5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

breakup.jpg

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan.

“Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas,” ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.

Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. “Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta,” kata Erica Slotter, penulis studi.

Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:

1. Lebih Tenang
Saa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan Anda. Menurut Peter Strong, Ph.D. penulis ‘The Path of Mindfulness Meditation’, meditasi adalaha cara terbaik. Cari waktu untuk berdiam diri dan duduk sambil memikirkan apa yang menyebabkan rasa sakit hati Anda. Menurut Strong, “Anda memiliki kontrol penuh dan tanggung jawab untuk apa yang Anda rasakan. Perasaan Anda tidak berhubungan dengan hal yang terjadi dengan Anda.”

Biasanya meditasi ini menghabiskan waktu hingga 15 hingga 20 menit. Tapi jika Anda merasa rasa sakit yang berlebihan, bermeditasilah hingga 30 menit dan persiapkan diri terhadap rasa sakit. Strong merekomendasikan,” Katakan pada penderitaan Anda, ‘Saya merasakanmu dan memilih untuk tersenyum’.”

2. Kebiasaan Makan yang Lebih Baik
“Wanita sering komplain karena mereka terpaksa mengonsumsi jumlah makanan yang sama dengan pasangannya, dan itu menambah berat badan mereka. Setelah putus cinta, wanita bisa fokus pada kebutuhan kalorinya yang sesuai dan terutama porsi makan yang diinginkannya,” jelas pakar nutrisi Susan Mitchell, Ph.D.

Memilih makanan yang tepat dapat membuat Anda jauh lebih baik. Menurut Mitchell, makanan dengan vitamin C, vitamin B dan potasium –seperti dalam bayam dan buah berry– bisa bantu mengurangi stres. “Dapatkan cukup protein untuk kesehatan rambut dan kualitas tidur yang lebih baik,” jelas Mitchell lagi.

3. Memaksimalkan Hidup
Menurut psikologi dari Washington DC, Marsha Lucas, Ph.D., wanita cenderung menjadikan pasangannya sebagai fokus utama, ketika sedang menjalin asmara. “Setelah putus, Anda dapat menemukan kembali hal-hal tentang diri Anda yang pernah terlupakan,” tambah Lucas. Tanyakan pada diri apa yang Anda ingin ciptakan. “Jika Anda mulai bertanya apa yang harus dilakukan selanjutnya, Anda akan mulai kembali mempelajari diri,” jelas Lucas lagi.

4. Keinginan Olahraga Meningkat
Saat berpacaran, Anda tak punya banyak waktu untuk berolahraga, jadi inilah saat yang tepat untuk melakukannya. “Sebuah perpisahan bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk berpikir lebih mandiri dan melakukan hal yang dia rasa menyenangkan. Olahraga telah terbukti bisa menjadi obat stres dan cemas dalam beberapa kasus ,” ujar Tommy Boone , Ph.D., pendiri American Society of Exercise Physiologists.

5. Lebih Dekat dengan Teman
Sebuah studi di University of Minnesota menemukan bahwa putus cinta bisa membuat pertemanan menjadi lebih erat. Untuk menghindari perasaan kesepian, Anda akan lebih sering bertemu dengan teman-teman. Menurut Tashiro, “Teman-teman dan keluarga dapat memprediksi hubungan bahkan kepuasaan Anda terhadap hubungan di masa depan.”

(eya/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Oksitosin Bantu Membangun Cinta yang Tahan Lama

Jika dewa asmara pernah mempelajari dan mengerti neuroscience, Ia pasti akan mengarahkan panahnya ke otak ketimbang hati. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk cinta yang langgeng, sebaiknya Ia mencelupkan panahnya pada oksitosin. Dan juga para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa hormon ini sangat penting bagi tikus monogami untuk tetap setia pada pasangan mereka, dan bahwa hal itu membuat manusia lebih percaya terhadap satu sama lain. Dan sekarang, mereka menemukan bahwa itu juga penting untuk bagaimana kita membentuk dan memelihara hubungan romantis. Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa oksitosin membuat kita lebih simpatik, saling mendukung dan terbuka mengenai perasaan kita. Temuan ini memberikan ide pada beberapa peneliti untuk menyelidiki apakah oksitosin dapat digunakan dalam beberapa terapi lainnya. Hormon Oksitosin Bukti pertama dari peneliti yang mengukur hormon pada pasangan menunjukkan bahwa oxytocin memiliki peran sebagai perekat cinta yang alami. Profesor psikologi Ruth Feldman di Bar-Ilan University, Israel, menghabiskan bertahun-tahun mempelajari peran oksitosin dalam ikatan ibu-anak dan baru-baru ini memutuskan untuk menyelam ke dalam pe [...]

Memilih Obat Batuk yang Tepat untuk Anak

Memilih Obat Batuk yang Tepat untuk Anak

Jenis batuk pada anak, seperti halnya orang dewasa, sangat beragam dan hal ini membuat penanganan batuk harus disesuaikan dengan penyebabnya. Apakah karena alergi, infeksi virus, atau kelainan fisiologis lain. Namun, sebagian besar batuk pada anak disebabkan oleh infeksi virus yang akan membaik dengan sendirinya dalam 2-3 hari. Berikut adalah jenis batuk pada anak yang perlu Anda ketahui: 1. Batuk menggonggong Batuk seperti menyalak (menggonggong) umumnya disebabkan oleh inflamasi atau pembengkakan pada saluran napas atas. Kebanyakan batuk ini disebabkan oleh croup, yakni inflamasi pada laring (pangkal tenggorok) dan trakea (batang tenggorok). Croup dapat disebabkan oleh infeksi virus, perubahan suhu pada malam hari, dan infeksi saluran napas atas. Anak di bawah 3 tahun cenderung terserang croup karena batang tenggoroknya sempit. Mengenali Jenis Batuk 2. Pertusis/batuk rejan Batuk rejan atau pertusis adalah infeksi pada saluran napas, yang terjadi akibat bakteri bordetella pertusis. Penyakit ditandai oleh batuk yang diakhiri dengan bunyi khas saat anak menarik napas. Gejala lainnya adalah hidung berair, bersin, batuk, dan sedikit demam. Penyakit ini biasanya [...]

Akhir Pekan Buat Karyawan Lebih Sehat & Bahagia

Akhir Pekan Buat Karyawan Lebih Sehat & Bahagia

Hampir semua orang senang dengan kedatangan akhir pekan, termasuk para karyawan. Akibatnya, kesehatan mereka pun berada dalam kondisi baik pada Jumat sore hingga Minggu malam.Saat akhir pekan, setiap orang bebas melakukan apapun yang ingin mereka lakukan bersama dengan dengan orang-orang tersayang. Itulah faktor yang yang mempengaruhi kesehatan seseorang pada periode akhir pekan (weekend)."Bahkan pekerja dengan status tinggi sekalipun merasa lebih sehat dan bahagia saat weekend," ujar Richard Ryan, profesor psikologi dari University of Rochester seperti dilansir Sciencedaily.Ryan mengatakan bahwa waktu luang sangat penting dan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. "Masa luang pada waktu weekend harus benar-benar dimanfaatkan karena sebenarnya itu adalah kebutuhan psikologis dasar manusia yang erat kaitannya dengan kesehatan fisik," jelas Ryan.Ia dan rekannya sudah melakukan studi terhadap 74 orang berusia 18 hingga 62 tahun yang bekerja minimal 30 jam dalam seminggu. Selama 3 minggu, peserta survei diminta mengisi kuesioner yang menjelaskan aktivitas, keadaan serta perasaan setiap harinya seperti senang, sedih, marah, depresi, stres dan juga masalah kesehatannya seperti gang [...]

Studi: Tertawa Membuat Orang Lebih Mudah Bocorkan Rahasia

Studi: Tertawa Membuat Orang Lebih Mudah Bocorkan Rahasia

Banyak orang mengatakan tertawa adalah obat terbaik untuk mengurangi risiko terkena penyakit. Tetapi sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Human Nature menunjukkan bahwa dengan tertawa, seseorang juga dapat mengungkapkan rahasia pribadi yang dimilikinya.Penelitian yang dilakukan di University College London, Inggris ini melibatkan 122 mahasiswa yang terbagi ke dalam empat kelompok. Kelompok tersebut diperlihatkan beberapa video berdurasi 10 menit yang akan menimbulkan berbagai reaksi.Video pertama merupakan cuplikan tayangan acara komedi yang sengaja diputar untuk membangkitkan gairah tertawa. Video kedua adalah tayangan yang memperlihatkan suasana alam dan interaksi antara hewan-hewan untuk menimbulkan perasaan yang menyenangkan. Sedangkan satu video lagi dimaksudkan untuk memunculkan perasaan damai berupa tayangan permainan golf.Meskipun mereka tidak berinteraksi satu sama lain selama tayangan berlangsung, namun tontonan yang dilihat oleh empat kelompok tersebut membuktikan bahwa tertawa merupakan hal yang menular. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang bisa tertawa 30 kali lebih banyak jika ia berada di dalam suatu perkumpulan sosial.Peneliti menemukan bahwa [...]

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Berakibat Buruk

5 Kebiasaan Baik yang Bisa Berakibat Buruk

Semua orang tahu bahwa kebiasaan buruk seperti merokok, malas berolahraga dan meminum alkohol dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Namun ternyata ada kebiasaan baik yang bisa membahayakan tubuh. Seperti yang dikutip dari womansday, berikut 5 kebiasaan tersebut.1. Terlalu Sering Memakai Cairan Pencuci TanganMenurut Richard Gallo, MD, PhD, kepala divisi Dermatology at the University of California, San Diego, sebaiknya hindari menggunakan cairan pembersih tangan terlalu sering. Dalam sebuah penelitian terbaru dijelaskan bahwa cairan pembersih atau gel sanitasi mengandung triklosan yang membuat bakteri menjadi kebal dan berkembang lebih cepat. Hal ini juga berlaku pada semua sabun pencuci tangan yang mengandung triklosan. Oleh karena itu, Gallo menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun atau gel sanitasi yang mengandung alkohol minimal 60% karena bisa membunuh bakteri hingga 99%.2. Gonta-Ganti Produk KecantikanHasil yang lama seringkali membuat Anda mencoba-coba berbagai produk kecantikan, mulai dari obat jerawat hingga pemutih kulit. Hal ini pun diamini oleh Jody Levine, seorang dermatologis dari New York."Wanita bisa dengan mudah bosan dengan rutinitas kecantikan mereka, terut [...]

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Hati-hati saat Mengonsumsi Obat Pencahar

Susah buang air besar atau konstipasi dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari. Tidak sedikit penderitanya yang memutuskan untuk menggunakan obat pencahar sebagai solusi. Namun konsumsi obat ini perlu dilakukan dengan cermat untuk menghindari risiko dan efek samping. Terdapat berbagai jenis pencahar yang bekerja dengan cara berbeda. Efektivitasnya pun bisa berbeda. Berikut ini tiga di antaranya yang paling umum: Obat pencahar osmotik: merangsang tubuh untuk meningkatkan jumlah cairan dalam usus sehingga tinja dilunakkan dan didorong keluar tubuh. Contoh: laktulosa dan macrogol. Obat pencahar pembentuk tinja: membuat tinja menyerap cairan dan menjadi lunak sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah. Contoh: sekam ispaghula dan metilselulosa. Obat pencahar stimulan: merangsang dan membantu otot yang melapisi saluran pencernaan untuk mendorong tinja dalam usus besar menuju anus. Contoh: senna, bisacodyl, dan sodium picosulphate. Pada umumnya obat pencahar osmotik dan pembentuk tinja lebih ringan cara kerjanya dibandingkan obat pencahar stimulan. Namun penggunaan semua obat pencahar sebaiknya dilakukan dengan cermat dan lebih dulu dikonsultasikan dengan dokter. Pandua [...]

Apa yang Buat Payudara Nyeri Saat Jelang Menstruasi?

Apa yang Buat Payudara Nyeri Saat Jelang Menstruasi?

Menjelang haid, tubuh wanita mengalami banyak perubahan yang dinamai PMS (premenstrual syndrome). Selain mood yang naik turun, gejala PMS seringkali ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada payudara. Mengapa bisa terjadi?Menurut dr. Dhely Lesthama SpOG, dokter spesiali obstetri-ginekologi, Payudara nyeri atau terasa membesar sebelum dan saat menstruasi adalah normal dan tidak berbahaya jika nyerinya tidak terjadi terus menerus. Nyeri tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen.Hal yang tak jauh berbeda diungkap oleh dr Denni Joko Purwanto SpBK Onk, spesialis bedah onkolog. Menurut dr Denni, saat menjelang mensturasi payudara wanita secara fisiologis dipengaruhi oleh hormon. Akibatnya, payudara menjadi sembab dan kencang sehingga timbul rasa nyeri.Menurut pakar kesehatan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, menjauhi makanan yang mengandung banyak garam, berolahraga sampai melakukan akupuntur.Namun untuk urusan nyeri payudara karena haid, pijat adalah salah satu cara yang paling tepat. Caranya? Oleskan minyak pijat seperti, minyak aromaterapi, minyak telon atau minyak zaitun, di sekitar payudara [...]

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

8 Makanan Wajib yang Harus Dikonsumsi

Diet yang seimbang pastinya harus menjadi prioritas utama kita! Mengkonsumsi beragam jenis makanan dapat memberikan sumbangan nutrisi yang seimbang bagi tubuh kita yang memang membutuhkan beragam jenis nutrisi makro maupun mikro. Nutrisi makro yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan nutrisi mikro yang diperlukan tubuh adalah berupa vitamin dan mineral dalam berbagai jenis. Dari berbagai jenis makanan yang ada di dunia, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh terlewatkan untuk dikonsumsi karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah: Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Anda: 1. Apel Apel adalah makanan tinggi serat larut dan tidak larut. Salah satu serat larut yang penting adalah pektin yang membantu mengatasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh. Kulit apel juga bermanfaat karena mengandung senyawa antioksidan dan anti-peradangan. 2. Pisang Pisang mengandung banyak kalium yang berguna untuk fungsi otot dan saluran cerna. Pisang juga mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. 3. Brokoli Brokoli adalah makanan tinggi serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu [...]

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Hubungan Seksual Setelah Melahirkan

Berhubungan seksual setelah melahirkan mungkin merupakan hal terakhir yang Anda pikirkan. Ketahuilah hal-hal berikut sebelum Anda memulai hubungan seks setelah melahirkan. Setelah bayi saya lahir, kapan saya boleh berhubungan seksual? Baik Anda melahirkan secara normal maupun caesar, tubuh Anda sama-sama membutuhkan waktu penyembuhan. Para ahli menganjurkan untuk menunggu setidaknya 4-6 minggu setelah melahirkan untuk serviks dapat menutup, perdarahan postpartum berhenti dan laserasi atau robekan menyembuh. Apakah akan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah melahirkan? Setelah melahirkan, terutama jika Anda menyusui, vagina Anda akan cenderung menjadi kering dan nyeri, terutama setelah melahirkan secara normal akan terjadi penurunan kekuatan otot vagina yang dapat menimbulkan rasa ketidaknyamanan. Untuk mengembalikan kekuatan otot dasar panggul, cobalah melakukan senam kegel. Apakah saya perlu menggunakan kontrasepsi? Hubungan Seksual Setelah Melahirkan Anda sebaiknya menggunakan kontrasepsi (bahkan jika Anda sedang menyusui), kecuali Anda berharap segera hamil kembali. Para ahli menganjurkan untuk menggunakan metode barrier seperti kondom dan spermi [...]

Bahaya Penyakit dari Kucing

Bahaya Penyakit dari Kucing

Dewasa ini, tidak hanya anjing yang sering dipelihara orang, kucing pun begitu digemari dengan segala tingkah lugunya. Mereka yang menggemari kucing, biasanya tidak menyukai anjing, dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang salah dalam memelihara binatang, apapun itu jenisnya, tetapi ada hal-hal; yang harus kita ketahui supaya hewan peliharaan kita tidak merugikan kita, dengan menimbulkan penyakit misalnya. Kucing yang Menggemaskan, Toksoplasma yang Mencemaskan Toksoplasmosis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang hidup di dalam tubuh kucing. Jika kita tidak hati-hati saat membersihkan kotoran kucing, bisa saja parasit ini masuk ke dalam tubuh kita dan menjadi sumber infeksi. Apa saja gejala dari penyakit tersebut? Berikut paparannya: Bahaya Penyakit dari Kucing Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala, demam, dan nyeri pada otot, Anda perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter, mungkin saja Anda baru tertular. Jika Anda memiliki sistem imun yang baik, Anda tidak perlu terlalu kuatir, tetapi lain halnya jika sistem imun Anda menurun, atau mungkin Anda sedang hamil, segeralah hubungi dokter, karena infeksi ini akan membahayakan ja [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *