5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

IRITASI-KULIT-RUMAH-BENDA-PENYEBAB-GATAL.jpg

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita.

Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia.

Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas.

Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #1: Sabun

Penggunaan sabun untuk membersihkan kulit dapat berefek buruk jika digunakan secara tidak benar.

Membersihkan kulit tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit manusia. Kulit yang kekurangan minyak akan terlihat kering, rapuh dan terkelupas.

Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Dalam jangka panjang kelainan ini dapat berakibat kulit menjadi mudah luka, kemerahan dan berdarah.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #2: Bahan Pembersih

Pembersih di rumah Anda mengandung berbagai bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit. Bahan pembersih ini meliputi cairan pembersih lantai, deterjen, atau pembersih toilet.

Berbagai bahan aktif ini dapat mengiritasi kulit jika bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin membersihkan rumah Anda menggunakan bahan-bahan ini, maka gunakanlah sarung tangan untuk melindungi kulit Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #3: Pakaian

Pakaian dengan bahan yang kasar seperti wool dapat menyebabkan gangguan kulit, khususnya pada individu dengan kelainan kulit berupa dermatitis atopik. Apabila Anda mengalami gatal-gatal atau kemerahan saat menggunakan pakaian dari bahan tertentu, maka hindari bahan tersebut.

Jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi.

Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #4: Lateks

Beberapa orang memiliki alergi terhadap latex, sebuah bahan karet yang ditemukan pada sarung tangan sampai kondom.

Apabila Anda memiliki reaksi alergi terhadap latex, maka Anda akan mengalami kemerahan, gatal bahkan pembengkakan pada daerah yang bersentuhan dengan latex, misalkan pada daerah yang bersentuhan dengan jam tangan atau pergelangan tangan yang bersentuhan dengan sarung tangan.

Individu dengan reaksi alergi terhadap latex dapat mengalami reaksi silang terhadap buah torpikal seperti pisang dan kiwi.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #5: Parfum

Alergi terhadap parfum cukup umum ditemui. Namun terdapat 5000 jenis aroma dan terdapat berbagai kombinasi bahan kimia dalam setiap aroma. Hal ini menyebabkan penentuan jenis aroma penyebab alergi menjadi sulit. Hindarilah penggunaan parfum yang menyebabkan reaksi kulit, seperti bentol, kemerahan dan gatal pada kulit.

Walaupun reaksi alergi terhadap berbagai bahan di atas banyak dijumpai namun bukan berarti Anda harus berhenti menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan adalah lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai bahan tersebut. Jika dalam penggunaan bahan tersebut, Anda mengalami keluhan tertentu, maka berhentilah menggunakannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Kulit Kesat Setelah Mandi, Belum Tentu Kulit Anda Sehat

Mandi memang menyegarkan. Tubuh dibasuh dengan air, lalu seluruh permukaan kulit dibersihkan menggunakan sabun. Mandi kemudian dianggap sempurna jika kulit terasa kesat setelah dibasuh karena dianggap seluruh kotoran dan lemak berhasil diangkat dengan sempurna oleh sabun. Padahal, yang tidak Anda ketahui adalah kulit kesat itulah yang menandakan bahwa lapisan minyak (lipid) alami kulit terkikis oleh sifat basa sabun. Cairan yang terikat di lapisan terluar kulit (epidermis) ditarik secara paksa, sehingga membuat lapisan protein kulitrusak. Hal inilah yang mendasari rasa kesat setelah kulit disabuni, dimana bukan berarti kotoran saja yang terangkat, namun termasuk kandungan air dalam kulit. Bila hal ini dibiarkan terjadi terus menerus, kulit menjadi kering, terasa kencang, dan pada kondisi terparah akan terlihat pecah-pecah dan terasa gatal. Hal ini tentu saja bisa dicegah, yaitu dengan pemilihan sabun yang baik dan benar. Pilihlah sabun dengan kandungan pelembap yang cukup, sehingga tidak akan menghilangkan kelembapan alami kulit, tapi mempertahankannya kulit tetap lembab dan sehat. di laman utama website kami.[](HM/JF/DA) Ditulis oleh: dr. Jessica Florencia Anggota Redaksi Med [...]

7 Bahaya Kulit Kering

7 Bahaya Kulit Kering

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita seringkali membuat kulit kita menjadi kering. Lingkungan dengan kelembaban rendah, seperti ruangan berpendingin (ber-AC), daerah dataran tinggi, daerah sub-tropis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Belum lagi paparan asap rokok dan polusi udara juga menimbulkan masalah kulit kering.Seringkali di antara kita mengeluhkan kulit wajah berminyak sehingga kulit tampak ?kucel?. Lalu berbagai upaya dilakukan untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan kosmetik atau skin care yang berbahan dasar alkohol atau bahkan alkohol itu sendiri menyebabkan kulit kehilangan kelembabnya. Mencuci wajah berulang-ulang menggunakan sabun juga dapat membuat kulit menjadi kering.Tapi tahukah kamu bahwa terdapat bahaya yang mengintai jika kulit wajah dan tubuhmu kering? Berikut ini di halman selanjutnya beberapa masalah yang dapat timbul akibat kulit kering: [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Kulit menjadi kering ketika tidak mampu mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini dapat terjadi akibat proses penuaan, terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang tidak tepat, iklim yang dingin, atau akibat adanya masalah medis tertentu.Agar kulit yang kering senantiasa lembap dan bebas masalah, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk kecantikan atau mengubah pola hidup. Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh sehingga sel kulit dapat memperbaiki diri, mempertahankan kelembapannya, serta membentengi diri dari berbagai masalah.Langkah berikut dapat Anda lakukan sehari-hari agar kulit tetap lembap dan bebas masalah:1. Minum air.Air mudah ditemukan di sekitar Anda. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Sisa metabolisme sel kulit akan lebih mudah keluar bila konsumsi air mencukupi. Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, berkilau, dan lembap.2. Konsumsi buah dan sayuran segar.Sama seperti air, buah dan sayuran selalu te [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Memilih Sunblock yang Aman

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan. Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini: Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit. Gunakan Sunbl [...]

5 Cara Mudah Kulit Cantik Berseri

5 Cara Mudah Kulit Cantik Berseri

Kulit tidak hanya sebagai indera peraba dan pelindung tubuh kita, tapi juga cerminan diri Anda yang sebenarnya. Awal dari kecantikan adalah kulit yang sehat. Untuk itulah setiap wanita perlu memperhatikan perawatan kulitnya. Definisi kulit sehat bagi wanita adalah bersih, kenyal, lembut dantidak kering. Tidak mudah menjaga kulit sehat. Banyak wanita akhirnya mengeluarkan banyak uang untuk perawatan super mahal demi mendapatkan kulit sehat, cantik berseri. Sebetulnya ada rahasia untuk mendapatkan kulit cantik, yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan pemilihan perawatan kulit yang tepat. rahasia ini simpel dan mudah untuk dipraktikkan.Apa rahasianya? Temukan di bawah ini: Makanan sehatIngin kulit cantik? Perhatikan pola makan Anda. Banyak asupan vitamin - lebih bagus untuk kesehatan kulit daripada - lemak dan karbohidrat. Mengganti pola makan Anda dengan banyak makan sayuran, buah, dan minum air putih berdampak baik bagi kulit. Sayuran dan buah mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikalbebas yang merusak kulit. Olahraga Olahraga secara rutin dapat mempercantik kulit. Sirkulasi darah jadi lebih baik sehingga membantu merawat kulit melal [...]

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

Anda lebih sering berada di dalam ruangan ketimbang berada di luar ruangan? Jika ya, maka kulit Anda termasuk kulit yang senantiasa terpapar udara kering dan dingin dari pendingin ruangan, sehingga dapat membuat kulit kering dan bersisik.Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari kulit yang kering dan bersisik:1. Tidak mandi terlalu lamaHindarilah mandi dengan air yang terlalu panas dan terlalu lama, karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit. Gunakanlah air yang suam-suam kuku. Selain itu, jangan menggunakan scrub untuk mandi dan sebaiknya juga jangan luluran terlalu sering.2. Gunakan sabun atau pembersih yang lembutHindari sabun dengan pengharum atau alkohol karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Sebaliknya, gunakan sabun atau pembersih yang mengandung pelembap yang tinggi.3. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit keringSetelah selesai mandi dan tubuh kering, oleskanlah pelembap ke kulit. Pelembap akan membantu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Anda juga bisa menggunakan pelembap secara berulang beberapa kali dalam sehari.Berikut beberapa kiat lainnya untuk mencegah kulit kering dan bersisik: [...]

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *