5 Tanda Anda Bekerja Terlalu Keras

074419300_1416826918-Businessman_sleeping_at_desk.jpg

Tidak ada salahnya dengan bekerja keras. Yang salah adalah bekerja keras yang berlebihan. Sebab, seperti studi baru dari Universitas Georgia, AS, bekerja terlalu keras bukan hanya menggangu kesehatan, tetapi juga kebahagiaan Anda.

Jadi, pertanyaannya dimanakah garis pembatas antara kerja keras dan kerja terlalu keras? Berikut 5 tanda jika Anda bekerja terlalu keras seperti dilansir oleh Fox News, Senin (24/11/2014).

1. Merasa bersalah saat menonton pertandingan pada hari Minggu

Hari Minggu biasanya adalah saat yang tepat untuk menonton pertandingan, baik itu sepakbola, bola basket, hingga balapan MotoGP. Nah, jika Anda merasa cemas dan bersalah karena menonton pertandindang tersebut dan selalu memikirkan pekerjaan, itu artinya Anda terlalu bekerja keras.

Jelas sikap semacam itu tidak baik. Sikap semacam ini jelas menunjukkan bahwa anda bahkan tidak bahagia ketika berada di rumah.

2. Tidak benar-benar mencapai sesuatu

Jika Anda berpikir kerja keras membuat Anda lebih baik dari orang lain, pikirkan ulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang bekerja lebih panjang justru lebih sedikit menghasilkan sesuatu.

Untuk menyiasatinya, gunakanlah catatan to do list agar Anda melakukan hal berdasarkan skala prioritas.

3. Mulai terkena rabun

Menatap buku, dokumen dan komputer dalam jarak dekat dan dalam durasi lama bisa membuat mata Anda terkena rabun jauh. Tanda pertama rabun jauh adalah saat Anda kesulitan melihat di kejauhan dalam tempat dengan cahaya rendah.

Solusi untuk masalah ini, cobalah untuk istirahatkan mata Anda sejenak. Bisa dilakukan dengan cara berjalan-jalan ataupun sekadar mengalihkan mata dari layar komputer dan melihat sudut lain di kantor.

4. Keluarga mulai mengeluh tentang jadwal Anda

Bagaimanapun, Anda adalah milik keluarga, bukan milik kantor. Jadi, ketika mulai ada keluhan dari keluarga tentang kesibukan Anda, percayalah, itu adalah tanda yang jelas bahwa kerja keras Anda sudah berlebihan.

Sediakanlah waktu sebisa mungkin untuk makan malam di rumah atau sekadar bercengkerama dengan anak sebelum mereka tidur malam atau berangkat sekolah.

5. Selalu jadi yang terakhir pulang kantor

Jika Anda menghabiskan 60 jam perminggu di kantor, maka dalam jangka pendek Anda memang akan mengesankan bos, tetapi dalam jangka panjang hal tersebut justru bisa menjadi bumerang. Jam kerja yang berlebihan sangat berkaitan dengan penyakit fisik, termasuk penyakit jantung.

Solusinya, ciptakan batasan yang wajar untuk Anda sendiri. Misalnya, Anda harus keluar kantor pukul 5, apapun alasannya. Atau, pada hari sabtu dan minggu, Anda tidak akan sama sekali mengecek email agar istirahat Anda tidak terganggu urusan kantor.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pembanguanan RSUD Banten Terhambat Kasus Atut

Pembanguanan RSUD Banten Terhambat Kasus Atut

Pembangunan di RSUD Provinsi Banten terkendala dengan kasus alat kesehatan (alkes) yang menimpa Ratu Atut Choisyah dan Tubagus (Tb) Chaeri wardhana, adik dari Gubernur Banten non aktif."Karena statusnya ga jelas, rencananya mau di lidik, kaitannya dengn alkes mungkin risih juga, tapi ga tau ya. Tapi sampe sekarang juga belum ada sih audit-auditnya," kata Asep Rohana, kepala sub bagian (kasubag) Kasubag Umum RSUD Banten diruangannya (05/12/2014).Pembangunan yang terbengkalai adalah pembangunan ruang bedah central dan ruang perawatan yang pembangunannya bersumber dari dana APBN dan APBD Provinsi Banten sebesar Rp 7 Miliar. Dimana, pembangunan ruang bedah central sendiri kini baru berdiri tiang-tiang beton penyangga bangunannya saja. Sedang ruang perawatan akan menggunakan dana APBN."Ada kaitannya dengan permaslahan alkes, ruang bedah dan pasien, sehingga berdampak pada pembangunan fisik," terangnya.Dua bangunan yang terbengkalai itu lokasinya berada dibelakang bangunan utama gedung RSUD rujukan di Provinsi Banten. Kini, nasib dua bangunan tersebut menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten."Biayai APBD rencananya untuk bedah sentral. Yang untuk perawatan [...]

ODHA Sesalkan Bea Cukai yang Tahan Obat AIDS

ODHA Sesalkan Bea Cukai yang Tahan Obat AIDS

Saat ini, banyak ODHA (Orang yang hidup dengan HIV) di Indonesia yang mengalami kesulitan mendapatkan obat ARV yang berguna untuk menekan HIV dalam tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan mereka yang terinfeksi HIV. Beberapa rekan ODHA mendapatkan obat ARV ini hanya untuk konsumsi selama 3 hari ? 5 minggu dikarenakan stok obat ini di Rumah Sakit juga sedang menipis. Jenis obat ARV yang dikeluhkan kelangkaannya adalah jenis Evafirenz dan jenis kombinasi tenofovir dan emtricitabine. Kelangkaan obat ini selain bisa menimbulkan kemungkinan resistensi jika ODHA sampai terputus terapinya juga merupakan gambaran buruk bagaimana komitment pemerintah Indonesia dalam menyediakan terapi penunjang hidup bagi orang dengan HIV. Staff Indonesia AIDS Coalition, sebuah LSM yang bekerja untuk mempromosikan akuntabilitas pemerintah dalam program AIDS mengatakan bahwa kelangkaan ini disebabkan karena stok obat ARV import tertahan di bandara dikarenakan proses dokumen yang belum beres sudah lebih dari sebulan ini. ARV import yang tertahan ini kebanyakan di dapat dengan import dari Negara India. Perlu diketahui bahwa obat ARV penunjang hidup ODHA ini kebanyakan masih produk import dikarenakan farma [...]

Pria Ini Senang Makan Pizza dengan `Topping` Ulat & Serangga

Pria Ini Senang Makan Pizza dengan `Topping` Ulat & Serangga

Seorang pria asal Inggris percaya bahwa kebiasan uniknya menyantap pizza, bisa mendatangkan kesehatan. Namun pizza yang disukainya sedikit berbeda dengan pizza biasa karena topping atau tambahan hiasannya terdiri dari ulat, belalang dan jangkrik. Peter Bickerton (24) mengaku telah makan pizza dengan topping binatang yang tak lazim. Ia mengaku telah menghabiskan lebih dari 10.000 jangkrik, 5.000 belalang dan 1.000 ulat untuk mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Ia menyampaikan, semuanya berawal ketika keluarganya meninggal karena penyakit jantung dan stroke. "Paman saya meninggal karena serangan jantung di usia 45 tahun. Kemudian beberapa bulan kemudian, salah satu dari paman saya kembali menderita serangan jantung. Selain itu, bibi saya menderita stroke tidak lama setelah itu. Sejak itu, keluarga saya menyadari bahwa ini akan jauh lebih buruk pada saya," kata Peter, seperti dilansir Dailymail, Jumat (7/3/2014). Meski kebiasaan Peter dianggap menjijikkan, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu pernah menyarankan konsumsi serangga dalam solusi kekurangan pangan di seluruh dunia. "Dikatakan serangga adalah sumber protein yang baik dan mengandung ber [...]

Implan Bocor, Kim Brockhurst Kapok Operasi Payudara

Implan Bocor, Kim Brockhurst Kapok Operasi Payudara

Kim Brockhurst tak menyangka niatnya memperbesar payudara demi meningkatkan kepercayaan dirinya usai bercerai malah berakibat fatal. Operasi payudara yang menghabiskan hampir 4 ribu Poundsterling (Rp 79 juta) berakhir dengan kebocoran dan miring.Pelatih Fitnes dari Gwent ini tak ingin lagi memasang implan payudara dan ia mendesak wanita lain agar berpikir ulang sebelum melakukan operasi kosmetik."Itu mengerikan. Payudara saya tak seperti bentuknya. Payudara sebelah kanan saya membesar dan impan di payudara kiri meledak," kata ibu dua anak seperti dilansir Walesonline, Selasa (10/6/2014).Wanita berusia 51 tahun itu begitu hancur ketika menemukan benjolan di payudara kirinya. Itu semua terlihat ketika scan menunjukkan implan yang dipasang ke tubuhnya bocor ke dalam tubuhnya.Implan itu dipasang di London dan dibuat oleh perusahaan Prancis Poly Implant Prothese (PIP). Perusahaan tersebut membuat ketakutan di seluruh dunia ketika ditemukan menggunakan silikon kelas industri untuk implan payudara.Kim merupakan satu dari 47 ribu wanita Inggris yang mendapat implan berisi silikon kelas industri. Ketika ia menyadari implan kirinya meledak, ia pun kaget. "Saya tak tahu implan itu ada di mana [...]

Di Solo, Diabetesi yang Bisa Hidup Sehat Dapat Bintang 4

Di Solo, Diabetesi yang Bisa Hidup Sehat Dapat Bintang 4

Memotivasi penyandang diabetes bukan hal yang mudah. Seringkali penyakit seumur hidup ini membuat penderitanya merasa rendah diri karena konsekuensi batasan gaya hidup yang harus dijalaninya.Tapi itu tidak terjadi di Solo, Jawa Tengah tepatnya di klinik perorangan milik dr Wikan Basworo di Jalan Gleges 23 Priyobadan Laweyan. Disana, semua diabetesi yang selalu hidup sehat bisa memiliki bintang empat layaknya seorang jenderal."Untuk menjalankan program pengelolaan penyakit kronis (prolanis), saya membentuk Paguyuban Diabetes Melitus Surakarta (Padimas) yaitu sebuah kelompok penyandang DM yang dibangun dengan suasana kondusif, kompak dan menyenangkan yang bisa menimbulkan suasana segar dan lebih sehat, sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri para penyandang bahwa mereka mampu mengelola penyakitnya," kata Wikan pada wartawan, Jumat (10/10/2014).Saat ini, kata Wikan, anggota penyandang diabetes di kliniknya mencapai 238 orang dan 142 orang menderita hipertensi. Dalam kelompok komunitas Padimas ini, ada banyak kegiatan menyenangkan yang rutin dijalankan seperti senam sehat ceria selama setengah jam setiap Minggu pagi, senam tanduk alit, edukasi mandiri berupa ceramah, diskusi dan te [...]

Usai Operasi Prostat, Pria Biasanya Sulit Punya Anak

Usai Operasi Prostat, Pria Biasanya Sulit Punya Anak

Pembesaran prostat tidak memengaruhi seseorang untuk mendapatkan anak. Selama sperma bisa keluar, proses pembuahan masih mungkin terjadi. Namun, setelah operasi prostat umumnya sperma pada pria sulit untuk keluar."Sperma tidak akan menyembur saat ejakulasi, tapi mundur masuk ke dalam kantung kemih dan spermanya akan keluar bercampur dengan air kencing," kata Spesialis Urologi Rumah Sakit Premier Bintaro, dr. Gideon FP Tampubolon, Sp.U dalam acara `Health Talk: Laser untuk Penanganan Terkini Pembesaran Prostat dan Batu Saluran Kemih`di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (12/6/2014)Lebih lanjut Gideon menjelaskan, pria akan merasakan sperma keluar atau nyembur, tapi sebenarnya mundur masuk kantung kemih. Dalam kondisi itu, ada semacam klap yang rusak sehingga sperma masuk ke dalam kantung kemih."Seharusnya leher kantung kemih menutup, sehingga sperma nyembur keluar. Tapi kalau operasi prostat, leher kantung kemih terbuka dan spermanya mundur. Waktu kencing keluar bersama dengan air kencing," kata dia menambahkan.Dalam kurun waktu satu sampai dua bulan setelah melakukan operasi, hal seperti ini bisa terjadi. Dan parahnya, pria yang sudah menjalani operasi prostat, s [...]

Donna Agnesia : Hidup Sehat Tak Boleh `Nanggung`

Donna Agnesia : Hidup Sehat Tak Boleh `Nanggung`

Memiliki tubuh yang bugar menjadi sebuah keharusan bagi pasangan selebritis Donna Agnesia (35) dan Darius Sinathrya (28). Dengan begitu, keduanya dapat menghabiskan banyak waktu untuk selalu bersama ketiga buah hatinya. Lantas, apa saja yang dilakukan keduanya untuk membuat tubuh senantiasa bugar?Menurut Donna, agar dia dan suami senantiasa bugar, salah satu cara yang harus dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat. Cara melakukannya pun tidak boleh nanggung."Ngomongin gaya hidup sehat itu harus all in. Makanan, olahraga, dan pola istirahat harus diperhatikan dengan benar. Tak hanya itu, kesehatan mental juga harus diperhatikan," kata Donna dalam acara 'Buahvita Bersama Donna dan Darius Ajak Fruitarian Terapkan Kebiasaan Belanja Sehat', di Restoran Thai Alley, Gandaria City, Jakarta, ditulis Senin (10/1/2014)Sebagai seorang ibu sekaligus istri, Donna dituntut untuk pintar dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga kecilnya tersebut. Donna sadar betul, Darius yang sedari kecil bukanlah sosok penyuka sayuran, membuat wanita cantik itu harus memperbanyak stok buah di rumahnya. "Darius itu fruitarian sejati. Harus ada buah atau jus buah. Kalau memang tidak sempat, Darius cukup membawa j [...]

Berantas Narkoba, BPOM dan BNN Tandatangani Nota Kesepahaman

Berantas Narkoba, BPOM dan BNN Tandatangani Nota Kesepahaman

Agar masyarakat Indonesia terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) menandatangani nota kesepahaman, sebagai landasan kerjasama yang sinergis mengenai pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan, serta peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika. Selama ini, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Untuk kegiatan pemberantasan yang telah dilakukan pemerintah adalah dengan pengungkapan jaringan penyeludupan narkotika dan pengungkapkan pabrik narkotika. Sedangkan kegiatan pencegahan melalui kampanye nasional program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), serta rehabilitasi. Apalagi saat ini, dunia tengah digemparkan dengan peredaran 348 jenis narkotika baru yang dikenal dengan nama new phsycoactive substance (NPS). Di Indonesia, BNN telah menemukan sekitar 29 jenis NPS yang berdampak sama seperti ekstasi dan sabu-sabu.Bahkan, beberapa NPS memiliki dampak yang berbahaya, sampai mematikan.Maka itu, dengan nota kesepahaman ini, BPOM dan BNN telah [...]

Selain Ebola, Warga Amerika Diserang Enterovirus D68

Selain Ebola, Warga Amerika Diserang Enterovirus D68

Selain ebola, Warga Amerika juga tengah dilanda virus Enterovirus D68 (EV-D68). Meski tidak memakan banyak korban seperti ebola, tapi gejalanya sangat umum seperti pilek, bersin, batuk dan demam dan menyebabkan kematian.Virus yang sering muncul di musim panas ini biasanya menyerang warga AS setiap tahun dengan berbagai tipe. Tapi masalahnya, anak dan remajalah yang paling banyak terserang penyakit ini. Walaupun dewasa tidak menutup kemungkinan terkena virus ini bila kekebalan tubuhnya lemah.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan, anak dengan penyakit bawaan seperti asma berisiko tinggi terkena Enterovirus D68.Dokter anak di Pusat Medis Mercy di Baltimore, Ashanti W. Woods, MD, mengatakan, virus ini muncul beberapa bulan terakhir dan merupakan ancaman serius karena menyebabkan gejala flu parah dan membuat anak kesulitan bernapas. Dalam beberapa kasus, virus ini juga mengakibatkan kelumpuhan dan kematian."Sama seperti pilek dan flu, EV-D68 ditularkan melalui cairan seperti air liur, lendir hidung, dan ludah. Ketika orang batuk atau bersin, partikel virus bisa masuk dan memicu infeksi." kata Ashanti, seperti dikutip Womenshealthmag, Rabu (15/10/2014)Agar terhin [...]

Undian Berhadiah, Dipakai untuk Apa?

Undian Berhadiah, Dipakai untuk Apa?

Penyelenggaran undian gratis berhadiah terus dilakukan perbaikan, agar dana yang terhimpun bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat dengan menyerahkan pengelolaanya kepada Kementerian Sosial. ?Dana yang terkumpul dari penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah (UGB) dihimpun dan diserahkan pengelolaannya untuk bantuan sosial dan kesejahteraan masyarakat, ?kata Direktur JenderalPerlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Andi ZA Dulungdi Jakarta, Kamis (16/10/2014). Upaya ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan komitmen untuk mematuhi amanat Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 1954 tentang undian. Sekaligus menjadi media evaluasi dan momentum memantapkan koordinasi antara Kementerian Sosial (Kemensos) dengan dunia usaha, terutama untuk memenuhi prinsip akuntabilitas publik menuju terwujudnya good governance. Selama ini, dana usaha kesejahteraan sosial yang dihimpun dari UGB dan diterima Kemensos, kemudian dikelola dengan prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara. Dari dana tersebut, diperuntukan sebesar-besarnya untuk masyarakat yang tengah menghadapi risiko sosial, seperti kemiskinan, ketelantaran, keterpencilan, serta ketunaan. ?Dana tersebut, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *