5 Rempah Pencegah Kanker

rempah-kanker-140214a.jpg

Tidak sedikit yang masih percaya dengan obat herbal atau rempah-rempah guna meningkatkan kesehatan. Lima rempah yang dikutip dari Dummies, Jumat (14/2/2014) ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

1. Jahe

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk (bumbu jahe) atau manisan.

Dengan mengonsumsi jahe dapat membantu memberikan kenyamanan pada perut dan menghilangkan rasa mual. Jahe juga dapat menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.

2. Rosemary

Tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Masakan mediterania banyak yang menggunakan herbal ini untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Banyak yang percaya rosemary dapat mencegah kanker, para peneliti sedang melakukan pengujian terkait hal itu.

Rosemary dapat membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan meningkatkan nafsu makan.

3. Kunyit

Kandungan curcumin yang ada pada kunyit memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat anti oksidan yang dapat melindungi diri dari perkembangan kanker.

Selain itu kunyit juga sedang dalam penelitian untuk digunakan sebagai pencegah penyakit di usus besar, kanker prostat, kanker payudara dan kanker kulit.

4. Paprika

Capsaicin dalam paprika merupakan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketika capsaicin dioleskan ke kulit, terjadi pelepasan bahan kimia yang disebut substansi P. Proses tersebut yang membuat rasa sakit berkurang.

Namun penggunaannya tidak sembarangan, perlu keahlian khusus. Bila terlalu banyak mengoleskan paprika di daerah yang sakit dapat berisiko luka bakar. Untuk menghindari hal tersebut perlu pengetahuan yang benar.

Selain itu paprika juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, penelitian juga sedang dilakukan untuk mengobati nyeri neuropatik (nyeri mengejutkan yang menyerang jalur saraf) setelah operasi kanker.

5. Bawang Putih

Rampah-rempah dengan bau menyengat ini, memiliki kandungan sulfur yang tinggi dan juga merupakan sumber yang baik dari arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa aktif allicin yang memberikan bau khas pada bawang putih.

Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara. Senyawa yang ada dalam bawang putih dapat menghambat bakteri dan pembentukan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA dan menginduksi kematian sel.

Bawang putih juga membantu proses detoksifikasi dan juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu mengurangi tekanan darah.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

4 Bahan Alami Cegah Sariawan dan Demam

Saat sedang berpuasa, seseorang tidak akan makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Selama kurun waktu tersebut, Ia juga akan tetap menjalani kesibukannya. Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan daya tahan tubuh tidak prima, penyakit seperti sariawan dan demam bisa muncul dan dapat mengganggu ibadah puasa.Agar terhindar dari dua penyakit tersebut, Pakar Herbal sekaligus Bussiness Development Director PT Deltomed Laboratories, Dr Abrijanto SB menagatakan ada 4 bahan alami yang dapat membantu mencegahnya seperti:1. ThymeBerfungsi mencegah antibakteri atau jamur dan sangat baik untuk mengobati sariawan.2. Lycorice atau akar manisAkar manis memiliki manfaat anti radang. Senyawa Glicoceerin di dalamnya dapat memberikan efek anti radang tanpa merusak lambung.3. Daun sagaDaun yang bentuknya kecil, mirip dengan daun asem atau daun putri malu ini memiliki manfaat untuk antiinflamasi. Sayangnya, biji daun saga sangat beracun. Bijinya digunakan untuk membunuh serangga. Jika dikonsumsi manusia, bisa merusak saraf.4. Alang-alangBahan alami yang sering dijumpai di pinggir jalan ini bermanfaat untuk menurunkan demam. [...]

3 Bahan Pengontrol Gula Darah

3 Bahan Pengontrol Gula Darah

Diabetes mellitus adalah suatu kondisi di mana glukosa dalam darah atau kadar gula meninggi secara abnormal. Untuk mengatur tingkat gula darah, insulin kerap dibutuhkan oleh para diabetesi.Selain insulin dan obat sintentis, ada suplemen dan herbal yang menurut berbagai penelitian dapat membantu menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi tekanan darah tinggi, serta kolesterolBerikut beberapa jenis bahan-bahan alami yang dapat digunakan seperti dikutip Health Me Up, Kamis (1/5/2014) Teh hijauAntioksidan yang ada di dalam secangkir teh hijau, dapat menurunkan kadar glukosa, mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, dan memerkuat sistem kekebalan tubuh. Teh hijau dikemas dengan kalium, vitamin C, fluor, vitamin B, dan yodium yang dapat membantu memerangi diabetes.Cuka apelPara ahli menyarankan, kadar glukosa pada diabetesi dapat berkurang sebesar 50 persen jika rutin mengonsumsi 2 sdm cuka yang berasal dari sari apel sebelum makan. Cuka memiliki sifat dapat mempertahankan kadar glukosa tubuh segera setelah makan.KarelaKarela dapat merangsang pankreas, hati, dan limpa yang dapat mengatur tingkat gula darah. Selain itu, karela juga dapat membuat metabolisme par [...]

Rumus 4T + 1W dalam Konsumsi Obat Herbal

Rumus 4T + 1W dalam Konsumsi Obat Herbal

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2010, 59,12 persen penduduk Indonesia pernah mengonsumsi jamu dan obat herbal untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa obat herbal juga memiliki efek yang perlu diwaspadai. Karena itu, dalam penggunaannya, masyarakat diminta untuk memenuhi kaidah 4T + 1W. Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD menjelaskan, 4T+1W artinya empat tepat dan satu waspada. "Tepat penggunaan, tepat pemakaian, tepat jenis obat herbal, tepat dosis dan cara pemberian serta waspada efek samping," kata Arijanto dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014) Misalnya, ketika pasien memilih untuk mengonsumsi obat herbal, dokter memiliki kewajiban untuk memberitahu apakah obat yang aman untuk dikonsumsi sesuai penyakitnya, dan seberapa banyak dosisnya. "Sekarang, pasien memiliki hak untuk memilih obat herbal atau obat kimia, menggunakan informed choice. Ketika ada pasien yang tidak ingin mengonsumsi obat kimia, dokter harus memberitahu jenis-jenis obat herbal apa saja yang cocok agar dapat dikonsumsi [...]

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Dokter Makin Ragu Ganja Bisa Jadi Obat yang Aman

Setelah beberapa waktu sempat ada penelitian tentang manfaat ganja bagi penderita radang sendi (Artritis reumatoid), kini peneliti lain bersikeras menganggap bahwa ganja sama sekali tidak memiliki manfaat kesehatan. Seperti dikutip laman Everydayhealth, Jumat (7/3/2014) sejumlah ahli kini menyatakan tidak menyarankan penggunaan ganja bagi penderita nyeri artritis karena penelitian sebelumnya kurang terbukti kuat. Seperti disimpulkan oleh penulis studi Mary-Ann Fitzcharles, MD dan rekan, dalamkajian studi pengobatan ganja yang diterbitkan dalam Arthritis Care & Research. Peneliti juga menyebutkan tentang manfaat ganja yang belum bisa dibenarkan secara medis karena kurangnya data, ketersediaan terapi dan potensi bahaya seperti kecanduan. Sebelumnya, satu studi menemukan bahwa 80 persen pengguna ganja medis di klinik pengobatan sendi di AS menggunakan ganja untuk mengobati nyeri myofascial, nyeri yang memengaruhi otot dan jaringan. Begitu pula di Kanada, sekitar 65 persen mengatakan tenaga medis menggunakan ganja sebagai obat untuk arthritis parah. Hal inilah yang membuat pro dan kontra antara para ahli Arthritis dan pasien. Seorang rheumatologist (dokter ahli rematik) di Wash [...]

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Cara Mudah Bersihkan Komedo dengan Buah Mangga

Komedo sulit dihilangkan. Bahkan seseorang rela sakit-sakitan demi menghilangkan bintik-bintik hitam di sekitar hidung ini. Contohnya saja dengan menggunakan alat yang yang mencabut satu per satu komedo. Padahal, ada cara yang terbilang sederhana, tanpa sakit, dan murah dengan menggunakan buah mangga.Caranya cukup campurkan satu sendok teh mangga yang sudah dihaluskan dengan setengah sendok teh susu dan madu. Lalu, oleskan campuran ini pada permukaan hidung yang terdapat komedo dan gosok dengan lembut hingga merata. Biarkan selama 30 menit dan bilaslah dengan air hangat. Dengan begitu, Anda dapat melihat perbedaan yang cukup nyata.Seperti dilansir laman Health Me Up, Senin (26/5/2014), selain untuk membersihkan komedo, buah berwarna kuning kehijauan yang mengandung vitamin A dan C itu berguna juga untuk menunda penuaan dan pigmentasi karena melindungi kulit terhadap radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit.Selain itu, mangga dapat membantu mencegah terjadi jerawat dan pelembab alami untuk kulit, dapat mengencangkan kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori besar. [...]

Meditasi dalam Secangkir Teh

Meditasi dalam Secangkir Teh

Di mata pecandunya, kedamaian sejati bisa ditemukan hanya dari secangkir teh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apa makna teh di mata Anda? Mungkin sulit membayangkan maknanya karena sehari-hari kita minum segelas teh yang dibubuhi beberapa sendok gula pasir sebagai sebuah kebiasaan semata. Barangkali Anda akan menjawab biasa-biasa saja karena hal itu Anda lakukan setiap hari secara otomatis. Bahkan, dalam setiap kesempatan di tepi jalan Anda bisa minum teh dalam kemasan botol tanpa perasaan apa-apa, kecuali hilangnya rasa haus. Lain halnya bagi seorang master teh dari Jepang. Minum teh adalah bentuk meditasi. Minum teh adalah sebuah cara pelepasan atas segala kekhawatiran dalam hidup. Ada dasar filosofi yang amat dalam ini, maka menikmati secawan teh di Jepang menjadi sebentuk budaya. Bentuk meditasi itu bisa kita saksikan hingga saat ini dalam upacara minum teh. Bahkan, dapat dikatakan sebagai bentuk meditasi yang cukup rumit. Perlu keterampilan serta pelatihan khusus untuk bisa menyajikan teh dalam upacara minum teh ala Jepang. Secara sederhana di mata Diana Rosen, penulis buku Taking Time for Tea dan penggemar teh, meditasi lewat secangkir teh adalah menghentikan perhatian, me [...]

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Beragam saus dan semacamnya selama ini dianggap buruk buat kesehatan, termasuk saus tomat. Namun, sebenarnya saus tomat baik buat kesehatan.Ahli kesehatan di University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS Trust menemukan, mengonsumsi saus tomat bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan pembuluh darah.Para peneliti ini melibatkan 36 pasien yang mengalami penyakit jantung dan 36 pasien yang sehat. Pasien-pasien itu minum pil yang disebut Ateronon, yang mengandung 7 milligram lycopene (bahan yang terkandung di tomat) atau plasebo setiap harinya selama dua bulan. Hasilnya, pada responden yang sakit maka pembuluh darah mereka melebar hingga 53 persen. Ini disebabkan meningkatnya fungsi endothelium, lapisan dinding sel di dalam pembuluh darah.Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke karena penyempitan pembuluh darah bisa mengurangi aliran darah. Tapi, pemberian suplemen itu tidak berpengaruh pada tekanan darah, kekakuan arteri atau tingkat lipid.Sementara itu pemberian pil tomat tak berpengaruh pada sukarelawan yang sehat yang pembuluh darahnya sudah normal."Pil tomat bukan menjadi pengganti untuk per [...]

Di Inggris, Karyawan yang Sukses Diet Dapat Imbalan

Di Inggris, Karyawan yang Sukses Diet Dapat Imbalan

Demi menuntaskan penderita obesitas, pemerintah Inggris memiliki ketetapan baru. Pegawai atau karyawan swasta yang obesitas dan sukses menjalankan dietnya, akan menerima imbalan berupa uang tunai atau voucher belanja. Kepala eksekutif NHS Inggris Simon Stevens menuturkan, cara ini sebelumnya telah diterapkan di Amerika dan sukses memangkas penderita obesitas diantara pegawai atau karyawan perusahaan."Di banyak negara, cash back diberikan dalam rangka menurunkan angka obesitas. Jadi kami juga menawarkan imbalan menarik bagi yang sukses berdiet seperti uang tunai, voucher belanja dan hadiah lainnya," kata Stevens, seperti dikutip Mirror, Kamis (23/10/2014). Menurut Stevens, ini adalah langkah jangka panjang dalam menjaga berat badan. Untuk besarannya, bisa bervariasi tergantung dari berapa banyak berat badan mereka hilang."Obesitas kini telah menjadi ancaman dan kita perlu melakukan upaya untuk menekan jumlah obesitas mulai dari anak-anak hingga dewasa," jelasnya. [...]

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Tidak sedikit dari kita yang kerap mencampurkan telur saat akan meminum jamu. Lantas, salahkah bila jamu dicampur dengan telur?Profesor Riset ke-11 Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Lestari Handayani, M. Med, mengatakan, karena telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, maka tidak masalah mencampurkan telur ke dalam jamu. "Itu kan untuk kebutuhan protein, dan tubuh kita memang membutuhkan protein. Jadi, tidak masalah," kata Lestari ditulis Sabtu (29/11/2014)Lagipula, mencampurkan telur ke dalam segelas jamu akan membantu mereka yang ingin tahan lama di atas ranjang. "Karena ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, protein sangat dibutuhkan. Namun, jangan lupa juga mengonsumsi makanan seimbang," kata dia menambahkan.Namun sayangnya, kebiasaan buruk masyarakat kita adalah selalu memilih kuning telur untuk dicampurkan ke dalam jamu. Memang tidak apa-apa, tapi kalau terlalu sering akan berbahaya bagi tubuh kita."Kuning telur itu kan kolesterolnya sangat tinggi. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kuning telur yang mentah juga harus waspada terhadap bakteri yang ada di dalam telur," kata dia mengingatkan. [...]

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Demi membantu para pecandu minuman keras menghentikan kebiasaannya, National Health Service (NHS) menawarkan sejenis obat sekali minum yang bermanfaat untuk mengekang rasa candu tersebut. Saat ini, obat dengan jenis Namefene sedang diuji di National Institute of Health and Care Excellence (Nice).Dengan adanya Namefene, produsen obat Lundbeck memprediksi, akan membawa keuntungan bagi 600.00 jiwa di seluruh Inggris dan Wales, yang merasa sulit untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut. Para ahli mengatakan, obat yang bermanfaat untuk membantu para pecandu mengurangi rasa candunya terhadap alkohol dengan mengendalikan mekanisme di dalam otak, bisa didapatkan bila mereka meminta resep pada dokter. Direktur Teknologi Kesehatan Evaluasi Centre Nice, Profesor Carole Longson, mengatakan bahwa kecanduan alkohol adalah masalah yang serius bagi hampir seluruh masyarakat di London dan Wales. "Mereka yang bisa diresepkan Nalmefene merupakan langkah awal bagi pecandu untuk berjuang melawan kecanduannya terhadap minuman keras, dengan mengunjungi dokter terlebih dulu, dan mengambil obat ini dalam program terapi yang sedang dijalaninya," kata Carole seperti dikutip Daily Mail, Kamis (10/7/2014) [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *