5 Tempat Liburan yang Rentan Penyakit, Waspada!

liburan-dunia-140217b.jpg

Berlibur dipilih sebagai salah satu menghilangkan stres. Namun, Anda perlu hati-hati terhadap kondisi lingkungan tempat yang akan dituju. Jangan sampai liburan yang seharusnya santai malah berisiko untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang perlu dihindari agar kesehatan tidak terganggu, dikutip Everydayhealth, Senin (17/2/2014) :

1. Meksiko

Menurut Dokter Penyakit Menular dari Summit Medical Group in Berkeley Heights, Redentor Mendiola, MD negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan.

“Keindahan alam dan budaya di sana memang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Namun Meksiko tidak sehat karena di sana dikenal dengan penyakit diare yang parah,” katanya.

Untuk yang ingin berlibur ke Meksikok, Mendiola menyarankan minum hanya air kemasan, bila mengonsumsi es sebaiknya yang berasal dari air kemasan. “Selain itu konsumsi juga buah dan sayuran yang dicuci dengan air bersih,” kata Mendiola.

2. Republik Dominika

Negara kepulauan ini memang menjadi tujuan liburan yang cukup populer. Namun karena wilayah tersebut masih berkembang, sehingga masih ditemukan beberapa masalah kesehatan.

“Di Republik Dominika, ada laporan terkait wabah kolera. Kemungkinan ini diperoleh dari sumber air yang buruk,” kata Mendiola. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan untuk sellau emmbawa antibiotik, air bersih dan bahan kimia aman untuk pemurnian air.

3. Taman Nasional Yoesemite

Taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat ini terkenal memanjakan mata dengan air terjun dan tebing granitnya. Namun sayang akhir-akhir ini ditemukan kasus penyakit paru hantavirus pulmonary syndrome yang disebabkan kontak langsung dengan kotoran tikus.

Untuk menghindari para turis berisiko terkena penyakit ini, pihak Yoesemite melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menutup perkemahan.

4. Irlandia

Pulau yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya ini menjadi tujuan para turis mengunjungi Irlandia. Namun menurut Penulis Eating Mindfully, Susan Albers, PsyD negara tersebut memiliki risiko buruk untuk kesehatan terutama masalah obesitas.

“Makanan dan minuman di sana banyak mengandung lemak tidak sehat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Kalori yang tinggi dari makanan membuat para turis menjadi gemuk dan mengurangi fungsi otaknya,” kata Albers.

5. Kapal Pesiar

Menikmati perjalanan dengan kapal pesiar menjadi pengalaman liburan yang mewah. Namun kapal ini menurut Direktur dari Pusat Kedokteran Mikologi dan Laboratorium Mikologi Referensi di Rumah Sakit Universitas Cleveland dan Case Western Reserve University, Mahmoud Ghannoum, PhD merupakan sumber utama untuk penyakit infeksi.

“Kapal ini adalah tempat utama untuk infeksi, termasuk norovirus dan influenza menyebar karena tempat atau lingkup terbatas,” kata Ghannoum.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Malam Hari Waktu Terbaik Bersama Pasangan

Malam Hari Waktu Terbaik Bersama Pasangan

Malam hari menjadi waktu terbaik bagi pasangan untuk menghabiskan waktu bersama. Di sanalah pasangan bisa saling berbagi dan berkomunikasi dengan cara yang lebih santai.Situs FemaleFirts, Selasa (25/2/2014), merinci beberapa kegiatan yang dilakukan pasangan di malam hari:1. Nonton bersamaPasangan yang saling mencintai akan menghabiskan waktu bersama di sofa sambil mengunyah camilan ketika menonton film di televisi. Karena itulah malam bersama pasangan begitu berharga.2. Waktu berduaanIni menjadi waktu yang sangat jarang dalam seminggu bagi Anda untuk berduaan. Anda cenderung berbicara tentang pekerjaan ketika sampai di rumah. Pada akhir pekan, Anda bisa membuka sebotol minuman, mengunci pintu depan, dan membuka sejumlah makanan ringan atau menonton televisi tanpa peduli dunia luar.3. Waktunya berbicaraSelama sepekan, ada waktu untuk berbicara tapi Anda berdua tak melakukannya. Anda sedang tak fokus dalam pikiran dan perasaan, hanya berpikir tentang pekerjaan. Semua hal-hal yang sensitif bisa keluar lebih bebas jika dibicarakan dalam kondisi paling santai.4. Murah dan ceriaApabila keluar rumah, Anda akan makan besar, memikirkan pakaian yang dikenakan, hingga khawatir menunggu tagiha [...]

Imbauan WHO Agar Pemerintah Tak Terima Tawaran CSR Rokok

Imbauan WHO Agar Pemerintah Tak Terima Tawaran CSR Rokok

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau kepada pemerintah, khususnya di bidang pendidikan, untuk tidak begitu saja menerima tawaran program CSR (Corporate Social Responsibility) yang diberikan perusahaan rokok. Menurut WHO, program seperti ini dinilai sebagai strategi dari industri rokok untuk menarik hati konsumennya, terlebih para remaja.Dalam sebuah diskusi, WHO mengatakan bahwa perusahaan rokok mencari banyak cara untuk melemahkan beberapa negara yang sedang menjalani sebuah program untuk memerangi rokok dengan memberikan CSR."CSR itu kan tanggung jawab sosial perusahaan. Tidak pas rasanya bila industri yang justru `membunuh` memberikan program CSR seperti ini. Industri rokok tidak bisa disamakan dengan industri lain," kata Faruqh Quraishi selaku perwakilan WHO dalam diskusi bertema `Relevansi CSR Industri Rokok di Bidang Pendidikan` di Media Center Komnas Anak, Jakarta, Kamis (27/2/2014)Di seluruh dunia, terang Faruqh, industri rokok sudah melakukan investasi besar-besaran untuk sebuah proomosi demi menggantikan konsumen yang sudah tidak merokok atau bahkan yang sudah meninggal. Caranya, dengan mempromosikan secara halus yang ditujukan bagi perokok pemula."Bagaimana bisa di [...]

3 Alasan Katakan `Tidak` pada Operasi Plastik

3 Alasan Katakan `Tidak` pada Operasi Plastik

Operasi plastik dipilih banyak orang demi mengubah bentuk dan fungsi organ tubuh. Bentuk yang paling terkenal adalah bedah kosmetik dan bedah estetika. Namun ada jenis lainnya seperti bedah rekonstruksi, bedah mikro, dan perawatan korban luka bakar.Obsesi yang tidak sehat dengan bentuk tubuh dan rendahnya rasa percaya diri memaksa orang ingin terlihat sempurna seperti selebriti. Padahal, operasi plastik tak benar-benar diperlukan.Operasi plastik sebenarnya bukan prosedur sederhana. Kadang-kadang, operasi bisa berakibat fatal dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Ada begitu banyak alasan mengapa kita harus mengatakan tidak untuk operasi plastik seperti dikutip Magforwomen, Senin (27/1/2014):1. Jangan operasi plastik untuk alasan kosmetikJika Anda memiliki cacat yang serius seperti masalah dengan hidung atau bekas luka bakar di wajah Anda, maka tak masalah Anda melakukan bedah rekonstruksi atau bedah estetika. Tapi, jika hanya ingin operasi hanya untuk tujuan kosmetik, Anda harus berpikir dua kali karena akan mengubah penampilan. Jika Anda beralasan bosan mungkin harus menjalani operasi yang menyakitkan lainnya.2. Bisa membunuh AndaJika dokter bedah mengatakan tidak Anda harus berhen [...]

Masalah Lain yang Mengintai Jika Obesitas

Masalah Lain yang Mengintai Jika Obesitas

Banyak yang berpikir bahwa obesitas meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Hal itu memang benar. Tetapi, obesitas sendiri bukan hanya berkaitan dengan jantung dan diabetes. Ada banyak masalah lain yang mengintai jika obesitas. Bahkan, seperti dikutip dari ABC News pada Sabtu (8/11/2014), sebuah studi menunjukkan bahwa 10 persen dari masalah pada empedu, ginjal, hati dan usus besar bisa dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Berikut beberapa masalah lain jika terkena obesitas: Kanker The National Cancer Institute memperkirakan bahwa obesitas berkontribusi pada penambahan 34 ribu kasus kanker baru pada pria dan 50 ribu pada perempuan tiap tahunnya. Migrain Peneliti Johns Hopkins yang mensurvey hampir 400 orang menemukan bahwa semakin tinggi indeks massa tubuh, semakin besar kemungkinan terkena migrain episodik atau berkala. Mereka yang obesitasnya mencapai 81 persen setidaknya mengalami 14 kali migrain setiap bulannya. Sulit Hamil Salah satu studi yang dilakukan di India menemukan bahwa 90 persen dari 300 perempuan yang obesitas berpotensi terkena penyakit ovarium polikistik. Meskipun memang hubungan antara obesitas dan sulit hamil tidak sepenuhnya jelas. M [...]

Prabowo-Hatta Akan Sediakan Susu buat Anak Miskin dari Peternakan

Prabowo-Hatta Akan Sediakan Susu buat Anak Miskin dari Peternakan

Susu selalu dikaitkan dengan kesehatan seseorang. Namun, tak semua orang di Indonesia bisa meminum susu karena keterbatasan perekonomian dalam keluarga. Dalam salah satu visi pasangan Calon Presidan (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prabowo Subianto serta Hatta Rajasa, keduanya akan menyediakan susu untuk anak-anak miskin di sekolah melalui peternakan sapi dan kambing perah. Berdasarkan situs resmi KPU yang dikutip Liputan6.com, Jumat (23/5/2014), berikut beberapa visi dari Prabowo dan Hatta dalam meningkatkan kualitas pembangunan sosial, agama, budaya, dan olahraga:1. Menjamin pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin melalui percepatan pelaksanaan BPJS Kesehatan.2. Memberantas perdagangan manusia, membasmi peredaran dan penyalahgunaan narkoba dengan hukuman berat bagi pelakunya, dan memberikan perlindungan yang efektif kepada perempuan dan anak serta kelompok rentan lainnya dari tindakan kekerasan dan kejahatan termasuk kejahatan seksual, serta meningkatkan status Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak menuju Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.3. Mengembangkan rumah sakit modern di setiap kabupaten dan kota .4. Member [...]

Tanya Jawab tentang Kartu Indonesia Sehat yang Dikelola BPJS

Tanya Jawab tentang Kartu Indonesia Sehat yang Dikelola BPJS

Hari ini, pemerintah secara resmi membagi Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 15,5 juta keluarga kurang mampu di lima kantor pos, Jakarta. Namun banyak yang belum mengetahui apa itu KIS dan apa bedanya dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang baru berlaku awal tahun ini yang dikelola BPJS.Berikut ini tanya jawab seputar Kartu Indonesia Sehat yang dirampung Health-Liputan6.com, Senin (3/11/2014): 1. Apa itu KIS? KIS adalah singkatan dari Kartu Indonesia Sehat, program untuk mendapatkan jaminan sosial yang berlaku nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pra sejahtera. Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Fahmi Idris menyampaikan, dengan KIS maka akan ada perluasan manfaat secara kualitas dan kuantitas. Kualitas dalam maksud, masyarakat prasejahtera akan mendapat layanan kesehatan mulai dari preventif (pencegahan) dan promotif. Sedangkan secara kualitas, akan ada penambahan jumlah orang yang sebelumnya tidak bisa ditampung dalam SJSN yang tercatat sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) yaitu 86,4 juta jiwa. 2. Bagaimana dengan peserta yang memiliki kartu Askes, Jamkesmas, Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk DKI dan sebagainya? Selain [...]

Bocah 6 Tahun Diskors Gara-gara Bawa Bekal Biskuit

Bocah 6 Tahun Diskors Gara-gara Bawa Bekal Biskuit

Orangtua saat membekali makanan untuk anaknya pilihlah makanan yang sehat. Seorang ibu Nicola Mardle (24) harus menerima anaknya diskors selama empat hari karena tak membekali makanan sehat untuk putranya Riley Pearson.Bocah berusia 6 tahun itu diskors sekolahnya karena membawa biskuit `Mini Cheddars `untuk makan siangnya. Namun, Mardle merasa aturan ini konyol.Orangtua Riley bahkan dipanggil kepala sekolah sebelum anaknya diskros. "Saya bisa mengerti jika dia melempar meja atau membully anak lain, tapi ini hanya karena hal konyol paket mini Cheddars," kata sang ibu seperti dikutip dari Mirror, Minggu (2/2/2014).Menurut Mardle, biasanya Riley dibawakah sandwich, Dairylea Dunkers, dan cracker rasa keju. Tapi Kepala Sekolah Jeremy Meek mengatakan kebijakan makan di sekolah di Colnbrook, Berks, memang harus ditaati."Jika tidak ditaati maka berpotensi merugikan anak," kata Meek.(Mel)Baca Juga:Bikin Anak Melek Gizi dari Bekal yang Dibawa ke SekolahGuru Harus Sadar Gizi Dulu Sebelum Ajari Muridnya [...]

Teh Hitam, Tak Kalah Hebat dari Teh Hijau

Teh Hitam, Tak Kalah Hebat dari Teh Hijau

Selama ini teh hijau sering disebut sebagai teh dengan kandungan terbaik. Namun, ada pula teh hitam yang menghasilkan minuman teh berwarna hitam yang tak kalah baik manfaatnya dengan teh hijau. Senyawa alami polifenol yang terdapat dalam teh hitam yang bertanggung jawab atas banyakanya manfaat untuk kesehatan. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang membantu tubuh melindungi tubuh dari radikal bebas. Lalu, menurut artikel yang dipubublikasikan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity pada November 2009 menyebutkan bahwa konsumsi jangka panjagn makanan yang kaya polifenol seperti teh hitam membantu tubuh melindungi diri dari kanker, penyakit jantung, diabetes dan osteoporosis serta penyakit degeneratif lainnya seperti dilansir Livestrong, pada Jumat (17/10/2014). Jadi, tak ada ruginya Anda mengonsumsi teh hitam baik dalam berbagai suasana. [...]

Pendapat Psikolog Seksual tentang Penutupan Lokalisasi Dolly

Pendapat Psikolog Seksual tentang Penutupan Lokalisasi Dolly

Hari ini, Rabu (18/6/2014) lokalisasi Dolly yang terkenal seantero nusantara yang ada di Surabaya, Jawa Timur ditutup. Banyak pihak yang setuju, tapi banyak juga yang tidak. Berikut pendapat Psikolog Seksual, Zoya Amirin,M.Psi tentang kejadian ini: Penutupan Lokalisasi tidak semerta merta menyelesaikan masalah generasi muda yang suka menggunakan pekerja seks komersial (PSK) atau memperbaiki moral penduduk setempat. Masalah pelacuran ada karena ada permintaan (demand), maka pasar menyediakan. Dalam prinsip ekonomi ini jelas. Kalau ini masalah moral, selesaikanlah secara moral. Menutup lokalisasi itu seperti rumah mewah tanpa toilet sehingga (kasarnya) orang buang air sembarang sekeliling rumah. Karena itu solusi masalah moral generasi penerus terkait dengan pengguna jasa prostitusi ini adalah dengan memperjuangkan seks edukasi pada semua kalangan (Sekolah maupun anak jalan & para pekerja kantoran sampai pemulung). Kalau tidak ingin generasi muda rusak karena menggunakan jasa PSK atau prostitusi lainnya. Perjuangkan juga Undang Undang Perlindungan Anak yang adekuat dengan menghukum seberat-beratnya prostitusi anak di bawah 18 tahun dan pengguna yang meminta dilayani atau dic [...]

Penonton Piala Dunia Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Penonton Piala Dunia Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PeduliSehat.info, Brasil Sejak Piala Dunia Brasil 2014 sampai babak 16 besar berlangsung, tidak hanya kesehatan para pemain saja yang mendapat perhatian khusus. Namun, kesehatan para suporter dan masyarakat yang ada di Brasil pun mendapatkan perhatian dan perlakuan yang sama. Sponsor resmi Piala Dunia Brasil 2014 di bidang kesehatan, Johnson & Johnson, menurunkan 14.000 relawan yang bertanggung jawab mengarahkan para suporter yang ada di dalam stadion untuk melakukan pemeriksaan secara gratis. Hasilnya, tidak sedikit suporter yang menyambut baik hal tersebut.Direktur Medis sekaligus perwakilan dari pihak Johnson & Johnson, Dr Joseph Ferro, mengatakan, dengan pemeriksaan kesehatan membuat suporter lebih tahu penyakit apa yang bakal diidapnya di kemudian hari, dan lebih pintar dalam menjaga kesehatan diri sendiri."Terlebih untuk mereka yang tergolong ke dalam kelompok relatif muda. Jadi, berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan pada usia dini," kata Joseph seperti dikutip Fox News, Senin (30/6/2014)Joseph menambahkan, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan gratis di saat pertandingan berlangsung. Dalam pemeriksaan, masyarakat dapat memilih bagian tubuh mana yang ingin diper [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *