5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

buah-mengkudu

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut.

Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat buah ini muda, buah ini tidak mengeluarkan bau khasnya, namun saat sudah mulai masak, buah ini akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Namun tahukah anda bahwa buah mengkudu memiliki banyak kasiat yang istimewa untuk kesehatan anda? Karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang diperlukan dalam tubuh seperti protein, vitamin, mineral, dan selenium yang merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut sangat menunjang kesehatan tubuh yang dapat mengonsumsinya dengan baik. Ditambahkan pula kandungan selenium sebagai antioksidan yang baik untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi. Selain itu mengkudu juga mengandung senyawa xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terperoid, zat anti bakteri, zat-zat aktif, scolopetin dll. (https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu). Zat-zat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut memiliki manfaat seperti:

1. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, protein dan antioksidan yang terkandung didalam buah mengkudu mampu menjaga kesetabilan kondisi kesehatan tubuh. Karena dalam buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk rutin dikonsumsi. Tambahan nutrisi dalam tubuh sangat penting diperhatikan, apalagi dengan menggunakan herbal sebagai solusinya, karena selain mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau atau bahkan tidak perlu membelinya, namun bisa mendapatkan kasiat yang luar biasa.

2. Menumbuhkan sel-sel dalam tubuh

Sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar kinerja dan fungsinya dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Kandungan terpenoid dalam buah mengkudu mampu membantu dalam proses sistesis organic sangat penting untuk menutrisi sel-sel dalam tubuh dan juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terasa segar dan sehat. Dengan tumbuhnya sel-sel baik dalam tubuh maka dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit yang dapat tumbuh sewaktu-waktu dan mengurangi kualitas kesehatan tubuh.

3. Membunuh bakteri mematikan dalam tubuh

Zat anti bakteri yang terkandung didalamnya sangat berperan aktif untuk menjaga berkembangnya bakteri jahan dalam tubuh yang dapat merugikan kesehatan. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

4. Menyembuhkan peradangan dan alergi

Scolopetin merupakan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu yang berfungsi sebagai unsure anti peradangan dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi resiko alergi terhadap beberapa hal yang tidak dapat diterima oleh tubuh.

5. Mengurangi perkembangan sel kanker

Dalam kandungan buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat mengurangi atau membunuh sel-sel jahat yang tidak diperlukan atau tidak seharusnya tumbuh dalam tubuh. Zat ini dapat melawan sel-sel kanker yang tumbuh yang dikenal dengan sel-sel abnormal. Dengan fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sel-sel baik dalam tubuh zat ini membantu untuk mengurangi atau melawan sel abnormal yang menyebabkan munculnya kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah ini dapat menjadi alternative menjaga kesehatan anda bahkan melawan penyakit kanker.

Cara mengolah dan mengonsumsi:

Sebelum anda mengonsumsinya, maka perlu anda perhatikan bagaimana cara mengolahnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa buah ini memiliki bau yang cukup menyengat. Sehingga anda memerlukan persiapan agar dapat mengurangi bau yang kurang sedap sehingga dapat mengolahnya dengan benar sehingga anda dapat mengonsumsinya dengan nikmat.

Agar lebih menarik untuk dikonsumsi, buah ini dapat anda olah dengan cara menghaluskan buah mengkudu yang sudah tua dengan cara meremasnya dengan air hangat dan saring. Jika anda tidak ingin meremasnya dengan tangan anda dapat menggunakan mesin penghalus untuk menghancurkan, buah namun tetap gunakan air hangat sebagai pelarutnya. Ambil air perasan kemudian anda dapat mencampurnya dengan susu atau madu sebagai pemanis nya. Anda dapat mengolahnya sebagai jus buah yang nikmat agar lebih menarik dan lebih segar untuk dikonsumsi. Kombinasikan dengan buah lain agar rasa mengkudu tidak terasa membosankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Membantu Atasi Kanker Kulit

Takut terkena kanker kulit? Anda bisa mengatasinya dengan khasiat dari teh hijau. Para ilmuwan menemukan bahwa teh hijau bisa membantu atasi kanker kulit. Tim dari University of Strathclyde menjelaskan kalau 40 persen tumor hilang dengan menggunakan senyawa yang disebut epigallocatechin gallate.Teh hijau memang memiliki sifat anti-kanker, dan ekstrak ini sudah diteliti sejak lama. Namun, para peneliti baru saja berhasil menyembuhkan tumor dengan khasiat teh hijau. Hal itu ditunjukkan dengan adanya tes laboratorium pada orang yang terkena kanker kulit. Kanker mereka sembuh hingga 40 persen setelah sebulan pengobatan dengan teh hijau."Hasil ini merupakan kabar baik bagi kami dan berharap bisa menjadi pengobatan alternatif terbaru untuk melawan kanker kulit," ujar Dr. Christine Dufes, selaku ketua penelitian sekaligus dosen senior di Strathclyde Institute of Pharmacy and Biomedical Sciences, seperti dikutip dari Times of India.Dufes juga menjelaskan kalau metode dengan menggunakan ekstrak teh hijau membantu mengurangi ukuran tumor setiap hari. Bahkan, dalam beberapa kasus, tumor para penderita benar-benar hilang. Penelitian ini pun sudah dipublikasikan dalam jurnal Nanomedicine.Men [...]

10 Tips Cemilan Sehat Anak

10 Tips Cemilan Sehat Anak

Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang berlemak dan berkalori malah membuat anak jadi kegemukan atau obesitas, yang juntrungannya malah-malah membuat anak berisiko mengalami gangguan jantung dan bahkan diabetes. Lalu apa saja yang dapat dilakukan untuk memastikan menu cemilan sehat untuk anak? 10 Tips Cemilan Sehat Anak Waktu mengemil merupakan waktu yang paling disukai bagi semua anak-anak dan bahkan orang dewasa. Cemilan yang sehat dapat membantu anak Anda untuk tetap kenyang sepanjang hari dan juga dapat memberikan energi tambahan serta nutrisi penting. Tapi cemilan tidak bisa sembarangan cemilan untuk diberikan ke buah hati. Pasalnya, salah menu bisa-bisa malah menuai masalah kesehatan lebih rumit lagi. Misalnya, porsi snack atau pilihan menu snack yang ber [...]

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Cegah Risiko Serangan Jantung dengan Rutin Kontrol Gigi

Merawat dan membersihkan gigi secara rutin memang merupakan hal yang sepele dan seringkali tidak diperhatikan. Namun, ternyata hal tersebut dapat memberikan dampak yang cukup serius pada kesehatan secara umum.Kunjungan ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun dapat membantu untuk mengurangi risiko menderita serangan jantung atau stroke. Hal tersebut merupakan hasil penelitian dari sekelompok peneliti dari Veterans General Hospital in Taipei, Taiwan.Hasil penelitian tersebut, baru-baru ini telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association (AHA) di Orlando, Florida."Perlindungan dari penyakit jantung dan stroke lebih jelas pada peserta penelitian yang mendapatkan pemeriksaan gigi sedikitnya setahun sekali. Memiliki gigi yang dibersihkan secara rutin oleh tenaga kesehatan profesional dapat untuk mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan peradangan. Bakteri peradangan tersebut dapat menyebakan kondisi yang mengarah pada perkembangan penyakit jantung atau stroke," kata Dr Emily (Zu-Yin) Chen, seorang ahli kardiologi di Veterans General, dalam sebuah rilis berita hasil penelitian di AHA seperti dikutip detikhealth dari HealthNews.Menyikat gigi secara ruti [...]

Jangan Kasih Madu Ke Anak Di Bawah 1 Tahun!

Jangan Kasih Madu Ke Anak Di Bawah 1 Tahun!

Sering kita mendengar seruan agar jangan memberikan madu pada bayi di usia kurang dari satu tahun. Apakah ini mitos atau fakta? Hal ini adalah fakta,dikarenakan pemberian madu pada bayi yang masih berusia kurang dari 1 tahun dapat meningkatkan risiko penyakit botulisme. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat dari madu, akan tetapi madu mempunyai risiko yaitu dapat terkontaminasi dengan spora Clostridium Botulinum. Mengapa hanya pada bayi 1 tahun? Pada usia dibawah 1 tahun sistem pencernaannya belum sempurna, sehingga spora yang masuk ke dalam pencernaan tidak mampu dimatikan oleh asam yang dihasilkan di dalam lambung seperti pada pencernaan anak diatas 1 tahun dan orang dewasa. Apa itu penyakit Botulisme ? Botulisme adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh toksin racun yang diproduksi oleh Clostridium Botulinum. Penyakit ini sangat jarang terjadi tetapi dapat berakibat fatal. (Baca: All About Suntik Botox) Toksin C. Botulinum bersifat neurotoksin yaitu racun yang sangat kuat dan menyebabkan kerusakan saraf dan otot. Foodborne botulism merupakan akibat dari mencerna makanan yang tercemar yang masuk melalui saluran pencernaan. (Baca: 5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelu [...]

Permen Karet Bebas Gula Bisa Sebabkan Diare

Permen Karet Bebas Gula Bisa Sebabkan Diare

Oleh: dr. Adithia Kwee Sebagian dari Anda pasti punya kebiasaan untuk selalu mengunyah permen karet dimana pun Anda berada. Saat bekerja, berjalan-jalan, menyetir, berolahraga, dimanapun. Rasanya ada yang kurang jika tidak mengunyah karet yang memberi rasa manis hingga asam ini. Mengunyah permen karet dilihat dari segi kesehatan gigi dan mulut memang memberikan dampak yang positif, gigi jadi kuat, juga terhindar dari bakteri, bakteri ini ikut tersapu bersih oleh air liur yang senantiasa dihasilkan saat kita mengunyah permen karet. Lantas benarkah mengunyah permen karet akan selalu memberikan Anda kebaikan? Membaca judul artikel ini, Anda pasti mulai berpikir keras, bagaimana mungkin permen karet menyebabkan diare? Akhir-akhir ini dunia dilanda tren bebas gula, tak ayal semua berawal dari kekhawatiran akan ancaman diabetes, tetapi tetap mau merasakan manis pada segala sesuatu yang mereka makan. Bersyukurah kita karena ada pemanis pengganti gula, yang salah satunya adalah sorbitol. Sorbitol inilah yang banyak digunakan dalam permen karet bebas gula, lalu, apa hubungannya dengan diare? Sorbitol memiliki karakteristik lambat diserap di usus, hal inilah yang kemudian menyebabkan di [...]

Yang Penting Diketahui Saat Menghilangkan Rambut Miss V dengan Pisau Cukur

Yang Penting Diketahui Saat Menghilangkan Rambut Miss V dengan Pisau Cukur

Sebagian wanita kurang menyukai keberadaan rambut Miss V karena dianggap bisa mengganggu 'penampilan' saat bercinta dengan pasangan, atau ketika mereka ingin berbikini. Metode penghilangan rambut pun dilakukan, mulai dari mencukurnya (shaving), waxing hingga laser yang hasilnya bisa permanen.Setiap metode penghilangan bulu memiliki kelebihan tersendiri, namun ada pula yang bisa berbahaya bagi kesehatan area genital. Salah dalam penerapannya, bukan menjadi bersih dari rambut kemaluan, Miss V justru bisa terkena iritasi bahkan infeksi.Berdasarkan studi terbaru, menghilangkan rambut dengan cara dicukur atau shaving adalah metode paling berisiko. Keluhan yang muncul terkait dengan penghilangan rambut Miss V banyak terjadi pada wanita yang menggunakan pisau cukur. Meskipun merupakan cara penghilangan rambut yang paling mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, shaving juga paling berisiko menyebabkan luka, iritasi hingga penyebaran bakteri. Jika Anda tetap ingin mencukur rambut Miss V dengan pertimbangan karena lebih ekonomis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Andrea Young, pemilik Beam Laser Spa yang berbasis di Manhattan memberikan penjelasannya, seperti dikutip dari Glamo [...]

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja

Tips Menyusui untuk Ibu Bekerja

Ibu yang bekerja pasti tetap ingin dapat memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Meskipun harus bekerja, ibu masih tetap dapat memberikan ASI bagi bayi Ibu. Pada bulan-bulan pertama kehidupan, seorang bayi butuh menyusui sebanyak 8-12 kali dalam 24 jam. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka Ibu yang bekerja harus memompa ASI sekitar 2-3 kali sehari dalam 8 jam bekerja. Ketika memompa ASI, pastikanlah bahwa kebersihan tangan dan tempat menyimpan ASI terjaga dengan benar. Jangan lupa untuk memberikan label tanggal agar pemberian ASI dapat disesuaikan dengan memberikan ASI yang lebih lama terlebih dahulu. Agar sukses memompa ASI, usahakanlah agar Ibu: Carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk memompa ASI Tetaplah rileks dan merasa nyaman Lakukan pemijatan pada payudara untuk merangsang refleks oksitosin Lakukan pemijatan puting payudara untuk merangsang refleks oksitosin Pikirkanlah tentang bayi Anda dan kasih sayang Anda padanya untuk membuat Ibu lebih percaya diri dan nyaman Setelah memompa ASI, Ibu juga perlu memastikan agar penyimpanan ASI jangan sampai merusak ASI. Bagaimanakah penyimpanan ASI yang baik dan benar? Penyimpanan ASI ASI d [...]

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Tak Hanya Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Menyehatkan Mata

Mata merupakan salah satu indera manusia yang memiliki peranan penting. Karena tanpanya, kita tidak bisa melihat apapun. Untuk menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi makanan yang diklaim mampu membantu fungsi penglihatan agar tetap bekerja sesuai dengan fungsinya. Apa saja?1. Sayuran HijauSayuran hijau kaya akan lutein, yaitu nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan mata terutama lensa dan retina. Lutein juga berfungsi menyerap dan melindungi bahaya sinar ultraviolet. Jenis sayuran hijau yang banyak mengandung lutein adalah bayam kale. Di dalamnya mengandung lutein sebanyak 11.4 miligram per 100 gram. Dengan mengonsumsi sebanyak 80 gram kale, kandungan luteinnya setara dengan 41 buah jeruk dan 71 butir telur. Cara mengonsumsi yang paling baik adalah direbus atau dibuat salad.2. BuahRetina mata memerlukan vitamin A untuk penglihatan di malam hari. Konsumsilah buah-buahan berwarna seperti mangga dan pepaya. Buah-buahan ini merupakan sumber dari betakaroten, yaitu zat gizi di dalam tubuh yang dapat berubah menjadi vitamin A.Vitamin A juga bisa ditemukan di dalam keju, telur, minyak ikan, susu, dan yoghurt. A [...]

Indomie Aman Dikonsumsi

Indomie Aman Dikonsumsi

Isu razia dan penarikan produk mie instan Indomie di Taiwan sempat membuat kekhawatiran akan keamanan pada produk tidak hanya di Taiwan itu sendiri, tapi juga di masyarakat Indonesia. Walau sudah diperkuat pernyataan Food and Drug Administration (FDA/BPOM-USA) mengenai Methyl P-Hydroxybenzoate dan BPOM RI sebagai zat pengawet yang aman, Taiwan tetap memutuskan untuk melarang peredaran dagang Indomie di Taiwan. Hal ini dikarenakan Taiwan belum menggunakan ratifikasi standar International Codex Alumentarius Commission (ICAC) yang merupakan persyaratan mengenai keamanan mutu gizi dan produk makanan olahan sebagaimana sebagian besar negara-negara besar lainnya di dunia sudah menggunakannya. Walau demikian, dalam pengaplikasiannya ICAC di beberapa negara memiliki standar ambang batas konsumsi sendiri-sendiri, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Sebagaimana Amerika Serikat dan Kanada menggunakan batas ambang aman konsumsi Methyl P-Hydroxybenzoate 1000mg/kg untuk makanan, dan 250mg/kg untuk kecap. Namun di Jepang membatasi 250mg/kg untuk semua jenis bahan makanan. Sementara di Indonesia sendiri memiliki kebijakan ketat serupa dengan Jepang. Ditambah lagi BPOM RI selalu mengada [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *