5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

IRITASI-KULIT-RUMAH-BENDA-PENYEBAB-GATAL.jpg

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita.

Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia.

Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas.

Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #1: Sabun

Penggunaan sabun untuk membersihkan kulit dapat berefek buruk jika digunakan secara tidak benar.

Membersihkan kulit tangan dengan sabun secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami dari kulit manusia. Kulit yang kekurangan minyak akan terlihat kering, rapuh dan terkelupas.

Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif.

Dalam jangka panjang kelainan ini dapat berakibat kulit menjadi mudah luka, kemerahan dan berdarah.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #2: Bahan Pembersih

Pembersih di rumah Anda mengandung berbagai bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit. Bahan pembersih ini meliputi cairan pembersih lantai, deterjen, atau pembersih toilet.

Berbagai bahan aktif ini dapat mengiritasi kulit jika bersentuhan dengan kulit dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda ingin membersihkan rumah Anda menggunakan bahan-bahan ini, maka gunakanlah sarung tangan untuk melindungi kulit Anda.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #3: Pakaian

Pakaian dengan bahan yang kasar seperti wool dapat menyebabkan gangguan kulit, khususnya pada individu dengan kelainan kulit berupa dermatitis atopik. Apabila Anda mengalami gatal-gatal atau kemerahan saat menggunakan pakaian dari bahan tertentu, maka hindari bahan tersebut.

Jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi.

Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #4: Lateks

Beberapa orang memiliki alergi terhadap latex, sebuah bahan karet yang ditemukan pada sarung tangan sampai kondom.

Apabila Anda memiliki reaksi alergi terhadap latex, maka Anda akan mengalami kemerahan, gatal bahkan pembengkakan pada daerah yang bersentuhan dengan latex, misalkan pada daerah yang bersentuhan dengan jam tangan atau pergelangan tangan yang bersentuhan dengan sarung tangan.

Individu dengan reaksi alergi terhadap latex dapat mengalami reaksi silang terhadap buah torpikal seperti pisang dan kiwi.

Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit #5: Parfum

Alergi terhadap parfum cukup umum ditemui. Namun terdapat 5000 jenis aroma dan terdapat berbagai kombinasi bahan kimia dalam setiap aroma. Hal ini menyebabkan penentuan jenis aroma penyebab alergi menjadi sulit. Hindarilah penggunaan parfum yang menyebabkan reaksi kulit, seperti bentol, kemerahan dan gatal pada kulit.

Walaupun reaksi alergi terhadap berbagai bahan di atas banyak dijumpai namun bukan berarti Anda harus berhenti menggunakannya. Yang perlu Anda lakukan adalah lebih berhati-hati dalam menggunakan berbagai bahan tersebut. Jika dalam penggunaan bahan tersebut, Anda mengalami keluhan tertentu, maka berhentilah menggunakannya.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Oleh: dr. Salma Oktaria Mungkin terlihatnya masih bersih, walau sudah 3 pekan sprei Anda tidak dicuci. Tidak beraroma aneh, masih kelihatan tidak bernoda, masih nyaman. Tapi dibawah kemampuan penglihatan kita yang terbatas. Berkeliaranlah kutu dan tungau yang siap menyebabkan infeksi penyakit kulit pada Anda. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang mudah muncul dari tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Jangan tunggu sampai baru muncul gejala-gejala skabies berikut ini: Gatal yang mengganggu pada malam hari Ditemukan bintil berupa lesi (perlukaan) khas berupa seperti jerawat kecil. Muncul bintil ini biasanya di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah. Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa. Akan semakin berisiko jika Anda melakukan sharing pakaian atau handuk dengan orang lain. Oleh karena itu jagalah tempat istirahat Anda dengan cara melakukan kiat-kiat sehat beriku [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

Mengapa Kulit Berkerut, Padahal Masih Muda?

Mengapa Kulit Berkerut, Padahal Masih Muda?

Sering kali wanita langsung didera kepanikan karena menemukan kerutan-kerutan yang muncul lebih dini daripada seharusnya. Mereka menganggap kerutan-kerutan itu membuat penampilan menjadi lebih tua. Kerutan yang muncul pada usia muda ini disebut dengan penuaan dini.Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit.Secara alami, kulit akan mengalami penuaan atau berkerut seiring bertambahnya usia. Ini memang disebut dengan penuaan kronologis. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat.Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan. Hormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah, serta berkurangnya kekenyalan kulit seiring dengan bertambahnya usia.Hal [...]

Cantik Sehat dan Alami

Cantik Sehat dan Alami

Kecantikan sesungguhnya adalah ketika seseorang tetap terlihat menarik walau tanpa polesan perias wajah sedikit pun. Walau penilaian cantik adalah hak relatif setiap individu, yang membedakan adalah bagaimana tampil awet muda lebih lama. Kecantikan akan memudar seiring dengan waktu. Persepsi ini salah besar. Mamang benar adanya proses penuaan merupakan proses yang tidak mungkin dihindari, namun yang masih bisa dilakukan seorang manusia dalam menghadapi proses penuaan ialah menunda proses penuaan pada tubuh lebih lama. Pemakaian kosmetik dan dandanan pakaian tidak banyak membantu menghilangkan kerutan wajah yang timbul lebih dini. Tanpa disadari, cara paling sehat dalam usaha cantik awet muda lebih lama tanpa kosmetik ada didepan mata kita dan sangat mudah sekali dilakukan, berikut beberapa kiatnya: 1. Makanlah Secukupnya. Dari jaman dahulu sama sekali tidak ada pakem khusus yang menyatakan resmi jadwal makan wajib manusia adalah tiga kali sehari. Selama ini kita banyak dipengaruhi primordialisme yang turun temurun dari leluhur manusia sejak dahulu. Makanlah secukupnya ketika lapar, jangan berlebihan. Pola makan kekenyangan (baca: berlebihan) hanya menimbulkan masalah kesehatan lanj [...]

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit. Penyebab Tidak Langsung Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

Kita sering tidak menyadari bahwa beberapa kegiatan atau kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini: 1. Memasang Wajah Sedih Isi hati yang sedih direfleksikan oleh ekspresi wajah yang sedih pula ? dahi berkerut, bibir manyun, otot-otot wajah tegang. Selain mengatasi rasa sedih, ada satu cara instan untuk wajah Anda. Cobalah menggerakkan telinga ke belakang tanpa menyentuhnya. Anda tidak bisa mengkerutkan wajah sambil mencoba menggerakkan telinga ke belakang. Selain itu Anda dapat merasa terhibur. 2. Lupa Menggunakan Tabir Surya Sembilan puluh persen kerutan wajah disebabkan oleh pajanan matahari. Penggunaan tabir surya sangat penting dalam hal pencegahan penuaan wajah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya melindungi dari sinar UVA dan UVB (broad sprectum). Sinar UVB membakar kulit, sedangkan UVA menyebabkan kulit menjadi lebih gelap namun berkeriput. 3. Banyak Makan Makanan Manis Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. Gula ?menyerang? kolagen dan elastin yang diperl [...]

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Di tengah kesibukan, menyiasati waktu berkualitas bersama keluarga tentu amat sulit. Semua rencana yang sudah dibuat untuk liburan ke luar kota bersama, kadang kandas karena ada pekerjaan yang harus dikerjakan tepat waktu. Padahal, memanfaatkan waktu untuk bersama tak harus pergi ke luar kota atau rumah. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di dalam rumah. Bahkan lebih seru. Dan aktivitas ini juga bisa menciptakan kedekatan dan kehangatan. Berikut adalah beberapa ide seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah. 1. SELFIE KELUARGA Ajak seluruh anggota keluarga untuk foto selfie dengan kamera smartphone Anda. Supaya lebih seru, Anda dan keluarga bisa memakai kostum atau dandanan yang lucu. Foto selfie memberikan Anda dan keluarga kedekatan dan kehangatan yang bisa di dapat dari sentuhan kulit. Jadi jangan sampai ada memiliki kulit yang kering dan kasar. Pilihlah krim kulit yang mengandung Glycerin supaya kulit senantiasa lembab dan halus. 2. FACE PAINTING Buat sebuah permainan. Tutup mata anak Anda. Lalu Anda gambar wajahnya dengan cat khusus. Bila sudah selesai, gantian Anda yang ditutup matanya dan membiarkan anak Anda merias wajah A [...]

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

Manfaat Mandi bagi Kulit

Manfaat Mandi bagi Kulit

Ah, tubuh kita rasanya segar banget sehabis mandi. Apalagi sehabis beraktifitas yang melelahkan. Pikiran terasa lebih rileks dan kita pun jadi lebih gampang untuk beristirahat. Banyak sekali manfaat dari mandi yang kita dapatkan. Selain menghilangkan stress dan menajamkan fungsi otak, mandi pun merupakan poin penting dalam perawatan kulit. Ketika mandi, air akan membersihkan kotoran dan kuman yang menempel di badan. Dengan kata lain, mandi adalah proses detoksifikasi yang mengembalikan kesegaran kulit. Tapi terkadang dalam prosesnya, mandi pun mengurangi lipid alami kulit. Ini dapat terjadi karena, pemilihan sabun yang kurang tepat, kebiasaan mandi dengan air hangat atau menggosok kulit dengan scrub yang kasar. Akibatnya, kulit bisa menjadi kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa memilih sabun yang mengandung Surfactant dan � moisturizer untuk melembabkan kulit. Kandungan ini amat penting untuk mengembalikan kekenyalan dan kelembutan kulit. Apalagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif dan kering. Mulai sekarang mandi jangan asal mandi. Gunakanlah produk perawatan kulit yang benar. Kulit jadi bersih, sehat, dan lem [...]

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

DR. dr. Maya Surjadjaja, MS. Sp.GL. (paling kiri) tengah memberikan pencerahan kesehatan pada audiens pada prosesi peluncuran produk H2 Health & Happiness. Polusi, sinar matahari, dan berbagai macam radikal bebas yang setiap hari berpaparan dengan kulit tentu akan membuat efek buruk. Sebut saja flek, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kebutuhan untuk memelihara kesehatan kulit pun menjadi salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan.Menyadari hal tersebut, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan produk terbarunya berupa suplemen kecantikan kulit H2 Health & Happiness di Bistronomy, Jakarta Selatan, pada 28 Januari lalu.Sinteisa Sunarjo selaku Marketing Deputy Director Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, mengatakan, ?Kalbe meluncurkan produk ini melalui tahapan penelitian yang mendalam dengan memperhatikan kondisi dan masalah-masalah yang sering dialami oleh kulit wanita Indonesia. Wanita Indonesia yang tinggal di negara dua musim memiliki karakteristik dan masalah kulit yang berbeda dengan wanita yang tinggal di negara dengan empat musim.?Ia juga menambahkan bahwa kebutuhan kulit tiap orang berbeda-beda -- ada yang cenderung berminyak, ada yang kering atau juga timbul flek; [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *