5 Tempat Liburan yang Rentan Penyakit, Waspada!

liburan-dunia-140217b.jpg

Berlibur dipilih sebagai salah satu menghilangkan stres. Namun, Anda perlu hati-hati terhadap kondisi lingkungan tempat yang akan dituju. Jangan sampai liburan yang seharusnya santai malah berisiko untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang perlu dihindari agar kesehatan tidak terganggu, dikutip Everydayhealth, Senin (17/2/2014) :

1. Meksiko

Menurut Dokter Penyakit Menular dari Summit Medical Group in Berkeley Heights, Redentor Mendiola, MD negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan.

“Keindahan alam dan budaya di sana memang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Namun Meksiko tidak sehat karena di sana dikenal dengan penyakit diare yang parah,” katanya.

Untuk yang ingin berlibur ke Meksikok, Mendiola menyarankan minum hanya air kemasan, bila mengonsumsi es sebaiknya yang berasal dari air kemasan. “Selain itu konsumsi juga buah dan sayuran yang dicuci dengan air bersih,” kata Mendiola.

2. Republik Dominika

Negara kepulauan ini memang menjadi tujuan liburan yang cukup populer. Namun karena wilayah tersebut masih berkembang, sehingga masih ditemukan beberapa masalah kesehatan.

“Di Republik Dominika, ada laporan terkait wabah kolera. Kemungkinan ini diperoleh dari sumber air yang buruk,” kata Mendiola. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan untuk sellau emmbawa antibiotik, air bersih dan bahan kimia aman untuk pemurnian air.

3. Taman Nasional Yoesemite

Taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat ini terkenal memanjakan mata dengan air terjun dan tebing granitnya. Namun sayang akhir-akhir ini ditemukan kasus penyakit paru hantavirus pulmonary syndrome yang disebabkan kontak langsung dengan kotoran tikus.

Untuk menghindari para turis berisiko terkena penyakit ini, pihak Yoesemite melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menutup perkemahan.

4. Irlandia

Pulau yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya ini menjadi tujuan para turis mengunjungi Irlandia. Namun menurut Penulis Eating Mindfully, Susan Albers, PsyD negara tersebut memiliki risiko buruk untuk kesehatan terutama masalah obesitas.

“Makanan dan minuman di sana banyak mengandung lemak tidak sehat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Kalori yang tinggi dari makanan membuat para turis menjadi gemuk dan mengurangi fungsi otaknya,” kata Albers.

5. Kapal Pesiar

Menikmati perjalanan dengan kapal pesiar menjadi pengalaman liburan yang mewah. Namun kapal ini menurut Direktur dari Pusat Kedokteran Mikologi dan Laboratorium Mikologi Referensi di Rumah Sakit Universitas Cleveland dan Case Western Reserve University, Mahmoud Ghannoum, PhD merupakan sumber utama untuk penyakit infeksi.

“Kapal ini adalah tempat utama untuk infeksi, termasuk norovirus dan influenza menyebar karena tempat atau lingkup terbatas,” kata Ghannoum.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Adakah Capres yang Kontra dengan Industri Rokok?

Adakah Capres yang Kontra dengan Industri Rokok?

Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) masih menjadi kontroversi yang tidak ada habisnya. Indonesia menjadi salah satu dari delapan negara yang tidak menandatangani dan belum mengaksesi FCTC. Dan parahnya, sebentar lagi Indonesia akan memiliki presiden baru. Di kedua kubu ada segelintir pihak yang pro terhadap industri rokok serta antipengendalian tembakau. Jika melihat kondisi ini, optimiskah FCTC akan diaksesi?Dalam diskusi media mengupas tentang mitos-mitos Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) bersama Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Kartono Mohamad, secara jujur mengatakan kecewa dengan calon presiden yang tengah bertarung saat ini. Menurut Kartono, di sekitar Joko Widodo, banyak sekali pihak yang pro dengan rokok dan antipengendalian tembakau."Bahkan dari partai yang ada di sekitar Pak Jokowi, terdapat tokoh yang ikut menghilangkan ayat tembakau ini. Dan beberapa partai secara jujur mengatakan, pro dengan rokok," kata Pengurus Komisi Nasional Pengendalian Tembakau di Indonesia, di Bakoel Coffie, Cikini, Jakarta, Kamis (19/6/2014)Karena alasan ini, pria 70 tahun itu berpikir ulang untuk memilih siapa yang pantas menjabat sebagai RI 1 pada Juli mendatang. "Sam [...]

Sebelum Travelling ke Luar Negeri, Vaksin Meningitis Dulu!

Sebelum Travelling ke Luar Negeri, Vaksin Meningitis Dulu!

Penyebaran virus meningitis terus meningkat di berbagai belahan dunia, khususnya di Afrika dan Arab. Alasan itu yang membuat Ahli Vaksin dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM, Dr.dr. Iris Rengganis, Sp.PD., KAI, FINASIM menyarankan sebelum bepergian ke luar negeri, orang Indonesia wajib vaksin meningitis.Menurut Iris, pemberian vaksin merupakan langkah penting sebelum melakukan persiapan lainnya. Apalagi di beberapa negara seperti Australia, Amerika Serikat, dan Arab Saudi adalah negara endemis meningitis."Vaksinasi akan memperkecil risiko tertular penyakit di negara tujuan liburan atau wisata, pendidikan atau umroh dan haji. Ini karena vaksin membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit," kata Iris saat diwawancarai dalam acara peluncuran Kampanye Novartis `SEHATi Lindungi` di Fx, Sudirman, Rabu (23/4/2014).Iris pun menjelaskan alasan mengapa vaksin meningitis begitu penting. Ia menuturkan, meningitis pada orang dewasa memiliki gejala yang umum, seperti:1. Sakit kepala2. Demam3. Batuk4. Pilek5. Kaku duduk6. Radang tenggorokan7. Ruam8. Kejang-kejang9. Penurunan kesadaran10. Sensitif pada cahayaSelain [...]

Waspada Riasan Mata yang Bisa Sebabkan Iritasi

Waspada Riasan Mata yang Bisa Sebabkan Iritasi

Keanekaragaman produk riasan mata, lensa kontak mewah, kacamata hitam yang keren, dan bingkai kacamata rancangan desainer ternama menyiratkan satu tujuan yaitu orang ingin membuat mata mereka menarik. Tetapi kenyataannya wanita lebih rentan terhadap masalah mata sebagai akibat dari beberapa produk tersebut. Seperti disampaikan Direktur Medis Shinagawa LASIK & Eye Centre, Dr. Lee Sao Bing dari Singapura bahwa tahap-tahap kehidupan seorang wanita bisa berdampak pada penglihatan karena gaya hidup dan perubahan hormon. ?Secara umum wanita lebih rentan terserang alergi pada mata, iritasi dan infeksi seperti konjungtivitis (mata merah) karena penggunaan kosmetik. Apalagi infeksi dapat terjadi ketika riasan mata masuk ke mata dan mengapung di saluran air mata," kata Lee dalam surat elektronik yang diterima Liputan6.com, Rabu (23/4/2014). Walaupun berisiko, menurut Dr. Lee, riasan mata tidak berbahaya selama digunakan secara tepat dan tidak terkontaminasi atau kadaluarsa. "Sangat dianjurkan untuk mengganti produk riasan mata setiap enam bulan sekali dan membuangnya jika mata terkena infeksi. Kita juga harus terbiasa membersihkan alat-alat kosmetik agar terhindar dari bakteri, yang [...]

Waspada, Wanita Lebih Berisiko Diabetes

Waspada, Wanita Lebih Berisiko Diabetes

Banyak yang berpikir mungkin bahwa pria berperawakan besar rentan diabetes, kenyataannya wanita lebih tinggi risiko diabetesnya. Bahkan menurut Kementerian Kesehatan, hal ini diakibatkan oleh kurangnya aktivitas fisik.Demikian disampaikan Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, Dr. Ekowati Rahajeng, SKM, M. Kes saat temu media di acara Global Diabetes Forum di Kuta-Bali, Sabtu (18/1/2014).Menurut Ekowati, permasalahan obesitas wanita ini juga tidak semata-mata ada di perkotaan. Karena di desa, kebiasaan masyarakat saat ini juga sekarang jarang mencangkul atau berkebun. "Keluar gang saja naik ojek"."Pola hidup masyarakat pedesaan sekarang banyak makan mi instan. Aktivitas fisik justru lebih banyak di kota dari desa. Mungkin karena tanahnya banyak djual," tambahnya.(Fit/Mel) [...]

Daftar Makanan untuk Wujudkan Resolusi Sehat di 2014

Daftar Makanan untuk Wujudkan Resolusi Sehat di 2014

Banyak resolusi kesehatan yang mungkin sudah Anda catatkan untuk diwujudkan pada tahun ini. Baik itu menurunkan berat badan, menjadi lebih bugar, mengurangi stres, dan mendapatkan tidur lebih banyak lagi.Ahli Gizi dan Diet yang berbasis di Los Angeles, Patricia Banna mengatakan bila ingin resolusi itu terwujud, maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah asupan makanan dan minuman yang akan dimasukkan ke dalam tubuh.Dikutip dari laman Fox News, Kamis (15/1/2014), Patricia membeberkan daftar makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mewujudkan resolusi di tahun 2014.1. AvokadJika menurunkan berat badan adalah mimpi Anda di tahun ini, maka masukanlah makanan dengan lemak sehat ke dalam menu diet Anda. Paling aman konsumsilah alpukat."Seperlima dari avokad Hass memiliki 50 kalori, dan itu topping terbaik daripada Anda mencampurkan mentega atau mayones ke dalam makanan Anda," kata Patricia menjelaskan.2. Air kelapaNah, bila resolusi Anda adalah ingin hidup lebih sehat dan bugar, hindarilah untuk mengonsumsi minuman bersoda dan yang manis, setelah berolahraga.Patrcia menyarankan untuk menggantikan minuman itu dengan air kelapa saja.Secara alami buah kelapa memiliki kalori yang c [...]

Tahun Baru Islam, Pertama Kali MUI Undang Warga Jakarta Syukuran

Tahun Baru Islam, Pertama Kali MUI Undang Warga Jakarta Syukuran

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menggelar perayaan Tahun Baru Islam 1436 bersama masyarakat seluruh Jakarta dan sekitarnya secara meriah di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada hari Minggu (26/10). "Kami akan mengundang seluruh elemen masyarakat Islam untuk memeriahkan dan menghadiri acara ini secara gratis," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin di Jakarta, Selasa. Acara ini baru pertama kali diselenggarakan oleh MUI untuk memperingati Tahun Baru Hijriah dimana tahun-tahun sebelumnya hanya acara seremonial seperti pengajian dan syukuran biasa. "Mulai tahun ini akan kami buat meriah agar tidak kalah dengan acara-acara lain dan identitas masyarakat Islam Indonesia lebih terasa," katanya. Masyarakat yang hadir diimbau menggunakan baju berwarna putih untuk menampilkan kekompakan di stadion berkapasitas 100.000 orang itu. Acara yang direncanakan dimulai pukul 08.00 WIB itu akan dihadiri oleh pemimpin baru Indonesia Presiden Joko Widodo yang akan memberikan sambutan mengenai harapan-harapan bagi umat Islam. "Saya sudah bertemu langsung dengan beliau (Presiden Joko Widodo) untuk meminta menyempatkan hadir dalam acara nanti, semoga tidak ada halangan yang menghamb [...]

Rokok Saja Dilarang, Kenapa Miras Boleh Jadi Sponsor Kegiatan Olahraga?

Rokok Saja Dilarang, Kenapa Miras Boleh Jadi Sponsor Kegiatan Olahraga?

Beragam cara ditempuh Fahira Idris demi menyelematkan bangsa Indonesia dari bahaya minuman keras (miras). Salah satunya mendorong pemerintah agar dibuatkan Undang-undang dan Peraturan Daerah (Perda) tentang miras.Namun, satu yang disesalkan Fahira, yaitu mengapa kegiatan olahraga yang ada di Indonesia, masih saja disponsori oleh industri minuman alkohol terkenal. Sebab, rokok saja dilarang untuk menyesponsori ajang olahraga, apalagi minuman keras?"Bagaimana bisa, klub sepakbola seperti Arema Malang disponsori oleh merek minuman keras? Rokok saja dilarang, masa ini minuman beralkohol. Yang benar saja," kata Fahira Idris selaku Ketua Gerakan Nasional Anti Miras (GeNAM) saat peluncuran buku perdananya berjuduk 'Say: No, Thanks' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (3/3/2014)Sama halnya dengan rokok, minuman keras akan dianggap sesuatu yang keren karena secara terang-terangan menjadi sponsor di kegiatan olahraga, dalam hal ini sepak bola. Maka itu, Fahira akan terus berjuang agar Pemerintah memerhatikan hal ini."Minuman keras itu kunci, kunci untuk maksiat, dan hal-hal tidak mengenakkan lainnya. Untuk itu, saya akan terus berjuang memintah kepada Pemerintah untuk memerhatikan h [...]

Semangat Kepahlawanan Sumber Kekutan Hadapi Era Global

Semangat Kepahlawanan Sumber Kekutan Hadapi Era Global

Era globalisasi merupakan tantangan sekaligus ancaman untuk eksistensi sebuah bangsa. Respon positif merupakan kekuatan agar tidak mengubur identitas dan segala potensi bangsa. ?Eksistensi sebuah negara tidak terlepas dari pilar-pilar kebangsaan yang terbangun dari nilai-nilai yang berkembang di dalam masyarakatnya,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawanasa saat pertemuan dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Se-Indonesia di Gedung Konvensi TMPNU Kalibata, Jakarta, Rabu (12/11/2014). Kandungan Pancasila dan UUD 1945 terlihat jelas pilar-pilar kebangsaan sebagai penjabaran dari ideologi negara. Penetapan UUD 1945 (18 Agustus 1945), sebagai UU dasar negara yang didalamnya nilai-nilai 5 sila dalam Pancasila merupakan deklarasi dari karakter bangsa Indonesia. ?Penjabaran dari nilai-nilai tersebut secara implementatif memiliki karakter kepejuangan, mengemban tugas melindungi bangsa dan negara,? ujarnya. Nilai kepahlawanan bukan bentuk pasif dari tradisi, melainkan proses aktualisasi yang dinamis dalam interaksi sejarah yang panjang. Proses interaksi menjadikan eksistensi warga negara sebagai penentu kuat dan tidaknya identitas bangsa. ?Inilah arti strategis nilai-nilai [...]

Langsing dengan Makan Yoghurt

Langsing dengan Makan Yoghurt

Bagi yang ingin mendapatkan atau menjaga tubuh langsing, konsumsi yoghurt dalam menu harian Anda. Produk olahan berbahan susu yang satu ini mampu membantu menurunkan berat badan sesuai penelitian Journal of American College of Nutrition. "Prebiotik adalah bakteri menguntungkan untuk usus sehat dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat," terang Rania Batayneh, MPH penulis buku The One One One Diet seperti dilansir Women's Health, Jumat (29/8/2014). "Dalam berbagai studi menunjukan bahwa yoghurt dapat mengurangi inflamasi, meningkatkan sensitivitas insulin serta menurunkan level kortisol yang berperan dalam pembentukan lemak tubuh," jelas Batayneh. Hal ini diketahui setelah meneliti 75 peserta yang memiliki kelebihan berat badan. Selama delapan minggu yang berbeda mereka diminta untuk makan yogurt diet rendah kalori dan yogurt tidak rendah kalori. Setelah delapan minggu peneliti menemukan kelompok yang memandukan kedua yogurt di atas melihat adanya penurunan dalam indeks massa tubuh serta jumlah lemak dalam tubuh. Studi yang dilakukan Batayneh memang tak menemukan hubungan prebiotik dan tak ada hubungannya dengan hasil. Yoghurt berperan besar dalam mengurangi peradangan tingat [...]

Kondisi Saat Tidak Boleh Banyak Minum

Kondisi Saat Tidak Boleh Banyak Minum

Meskipun batas mininum konsumsi air pada orang sehat telah ditetapkan. Tapi ada beberapa kondisi penyakit yang tidak dibolehkan untuk minum terlalu banyak.Seperti diungkapkan para pakar kesehatan dalam buku ?Air Bagi Kesehatan? edisi kedua tahun 2012 yang disusun oleh pakar gizi seperti DR. Dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS, DR. Dr. Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dan Dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K) bahwa ada beberapa kondisi yang tidak membolehkan seseorang minum air terlalu banyak seperti: 1. Adanya peningkatan hormon ADH yang otonom pada SIADH (Syndrome of Inappropriate ADH Secretion) 2. Penyakit ginjal kronik Pada penyakit ini, kata ketiga ahli, pemberian air akan menyebabkan osmolalitas urin lebih rendah dari osmolalitas plasma. Hal ini akan mempercepat penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG) atau dengan kata lain akan mempercepat penurunan fungsi ginjal. 3. Gagal jantung 4. Kadar albumin dalam serum rendah 5. Lansia Asupan air yang berlebih juga tidak dianjurkan untuk usia lanjut. Pada penelitian yang dilakukan Siregar dkk, asupan air lebih dari 1.500 mL/24 jam potensial menimbulkan hiponatremia (kadar natrium darah yang rendah) pada usia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *