4 Penyakit Kronis yang Sering Menyerang Wanita, Ini Cara Mencegahnya!

womansleeping.jpg

Kesehatan itu mahal, ungkapan ini benar adanya ketika Anda telah mengidap suatu masalah kesehatan, khususnya penyakit-penyakit kronis yang sering menyerang pada wanita. Oleh karenanya Anda perlu melakukan tindakan pencegahan.

Tidak hanya karena biaya pengobatan yang mahal, tetapi tubuh yang sehat akan membuat hidup lebih bahagia. Mayoclinic yang merupakan situs kesehatan, merilis cara-cara sederhana untuk mencegah timbulnya penyakit kronis pada wanita. Simak ulasannya di bawah ini.

Penyakit Jantung
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit jantung menempati urutan pertama masalah kesehatan serius yang sering menyerang wanita di dunia. Penyakit yang berdampak fatal ini dapat dihindari dengan beberapa cara sederhana. Salah satunya adalah pola hidup sehat.

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran hijau, rutin berolahraga, tidak merokok dan membatasi minum alkohol Anda sudah melakukan pencegahan tanpa disadari. Dan yang terpenting adalah selalu mengontrol tingkat stres, dengan menikmati hal-hal yang Anda lakukan.

Kanker
Penyebab kematian wanita kedua menurut CDC adalah kanker, terutama kanker mulut rahim atau yang biasa dikenal dengan kanker serviks. Namun, di negara-negara berkembang, seperti Indonesia kanker serviks menempati peringkat pertama penyebab kematian wanita. Maka penting bagi Anda untuk sering melakukan deteksi.

Tetapi tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk melakukan pencegahannya. Seperti menjaga berat badan ideal, kurangi meminum alkohol, jauhi rokok, berolahraga rutin, hindari terkena sinar matahari langsung dan mengonsumsi makanan sehat. Dan bagi Anda yang akan memiliki bayi, ternyata dengan memberikan ASI dapat mecegah aktifnya sel kanker dalam tubuh.

Diabetes
Diabetes mellitus atau biasa disingkat dengan diabetes memiliki dua jenis, yaitu tipe 1 dan tipe 2. CDC mencatat diabetes yang biasa menyerang wanita adalah tipe 2. Penyakit ini biasanya adalah awal dari penyakit kronis lainnya, karena tubuh tidak dapat memproduksi hormon insulin sehingga kandungan gula dalam darah meningkat.

Penyakit kronis yang disebabkan oleh diabetes di antaranya adalah penyakit jantung, masalah pada mata, kerusakan saraf dan masalah kesehatan lainnya. Makan makanan yang sehat dan berserat merupakan tindakan pencegahan sederhana untuk penyakit serius ini. Kombinasikan diet sehat Anda dengan olahraga setiap hari.

Peradangan pada Sistem Pernapasan
Asma, bronkitis dan emfisema adalah tiga dari sekian banyak gangguan pada pernapasan yang biasa diderita para wanita. Banyak pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang menyerang sistem pernapasan, ada yang memerlukan ketepatan waktu untuk minum obat seperti penyembuhan TBC, ada juga yang memerlukan waktu yang lama. Namun ada langkah-langkah sederhana untuk mencegahnya seperti tidak merokok, menggunakan masker untuk menghindari menghirup udara kotor, rajin mencuci tangan, dan bila perlu Anda dapat meminta vaksin tahunan kepada dokter.

(eny/eny)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bahaya Penyakit di Balik Banjir

Bahaya Penyakit di Balik Banjir

Jangan sampai banjir diikuti bencana kedua: penyakit. Saat dan setelah banjir melanda, daya tahan tubuh yang menurun dan lingkungan yang kotor membuat penyakit menular mudah sekali menyebar. Banjir membawa berbagai sampah hingga bangkai binatang yang berisiko menyebarkan penyakit kepada manusia. Penyakit Pasca-Banjir Air yang tercemar saat banjir berisiko mendatangkan banyak penyakit, antara lain: Demam berdarah Pasca banjir, penyakit ini umumnya terjadi akibat banyaknya genangan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti sebagai penyebab demam berdarah. Penyakit pencernaan Saat banjir, banyak sumber air bersih yang tercemar sehingga ketersediaan air bersih menjadi terbatas. Mengonsumsi air yang tercemar mengakibatkan penyakit pencernaan seperti diare, muntaber, disentri, kolera, tifus. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dapat disebabkan oleh virus, bakteri, atau mikroba. Batuk dan demam adalah gejala umum yang menyertai ISPA. Gejala-gejala lainnya adalah sesak napas dan nyeri dada yang pada umumnya dirasakan oleh pengidap ISPA berat. Penyakit leptospirosis Penyakit ini ditularkan oleh bakteri leptospira [...]

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

3 Kebiasaan yang Membuat Anda Awet Muda

Apa yangAndapikirkan ketika mendengar istilah awet muda? Kulit tetap kencang? Kulit wajah bebas keriput? Ketahuilah, awet muda tidak melulu soal penampilan kulit bertahan di usia 20-an hingga 30-an. Karena pada prinsipnya, jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini, keuntungan penampilan kulit tersebut menjadi ?bonus? dan penampilan Anda secara keseluruhan dapat menjadi 5 hingga 10 tahun lebih muda. Melawan proses penuaan merupakan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun demikian manfaatnya banyak sekali. Karena dengan demikian Anda tidak hanya mendapatkan kulit bertahan semata, tetapi justru secara esensi Anda justru melawan beberapa penyakit degeneratif nan kronis yang mengintai, seperti halnya: Penyakit jantung, Kanker, diabetes, Hipertensi Dimana penyakit-penyakit tersebut adalah biang kerok yang mempercepat penuaan dan merupakan penyebab kematian muda yang paling sering terjadi. Meskipun proses penuaan mutlak terjadi dan kita tidak dapat menghindarinya, hal yang dapat Anda lakukan adalah menunda penuaan tersebut dengan melakukan beberapa kiat berikut ini: Kebiasaan Awe Muda#1: Konsumsi Sayur dan Buah Orang-orang yang mengkonsumsi ber [...]

5 Makanan untuk Sperma Sehat

5 Makanan untuk Sperma Sehat

Kesehatan seorang dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, termasuk kesehatan sperma. Jika Anda dalam program untuk mendapatkan keturunan secepatnya, maka 5 menu makanan berikut ini cocok untuk pasangan pria. (Baca: 6 Tips Mempercepat Kehamilan). Meskipun banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan dan kesuburan sperma, terdapat beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan sperma Anda. (Baca: 5 Tips Sperma Sehat) Mari kita simak makanan apa saja yang baik untuk kesehatan sperma. 1. Tiram / Oyster Oyster atau tiram merupakan makanan yang kaya akan kandungan zinc. Sedangkan sperma juga terdiri dari zync. Dengan memakan tiram maka produksi sperma dapat meningkat. Penelitian menunjukkan, asupan seng yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Selain itu, kandungan mineral seng dalam tiram memiliki efek antivirus. Meski penelitian belum dapat menjelaskan prosesnya, mineral seng terbukti berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka. 5 Makanan untuk Sperma Sehat 2. Kacang-kacangan Makanan ini dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, seperti pola makan daerah Mediterania, juga dapat menurun [...]

Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke

Tiga Pisang Sehari bisa Anti-Stroke

Rutin memakan tiga pisang dalam sehari bisa mengurangi stroke (anti stroke). Pisang adalah pilihan baru untuk mendapatkan asupan makanan yang kaya akan kalium selain bayam, kacang-kacangan, dan ikan bandeng. Meskipun beberapa penelitian sebelumnya mengatakan bahwa pisang penting untuk mengendalikan tekanan darah dan mencegah stoke, hasilnya tidak selalu konsisten. Namun, penelitian baru yang diterbitkan dalam the Journal of the American College of Cardiology ini para ilmuwan menganalisa data dari 11 penelitian berbeda sejak era 60-an dan digabungkan untuk mendapatkan hasil keseluruhan. Mereka menemukan asupan kalium harian sebesar 1.600mg atau kurang dari separuh jumlah kalium harian yang dianjurkan untuk dewasa sebesar 3.500mg. Jumlah tersebut cukup untuk menurunkan risiko stroke lebih dari seperlima. Inilah manfaat pisang lainnya: Manfaat Pisang Lainnya Pisang rata-rata mengandung 500mg kalium mampu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Ilmuwan dari Universitas Warwick dan Naples mengatakan asupan kalium di kebanyakan negara jauh di bawah jumlah harian yang disarankan. Sedangkan, terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan c [...]

Hipnotis Diri Sendiri untuk Hilangkan Stres dalam Waktu 40 Menit

Hipnotis Diri Sendiri untuk Hilangkan Stres dalam Waktu 40 Menit

Aktivitas yang padat, seperti dikejar deadline, hingga menghadapi lalu lintas Jakarta yang tidak bersahabat, sering membuat sebagian besar dari Anda merasa stres. Meski demikian, tetap saja aktivitas tersebut harus Anda jalankan dan selesaikan. Apakah Anda sering mengalami hal ini?Juli Triharto, seorang hypnotherapist, memiliki solusi untuk mengatasi hal tersebut. Ditemui dalam acara Fortune PR Healthcare & Consumers di Oh La La Cafe, Kota Kasablanka, Senin (10/6/2013), Juli mengungkapkan sebuah teknik yang bisa membantu Anda menghilangkan stres dalam waktu 40 menit. Setelah melakukan teknik ini Anda bisa kembali beraktivitas secara produktif.Mindslim Magic Technique (MMT), merupakan cara yang bisa mengatasi stres dalam waktu 40 menit yang dipaparkan Juli. Teknik ini menggunakan mind dan body programming, yang bisa menghipnotis diri sendiri, agar menjadi nyaman dan tenang. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan MMT:Langkah 1:Tepuk tangan kiri Anda, persis di bawah jari manis. Lalu, tarik napas dalam-dalam dan buanglah secara perlahan.Langkah ke 2:Lalu, tatapan mata mengarah ke depan dan rasakan suara yang ada di sekeliling Anda.Langkah ke 3:Setelah itu, bola mata arahka [...]

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Mengapa Polusi Udara Bisa Menyebabkan Batuk?

Udara merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada udara terkandung gas yang terdiri dari 78% nitrogen, 20% oksigen, 0,93% argon, 0,03% karbon dioksida, dan sisanya terdiri dari neon, helium, metan dan hidrogen. Komposisi tersebut merupakan standar udara normal yang dapat mendukung kehidupan manusia. Apabila terjadi penambahan gas-gas lain yang menimbulkan gangguan atau perubahan komposisi tersebut, maka kondisi itu disebut dengan pencemaran atau polusi udara. Polusi udara tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan lingkungan, tetapi juga kesehatan. Banyak masalah kesehatan terkait pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara, seperti batuk kering, mengi (bunyi napas tambahan), nyeri dada, dan lain-lain. Apa saja sumber-sumber pencemaran udara yang dapat mengganggu kesehatan? Sumber pencemaran udara menetap (point source): asap pabrik, instalasi pembangkit tenaga listrik, asap dapur, pembakaran sampah rumah tangga, dan lain sebagainya Sumber pencemaran udara yang tidak menetap (non point source): gas buang kendaraan bermotor, pesawat udara, kereta api, dan kegiatan-kegiatan lain yang menghasilkan gas emisi dengan lokasi berpindah-pindah Sumber pencemaran udara [...]

Tips Obesitas pada Anak

Tips Obesitas pada Anak

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Obesitas telah mencapai status epidemi global dengan setidaknya 2,8 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat overweight atau obesitas. Jumlah anak yang mengalami obesitas bertambah 2 kali lupat pada anak dan tiga kali lipat pada remaja pada 30 tahun terakhir. Obesitas atau overweight? Bila Anda melihat seorang anak dengan berat badan yang berlebih, kapankah anak tersebut dapat dibilang mengalami obesitas? Obesitas dan overweight adalah dua istilah yang sering digunakan untuk menyatakan adanya kelebihan berat badan, namun sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda. Overweight adalah kelebihan berat badan (dibandingkan berat badan ideal) yang disebabkan oleh penimbunan jaringan lemak atau non lemak (otot). Sedangkan obesitas adalah suatu kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemas tubuh secara berlebihan. Kata ?obesitas? itu sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya ?makan berlebihan?. Perilaku Makan Peran faktor nutrisional ini dimulai sejak anak masih di dalam kandungan. Jumlah lemak tubuh dan pertumbuhan bayi sangat dipengaruhi oleh berat badan maternal dan kenaikan berat badan ibu hamil. Setelah itu perilaku mak [...]

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Cara & Manfaat Mengurangi Kecanduan Teknologi Bagi Kesehatan

Banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif dari kecanduan teknologi. Mulai dari mata lelah sampai paparan radiasi. Lalu bagaimana cara mengurangi kecanduan teknologi?Seperti yang dikutip dari Prevention Internasional, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Radiasi tersebut bisa meningkatkan risiko terkena tumor telinga, kanker otak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen.Selain telepon genggam, layar komputer atau laptop juga memberikan efek negatif pada kesehatan seseorang, terutama mata. Fokus pada layar monitor terlalu lama bisa menyebabkan mata tegang dan lelah. Tampilan layar komputer yang terlalu terang juga bisa mempercepat kelelahan pada mata.Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengurangi pemakaian teknologi. Menurut Larry Rosen, PhD, penulis 'iDisorder: Understanding Our Obsession with Technology and Overcoming Its Hold on Us', Anda tak perlu menyingkirkan gadget selamanya, tetapi lakukan beberapa tips di bawah ini:1. Buat BatasanMembawa smartphone kemanapun Anda pergi akan merangsang otak untuk selalu melihatnya. Dr Rosen menyarankan untuk membuat jadwal 'istirahat dari teknologi'. Misalnya, [...]

Kedinginan Karena Hujan dan Banjir? Jangan Minum Bir!

Kedinginan Karena Hujan dan Banjir? Jangan Minum Bir!

Mitos: minum alkohol menghangatkan tubuh Anda dan dapat digunakan untuk mencegah hipotermia. Mitos ini mungkin dimulai dari fakta bahwa minum minuman beralkohol akan membuat Anda merasa lebih hangat karena tingkat alkohol dalam darah Anda meningkat. Faktanya malah sebaliknya, minum alkohol ternyata menurunkan suhu inti dari tubuh Anda. Direktur Farmakologi Klinik di University of Iowa, dr. William Haynes, menyatakan, "Konsumsi alkohol banyak menurunkan fungsi respons dari tubuh manusia, salah satu fungsi yang terganggu adalah fungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat di cuaca dingin." Jadi kesimpulannya, minum alkohol justru malah membuat Anda semakin kedinginan. Lho? Terus kenapa kenyataannya justru merasa lebih hangat kalao minum alkohol? Berikut penjelasannya: Jadi Dari Mana Datangnya Rasa Hangat di Tubuh Ketika Minum Alkohol di Cuaca Dingin? Perbedaan vasodilatasi dan vasokonstriksi Jawabnya adalah karena alkohol adalah vasodilator, yakni bersifat menyebabkan pembuluh darah Anda membesar, terutama kapiler di bawah permukaan kulit Anda. Dengan demikian, volume darah yang dibawah ke permukaan kulit, membuat Anda merasa hangat. Sementara itu, [...]

Obesitas Berdasarkan Ukuran Pinggang

Obesitas Berdasarkan Ukuran Pinggang

Dikatakannya seseorang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, umumnya dapat dilihat melalui Body Mass Index (BMI) yang dihitung oleh para ahli nutrisi dengan rumus tersendiri. Penggunaan rumus ini seringkali menyulitkan seseorang untuk lebih paham akan keadaan tubuh mereka sendiri tanpa bantuan ahli, sehingga pencegahan sejak dini sering kali terlewatkan. Kini masalah tersebut mampu ditanggulangi dengan dipergunakannya metode baru yang lebih mudah dalam mengukur obesitas seseorang dilihat dari perbandingan ukuran pinggang mereka dengan ukuran pinggul. Kedua ukuran ini menjadi penting diketahui sebagai acuan fisikal bentuk tubuh akan penumpukan lemak. Apabila ukuran pinggang yang mengikuti lengkungan perut lebih besar daripada ukuran pinggul yang notabene dipengaruhi oleh ukuran tulang pinggul, maka mereka termasuk dalam rasio obesitas. Selisih ukuran pinggang wanita yang lebih kecil sekitar 20 cm dari ukuran pinggul, menjadi acuan batas normal penumpukan lemak seseorang dengan lebar pinggul hingga 100 cm dan selisih ukuran pinggang yang lebih kecil sekitar 30 cm dari ukuran pinggul yang mencapai 180 cm. Lebih dari itu akan menjadi kasus khusus. Berbeda dengan pengukuran pada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *