5 Kelainan Kelamin Pada Anak yang Sering Terjadi

kelainan-kelamin-anak.jpg

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya.

Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi.

Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui.

Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya:

5 Kelainan Kelamin Anak yang Sering Terjadi

Alat kelamin kadang menjadi salah satu organ tubuh yang sering luput dari perhatian, sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari anaknya mengalami kelainan bawaan pada alat kelaminnya.

Kelainan bentuk atau deformitas pada bayi sering membuat orangtua khawatir karena takut akan menyebabkan gangguan fungsi seksual di kemudian hari. Padahal banyak dari kelainan tersebut dapat dikoreksi.

Untuk itu, ada baiknya Anda menambah pengetahuan seputar kelainan kelamin pada anak yang umum ditemui.

Beberapa kelainan alat kelamin yang sering ditemukan, diantaranya:

Kelainan #1: Penis Kecil

Penis yang berukuran kecil biasanya disebabkan oleh faktor hormonal (mikropenis). Namun penis juga bisa tampak lebih kecil pada anak yang gemuk karena penisnya terbenam (buried penis). Mikropenis dapat ditangani dengan pemberian terapi hormonal.

Besar kecil ukuran penis dipengaruhi oleh :

  1. Gangguan hormon pertumbuhan. Jika kadar kedua hormon ini rendah maka akan mengganggu pertumbuhan alat kelamin bagian luar termasuk penis.
  2. Gangguan genetik. Jadi ada gen tertentu yang ikut menentukan besar kecilnya ukuran penis.
  3. Pengaruh lingkungan dalam hal ini nutrisi. Contoh : hal ini terjadi jika laki-laki pada masa anak-anak mereka banyak makan ayam yang disuntik hormon wanita untuk menggemukannya. Obesitas juga akan mengganggu metabolisme hormon testosteron, sebab jika terlalu gemuk hormon testosteron yang membantu pertumbuhan genetalia akan di aromatisasi (diubah) menjadi hormon estrogen. Jika anak anda gemuk maka coba arahkan untuk olahraga.

Kelainan #2: Lubang kencing tidak berada di ujung penis dan penis bengkok

Kelainan ini disebut hipospadia, dimana lubang uretra tidak berada pada tempatnya, biasanya berada di bawah penis. Hipospadia juga sering disertai penis bengkok. Jika tidak diatasi, keluhan ini dapat menyebabkan anak kesulitan melakukan penetrasi saat ia dewasa. Operasi adalah terapi definitif untuk hipospadia.

Penis yang bengkok tentu menimbulkan kekhawatiran pada kaum pria. Normalnya, penis memang sedikit bengkok. Namun, ada keadaan yang membuat penis bengkok dengan derajat bervariasi baik ke atas-bawah, maupun kiri-kanan. Keadaan ini disebut dengan Peyronie?s Disease.

Peyronie’s Diesase merupakan keadaan terbentuknya lapisan jaringan fibrosa parut (plak) yang keras di bawah kulit pada bagian atas atau bawah penis. Ketika penis mengalami ereksi, jaringan parut tersebut menarik bagian penis tersebut sehingga terbentuk penis yang bengkok. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri saat ereksi.

Kelainan #3.:Buah Zakar Tidak Berada di Kantung Kemaluan

Perhatikan apakah ada 2 testis pada kantung kemaluan / skrotum anak. Testis seharusnya berada di skrotum pada saat lahir. Namun, sebagian kecil baru turun pada tahun pertama pasca lahir. Kelainan ini disebut sebagaiundecensus testis atau kriptokhismus.

Testis yang tidak turun dapat menyebabkan gangguan Kesuburan dan meningkatkan risiko kanker testis. Terapinya adalah dengan terapi hormonal (usia 3 bulan) atau operasi jika gagal dengan terapi hormonal (testis belum turun pada usia 6 bulan).

Kelainan #4: Jenis Kelamin Tidak Jelas atau Ambiguous Gentalia

Pada kondisi ini, gambaran kelamin anak tidak jelas mengarah ke laki-laki atau perempuan. Untuk menentukan secara pasti jenis kelamin anak, diperlukan beberapa pemeriksaan seperti pemeriksaan kromosom, hormon, ultrasonografi atau genitografi.

Kelainan #5: Kulit Penis Mengembang Seperti Balon

Kelainan ini bisa disebabkan oleh fimosis, dimana kulit penis menutup iujung saluran kencing sehingga air kencing terhambat dan kulit mengembang seperti balon. Fimosis dapat menyebabkan infeksi, untuk mengatasinya dapat dilakukan sirkumsisi (sunat).

di laman website kami.[](DK)

Baca juga:

Pendidikan Seksual Pada Anak, Apa Saja & Seberapa Penting, Sih?

Sikap Orangtua Terhadap Pelecehan Seksual Pada Anak

Ditulis oleh:

dr. Dina Kusumawardhani

Anggota Redaksi Medis

PeduliSehat.info

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Ini Kelebihan Orang yang Punya Kamar Berantakan

Memiliki kamar dan lemari yang berantakan tidak selalu berarti menandakan 'penghuninya' orang malas atau tidak suka kerapihan. Menurut penelitian, kamar berantakan menandakan kalau pemiliknya mungkin orang yang kreatif dan berani menghadapi tantangan.Para ilmuwan dari University of Minnesota ingin meneliti apakah bekerja di tengah ruangan yang berantakan menimbulkan dampak positif terhadap performa kerja seseorang. Mereka pun merancang tahapan eksperimen untuk memeriksa efek suasana lingkungan dengan perilaku manusia.Penelitian melibatkan sekelompok mahasiswa yang dibagi menjadi dua grup. Grup pertama masuk ke dalam ruangan yang tertata rapi, sementara grup kedua di tempat yang berantakan. Semua responden kemudian diminta memikirkan cara baru dan kreatif menggunakan bola ping-pong.Grup yang berada di ruangan rapi dan berantakan sama-sama menyumbangkan banyak ide baru, namun kelompok kedua jauh lebih kreatif. Sebagai contoh, responden dari grup di ruangan yang berantakan menyarankan untuk menjadikan bola ping-pong sebagai pencetak es batu atau bantalan pada kaki-kaki kursi agar tidak terjadi gesekan yang membuat lantai lecet ketika kursi digerakkan. Sementara responden di kelompo [...]

9 Fakta Keren Lemon

9 Fakta Keren Lemon

Di Indonesia, buah ini tidak terlalu banyak diketahui umum. Kehadirannya baru dikenali umum pada sajian minuman teh di restoran-restoran populer dewasa ini bernama; lemon iced tea. Disajikan dingin bersama teh, jeruk limun dicelup ke teh untuk menambah sensasi segar. Semua pasti mengetahui fungsi dari jeruk nipis di dapur yang berguna untuk makanan, kue dan beberapa jenis makanan. Tapi tahukah Anda, kehadirannya bukan hanya sekedar variasi perasa. Ternyata lemon atau limun ini memilki manfaat kesehatan yang luar biasa. Pasalnya, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, beberapa mineral dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan kulit, rambut serta kuku. Apa saja manfaat kesehatan lemon? Berikut beberapa fakta tentang jeruk lemon: 9 Fakta Keren Lemon Dapat menyembuhkan jerawat dan komedo: jeruk limun (lemon) memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan natural untuk mengobati jerawat. Caranya mudah: Dengan mengoleskan air dari jeruk limun (lemon) sedikit saja di wajah, Atau campurkan dengan beberapa tetes madu Oleskan pada daerah dengan komedo Diamkan selama 5 -10 [...]

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tinggal di Kota Besar Berisiko Buat Wanita Lebih Cepat Tua

Tempat di mana kita tinggal ternyata berpengaruh pada proses penuaan kulit. Kabar buruk bagi para wanita yang tinggal di perkotaan, kulit mereka bisa menua lebih cepat ketimbang wanita yang hidup di pedesaan.Studi yang dilakukan oleh Procter & Gamble mengungkapkan fakta mengejutkan. Wanita yang hidup di pedesaan atau pinggiran kota terlihat awet muda lebih lama sementara yang tinggal di kota, terutama kota-kota besar menua 10 persen lebih cepat.Perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik dan produk perawatan rumah tangga itu meneliti 200 wanita dengan usia antara 30 dan 45 untuk membandingkan kualitas kesehatan kulit antara mereka yang tinggal di kota dan desa. Kedua kelompok wanita memiliki gaya hidup yang sama dan juga terekspos sinar matahari dalam jumlah sebanding.Wanita pedesaan dilaporkan memiliki risiko penuaan lebih tinggi akibat paparan sinar matahari. Hal ini kemungkinan disebabkan karena sebagian besar dari mereka keluar rumah tanpa menggunakan krim tabir surya. Namun yang mengejutkan, hasil studi menunjukkan proses penuaan justru lebih buruk terjadi pada kelompok wanita di perkotaan.Dari hasil studi yang dipimpin oleh Profesor Wei Liu, seorang dermatologis dari R [...]

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik

Lebaran sebentar lagi mendekat. Anda dan keluarga mungkin sudah mempersiapkan rencana untuk bermudik baik dengan kendaraan darat, laut maupun udara. Aktivitas lalu-lalang lalu lintas di jalur pemudik pasti akan ramai dan padat. Sudah siapkah Anda untuk bermudik? Ketika bermudik pernahkan Anda atau istri atau anak atau saudara mengeluh mual, pusing dan kembung dalam perjalanan? Kemungkinan Anda dan orang terkasih mengalami mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan dalam dunia medis disebut dengan motion sickness yaitu suatu kondisi di mana seseorang merasa pusing, kembung, mual dan muntah selama perjalanan. Hal ini terjadi ketika ada perbedaan informasi yang diterima antara. mata dan bagian dalam telinga tempat kendali keseimbangan berada. Ini menyebabkan otak menerima informasi yang berbeda sehingga dapat memicu perasaan pusing, kembung, mual dan muntah. Hal ini dapat dirasakan pada perjalanan darat, laut maupun udara. (Baca: Persiapan Mudik Wanita Hamil) Ingin tahu lebih lanjut mengenai tips dan trik yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan? Klik next. Cara Mengatasi Mual Saat Bermudik Dalam masyarakat, diperkirakan bahwa setiap 3 dari 10 oran [...]

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

Banyak faktor yang bisa membuat seseorang stres di tempat kerja. Tekanan pekerjaan, kurang terkena sinar matahari, terus menerus berada di depan komputer dan terkena paparan sinar dari layarnya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi persaingan di kantor atau kewajiban memenuhi target tertentu.Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, stres juga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Cara mengatasi stres di tempat kerja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan aromatherapy. Cara alami ini cukup efektif meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kenyamanan, efektivitas dan produktivitas kerja sekaligus membuat pikiran lebih tenang. Ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan stres di kantor, seperti dikutip dari Times of India:1. LavenderSelain membuat pikiran relaks, minyak lavender dipercaya bisa mengurangi kesalahan pengetikan di komputer hingga 25 persen. Anda bisa meneteskan minyak ini di atas kayu kering atau sapu tangan.2. NeroliPenghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Nero [...]

8 Penyebab Batuk Kronis

8 Penyebab Batuk Kronis

Ketika Anda memiliki keluhan batuk selama berminggu-minggu, bagaimana Anda tahu apakah itu hanyalah flu yang ringan ataukah ternyata lebih serius? Sebuah batuk kronis didefinisikan sebagai batuk yang berlangsung selama lebih dari 8 minggu. Berikut adalah 8 penyebab timbulnya batuk kronis seperti dilansir dalam health.com: 1. Asma dan Alergi. Asma adalah penyakit penyakit paru-paru kronis dimana saluran udara di paru-paru rentan terhadap inflamasi dan pembengkakan. Asma biasanya terjadi pada masa kanak-kanak. Pemicunya pun berbeda pada setiap orang, seperti olahraga, pilek, asap rokok, dan iritasi udara lainnya, serta makanan tertentu. Biasanya penderita asma juga memiliki alergi. 2. Chronic obstructive pulmonary disease (Penyakit paru-paru obstruktif kronis). Salah satu kondisi yang dapat menyebabkan batuk yang mengganggu adalah PPOK. kondisi paru-paru yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema. PPOK terjadi ketika saluran udara dan kantung udara di paru-paru menjadi meradang atau rusak, paling sering disebabkan oleh merokok dan lebih sering terjadi setelah usia 45. Pada penderita PPOK, paru-paru menghasilkan lendir berlebih, yang kemudian tubuh akan secara refleks mencoba untuk m [...]

Hongkong DIlanda Kepanikan Flu Burung

Hongkong DIlanda Kepanikan Flu Burung

Penemuan terjangkitnya 3 burung yang mati akibat virus flu burung mematikan, yaitu H5N1, dan ditemukannya ayam yang terinfeksi di pasar grosir hari Selasa (20/12) kemarin, membawa keputusan akan pemusnahan 17.000 ayam serta pelarangan impor juga penjualan ayam hidup selama tiga minggu kedepan oleh pemerintah Hong Kong. Berita yang dilansir oleh BBC News Health hari ini mengungkapkan bahwa hingga kini pemerintah Hong Kong masih mengusut asal muasal terjangkitnya virus baik dari peternakan local maupun impor. Hingga sekretaris untuk pakan dan kesehatan Hong Kong menjelaskan bahwa upaya pemerintah mengambil langkah-langkah tegas memang dapat menimbulkan ketidaknyamanan di public maupun perdagangan unggas, namun hal tersebut merupakan tindakan tepat dalam mencegah dan mengendalikan penyebaran virus yang sudah ada. Bahkan beberapa sekolah tempat ditemukannya burung-burung yang mati akibat virus H5N1, telah langsung di tutup untuk dilakukannya disinfektan dalam usaha membersihkan dan mencegah penyebaran virus lebih lanjut. Hongkong memang terkenal dalam mengambil tindakan cepat dan tepat dalam menangani berbagai macam kasus penyakit menyebar. Seperti yang terjadi pada 2003 akan menjangki [...]

5 Tips Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

5 Tips Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

Luka setelah operasi caesar membutuhkan waktu 4-6 minggu untuk sembuh. Tidak sedikit diantara pasien mengeluhkan lamanya masa pemulihan pasca operasi caesar, sementara lingkungan sekitar sudah menuntut aktivitas Anda. Simak tips-tips berikut ini untuk mempercepat penyembuhan; Berhati-hatilah Pada minggu-minggu pertama, hindari mengangkat benda berat kecuali bayi Anda. Beristirahatlah jika memungkinkan. Perawatan Luka � Cucilah dan bersihkan luka dengan cairan saline (seperti NaCl) � Ganti perban sesering mungkin � Oleskan salep antibiotik (tanyakan kepada dokter Anda jika diperlukan) Cara Luka Operasi Caesar Cepat Sembuh Support Perut Anda Berdiri dan berjalanlah dengan postur tubuh yang baik. Tahan perut Anda pada area bekas luka saat mengalami pergerakkan yang cepat dan tiba-tiba seperti batuk, bersin atau tertawa. Konsumsi Obat-obatan Sesuai Saran Dokter Berkonsultasilah dengan dokter jika diperlukan obat untuk menghilangkan rasa nyeri. Minum Air Putih yang Banyak Dengan konsumsi banyak cairan, maka akan menggantikan volume cairan yang hilang saat melahirkan dan menyusui dan dapat mencegah se [...]

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

95% Orang Tidak Cuci Tangan dengan Benar Setelah dari Toilet

Mencuci tangan setelah dari toilet sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri atau kuman penyebab penyakit. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebiasaan sehat ini.Menurut hasil studi terbaru, hanya 5 persen orang yang mencuci tangan dengan benar dan cukup lama untuk membunuh kuman penyebab infeksi, setelah menggunakan toilet atau kamar mandi. Artinya, ada 95 orang yang tidak mencuci tangannya dengan tepat. Sementara 33 persen cuci tangan, tapi tidak menggunakan sabun dan 10 persen responden bahkan tidak membersihkannya sama sekali.Studi yang dilakukan dengan mengobservasi perilaku 3.749 orang di toilet umum ini juga menemukan, wanita lebih peduli terhadap kebersihan tangan mereka ketimbang pria. Ada 15 persen pria yang tidak mencuci tangannya setelah dari kamar mandi. Sedangkan wanita hanya 7 persen.Carl Borchgrevink, associate professor of hospitality business dari Michigan State University yang memimpin penelitian mengatakan kalau penemuan ini cukup mengejutkan. Sebab dalam penelitian sebelumnya menunjukkan kalau kesadaran orang untuk menjaga kebersihan tangannya meningkat.Para peneliti yang mengadakan observasi di toilet yang terdapat di bar, restoran at [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *