5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

obat-kulit-rusak.jpg

Kulit adalah organ tubuh paling besar dan paling luar yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya sangat luas mulai dari menjaga suhu tubuh hingga menunjang penampilan secara keseluruhan.

Tanpa kita sadari, setiap hari kita banyak sekali melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat kulit kita lebih cepat rusak dan menua. Hal-hal itu sering kali kita anggap sepele, tapi sebenarnya berdampak besar bagi fungsi dan penampilan kulit. Terdapat 5M yang merupakan kebiasaan merusak kulit yang harus segera kita hentikan dan hindari:

1. Menantang Matahari

Wanita Indonesia yang hidup di khatulistiwa harus memberikan perhatian khusus terhadap sinar matahari. Perlindungan dari sinar matahari adalah kunci penting perawatan kulit karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bercak cokelat, dan masalah kulit lainnya yang dapat timbul lebih cepat. Untuk membentengi diri terhadap sinar matahari, lakukanlah kiat-kiat berikut ini:

  1. Gunakanlah tabir surya
  2. Hindari matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore
  3. Kenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

2. Merokok

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah kulit bagian terluar sehingga aliran darah ke daerah tersebut menjadi berkurang. Ini dapat menimbulkan gangguan hantaran oksigen dan nutrisi untuk kulit. Selain membuat kulit tampak lebih tua dan cepat berkerut, merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, yang secara normal berperan dalam elastisitas dan kekencangan kulit.

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

3. Membersihkan Kulit Berlebihan

Membersihkan kulit setiap hari secara berlebihan ternyata malah dapat membahayakan kulit. Untuk itu, bersihkanlah kulit dengan lembut dan tepat:

  • Batasi waktu mandi karena mandi yang terlalu lama dapat menghilangkan lapisan minyak alami kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Hindari sabun atau pembersih yang terlalu kuat karena dapat menghilangkan lapisan minyak alami pada kulit. Pilihlah sabun atau pembersih kulit yang lembut dan mengandung pelembap agar kelembapan kulit terjaga. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa jika setiap orang menggunakan sabun yang berpelembap, maka masalah kulit benar-benar dapat dikurangi.
  • Keringkanlah kulit yang basah dengan menepuk-nepuk. Setelah mandi atau membersihkan kulit, jangan mengusap terlalu keras agar tidak menghilangkan lapisan alami pelembap kulit.
  • Gunakan pelembap. Jika kulit Anda termasuk kulit kering, gunakanlah pelembap yang sesuai dengan kulit Anda.

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

4. Makan Makanan Tidak Sehat

Sering kali kita menginginkan makanan yang cepat dan tidak menyulitkan. Sayangnya kebanyakan makanan-makanan tersebut merupakan makanan cepat saji yang mengandung banyak oksidan yang dapat merusak kulit. Makanan-makanan ini justru sebaiknya dihindari. Makanan sehat seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian serta protein tanpa lemak dapat membantu kulit tampak lebih segar.

Berikut beberapa kebiasaan yang membahayakan kesehatan kulit lainnya:

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Kulit

5. Mengabaikan stres

Stres dapat menyebabkan munculnya jerawat dan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit sehat selalu berawal dari pikiran yang sehat. Untuk itu, jangan abaikan stres dan membiarkannya terus-menerus terjadi. Belajarlah untuk mengendalikan stres ketika stres memang tidak dapat dihindari.

Hindari 5M, maka kulit dapat makin cerah, lembap, dan awet muda!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Kunci Perawatan Kulit Sehari-hari

Perawatan kulit wajah dan tubuh sebetulnya sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bergantung pada jenis kulit, perawatan kulit tidak selalu memerlukan perawatan intensif dan berbiaya tinggi. Yang terpenting adalah Anda mengetahui prinsip perawatan kulit, dan menerapkannya secara rutin di rumah atau di manapun Anda berada. Berikut adalah perawatan kulit sehari-hari yang bisa Anda lakukan: Perlakukan kulit dengan lembut Ketika mandi dan mencuci muka, pilihlah sabun berbahan ringan dan lembut, gunakan sabun yang tidak mengandung pewangi, dan yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ketika melakukan scrubbing, jangan menggosok kulit terlalu keras atau terlalu sering, karena dapat mengiritasi kulit. Hindari mandi terlalu lama, terutama dengan air hangat, agar minyak alami kulit tidak hilang. Selanjutnya keringkan tubuh dengan handuk secara perlahan (jangan menggosok kulit). Kemudian oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bila akan keluar rumah, gunakan pelembap yang mengandung SPF agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Jika Anda akan bercukur, oleskan shaving cream atau pelembap sebelumnya. Pastikan mata pisau cukup tajam dan bersih, kemudian cukur rambut s [...]

Kulit Sehat di Hari Ibu

Kulit Sehat di Hari Ibu

Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Caranya tidak sulit, dengan merawat kulit cantik ibu dengan teratur dari sekarang, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik di Hari Ibu. Saat mengandung, para ibu sering merasakan pengalaman yang bahagia dan juga stres karena perubahan kulit yang terjadi saat hamil. Perubahan keadaan kulit pada ibu hamil adalah hal yang normal, jerawat, kulit kering dan gatal perlu diatasi dengan perawatan kecantikan yang khusus. Hati-hati saat ibu memilih produk kecantikan, dikhawatirkan produk kecantikan yang ibu pilih justru membahayakan janin karena kandungan kimianya yang tidak sesuai dengan kondisi hamil. Bijaksanalah dalam memiliih kosmetik, dan tidak lupa senantiasa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian. Berikut adalah tips aman untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan kulit cantik saat Hari Ibu: 1. Makanan dan minuman seimbang untuk kulitTidak hanya tubuh yang memerlukan makanan seimbang, kulit [...]

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

Kadang kita tidak menyadari bahwa kulit kita ternyata mengalami masalah. Karena ketidaktahuan kita ini, kita tidak memahami bahwa kulit menjadi tidak sehat akibat kesalahan cara perawatan kulit. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang diyakini baik untuk kulit ternyata sebenarnya membahayakan kesehatan kulit, misalnya kebiasaan membersihkan wajah menggunakan alkohol, menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat, dan lain sebagainya. Kemerahan pada kulit Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Kemerahan yang samar dapat menunjukan peradangan bersifat ringan. Namun ketika kulit sudah mengalami radang, maka kemampuan perlindungan kulit semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan dan sensitif. Apabila kondisi ini didiamkan beberapa waktu, maka dapat terjadi reaksi yang semakin hebat. Rasa gatal pada kulit Rasa gatal pada kulit juga menunjukkan adanya suatu reaksi radang. Kadang gatal dirasakan hanya samar-samar, yaitu berupa sensasi ?menyelekit? yang tidak terlalu kentara. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Sensasi gatal atau ?menyelekit? ini biasanya dirasakan ketika kulit terpajan suhu dingin, kelembaban yang rendah (seperti di [...]

7 Bahaya Kulit Kering

7 Bahaya Kulit Kering

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita seringkali membuat kulit kita menjadi kering. Lingkungan dengan kelembaban rendah, seperti ruangan berpendingin (ber-AC), daerah dataran tinggi, daerah sub-tropis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Belum lagi paparan asap rokok dan polusi udara juga menimbulkan masalah kulit kering.Seringkali di antara kita mengeluhkan kulit wajah berminyak sehingga kulit tampak ?kucel?. Lalu berbagai upaya dilakukan untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan kosmetik atau skin care yang berbahan dasar alkohol atau bahkan alkohol itu sendiri menyebabkan kulit kehilangan kelembabnya. Mencuci wajah berulang-ulang menggunakan sabun juga dapat membuat kulit menjadi kering.Tapi tahukah kamu bahwa terdapat bahaya yang mengintai jika kulit wajah dan tubuhmu kering? Berikut ini di halman selanjutnya beberapa masalah yang dapat timbul akibat kulit kering: [...]

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit pun membutuhkan perawatan dan perlindungan. Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal. Jadi, bagaimana solusinya? Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga penampilan, termasuk kulit. Nah, untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut diantaranya: 1. Berlama-lama di bawah sinar matahari Berjemur selama 15 - 20 menit pada pagi hari memang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kulit terlalu sering terpapar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Anda dapat dengan mudah mengetahui bila seseorang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama dan tanpa pelindung. Kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam. 2. Malas menggunakan tabir surya Banyak orang membuat kesalahan terbesar dengan tidak menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yan [...]

Mengatasi Stretch Marks

Mengatasi Stretch Marks

Oleh: dr. Jessica Florencia Stretch Marks atau dalam istilah medis dikenal dengan striae, kerap menjadi suatu sumber kegelisahan tertentu bagi ibu hamil pada masa kehamilan. Bila stretch marks tidak terlalu luas, Ibu tidak perlu khawatir karena lama kelamaan akan menghilang dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, jika stretch marks pada Ibu hamil mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Ibu alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Ibu. Ketika menemui dokter, Ibu dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan penanganan apa yang paling tepat untuk membantu memperbaiki stretch marks Ibu. Dokter akan membantu Ibu untuk mempelajari beberapa pertimbangan seperti usia stretch marks, kelebihan dan kekurangan suatu metode penanganan dan perbandingan biaya.Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi: Krim tretinoinKrim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang [...]

Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit

Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit

Dalam segi perawatan waktunya, kesemua metode tersebut disesuaikan kembali dengan kebutuhan kebersihan kulit wajah, yakni: Perawatan Harian :Untuk perawatan harian lakukan proses Pembersihan dan Penyegaran 2x sehari. Perawatan Mingguan :Untuk perawatan mingguan lakukan proses seluruhnya secara berkala 2 kali dalam seminggu. Perawatan Kulit Bermasalah : � Kulit Berjerawat Melakukan perawatan rutin Pembersihan dan Penyegaran setiap hari serta mengobati bagian jerawat saja. Dilarang keras melakukan Peeling dan Massage. � Kulit Flek a. Melakukan perawatan harian (Pembersihan dan Penyegaran). b.Menipiskan flek dengan mengobati bagian fleknya saja agar flek menipiskan/hilang dengan Peeling, Massage (Pengurutan) dan Pemupukan. � Kulit Keriput a. Melakukan perawatan wajah yang keriput agar kulit wajah lembab lebih kencang dan halus. b. Secara rutin melakukan harian (Pembersihan& Penyegaran). c. Memupukkan kulit dengan perawatan nutrisi pada malam hari dengan krem malam. d. Setiap minggu melakukan perawatan P5 secara lengkap dan Pemupukan / Masker khusus untuk kulit keriput. Pemutihan (Pencerahan [...]

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Setiap makhluk hidup di permukaan bumi terpapar terhadap sinar ultraviolet (UV) yang merupakan bagian dari sinar matahari. Sinar matahari selain dibutuhkan sebagai sumber energi utama kehidupan, juga dapat memberikan pengaruh yang baik secara langsung bagi tubuh.Dalam porsi kecil, sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Meskipun demikian, sinar UV dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan bahan genetik tubuh (DNA) yang merupakan awal mula terjadinya kanker kulit. Paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan kulit terbakar, kulit menghitam, penuaan dini, munculnya kerutan lebih cepat, dan kanker kulit.Ironisnya, dengan semakin luasnya kerusakan ozon, paparan radiasi ultraviolet yang mencapai perbukaan bumi menjadi semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak dapat diabaikan.Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), yang masing-masing berbeda panjang gelombangnya. Meskipun UVA dapat menembus ke dalam kulit, UVB merupakan sinar yang lebih berperan dalam menyebabkan kerusakan kulit.Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu [...]

Kulit Kesat = Kulit Bersih Setelah Mandi?

Kulit Kesat = Kulit Bersih Setelah Mandi?

Kulit perlu dijaga tetap bersih agar senantiasa sehat. Untuk itu, mandi merupakan suatu kegiatan yang tidak boleh diabaikan untuk menjaga kesehatan kulit. Terlebih bagi kita yang tinggal di daerah tropis yang cenderung panas. Kulit mudah berkeringat dan kotor sehingga mandi harus dilakukan secara rutin dan teratur.Mandi merupakan kegiatan yang menyegarkan. Tubuh juga menjadi nyaman karena terasa bersih. Agar kulit bersih, kegiatan mandi tidak hanya mengandalkan air namun juga sabun. Bahkan mandi sering kali dianggap sempurna jika kulit terasa kesat setelah disabuni, di mana seluruh kotoran, minyak, dan keringat yang membuat tubuh terasa lengket berhasil diangkat dengan sempurna oleh sabun. Apakah hal itu benar?Memang tujuan untuk mandi adalah agar kulit menjadi bersih. Namun, kulit yang bersih tidak ditandai dengan kulit yang kesat.Ketika Anda merasa bahwa kulit terasa kesat setelah mandi, maka sebenarnya, lapisan minyak alami kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit telah hilang terkikis oleh sabun. Sama halnya ketika cairan sabun pencuci piring membersihkan piring kotor. Namun sayangnya, dengan hilangnya lapisan minyak alami ini, maka kandungan air yang terikat di lapisan te [...]

Cara Mengatasi Kulit Kering

Cara Mengatasi Kulit Kering

Kulit kering bisa merupakan salah satu tanda penuaan dini. Sesuai dengan namanya, kulit kering ditandai dengan kondisi kulit yang kering dan mudah bereaksi terhadap cuaca yang ekstrim (sangat panas atau sangat dingin).Sering kali kulit mengelupas dan terasa kencang, terutama setelah mencuci muka dengan sabun dan air.Bagaimana caranya agar kulit wajah lebih lembap dan elastis? Berikut di antaranya:1. Pilih Pelembap yang TepatPelembap yang tepat dapat mengatasi kulit kering dengan memberi nutrisi lebih pada sel-sel kulit, mengurangi kedalaman dan keparahan keriput serta garis-garis halus. Jika timbul keriput pada kulit kering Anda, sebaiknya hindari bentuk produk kulit seperti serum dan gel. Pilihlah produk berbentuk krim yang lebih tebal dengan tekstur yang lebih lunak.Berikut cara mengatasi kulit kering lainnya: Cara Jitu Atasi Kulit Kering Lainnya 2. Gunakan Tabir SuryaGelombang ultraviolet pada s [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *