4 Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi

sakitperut.jpg

Saat haid seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya Anda mulai curiga. Mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi yang tidak normal. Ini beberapa faktor penyebab sakit saat menstruasi, seperti dikutip dari Refinery 29.

1. Kram
Hampir semua wanita mengalami kram pada perut saat menstruasi dan biasanya muncul sesaat sebelum atau hari pertama haid. Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, penyebabnya karena kontraksi pada rahim. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, bisa mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan timbullah rasa kram yang mengganggu.

“Wanita muda yang baru datang bulan mungkin akan lebih sensitif merasakan kram perut, sebab rahim mereka lebih kecil dibandingkan wanita usia dewasa yang mungkin pernah hamil sebelumnya,” ujar dr. Vanessa Cullins, vice president external medical affairs di Planned Parenthood Federation of America, seperti dikutip dari Refinery 29.

Dr. Cullins menyarankan untuk mengurangi kram perut dengan mandi air hangat, mengompres perut dengan kantung air panas dan istirahat sebentar. Kram perut juga bisa diatasi dengan aktivitas fisik seperti olahraga atau fitnes. Tapi jika kram sudah tidak tertahankan, konsultasilah ke dokter dan biasanya Anda akan diberikan resep ibuprofen untuk meredakan rasa sakitnya.

2. Endometriosis
Endometriosis menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa sakit di perut ketika menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium (jaringan di sepanjang garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus. Tanda paling umum terjadinya endometriosis adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Jika Anda meresakan sakit yang intens dan tajam setiap kali haid, maka sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah harus dilakukan pengobatan lebih lanjut.

3. Fibroid
Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus, dan biasanya cukup umum dialami wanita. Sekitar 30 persen wanita di usia 30 ke atas kerap mengalami Fibroid, namun hingga kini penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Biasanya ditandai dengan pendarahan cukup banyak di rahim. Jika tumor berada cukup dekat dengan lapisan rahim atau menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut, alan menimbulkan rasa sakit yang tiba-tiba, berkepanjangan hingga bercak.

Fibroid tidak selalu membahayakan, tapi sejumlah studi menemukan kalau tumor jinak ini bisa memengaruhi kesuburan dan berpotensi menyebabkan keguguran. Jika Anda mengalami sakit berkepanjangan atau darah mens keluar lebih banyak dari biasanya, konsultasikan dengan dokter kandungan untuk diperiksa.

4. PID
PID adalah kepanjangan dari Pelvic Inflammatory Disease, yaitu infeksi pada organ resproduksi wanita yang umumnya disebabkan oleh penyakit kelamin menular yang tidak langsung diatasi. Tapi bisa juga karena infeksi yang bukan disebabkan oleh hubungan seksual. Bahayanya, wanita tidak selalu tahu kalau mereka mengalami PID karena gejalanya biasanya tidak terlalu terlihat. Tapi bisa berbahaya jika infeksi dibiarkan terlalu lama dan akibatnya wanita bisa kesulitan hamil. PID seringkali menimbulkan rasa sakit saat menstruasi, tapi intensitasnya tidak terlalu tinggi ketimbang endometriosis atau fibroid.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Cara Alami Melawan Migraine

5 Cara Alami Melawan Migraine

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Apakah anda pernah atau sering mengalami nyeri kepala sebelah atau lebih sering dikenal sebagai migraine? Migraine merupakan suatu kealainan neurologis yang ditandai dengan nyeri kepala satu sisi dengan intensitas nyeri sedang hingga berat. Ciri khas dari migraine adalah nyeri kepala satu sisi, yang dapat terasa seperti berdenyut, berlangusng dan antara 2?72 jam. Pada beberapa kasus migraine disertai pula oleh gejala mual, muntah, tidak tahan terhadap cahaya, tidak tahan terhadap suara, dan biasanya nyeri sering dipicu oleh aktivitas fisik. Pasti bila migraine yang sangat berat dan nyeri harus diobati dengan obat, namun ada beberapa cara alami yang anda dapat coba untuk melawan migraine, salah satunya adalah: Konsumsi vitamin - cobalah untuk konsumsi vitamin yang mengandung B2 (riboflavin) dan magnesium ? beberapa data menunjukkan bahwa jenis vitamin ini dapat mengurangi nyeri kepala. Aromaterapi - terbutki dapat mengurangi ketegangan dari otot dan relaksasi dari tubuh Tidur yang cukup - Mayo Clinic menyebutkan bahwa migraine dipicu oleh kurangnya tidur, cobalah untuk tidur cukup setiap harinya Terapi panas - Coba untuk mandi dengan ai [...]

Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, Begini 4 Caranya

Uang Bisa Membeli Kebahagiaan, Begini 4 Caranya

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, siapa bilang? Jika Anda termasuk orang yang memiliki prinsip tersebut, mungkin perlu berpikir dua kali. Menurut sejumlah penelitian, uang ternyata tidak hanya bisa membeli sesuatu yang bersifat materiil tapi juga juga moril. Seperti apa?1. Gunakan untuk BerpetualangPenelitian yang dilakukan oleh Miriam Tatzel, PhD dari Empire State College, State University of New York menemukan bahwa menghabiskan uang untuk traveling akan membuat orang merasa lebih bahagia ketimbang menggunakannya untuk membeli barang, semahal apa pun harganya. Uang yang digunakan untuk makan di restoran berkualitas baik atau menonton pertunjukan (teater, sirkus, musikal, konser) juga akan memberikan efek bahagia yang sama. 2. Menghadiahkan Orang TercintaPara peneliti dari Harvard University menemukan bahwa memakai uang untuk memberikan kebaikan kepada orang lain --dikenal juga dengan pengeluaran prososial-- akan meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Dalam studi tersebut, peneliti memberikan sejumlah uang kepada partisipan. Beberapa dari mereka diminta menghabiskan uang untuk orang lain sementara yang lainnya untuk diri sendiri. Partisipan yang membelikan sesuatu untuk [...]

Lakukan 6 Hal Ini Agar Kembali Bersemangat Kerja Setelah Libur Panjang

Lakukan 6 Hal Ini Agar Kembali Bersemangat Kerja Setelah Libur Panjang

Liburan panjang akhirnya selesai, Anda pun harus kembali melakukan kegiatan seperti biasa. Tetapi rasa lelah dan tak bersemangat seringkali menghampiri di awal minggu. Agar dapat bersemangat kembali ke kantor seusai liburan panjang, berikut tips yang bisa Anda terapkan.1. Rencanakan Acara dengan TemanKetimbang mengeluh karena harus kembali melakukan aktivitas rutin, lebih baik buat acara menyenangkan bersama teman setelah jam kantor. Misalnya dengan mencoba kafe atau restoran baru. Adanya alasan itu, bisa membuat Anda jadi lebih senang menghadapi hari kerja.2. SarapanMelewatkan waktu sarapan hanya akan membuat Anda lebih cepat merasa lelah di siang hari. Oleh karena itu, sarapan sehat penuh energi sangat dianjurkan agar Anda lebih berenergi dan terhindar dari memakan cemilan saat menunggu waktu makan siang tiba.3. Hindari KafeinSaat bangun dengan perasaan lelah, menghindari kopi mungkin menjadi hal yang paling sulit. Namun kopi merupakan diuretik, yang akan membuat tubuh kehilangan cairan. Minum jus jeruk dan air mineral adalah pilihan yang tepat. Selain itu, campuran air mineral dengan madu atau perasan jeruk lemon dengan jahe juga bisa membatu sirkulasi tubuh dan meningkatkan [...]

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai. Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya. Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan d [...]

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

6 Cara Alami Mengatasi Sulit Buang Air Besar

Konstipasi atau sembelit tentunya membuat perut terasa tidak nyaman dan jika kondisi ini dibiarkan terus menerus, bisa menyebabkan gangguan pencernaan serius. Frekuensi ideal orang buang air besar (BAB) adalah dua kali sehari, atau setidaknya satu kali sehari. Jika lebih dari tiga hari tak juga BAB maka sudah bisa dikatakan Anda mengalami sembelit.Terlalu banyak konsumsi makanan olahan, daging merah, minuman berkafein, makanan mengandung banyak minyak dan produk-produk susu olahan menjadi salah satu penyebab paling umum masalah pencernaan ini. Kurang mengonsumsi serat juga bisa menyebabkan BAB tak lancar. Ketika sudah mengalami sembelit, ada baiknya Anda mencoba dahulu melakukan hal-hal berikut ini, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Cukup Minum AirTerjadinya sembeli bisa dikarenakan kurangnya asupan cairan. Air putih berfungsi membersihkan racun-racun dan kotoran dari usus agar lebih mudah terbuang. Ketika Anda kurang minum air putih, maka proses pembuangan kotoran akan terhambat dan terjadilah sembelit. 2. Minum Teh Hijau atau Air HangatDisarankan meminum satu hingga dua gelas air putih hangat atau teh hijau setelah bangun tidur. Selain membuat perut terasa nyaman, teh hijau [...]

Kista, Hambatan Wanita Memiliki Keturunan?

Kista, Hambatan Wanita Memiliki Keturunan?

Hal yang paling menakutkan bagi tiap wanita adalah ketika dirinya tidak bisa memiliki keturunan. Selama ini yang beredar di masyarakat, sulit memiliki keturunan erat kaitannya dengan wanita yang terdiagnosis memiliki kista pada indung telurnya (ovarium). Benarkah demikian? Pendapat tersebut tidak selamanya benar. Jenis kista ovarium ada banyak dan beberapa di antaranya dapat memengaruhi kesuburan Anda seperti kista endometrioma yang disebabkan oleh endometriosis. Lalu ada pula kista yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). Kondisi ini ditandai oleh banyaknya kista kecil pada ovarium. PCOS juga bisa mengganggu siklus menstruasi dan tingkat hormon Anda. Meski begitu, kesempatan untuk hamil masih ada jika Anda memiliki dua jenis kista di atas. Namun untuk memperoleh kehamilan, dibutuhkan penanganan yang tepat. Selain itu, ada pula jenis kista yang umumnya tidak memengaruhi kesuburan Anda seperti kista fungsional, kista dermoid, dan kista cystadenomas. Kesuburan hanya akan terganggu jika kista jenis ini bertumbuh sangat besar. Kista fungsional. Kista ini umum terjadi selama siklus menstruasi. Kista jenis ini tidak memengaruhi kesuburan Anda. Kehadirannya justru menun [...]

8 Tips Mencegah Virus MERS

8 Tips Mencegah Virus MERS

Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS Virus MERS baru saja ditemukan dan langsung memakan korban jiwa di Timur Tengah. Faktor pencetus penyebaran MERS hingga memakan korban adalah lambatnya penanganan dan rendahnya pengetahuan cara pencegahan virus MERS. Bagaimana cara pencegahan virus strain baru ini? Tips Mencegah Virus MERS 1. Cuci Tangan Virus MERS menyebar melalui udara (airborne disease), mirip seperti penyebarannya virus influenza. Droplet (bulir air mikro) virus MERS yang bertebaran di udara dapat dengan mudah hinggap dari benda ke benda. Salah satu pencegahan penyebaran dan infeksi virus MERS adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan tangan. Senantiasalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sedahsyat apapun cairan pembersih tangan gel, tidak dapat menggantikan hasil kebersihan tangan yang didapat dengan mencuci tangan. [...]

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

7 Makanan yang Bisa Menghilangkan Stres

Stres tidak selalu membawa pengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang mempercepat metabolisme dan memproduksi energi dengan cepat. Tapi ketika dua hormon tersebut diproduksi berlebihan, akan memicu tubuh untuk mengeluarkan asam amino, porassium, fosfor dan magnesium dari dalam tubuh. Proses ini membuat otot melemah dan bisa mengganggu sistem imun, pencernaan dan reproduksi.Akibatnya berbagai gangguan kesehatan timbul seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, sakit kepala hingga insomnia. Jika stres sudah pada tingkat yang mengkhawatirkan bisa memicu depresi, oleh karena itu harus segera diatasi. Salah satunya dengan menambah produksi hormon serotonin dan endorphin di dalam tubuh. Keduanya merupakan hormon bahagia yang membuat tubuh lebih relaks, bahagia dan cepat tidur nyenyak. Produksi serotonin bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ini dia tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. Gandum UtuhJauhi junk food, makanan olahan dan hasil proses dari pabrik. Ganti menu Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti oatmeal, roti dan sereal gandum atau bahan makanan lain yang sebagian besar bahan [...]

Kenali Jenis Kulit Anda

Kenali Jenis Kulit Anda

Pada dasarnya, terdapat 3 klasifikasi jenis kulit pada manusia, ketiga tipe dasar kulit adalah kering, berminyak, dan kombinasi. Kulit Berminyak Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ?menangkap? kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibangdingkan jenis kulit kering. Tak ayal, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. Sesungguhnya kendala ini mudah diatasi dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka. Bila perlu, untuk perawatannya dapat menggunakan toner dan astringent yang mengandung alkohol, dan jika perlu, gunakan cleanser cair yang formulanya sangat ringan. Kulit berminyak [...]

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Penyebab Wanita Merasakan Nyeri di Payudara & Gampang Marah Saat PMS

Premenstrual Syndrome atau PMS jadi hal yang menghantui wanita setiap bulan. Ketika mengalaminya mood cenderung menjadi kacau. Apakah Anda kerap bertanya-tanya, kenapa wanita harus merasakan PMS yang sebenarnya mengganggu ini? Simak jawabannya di sini.Konsultan seks wolipop dr. Vanda Mustika menjelaskan PMS merupakan gejala fisik dan emosional yang berhubungan dengan siklus menstruasi. PMS biasanya dimulai pada pertengahan siklus atau 14 hari setelah hari pertama menstruasi (pada siklus yang normal) dan hilang 1-2 hari setelah menstruasi berikutnya.Apa yang dirasakan wanita saat PMS, bisa dilihat dari gejala fisik dan psikis. Gejala fisik yang dirasakan wanita saat PMS di antaranya kembung, rasa kencang dan nyeri di payudara, sulit buang air besar atau diare, sakit kepala, sensitif terhadap suara dan sinar, serta rasa ingin makan terus. Adapun gejala yang timbul secara psikis atau emosional seperti rasa bingung, sulit berkonsentrasi, mudah lupa, sedih dan putus asa, tegang ataupun cemas, kehilangan ataupun peningkatan libido, mood yang berubah-ubah, perasaan bersalah atau tidak percaya diri dan gangguan tidur (bisa berlebihan atau sulit tidur).Kenapa wanita harus merasakan PMS y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *