5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

IRITASI-KULIT-RUMAH-BENDA-PENYEBAB-GATAL.jpg

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita.

Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia.

Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas.

Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #1: Sabun

Penggunaan sabun untuk membersihkan kulit dapat berefek buruk jika digunakan secara tidak benar.

Membersihkan kulit tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit manusia. Kulit yang kekurangan minyak akan terlihat kering, rapuh dan terkelupas.

Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Dalam jangka panjang kelainan ini dapat berakibat kulit menjadi mudah luka, kemerahan dan berdarah.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #2: Bahan Pembersih

Pembersih di rumah Anda mengandung berbagai bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit. Bahan pembersih ini meliputi cairan pembersih lantai, deterjen, atau pembersih toilet.

Berbagai bahan aktif ini dapat mengiritasi kulit jika bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin membersihkan rumah Anda menggunakan bahan-bahan ini, maka gunakanlah sarung tangan untuk melindungi kulit Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #3: Pakaian

Pakaian dengan bahan yang kasar seperti wool dapat menyebabkan gangguan kulit, khususnya pada individu dengan kelainan kulit berupa dermatitis atopik. Apabila Anda mengalami gatal-gatal atau kemerahan saat menggunakan pakaian dari bahan tertentu, maka hindari bahan tersebut.

Jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi.

Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #4: Lateks

Beberapa orang memiliki alergi terhadap latex, sebuah bahan karet yang ditemukan pada sarung tangan sampai kondom.

Apabila Anda memiliki reaksi alergi terhadap latex, maka Anda akan mengalami kemerahan, gatal bahkan pembengkakan pada daerah yang bersentuhan dengan latex, misalkan pada daerah yang bersentuhan dengan jam tangan atau pergelangan tangan yang bersentuhan dengan sarung tangan.

Individu dengan reaksi alergi terhadap latex dapat mengalami reaksi silang terhadap buah torpikal seperti pisang dan kiwi.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #5: Parfum

Alergi terhadap parfum cukup umum ditemui. Namun terdapat 5000 jenis aroma dan terdapat berbagai kombinasi bahan kimia dalam setiap aroma. Hal ini menyebabkan penentuan jenis aroma penyebab alergi menjadi sulit. Hindarilah penggunaan parfum yang menyebabkan reaksi kulit, seperti bentol, kemerahan dan gatal pada kulit.

Walaupun reaksi alergi terhadap berbagai bahan di atas banyak dijumpai namun bukan berarti Anda harus berhenti menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan adalah lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai bahan tersebut. Jika dalam penggunaan bahan tersebut, Anda mengalami keluhan tertentu, maka berhentilah menggunakannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

Kerutan dan Keriput

Kerutan dan Keriput

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari. Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis. Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga. Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar. Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit [...]

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

3 Trik Kulit Sehat Selama Bulan Puasa

Wanita yang sempurna itu cantik lahir batin. Ketika puasa, kecantikan batin kita akan memancar seiring dengan pahala yang dikumpulkan sebulan penuh. Tapi bukan berarti kecantikan fisik kita jadi terlupakan. Meski puasa, kulit pun kita bisa dijaga agar tetap sehat segar berseri. Salah satu yang dikhawatirkan ketika bulan puasa adalah kulit menjadi kusam. Ini diakibatkan karena kita menahan lapar dan dahaga selama sehari, kita kekurangan cairan serta vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit tetap sehat. Akibatnya kulit menjadi kusam, mengering, bersisik dan keriput. Untuk mencegah hal ini terjadi, banyak wanita yang menggunakan obat-obatan kimiawi yang sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal ada cara yang lebih alami dan sederhana agar kulit cantik dipandang mata selama bulan puasa: Makan banyak sayuran dan buah-buahanKetika sahur kita cenderung makan banyak agar perut terasa kenyang. Begitu pun ketika berbuka, kita makan banyak untuk membalas lapar. Untuk mencegah ini, banyaklah makan sayuran dan buah-buahan ketika sahur dan puasa. Makanlah sayur dan buah yang banyak vitamin A, C, dan E karena bermanfaat sebagai antioksidan bagi kulit. Ini untuk melindungi kul [...]

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Metode pencucian uap memberikan hasil cucian yang lebih bersih dan menurunkan paparan risiko penyakit kulit. Hal ini dikarenakan beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit lebih mudah tereliminasi dengan paparan uap sepanas 60 derajat Celcius. Beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit yang dapat tereliminasi dengan pencucian mesin cuci teknik penguapan: Skabies: Skabies adalah penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan. Penyakit ini disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia, dalam hal ini melalui pemakaian handuk yang bersamaan. Terlebih lagi jika handuk yang digunakan kotor. Panu:Panu membuat kulit Anda belang-belang putih dan gatal. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Penyakit yang disebabkan oleh malasezia furfur yang mudah tumbuh di handuk kotor. Patekan:Walau penyakit ini masih awam di kuping sebagian besar orang Indonesia, tapi sebetulnya angka kejadiann [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

3 Fungsi Nivea Creme untuk Ibu Hamil

3 Fungsi Nivea Creme untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah proses alami yang penuh keindahan. Klimaks kebahagiaan seorang wanita menjadi perempuan seutuhnya. Seiring perubahan fisik karena kondisi kehamilan, kulit ibu hamil akan diuji hingga ke batas maksimalnya. Perubahan fisik akan membuat kulit mengalami peregangan setiap harinya. Senti demi senti kulit teregang menyesuaikan bertambahnya volume perut yang kian membesar. Artinya kelenturan dan kekuatan kulit akan mencapai kemampuan regang yang sangat hebat. Tak pelak lagi dari kondisi tersebut muncul kondisi-kondisi alamiah kehamilan lainnya, seperti stretch marks, rasa gatal pada kulit, jerawat dan lainnya. Namun demikian ibu hamil tidak perlu khawatir Nivea Cr�me akan memastikan masa kehamilan Anda berjalan dengan mulus. Simak beberapa fakta fungsi Nivea Cr�me berikut ini untuk menunjang masa kehamilan Anda: 1. Mengurangi potensi munculnya stretch marks Pada trimester pertama masa kehamilan, perut Anda akan mulai perlahan membesar seiring dengan perkembangan janin dalam kandungan. Walau proses peregangan kulit belumlah mencapai batas maksimal, namun proses ini sebaiknya diikuti dengan kiat memelihara kelembapan kulit dengan rutin mengol [...]

Kulit Kesat = Kulit Bersih Setelah Mandi?

Kulit Kesat = Kulit Bersih Setelah Mandi?

Kulit perlu dijaga tetap bersih agar senantiasa sehat. Untuk itu, mandi merupakan suatu kegiatan yang tidak boleh diabaikan untuk menjaga kesehatan kulit. Terlebih bagi kita yang tinggal di daerah tropis yang cenderung panas. Kulit mudah berkeringat dan kotor sehingga mandi harus dilakukan secara rutin dan teratur.Mandi merupakan kegiatan yang menyegarkan. Tubuh juga menjadi nyaman karena terasa bersih. Agar kulit bersih, kegiatan mandi tidak hanya mengandalkan air namun juga sabun. Bahkan mandi sering kali dianggap sempurna jika kulit terasa kesat setelah disabuni, di mana seluruh kotoran, minyak, dan keringat yang membuat tubuh terasa lengket berhasil diangkat dengan sempurna oleh sabun. Apakah hal itu benar?Memang tujuan untuk mandi adalah agar kulit menjadi bersih. Namun, kulit yang bersih tidak ditandai dengan kulit yang kesat.Ketika Anda merasa bahwa kulit terasa kesat setelah mandi, maka sebenarnya, lapisan minyak alami kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit telah hilang terkikis oleh sabun. Sama halnya ketika cairan sabun pencuci piring membersihkan piring kotor. Namun sayangnya, dengan hilangnya lapisan minyak alami ini, maka kandungan air yang terikat di lapisan te [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstr [...]

Kulit Sensitif

Kulit Sensitif

Bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak serta merta juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak. Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk kosmetik dan pilihlah produk yang diberi label ?hypoallergenic? atau produk khusus bagi kulit sensitif. Untuk orang yang memiliki kulit sensitif, berkondisikan di mana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat ke permukaan kulitnya. Hal ini pula yang sering dipakai oleh para ahli untuk menjelaskan perihal musabab orang yang berkulit sensitif. Pun untuk orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *