4 Nutrisi Penting untuk Menambah Berat Badan

stk61418cor.jpg

Sebagian besar dari kita pasti ingin menurunkan berat badan. Tetapi di sisi lain, walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang sangat ingin menaikkan berat badannya.

Mungkin Anda akan berpikir apa sih susahnya menaikkan berat badan. Cukup makan junk food sebanyak-banyaknya dan dalam beberapa bulan berat badan akan bertambah secara drastis. Namun orang yang underweight tidak bisa sembarangan menambah berat badannya.

Makanan yang tidak sehat dapat membuat berat bertambah tapi tubuh kekurangan nutrisi. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan nutrisi yang diasup. Beberapa nutrisi di bawah ini sangat penting untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat, seperti dikutip dari Boldsky.

1. Protein
Protein sangat penting dalam proses penambahan berat badan. Dengan mengonsumsi protein yang cukup, berat akan didapat dari massa otot yang bertambah dan bukan lemak. Anda dapat mengonsumsi makanan laut seperti salmon dan tuna karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Disamping itu lengkapi dengan susu skim dan selai kacang.

2. Kolesterol Baik
Tubuh butuh asupan kolesterol untuk menambah berat badan. Pilihlah kolesterol baik yang terkandung dalam ikan bakar dan telur mentah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dapat mengatasi kekurangan nutrisi. Anda juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond untuk menambah asam lemak Omega-3.

3. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh bisa mendapatkan energi. Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan pecah menjadi gula dan kemudian memberi energi ke tubuh dan sisanya akan tersimpan sebagai lemak. Maka dari itu, pilih karbohidrat kompleks untuk mengurangi penyimpanan lemak. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan roti dengan roti gandum akan membantu Anda mendapat karbohidrat kompleks.

4. Lemak
Kita selalu berpikir bahwa lemak perlu dihindari karena akan membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal tubuh juga membutuhkan asupan lemak. Oleh karena itu makanan berlemak sangat dibutuhkan oleh orang dengan berat badan kurang. Tetapi pilihlah lemak yang baik seperti yang terkandung dalam mentega dan keju.

(rma/rma)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
7 Kebiasaan Sehari-hari Agar Anda Jarang Sakit

7 Kebiasaan Sehari-hari Agar Anda Jarang Sakit

Kunci agar Anda jarang sakit adalah memiliki sistem daya tahan tubuh yang baik. Tapi ketahanan tubuh juga harus dijaga dengan gaya hidup sehat. Seperti dikutip dari Times of India, ini tujuh hal yang harus dilakukan sehari-hari agar sistem imun bekerja sebagaimana mestinya sehingga penyakit ogah dekat-dekat dengan Anda.1. Tidur SiangJika tidak terlalu lama, tidur siang bisa membuat sistem imun tubuh meningkat dan menjalankan fungsinya melawan penyakit lebih efektif. Tidur siang selama 30 menit juga baik untuk jantung dan peredaran. Para dokter menyarankan, waktu tidur siang yang ideal adalah antara pukul 13.00-15.00.2. Minum Air SecukupnyaMinum cukup air (tidak kurang dan tidak berlebihan) bisa memperpanjang harapan hidup sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit jantung 20-30 persen. Menurut studi yang dilakukan National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, orang yang minum cukup air lebih jarang masuk rumah sakit ketimbang yang kurang minum. 3. Makan dengan Porsi KecilSoal makanan, lebih banyak belum tentu lebih baik. Makanlah secukupnya dengan porsi kecil. Pastikan makanan yang Anda konsumsi terdiri dari buah, sayur, nasi merah dan lauk yang mengandung karbohidrat ko [...]

ASI Tingkatkan Kemampuan Otak Bayi

ASI Tingkatkan Kemampuan Otak Bayi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard Medical School di Amerika mengaitkan pemberian ASI dengan kekuatan mental seorang anak. Studi ini mengungkapkan bahwa ibu yang memberikan ASI kepada anaknya dalam waktu yang lama dapat memicu perkembangan IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya mendapat ASI secara sebentar. Memang sebelumnya pemberian ASI memiliki banyak keuntungan yang telah terbukti seperti mencegah risiko infeksi telinga, infeksi paru-paru, dan konstipasi, serta membangun hubungan yang erat antara ibu dan anak, belum ada yang menemukan hubungan ASI dengan kecerdasan, kecuali hingga saat ini. Penelitian ini tidak membuktikan secara langsung bahwa anak akan menjadi lebih pintar karena mendapat ASI namun hanya menemukan hubungan. Oleh karena IQ atau kecerdasan seorang anak dipengaruhi oleh banyak hal lain, seperti lingkungan rumah tinggal, kecerdasan sang ibu untuk membimbing anak serta edukasi, ataupun faktor sosio ekonomi. Studi ini menunjukkan bahwa DHA (docosahexaenoic acid) merupakan komponen yang bermanfaat dalam perkembangan otak seseorang, namun sangat tergantung pada makanan sang ibu (misalnya konsumsi ikan) ataupun intelegen [...]

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Mastitis, Kendala para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis. Penyakit ini sendiri adalah kondisi jaringan payudara yang mengalami peradangan. Mastitis biasanya menyerang ibu menyusui pada trimester awal tapi bisa juga terjadi saat proses menyusui sudah berjalan lama. Mastitis bisa membuat ibu mengalami kesulitan memberikan ASI karena kondisi payudara yang terasa sakit. Seperti Apa Tanda-tandanya? Mastitis pada saat masa menyusui biasa menyerang hanya satu payudara. Gejala penyakit ini sendiri bisa muncul dengan tiba-tiba. Berikut gejala-gejala mastitis yang harus diwaspadai: Payudara memar kemerahan. Sering terasa gatal di payudara. Payudara terasa perih saat menyusui. Terdapat benjolan di payudara yang terasa menyakitkan. Ukuran salah satu payudara lebih besar karena pembengkakan Payudara mudah merasa nyeri. Puting bernanah. Sering merasa lelah. Terdapat pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami gejala menyerupai flu sebelum Anda akhirnya menyadari ada perubahan pada payudara Anda. Apa Penyebab Mastitis? Infeksi pada payudara atau mastitis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut penyebab mastitis p [...]

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Bayi Normal Lebih Gemuk Daripada Bayi Caesar?

Anak yang lahir melalui operasi caesar cenderung tidak gemuk dibandingkan dengan anak yang lahir secara normal, menurut sebuah penelitian di Brazil. Penelitian sebelumnya dari Brazil telah menemukan hubungan antara berat badan yang berlebihan dan caesar, menyebabkan beberapa ilmuwan menduga bahwa hal tersebut terjadi dikarenakan karena anak tersebut tidak terkena bakteri ketika proses melahirkan, dimana bakteri tersebut adlaha bakteri yang bisa membuat anak menjadi gemuk. Tapi temuan terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa bukan itulah yang menjadi penyebabnya. Penelitian yang dilakukan di Brazil ini merupakan suatu kepentingan tertentu, karena pada tahun 2009, 50% lebih dari bayi-bayi di Brazil lahir secara caesar. Di Australia dan Amerika Serikat, jumlahnya terus naik selama bertahun-tahun dan sekarang sudah mencapai sekitar 30 persen. "sejak awal, kami telah mempunya pemikiran bahwa apa yang mungkin terjadi dengan penelitian sebelumnya adalah bahwa mereka tidak melakukan penyesuaian untuk semua faktor pembaur," kata Fernando Barros dari Universitas Katolik Pelotas, yang bekerja pada studi ini. Fator pembaur ini mengacu pada fakt [...]

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

4 Makanan Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Banyak orang mengalami sulit tidur ketika malam, dan penyebabnya bukan hanya sekadar stres atau terlalu lelah. Makanan yang Anda konsumsi juga bisa memengaruhi seberapa baik kualitas tidur.Beberapa makanan yang mengandung melatonin cukup tinggi bisa membantu Anda lebih mudah dan nyenyak tidur. Apa itu melatonin dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur? Ini dia, seperti dikutip dari Female First. 1. SalmonSalmon mengandung unsaturated docosahexaenoic acid (DHA), jenis asam lemak dari 'kerabat' omega-3. Asam lemak ini membantu menstimulasi produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin sangat berguna mengatur ritme sirkadian pada manusia, atau istilah lainnya siklus tidur.2. Kacang-kacanganTinggi akan vitamin B dan folic acid, kacang-kacangan seperti polong, kacang panjang, kacang merah dan kacang hijau membantu tubuh mengatur siklus tidur dan produksi serotonin. Hormon serotonin sangat penting dalam pembentukan melatonin sehingga jam tidur jadi lebih teratur dan berkualitas.3. CherryBuah kecil berwarna merah ini dikenal sebagai anti peradangan dan sumber alami melatonin. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistr [...]

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Pada saat menjalankan puasa, umat Muslim tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, maka kecenderungan yang sering terjadi adalah kenaikan berat badan. Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapat mencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Hal ini disebabkan karena: Makanan pada saat sahur lebih sering terdiri dari makanan berat dengan kalori tinggi dan tinggi karbohidrat. Makanan pada saat berbuka juga lebih sering makanan berat dengan kalori tinggi, tinggi karbohidrat, tinggi lemak dan jumlah yang banyak. Pada malam hari, setelah berbuka, seringkali dilanjutkan dengan mengkonsumsi camilan atau makanan penutup dengan kalori yang tinggi. Rendah konsumsi buah dan sayuran. Alhasil, pada akhir bulan puasa, cukup banyak yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Nah, bagaimanakah solusinya? Simak artikel 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa disini selengkapnya. Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter PeduliSehat.info.[](JF) [...]

Cara Melakukan Senam Kegel

Cara Melakukan Senam Kegel

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang senam kegel. Senam kegel merupakan berfungsi untuk menguatkan otot-otot dasar panggul yang menopang rahim, kandung kemih, usus halus dan rektum. Anda dapat melakukan senam kegel ini, kapan saja dan dimana saja. Mengapa penting melakukan senam kegel? Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul diantaranya: kehamilan, melahirkan, operasi, penuaan dan berat badan berlebih. Anda dapat mendapatkan manfaat dari senam kegel jika Anda: Sering mengalami kebocoran urin ketika bersin, tertawa atau batuk Memiliki keinginan untuk berkemih yang tidak dapat ditahan (inkotinensia urin) Kebocoran feses (inkotinensia fekal) Senam kegel juga dapat dilakukan ketika Anda sedang hamil atau setelah melahirkan untuk mencegah inkotinensia urin. Selain itu, senam kegel, bersamaan dengan terapi dan konseling seks, dapat membantu wanita yang mengalami kesulitan orgasme. Bagaimana melakukan senam kegel? Berikut penjelasannya: Tata Cara Melakukan Senam Kegel: Bagaimana melakukan senam kegel? Berikut penjelasannya: Temukan otot-otot yang tepat Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, cobalah untuk memberhentikan u [...]

Diciptakan, Permen Mengandung Bakteri yang Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Diciptakan, Permen Mengandung Bakteri yang Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Makan permen terlalu sering sebaiknya dihindari untuk mencegah kerusakan gigi. Kandungan gula yang tinggi di dalam penganan manis ini bisa menyebabkan gigi berlubang, apabila gigi tidak disikat setelah memakannya. Tapi ada satu permen yang justru bisa menjaga kesehatan gigi.Permen ini bisa membunuh bakteri dan kuman jahat di dalam mulut. Permen diciptakan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang menempel di permukaan gigi. Bakteri tersebut memicu penipisan pada email gigi sehingga gigi keropos dan berlubang.Bagaimana cara permen bekerja? Seperti dikutip dari Daily Mail, permen bebas gula ini mengandung bakteri baik probiotik (lactobacillus paracasei) untuk melawan bakteri jahat (streptococcus mutans). Ketika permen dihisap, bakteri baik ini akan lepas dan masuk ke dalam air liur. Kemudian bakteri baik akan 'mengunci' bakteri jahat dengan membentuk gumpalan yang mengurangi kemampuan bakteri jahat untuk menempel di permukaan gigi. Akhirnya bakteri jahat tertelan bersama air liur dan keluar dari tubuh lewat air seni atau keringat.Bakteri baik yan terdapat dalam permen ini sama dengan bakteri yang banyak ditemukan pada yoghurt dan minuman probiotik. Lactobacillus merupakan kelomp [...]

Kontrol Makan Saat Sahur

Kontrol Makan Saat Sahur

Pada saat sahur perbanyaklah makan makanan yang berserat karena makan makanan berserat memiliki proses pencernaannya yang lama sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama. Hindari makan makanan yang asin dan terlalu merangsang lambung seperti terlalu pedas atau asam atau bergas seperti kol, lobak. Jangan terlalu kenyang, agar kinerja organ pencernaan Anda dapat lebih sehat untuk menjalani puasa selama 1 bulan.[] [...]

Riset: Mencoba Baju Renang Bisa Picu Stres & Bad Mood

Riset: Mencoba Baju Renang Bisa Picu Stres & Bad Mood

Apakah Anda pernah merasa ketika sedang mencoba baju renang dan seketika merasa bad mood? Jika ya, Anda tidak sendirian. Menurut riset, berbelanja baju renang bisa merusak suasana hati wanita.Membayangkan dan melihat diri sendiri mengenakan baju renang dapat meningkatkan 'self-objectification'. Istilah yang digunakan oleh psikolog untuk menjelaskan perilaku seseorang yang lebih memikirkan pendapat orang lain dan mengabaikan pendapat diri sendiri."Self-objectification memiliki berbagai konsekuensi negatif --selalu khawatir dengan bagaimana Anda melihat, merasa mau terhadap tubuh sendiri dan terkait pada gangguan makanan serta depresi," ujar salah satu peneliti Marika Tiggemann, seorang psikolog di Flinders University, Australia.Dalam penelitiannya, Marika Tiggemann menguji 120 wanita yang belum lulus kuliah dengan cara membaca skenario dan berimajinasi di dalamnya. Setelah itu, para peserta penelitian diminta untuk mengisi kuesioner yang dirancang untuk mengukur suasana hati serta perasaan mengenai tubuh mereka.Pada skenario pertama, para wanita diminta untuk membayangkan diri mereka ketika mencoba baju renang di dalam ruang ganti. Dalam skenario kedua, para wanita diminta membay [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *