5 Olahraga Tepat Atasi Nyeri Punggung

Nyeri_Punggung.jpg

Seseorang yang memiliki riwayat nyeri punggung atau back pain cenderung menghindari aktivitas fisik seperti berolahraga karena takut membahayakan area punggung dan pinggang. Namun itu ternyata itu tidak benar menurut para ahli.

“Olahraga membuat pinggang dan punggung jadi lebih baik. Bagi kebanyakan orang dengan nyeri pinggang, aktivitas fisik memainkan perah besar dalam pemulihan,” terang ahli bedah tulang belakang Jack Stern, MD.

Menurut Stern, usai berolahraga kondisi tulang belakang dan pinggang lebih baik dibandingkan tidak berolahraga. Berikut 5 olahraga tepat bagi Anda yang memiliki nyeri punggung yang disampaikan Stern seperti dilansir Reader’s Digest, Kamis (2/10/2014).

1. Peregangan yoga
Yoga tidak hanya membantu memperkuat otot punggung juga membantu melemaskan otot-otot yan memicu rasa sakit. Peregangan yoga juga bisa meningkatkan aliran darah ke punggung untuk menyembuhkan sakit punggung bawah.

2. Berjalan kaki
Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Clinical Rehabilitation menemukan fakta bahwa berjalan kaki efektif membantu meringankan rasa sakit akibat nyeri kronis pinggang.
Menurut dokter Stern, dengan berjalan kaki akan meningkatkan denyut jantung, aliran darah dan nutrisi untuk penyembuhan punggung dan pinggang berjalan baik.

3. Bersepeda
Banyak orang menyalahkan bahwa bersepeda menyebabkan nyeri pinggang, namun nyatanya olahraga ini latihan yang tepat untuk membantu ketidaknyaman nyeri pinggang. Membebankan berat badan ke lengan dibandingkan ke tulang punggung bisa mengurangi rasa nyeri yang dialami.

4. Pilates
Kombinasi peregangan dan latihan kekuatan tubuh umumnya cocok untuk orang dengan nyeri punggung karena membangun inti tubuh dan memobilisasi tulang belakang.
Sebuah penelitian di Italia pada tahun ini menyebutkan bahwa olahraga pilates meningkatkan fungsi fisik secara lebih baik serta mengurangi rasa sakit pada area punggung dan pinggang.

5.Renang
Menurut Stern, bila memiliki nyeri punggung maupun pinggang yang kronis latihan lebih baik dilakukan di dalam air karena dapat meminimalisir tekanan pada punggung. Kelas renang seperti Aqua Fit dan Aqua Zumba bisa jadi contoh tepat untuk atasi nyeri pinggang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kartu Jakarta Pintar Tak Tumpang Tindih dengan KIP

Kartu Jakarta Pintar Tak Tumpang Tindih dengan KIP

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan tidak akan terjadi tumpang tindih antara program Kartu Jakarta Pintar (KJP) dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP). "Tidak akan terjadi tumpang tindih antara kedua program pendidikan tersebut (KJP dan KIP). Justru malah dua program itu akan saling mendukung," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Lasro Marbun di Jakarta, Selasa. Pria yang akrab disapa Lasro itu memperkirakan akan terjadi pemisahan dalam kedua program pendidikan tersebut, khususnya terkait para penerima jaminan itu. "Memang sepertinya akan ada pemisahan antara sasaran penerima KJP dan sasaran penerima KIP. Kita akan bahas ini lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait supaya tidak terjadi tumpang tindih," ujar Lasro. Perbedaan lainnya, dia menuturkan, yaitu terletak pada basis data yang digunakan. Untuk KJP, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggunakan data kemiskinan faktual. "Artinya, Pemprov menyesuaikan dengan fakta yang ada di lapangan. Sedangkan, data yang digunakan dalam program KIP, yakni data dari Badan Pusat Statistik (BPS)," tutur Lasro. Dengan demikian, dia mengungkapkan pihaknya akan melihat harmonisasi diantara kedua program jaminan pendidikan itu terlebih da [...]

10 Anak Terinfeksi HIV Usai Transfusi Darah

10 Anak Terinfeksi HIV Usai Transfusi Darah

Setidaknya 10 anak yang menerima transfusi darah dinyatakan positif HIV di Pakistan. Foxnews, Jumat (5/12/2014) melaporkan, anak-anak ini memang biasanya menerima transfusi darah rutin sejak menderita thalassemia. Kejadian ini tentu mengejutkan berbagai pihak. Ada yang mengecam karena sistem kesehatan di Pakistan begitu buruk karena kekurangan dana. Sekretaris Jenderal dari Federasi Thalassaemia Pakistan, Profesor Yasmin Rashid mengatakan, anak-anak thalasemia ini awalnya dikumpulkan oleh Badan amal yang menampung 22.000 anak yang akan menerima transfusi.Akademisi-Wakil rektor dari Pakistan Institute of Medical Sciences, Javed Akram dengan tegas mengungkapkan bahwa penegakan hukum dalam hal ini sangat lemah. "Saya pikir ini seperti gunung es. Banyak diantara pendonor kemungkinan adalah pengguna narkoba. Ini kejahatan."Meski kasus ini telah mencuat beberapa hari lalu, namun Kementerian Kesehatan setempat tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Sementara Rashid mengatakan anak-anak saat ini sangat membutuhkan darah.Sebagai informasi, sebagian besar bank darah di Pakistan dioperasikan oleh pihak swasta sehingga kualitas dan harga darah sangat bervariasi. [...]

Pendapat Psikolog Seksual tentang Penutupan Lokalisasi Dolly

Pendapat Psikolog Seksual tentang Penutupan Lokalisasi Dolly

Hari ini, Rabu (18/6/2014) lokalisasi Dolly yang terkenal seantero nusantara yang ada di Surabaya, Jawa Timur ditutup. Banyak pihak yang setuju, tapi banyak juga yang tidak. Berikut pendapat Psikolog Seksual, Zoya Amirin,M.Psi tentang kejadian ini: Penutupan Lokalisasi tidak semerta merta menyelesaikan masalah generasi muda yang suka menggunakan pekerja seks komersial (PSK) atau memperbaiki moral penduduk setempat. Masalah pelacuran ada karena ada permintaan (demand), maka pasar menyediakan. Dalam prinsip ekonomi ini jelas. Kalau ini masalah moral, selesaikanlah secara moral. Menutup lokalisasi itu seperti rumah mewah tanpa toilet sehingga (kasarnya) orang buang air sembarang sekeliling rumah. Karena itu solusi masalah moral generasi penerus terkait dengan pengguna jasa prostitusi ini adalah dengan memperjuangkan seks edukasi pada semua kalangan (Sekolah maupun anak jalan & para pekerja kantoran sampai pemulung). Kalau tidak ingin generasi muda rusak karena menggunakan jasa PSK atau prostitusi lainnya. Perjuangkan juga Undang Undang Perlindungan Anak yang adekuat dengan menghukum seberat-beratnya prostitusi anak di bawah 18 tahun dan pengguna yang meminta dilayani atau dic [...]

10.000 Anak SD Lomba Buat Pizza

10.000 Anak SD Lomba Buat Pizza

Delapan puluh siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Pagi Susukan Ciracas dan SD Juara Jakarta Selatan mengikuti pembuatan seporsi pizza yang diadakan oleh Pizza Hut Indonesia dan PHD 500600, di bawah naungan PT Sarimelati Kencana. Acara dengan tema 'Pizza Maker Juniors' ini berlangsung untuk merayakan Hari Anak Sedunia. Acara ini digelar serentak di lebih dari 300 gerai Pizza Hut dan PHD 500600 seluruh Indonesia dengan mengundang lebih dari 10.000 murid sekolah dasar, serta anak-anak kurang beruntung. Presiden Direktur Pizza Hut Indonesia dan PHD 5006000, Stephen McCarthy, mengatakan, dengan berkembangnya bisnis Pizza Hut Indonesia, pihaknya terus mengupayakan untuk meningkatkan komitmen dan terus berbagi, serta berkontribusi terhadap lingkungan dan kemajuan masyarakat. "Program ini terus kami kembangkan, karena kami sadar perlunya beragam upaya edukasi formal dan informal dari segenap pihak untuk memberikan akses edukasi untuk generasi penerus yang kurang beruntung," kata dia di Gatot Soebroeto, Jakarta Selatan, Kamis (20/11/2014) Selain mengkreasikan pizza, anak-anak itu juga diajarkan untuk membiasakan diri dengan satu kebiasaan sederhana sebagai bagian dari hidup sehat, yaitu mencu [...]

Makin Muda Penderita Katarak, Gara-gara Gadget

Makin Muda Penderita Katarak, Gara-gara Gadget

Penggunaan gadget yang terlalu lama turut memengaruhi perubahan hormon pada individu berusia dewasa. Salah satunya perubahan pada hormon melatonin. "Selain itu turut memengaruhi sejumlah hormon yang berkaitan dengan ketahanan tubuh, dan semua penyakit degeneratif bisa lebih cepat terganggu," kata Dr. Ikhsan Revino, SpM.Lebih lanjut Spesialis Mata dari Sumatera Eye Centre (SMEC) mengatakan, fakta yang terjadi di klinik spesialis mata SMEC adalah pasien dengan kondisi katarak mengalami kemajuan usia. "Umumnya usia 60 tahunan, saat ini pasien dengan kondisi katarak semakin muda," kata dia menambahkan Bahkan, lanjut Dr. Ikhsan, sebesar 35 persen yang mengalami katarak adalah individu yang berusia di bawah 50 tahun.Dalam acara `Cek Mata Yuk: Gaya Hidup Modern Versus Mata Kita` di Ruang Ikat, Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Kamis (16/10/2014), Ikhsan mengatakan bahwa penggunaan gadget yang terlalu tanpa istirahat dapat mengakibatkan terjadinya mata lelah atau Asthenopia. Dan biasanya, pasien tidak menyadari kondisi mereka itu sampai mereka menemui dokter. [...]

Green House Marunda Hijau Percontohan Lahan Hidroponik

Green House Marunda Hijau Percontohan Lahan Hidroponik

Minimnya lahan untuk bercocok tanam menjadi kendala besar bagi masyarakat perkotaan yang memiliki hobi berkebun atau ingin mendapat keuntungan ekonomi dari bercocok tanam. Salah satu teknik yang sudah lama dan bisa diterapkan adalah dengan metode tanam hidroponik. Metode ini cukup efektif dan menjanjikan.Karena itu Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mencoba menerapkannya untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menyehatkan masyarakat dengan membangun green house di depan rumah susun Marunda, Jakarta Utara.Dalam sebuah kesempatan, tim Health Liputan6.com mencoba melihat langsung green house beserta tanaman yang ada di dalamnya serta melihat bagaimana prosesnya.Bagian Produksi dari Green House Marunda Hijau, Desi Firanti menjelaskan bahwa metode hidpronik adalah metode bercocok tanam yang tidak memerlukan media tanah. Hanya mengandalkan air dengan jumlah yang cukup banyak, serta perhatian khusus layaknya merawat seorang bayi."Tanaman di sini harus dicek satu per satu. Daun yang layu, harus digunting. Harus dilihat juga, ada hama atau kupu-kupu. Pokoknya harus dirawat dengan benar," kata Desi, ditulis Rabu (23/4/2014)Masa panen untuk metode ini, hampir mirip dengan meto [...]

Surabaya, Peringkat Pertama Kasus HIV AIDS Terbanyak di Jatim

Surabaya, Peringkat Pertama Kasus HIV AIDS Terbanyak di Jatim

Tepat tanggal 1 Desember 2014 diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jawa Timur mencatat bahwa Kota Surabaya masih menduduki peringkat pertama jumlah penderita HIV AIDS terbanyak di Jawa Timur (Jatim)."Data hingga September 2014 menunjukkan jumlah penderita AIDS dari Kota Surabaya saat ini sebesar 2.028 orang," tutur Sekretaris KPA Jawa Timur, Otto Bambang Wahyudi, Senin (1/12/2014).Dia menambahkan bahwa Kabupaten Malang berada di urutan kedua dengan jumlah 1.053 penderita; kemudian Jember 746 penderita; dan Gresik 740 penderita.Selain itu juga Pasuruan 650 penderita; Probolinggo 586 penderita; Kota Malang 580 penderita; dan Sidoarjo 569 penderita.Jumlah tersebut hanyalah mereka yang telah terdata karena menurut estimasi dari BKKBN, jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Jawa Timur saat ini mencapai 57.321 orang."Yang sudah terdata untuk HIV baru 22 ribu orang, sedangkan untuk AIDS baru 10 ribuan penderita," tandasnya. Selamat Hari AIDS Sedunia! (Dian Kurniawan) [...]

WHO Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Perangi Ebola

WHO Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Perangi Ebola

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya mengalokasikan dana sebesar 100 juta dolar atau sekitar Rp 1 triliun untuk memerangi virus mematikan ebola. Hal ini dilakukan mengingat saat ini penyebaran virus semakin luas.Seperti ditulis Liputan6.com dari Forbes, Rabu (6/8/2014), WHO menilai perlu adanya upaya pencegahan karena penyakit ini terus meluas. Direktur Jenderal WHO, Dr Margaret Chan menilai, saat ini di Afrika wabah Ebola menyebar begitu cepat tanpa bisa dibayangkan. Penyakit ini bahkan menjadi tantangan kesehatan yang serius di empat negara Afrika Barat, khususnya di Guinea, Sierra Leone, Liberia, dan Nigeria. Bayangkan, dalam delapan hari antara 24 Juli dan 1 Agustus, telah terjadi 285 kasus baru Ebola di Afrika dan 118 orang meninggal. "Wabah ini bergerak lebih cepat dari yang kita perkirakan. Dengan dana tersebut, segala kewaspadaan dan infrastruktur dapat dilakukan. Termasuk dalam pengembangan obat," katanya. [...]

12 Tahun, Gelang Giok Ini Tak Pernah Lepas dari Tangan Tina

12 Tahun, Gelang Giok Ini Tak Pernah Lepas dari Tangan Tina

Seorang wanita berusia 27 tahun dari Guangzhou, China, bingung melepas gelang giok yang sudah dipakainya sejak usia 15 tahun. Gelang itu kini `menyiksanya` dan tak bisa dilepaskan karena pergelangan tangannya membesar dan berasa terlalu kecil.Wanita yang diidentifikasi sebagai Tina itu sudah 12 tahun memakai gelang hadiah orangtuanya dan tak pernah melepasnya. Ia sudah berusaha berbagai cara untuk melepas tapi gagal terus.Orang China meyakini memakai batu giok dalam waktu lama bisa melindungi dari bahaya. Dan apabila giok itu rusak maka akan terjadi musibah seperti dilansir ECNS, Kamis (10/4/2014). Karena itulah Tina tak ingin menghancurkannya.Gelang giok yang ia kenakan awalnya berwarna kuning biru gelap dan berubah menjadi giok hijau. Menurut Tina, dulu gelang tersebut seharga 2.000 Yuan, tapi sekarang senilai 80 ribu Yuan. [...]

Begini Cara Bakar Lemak Membandel di Bokong

Begini Cara Bakar Lemak Membandel di Bokong

Bokong juga bisa berlemak. Anda yang ingin memiliki bokong yang indah jangan lupa ada lemak yang harus dibakar agar penampilannya lebih kencang.Agar lemak membandel di bokong bisa berkurang, ada latihan yang harus Anda lakukan dengan rutin. Dokter Spesialis Olahraga dr Michael Triangto, SpKO, menjelaskan, lemak di bokong bisa dikurang dengan latihan kardio."Lemak di bokong harus dibakar dengan jogging dan bersepeda," kata dr Michael saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (9/1/2014).Menurutnya, bokong akan menjadi indah jika latihan pembakaran lemak bokong dikombinasikan dengan latihan membentuk otot bokong. (Mel/*)Baca Juga: Syarat Bila Ingin Punya Bokong BagusKenapa Bokong Ibu Melahirkan Jadi Turun dan Melebar?Ingin Bokong Jadi Indah, Coba Latihan Ini! [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *