5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Batuk

batuk.jpg

Batuk merupakan jenis penyakit ringan, tapi meresahkan. Apalagi ketika cuaca sedang tidak stabil seperti akhir-akhir ini.

Batuk menjadi bentuk pertahanan tubuh yang terjadi secara reflek, sehingga bisa mengeluarkan dahak yang berasal dari saluran pernapasan. Dikutip Buzzle, dari hasil survei menunjukan, lebih dari 40 juta jiwa pergi ke dokter setiap tahunnya untuk mengobati batuk.

Minum obat bukanlah satu-satunya solusi untuk menyembuhkan penyakit Anda. Ada ‘resep’ obat batuk dari bahan alami yang bisa Anda coba. Lima bahan alami ini telah dipercaya sejak nenek moyang untuk mengobati batuk.

1.Madu dan Lemon
Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar pergi.

2. Teh Jahe
Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari.

3.Kunyit
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

4.Madu dan Lada Putih
Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

5.Kemangi
Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas itu dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
10 Tanda Anda Berisiko Bunuh Diri

10 Tanda Anda Berisiko Bunuh Diri

Kondisi seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungannya. Semakin tinggi tekanan yang dialami maka kemungkinan besar ia akan depresi. Kondisi serius ini dapat memicu seseorang untuk bunuh diri.Menurut WebMD, di Amerika Serikat hanya 1 dari 10 orang depresi yang mendapatkan pengobatan. Selain itu, riset yang dilakukan oleh The National Institute of Mental Health (NIMH) melaporkan bahwa 16% orang yang melakukan bunuh diri karena depresi. Banyak dari mereka yang berusia diatas 65 tahun.Namun, jika gejala depresi dapat dideteksi dari awal, resiko melakukan bunuh diri dapat ditekan. Menurut Delker Barb, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Owensboro, Kentucky ada 10 tanda-tanda awal risiko Anda dapat melakukan bunuh diri, dikutip dari Third Age.1. Berbicara bahwa ia akan menyakiti diri sendiri.2. Mencari alat untuk melakukan bunuh diri, misalnya pisau atau pil.3. Menyatakan bahwa kematian (bunuh diri) adalah hal yang wajar.4. Merasa putus asa, selalu marah, dan ingin melakukan balas dendam.5. Bertindak gegabah atau melakukan kegiatan yang beresiko fatal.6. Merasa terjebak dalam satu kondisi yang tidak ada jalan keluarnya.7. Mulai menggunakan obat-obatan terlarang.8. Menjauh dari [...]

Awas! Seks Terganggu Bau Mulut

Awas! Seks Terganggu Bau Mulut

Bau nafas tak sedap bukan hanya dapat menurunkan kepercayaan diri saat bersosialisasi dengan teman atau kolega, namun juga dapat membahayakan hubungan seksual dalam rumah tangga. Hasil survey yang baru-baru ini dilakukan di Kanada menunjukkan bahwa faktor terbesar yang dapat menurunkan mood untuk bercinta berhubungan erat dengan masalah kebersihan. Survey tersebut melibatkan lebih dari seribu orang responden berusia antara 18 hingga 49 yang aktif secara seksual. Sebanyak 58 % di antaranya mengaku bahwa bau mulut pasangan sangat mengganggu dan dapat menurunkan libido saat akan melakukan hubungan intim. Selain bau mulut, keringat berlebihan dan bau badan juga menempati urutan atas yang menjadi penyebab turunnya libido saat akan berhubungan. Untuk mengatasi bau mulut, perlu ditelusuri apa penyebab sebenarnya. Pada umumnya bau mulut disebabkan karena kebersihan mulut yang kurang terjaga, adanya karies (lubang gigi), atau kalkulus (karang gigi), atau bisa juga karena sebab lain. Bau Mulut & Seks Karang gigi biasanya berada di daerah leher gigi yang berbatasan dengan gusi. Karang gigi adalah plak/kotoran gigi yang tidak dibersihkan secara seksama sehingga lama [...]

Buta Gara-gara Gula Darah

Buta Gara-gara Gula Darah

Oleh: dr. Jessica Florencia Anda menderita diabetes? Anda memiliki keluarga yang menderita diabetes? Atau, Anda mengenal seseorang yang mengidap diabetes? Jika jawabannya ya, maka sebaiknya Anda mengingatkan diri dan orang yang Anda sayangi untuk memeriksakan kesehatan matanya. Hal ini penting guna mencegah penderita diabetes kepada risiko penyakit Retinopati Diabetik yang dapat berujung pada kebutaan. Retinopati Diabetik ini dapat terjadi pada seluruh penderita diabetes dan semakin meningkat risikonya pada: Penderita yang sudah lama menderita diabetes Penderita diabetes yang gula darahnya sering tidak terkontrol Gejala paling umum yang sering terjadi adalah: Penurunan ketajaman penglihatan Penglihatan kabur Penglihatan dengan bintik-bintik hitam Wilayah hitam dalam area lapang pandang penglihatan Kesulitan dengan persepsi warna, seringkali berupa gangguan dalam persepsi warna biru-kuning Namun, sebenarnya yang paling membahayakan adalah, penyakit ini tidak memberikan gejala di awal-awal, namun memberikan ancaman kebutaan seketika, dan biasanya pada kedua mata, karena: 1. Pecahnya pembuluh darah pada lapisan penerima penglihatan (retina) di mata 2. Atau, terjadinya p [...]

8 Jurus Meredakan Batuk

8 Jurus Meredakan Batuk

Batuk merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau lendir dari saluran napas dan paru-paru. Namun, terkadang batuk bisa sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat jika terjadi terus-menerus. Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengurangi batuk: 1. Minum Teh Hangat Infeksi saluran napas atas pada umumnya menyebabkan produksi dahak bertambah. Dahak tersebut dapat mengiritasi dan menyebabkan batuk. Segelas air hangat membantu mengencerkan lendir dan menjaga mukosa mulut dan saluran napas tetap lembap. 2. Tinggikan Kepala Saat tidur, sebaiknya tambahkan bantal agar posisi kepala lebih tinggi. Posisi kepala yang lebih tinggi diyakini dapat mengurangi gejala batuk. 3. Jangan Merokok Rokok hanya akan memperburuk kondisi Anda, karena rokok menyebabkan iritasi pada mukosa saluran napas dan membuat produksi lendir semakin banyak. Jangan merokok dan jauhkan diri Anda dari perokok. 4. Hindari Iritan Debu, parfum, pengharum ruangan, asap, mungkin dapat menyebabkan iritasi dan memperparah batuk. Berikut beberapa kiat lainnya untuk meredakan batuk di halaman selanjutnya selengkapnya. 8 Jurus Meredakan Batuk 5. Minum Madu Madu sering dis [...]

Mengantisipasi Risiko Implan Gigi

Mengantisipasi Risiko Implan Gigi

Anda mungkin sempat berpikir untuk melakukan implan gigi, untuk mengganti gigi Anda yang tanggal atau ompong. Namun sebelum Anda memutuskan untuk melakukan implan gigi, tidak ada salahnya Anda ketahui beberapa hal berikut ini untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi. Implan gigi ditanamkan ke rahang dan kemudian akan menyatu dengan tulang setelah beberapa bulan. Implan gigi ini dapat dilakukan untuk menggantikan gigi yang tanggal dan berperan sebagai pengganti akar dari gigi yang hilang serta menahan gigi pengganti. Implan gigi dapat memberikan hasil yang natural karena memiliki stabilitas yang sangat bagus, serta dapat berdiri sendiri. Meski dengan melakukan implan gigi Anda dapat mendapatkan gigi baru yang terlihat natural dan kokoh, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan prosedur ini. Proses Implan Gigi Implan gigi yang terbuat dari bahan titanium mudah menyatu dengan tulang. Proses penyatuan ini disebut dengan osseointegration. Pahami terlebih dahulu beberapa proses implan gigi sebelum Anda melakukannya. Proses implan gigi praoperasi perlu memerhatikan beberapa hal seperti: Melakukan X-ray. Hal ini penting dilakukan untuk [...]

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Tahapan Buka Puasa yang Tepat untuk Hindari Perut Kembung dan Kekenyangan

Setelah menahan lapar lebih dari 12 jam, berbuka puasa menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu. Seringkali saat berbuka puasa banyak orang yang kalap memakan apapun yang terhidang di meja. Mulai dari es buah, kolak, gorengan hingga nasi lengkap dengan lauknya. Pola makan tersebut ternyata keliru dan justru bisa membuat tubuh terasa lemas dan perut jadi tidak nyaman.Lalu bagaimana pola makan yang benar saat berbuka puasa? Pakar gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS menyarankan untuk berbuka dengan perlahan dan bertahap. Porsi makan saat berbuka juga sebaiknya kecil, yaitu hanya untuk membatalkan puasa."Sekedarnya saja, satu gelas air putih. Kalau mau teh manis atau jus silakan saja. Tapi bagusnya yang netral. Sama buah, 1-2 potong. Kolak juga bisa," ujar pria yang akrab disapa Hardin ini, saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon, Kamis (10/7/2014).Senada dengan Hardin, dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG juga menyarankan untuk tidak terlalu banyak makan saat buka puasa dan utamakan untuk meminum dua gelas air putih terlebih dahulu. Makanan berlemak dan yang berkuah santan sebaiknya dihindari ketika berbuka."Diselingi makanan manis sedikit saja. Misalnya kola, mengandung santa [...]

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Beberapa Kelebihan Makanan Organik

Saat ini sudah sering kita dengar banyaknya produk makanan organik. Ya, makanan organik memang sedang marak dikembangkan. Para petani tanaman organik mulai banyak didapatkan dan produksi mereka pun mulai meningkat karena permintaan konsumen yang meningkat pula. Saat ini sudah banyak orang-orang yang mulai beralih dari makanan konvensional ke makanan organik. Namun apakah benar makanan organik lebih sehat daripada makanan konvensional? Apakah kelebihan makanan organik dibandingkan makanan umum lainnya? Hal apa yang membuat banyak orang lebih memilih makanan organik akhir-akhir ini? Kelebihan Makanan Organik Air yang terkandung dalam sayuran organik ternyata tidak sebanyak dalam sayuran konvensional sehingga dalam penyimpanannya akan tidak cepat busuk. Selain itu, sayuran organik sering dijual dalam keadaan masih segar sehingga akan lebih lezat saat disantap. Sayuran organik juga ditanam tanpa menggunakan pestisida. Sayuran ini menggunakan pupuk kompos sehingga bebas dari bahan-bahan kimia. Dengan mengkonsumsi sayuran organik, maka akan semakin mengurangi jumlah zat kimia yang dikonsumsi sehingga paparan zat radikal bebas terhadap sel-sel tubuh juga akan berkur [...]

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Oleh: dr.Dewi Ema Anindia Risiko kelahiran bayi prematur yaitu kelahiran bayi sebelum usia kehamilan 37 minggu ternyata dapat meningkat bila sang ibu adalah seorang obesitas atau overweight (kelebihan berat badan) seperti yang dikemukakan oleh sebuah studi di Swedia. Sven Cnattingius, MD, PhD yang melakukan studi ini mengatakan ?Risiko dalam kehamilan saat ini lebih sering terjadi pada ibu yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan?. Telah lama disebutkan bahwa obesitas pada ibu dapat meningkatkan risiko pre-eklampsia, keguguran, diabetes gestasional, dan kelahiran dengan operasi sesar (sectio caesare), namun penelitian ini menemukan bahwa kelebihan berat badan pada ibu pun diakitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Penelitian ini menganalisa 1,599,551 kelahiran di Swedia pada tahun 1992 hingga 2010, dan menganalisa IMT (Index Masa Tubuh) pada setiap ibu pada saat visit antenatal. Selanjutnya para peneliti membagi kelahiran ibu-ibu tersebut menjadi 3 kelompok yaitu, extremely premature (usia kehamilan 22?27 minggu), very premature ( usia kehamilan 28?31 minggu) dan premature (usia kehamilan 32?36 minggu). Penelitian ini menemukan bahwa bila dibandingk [...]

4 Fakta dan Mitos Sperma yang Belum Anda Tahu

4 Fakta dan Mitos Sperma yang Belum Anda Tahu

Sperma adalah cairan yang keluar dari penis pria saat ejakulasi. Sperma yang bertemu dengan sel telur merupakan cikal bakal janin. Namun banyak mitos yang lucu, kadang aneh, terkait sperma. Banyak yang menganggap bahwa sperma merupakan bahan ?ajaib? yang digunakan tidak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya. Apa saja mitos aneh seputar sperma? 1. Merokok mempengaruhi jumlah sperma Merokok berhubungan dengan jumlah sperma yang rendah. Hal ini merupakan fakta yang perlu diwaspadai. Mekanisme pasti rokok mempengaruhi jumlah sperma masih belum diketahui dengan pasti, namun rokok jelas berhubungan dengan rendahnya jumlah sperma dan motilitas sperma. Jadi jika Anda sedang berusaha untuk memilliki anak, hentikan rokok Anda sekarang! Untuk memperbaiki kualitas sperma, rokok harus dihentikan dalam jangka panjang. Berhenti merokok tidak dapat dilakukan hanya sesaat. Jadi kunci untuk kesehatan sperma adalah menjaga pola hidup Anda tetap sehat secara konsisten. Beirkut fakta tentang sperma lainnya yang mungkin Anda belum tahu: Fakta Tentang Sperma Lainnya yang Anda Belum Tahu 2. Konsumsi sperma dapat berguna untuk vitalitas Walaupun sperma mengandung berbagai nutrient sep [...]

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Wanita Kegemukan Cenderung Tidak Subur

Apakah Anda mengetahui berat badan Anda? Apakah Anda pernah menghitung indeks massa tubuh (IMT) Anda? Penting bagi wanita untuk mengetahui berat badannya karena hal ini terkait dengan kesuburan dan kemungkinan untuk terjadinya kehamilan. Para wanita dengan IMT di sekitar 30kg/m2 terancam untuk mengalami gangguan kesuburan dan kesulitan untuk hamil. Para wanita terancam mengalami ketidaksuburan jika berat badannya berlebih karena beberapa faktor: Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur) Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil. Selain itu, kegemukan pada wanita juga menenggarai pada masalah proses pembuahan. Berikut penjelasannya: Beberapa Masalah Kesuburan Pada Wanita Obesitas Masalah pada proses pembuahan Selain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *