5 Tips Memulai Berolahraga

olahraga-berat-badan_1.jpg

Oleh: dr. Sophia B. Hage

Gaya hidup yang tidak aktif saat ini merupakan masalah kesehatan yang semakin cepat berkembang dan termasuk faktor penyebab berbagai macam penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk diantaranya adalah obesitas, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, depresi, dan osteoporosis. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007, penyebab kematian terbanyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, dan tiga penyakit utama adalah stroke, hipertensi dan diabetes.

Seperti disinggung di atas, ketiga penyakit ini seperti penyakit lainnya dalam kelompok penyakit tidak menular, sangat terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. Bahkan orang yang tidak aktif dalam hidupnya memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar daripada orang yang teratur melakukan olahraga.

Melihat fakta di atas, maka tampak bahwa peran olahraga dan aktivitas fisik dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat langkah pertama Anda berolahraga lebih mudah dan ringan:

  1. Realistis dengan waktu. Tidak jarang alasan tidak punya waktu adalah hal pertama yang kita ungkapkan ketika hendak melakukan olahraga. Tetapi coba pikirlah baik-baik. Sebenarnya meluangkan 30 menit setiap hari hanya akan memotong sebanyak 2% dari 24 jam. Tidak banyak bukan? Mulailah perlahan-lahan dan tingkatkan sedikit demi sedikit. Apabila 30 menit terlihat sulit, mulailah dengan 15 menit lalu tingatkan 5 menit setiap hari sehingga mencapai 30 menit.

  2. Realistis dengan target yang ingin dicapai. Apabila Anda termasuk orang yang melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran hingga mencapai target pribadi, maka janganla terlalu muluk dalam menentukan target Anda. Buat target yang Anda rasa dapat dicapai dan jangan putus asa apabila pada waktu yang Anda tentukan, target tersebut belum tercapai. Apabila Anda termasuk orang yang sudah memiliki gangguan atau penyakit, maka sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter Anda untuk menentukan target yag realistis dan program latihan yang sesuai.

  3. Tampil ceria dengan peralatan yang sesuai. Bagi kaum hawa, berpakaian atau belanja baju merupakan suatu kesenangan. Nah, tidak ada salahnya kegiatan ini Anda gunakan untuk memacu Anda berolahraga. Sedangkan untuk para lelaki, tentunya tampil menawan dengan peralatan yang trendi tentu akan membantu Anda semakin bersemangat. Pakailah baju olahraga yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, sepatu olahraga yang pas di kaki dan kaos kaki yang nyaman.

  4. Bersenang-senanglah. Pilihlah jenis aktivitas yang menyenangkan, apabila Anda senang berjalan kaki, mulailah dengan berjalan kaki setiap hari, apabila Anda senang yoga, mulailah melakukan gerakan-gerakan yoga yangmudah di rumah. Variasikan jenis olahraga yang Anda lakukan sehingga Anda tidak mengalami kebosanan. Ajak keluarga atau teman Anda sehingga kegiatan olahraga juga menjadi kegiatan yang dapat dimanfaatkan untuk bersenang-senang dengan teman atau keluarga Anda.

  5. Ingat dan rayakan keberhasilan Anda. Catatlah aktivitas olahraga Anda di jurnal, kalender atau smartphone Anda dan juga bagaimana perasaan Anda sesudah sesi olahraga tersebut. Apabila Anda sudah mencapai gol atau tujuan yang Anda inginkan, maka rayakan momen ini sehingga Anda tidak kehilangan motivasi. Tentunya rayakanlah dengan cara yang sehat dan bukan dengan hal-hal yang memperburuk program Anda. Hindarilah merayakan dengan makan makanan tinggi kalori tetapi justru dengan hal-hal yang dapat memotivasi Anda, misalnya dengan membeli baju olahraga yang baru atau sepatu olahraga yang paling modern atau liburan ke pantai.

Selamat berolahraga![](SH)

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Vitamin Tak Bantu Kurangi Risiko Kanker bagi Perokok

Vitamin Tak Bantu Kurangi Risiko Kanker bagi Perokok

Para perokok selama ini beranggapan, mereka dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan mengonsumsi multivitamin. Namun sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa vitamin sama sekali tak berpengaruh bagi tubuh, apalagi untuk mencegah kanker akibat merokok."Perokok yang meminum suplemen, sama saja seperti membodohi diri mereka sendiri. Mereka pikir bahwa risiko kesehatan akan hilang dengan bantuan vitamin itu, nyatanya tidak," ujar Wen-Bin Chiou, seorang peneliti asal Universitas Nasional Su Yat-Sen, Taiwan, seperti dikutip dari Live Science.Sebuah studi yang dipimpin oleh Chiou melibatkan 74 perokok. Dalam penelitian itu, semua responden diberi sejenis obat bernama placebo. Pada setengah responden, para peneliti mengatakan bahwa obat itu adalah pil pemanis, sedangkan responden yang lain diberitahukan mereka diberi vitamin C.Hasilnya, responden yang berpikir telah mengonsumsi vitamin C, malah merokok dua kali lebih banyak dan merasa memiliki kekebalan tubuh yang tinggi daripada mereka yang diberikan pil pemanis. Sayangnya hal tersebut hanyalah sugesti yang diberikan para peneliti.Kemudian dilakukan percobaan berikutnya yang melibatkan 80 orang. Setengah dari responden diberitah [...]

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Mempersiapkan Tubuh untuk Bulan Puasa

Oleh: dr. Jessica Florencia Menjelang bulan puasa, suasana antusias sudah mulai terasa di antara semua umat Muslim di seluruh dunia. Agar dapat menjalankan puasa dengan bugar dan fit, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan psikis Anda, 1-2 minggu sebelum mulai berpuasa. Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah. Lakukan pemeriksaan darah secara umum, sedapat mungkin lengkap. Pada penderita diabetes, jangan lewatkan pemeriksaan profil gula darah lengkap dan HbA1C. Pada penderita dislipidemia, jangan lewatkan pemeriksaan profil lipid lengkap. Pada penderita hiperurisemia, jangan lewatkan pemeriksaan kadar asam urat. Penderita sindrom dispepsia (sakit maag) perlu mengunjungi dokter untuk mengatur jenis, dosis dan waktu pemberian obat. Penderita sakit kronik (hipertensi, diabetes, penyakit ginjal kronik, dll) yang mengkonsumsi obat secara rutin juga perlu memeriksakan diri ke dokter. Selain pemeriksaan fisik, juga untuk pengaturan jenis, dosis dan waktu konsumsi obat selama berpuasa. Ibu hamil dan menyusui perlu memeriksakan kondisi kesehatannya juga kondisi kesehatan anaknya sebelum mulai berpuasa. Berpuasa pada ibu hamil dan men [...]

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

7 Penyebab Haid Tidak Teratur

Amenorrhea adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita, bisa bersifat sementara atau menetap. Sedangkan oligomenorrhea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Keduanya merupakan suatu terminologi untuk gangguan haid atau haid yang tidak teratur. Amenorrhea sendiri dibagi menjadi primer dan sekunder. Amenorrhea primer terjadi pada wanita yang belum mengalami menstruasi pada usia 16 tahun, bisa disebabkan oleh kelainan genetik atau kondisi medis tertentu. Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi ketika tidak terjadinya siklus menstruasi dalam 3 kali siklus berturut-turut dalam kurun periode lebih dari 6 bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidaksuburan atau osteoporosis. Apa saja penyebab haid tidak teratur? Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh: Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS Pubertas atau hampir menopause Penggunaan kontrasepsi Obat-obatan tertentu Perubahan gaya hidup seperti olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress Gangguan hormonal Kondisi abnormalitas [...]

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Sedikitnya 90% dari jumlah kasus gigi patah adalah kasus gigi patah yang terdapat pada gigi depan atas. Kecenderungan patah akan lebih besar lagi pada gigi depan atas dengan posisi agak maju karena gigi tersebut kurang terlindungi oleh bibir. Penyebab utamanya adalah benturan, dimana kekuatan juga lokasi benturan mempengaruhi dari derajat keparahan. Untuk penanganan gigi patah sangat bergantung dari keadaan gigi tersebut, yakni meliputi beberapa faktor, antara lain: Seberapa besar patahan Lokasi patahan Kondisi & keadaan kamar saraf gigi. Pada umumnya perawatan yang akan diberikan oleh dokter gigi bertujuan untuk: Mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit Memperbaiki fungsi gigi Memperbaiki secara tampilan dan estetik Mempertahankan keberadaan gigi dalam rongga mulut agar diupayakan gigi tidak perlu dicabut. Gigi Depan Patah? Gimana Solusinya? Dalam menentukan jenis perawatan yang akan diberikan, dokter gigi harus menegakkan diagnosa terhadap gigi tersebut yang didukung oleh: Anamnesa Pemeriksaan klinis Foto rontgen. Penanganan tergantung dari kondisi patahan: Jika kondisi patah gigi melibatkan dentin dan kamar saraf: Jika patahnya [...]

8 Langkah Berbuka Puasa yang Sehat dan Benar

8 Langkah Berbuka Puasa yang Sehat dan Benar

Awas jangan kalap dan gelap mata ketika Anda berbuka puasa! Bukan cuma masalah berat badan jadi naik, tapi ada intaian bahaya risiko penyakit degeneratif lainnya seperti diabetes, kolesterol dan bahkan gagal jantung. Bagaimana cara berbuka puasa dengan cara yang baik dan benar secara medis? Berikut tips saat berbuka puasa; Segerakanlah berbuka puasa jika sudah tiba waktunya. Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan yang memiliki kadar glukosa alami untuk pemulihan energi di dalam tubuh, seperti kurma dan jus buah. Jus buah yang tidak asam dan tidak berasal dari suhu yang dingin dapat merupakan alternatif minuman berbuka yang sehat karena dapat mengembalikan kadar gula darah ke kadar normal Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan seperti kolak, biji salak, es buah, dan sebagainya, kurang baik untuk dikonsumsi Makanlah secara perlahan-lahan, bertahap, dan kunyahlah dengan sempurna untuk membantu pencernaan tubuh menyesuaikan diri setelah berpuasa seharian Jangan menyantap hidangan berbuka terlalu banyak, istirahatkan perut Anda setelah berbuka dengan menunaikan ibadah shalat terlebih dahulu baru kemudian menyantap hidangan utama [...]

Mimisan? Jangan Sembarangan Mendongak!

Mimisan? Jangan Sembarangan Mendongak!

Apakah Anda sering mimisan? Atau anak Anda sering mimisan? Apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasinya? Mimisan sering terjadi pada anak-anak karena pembuluh darah mereka masih rapuh. Pada orang dewasa, mimisan dapat terjadi akibat: � Trauma / cedera / terjatuh. � Mengorek-ngorek hidung, � bersin terlalu kencang, � menghirup udara yang kering seperti pada ruangan ber-AC, � Akibat cuaca panas, � Hipertensi dan masih banyak lagi. Mimisan yang terjadi pada anak sering terjadi akibat pecahnya pleksus Kiesselbach yang terdapat pada rongga hidung sebelah depan. Pada anak-anak pembuluh darah ini masih tipis dan rentan pecah. Mimisan akibat pecahnya pleksus Kiesselbach ini biasanya akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 5 menit pada anak tanpa penyakit kelainan darah. Pada anak dengan masalah pada faktor pembekuan darah tentu waktunya akan lebih lama. Hal yang bisa dilakukan jika terjadi mimisan: Pertolongan Pertama Pada Mimisan Hal yang bisa dilakukan jika terjadi mimisan: Janganlah panik. Segera dudukan pasien, jangan ditidurkan. Posisikan badan [...]

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama delapan jam atau lebih saat bekerja. Lamanya akan semakin bertambah jika di rumah Anda masih juga menatap komputer untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang lain. Duduk terlalu lama di komputer setiap hari bisa merugikan kesehatan. Mulai dari mata lelah, leher kaku hingga membuat postur tubuh bungkuk. Segera atasi dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari Cosmopolitan USA.1. Garis Halus di WajahSaat menatap komputer dalam waktu lama, secara tidak sadar Anda akan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata. Menurut dermatologist Dr. Boris Zaks, "Jika seseorang terlalu banyak memicingkan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, maka akan terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis."Solusi: Krim mata akan membantu membuat kulit di area mata lebih lembab dan elastis. Jika ingin mencoba cara alami, Dr. Boris menyarankan untuk menggunakan teh chamomile. Didihkan air dan teh chamomile, celupkan handuk ke teh, peras airnya dan gunakan handuk yang telah dibasahi untk mengompres kulit mata selama 10 menit. Lakukan seminggu dua kali.2. Lingkaran Gelap Bawah MataSemakin lelah bera [...]

GBS dan Polio: Penyebab Lumpuh Kaki pada Anak

GBS dan Polio: Penyebab Lumpuh Kaki pada Anak

GBS atau Guillain-Barr� syndrome dan penyakit polio sama-sama bisa membuat penderitanya menjadi lumpuh. Namun kedua penyakit ini disebabkan oleh dua hal yang berbeda. GBS dan polio adalah penyakit yang dapat menyerang anak-anak. Dua penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada kaki. Guillain-Barr� syndrome (GBS) Guillain-Barr� syndrome (GBS) atau sindrom Guillain-Barr� adalah gangguan langka pada sistem saraf. GBS membuat kerusakan saraf, otot melemah, dan mati rasa atau kesemutan di kaki, lengan, wajah, dan bagian tubuh lainnya. Kaki lemah dan kesemutan biasanya menjadi gejala awal GBS. Pada kebanyakan kasus, kelemahan otot terjadi secara khas, yaitu dimulai dari kaki dan kemudian menyebar ke tangan dan wajah. Penyebab pasti GBS belum diketahui namun para ahli berpendapat bahwa GBS terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang saraf. GBS sering didahului oleh penyakit menular, seperti infeksi pernapasan. Kebanyakan penderita GBS harus dirawat di rumah sakit guna mendapatkan perawatan. Penyakit langka ini dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. GBS belum dapat disembuhkan sepenuhnya, namun gejala dan la [...]

Mengenal penyakit Vertigo

Mengenal penyakit Vertigo

Vertigo atau yang disebut juga dizziness dan giddiness adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Vertigo bisa ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya. Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jiga berbaring diam, tetapi vertigo bisa berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali. Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya. Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanal semisirkularis di dalam telinga bagian dalam. Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Serta tidak [...]

Glue Ear Kronis Tidak Butuh Operasi Lagi

Glue Ear Kronis Tidak Butuh Operasi Lagi

Penderita kronis otitis media with effusion (OME) atau yang biasa disebut glue ear dapat merasa lega karena sudah ditemukannya cara pengobatan tanpa melalui ruang operasi seperti yang selama ini para dokter spesialis THT lakukan dengan memasangkan alat bantu pendengaran. Para peneliti dari Medical Research Council mengemukakan penemuan mereka akan persistensi obat kanker dalam meredakan gejala peradangan telinga pada tikus yang di publikasikan di PLoS Genetics, memberikan hasil memuaskan akan kemajuan pengobatan radang telinga khususnya penderita kronis OME. OME merupakan peradangan akibat menumpuknya lendir seperti lem pada bagian tengah telinga yang seharusnya dipenuhi oleh udara agar telinga dapat mendengar dengan jelas. Gangguan pendengaran ini umumnya dialami oleh anak-anak dikarenakan ukuran saluran telingamereka yang masih pendek dan kecil sehingga dengan mudah tertutupi oleh lendir. Sebagaimana dilansir oleh eHealthMD, dikatakan bahwa satu dari sepuluh anak didunia pasti akan mengalami gangguan ini, namun apabila tidak segera dilakukan penanganan yang tepat, OME dapat mengakibatkan munculnya masalah baru dan infeksi pada telinga anak sehingga mampu mengakibatkan hilangnya p [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *