5 Olahraga Tepat Atasi Nyeri Punggung

Nyeri_Punggung.jpg

Seseorang yang memiliki riwayat nyeri punggung atau back pain cenderung menghindari aktivitas fisik seperti berolahraga karena takut membahayakan area punggung dan pinggang. Namun itu ternyata itu tidak benar menurut para ahli.

“Olahraga membuat pinggang dan punggung jadi lebih baik. Bagi kebanyakan orang dengan nyeri pinggang, aktivitas fisik memainkan perah besar dalam pemulihan,” terang ahli bedah tulang belakang Jack Stern, MD.

Menurut Stern, usai berolahraga kondisi tulang belakang dan pinggang lebih baik dibandingkan tidak berolahraga. Berikut 5 olahraga tepat bagi Anda yang memiliki nyeri punggung yang disampaikan Stern seperti dilansir Reader’s Digest, Kamis (2/10/2014).

1. Peregangan yoga
Yoga tidak hanya membantu memperkuat otot punggung juga membantu melemaskan otot-otot yan memicu rasa sakit. Peregangan yoga juga bisa meningkatkan aliran darah ke punggung untuk menyembuhkan sakit punggung bawah.

2. Berjalan kaki
Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Clinical Rehabilitation menemukan fakta bahwa berjalan kaki efektif membantu meringankan rasa sakit akibat nyeri kronis pinggang.
Menurut dokter Stern, dengan berjalan kaki akan meningkatkan denyut jantung, aliran darah dan nutrisi untuk penyembuhan punggung dan pinggang berjalan baik.

3. Bersepeda
Banyak orang menyalahkan bahwa bersepeda menyebabkan nyeri pinggang, namun nyatanya olahraga ini latihan yang tepat untuk membantu ketidaknyaman nyeri pinggang. Membebankan berat badan ke lengan dibandingkan ke tulang punggung bisa mengurangi rasa nyeri yang dialami.

4. Pilates
Kombinasi peregangan dan latihan kekuatan tubuh umumnya cocok untuk orang dengan nyeri punggung karena membangun inti tubuh dan memobilisasi tulang belakang.
Sebuah penelitian di Italia pada tahun ini menyebutkan bahwa olahraga pilates meningkatkan fungsi fisik secara lebih baik serta mengurangi rasa sakit pada area punggung dan pinggang.

5.Renang
Menurut Stern, bila memiliki nyeri punggung maupun pinggang yang kronis latihan lebih baik dilakukan di dalam air karena dapat meminimalisir tekanan pada punggung. Kelas renang seperti Aqua Fit dan Aqua Zumba bisa jadi contoh tepat untuk atasi nyeri pinggang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Asap Rokok `Neraka` Buat Payudara

Asap Rokok `Neraka` Buat Payudara

Ada banyak hal yang Anda perlu tahu tentang aset yang dimiliki perempuan yang disebut payudara. Bukan sekadar penarik perhatian pria.Situs YourTango melansir beberapa fakta mengejutkan dari buah dada, Senin (3/3/2014):1. Terbesar alamiPayudara terbesar alami dimiliki Annie Hawkins-Turner dari Amerika Serikat. Menurut Guinness Book of World Record, dadanya berukuran 70 ini.Annie memakai ukuran bra 102ZZZ. Ia menderita gigantomastia yang pertumbuhan payudaranya serta jaringan lemak stabil.2. Implan terbesarImplan payudara terbesar dimiliki Sheyla Hershey dari Houston, TX. Implan Hershey membuat payudaranya menjadi berukuran 38KKK. Dia melakukan prosedur tersebut di Brasil karena Amerika Serikat tak mengizinkan oeprasi silikon dalam jumlah tertentu dalam tubuh.Operasi menyebabkan infeksi berulang di kedua payudaranya hingga akhirnya ia harus mengangkat implan tersebut. Namun, pada 2011 implan itu diganti dan ia berusaha agar payudaranya berukuran MMM.3. ASI ManisMeskipun selera orang berbeda-beda, ASI umumnya memiliki rasa masis karena sebagian besar mengandung laktosa dalam jumlah tinggi.4. Asap rokok neraka payudaraBahan kimia dalam asap rokok memecah elastin di dalam tubuh yang men [...]

5 Kesalahan Saat Mencuci Tangan

5 Kesalahan Saat Mencuci Tangan

Meski sepele, tapi dengan cuci tangan yang benar sebenarnya kita bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti flu. Sayangnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Health menemukan bahwa hanya 5 persen peserta yang mencuci tangan setelah buang air dan 23 persen lainnya tidak menggunakan sabun dan 10 persen lainnya malha tidak cuci tangan sama sekali. Cari tahu kesalahan-kesalahan saat mencuci tangan, seperti dikutip Health, Selasa (16/12/2014): 1. Melewatkan cuci tangan setelah keluar dari toilet Perlu diketahui, ratusan bakteri paling banyak ditemukan di toilet. Jadi walaupun Anda menganggap kalau tangan Anda bersih, pernah berpikir kalau pintu, toilet flusher, dan permukaan lainnya penuh bakteri? "Kulit membentuk penghalang yang baik untuk mencegah bakteri. Tapi permukaan mukosa, seperti mata , mulut, dan alat kelamin, lebih berpori sehingga kuman bisa terjebak disana," kata " ahli penyakit menular di Florida International University, Miami,Prof. Aileen Marty, MD.Masalahnya, lanjut Marty, seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona, Charles Gerba, PhD rata-rata orang menyentuh wajahnya 16 kali dalam satu jam, kata Charles Gerba, PhD. "Jadi m [...]

Kisah Haru Keluarga yang Terpisah di Korea Utara & Selatan

Kisah Haru Keluarga yang Terpisah di Korea Utara & Selatan

Seperti mendapat hadiah, berbondong-bondong para lansia berkumpul di Diamond Mountain Resort di Korea Utara. Bukan untuk upacara militer atau pembagian pensiun. Tapi untuk bertemu keluarga yang berpuluh tahun dipisahkan negaranya. Kala itu, ada beberapa lusin lansia Korea Selatan yang dipilih secara acak oleh komputer dari daftar lebih dari 70.000 orang dan hampir 200 warga Korea Utara berkumpul berbagi kenangan, air mata dan saling merangkul. Ada seorang Ayah yang bertemu anak perempuan anaknya untuk pertama kalinya. Ada juga saudara kandung yang tidak pernah bertemu satu sama lain. Semuanya saling memeluk, menangis karena sukacita dan kesedihan. Meskipun beberapa diantara lansia menderita Alzheimer, kebutaan, gangguan pendengaran, dan penyakit lainnya, para tetua seperti memiliki tekad kuat untuk tidak melewatkan kesempatan langka bertemu kembali dengan orang yang dicintai. Sebelumnya, seperti dijelaskan Care2, Senin (17/3/2014), perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea pada 1953 membentuk zona demiliterisasi antara kedua negara dan ditengahi gencatan senjata selama bertahun-tahun. Bahkan hingga kini perdamaian belum pernah secara resmi dinyatakan kedua negara [...]

Pejabat Negara Harus Beri Contoh Berberat Badan Normal

Pejabat Negara Harus Beri Contoh Berberat Badan Normal

Ketua Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) DKI Jakarta Ari Fahrial Syam mengatakan partai politik (Parpol) dan calon anggota legislatif (Caleg) harus mendorong upaya pencegahan penyakit. Dia mengatakan pimpinan dan pejabat negara termasuk para anggota dewan baik di tingkat II,I dan pusat harus menjadi contoh dengan memiliki berat badan ideal dan rutin berolah raga. "Untuk itu yang diperlukan adalah parpol dan caleg yang mendorong upaya pencegahan penyakit," kata dia di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (19/3/2014). Dia mengatakan Indonesia masih merupakan negara tertinggal dalam penanganan kasus infeksi dan kasus-kasus penyakit degeneratif. Menurut dia aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah selama ini hanya sebatas proyek dan tidak terkonsep secara sistematis. "Kasus HIV AIDS mengalami peningkatan tercepat di negara-negara Asia Tenggara. Demam berdarah Dengue (DHF) masih menjadi endemis dan kasusnya selalu ditemukan sepanjang tahun terutama di kota-kota besar," paparnya. Begitu juga untuk penanganan kasus TBC dan HIV/AIDS kita masih belum optimal mengingat kasus yang ditemukan di tengah masyarakat masih tinggi. Indonesia masih menjadi penyumbang terbesar [...]

Permudah Obati Kankernya, Gadis Belia Ciptakan Replika Kemoterapi

Permudah Obati Kankernya, Gadis Belia Ciptakan Replika Kemoterapi

Berawal dari kerepotannya saat menjalani kemoterapi, Kylie Simonds, gadis belia berusia 11 tahun berhasil menciptakan replika kemoterapi yang lebih mudah digunakan berbentuk tas punggung. Dulu, pada Maret 2011, gadis kecil dari Connecticut, Amerika Serikat ini didiagonosa rhabdomyosarcoma, salah satu jenis kanker yang memengaruhi jaringan lunak, jaringan ikat maupun tulang. Hal ini membuatnya harus menjalani kemoterapi IV selama 46 minggu. "Saat kemoterapi saya harus menggunakan tiang IV (alat kemoterapi berisi obat) dan selalu tersandung semua kabel. Hal ini membuat sulit berjalan dan membutuhkan orang lain untuk mendorongyna karena saat dikemoterapi tubuh saya begitu lemah," jelas Kylie seperti dilansir NY Daily News, Senin (11/8/2014). Usai menjalani kemoterapi dan berhasil sembuh dari kanker, Kylie membuat sebuah ransel IV portabel yang memiliki berat yang ringan dibandingkan tiang IV seperti dulu yang dipakainya. Ransel replika IV yang dibuatnya berwarna pink bergambar tokoh kartun Hello Kitty dilengkapi baterai untuk mengatur aliran obat. Ada juga sebuah tempat khusus untuk melindungi obat IV. Apa yang dibuat Kylie membuat gurunya terkesan dan membuat kampanye menggalang [...]

Klinik Kecantikan Gunakan Sel Punca, Bagaimana?

Klinik Kecantikan Gunakan Sel Punca, Bagaimana?

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan sebuah peraturan menteri yang isinya menyatakan bahwa tidak semua rumah sakit dan klinik kecantikan boleh melakukan terapi stem cell (sel punca). Alasannya, sel punca yang kini menjadi primadona dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, banyak disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Salah satu klinik kecantikan di Indonesia yang menggunakan terapi sel punca adalah Ultimo Aesthetic & Dental Center. Di klinik ini, sel punca yang berasal dari lemak yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit Osthearthritis (OA) dan untuk memperbesar payudara. Lantas, bagaimana dengan perizinannya mengingat klinik ini ada jauh sebelum peraturan menteri dibuat.Pemilik Ultimo Aesthetic & Dental Centre, dr. Enrina Diah, Sp. BP mengatakan bahwa di klinik yang didirikannya itu menggunakan stromal vascular fraction (SVF), ekstrak yang diambil dari lemak, yang berasal dari pasien sendiri. Di dalam SVF terkandung jaringan adiposa dan sel punca jenis mesinkemal (salah satu sel punca dewasa) dan faktor-faktor penyembuhan."Jadi, pada dasarnya, tindakan ini seperti transfusi, ataupun prosedur transfer lemak PRP yang saat ini banyak dilaku [...]

Madiun Butuh Banyak Tenaga Kesehatan

Madiun Butuh Banyak Tenaga Kesehatan

PeduliSehat.info, Madiun Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, saat ini masih mengalami kekurangan ratusan tenaga kesehatan yang akan ditugaskan untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat. Sekretaris Kota Madiun, Maidi, Senin, mengatakan, kekurangan tenaga kesehatan tersebut menyusul peningkatan tipe dan sarana pelayanan yang dimiliki oleh RSUD Kota Madiun saat ini. "Secara umum Pemkot Madiun masih kekurangan PNS. Kebutuhan yang sangat mendesak adalah tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di RSUD Kota Madiun, karena tipe dan sarana rumah sakit yang ditingkatkan, sehingga SDM-nya harus menyesuaikan," ujar Maidi seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/6/2014). Menurut dia, kekurangan tersebut juga disebabkan tiga tahun berturut-turut Pemkot Madiun tidak melakukan perekrutan CPNS. Sesuai analisis jabatan, jumlah PNS yang dibutuhkan tahun ini mencapai 600 pegawai. "Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah tenaga kesehatan yang akan ditempat di rumah sakit daerah setempat. Semoga saja tahun ini Kota Madiun diperbolehkan oleh pusat untuk merekrut PNS," kata dia. Senada dengan itu, Direktur RSUD Kota Madiun, dr Resti Lestantini, membenarkan jika kon [...]

Usai Donor Darah, Perlukah Minum Suplemen Tambah Darah?

Usai Donor Darah, Perlukah Minum Suplemen Tambah Darah?

Seusai donor darah, biasanya Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan obat tablet darah. Namun seringkali suplemen tersebut tidak diminum dan diabaikan. Lantas seberapa penting obat tambah darah setelah donor darah? Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI), DKI Jakarta Dr. Shalimar Salim mengatakan, obat tambah darah berfungsi sebagai stimulan bagi pendonor darah mengingat darah yang diambil standarnya 250-300 cc. "Obat tambah darah itu hanya stimulan. Tapi penting diminum untuk membantu proses penambahan darah," kata Shalimar saat ditanyai wartawan di sela-sela acara Donor Darah dan Autisme di Senayan City, Jakarta, Rabu (22/10/2014). Shalimar menambahkan, selain minum obat tambah darah, pendonor juga disarankan untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dengan mengonsumsi makanan seimbang dengan kalori, protein, lemak dan vitamin yang cukup. [...]

Pengobatan yang Tepat untuk Nyeri Lutut

Pengobatan yang Tepat untuk Nyeri Lutut

Setelah nyeri lutut anterior yang dirasakan timbul, para ahli menganjurkan agar orang yang merasakan itu mengetahui letak cedera yang tepat, karena pengobatannya sendiri tergantung pada diagnosa.Menurut Ahli Bedah Ortopedi dari Mount Elizabeth Hospital, Dr Michael Soon, ketika ditunjukan lebih awal, pengobatan nyeri lutut anterior cukup dengan mengistirahatkan lutut dan tidak menggunakannya secara berlebihan. "Misalnya seperti berhenti berlari. Ini dilakukan sampai orang tersebut dapat melakukannya tanpa rasa sakit," kata Michael seperti dikutip dari rilis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (20/1/2014)Dilanjutkan Michael, orang tersebut juga bisa melakukan pengobatan dengan cara BRICE. "BRICE itu Brace (bantuan alat penyokong), Rest (istirahat), Ice (pengompresan dengan es), Compression (penindihan), dan Elevation (pengangkatan). Ini merupakan akronim yang sering dianjurkan ketika mengalami cedera.Pada dasarnya, lanjut Michael, langkah-langkah yang disebutkan merupakan usaha untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan cedera, yang memungkinan untuk terjadinya penyembuhan. Selain itu, menggunakan obat anti-imfalamasi juga dapat membantu.Setelah rasa sakit teratasi, beberapa l [...]

Jelang Tahun Baru, Permintaan Kondom Meningkat 100 Persen

Jelang Tahun Baru, Permintaan Kondom Meningkat 100 Persen

Menjelang tahun baru 2015, permintaan alat kontrasepsi jenis kondom di Bengkulu meningkat 100 persen. Permintaan paling mencolok terjadi di kawasan bekas Lokalisasi RT 8 Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu. Jika pada hari biasa permintaan kondom hanya 3.500 kondom, menjelang tahun baru ini, mencapai 7.000 kondom. Ketua Yayasan KantorInformasi Pusat dan Adiksi (KIPAS) Bengkulu Merli Yuwanda mengatakan, selain di kawasan lokalisasi,permintaan juga datang dari para pelajar, angkanya bahkan mencapai 40 persen dari tota kebutuhan kondom se Provinsi Bengkulu. "Pendataan jangkauan petugas KIPAS di lapangan, peningkatan kebutuhan 100 persen di kawasan lokalisasi dan kawasan rawan prostitusi, mirisnya, 40 persen dari total itu justru untuk memenuhi kebutuhan para pelajar," ujar Merli di Bengkulu (22/12/2014). Data kipas menyebutkan, kebutuhan kondom setiap bulan dari Januari hingga november berada pada kisaran 3.500 kondon, memasuki bulan desember naik menjadi 6.000 kondom. khusus tahun baru permintaan meningkat menjadi 7.000 kondom. "Setiap bulan kami mensuplay kondom ke kawasan lokalisasi dan melakukan layanan cek kesehatan gratis sambil melakukan pembinaan kemanusiaan. tujuannya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *