5 Cara Mudah Kulit Cantik Berseri

Neni.gif

Kulit tidak hanya sebagai indera peraba dan pelindung tubuh kita, tapi juga cerminan diri Anda yang sebenarnya. Awal dari kecantikan adalah kulit yang sehat. Untuk itulah setiap wanita perlu memperhatikan perawatan kulitnya.

Definisi kulit sehat bagi wanita adalah bersih, kenyal, lembut dantidak kering. Tidak mudah menjaga kulit sehat. Banyak wanita akhirnya mengeluarkan banyak uang untuk perawatan super mahal demi mendapatkan kulit sehat, cantik berseri. Sebetulnya ada rahasia untuk mendapatkan kulit cantik, yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan pemilihan perawatan kulit yang tepat. rahasia ini simpel dan mudah untuk dipraktikkan.Apa rahasianya? Temukan di bawah ini:

  1. Makanan sehat
    Ingin kulit cantik? Perhatikan pola makan Anda. Banyak asupan vitamin – lebih bagus untuk kesehatan kulit daripada – lemak dan karbohidrat. Mengganti pola makan Anda dengan banyak makan sayuran, buah, dan minum air putih berdampak baik bagi kulit. Sayuran dan buah mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikalbebas yang merusak kulit.

  2. Olahraga
    Olahraga secara rutin dapat mempercantik kulit. Sirkulasi darah jadi lebih baik sehingga membantu merawat kulit melalui peredaran oksigen dan nutrisi. Berkeringat di saat olahraga bermanfaat membersihkan pori-pori dari kotoran.

  3. Istirahat cukup
    Tidur 7-8 jam sehari membantu menghilangkan lingkaran hitam di mata, kulit pucat, dan mata bengkak. Selama tidur, kulit akan beregenerasi dan menghilangkan keriput serta memperlambat penuaan dini.

  4. Hindari sinar matahari
    Sinar matahari meningkatkan resiko kerusakan kulit karena mengandung sinar ultraviolet. Lindungi kulit Anda menggunakan sunscreen. Pakailah pelindung kepala dan baju berlengan panjang ketika keluar rumah, dan hindari matahari dari pukul 10 pagi hingga 2 sore

  5. Bersihkan kulit dengan sabun berpelembab
    Sabun dengan kandungan � moisturizer dapat melembabkan kulit dan menjaganya tetap kenyal dan sehat. Gunakan pada seluruh tubuh dan wajah. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kualitas kelembaban alami kulit, agar lipid alami kulit tidak hilang ketika Anda mandi.

Nah, sekarang Anda tahu rahasia kulit cantikberseri. Anda jadi lebih percaya diri dengan kulit yang selain cantik berseri juga sehat. Stay beautiful, inside and out.

di laman utama website kami.[](JF/HM/DA)


Ditulis oleh:

dr. Jessica Florencia

Anggota Redaksi Medis

Sumber:

  1. Verdier-Sevrain S, Bonte Frederic. Skin hydration: a review on its molecular mechanisms. Journal of Cosmetic Dermatoology. 2007, 6 (2): 75-82.
  2. Ramsing DW, Agner T. Preventive and therapeutic effects of a moisturizer. An experimental study of human skin. Acta Dermato-venereologica. 1997, 77 (5): 335-337.
  3. Boelsma E, Van de Vijyer LP, et al. Human Skin Condition and Its Associations with Nutrient Concentrations in Serum and Diet. The American Journal of Clinical Nutrition. 2003, 77 (2): 348?55.
  4. Mendelsohn AR, Larrick JW. Trade-offs between anti-aging dietary supplementation and exercise. Rejuvenation Res. 2013 Oct; 16 (5): 419-26.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstr [...]

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode

Pada umumnya, terdapat 5 tahap perawatan khusus pada wajah berdasarkan metode perawatannya, yakni: 1. Pembersihan (Cleansing)Kegunaan : - Untuk membersihkan kotoran, debu, sekresi lemak dan sisa-sisa tata rias. - Menjaga kebersihan kulit wajah agar senantiasa muda dan segar. - Pembersihan make-up mata untuk membersihkan kotoran dari sisa make-up mata dapat terangkat dengan baik. - Pembersihan make-up bibir untuk mengangkat sisa lipstick pada bibir. - Pembersihan dengan sabun dapat membersihkan wajah lebih mendalam dan untuk mencegah tumbuhnya bibit penyakit. - Membersihkan area kulit lainnya, bisa dilakukan dengan mandi dengan air yang mengalir dan bersih. Pastikan Anda menggunakan pembersih yang tepat bagi kulit Anda.2. Penyegaran (Fresher/ Toner)Kegunaan : - Untuk menyegarkan dan menormalkan kembali kulit wajah. - Meringkas pori-pori, terutama untuk kulit bermasalah. - Menghilangkan sisa pembersih. 3. Pengelupasan (Peeling)Kegunaan : - Mengangkat sel-sel kulit ari yang telah mati. - Merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. - Menjadikan kulit halus dan lembut. 4. Pengurutan (Massage)Kegunaan : - Membantu melancarkan peredaran darah. - Menyehatkan metabolisme di bawah k [...]

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kondisi kesehatan kulit sedikit banyak mencerminkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit bukan anugerah dari langit semata, namun dapat dimiliki dengan beberapa cara, seperti menjalani beberapa kebiasaan ?kebiasaan sederhana sehat berikut ini : Perbanyaklah minum air. Dengan perbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit. Bersihkan wajah. Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make-up yang tertinggal. Kebersihan kulit menentukan Sesuaikan produk pelembab dengan jenis kulit. Jangan sembarang menggunakan pelembab, karena kondisi kulit anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembab itu sendiri. Hindari terik sinar matahari langsung ke kulit. Kulit jika terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dramatis gangguan kulit seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit. Penting juga memerhatikan kondisi kulit untuk menyesua [...]

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

5 Kiat Merawat Kulit di Ruangan Ber-AC

Anda lebih sering berada di dalam ruangan ketimbang berada di luar ruangan? Jika ya, maka kulit Anda termasuk kulit yang senantiasa terpapar udara kering dan dingin dari pendingin ruangan, sehingga dapat membuat kulit kering dan bersisik.Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar terhindar dari kulit yang kering dan bersisik:1. Tidak mandi terlalu lamaHindarilah mandi dengan air yang terlalu panas dan terlalu lama, karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit. Gunakanlah air yang suam-suam kuku. Selain itu, jangan menggunakan scrub untuk mandi dan sebaiknya juga jangan luluran terlalu sering.2. Gunakan sabun atau pembersih yang lembutHindari sabun dengan pengharum atau alkohol karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Sebaliknya, gunakan sabun atau pembersih yang mengandung pelembap yang tinggi.3. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit keringSetelah selesai mandi dan tubuh kering, oleskanlah pelembap ke kulit. Pelembap akan membantu menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Anda juga bisa menggunakan pelembap secara berulang beberapa kali dalam sehari.Berikut beberapa kiat lainnya untuk mencegah kulit kering dan bersisik: [...]

4 Makanan untuk Kulit Sehat

4 Makanan untuk Kulit Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit merupakan suatu organ pada tubuh yang penting. Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. - Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. - Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. - Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

Kadang kita tidak menyadari bahwa kulit kita ternyata mengalami masalah. Karena ketidaktahuan kita ini, kita tidak memahami bahwa kulit menjadi tidak sehat akibat kesalahan cara perawatan kulit. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang diyakini baik untuk kulit ternyata sebenarnya membahayakan kesehatan kulit, misalnya kebiasaan membersihkan wajah menggunakan alkohol, menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat, dan lain sebagainya. Kemerahan pada kulit Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Kemerahan yang samar dapat menunjukan peradangan bersifat ringan. Namun ketika kulit sudah mengalami radang, maka kemampuan perlindungan kulit semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan dan sensitif. Apabila kondisi ini didiamkan beberapa waktu, maka dapat terjadi reaksi yang semakin hebat. Rasa gatal pada kulit Rasa gatal pada kulit juga menunjukkan adanya suatu reaksi radang. Kadang gatal dirasakan hanya samar-samar, yaitu berupa sensasi ?menyelekit? yang tidak terlalu kentara. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Sensasi gatal atau ?menyelekit? ini biasanya dirasakan ketika kulit terpajan suhu dingin, kelembaban yang rendah (seperti di [...]

Tanda Awal Penuaan Bisa Dilihat pada Bagian Kulit Ini

Tanda Awal Penuaan Bisa Dilihat pada Bagian Kulit Ini

Pada umumnya, tanda penuaan muncul pertama kali pada akhir usia 30 tahun, atau awal usia 40 tahun. Namun beberapa faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, merokok, diet tidak sehat, maupun faktor internal seperti genetik dapat mempercepat timbulnya tanda penuaan tersebut. (Baca: Inilah Penyebab Penuaan Kulit)Awalnya kulit akan terasa lebih kering, kemudian ketika Anda bercermin Anda mulai memperhatikan adanya garis-garis halus atau keriput yang tidak hilang sepanjang hari. Garis-garis halus tersebut dapat muncul di tempat yang berbeda pada setiap orang. Lalu, pada bagian manakah biasanya keriput akan muncul pertama kali?Umumnya, keriput akan muncul pertama kali pada bagian wajah yang lebih sering terpapar matahari. Misalnya ketika sedang di dalam mobil, wajah Anda sering terpapar sinar matahari di bagian kanan, maka keriput cenderung muncul lebih dulu pada daerah tersebut.Di daerah wajah, keriput tersebut sering muncul pada area yang terlibat pada ekspresi wajah, seperti pada: Dahi. Otot dahi banyak terlibat dalam berbagai ekspresi wajah, misalnya ketika berpikir. Untuk itu, hindari kebiasaan mengerutkan dahi ketika berpikir atau sedang tegang. Awalnya mungk [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Selain mempunyai rasa yang unik, yoghurt juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bakteri yang terdapat di dalam yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.Beberapa keutamaan dari yoghurt, di antaranya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit (patogen), meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Di balik itu semua, ketika dioleskan pada kulit, yoghurt juga memiliki manfaat yang tak kalah luasnya. Bahkan yoghurt mulai banyak digunakan sebagai masker wajah.Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di halaman berikut ini: Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehata [...]

Kerutan dan Keriput

Kerutan dan Keriput

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari. Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis. Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga. Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar. Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *