5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

obat-kulit-rusak.jpg

Kulit adalah organ tubuh paling besar dan paling luar yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya sangat luas mulai dari menjaga suhu tubuh hingga menunjang penampilan secara keseluruhan.

Tanpa kita sadari, setiap hari kita banyak sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit kita lebih cepat rusak dan menua. Hal-hal itu sering kali kita anggap sepele, tapi sebenarnya berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Terdapat 5M yang merupakan kebiasaan merusak kulit yang harus segera kita hentikan dan hindari:

1. Menantang Matahari

Wanita Indonesia yang hidup di khatulistiwa harus memberikan perhatian khusus terhadap sinar matahari. Perlindungan dari sinar matahari adalah kunci penting perawatan kulit karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bercak cokelat, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Untuk membentengi diri terhadap sinar matahari, lakukanlah kiat-kiat berikut ini:

  1. Gunakanlah tabir surya
  2. Hindari matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore
  3. Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

2. Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kulit bagian terluar sehingga aliran darah ke daerah tersebut menjadi berkurang. Ini dapat menimbulkan gangguan hantaran oksigen dan nutrisi untuk kulit. Selain membuat kulit tampak lebih tua dan cepat berkerut, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, yang secara normal berperan dalam elastisitas dan kekencangan kulit.

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

3. Membersihkan Kulit Berlebihan

Membersihkan kulit setiap hari secara berlebihan ternyata malah dapat membahayakan kulit. Untuk itu, bersihkanlah kulit dengan lembut dan tepat:

  • Batasi waktu mandi karena mandi yang terlalu lama dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Hindari sabun atau pembersih yang terlalu kuat karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit. Pilihlah sabun atau pembersih kulit yang lembut dan mengandung pelembap agar kelembapan kulit terjaga. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa jika setiap orang menggunakan sabun yang berpelembap, maka masalah kulit benar-benar dapat dikurangi.
  • Keringkanlah kulit yang basah dengan menepuk-nepuk. Setelah mandi atau membersihkan kulit, jangan mengusap terlalu keras agar tidak menghilangkan lapisan alami pelembap kulit.
  • Gunakan pelembap. Jika kulit Anda termasuk kulit kering, gunakanlah pelembap yang sesuai dengan kulit Anda.

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

4. Makan Makanan Tidak Sehat

Sering kali kita menginginkan makanan yang cepat dan tidak menyulitkan. Sayangnya kebanyakan makanan-makanan tersebut merupakan makanan cepat saji yang mengandung banyak oksidan yang dapat merusak kulit. Makanan-makanan ini justru sebaiknya dihindari. Makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian serta protein tanpa lemak dapat membantu kulit tampak lebih segar.

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

5. Mengabaikan stres

Stres dapat menyebabkan munculnya jerawat dan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit sehat selalu berawal dari pikiran yang sehat. Untuk itu, jangan abaikan stres dan membiarkannya terus-menerus terjadi. Belajarlah untuk mengendalikan stres ketika stres memang tidak dapat dihindari.

Hindari 5M, maka kulit dapat makin cerah, lembap, dan awet muda!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

4 Alasan Pria Juga Memerlukan Perawatan Kulit

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pria juga butuh perawatan kulit? Jawabnya adalah mutlak; iya! Perawatan kulit tidak melulu hanya untuk kaum hawa, tetapi juga kaum pria. Daripada kami membiarkan Anda dalam kebingungan berlama-lama, simaklah berikut 4 alasan utama berikut ini kenapa pria juga membutuhkan perawatan kulit: Perawatan After-ShaveJika setelah bercukur Anda menggunakan produk after-shave yang kerap kali mengundang rasa sensasi perih di rahang Anda, mulailah beralih untuk menggunakan losio after-shave yang menyejukkan diikuti dengan krim pelembab. Pilih krim pelembab yang mengandung panthenol, glycolic acid, atau salycilic acid. Krim tersebut memberikan efek menyejukkan dan melembutkan kulit, mengangkat sel kulit mata dan mencegah sumbatan pada pori-pori. Hal ini terutama penting pada Anda yang memiliki masalah jerawat. Selain dapat membantu dan menjaga kelangsungan proses regenerasi sel, krim untuk kulit juga bermanfaat pada kesehatan kulit wajah. Kelembaban Anda lebih terjaga dengan baik dan terlihat bersih terawat sepanjang hari. Perawatan SikuPada beberapa bagian kulit, baik pada pria maupun perempuan, terdapat area yang lebih tebal dibandingkan bagian [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Kerutan dan Keriput

Kerutan dan Keriput

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari. Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis. Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga. Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar. Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit [...]

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

Suplemen Terbaru untuk Kulit Bebas Flek

DR. dr. Maya Surjadjaja, MS. Sp.GL. (paling kiri) tengah memberikan pencerahan kesehatan pada audiens pada prosesi peluncuran produk H2 Health & Happiness. Polusi, sinar matahari, dan berbagai macam radikal bebas yang setiap hari berpaparan dengan kulit tentu akan membuat efek buruk. Sebut saja flek, keriput, jerawat, dan lain-lain. Kebutuhan untuk memelihara kesehatan kulit pun menjadi salah satu hal pokok yang perlu diperhatikan.Menyadari hal tersebut, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan produk terbarunya berupa suplemen kecantikan kulit H2 Health & Happiness di Bistronomy, Jakarta Selatan, pada 28 Januari lalu.Sinteisa Sunarjo selaku Marketing Deputy Director Consumer Health PT Kalbe Farma Tbk, mengatakan, ?Kalbe meluncurkan produk ini melalui tahapan penelitian yang mendalam dengan memperhatikan kondisi dan masalah-masalah yang sering dialami oleh kulit wanita Indonesia. Wanita Indonesia yang tinggal di negara dua musim memiliki karakteristik dan masalah kulit yang berbeda dengan wanita yang tinggal di negara dengan empat musim.?Ia juga menambahkan bahwa kebutuhan kulit tiap orang berbeda-beda -- ada yang cenderung berminyak, ada yang kering atau juga timbul flek; [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

Cara Awet Muda ala Dokter

Cara Awet Muda ala Dokter

Kita tentu mengenal dan memiliki teman-teman yang tampak lebih muda atau tampak lebih tua ketimbang usia aslinya. Jika kita dilabel tampak lebih muda daripada usia kita yang sebenarnya, tentu kita akan merasa senang dan berbuang-bunga. Namun, jika kita dilabel berusia lebih tua daripada usia kita yang sebenarnya, apa yang kita rasakan? Jika sebenarnya usia kita masih 20 sekian tahun, tapi dianggap 30 sekian tahun, seringkali kita akan lebih sering merasa khawatir dan sedih. Dunia medis mengenal konsep usia kronologis dan usia biologis. Konsep usia kronologis dan usia biologis berkaitan dengan proses penuaan tubuh. Usia kronologis terkait dengan usia seseorang saat ini berdasarkan hari ulang tahunnya. Sedangkan, usia biologis adalah angka konseptual dan teoretis yang menunjukkan fungsi organ tubuh seharusnya pada usia tertentu, misalkan jika telah terjadi pubertas maka seseorang dapat dikatakan memasuki usia remaja.Maka sesuai konsepnya, jika usia biologis seseorang ternyata lebih muda daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih lambat. Sedangkan jika usia biologis lebih tua daripada usia kronologis, maka proses penuaan berjalan lebih cepat.Sesuai dengan konsep ini [...]

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Kulit menjadi kering ketika tidak mampu mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini dapat terjadi akibat proses penuaan, terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang tidak tepat, iklim yang dingin, atau akibat adanya masalah medis tertentu.Agar kulit yang kering senantiasa lembap dan bebas masalah, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk kecantikan atau mengubah pola hidup. Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh sehingga sel kulit dapat memperbaiki diri, mempertahankan kelembapannya, serta membentengi diri dari berbagai masalah.Langkah berikut dapat Anda lakukan sehari-hari agar kulit tetap lembap dan bebas masalah:1. Minum air.Air mudah ditemukan di sekitar Anda. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Sisa metabolisme sel kulit akan lebih mudah keluar bila konsumsi air mencukupi. Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, berkilau, dan lembap.2. Konsumsi buah dan sayuran segar.Sama seperti air, buah dan sayuran selalu te [...]

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi dan perawatan kulit memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam dan luar tubuh.Makanan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperl [...]

Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Tips Mencegah Timbulnya Stretch Marks

Sepanjang masa kehamilan, kulit ibu hamil akan merasakan berbagai masalah, salah satunya adalah stretchmark. Stretch Marksatau dalam bahasa medisnya disebut dengan Stretch Gravidanum merupakan trauma bekas peregangan berlebihan pada kulit. Awalnya berupa guratan kemerahan dan lama kelamaan menjadi garis berwarna keputihan hingga kecoklatan, tergantung pada warna asli kulit. Stretchmark memang mengurangi keindahan kulit pada ibu, namun ternyata riset membuktikan bahwa timbulnya stretchmark dapat dicegah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah terjadinyastretchmark pada kulit ibu hamil: Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup. Selain bermanfaat bagi janin, protein juga berperan untuk meregenerasi sel termasuk sel kulit. Jaga berat badan Anda sesuai dengan perkembangan janin. Penambahan berat badan secara cepat dan berlebihan hanya akan memperparah kondisi stretchmark. Mulailah menjaga kelembapan kulit semenjak awal kehamilan. Oleskan pelembab khusus ibu hamil ke seluruh tubuh minimal dua kali sehari, khususnya bagian perut, lengan atas, paha, dan panggul. Hal ini berguna untuk mencegah sobeknya kolagen akibat perkembangan lapi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *