5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

breakup.jpg

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan.

“Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas,” ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.

Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. “Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta,” kata Erica Slotter, penulis studi.

Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:

1. Lebih Tenang
Saa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan Anda. Menurut Peter Strong, Ph.D. penulis ‘The Path of Mindfulness Meditation’, meditasi adalaha cara terbaik. Cari waktu untuk berdiam diri dan duduk sambil memikirkan apa yang menyebabkan rasa sakit hati Anda. Menurut Strong, “Anda memiliki kontrol penuh dan tanggung jawab untuk apa yang Anda rasakan. Perasaan Anda tidak berhubungan dengan hal yang terjadi dengan Anda.”

Biasanya meditasi ini menghabiskan waktu hingga 15 hingga 20 menit. Tapi jika Anda merasa rasa sakit yang berlebihan, bermeditasilah hingga 30 menit dan persiapkan diri terhadap rasa sakit. Strong merekomendasikan,” Katakan pada penderitaan Anda, ‘Saya merasakanmu dan memilih untuk tersenyum’.”

2. Kebiasaan Makan yang Lebih Baik
“Wanita sering komplain karena mereka terpaksa mengonsumsi jumlah makanan yang sama dengan pasangannya, dan itu menambah berat badan mereka. Setelah putus cinta, wanita bisa fokus pada kebutuhan kalorinya yang sesuai dan terutama porsi makan yang diinginkannya,” jelas pakar nutrisi Susan Mitchell, Ph.D.

Memilih makanan yang tepat dapat membuat Anda jauh lebih baik. Menurut Mitchell, makanan dengan vitamin C, vitamin B dan potasium –seperti dalam bayam dan buah berry– bisa bantu mengurangi stres. “Dapatkan cukup protein untuk kesehatan rambut dan kualitas tidur yang lebih baik,” jelas Mitchell lagi.

3. Memaksimalkan Hidup
Menurut psikologi dari Washington DC, Marsha Lucas, Ph.D., wanita cenderung menjadikan pasangannya sebagai fokus utama, ketika sedang menjalin asmara. “Setelah putus, Anda dapat menemukan kembali hal-hal tentang diri Anda yang pernah terlupakan,” tambah Lucas. Tanyakan pada diri apa yang Anda ingin ciptakan. “Jika Anda mulai bertanya apa yang harus dilakukan selanjutnya, Anda akan mulai kembali mempelajari diri,” jelas Lucas lagi.

4. Keinginan Olahraga Meningkat
Saat berpacaran, Anda tak punya banyak waktu untuk berolahraga, jadi inilah saat yang tepat untuk melakukannya. “Sebuah perpisahan bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk berpikir lebih mandiri dan melakukan hal yang dia rasa menyenangkan. Olahraga telah terbukti bisa menjadi obat stres dan cemas dalam beberapa kasus ,” ujar Tommy Boone , Ph.D., pendiri American Society of Exercise Physiologists.

5. Lebih Dekat dengan Teman
Sebuah studi di University of Minnesota menemukan bahwa putus cinta bisa membuat pertemanan menjadi lebih erat. Untuk menghindari perasaan kesepian, Anda akan lebih sering bertemu dengan teman-teman. Menurut Tashiro, “Teman-teman dan keluarga dapat memprediksi hubungan bahkan kepuasaan Anda terhadap hubungan di masa depan.”

(eya/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Seks Bisa Buat Orang Rajin Gosok Gigi

Menurut sebuah penelitian, kebersihan mulut bukanlah prioritas utama bagi sebagian orang. Satu dari sepuluh orang akui malas menggosok gigi. Tapi kebiasaan buruk ini ternyata bisa dihilangkan dengan rajin bercinta.Dikutip dari female first, penelitian terbaru di Inggris menemukan hasil yang mengejutkan. Terdapat 700 ribu orang mengakui bahwa mereka jarang menyikat gigi selama lebih dari sebulan. Lalu, ada 17 persen orang berkegiatan di luar rumah tanpa menyikat gigi selama tiga hari atau lebih. Temuan-temuan ini menujukkan bahwa banyak orang yang tidak memberikan perhatian pada kesehatan mulutnya.Tom Elton, dari Listerine mengatakan,"sebagian besar orang tidak tahu bahwa terdapat 7,3 miliar kuman di dalam mulut seseorang. Jumlah ini melebihi jumlah manusia di planet ini. Jadi sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mulut.""Penelitian ini jelas menunjukkan bahwa kebersihan mulut merupakan hal yang paling sering diabaikan di Inggris dan banyak orang yang menetapkan standar kebersihan mulut mereka sendiri. Maka tidak mengherankan bahwa data statistik mengungkapkan 45 persen individu dari populasi di Inggris masing-masing memiliki lima atau lebih tambalan gigi," tambah E [...]

‘Mommychi’: Aplikasi yang Membantu Ibu Pantau Perkembangan Anak

‘Mommychi’: Aplikasi yang Membantu Ibu Pantau Perkembangan Anak

PeduliSehat.info - Anda lupa kapan jadwal imunisasi anak berikutnya? Atau Anda perlu kemudahan pemantauan perkembangan dan pertumbuhan anak via handphone atau tablet Anda? Kini perkembangan teknologi kembali menawarkan kemudahan bagi manusia. Kini telah hadir sebuah aplikasi mobile untuk melakukan memantau kesehatan ibu dan anak, yakni Mommychi. Mommychi adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan oleh PT. Kalbe Farma Tbk. (Kalbe), diluncurkan pada Rabu (15/01). Mommychi dirancang untuk para ibu modern guna mencatat kesehatan dan perkembangan secara terstruktur agar terpantau dengan baik. Guna kebutuhan untuk pemenuhan nutrisi dan gizi dapat terpenuhi sejak awal kehamilan hingga masa tumbuh kembang buah hati di usia 1000 hari pertamanya. ?Peluncuran Aplikasi ini menjadi bagian dari kepedulian Kalbe untuk Indonesia lebih sehat, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak, serta sejalan dengan program pemerintah tentang Gerakan 1000 hari pertama kehidupan sebagai upaya percepatan pencapaian Milenium Development Goals,? demikian jelas oleh Direktur PT Kalbe Farma Tbk., Vidjongtius. Hal senada mengenai pentingnya 1.000 hari pertama keh [...]

Penyakit Stroke dan Jantung Dipengaruhi Pendapatan Nasional

Penyakit Stroke dan Jantung Dipengaruhi Pendapatan Nasional

Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyakit yang dipisahkan oleh sebuah patologi umum. Keduanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke organ vital, dan dua penyakit ini banyak sekali faktor risiko secara umum, seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, aktivitas fisik dan merokok. Namun, analisis penyakit jantung dan stroke yang dikumpulkan dari 192 negara oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa faktor dari kedua penyakit tersebut berhubungan erat dengan pendapatan nasional. Laporan analisis ini diterbitkan minggu ini dalam jurnal Circulation, di San Francisco. Menurut para peneliti di University of California, San Francisco (UCSF), menemukan bahwa negara-negara berkembang cenderung lebih banyak memiliki kasus kematian dan cacat oleh stroke dibandingkan dengan penyakit jantung. "Secara umum, penyakit jantung masih nomor satu di seluruh dunia penyebab kematian, namun ada cukup banyak variasi alasan tentang hal ini di setiap dunia," kata Anthony S. Kim, MD, MAS, asisten profesor neurologi di UCSF yang melakukan penelitian dengan S. Claiborne Johnston, MD, PhD, profesor neurologi dan wakil kanselir asosiasi penelitian di UCSF. [...]

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah

Lapisi Gigi, Dapatkan Senyum Indah Oleh: drg. Martha Mozartha Beberapa tahun belakangan ini, industri hiburan di Korea khususnya Korea Selatan melejit dan sepertinya sedang dalam masa keemasan. K-pop, serial atau drama Korea digemari tidak hanya oleh masyarakat Korea Selatan tapi terkenal ke seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa seperti halnya artis Hollywood, artis Korea Selatan pun rata-rata telah menjalani operasi bedah plastik demi memiliki penampilan yang menawan. Dan berdasarkan data statistik dari Departemen Kesehatan Kor-Sel, kecenderungan untuk mengubah penampilan dengan bedah plastik rupanya tidak hanya berlaku pada artis namun juga pada masyarakat awam. Bagian yang paling diminati untuk diperbaiki di tangan seorang dokter adalah bagian mata, tulang rahang dan hidung. Selain itu, tuntutan untuk mendapatkan perawatan gigi juga tinggi, demi sebuah senyum yang indah. Dengan semakin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran gigi, para profesional di bidang ini sangat terbantu untuk dapat memperbaiki bentuk dan warna gigi pasien menjadi lebih memuaskan secara estetik. Salah satu caranya adalah dengan melapisi permukaan gigi dengan suatu material sewarna gigi [...]

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sering Sakit Punggung? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Sakit punggung merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami banyak orang. Dikutip dari Health, 9 dari 10 orang dewasa pernah mengalami sakit punggung beberapa kali dalam hidup mereka. Bahkan 5 dari 10 orang tercatat menderita sakit punggung setiap tahunnya.Nyeri pada area belakang tubuh biasanya disebabkan oleh cara Anda duduk, berdiri dan mengangkat barang. Dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk duduk, tubuh Anda mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan posisi tersebut. Tubuh harus beradaptasi dengan berat yang tertumpu pada pinggul dan panggul saat Anda duduk tegak, bungkuk atau posisi lainnya.Selain itu, ada pula proses pada otot yang bisa menyebabkan punggung terasa nyeri. Saat duduk, otot fleksor di panggul secara otomatis akan menegang, dan ketika berdiri bokong pun berubah menjadi lebih lemah dan kendur karena berada pada posisi yang rileks. Hal itu sering disebut 'muscle imbalance'.Akibat dari ketidakseimbangan otot, akan menimbulkan disfungsi postural dari panggul dan tulang belakang, sehingga menjadikan keduanya berada pada posisi yang tidak normal. Posisi ini bisa merusak kesehatan orang yang sebelumnya tidak memiliki masalah pada punggung, dan bencana bagi me [...]

Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Berapa Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung mempompa darah ke seluruh tubuh Anda. Agar kinerja tubuh maksimal, Anda harus memiliki tekanan darah normal. Lantas, berapa tekanan darah normal pada orang dewasa? Biasanya, makin rendah tekanan darah Anda, maka makin sehat pula tubuh Anda. Namun jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat Anda terkena hipotensi atau tekanan darah rendah. Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal di bawah atau setara 120/80 mm Hg. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90. Namun angka tersebut tidak mutlak. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama. Jika hal itu terjadi, berarti Anda mengidap hipertensi (tekanan d [...]

Fakta dan Mitos Sulit BAB

Fakta dan Mitos Sulit BAB

Sulit BAB (buang air besar) atau dalam medis dikenal dengan istilahkonstipasi, dapat terjadi pada bayi, anak, maupun orang dewasa. Beratnya konstipasi itu sendiri bervariasi pada setiap orang. Sebagian besar orang mengalami konstipasi untuk waktu yang singkat saja (akut). Namun, pada beberapa orang, konstipasi dapat terjadi secara kronik atau berlangsung lama sehingga menyebabkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan mempengaruhi kualitas kehidupan penderitanya. Beberapa komplikasi yang dapat timbul dengan konstipasi kronik adalah wasir atau hemoroid, impaksi tinja (tinja mengeras dan terkumpul dalam rektum), inkontinensia usus (keluarnya tinja cair tanpa disadari). (Baca: 7 Solusi Sulit Buang Besar) Simaklah delapan mitos dan fakta mengenai konstipasi di bawah ini: 1. Anda harus buang air besar (BAB) setiap hari: INI MITOS Frekuensi defeksasi yang normal bervariasi untuk tiap orang. Ada yang BAB 3x dalam sehari, ada juga yang baru BAB setiap 2 hari. Konstipasi berarti BAB kurang dari 3x dalam seminggu. 2. Konstipasi menyebabkan diserap kembalinya substansi beracun dalam tinja: INI MITOS Tidak ada yang dapat membuktukan bahwa tinja memproduksi toksin atau bahwa laksatif maupun pembersih [...]

Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Makanan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Meski sangat lelah, terkadang Anda tetap sulit tidur. Jika obat tidur atau posisi tidur alternatif tidak juga mempan mengusir insomnia, maka cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Dengan mengurangi makanan yang dapat membuat anda terjaga dan menyantap makanan yang sehat membantu anda agar bisa tidur dengan nyenyak. Ini dia tipsnya dari She Knows. - Kurangi Makanan Mengandung Gula dan KafeinMinum mocha atau kopi dan chocolate chip sebagai cemilan di sore hari memang menyenangkan, namun bisa dipastikan malamnya Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Makanan yang sarat akan gula dan kafein akan menghalangi bioritme alami di tubuh anda. ?Jumlah waktu yang diperlukan bagi tubuh untuk mengeluarkan kafein dapat bervariasi di setiap orang. Beberapa orang mungkin memakan waktu hingga 24 jam dan karena itu seharusnya mereka hanya meminum satu cangkir kopi atau teh di pagi hari. Sementara beberapa individu lainnya, bisa mengeluarkan kafein dari tubuh mereka lebih cepat sehingga mereka masih bisa tidur. Jadi, itu benar-benar tergantung pada masing-masing individu." ujar Esther B. Horn seorang ahli diet dan ahli gizi di New York City.- Makanan yang Bisa [...]

Duh! Wanita Ini Kecanduan Makan Batu Bata

Duh! Wanita Ini Kecanduan Makan Batu Bata

Wanita dengan kecanduan aneh semakin banyak. Setelah sebelumnya ada wanita yang kecanduan makan masker wajah dan minum urine, kali ini ada seorang wanita asal Inggris yang tidak bisa berhenti makan batu bata. Adalah wanita bernama Patrice yang kecanduan makan batu bata. Dia sudah mengonsumsi batu tersebut sejak usia 17 tahun. Kini usianya 29 tahun dan sudah sekitar lebih dari 1/2 ton batu bata dimakannya.Kebiasaan Patrice ngemil batu bata ini terjadi gara-gara sang nenek. "Aku melakukannya karena nenekku bilang kalau paman dan bibiku, saat mereka kecil, juga biasa menggali dinding dan mencoba merasakan batu bata," ujarnya.Kecanduan aneh yang dimiliki Patrice ini membuatnya menjadi bintang terbaru reality show dari stasiun televisi TLC 'My Strange Addiction'. Dalam acara tersebut terlihat bagaimana wanita berambut ungu itu mengunyah batu bata yang sudah berukuran kecil."Suatu hari aku mencoba memakannya dan ternyata aku tidak bisa berhenti sama sekali," kata Patrice seperti dikutip Mail Online.Selama 12 tahun terakhir hidupnya, Patrice tidak pernah sekalipun menghabiskan hari tanpa makan batu bata. Pernah karena begitu kecanduannya dia sampai mengikis dinding kamarnya untuk menda [...]

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Solusi Ruam Popok Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Buah hati Anda rewel? Terus menangis? Coba Anda tengok bokongnya dengan seksama. Jika Anda menemukan bokong si kecil penuh dengan bercak-bercak merah dan basah, mungkin saja bayi Anda mengalami ruam popok. Ruam popok adalah suatu kondisi kulit yang teriritasi sehingga muncul bercak-bercak merah cerah yang tidak nyaman bagi bayi. Ruam popok biasanya disebabkan karena: Popok yang jarang diganti Bayi sedang mengalami diare Penggunaan produk popok baru yang lain dari biasanya Ukuran popok yang terlalu kecil dan ketat Penggunaan produk kulit bayi yang lain dari biasanya Ketika bayi mulai makan makanan padat Kulit yang sensitif Untuk mencegahnya, Ibu perlu mengganti popok bayi dengan teratur dan sering. Jangan biarkan buah hati Anda menggunakan popok yang basah dan kotor berlama-lama. Pastikan Anda membersihkan bokong bayi dengan air bersih dan mengeringkannya setiap kali hendak mengganti popok. Hindari penggunaan tissue basah yang mengandung pewangi atau alkohol. Bila bayi sedang mengalami diare sebaiknya Ibu lebih sering lagi mengganti popok bayi. Sediakan waktu agar bayi bebas dari popok sehingga kulit bokong bayi dapat kering cukup lama, misa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *