5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

buah-mengkudu

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut.

Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat buah ini muda, buah ini tidak mengeluarkan bau khasnya, namun saat sudah mulai masak, buah ini akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Namun tahukah anda bahwa buah mengkudu memiliki banyak kasiat yang istimewa untuk kesehatan anda? Karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang diperlukan dalam tubuh seperti protein, vitamin, mineral, dan selenium yang merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut sangat menunjang kesehatan tubuh yang dapat mengonsumsinya dengan baik. Ditambahkan pula kandungan selenium sebagai antioksidan yang baik untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi. Selain itu mengkudu juga mengandung senyawa xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terperoid, zat anti bakteri, zat-zat aktif, scolopetin dll. (https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu). Zat-zat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut memiliki manfaat seperti:

1. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, protein dan antioksidan yang terkandung didalam buah mengkudu mampu menjaga kesetabilan kondisi kesehatan tubuh. Karena dalam buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk rutin dikonsumsi. Tambahan nutrisi dalam tubuh sangat penting diperhatikan, apalagi dengan menggunakan herbal sebagai solusinya, karena selain mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau atau bahkan tidak perlu membelinya, namun bisa mendapatkan kasiat yang luar biasa.

2. Menumbuhkan sel-sel dalam tubuh

Sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar kinerja dan fungsinya dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Kandungan terpenoid dalam buah mengkudu mampu membantu dalam proses sistesis organic sangat penting untuk menutrisi sel-sel dalam tubuh dan juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terasa segar dan sehat. Dengan tumbuhnya sel-sel baik dalam tubuh maka dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit yang dapat tumbuh sewaktu-waktu dan mengurangi kualitas kesehatan tubuh.

3. Membunuh bakteri mematikan dalam tubuh

Zat anti bakteri yang terkandung didalamnya sangat berperan aktif untuk menjaga berkembangnya bakteri jahan dalam tubuh yang dapat merugikan kesehatan. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

4. Menyembuhkan peradangan dan alergi

Scolopetin merupakan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu yang berfungsi sebagai unsure anti peradangan dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi resiko alergi terhadap beberapa hal yang tidak dapat diterima oleh tubuh.

5. Mengurangi perkembangan sel kanker

Dalam kandungan buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat mengurangi atau membunuh sel-sel jahat yang tidak diperlukan atau tidak seharusnya tumbuh dalam tubuh. Zat ini dapat melawan sel-sel kanker yang tumbuh yang dikenal dengan sel-sel abnormal. Dengan fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sel-sel baik dalam tubuh zat ini membantu untuk mengurangi atau melawan sel abnormal yang menyebabkan munculnya kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah ini dapat menjadi alternative menjaga kesehatan anda bahkan melawan penyakit kanker.

Cara mengolah dan mengonsumsi:

Sebelum anda mengonsumsinya, maka perlu anda perhatikan bagaimana cara mengolahnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa buah ini memiliki bau yang cukup menyengat. Sehingga anda memerlukan persiapan agar dapat mengurangi bau yang kurang sedap sehingga dapat mengolahnya dengan benar sehingga anda dapat mengonsumsinya dengan nikmat.

Agar lebih menarik untuk dikonsumsi, buah ini dapat anda olah dengan cara menghaluskan buah mengkudu yang sudah tua dengan cara meremasnya dengan air hangat dan saring. Jika anda tidak ingin meremasnya dengan tangan anda dapat menggunakan mesin penghalus untuk menghancurkan, buah namun tetap gunakan air hangat sebagai pelarutnya. Ambil air perasan kemudian anda dapat mencampurnya dengan susu atau madu sebagai pemanis nya. Anda dapat mengolahnya sebagai jus buah yang nikmat agar lebih menarik dan lebih segar untuk dikonsumsi. Kombinasikan dengan buah lain agar rasa mengkudu tidak terasa membosankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hindari Pikun dengan Minum Jus Anggur

Hindari Pikun dengan Minum Jus Anggur

Minum jus anggur ternyata bisa mengurangi bahkan mengembalikan memori di otak yang sudah hilang. Para ahli pun menjadikan jus anggur sebagai alternatif pengobatan untuk mencegah pikun atau penyakit Alzheimer.Seperti dikutip dari Dailymail, peneliti dari bagian psikiatrik University of Cincinnati percaya bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit dan daging buah anggur adalah kuncinya. Oleh karena itu, dilakukan sebuah penelitian dengan melibatkan 12 orang yang telah kehilangan memorinya.Mereka dibagi menjadi dua grup, yaitu grup yang mendapat minuman jus anggur dan grup yang mendapat minuman plasebo (semu/tanpa kandungan anggur). Selama 3 bulan studi berlangsung, partisipan diberi tes memori secara rutin untuk mengetahui kemampuan otaknya, terutama kemampuan mengingat.Hasil tes memori tersebut menunjukkan efek yang signifikan pada partisipan yang diberi jus anggur. "Mereka yang minum jus anggur menunjukkan hasil tes memori yang lebih baik dibanding mereka yang tidak minum jus anggur, baik pada tes verbal maupun non verbal," ujar Dr Robert Krikorian.Penemuan ini dibahas dalam The International Polyphenols and Health Conference di Harrogate, North Yorkshire dan disaranka [...]

LASIK Xtra, Metode LASIK Baru dari Singapura untuk Sembuhkan Kerusakan Mata

LASIK Xtra, Metode LASIK Baru dari Singapura untuk Sembuhkan Kerusakan Mata

Memiliki mata minus ataupun plus bisa menjadi penghalang dalam beraktivitas. Mereka yang memiliki masalah kerusakan mata ini harus menggunakan kacamata atau lensa kontak agar dapat melihat lebih jelas. Tidak tahan dan merasa aktivitas terhambat karena kacamata? Sejak beberapa tahun belakangan ini ada metode LASIK yang cukup digemari untuk menyembuhkan kerusakan mata tersebut. Laser Assisted In Situ Keratomileusis (LASIK) menjadi metode favorit untuk mengoreksi kelainan refraksi, seperti mata minus, mata plus dan mata silidris. Metode ini bertujuan mengubah bentuk lapisan kornea agar pembiasan cahaya berlangsung sempurna.Seiring perkembangan zaman dan teknolongi, teknik LASIK pun semakin canggih. Kini diperkenalkan LASIK Xtra, proses pembedahan yang menggabungkan LASIK dengan Corneal Collagen Cross-Linking. LASIK Xtra ini merupakan penambahan pada prosedur LASIK normal yang bertujuan untuk menguatkan kornea dengan tindakan cross-linking.LASIK Xtra ini hadir untuk mengatasi masalah yang bisa timbul setelah prosedur LASIK pada umumnya. Menurut Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre, Singapura, Dr. Lee Sao Bing, kornea (bagian depan mata) akan mengalami penipisan setelah LA [...]

Kondisi-kondisi Ini Jadi Penyebab Limfosit Rendah

Kondisi-kondisi Ini Jadi Penyebab Limfosit Rendah

Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih. Seperti halnya sel darah putih lainnya, limfosit berfungsi membantu sistem daya tahan tubuh. Limfosit terdiri dari tiga jenis yaitu sel B, sel T dan sel natural killer. Limfosit membantu melawan dan mencegah infeksi bakteri dan virus pada tubuh, serta membantu melawan kanker. Bila jumlah limfosit menurun, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi akan terganggu. Selain itu, tubuh dapat menjadi lebih rentan terkena penyakit kanker. Kondisi dengan tingkat limfosit rendah disebut limfositopenia atau limfopenia. Kondisi limfopenia terjadi pada orang dewasa jika limfosit dalam darah di bawah 1.500 per mikroliter darah. Sedangkan pada anak-anak akan dianggap mengalami limfopenia jika tingkat limfositnya di bawah 3.000 per mikroliter darah. Jumlah limfosit yang kurang dari batas normal, dikhawatirkan akan mengakibatkan tubuh rentan terhadap infeksi dan juga risiko kanker, serta kerusakan berbagai organ. Gejala limfopenia biasanya tidak khas dan sering ditemukan pada saat pemeriksaan lab darah untuk penyakit lain, misalnya infeksi. Beragam Kondisi Rendahnya limfosit disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa penyebab menurunnya lim [...]

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Pola Makan yang Perlu Diperhatikan Setelah Usia Tak Lagi Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, secara tak sadar berbagai permasalahanan kesehatan mulai berdatangan. Mulai dari yang ringan seperti mudah lelah, kekurangan zat besi, hipertensi, kolestrol hingga yang cukup berat seperti osteoporosis, diabetes, hingga kanker.Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, ada berbagai cara untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan yang disantap setiap harinya agar selalu dalam kondisi bugar. Seperti apa?1. Hindari Makanan Cepat SajiMengonsumsi makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tak jenuh di dalamnya dapat mengakibatkan pembengkakkan pada tubuh. Selain itu, makanan cepat saji juga menjadi salah satu penyebab utama dari obesitas atau kelebihan berat badan. Kandungan sodium tinggi yang terdapat di makanan cepat saji juga bisa membuat tekanan darah meningkat dan kerja jantung menjadi melemah.Sehingga tak ada salahnya Anda menghindari makanan cepat saji dan bertanya kepada restoran tentang daftar kandungan yang terdapat pada makanan yang disajikan. Baca juga info produk dalam setiap kemasan yang dibeli di supermarket untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.2. Kurangi Makanan ManisMeski makanan m [...]

Fungsi Memori Dengan Latihan Fisik

Fungsi Memori Dengan Latihan Fisik

Mengantisipasi penurunan fungsi memori dengan latihan fisik akibat penyakit Alzheimer selama ini diyakini dapat dilakukan dengan cara latihan otak, diantaranya seperti permainan teka-teki silang, kartu, catur maupun permainan dengan interaksi sosial lainnya. Namun kini berdasarkan temuan beragam studi yang meneliti hubungan latihan fisik dengan pemeliharaan memori telah memberikan poin solusi terbaru dalam hal antisipasi masalah penurunan fungsi memori akibat Alzheimer tersebut. Pada salah satu studi yang dilakukan selama 6 tahun dan mengambil perhatian observasi kepada 1.740 perempuan serta pria sebagai peserta studi, dengan rata-rata 65 tahun dan lebih, dengan catatan tidak mengalami gangguan fungsi kognitif, menemukan risiko terjadinya demensia menurun sebanyak 38% pada partisipan yang melakukan fisik sebanyak 3 kali atau lebih dalam sepekan. Hasil tersebut menang jauh dibandingkan kelompok partisipan yang melakukan latihan kurang dari 3 kali dalam sepekan. Pada lain kesempatan, terdapat hasil sebuah studi yang telah diterbitkan di Journal of the American Medical Association yang mengemukakan sebuah laporan yang memperlihatkan secara signifikan perbedaan yang mengesankan antara [...]

Ini Alasan Mengapa Kurang Tidur Bisa Tingkatkan Rasa Cemas

Ini Alasan Mengapa Kurang Tidur Bisa Tingkatkan Rasa Cemas

Kurangnya waktu tidur tentu bisa mempengaruhi kesehatan serta kualitas otak seseorang. Bahkan menurut penelitian, kurang tidur bisa membuar orang merasa cemas. Kok bisa?Berdasarkan penelitian terbaru, kurangnya waktu untuk tidur seseorang dapat mempengaruhi reaksi antisipasi otak, dan akhirnya akan meningkatkan level kecemasan seseorang. Hal tersebut diingkapkan oleh Andrea Goldstein, yang melakukan penelitian di Sleep and Neuroimaging Laboratory di University of California, Berkeley."Kurang tidur juga akan membuat mereka yang memiliki kecemasan tinggi untuk memulai sesuatu,? jelas Andrea, seperti yang dikutip dari Huffingtonpost.Reaksi antisipasi adalah proses otak yang mendasar dan memainkan peran utama dalam mempengaruhi kecemasan seseorang pada umumnya. Gangguan kecemasan ini menjadi salah satu penyebab penyakit mental yang paling umum di Amerika Serikat, dan mempengaruhi lebih dari 40 juta orang dewasa.?Semua orang memiliki antisipasi kecemasan, dalam batas tertentu hal itu positif. Apalagi kecemasan untuk selalu melakukan sesuatu dengan baik, namun hal ini menjadi negatif jika sudah berlebihan atau mulai mengganggu kehidupan Anda,? ungkap Fugen Neziroglu, direktur Institut [...]

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Oleh dr. Jessica Florencia Rambut Rontok Setelah Persalinan Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun [...]

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood. Mengapa kembung dapat terjadi? Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu. Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung. Nasi Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung. Pisang (Kalium) Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual [...]

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Mitos-mitos Keliru Seputar Membersihkan Gigi dengan Mouthwash

Membersihkan gigi secara rutin setiap hari penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain rajin, cara yang dilakukan saat membersihkannya juga harus benar. Sayangnya banyak mitos seputar kesehatan gigi yang belum terbukti kebenarannya, tapi dipercaya banyak orang. Survei yang dilakukan TePe, brand produk perawatan gigi dan gusi menunjukkan masih banyak orang yang tidak memahami cara menjaga kesehatan mulut yang benar. Ada 20 persen responden yang mengaku hanya menyikat gigi satu kali sehari. Sementara anjuran dari dokter adalah dua kali sehari; pagi dan malam sebelum tidur. Salah satu mitos yang palinh sering keliru adalah cara penggunaan mouthwash atau obat kumur. Banyak orang menganggap fungsi dan kandungan di dalam setiap produk mouthwash sama. Padahal obat kumur mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Sehingga penggunaannya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Beberapa produk mouthwash ada yang mengandung bahan yang mungkin tidak cocok untuk semua orang. Orang yang mengalami kekeringan pada mulut, sariawan atau gigi dan mulut sensitif sebaiknya tidak menggunakan mouthwash yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol pada mouthwash akan [...]

Manfaat Pepaya Bagi Tubuh

Manfaat Pepaya Bagi Tubuh

Manfaat pepaya bagi tubuh sangat banyak, selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung serat makanan yang tinggi. Pepaya dipercaya dapat mengobati cacing usus, mencegah berbagai jenis kanker, dan meningkatkan kualitas sperma pada pria. Pepaya mengandung meat tenderizer (bahan pengempuk daging). Buah dan daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat memecah protein. Bila daunnya dipakai untuk membungkus daging, membuat daging lebih empuk dan mudah dicerna. Dalam pengobatan Cina, pepaya digunakan untuk kesehatan, diantaranya; Untuk mengatasi kesulitan mencerna makanan, akibat protein tinggi. Untuk membersihkan gigi, dengan memecah sisa-sisa makanan yang melekat. Buahnya dapat dimanfaatkan untuk mengusir cacing usus. Air hasil rendaman biji pepaya bisa dimanfaatkan untuk teh. Pepaya yang masak baik untuk mengatasi disentri, rematik, dan produksi lendir yang berlebihan. Silakan klik next untuk mengetahui informasi selanjutnya. Manfaat Pepaya Bagi Tubuh Pada tahun 1997 The World Cancer Research Fund?s melaporkan, mengonsumsi pepaya sebagai makanan penutup secara teratur, baik untuk menangkal kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker payudara, kanker ka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *