5 Cara Atur Nafsu Makan

woman-eating-salad-food-diet.jpg

Tak sedikit orang yang nafsu makannya tak terbendung. Saat melihat nasi goreng langsung ingin makan padahal baru saja makan mi ayam. Sebenarnya ingin mengontrol nafsu makan, namun kenapa sulit ya?

Agar nafsu makan normal, kebiasaan sehat berikut bisa membantu Anda mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip laman Fox News, Rabu (16/7/2014)

1. Bayangkan olahraga seperti bermain
Usai olahraga, nafsu makan pasti tak terbendung rasanya ingin makan apa saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Cornell University meminta dua kelompok untuk berjalan kaki. Kelompok yang diberi tahu bahwa mereka sudah berjalan kaki sejauh dua kilometer makan 35% lebih banyak puding cokelat dan 124% permen cokelat dibandingkan kelompok pertama yang hanya diberi tahu mereka berjalan-jalan.

2. Tidur cukup
Kurang tidur memicu tubuh memberikan rasa lapar di otak serta meningkatkan keinginan untuk makan junk food. Studi lain dari University of Texas Southwestern Medical Center menemukan bukti bahwa kurang tidur memicu makan berlebihan dan meningkatkan berat badan.
Kurang tidur juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan lain termasuk melemahnya sistem kekebalan tubuhm meningkatkan risiko diabetes tipe 2, depresi dan penyakit jantung.

3. Minum lebih banyak
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang yang minum air putih tuju gelas per hari makan makanan lebih sedikit 200 kalori dibandingkan mereka yang minum kurang dari tujuh gelas.
Minum dua gelas air putih sebelum makan juga efektif memangkas makan 75-90 kalori lebih sedikit dibandingkan yang tidak minum air putih.

4. Makan teratur dan tepat waktu
Tubuh mencintai konsistensi, sehingga makan teratur menjauhkan rasa lapar di luar jam makan. Makan secara teratur juga membuat stabil porsi makan yang dikonsumsi.

5. Tak stres
Saat stres mendera tubuh beberapa orang meluapkan lewat makanan. Menurut Profesor Jan Kiecolt Glaser dari Ohio State University, metabolisme tubuh tak bekerja dengan baik saat stres akibatnya berat badan pun bertambah.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Diet Tak Cuma Perbaiki Penampilan Tapi Bikin Jantung Sehat

Diet Tak Cuma Perbaiki Penampilan Tapi Bikin Jantung Sehat

Alasan sejumlah orang melakukan diet biasanya memperbaiki penampilan. Padahal, diet bisa melakukan lebih, membuat jantung lebih sehat. Mengutip laman Prevention, Jumat (26/12/2014), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam PLoS Medicine mengungkapkan bahwa penurunan berat badan sangat berdampak besar bagi kesehatan. "Kami menguji penanda metabolik seperti gula darah, kolesterol, dan kadar hormon pada hampir 1.500 pria dan wanita berusia antara 16 dan 39 yang mengalami kelebihan berat badan serta normal," kata penulis studi yang juga kepala epidemiologi molekuler di Finlandia University of Oulu.Peter Wurtz, Ph. Enam tahun kemudian, pemeriksaan tes laboratorium diperiksa lagi. Hasilnya, mereka yang kehilangan hanya beberapa kilogram (antara 3 dan 10 persen dari total berat mereka, atau sekitar 2-6 kilogram) selama jangka waktu tersebut memiliki penurunan pada kolesterol, tekanan darah, sensitivitas insulin, peradangan, fungsi hati, dan kolesterol, yang semuanya menurunkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, mereka yang berat badannya naik, mengalami faktor risiko tinggi penyakit."Semakin Anda kehilangan berat badan maka semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Apalagi jika [...]

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Resep Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Tubuh kita sangat cepat menyimpan kalori ekstra dalam bentuk jaringan lemak atau sel lemak, bila kalori yang masuk lebih besar daripada yang keluar. Untuk mencegah kegemukan atau mengurangi berat badan, pengaturan makan yang benar harus dilakukan Ada orang mengeluh, hanya melihat makanan saja sudah menambah berat badan. Sementara yang lain dapat menikmati aneka makanan modern tanpa khawatir bertambah gemuk. Itu bisa terjadi, karena: 1. Gender (jenis kelamin)Pria memiliki metabolisme lebih tinggi daripada wanita. Wanita mempunyai tantangan berat badan meningkat saat hamil. Kebanyakan susah kembali ke berat normal normal. Namun, kesibukan merawat sendiri bayinya akan membantu ibu dalam usaha membakar kalori. Metabolisme wanita menopause juga menurun, sehingga perlu mengatur asupan kalori. 2. Usia Metabolisme tubuh usia lanjut tentu menurun. Konsumsi kalori berlebih bisa menyebabkan kegemukan, apalagi jika aktivitas juga menurun. ?Menurut hasil penelitian, kaum usia lanjut lebih cepat gemuk karena tubuh sudah tidak dapat lagi mengatur metabolisme yang fleksibel,? kata Mary P. Clarke, Ph.D, RD, profesor makanan dan nutrisi di Universitas Pusat Kansas di Manhattan. 3. A [...]

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Cara Ortu Bujuk Anak Agar Mau Diet

Membujuk anak obesitas agar mau menurunkan beratnya bisa jadi topik sensitif bagi orangtua. Meski anak tahu harus menurunkan beratnya, tapi tak banyak orangtua yang mengetahui cara yang tepat. Belum lagi menurut psikolog Wilmington, sejumlah orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bila anak mereka mengalami obesitas. Selain itu, Peneliti di University of Minnesota Medical School, Jerica Berge, PhD juga mengatakan, orangtua berperan besar bukan hanya menjaga tumbuh kembangnya tapi juga kesehatannya. "Sangat penting bagi orangtua memahami obrolan yang tepat agar anak hidup sehat dengan menurunkan berat tanpa ada paksaan." Lantas bagaimana cara mudah bicara pada anak agar makan sehat dan lebih banyak bergerak? Mengutip laman Everydayhealth, Rabu (4/6/2014) The Academy of Nutrition and Dietetics menawarkan beberapa tips agar orangtua tidak salah bicara pada anak, sebagai berikut: 1. Sajikan makanan seimbang dan temukan cara untuk menghabiskan makanan tersebut dengan menyenangkan.2. Miliki waktu aktif bersama-sama3. Jangan pernah menghukum, mengancam, atau memaksa anak makan dengan menyuapinya.4. Tanyakan pada dokter anak, ide-ide positif untuk kesehatannya. 5. Pujilah anak bila [...]

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Ibu Hamil di Trimester Tiga Tak Boleh Lakukan 10 Hal Ini

Selama sembilan bulan wanita menanti kelahiran bayinya. Sepanjang bulan itu kaum ibu sangat memperhatikan apa yang dia makan dan apa yang dikerjakan untuk memastikan bayinya sehat.Tentu saja, selama sembilan itu kaum ibu diliputi rasa cemas dan khawatir, apalagi jika itu kehamilan pertama. Pada akhir trimester kedua, kebanyakan mereka mengesampingkan semuanya dan sangat siap menggendong bayinya.Pada trimester terakhir disebut-sebut menjadi waktu yang paling melelahkan dalam kehamilan. Janin sudah bergerak lebih rendah di perut wanita sehingga menyebabkan banyak organ internalnya mengatur ulang untuk mengakomodasi janin. Ada beberapa hal yang perlu wanita hindari ketika kehamilan memasuki trimester ketiga seperti dikutip Boldsky, Selasa (4/2/2014):1. Sauna dan mandi uapAda banyak wanita yang menikmati sauna dan mandi uap. Tapi, ini adalah salah satu yang harus wanita hindari di trimester ketiga kehamilannya karena menyebabkan suhu tubuh internal berubah.2. BercintaJika Anda mengalami kehamilan yang normal dan tak berisiko persalinan prematur, Anda bisa menikmati sesi intim dengan suami Anda sampai melahirkan. Tapi, jika berisiko atau Anda meras alelah, berhubungan intim tak boleh di [...]

Santapan Sehat Antigendut

Santapan Sehat Antigendut

Anoreksia adalah suatu kerusakan pola makan. Umumnya terjadi pada wanita yang takut gemuk atau bertambah berat badannya, walaupun sedikit. Mereka berusaha menghindari makanan dengan tanpa aturan. Penyakit psikis ini sangat merusak, bahkan bisa mematikan. Persepsi tubuh ideal yang digambarkan langsing, bahkan kurus, plus tinggi, telah merusak pikiran, terutama banyak wanita. Saking inginnya bertubuh bak bintang film atau peragawati, mereka kehilangan nafsu makan dan terkena anoreksia. Ini merupakan penyakit serius yang berakibat orang kekurangan gizi, mengalami ketidakseimbangan hormonal, sembelit, dan autointoksikasi. Padahal, kekurangan mineral dapat melemahkan jantung dan memicu gangguan jantung. Menjaga berat badan ideal sebetulnya tak harus dilakukan dengan menelantarkan tubuh. Pakai saja cara cerdas, misalnya mengatur makanan dengan kalori tertentu, agar tidak menambah berat badan. Dengan begitu tubuh tetap mampu berfungsi dengan sempurna karena kebutuhan akan semua zat gizi terpenuhi. Pengaturan makanan dapat dilakukan dengan cara: * Pilih makanan yang mudah dicerna dan diserap tubuh. * Manfaatkan daun bawang, bawang putih, dan peterseli, yang kaya akan copper dan mine [...]

Ingin Sehat? Stop Konsumsi 5 Makanan Ini Mulai Sekarang

Ingin Sehat? Stop Konsumsi 5 Makanan Ini Mulai Sekarang

Demi hidup sehat seseorang bisa berdiet dan membantasi asupan kalori. Dengan perubahan gaya hidup akan membuat hidup seseorang lebih sehat dan bahagia. Ahli Gizi dari Spire Bristol Hospital dan Vavista.com, Faith Toogood, menyarankan saatnya Anda berhenti dari lima makanan ini mulai hari ini demi sehat seperti dilansir FemaleFirst, Jumat (11/4/2014):1. GulaHal-hal yang manis menjadi musuh nomor satu ketika ingin menurunkan berat badan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebihan berkontribusi terhadap epidemi obesitas. Rata-rata, seseorang makan gula dua kali lebih banyak dari seharusnya.Bagi Anda yang bergaya hidup menetap dan bekerja di meja, makan gula berlebihan bisa cepat berubah menjadi lemak karena memicu pelepasan insulin, yang pada gilirannya mendorong tumbuh menyimpan kelebihan energi dalam bentuk lemak.Cobalah memilih alternatif yang rendah gula dan membiasakan membaca label makanan yang Anda beli. Apabil gula masuk dalam daftar tiga teratas, jangan membelinya. Makanan yang mengandung gula tersembunyi seperti sereal, yogurt rasa buah, termasuk yang rendah lemak, makanan siap saji, minuman bersoda, serta saus kemasan.2. Lemak transLemak trans berbentuk l [...]

Satu Lagi Penyebab Anda Mudah Gagal dalam Berdiet

Satu Lagi Penyebab Anda Mudah Gagal dalam Berdiet

Banyak cara bisa jadi Anda tempuh agar badan makin langsing. Namun tidak juga berhasil. Kalau sudah demikian halnya, cobalah curigai hormon Anda.Menurut asisten profesor kedokteran di Emory University School of Medicine, Christiane Northrup, MD seperti dikutip WebMD mengungkapkan, kegemukan bisa terjadi akibat ketidakseimbangan hormon. Misalnya estrogen tinggi, testosteron rendah, DHEA (hormon dari kelenjar adrenal) rendah, insulin tinggi dan kortisol yang tinggi. "Sebuah tanda utama dari ketidakseimbangan hormon adalah ketidakmampuan untuk menurunkan berat badan tidak peduli seberapa keras Anda diet atau berolahraga. Wanita sangat dipengaruhi oleh fluktuasi hormon, dan kadang-kadang sampai ke titik benar-benar kewalahan. Maka itu penting dalam mengubah gaya hidup sehat dan mencegah stres," ungkapnya. Sementara itu, hormon, seperti ditulis laman Lifehack, Senin (30/6/2014) merupakan bahan kimia yang dikeluarkan oleh kelenjar yang berjalan melalui sistem peredaran darah. Bentuknya yang halus dan bisa rusak jika tidak ditangani dengan hati-hati dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan. Dan pemicunya bisa dari stres, kebiasaan makan yang tidak sehat, obat-obatan dan kehamilan. [...]

10 Hobi yang Bisa Kurangi Lemak di Perut

10 Hobi yang Bisa Kurangi Lemak di Perut

Lagi-lagi, permasalahan obesitas disinggung. Ok, mungkin semua orang telah mengetahui bahaya obesitas yang berisiko memunculkan penyakit jantung atau stroke. Tapi perlu diketahui, obesitas yang dimaksud bukan hanya soal badan gemuk. Tapi juga termasuk perut buncit.Sebelumnya, ahli nutrisi dan obesitas Herbalife, Dr Rocio Medina, MD pernah mengatakan, epidemi obesitas bukan hanya melanda warga Eropa atau Amerika tapi Dunia. Termasuk Asia seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya mengonsumsi banyak karbohidrat seperti nasi, lemak atau gorengan. Sehingga walaupun badannya kecil, tapi ada lemak di perutnya."Jika Anda terlalu banyak makan nasi, mi dan lemak pasti di tubuh Anda banyak lemak. Lemak dapat memproduksi sejenis protein yang disebut sitokin yang dapat membuat seluruh sel yang ditutupi lemak tidak berfungsi. Hal inilah yang membuat seseorang dapat terkena serangan jantung, tersumbat aliran darah, gangguan hati, gangguan ginjal dan masalah pada massa otot," katanya.Untuk mengurangi risiko penyakit tersebut, ternyata ada 10 hobi menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Penasaran? berikut ulasannya, seperti dilansir Healthmeup, Rabu (2/7/2014).1. Berkebun Berkebun bukan hanya baik [...]

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Diet Dash Cegah Tekanan Darah Melonjak

Tidak memiliki gejala yang berakibat pada kematian membuat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu menakutkan. Beragam cara pun dijalani, agar kita terhindar dari kondisi ini. Salah satunya dengan diet dash.Spesialis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudiroto, SpPJ menjelaskan, diet dash memang dianjurkan untuk dilakukan terlebih bagi para penderita hipertensi. Dengan diet ini, pasien akan mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal, dan jauh dari risiko akan mengalaminya."Diet ini tidak hanya fokus pada satu elemen saja, tapi semuanya diperhatikan. Mulai dari karbohidrat, vitamin, sampai mineral," kata Ika menjelaskan dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovascular Summit 2014`, The Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)Pelaku diet dash, lanjut Ika, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, rendah lemak, dengan biji-bijian. Bahkan, pelaku diharus untuk mengonsumsi 4 sampai 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.Dengan begitu, jumlah serat dalam tubuh akan sangat besar, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh pun akan rendah. "Untuk memenuhinya, karbohidratnya lebih fokus pada gandum, [...]

Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Alasan Kenapa Anda Harus Diet Garam

Garam merupakan bahan yang digunakan untuk menambahkan cita rasa dalam masakan yang disajikan. Tanpa garam, masakan akan terasa hambar. Meski besar manfaatnya, kita harus tahu bahwa konsumsi garam berlebihan berakibat buruk bagi kesehatan.American Heart Association (AHA) menunjukan, orang yang sehat tanpa tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit kardiovaskular, ada baiknya tidak mengonsumsi lebih dari 3,75 gram garam per hari. Berikut alasan Anda harus membatasi pemakaian garam dalam diet harian, seperti dikutip dari laman Health Me Up, Jumat (16/5/2014)Tekanan darahKonsekuensi yang akan Anda terima jika mengonsumsi garam dalam jumlah berlebih adalah meningkatnya tekanan darah. Jika ini sampai terjadi, Anda pun berisiko mengalami serangan jantung dan stroke.Dalam sebuah studi, orang yang mengurangi sepertiga asupan natrium, dapat mengurangi 22 persen terjadi stroke, dan 16 persen serangan jantung di Inggris.OsteoporosisOsteoporosis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi kesehatan tulangnya, sehingga rapuh dan lemah. Kalsium adalah mineral utama yang memberikan kontribusi besar untuk kesehatan tulang. Sedangkan bila Anda masih mengonsumsi garam dengan asupan yang cukup tinggi, j [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *