5 Olahraga Tepat Atasi Nyeri Punggung

Nyeri_Punggung.jpg

Seseorang yang memiliki riwayat nyeri punggung atau back pain cenderung menghindari aktivitas fisik seperti berolahraga karena takut membahayakan area punggung dan pinggang. Namun itu ternyata itu tidak benar menurut para ahli.

“Olahraga membuat pinggang dan punggung jadi lebih baik. Bagi kebanyakan orang dengan nyeri pinggang, aktivitas fisik memainkan perah besar dalam pemulihan,” terang ahli bedah tulang belakang Jack Stern, MD.

Menurut Stern, usai berolahraga kondisi tulang belakang dan pinggang lebih baik dibandingkan tidak berolahraga. Berikut 5 olahraga tepat bagi Anda yang memiliki nyeri punggung yang disampaikan Stern seperti dilansir Reader’s Digest, Kamis (2/10/2014).

1. Peregangan yoga
Yoga tidak hanya membantu memperkuat otot punggung juga membantu melemaskan otot-otot yan memicu rasa sakit. Peregangan yoga juga bisa meningkatkan aliran darah ke punggung untuk menyembuhkan sakit punggung bawah.

2. Berjalan kaki
Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Clinical Rehabilitation menemukan fakta bahwa berjalan kaki efektif membantu meringankan rasa sakit akibat nyeri kronis pinggang.
Menurut dokter Stern, dengan berjalan kaki akan meningkatkan denyut jantung, aliran darah dan nutrisi untuk penyembuhan punggung dan pinggang berjalan baik.

3. Bersepeda
Banyak orang menyalahkan bahwa bersepeda menyebabkan nyeri pinggang, namun nyatanya olahraga ini latihan yang tepat untuk membantu ketidaknyaman nyeri pinggang. Membebankan berat badan ke lengan dibandingkan ke tulang punggung bisa mengurangi rasa nyeri yang dialami.

4. Pilates
Kombinasi peregangan dan latihan kekuatan tubuh umumnya cocok untuk orang dengan nyeri punggung karena membangun inti tubuh dan memobilisasi tulang belakang.
Sebuah penelitian di Italia pada tahun ini menyebutkan bahwa olahraga pilates meningkatkan fungsi fisik secara lebih baik serta mengurangi rasa sakit pada area punggung dan pinggang.

5.Renang
Menurut Stern, bila memiliki nyeri punggung maupun pinggang yang kronis latihan lebih baik dilakukan di dalam air karena dapat meminimalisir tekanan pada punggung. Kelas renang seperti Aqua Fit dan Aqua Zumba bisa jadi contoh tepat untuk atasi nyeri pinggang.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pendapat Para Nasabah Bank Sampah Malaka Sari, Jakarta Timur

Pendapat Para Nasabah Bank Sampah Malaka Sari, Jakarta Timur

Bank Sampah Malaka Sari yang terletak di Jalan Delima III nomor 190, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, sudah ada sejak tahun 2008. Setelah hampir 6 tahun berdiri, nasabah yang ada sudah lebih dari 300 orang, dan dicap sebagai bank sampah berstandar 'Gold' dari Pemerintah.Lantas, bagaimana komentar para nasabah yang menabung sampah di sana?Berikut penuturan beberapa orang nasabah kepada Health Liputan6.com di Bank Sampah Malaka Sari, Jakarta Timur, ditulis Sabtu (22/2/2014)1. Rien SoedimulyoWanita berusia 68 tahun sudah lama menjadi nasabah tetap di Bank Sampah Malaka Sari, Jakarta Timur. Bahkan diakuinya, dirinya sudah menjadi nasabah sejak bank sampah itu berdiri pertama kali pada tahun 2008.Selama ini pula, Rien tak pernah merasa kecewa terhadap pelayanan di bank sampah itu, dan untuk pembayarannya sendiri, Rien merasa beruntung karena dapat menjadi nasabah."Tahun kemarin saja jumlah uang saya mencapai Rp 1 juta lebih. Per bulannya saya cuma dapat Rp 100 ribu saja. Karena memang jenis sampah saya yang sampah-sampah rumah tangga. Pak Prokosonya juga baik, dan karyawannya pun demikian," kata Rien menuturkan.Sebagai nasabah, Rien benar-benar merasakan manf [...]

Jantung Wanita Tidak Cocok Ditransplantasikan ke Pria

Jantung Wanita Tidak Cocok Ditransplantasikan ke Pria

Transplantasi jantung mungkin satu-satunya cara yang bisa dilakukan bila kondisi jantung sudah dalam kondisi parah. Tapi menurut sebuah studi yang dilakukan oleh the United Network for Organ Sharing (UNOS), ternyata jantung wanita tidak cocok untuk ditransplantasikan ke pria.Seperti dilansir Everydayhealth, Jumat (10/1/2014), peneliti utama, Robert M. Reed mengatakan bahwa pria yang menerima jantung wanita, 32 persen lebih cepat meninggal pada tahun pertama setelah transplantasi.Sementara ahli jantung dari Massachusetts General Hospital (MGH) Cardiac Transplant Program di Boston, Stephanie Moore, MD mengatakan, masalahnya bukan karena jantung wanita tidak bekerja pada pria tapi ukuran jantung wanita yang lebih kecil, tidak akan bekerja dengan baik dalam tubuh pria yang lebih besar. Maka itu jauh lebih penting mendapatkan jantung yang ukurannya benar tanpa memandang jenis kelamin."Data menunjukkan bahwa 77 persen dari mereka yang mendapat transplantasi jantung adalah laki-laki tetapi hanya 71 persen dari pendonor adalah laki-laki," katanya.Jadi bagaimana memilih jantung yang tepat? Moore menyampaikan bahwa jantung yang baik untuk dipilih transplantasi sebagai berikut:1. Melihat MRI [...]

Jeans Ini Dibuat Khusus untuk Wanita Berpaha Gemuk

Jeans Ini Dibuat Khusus untuk Wanita Berpaha Gemuk

Paha gemuk atau betis besar membuat sejumlah perempuan tak percaya diri dan berusaha menutupi bagian ini. Apalagi tren saat ini perempuan berlomba memiliki paha ramping yang tak menempel satu sama lain saat berdiri (tigh gap). Perempuan-perempuan ini biasanya memamerkan kesempurnaannya dengan memakai skinny jeans.Namun kini, Anda para wanita berpaha gemuk tak perlu takut. Anda bisa berbangga diri. Buktinya, sekelompok atlet dari Nevada yang dikenal dengan Barbell Apparel merancang celana jeans buat siapapun yang memiliki bokong tebal, paha gemuk, dan betis besar.Jeans antitigh gap tersebut menantang fitur fisik yang ditakuti beberapa perempuan dan bangga dengan otot yang dimilikinya."Atket bekerja keras untuk menjadi kuat, memiliki paha gemuk dan mereka harus bangga dengannya. Ini diciptakan untuk manusia dengan fungsinya," kata co-Founder Barbell Denim Hunter Molzen seperti dilansir ABCNews, Kamis (24/4/2014).Jeans yang diciptakan para atlet tersebut menantang skinny jeans, legging, dan jegging (celana ketat spandex yang dirancang agar terlihat seperti jeans). Celana jeans buat siapapun berpaha gemuk ini tak baggy, tapi lebih fleksibel. Bahan yang digunakan katun berkualitas tingg [...]

Awas, Jeruk Juga Efek Buruknya bagi Tubuh

Awas, Jeruk Juga Efek Buruknya bagi Tubuh

Jeruk nipis, jeruk pecel, lemon, hingga aneka buah jeruk dapat dengan mudah ditemukan di berbagai sudut pasar di tanah air. Kandungan vitamin dan mineral yang baik serta harga relatif murah membuat masyarakat gemar mengonsumsi buah ini. Namun, yang jadi catatan jangan berlebihan ya mengonsumsinya. Ternyata, di dalam buah yang dikenal kaya Vitamin C ini penting untuk menjaga kolagen dalam gusi. Sayangnya, jika makan beberapa jeruk setiap hari lalu masih minum air lemon bisa mengikis enamel pada gigi terang dokter gigi kosmetik Jennifer Jablow, D.D.S seperti dikutip dari Women's Health pada Selasa (21/10/2014). Erosi pada enamel disebabkan oleh tingkat keasaman buah jeruk. Bahkan menurut studi tahun 2011 yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, buah jeruk jenis grapefruit lebuh bersifat erosi dibandingkan minuman berkola. Padahal enamel berfungsi penting dalam melindungi gigi. Namun bagi Anda yang gemar mengonsumsi buah jeruk-jerukan, tak perlu risau. Jablow menyarankan untuk segera minum air putih dalam jumlah banyak. Dilanjutkan dengan menggosok gigi dua puluh menit kemudian untuk mengurangi keasaman pada mulut Anda. [...]

Imbauan WHO Agar Pemerintah Tak Terima Tawaran CSR Rokok

Imbauan WHO Agar Pemerintah Tak Terima Tawaran CSR Rokok

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau kepada pemerintah, khususnya di bidang pendidikan, untuk tidak begitu saja menerima tawaran program CSR (Corporate Social Responsibility) yang diberikan perusahaan rokok. Menurut WHO, program seperti ini dinilai sebagai strategi dari industri rokok untuk menarik hati konsumennya, terlebih para remaja.Dalam sebuah diskusi, WHO mengatakan bahwa perusahaan rokok mencari banyak cara untuk melemahkan beberapa negara yang sedang menjalani sebuah program untuk memerangi rokok dengan memberikan CSR."CSR itu kan tanggung jawab sosial perusahaan. Tidak pas rasanya bila industri yang justru `membunuh` memberikan program CSR seperti ini. Industri rokok tidak bisa disamakan dengan industri lain," kata Faruqh Quraishi selaku perwakilan WHO dalam diskusi bertema `Relevansi CSR Industri Rokok di Bidang Pendidikan` di Media Center Komnas Anak, Jakarta, Kamis (27/2/2014)Di seluruh dunia, terang Faruqh, industri rokok sudah melakukan investasi besar-besaran untuk sebuah proomosi demi menggantikan konsumen yang sudah tidak merokok atau bahkan yang sudah meninggal. Caranya, dengan mempromosikan secara halus yang ditujukan bagi perokok pemula."Bagaimana bisa di [...]

Lawan Parkinson dengan Jalan Kaki

Lawan Parkinson dengan Jalan Kaki

Satu lagi manfaat berjalan kaki. Selain melawan diabetes, menurunkan tekanan darah dan membakar lemak, berjalan kaki membantu meningkatkan kesehatan pasien parkinson. "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa berjalan kaki adalah cara aman dan murah untuk memperbaiki gejala parkinson serta meningkatkan kualitas hidup pasien parkinson," jelas pemimpin penelitian Dr Ergun UC dari University of Iowa. Tentu saja hal ini hanya berlaku bagi pasien parkinson yang masih bisa berjalan. Seperti diketahui, parkinson adalah penyakit yang membuat terganggunya sel-sel otak yang memberi perintah terhadap gerakan. Penelitian ini dilakukan terhadap relawan pasien parkinson yang diminta berjalan dengan kecepatan normal selama 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 2,9 kilometer. Ada 48 orang berhasil melewati penelitian yang dilakukan selama enam bulan ini. "Jalan kaki merupakan pengobatan yang mudah dilakukan dan murah untuk mengatasi kelelahan dan depresi serta meningkatkan kualitas hidup pasien parkinson seperti penuaan, depresi, kanker dan kondisi medis kronis lain," ujar Uc seperti dikutip laman Today, Kamis (21/7/2014). Selain berjalan kaki, olahraga teratur membantu memperlambat perkembanga [...]

Bedanya Donor Darah Dulu dan Sekarang

Bedanya Donor Darah Dulu dan Sekarang

Berkembangnya penelitian dan teknologi ternyata juga cukup memengaruhi perubahan gaya hidup untuk masing-masing orang mendonorkan darahnya saat ini. Bila dibandingkan dulu, selain pendonor masih sedikit, alat pemeriksaan juga terbatas dan manual. Seperti itulah yang disampaikan Kepala Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI), DKI Jakarta Dr. Shalimar Salim saat ditemui di Kantor PMI Pusat, Jakarta. Menurutnya, perkembangan PMI setiap tahun cukup baik karena pendonor darah terus berkembang dan penelitian darah juga semakin canggih. Sehingga alat-alat otomatis juga dimanfaatkan oleh PMI. "Dulu untuk mengambil contoh hemoglobin, memerlukan alat kedokteran yang lama. Sekarang kita punya alat otomatis sehingga kemungkinan kesalahan sedikit sekali. Selain itu, semakin lama penelitian juga semakin berkembang. Seperti misalnya dulu kita tahu bahwa orang dnegan golongan darah O bisa menyumbangkan darahnya kepada semua orang. Sekarang tidak boleh lagi karena adanya penelitian rhesus pada golongan darah," kata Shalimar, ditulis Kamis (8/5/2014). Shalimar pun juga memuji banyak orang yang mau membantu sesama dengan mendonorkan darahnya. Karena dulu, PMI harus gencar promosi agar masyar [...]

Olahraga di Pusat Kebugaran Bikin Tuli?

Olahraga di Pusat Kebugaran Bikin Tuli?

Tahukah Anda bahwa terlalu sering berolahraga di pusat kebugaran berisiko tuli? Ternyata, risiko mengalami tuli berasal dari musik yang diputar dengan volume yang terlalu keras selama kegiatan olahraga berlangsung.Suatu penelitian yang dilakukan oleh National Acoustic Laboratories yang merupakan divisi riset dari Australian Hearing, menemukan fakta bahwa volume musik yang didengarkan kepada para pengunjung memiliki tingkatan yang hampir sama dengan mesin jet. Bahkan, Janette Thorburn dari Australian Hearing Audiologist mengatakan, kebisingan yang terjadi di pusat kebugaran memiliki rata-rata 93 sampai 94 desibel."Kerasnya volume musik di pusat kebugaran hampir setinggi suara yang dilepaskan oleh mesin jet yang tengah terbang pada ketinggian 25 meter, yang lebih dari 100 desibel," kata Janette seperti dikutip Daily Mail, Rabu (1/10/2014)Menurut Janetter, kisaran ideal dari kerasnya suara musik yang dapat mencegah terjadinya tuli atau kerusakan pada pendengaran lainnya berada di bawah 80 desibel, dengan waktu mendengarkannya tidak terlalu lama,"Ketika mendekati 100 desibel, telinga akan mulai mengalami kerusakan pada 15 menit berikutnya," kata dia.Jika seseorang berolahraga di pusat [...]

Wanita Ini Berhasil Lahirkan Bayi Kembar Usai Cuci Darah

Wanita Ini Berhasil Lahirkan Bayi Kembar Usai Cuci Darah

Rasa gembira mungkin sudah tidak bisa lagi digambarkan oleh Sarah Pearce (29). Ia melahirkan anak kembar setelah melakukan dialisis ginjal.Mengutip laman Mirror, Jumat (4/7/2014) dua tahun lalu, Sarah sempat diberitahu tim medis bahwa ia akan kesulitan hamil karena penyakit yang dideritanya. Tapi ternyata sejarah medis membuat semua orang membuka mata.Bulan lalu, Sarah melakukan operasi caesar karena melahirkan 12 minggu lebih awal. Ia melahirkan dua bayi lucu sekaligus, Henley dan Harper. Keduanya sehat dan sempurna."Saya bangga menjadi ibu pertama di dunia yang melahirkan anak kembar pada saat dialisis," katanya. Perjalanan lahirnya sang buah hati tidak mulus begitu saja. Sarah sempat melahirkan bayi prematur tahun lalu. Tapi akhirnya meninggal. Hal ini membuat dokter khawatir terhadap kehamilan anak kembarnya. Kala itu, kata Sarah, dokter menyarankannya untuk melakukan cuci darah setiap hari yang sebelumnya dilakukan tiga kali seminggu. Dokter khawatir, Henley tidak mendapatkan aliran darah yang cukup."Harper lah yang banyak membantu saya percaya, ia membantu Henley melaluinya dan mengatakan kepadanya untuk melanjutkan hidupnya karena dia adalah orang kuat," ujar wanita yang b [...]

Kurangi Konsumsi Daging, Cegah Kanker Payudara

Kurangi Konsumsi Daging, Cegah Kanker Payudara

Daging merah kerap disalahkan karena menyebabkan banyak masalah, salah satunya menaiknya kolesterol atau kanker usus. Karena itu, Anda disarankan mengurangi konsumsinya. Bagi wanita, konsumsi daging merah sebaiknya kurang dari tiga porsi per minggu agar Anda terhindar dari kanker payudara.Ahli gizi dari Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ekky M. Rahardja MS, SpGK menerangkan, konsumsi daging merah yang dibakar langsung di atas api, apalagi bila sampai daging itu sedikit gosong, mengakibatkan akumulasi HCA atau karsinogen yang berpotensi menyebabkan kanker."Alternatifnya, lebih baik daging itu direbus atau dicelupkan selama beberapa detik di air mendidih, atau dengan slow-cooker," kata dr. Ekky 'Workshop Peduli Perempuan Indonesia Bersama Tahir Foundation dan Pinkshimmerinc' di Hall Rumah Sakit Mayapada, Jalan Lebak Bulus 1, Jakarta Selatan, ditulis Health Liputan6.com pada Senin (17/2/2014)Biasanya, cara makan seperti ini diterapkan ketika Anda singgah ke sebuah restoran Jepang, yang biasanya hampir seluruh makanannya direbus, termasuk daging. Cara seperti ini dinilai sedikit aman, ketimbang memasak atau membakarnya sampai gosong.Meski cukup membahayakan, daging merah memiliki man [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *