5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

buah-mengkudu

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut.

Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat buah ini muda, buah ini tidak mengeluarkan bau khasnya, namun saat sudah mulai masak, buah ini akan mengeluarkan bau yang cukup menyengat.

Namun tahukah anda bahwa buah mengkudu memiliki banyak kasiat yang istimewa untuk kesehatan anda? Karena buah mengkudu memiliki banyak kandungan yang diperlukan dalam tubuh seperti protein, vitamin, mineral, dan selenium yang merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut sangat menunjang kesehatan tubuh yang dapat mengonsumsinya dengan baik. Ditambahkan pula kandungan selenium sebagai antioksidan yang baik untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda selalu dalam keadaan sehat dan terlindungi. Selain itu mengkudu juga mengandung senyawa xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, terperoid, zat anti bakteri, zat-zat aktif, scolopetin dll. (https://id.wikipedia.org/wiki/Mengkudu). Zat-zat yang terkandung didalam buah mengkudu tersebut memiliki manfaat seperti:

1. Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin, mineral, protein dan antioksidan yang terkandung didalam buah mengkudu mampu menjaga kesetabilan kondisi kesehatan tubuh. Karena dalam buah mengkudu memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik untuk rutin dikonsumsi. Tambahan nutrisi dalam tubuh sangat penting diperhatikan, apalagi dengan menggunakan herbal sebagai solusinya, karena selain mudah didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau atau bahkan tidak perlu membelinya, namun bisa mendapatkan kasiat yang luar biasa.

2. Menumbuhkan sel-sel dalam tubuh

Sel dalam tubuh membutuhkan nutrisi agar kinerja dan fungsinya dapat berjalan sesuai dengan semestinya. Kandungan terpenoid dalam buah mengkudu mampu membantu dalam proses sistesis organic sangat penting untuk menutrisi sel-sel dalam tubuh dan juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baik dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terasa segar dan sehat. Dengan tumbuhnya sel-sel baik dalam tubuh maka dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit yang dapat tumbuh sewaktu-waktu dan mengurangi kualitas kesehatan tubuh.

3. Membunuh bakteri mematikan dalam tubuh

Zat anti bakteri yang terkandung didalamnya sangat berperan aktif untuk menjaga berkembangnya bakteri jahan dalam tubuh yang dapat merugikan kesehatan. Zat ini mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Sehingga baik untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

4. Menyembuhkan peradangan dan alergi

Scolopetin merupakan senyawa yang terkandung dalam buah mengkudu yang berfungsi sebagai unsure anti peradangan dalam tubuh. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi resiko alergi terhadap beberapa hal yang tidak dapat diterima oleh tubuh.

5. Mengurangi perkembangan sel kanker

Dalam kandungan buah mengkudu juga mengandung zat anti kanker yang dapat mengurangi atau membunuh sel-sel jahat yang tidak diperlukan atau tidak seharusnya tumbuh dalam tubuh. Zat ini dapat melawan sel-sel kanker yang tumbuh yang dikenal dengan sel-sel abnormal. Dengan fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan sel-sel baik dalam tubuh zat ini membantu untuk mengurangi atau melawan sel abnormal yang menyebabkan munculnya kanker. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengonsumsinya secara rutin. Buah ini dapat menjadi alternative menjaga kesehatan anda bahkan melawan penyakit kanker.

Cara mengolah dan mengonsumsi:

Sebelum anda mengonsumsinya, maka perlu anda perhatikan bagaimana cara mengolahnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa buah ini memiliki bau yang cukup menyengat. Sehingga anda memerlukan persiapan agar dapat mengurangi bau yang kurang sedap sehingga dapat mengolahnya dengan benar sehingga anda dapat mengonsumsinya dengan nikmat.

Agar lebih menarik untuk dikonsumsi, buah ini dapat anda olah dengan cara menghaluskan buah mengkudu yang sudah tua dengan cara meremasnya dengan air hangat dan saring. Jika anda tidak ingin meremasnya dengan tangan anda dapat menggunakan mesin penghalus untuk menghancurkan, buah namun tetap gunakan air hangat sebagai pelarutnya. Ambil air perasan kemudian anda dapat mencampurnya dengan susu atau madu sebagai pemanis nya. Anda dapat mengolahnya sebagai jus buah yang nikmat agar lebih menarik dan lebih segar untuk dikonsumsi. Kombinasikan dengan buah lain agar rasa mengkudu tidak terasa membosankan.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Perawatan Kemoterapi dan Efek Sampingnya

Kemoterapi atau biasa disebut kemo dikenal sebagai pengobatan kanker. Kemoterapi memiliki ragam manfaat dalam memerangi sel-sel kanker. Meski demikian, metode pengobatan ini juga memiliki efek samping yang tidak sedikit. Kemoterapi mungkin diberikan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik sebagai bagian dari pengobatan rawat jalan, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun proses pengobatan kemoterapi harus tetap diawasi oleh dokter dan perawat untuk mengamati kemungkinan efek samping atau adanya keputusan diperlukannya penggantian dengan obat-obatan. Memerangi Sel-sel Berbahaya Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker yang berkembang dan membelah diri dengan cepat. Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium berapa, kemoterapi dapat bermanfaat untuk: Meringankan gejala. Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit. Mengendalikan. Kemoterapi dapat mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, sekaligus menghancurkan sel kanker yang berkembang ke bagian tubuh yang l [...]

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Jempol Kaki Anda Bengkak? Hati-Hati Gout

Gout atau sering disebut dengan ?penyakit asam urat?, adalah suatu keadaan dimana asam urat mengendap dan membentuk krsital pada sendi-sendi Anda. Gout adalah penyebab peradangan sendi utama pada pria diatas 30 tahun. Salah satu tempat utama pengendapan asam urat adalah pangkal jempol kaki. Jadi, jika pangkal jempol Anda nyeri dan bengkak, salah satu penyebabnya bisa saja artritis gout. Gout dan ciri-cirinya Gout ditandai dengan serangan nyeri sendi berulang, baik pada sendi kecil dan sendi besar. Sendi yang paling sering terkena adalah pangkal jempol kaki. Sendi ini disebut ?podagra gout? karena merupakan sendi yang khas pada serangan gout. Selain serangan pada sendi, seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi dapat mengalami tofus. Tofus adalah adanya endapan kristal urat yang dapat dijumpai pada permukaan kulit berupan benjolan. Selain beberapa keluhan tersebut, seorang pasien juga dapat mengalami endapan kristal urat pada ginjal dan menyebabkan batu ginjal. Bagaimana cara penanganan gout? Pada dasarnya, terdapat beberapa prinsip utama dalam penanganan gout. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan diet rendah purin. Purin adalah bahan mentah yang diubah menja [...]

Stop Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Ini Caranya yang Benar

Stop Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud, Ini Caranya yang Benar

Orang umumnya membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud atau stick khusus pembersih telinga. Kebiasaan mengorek menggunakan cotton bud atau perangkat keras ternyata justru berdampak buruk bagi kesehatan telinga dan berpotensi merusak gendang telinga yang bisa mengurangi pendengaran.Cairan berwarna kekuningan yang kerap muncul saat Anda mengoreknya dengan cotton bud sering disebut dengan earwax atau tahi telinga. Cairan tersebut terbentuk dari campuran cerumen --kelenjar minyak yang diproduksi tubuh untuk menjaga kelembaban kulit-- dan sel-sel kulit mati. Telinga Anda sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri dengan mendorong kotoran telinga keluar dari lubang.Ketika Anda membersihkannya dengan cotton bud atau kapas, bisa mengganggu proses pembersihan kotoran dan justru membuat kotoran bertambah banyak. Terlebih lagi, mengorek lubang telinga menggunakan cotton bud akan mendorong kotoran lebih ke dalam sehingga mengakibatkan penumpukan. Akibatnya, kotoran jadi mengeras dan menyumbat lubang telinga. Pada kondisi ini kotoran pun harus dikeluarkan dengan bantuan dokter.Pembersihan menggunakan metode ear candling (menggunakan panas lilin) pun bukan solusi yang tepat. Begi [...]

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Pertanyaan-Pertanyaan Ibu Hamil Saat Berpuasa

Amankah, Efek apa dan Tanda-tanda apa yang perlu diketahui saat ibu hamil berpuasa?. Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar puasa dan kehamilan. Apakah puasa aman untuk bayiku? Belum ada penelitian yang dapat menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan ini sepenuhnya merupakan jawaban dari Anda, Bila Anda merasa sanggup untuk melakukan ibadah puasa, tentu saja boleh. namun selalu ingat, apabila Anda semakin lemas dan merasa badan semakin tidak enak, menurut teori sebaiknya tidak melakukan puasa. Terutama bila udara sedang panas sebab dapat memicu dehidrasi. Apa efek dari puasa terhadap bayiku? Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa tidak ada efek pada janin, namun ada beberapa penelitian yang mengatakan dapat mempengaruhi kecerdasan bayi saat dewasa, namun ini belum dapat dipastikan. Ada beberapa teori yang kita dapat lihat dari penelitian : Tidak ada perbedaan pada skor APGAR pada bayi dengan ibu yang puasa atau tidak. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pada ibu yang puasa (terutama pada trimester pertama) mempengaruhi berat badan bayi, namun studi lain mengatakan bahwa perbedaan hanya sedikit. Ada yang menyebutkan dapat mempengaruhi pertumbu [...]

Sering Pusing, Tengkuk Kaku & Mudah Lupa?

Sering Pusing, Tengkuk Kaku & Mudah Lupa?

Jika iya, maka waspadalah pada sumbatan pembuluh darah yang jika dibiarkan dapat berujung stroke. Sumbatan pembuluh darah otak tidak hanya dapat terjadi pada arteri melainkan dapat juga terjadi pada pembuluh darah balik atau vena yang dikenal sebagai Cerebral Venous Thrombosis (CVT). Pada 2006, angka kejadian CVT ditemukan sebesar 3-4 kasus dari 1 juta kasus pertahunnya (Enhaulp, 2006). Akan tetapi temuan kejadian CVT terus bertambah seiring dengan perkembangan sarana penunjang diagnostik khususnya imaging. Vena otak merupakan saluran keluarnya darah dari otak. Sumbatan vena seperti pada kasus CVT mengakibatkan adanya peningkatan tekanan dalam kepala akibat hambatan keluarnya darah yang melewati otak. Jika tidak tertangani dengan baik maka dapat mengakibatkan penurunan aliran darah dalam otak dan berujung pada kerusakan atau kematian sel otak Sumbatan pada vena bagaikan got ataupun parit yang buntu, pada mulanya jarang memberikan keluhan yang berat akan tetapi bisa menimbulkan masalah besar pada akhirnya. Sering kali pasien datang dengan kondisi baik dan tampak segar bugar tetapi ditemukan adanya CVT yang disertai penurunan aliran darah otak. Berikut beberapa keluhan lainnya yan [...]

Keputih Pada Wanita Hamil, Wajarkah?

Keputih Pada Wanita Hamil, Wajarkah?

Saat masa kehamilan, tubuh wanita biasanya mengalami banyak perubahan. Perubahan ini bisa berjalan normal atau fisiologis serta perubahan abnormal atau patologis. Wanita hamil juga mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan keputihan karena rentan terhadap cairan vagina. Wajarkah saat hamil masih mengalami keputihan?Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, M. Rezha Faisal, SpOG, mengatakan bahwa wajar tidaknya keputihan yang dialami wanita hamil tergantung pada gejala yang dialaminya. "Jadi kalau pada wanita hamil, terutama yang hamil muda, ada perubahan hormonal yaitu timbul keputihan. Kita harus lihat juga perubahannya yang bagaimana. Kalau lendirnya encer, jernih, tidak ada perubahan warna, tidak ada gatal atau perih ya itu normal dan masih wajar," papar dokter Rezha ketika ditemui Wolipop di rumahnya, kawasan Bekasi Barat, Rabu (27/8/2014).Ini berarti keputihan saat sedang hamil termasuk wajar karena perubahan hormon tersebut. Ketika hamil aliran darah juga meningkat ke daerah kewanitaan sehingga mempengaruhi banyaknya cairan vagina yang menyebabkan keputihan. Cairan tersebut mempunyai manfaat untuk mencegah infeksi yang menuju ke rahim. Meskipun demikian, tidak [...]

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Makan Serangga Dapat Mencegah Kegemukan Badan

Baru-baru ini sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa konsumsi serangga memberikan efek kesehatan yang baik. Sumber nutrisi di dalam serangga ternyata baik bagi kesehatan dan dapat membantu mencegah obesitas. Belahan dunia Afrika dan Asia merupakan wilayah percontohan yang telah menunjukkan bahwa konsumsi serangga tidak berbahaya. Serangga seperti belalang, rayap semut telah diolah sedemikian rupa oleh bangsa Afrika dan Asia menjadi makanan yang garing dan renyah serta bernutrisi tinggi. Di beberapa negara Asia dan Afrika, serangga memang merupakan makanan ringan tradisional yang umum dijual di pinggir jalan sebagai makanan cemilan pinggir jalan yang gurih dan terjangkau. Dan percaya atau tidak, ternyata serangga dilaporkan oleh Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) sebagai sumber nutrisi protein setinggi daging sapi dan menyehatkan. Berikut penjelasannya: Serangga Ternyata Berprotein Tinggi Organisasi Makanan dan Pangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization of The United Nations, FAO UN) melaporkan ba [...]

6 Kiat Menjaga Kesehatan Tenggorokan

6 Kiat Menjaga Kesehatan Tenggorokan

Banyak orang biasanya kurang begitu memperhatikan kesehatan tenggorokan sampai ada keluhan nyeri tenggorokan, suara kering, atau batuk. Saluran napas atas terdiri dari hidung, rongga sinus, faring, kelenjar tonsil, pita suara, dan epiglotis. Bakteri dan virus dapat menyebabkan infeksi pada saluran napas atas dan sangat menular. Mengerikan, bukan? Karena itu, memelihara kesehatan saluran napas atas sangat diperlukan untuk mencegah penyakit. Berikut ini adalah enam kiat untuk menjaga kesehatan tenggorokan: 1. Mencuci tangan Cucilah tangan dengan menggunakan sabun di bawah air mengalir untuk mencegah infeksi selesma, flu, dan infeksi lainnya. Waktu-waktu yang tepat untuk mencuci tangan adalah ketika selesai menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan, serta setelah bersin atau batuk. 2. Menghindari kontak dengan orang yang mengalami infeksi saluran napas atas Bakteri dan virus penyebab infeksi saluran napas atas sangat menular. Maka dari itu, sebaiknya tidak terlalu dekat dengan orang yang terinfeksi. Anak-anak biasanya lebih mudah tertular karena daya tahan tubuh yang belum sempurna. Gunakanlah master jika terpaksa. Berikut ini adalah kiat untuk menjaga kesehatan tenggorokan lainn [...]

5 Faktor yang Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

5 Faktor yang Bisa Meningkatkan Nafsu Makan

Apakah Anda sulit mengontrol nafsu makan? Jika ya, mungkin secara tidak sadar Anda melakukan beberapa faktor yang dapat meningkatkan keiinginan untuk makan. Apa saja faktor tersebut?1. Makan dengan Piring Berwarna CerahTahukah Anda bahwa pemilihan warna pada dinding restoran atau pada peralatan makan bisa mempengaruhi nafsu makan seseorang? Ada sejumlah studi yang dilakukan pada bagaimana persepsi rasa dipengaruhi oleh warna. Studi menyimpulkan bahwa orang belajar dan menjadi akrab dengan kombinasi spesifik warna dan makanan. Kombinasi ini dapat mengubah persepsi dan menciptakan harapan tentang bagaimana bau dan rasa makanan.Warna cerah seperti merah, oranye, kuning, dan toska (turquoise) dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk makan lebih banyak. Misalnya, merah. Warna ini dapat meningkatkan laju pernapasan dan menaikkan tekanan darah, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. Sedangkan, kuning dapat meningkatkan konsentrasi, juga merangsang nafsu makan, karena hal ini berkaitan dengan kebahagiaan.2. Kurang TidurPara paneliti dari Uppsala University di Swedia membuktikan, efek kurang tidur bisa mempengaruhi bagian otak yang mengatur rasa kenyang sekaligus nafsu makan. Efekn [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *