5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

breakup.jpg

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan.

“Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas,” ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.

Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. “Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta,” kata Erica Slotter, penulis studi.

Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:

1. Lebih Tenang
Saa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan Anda. Menurut Peter Strong, Ph.D. penulis ‘The Path of Mindfulness Meditation’, meditasi adalaha cara terbaik. Cari waktu untuk berdiam diri dan duduk sambil memikirkan apa yang menyebabkan rasa sakit hati Anda. Menurut Strong, “Anda memiliki kontrol penuh dan tanggung jawab untuk apa yang Anda rasakan. Perasaan Anda tidak berhubungan dengan hal yang terjadi dengan Anda.”

Biasanya meditasi ini menghabiskan waktu hingga 15 hingga 20 menit. Tapi jika Anda merasa rasa sakit yang berlebihan, bermeditasilah hingga 30 menit dan persiapkan diri terhadap rasa sakit. Strong merekomendasikan,” Katakan pada penderitaan Anda, ‘Saya merasakanmu dan memilih untuk tersenyum’.”

2. Kebiasaan Makan yang Lebih Baik
“Wanita sering komplain karena mereka terpaksa mengonsumsi jumlah makanan yang sama dengan pasangannya, dan itu menambah berat badan mereka. Setelah putus cinta, wanita bisa fokus pada kebutuhan kalorinya yang sesuai dan terutama porsi makan yang diinginkannya,” jelas pakar nutrisi Susan Mitchell, Ph.D.

Memilih makanan yang tepat dapat membuat Anda jauh lebih baik. Menurut Mitchell, makanan dengan vitamin C, vitamin B dan potasium –seperti dalam bayam dan buah berry– bisa bantu mengurangi stres. “Dapatkan cukup protein untuk kesehatan rambut dan kualitas tidur yang lebih baik,” jelas Mitchell lagi.

3. Memaksimalkan Hidup
Menurut psikologi dari Washington DC, Marsha Lucas, Ph.D., wanita cenderung menjadikan pasangannya sebagai fokus utama, ketika sedang menjalin asmara. “Setelah putus, Anda dapat menemukan kembali hal-hal tentang diri Anda yang pernah terlupakan,” tambah Lucas. Tanyakan pada diri apa yang Anda ingin ciptakan. “Jika Anda mulai bertanya apa yang harus dilakukan selanjutnya, Anda akan mulai kembali mempelajari diri,” jelas Lucas lagi.

4. Keinginan Olahraga Meningkat
Saat berpacaran, Anda tak punya banyak waktu untuk berolahraga, jadi inilah saat yang tepat untuk melakukannya. “Sebuah perpisahan bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk berpikir lebih mandiri dan melakukan hal yang dia rasa menyenangkan. Olahraga telah terbukti bisa menjadi obat stres dan cemas dalam beberapa kasus ,” ujar Tommy Boone , Ph.D., pendiri American Society of Exercise Physiologists.

5. Lebih Dekat dengan Teman
Sebuah studi di University of Minnesota menemukan bahwa putus cinta bisa membuat pertemanan menjadi lebih erat. Untuk menghindari perasaan kesepian, Anda akan lebih sering bertemu dengan teman-teman. Menurut Tashiro, “Teman-teman dan keluarga dapat memprediksi hubungan bahkan kepuasaan Anda terhadap hubungan di masa depan.”

(eya/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Hindari Alergi Matahari, Wanita Ini Memutuskan Untuk Berhijab

Akhir-akhir hijab telah menjadi tren fashion di kalangan muslimah Indonesia. Semakin banyak perempuan muda yang tertarik untuk berhijab karena dapat mengikuti aturan agama tetapi tetap cantik dan modis.Di Manchester ada seorang perempuan berusia 40 tahun memutuskan untuk mengenakan hijab karena mengidap penyakit Polymorphic Light Eruption (PMLE) atau yang biasa dikenal dengan alergi matahari.Dennis Queen yang merupakan ibu dari empat anak ini akan merasakan gatal yang luar biasa dan kulitnya memerah setelah beberapa saat terpapar matahari secara langsung.Awalnya Queen berusaha mengatasi alerginya dengan menggunakan sunblock dan mengenakan topi untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun cara tersebut dianggap tidak ampuh karena kulitnya tetap memerah dan ia akan merasa gatal.Merasa tidak tahan dengan ruam kulit akibat alerginya, Queen sempat menghindar untuk keluar rumah. Tidak dapat terus menerus berdiam di rumah, Queen mulai mencari cara agar ia tetap dapat keluar rumah pada siang hari tanpa perlu membuat kulitnya memerah dan gatal.Awalnya ia ingin membeli baju yang didesain khusus untuk kulit yang alergi tetapi harganya sangat mahal. Ketika diamati model-mode [...]

Ingin Sehat & Bahagia? Bangunlah Lebih Pagi

Ingin Sehat & Bahagia? Bangunlah Lebih Pagi

Memiliki tubuh yang sehat bukan berarti harus mengonsumsi vitamin mahal dan makanan organik. Menurut penelitian, hanya dengan bangun pagi Anda bisa lebih sehat dan bahagia pada keesokan harinya.Roehampton University melakukan penelitian yang melibatkan 1.100 pria dan wanita. Dalam penelitian tersebut, peneliti menanyai kebiasaan tidur dan riwayat kesehatan mereka.Sebanyak 13 persen dari mereka merupakan orang yang gemar bangun sebelum pukul 7 pagi selama hari kerja dan pada akhir pekan mereka tetap tak mau bangun siang. Sedangkan 6 persen dari mereka merupakan orang yang bangun tidur sebelum pukul 9 pagi dan tidur pada hari Sabtu dan Minggu. Sisanya, 81 persen responden yang melakukan keduanya.Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa orang yang bangun lebih pagi cenderung lebih sehat ketimbang mereka yang bangun siang hari. Selain itu, peneliti mengatakan bahwa bangun pagi juga membuat orang terhindar dari depresi dan kecemasan.Mereka yang bangun pagi tentu memiliki lebih banyak waktu untuk sarapan. Menurut konferensi British Psychological Society, sarapan yang selalu dikaitkan dengan kelangsingan, terbukti berpengaruh pada kestabilan berat badan seseorang.Peneliti Dr Jorge Huber m [...]

7 Hal Ringan yang Bisa Memicu Depresi

7 Hal Ringan yang Bisa Memicu Depresi

Depresi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma dan stres. Namun, bukan hanya masalah berat saja yang memicu orang menjadi depresi. Ada juga hal-hal ringan dan sepele yang bisa membuat seseorang menjadi stres berat.Faktor apa sajakah itu? Dilansir dari HealthMeUp, ini dia beberapa hal sederhana yang memicu depresi.CuacaApakah Anda pernah merasa sedih atau putus asa setiap pergantian musim panas ke musim dingin atau hujan? Jangan khawatir, ini bukan kondisi yang parah. Kondisi ini disebut dengan Seasonal Affective Disorsed atau SAD. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk orang yang memiliki kondisi kesehatan mental normal.MerokokDepresi sering dikaitkan dengan tingkat kecanduan merokok. Sering kali, orang yang ingin berhenti merokok mengalami perubahan suasana hati dan cemas.Kurang TidurKita sering merasa kesal dan cepat marah jika kurang tidur. Jika masalah kurang tidur ini terjadi terus-menerus, lama-lama efeknya bisa membuat seseorang depresi.Penyakit TiroidBanyak penelitian yang menunjukkan bahwa depresi merupakan tanda penyakit tiroid yang tidak diobati. Ketika kelenjar tiroid di leher tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup, maka mengarah p [...]

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak

Ingin anak Anda mencetak prestasi cemerlang di sekolah? Maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk perlu perhatikan informasi nutrisi-nutrisi apa saja yang dapat mendukung tumbuh kembangnya guna mengoptimalkan prestasi sekolahnya. Sulit dipungkiri, nutrisi menjadi pemeran penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dimana pemeran kunci kesehatan ini tidak lain didapat dari makanan dan minuman yang diasupnya. Berikut ini adalah daftar 10 nutrisi yang penting bagi anak Anda. 10 Nutrisi Paling Penting Bagi Anak Ingin anak Anda mencetak prestasi cemerlang di sekolah? Maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk perlu perhatikan informasi nutrisi-nutrisi apa saja yang dapat mendukung tumbuh kembangnya guna mengoptimalkan prestasi sekolahnya. Sulit dipungkiri, nutrisi menjadi pemeran penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak. Dimana pemeran kunci kesehatan ini tidak lain didapat dari makanan dan minuman yang diasupnya. Berikut ini adalah daftar 10 nutrisi yang penting bagi anak Anda. 1. Vitamin A Vitamin A penting untuk kesehatan mata anak, terutama untuk penglihatan warna dan penglihatan di malam hari. Selain itu [...]

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Pernahkah Anda mengalami tenggorokan sakit, gatal, kering, sakit ketika menelan, kadang disertai batuk? Tentu semua gejala tersebut sangat mengganggu. Sakit tenggorokan merupakan gejala utama dari faringitis atau radang tenggorokan. Penyebab terseringnya adalah infeksi virus seperti influenza atau common cold. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus umumnya bisa membaik dengan sendirinya tanpa perlu obat-obatan. Sedangkan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri memerlukan antibiotik untuk mencegah munculnya komplikasi. Penyebab lainnya adalah alergi, iritam, gastroesophageal reflux disease (GERD), tumor, dan udara kering. Pengobatan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh selain virus dan bakteri disesuaikan dengan diagnosis penyakitnya. Untuk diagnosis pasti diperlukan pemeriksaan fisik menyeluruh oleh dokter dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan, seperti pemeriksaan darah lengkap, tes alergi, rontgen dada, dan sebagainya. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi keluhan sakit tenggorokan, selengkapnya di halaman selanjutnya: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Berikut ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan di ru [...]

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media

KADINKES DKI Soal KJS: Perlu Keseimbangan Pemberitaan Media Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati, meninjau rendahnya keseimbangan pemberitaan pada media menyoal polemik Kartu Jakarta Sehat; ?jangan sampai yang diinformasikan adalah kejelekkan rumah sakit, kejelekkan sang dokter. Tapi ngga pernah terekspos selama 2012 itu adalah 3,2 juta masyarakat miskin yang sudah kita obat dan sembuh gitu loh,? demikian jelas beliau. Dalam penilaian beliau, media justru memiliki potensi peran penting dalam mendukung edukasi penyelenggaraan KJS, namun disayangkan justru yang muncul justru peran media yang dianggap memiliki kepentingan yang dirasa memberatkan pelaku pelyanan kesehatan; ?belum tentu semua media yang bagus itu bagus untuk media. Namun begitu informasinya jelek, itu adalah good news untuk media,? sampainya. Lebih lanjut, beliau memaparkan bagaimana pentingnya proses edukasi kepada masyarakat dalam penyelenggaraan KJS. ?Satu sisi diinformasikan standar prosedur kemudian bagaimana komunikasi dengan pasien, bagaimana dengan standar IGD. Tapi masyarakat pun juga harus edukasi, ngga bisa ngga. Ya ngga bisa ujuk-ujuk dalam kondisi biasa masuk rumah sakit swasta tanpa premier [...]

5 Tips Merawat Contact Lens

5 Tips Merawat Contact Lens

Oleh: dr. Nadia Octavia Merawat contact lens sama seperti merawat mata kita sendiri. Semakin lalai kita melakukan langkah perawatam, semakin tinggi risiko terkena infeksi mata dan paparan kondisi fatal lainnya yang tidak kita inginkan. Berikut ini adalah 5 tips merawat contact Lens. 1. Jagalah higienitas Cucilah dan keringkan tangan Anda sebelum menggunakan atau merawat lensa kontak. 2. Lepas lensa kontak sebelum tidur Menggunakan lensa kontak selama tidur dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi mata. 3. Minimalisir kontak dengan air Lepaslah lensa kontak Anda jika akan mandi, berenang ataupun berendam 4. Rawatlah lensa kontak dengan cairan khusus Gunakan selalu cairan khusus untuk lensa kontak - hindari menggunakan air atau cairan lainnya 5. Perhatikan tanggal kadaluarsa lensa kontak Bila memang tanggal kadaluarsa telah melewati tanggal yang telah ditentukan, maka sebaiknya jangan Anda gunakan lagi. (NO) [...]

4 Cara Tepat Menggosok Gigi

4 Cara Tepat Menggosok Gigi

Menurut para ahli, menyikat gigi yang tidak teratur dapat menyebabkan bau mulut, gigi berlubang dan juga penyakit periodontal (penyakit gusi). Untuk hindari hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak empat cara tepat menggosok gigi.1. Ketahui cara menyikat gigi yang benarPara ahli mengungkapkan bahwa menyikat gigi yang benar membutuhkan waktu minimal dua menit agar hasil yang didapat maksimal. Saat membersihkan gigi ada beberapa langkah-langkah yang harus diikuti, ini dia langkah-langkahnya.*Bersihkah permukaan gigi bagian luar, diawali dari gigi atas kemudian gigi bawah.*Bersihkan permukaan gigi bagian dalam.*Bersihkan gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah seperti gigi graham.*Lalu sikat permukaan luar dan dalam gigi graham Anda.*Jangan lupa untuk menyikat lidah dengan sikat khusus lidah untuk mendapatkan nafas yang segar dan mengurangi bakteri mulut.2. Gunakan sikat gigi yang tepatPastikan sikat gigi Anda terbuat dari bahan nilon yang nyaman. Sesuaikan bentuk sikat gigi dengan ukuran mulut. Jika Anda memiliki mulut yang kecil, sebaiknya pilih kepala sikat gigi yang berukuran kecil. Saat akan menyikat gigi, pastikan bahwa sikat gigi Anda basah terlebih dahulu agar tidak melukai [...]

Pakai Bra Berkawat, Wanita Ini Selamat dari Peluru Nyasar

Pakai Bra Berkawat, Wanita Ini Selamat dari Peluru Nyasar

Tembakan nyasar bisa terjadi kapan saja, tak terkecuali ketika sedang bersepada santai kala liburan. Peristiwa kurang menyenangkan tersebut pun belum lama ini menimpa seorang wanita asal Jerman. Untungnya, wanita berusia 42 tahun itu berhasil lolos dari kecelakaan tanpa luka yang terlalu parah. Menariknya, ia terselamatkan berkat bra berkawat yang tengah dikenakan.Bra berkawat biasanya digunakan para wanita untuk membuat payudara terlihat lebih kencang bahkan besar. Tak jarang pakaian dalam tersebut diandalkan untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Siapa sangka jika kawat-kawat untuk menyangga payudara itu berhasil menyelamatkan nyawa seorang wanita yang tidak diketahui namanya tersebut.Peristiwa itu terjadi ketika korban tengah bersepada dengan sang suami dalam liburan mereka ke daerah Mecklenberg-Western Pomerania dekat Berlin, Jerman. Naasnya, ketika melintasi kota Gadebusch, mereka melewati jalur perburuan. Di situ lah, wanita tersebut tertembak peluru nyasar yang dimaksudkan untuk melemahkan babi hutan."Aku merasakan rasa sakit yang tiba-tiba di dada. Aku melihat ke bawah kawat di braku bengkok," kata korban kepada Dailymail.Tak lama setelah peristiwa tersebut, pelaku [...]

Hidup Di Kota Besar Bisa Buat Orang Jadi Tak Sehat?

Hidup Di Kota Besar Bisa Buat Orang Jadi Tak Sehat?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dan tumbuh di kota besar berpotensi menghadapi berbagai masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental yang serius. Masalah ini jelas merupakan ancaman besar, karena semakin hari semakin banyak orang yang pindah ke kota.Pada tahun 1990, hanya 14 persen dari penduduk dunia yang tinggal di kota besar. Tahun 2008, penduduk yang tinggal di kota meningkat menjadi 50 persen. PBB memperkirakan jumlah penduduk dunia yang tinggal di kota besar akan meningkat menjadi 70 persen.Secara umum, masyarakat perkotaan lebih memiliki kualitas hidup yang baik daripada masyarakat pedesaan. Mereka memiliki penghasilan yang cukup, karir yang cemerlang, fasilitas kesehatan yang memadai, sanitasi yang baik, dan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Tapi ternyata hidup di perkotaan berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan kronis seperti penyakit mental, penyakit kekebalan tubuh, arthritis, penyakit jantung, kanker dan masalah kesuburan.Sebagai konsekuensi dari semakin padatnya penduduk perkotaan, masalah tersebut menjadi semakin buruk. Hasil penelitian menyebutkan bahwa polusi di perkotaan mempengaruhi kesehatan manusia, bahkan janin yang masih [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *