5 Tempat Liburan yang Rentan Penyakit, Waspada!

liburan-dunia-140217b.jpg

Berlibur dipilih sebagai salah satu menghilangkan stres. Namun, Anda perlu hati-hati terhadap kondisi lingkungan tempat yang akan dituju. Jangan sampai liburan yang seharusnya santai malah berisiko untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang perlu dihindari agar kesehatan tidak terganggu, dikutip Everydayhealth, Senin (17/2/2014) :

1. Meksiko

Menurut Dokter Penyakit Menular dari Summit Medical Group in Berkeley Heights, Redentor Mendiola, MD negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan.

“Keindahan alam dan budaya di sana memang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Namun Meksiko tidak sehat karena di sana dikenal dengan penyakit diare yang parah,” katanya.

Untuk yang ingin berlibur ke Meksikok, Mendiola menyarankan minum hanya air kemasan, bila mengonsumsi es sebaiknya yang berasal dari air kemasan. “Selain itu konsumsi juga buah dan sayuran yang dicuci dengan air bersih,” kata Mendiola.

2. Republik Dominika

Negara kepulauan ini memang menjadi tujuan liburan yang cukup populer. Namun karena wilayah tersebut masih berkembang, sehingga masih ditemukan beberapa masalah kesehatan.

“Di Republik Dominika, ada laporan terkait wabah kolera. Kemungkinan ini diperoleh dari sumber air yang buruk,” kata Mendiola. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan untuk sellau emmbawa antibiotik, air bersih dan bahan kimia aman untuk pemurnian air.

3. Taman Nasional Yoesemite

Taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat ini terkenal memanjakan mata dengan air terjun dan tebing granitnya. Namun sayang akhir-akhir ini ditemukan kasus penyakit paru hantavirus pulmonary syndrome yang disebabkan kontak langsung dengan kotoran tikus.

Untuk menghindari para turis berisiko terkena penyakit ini, pihak Yoesemite melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menutup perkemahan.

4. Irlandia

Pulau yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya ini menjadi tujuan para turis mengunjungi Irlandia. Namun menurut Penulis Eating Mindfully, Susan Albers, PsyD negara tersebut memiliki risiko buruk untuk kesehatan terutama masalah obesitas.

“Makanan dan minuman di sana banyak mengandung lemak tidak sehat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Kalori yang tinggi dari makanan membuat para turis menjadi gemuk dan mengurangi fungsi otaknya,” kata Albers.

5. Kapal Pesiar

Menikmati perjalanan dengan kapal pesiar menjadi pengalaman liburan yang mewah. Namun kapal ini menurut Direktur dari Pusat Kedokteran Mikologi dan Laboratorium Mikologi Referensi di Rumah Sakit Universitas Cleveland dan Case Western Reserve University, Mahmoud Ghannoum, PhD merupakan sumber utama untuk penyakit infeksi.

“Kapal ini adalah tempat utama untuk infeksi, termasuk norovirus dan influenza menyebar karena tempat atau lingkup terbatas,” kata Ghannoum.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stres Kerja Bisa Picu Goyahnya Kesehatan Mental

Stres Kerja Bisa Picu Goyahnya Kesehatan Mental

Satu lagi masalah kesehatan yang perlu diwaspadai karena bisa memengaruhi kesehatan mental. Stres kerja. Ahli kesehatan menyebutkan, stres kerja dapat memicu pekerja kehilangan produktivitas dan partisipasi kerja. Seperti disampaikan konsultan medis dari University of NSW, Dr Jocelyn Lowinger yang Liputan6.com kutip dari ABC, Senin (7/7/2014) bahwa masalah mental bisa berujung pada banyaknya absensi karyawan. Lantas apa yang salah dengan pekerjaan? Jocelyn mengungkapkan, pekerjaan dapat menjadi faktor risiko yang dapat mengembangankan kondisi kesehatan mental, seperti :- Masalah dengan pekerjaan itu sendiri- Hubungan yang sulit dengan rekan atau atasan- Isu-isu lain yang terjadi dalam pekerjaan- Faktor individu, seperti kepribadian dan tingkat ketahanan.Menilik masalah kesehatan mental, pengaruh pekerjaan dengan kesehatan mental ini dinilai Managing director MentalHealth (penyedia pendidikan kesehatan mental di tempat kerja, pelatihan dan pengembangan program strategis), Ingrid Ozols, bermula dari rasa tertekan yang disebabkan oleh pekerjaan di depan komputer terus menerus selama seharian.Di sisi lain, Konsultan psikiater, Dr Sam Harvey mengatakan kesehatan mental di tempat kerja [...]

Korban Bencana Rentan Derita Hipertensi?

Korban Bencana Rentan Derita Hipertensi?

Musibah banjir yang terjadi beberapa pekan lalu menimpa warga Kelurahan Bukit Duri menyisakan duka yang mendalam. Selain kerusakan rumah, masyarakat mulai mengalami gangguan kesehatan. Selain penyakit kulit, masyarakat Bukit Duri mengeluhkan tekanan darah tinggi (hipertensi). "Saya tensi darahnya selalu tinggi. Tidak cuma saya, masyarakat yang lain juga begitu. Karena kami stres, terlalu lelah membersihkan semuanya paska banjir ini," kata Eka, warga Kelurahan Bukit Duri, Rabu (19/2/2014).Menurut dokter umum yang ada di posko pengobatan gratis dari Wipol, dr. Shanaz, hal tersebut bisa saja terjadi karena pikiran dan daya tahan tubuh mereka menurun."Walaupun mereka di pengungsian yang makanan dan minuman disediakan, tetap saja pikiran mereka masih terganggu. Mereka stres dan akhirnya berpengaruh ke kesehatan, darah tinggi mereka naik," katadr. Shanaz.Dokter Shanaz juga mengatakan masyarakat yang di pengungsian sebaiknya mulai menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)."Sebelum dan sesudah musibah perilaku hidup bersih itu harus selalu diterapkan. Walaupun dibpengungsian jangan sampai lupa akan kesehatan, banyak komunitas yang menghibur agar masyarakat tidak stres. Ini membantu [...]

Bocah Ini Ikuti Triathlon Bersama Adiknya yang Difabel

Bocah Ini Ikuti Triathlon Bersama Adiknya yang Difabel

Meskipun kondisi adiknya difabel, namun tak menghalangi Noah Aldrich (8) untuk beraktivitas bersama-sama. Bahkan pada awal Juli lalu, bocah asal Idaho, AS ini mengajak adiknya mengikuti mini triathlon yang membuat mereka berdua berhasil melalui tantangan renang, bersepeda, dan lari. Adik Noah, Lucas Aldrich (6) lahir dengan keadaan langka dimana ada gangguan pada fungsi otak yang disebut dengan lissencephally. Ini membuat Lucas tak bisa bicara, jalan bahkan makan. Atas seizin ibu mereka, Noah mengajak Lucas mengikuti pertandingan mini triathlon untuk anak-anak. Menurut ibu mereka, saking semangatnya, mereka berdua berlatih fisik tiga bulan sebelum pertandingan marathon tiga jenis olahraga seperti dilansir NY Daily News, Rabu (23/7/2014). Pada hari H di pertandingan pertama, Noah berenang sambil tangannya diikat tali yang menghubungkan perahu karet berisi adiknya. Saat bersepeda, adiknya pun ada disampingnya menggunakan kursi roda. Hal yang serupa saat lomba lari dimana Noah berlari sambil mendorong adiknya sejauh 1 mil. "Aku suka segala sesuatu yang ada padanya, menurutku Lucas sempurna," terang Noah yang menunjukkan kecintaan dan kelekatan dengan adiknya. [...]

24 Juta Anak RI Tak Punya Akta Lahir, Orang AS pun Galang Aksi

24 Juta Anak RI Tak Punya Akta Lahir, Orang AS pun Galang Aksi

Cukup banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) dan surat nikah, berakibat pada sulitnya membuat akta kelahiran sewaktu mereka dikaruniai seorang anak.Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Indonesia (Susenas), sebanyak 24 juta anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran. Atau dengan kata lain, satu dari tiga anak usia sekolah terancam untuk hidup dalam kemiskinan karena tidak memiliki akta kelahiran.Melihat keadaan yang cukup mengkhawatirkan ini, mendorong seorang warga negara Amerika Serikat yang memiliki kepedulian sosial tinggi, Scott Hanna untuk melakukan sebuah tindakan kecil dan nyata untuk membantu para orangtua dalam pembuatan akta kelahiran.Saling berpegangan erat dengan Sahabat Anak, Scott mengadakan dua kegiatan sekaligus yang diadakan di Bengkel Crossfit yang terletak di Sudirman Cenal Business District (SCBD) Lot 14. Yaitu, melakukan olahraga bersama para penggiat olahraga dengan nama 'Dylan Tribute Workout: Angkat untuk Membantu Anak di Indonesia' dan Bake a Difference, menjual cupckae kepada para pengunjung."Kami sadar bahwa kami tidak dapat memecahkan masalah ini hanya dalam satu hari. Tapi, kami ingin menciptakan momentum untuk [...]

Selamat, Organisasi Penggagas Rumah Sakit Apung Ultah

Selamat, Organisasi Penggagas Rumah Sakit Apung Ultah

DocterSHARE sebuah organisasi nirlaba di bidang kesehatan yang lebih dikenal dengan program Rumah Sakit Apung merayakan hari jadinya ke-5 di Integrity Convention Center (ICC) Mega Glodok Kemayoran pada Jumat (21/11/2014) malam. Lima tahun berjalan, tak sedikit hal positif yang dilakukan oleh organisasi ini. "Secara kuantitatif apa yang kami lakukan selama ini sangat kecil namun secara kualitatif kami telah memberikan sumbangan kepada bangsa dan negara," tutur pendiri docterSHARE, dokter Lie A. Dharmawan di tengah-tengah acara perayaan ultah docterSHARE kepada Health-Liputan6.com di sela-sela acara perayaan. Jika ditengok ke belakang, sejak 2009 hingga 2014 memang sudah banyak program-program yang bertujuan menyelamatkan nyawa dan meringankan penderitaan masyarakat. Mulai dari lakukan pengobatan umum, penyuluhan kesehatan hingga yang paling terkenal Program Rumah Sakit Apung (RSA). RSA baru berlayar 2013 lalu dengan bermodalkan keberanian menghadapi laut dengan ombak tinggi untuk mencapai daerah terpencil di berbagai pesisir Indonesia. Minimnya tenaga kesehatan di daerah terpencil membuat kehadiran RSA yang bernama dr. Lie Dharmawan memberikan banyak manfaat. Mulai dari pengobat [...]

Kisah Dokter Ayu yang Tak Bisa Tenang Selama 4 Tahun

Kisah Dokter Ayu yang Tak Bisa Tenang Selama 4 Tahun

Masih teringat mungkin di benak Anda, seorang dokter wanita di Manado yang terjerat kasus hukum sehingga membuat seluruh sejawat dokter melakukan aksi protes pembebasan hingga tidak melakukan praktik setengah hari pada 27 November lalu.Kini, dokter bernama lengkap Dewa Ayu Sasiary Prawani atau yang akrab dipanggil dokter Ayu (39) serta kedua rekannya dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian sudah bisa menghirup udara bebas setelah sempat dipenjara sekitar dua bulan.Dalam temu media yang dilakukan di Kantor IDI Pusat, Jakarta, Kamis (12/2/2014), dokter wanita berkacamata itu mengaku hidupnya tidak tenang selama 4 tahun sejak kematian pasien bernama Julia Fransiska Makatey."Sudah 4 tahun, hidup kami tidak tenang, bolak-balik ke penyidik, lapor kejaksaan. Dan di sela-sela residen, selain sambil menunaikan tugas ilmiah, kami juga harus ke pengadilan," kata wanita kelahiran Denpasar, Bali 23 April 1975.Saat tersandung masalah hukum, dokter Ayu memang sedang ujian akhir. Tapi ketika itu, ia dan kedua rekannya optimistis bahwa kasusnya dapat segera diselesaikan."Waktu itu saya sedang ujian akhir. Itu awal persidangan di pengadillan negeri. Kalau saya ingat jadi sedih. Saya ujian sambil [...]

3 Langkah Bebas Flu

3 Langkah Bebas Flu

Meski sakit sederhana tapi flu bisa menganggu aktivitas Anda. Pekerjaan yang biasanya dikerjakan lebih cepat, tapi gara-gara hidung meler dan kepala pusing jadi lebih lambat dari biasanya. Oleh karena itu, lakukan tiga kebiasaan berikut yang bisa mengurangi risiko terkena flu seperti dilansir Good Housekeeping pada Kamis (2/10/2014).1. Sering cuci tanganTangan adalah sumber bakteri. Saat Anda memegang handle pintu, tombol lift, hingga memegang segala sesuatu dilanjutkan dengan menyentuh area wajah bisa memindahkan virus flu ke Anda. "Cara terbaik untuk tetap sehat adalah untuk meminimalkan kontak dengan orang sakit," terang pendiri dan direktur klinis CURE Urgent Care, Jake Deutsch, MD. 2. Siapkan multivitaminKandungan zinc dan Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada seseorang. Saat Anda merasa tubuh mulai tak enak badan, tak ada salahnya mengonsumsi multivitamin untuk mencegah jadi flu. 3. Tidur cukupKurang tidur bisa melemahkan daya tahan tubuh. Pada saat Anda terkena flu perbanyaklah tidur dan beristirahat. Tidur cukup membantu efektivitas obat flu. [...]

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Parade Kirab Kebangsaan Peringati Hari Pahlawan

Tahun ini, rangkaian acara memperingati Hari Pahlawan 10 November salah satunya diisi dengan menggelar parade kirab kebangsaan mulai dari JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat hingga TMPN Kalibata, Jakarta Selatan.?Parade kirab kebangsaan merupakan kegiatan yang digagas atas inisiatif elemen masyarakat untuk memeringati Hari Pahlawan 10 November,? kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat melepas parade kirab kebangsaan di Kemayoran, Jakarta, Minggu (9/11/2014).Selain itu, kegiatan parade sebagai hasil kerja sama dari berbagai kementerian/lembaga, TNI/Polri, organisasi kepemudaan, organisasi sosial, dan perkumpulan otomotif.?Tidak kurang dari 236 organisasi/perkumpulan yang berpartisipasi dalam acara kirab kebangsaan tersebut,? ucapnya.Melalui parade kirab kebangsaan, diharapkan mampu membangkitkan semangat kejuangan dan rasa cinta tanah air kembali dikumandangkan bersama seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.?Inisiatif bersama dari acara parade, dinamakan Parade Kebangsaan Kerukunan Indonesia (PKKI),? tandasnya.Kegiatan parade kirab kebangsaan dilanjutkan dengan penyampaian Pidato Kebangsaan dan diakhiri doa bersama di Tugu Lima Pilar TMPNU Kalibata, yang dipimpin oleh pa [...]

Wanita Menopause, Makin Tua Makin `Jadi`

Wanita Menopause, Makin Tua Makin `Jadi`

Siapa bilang wanita yang sudah memasuki masa menopause tidak aktif lagi secara seksual. Penelitian Sebaliknya, justru makin tua makin 'menjadi'. Di usia lebih dari 40 tahun justru wanita akan menjadi lebih aktif secara seksual. Demikian diungkapkan dalam studi yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine.Studi tersebut melibatkan 354 perempuan berusia 40 tahun sampai pertengahan 60 tahun. Para peneliti mengajukan pertanyaan selama empat tahun, tentang menopause dan kesehatan fisik.Pada tahun keempat, para peneliti secara khusus bertanya tentang fungsi seksual mereka. "Kami bertanya, sulit atau mudahkah orgasme. Ada masalah kekeringan vagina atau menurunnya gairah. Banyak wanita yang menjawab tidak ada masalah, dan mereka tiga kali lebih mungkin untuk melakukan hubungan intim," kata Penulis Studi dr. Holly Thomas dari University of Pittsburgh School of Medicine.Menurut Thomas, selama empat tahun penelitian itu 85 persen wanita menjadi lebih aktif secara seksual. Mereka memiliki indeks masa tubuh lebih rendah dan menganggap seks adalah hal penting."Ketika Anda berhubungan dengan wanita usia masa menopause kemungkinan terus menjadi aktif. Setelah menopause, perempuan dapat menempatkan p [...]

Rahasia Senyum Cantik ala Aktris Hollywood

Rahasia Senyum Cantik ala Aktris Hollywood

Sepintas mungkin tidak ada yang menyangka. Tapi beberapa artis ternama di Hollywood sebut saja bintang film Thor, Natalie Portman atau aktris Julia Roberts dan Gwyneth Paltrow juga memiliki kekurangan. Tuntutan untuk tampil sempurna membuat mereka melakukan suntik botox pada bagian bibir agar gusi tidak terlihat saat tersenyum.Seperti dikutip dari laman Dailymail, Sabtu (2/8/2014), botox dipilih sejumlah artis dan beberapa wanita di Amerika dan Eropa karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan operasi. Selain itu, efektifitas waktu dalam suntik botox juga lebih cepat. Hanya butuh 10 menit, dan hasilnya bisa dapat dilihat."Bagi orang-orang yang tersenyum agresif, botox dapat mengurangi gusi yang ditampilkan," kata ahli Bedah Plastik, Dr Naderi.Teori menutup gusi ini, menurut dokter gigi dan ahli bedah kosmetik memang disarankan jika ingin mendapat senyum sempurna."Bagaimanapun senyumnya, jika gusi terlihat 3-4 milimeter saat tersenyum, mungkin akan terlihat kurang cantik," kata seorang dokter gigi kosmetik di New York dan White Plains, Dr Stan Heifetz pada New York Times.Sebelumnya, untuk menutup gusi, seseorang harus melakukan prosedur operasi pengangkatan gusi atau diseb [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *