5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

001446200_1410935218-Mayo_lagi.jpg

Diet Mayo yang dirancang oleh para pakar kesehatan dari Mayo Clinic ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dapat dilakukan seumur hidup. Diet ini membantu meningkatkan kesehatan para pelakunya dengan cara memilih makananan sehat dan mengembangkan gaya hidup sehat.

Berikut 5 makanan sehat yang bisa dijadikan menu diet mayo Anda seperti yang dilansir Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Senin (20/10/2014):

1. Apel

Apel dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Selain itu, apel juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga kesehatan kapiler dan pembuluh darah lainnya, dan membantu dalam penyerapan zat besi. Tunggu apa lagi, ayo masukkan apel di dalam menu diet mayo Anda!

2. Brokoli

Selain merupakan sumber asam folat, brokoli juga mengandung fitonutrien. Makanan sehat yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin A pada brokoli juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.

3. Kacang Merah

Kacang merah merupakan sumber fosfor dan kalium yang baik. Kandungan protein dan serat makanan di dalam kacang merah juga memiliki kadar lemak yang rendah. Kacang merah juga mengandung fitonutrien. Anda tidak suka kacang merah? Tenang, Anda bisa menggantinya dengan jenis kacang-kacangan sehat lainnya untuk menu diet mayo Anda.

4. Bayam

Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, dan sumber magnesium yang baik. Senyawa dalam bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Karotenoid yang ditemukan dalam kandungan bayam juga berperan sebagai pelindung terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan kebutaan di malam hari, serta penyakit jantung dan kanker tertentu.

5. Ubi Jalar

Makanan sehat berwarna oranye ini mengandung antioksidan dan beta karoten yang tinggi. Dalam tubuh, sumber beta karoten yang dimiliki ubi jalar akan diubah menjadi vitamin A sehingga dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Selain sumber dari vitamin A dan C, ubi jalar juga merupakan sumber vitamin B-6 dan kalium. Dan yang terpenting makanan sehat ini, hanya berkalori sekitar 81 kalori saja sehingga cocok untuk diet mayo Anda. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kuis : Pastikan Gaya Makan Anda Sehat

Kuis : Pastikan Gaya Makan Anda Sehat

Jangan makan sembarangan! Betapa sering kita mendengar nasehat itu. Tapi, seberapa serius kita memperhatikannya, masih patut dipertanyakan lagi. Ikutilah kuis dari World Gym Kennewick, organisasi yang berhubungan dengan olahraga dan diet di bawah ini untuk memastikan Anda peduli gaya makan yang sehat. 1. Berapa porsi biasanya Anda makan buah-buahan perhari? (1 porsi = 1 iris ukuran sedang, 1 cangkir jus buah, atau 1/2 cangkir irisan buah-buahan)a. 0 (-2) b. 1 (0)c. 2 hingga 3 (+2)d. 4 atau lebih (+3) 2. Berapa macam buah-buahan biasanya Anda makan dalam sebulan?a. 2 atau kurang (-2) b. 3 hingga 4 (0)c. 5 hingga 6 (+1)d. 7 hingga 8 (+2)e. 9 atau lebih (+3)3. Berapa porsi biasanya Anda makan sayuran perhari? (1 porsi = 1 cangkir sayuran hijau segar atau 1/2 cangkir sayuran masak)a. 0 (-3)b. 1 (0)c. 2 (+1)d. 3 atau lebih (+3) 4. Berapa macam sayuran biasanya Anda konsumsi dalam sebulan?a. 2 atau kurang (-2) b. 3 hingga 4 (0)c. 5 hingga 6 (+1)d. 7 hingga 8 (+2)e. 9 atau lebih (+3)5. Seberapa sering Anda makan biji-bijian, misalnya nasi atau gandum?a. saya tidak makan keduanya (-3)b. 2 atau kurang per ming [...]

`Terpanggang` Panas Mentari Bikin Tubuh Tetap Langsing

`Terpanggang` Panas Mentari Bikin Tubuh Tetap Langsing

Paparan sinar matahari pagi yang berguna untuk memproduksi vitamin D, tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat tulang. Ternyata, juga dapat mengendalikan berat badan, utamanya pada wanita. Para ilmuwan seperti dikutip dari laman Health Me Up mengatakan, orang-orang yang tidak takut terhadap sinar matahari pagi dan selalu berjemur akan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah (BMI) ketimbang orang yang malas atau takut berhadapan dengan paparan sinar matahari pagi. Namun, Anda tidak harus berjemur terlalu lama agar mendapatkan BMI normal. Percuma, bila Anda tidak mengimbanginya dengan diet sehat, mengatur pola makan secara benar, dan rutin berolahraga. Dilansir dari laman Health Me Up, Sabtu (5/4/2014) paparan sinar matahari, hanya salah satu faktor yang ikut menyumbang dan memengaruhi berat badan ideal, yang harus diimbangi dengan hal-hal baik lainnya. Jika Anda tidak ingin berjemur tapi ingin mendapatkan paparan sinar mataharinya, Anda dapat melakukannya dengan sarapan di luar ruangan, seperti di teras. Dan cobalah dengan membaca koran sembari menikmati segelas teh. Atau, Anda bisa melakukannya dengan hanya duduk di dekat jendela terbuka selama 20 menit, dan nikmatilah cahaya [...]

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Jus Apel Sama Buruknya dengan Minuman Bersoda Lain

Tahukah Anda bahwa minuman seperti jus apel dan yoghurt yang dikatakan bebas lemak dan sehat ternyata sama buruknya dengan minuman bersoda? Suatu survei menemukan, segelas jus apel mengandung 7 sendok gula, sama seperti tiga porsi donat Krispy Kreme. Sedangkan yoghurt bebas lemak mengandung gula dengan takaran sama dengan seporsi es krim. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar asupan gula tidak lebih dari enam sendok setiap hari. Bila dalam sehari kita hanya mengonsumsi segelas jus apel, maka sebenarnya gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih. Mungkin langsing akan didapat, tetapi Anda berisiko diabetes.Fatalnya, jus apel dan yoghurt yang disebut bebas lemak kerap diberikan pada anaknya oleh ibu untuk bekal sekolah. Mereka tidak menyadari, terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan permanen. Jika sudah seperti ini, maka orangtua harus mulai waspada. Sebab, kelebihan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe dua, dua kali lipat dari orang biasanya. Kelebihan gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi hingga menyebabkan ompong pada anak.Chief Medical Officer asal London, Inggris, Sally Davies, meminta para orangtua agar menjaga supaya a [...]

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Apa Kata Aktris Hollywood Tentang Karbohidrat?

Kontroversial karbohidrat kompleks juga menimpa beberapa aktris Hollywood. Apalagi dengan aktivitasnya di layar kaca, kebanyakan selebritas menganggap karbohidrat sebagai musuh. Tapi benarkah seperti itu? Berikut, penelusuran The Frisky, Minggu (30/3/2014) pada selebritas cantik yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang karbohidrat. 1. Jennifer Aniston Jen mungkin mampu untuk menghindari karbohidrat ketika dia masih lajang. Tapi tunangannya Justin Theroux sangat menyukai hidangan ala Italian seperti Carbonara yang menurutnya bisa menambah beberapa kilogram bobot tubuhnya. 2. Gwyneth Paltrow Gwynnie terkenal suka memilih jenis makanan. Ia pernah mengatakan pada Daily Mail bahwa gluten dapat menyebabkan perut anak-anaknya 'bergemuruh'. "Setiap ahli gizi, dokter dan orang sadar kesehatan yang pernah saya temui tampaknya setuju bahwa gluten sulit dicerna dan yang paling buruk dari itu adalah alergi," katanya. Menurut Gwynnie, keluarganya tidak makan pasta, roti atau biji-bijian olahan seperti nasi putih dan menghindari karbohidrat. 3. Anna Kendrick Dalam sebuah wawancara dengan Huffington Post, Anna mengaku pernah datang ke pesta dan banyak makan karbohi [...]

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

Kehidupan super sibuk sering dijadikan mereka yang ingin menurunkan berat badan sebagai alasan tak sempat untuk berolahraga dan memasak makanan sehat di rumah. Kesibukan di kantor yang menguras waktu atau kesibukan kuliah ditambah perjalanan panjang rumah ke kantor pulang pergi membuat waktu hanya cukup untuk beristirahat. Tapi tenang, bagi Anda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menurunkan berat badan masih ada cara untuk mendapatkan hal tersebutl lewat beberapa langkah kecil. Dilansir dari laman Women's Health pada Senin (24/11/2014) dengan melakukan beberapa hal kecil berikut bisa berdampak menurunkan berat badan Anda. 1. Singkirkan stok makanan atau minuman tak sehat Jauhkan makanan enak di lidah seperti keripik, kerupuk olahan, makanan beku. Lupakan juga aneka minuman kola dan manis lainnya. "Ketika sedang sibuk dan lapar, Anda akan mengambil makanan ini dibandingkan makanan sehat," terang ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey, R.D. Lebih baik, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran. 2. Tulis jadwal olahragaTulis dalam reminder Anda maupun notes, pada pukul berapa esok akan berolahraga. "Jika Anda menulis dengan spesifik be [...]

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Lezatnya Kepompong dan Ulat Pohon Mahoni Melebihi Daging Ayam

Bagi sebagian orang, enthung, ungker (Jawa) atau kepompong ulat mungkin terlihat menjijikkan. Namun, rupanya kepompong yang bisa kita dapati di beberapa pohon seperti jati, mahoni, randu, atau kelapa berasa lezat dan gurih bila kita jadikan lauk. Di beberapa daerah dan desa, bahan makanan ini bisa menjadi sumber protein alternatif selain ayam, daging sapi, dan ikan. Setidaknya itu yang ditemukan dan diteliti oleh para mahasiswa dan peneliti dari Universitas Negeri Yogyakarta. Sayangnya, tidak setiap musim bahan makanan yang dibilang ekstrem ini tidak selalu tersedia alias ada. Bahan makanan ini bisa jadi alternatif untuk diet Anda karena tinggi protein dan rendah kalori. Penelitian dengan sampel 20 biji kepompong ulat Cricula trifenestrata ( 10 biji basah dan 10 biji kering ) yang diambil dari pohon avokad yang ada Di desa Binangun, Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Dari penelitian ini didapatkan hasil kadar protein kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 19,59 persen, berat kering 58,346 persen sedangkan kadar lemak pada kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 0,1362 persen, berat kering 0,7 [...]

7 Cara Tampil Seksi Saat Perayaan Natal

7 Cara Tampil Seksi Saat Perayaan Natal

Dapat mengenakan gaun atau busana cantik saat perayaan Natal jadi dambaan para perempuan di hampir seluruh dunia. Perempuan di London, telah melakukan sejumlah program pelangsingan, sebulan sebelum perayaan Natal itu tiba.Dalam jajak pendapat yang dilakukan pada 2.000 orang perempuan dewasa, sepertiga di antara mereka mengaku akan tetap berusaha langsing sampai setelah perayaan Natal dan Tahun Baru. Sisanya, berusaha agar dapat melakukan itu.Ahli Gizi sekaligus Konsultan Kesehatan para Selebritis, Lucy Wyndham-read, mengatakan, sulit untuk berpikir saat perayaan Natal. Namun, mereka berusaha dapat tampil maksimal, dengan mengubah pola hidup dan pola makan beberapa hari sebelum perayaan Natal.Berikut saran yang diberikan Lucy, yang dapat ditiru oleh banyak perempuan agar tampil langsing dan cantik saat perayaan Natal, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (14/11/2014);1. Berjalan kaki sedikit lebih cepat merupakan cara bagus untuk membakar beberapa kalori. Untuk itu, berjalanlah dengan kecepatan 4 mil per jam, karena dapat membantu membakar kalori lebih cepat.2. Saat di kantor, atur waktu setiap 20 menit atau 30 menit sekali untuk berdiri dari kursi, dan melakukan gerakan ringan selama [...]

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

[VIDEO] Wanita Ini Bangga Bobotnya Susut Hingga 23 Kg

Mengubah hidup sehat dan mulai banyak bergerak memang tidak semudah kita bicara. Tapi wanita asal San Fransisco, Amerika Serikat, Lakeisha Shurn ini membuktikan bahwa niat yang kuat membuatnya berhasil menurunkan berat badan yang mencapai 157 kilogram.Seperti dikutip laman Huffingtonpost, Senin (13/1/2014), Shurn mengaku mengikuti tantangan #giveit100, untuk melakukan gerak dalam bentuk apa pun dan dimana pun dengan cara yang dinilai nyaman olehnya."Bila dipikir, mungkin saya akan depresi karena ingin mengubah semua itu. Tapi setiap hari ketika saya merasa kehilangan berat badan, saya seperti kembali menemukan diriku," kata Shurn dalam videonya.Shurn yang mengunggah videonya ke situs YouTube ini mendokumentasikan dirinya yang berlatih setiap hari di gym.Di akhir video, Shurn memamerkan pinggangnya yang secara signifikan lebih ramping. Namun, saat yang paling mengharukan ketika dia dengan bangga menunjukkan kemampuannya mengangkat kaki ke atas bahu.Shurn menambahkan, ia telah kehilangan berat badannya sebanyak 23 kilogram dalam setahun. Dan dalam waktu 100 hari, ia telah kehilangan 8 kilogram. (Fit/Abd) [...]

Lakukan Hal Mudah Ini di Pagi Hari Agar Tetap Langsing

Lakukan Hal Mudah Ini di Pagi Hari Agar Tetap Langsing

Siapa bilang menurunkan berat badan selalu mesti dengan latihan fisik yang berat. Sebuah studi baru dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, yang diterbitkan dalam Jurnal PLoS ONE menemukan, bangun dan berjemur diri di bawah siraman cahaya matahari di pagi hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Seperti ditulis Womenshealth, Sabtu (5/4/2014) peneliti meminta 54 peserta yang rata-rata berusia 30 tahun. Peserta diminta memakai monitor di pergelangan tangan yang dilacak peneliti selama tujuh hari berturut-turut. Peserta juga diminta menjaga makanan dan merekam asupan kalori termasuk apakah mereka terkena sinar matahari pagi atau tidak. Ternyata, orang-orang yang mendapat lebih banyak cahaya pagi memiliki BMI lebih rendah daripada yang kurang mendapat sinar matahari. Jadi, mengapa orang yang terpapar sinar matahari pagi berhubungan dengan penurunan berat badan? Peneliti menerangkan dua alasan. Pertama, cahaya pagi dapat menyinkronkan jam internal tubuh Anda, yang berarti bahwa Anda mungkin memiliki jadwal tidur alami dan mantap. Jadwal tidur yang stabil membantu metabolisme berjalan lebih efisien dan membantu penurunan berat badan. Alasan kedua, secara a [...]

Usia yang Tepat bagi Orangtua Berikan Teh Hijau pada Anak

Usia yang Tepat bagi Orangtua Berikan Teh Hijau pada Anak

Tidak sedikit penelitian telah menunjukkan beragam manfaat yang didapat ketika rutin mengonsumsi teh hijau, salah satunya meningkatkan fungsi otak. Maka itu, orangtua dianjurkan untuk membiasakan anak-anaknya mengonsumsi secangkir teh hijau setiap harinya. Namun, perhatikan dulu usia si anak tersebut.Menurut Clinical Dietician, Emilia E. Achmadi MS.,RD usia sekolah menjadi waktu yang tepat bagi para orangtua untuk mengenalkan teh hijau kepada anak-anaknya. Alasannya, anak yang belum mencapai usia tersebut, dianjurkan untuk diberi minuman lain yang berguna bagi tumbuh kembangnya."Saat usia SD, anak boleh mengonsumsi teh hijau. Tapi, semua itu kembali pada kebijakan orangtua dalam mengatur berapa banyak porsi yang akan diberikan untuk anak-anaknya," kata Emilia dalam acara `Ichi Ocha, Minuman Teh Hijau Dalam Kemasan Pertama dengan 1 Kali Proses Penyeduhan`, The Only One Club, FX Lifestyle X?enter, Jakarta, ditulis Kamis (6/2/2014)Lebih lanjut Emilia menjelaskan, di saat usia anak belum menginjak 5 atau 6 tahun, cairan terbaik yang patut diberikan kepadanya adalah susu dan air putih. Itu diberikan agar tumbuh kembangnya tidak mengalami hambatan.Tapi, ketika anak menginjak usia sekolah [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *