemulihan kadar gula tubuh. Air kelapa alami diketahui memiliki sedikit kandungan kalori. Sehingga dapat menurunkan rasa lapar setelah berpuasa, namun tanpa meninggalkan rasa terlalu kenyang sehingga mengganggu makan utama berikutnya. Namun demikian, sekalipun diketahui rendah kalori, yak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *