5 Olahraga Tepat Atasi Nyeri Punggung

Nyeri_Punggung.jpg

Seseorang yang memiliki riwayat nyeri punggung atau back pain cenderung menghindari aktivitas fisik seperti berolahraga karena takut membahayakan area punggung dan pinggang. Namun itu ternyata itu tidak benar menurut para ahli.

“Olahraga membuat pinggang dan punggung jadi lebih baik. Bagi kebanyakan orang dengan nyeri pinggang, aktivitas fisik memainkan perah besar dalam pemulihan,” terang ahli bedah tulang belakang Jack Stern, MD.

Menurut Stern, usai berolahraga kondisi tulang belakang dan pinggang lebih baik dibandingkan tidak berolahraga. Berikut 5 olahraga tepat bagi Anda yang memiliki nyeri punggung yang disampaikan Stern seperti dilansir Reader’s Digest, Kamis (2/10/2014).

1. Peregangan yoga
Yoga tidak hanya membantu memperkuat otot punggung juga membantu melemaskan otot-otot yan memicu rasa sakit. Peregangan yoga juga bisa meningkatkan aliran darah ke punggung untuk menyembuhkan sakit punggung bawah.

2. Berjalan kaki
Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Clinical Rehabilitation menemukan fakta bahwa berjalan kaki efektif membantu meringankan rasa sakit akibat nyeri kronis pinggang.
Menurut dokter Stern, dengan berjalan kaki akan meningkatkan denyut jantung, aliran darah dan nutrisi untuk penyembuhan punggung dan pinggang berjalan baik.

3. Bersepeda
Banyak orang menyalahkan bahwa bersepeda menyebabkan nyeri pinggang, namun nyatanya olahraga ini latihan yang tepat untuk membantu ketidaknyaman nyeri pinggang. Membebankan berat badan ke lengan dibandingkan ke tulang punggung bisa mengurangi rasa nyeri yang dialami.

4. Pilates
Kombinasi peregangan dan latihan kekuatan tubuh umumnya cocok untuk orang dengan nyeri punggung karena membangun inti tubuh dan memobilisasi tulang belakang.
Sebuah penelitian di Italia pada tahun ini menyebutkan bahwa olahraga pilates meningkatkan fungsi fisik secara lebih baik serta mengurangi rasa sakit pada area punggung dan pinggang.

5.Renang
Menurut Stern, bila memiliki nyeri punggung maupun pinggang yang kronis latihan lebih baik dilakukan di dalam air karena dapat meminimalisir tekanan pada punggung. Kelas renang seperti Aqua Fit dan Aqua Zumba bisa jadi contoh tepat untuk atasi nyeri pinggang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Daftar 68 Kosmetika Berbahaya

Daftar 68 Kosmetika Berbahaya

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada tahun 2014 ini berhasil melakukan pengawasan peredaran kosmetika di Indonesia. Hasilnya, 68 item kosmetika mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan. "Ditemukan sebanyak 32 kosmetika buatan luar negeri dan 36 kosmetika buatan dalam negeri," ungkap Kepala BPOM Roy Sparringa dalam konfrensi pers yang digelar di Aula Gedung C BPOM, Jakarta, Jumat (19/12/2014). Diantara 68 produk tersebut, 37 tidak ternotifikasi (terdaftar) dan 31 memiliki nomor notifikasi yang telah dibatalkan oleh BPOM. Sebagian besar produk kosmetika berbahaya didominasi oleh kandungan bahan pewarna dilarang (merah K3 dan rhodamin), cemaran logam berat Pb, dan merkuri yang akan membahayakan kesehatan bila digunakan. Mulai dari infeksi hingga cacat janin. BPOM pun dengan tegas meminta masyarakat untuk tidak menggunakaan kosmetika mengandung bahan berbahaya berikut ini; 1. BAOLISHI Lipstick No 15 (gold case)2. BAOLISHI Lipatick No 15 (yellow case) 3. BAOLISHI Lipstick No 20 (gold case)4. BAOLISHI Lipstick No 20 (green case)5. BAOLISHI Lipstick No 20 (red case)6. BAOLISHI Lipstick No 20 (yellow case) 7. BAOLISHI Lipstick No 25 8. BAOLISHI Lipstick No 33 9 KISS B [...]

HMI Tuntut Capres Peduli Masalah Kesehatan

HMI Tuntut Capres Peduli Masalah Kesehatan

Badan Koordinasi Nasional Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (Bakornas LKMI PB HMI) menuntut pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk memiliki visi pembangunan kesehatan. Visi pembangunan kesehatan ini tentunya harus sesuai dengan cita-cita bangsa dalam menjamin kesehatan rakyatnya. "Kesehatan mesti menjadi prioritas dalam pembangunan nasional, mengingat pengaruhnya yang besar pada kualitas sumber daya manusia bangsa ini. Calon presiden yang tidak memiliki komitmen besar pada pembangunan kesehatan bangsa, tentu tidak memiliki visi kebangsaan yang memadai sebagai seorang pemimpin negara. Seyogyanya kita menaruh harapan besar bahwa yang akan menjadi presiden RI nanti adalah dia yang memiliki visi terhadap pembangunan kesehatan bangsa," ujar Direktur Bakornas LKMI PB HMI, Dr. Ardiansyah Bahar, di Sekretariat PB HMI, Jakarta, Sabtu (25/5/2014). Ardiansyah mengatakan, LKMI HMI akan terus menuntut pasangan Capres-Cawapres untuk memiliki komitmen pada pembangunan kesehatan bangsa ini. Tidak hanya pada saat pencalonan saja, namun saat terpilih dan menjalankan tugasnya sebagai pemimpin negara nanti. "Diharapkan presiden dan wakilnya bisa teru [...]

Ragam Kegiatan Sambut Hari AIDS Sedunia

Ragam Kegiatan Sambut Hari AIDS Sedunia

Berbagai kegiatan promosi dan pencegahan AIDS dilakukan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta antara lain bulan bakti KTS (Konseling Test Sukarela HIV), pemeriksaan fungsi hati (SGOT/SGPT), pemeriksaan Rongent Thorax di 6 LAPAS, RUTAN dan RS Penayoman, bakti sosial bagi 1.800 orang WPB, menyediakan ruang konseling dari psikolog yang sudah dilatih HIV AIDS, ViralLoad bagi bumil (ibu hamil) HIV positif dan bayi sebanyak 50 orang, dan pemberian susu formula kepada bayi usia 0 ? 2 tahun dari ibu ODHA. Hari AIDS Sedunia sendiri ditetapakan tanggal 1 Desember 2014. Ada juga beberapa kegiatan yang dilakukan pada 29 November 2014 di Lapas kelas IIA Salemba Jakarta Pusat yaitu Dance for Life dari 50 WPB, Band dan Panduan Suara, tarian, serta akuistik dari LSM Karya Bhakti dan Yayasan Pelita ilmu. Meskipun Upaya penanggulangan HIV & AIDS di DKI Jakarta sudah banyak dilakukan, segala daya dan upaya masih perlu ditingkatkan.?Peringatan HAS (Hari AIDS sedunia) adalah salah satu kegiatan yang diperingati setiap tahun secara internasional dan nasional. Diharapkan dengan peringatan HAS yang melibatkan semua sektor/instansi/lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat baik [...]

Makanan Cepat Saji Tak Cuma Bikin Gemuk

Makanan Cepat Saji Tak Cuma Bikin Gemuk

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers di Psychologysuggests menemukan bahwa makanan tinggi kalori seperti makanan cepat saji itu membosankan.Seperti dikutip dari laman Prevention, Jumat (5/9/2014) peneliti menilai makanan cepat saji dapat memengaruhi cara otak merespons isyarat yang membuat orang jenuh, walaupun mungkin Anda akan tetap memakannya."Kemampuan otak untuk membedakan makanan tinggi kalori akan membuat orang lebih cepat bosan," kata penulis studi sekaligus profesor di University of New South Wales, studi Margaret Morris.Moris menerangkan penelitiannya menggunakan tikus untuk diteliti. Ada dua kelompok tikus yang diberi dua jenis makanan selama dua minggu. Kelompok pertama mengonsumsi makanan sehat dan kedua, mengonsumsi makanan cepat saji. Hasilnya, tikus yang makan junk food gemuk dan bosan."Manusia dan hewan memiliki saraf sensorik yang membuat cepat bosan. Coba saja ketika Anda disuguhi makanan cepat saji atau semangkuk pasta, maka Anda tidak akan makan lebih dari satu porsi dan menginginkan sesuatu yang berbeda," ungkapnya. Inilah yang membuat peneliti beranggapan makanan cepat saji itu membosankan. [...]

Jokowi Tak Perlu Hindari Makanan Tertentu

Jokowi Tak Perlu Hindari Makanan Tertentu

Presiden RI ke-7 Joko Widodo atau Jokowi dianjurkan untuk tidak menghindari makanan tertentu demi menghindari perut buncit dan terbebas dari sejumlah penyakit. Asalkan dilakukan saat jam makan, maka Jokowi dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi badan Jokowi juga kurus."Lagipula sebagai Presiden, Jokowi dapat menolak ajakan makan bila memang dia sudah kenyang, atau tidak lapar. Bila dianggap tidak menghormati karena sudah terlanjur dihindangkan, protokolernya kan dapat menghubungi yang punya acara dan mengatakan kalau Pak Presiden sudah makan, dan tidak perlu disediakan santapan," kata Dokter Spesialis Olahraga, Dr. Michael Triangto, SpKO saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (20/10/2014)Jokowi yang baru saja dilantik menggantikan posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Presiden Republik Indonesia di Gedung MPR/DPR RI pada Senin (20/10/2014) pagi seharusnya dapat mengatur apa yang seharusnya dia makan."Kayak pemberitaan `Jokowi ngajak makan sate Padang sejumlah wartawan TIME` di TIME, saya yakin Jokowi hanya memesan itu saja. Dan saya juga yakin, kalau Jokowi tidak mungkin menyantap lebih dari 20 tusuk sate Padang," kata Michael.Menurut Michael, sebaga [...]

Ahli Peksos Harus Tunjukkan Bisa Atasi Masalah Sosial

Ahli Peksos Harus Tunjukkan Bisa Atasi Masalah Sosial

Permasalahan sosial semakin kompleks dan dinamis menuntut tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) handal di bidang pekerjaan sosial (peksos). ?Peksos menjadi faktor strategis dalam perubahan sosial masyarakat, sehingga dalam pegaulan global yang difasilitasi organisasi-organisasi internasional telah mendorong pendidikan peksos melibatkan diri dalam perubahan tersebut, ? kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri pada Wisuda Magister Pekerjaan Sosial Spesialis ke-7 dan Sarjana Sains Terapan Pekerjaan Sosial Ke-48 Tahun Akademik 2014/2015 di STKS Bandung, Selasa (14/10/2014). Menghadapi hal itu, Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) dituntut meningkatkan kualitas agar mampu menghasilkan peksos berkompeten dan profesional. Calon peksos mesti memiliki keyakinan dan kesungguhan mempraktikan ilmunya secara profesional. Dengan kemampunan itu, peksos bisa bekerja tidak hanya di lembaga pemerintah, juga di berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) nasional dan internasional. ?STKS harus mengembangkan pendidikan yang responsif terhadap kebutuhan yang bisa menyentuh permasalahan di masyarakat, ? ujarnya. Selain itu, STKS harus meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitasnya, [...]

Braga Culinary Night 2014, Pesta Suka Ria ala `Urang` Bandung

Braga Culinary Night 2014, Pesta Suka Ria ala `Urang` Bandung

Sebagai Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil berusaha menyenangkan hati dan memberikan kegembiraan pada warganya dengan cara yang berbeda. Seperti yang terlihat Sabtu (11/1/2014) kemarin, di mana Braga Culinary Night (BCN) 2014 digelar. Urang (red: orang) Bandung pun tumpah riah menikmati makanan dan minuman yang disajikan.Emil, sapaan akrab sang wali kota menuturkan bahwa BCN 2014 baru pertama kali dilaksanakan. Itu merupakan salah satu dari mimpi Pemerintahan Kota Bandung untuk memperbanyak car free night, yaitu menutup jalan di seluruh pelosok kota Bandung. Dan Braga dipilih Emil sebagai lokasi uji coba untuk gebrakan barunya tersebut."Temanya pun sederhana, menutup jalan kemudian ada yang jualan makanan. Maksudnya, agar orang menikmati kegembiraannya dengan cara sederhana, makan," kata Emil saat diwawancarai Health Liputan6.com di Bandung baru-baru ini ditulis pada Senin (13/1/2014)Sebagai pemilik ide, Emil sadar betul bahwa acara tersebut masih banyak kekurangan. Tapi, antusiasme warga yang sungguh luar biasa besarnya tak dapat dielakan. Secara tak langsung itu menandakan bahwa perlu diadakan acara serupa di lokasi lainnya. "Braga identik dengan identitas Bandung. Makanya, antusias [...]

Jangan Sembarangan Minum Antibiotik!

Jangan Sembarangan Minum Antibiotik!

Sampai detik ini Antibiotik (AB) masih dianggap obat dewa. Sakit sedikit saja pasien akan meminta resep berupa AB kepada dokter, tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut. Pasien percaya dengan mengonsumsi AB akan terhindar dari infeksi bakteri.Menurut Penasehat Yayasan Orang Tua Peduli dan Milis Sehat, dr. Purnamawati S Pujiarto, SpAK, MMPed, bakteri bukanlah musuh manusia dan pemberian AB tidak bisa sembarangan karena harus dilakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dulu untuk memastikan jenis AB mana yang cocok untuk dikonsumsi si pasien."Mindset manusia itu harus diubah. Jangan anggap bakteri itu jahat. Bakteri bukanlah musuh manusia," kata dr. Purnamawati dalam acara bertema `Bakteri: Kawan atau Lawan` di Restoran Gemoelai Panglima Polim, Jakarta, Kamis (6/3/2014)Pada dasarnya, lanjut dia, manusia tidak dapat hidup tanpa bakteri. Oleh karena itu, upaya manusia melawan atau memusnahkan bakteri adalah upaya yang sia-sia, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kerugian."Salah satu kerugian yang telah dirasakan masyarakat di seluruh dunia adalah resistensi bakteri terhadap antibiotik. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dan aman, menyebabkan bakteri bermutasi dan menjadi resisten [...]

Indonesia Darurat Miras

Indonesia Darurat Miras

Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Jawa Timur, M Suli Faris menyatakan, Indonesia saat ini memasuki kategori darurat minuman keras (miras) karena banyak warga yang meninggal dunia akibat meminum minuman itu. "Kejadian ini harus mendapatkan perhatian serius petugas keamanan dalam hal ini polisi dan penegak perda, yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)," kata M Suli Faris di Pamekasan, Rabu. Karena itu, Suli meminta agar polisi dan Satpol PP Pamekasan ke depan lebih gencar melakukan razia minuman keras yang beredar di masyarakat. Minuman ilegal yang tidak berizin harus diberantas peredarannya karena cenderung berbahaya, bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa seseorang apabila dikonsumsi. "Kami sangat berkepentingan polisi agar terus gencar melakukan razia peredaran miras ini, terutama yang oplosan," katanya. Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) Pamekasan ini lebih lanjut menjelaskan, dirinya sengaja meminta pihak Satpol PP Pemkab Pamekasan untuk ikut terlibat proaktif dalam memberantas peredaran minuman keras di Pamekasan karena terkait dengan perda. "Pamekasan ini 'kan memiliki Perda tentang Larangan Minuman Beralkohol. Makanya, dalam hal pemberantasan peredaran minuman ini, Sat [...]

Langkah Awal Atasi Napas Bau

Langkah Awal Atasi Napas Bau

Halitosis atau nafas bau sering dialami banyak orang. Untuk menyelesaikan permasalahan bau mulut, umumnya dengan meningkatkan kebersihan mulut dan menyelesaikan masalah kesehatan yang mendasarinya. Jika dirasa nafas bau bukan karena gigi berlubang atau permasalahan pada gusi bisa diatasi dengan hal mudah. Seperti dilansir Live Science, Kamis (24/7/2014), Pertama-tama pastikan Anda sudah menyikat lidah yang berfungsi untuk mengurangi pertumbuhan bakteri berlebih pada permukaan lidah seperti dijelaskan dalam International Journal of Dental Hygiene. Jangan lupa untuk minum banyak air, mengunyah permen karet tanpa gula atau mengemut permen tanpa gula untuk mencegah bau mulut. Kegiatan ini mendorong produksi ari liur yang membantu membasuh partikel makanan dan bakteri penyebab bau. Jika sudah melakukan cara tersebut dan permasalahan nafas bau belum juga usai. Segera kunjungi dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan medis. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *