5 Cara Mudah Kulit Cantik Berseri

Neni.gif

Kulit tidak hanya sebagai indera peraba dan pelindung tubuh kita, tapi juga cerminan diri Anda yang sebenarnya. Awal dari kecantikan adalah kulit yang sehat. Untuk itulah setiap wanita perlu memperhatikan perawatan kulitnya.

Definisi kulit sehat bagi wanita adalah bersih, kenyal, lembut dantidak kering. Tidak mudah menjaga kulit sehat. Banyak wanita akhirnya mengeluarkan banyak uang untuk perawatan super mahal demi mendapatkan kulit sehat, cantik berseri. Sebetulnya ada rahasia untuk mendapatkan kulit cantik, yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan pemilihan perawatan kulit yang tepat. rahasia ini simpel dan mudah untuk dipraktikkan.Apa rahasianya? Temukan di bawah ini:

  1. Makanan sehat
    Ingin kulit cantik? Perhatikan pola makan Anda. Banyak asupan vitamin – lebih bagus untuk kesehatan kulit daripada – lemak dan karbohidrat. Mengganti pola makan Anda dengan banyak makan sayuran, buah, dan minum air putih berdampak baik bagi kulit. Sayuran dan buah mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikalbebas yang merusak kulit.

  2. Olahraga
    Olahraga secara rutin dapat mempercantik kulit. Sirkulasi darah jadi lebih baik sehingga membantu merawat kulit melalui peredaran oksigen dan nutrisi. Berkeringat di saat olahraga bermanfaat membersihkan pori-pori dari kotoran.

  3. Istirahat cukup
    Tidur 7-8 jam sehari membantu menghilangkan lingkaran hitam di mata, kulit pucat, dan mata bengkak. Selama tidur, kulit akan beregenerasi dan menghilangkan keriput serta memperlambat penuaan dini.

  4. Hindari sinar matahari
    Sinar matahari meningkatkan resiko kerusakan kulit karena mengandung sinar ultraviolet. Lindungi kulit Anda menggunakan sunscreen. Pakailah pelindung kepala dan baju berlengan panjang ketika keluar rumah, dan hindari matahari dari pukul 10 pagi hingga 2 sore

  5. Bersihkan kulit dengan sabun berpelembab
    Sabun dengan kandungan � moisturizer dapat melembabkan kulit dan menjaganya tetap kenyal dan sehat. Gunakan pada seluruh tubuh dan wajah. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kualitas kelembaban alami kulit, agar lipid alami kulit tidak hilang ketika Anda mandi.

Nah, sekarang Anda tahu rahasia kulit cantikberseri. Anda jadi lebih percaya diri dengan kulit yang selain cantik berseri juga sehat. Stay beautiful, inside and out.

di laman utama website kami.[](JF/HM/DA)


Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber:

  1. Verdier-Sevrain S, Bonte Frederic. Skin hydration: a review on its molecular mechanisms. Journal of Cosmetic Dermatoology. 2007, 6 (2): 75-82.
  2. Ramsing DW, Agner T. Preventive and therapeutic effects of a moisturizer. An experimental study of human skin. Acta Dermato-venereologica. 1997, 77 (5): 335-337.
  3. Boelsma E, Van de Vijyer LP, et al. Human Skin Condition and Its Associations with Nutrient Concentrations in Serum and Diet. The American Journal of Clinical Nutrition. 2003, 77 (2): 348?55.
  4. Mendelsohn AR, Larrick JW. Trade-offs between anti-aging dietary supplementation and exercise. Rejuvenation Res. 2013 Oct; 16 (5): 419-26.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Vitamin dan Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Inilah Vitamin dan Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Anda pasti sudah hapal luar kepala dengan kiat-kiat peremajaan kulit: menghindari diri dari paparan sinar matahari, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Namun ingatlah bahwa kesehatan kulit tidak lepas dari peran vitamin. Inilah jenis-jenis vitamin dan antioksidan yang berguna bagi kulit Anda:Vitamin C dan E dan SeleniumVitamin C dan E, serta selenium, dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit. Tiga antioksidan ini bekerja dengan cara mempercepat sistem perbaikan alami kulit dan secara langsung menghambat kerusakan lebih lanjut.Koenzim Q10 Koenzim Q10 adalah antioksidan alami dalam tubuh yang membantu sel-sel tumbuh dan melindungi mereka dari kerusakan akibat kanker. Penurunan tingkat koenzim Q10 yang terjadi dianggap berkontribusi terhadap penuaan kulit. Karena itu, mengaplikasikan koenzim Q10 pada kulit dapat membantu meminimalkan munculnya keriput.Asam alfa lipoatAntioksidan ini, bila diterapkan secara topikal sebagai krim, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Penelitian menunjukkan, jika dioleskan setiap hari, krim-krim wajah dengan kadar asam alfa lipoat 3%-5% akan membuat perub [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Pada saat memasuki usia 20 sampai 30 tahun, Anda mungkin akan mulai memperhatikan adanya tanda-tanda penuaan yang muncul pada wajah. Tanda yang muncul dapat berupa kulit kusam, garis halus atau keriput di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, dan hiperpigmentasi (flek hitam). Tanda-tanda penuaan tersebut akan semakin jelas seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang mempengaruhi progresifitas proses penuaan pada manusia, seperti diet, pola hidup, merokok, stres, paparan sinar ultraviolet (UV), dan lain-lain.Berikut ini adalah cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan yang muncul di daerah wajah: Crow?s feet Merupakan galis halus/kerutan yang muncul di sekitar mata, terutama saat tersenyum. Gunakan eye cream dengan kandungan pelembab yang tinggi, oleskan pada area mata setiap hari. Jika Anda menginginkan hasil yang cepat dan mencegah pembentukan garis keriput baru, dokter spesialis kulit atau bedah plastik dapat memberikan injeksi botox atau disport pada are tersebut. Kantung mata Seiring bertambahnya usia, area bawah mata akan menjadi hitam dan kendur. Makeup dapat menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata. Filler hyaluronic ac [...]

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,? ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. [...]

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya. Ada beberapa faktor pencetus dan penyebab dari munculnya ruam kulit pada bayi. Antara lain: Popok yang jarang digantiPenyebab paling sering adalah ruam popok. Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih sering mengganti popok pada bayi Anda. Dengan demikian kebersihannya terjaga dengan baik dari risiko paparan kotoran-kotoran pencetus ruam pada kulit. Alergi popok atau bahan pakaian lainnyaHindari pemakaian bahan pakaian dari serat sintetis atau wol. Gunakanlah bahan katun alami yang sekiranya lebih nyaman dikenakan bayi Anda. Perhatikan juga jenis popok yang Anda pakaikan pada si kecil. Pilihlah jenis popok yang tidak mengandung bahan pewangi yang dapat mencetuskan alergi. Ukuran popok atau pakaian yang terlalu kecil dan ketatPakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi dan perlukaan (lecet) pada kulit bayi. Anda dapat menyesuaikan kembali ukuran pakaian yang sepantasnya. Penggunaan produk kulit bayi yang [...]

7 Bahaya Kulit Kering

7 Bahaya Kulit Kering

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita seringkali membuat kulit kita menjadi kering. Lingkungan dengan kelembaban rendah, seperti ruangan berpendingin (ber-AC), daerah dataran tinggi, daerah sub-tropis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Belum lagi paparan asap rokok dan polusi udara juga menimbulkan masalah kulit kering.Seringkali di antara kita mengeluhkan kulit wajah berminyak sehingga kulit tampak ?kucel?. Lalu berbagai upaya dilakukan untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan kosmetik atau skin care yang berbahan dasar alkohol atau bahkan alkohol itu sendiri menyebabkan kulit kehilangan kelembabnya. Mencuci wajah berulang-ulang menggunakan sabun juga dapat membuat kulit menjadi kering.Tapi tahukah kamu bahwa terdapat bahaya yang mengintai jika kulit wajah dan tubuhmu kering? Berikut ini di halman selanjutnya beberapa masalah yang dapat timbul akibat kulit kering: [...]

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini: 1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit- Hindari stresPada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan [...]

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

40 mungkin angka yang cukup ditakuti oleh banyak wanita. Pada usia tersebut, kemampuan kulit untuk mempertahankan kondisinya semakin menurun sehingga tanda-tanda penuaan pada wajah mulai terlihat secara signifikan. Misalnya, garis-garis halus di sekitar mata, kerutan, serta penurunan kekencangan kulit.Proses penuaan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, stres, dan lainnya.Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terlihat cantik dan segar: Lakukan pengelupasan Pengelupasan atau eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Menghapus sel-sel mati akan memperbaiki warna kulit, membuka penyumbatan pori-pori, dan membantu mencegah jerawat. Gunakan scrub wajah yang lembut Gunakan pelembap Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kering karena kelenjar penghasil minyak menjadi kurang aktif. The Mayo Clinic merekomendasikan untuk memilih pelembap berbasis minyak yang mengandung petrolatum, bersamaan dengan antioksidan atau AHA untuk memerangi kerutan Fokus pada mata Riasan pada mata akan mengalihkan perhatian dari setiap garis-garis halus atau kerutan. Untuk se [...]

Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *