5 Manfaat Kesehatan Fisik & Mental dari Putus Cinta

breakup.jpg

Putus cinta tak selamanya menyakitkan. Menurut penelitian, putus cinta bisa memberikan manfaat kesehatan baik secara fisik ataupun mental. Apa saja manfaat di balik kandasnya hubungan asmara?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota pada tahun 2003 terhadap 92 siswa, mengungkapkan bahwa ada pertumbuhan pribadi yang terjadi setelah putus cinta. Beberapa diantanya, menjadi sosok yang lebih percaya diri dan mengetahui apa yang diingingkan.

“Setelah hubungan berakhir, kita tidak perlu lagi membenarkan mengapa kita harus bersama orang lain, dan ini memungkinkan kita untuk melihat beberapa hal lebih jelas,” ujat Ty Tashiro, salah satu peneliti.

Sebuah studi Northwestern University menemukan bahwa setelah putus cinta orang cenderung menjadi bingung. Tetapi hal itu tak sepenuhnya buruk. “Perubahan spesifik itu berasal dari kesadaran ingin mencari pengganti pasangan. Jadi tak heran, orang menjadi lebih ramah dan menyenangkan setelah putus cinta,” kata Erica Slotter, penulis studi.

Seperti yang dikutip dari She Knows, berikut lima manfaat kesehatan di balik putus cinta:

1. Lebih Tenang
Saa kekasih tak lagi di samping, Anda jadi bisa memiliki waktu untuk menemukan kesenangan Anda. Menurut Peter Strong, Ph.D. penulis ‘The Path of Mindfulness Meditation’, meditasi adalaha cara terbaik. Cari waktu untuk berdiam diri dan duduk sambil memikirkan apa yang menyebabkan rasa sakit hati Anda. Menurut Strong, “Anda memiliki kontrol penuh dan tanggung jawab untuk apa yang Anda rasakan. Perasaan Anda tidak berhubungan dengan hal yang terjadi dengan Anda.”

Biasanya meditasi ini menghabiskan waktu hingga 15 hingga 20 menit. Tapi jika Anda merasa rasa sakit yang berlebihan, bermeditasilah hingga 30 menit dan persiapkan diri terhadap rasa sakit. Strong merekomendasikan,” Katakan pada penderitaan Anda, ‘Saya merasakanmu dan memilih untuk tersenyum’.”

2. Kebiasaan Makan yang Lebih Baik
“Wanita sering komplain karena mereka terpaksa mengonsumsi jumlah makanan yang sama dengan pasangannya, dan itu menambah berat badan mereka. Setelah putus cinta, wanita bisa fokus pada kebutuhan kalorinya yang sesuai dan terutama porsi makan yang diinginkannya,” jelas pakar nutrisi Susan Mitchell, Ph.D.

Memilih makanan yang tepat dapat membuat Anda jauh lebih baik. Menurut Mitchell, makanan dengan vitamin C, vitamin B dan potasium –seperti dalam bayam dan buah berry– bisa bantu mengurangi stres. “Dapatkan cukup protein untuk kesehatan rambut dan kualitas tidur yang lebih baik,” jelas Mitchell lagi.

3. Memaksimalkan Hidup
Menurut psikologi dari Washington DC, Marsha Lucas, Ph.D., wanita cenderung menjadikan pasangannya sebagai fokus utama, ketika sedang menjalin asmara. “Setelah putus, Anda dapat menemukan kembali hal-hal tentang diri Anda yang pernah terlupakan,” tambah Lucas. Tanyakan pada diri apa yang Anda ingin ciptakan. “Jika Anda mulai bertanya apa yang harus dilakukan selanjutnya, Anda akan mulai kembali mempelajari diri,” jelas Lucas lagi.

4. Keinginan Olahraga Meningkat
Saat berpacaran, Anda tak punya banyak waktu untuk berolahraga, jadi inilah saat yang tepat untuk melakukannya. “Sebuah perpisahan bisa menjadi motivasi bagi seseorang untuk berpikir lebih mandiri dan melakukan hal yang dia rasa menyenangkan. Olahraga telah terbukti bisa menjadi obat stres dan cemas dalam beberapa kasus ,” ujar Tommy Boone , Ph.D., pendiri American Society of Exercise Physiologists.

5. Lebih Dekat dengan Teman
Sebuah studi di University of Minnesota menemukan bahwa putus cinta bisa membuat pertemanan menjadi lebih erat. Untuk menghindari perasaan kesepian, Anda akan lebih sering bertemu dengan teman-teman. Menurut Tashiro, “Teman-teman dan keluarga dapat memprediksi hubungan bahkan kepuasaan Anda terhadap hubungan di masa depan.”

(eya/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Rutin Minum Teh Hijau: Turunkan Berat Badan Hingga Awet Muda

Manfaat Rutin Minum Teh Hijau: Turunkan Berat Badan Hingga Awet Muda

Sebagian orang suka mengonsumsi teh setiap pagi. Beberapa dari mereka bahkan ada yang minum teh tiga kali dalam sehari. Pilih teh yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang bagus diminum setiap hari. Berikut manfaat teh hijau yang bisa membantu menurunkan berat badan hingga menjaga kulit agar tetap awet muda.1. Turunkan Berat BadanMenurut konsultan diet Wolipop, Dr. Phaidon Toruan, teh hijau bukan merupakan obat kurus tapi membantu proses pembakaran lemak. "Teh hijau secara umum memiliki empat fungsi, fat burner saat olahraga, fat blocker yang artinya ngeblok lemak, dan penstabil gula darah," tutur Dr. Phaidon.2. Menjaga Kesehatan TubuhMenurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang. Ini berarti teh hijau mampu menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.3. Meningkatkan Kinerja AndaTeh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif. Anda bisa lebih baik saat menghafal dan bekerja. Kandung epigallocatech [...]

Tips Mudik Saat Hamil

Tips Mudik Saat Hamil

Puasa sudah hampir memasuki minggu terakhir. Pastinya banyak dari Anda yang sudah merencanakan mudik ke kampung halaman tercinta termasuk Anda yang sedang hamil. Ada yang menggunakan jalur darat, ada yang naik kereta, kapal laut maupun naik pesawat. Apapun bentuk sarana transportasinya, Anda harus tetap menjaga kesehatan selama mudik, terutama bagi Ibu Hamil. Pasalnya, mudik bagi ibu hamil sangatlah memerlukan perhatian. Tidak hanya demi kesehatan sang calon ibu, tapi juga keselamatan janin yang dikandungnya. Informasi berikut ini tidak hanya penting dibaca oleh ibu hamil, tetapi juga anggota keluarga lainnya yang berpartisipasi mudik bersama ibu hamil, pada khususnya suami. Berikut adalah tips menjaga kesehatan Ibu Hamil saat mudik. . Tips Mudik Saat Hamil Puasa sudah hampir memasuki minggu terakhir. Pastinya banyak dari Anda yang sudah merencanakan mudik ke kampung halaman tercinta termasuk Anda yang sedang hamil. Ada yang menggunakan jalur darat, ada yang naik kereta, kapal laut maupun naik pesawat. Apapun bentuk sarana transportasinya, Anda harus tetap menjaga kesehatan selama mudik, terutama bagi Ibu Hamil. Pasalnya, mudik bagi ibu hamil sangatlah memerlu [...]

Tempat Kerja Ibu Saat Hamil Berisiko Buat Bayi Terkena Asma

Tempat Kerja Ibu Saat Hamil Berisiko Buat Bayi Terkena Asma

Beraktivitas saat hamil memang lebih menyenangkan ketimbang hanya berdiam diri di rumah. Tetapi sebuah penelitian mengatakan bahwa tempat bekerja ibu saat hamil berisiko membuat bayi tekena asma.Masalah pernapasan biasanya didapat ketika seseorang seringkali terpapar atau menghirup bahan kimia atau zat-zat alamiah tertentu. Kini, sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa tempat bekerja bisa menimbulkan risiko terkena asma pada bayi yang belum lahir.Para peneliti dari School of Public Health di Denmark telah mempelajari hasil percobaan yang melibatkan hampir 43 ribu orang dalam kurun waktu tujuh tahun. Dalam penelitian tersebut mereka menemukan adanya hubungan antara ibu yang bekerja di bidang otomotif, furnitur, sepatu, cat dan lem dengan risiko asma pada anak-anak mereka.Seperti yang dikutip dari DailyMail, penelitian itu mengemukakan bahwa 15,8 persen dari semua anak menderita asma. Sedangkan 18,6 persen bayi yang ibunya lebih sedikit menghirup bahan kimia cenderung jarang terkena risiko asma.Pemimpin penelitian Dr Berit Hvass Christensen mengatakan,"Ini merupakan penelitian dengan skala besar pertama yang menunjukkan adanya hubungan antara eksposur ibu selama bekerja dengan a [...]

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Obat Baru Bagi Penyandang Diabetes

Prof. dr. Robert Toto, MD, dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas, telah melakukan penelitian yang melahirkan sebuah obat anti-inflamasi baru bagi diabetesein tipe-2. Lebih lanjut diketahui obat tersebut dapat pula meningkatkan fungsi ginjal. "Pada diabetes, fungsi ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu, tidak ada studi sebelumnya yang telah menunjukkan peningkatan fungsi ginjal oleh setiap terapi atau pengobatan yang dilakukan pengidap diabetes atau pengidap ginjal kronis. Hal ini membuat penelitannya sangat menarik," terang profesor Toto, kedokteran internal. Penelitian melibatkan 227 diabetesein tipe 2 serta penyakit ginjal kronis. Dengan pemantauan penuh selama 56 minggu, empat minggu setelah peneliti berhenti memberikan obat, pengukuran menunjukkan bahwa diabetesein terus mempertahankan hasil yang lebih tinggi dari fungsi ginjal yang membaik dibandingkan dengan pengukuran dasar yang diambil pada awal penelitian. Dan seterusnya hasil penelitian telah dilaporkan di New England Journal of Medicine. ?Tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, penyebab utama gagal ginjal pada diabetes untuk hampir setengah dari semua kasus baru stadium akhir pen [...]

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Awas! Sosis Bisa Sebabkan Kanker!

Untuk kesekian kalinya daging olahan seperti sosis, ham, dan bacon disebutkan menjadi salah satu penyebab beberapa penyakit paling sering di dunia. Salah satu studi terbesar yang dipublikasikan oleh BMC Medicine (7/3/2013) menemukan asosiasi positif antara pengkonsumsian daging olahan dengan kematian yang sudah terbukti untuk penyakit jantung namun juga terbukti untuk penyakit kanker. Risiko kematian akibat kanker lebih tinggi sebanyak 43% dan risiko kematian akibat penyakit jantung lebih tinggi 70% pada orang-orang yang mengkonsumsi daging olahan lebih dari 160g/hari dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 10.0g/hari hingga 19.9 g/hari. Penelitian yang dilaporkan oleh EPIC (European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition) yang dilakukan di 10 negara dengan subjek sebanyak satu setengah juta orang menunjukkan bahwa angka kematian lebih tinggi bila penkonsumsian daging olahan sebanyak 50g/hari. Apa yang menyebabkan? Berikut penjelasannya: Daging Olahan & Kanker Para peneliti menegaskan bahwa daging olahan mengandung lemak tersaturasi, kolestrol dan bahan tambahan lain lebih tinggi dibandingkan jenis daging lain. Kandungan ini diperca [...]

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Menjelang bulan puasa, suasana antusias sudah mulai terasa di antara semua umat Muslim di seluruh dunia. Agar dapat menjalankan puasa dengan bugar dan fit, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan psikis Anda, 1-2 minggu sebelum mulai berpuasa. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah. Lakukan pemeriksaan darah secara umum, sedapat mungkin lengkap. Pada penderita diabetes, jangan lewatkan pemeriksaan profil gula darah lengkap dan HbA1C. Pada penderita dislipidemia, jangan lewatkan pemeriksaan profil lipid lengkap. Pada penderita hiperurisemia, jangan lewatkan pemeriksaan kadar asam urat. Penderita sindrom dispepsia (sakit maag) perlu mengunjungi dokter untuk mengatur jenis, dosis dan waktu pemberian obat. Penderita sakit kronik (hipertensi, diabetes, penyakit ginjal kronik, dll) yang mengkonsumsi obat secara rutin juga perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik, juga untuk pengaturan jenis, dosis dan waktu konsumsi obat selama berpuasa. Ibu hamil dan menyusui perlu memeriksakan kondisi kesehatannya juga kondisi kesehatan anaknya sebelum mulai berpuasa. Berpuasa pada ibu hamil dan men [...]

Agar Tidak Boros Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Agar Tidak Boros Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Suplemen tidak dapat menjadi pengganti semua nutrisi yang Anda butuhkan dari kandungan makanan segar, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika telah mengonsumsi beragam makanan sehat, seperti aneka buah dan sayur, daging, ikan, dan sumber karbohidrat, Anda sebenarnya tidak membutuhkan suplemen vitamin. Suplemen umumnya dikonsumsi pada kondisi ketika kebutuhan meningkat atau terjadi defisiensi asupan, misalnya ketika sedang sakit, wanita hamil atau menyusui, orang-orang lanjut usia, atau dalam masa pemulihan setelah sakit. Di samping itu, sebelum mengonsumsi suplemen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan untuk menghindari risikonya. Periksa Sebelum Mengonsumsi Jika dokter memberi Anda resep suplemen vitamin atau Anda berinisiatif membelinya sendiri, setidaknya ada dua hal yang perlu Anda tanyakan, baik kepada dokter maupun kepada diri sendiri. Apakah saya benar-benar membutuhkan suplemen ini? Apa manfaat dan risiko dari mengonsumsi vitamin ini? Jika Anda benar-benar membutuhkan atau memutuskan untuk mengonsumsi suplemen tersebut, coba perhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada dokte [...]

6 Cara Mengatasi Cemas yang Berlebihan

6 Cara Mengatasi Cemas yang Berlebihan

Apakah Anda sering terbaring di kasur, mencoba tidur, dan 1 jam kemudian tetap terjaga? Mungkin Anda sedang memikirkan pekerjaan yang menumpuk di kantor, cicilan kartu kredit, maupun masalah-masalah lainnya.Hampir semua orang pernah mengalami situasi seperti di atas, yang kadang bisa membuat cemas atau gelisah. Jangan biarkan kegelisahan menghantui Anda terus menerus karena bisa memicu depresi. Cobalah beberapa tips mudah ini untuk mengatasi kecemasan Anda, yang dikutip dari Real Simple.1. Katakan Berulang-ulang Hal Yang Membuat Anda KhawatirKetika takut naik lift, Anda harus menghadapi ketakutan tersebut dengan berulang kali naik lift itu sampai Anda bosan. Awalnya mungkin akan merasa panik, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa menghadapi hal tersebut. Begitu juga dalam mengatasi kecemasan, cobalah untuk mengatakan hal yang membuat Anda khawatir berulang-ulang sampai bosan. Maka otak akan merespon hal tersebut sehingga perlahan-lahan kecemasan Anda itu akan hilang.2. Abaikan Perasaan Tidak EnakKadang Anda terlalu berlebihan dalam menanggapi perasaan tidak enak. Anda yakin perasaan tersebut dapat memicu terjadinya bencana atau masalah besar. Abaikan perasaan tersebut, karena s [...]

Senyum Menawan dengan Veneers

Senyum Menawan dengan Veneers

Tampilan gigi depan yang tidak baik tentu saja akan mempengaruhi senyum seseorang. Kemudian hal tersebut akan mempengaruhi juga tingkat kepercayaan diri dan mengganggu kehidupan sosial. Diperlukan campur tangan seorang dokter gigi guna memperbaiki keadaan tersebut. Berbagai macam prosedur yang terdapat dalam dunia kedokteran gigi bertujuan untuk mengembalikan fungsi gigi dan juga memperbaiki estetik gigi. Salah satu prosedur yang berindikasi untuk memperbaiki estetik seseorang adalah veneers. Apakah itu Veneers? Halaman berikut penjelasannya: Apa Itu Veneers? Veneers adalah suatu lapisan tipis yang diletakkan dibagian depan gigi dan proses pengerjaannya lebih sederhana dengan beberapa kali kunjungan dibanding dengan prosedur lain. Apakah indikasi penggunaan Veneers? Berbagai keadaan yang membuat tampilan gigi tidak baik dan mengganggu estetik merupakan indikasi dari veneers, dan hal-hal tersebut meliputi - Gigi yang berwarna tidak bagus seperti kekuningan atau keabu-abuan. - Gigi yang berwarna tidak bagus dan tidak dapat diperbaiki dengan teknik pemutihan gigi/bleaching. - Gigi yang bentuknya tidak bagus. - Gigi depan atas yang memiliki jarak yang cukup [...]

5 Gaya Renang Cepat Bakar Kalori

5 Gaya Renang Cepat Bakar Kalori

Berenang terkadang terlihat seperti olahraga yang tidak terlalu melelahkan. Mungkin karena dilakukan di dalam air yang memiliki gaya gravitasi yang lebih rendah daripada di darat, atau mungkin karena Anda tidak merasakan apabila Anda berkeringat di dalam air. Akan tetapi, jangan mudah terkecoh. Apakah Anda sering merasa lapar sesudah berenang selama periode waktu tertentu? Meskipun berenang tidak termasuk olahraga intensitas tinggi, akan tetapi jumlah kalori yang dibakarnya cukup bermakna. Berenang juga menjadi pilihan utama beberapa orang dengan kondisi tertentu seperti penyakit osteoarthritis atau orang dengan cedera atau gangguan pada lututnya. Pada populasi ini, berenang menjadi pilihan yang bagus karena gaya gravitasi yang lebih ringan di dalam air membuat kondisi ini menjadi lebih aman bagi anggota tubuh mereka. Mereka bahkan masih dapat terus berolahraga secara teratur meskipun kondisi tubuh mereka sudah tidak seoptimal orang pada umumnya. Manfaat kesehatan pun didapat tanpa membahayakan kondisi kesehatan mereka. Berikut ini adalah hitungan kalori untuk aktivitas fisik berenang. Jumlah kalori yang dihitung dibawah ini adalah berdasarkan berat badan 70 kg. Apabila Anda memili [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *