6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

Main-Banner-Rubrik-Kulit-Sehat-4-Alasan-Pria-Juga-Memerlukan-Perawatan-Kulit.jpg

Krim untuk kulit? Bukannya itu hanya untuk urusan perempuan saja? Salah besar. Kebutuhan krim untuk kulit sejatinya dibutuhkan untuk seluruh anggota keluarga, dari anak, bahkan hingga pria dewasa, semua membutuhkan krim untuk kulit. Kok bisa? Berikut ini 6 alasan utama kenapa Anda perlu untuk senantiasa memiliki krim untuk kulit di rumah.

  1. Pertolongan Pertama Kulit Gatal karena Kulit Kering
    Kulit gatal paling sering dicetuskan oleh kondisi kulit yang kering. Kulit yang kering membutuhkan perawatan pelembab yang paling baik dan aman untuk kulit. Anda dapat memilih krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, Panthenol dan glycerol. Karena trio kandungan ini dapat aktif lebih baik menjaga kelembaban kulit Anda sepanjang hari.

    Glycerol membantu kelembaban kulit, didukung dengan Panthenol yang membantu penetrasi ke dalam lapisan kulit yang dalam, sehingga glycerol lebih awet menjaga kelembaban kulit. Eucerit adalah lanolin alkohol yang telah melalui proses pemurnian berkali-kali, yang membuatnya relative aman digunakan semua anggota keluarga.

  2. Penanganan Luka Bakar
    Luka bakar ringan dapat Anda atasi dengan penggunaan krim untuk kulit. Dari sundutan rokok, terpapar bara korek api, ataupun tidak sengaja tersengat gagang wajan penggorengan yang panas, dapat diatasi dengan penggunaan krim untuk kulit. Pastikan krim untuk kulit yang Anda gunakan memiliki kandungan Panthenol, dimana Panthenol membantu efek sensasi sejuk ke kulit yang membantu menenangkan stres pada kulit. Dengan demikian paparan kulit yang rusak ringan dapat dirasa lebih sejuk. Namun dengan catatan, luka bakar ringan yang dapat dibantu oleh krim untuk kulit bukanlah jenis luka bakar yang memiliki lesi (perlukaan) pada kulit.

  3. Stress Buster
    Krim untuk kulit untuk pelepas stres? Bagaimana bisa? Anda dapat menggunakan krim untuk kulit setelah mandi air hangat yang menenangkan. Balurkan krim untuk kulit Anda ke kulit kaki dibantu dengan pijatan lembut. Lakukan perlahan sehingga usapan yang Anda lakukan menjadi terapi pijatan yang menenangkan. Hindari krim atau lotion yang beraroma tajam. Pilihlah krim yang beraroma lembut. Dengan demikian aroma yang lembut dapat membantu menenangkan suasana relaksasi Anda. Jadi Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, stres Anda hilang, kulit kaki Anda mejadi lebih terawat dan terlihat lebih indah.

  4. Caressing
    Anda dapat menggunakan krim untuk kulit untuk menunjukan kasih sayang Anda. Baik terhadap anak maupun pasangan Anda. Usapkan krim untuk kulit dengan lembut dan perlahan ke kulit buah hati Anda. Anda dapat melakukan dengan rutin hal ini sambil menonton TV, ataupun ketika quality time bersama keluarga.

  5. Kecantikan Kulit
    Untuk kaum perempuan, guna mendapatkan kulit yang kencang dan halus, Anda dapat menggunakan krim untuk kulit secara rutin setelah mandi. Waktu yang ideal untuk memakaikan krim untuk kulit adalah setelah mandi, apalagi bagi Anda yang mandi dengan air panas atau air hangat. Suhu air yang tinggi memudahkan kulit menjadi kering kemudiannya, Anda dapat menjaga kelembabannya dengan memakaikan krim untuk kulit secara rutin.

  6. Kesehatan Kulit
    Bagi pria, jangan ragu untuk menggunakan krim untuk kulit. Moisturizer bukan saja hanya untuk kaum hawa. Anda dapat menggunakan krim untuk kulit setelah mandi guna menjaga kulit tetap terawat dan sehat. Pernahkah Anda menggaruk kulit dengan kuku dan Anda menemukan jejak putih-putih di kulit? Hal itu tidak akan terjadi jika Anda menjaga kelembaban kulit Anda dengan menggunakan krim untuk kulit secara rutin.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Tanda Awal Penuaan Bisa Dilihat pada Bagian Kulit Ini

Tanda Awal Penuaan Bisa Dilihat pada Bagian Kulit Ini

Pada umumnya, tanda penuaan muncul pertama kali pada akhir usia 30 tahun, atau awal usia 40 tahun. Namun beberapa faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, kurang tidur, merokok, diet tidak sehat, maupun faktor internal seperti genetik dapat mempercepat timbulnya tanda penuaan tersebut. (Baca: Inilah Penyebab Penuaan Kulit)Awalnya kulit akan terasa lebih kering, kemudian ketika Anda bercermin Anda mulai memperhatikan adanya garis-garis halus atau keriput yang tidak hilang sepanjang hari. Garis-garis halus tersebut dapat muncul di tempat yang berbeda pada setiap orang. Lalu, pada bagian manakah biasanya keriput akan muncul pertama kali?Umumnya, keriput akan muncul pertama kali pada bagian wajah yang lebih sering terpapar matahari. Misalnya ketika sedang di dalam mobil, wajah Anda sering terpapar sinar matahari di bagian kanan, maka keriput cenderung muncul lebih dulu pada daerah tersebut.Di daerah wajah, keriput tersebut sering muncul pada area yang terlibat pada ekspresi wajah, seperti pada: Dahi. Otot dahi banyak terlibat dalam berbagai ekspresi wajah, misalnya ketika berpikir. Untuk itu, hindari kebiasaan mengerutkan dahi ketika berpikir atau sedang tegang. Awalnya mungk [...]

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Kondisi kesehatan kulit sedikit banyak mencerminkan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit bukan anugerah dari langit semata, namun dapat dimiliki dengan beberapa cara, seperti menjalani beberapa kebiasaan ?kebiasaan sederhana sehat berikut ini : Perbanyaklah minum air. Dengan perbanyak minum air, kondisi tubuh akan jauh terhindar dari dehidrasi yang mengakibatkan hilangnya kelembapan kulit. Bersihkan wajah. Hal ini wajib dilakukan, bersihkanlah kulit wajah setidaknya dua kali dalam sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jika memungkinkan, lanjutkan dengan toner untuk mengangkat minyak, debu, kotoran dan make-up yang tertinggal. Kebersihan kulit menentukan Sesuaikan produk pelembab dengan jenis kulit. Jangan sembarang menggunakan pelembab, karena kondisi kulit anda menentukan khasiat akhir formulasi yang dimiliki pelembab itu sendiri. Hindari terik sinar matahari langsung ke kulit. Kulit jika terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan dramatis gangguan kulit seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat, bahkan kanker kulit. Penting juga memerhatikan kondisi kulit untuk menyesua [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Awas Penyakit Kulit Karena Sprei Kotor!

Oleh: dr. Salma Oktaria Mungkin terlihatnya masih bersih, walau sudah 3 pekan sprei Anda tidak dicuci. Tidak beraroma aneh, masih kelihatan tidak bernoda, masih nyaman. Tapi dibawah kemampuan penglihatan kita yang terbatas. Berkeliaranlah kutu dan tungau yang siap menyebabkan infeksi penyakit kulit pada Anda. Salah satu dari sekian banyak penyakit yang mudah muncul dari tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Jangan tunggu sampai baru muncul gejala-gejala skabies berikut ini: Gatal yang mengganggu pada malam hari Ditemukan bintil berupa lesi (perlukaan) khas berupa seperti jerawat kecil. Muncul bintil ini biasanya di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah. Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa. Akan semakin berisiko jika Anda melakukan sharing pakaian atau handuk dengan orang lain. Oleh karena itu jagalah tempat istirahat Anda dengan cara melakukan kiat-kiat sehat beriku [...]

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Steam Laundry Menurunkan Risiko Penyakit Kulit

Metode pencucian uap memberikan hasil cucian yang lebih bersih dan menurunkan paparan risiko penyakit kulit. Hal ini dikarenakan beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit lebih mudah tereliminasi dengan paparan uap sepanas 60 derajat Celcius. Beberapa bakteri pencetus alergi dan penyakit yang dapat tereliminasi dengan pencucian mesin cuci teknik penguapan: Skabies: Skabies adalah penyakit kulit yang ditandai dengan rasa gatal dan kemerahan. Penyakit ini disebabkan oleh tungau (mite) Sarcoptes scabei, yang termasuk dalam kelas Arachnida. Tungau ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop atau bersifat mikroskopis. Penyakit ini mudah menular dari manusia ke manusia, dalam hal ini melalui pemakaian handuk yang bersamaan. Terlebih lagi jika handuk yang digunakan kotor. Panu:Panu membuat kulit Anda belang-belang putih dan gatal. Penyakit jamur kulit ini adalah penyakit koronis yang ditandai oleh bercak putih sampai coklat yang bersisik. Penyakit yang disebabkan oleh malasezia furfur yang mudah tumbuh di handuk kotor. Patekan:Walau penyakit ini masih awam di kuping sebagian besar orang Indonesia, tapi sebetulnya angka kejadiann [...]

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit. Penyebab Tidak Langsung Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

Oleh: dr. Nadia Octavia Kehamilan adalah suatu proses alamiah yang sangat penuh dengan keindahan, dimana seorang menjadi wanita bertransisi menjadi sesosok ibu. Namun, seringkali proses kehamilan diikuti oleh perubahan fisik termasuk kulit diantaranya. Sebut saja seperti munculnya stretchmarks atau pun garis kehitaman di beberapa bagian tubuh. Bagi Anda yang menjelang masa kehamilan, tidak perlu khawatir. Sejatinya perubahan fisik yang ada dapat disikapi dengan memastikan beberapa asupan berikut ini untuk dipenuhi setiap harinya, antara lain; 1. Antioksidan Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, ataupun seafood. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, namun 2 diantaranya adalah: Vitamin C: berfungsi untuk membentuk kolagen, kekenyalan serta mengencangkan kulit. Dapat ditemui pada gandum, apel, jeruk dan kiwi. Upayakan asupannya hingga 75 mg per hari. Vitamin E: Melindungi membran sel dan nutrisi penting pada kulit dari paparan sinar UV. Dapat ditemui dari selai kacang dan almond. Upayakan asupannya hingga 15 [...]

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kulit gatal, kemerahan, sensitif, bersisik, dan berbintil-bintil? Keluhan-keluhan tersebut adalah keluhan-keluhan yang sering didapatkan penyakit eksim (dermatitis).Eksim (dermatitis) merupakan kondisi kulit yang biasanya terjadi karena alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Tampilannya dapat berbeda-beda. Pada anak-anak, kelainan kulit dapat basah dan gatal. Sedangkan, pada orang dewasa biasanya memberikan tampilan eksim kering pada kulit.Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung. Pada beberapa orang, makanan juga dapat menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini biasanya sifatnya individual, berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.Berikut beberapa hal yang membuat kondisi eksim semakin parah: [...]

Mengatasi Stretch Marks

Mengatasi Stretch Marks

Oleh: dr. Jessica Florencia Stretch Marks atau dalam istilah medis dikenal dengan striae, kerap menjadi suatu sumber kegelisahan tertentu bagi ibu hamil pada masa kehamilan. Bila stretch marks tidak terlalu luas, Ibu tidak perlu khawatir karena lama kelamaan akan menghilang dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, jika stretch marks pada Ibu hamil mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Ibu alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Ibu. Ketika menemui dokter, Ibu dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan penanganan apa yang paling tepat untuk membantu memperbaiki stretch marks Ibu. Dokter akan membantu Ibu untuk mempelajari beberapa pertimbangan seperti usia stretch marks, kelebihan dan kekurangan suatu metode penanganan dan perbandingan biaya.Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi: Krim tretinoinKrim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang [...]

7 Bahaya Kulit Kering

7 Bahaya Kulit Kering

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa lingkungan di sekitar kita seringkali membuat kulit kita menjadi kering. Lingkungan dengan kelembaban rendah, seperti ruangan berpendingin (ber-AC), daerah dataran tinggi, daerah sub-tropis, dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Belum lagi paparan asap rokok dan polusi udara juga menimbulkan masalah kulit kering.Seringkali di antara kita mengeluhkan kulit wajah berminyak sehingga kulit tampak ?kucel?. Lalu berbagai upaya dilakukan untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan kosmetik atau skin care yang berbahan dasar alkohol atau bahkan alkohol itu sendiri menyebabkan kulit kehilangan kelembabnya. Mencuci wajah berulang-ulang menggunakan sabun juga dapat membuat kulit menjadi kering.Tapi tahukah kamu bahwa terdapat bahaya yang mengintai jika kulit wajah dan tubuhmu kering? Berikut ini di halman selanjutnya beberapa masalah yang dapat timbul akibat kulit kering: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *