5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

buah-mengkudu

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut.

Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat buah ini muda, buah ini tidak mengeluarkan bau khasnya, namun saat sudah mulai masak, buah ini akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Namun tahukah anda bahwa buah mengkudu memiliki banyak kasiat yang istimewa untuk kesehatan anda? Karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang diperlukan dalam tubuh seperti protein, vitamin, mineral, dan selenium yang merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut sangat menunjang kesehatan tubuh yang dapat mengonsumsinya dengan baik. Ditambahkan pula kandungan selenium sebagai antioksidan yang baik untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi. Selain itu mengkudu juga mengandung senyawa xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terperoid, zat anti bakteri, zat-zat aktif, scolopetin dll. (https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu). Zat-zat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut memiliki manfaat seperti:

1. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, protein dan antioksidan yang terkandung didalam buah mengkudu mampu menjaga kesetabilan kondisi kesehatan tubuh. Karena dalam buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk rutin dikonsumsi. Tambahan nutrisi dalam tubuh sangat penting diperhatikan, apalagi dengan menggunakan herbal sebagai solusinya, karena selain mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau atau bahkan tidak perlu membelinya, namun bisa mendapatkan kasiat yang luar biasa.

2. Menumbuhkan sel-sel dalam tubuh

Sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar kinerja dan fungsinya dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Kandungan terpenoid dalam buah mengkudu mampu membantu dalam proses sistesis organic sangat penting untuk menutrisi sel-sel dalam tubuh dan juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terasa segar dan sehat. Dengan tumbuhnya sel-sel baik dalam tubuh maka dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit yang dapat tumbuh sewaktu-waktu dan mengurangi kualitas kesehatan tubuh.

3. Membunuh bakteri mematikan dalam tubuh

Zat anti bakteri yang terkandung didalamnya sangat berperan aktif untuk menjaga berkembangnya bakteri jahan dalam tubuh yang dapat merugikan kesehatan. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

4. Menyembuhkan peradangan dan alergi

Scolopetin merupakan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu yang berfungsi sebagai unsure anti peradangan dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi resiko alergi terhadap beberapa hal yang tidak dapat diterima oleh tubuh.

5. Mengurangi perkembangan sel kanker

Dalam kandungan buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat mengurangi atau membunuh sel-sel jahat yang tidak diperlukan atau tidak seharusnya tumbuh dalam tubuh. Zat ini dapat melawan sel-sel kanker yang tumbuh yang dikenal dengan sel-sel abnormal. Dengan fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sel-sel baik dalam tubuh zat ini membantu untuk mengurangi atau melawan sel abnormal yang menyebabkan munculnya kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah ini dapat menjadi alternative menjaga kesehatan anda bahkan melawan penyakit kanker.

Cara mengolah dan mengonsumsi:

Sebelum anda mengonsumsinya, maka perlu anda perhatikan bagaimana cara mengolahnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa buah ini memiliki bau yang cukup menyengat. Sehingga anda memerlukan persiapan agar dapat mengurangi bau yang kurang sedap sehingga dapat mengolahnya dengan benar sehingga anda dapat mengonsumsinya dengan nikmat.

Agar lebih menarik untuk dikonsumsi, buah ini dapat anda olah dengan cara menghaluskan buah mengkudu yang sudah tua dengan cara meremasnya dengan air hangat dan saring. Jika anda tidak ingin meremasnya dengan tangan anda dapat menggunakan mesin penghalus untuk menghancurkan, buah namun tetap gunakan air hangat sebagai pelarutnya. Ambil air perasan kemudian anda dapat mencampurnya dengan susu atau madu sebagai pemanis nya. Anda dapat mengolahnya sebagai jus buah yang nikmat agar lebih menarik dan lebih segar untuk dikonsumsi. Kombinasikan dengan buah lain agar rasa mengkudu tidak terasa membosankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Benarkah Legging Bisa Bikin Gemuk?

Benarkah Legging Bisa Bikin Gemuk?

Dengan alasan kenyamanan, legging menjadi fashion item favorit para wanita. Namun baru-baru ini, sebuah situs Inggris menulis bahwa legging bisa membuat berat badan Anda bertambah. Benarkah?Menurut seorang fisioterapi, Sammy Margo dalam artikelnya di situs Daily Mail, legging memiliki sisi negatif. Sammy menjelaskan bahwa legging bisa membuat otot-otot tubuh mati."Legging menahan dan mendukung otot paha, bokong dan otot inti dalam perut dan melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh otot. Akibatnya otot-otot tersebut jadi tidak melakukan apapun dan akhirnya mati. Kemudian mereka tidak mengencang seperti bagaimana seharusnya", ujar Sammy.Intinya, Sammy mengatakan bahwa otot-otot tubuh menjadi malas sehingga membuat kaki dan perut tidak kencang. Dan yang paling buruk, hal ini akan membuat berat bdan bertambah akibat melemahnya otot dan meningkatnya lemak.Namun menurut Dr. Jana Klauer, penggunaan legging tidak bisa mempengaruhi bentuk kaki atau perut. Otot tidak akan berubah dan lemak pada tubuh tidak akan bertambah hanya karena pemakaian legging."Hal itu konyol. Legging tidak akan menyebabkan perubahan dalam otot atau lemak di kaki. Jika perut dan kaki tidak kencang, itu k [...]

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Beberapa daerah di Indonesia terindikasi mengalami hujan asam. Meski sifatnya masih berupa dugaan, tidak ada salahnya mengetahui seluk-beluk hujan asam, terutama efeknya terhadap kesehatan. Secara kasat mata hujan asam terlihat sama seperti hujan pada umumnya. Yang membedakan adalah kandungan yang terdapat pada tiap tetesan airnya. Hujan asam terjadi akibat adanya pembuangan senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke udara di sekitar kita. Kedua zat ini dapat terakumulasi di udara dan bereaksi dengan molekul air di atmosfer sehingga menghasilkan hujan dengan kadar asam tinggi. Dengan kata lain, tiap tetesan air hujan ini mengandung zat asam. Keberadaan zat sulfur dioksida dan nitrogen oksida dipicu oleh kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pembuangan dari penggunaan kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, dan penggunaan batu bara sebagai tenaga listrik. Selain itu, sambaran petir dan letusan gunung berapi juga turut berkontribusi terhadap kehadiran kedua zat ini. Efek langsung hujan asam terhadap kesehatan sebenarnya tidak ada. Anda masih aman jika terguyur atau terkena percikan air hujan asam. Namun, partikel yang dihasilkan oleh hujan asam, seperti sulfur dioks [...]

Puasa dan Penyakit Jantung

Puasa dan Penyakit Jantung

Puasa mempunyai banyak manfaat, salah satunya bagi penderita penyakit jantung. Keuntungan ini didapatkan melalui pengendalian berbagai faktor risiko utama dari penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, merokok, dan hiperkolesterolemia (kadar kolesterol tinggi). Dengan berpuasa selama 12-13 jam di bulan Ramadhan, kadar natrium tubuh akan menurun dan tentunya akan menurunkan tekanan darah seseorang. Hal ini sangat baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pengontrolan hipertensi melalui diet makanan, pengaturan berat badan, olahraga, pengendalian alkohol dan merokok, serta mengurangi stress atau emosi memang dapat dilakukan di bulan suci ini. Berpuasa secara otomatis memiliki efek menurunkan berat badan, mengurangi pajanan rokok serta makanan sehari-hari. Minuman beralkohol sendiri sudah dilarang bagi kaum Muslim. Selain itu, Ramadhan akan memacu orang meningkatkan ibadah mereka (seperti sholat, dll) dimana ibadah tersebut dapat berarti peningkatan aktivitas fisik atau olahraga. Selanjutnya, berpuasa dapat membuat seseorang lebih dapat mengendalikan emosi, menurunkan stress, dan lebih bahagia karena di bulan ini pengendalian emosi diwajibkan dan ibadah [...]

Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

Inilah Sebabnya Kenapa Minuman Bersoda Tidak Sehat

Sebabnya adalah konsumsi minuman ringan yang mengandung soda dan gula tentunya menambah asupan kalori bagi tubuh. Kalori berlebih pada tubuh akan menjadi timbunan lemak di tubuh. Jika demikian terbiasa minum minuman bersoda, akumulasi lemak akan sering menimbun dan menyebabkan kegemukan (obesitas). Sebagaimana kita ketahui bersama, obesitas juga merupakan biang kerok masalah kesehatan lebih luas. Dari penyakit jantung, hipertensi, diabetes, stroke dan penyakit degeneratif lainnya. Apa saja bahayanya minum minuman bersoda? Simak penjelasan poteni penyakit-penyakitnya sebagai berikut. Diabetes Mellitus Beberapa jurnal kedokteran menyatakan bahwa pengkonsumsi minuman manis bersoda memiliki potensi dua kali lebih besaruntuk terkena diabetes mellitus tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki kebiasaan ini. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Framingham Heart Study, pria dan wanita yang mengkonsumsi satu atau lebih minuman bersoda setiap hari, akan memiliki peningkatan potensi gangguan metabolisme gula darah sebesar 25% dan sindroma metabolic sebesar 50%. Penyakit Jantung Penggemar minuman bersoda cenderung memiliki berat badan b [...]

Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Apakah Diabetes Bisa Sembuh?

Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Insulin sendiri adalah hormon yang membawa glukosa dari darah masuk se dalam sel-sel tubuh dan dihasilkan oleh sel-sel beta di pankreas. Penegakan diabetes melitus dilakukan apabila setelah dilakukan pemeriksaan kadar gula darah ternyata ditemui memiliki kadar gula darah sewaktu ?200 mg/dL dan kadar gula darah puasa ?126 mg/dL. Pemeriksaan gula darah sangat penting untuk mengontrol pengendalian gula darah diabetes dan pencegahan terhadap kondisi diabetes. Pemeriksaan gula darah dapat menyaring apakah seseorang termasuk kedalam kelompok pre diabetes atau bukan. Kondisi prediabetes dapat dicegah untuk menjadi diabetes. Prediabetes ditandai dengan kadar gula darah sewaktu 100-199 mg/dL dan kadar gula darah puasa 100-125 mg/dL. Perlu Anda ketahui bahwa diabetes dapat dicegah dengan berbagai pola hidup sehat. Namun diabetes adalah kondisi menahun yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan/dikontrol dengan obat anti diabetes. Jenis diabetes yaitu : Diabetes melit [...]

Ladies, Jangan Mengeluh! Ini 5 Manfaat Dari Datang Bulan

Ladies, Jangan Mengeluh! Ini 5 Manfaat Dari Datang Bulan

Ada baiknya jika wanita tak lagi mengeluh soal datangnya menstruasi, karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat wanita saat sedang datang bulan. Seperti yang dikutip dari detikhealt, berikut lima manfaat tersebut.1. Tubuh mengalami sinkronisasiDr Cheryl Pagel, dokter keluarga dari Banner Good Samaritan Medical Center mengungkapkan wanita yang mengalami menstruasi setiap bulannya, merupakan bukti bahwa tubuhnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.2. Tubuh mengalami hal yang positifMenstruasi setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat menstruasi tidak teratur.3. Hidup lebih lama dan bahagiaBanyak penelitian yang menunjukkan bahwa umur wanita cenderung lebih panjang ketimbang pria. Kondisi ini karena adanya zat besi yang hilang saat menstruasi.4. Proses pembersihan tubuhMenstruasi yang datang seti [...]

Mimisan? Jangan Sembarangan Mendongak!

Mimisan? Jangan Sembarangan Mendongak!

Apakah Anda sering mimisan? Atau anak Anda sering mimisan? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasinya? Mimisan sering terjadi pada anak-anak karena pembuluh darah mereka masih rapuh. Pada orang dewasa, mimisan dapat terjadi akibat: � Trauma / cedera / terjatuh. � Mengorek-ngorek hidung, � bersin terlalu kencang, � menghirup udara yang kering seperti pada ruangan ber-AC, � Akibat cuaca panas, � Hipertensi dan masih banyak lagi. Mimisan yang terjadi pada anak sering terjadi akibat pecahnya pleksus Kiesselbach yang terdapat pada rongga hidung sebelah depan. Pada anak-anak pembuluh darah ini masih tipis dan rentan pecah. Mimisan akibat pecahnya pleksus Kiesselbach ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 5 menit pada anak tanpa penyakit kelainan darah. Pada anak dengan masalah pada faktor pembekuan darah tentu waktunya akan lebih lama. Hal yang bisa dilakukan jika terjadi mimisan: Pertolongan Pertama Pada Mimisan Hal yang bisa dilakukan jika terjadi mimisan: Janganlah panik. Segera dudukan pasien, jangan ditidurkan. Posisikan badan [...]

Konsumsi Makanan Ini untuk Meredakan Migrain

Konsumsi Makanan Ini untuk Meredakan Migrain

Wanita lebih sering terserang migrain daripada pria, karena migrain sering berhubungan dengan fluktuasi kadar estrogen. Menurut para ahli, migrain disebabkan oleh perubahan cuaca, aroma yang kuat, stres, kurang tidur, makanan, atau minuman tertentu. Namun, para ahli juga tidak mengetahui persis apa penyebab lainnya. Untuk menghilangkan sakit kepala sebelah tersebut, ternyata ada makanan yang bisa mengatasinya. Berikut empat makanan yang dapat meringankan migrain, seperti diilansir Rider?s Digest.1. IkanSelain dapat menyehatkan jantung, mengonsumsi ikan juga bisa menghilangkan migrain. Ikan kaya akan omega-3 dan asam lemak EPA dan DHA. Penelitian awal yang dilakukan di Universitas Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat tentang anti-inflamasi, senyawa dalam ikan menunjukkan bahwa lemak ikan yang dibuat menjadi suplemen dapat mengurangi frekuensi serta keparahan migrain selama enam minggu.2. KopiBanyak orang yang tahu bahwa kopi malah membuat sakit kepadala, padahal justru kopi dapat meredakan migrain. Kandungan asetaminofen dan aspirin dalam kafein dapat mengecilkan pembuluh darah yang bengkak di otak. Minumlah secangkir atau dua cangkir kopi saat migrain menyerang Anda.3. JahePeneliti [...]

Gigi Gingsul, Dipertahankan atau Disingkirkan?

Gigi Gingsul, Dipertahankan atau Disingkirkan?

Memiliki gigi gingsul mungkin membuat Anda dilema. Ada yang mengatakan bahwa senyuman seseorang akan terlihat lebih manis dengan adanya gigi gingsul, tapi ada pula yang beranggapan kondisi tersebut justru merusak penampilan. Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Mempertahankan atau menyingkirkannya? Gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi. Maloklusi adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh di tempat yang benar dan sejajar. Pada kasus ini, gigi yang mestinya tumbuh di tempatnya harus bergeser karena kondisi rahang yang kecil atau terlalu besarnya gigi tersebut. Tempat untuk gigi yang baru tumbuh terlalu sempit sehingga tumbuh meleset dari tempat seharusnya. Gigi gingsul juga bisa bersifat keturunan. Jika melihatnya dari segi penampilan, tentu jawaban yang didapat akan tergantung pada selera masing-masing individu. Namun jika ingin mengikuti saran medis, gigi yang tidak tumbuh pada tempatnya sebaiknya ditangani. Karena jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu berbagai masalah seperti: Menghambat pertumbuhan gigi atau bahkan membuatnya tidak tumbuh sama sekali atau impaksi. Cedera gusi karena proses mengunyah. Kerusakan gigi karena posisinya membuat sulit dibersihkan [...]

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Perut Buncit Berisiko Tidak Panjang Umur

Timbunan lemak di perut tidak hanya mengganggu penampilan tetapi juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan. Perut buncit dapat terjadi pada siapapun, tidak hanya pada mereka yang memiliki tubuh yang gemuk. Seseorang yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal dengan bentuk tubuh seperti apel dan lingkar pinggang (waist circumference) yang lebar juga harus berhati-hati. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Cardiology, lebih dari 70% pasien jantung dengan lingkar pinggang yang lebar meninggal pada saat penelitian dibanding pasien dengan lingkar perut yang lebih kecil. Selain itu, lingkar pinggang menjadi prediktor yang lebih kuat dibandingkan indeks massa tubuh dalam menentukan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak tubuh terdiri dari dua jenis, yaitu lemak visceral dan subkutan. Lemak subkutan adalah lemak yang terdapat di bawah kulit. Sedangkan lemak visceral terdapat di dalam perut dan mengelilingi organ-organ vital seperti hati, jantung, dan ginjal. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa lemak visceral yang berlebihan (obesitassentral) dapat menyebabkan sindrom metabolik, meningkatkan risiko penyakit diabetes melitus, hipertensi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *