5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

IRITASI-KULIT-RUMAH-BENDA-PENYEBAB-GATAL.jpg

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita.

Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia.

Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas.

Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #1: Sabun

Penggunaan sabun untuk membersihkan kulit dapat berefek buruk jika digunakan secara tidak benar.

Membersihkan kulit tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit manusia. Kulit yang kekurangan minyak akan terlihat kering, rapuh dan terkelupas.

Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Dalam jangka panjang kelainan ini dapat berakibat kulit menjadi mudah luka, kemerahan dan berdarah.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #2: Bahan Pembersih

Pembersih di rumah Anda mengandung berbagai bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit. Bahan pembersih ini meliputi cairan pembersih lantai, deterjen, atau pembersih toilet.

Berbagai bahan aktif ini dapat mengiritasi kulit jika bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin membersihkan rumah Anda menggunakan bahan-bahan ini, maka gunakanlah sarung tangan untuk melindungi kulit Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #3: Pakaian

Pakaian dengan bahan yang kasar seperti wool dapat menyebabkan gangguan kulit, khususnya pada individu dengan kelainan kulit berupa dermatitis atopik. Apabila Anda mengalami gatal-gatal atau kemerahan saat menggunakan pakaian dari bahan tertentu, maka hindari bahan tersebut.

Jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi.

Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #4: Lateks

Beberapa orang memiliki alergi terhadap latex, sebuah bahan karet yang ditemukan pada sarung tangan sampai kondom.

Apabila Anda memiliki reaksi alergi terhadap latex, maka Anda akan mengalami kemerahan, gatal bahkan pembengkakan pada daerah yang bersentuhan dengan latex, misalkan pada daerah yang bersentuhan dengan jam tangan atau pergelangan tangan yang bersentuhan dengan sarung tangan.

Individu dengan reaksi alergi terhadap latex dapat mengalami reaksi silang terhadap buah torpikal seperti pisang dan kiwi.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #5: Parfum

Alergi terhadap parfum cukup umum ditemui. Namun terdapat 5000 jenis aroma dan terdapat berbagai kombinasi bahan kimia dalam setiap aroma. Hal ini menyebabkan penentuan jenis aroma penyebab alergi menjadi sulit. Hindarilah penggunaan parfum yang menyebabkan reaksi kulit, seperti bentol, kemerahan dan gatal pada kulit.

Walaupun reaksi alergi terhadap berbagai bahan di atas banyak dijumpai namun bukan berarti Anda harus berhenti menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan adalah lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai bahan tersebut. Jika dalam penggunaan bahan tersebut, Anda mengalami keluhan tertentu, maka berhentilah menggunakannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tips Merawat Kulit

Tips Merawat Kulit

Tips Merawat Kulit Berikut beberapa tips dalam perihal usaha merawat kulit kian optimal yang telah melalui pertimbangan medis: Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah AndaPenting adanya faktor kebersihan dalam melakukan perawatan wajah. Bakteri bisa datang dari mana saja, temasuk diantaranya tangan kita sendiri. Senantiasa lakukan pembersihan kulit pada pagi dan malam hari Kulit yang telah seharian ikut beraktivitas tanpa kita sadari terpapar oleh bakteri ataupun kuman, oleh karena itu penting untuk melakukan pembersihan kulit wajah pada malam hari. Pun, pembersihan di pagi hari adalah guna membersihkan kulit dari lemak yang dikeluarkan oleh tubuh selama tidur malam hari. Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Lakukan dengan cairan penyegar guna memberikan efek relaksasi pada kulit setelah lelah beraktifitas. Untuk kulit kering: Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda: lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka Mulailah menggunakan produk perawatan anti-aging, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebi [...]

Cantik Sehat dan Alami

Cantik Sehat dan Alami

Kecantikan sesungguhnya adalah ketika seseorang tetap terlihat menarik walau tanpa polesan perias wajah sedikit pun. Walau penilaian cantik adalah hak relatif setiap individu, yang membedakan adalah bagaimana tampil awet muda lebih lama. Kecantikan akan memudar seiring dengan waktu. Persepsi ini salah besar. Mamang benar adanya proses penuaan merupakan proses yang tidak mungkin dihindari, namun yang masih bisa dilakukan seorang manusia dalam menghadapi proses penuaan ialah menunda proses penuaan pada tubuh lebih lama. Pemakaian kosmetik dan dandanan pakaian tidak banyak membantu menghilangkan kerutan wajah yang timbul lebih dini. Tanpa disadari, cara paling sehat dalam usaha cantik awet muda lebih lama tanpa kosmetik ada didepan mata kita dan sangat mudah sekali dilakukan, berikut beberapa kiatnya: 1. Makanlah Secukupnya. Dari jaman dahulu sama sekali tidak ada pakem khusus yang menyatakan resmi jadwal makan wajib manusia adalah tiga kali sehari. Selama ini kita banyak dipengaruhi primordialisme yang turun temurun dari leluhur manusia sejak dahulu. Makanlah secukupnya ketika lapar, jangan berlebihan. Pola makan kekenyangan (baca: berlebihan) hanya menimbulkan masalah kesehatan lanj [...]

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Sejak dulu madu sudah digunakan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Ingatkah kisah Cleopatra yang konon mencelupkan madu ke dalam bak mandinya agar tetap awet muda? Betul, konon tidak hanya susu yang biasa dijadikan bahan mandinya, tapi juga madu. Bahkan madu sudah dipakai sebagai obat luka pada abad ke-1 setelah masehi.Diyakini kebiasaan merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi Yunani. Kemudian bagaimanakah kehadiran madu dewasa ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Apakah terbukti oleh ilmu pengetahuan modern dapat memberikan khasiat yang diyakini selama ini? Belum lagi dengan sederetan khasiatnya yang beraneka ragam, apakah benar madu memang seistimewa itu? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini: Khasiat Madu untuk Kulit Wajah 1. Melembapkan Kulit Senyawa humektan dalam madu mampu merawat kulit yang kerin [...]

Memilih Kosmetik BB Cream

Memilih Kosmetik BB Cream

Oleh: dr. Jessica Florencia Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok [...]

Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Sepanjang masa kehamilan, kulit ibu hamil akan merasakan berbagai masalah, salah satunya adalah stretchmark. Stretch Marksatau dalam bahasa medisnya disebut dengan Stretch Gravidanum merupakan trauma bekas peregangan berlebihan pada kulit. Awalnya berupa guratan kemerahan dan lama kelamaan menjadi garis berwarna keputihan hingga kecoklatan, tergantung pada warna asli kulit. Stretchmark memang mengurangi keindahan kulit pada ibu, namun ternyata riset membuktikan bahwa timbulnya stretchmark dapat dicegah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinyastretchmark pada kulit ibu hamil: Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk meregenerasi sel termasuk sel kulit. Jaga berat badan Anda sesuai dengan perkembangan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark. Mulailah menjaga kelembapan kulit semenjak awal kehamilan. Oleskan pelembab khusus ibu hamil ke seluruh tubuh minimal dua kali sehari, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul. Hal ini berguna untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapi [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit

Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit

Dalam segi perawatan waktunya, kesemua metode tersebut disesuaikan kembali dengan kebutuhan kebersihan kulit wajah, yakni: Perawatan Harian :Untuk perawatan harian lakukan proses Pembersihan dan Penyegaran 2x sehari. Perawatan Mingguan :Untuk perawatan mingguan lakukan proses seluruhnya secara berkala 2 kali dalam seminggu. Perawatan Kulit Bermasalah : � Kulit Berjerawat Melakukan perawatan rutin Pembersihan dan Penyegaran setiap hari serta mengobati bagian jerawat saja. Dilarang keras melakukan Peeling dan Massage. � Kulit Flek a. Melakukan perawatan harian (Pembersihan dan Penyegaran). b.Menipiskan flek dengan mengobati bagian fleknya saja agar flek menipiskan/hilang dengan Peeling, Massage (Pengurutan) dan Pemupukan. � Kulit Keriput a. Melakukan perawatan wajah yang keriput agar kulit wajah lembab lebih kencang dan halus. b. Secara rutin melakukan harian (Pembersihan& Penyegaran). c. Memupukkan kulit dengan perawatan nutrisi pada malam hari dengan krem malam. d. Setiap minggu melakukan perawatan P5 secara lengkap dan Pemupukan / Masker khusus untuk kulit keriput. Pemutihan (Pencerahan [...]

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P - 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:1. Perawatan Rutin yang TelitiBersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam. 2. Penggunaan Sabun yang LembutGunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kul [...]

Kulit Kering, Hindari Pakai Wol!

Kulit Kering, Hindari Pakai Wol!

Wol memang nyaman untuk dieknakan ketika cuaca dingin. Namun jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi. Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan. Namun jika Anda terlanjur jatuh cinta pada sweater wol yang baru saja Anda terlanjur beli, Anda bisa mengkiatkan dengan mengenakan pakaian tipis yang terbuat dari katun alami sebagai sandang lapisan pertama yang kontak dengan kulit Anda. Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk urusan pakaian dengan kulit kering adalah kebersihan pakaian yang Anda kenakan. Hindari mengenakan pakaian yang berulang kali Anda pakai hingga menjadi jarang dicuci. Karena dengan menjaga kebersihan pakaian, kulit kering yang mudah teriritasi jauh dari risiko terpapar infeksi lebih lanjut. Kulit kering yang teriritasi sangat mudah [...]

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Selain mempunyai rasa yang unik, yoghurt juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bakteri yang terdapat di dalam yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.Beberapa keutamaan dari yoghurt, di antaranya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit (patogen), meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Di balik itu semua, ketika dioleskan pada kulit, yoghurt juga memiliki manfaat yang tak kalah luasnya. Bahkan yoghurt mulai banyak digunakan sebagai masker wajah.Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di halaman berikut ini: Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehata [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *