5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

buah-mengkudu

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut.

Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat buah ini muda, buah ini tidak mengeluarkan bau khasnya, namun saat sudah mulai masak, buah ini akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Namun tahukah anda bahwa buah mengkudu memiliki banyak kasiat yang istimewa untuk kesehatan anda? Karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang diperlukan dalam tubuh seperti protein, vitamin, mineral, dan selenium yang merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut sangat menunjang kesehatan tubuh yang dapat mengonsumsinya dengan baik. Ditambahkan pula kandungan selenium sebagai antioksidan yang baik untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi. Selain itu mengkudu juga mengandung senyawa xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terperoid, zat anti bakteri, zat-zat aktif, scolopetin dll. (https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu). Zat-zat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut memiliki manfaat seperti:

1. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, protein dan antioksidan yang terkandung didalam buah mengkudu mampu menjaga kesetabilan kondisi kesehatan tubuh. Karena dalam buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk rutin dikonsumsi. Tambahan nutrisi dalam tubuh sangat penting diperhatikan, apalagi dengan menggunakan herbal sebagai solusinya, karena selain mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau atau bahkan tidak perlu membelinya, namun bisa mendapatkan kasiat yang luar biasa.

2. Menumbuhkan sel-sel dalam tubuh

Sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar kinerja dan fungsinya dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Kandungan terpenoid dalam buah mengkudu mampu membantu dalam proses sistesis organic sangat penting untuk menutrisi sel-sel dalam tubuh dan juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terasa segar dan sehat. Dengan tumbuhnya sel-sel baik dalam tubuh maka dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit yang dapat tumbuh sewaktu-waktu dan mengurangi kualitas kesehatan tubuh.

3. Membunuh bakteri mematikan dalam tubuh

Zat anti bakteri yang terkandung didalamnya sangat berperan aktif untuk menjaga berkembangnya bakteri jahan dalam tubuh yang dapat merugikan kesehatan. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

4. Menyembuhkan peradangan dan alergi

Scolopetin merupakan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu yang berfungsi sebagai unsure anti peradangan dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi resiko alergi terhadap beberapa hal yang tidak dapat diterima oleh tubuh.

5. Mengurangi perkembangan sel kanker

Dalam kandungan buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat mengurangi atau membunuh sel-sel jahat yang tidak diperlukan atau tidak seharusnya tumbuh dalam tubuh. Zat ini dapat melawan sel-sel kanker yang tumbuh yang dikenal dengan sel-sel abnormal. Dengan fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sel-sel baik dalam tubuh zat ini membantu untuk mengurangi atau melawan sel abnormal yang menyebabkan munculnya kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah ini dapat menjadi alternative menjaga kesehatan anda bahkan melawan penyakit kanker.

Cara mengolah dan mengonsumsi:

Sebelum anda mengonsumsinya, maka perlu anda perhatikan bagaimana cara mengolahnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa buah ini memiliki bau yang cukup menyengat. Sehingga anda memerlukan persiapan agar dapat mengurangi bau yang kurang sedap sehingga dapat mengolahnya dengan benar sehingga anda dapat mengonsumsinya dengan nikmat.

Agar lebih menarik untuk dikonsumsi, buah ini dapat anda olah dengan cara menghaluskan buah mengkudu yang sudah tua dengan cara meremasnya dengan air hangat dan saring. Jika anda tidak ingin meremasnya dengan tangan anda dapat menggunakan mesin penghalus untuk menghancurkan, buah namun tetap gunakan air hangat sebagai pelarutnya. Ambil air perasan kemudian anda dapat mencampurnya dengan susu atau madu sebagai pemanis nya. Anda dapat mengolahnya sebagai jus buah yang nikmat agar lebih menarik dan lebih segar untuk dikonsumsi. Kombinasikan dengan buah lain agar rasa mengkudu tidak terasa membosankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Jangan Sembarangan Menggunakan Tetes Mata

Apakah Anda sering mengalami mata merah? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi mata merah? Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan tetes mata untuk mengatasi hal tersebut? Apakah sebelum menggunakan obat tetes mata Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter? (Baca: 9 Tips Menjaga Mata Tetap Sehat) Mata merah sering terjadi di sekitar kita. Pada umumnya, orang yang sering mengalami mata merah adalah orang yang bekerja di luar ruangan sehingga sering terpapar dengan debu dan sinar matahari. Hal tersebut juga sering terjadi pada orang-orang yang matanya sensitif atau memiliki alergi. Mata merah sering pula disertai rasa gatal. Bila hanya karena iritasi ringan dan alergi, pertahanan tubuh kita mampu untuk mengatasi hal tersebut sehingga tidak dibutuhkan obat tetes mata apapun. (Baca: Cuaca Cerah? Pakai Kacamata Hitam) Lain hal nya bila yang terjadi adalah peradangan hebat. Pada kasus seperti ini dibutuhkan tetes mata yang mengandung zat anti radang contohnya seperti kortikosteroid. Namun dalam penggunaan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid harus berhati-hati. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan apalagi dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan tetes m [...]

10 Langkah Tampil Menarik & Sehat di Valentine

10 Langkah Tampil Menarik & Sehat di Valentine

Tidak hanya para wanita, kaum pria juga ingin tampil ?lebih? untuk merayakan hari kasih sayang. Memang merawat tubuh bagi pria tidak serumit seperti pada wanita, tapi jangan sepelekan kegunaannya. Dengan merawat tubuh secara teratur agar selalu tampak bersih dan rapi, kesehatan Anda juga akan lebih terjaga, orang lain pun akan lebih menghargai Anda, apalagi orang terdekat Anda. Untuk itu, ucapkan selamat tinggal terlebih dahulu kepada bulu alis lebat ataupun bulu hidung Anda yang tebal. Berikut adalah tips-tips perawatan tubuh untuk pria agar Anda bisa tampil ?lebih? di hari kasih sayang: Hilangkan Bau Mulut Bau mulut adalah masalah klasik. Tapi bagaimana Anda tahu Anda mempunyai bau mulut atau tidak? Anda dapat mengetahuinya dengan menjilat sedikit punggung tangan Anda, tunggu, dan bau. Atasi masalah ini dengan rajin menggosok gigi dengan benar dan membersihkan lidah Anda, karena lidah yang kotor adalah salah satu dari penyebab utama bau mulut. Anda pun dapat pergi ke dokter untuk mengonsultasikan hal ini, bisa jadi penyebab bau mulut yang Anda alami berasal dari masalah gigi ataupun infeksi pada gusi. Rapihkan Rambut Pada Hidung dan Telinga Saat rambut Anda mulai rontok, [...]

Alergi Silikon iPhone, Wajah Wanita Ini Jadi Tidak Karuan

Alergi Silikon iPhone, Wajah Wanita Ini Jadi Tidak Karuan

Siapa yang menyangka bahwa reaksi alergi bisa didapatkan dari hal tak terduga seperti sarung iphone? Aksesori smartphone populer yang hadir dalam berbagai jenis bahan, rupa dan warna ini ternyata bisa menimbulkan reaksi tertentu bagi beberapa orang.Musibah ini berawal saat seorang wanita asal Kirby-Liverpool, Inggris bernama Jenny Taylor membeli aksesori silikon untuk iphone4 miliknya. Aksesori berjenis Griffin FlexGrip Punch cover seharga 16 pounds ini memberikan reaksi alergi yang begitu besar kepada wanita 30 tahun tersebut, seperti dikutip dari Dailymail.Setelah merasa gatal-gatal yang mengganggu saat menggunakan iphone4 yang sudah dipasangi silikon, ia kemudian melihat ada pembengkakan yang bentuknya sama persis dengan bentuk iphone miliknya yang menempel di bagian telinga dan pipi. Saking parahnya, ibunya sampai tidak mengenali dirinya dan langsung membawanya ke rumah sakit terdekat.Pertolongan pertama yang didapat dari rumah sakit tersebut hanyalah obat anti-histamin, dan ia disuruh pulang. Namun keesokan paginya, reaksi alergi tersebut semakin parah dan membuat wajahnya membengkak seperti 'babak-belur dipukuli'. Ditambah dengan mata dan leher yang membengkak sehingga ia [...]

Ditemukan Anti Kanker Baru

Ditemukan Anti Kanker Baru

Pada pertemuan pertemuan American Society of Clinical Oncology yang berakhir Minggu (5/6) lalu telah mengemukakan beberapa obat sebagai anti kanker terbaru yang memberikan titik cerah harapan penderita kanker payudara dan kanker kulit. Eribulin Untuk Kanker Payudara Nama obat Eribulin diperkenalkan pada pertemuan tersebut sebagai obat baru untuk pengobatan kanker payudara. Obat ini ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas Leads, Inggris. Tim peneliti menyampaikan terdapat peningkatan angka harapan hidup pada pasien yang menjalani kemoterapi dan menerima pengobatan Eribulin sebanyak dua setengah bulan lebih lama dibandingkan pasien yang hanya menjalani kemoterapi. Eribulin berasal dari bunga karang laut yang diyakini melalui riset memiliki kemampuan menghentikan sel terbelah hingga dapat menekan risiko kematian. Walau masih tengah dalam proses pengajuan perizinan hingga 30 September 2011 mendatang kepada Badan Obat dan Makanan Amerika (FDA), hingga saat ini Eribulin masih tengah diteliti lebih lanjut oleh produsen obat Eisai untuk harapan pengobatan baru kepada pasien kanker prostat dan kanker paru-paru. Vemurafenib & Ipilimumab untuk Kanker Kulit Nell Barrie dari Cancer Re [...]

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Rokok Menyebabkan Susah Tidur

Insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan adanya kesulitan untuk tidur maupun terjaga tetap tidur. Penderita insomnia seringkali mengalami satu atau lebih gejala berikut: Kesulitan untuk tidur Sering terbangun di malam hari dan sulit untuk kembali tidur Terbangun terlalu pagi/dini hari Merasa lelah padahal sudah cukup tidur. Mengantuk di siang hari Sulit berkonsentrasi dan mengingat Halaman berikut membantu menjelaskan Anda apa saja penyebab insomnia: Penyebab insomnia: Stress (kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, dll) Penyakit yang menyertai (misalnya: arthritis) Gangguan emosi dan fisik Faktor lingkungan (terlalu bising, lampu, ataupun temperatur yang ekstrim) Obat - obatan tertentu (misalnya obat asma, darah tinggi, alergi) Gangguan jadwal tidur normal (misalnya jet lag) Depresi Cemas Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas? Halaman berikut penjelasannya: Tips Tidur Sehat & Berkualitas Bebas Insomnia Tidur yang berkualitas dapat menghindari Anda dari insomnia, berikut adalah tips-tips yang dapat dicoba: Usahakan untuk sela [...]

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Gangguan Kesehatan pada Pekerja Shift Malam

Bekerja di malam hari memang tak bisa dihindari bagi sebagian golongan masyarakat. Baik bagi yang memang jadwal masuk kerjanya hanya malam hari ataupun yang menggunakan jam rotasi. Berjuta-juta masyarakat di dunia memiliki jam kerja pada malam hari termasuk polisi, satpam, dokter, perawat, pilot, pelayan, disc jockey (DJ), supir truk dan banyak lagi. Berbagai masalah kesehatan dapat timbul pada pekerja yang menggunakan sistem shift. Mulai dari masalah yang disebabkan oleh perubaha gaya hidup maupun biologis tubuh. Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Berikut penjelasannya: Gangguan apa sajakah yang dapat timbul pada pekerja shift (jaga) malam? Sebanyak 60-80% pekerja dengan menggunakan sistem shift cenderung lebih sering mengalami gangguan tidur. Mereka dapat merasa terisolasi karena kenyataan sulit berkumpul dengan keluarga dan kerabat pada jam-jam normal sehingga lebih mudah mengalami gangguan emosi dan depresi. Beberapa orang akan merasakan kesulitan untuk berolahraga dan lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji. Sekitar 80% akan merasakan kelelahan. Selain itu pekerja shift malam juga memiliki 4-5x risiko lebih tinggi [...]

Tips Membuat Makanan Bebas Alergi

Tips Membuat Makanan Bebas Alergi

Ditengah banyaknya makanan yangg lezat dan nikmat nan berlimpah ditengah-tengah liburan saat ini, para ahl imemperingatkan bahwa makanan tersebut bias menyebabkan resiko yang potensial untuk anak-anak yang memiliki alergi terhadap makanan tertentu. ?Selama liburan, kita akan sangat mudah tergoda pada makanan menarik yang sedang dikonsumsi oleh orang lain. Dan sangat sulit untuk memilah mana yang mengandung alergen (penyebab alergi) dan mana yang bukan, ?kata dr. Joyce Rabbat, seorang ahli alergi anak di Loyola University Health System, seperti dilansir oleh Medicinenet.com. Rabbat menawarkan tips berikut untuk orang tua darianak-anak yang memiliki alergi makanan. Pertama, cobalah untuk menghindari penggunaan alergen ketika menyiapkan makanan. "Ada banyak alternatif yang dapat disubstitusikan kedalam resep liburan favorit," kata Rabbat. Jika Anda tidak dapat mengubah resep, pastikan Anda terlebih dahulu mempersiapkan semua makanan yang tidak mengandung alergen. Hal ini akan membantu untuk membatasi resiko kontaminasi silang. Jika Anda sebelumnya membuat makanan yang mengandung alergen untuk Anda atau anggota keluarga yang lain yang tidak memiliki alergi, pastikan untuk benar-b [...]

Hanya 60 Detik, 8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit

Hanya 60 Detik, 8 Kebiasaan Baik yang Buat Anda Jarang Sakit

Pernah dengar istilah 'sehat itu mahal'? Menjadi sehat sebenarnya bukan sesuatu yang sulit didapatkan apabila Anda terbiasa menjalani gaya hidup yang baik. Membiasakan mencuci tangan sebelum makan misalnya, hanya perlu waktu tak lebih dari 60 detik untuk melakukannya. Ini kebiasaan baik lainnya yang akan membantu Anda mendapatkan kesehatan optimal.1. Melepas Sepatu Sebelum Masuk RumahMelepas sepatu sebelum melewati pintu akan mencegah kotoran, debu, zat kimia dan penyebab alergi masuk ke dalam rumah. Kebiasaan ini merupakan cara yang praktis untuk menjaga rumah tetap bersih dan bebas dari polutan.2. Menutup Hidung dengan Lengan Saat BersinKetika tidak punya tisu atau sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung saat bersin atau batuk, gunakan bagian dalam siku atau lengan. Tujuannya untuk menghindari Anda memakai telapak tangan, yang bisa dengan mudah menyebarkan kuman. Cara ini juga mencegah kuman atau kuman dari mulut tersebar ke udara, yang bisa mendarat di permukaan benda lalu tersentuh dan menginfeksi orang lain.3. Istirahatkan MataBanyak karyawan dan mahasiswa yang menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar komputer setiap harinya. Cahaya komputer, postur tubuh membungkuk [...]

Your Babies Are What You Eat

Your Babies Are What You Eat

Nutrisi selama masa kehamilan sangat menentukan masa depan sang bayi. Semua sangat tergantung pada masa kehamilan. "Kecenderungan potensi penyakit degeneratif dari yang bayi miliki kelak mencapai dewasa sangat tergantung dari pola asupan nutrisi semasa ibu mengandung," demikian disampaikan dr. Aditya Kusuma, Sp.OG ketika mengemukakan hipotesis Barker; Fetal Origins of Adult Disease pada acara talkshow yang diselenggarakan oleh @selamatkanibu. Dilain sisi, status asupan nutrisi masa kehamilan juga menentukan bakat potensi bayi pasca kelahiran pada paparan gizi buruk. Meninjau lambatnya laju angka penurunan kasus gizi buruk di Indonesia dibandingkan tahun-tahun yang lalu, juga merupakan parameter fenomena rendahnya kesadaran ibu selama masa kehamilan pada esensi pentingnya nutrisi selama masa kehamilan demi kesehatan janin. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2010, prevalensi anak balita pendek 35,6% atau turun 1,2% dibandingkan 2007, sebesar 36,8% berdasarkan hasil riset serupa. Dilain aspek, prevalensi anak balita gizi kurang dan buruk hanya turun 0,5% dari 18,4% pada 2007 menjadi 17,9%pada 2010. Prevalensi anak balita kurus 13,3%, turun 0,3% dari 2007. Tidak dapa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *