5 Langkah Sederhana Mencegah Kanker

fitness3.jpg

Kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar di seluruh dunia. Menurut data yang diambil dari situs Parkway Cancer Center, dari total 58 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2005, kanker merupakan penyebab dari 7,6 juta kematian (sekitar 13% dari seluruh kematian).

Begitu seriusnya dampak dari kanker membuat sebagian besar orang dengan riwayat keluarga pengidap kanker mencoba berbagai cara untuk menghindari penyakit ini. Meskipun Anda tidak memiliki riwayat penyakit berbahaya tersebut, namun tidak ada salahnya Anda hidup sehat untuk cegah kanker dan berbagai penyakit lainnya, dengan melakukan cara-cara berikut yang dirangkum dari Women?s Day.

1. Menjaga Berat Badan Seimbang
Penelitian terbaru menunjukkan, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker esophagus (kanker kerongkongan), kanker endometrium (kanker di luar jaringan rahim), dan kanker payudara pasca-menopause. BMI atau Body Mass Index merupakan perhitungan untuk menentukan berat badan ideal dengan membandingkan jumlah berat badan dan tinggi badan.

Orang yang sehat memiliki jumlah BMI 18,5 hingga 24,9. Sedangkan risiko kanker ditemukan pada orang dengan jumlah BMI 23 atau lebih. Contoh cara penghitungan BMI, BB = 55 kg dan TB = 165 cm, maka BMI = (55) / (1.65) * (1.65) = 20,2.

2. Berjalan Kaki 10 Menit Setiap Hari
Laporan dari studi di University of California menunjukkan bahwa berjalan kaki 10 menit sehari bisa menurunkan risiko terserang kanker payudara. Dalam studi tersebut dinyatakan, wanita yang melakukan 45-60 menit olahraga seperti jalan cepat atau bersepeda selama selama setidaknya lima kali dalam seminggu dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap kanker payudara atau kanker usus besar.

3. Konsumsi Buah dan Sayur
Konsumsi buah dan sayur tidak hanya membuat berat Anda menjadi ideal, tapi makan buah dan sayur berwarna dapat menurunkan risiko kanker.

“Kebiasaan yang sering dilakukan dalam diet sehat ini juga dapat mengurangi risiko terserang kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, kerongkongan, lambung, dan kanker usus besar,” ujar Colleen Doyle, RD, Direktur Nutrisi dan Aktifitas Fisik untuk ACS.

4. Hindari merokok dan Menghirup Asap Rokok
Sebanyak 87% kematian atas kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Sekitar sepuluh tahun setelah Anda berhenti merokok, risiko kanker paru-paru berkurang setidaknya setengahnya, begitu juga risiko terserang kanker mulut, kandung kemih, dan kanker ginjal sangat berkurang, jelas Norman Edelman, MD, Kepala Medis dari America Lung Association. Jika Anda bukan perokok, maka Anda juga harus menjauhi orang-orang yang sering merokok, asap yang terhirup berefek sama dengan perokok.

5. Hindari Alkohol
Alkohol meningkatkan risiko Anda terserang kanker mulut, kanker rongga mulut (laring), kerongkongan, hati, dan payudara. Meski meminumnya hanya sedikit, namun dapat berdampak besar pada kesehatan tubuh. Tercatat dalam penelitian, wanita yang meminum alkohol selama seminggu dihubungkan dengan adanya peningkatan risiko kanker payudara.

(kik/kik)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jangan Sepelekan Manfaat dari 6 Makanan Ini

Jangan Sepelekan Manfaat dari 6 Makanan Ini

Kita semua tahu bahwa wortel dan tomat kaya akan vitamin, mineral dan juga zat antioksidan. Tetapi bagaimana dengan peterseli dan lobak? Jangan buru-buru menyepelekannya.Menurut Kerri-Ann Jennings, M.S., R.D., pakar gizi untuk majalah Eating Well, makanan yang biasanya hanya berfungsi sebagai penghias seperti Peterseli (Parsley), mengandung 156 persen kebutuhan harian Vitamin K. Seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, simak manfaat dari makanan dan minuman lain yang mungkin akan mengejutkan Anda.1. JamurJamur mungkin tidak memiliki reputasi kaya akan nutrisi seperti halnya sayuran berwarna cerah lainnya, namun jamur juga tak kalah bermanfaat. Meskipun jamur hanya memiliki sedikit kalori (hanya 20 kalori per cup, atau sekitar 5 buah jamur), namun rasanya yang seperti daging membuat jamur cukup memuaskan sebagai menu pengganti daging. Jamur juga merupakan salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa jamur kancing putih mengandung phytochemical yang dapat membantu mencegah kanker payudara.2. Es TehMeminum es teh tidak hanya menyegarkan tapi juga baik untuk tubuh Anda (selama Anda meminumnya tanpa atau dengan sedikit gula [...]

8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

8 Penyebab Bau Mulut dan Tips Menghilangkannya

Masalah kesehatan mulut merupakan bagian kesehatan yang banyak terabaikan dilakangan masyarakat karena perawatan yang membutuhkan ketelatenan dan rutinitas yang sedikit rumit. Sehingga banyak masyarakat yang melakukan perawatan kesehatan mulut dengan cara sederhana seperti menggosok gigi seperlunya seperti yang dilakukan oleh orang yang telah terdahulu melakukan perawatan kesehatan gigi dan mulutnya. Dengan banyaknya kalangan masyarakat yang juga tidak memiliki pendidikan sekolah yang baik, merupakan hal yang dapat memicu timbulnya masalah penyakit gigi dan mutul dengan skala besar dikalangan masyarakat. Pada dasarnya kesehatan gigi dan mulut yang dapat menimbulkan bau mulut dapat terjadi dari berbagai penyebab. Oleh karena itu sangat penting halnya untuk mengetahui sebab dan akibat dari penyebab timbulnya bau mulut. Bau mulut sebenarnya terjadi pada tiap manusia, namun skala yang ditimbulkan memiliki frekuensi yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh sebab-sebab yang ada dalam tubuh seseorang tersebut. Seperti halnya dari akibat pola menyikat gigi yang kurang benar, kondisi gigi dan mulut yang kurang bersih, adanya bakteri dalan mulut yang berlebihan, gusi yang bermasalah, [...]

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Ini Alasan Perut Mulas dan Ingin BAB Setelah Minum Kopi

Bagi sebagian orang, kopi merupakan minuman yang enak untuk dinikmati. Bahkan beberapa tidak bisa lepas dari kopi sehingga kerap dijuluki coffee addict. Namun ada pula yang merasa perutnya melilit dan perlu segera buang air besar setelah menyeruput kopi. Efek berbeda yang dirasakan sebagian orang ini ternyata memiliki alasan. Kopi tidak hanya meningkatkan keawasan setelah meminumnya, tapi juga level keasaman di perut. Asam yang cukup tinggi ini kemudian menimbulkan reaksi pada usus yang memicu keinginan untuk buang air besar.Para peneliti awalnya mengira reaksi perut mulas itu dikarenakan efek pencahar yang ditimbulkan kafein pada kopi. Dalam percobaan yang dilakukan American Chemical Society tersebut, tiga dari 10 orang melaporkan mengalami mulas dan ingin buang air besar setelah meminum kopi. Namun ternyata kafein bukanlah penyebabnya. Kopi yang dikurangi kandungan kafeinnya tetap menimbulkan efek yang sama. Sedangkan ketika meminum minuman soda diet, responden tidak mengalami hal yang sama. Dari situ, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa ada senyawa lain di dalam kopi yang jadi penyebabnya.Kemungkinan besar penyebabnya adalah sifat asam pada kopi yang memengaruhi perut se [...]

Dokter Menempel Tangan di Kaki Pasien

Dokter Menempel Tangan di Kaki Pasien

Tim Dokter dari Changsha Hospital, di Propinsi Hunan, China, tengah berusaha menyambung kembali tangan seorang pemuda yang terputus akibat mengalami kecelakaan kerja di tempat kerjanya. Xiao Wei, kini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Changsha, propinsi Hunan, China. Dalam proses penyambungannya, tim dokter yang menanganinya menempelkan tangan yang terputus di kaki kiri Xiao Wei untuk sementara. Hal ini dikarenakan kecelakaan yang dialami Xiao Wei mengakibatkan lengan kanannya ikut remuk dan memutuskan tangan kanannya. Untuk menyambung kembali, tim dokter merekonstruksi lengannya yang remuk terlebih dahulu, untuk kemudiannya setelah memungkinkan untuk melakukan penyambungan tangan Xiao Wei kembali. Selama proses rekonstruksi lengan Xiao Wei yang remuk, tangan yang terputus ditopang dari pembuluh darah dari kaki Xiao Wei. Oleh karena itu tim dokter memutuskan untuk melakukan proses microsurgery dengan implantasi ektopik sementara. Meskipun terdengar aneh, namun bukan berarti tidak mungkin. Tim dokter di China agaknya memiliki keahlian handal mengenai microsurgery, setelah belum lama ini sukses melakukan rekonstruksi organ hidung Xiaolian (22) yang rusak akibat infeksi pasca kecel [...]

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Jangan anggap remeh batuk berdarah atau hemoptisis. Kondisi ini dapat menjadi gejala adanya penyakit serius yang mengancam nyawa. Darah yang keluar saat batuk umumnya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah pada orang berusia muda bisa jadi bukan gejala sakit serius dan dapat segera ditangani. Namun kondisi ini bisa menjadi indikator berbahaya terutama bagi mereka yang berusia tua dan para perokok. Penyebab Batuk Berdarah dari Ringan hingga Berat Adanya darah dalam dahak ketika batuk umumnya dapat disebabkan batuk parah dalam waktu lama. Namun ada banyak kondisi lain yang dapat menjadi penyebab batuk berdarah, yaitu: Bronkitis: gangguan saluran pernapasan dalam jangka panjang yang menyebabkan penumpukan dahak. Bronkitis dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti infeksi paru-paru yang pernah dialami dan menghirup unsur polusi. Tuberkulosis (TB): infeksi paru-paru yang tergolong parah dengan gejala umum berupa demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada. Batuk berdarah akan reda segera setelah infeksi disembuhkan. Embolisme paru: pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri d [...]

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Kapan Harus Mengonsumsi Obat Telat Datang Bulan?

Jika Anda mengalami gangguan menstruasi, jangan buru-buru mengonsumsi obat datang bulan. Ketahui dulu penyebabnya. Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi pada tiap wanita. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat datang bulan. Namun, sebelum Anda mengonsumsinya, ada baiknya mengetahui apa penyebabnya agar Anda dapat memilih obat apa yang tepat. Umumnya wanita mengalami siklus menstruasi sekitar 11-13 kali dalam setahun. Namun jika Anda mengalami telat datang bulan, frekuensi siklus menstruasi Anda akan lebih sedikit. Penyebab Telat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya Penyebab telat datang bulan yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Ada yang terjadi karena hal normal, namun ada pula yang mengalami keterlambatan akibat efek samping kontrasepsi dan juga karena kondisi kesehatan. Berikut beberapa penyebab beserta cara mengatasinya: Stres. Kondisi ini bisa memengaruhi hormon Anda, mengubah rutinitas harian tubuh Anda serta berdampak pada bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Selain itu, stres juga bisa memicu penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat berdampak pada siklus menstruasi Anda. Memiliki berat badan yang tida [...]

5 Alasan Untuk Sarapan

5 Alasan Untuk Sarapan

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Alasan-alasan seperti ?Saya tidak punya waktu di pagi hari? atau ?saya tidak dapat makan di pagi hari? tentu sering sekali dikeluhkan oleh seseorang, namun ternyata bila kita melewatkan sarapan pagi, banyak kerugian yang dapat muncul pada diri kita, yang dapat berpengaruh terhadap mood, berat badan dan kesehatan tubuh. Menurut suatu jurnal yang dipublikasikan dalam The National Weight Control Registry, sarapan pagi berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Dibawah ini terdapat beberapa alasan agar Anda rajin sarapan tiap harinya: Sarapan pagi dapat mengisi nutrisi di tubuh kita setelah beberapa jam tanpa makanan dalam tidur. Banyak studi yang berpendapat bahwa seseorang yang berangkat kerja tanpa sarapan pagi tidak dapat bekerja dengan baik, pada anak-anak pun terjadi hal serupa. Tanpa makanan, kadar gula darah dapat turun, yang membuat tubuh Anda menjadi lemas dan cemas dalam pekerjaan dapat menyebabkan susah dalam membuat keputusan dan cemas dalam bekerja. Melewati sarapan dapat memicu makan snack yang berat ataupun makan siang yang lebih besar kalorinya. Sarapan pagi dapat menyingkirkan beberapa penyakit seperti d [...]

Tidak Hanya Ganggu Pernapasan, Asap dan Polusi Juga Bisa Merusak Kulit

Tidak Hanya Ganggu Pernapasan, Asap dan Polusi Juga Bisa Merusak Kulit

Kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan telah membuat warganya diselimuti asap tebal selama lebih kurang dua bulan terakhir. Asap akibat polusi dan kebakaran hutan ini pun telah menyebabkan jatuh banyak korban, yang rata-rata menderita gangguan pernapasan akut atau ISPA, bahkan sampai menyebabkan korban meninggal.Tidak hanya organ pernapasan yang terkena dampak negatifnya. Paparan polusi dari asap knalpot kendaraan bermotor, industri dan asap kebakaran hutan juga berpotensi merusak kulit. Berbeda dengan kerusakan kulit akibat sinar matahari yang biasanya terlihat dalam jangka pendek (sunburn, kulit menggelap, iritasi, kulit terkelupas), efek buruk polusi biasanya baru terasa setelah bertahun-tahun. Hal ini lebih membahayakan karena tidak segera disadari sehingga penanganannya pun seringkali terlambat."Masalah dari yang ditimbulkan polusi ini seringkali tidak terlihat, karena tidak ada tanda-tanda secara langsung bahwa kulit Anda mengalami kerusakan," papar seorang dermatologist, Dr. Dhaval Bhanusali, seperti dikutip dari Self.Paparan polusi biasanya baru terlihat setelah usia menua. Polusi menyebabkan kerusakan pada struktur kolagen --protein yang menjaga elastis [...]

Jangan Sepelekan Pingsan!

Jangan Sepelekan Pingsan!

Ketika Anda menonton sinetron atau film dan melihat tokoh utamanya tiba-tiba terjatuh dan pingsan, tentu rasanya seru sekali. Namun pada kehidupan nyata, pingsan atau yang dikenal dalam dunia medis dengan syncope perlu diketahui penyebabnya dan ditangani dengan serius. Mengapa bisa terjadi pingsan? Pingsan atau syncope secara umum dapat didefinisikan sebagai hilangnya kesadaran sementara. Hal ini umumnya terjadi karena otak tidak menerima asupan oksigen, darah atau 'gula' yang cukup. Selain itu pingsan dapat juga disebabkan oleh karena gangguan impuls saraf di otak. Pingsan juga dapat disebabkan oleh karena tubuh reaksi tubuh yang berlebih terhadap pemicu tertentu seperti stres emosional. Hal ini disebut juga dengan 'vasovagal syncope' Ketika seseorang pingsan, maka ia dengan sendirinya akan terjatuh, dari posisi berdiri menjadi posisi berbaring. Hal ini dapat membantu aliran darah ke otak lebih lancar karena darah tidak perlu dipompa melawan gravitasi. Seseorang yang pingsan seringkali dapat kembali sadar dengan sendirinya setelah beberapa menit. Apakah pingsan itu perlu dianggap serius? Kebanyakan dari kasus pingsan tidak fatal. Namun pingsan perlu dtiangan [...]

Survei: Kebahagiaan Wanita Ada Pada Besarnya Kantong Belanja

Survei: Kebahagiaan Wanita Ada Pada Besarnya Kantong Belanja

Sebuah survei mengenai kebahagiaan wanita kembali ditemukan. Survei tersebut menjelaskan bahwa kebahagiaan wanita terletak dari ukuran kantong belanja mereka. Semakin besar kantongnya, semakin bahagia pula sang wanita. Kok bisa?Seperti yang dikutip dari Boldsky, kebahagian terbesar wanita bergantung pada anggaran belanja yang pada akhirnya berpengaruh pada ukuran kantong belanjaan mereka. Berdasarkan laporan Wellbeing Index, inflasi harga diketahui lebih memiliki hubungan dengan kondisi kesehatan metal wanita ketimbang pria.Hal ini disebabkan karena wanita paham betul dengan harga produk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari makanan hingga pakaian. Mereka cenderung lebih sadar dengan adanya lonjakan harga dan berusaha untuk menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran.Dari hasil survei yang dilakukan terhadap 2000 koresponden selama tujuh tahun di Australia, disimpulkan bahwa tingkat kesejahteraan wanita lebih tinggi dibandingkan dengan pria. Wanita merupakan 'front-line purchaser' yang membuat mereka lebih peka terhadap harga bahan pokok.Oleh karena itu, jika kondisi ekonomi mereka menurun, maka kesejahteraan dan kebahagiaan wanita juga ikut menurun. Alasannya, karena 'jatah' belanja me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *