5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

kelainan-kelamin-anak.jpg

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya.

Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi.

Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui.

Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya:

5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya.

Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi.

Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui.

Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya:

Kelainan #1: Penis Kecil

Penis yang berukuran kecil biasanya disebabkan oleh faktor hormonal (mikropenis). Namun penis juga bisa tampak lebih kecil pada anak yang gemuk karena penisnya terbenam (buried penis). Mikropenis dapat ditangani dengan pemberian terapi hormonal.

Besar kecil ukuran penis dipengaruhi oleh :

  1. Gangguan hormon pertumbuhan. Jika kadar kedua hormon ini rendah maka akan mengganggu pertumbuhan alat kelamin bagian luar termasuk penis.
  2. Gangguan genetik. Jadi ada gen tertentu yang ikut menentukan besar kecilnya ukuran penis.
  3. Pengaruh lingkungan dalam hal ini nutrisi. Contoh : hal ini terjadi jika laki-laki pada masa anak-anak mereka banyak makan ayam yang disuntik hormon wanita untuk menggemukannya. Obesitas juga akan mengganggu metabolisme hormon testosteron, sebab jika terlalu gemuk hormon testosteron yang membantu pertumbuhan genetalia akan di aromatisasi (diubah) menjadi hormon estrogen. Jika anak anda gemuk maka coba arahkan untuk olahraga.

Kelainan #2: Lubang kencing tidak berada di ujung penis dan penis bengkok

Kelainan ini disebut hipospadia, dimana lubang uretra tidak berada pada tempatnya, biasanya berada di bawah penis. Hipospadia juga sering disertai penis bengkok. Jika tidak diatasi, keluhan ini dapat menyebabkan anak kesulitan melakukan penetrasi saat ia dewasa. Operasi adalah terapi definitif untuk hipospadia.

Penis yang bengkok tentu menimbulkan kekhawatiran pada kaum pria. Normalnya, penis memang sedikit bengkok. Namun, ada keadaan yang membuat penis bengkok dengan derajat bervariasi baik ke atas-bawah, maupun kiri-kanan. Keadaan ini disebut dengan Peyronie?s Disease.

Peyronie’s Diesase merupakan keadaan terbentuknya lapisan jaringan fibrosa parut (plak) yang keras di bawah kulit pada bagian atas atau bawah penis. Ketika penis mengalami ereksi, jaringan parut tersebut menarik bagian penis tersebut sehingga terbentuk penis yang bengkok. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat ereksi.

Kelainan #3.:Buah Zakar Tidak Berada di Kantung Kemaluan

Perhatikan apakah ada 2 testis pada kantung kemaluan / skrotum anak. Testis seharusnya berada di skrotum pada saat lahir. Namun, sebagian kecil baru turun pada tahun pertama pasca lahir. Kelainan ini disebut sebagaiundecensus testis atau kriptokhismus.

Testis yang tidak turun dapat menyebabkan gangguan Kesuburan dan meningkatkan risiko kanker testis. Terapinya adalah dengan terapi hormonal (usia 3 bulan) atau operasi jika gagal dengan terapi hormonal (testis belum turun pada usia 6 bulan).

Kelainan #4: Jenis Kelamin Tidak Jelas atau Ambiguous Gentalia

Pada kondisi ini, gambaran kelamin anak tidak jelas mengarah ke laki-laki atau perempuan. Untuk menentukan secara pasti jenis kelamin anak, diperlukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan kromosom, hormon, ultrasonografi atau genitografi.

Kelainan #5: Kulit Penis Mengembang Seperti Balon

Kelainan ini bisa disebabkan oleh fimosis, dimana kulit penis menutup iujung saluran kencing sehingga air kencing terhambat dan kulit mengembang seperti balon. Fimosis dapat menyebabkan infeksi, untuk mengatasinya dapat dilakukan sirkumsisi (sunat).

di laman website kami.[](DK)

Baca juga:

Pendidikan Seksual Pada Anak, Apa Saja & Seberapa Penting, Sih?

Sikap Orangtua Terhadap Pelecehan Seksual Pada Anak

Ditulis oleh:

dr. Dina Kusumawardhani

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mengenal Bakteri E-Coli

Mengenal Bakteri E-Coli

Bakteri E. coli dapat menyebabkan berbagai penyakit infeksi saluran pencernaan pada manusia, diantaranya adalah enterotoksigenik, enterohaemorrhagik, enteropatogenik, enteroinuasiue, dan enteroagregatif. Bakteri ini dapat berada dimana saja. Makan disaat kondisi tangan kotor juga dapat memicu hadirnya infeksi bakteri. Kehadiran bakteri ini sebenarnya tidak berbahaya. Dalam populasi terkendali, e-coli hidup di saluran pencernaan manusia dan hewan ternak, dan memiliki kecenderungan tidak membahayakan. E-coli ditemukan pada tahun 1885 dan diketahui pada tahun 1935 ditemukan strain tertentu yang dapat menyebabkan penyakit parah. E-coli kerap hadir pada daging sapi, buah-buahan, sayuran dan air. Untuk membersihkan bakteri e-coli dapat dilakukan dengan cara memperhatikan higienitas dalam kegiatan sehari-hari. Memasak matang masakan dapat membunuh bakteri e-coli. E-coli diketahui tidak dapat hidup dalam habitat bersuhu tinggi. Dalam keseharian, usahakan senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Beberapa kegiatan keseharian yang memerlukan perhatian khusus higienitas dengan mencuci tangan: Setelah BAK dan BAB Dari toilet Sebelum makan dan minum Se [...]

Botox Untuk Penderita Asma

Botox Untuk Penderita Asma

Penelitian dari Monash University di Melbourne, mengatakan botox dapat digunakan oleh penderita asma. Botox atau toksin botulium tipe A, yang paling terkenal sebagai penghalus wajah keriput ini telah diuji untuk penderita asma. Hasilnya, penderita asma dengan suara mengi / bengek yang parah ketika bernafas, batuk yang sulit berhenti, sesak nafas hingga sulit berbicara, dan gejala asma lainnya membaik setelah menggunakan detox. Penelitian berharap suntikan yang diberikan saat botox, akan memberi rasa santai pada otot-otot dan menghilangkan sensasi sesak nafas. Profesor Phil Bardin, Direktur Kedokteran Pernafasan di Monash Medical Centre, mengatakan, ?kami tidak berpikir ini menyembuhkan penderita asma tetapi akan membantu mereka untuk hidup lebih baik dengan asma yang dimilikinya. Mereka tidak akan lagi memiliki gejala asma yang membuat mereka tidak mampu berjalan jauh atau naik tangga atau juga saat dada mereka mengencang, dan mereka pikir akan mati. Suntik botox ini akan membantu mereka hidup dengan penyakit asma yang lebih baik.? Lebih dari lima juta orang di Inggris sedang dirawat karena asma. Asma dengan gejela seperti, batuk kering, sesak nafas, mengi atau bengek kketika berna [...]

Manfaat Jus Semangka, Rendah Kalori Hingga Menguatkan Tulang

Manfaat Jus Semangka, Rendah Kalori Hingga Menguatkan Tulang

Buah semangka yang menyegarkan, cocok dikonsumsi saat musim panas karena buah ini mampu mempertahankan kadar air dalam tubuh. Tapi ternyata, semangka memiliki manfaat yang lebih dari itu. Dikutip dari Mag for Women, berikut ini beberapa manfaat jus semangka yang baik untuk kesehatan. 1. Rendah kaloriJika Anda terbiasa ngemil di antara waktu makan, ataupun memakan junk food saat lembur, gantilah makanan tersebut dengan jus semangka tanpa gula. Minuman ini sangat rendah kalori. Kadar air yang tinggi namun rendah lemak dan kolesterol mampu mengenyangkan perut Anda.2. Meredakan nyeri otot dan kelelahanSebuah studi menyatakan bahwa jus semangka mampu meredakan nyeri setelah berolahraga. Jus semangka juga dipercaya mampu menormalkan detak jantung setelah berolahraga serta mengurangi lelah otot. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga, jus tersebut diklaim dapat melancarkan sirkulasi dalam pembuluh darah karena mengandung asam amino L-cittruline. L-cittruline pada semangka, dapat diserap lebih cepat oleh tubuh dibanding L-cittruline yang berasal dari suplemen.3. Kaya akan vitamin dan mineralSama seperti buah lainnya, semangka juga kaya akan vitamin dan mineral. Semangka mengandung vitamin [...]

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Mood Buruk Saat Datang Bulan? Cerita Lama!

Fluktuasi hormon diduga menjadi penyebab naik dan turunnya mood saat sedang haid. Sering merasa lebih emosional menjelang masa datang bulan? Kenali penyebab dan cara mencegah fluktuasi mood saat haid tiba. PMS dan Hormon Perubahan mood sering menjadi ciri utama Premenstrual Syndrome (PMS). PMS adalah gejala-gejala akibat perubahan hormon menjelang masa menstruasi. Umumnya periode ini terjadi 10 hari sebelum masa datang bulan, saat kadar hormon estrogen dan progesteron berubah drastis. Sejak masa awal pubertas, ovarium wanita mulai melepaskan hormon estrogen. Dalam satu siklus menstruasi, estrogen terus dilepaskan hingga mencapai puncaknya saat terjadi pelepasan sel telur atau ovulasi. Setelah itu kadar estrogen menurun drastis sebelum akhirnya pelan-pelan meningkat lagi. PMS sering diidentikkan dengan depresi, kecemasan, perasaan yang sensitif, melankoli, atau bahkan kemarahan dan membenci diri sendiri. Wanita yang sedang mengalami PMS cenderung mempersepsikan segala hal atau komentar dari sudut pandang negatif, meski fakta nyatanya tidak demikian. Selain suasana hati yang terpengaruh perubahan kadar hormon, gejala PMS lain adalah diare, payudara terasa nyeri, dan kram. Kadar nor [...]

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Menurut riset, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia dengan usia lebih dari 10 tahun kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Padahal buah-buahan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kesehatan tubuh. Hal itu dipaparkan oleh pakar gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK.Kiwi, merupakan salah satu dari buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dokter yang tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia) itu juga menjelaskan, buah kiwi mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah lingkar pinggang membesar."Wanita yang ingin langsing makan serat yang banyak karena serat dari buah itu kalorinya tidak tinggi. Dalam buah kiwi tidak hanya serat tapi juga memiliki vitamin C yang dua kali lebih tinggi daripada jeruk dan vitamin E yang lima kali lebih tinggi dibanding apel makanya bagus buat tubuh," tutur Fiastuti saat workshop Zespri Kiwifruit di Club House, Ecopark Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Selasa (30/4/2013).Oleh karena itu, perusahaan kiwi asal New Zealand, Zespri, ingin mengajak masyarakat Indonesia makan buah secar [...]

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Sakit Jantung?

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Sakit Jantung?

Ada satu pernyataan yang sudah sering kita akrab dengar sejak kecil, jika tangan kita berkeringat maka kemungkinan besar kita mengidap sakit jantung, benarkah pernyataan di atas? Atau justru hanya sekedar mitos yang tidak pernah terbukti? Pernyataan di atas salah besar, namun ada sedikit kebenaran yang terkandung di dalamnya. Penyakit jantung memiliki cakupan pembahasan yang luas, artinya banyak sekali macam atau jenisnya. Salah satu penyakit jantung yang paling membahayakan nyawa seseorang adalah serangan jantung atau penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner ditandai dengan munculnya keluhan-keluhan sebagai berikut: Gejala Serangan Jantung nyeri dada dengan sensasi tertimpa beban berat yang menjalar ke bahu nyeri dan sensasi yang sama pada rahang ataupun lengan. keluhan nyeri dada yang seringkali disertai dengan telapak tangan yang berkeringat, atau dalam istilah medis dikenal dengan diaforesis. Jadi yang terjadi bukan sebaliknya, seseorang yang telapak tangannya berkeringan namun tidak mengalami nyeri dada tentu tidak memiliki arti yang bermakna. Sekali lagi kita membuktikan mitos, jadi ingatlah, jika Anda mendadak merasakan nyeri dada disertai [...]

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Timbulnya Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Mata berkantung membuat tampilan wajah tampak lesu dan mengantuk, seperti baru bangun tidur. Kantung mata umumnya merupakan gangguan kesehatan ringan pada mata dan biasanya bisa hilang sendiri atau dengan perawatan alami.Meskipun bukan kondisi kesehatan yang serius, ada baiknya Anda mengetahui penyebab dan cara menghilangkan kantung mata. Ini tipsnya, seperti dikutip dari Health Me Up.1. MenangisMenangis adalah penyebab paling umum terbentuknya kantung di bawah mata dan sekitarnya karena penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Kantung mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau bisa dikompres air dingin agar lebih cepat kempis.2. Pilek, Flu fan Infeksi SinusPilek, flu, atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Akibatnya, timbullah kantung mata yang mengganggu penampilan.3. Kurang Tidur dan KelelahanTidak mendapat tidur berkualitas yang cukup dan terlalu lama bekerja di depan komputer bisa menyebabkan kelelahan. Lelah akan memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata sedikit bengkak, seperti berkantung.4. Pola DietTerlalu banyak mengasup yodium y [...]

5 Akibat Karena Darah Tinggi

5 Akibat Karena Darah Tinggi

Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai ancaman bahaya karena hipertensi. Banyak penderita hipertensi menganggap remeh penyakitnya, karena mayoritas penderita hipertensi tidak mengalami keluhan apa-apa. Sebagian kecil mengalami keluhan pusing, sakit kepala, dan leher terasa tegang. Karena keluhan tidak terasa berat, hipertensi sering kali dipandang sebelah mata. Mengenal bahaya hipertensi sangat diperlukan agar penderita hipertensi memiliki motivasi yang kuat untuk menghindari komplikasi hipertensi. Komplikasi hipertensi meningkat seiring dengan peningkatan tekanan darah. Halaman berikut ini merupakan komplikasi dari hipertensi: Dampak dari Hipertensi 1. Penyakit Jantung: Penyakit Jantung Koroner, Gagal Jantung. Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena timbul plak pada pembuluh darah koroner (atherosklerosis). Bila terjadi gangguan pada plak (pecah), maka dapat terjadi sumbatan pada pembuluh darah koroner yang menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak. Penderita penyakit jantung koroner biasanya mengeluhkan nyeri dada seperti tertimpa benda berat pada bagian tengah dada dan dapat menjalar ke lengan kiri. Gagal Jantung terjadi karena otot jantung men [...]

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Persiapan Mudik Wanita Hamil

Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester kedua kehamilan, yaitu antara 4-6 bulan. Berikut tips-tips nya untuk Anda. Persiapan Mudik Wanita Hamil Lebaran sebentar lagi tiba dan Anda tentu sudah bersiap-siap untuk mudik. Namun pada lebaran tahun ini, ada sesuatu yang spesial pada diri Anda, yaitu Anda sedang hamil! Apa saja yang perlu diketahui sebelum Anda pergi berlibur? Beberapa wanita biasanya memilih untuk tidak bepergian jauh saat 12 minggu pertama kehamilan karena seringkali mengalami mual dan kelelahan yang berlebih. Selain itu risiko untuk terjadi keguguran juga lebih tinggi pada trimester pertama. Banyak wanita hamil yang memilih untuk pergi liburan pada trimester [...]

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Konsumsi 4 Makanan Ini Sebelum Tidur, Anda Akan Terlelap Sepanjang Malam

Apa yang Anda santap saat makan malam bisa memengaruhi kualitas tidur setelahnya. Jika di malam hari Anda kesulitan tidur dan gelisah, bisa jadi karena menu makan malam yang dikonsumsi salah. Maka dari itu agar bisa tidur nyenyak selama tujuh atau delapan jam penuh, pilih beberapa makanan ini dalam menu harian Anda.1. NasiBerdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 2000 responden di Jepang, makan nasi merupakan salah satu cara untuk terlelap tidur. Nasi, terutama nasi putih merupakan jenis karbohidrat sederhana dengan glikemik indeks (GI) yang tinggi. Makanan dengan GI tinggi akan membuat tubuh menghasilkan hormon insulin dalam jumlah banyak agar bisa mencernanya.Produksi insulin dan aktivitas organ dalam mencerna makanan akan membuat sel-sel tubuh kelelahan karena mengeluarkan banyak energi, sehingga yang timbul adalah rasa kantuk yang memicu kita tertidur. Namun makan nasi dalam jumlah banyak saat makan malam tidak disarankan karena bisa memicu kegemukan, penumpukan lemak serta diabetes. Konsumsilah nasi secukupnya sesuai kebutuhan kalori harian dan sajikan bersama sayuran serta protein nabati.2. Susu HangatSusu merupakan sumber tryptophan, jenis asam amino yang diolah tubu [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *