5K for Smiles 2014, Lari untuk Bantu Pasien Bibir Sumbing

024285500_1410145168-IMG_5354.JPG

Acara lari pagi 5 kilometer digelar di Bandung Minggu pagi ini (7/9/2014). Ajang bertajuk 5K for Smiles 2014 ini untuk menggalang dana bagi pasien kurang mampu dengan kondisi celah bibir dan langit-langit yang tak sempurna.

Pihak Bedah Mulut Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, yang melakukan penggalangan dana dengan menggagas acara ‘Charity Run – 5K for Smiles 2014’.

Acara lari sepanjang 5 kilometer yang dimulai dari depan Gedung Balai Kota Bandung ini terselenggara berkat kerjasama Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung dengan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (FKG-UNPAD) dan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit-langit (YPPCBL) di bawah organisasi Persatuan Ahli Bedah Mulut Indonesia (PABMI).

“Melalui acara lari ini, kami ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Penggalangan dana ini sebagai wujud lain yang dapat kami berikan,” kata Ketua Umum Charity Run 5K for Smiles 2014, Seto Adiantoro, drg., Sp.BM di Bandung, Jawa Barat.

Setelah seluruh dana terkumpul, akan disumbangkan untuk seluruh pasien bibir sumbing di seluruh Indonesia, tidak hanya di Bandung. “Operasi celah bibir dan langit-langit dilakukan di seluruh Indonesia. Kalau nanti ada yang mau dioperasi RSHS pun tetap kami tangani,” kata Seto.

Acara ini berlangsung pada pukul 06:30 WIB. Setiap pelari, akan diberikan gelang berwarna biru sebagai penanda bahwa ia sudah melakukan lari sepanjang 5 kilometer.

Dari pantauan Health-Liputan6.com, pelari pertama yang berhasil mencapai garis finish memakan waktu selama 20 menit. Dan setiap pelari yang mencapai garis finish, akan dikalungkan oleh anak-anak yang berasal dari YPPCBL.

Menurut Seto, acara lari marathon ini berhasil menarik minat 1.000 pelari yang tidak hanya dari Bandung, melainkan dari kota lainnya seperti Bogor dan Jakarta. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000, secara tidak langsung para peserta telah ikut membantu terselenggaranya operasi celah bibir dan langit-langit tersebut.

Tidak hanya lari, pihak penyelenggara pun menggelar bazaar makanan yang terletak persis di samping garis finish dan area panggung musik serta hiburan. Pengisi acaranya pun beragam, mulai dari dancer yang berasal dari mahasiswa dan mahasiswi FKG UNPAD, sampai vokal grup yang beranggotakan sejumlah dokter anastesi.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kemkes Tolak RUU Pertembakauan

Kemkes Tolak RUU Pertembakauan

Pergulatan aturan mengenai tembakau sepertinya masih menjadi isu hangat di akhir pemerintahan SBY. Ketika dunia sedang heboh menandatangani perjanjian internasional Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Tembakau (FCTC), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) justru mengajukan Rangkaian Undang-undang Pertembakauan dengan dalih FCTC mengancam petani tembakau. Menanggapi hal tersebut, dengan tegas, Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Ditjen PP dan PL Kementerian Kesehatan RI Ekowati Rahajeng mengatakan, semua kementerian saat ini telah menyampaikan penolakan RUU Pertembakauan secara resmi melalui surat yang dilayangkan kepada Presiden SBY. "Semua Kementerian sepakat untuk menolak RUU Pertembakauan tersebut. Kami dari Kemenkes yang ditunjuk menjadi koordinatornya. Dari UU itu lebih banyak berbahaya bagi kesehatan masyarakat," kata Ekowati disela-sela acara FCTC versus RUU Pertembakauan di Hotel Gran Sahid, Jakarta, Selasa (26/8/2014). Di acara yang sama, Ketua Dewan Pembina Komisi Nasional Pengendalian Tembakau Dr. Kartono Mohammad juga mengaku heran dengan pengajuan RUU Pertembakauan yang kini telah diajukan pada Presiden SBY. Menurutnya, banyak yang janggal. "Dalam naskah RUU ter [...]

Ikut Paduan Suara Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ikut Paduan Suara Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Beruntungnya Anda yang ikut kelompok vokal atau paduan suara. Berbagai penelitian menunjukkan manfaat hebat bagi pikiran dan tubuh gara-gara aktif ikut kegiatan ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang aktif terlibat paduan suara terkait erat dengan tingginya hormon oksitosin yang dikeluaran oleh tubuh. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit, menurunkan stres hingga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dengan aktif mengikuti paduan suara tubuh Anda pun akan aktif digunakan. "Bernyanyi adalah aktivitas yang tak hanya menggunakan mulut, tapi seluruh tubuh mulai dari ujung kaki hingga hidung. Penyanyi diminta untuk menjaga otot tubuh dan bugas sehingga Anda bisa menghasilkan suara terbaik," ungka komposer dan direktur musik di Fairfax, Virginia, Amerika Serikat, Paul Nasto. Untuk bisa menghasilkan suara yang baik, kesehatan tubuh pun harus terjaga. "Merawat suara sama artinya dengan menjaga kesehatan tubuh. Misalnya di musim dingin, saya sarankan kepada para penyanyi untuk makan-makanan sehat, memakai topi dan syal di luar, menghindari rokok, istirahat, dan minum cukup," terang dokter THT dan direktur Chicago Institute for Voice Care, Steven Sims seperti dil [...]

3 Sebab Kenapa Manusia Tidur

3 Sebab Kenapa Manusia Tidur

Semua mahluk hidup membutuhkan tidur, termasuk manusia serta binatang dan tumbuhan yang kita sendiri tidak pernah tahu kapan mereka memejamkan mata. Meski dari sudut pandang evolusi tidur sangat berbahaya bagi kita karena rentan terserang sejumlah penyakit, namun sejumlah teori dari para ilmuwan telah menemukan mengapa kita bisa tertidur.Berikut sejumlah alasan mengapa kita bisa atau harus tidur seperti dikutip Health Me Up, Kamis (16/10/2014)1. Tidur memperbaiki metabolisme tubuhManusia menghabiskan dua pertiga dari hari-harinya menggunakan energi untuk dapat beraktivitas. Maka itu, tanpa disadari tubuh merasa lelah yang membuat kita kerap mengantuk. Tidur sangat diperlukan pemulihan setelah tubuh digunakan untuk beraktivitas seharian penuh, karena selama itu pula saraf pada otot dan tulang merasa lelah. 2. Tidur melindungi manusiaMenurut teori evolusi, tidur dapat melindungi kita dari bahaya. Logikanya, ketika manusia itu tertidur dengan sangat lelap, maka dia tidak akan berkeliaran di malam hari, dan aman dari segala macam ancaman.3. Tidur untuk meningkatkan konsentrasiSejumlah studi psikologi telah membuktikan bahwa tidur sangat diperlukan sebagai proses untuk menyerap apa y [...]

Kenapa Gigi Para Atlet Lebih Mudah Rusak?

Kenapa Gigi Para Atlet Lebih Mudah Rusak?

Menurut studi yang diterbitkan oleh The Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports menyatakan bahwa gigi atlet cenderung mudah rusak. Fakta ini ditemukan para ilmuwan ini menjalani tes terhadap kesehatan mulut dan air liur sejumlah atlet dan non atlet.Seperti dikutip Cosmopolitan pada Senin (13/10/2014), latihan fisik yang cenderung berat dan terus menerus menurunkan kadar air liur para atlet. Padahal air liur mengandung sejumlah enzim dan zat lain yang melindungi gusi dan gigi. Inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan gigi.Penulis utama studi yang juga dokter gigi senior di University Hospital Heidelberg Jerman, dr Cornelia Frese menyatakan tak tahu persis mengapa keasaman meningkat selama latihan. Kondisi ini masih diteliti lebih lanjut.Untuk mengurangi dampak buruk tersebut, dokter Frese mengatakan untuk pintar memilih pasta gigi berflouride dan membersihkan secara detil sela-sela gigi. [...]

Hepatitis C Bikin Penderita Makin Depresi

Hepatitis C Bikin Penderita Makin Depresi

Hepatitis C tidak hanya memengaruhi fisik tapi juga mengganggu kesehatan mental. Saat Anda mengetahui bahwa menderita penyakit ini bisa jadi, pikiran makin galau dan stres. Justru dalam kondisi ini, penyakit bisa makin parah. Seperti disampaikan seorang profesor kedokteran dan direktur klinis hepatologi di Duke University Medical Center di Durham, NC, Andrew J. Muir, MD, MHS bahwa orang yang mengalami hepatitis C cenderung memiliki peningkatan risiko masalah kesehatan mental. Begitu juga menurut asisten profesor kedokteran di Harvard Medical School di Boston, Camilla Graham, MD. Menurutnya secara psikologis, ada stigma yang menempel dalam pikiran seseorang yang didiagnosis hepatitis C. Akibatnya, orang dengan hepatitis C dapat terisolasi, dan membuka membuka jalan menuju depresi. Banyak dari mereka yang tertekan karena merasa dihakimi atau dijauhi oleh orang lain."Jika perasaan sedih menjadi luar biasa, mungkin sudah saatnya untuk mencari bantuan medis. Ini sangat penting untuk menangani masalah kesehatan mental, terutama depresi, karena mereka sangat berisiko apalagi perilaku tidak sehat dapat membuat kemajuan hepatitis C lebih cepat," kata Graham, seperti dikutip Everydayhealth [...]

Program Kependudukan Harus Jadi Pusat Perhatian

Program Kependudukan Harus Jadi Pusat Perhatian

Untuk memantapkan pelaksanaan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana (PKKB) di 2014, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Rapat Kerja Nasional di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.Acara yang dibuka oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), dr. HR. Agung Laksono ini dilaksanakan dua hari yaitu 12 sampai 13 Febuari 2014.Menurut Agung, Rakernas ini bertujuan sebagai dasar pemikiran menciptakan keberhasilan pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan MDGs."Ini sebagai bagian dari siklus perencanaan manajemen program KKBPK dan peletak dasar arah kebijakan dan kegiatan tahun ini serta masa yang akan datang. Hasilnya akan disinergikan dengan proses perencanaan pembangunan wilayah dan sektoral secara keseluruhan," kata Agung saat membuka acara, Rabu (11/2/2014).Kepala BKKBN Prof. dr. Fasli Jalal, SpGK PhD berharap dengan rakernas ini akan terwujudnya komitmen kebijakan dan strategis untuk memenuhi sasaran dan penguatan kebijakan-kebijakan dalam perumusan Rencana Strategis (Renstra) BKKBN 2015 - 2019. "Tahun 2014 merupakan tahun yang strategis, karena merupakan tahun terakhir pelaksanaan Rencana [...]

Bocah Penderita Thalassemia Butuh Bantuan

Bocah Penderita Thalassemia Butuh Bantuan

Seorang bocah usia sembilan tahun di Padang, Sumatera Barat menderita penyakit talasemia atau kerusakan sel darah merah. Perutnya buncit namun tubuhnya kurus karena kurang gizi. Anak janda miskin ini perlu bantuan untuk bertahan hidup dan memenuhi asupan gizi setiap hari.Perut Jefri Lingga Putra, bocah sembilan tahun di Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat ini terus membengkak. Perutnya membesar sejak usianya dua tahun, karena pembengkakan hati dan limpa. Jefri mengidap penyakit thalassemia, karena kelainan genetik yang diturunkan dari orangtuanya. Penderita penyakit ini, seumur hidup harus melakukan transfusi darah. Akibat sakitnya ini, jefri tidak bisa bersekolah seperti anak lainnya.Sayang, kemiskinan membuat Jefri juga menderita kurang gizi. Kini, Jefri hanya diasuh oleh ibunya karena sang ayah pergi meninggalkan mereka, begitu mendapati anaknya menderita penyakit thalassemia. Kini, mereka menumpang tinggal di rumah kerabat.Untuk bertahan hidup, Jefri harus mendapat transfusi darah dua minggu sekali. Besarnya biaya pengobatan, membuat ibunya terpaksa menitipkan adik Jefri yang berusia tujuh tahun, di panti asuhan. Sedangkan si bungsu berusia satu setengah tahun masih dipertahank [...]

Ben James Tiduri 200 Wanita yang Jadi Follower Twitternya

Ben James Tiduri 200 Wanita yang Jadi Follower Twitternya

Wajah tampan, tubuh atletis, dengan bulu tipis menghiasi dagu serta pipi membuat Ben James (25) begitu dikagumi para follower di jejaring media sosial Twitter. Di ranah maya ini, James bahkan memanfaatkan peluang ini dan sering merayu para followernya untuk diajaknya melakukan hubungan intim. Tak kurang dalam setahun James sudah mengklaim telah bercinta dengan lebih dari 200 wanita followernya. James mengklaim bahwa dua atau tiga followers perempuan, sering memintanya untuk berhubungan seksual, dan empat atau lima orang perempuan mengajaknya berkencan di mana saja pada satu waktu. James yang berasal dari Croydon, London Selatan, adalah seorang seleb-tweet yang terkenal dengan kicauan 'Quote this with your best selfie to show off your body'. Saat ini, James memiliki 74.000 followers. Dia mengatakan, kunci sukses untuk dapat mengajak followersnya berkencan hanya dengan bermuka tebal mengatakan apa yang ada di kepala, yang orang lain tidak berani melakukannya. Ben yang berkicau sekitar 20 tweet per hari, sering memosting kicauan lucu, nakal nan menggoda, sesuatu yang tegang, dan me-retweet ratusan kicauan yang ada di timeline-nya. "Lebih dari ratusan pesan yang berasal dari fol [...]

Seminggu Jelang Penerapan Peringatan Bergambar pada Bungkus Rokok

Seminggu Jelang Penerapan Peringatan Bergambar pada Bungkus Rokok

Tanggal 24 Juni 2014 diharapkan seluruh bungkus rokok yang beredar di Indonesia harus mencantumkan peringatan bergambar. Ini dilakukan agar para perokok remaja (pemula) tidak menjadi candu dan menghentikan kebiasaan tidak sehat itu. Jelang satu minggu penetapan itu, bagaimana sikap para produsen rokok?Dalam workshop bagi media dengan tema 'Tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2013', Dra Sri Utami Ekaningtyas, Apt, MM, mengatakan, BPOM dan Kemenkes memberikan batasan waktu bagi para produsen untuk membuat laporan wajib tentang kandungan Tar dan Nikotin yang terdapat di dalam rokok tersebut. Dan ini sudah berjalan sejak Januari 2014."Sebagian dari mereka dinilai taat. Setiap bulan, mereka mengirimkan semua yang kami minta, karena kami pun mengirimkan form yang harus diisi oleh mereka. Lalu, para produsen itu mengirimkan balik ke kita," kata Direktur Pengawasan Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif (NAFZA) Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia di The Park Lane Hotel Jakarta, Casablanca, Jakarta, Selasa (17/6/2014)Sejak ditetap Peraturan Pemerintah ini diundangkan, para produsen dinilai patuh dan kerap mengirimkan contoh [...]

Di Oregon, Plasenta Bayi Boleh Dimakan si Ibu

Di Oregon, Plasenta Bayi Boleh Dimakan si Ibu

Anggota parlemen di Oregon, Amerika Serikat mengeluarkan undang-undang yang sedikit aneh dengan mengizinkan wanita yang baru melahirkan membawa pulang plasentanya serta memakannya.Dengan aturan tersebut, kaum ibu di Oregon bisa meninggalkan rumah sakit dengan membawa bayi dan plasenta, yang melindungi bayinya selama 9 bulan.Seperti dikutip BussinessInsider, Rabu (15/1/2014), berbagai budaya telah lama menghormati organ yang tugas utamanya menyediakan makanan dan oksigen ke janin, sementara yang lain percaya bahwa plasenta harus dikuburkan dengan layak. Contohnya saja Navajo, salah satu suku asli di Amerika, yang mengubur plasenta sebagai seremonial."Bahkan banyak perempuan yang ingin membawa pulang plasenta untuk berbagai alasan budaya," kata Alissa Keny-Guyer, salah seorang penyokong RUU itu.Sementara beberapa ibu mungkin menyimpan plasenta untuk tradisi, dan ada yang ingin memakannya dengan praktik yang disebut dengan maternal placentophagy. Saat ini semakin banyak perempuan yang memakan plasenta sebagai suplemen gizi. Dalam sebuah wawancara tahun 2013 di Glamour Magazine, bintang Mad Man January Jones menyarankan ibu baru memakan plasenta untuk menghindari depresi postpartum.Jon [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *