5 Gaya Hidup Bebas Wasir

obat-wasir-hemorroid.jpg

Kalau kena wasir, hidup jadi risih. Jalan jadi tidak nyaman. Duduk jadi salah tingkah. Bahkan jika kondisi wasir kian parah, tidur pun suka tidak suka harus tengkurap.

Sebenarnya wasir bukan penyakit serius. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Dan umumnya bisa sembuh cukup dua atau tiga minggu.

Tapi jangan sepelekan wasir. Kalau gaya hidup Anda kurang sehat, wasir pun bisa datang kembali. Jangan heran jika hidup kembali susah. Bila didiamkan, pada tahap tertentu, wasir bisa berbahaya dan harus dilakukan tindakan operasi untuk menghilangkannya.

Jadi segera ubahlah gaya hidup Anda kalau tidak mau kena wasir untuk kesekiankalinya. Lalu pertanyaannya, gaya hidup seperti apa yang dapat mencegah wasir datang kembali? Simak tips berikut ini:

1. Dessert Ketika Nongkrong? Pilih Pudding dan Agar-agar!

Suka dessert kalau sedang kongkow bersama teman sejawat? Gantilah pilihan menu hidangan penutup Anda dengan puding atau agar-agar. Karena makanan ini memiliki kadar serat yang dapat membantu Anda memudahkan proses BAB dan membantu melunakkan tinja.

2. Mulailah Rutin Membawa Botol Minuman

Dengan membawa botol minuman pastikan diri Anda untuk senantiasa menjaga asupan cairan. Karena dengan terjaganya kebutuhan cairan tubuh membuat tinja menjadi lebih lunak dan memudahkan proses BAB.

3. Rutinlah Berolahraga

Tujuan untuk rutin berolahraga adalah guna mendapatkan berat badan ideal. Karena obesitas termasuk pencetus risiko wasir.

4. Kurangilah Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai dan keluarganya mengandung capsaicin, dimana akan menimbulkan sensasi panas ketika BAB dan mencetus pembengkakan pada anus. Jika demikian, maka faktor risiko terjadi wasir akan semakin tinggi. Oleh karena itu batasilah makanan pedas.

5. Jangan Ragu dan Malu ke Dokter

Janganlah merasa malu atau sungkan bila terkena wasir. Anda bisa berkonsultasi ke dokter kalau sering kena wasir. Dokter akan memberikan obat-obatan untuk menyembuhkannya. Anda pun bisa membeli obat herbal alami yang aman dan dapat diminum sehari-hari di apotek terdekat.

di laman website kami.[](HM/DA)

Baca juga:

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Menikmati Hidup Bebas Wasir

Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang

Diulas oleh:

dr. Dyah Novita Anggraini

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan yang Membantu Pria Tahan Lama di Ranjang

Makanan yang Membantu Pria Tahan Lama di Ranjang

Tidak dapat dipungkiri, pola makan mutlak mempengaruhi status kesehatan tubuh seseorang. Tidak hanya itu, bahkan pemilihan menu makan juga mempengaruhi kondisi stamina seks seorang pria. Apa saja makanan yang dapat membantu pria tahan lebih lama di ranjang? Berikut ini diantaranya: Blueberry Blueberry mengandung beberapa kandungan yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan memperbaiki sirkulasi tubuh, dimana perbaikan sirkulasi Selain itu blueberry mengandung banyak serat yang dapat mengurangi kadar kolestrol. KOlestrol yang rendah serta peningkatan aliran darah ke penis sehingga dapat memicu ereksi yang lebih lama. Kacang Kacang tinggi akan kandungan asam animo, L-arginine yang sangat penting untuk stamina seksual. L-arginine dapat merelaksasi pembuluh darah sehingga menyebabkan peningkatan aliran darah ke daerah kelamin serta stamina seks yang meningkat. Pisang Pisang dapat meningkatkan stamina seksual dengan cara meningkatkan energy pria saat berhubungan seksual. Pisang juga mengandung enzim yang dinamakan bromelain, yang dapat membantu meningkatkan potensi, stamina seksual, dan libido. Beberapa makanan yang membantu stamina seksual Anda meningkat: [...]

Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Obat Batuk: Perlu atau Tidak?

Saat batuk, banyak orang buru-buru mengonsumsi berbagai obat batuk untuk meredakan kondisi ini. Padahal, umumnya batuk dapat reda dengan sendirinya dalam 3 minggu tanpa obat-obatan khusus. Batuk bukanlah penyakit. Batuk sebenarnya adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi, seperti asap atau debu. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, batuk dapat menjadi gejala awal kondisi yang lebih serius. Batukmu Tergolong yang Mana? Penanganan batuk umumnya disesuaikan dengan penyebabnya. Mari kenali jenis batuk yang dikategorikan dari lama waktunya: batuk jangka pendek (akut) dan batuk jangka panjang (kronis). Berikut penjelasannya. Batuk jangka pendek Batuk jangka pendek umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut. Infeksi saluran pernapasan atas yang berdampak kepada tenggorokan dan sinus, sehingga berisiko mengakibatkan pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan. Infeksi saluran pernapasan bawah yang menyebabkan gangguan pada paru dan saluran pernapasan bagian bawah. Pneumonia dan bronkitis adalah contoh penyakitnya. Alergi, seperti rinitis. Paparan asap atau debu. Gejala akut pada kondisi yang kronis, seperti serangan pada as [...]

5 Minuman Rempah untuk Redakan Gejala Flu Saat Musim Hujan

5 Minuman Rempah untuk Redakan Gejala Flu Saat Musim Hujan

Musim hujan seperti sekarang ini cenderung membuat seseorang mudah sakit. Mulai dari flu, pilek juga demam. Belum lagi udara dingin yang menusuk membuat kita malas beraktivitas dan mudah terkena masuk angin. Salah satu cara untuk mencegah masuk angin dan penyakit lainnya datang adalah dengan mengonsumsi minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah.Selain menambah daya tahan tubuh, rempah-rempah juga memberi efek menghangatkan. Ini lima jenis rempah yang bisa Anda konsumsi kala cuaca dingin, seperti dikutip dari iDiva. 1. KunyitKunyit dianggap sebagai antibiotik alami. Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa kunyit bekerja efektif dalam menghangatkan tubuh. Kunyit juga bermanfaat mengurangi sakit tenggorokan. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam susu cair, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.2. KapulagaTeh yang menggunakan campuran kapulaga dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, Anda bisa juga merebus dua atau tiga kapulaga dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu, dan minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tengg [...]

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Kenapa Bisa Ada Flek Coklat Sebelum Haid

Pernah melihat ada flek kecoklatan di celana dalam sebelum haid tiba? Jika benar, maka Anda tidak perlu khawatir karena hampir tiap wanita pernah mendapat flek coklat sebelum haid. Flek coklat atau bercak darah (setetes atau dua tetes darah) ini biasanya berlangsung selama satu atau dua hari. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun Anda harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus. Anda mungkin akan merasa kram atau sedikit nyeri ketika mengalami kondisi ini karena bercak darah tersebut bisa jadi tanda bahwa Anda akan mendapat haid atau sedang memasuki masa premenstrual syndrome (PMS). Selain terjadi beberapa saat sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus bulanan Anda. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi. Kehadiran flek coklat sebelum menstruasi juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami beberapa kondisi di bawah ini. Stres dan kelelahan. Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai s [...]

4 Penyebab BAB Berdarah

4 Penyebab BAB Berdarah

Seringkali buang air besar (BAB) berdarah selalu dihubungkan dengan kelainan wasir. Padahal BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal. BAB dengan darah berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena adanya perlukaan/perdarahan di saluran cerna bagian atas (ulkus gaster/ perlukaan lambung). Sedangkan jika darah berwarna merah segar pada feses kemungkinan kelainan terjadi di saluran cerna bagian bawah (kanker kolon, wasir). Mari kita kenali empat penyebab BAB berdarah yang cukup umum ditemui. Penyebab BAB Berdarah #1: Wasir Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Gejala wasir meliputi BAB berdarah berwarna merah segar, ada benjolan di anus saat BAB, dan rasa gatal di sekeliling anus. Seorang dengan wasir disarankan untuk memiliki pola makan yang tinggi serat untuk memperlunak konsistensi feses. Penyebab terjadinya wasir bermacam-macam. Wasir dapat diturunkan secara genetik, atau karena memang lemahnya pembuluh darah vena di rektum atau anus, atau juga dapat disebabkan karena terlalu sering dan kuat meng [...]

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena: Popok yang jarang diganti Bayi sedang mengalami diare Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya Ketika bayi mulai makan makanan padat Kulit yang sensitif Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi. Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misa [...]

Penanganan Vertigo secara Mandiri

Penanganan Vertigo secara Mandiri

Secara umum, terdapat panduan penanganan vertigo yang dapat dilakukan di rumah. Setelah memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan pengobatan, Anda tetap perlu menjaga diri untuk mengantisipasi jika mengalami serangan vertigo, maupun untuk mengurangi gejala-gejalanya selama ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menjadi panduan penanganan. Gunakan penerangan yang baik jika Anda bangun dari tempat tidur di malam hari. Segera duduk. Jika tetap berdiri, maka Anda berisiko kehilangan keseimbangan, terjatuh, dan mengalami luka serius. Saat sedang tidur: Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang ditumpuk. Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur. Hindari berbaring miring bertumpu pada sisi kepala yang mengalami vertigo. Berbaringlah dengan kepala yang lebih tinggi dari tubuh, misalnya dengan menggunakan dua bantal yang ditumpuk. Bergeraklah perlahan-lahan saat bangun di pagi hari. Ambil waktu sejenak sebelum Anda bangkit dan berjalan dari tempat tidur. Sela [...]

Hasil Otopsi Kematian Paul Walker

Hasil Otopsi Kematian Paul Walker

Setelah proses otopsi jenazah Paul Walker (40) dan Roger Rodas (38), kantor kepolisian Los Angeles telah menemukan penyebab resmi kematian korban kecelakaan fatal mobil Porsche Carrera GT yang menewaskan bintang fim Fast & Furious dan sahabatnya tersebut. Dalam pengumuman yang dilakukan pada Rabu (4/12) tersebut, pihak kepolisian setempat telah mengkonfirmasi kematian Roger Rodas disebabkan oleh beberapa luka traumatis. Sementara penyebab kematian Paul Walker adalah dampak kombinasi dari beberapa luka traumatis dengan kondisi luka bakar. Lebih lanjut pihak kepolisian Los Angeles masih menelusuri penyebab pasti dari pemicu kecelakaan. Selain masih dalam proses penyidikan teknis pada mobil korban dan olah TKP, mereka masih menunggu hasil toksikologi. Dimana tes toksikologi biasanya dilakukan guna mencari informasi apakah ada pengaruh obat-obatan ataupun alkohol, tes ini memang umumnya berlangsung sangat lama. Bukan karena keterbatasan teknologi, tetapi karena banyak serangkaian penahapan tes demi tes yang perlu dikonfirmasi melalui penelitian klinis. Paul dan Roger bertolak dari acara amal Reach Out WorldWide pada Sabtu (30/11) dengan menggunakan mobil Porsche Carrera GT. Dimana [...]

Menari Hip Hop Bisa Cegah Diabetes

Menari Hip Hop Bisa Cegah Diabetes

Menari merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri. Tak hanya itu, menari ternyata juga baik untuk kesehatan, terutama dalam mencegah risiko terkena serangan dibetes tipe 2.Seperti yang dikutip dari detikhealth, diabetes tipe 2 terjadi akibat adanya perubahan gaya hidup seseorang. Diabetes tipe 2 merupakan penyakit degeneratif yang telah meningkat karena frekuensi konsumsi gula meningkat.Hal itu terjadi ketika reseptor insulin dalam sel-sel tidak lagi merespon insulin yang diproduksi oleh pankreas, sehingga sel-sel kurang mampu mendapatkan energi dari makanan yang dikonsumsi. Kelebihan kalori ini kemudian diubah menjadi lemak dan berbagai komplikasi kesehatan yang serius dapat berkembang.Menurut studi yang dilakukan di University of Utah, orang yang mengidap diabetes tipe dua dapat mengontrol glukosa dalam tubuh, performa fisik dan komposisi lemak tubuh dalam tiga bulan jika melakukan latihan yang dikombinasikan dengan latihan beban, seperti menari.Untuk mengetahui cara pencegahan serangan diabetes tipe 2, University of Pennsylvania School of Nursing, Amerika Serikat melakukan sebuah penelitian. Dalam penelitiannya, mereka meminta anak-anak yang menjadi partisipan melak [...]

Relawan ACT Sudah Dievakuasi

Relawan ACT Sudah Dievakuasi

Setelah dikabarkan menghilang di Somalia, pagi ini relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Aisha Wardhana telah dikabarkan sudah dapat dikontak oleh pihak keluarga melalui sambungan telepon setelah sukses proses penelusuran dan pencarian yang dilakukan Tim ACT yang didukung rekan-rekan relawan di Somalia. Sebelumnya Aisha sudah diketahui posisinya pada sore kemarin waktu setempat. Sebagaimana dipaparkan oleh rekan lama Aisha Wardhana yang turut berpartisipasi dalam penelusuran, Harinto Wardhana dalam linimasa akun Twitternya, Senin pagi (5/9). ?Kemarin sore (waktu setempat) posisi Aisha sudah diketahui, saat ini saya hanya dapat menyampaikan Aisha telah dievakuasi menuju kediaman kerabat terdekat utk selanjutnya dibawa pulang.? Sementara situasi di sebagian wilayah Somalia sendiri masih genting dan mencekam menyusul bentrokan sengit antar pihak yang bertikai. Pertempuran yang telah berlangsung dari Jumat lalu terus semakin sengit pada Sabtu (3/9). Sebagaimana dilansir kantor berita Antara pada Minggu (4/9), sedikitnya terdapat korban tewas sebanyak 28 jiwa dan puluhan korban luka-luka yang kebanyakan warga sipil. Dari Surat Klarifikasi yang diterbitkan pihak keluarga pada laman blog Bust [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *