5 Rempah Pencegah Kanker

rempah-kanker-140214a.jpg

Tidak sedikit yang masih percaya dengan obat herbal atau rempah-rempah guna meningkatkan kesehatan. Lima rempah yang dikutip dari Dummies, Jumat (14/2/2014) ini dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

1. Jahe

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati segala sesuatu dari pilek hingga sembelit. Jahe dapat dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk bubuk (bumbu jahe) atau manisan.

Dengan mengonsumsi jahe dapat membantu memberikan kenyamanan pada perut dan menghilangkan rasa mual. Jahe juga dapat menjadi pelengkap untuk pengobatan kanker.

2. Rosemary

Tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Masakan mediterania banyak yang menggunakan herbal ini untuk menambah rasa pada sup atau masakan olahan daging. Banyak yang percaya rosemary dapat mencegah kanker, para peneliti sedang melakukan pengujian terkait hal itu.

Rosemary dapat membantu proses detoksifikasi, melancarkan saluran pencernaan, menghilangkan kembung, dan meningkatkan nafsu makan.

3. Kunyit

Kandungan curcumin yang ada pada kunyit memberikan manfaat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta bersifat anti oksidan yang dapat melindungi diri dari perkembangan kanker.

Selain itu kunyit juga sedang dalam penelitian untuk digunakan sebagai pencegah penyakit di usus besar, kanker prostat, kanker payudara dan kanker kulit.

4. Paprika

Capsaicin dalam paprika merupakan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit. Ketika capsaicin dioleskan ke kulit, terjadi pelepasan bahan kimia yang disebut substansi P. Proses tersebut yang membuat rasa sakit berkurang.

Namun penggunaannya tidak sembarangan, perlu keahlian khusus. Bila terlalu banyak mengoleskan paprika di daerah yang sakit dapat berisiko luka bakar. Untuk menghindari hal tersebut perlu pengetahuan yang benar.

Selain itu paprika juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan, penelitian juga sedang dilakukan untuk mengobati nyeri neuropatik (nyeri mengejutkan yang menyerang jalur saraf) setelah operasi kanker.

5. Bawang Putih

Rampah-rempah dengan bau menyengat ini, memiliki kandungan sulfur yang tinggi dan juga merupakan sumber yang baik dari arginin, oligosakarida, flavonoid, dan selenium yang bermanfaat bagi kesehatan. Senyawa aktif allicin yang memberikan bau khas pada bawang putih.

Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara. Senyawa yang ada dalam bawang putih dapat menghambat bakteri dan pembentukan zat penyebab kanker, meningkatkan perbaikan DNA dan menginduksi kematian sel.

Bawang putih juga membantu proses detoksifikasi dan juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu mengurangi tekanan darah.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

4 Bahan Alami Pencegah Jerawat

Jerawat pada wajah memang mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk mencegahnya. Bahan alami berikut ini dapat membantu mencegah munculnya jerawat dikutip dari Allwomenstalk, Jumat (11/4/2014)1. OreganoBahan alami yang satu ini menjadi rahasia kelezatan pasta dan pizza yang sering digunakan di negara Amerika dan Eropa. Di Indonesia, sudah banyak supermarket yang menjual oregano sehingga tidak perlu khawatir untuk mendapatkannya.Oregano bermanfaat mengurangi jerawat yang ada pada kulit wajah atau beberapa tempat lainnya seperti punggung atau bagian leher. Gunakan oregano sebagai obat luar dengan menaburkannya pada makanan atau dicampurkan ke dalam makanan. Selain untuk mengurangi jerawat, oregano juga dapat melancarkan pencernaan.2. Daun PepayaRasa pahit dari daun pepaya dipercaya dapat membantu mencuci darah yang kotor. Dengan demikian dapat membantu mengurangi jerawat yang ada, konsumsi daun pepaya yang direbus beberapa kali dalam seminggu. Dengan mengonsumsi daun pepaya secara rutin membuat kulit menjadi bersih, sehat, dan halus.3. Daun MintDaun mint memiliki kandungan klorofil yang dapat mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit. [...]

Di Inggris, Karyawan yang Sukses Diet Dapat Imbalan

Di Inggris, Karyawan yang Sukses Diet Dapat Imbalan

Demi menuntaskan penderita obesitas, pemerintah Inggris memiliki ketetapan baru. Pegawai atau karyawan swasta yang obesitas dan sukses menjalankan dietnya, akan menerima imbalan berupa uang tunai atau voucher belanja. Kepala eksekutif NHS Inggris Simon Stevens menuturkan, cara ini sebelumnya telah diterapkan di Amerika dan sukses memangkas penderita obesitas diantara pegawai atau karyawan perusahaan."Di banyak negara, cash back diberikan dalam rangka menurunkan angka obesitas. Jadi kami juga menawarkan imbalan menarik bagi yang sukses berdiet seperti uang tunai, voucher belanja dan hadiah lainnya," kata Stevens, seperti dikutip Mirror, Kamis (23/10/2014). Menurut Stevens, ini adalah langkah jangka panjang dalam menjaga berat badan. Untuk besarannya, bisa bervariasi tergantung dari berapa banyak berat badan mereka hilang."Obesitas kini telah menjadi ancaman dan kita perlu melakukan upaya untuk menekan jumlah obesitas mulai dari anak-anak hingga dewasa," jelasnya. [...]

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Cara Manfaatkan Pepaya Agar Kulit Putih Bersinar

Ingin punya kulit putih bersinar? Yuk manfaatkan buah pepaya. Kandungan vitamin A, E dan C serta antioksidan pada buah pepaya dapat memberikan kelembaban dan perlindungan kulit. Selain itu enzim papain yang ada dalam pepaya sering digunakan untuk membersihkan dan melembutkan kulit.Seperti dikutip dari Ehow, Jumat (11/4/2014), zat aktif dalam pepaya juga dapat membantu penyembuhan kulit. Pepaya bahkan tidak hanya bisa dimakan sebagai bahan sayur, tetapi juga dapat juga dijadikan sebagai masker wajah.Caranya tidak sulit. Cukup dengan menghancurkan pepaya hingga berbentuk krim. Kemudian campurkan susu bubuk, lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah mengering kemudian bilas dengan air bersih. Masker wajah tersebut berfungsi sebagai tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. [...]

Obati Jerawat dengan Obat Herbal Ini

Obati Jerawat dengan Obat Herbal Ini

Jerawat merupakan salah satu masalah pada kulit. Selain membuat kita kurang percaya diri, jerawat juga membuat kita tidak nyaman. Untuk mengobati jerawat itu banyak yang melakukan perawatan wajah yang cukup mahal. Padahal, kita memiliki obat herbal yang bisa menjadi obat jerawat ampuh, aloe vera. Cara mengolah aloe vera sendiri cukup mudah seperti dikutip the Self Sufficient Living, Kamis (9/10/2014). Pertama, Anda hanya perlu untuk untuk memotong daun dari bawah dan tunggu cairan kuning yang keluar hingga selesai. Setelah itu, cuci daun dan potong seluruh kulit daun sehingga hanya menyisakan gel lidah buayanya saja. Hancurkan gel tersebut dan campur dengan beberapa tetes lemon. Gel tersebut kemudian siap untuk dioleskan ke seluruh bagian wajah anda. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Masker wajah alami yang masih ada dapat Anda simpan di kulkas untuk perawatan selanjutnya. Bagaimana, mudah bukan menjadikan obat herbal aloe vera sebagai obat jerawat? Sepertinya Anda tidak sabar untuk mencobanya, ya. [...]

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

8 Makanan Pembersih Racun Tubuh

Program detoksifikasi yang sering disingkat detoks kini sedang jadi tren. Para selebriti dan ahli kesehatan sepertinya sedang ramai-ramai menyebarkan virus detoks. Detoks sendiri berfungsi membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk detoks tubuh, namun belum tentu cocok dan sehat untuk tubuh sendiri. Anda tak perlu mengikuti program detoks yang macam-macam karena tubuh sendiri sudah mampu membersihkan tubuh. Namun, Anda bisa membantu kerja organ tubuh membersihkan tubuh lebih baik dengan 8 makanan terbaik berikut ini seperti dikutip dari laman fitnea (30/6). 1. AlpukatTak perlu merasa bersalah untuk menikmati buah yang satu ini meski kandungan lemak nabatinya tinggi. Alpukat mengandung antioksidan yang lengkap termasuk glutathione. Kandungan ini akan membantu mengelurakkan racun berbahaya dari tubuh. 2.CranberiCranberi sangat baik untuk mencegah infeksi saluran kemih juga menyingkirkan racun dalam tubuh. 3. KubisJangan meremehkan manfaat kubis. Kandungan belerang dalam kubis berperan mendorong keluar bahan kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Ada juga kandungan sulfur dalam kubis untuk membersihkan tubuh dari bahan pestisida yang [...]

Bikin Kondisioner Alami di Rumah, Yuk!

Bikin Kondisioner Alami di Rumah, Yuk!

Selain membuat rambut lembut, penggunaan kondisoner juga bertujuan untuk mempertahankan kelembaban rambut dan juga membantu menjaga rambut mengkilap dan berkilau. Untuk menggunakan kondisoner sebenarnya tidak perlu khawatir biaya yang mahal. Karena bahan-bahan mudah di kulkas bisa disulap menjadi kondisoner yang menyehatkan rambut. lebih jelasnya, cek pembuatan kondisioner alami berikut ini, seperti dikutip Healthmeup, Jumat (4/4/2014) Kondisioner Madu Bahan Madu 3 sdm Minyak kelapa 6 sdm Cara membuat Campur madu dan minyak kelapa, aduk. Setelah itu terapkan campuran tersebut pada rambut Anda. Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas rambut. Kondisioner Telur Bahan 1 telur 2 sdm minyak zaitun 2 sdm madu Cara membuat Campur telur, minyak zaitun dan madu dan gunakan pada rambut Anda. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama sekitar 30 menit. Bilas rambut. Kondisioner Pisang Bahan 1 cangkir susu 1 pisang Minyak kelapa 1 sdt Cara membuat Campur pisang dan susu hingga lembut. Tambahkan minyak kelapa ke dalam campuran ini. Kemudian basahi rambut dengan air biasa dan menerapkan campuran ini pada rambut Anda. Setelah i [...]

Indonesia Konsisten Angkat Jamu dalam Sistem Kesehatan Nasional

Indonesia Konsisten Angkat Jamu dalam Sistem Kesehatan Nasional

Menilik hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 sekitar 30,4 persen rumah tangga di Indonesia memanfaatkan pelayanan kesehatan tradisional di antaranya 77,8 persen rumah tangga memanfaatkan jenis pelayanan kesehatan tradisional keterampilan tanpa alat, dan 49,0 persen rumah tangga memanfaatkan ramuan. Pelayanan kesehatan tradisional ramuan juga dikenal luas di Indonesia sebagai Jamu dan secara empiris digunakan dalam upaya promotif, preventif bahkan selanjutnya berkembang ke arah kuratif dan paliatif. "Indonesia secara konsisten mengangkat kesehatan tradisional ke dalam Sistem Kesehatan Nasional.? Dalam meningkatkan pemanfaatan obat tradisional utamanya Jamu, Indonesia telah memiliki berbagai regulasi dan kebijakan mengenai pengobatan tradisional," ujar Kepala Balitbangkes, Prof. Tjandra Yoga Aditama, Sabtu (14/6/2014). Regulasi yang ada juga diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Kesehatan No. 003 tahun 2010 tentang Saintifikasi Jamu yang antara lain mengatur penyediaan data dan informasi tentang jamu untuk mendukung Jamu evidence based decision making dalam upaya pengintegrasian Jamu dalam pelayanan kesehatan.Program Saintifikasi Jamu atau Scientific Based Jamu [...]

Nyeri saat Haid? Coba Ramuan Daun Pepaya

Nyeri saat Haid? Coba Ramuan Daun Pepaya

Daun pepaya tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan jamu, namun daun hijau berasa pahit ini dapat menjadi pereda nyeri saat haid.Tidak sedikit wanita mengalami nyeri saat haid baik di awal atau akhir menstruasi. Menurut Ahli Pengobatan Herbal dari Yayasan Cakrawala Reiki indonesia, Nuraini daun pepaya patut dicoba untuk membantu mengatasi masalah tersebut."Ada memang wanita yang saat haid itu sakit atau mual bahkan sampai pingsan. Hal tersebut karena ada penyumbatan di saluran tempat keluarnya darah haid. Ini yang membuat sakit," kata Nuraini, ditulis Kamis (13/2/2014).Nuraini mengatakan tidak sulit membuat ramuan daun pepaya, walaupun pahit tapi dapat membantu. Pada daun pepaya terdapat getah pepaya (ditemukan juga pada batang dan buah), getah tersebut mengandung enzim yang bernama papain.Disamping enzim papain, daun pepaya juga mengandung zat-zat lain diantaranya: vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, air, kalori dan carposide (berkhasiat sebagai obat cacing). "Tidak usah terlalu banyak, sedikit sudah cukup misalnya satu lembar itu dicuci sampai bersih, ditumbuk kemudian diambil airnya. Tambahkan garam sedikit untu [...]

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

5 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah kesemek merupakan salah satu buah berwarna oranye yang kaya akan nutrisi dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, buah kesemek bisa didapat hanya saat musim gugur dan musim dingin saja. Berikut ini manfaat yang akan didapat bila rutin mengonsumsi buah kesemek, seperti dikutip Health Me Up, Senin (10/11/2014)1. Lindungi mataKesemek kaya vitamin A, yang membantu melindungi mata. Selain mencegah kerusakan retina, katarak, dan berkaitan dengan usia degenerasi makula, juga dapat membantu memperkuat bagian mata lain.2. Cegah kankerBuah kesemek yang dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. 3. Awet mudaKesemek pun memiliki banyak nutrisi yang mengurangi kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan memperlambat proses penuaan.4. Tingkatkan kekebalan tubuhMakan buah kesemek membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit seperti flu, batuk, dan infeksi. Sebab, buah ini sarat dengan sifat anti-inflamasi.5. Menurunkan berat badanKesemek yang merupakan buah rendah kalori dan lemak, juga memiliki banyak serat, sehingga mampu memuaskan rasa lapar dan membuat kita kenyang lebih lama. Individu yang mengonsumsi buah kes [...]

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Bahaya Campur Kuning Telur dengan Jamu?

Tidak sedikit dari kita yang kerap mencampurkan telur saat akan meminum jamu. Lantas, salahkah bila jamu dicampur dengan telur?Profesor Riset ke-11 Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dr. dr. Lestari Handayani, M. Med, mengatakan, karena telur merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh, maka tidak masalah mencampurkan telur ke dalam jamu. "Itu kan untuk kebutuhan protein, dan tubuh kita memang membutuhkan protein. Jadi, tidak masalah," kata Lestari ditulis Sabtu (29/11/2014)Lagipula, mencampurkan telur ke dalam segelas jamu akan membantu mereka yang ingin tahan lama di atas ranjang. "Karena ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, protein sangat dibutuhkan. Namun, jangan lupa juga mengonsumsi makanan seimbang," kata dia menambahkan.Namun sayangnya, kebiasaan buruk masyarakat kita adalah selalu memilih kuning telur untuk dicampurkan ke dalam jamu. Memang tidak apa-apa, tapi kalau terlalu sering akan berbahaya bagi tubuh kita."Kuning telur itu kan kolesterolnya sangat tinggi. Selain itu, terlalu sering mengonsumsi kuning telur yang mentah juga harus waspada terhadap bakteri yang ada di dalam telur," kata dia mengingatkan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *