Makanan Penyebab & Pencegah Perut Kembung

Pencegah perut kembung

Perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal sederhana, misalnya merokok, minum dengan menggunakan sedotan, terlalu banyak makan brokolimentah, makan terlalu cepat, dan sebagainya.

Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung.

Selain itu, saat kita makan makanan tertentu yang sulit dicerna, makanan tersebut akan berada lebih lama di lambung. Bakteri dalam saluran cerna dapat juga memanfaatkan gula dalam makanan tersebut, memecahnya dan menghasilkan gas, yang dapat mengakibatkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang perlu dihindari untuk mencegah kembung / pencegah perut kembung:

1. Sayuran Tertentu
Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.

2. Produk Susu (dairy products)
Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Tidak semua orang dipengaruhi oleh produk susu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik pada penderita intoleransi laktosa, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

3. Makanan Berlemak
Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.

4. Junk food
Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.

Berikut beberapa makanan yang dapat mengurangi perut kembung / makanan pencegah perut kembung:

1. Serat

Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan, juga dapat diperoleh dari gandum dan beras merah. Serat baik untuk saluran cerna.

2. Jahe, kunyit, dan peppermint
Ketiga bahan herbal tersebut dapat membantu mengatasi perut kembung.

3. Prebiotik dan Probiotik
Prebiotik alami dapat diperoleh dari asparagus dan oat (sejenis gandum) sedangkan probiotik alami dapat diperoleh dari yogurt. Namun konsumsi yogurt perlu diwaspadai pada penderita intoleransi laktosa karena dapat berdampak sebaliknya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sering merasa kembung? Perhatikanlah apa yang Anda makan untuk mengatasi kembung Anda.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Cara-cara Penularan HIV

Inilah Cara-cara Penularan HIV

HIV-AIDS merupakan suatu infeksi yang diakibatkan oleh virus Human Immunodefieciency Virus (HIV). Penyakit ini menyerang sistem imun tubuh manusia dan menyebabkan tubuh manusia rentan terhadap berbagai penyakit. Namun penyakit HIV dapat dicegah dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan dan tidak melakukan pola hidup berisiko. Mari kita kenali cara penularan dan cara pencegahan virus HIV. Bagaimana cara penularan virus HIV? HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut. Jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan. Bagaimana cara pencegahan penularan virus HIV? Berikut penjelasannya: Bagaimana cara pencegahan penularan virus HIV? Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghinda [...]

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Laci Sayuran Kulkas, Tempat Terjorok di Rumah

Perabotan di rumah bisa saja menyimpan ribuan bakteri dan kuman yang bisa membahayakan tubuh. Menurut penelitian, laci sayuran dalam kulkas merupakan tempat terjorok.Seperti yang dikutip dari Daily Mail, laci sayuran dapat mengandung bakteri 750 kali lipat jumlahnya dibandingkan tempat lain. Menurut para peneliti, laci sayuran mengandung bakteri yang berbahaya seperti E.coli, Salmonella dan Listeria.Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti telah melakukan percobaan terhadap 30 kulkas. Hasilnya, mereka menemukan rata-rata 7.850 unit koloni bakteri per satu centimeter persegi. Penghitungan ini menggunakan satuan cfu/cm2 atau colony-forming units per square centimeter."Fungsi lemari es adalah untuk menjaga makanan agar tetap aman dan meminimalkan kemungkinan adanya pertumbuhan bakteri serta jamur. Kinerja kulkas sangat penting ketika cuaca hangat, saat suhu lingkungan tinggi berarti ada potensi bagi bakteri untuk berkembang biak. " ujar Paul McDonnell dari Microban Europe di Cannock, Staffordshire yang memimpin penelitian.McDonnell menambahkan bahwa laci sayuran merupakan area paling kotor karena sayuran dan buah masih mengandung bakteri dari tanah, walau telah melewati pros [...]

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks!

Setiap perempuan berisiko terkena kanker leher rahim dan di Indonesia hampir setiap jam terdapat 1 perempuan yang meninggal akibat kanker serviks. Hal ini terjadi karena kesadaran yang kurang pada para wanita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. Pasalnya, pada tahap awal, kanker leher rahim tidak menimbulkan gejala atau keluhan sama sekali. Pada tahap awal ini, pemeriksaan pada daerah serviks menjadi sangat penting untuk mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada daerah serviks. Gejala dan keluhan akan muncul ketika kanker serviks telah berada pada stadium yang lebih lanjut. Hal tersebut tentunya amat perlu diwaspadai para wanita. Apa saja berbagai gejala kanker serviks? Waspadai 9 Gejala Kanker Serviks! Keputihan kronik yang berbau dan bercampur darah. Perdarahan yang terjadi di luar masa menstruasi. Periode menstruasi yang terjadi lebih berat dan lebih lama daripada biasanya. Perdarahan yang terjadi setelah masa menopause. Perdarahan yang terjadi setelah melakukan hubungan seksual. Perdarahan yang terjadi setelah pemeriksaan panggul atau pembersihan vagina (douching). Nyeri di daerah panggul. Nyeri saat mel [...]

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria

Apakah Anda senang memakai celana jins ketat? Para pria mungkin ingin mempertimbangkan kembali hal ini. Bukan hanya memberikan konsekuensi kesehatan jangka pendek seperti rasa tidak nyaman hingga sakit, namun juga dapat menyebabkan efek jangka panjang pada kesehatan. (Baca: 4 Penyakit Akibat Pakaian Dalam Ketat) Pada sebuah survey pada 2000 pria di Inggris yang dilakukan oleh dr. Hilary Jones untuk TENA Men, ditemukan bahwa 1 dari 10 orang pria yang memakai celana jins ketat mengalami konsekuensi kesehatan yang tidak nyaman. Mengapa begitu? Adakah dampak medisnya? Celana Jins dapat Mengganggu Kesehatan Pria Secara medis, menggunakan celana jins ketat dan juga pakaian dalam yang terlalu ketat pada pria dapat memicu terjadinya: infeksi saluran kemih, overactive bladder (kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga terlalu sering berkemih), menurunnya jumlah produksi sperma dan infeksi jamur di daerah selangkangan. Proses pembentukan sperma sangat sensitif terhadap suhu. Dibutuhkan suhu optimal sekitar 34-35 derajat Celcius, sesuai dengan suhu tubuh manusia, untuk terjadinya pembentukan sperma yang baik. Adanya masalah jumlah sperma dan pembentuka [...]

Khawatir Kanker Usus? Lakukan Kolonoskopi

Khawatir Kanker Usus? Lakukan Kolonoskopi

Jika tidak segera ditangani, kanker usus adalah kondisi yang dapat membahayakan nyawa. Untuk mencegah kondisi ini berkembang, umumnya pasien disarankan menjalani kolonoskopi. Kolonoskopi adalah pemeriksaan untuk mendeteksi ketidaknormalan pada usus besar dan anus. Proses ini dilakukan dengan memasukkan kolonoskop atau selang yang ujungnya ada kamera ke dalam dubur. Dokter kemudian dapat melihat ke dalam usus besar dengan kamera video yang menampilkan gambar pada layar. Prosedur ini juga dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan dari usus besar, sekaligus dapat juga mengangkat polip atau jaringan tidak normal di dalamnya. Kolonoskopi umumnya berperan dalam pemeriksaan awal kanker usus besar. Dokter mungkin akan merekomendasikan prosedur ini untuk dilakukan 10 tahun sekali jika Anda berusia 50 tahun ke atas dan berisiko mengidap kanker usus. Selain itu, proses ini dapat menjadi panduan bagi dokter untuk menentukan penyebab gejala-gejala gangguan pada usus, seperti konstipasi kronis, diare, atau pendarahan pada anus. Meski demikian, selain kolonoskopi, dapat juga dijalankan prosedur lain. Kondisi Apa Saja yang Membutuhkan Kolonoskopi? Umumnya seseorang merasa perlu menjalani [...]

Cincin Ini Dapat Mengatasi Masalah Mendengkur

Cincin Ini Dapat Mengatasi Masalah Mendengkur

Sebuah riset menunjukkan, pasangan yang kerap mendengkur menjadi salah satu alasan utama pasangan bertengkar. Tidak sedikit suami atau istri yang sulit tidur karena pasangannya mendengkur. Karena pasangannya mendengkur, istri atau suami jadi kehilangan banyak waktu tidur dan hal tersebut berdampak pada mood seseorang. Kini masalah mendengkur bisa diatasi hanya dengan menggunakan cincin. Sebuah cincin bernama 'Goodnight Anti Snoring Ring' diklaim dapat mengatasi masalah mendengkur. Cincin seharga �29.99 atau sekitar Rp 500 ribuan tersebut berbahan metal. Cincin digunakan di jari kelingking. Bagaimana cara kerjanya? Dikutip Daily Mail, cincin tersebut menggunakan cara kerja yang berprinsip dari China. Ujung-ujungnya menekan sendi di sekitar jari kelingking yang berfungsi untuk meningkatkan arus energi. Tekanan cincin tersebut juga menstimulasi sistem saraf pusat, yang mempengaruhi tenggorokan dan otot laring, mengurangi ,mengurangi pembengkakan sinus dan mengurangi hidung tersumbat. Cincin tersebut membantu mengatasi masalah mendengkur hingga 85 persen.(kik/kik) [...]

Menjadi Ibu, Pekerjaan Paling Stres di Dunia?

Menjadi Ibu, Pekerjaan Paling Stres di Dunia?

Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang menantang namun menyenangkan. Anda mungkin masih ingat bagaimana terharunya Anda ketika melihat anak Anda melewati fase merangkak menuju berjalan, atau ketika ia memanggil Anda dengan kata ?Mama? untuk pertama kali. Di balik kesenangan-kesenangan kecil yang berharga itu, tak jarang Anda merasa tertekan dan tidak nyaman, bahkan stres. Untuk mencegah stres berkelanjutan, Anda perlu mengetahui penyebab-penyebabnya. Apa saja? Berikut di antaranya: Kekurangan waktu untuk diri sendiri Siapapun tahu bahwa menjadi ibu adalah pekerjaan yang tidak mengenal waktu. Di antara kegiatan mengantar anak ke sekolah, membantunya mengerjakan PR, dan bermain dengan mereka, Anda pun harus menyisihkan waktu untuk memasak dan berbagai pekerjaan rumah lainnya. Tidak ada kata libur bagi Anda. Beberapa Penyebab Ibu Menjadi Depresi Insting melindungi yang terlalu berlebihan Banyak ibu yang terlalu protektif kepada anak, sehingga mereka tidak bisa mengendalikan diri mereka sendiri. Bukannya lega, pikiran mereka malah lebih sering kacau dan bercabang. Bayangkan saja, insting Anda untuk melindungi akan terus-menerus ada hingga si anak beranjak bes [...]

Inilah Makanan yang Dapat Menyebabkan Anda Bunuh Diri

Inilah Makanan yang Dapat Menyebabkan Anda Bunuh Diri

Rasa cemas dan depresi tinggi dalam diri seseorang mampu mendorongnya untuk melakukan bunuh diri. Kecemasan dan depresi tersebut dapat timbul karena adanya faktor hormonal, salah satunya yang ditimbulkan oleh hormon tiroid. Hormon ini memiliki pengaruh terhadap tingkat energi, perasaan, dan berat badan. Kondisi tiroid yang terlalu aktif dalam memproduksi hormon yang disebut hyperthyroidism atau hipertiroid dapat menyebabkan beberapa kondisi jiwa yang: kecemasan, perasaan mudah marah, tubuh gemetar, gangguan penglihatan, sulit tidur, haid tidak teratur, dan penurunan berat badan. Sedangkan, kondisi tiroid yang lemah atau yang disebut hypothyroidism atau hipotiroid dapat menimbulkan: kelelahan, kelebihan berat badan, mudah lupa, dan menstruasi yang banyak . Beberapa efek yang ditimbulkan karena ketidakseimbangan tersebut seperti mudah marah, kelelahan, perubahan berat badan, kecemasan, dan sulit tidur adalah beberapa hal yang dapat mengindikasikan adanya depresi. Keadaan ini ternyata dapat dipicu oleh asupan yang kita makan. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi mengganggu keseimbangan hormon tiroid: Makanan Pemicu Depre [...]

Hati-hati, Nyeri Hebat di Perut Saat Haid Bisa Jadi Tanda Ada Penyakit

Hati-hati, Nyeri Hebat di Perut Saat Haid Bisa Jadi Tanda Ada Penyakit

Saat sedang menstruasi, tidak sedikit wanita yang merasa pinggangnya pegal atau nyeri di perut. Apa yang menyebabkan rasa sakit itu?Dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), memaparkan, nyeri dan pegal pada pinggang merupakan efek dari menstruasi bila sakit yang dirasakan tidak berlebihan. Jika berlebihan kemungkinan adanya penyakit dalam tubuhnya."Itulah semua reaksi haid ya, pelepasan dinding rahim yang menebal pada saat lepas terjadi reaksi-rekasi fisiologi tubuh, penarikan-penarikan sel-sel atau organ di sekitarnya itu sakit semuanya, sakit yang minimal ya," papar dokter Frits ketika dihubungi wolipop, Rabu (1/5/2013).Pria yang tergabung dalam Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGI) itu menjelaskan bahwa dalam kedokteran rasa sakit memiliki empat tingkat. Tingkat pertama sakit yang ringan tidak menyebabkan apa pun, tingkat dua harus minum obat dahulu baru hilang, tingkat tiga butuh tidur dan istirahat yang cukup selama beberapa hari disertai obat, dan terakhir tingkat empat adalah yang terburuk harus dirawat di rumah sakit.Jika wanita yang merasa nyeri hingga tingkat tiga perlu datang ke dokter untuk konsultasi karena sudah ada gangguan pe [...]

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

5 Langkah Menjadi Lebih Sehat dalam 10 Hari

Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat. Mengontrol pikiran agar tidak stres, menjaga asupan makanan dan berolahraga merupakan beberapa cara untuk membantu fisik dan mental menjadi lebih sehat. Seseorang tidak bisa menjadi sehat secara instan karena pola hidup sehat biasanya baru dirasakan hasilnya dalam jangka panjang. Namun Anda bisa jadi lebih sehat dalam 10 hari dengan mengikuti langkah-langkah ini. Yang perlu diingat, jalani gaya hidup sehat ini untuk seterusnya. Bukan karena iseng-iseng. Simak tipsnya, seperti yang dikutip dari Health Me Up. 1. Pola DietJaga asupan makanan dan atur pola makan. Pilih makanan yang tidak terlalu berbeda dengan apa yang biasa dikonsumsi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:- Atur porsi makan secukupnya, tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. - Kurangi konsumsi garam karena terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi dan penumpukan cairan di dalam tubuh.- Hindari gorengan. Makanan yang digoreng umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi jantung. Belum lagi lemak yang tinggi bisa membuat Anda lebih cepat lemas. - Kurangi konsumsi junk food karena men [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *