5 Masker Alami di Rumah

masker-alami-nivea.jpg

Pemakaian masker wajah dapat memberikan manfaat tersendiri pada kesehatan kulit. Karena kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik.

Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah.

Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati.

Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu.

Lupakan sejenak memanjakan diri di spa! Rahasia untuk kulit wajah yang sehat bisa Anda dapatkan hanya dengan berjalan beberapa langkah ke dapur Anda. Temukan jawabannya disini.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

1. Masker Pisang

Secara umum, pisang memberikan manfaat kesehatan yang banyak bagi tubuh. Salah satunya adalah pisang memiliki kandungan yang kaya akan kalium, Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potassium.

Jika pisang adalah satu-satunya sumber kalium kita, maka kita harus mengkonsumsi 11 buah pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Untungnya, ada makanan lain yang juga mengandung kalium. Selain potasium, pisang mengandung serat dan vitamin C dan pisang bebas lemak dan bebas kolesterol. Pisang mudah untuk dikonsumsi, membuat pisang sebagai makanan yang nyaman. Dan pisang juga selalu tersedia sepanjang tahun.

Tahukah Anda bahwa masker wajah dari pisang dapat melembabkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus?

Caranya:

  • Hancurkan 1 buah pisang hingga halus
  • Kemudian aplikasikan pada wajah dan leher
  • Biarkan selama 10-20 menit, bilas dengan air dingin.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

2. Masker Susu

Selain diminum yang bisa mengundang manfaat kesehatan mencegah jantung dan stroke, susu juga memberikan manfaat kesehatan kulit. Manjakan diri Anda dengan perawatan wajah ala spa di rumah dengan masker susu.

Caranya:
Buat masker dengan mencampurkan 1/4 cup susu bubuk dengan air hingga terbentuk pasta yang kental. Aplikasikan pada wajah, biarkan mengering kemudian bilas dengan air hangat. Wajah Anda akan terasa segar dan halus.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

3. Masker Yoghurt

Yoghurt bisa digunakan untuk membersihkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Pada prinsipnya produk susu seperti yogurt merupakan sumber protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Caranya:
Anda dapat mengaplikasikan yoghurt tanpa rasa (plain) pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Atau untuk mendapatkan wajah yang sehat dan berseri, campurkan 1 sdt yoghurt tanpa rasa dengan perasan air jeruk dan 1 sdt lidah buaya. Biarkan selama 5 menit dan bilas dengan air hangat

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

4. Masker Lemon

Jeruk limun (lemon) memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan natural untuk mengobati jerawat. (Baca: 9 Fakta Keren Lemon)

Lemon mengandung banyak manfaat bagi kulit, salah satunya adalah untuk eksfoliasi (mengangkat sel kulit mati) dan melembabkan.

Caranya:
Campurkan air perasan dari 1 buah lemon dengan 1/4 cup minyak zaitun.

Klik ‘next’ untuk selanjutnya.

5. Masker Telur

Telur mengandung vitamin E. Dimana kombinasi antara selenium dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Secara teori, telur dapat memberikan manfaat anti-penuaan dini.

Tahukah Anda bahwa telur merupakan pelembab alami bagi wajah?

Caranya:
Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, ambil putih telur dan tambahkan lemon atau madu. Untuk jenis kulit normal, gunakan keseluruhan telur, baik putih maupun kuningnya.

Berhati-hatilah dalam pemilihan bahan-bahan yang digunakan. Selalu gunakan bahan yang masih segar. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, brekonsultasilah terlebih dulu dengan dokter untuk menghindari terjadinya iritasi.

Baca juga:9 Fakta Keren Lemon6 Khasiat Coklat untuk Kesehatan10 Benda Sumber Kuman Sehari-hari

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
9 Hal Pemicu Alergi di Rumah

9 Hal Pemicu Alergi di Rumah

Alergi merupakan reaksi dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat/bahan yang secara normal tidak berbahaya bagi tubuh. Reaksi ini kadang berlebihan sehingga menyebabkan gatal di kulit, bersin-bersin atau pembengkakan di anggota tubuh. Hampir semua benda di sekeliling kita bisa memicu reaksi mulai dari yang ringan, menyebalkan sampai mengkhawatirkan. Berikut adalah 9 pemicu alergi yang paling umum yang dapat datangnya dari rumah: 1. Serbuk sari Serbuk sari dari pohon, rumput, atau alang-alang bisa menjadi pemicu timbulnya alergi. Gejalanya seperti bersin, hidung berair, nafas tersumbat, gatal, atau mata berair. Untuk mencegahnya, sebisa mungkin tinggal di dalam rumah ketika cuaca berangin dan menutup jendela atau pintu supaya serbuk sari tidak masuk ke dalam rumah. 2. Binatang Bulu atau air liur dari binatang peliharaan dapat menyebabkan reaksi alergi bagi sebagian orang. Nah, jika hewan peliharaan Anda menyebabkan alergi, buat kamar tidur Anda menjadi zona bebas hewan. Mandikan hewan peliharaan Anda secara teratur. Membersihkan rumah dengan penyedot debu berfilter HEPA juga membantu menyedot bulu atau kotoran yang menempel di karpet. Berikut ini beberapa daftar pence [...]

Mesin Cuci Pun Juga Harus Dicuci

Mesin Cuci Pun Juga Harus Dicuci

Fungsi mesin cuci adalah mencuci pakaian agar bebas dari kuman. Tapi apakah Anda tahu bahwa dalam mesin cuci pun terdapat kuman? (Baca: 10 Sumber Kuman di Kehidupan Sehari-hari) Jangan panik. Karena seperti halnya pakaian yang harus dicuci setiap hari, mesin cuci pun harus dibersihkan secara berkala untuk menghilangkan bau dan menghilangkan kuman. Berikut adalah tips untuk membersihkan mesin cuci: EksteriorSupaya eksterior mesin cuci Anda tetap mengkilap, lap dengan cuka atau pembersih serba guna. TubTuang dua cangkir cuka atau perasan air lemon ke dalam drum cuci dan nyalakan pada temperatur panas sehingga bau, sisa kotoran, dan bekas deterjen akan hilang. Penutup Gosok pinggiran penutup mesin cuci dengan cuka untuk menghilangkan jamur dan sisa deterjen yang menumpuk. Karet pada penutupBila mesin cuci Anda jenis front-loader, buka karetnya, dan periksa apakah terdapat jamur. Gunakan cuka untuk membersihkannya. Laci deterjenIni adalah bagian mesin cuci tempat berkumpulnya kuman-kuman akibat menumpuknya sisa deterjen. Jika memungkinkan, keluarkan laci dan bersihkan dengan sikat gigi. Agar mesin cuci tetap [...]

AC Membantu Kurangi Stres di Kantor

AC Membantu Kurangi Stres di Kantor

Ruang kerja yang dilengkapi pengkondisi udara atau AC jelas akan lebih nyaman dan lebih mendukung performa kerja karyawan. Dengan angka suhu yang pas, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas maka produktivitas dapat terdongkrak dengan prestasi karyawan yang lebih kondusif. Suhu ruangan yang mendukung juga mengurangi kondisi stres dan depresi di kantor. Suhu yang tinggi akan mengakibatkan kondisi tubuh mudah berkeringat dan lembab. Tak ayal kondisi ini juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan yang mempengaruhi kelancaran performa kerja. AC juga membantu ruangan kerja terlindung dari polusi udara. Dimana polusi udara sendiri sudah menjadi biang penyakit yang menghantui kesehatan pekerja di area kerja. Para peneliti dari University of Michigan memaparkan bahwa menghirup udara berpolusi selama dua jam dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Hypertension tersebut, para peneliti melibatkan 83 partisipan dengan memaparkan partisipan dengan udara yang sudah dikondisikan dengan udara yang tercemar di jalan raya kota. Hasilnya? Polusi udara menyebabkan peningkatan kadar tekanan diastolik (angka baw [...]

Cucilah Handuk Lebih Sering

Cucilah Handuk Lebih Sering

Jika Anda baru saja selesai mandi dan menggunakan handuk yang sudah lembab untuk menyeka air, Anda mungkin akan melakukan bilasan ulang kembali setelahnya jika setelah Anda membaca artikel ini.Dalam sebuah handuk yang lembab karena tidak kering sempurna setelah pemakaian sebelumnya, maka pertumbuhan bakteri di handuk tersebut akan lebih banyak dan cepat. Sehingga justru bukannya mengeringkan air dari hasil bilasan yang Anda dapat, tapi justru Anda menyelimuti diri dengan sarang bakteri."Jadi, jika Anda selesai mandi dan menyeka badan dengan handuk lembab tersebut, Anda sama saja mengotorkan kembali badan Anda setelah mandi," demikian tutur seorang dokter spesialis kulit dari Charlotte Dermatology Penneville, North Carolina, Amerika Serikat, Gary Slaughter.Jika sudah demikian, solusi paling tepat adalah menjaga kebersihan handuk dengan mencuci handuk lebih sering. Pada kebanyakan orang, mencuci handuk dilakukan sepekan sekali, dua pekan sekali atau bahkan ada yang sebulan sekali.Jika demikian, maka pertumbuhan bakteri bahkan virus di handuk akan semakin tinggi dan menggunakan handuk sama saja akan membuat Anda berisiko jatuh sakit.Silakan klik next untuk melanjutkan. [...]

Gatal di Selangkangan? Awas Celana Dalam Kotor!

Gatal di Selangkangan? Awas Celana Dalam Kotor!

Celana dalam yang kotor membawa ancaman kepada kesehatan selangkangan Anda. Jika Anda terbiasa memakai celana dalam berkali-kali atau lama tidak diganti, tidak pelak lagi sederet penyakit kulit siap mengintai siap mampir membuat Anda kewalahan. Berbeda dengan pakaian lainnya, celana dalam justru bisa lebih kotor dibandingkan pakaian lainnya, sekalipun tersimpan di lapisan dalam pakaian. Pasalnya suhu dan kelembaban yang ada membuat bakteri lebih mudah berkembang. Lalu kalau pakaian dalam kotor dibiarkan akibatnya apa? Berikut beberapa kondisi yang paling umum bisa terjadi karena kebiasaan tidak mengganti celana dalam diantaranya adalah: Kehadiran jamur dermatofita E.Floccosum, T. Rubrum, dan T. Mentagrophytes Mereka-mereka ini menyebabkan tinea kruris. Apa itu tinea kuris? Yang jelas tidak akan terdengar menyenangkan untuk selangkangan Anda. Biasanya mengenai daerah selangkangan atau sisi paha atas bagian dalam, dapat terjadi di kedua paha atau di salah satu paha saja. Keluhan utama adalah rasa gatal yang dapat hebat, terlebih jika kondisi kulit berkeringat. Lesi berbatas tegas, tepi meninggi yang dapat berupa bintil-bintil kemerahan atau lenting-lenting kemerahan, atau kadang ter [...]

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

5 Cara Agar Rumah Bebas Polusi

Di kota besar, polusi menjadi masalah besar. Ketika ke luar rumah, Anda akan disambut oleh asap knalpot, debu dan kotoran, serta radikal bebas yang berbahaya. Akibatnya, kulit wajah menjadi kusam, kotor, dan berjerawat. Apalagi ditambah paparan radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi berkerut. (Baca: Bahaya Sinar Matahari Terhadap Kulit) Tapi hati-hati, polusi tak hanya ada di luar rumah. Polusi pun ada di dalam rumah. Debu, asap rokok, kotoran yang menumpuk dari pendingin udara, semprotan yang mengandung aerosol adalah polusi dalam rumah yang dapat berdampak buruk pada kulit wajah Anda. Selain wajah jadi kusam dan kotor, polusi dapat membuat penuaan dini pada wajah. (Baca: Bahaya Polusi Terhadap Kulit) Memang sulit untuk menghindari polusi. Tapi Anda bisa mencegahnya dengan cara: Bijak memilih produk pembersih rumah yang mengandung bahan-bahan natural. Bersihkan rumah dari debu. Disarankan untuk membersihkan debu dengan cara mengelapnya daripada hanya disapu. Jika memakai alat penyedot debu, dan pilih yang menggunakan HEPA(High-efficiency Particulate Air)filter. Pastikan ada ventilasi di rumah sehingga ada pertukaran udara. Cegah a [...]

4 Cara Menghadapi Alergi

4 Cara Menghadapi Alergi

Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu yang dikenal sebagai alergen. Saat alergen masuk melalui tubuh melalui hisapan, tertelan, atau kontak dengan kulit, maka sistem kekebalan tubuh orang yang memiliki alergi akan bereaksi secara berlebihan, seperti gatal, sesak napas, atau bersin-bersin. Berikut adalah cara agar Anda tidak terpapar oleh zat alergen: Sedapat mungkin hindari pemicu yang dapat menimbulkan reaksi alergi seperti makanan atau obat-obatan walaupun hanya menyebabkan reaksi ringan. Bila anak Anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu, coba perkenalkan makanan yang baru secara perlahan supaya bisa diketahui mana penyebabnya. Bawa obat-obatan anti alergi kalau Anda memiliki riwayat alergi yang serius, seperti difenhidramin (antihistamine). Jika penanganan alergi tidak teratasi dan semakin parah (timbul bercak kemerahan di seluruh tubuh,sesak nafas, bengkak pada tubuh dan tenggorokan) segera bawa ke dokter untuk dilakukan penanganan syok anafilaksis. Namun hal yang penting untuk diketahui, penggunaan obat-obat tersebut hanya dengan catatan indikasi d [...]

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah & Sayur

Penuhi Kulkas Anda dengan Buah & Sayur

Jika Anda memenuhi kulkas dengan menu-menu yang sehat, Anda baru saja memenangkan separuh pertempuran melawan penyakit. Karena dari pengaturan pola makan adalah selangkah usaha menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit degeneratif yang populer berkembang dewasa ini, antara lain seperti diabetes, hipertensi, stroke dan penyakit jantung koroner. Kenapa di Kulkas? Suhu ruangan tidak mampu menunda penurunan kualitas kesegaran buah dan sayuran. Dengan menyimpan menu makanan yang menyehatkan di kulkas, artinya Anda telah menyiapkan menu pola makan yang sehat untuk konsisten dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda memenuhi kulkas dengan makanan yang tidak menyehatkan, seperti daging olahan, makanan tinggi kalori dan junk food lainnya, maka mind-set hidup sehat akan jauh dari terlaksana. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang dipublikasikan melalui PLoS Medicine, The Effect of Chromosome 9p21 Variants on Cardiovascular Disease May Be Modified by Dietary Intake: Evidance from a Case/Control and a Prospective Study. Dalam studi ini, mampu mendukung rekomendasi kesehatan publik US untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar lebih dari lima serving sizes yaitu sekitar 2.5 ukuran gelas penuh [...]

3 Mitos Mencuci dengan Mesin Cuci

3 Mitos Mencuci dengan Mesin Cuci

Saat mencuci pakaian, banyak sekali mitos yang kita dengar agar mencuci jadi lebih efektif. Tapi yang namanya mitos, belum diketahui kebenarannya atau tidak. Nah, berikut ini adalah beberapa mitos tentang mencuci di mesin cuci yang mungkin pernah Anda lakukan: Makin banyak deterjen, makin membersihkan pakaianSemakin banyak deterjen yang Anda gunakan, malah menambah tumpukan residu dari busa deterjen. Akibatnya akan muncul aroma tak sedap dari mesin cuci. Air panas membunuh kumanKenyataannya, air panas tak membunuh kuman dan bakteri. Kuman tetap hidup meskipun Anda menuangkan air panas atau dingin ke dalam bak mesin cuci. Makanya disarankan jangan mencampur pakaian orang lain ke dalam cucian Anda. Hanya disinfektan seperti pemutih chlorine yang akan menghilangkan kuman pada cucian dan mesin cuci Anda. Pengering membuat pakaian menyusutFaktanya, bukan pengering yang membuat pakaian menyusut tapi karena bila Anda terlalu lama mengeringkan pakaian. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menggunakan fitur otomatis daripada fitur timer. Jadi jangan mudah percaya pada mitos. Periksa dulu kebenarannya supaya tidak menyesal kemudian. ( [...]

Tips Sehat Menyimpan Makanan di Kulkas

Tips Sehat Menyimpan Makanan di Kulkas

- Salah satu faktor yang paling penting dalam melakukan pola makan yang sehat adalah penyimpanan makanan. Salah penyimpanan makanan, bisa-bisa kandungan nutrisi yang sudah alami dimiliki makanan sehat malah berkurang. Dalam soal penyimpanan makanan, kulkas menjadi pilihan. Karena selain dapat menjaga kesegaran lebih lama dari makanan, kulkas juga menurunkan risiko pertumbuhan bakteri yang mudah berkembang dalam suhu ruangan pada makanan. Bagaimana caranya? Ikutilah beberapa tips berikut ini untuk menyimpan bahan makanan sehat Anda di kulkas. Kategori daging, ikan & unggas. Untuk penyimpanan daging, ikan dan unggas disarankan tidak untuk membuka kemasan platik ketat dari toko swalayan. Namun jika Anda membeli daging, ikan dan unggas tanpa kemasan, disarankan untuk menempatkan terlebih dahulu dalam wadah yang memungkinkan tertutup. Wadah tertutup untuk menghindari paparan aroma amis dan mencegah tetesan ke makanan lain dari ketiga makanan ini. Disarankan menempatkan daging, ikan dan unggas berada dalam posisi yang memiliki suhu terendah (paling dingin) di kulkas. Produk susu & olahan turunannya. Jika Anda berencana menyimpan susu dalam wakt [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *