5 Tempat Liburan yang Rentan Penyakit, Waspada!

liburan-dunia-140217b.jpg

Berlibur dipilih sebagai salah satu menghilangkan stres. Namun, Anda perlu hati-hati terhadap kondisi lingkungan tempat yang akan dituju. Jangan sampai liburan yang seharusnya santai malah berisiko untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang perlu dihindari agar kesehatan tidak terganggu, dikutip Everydayhealth, Senin (17/2/2014) :

1. Meksiko

Menurut Dokter Penyakit Menular dari Summit Medical Group in Berkeley Heights, Redentor Mendiola, MD negara yang satu ini rentan risiko kesehatan pencernaan.

“Keindahan alam dan budaya di sana memang menjadi tujuan berlibur banyak orang. Namun Meksiko tidak sehat karena di sana dikenal dengan penyakit diare yang parah,” katanya.

Untuk yang ingin berlibur ke Meksikok, Mendiola menyarankan minum hanya air kemasan, bila mengonsumsi es sebaiknya yang berasal dari air kemasan. “Selain itu konsumsi juga buah dan sayuran yang dicuci dengan air bersih,” kata Mendiola.

2. Republik Dominika

Negara kepulauan ini memang menjadi tujuan liburan yang cukup populer. Namun karena wilayah tersebut masih berkembang, sehingga masih ditemukan beberapa masalah kesehatan.

“Di Republik Dominika, ada laporan terkait wabah kolera. Kemungkinan ini diperoleh dari sumber air yang buruk,” kata Mendiola. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyarankan untuk sellau emmbawa antibiotik, air bersih dan bahan kimia aman untuk pemurnian air.

3. Taman Nasional Yoesemite

Taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat ini terkenal memanjakan mata dengan air terjun dan tebing granitnya. Namun sayang akhir-akhir ini ditemukan kasus penyakit paru hantavirus pulmonary syndrome yang disebabkan kontak langsung dengan kotoran tikus.

Untuk menghindari para turis berisiko terkena penyakit ini, pihak Yoesemite melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menutup perkemahan.

4. Irlandia

Pulau yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya ini menjadi tujuan para turis mengunjungi Irlandia. Namun menurut Penulis Eating Mindfully, Susan Albers, PsyD negara tersebut memiliki risiko buruk untuk kesehatan terutama masalah obesitas.

“Makanan dan minuman di sana banyak mengandung lemak tidak sehat sehingga berdampak buruk pada kesehatan. Kalori yang tinggi dari makanan membuat para turis menjadi gemuk dan mengurangi fungsi otaknya,” kata Albers.

5. Kapal Pesiar

Menikmati perjalanan dengan kapal pesiar menjadi pengalaman liburan yang mewah. Namun kapal ini menurut Direktur dari Pusat Kedokteran Mikologi dan Laboratorium Mikologi Referensi di Rumah Sakit Universitas Cleveland dan Case Western Reserve University, Mahmoud Ghannoum, PhD merupakan sumber utama untuk penyakit infeksi.

“Kapal ini adalah tempat utama untuk infeksi, termasuk norovirus dan influenza menyebar karena tempat atau lingkup terbatas,” kata Ghannoum.

(Mia/Abd)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nafsiah Mboi Tak Kesal Dijuluki Ratu Kondom

Nafsiah Mboi Tak Kesal Dijuluki Ratu Kondom

Tidak terbesit rasa kesal dalam benak Nafsiah Mboi saat dijuluki Ratu Kondom oleh sejumlah pihak sewaktu masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Menurutnya, enam tahun berkecimpung di Komisi Penanggulangan AIDS, membuat Nafsiah terbiasa dan tidak marah ketika ada orang menjulukinya seperti itu."Kesal? Saya sudah biasa. Saya sudah lama berurusan dengan hal seperti ini. Dari zaman HIV-AIDS itu masih distigma, kondom juga masih distigma, seks saja tidak boleh diomongin, tapi saya ngomong terbuka saja. Jadi, saya sudah biasa saja," kata Nafsiah Mboi kepada sejumlah jurnalis di Restoran Tesate, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/10/2014)Bahkan saat `markas` Nafsiah Mboi di Jalan H.R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, diserbu oleh pihak yang mengatasnamakan Front Pembela Islam beberapa waktu lalu, wanita Bugis yang terkenal keras justru mengajak sejumlah orang dari FPI untuk duduk bersama, dan membicarakan yang sebenarnya terjadi."Saya katakan kepada mereka `Maaf jika ibu bapak ini tidak senang dengan pernyataan saya. Saya berjanji tidak pernah ngomong seperti itu. Kalau tidak percaya, saya bisa menunjukan video wawancaranya`. Namun begitu, saya bersedia mendengarkan ap [...]

Laporan Terbaru, MERS-CoV Bukan Ancaman Global

Laporan Terbaru, MERS-CoV Bukan Ancaman Global

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan oleh BofA Merril Lynch Global Research pada 16 Mei 2014 yang ditulis oleh Tim Ekonomi Global Research menyatakan bahwa Middle East Respiratory Syndrome coronavirus (MERS-CoV) masih belum dapat dianggap sebagai ancaman global.Pernyataan ini pun didukung oleh komite darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menilai belum ada bukti yang cukup untuk meyakini 100 persen bahwa penyakit ini dapat dengan mudah tertular dari manusia ke manusia. "Memang, komite darurat WHO menilai bahwa banyak dari lonjakan dalam kasus ini membuat pengendalian infeksi dan pencegahan pengamanan telah dioperasikan pada tingkat suboptimal," kata laporan itu seperti dikutip Arab News, Senin (19/5/2014)Penilaian risiko WHO dapat ditinjau kembali jika virus itu mampu bermutasi menjadi strain yang tidak membuatnya lebih mudah tertular dari orang ke orang. Selain itu, gelombang besar peziarah diharapkan pada Juli selama bulan Ramadhan dan Oktober saat musim haji, dapat meningkatkan terjadinya infeksi dan penyebaran geografis dari virus itu.Jauh-jauh hari Arab Saudi pun sudah mengeluarkan banyak aturan untuk para jamaah haji selama ziarah tahunan untuk melarang orang tua dan [...]

Waspada, Diare Mengintai Selama Lebaran

Waspada, Diare Mengintai Selama Lebaran

Jika diperhatikan, ada yang menarik dari tingginya kasus diare, khususnya di Timur Indonesia menjelang lebaran Idul Fitri seperti saat ini. Meski bukan pencapaian yang baik, tapi saat ini, petugas kesehatan setempat sedang sibuknya menangani masalah diare pada anak. Seperti diungkapkan Koordinator Sistem Kesehatan untuk program pemberian tablet zinc pada bayi dan balita dari Micronutrient Initiative, dr Adhi Sanjaya., MSc-IH bahwa kasus diare tinggi di tiga musim. Musim hujan, musim buah dan musim lebaran seperti saat ini. "Kalau musim hujan, banyak air terkontaminasi. Kebanyakan masyarakat di daerah itu sumurnya satu sedangkan sistem pembuangan limbahnya belum bagus. Sebut saja masih banyak yang buang air besar di sungai dan mencemari sumber air," kata Adhi, seperti ditulis Senin (21/7/2014).Selain itu, kata Adhi, pada musim buah, masyarakat cenderung melupakan mencuci tangan dan buah sebelum dimakan. Dan musim lebaran seperti saat ini, masyarakat cenderung makan santan, pedas sehingga anaknya diare karena mengikuti pola makan orangtuanya. "Di Nusa Tenggara Barat misalnya, budaya mereka kalau lebaran suka makan pedas. Sementara anak itu kan mengikuti makan orangtuanya. Kebanyak [...]

Agar Tidur Berkualitas

Agar Tidur Berkualitas

Mungkin Anda suka mengirim dan menerima pesan sambil rebahan di kasur sebelum tidur untuk sekedar mengucapkan "selamat malam". Namun, jika aktivitas mengirim dan menerima pesan terlalu banyak sebelum tidur malah menyebabkan tidur tak berkualitas. Menurut penelitian yang terdapat dalam jurnal Psychology of Popular Media Culture, seperti dilansir Today, Kamis (24/7/2014), getaran maupun dering pesan yang masuk saat tertidur membuat seseorang "keluar" dari zona tidurnya. Selain itu, pesan yang masuk menimbulkan perasaan tertekan untuk segera membalas pesan yang masuk, bahkan perasaan ini hadir di tengah-tengah tidur lelap. Hal di atas diketahui lewat penelitian terhadap 83 mahasiswa yang menjawab survei online tentang kualitas tidur mereka serta rat-rata jumlah pesan teks yang dikirim dan diterima di malam hari. Mereka yang menerima lebih banyak teks di malam hari tidurnya kurang dan tak berkualitas. Selain getar dan suara, dalam penelitian lain menyebutkan bahwa cahaya ponsel menganggu kualitas tidur. Jadi, lebih baik jauhkan ponsel beberapa saat sebelum tidur. [...]

Gangguan Kardiovaskular Bikin Fungsi Otak Melorot

Gangguan Kardiovaskular Bikin Fungsi Otak Melorot

Anda yang kondisi pembuluh darah dan jantungnya tidak bagus dipastikan juga mengalami gangguan memori. Berita tak menyenangkan ini datang dari para ilmuwan dari Brigham Young Univeristy, Departemen Ilmu Kesehatan di Provo, Utah, Kanada. Mereka mencoba membuktikan hal ini dengan meneliti 18.000 pasien usia 45 tahun ke atas dan menemukan bahwa mereka yang mengalami gangguan kardiovaskular (pembuluh darah dan jantung) paling buruk memiliki skor 4,6 persen dan mengalami gangguan kognitif (memori). Sementara skor 2,7 dimiliki mereka yang mengalami gangguan kardiovaskular sedang dan skor 2,6 pada mereka dengan gangguan minim. Ujian memori dilakukan untuk mengetahui semua ini. "Bahkan saat kondisi kardiovaskular tidak begitu sehat amat, level kondisi kesehatan kardiovaskular juga cenderung menurun," ujar salah satu peneliti, Evan L Thacker seperti dikutip livescience, Selasa (17/6/2014). Para ilmuwan menyebutkan, perbedaan kognitif ini terkait juga dengan ras, gender, kondisi kardiovaskular sebelumnya atau tempat tinggal mereka. Sayang, penyebab yang mengaitkan antara kondisi kardiovaskular dengan fungsi kognitif ini belum jelas benar. Namun, stroke ringan atau gejala ke arah itu yang [...]

ODHA Sesalkan Bea Cukai yang Tahan Obat AIDS

ODHA Sesalkan Bea Cukai yang Tahan Obat AIDS

Saat ini, banyak ODHA (Orang yang hidup dengan HIV) di Indonesia yang mengalami kesulitan mendapatkan obat ARV yang berguna untuk menekan HIV dalam tubuh dan meningkatkan kualitas kesehatan mereka yang terinfeksi HIV. Beberapa rekan ODHA mendapatkan obat ARV ini hanya untuk konsumsi selama 3 hari ? 5 minggu dikarenakan stok obat ini di Rumah Sakit juga sedang menipis. Jenis obat ARV yang dikeluhkan kelangkaannya adalah jenis Evafirenz dan jenis kombinasi tenofovir dan emtricitabine. Kelangkaan obat ini selain bisa menimbulkan kemungkinan resistensi jika ODHA sampai terputus terapinya juga merupakan gambaran buruk bagaimana komitment pemerintah Indonesia dalam menyediakan terapi penunjang hidup bagi orang dengan HIV. Staff Indonesia AIDS Coalition, sebuah LSM yang bekerja untuk mempromosikan akuntabilitas pemerintah dalam program AIDS mengatakan bahwa kelangkaan ini disebabkan karena stok obat ARV import tertahan di bandara dikarenakan proses dokumen yang belum beres sudah lebih dari sebulan ini. ARV import yang tertahan ini kebanyakan di dapat dengan import dari Negara India. Perlu diketahui bahwa obat ARV penunjang hidup ODHA ini kebanyakan masih produk import dikarenakan farma [...]

Bayi Laki-laki yang Lahir Oktober-Februari Cenderung Kidal

Bayi Laki-laki yang Lahir Oktober-Februari Cenderung Kidal

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Cortex dan dilakukan Psikolog di University of Vienna menemukan bayi laki-laki lahir pada Oktober-Februari cenderung kidal. Menurut peneliti, kecendrungan ini kemungkinan dipengaruhi oleh unsur hormonal.Melansir laman Dailymail, Sabtu (5/7/2014), para peneliti memperkirakan bahwa embrio yang dipengaruhi hormon testosteron pada janin laki-laki dapat meningkatkan peluang mereka menjadi kidal.Meskipun hasil penelitian ini relatif sama dengan periode kelahiran di bulan lainnya. Tapi penulis utama studi, Ulrich Tran, menyebutkan bayi laki-laki yang terkena kadar testosteron akan mengalami perkembangan prenatal dibanding bayi perempuan pada bulan Oktober-Februari.Tran menambahkan, kidal terjadi karena kinerja otak kanan lebih dominan. Sehingga beberapa kebiasaan tertentu seperti menulis, dapat dibantu menggunakan tangan kiri. [...]

Meditasi Bikin Pikiran Makin Kreatif

Meditasi Bikin Pikiran Makin Kreatif

Selain banyak membaca, belajar dan mengembangkan berbagai ketrampilan, ada cara sederhana lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kreativitas. Dikutip Careerealism, Sabtu (15/3/2014) meditasi merupakan cara termudah untuk seseorang mengembangkan otak kanan, bagian otak yang berperan dalam imajinasi, kreativitas, dan segala hal yang berbau seni. Dengan meditasi semua pikiran negatif perlahan menghilang, kondisi nyaman ini membuat fungsi otak kanan meningkat. Meditasi juga dapat menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan. Bahkan, menurut Guru Spiritual dari Tibel, Dalai Lama, meditasi mampu t mengurangi rasa takut dan keraguan seseorang.Beberapa ahli meditasi menyebutkan pada tingkat yang lebih tinggi, meditasi dapat meningkatkan intuisi. Ahli meditasi lain bernama Julia mengatakan dengan teknik meditasi yang menenangkan dapat meningkatkan fungsi otak kanan."Ketika kita melepaskan pikiran negatif maka kita membuka energi kreatif yang lebih besar. Otak kanan lebih mudah memainkan peranannya jika dalam kondisi nyaman dan tenang," kata Julia. [...]

Pembangunan Hotel Bantu Kembangkan Industri Kreatif

Pembangunan Hotel Bantu Kembangkan Industri Kreatif

Berdirinya sebuah hotel di kota-kota besar ternyata menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dr. Mari Elka Pangestu, Ph.D memiliki manfaat positif."Dengan berdirinya hotel berdekorasi unik dan kreatif yang ada di kota besar seperti Jakarta dapat membantu meningkatkan pemasukan industri para pekerja kreatif. Kami mendukung hotel yang berdiri dengan mengutamakan seni dan sisi kreatif," kata Mari saat pembukaan Pullman Hotels and Resorts di Jakarta, Kamis (13/2/2014). Kemenparekraf juga akan mendukung pendirian hotel yang menyediakan ruang untuk publik. "Kami sangat mengapresiasi hotel atau mall yang memberikan kesempatan untuk orang-orang kreatif berkarya. Industri kreatif pun akan semakin berkembang bila hotel atau mall selalu mengutamakan produksi kreatif dalam negeri," kata Mari menjelaskan.Pariwisata juga kerap diidentikan dengan industri kreatif, "Setiap datang ke tempat wisata selalu ada kan cinderamata atau souvenir yang khas untuk dibawa pulang. Dari situ Kemenparekraf terbentuk. SDM yang kreatif tak hanya membawa kesejahteraan bagi suatu negara. Mereka juga ikut mengubah peradaban dunia dan mencerahkan kehidupan umat manusia," kata Mari. (Mia/Abd) [...]

Bahaya Di Balik Minuman Jus Buah

Bahaya Di Balik Minuman Jus Buah

Sejumlah orangtua mulai sadar bahwa minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan anak. Mereka lebih senang jika anak-anak mengonsumsi jus setiap hari. Tapi, tidak banyak orangtua yang tahu, jus juga memiliki bahaya yang hampir sama dengan minuman bersoda. Para ahli mengatakan, terlalu banyak mengonsumsi jus, terlebih jus dalam kemasan, berisiko tajam meningkatkan kenaikan berat badan, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Maka itu, orangtua dianjurkan untuk lebih memberikan banyak air putih dan susu, ketimbang jus buah.Kepala Diabetes dan Ilmu Gizi di King College, London, Inggris, Profesor Tom Sanders, mengatakan, jus atau smoothie boleh diberikan ke anak-anak, asal tidak dilakukan setiap hari. Terlebih bagi para orangtua di sana, yang lebih senang meletakkan jus buah di atas meja saat makan malam, ketimbang air putih."Kita perlu membiasakan anak-anak untuk minum air putih bukan semacam minuman buah, sesaat, sebelum, atau sesudah makan. Jangan meletakkan jus buah di atas meja, saat makan," kata Tom Sanders dikutip Daily Mail, Kamis (26/6/2014)Menurut Tom, bukan ide yang baik bila orangtua terlalu banyak memberikan minuman buah kepada sang buah hati. "Anak-anak harus mendapatkan cai [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *