5 Rempah Pencegah Kanker

rempah-kanker-140214a.jpg

Tidak sedikit yang masih percaya dengan obat herbal atau rempah-rempah guna meningkatkan kesehatan. Lima rempah yang dikutip dari Dummies, Jumat (14/2/2014) ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

1. Jahe

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk (bumbu jahe) atau manisan.

Dengan mengonsumsi jahe dapat membantu memberikan kenyamanan pada perut dan menghilangkan rasa mual. Jahe juga dapat menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.

2. Rosemary

Tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Masakan mediterania banyak yang menggunakan herbal ini untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Banyak yang percaya rosemary dapat mencegah kanker, para peneliti sedang melakukan pengujian terkait hal itu.

Rosemary dapat membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan meningkatkan nafsu makan.

3. Kunyit

Kandungan curcumin yang ada pada kunyit memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat anti oksidan yang dapat melindungi diri dari perkembangan kanker.

Selain itu kunyit juga sedang dalam penelitian untuk digunakan sebagai pencegah penyakit di usus besar, kanker prostat, kanker payudara dan kanker kulit.

4. Paprika

Capsaicin dalam paprika merupakan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketika capsaicin dioleskan ke kulit, terjadi pelepasan bahan kimia yang disebut substansi P. Proses tersebut yang membuat rasa sakit berkurang.

Namun penggunaannya tidak sembarangan, perlu keahlian khusus. Bila terlalu banyak mengoleskan paprika di daerah yang sakit dapat berisiko luka bakar. Untuk menghindari hal tersebut perlu pengetahuan yang benar.

Selain itu paprika juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, penelitian juga sedang dilakukan untuk mengobati nyeri neuropatik (nyeri mengejutkan yang menyerang jalur saraf) setelah operasi kanker.

5. Bawang Putih

Rampah-rempah dengan bau menyengat ini, memiliki kandungan sulfur yang tinggi dan juga merupakan sumber yang baik dari arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa aktif allicin yang memberikan bau khas pada bawang putih.

Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara. Senyawa yang ada dalam bawang putih dapat menghambat bakteri dan pembentukan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA dan menginduksi kematian sel.

Bawang putih juga membantu proses detoksifikasi dan juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu mengurangi tekanan darah.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Selain sebagai penyegar napas, daun mint juga dikenal sebagai herbal yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Maka itu, jangan bila Anda perhatikan sejumlah produk mengandung mint seperti pasta gigi, permen karet, penyegar nafas, permen dan inhaler. Alasan di balik ini semua sebenarnya karena daun mint bisa membunuh bakteri jahat. Selain itu, daun mint juga memiliki manfaat lain, seperti dikutip Boldsky, Rabu (5/11/2014) berikut ini: 1. Mengatasi alergi Daun mint mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam rosmarinic. Asam ini efektif dalam mengurangi gejala alergi musiman. 2. Mengobati batuk Pada daun mengandung menthol. Menthol adalah dekongestan alami yang membantu untuk memecah dahak dan lendir. Dengan demikian mengonsumsi mint secara rutin dapat membersihkan rongga hidung.3. Mengatasi masalah pencernaan Manfaat kesehatan lain dari daun mint adalah meningkatkan aliran empedu sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan.4. Mengatasi Morning Sickness untuk ibu hamil Daun mint sering digunakan untuk meringankan mual ibu hamil di trimester pertama. [...]

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Obat yang Berguna untuk Sembuhkan Pecandu Alkohol

Demi membantu para pecandu minuman keras menghentikan kebiasaannya, National Health Service (NHS) menawarkan sejenis obat sekali minum yang bermanfaat untuk mengekang rasa candu tersebut. Saat ini, obat dengan jenis Namefene sedang diuji di National Institute of Health and Care Excellence (Nice).Dengan adanya Namefene, produsen obat Lundbeck memprediksi, akan membawa keuntungan bagi 600.00 jiwa di seluruh Inggris dan Wales, yang merasa sulit untuk lepas dari kebiasaan buruk tersebut. Para ahli mengatakan, obat yang bermanfaat untuk membantu para pecandu mengurangi rasa candunya terhadap alkohol dengan mengendalikan mekanisme di dalam otak, bisa didapatkan bila mereka meminta resep pada dokter. Direktur Teknologi Kesehatan Evaluasi Centre Nice, Profesor Carole Longson, mengatakan bahwa kecanduan alkohol adalah masalah yang serius bagi hampir seluruh masyarakat di London dan Wales. "Mereka yang bisa diresepkan Nalmefene merupakan langkah awal bagi pecandu untuk berjuang melawan kecanduannya terhadap minuman keras, dengan mengunjungi dokter terlebih dulu, dan mengambil obat ini dalam program terapi yang sedang dijalaninya," kata Carole seperti dikutip Daily Mail, Kamis (10/7/2014) [...]

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Hilangkan BT Kala Haid, Coba Bunga Saffron!

Bunga safron rasanya kurang begitu dikenal dan masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun di Amerika, bunga yang terkenal mahal ini sudah dimanfaatkan sebagai rempah-rempah penggugah selera dalam berbagai masakan.Dan ternyata, manfaat bunga safron tidak hanya mampu membuat makanan lezat. Menurut penelitian Iran?s Roozbeh Psychiatric Hospital di Tehran University of Medical Sciences, safron baik untuk para wanita yang kerap mengalami sindrom pramenstruasi (PMS). Pada masa seperti ini para wanita kerap mengalami BT atau yang disebut BT (bad temper), galau atau mood jelek."Bunga yang hanya memiliki putik sedikit ini dapat mengurangi gejala depresi dan sindrom pramenstruasi (PMS) yang umumnya dialami wanita di kala haid," kata Shahin Akhondzadeh, Ph.D dikutip Eatingwell, Sabtu (15/3/2014).Para ilmuwan ini meneliti dengan melibatkan 50 wanita yang kerap mengalami gangguan PMS. Mereka diberi dua kapsul yakni safron dan plasebo masing-masing ukuran 15 mg. Pada siklus menstruasi pertama, mereka diberi kapsul saffron dan siklus yang kedua diberikan plasebo. Lebih dari tiga perempat wanita melaporkan penurunan gejala PMS dengan intensitas lebih besar ketika mengonsumsi kapsul saffr [...]

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Biji Tomat, Sahabat bagi Jantung Anda

Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung betakaroten yang bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh manusia, biji tomat yang biasanya dibuang ketika diolah menjadi makanan ternyata mengandung zat penting bagi tubuh. Bagi Anda yang suka membuang biji tomat hendaknya tahu bahwa biji tomat ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh par ilmuwan dari Aberdeen Rowet Institute, Inggris, Senin (22/9/2014) menyebutkan bahwa biji tomat dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Lendir yang membungkus biji tomat bisa mengurangi risiko penggumpalan darah. Bahkan khasiat biji tomat ini sama efektif dengan aspirin. Penemuan ini melibatkan 43 orang selama tujuh bulan. Dalam penelitian tersebut, khasiat biji tomat dibandingkan dengan aspirin. ?Kami menemukan jika ektrak biji tomat memiliki khasiat yang sama seperti aspirin. Bahkan tanpa efek samping. Sedangkan aspirin memiliki efek samping seperti pendarahan pada perut,? ucap Stephen Moon dari Prvoxis, produsen yang memproduksi ektrak biji tomat. Jadi, jangan buang biji tomat ya. Lebih baik makan saja, toh tidak pahit bahkan enak. [...]

Baking Soda Bisa Jadi Obat Jerawat Sampai Bau Badan

Baking Soda Bisa Jadi Obat Jerawat Sampai Bau Badan

Baking soda tidak hanya untuk bahan membuat kue. Lebih dari itu, baking soda juga dapat digunakan untuk merawat tubuh Anda, terlebih para wanita. Caranya?Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam merawat kecantikan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Sabtu (29/3/2014)* Anda dapat mencampur tiga sendok baking soda ke dalam air dan membuatnya menjadi pasta. Setelah itu, oleskan di wajah Anda untuk dijadikan scrub. Campuran ini berguna untuk menghaluskan kulit wajah Anda.* Baking soda juga dapat dijadikan deodoran alami, ketika Anda menggosokkannya di bagian ketiak. Campurkan seperdelapan sendok teh baking soda dan satu sendok makan air. Lalu, oleskan di ketiak untuk menghilangkan keringat pada ketiak.* Baking soda juga bisa digunakan untuk melembutkan kutikula. Tambahkan sedikit baking soda dengan air sampai membetuk pasta. * Selain itu, baking soda juga dapat menyingkirkan jerawat pada bagian wajah Anda. Campurkan beberapa sendok baking soda dengan perasan jeruk lemon dan mengoleskan ke wajah Anda.* Untuk memutihkan gigi, baking soda juga dapat jadi bahan andalan Anda. Celupkan sikat gigi Anda ke dalam campuran baking soda yang Anda racik. [...]

Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

China sangat dikenal dengan pengobatan herbalnya. Berbagai jenis pengobatan lahir di sana. Salah satu tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan itu adalah cordyceps. Cordyceps (juga disebut dengan Cordyceps sinensis) merupakan jamur yang tumbuh liar di daerah Barat Daya Cina. Dalam bahasa China, tumbuhan tersebut dinamakan Dong Chong Yia Cao atau winter warm summer grass, yang berarti herbal musim dingin dengan kehangatan musim panas. Cordyceps merupakan herbal yang sering digunakan pada pengobatan Cina. Tumbuhan tersebut umumnya ditemukan pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut di Cina, Tibet, dan Nepal. Namun, cordyceps liar yang berasal dari Tibet yang disebut-sebut sebagai tumbuhan terbaik. Mengandung Nukleotida Secara umum, jamur yang diambil dan dimanfaatkan biasanya dikumpulkan dari jamur liar. Beberapa literatur menunjukkan bahwa cordyceps liar sangat kaya akan beberapa komponen penting. Namun, kandungan aktif tersebut justru berbeda pada cordyceps yang telah dibudidayakan. Karena itu, cordyceps dibiarkan tumbuh secara liar dan tidak dibudidayakan seperti jamur atau tanaman obat lainnya. Karena liar dan jumlah yang sangat jarang serta sulit ditemukan membu [...]

Rumus 4T + 1W dalam Konsumsi Obat Herbal

Rumus 4T + 1W dalam Konsumsi Obat Herbal

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2010, 59,12 persen penduduk Indonesia pernah mengonsumsi jamu dan obat herbal untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa obat herbal juga memiliki efek yang perlu diwaspadai. Karena itu, dalam penggunaannya, masyarakat diminta untuk memenuhi kaidah 4T + 1W. Kepala Poliklinik Komplementer Alternatif RSU dr. Soetomo, Surabaya, dr. Arijanto Jonosewoyo, Sp. PD menjelaskan, 4T+1W artinya empat tepat dan satu waspada. "Tepat penggunaan, tepat pemakaian, tepat jenis obat herbal, tepat dosis dan cara pemberian serta waspada efek samping," kata Arijanto dalam acara 'The 1st Health Natural Wellnes Symposium' di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta, Sabtu (5/4/2014) Misalnya, ketika pasien memilih untuk mengonsumsi obat herbal, dokter memiliki kewajiban untuk memberitahu apakah obat yang aman untuk dikonsumsi sesuai penyakitnya, dan seberapa banyak dosisnya. "Sekarang, pasien memiliki hak untuk memilih obat herbal atau obat kimia, menggunakan informed choice. Ketika ada pasien yang tidak ingin mengonsumsi obat kimia, dokter harus memberitahu jenis-jenis obat herbal apa saja yang cocok agar dapat dikonsumsi [...]

Biskuit Ini Diklaim Dapat Besarkan Payudara

Biskuit Ini Diklaim Dapat Besarkan Payudara

Perempuan bisa melakukan segala cara untuk memperbesar payudaranya (buah dada) misalnya dengan operasi bedah plastik estetik. Namun, perusahaan pembuat permen di Jepang menemukan cara unik untuk memperbesar payudara, yakni dengan membuat biskuit.Pembuat biskuit F Cup ini mengklaim, dengan makan produknya hanya dua keping sehari akan memberi perbedaan nyata pada ukuran payudara. Mereka juga mengklaim produk ini populer tak hanya di Jepang, tapi juga negara lain di Asia.Biskuit tersebut mengandung 50 mg ekstrak Pueraria Mirifica (ekstrak tanaman yang ditemukan di Thailand) per biskuitnya. Pueraria Mirifica ini mengandung molekul yang sama dengan estrogen yang dikenal dengan Miroestrol yang meniru aktivitas biologis hormon. F Cup Cookies ini memiliki dua rasa yakni susu kedelai atau praline dan cokelat. Setiap kue mengandung 70 kalori. Dalam jurnal kesehatan, estrogen pada manusia berperan penting dalam perkembangan payudara dan menentukan ukuran. F Cup Cookies mengklaim bahwa Mirestrol dalam biskuit akan bertindak dengan cara yang sama di dalam tubuh ketika dimakan. Namun, belum ada bukti ilmiah bahwa Miroestrol memiliki efek yang mirip estrogen bila dimakan."Fitoestrogen dalam ber [...]

Jadi, Kedelai Itu Menyehatkan atau Bikin Kanker?

Jadi, Kedelai Itu Menyehatkan atau Bikin Kanker?

Kedelai yang dibuat dari tanaman kedelai beberapa tahun terakhir memang menjadi perdebatan di kalangan medis. Karena sejumlahpenelitian menyebutkan, konsumsi rutin kedelai terkait dengan kanker pada wanita. Sebaliknya, menilik dari manfaat gizinya, kedelai kaya omega-3, vitamin B, seng, besi, lemak tak jenuh, serat, fitokimia dan antioksidan yang bisa mengurangi risiko kanker.Seperti disampaikan pakar urologi dari Lenox Hill Hospital di New York City, Dr David B. Samadi bahwa kedelai mengandung isoflavon, yang di dalam tubuh diubah menjadi fitoestrogen. Masalahnya, fitoestrogen mirip dengan hormon estrogen yang dimiliki wanita."Namun, efek dari kedelai yang kontroversial, bisa memicu aktivitas sel kanker dan membloknya. Kedelai dapat melakukan keduanya. Karena estrogen manusia dan kedelai melalui phytoestrogen (fitoestrogen) sangat mirip. Sel-sel manusia juga tidak bisa membedakan antara keduanya. Beberapa peneliti percaya bahwa fitoestrogen kedelai dapat menyebabkan pertumbuhan kanker payudara karena kesamaannya dengan estrogen manusia. Di sisi lain, beberapa percaya kedelai dapat mencegah kanker payudara," jelasnya, seperti diberitakan Foxnews, Kamis (20/11/2014).Kontroversi kede [...]

Meditasi dalam Secangkir Teh

Meditasi dalam Secangkir Teh

Di mata pecandunya, kedamaian sejati bisa ditemukan hanya dari secangkir teh. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apa makna teh di mata Anda? Mungkin sulit membayangkan maknanya karena sehari-hari kita minum segelas teh yang dibubuhi beberapa sendok gula pasir sebagai sebuah kebiasaan semata. Barangkali Anda akan menjawab biasa-biasa saja karena hal itu Anda lakukan setiap hari secara otomatis. Bahkan, dalam setiap kesempatan di tepi jalan Anda bisa minum teh dalam kemasan botol tanpa perasaan apa-apa, kecuali hilangnya rasa haus. Lain halnya bagi seorang master teh dari Jepang. Minum teh adalah bentuk meditasi. Minum teh adalah sebuah cara pelepasan atas segala kekhawatiran dalam hidup. Ada dasar filosofi yang amat dalam ini, maka menikmati secawan teh di Jepang menjadi sebentuk budaya. Bentuk meditasi itu bisa kita saksikan hingga saat ini dalam upacara minum teh. Bahkan, dapat dikatakan sebagai bentuk meditasi yang cukup rumit. Perlu keterampilan serta pelatihan khusus untuk bisa menyajikan teh dalam upacara minum teh ala Jepang. Secara sederhana di mata Diana Rosen, penulis buku Taking Time for Tea dan penggemar teh, meditasi lewat secangkir teh adalah menghentikan perhatian, me [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *