5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

IRITASI-KULIT-RUMAH-BENDA-PENYEBAB-GATAL.jpg

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita.

Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia.

Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas.

Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #1: Sabun

Penggunaan sabun untuk membersihkan kulit dapat berefek buruk jika digunakan secara tidak benar.

Membersihkan kulit tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit manusia. Kulit yang kekurangan minyak akan terlihat kering, rapuh dan terkelupas.

Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Dalam jangka panjang kelainan ini dapat berakibat kulit menjadi mudah luka, kemerahan dan berdarah.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #2: Bahan Pembersih

Pembersih di rumah Anda mengandung berbagai bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit. Bahan pembersih ini meliputi cairan pembersih lantai, deterjen, atau pembersih toilet.

Berbagai bahan aktif ini dapat mengiritasi kulit jika bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin membersihkan rumah Anda menggunakan bahan-bahan ini, maka gunakanlah sarung tangan untuk melindungi kulit Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #3: Pakaian

Pakaian dengan bahan yang kasar seperti wool dapat menyebabkan gangguan kulit, khususnya pada individu dengan kelainan kulit berupa dermatitis atopik. Apabila Anda mengalami gatal-gatal atau kemerahan saat menggunakan pakaian dari bahan tertentu, maka hindari bahan tersebut.

Jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi.

Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #4: Lateks

Beberapa orang memiliki alergi terhadap latex, sebuah bahan karet yang ditemukan pada sarung tangan sampai kondom.

Apabila Anda memiliki reaksi alergi terhadap latex, maka Anda akan mengalami kemerahan, gatal bahkan pembengkakan pada daerah yang bersentuhan dengan latex, misalkan pada daerah yang bersentuhan dengan jam tangan atau pergelangan tangan yang bersentuhan dengan sarung tangan.

Individu dengan reaksi alergi terhadap latex dapat mengalami reaksi silang terhadap buah torpikal seperti pisang dan kiwi.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #5: Parfum

Alergi terhadap parfum cukup umum ditemui. Namun terdapat 5000 jenis aroma dan terdapat berbagai kombinasi bahan kimia dalam setiap aroma. Hal ini menyebabkan penentuan jenis aroma penyebab alergi menjadi sulit. Hindarilah penggunaan parfum yang menyebabkan reaksi kulit, seperti bentol, kemerahan dan gatal pada kulit.

Walaupun reaksi alergi terhadap berbagai bahan di atas banyak dijumpai namun bukan berarti Anda harus berhenti menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan adalah lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai bahan tersebut. Jika dalam penggunaan bahan tersebut, Anda mengalami keluhan tertentu, maka berhentilah menggunakannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

Curcuma longa atau yang lebih dikenal sebagai kunyit, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India dan daerah tropis lainnya di Asia. Di Indonesia, kunyit telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas baik di perkotaan maupun di pedesaan, misalnya untuk resep masakan. Beberapa orang juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.Kurkumin, senyawa utama yang terkandung dalam kunyit, diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit, sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan kunyit bagi kulit: 3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit 1. Mengobati KudisKudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, yang ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.Untuk mengobati kudis, ini caranya: sediakan rimpang kunyit [...]

Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

Awas! AC Bisa Merusak Kulit, Lho!

Memang nyaman berada di ruangan ber-AC (Air Conditioner). Bahkan untuk sebagian orang, kenyamanan suhu yang disediakan AC menjadi suatu keharusan agar kerja lebih produktif dan kreatif. Namun dibalik kenyamanan yang ditawarkan, AC memberikan dampak pada kesehatan kulit secara langsung, yakni kulit kehilangan kelembabannya dan menjadi kering. Namun tidak usah khawatir, karena berikut ini adalah contekannya untuk menjaga kenyamanan aktivitas tanpa risau akan kulit yang kering akibat paparan AC, antara lain: Suhu Air Mandi Semua berawal pada saat persiapan bekerja, yakni mandi pagi. Hindari mandi yang menggunakan suhu air terlalu panas. Karena air bersuhu tinggi akan mudah mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan suhu air yang biasa (bersuhu temperatur ruangan). Hal ini berlaku juga ketika Anda mandi di akhir hari. Jika Anda senang dan menikmati berendam, usahakan batasi cukup 5 hingga 10 menit saja paling lama. Pelembab Setelah Mandi Dengan menggunakan pelembab setelah mandi, pelembab akan membantu menahan molekul air yang terpapar setelah mandi dan menguncinya lebih lama. Pada kulit yang tidak diberikan pelembab setelah mandi, maka molekul air di kulit yang di dapa [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Suplemen untuk Kulit Jadi Mulus

Suplemen untuk Kulit Jadi Mulus

Suplemen penunjang kulit mulus dan cantik adalah asupan yang memiliki kandungan nutrisi untuk mendukung kesehatan kulit. Karena kulit yang sehat adalah kulit yang cantik.Kulit yang mulus, berkilau dan bersih. Siapa yang tidak ingin. Beruntunglah Anda yang memiliki kulit wajah indah karena faktor genetika. Lah terus bagaimana yang tidak? Tidak perlu berkecil hati, ada caranya berikut ini.Bukan cara yang aneh-aneh, tapi cara yang perlu kerja keras dalam hal disiplin. Caranya sih mudah. Tapi menjaga konsistensi agar tidak meninggalkan kebiasaan yang menyehatkan kulit berikut inilah yang kerap menjadi faktor kegagalan dari keberhasilan mendapatkan kulit yang cantik nan mulus.Sebenarnya, dengan membiasakan melakukan perawatan rutin yang tepat berikut ini serta didukung asupan nutrisi dari makanan ataupun suplemen penunjang kulit.Untuk itu, berikit ini kiat-kiat yang dapat Anda terapkan serta tips informasi suplemen nutrisi yang dibutuhkan: [...]

Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Ini Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Kita semua mengetahui bahwa olahraga memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apakah olahraga memiliki manfaat terhadap kesehatan kulit?Sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University, Ontario, yang melibatkan 29 laki-laki dan perempuan usia 20 hingga 84 tahun menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering berolahraga memiliki kulit yang lebih awet muda. Diduga bahwa olahraga menyebabkan munculnya suatu zat dalam tubuh yang membantu memperlambat penuaan. Hal ini memang masih diteliti lebih jauh.Namun, secara umum kita telah mengetahui bahwa olahraga dapat meningkatkan aliran darah tubuh. Peningkatan aliran darah tubuh ini juga baik untuk kesehatan sel-sel kulit, karena berarti terjadi peningkatan hantaran oksigen dan nutrisi ke kulit.Olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan meningkatkan relaksasi sehingga mengurangi stres psikologis.Meski demikian, olahraga tetap perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak membahayakan kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa kiat berolahraga agar kulit tetap terawat: [...]

Kerutan dan Keriput

Kerutan dan Keriput

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari. Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis. Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga. Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar. Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit [...]

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pria juga butuh perawatan kulit? Jawabnya adalah mutlak; iya! Perawatan kulit tidak melulu hanya untuk kaum hawa, tetapi juga kaum pria. Daripada kami membiarkan Anda dalam kebingungan berlama-lama, simaklah berikut 4 alasan utama berikut ini kenapa pria juga membutuhkan perawatan kulit: Perawatan After-ShaveJika setelah bercukur Anda menggunakan produk after-shave yang kerap kali mengundang rasa sensasi perih di rahang Anda, mulailah beralih untuk menggunakan losio after-shave yang menyejukkan diikuti dengan krim pelembab. Pilih krim pelembab yang mengandung panthenol, glycolic acid, atau salycilic acid. Krim tersebut memberikan efek menyejukkan dan melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mata dan mencegah sumbatan pada pori-pori. Hal ini terutama penting pada Anda yang memiliki masalah jerawat. Selain dapat membantu dan menjaga kelangsungan proses regenerasi sel, krim untuk kulit juga bermanfaat pada kesehatan kulit wajah. Kelembaban Anda lebih terjaga dengan baik dan terlihat bersih terawat sepanjang hari. Perawatan SikuPada beberapa bagian kulit, baik pada pria maupun perempuan, terdapat area yang lebih tebal dibandingkan bagian [...]

Saat Mandi, Saatnya Merawat Kulit Tubuh

Saat Mandi, Saatnya Merawat Kulit Tubuh

Mandi itu penting! Mandi bukan sekedar rutinitas membersihkan tubuh tapi juga pangkal dari kulit indah Anda. Ketika Anda mandi, Anda sekaligus merawat kulit tubuh Anda. Namun tidak sedikit yang kurang memahami hal tersebut. Padahal, salah pilih sabun bisa-bisa kulit Anda malah bukan menjadi perawatan kulit, tapi justru dapat membuat kulit menjadi kering. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam mandi adalah penggunaan sabun mandi. Ilmunya cukup satu: Pilihlah sabun mandi yang mengandung bahan pembersih yang lembut, mengandung nutrisi dan pelembab dengan bahan yang dapat menyerap ke dalam kulit. Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif. (NO/HW) Sources: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1980146/?page=1: Soap & the Skin http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11845951: Soaps and detergents: understanding their composition and effect. Ditulis oleh: dr.Nadia Octavia Ang [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

Pakaian Bersih, Kulit Bersih dari Bisul

Pakaian Bersih, Kulit Bersih dari Bisul

Pakaian bersih menentukan juga kondisi kesehatan tubuh. Pada khususnya kulit. Karena kulit merupakan organ terbesar manusia. Luas organ kulit pada orang dewasa dapat mencapai 2 meter persegi dengan berat mencapai 3,6 kilogram. Dengan ukurannya yang besar dan melindungi seluruh tubuh, pakaian menjadi benda yang banyak bersentuhan langsung dengan kulit. Menjadikan pakaian mengambil peran penting dalam kesehatan kulit. Salah satu penyakit kulit yang dapat diantisipasi melalui menjaga kebersihan pakaian adalah bisul. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Dalam hal ini, pakaian yang kotor dan lama tidak dicuci berpotensi memaparkan kulit pada kondisi pencetus bisul. Hindari penggunaan pakaian kotor berulang. Hal yang paling sering terjadi adalah pada pemakaian celana jeans. Jagalah kebersihan kulit Anda dengan mencuci pakaian Anda secara berkala dan tetap. Dengan demikian kebersihan kulit Anda terjaga dan bisul terhindarkan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *