5 Cara Atur Nafsu Makan

woman-eating-salad-food-diet.jpg

Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya?

Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014)

1. Bayangkan olahraga seperti bermain
Usai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan.

2. Tidur cukup
Kurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.
Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2, depresi dan penyakit jantung.

3. Minum lebih banyak
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang yang minum air putih tuju gelas per hari makan makanan lebih sedikit 200 kalori dibandingkan mereka yang minum kurang dari tujuh gelas.
Minum dua gelas air putih sebelum makan juga efektif memangkas makan 75-90 kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum air putih.

4. Makan teratur dan tepat waktu
Tubuh mencintai konsistensi, sehingga makan teratur menjauhkan rasa lapar di luar jam makan. Makan secara teratur juga membuat stabil porsi makan yang dikonsumsi.

5. Tak stres
Saat stres mendera tubuh beberapa orang meluapkan lewat makanan. Menurut Profesor Jan Kiecolt Glaser dari Ohio State University, metabolisme tubuh tak bekerja dengan baik saat stres akibatnya berat badan pun bertambah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Puasa Agar Langsing, OCD & Hypnoslimming Sama?

Masih ingat dengan diet yang jadi kontroverial ala mentalis Deddy Corbuzier pada Agustus 2013 lalu? Ya, dalam Obsessive Corbuzier's Diet (OCD) kita dianjurkan untuk berpuasa tapi boleh makan apa saja serta berolahraga ketika berpuasa.Dalam Hypnoslimming, ternyata pola diet OCD hampir sama. Bedanya, sebelum diet, pelaku diet disarankan melakukan teknik clearing atau membersihkan pikiran dari segala macam stres.Seperti disampaikan Pakar Hypnoslimming Tony Cia Cht, CI, GMH, MHRt saat ditemui di acara seminar Kamaratih belum lama ini. Ia menyampaikan, Hypnoslimming merupakan seni dalam mengendalikan pikiran seseorang agar bisa langsing tanpa suplemen dan sebagainya.Cara dietnya sebenarnya cukup mengandalkan pikiran manusia. Karena menurut Tony, pikiranlah yang memengaruhi tubuhnya. "Hypnoslimming mengajarkan peserta untuk rileks. Saat rileks, saya kasih program untuk membuat mereka lebih langsing dan motivasi diet."Pada prakteknya, dalam Hypnoslimming dikenalkan pula High Human Growth Hormone (HGH). Hormon ini merupakan hormon peremajaan yang diproduksi sel aktif saat perut kosong. Hormon ini berfungsi untuk memaksimalkan peningkatan metabolisme tubuh saat berolahraga sehingga pelaku [...]

Agar Diet Aman dan Nyaman, Perhatikan 5 Hal Ini

Agar Diet Aman dan Nyaman, Perhatikan 5 Hal Ini

Setidaknya ada lima hal yang sebaiknya Anda lakukan sehubungan dengan program penurunan berat badan yang aman dan bertanggung jawab: 1. Diet yang dilakukan harus aman. Ini termasuk semua kebutuhan harian yang direkomendasikan (RDA) untuk vitamin, mineral, dan protein. Diet penurunan berat badan sebaiknya rendah kalori, tapi bukan terhadap makanan yang esensial bagi tubuh. 2. Program penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan, kecuali dokter menilai akan bermanfaat bagi kesehatan bila dilakukan cepat. Dengan pembatasan kalori, akan terjadi penurunan berat badan secara cepat pada minggu pertama sampai kedua, tapi kebanyakan adalah akibat berkurangnya cairan. Berat ini akan kembali seperti semula bila Anda kembali ke diet kalori normal. 3. Jika Anda berencana menurunkan berat badan lebih dari 15-20 pon (30-40 kg), mempunyai masalah kesehatan, atau sedang menggunakan pengobatan, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan program tersebut. Dokter dapat menilai kesehatan Anda secara menyeluruh. Ia juga dapat memperkirakan efek yang mungkin timbul dari diet dan penurunan berat badan. 4. Program sebaiknya termasuk perencanaan un [...]

Agar Bisa Peluk Anak, Ibu Muda Ini Diet

Agar Bisa Peluk Anak, Ibu Muda Ini Diet

Genese Ackyord (37) menjadikan anaknya sebagai peningkat motivasi untuk mencapai keinginannya, yakni menurunkan bobot tubuh agar bisa memeluk sang buah hati . Amelia (10) mendukung rencana sang mama untuk menurunkan bobot tubuhnya dengan menuliskannya dalam sebuah catatan "Aku yakin kamu bisa, come on mom," tulis Amelia.Dukungan dari sang anak dan keinginan yang kuat membuat Genese berhasil menurunkan bobot tubuhnya lebih dari 60 kilogram. "Saat berat badanku mulai turun, Amelia dapat memelukku semakin dekat dan dekat. Ini membuatku bahagia, pelukan dan semangatnya membuatku semakin berusaha," kata Genese dikutip Dailymail, Selasa (7/4/2014). Berat badan Genese awalnya mencapai 141 kilogram. Kini sudah berhasil merosot hingga 76 kilogram. "Biasanya pada malam hari saya makan kue, semua yang manis, kentang goreng, burger. Tetapi karena ingin terus dipeluk Amelia saya hanya makan buah dan makanan di rumah saja," katanya.Selain ingin dipeluk sang anak, Genese tak ingin mengalami stroke yang kedua kalinya. "Anak saya ingin ibunya sehat, untuk itu saya harus terus berusaha agar berat badan bisa terus turun. Saya pernah mengalami stroke di usia 33 tahjn akibat kelebihan berat badan," kat [...]

Diet Tak Cuma Perbaiki Penampilan Tapi Bikin Jantung Sehat

Diet Tak Cuma Perbaiki Penampilan Tapi Bikin Jantung Sehat

Alasan sejumlah orang melakukan diet biasanya memperbaiki penampilan. Padahal, diet bisa melakukan lebih, membuat jantung lebih sehat. Mengutip laman Prevention, Jumat (26/12/2014), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLoS Medicine mengungkapkan bahwa penurunan berat badan sangat berdampak besar bagi kesehatan. "Kami menguji penanda metabolik seperti gula darah, kolesterol, dan kadar hormon pada hampir 1.500 pria dan wanita berusia antara 16 dan 39 yang mengalami kelebihan berat badan serta normal," kata penulis studi yang juga kepala epidemiologi molekuler di Finlandia University of Oulu.Peter Wurtz, Ph. Enam tahun kemudian, pemeriksaan tes laboratorium diperiksa lagi. Hasilnya, mereka yang kehilangan hanya beberapa kilogram (antara 3 dan 10 persen dari total berat mereka, atau sekitar 2-6 kilogram) selama jangka waktu tersebut memiliki penurunan pada kolesterol, tekanan darah, sensitivitas insulin, peradangan, fungsi hati, dan kolesterol, yang semuanya menurunkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, mereka yang berat badannya naik, mengalami faktor risiko tinggi penyakit."Semakin Anda kehilangan berat badan maka semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apalagi jika [...]

Ibu & Anak Sukses Buang Lemak Hingga 33 Kg dalam 100 Hari

Ibu & Anak Sukses Buang Lemak Hingga 33 Kg dalam 100 Hari

Hanya dalam waktu 100 hari, seorang ibu dan anak sukses melakukan program penurunan berat badan. Dengan mengunggah video berdurasi 10 detik setiap hari selama 100 hari di giveit100.com, ibu dan anak tersebut berhasil menurunkan beratnya hingga 30 kilogram lebih. Cheryl Shaw (50) mengaku, keinginannya untuk menurunkan berat badan berawal sejak putrinya Tessa (17) mulai khawatir terhadap berat badan ibunya yang mencapai 100 kilogram lebih. Saat itu, Natal, Tessa akhirnya memberikan sebuah kalung yang menandakan awal keinginan ibu dan anak ini berubah untuk lebih sehat. "Berawal dari kalung itu, saya pikir sudah waktunya untuk melakukan perubahan untuk kami berdua. karena bagi saya, gaya hidup sehat bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi untuk satu sama lain," kata Cheryl seperti dilansir Womenshealth, Senin (19/5/2014). Diet akhirnya dimulai dari mengurangi makanan yang manis, mengonsumsi lebih banyak air putih, dan membuat versi sehat 'makanan cepat saji'. Cheryl mengatakan, semua makanan telah dipersiapkan terlebih dahulu pada pagi hari. "Saya memasak banyak dada ayam dan bayam mentah di pagi hari dan menempatkannya dalam wadah makanan. Dengan cara ini, ketika saatnya untuk mak [...]

Mau Coba Diet Kentang?

Mau Coba Diet Kentang?

Sumber karbohidrat yang dianggap makanan pengganti nasi terbaik, kentang diklaim bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah? Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition ini menunjukkan, kentang memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa membantu menurunkan berat badan. Begitu juga dengan peneliti dari University of California di Davis dan Illinois Institute of Technology. Peneliti menugaskan 90 pria dan wanita gemuk untuk mengikuti salah satu dari tiga diet: 1. Mengurangi kalori tetapi tidak boleh mengonsumsi makanan berglisemik tinggi 2. Mengurangi kalori tapi tidak boleh mengonsumsi makanan berglisemik tinggi 3. Tidak membatasi konsumsi kalori atau makanan berglisemik tinggi GI. Para peneliti kemudian memberi ketiga kelompok, kentang dan resep sehat untuk mereka ikuti, ketiga kelompok itu juga diiinstruksikan untuk makan 5-7 porsi kentang per minggu. Pada akhir masa studi (12 minggu), ketiga kelompok kehilangan berat badan, dan peneliti menemukan bahwa kentang secara otomatis mengurangi asupan kalori dan mereka kehilangan berat badan. Seperti dikutip Womenshealth, Jumat (24/10/2014) peneliti menduga, kandungan kentang yang terdiri dari 4,7 [...]

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya."Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, [...]

Gampang Capai Saat Olahraga, Kenapa?

Gampang Capai Saat Olahraga, Kenapa?

Bila Anda mudah lelah saat berolahraga dan nafas pun sesak mudah terengah-engah, kemungkinan Anda kekurangan seng (zinc). Menurut webMD, ditulis Minggu (31/8/2014) seng adalah mineral kesehatan bagi pria. Suatu pengkajian tentang mineral ini mengungkap, aktivitas sel darah merah pria dengan diit rendah seng menurun hingga 40 persen. "Padahal semakin lama kemampuan sel darah merah memindahkan karbon dioksida ke paru-paru, semakin berat seseorang bernafas,"ujar Konsultan dan Peneliti Medis di U.S. Public Health Service Lawrence Wilson MD. Demikian pula, tanpa seng yang cukup, tubuh kita tidak dapat mengusir keluar asam laktat dari otot. Inilah yang kemudian menyebabkan anggota tubuh terasa sangat berat. Untuk sekadar memperoleh seng di saat Anda sibuk, pesan saja hamburger yang ditaburi wijen di atasnya. Makanan seperti itu mengandung seng tiga kali lebih banyak dibanding chicken sandwich. Seng juga dapat Anda temukan pada biji kacang sayur (seperti buncis, kapri, kacang panjang) ) selai kacang, dan telur dadar. [...]

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Facebook Bisa Bikin Orang Alami Gangguan Makan

Selama bertahun-tahun Facebook jadi kambing hitam atas gangguan mental, depresi, cemburu dan ketidakpuasan emosional lain yang diderita manusia zaman kini. Peneliti bahkan menyebutkan, jejering sosial ini berkontribusi menimbulkan gangguan makan.Seorang Profesor Psikologi di Florida State University, Pamela K. Keel, melakukan survei terhadap 960 siswi. Keel membagi siswa dalam dua kelompok. Satu kelompok menghabiskan waktu 20 menit di Facebook dan lainnya membaca Wikipedia."Wanita yang menghabiskan 20 menit di Facebook dilaporkan memperhatikan berat dan bentuk tubuhnya dan meningkatkan kecemasan dibanding pada perempuan dalam kondisi kontrol, yang menunjukkan Facebook memengaruhi faktor risiki gangguan makan," kata Keel seperti dilansir Cnet, Selasa (11/3/2014).Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Eating Disorders dengan judul Do You 'Like' My Photo? Facebook Use Maintains Eating Disorder Risk.Keel meyakini alasan meningkatnya risiko gangguan makan karena wanita yang menghabiskan waktunya di Facebook membandingkan dirinya dengan penampilan perempuan lain. "Sekarang satu-satunya tempat Anda melihat foto wanita kurus dan ideal dengan pakaian renang bukan di sampul m [...]

Pizza Ini Bisa Awet 3 Tahun Tanpa Masuk Kulkas

Pizza Ini Bisa Awet 3 Tahun Tanpa Masuk Kulkas

Pizza yang satu ini bisa bertahan selama tiga tahun. Hebatnya, pizza tersebut juga tak memerlukan proses pendingin atau pembekuan.Pizza tersebut sengaja diciptakan para ilmuwan untuk tentara Amerika Serikat. Selama ini, tentara AS meminta agar pizza dimasukkan dalam ransum pribadi.Para peneliti di laboratorium militer AS di Massachusetts yang menciptakan resepnya. Produk akhir masih dikembangkan, tapi ilmuwan mencoba agar rasanya seperti pizza pan."Anda pada dasarnya bisa mengambil pizza, meninggalkannya di meja, dikemas, selama tiga tahun dan masih bisa dimakan," kata seorang ilmuwan di U.S. Army Natick Soldier Research, Development and Engineering Center, Michelle Richardson seperti dikutip Dailynews, Senin (17/2/2014).Menurut Richardson, pizza menjadi salah satu item yang paling diminta tentara setiap tahunnya. Peneliti juga sudah menghabiskan waktu hampir dua tahun untuk mengembangkan resepnya di dapur yang penuh dengan peralatan komersial.Upaya para ilmuwan sering gagal karena kelembaban dari saus tomat, keju, dan topping di adonan yang dari waktu ke waktu terus berganti. Pizza yang basah ini memberikan kondisi yang sempurna tumbuhnya jamur dan bakteri penyebabnya penyakit.Tap [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *