4 Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Menstruasi

sakitperut.jpg

Saat haid seringkali wanita merasakan nyeri di sekitar perut. Hal tersebut sebenarnya normal, namun jika Anda merasakan sakit yang berlebihan hingga sulit beraktivitas, sebaiknya Anda mulai curiga. Mungkin saja Anda memiliki masalah menstruasi yang tidak normal. Ini beberapa faktor penyebab sakit saat menstruasi, seperti dikutip dari Refinery 29.

1. Kram
Hampir semua wanita mengalami kram pada perut saat menstruasi dan biasanya muncul sesaat sebelum atau hari pertama haid. Kram biasanya berlangsung satu hingga tiga hari, penyebabnya karena kontraksi pada rahim. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, bisa mendorong pembuluh darah akibatnya suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan timbullah rasa kram yang mengganggu.

“Wanita muda yang baru datang bulan mungkin akan lebih sensitif merasakan kram perut, sebab rahim mereka lebih kecil dibandingkan wanita usia dewasa yang mungkin pernah hamil sebelumnya,” ujar dr. Vanessa Cullins, vice president external medical affairs di Planned Parenthood Federation of America, seperti dikutip dari Refinery 29.

Dr. Cullins menyarankan untuk mengurangi kram perut dengan mandi air hangat, mengompres perut dengan kantung air panas dan istirahat sebentar. Kram perut juga bisa diatasi dengan aktivitas fisik seperti olahraga atau fitnes. Tapi jika kram sudah tidak tertahankan, konsultasilah ke dokter dan biasanya Anda akan diberikan resep ibuprofen untuk meredakan rasa sakitnya.

2. Endometriosis
Endometriosis menjadi salah satu penyebab utama timbulnya rasa sakit di perut ketika menstruasi. Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium (jaringan di sepanjang garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus. Tanda paling umum terjadinya endometriosis adalah rasa sakit yang tak tertahankan. Jika Anda meresakan sakit yang intens dan tajam setiap kali haid, maka sebaiknya periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah harus dilakukan pengobatan lebih lanjut.

3. Fibroid
Fibroid merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di dinding uterus, dan biasanya cukup umum dialami wanita. Sekitar 30 persen wanita di usia 30 ke atas kerap mengalami Fibroid, namun hingga kini penyebabnya belum diketahui dengan jelas. Biasanya ditandai dengan pendarahan cukup banyak di rahim. Jika tumor berada cukup dekat dengan lapisan rahim atau menghambat peredaran darah ke lapisan tersebut, alan menimbulkan rasa sakit yang tiba-tiba, berkepanjangan hingga bercak.

Fibroid tidak selalu membahayakan, tapi sejumlah studi menemukan kalau tumor jinak ini bisa memengaruhi kesuburan dan berpotensi menyebabkan keguguran. Jika Anda mengalami sakit berkepanjangan atau darah mens keluar lebih banyak dari biasanya, konsultasikan dengan dokter kandungan untuk diperiksa.

4. PID
PID adalah kepanjangan dari Pelvic Inflammatory Disease, yaitu infeksi pada organ resproduksi wanita yang umumnya disebabkan oleh penyakit kelamin menular yang tidak langsung diatasi. Tapi bisa juga karena infeksi yang bukan disebabkan oleh hubungan seksual. Bahayanya, wanita tidak selalu tahu kalau mereka mengalami PID karena gejalanya biasanya tidak terlalu terlihat. Tapi bisa berbahaya jika infeksi dibiarkan terlalu lama dan akibatnya wanita bisa kesulitan hamil. PID seringkali menimbulkan rasa sakit saat menstruasi, tapi intensitasnya tidak terlalu tinggi ketimbang endometriosis atau fibroid.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Cara Mencegah Rabun Senja dengan Wortel

Sayuran warna oranye ini memilki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yaitu sebesar 12000 Sl. Wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain di dalamnya, antara lain kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C.Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang baik untuk mata. Kandungan karoten dan vitamin A mampu membantu mencegah terjadinya rabun senja dan memperbaiki penglihatan yang lemah.Sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali mengungkap manfaat lain wortel. Dan menemukan bahwa ternyata wortel tak hanya baik untuk penglihatan, wortel pun bisa membuat seseorang tampil lebih menarik dan tampak sehat, seperti yang dikutip dari Times of India.Penelitian tersebut menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning tersebut timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan plum.Menurut peneliti Ian Stephen, mengonsumsi wortel selama dua bulan saja sudah bisa memberikan hasil yang signifikan. Hal i [...]

Mandi Malam & Rematik: Tidak Berhubungan

Mandi Malam & Rematik: Tidak Berhubungan

PeduliSehat.info ? ?Jangan mandi malam-malam, bisa kena rematik!? - Pernah dengar seseorang dimarahi ketika akan beranjak mandi pada malam hari? Anda dan saya sangat kemungkinan akrab dengan kalimat tersebut, terutama jika di Indonesia. Lalu bagaimana sudut pandang dunia kedokteran terhadap mandi malam dan rematik? Mari kita simak. Mitos: Rematik disebabkan mandi malam hari.Fakta: SALAH. Entah telah berapa tahun lamanya masyarakat awam telah menganut paham yang sangat keliru. Bertanyalah pada setiap orang yang Anda temui dan mereka akan mengangguk setuju bahwa mandi malam hari tidaklah baik untuk tubuh. Rematik adalah penyakit dimana terjadi peradangan pada persendian, dan terdapat ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, salah satu yang tersering adalah Rheumatoid arthritis, jenis lainnya antara lain Systemic Lupus Erythematosus , Ankylosing Spondylitis,dan Goutarthritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, yang artinya system kekebalan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri, dalam hal ini terutama bagian persendian, sehingga si penderita akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena. "Jangan khawatir, rematik hanyalah penyakit manula dan orang s [...]

Arti Kode Angka di Plastik Anda

Arti Kode Angka di Plastik Anda

Plastik sudah akrab kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari kita. Baik digunakan untuk pembuatan mainan anak, lemari, bahkan untuk wadah makanan serta minuman. Plastik digemari sebagai wadah makanan dan minuman karena plastik berpori-pori sangat kecil sehingga tidak mudah bocor. Selain itu, wadah plastik juga tidak mudah rusak dan mudah dibersihkan. Pemakaian plastik dalam keseharian kita harus diperhatikan pula dampaknya bagi kesehatan kita. Plastik sebenarnya terdiri dari senyawa polimer yang tidak larut dalam makanan atau minuman. Namun menjadi berbahaya jika polimer ini terurai menjadi monomer dalam proses pemanasan atau pencucian wadah plastik tersebut. Polimer yang meleleh akan menghasilkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Bagaimanakah cara memilih wadah plastik yang tepat untuk makanan dan minuman kita ? Cara Memilih Plastik yang Aman untuk Kesehatan Perhatikanlah kode angka yang biasanya tertera pada bagian bawah wadah plastik. Biasanya akan terdapat bentuk segitiga logo daur ulang dengan angka yang tertera pada bagian dalam segitiga tersebut. Berbeda angka, maka berbeda pula jenis plastik yang digunakan. Produk plastik yang beredar di [...]

Menangani Alergi Makanan Pada Anak

Menangani Alergi Makanan Pada Anak

Reaksi alergi makanan muncul saat imunitas tubuh kita merasa bahwa makanan (protein) yang kita konsumsi berbahaya untuk tubuh. Banyak anak-anak yang alergi terhadap kacang atau susu sapi. (Baca: Hindari Makanan Ini Jika Anda Alergi Kacang) Namun anak-anak pun dapat alergi terhadap telur, ikan, seafood, soya dan gandum. Anak Anda mungkin menderita alergi kalau beberapa menit atau jam setelah mengkonsumsi makanan muncul reaksi alergi. Reaksi alergi yang dapat muncul adalah: Gatal-gatal Mual atau muntah Diare Nyeri perut Muncul merah-merah Beberapa gejala alergi yang berat adalah: Bengkak di bibir, lidah dan tenggorokan Kesulitan bernafas karena pembengkaka pada tenggorokan Sesak nafas Tekanan darah mendadak turun (nyeri kepala) Hilangnya kesadaran Nyeri dada Reaksi alergi yang paling berat adalah reaksi anafilaksis, yang merupakan kondisi emergensi. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian. (Baca: Tips Terapi Rumah untuk Alergi Pada Anak) Bila Anda sudah mengetahui anak Anda alergi terhadap makanan tertentu sangat penting untuk menghindari jenis makanan ini. Beberapa caranya adalah dengan membaca label makanan dengan teliti serta hindari kontak [...]

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Mengenal Penyakit Von Willebrand

Von Willebrand (VWF) adalah gangguan pada perdarahan yang disebabkan oleh kekurangan protein yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit turunan atau keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF). Ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Gen yang membuat VWF bekerja pada dua jenis sel, yaitu : sel endotel yaitu yang melapisi pembulu darah trombosit Jika tidak terdapat cukup VWF dalam darah, atau tidak bekeja dengan baik, maka dalam proses pembekuan darah memerlukan waktu yang lebih lama. Dalam tubuh darah diangkut ke pembuluh darah. Jika ada cedara jaringan, terjadi kerusakan pembuluh darah dan akan menyebabkan kebocoran darah melalui lubang pada dinding pembuluh darah tersebut. Pembuluh dapat rusak dekat permukaan seperti saat terpotong. Atau ia dapat rusak di bagian dalam tubuh sehingga terjadi memar atau perdarahan dalam. Mengenal Penyakit Von Willebrand Trombosit adalah sel kecil yang beredar dalam darah. Setiap trombosit berukuran garis tengah kurang dari 1/10,000 centimeter. Terdapat 150 sampai 400 miliar trombosit dalam satu liter dara [...]

Ini Siklus Menstruasi yang Normal, Anda Bagaimana?

Ini Siklus Menstruasi yang Normal, Anda Bagaimana?

Hampir semua wanita mengalami menstruasi setiap bulan. Namun tidak semuanya mempunyai siklus haid yang teratur. Bagaimana dengan Anda? Apa termasuk dalam siklus menstruasi normal?Dokter spesialis kandungan, Kolonel Dr. Frits Max Rumintjap, SpOG(K), menjelaskan 'datang bulan' yang normal itu bila berlangsung antara dua hingga lima hari. Menstruasi yang normal umumnya mengeluarkan banyak darah hanya hari pertama dan kedua saja.Pada masa tersebut, wanita menghabiskan maksimal lima pembalut dalam kondisi terisi penuh. Jadi untuk wanita yang masa haidnya kurang dari dua hari dan terlalu banyak mengeluarkan darah sehingga memakai lebih dari lima pembalut sebaiknya memeriksakan diri ke dokter kandungan.Selain perhitungan lamanya menstruasi, dokter yang juga menjabat sebagai Kasubdin Pelayanan Kesehatan Mabes TNI AU itu menuturkan, normalnya siklus haid wanita juga dilihat dari jarak antara 'datang bulan' pertama dan selanjutnya. Normalnya antaranya 21 hingga 35 hari.Hal itu juga diungkapkan dokter spesialis kandungan Dr. Prima Progestian, SpOG,CH,CHt. "Normal itu nggak harus selalu hitungan per-28 hari. Kalau dalam sebulan mens dua kali tapi sudah 21 hari berarti ya normal. Atau nggak [...]

Tips Menjaga Daya Ingat

Tips Menjaga Daya Ingat

Seiring dengan bertambahnya usia, banyak orang menganggap bahwa kehilangan daya ingat merupakan suatu proses yang normal dalam penuaan. Seseorang yang menderita dementia (pikun) dapat berkurang fungsi intelektualnya, mengalami perubahan serius dengan daya ingat, kepribadian dan tingkah laku sehingga berpengaruh dengan aktivitasnya sehari -hari. Kepikunan akibat penuaan (dementia) acapkali sulit dihindari. Karena sebagaimana kita ketahui, hal tersebut merupakan bagian dari proses penuaan yang diikuti oleh kondisi menurunnya performa beberapa organ tubuh seiring bertambahnya usia. Pada prinsipnya daya ingat dapat dipelihara dengan baik. Meskipun tidak dapat dipungkiri daya ingat dapat mengalami penurunan performa akibat dari beberapa kondisi gangguan tubuh. Apa sajakah pemicunya? Penyebab Dementia Terdapat beberapa penyebab dementia, diantaranya: Infeksi; Gangguan jantung; Gangguan pada otak; Keracunan; Gangguan metabolisme dan endokrin. Untuk menjaga daya ingat tetap baik, dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas mental yang mengasah otak. Otak yang aktif akan menghasilkan hubungan baru diantara sinaps saraf sehingga berpengaruh pada daya ingat. Hal- [...]

Merasa Feminin, Mantan Penembak Jitu AS Ganti Kelamin Jadi Wanita

Merasa Feminin, Mantan Penembak Jitu AS Ganti Kelamin Jadi Wanita

Profesi tentara identik dengan maskulinitas. Namun kenyataan berbeda dialami pria asal Amerika Serikat ini. Pria yang bertugas menjadi penembak jitu saat menjadi tentara itu justru merasa dirinya punya sisi feminin. Makanya dia mau mengubah kelaminnya jadi wanita.Charles Pontiero, itulah sang mantan penembak jitu AS yang kini mengubah namanyamenjadi Alessia. Dia tengah menabung untuk melakukan operasi ganti kelamin. Saat ini Charles atau Alessia juga sudah menjalin hubungan asmara dengan seorang wanita bernama Maria. Keduanya memilih menetap di Conventry, West Midlands, Inggris."Aku punya kelebihan estrogen dalam tubuhku, makanya aku merasa sangat feminin. Hormonku sangat tidak stabil, jadi aku tidak perlu mengonsumsi obat hormon sebagai bagian dari perubahan kelaminku. Tubuhku memproduksinya secara alami," tuturnya.Pria 40 tahun itu mengubah namanya menjadi Alessia setelah bertemu kekasihnya Maria di sebuah percakapan dunia maya. Dia pun memilih berganti pekerjaan dari seorang tentara menjadi aktris."Aku selalu merasa seperti anak perempuan ketimbang anak laki-laki, tapi aku harus menyembunyikan sisi kewanitaanku ketika aku menjadi tentara," ujarnya seperti dikutip Daily Mail.A [...]

Deddy Corbuzier Lumpuh Sebagian

Deddy Corbuzier Lumpuh Sebagian

Pemandu acara ?Hitam Putih?, Deddy Corbuzier lumpuh sebagian dan kini berkursi roda. Dari penuturan yang diungkapkan pada laman sosial media Facebook-nya Deddy Corbuzier mengalami cedera ketika berlatih di pusat kebugarannya. Berikut kutipan penuturan Deddy Corbuzier yang terdapat di laman Facebook miliknya: ?Sekitar 5 tahun yang lalu saya pernah mengalami sebuah kecelakaan hebat yang menyebabkan terkoyaknya bagian bawah tulang punggung saya. Namun hal itu belum menjadi masalah hingga beberapa hari yang lalu. Tepat pada hari minggu, 25 Januari 2014 di sebuah gym tiba tiba tubuh saya memanas dan saya merasakan sakit yang luar biasa di punggung hingga kaki kiri saya.. Dan 5 menit kemudian semua menjadi gelap dan saya pun tidak sadar. Terbangun sudah dikelilingi orang dan ada seorang anggota gym anak muda bernama Leon yang kebetulan seorang dokter. Saat terbangun seluruh badan saya kejang dan bergetar kencang, mata saya terbuka tapi gelap tak melihat apapun hanya suara, seluruh tubuh saya bergetar dan merasakan SAKIT yang luar biasa hingga pernapasan saya terganggu dan tidak bisa mengeluarkan suara disertai mulut saya bergerak sendiri dan MIRING ke kiri (gejala Stroke) dokter disana m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *