5 Makanan Sehat untuk Menu Diet Mayo Anda

001446200_1410935218-Mayo_lagi.jpg

Diet Mayo yang dirancang oleh para pakar kesehatan dari Mayo Clinic ini dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan dapat dilakukan seumur hidup. Diet ini membantu meningkatkan kesehatan para pelakunya dengan cara memilih makananan sehat dan mengembangkan gaya hidup sehat.

Berikut 5 makanan sehat yang bisa dijadikan menu diet mayo Anda seperti yang dilansir Health-Liputan6.com dari situs Mayo Clinic, pada Senin (20/10/2014):

1. Apel

Apel dapat menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa. Selain itu, apel juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin C juga membantu membentuk jaringan ikat kolagen, menjaga kesehatan kapiler dan pembuluh darah lainnya, dan membantu dalam penyerapan zat besi. Tunggu apa lagi, ayo masukkan apel di dalam menu diet mayo Anda!

2. Brokoli

Selain merupakan sumber asam folat, brokoli juga mengandung fitonutrien. Makanan sehat yang satu ini juga merupakan sumber vitamin C-antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan. Vitamin A pada brokoli juga bisa membantu menjaga kesehatan mata.

3. Kacang Merah

Kacang merah merupakan sumber fosfor dan kalium yang baik. Kandungan protein dan serat makanan di dalam kacang merah juga memiliki kadar lemak yang rendah. Kacang merah juga mengandung fitonutrien. Anda tidak suka kacang merah? Tenang, Anda bisa menggantinya dengan jenis kacang-kacangan sehat lainnya untuk menu diet mayo Anda.

4. Bayam

Bayam mengandung vitamin A, vitamin C, asam folat, dan sumber magnesium yang baik. Senyawa dalam bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Karotenoid yang ditemukan dalam kandungan bayam juga berperan sebagai pelindung terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan kebutaan di malam hari, serta penyakit jantung dan kanker tertentu.

5. Ubi Jalar

Makanan sehat berwarna oranye ini mengandung antioksidan dan beta karoten yang tinggi. Dalam tubuh, sumber beta karoten yang dimiliki ubi jalar akan diubah menjadi vitamin A sehingga dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Selain sumber dari vitamin A dan C, ubi jalar juga merupakan sumber vitamin B-6 dan kalium. Dan yang terpenting makanan sehat ini, hanya berkalori sekitar 81 kalori saja sehingga cocok untuk diet mayo Anda. (Jazaul Aufa/Igw).

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Kenapa di Malam Hari Anda Disarankan Makan Sedikit Saja?

Kenapa di Malam Hari Anda Disarankan Makan Sedikit Saja?

Demi berat badan ideal, kita dianjurkan untuk menghentikan kegiatan makan sebelum pukul 08.00 malam. Alasannya, pada pukul 08.00 malam sampai pukul 04.00 pagi merupakan fase penyerapan makanan yang telah dimakan sebelumnya. Pada fase ini, tubuh menyerap zat-zat gizi yang bermanfaat untuk digunakan sebagai energi kehidupan, bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, termasuk merestorasi sel-sel yang telah mati. "Agar fase ini berjalan baik, maka organ pencernaan tidak boleh melakukan pekerjaan berat dengan mencerna makanan berat (makanan utama)," kata Penulis Buku berjudul 'Solusi Sehat Islami', dokter Muhammad Suwardi ditulis Health Liputan6.com pada Selasa (22/7/2014) Menurut Suwardi, pada malam hari, kadar melatonin akan meningkat. Hormon ini dikeluarkan oleh tubuh di malam hari untuk memperlambat pencernaan. "Apabila Anda makan banyak di malam hari, maka tubuh tidak dapat mencerna secara efisien. Dampaknya, Anda akan merasa kekenyangan, dan tubuh menjadi kekurangan energi. Sebab, makanan yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi lemak," kata Suwardi. Maka itu, penulis buku sekaligus Ketua Forum Kajian Islam dan Kedokteran Indonesia menyarankan, agar di malam hari, makanlah s [...]

Kampus Paksa Mahasiswi Yale Gemukkan Badan karena Kekurusan

Kampus Paksa Mahasiswi Yale Gemukkan Badan karena Kekurusan

PeduliSehat.info, New Jersey Mahasiswi Yale University, Frances Chan memiliki tubuh yang kurus. Beratnya saja hanya 40 kilogram (kg) dengan tinggi 157 sentimeter (cm). Karena saking kurusnya, kampus mengancam akan mengeluarkannya karena ia diduga memiliki gangguan makan.Gadis dari New Jersey itu mengaku, ancaman tersebut memaksanya makan Cheetos, kue, junk food, dan es krim. Ia juga memilih menggunakan elevator dibanding menaiki tangga agar berat badannya bertambah. Menurut Chan, berat badannya sejak SMA memang 40 kg dan seluruh keluarganya memang kurus. Tapi, sejak Desember, ia terpaksa menimbang setiap minggu dan mendatangi seorang profesional kesehatan mental dan ahli gizi karena sekolah meyakini ia memiliki gangguan makan.Meskipun Chan sudah berusaha keras, ia hanya berhasil menaikkan berat badan 0,9 kg. Tapi, perguruan tinggi yang terletak di New Haven, Coenncticut, tak puas dan bahkan membiarkannya ketika orangtuanya mengirim catatan medis anaknya dan dokter sudah menelepon ke kampus. "Rasanya benar-benar buruk dengan ketidakberdayaan ini," kata Chan.Berawal dari BenjolanChan mengatakan, pertempuran dengan berat badannya dimulai pada September 2013, ketika ia melihat ada benj [...]

5 Makanan Penimbul Bahagia

5 Makanan Penimbul Bahagia

Agar kita merasa bahagia, tak hanya status pikiran yang bisa kita atur, tubuh fisik juga bisa diberi tambahan zat seperti dopamin dalam dosis yang cukup besar. Hormon ini akan meningkatkan mood, serta meningkatkan kesehatan mental, juga rasa bahagia.Dikutip Health Me Up, Senin (19/5/2014), berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda menyuplai dopamin agar Anda bahagia secara alami.BrokoliBrokoli mengandung protein yang penting dalam meningkatkan metabolisme dan merangsang penurunan berat badan. Asam asmino yang merupakan protein, mampu meningkatkan suasana hati Anda.BitMengonsumsi buah bit secara rutin, mampu meningkatkan zat besi dalam tubuh. Dalam hal merangsang rasa bahagia, bit mengandung asam amino, betaine yang merupakan antidepresan dan merangsang produksi dopamin.WortelWortel mengandung vitamin A, C, E, K, kalium, thiamin, niacin, vitamin B6, folat dan mangan. Vitamin dan mineral ini bertanggung jawab untuk memperlambat terjadinya penuaan, serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, wortel juga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan hari, dan mencegah infeksi.Vitamin E hadir yang ada di dalam wortel mampu mengurangi radikal bebas yang merusak sel-sel o [...]

`Terpanggang` Panas Mentari Bikin Tubuh Tetap Langsing

`Terpanggang` Panas Mentari Bikin Tubuh Tetap Langsing

Paparan sinar matahari pagi yang berguna untuk memproduksi vitamin D, tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat tulang. Ternyata, juga dapat mengendalikan berat badan, utamanya pada wanita. Para ilmuwan seperti dikutip dari laman Health Me Up mengatakan, orang-orang yang tidak takut terhadap sinar matahari pagi dan selalu berjemur akan memiliki indeks massa tubuh lebih rendah (BMI) ketimbang orang yang malas atau takut berhadapan dengan paparan sinar matahari pagi. Namun, Anda tidak harus berjemur terlalu lama agar mendapatkan BMI normal. Percuma, bila Anda tidak mengimbanginya dengan diet sehat, mengatur pola makan secara benar, dan rutin berolahraga. Dilansir dari laman Health Me Up, Sabtu (5/4/2014) paparan sinar matahari, hanya salah satu faktor yang ikut menyumbang dan memengaruhi berat badan ideal, yang harus diimbangi dengan hal-hal baik lainnya. Jika Anda tidak ingin berjemur tapi ingin mendapatkan paparan sinar mataharinya, Anda dapat melakukannya dengan sarapan di luar ruangan, seperti di teras. Dan cobalah dengan membaca koran sembari menikmati segelas teh. Atau, Anda bisa melakukannya dengan hanya duduk di dekat jendela terbuka selama 20 menit, dan nikmatilah cahaya [...]

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Makan Pisang Mentah Jika Ingin Langsing

Penelitian yang dilakukan profesor emeritus biokimia di Liverpool John Moores University, Rodney Bilton cukup mengejutkan. Beliau menghabiskan 15 tahun untuk mencari tahu apa saja makanan apa yang tepat untuk menjadi langsing dan sehat. Dan salah satunya ternyata pisang mentah.Mengutip laman Dailymail, Kamis (17/7/2014), pisang mentah yang berwana kehijauan disebut Prof Rodney memiliki kandungan serat yang tinggi dan resisten pati (Resistant Starch) yang lolos dari proses pencernaan di usus halus dan masuk ke usus besar. "Serat pada pisang mentah ini tidak diserap oleh usus kecil melainkan diserap lambat oleh tubuh bersama bakteri di usus besar untuk memberikan energi yang lama," kata Rodney.Resisten pati,kata Rodney merupakan jenis karbohidrat tidak seperti karbohidrat lainnya. Karena tidak menyebabkan gula darah meningkat jadi aman bagi penderita diabetes dan tidak mudah lapar.Selain itu, katanya, pisang mentah juga memiliki keuntungan pelangsing lain seperti merangsang pelepasan hormon, glukagon, yang membuat pembakaran lemak."Resisten pati merupakan komponen penting dalam mengelola berat badan dan gula darah, serta membantu bakteri sehat tumbuh di usus besar. Nilai tambahnya, [...]

Bingung Ikut Diet Mana? Intip Dulu Tips Diet Sehat Ini

Bingung Ikut Diet Mana? Intip Dulu Tips Diet Sehat Ini

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal. Namun banyaknya program diet seringkali membuat kita bingung. Coba saja kita perhatikan, ada diet vegan, diet mayo, diet karbohidrat, diet golongan darah, diet mediterania dan berbagai macam diet lainnya.Lantas, diet seperti apa ya yang sehat? apakah diet betul-betul harus menyiksa tubuh? Hal ini ditanggapi Nutrition and Health Science Manager dari Nutrifood Research Center, Astri Kurniati S.T MAppSc. Menurutnya, diet yang sehat itu sebenarnya mudah mengenalinya, seperti:1. Gizi seimbang"Bagaimanapun, kalau mau diet sehat, makanlah dengan porsi seimbang. Karena semua makanan pasti mengandung nutrisi yang kita butuhkan," kata Astri, ditulis Kamis (4/12/2014).Astri mengungkapkan, seseorang yang gemuk cenderung mengonsumsi makanan tidak seimbang dalam pirinya alias tidak dalam dosis yang dianjurkan. "Berlebihan itu memang tidak baik, pagi misalnya dia makan fetucini. Makanan ini saja sebenarnya sudah mencukupi kebutuhan lemak kita sehari, tapi apalagi yang dimakan siangnya. Minumnya bubble tea, pas nonton film makan popcorn caramel yang manis. Jadi wajar dia gemuk karena kelebihan garam, gula, lemak."2. Salah bila diet menghilangkan salah s [...]

Makan Ini Saja untuk Usir Lemak Bandel

Makan Ini Saja untuk Usir Lemak Bandel

Tidak semua makanan bisa membantu melawan lemak jahat. Tapi beberapa makanan ini dijamin bisa membantu membuang timbunan lemak di tubuh Anda.Penasaran? Berikut seperti dikutip Health, Kamis (30/10/2014) kami merangkumnya untuk Anda:1. BerryBuah berry baik raspberry, blueberry, and strawberry merupakan buah yang kaya serat dengan 50 kalori secangkir. Selain kaya antioksidan, buah-buahan ini juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.Sebuah penelitian menunjukkan, flavanoid dalam buah berry bisa meningkatkan adiponectin-hormon yang menstimulasi pembakaran lemak. Selain itu, mengonsumsi buah strawberry secara rutin bisa membantu Anda dalam mengontrol gula darah dan insulin serta menurunkan kolesterol tinggi. 2. TelurMakanan kaya protein ini adalah penyelamat hidup dikala lapar. Memiliki 6 gram protein dan 70 kaori dalam satu butir, telur menjadi makanan wajib bagi Anda yang sedang ingin berdiet.Jika ingin lebih sukses berdiet, gunakan hanya putih telur untuk dikonsumsi. Putih telur memiliki 30 kalori dan 3,5 gram protein dan tanpa lemak.Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelaku diet yang mengonsumsi lebih banyak protein seperti telur sepanjang hari bisa turun berat badan le [...]

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

4 Bahan yang Bikin Salad Jadi Tak Sehat

Salad umumnya mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan. Seharusnya makanan ini sehat tapi bisa menjadi lebih buruk dari cheesecake yang kalorinya supertinggi. Situs GeniusBeauty, Kamis (27/3/2014), melaporkan salad menjadi tidak sehat karena mengandung salah satu dari beberapa bahan ini:1. MayonesMembahas bahaya dari mayones saat ini seperti mengkritik si pirang dengan kebodohan dan kekanak-kanakannya. Tapi, penggunaan mayones tak hanya sebagai saus, tapi juga sebagai pengganti universal untuk setiap makanan. Saus itu berarti beberapa sendok teh di pinggir piring. Apabila Anda menggunakan banyak mayones, kalori yang terkandung di dalamnya meningkat sekitar tiga atau empat kali. Bahkan jika Anda hanya menggunakan kubis dan wortel dalam salad Anda.2. KentangKebiasaan menambahkan kentang rebus atau goreng di salad bisa berpengaruh ke kesehatan Anda. Kentang mengandung indeks glikemik yang tinggi.3. KejuAnda bisa memarut keju, memotongnya menjadi dadu, atau mencairkannya dalam saus salad. Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan tapi ada sesuatu yang harus Anda tahu. 100 Gram keju mengandung 400 kalori. Padahal, orang sering menambahkan keju dalam jumlah besar.Pilih keju rendah le [...]

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

7 Resep Ampuh Turunkan Berat Badan bagi si Sibuk

Kehidupan super sibuk sering dijadikan mereka yang ingin menurunkan berat badan sebagai alasan tak sempat untuk berolahraga dan memasak makanan sehat di rumah. Kesibukan di kantor yang menguras waktu atau kesibukan kuliah ditambah perjalanan panjang rumah ke kantor pulang pergi membuat waktu hanya cukup untuk beristirahat. Tapi tenang, bagi Anda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menurunkan berat badan masih ada cara untuk mendapatkan hal tersebutl lewat beberapa langkah kecil. Dilansir dari laman Women's Health pada Senin (24/11/2014) dengan melakukan beberapa hal kecil berikut bisa berdampak menurunkan berat badan Anda. 1. Singkirkan stok makanan atau minuman tak sehat Jauhkan makanan enak di lidah seperti keripik, kerupuk olahan, makanan beku. Lupakan juga aneka minuman kola dan manis lainnya. "Ketika sedang sibuk dan lapar, Anda akan mengambil makanan ini dibandingkan makanan sehat," terang ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietics, Alissa Rumsey, R.D. Lebih baik, siapkan makanan sehat seperti buah dan sayuran. 2. Tulis jadwal olahragaTulis dalam reminder Anda maupun notes, pada pukul berapa esok akan berolahraga. "Jika Anda menulis dengan spesifik be [...]

3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

3 Kudapan Nikmat di Musim Panas

Banyak cairan terbuang di musim panas membuat kita membutuhkan asupan makanan dan minuman yang mampu mengembalikan jumlah cairan yang sudah terbuang. Berikut ini beberapa jenis cemilan yang dapat Anda konsumsi di musim panas, seperti dikutip laman Health Me Up, Senin (14/4/2014) 1. Salad semangkaSemangka adalah camilan terbaik yang dapat Anda makan di musim panas. Bila mengonsumsi semangka dianggap sudah biasa, cobalah untuk membuat salad semangka.Cara, potong dadu buah semangka, tambahkan keju feta, kacang pinus, dan dan daun kemangi.2. Yoghurt dengan buah-buahanKonsumsilah beberapa jenis buah seperti anggur, jeruk, dan mangga di musim panas. Selain kaya vitamin C, ketiga jenis buah ini juga dipercaya dapat mengambalikan cairan yang sudah terbuang.Agar lebih asyik dalam mengonsumsinya, campurkan buah-buahan itu dengan yoghurt sehat. Jangan lupa, tambahkan kacang untuk menambah kegaringan.Bagi perempuan yang rutin mengonsumsi buah, apa pun musimnya, dapat mencegah terjadinya segala jenis kanker di tubuhnya.Kepala Departemen Radioterapi RSCM, Prof, DR. Dr. Soehartati Gondhowiardjo, SpRad (K) OnkRad mengatakan, mengonsumsi buah adalah bentuk pencegahan yang dapat dilakukan agar terhi [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *