6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

6-Dosa-yang-Sering-Dilakukan-Ketika-Membersihkan-Wajah.jpg

Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika kita banyak terpapar polusi, kotoran, minyak dan keringat, serta make-up. Cara membersihkan kulit yang baik perlu mendapat perhatian. Ada kalanya cara membersihkan kulit yang tidak tepat dan berlebihan justru membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.

Terdapat beberapa kesalahan cara membersihkan wajah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dijumpai:

  1. Mencuci muka terlalu sering

Air merupakan bahan pembersih yang paling baik. Namun mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya akibat iritasi ringan yang terus menerus akibat kebiasaan mencuci muka yang terlalu sering.

  1. Menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa)

Hindari mencuci muka menggunakan sabun yang kuat dan bersifat basa karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab supaya kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal.

  1. Menggunakan sabun mengandung detergen

Deterjen memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menghilangkan minyak sehingga bagus sebagai bahan pembersih. Namun hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit karena menyebabkan rusaknya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya.

Berikut kebiasaan lainnya yang mungkin biasa Anda lakukan tanpa Anda sadari. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

  1. Menggunakan pembersih tanpa air secara berlebihan.

Pembersih tanpa air ini dirancang untuk menghilangkan minyak, sehingga jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Pembersih jenis ini sebaiknya digunakan sesekali saat menggunakan kosmetik ber ataua aktivitas yang menyebabkan penumpukan kotoran dan keringat serta minyak di wajah yang berlebih. Penggunanaanya juga sebaiknya dikombinasi dengan mencuci muka dengan air dan sabun yang mengandung pelembab.

  1. Menggunakan pembersih yang mengandung alkohol

Bahan pembersih seperti ini akan mudah sekali menyebabkan kulit menjadi kering. Alkohol merupakan bahan yang dapat menghilangkan minyak termasuk lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan iritasi pada kulit, akibatnya kulit dapat menjadi kering, merah, dan gatal.

  1. Mencuci muka menggunakan air terlalu panas

Air yang terlalu panas dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit menjadi merah. Selain itu juga dapat merusak lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan cara membersihkan wajah, semoga kita dapat menghindari kerusakan pada kulit akibat kulit kering. Demikiannya kulit kita akan semakin terjaga dan tampak sehat dan lembut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

Kita sering tidak menyadari bahwa beberapa kegiatan atau kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini: 1. Memasang Wajah Sedih Isi hati yang sedih direfleksikan oleh ekspresi wajah yang sedih pula ? dahi berkerut, bibir manyun, otot-otot wajah tegang. Selain mengatasi rasa sedih, ada satu cara instan untuk wajah Anda. Cobalah menggerakkan telinga ke belakang tanpa menyentuhnya. Anda tidak bisa mengkerutkan wajah sambil mencoba menggerakkan telinga ke belakang. Selain itu Anda dapat merasa terhibur. 2. Lupa Menggunakan Tabir Surya Sembilan puluh persen kerutan wajah disebabkan oleh pajanan matahari. Penggunaan tabir surya sangat penting dalam hal pencegahan penuaan wajah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya melindungi dari sinar UVA dan UVB (broad sprectum). Sinar UVB membakar kulit, sedangkan UVA menyebabkan kulit menjadi lebih gelap namun berkeriput. 3. Banyak Makan Makanan Manis Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. Gula ?menyerang? kolagen dan elastin yang diperl [...]

4 Makanan untuk Kulit Sehat

4 Makanan untuk Kulit Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit merupakan suatu organ pada tubuh yang penting. Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. - Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. - Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. - Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Cegah Komedo Timbul Kembali dengan Cara Ini!

Kita sering mendengar kata-kata komedo. Namun, apa sebenarnya komedo itu? Kulit memiliki pori-pori yang merupakan tempat keluarnya minyak dari kelenjar minyak (sebum). Ketika tubuh memproduksi minyak dan sel-sel kulit mati yang berlebihan, maka pori-pori kulit akan mudah tersumbat. Ditambah lagi dengan debu kotoran yang membuat kulit semakin tersumbat.Pori-pori yang tersumbat ini berarti tersumbatnya saluran keluar kelenjar minyak. Sumbatan inilah yang kemudian kita kenal sebagai komedo. Jika sumbatan tertutup oleh kulit, maka akan tampak seperti bintik putih dan disebut dengan komedo putih (whitehead). Jika komedo tidak tertutup lapisan kulit, maka akan tampak hitam sehingga disebut komedo hitam (blackhead).Jika terdapat bakteri di sekeliling komedo tersebut, maka dapat terjadi peradangan dan munculnya masalah kulit yang kita ketahui sebagai jerawat.Cara penanganan komedo yang paling baik adalah dengan ekstraksi komedo. Frekuensi ekstraksi komedo ini sebenarnya sangat bergantung pada kondisi kulit seseorang. DIrekomendasikan untuk dilakukan ekstraksi komedo satu kali dalam 2-4 minggu. Namun, terdapat rekomendasi terbaru dari sebuah penelitian yang menyarankan untuk melakukan ekstr [...]

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

Saat bulan puasa, kita menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Dari matahari terbit hingga terbenam kita tidak minum air agar puasa kita tidak batal. Tapi hati-hati. Alih-alih puasa lancar, tubuh kita bisa terkena dehidrasi yang membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Normalnya, kita akan kehilangan cairan tubuh antara 1000 ? 4500 ml/hari melalui keringat, BAB, atau buang air kecil. Makanya kita disarankan minum minimal 8 gelas per hari untuk menggantinya. Tapi ketika bulan puasa, kita harus menunggu waktu berbuka untuk minum air. Akibatnya, banyak orang mengalami dehidrasi ketika bulan puasa. Bagi kesehatan tubuh, hal ini dapat menyebabkan kita lemas, letih, mata berkunang-kunang, bahkan dapat jatuh pingsan. Begitu pula bagi kesehatan kulit. Karena kekurangan cairan untuk melembabkan, kulit akan kering, bersisik, bahkan hingga pecah-pecah karena dehidrasi. Nah, sebagai wanita, tentu kita perlu menjaga kulit tetap lembab dan segar berseri. Selama berpuasa pun, kulit bisa tetap tampil luar biasa dengan cara: Hindari suhu panas yang ekstremSalah satu penyebab kulit kering adalah suhu udara yang ekstrem. Pakailah pelindung kepala dan pakaian berlengan panjang ketika Anda [...]

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:1. AirSupaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.2. BuahSemua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh: Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang [...]

Cara Atasi Tumit Kering

Cara Atasi Tumit Kering

Setiap harinya kita menggunakan kaki untuk menjalankan aktivitas seperti berjalan atau bahkan berlari dengan menggunakan sepatu berhak tinggi. Tidak heran jika tumit yang kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Tidak hanya tumit kering membuat kaki Anda terlihat kurang bagus, namun juga dapat menyebabkan gatal, nyeri dan rasa terbakar, seperti pada kondisi seperti athlete's foot. Apa yang menyebabkan tumit saya kering?Seperti halnya pada bagian tubuh lain, xerosis atau kulit kering dapat terjadi karena kelembaban yang rendah, obat-obatan atau bahan-bahan tertentu pada sabun Anda.Kondisi medis tertentu seperti diabetes, psoriasis, penyakit tiroid, eksim dan athlete's foot juga dapat menyebabkan tumit kering dan pecah-pecah. Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Bagaimana mengatasi tumit yang kering dan pecah-pecah? Untuk mengatasi tumit yang kering dan kasar, Anda dapa [...]

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Inilah yang dapat mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh. Yang lebih menyebalkan: kulit wajah Anda ikut terkena dampaknya. Seperti diketahui, kortisol memicu peradangan yang dapat memecah kolagen ? protein yang membantu kulit tetap elastis, kencang dan bebas keriput. Tapi Anda tak perlu cemas. Anda masih bisa melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengekang tingkat stres dan melindungi kulit. Bagaimana caranya? Berikut ini 8 cara efektif untuk menurunkan kortisol dan mempertahankan kecantikan kulit:1. Minum teh hitamPenelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam. Kandungan kimia alaminya seperti polifenol dan flavonoid dipercaya ampuh untuk efek menenangkan.2. Pergi ke tempat-tempat hijauLewatkanlah waktu untuk pergi tempat-tempat hijau seperti taman. Lakukan yoga atau rapat kantor di area terbuka ketimbang ruang konferensi yang kaku dan minimalis.3. Mendengarkan musikDi Japan?s Osaka Medical Ce [...]

5 Tipe Kulit yang Harus Anda Ketahui

5 Tipe Kulit yang Harus Anda Ketahui

Tidak sulit dibayangkan, untuk mendapatkan kulit sehat dan indah sebenarnya mudah. Hal yang pertama kali harus diketahui adalah apa jenis kulit Anda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui perawatan dan produk kecantikan apa yang cocok dan tepat untuk Anda. Pada dasarnya, tipe kulit tergantung dari beberapa faktor seperti kandungan air di kulit yang mempengaruhi kenyamanan dan keelastisan kulit, kandungan minyak yang berpengaruh pada kelembutan kulit, serta tingkat sensitivitas kulit. Secara umum, tipe kulit dibagi 5, yaitu normal, berminyak, kering, sensitif, dan kombinasi. Seiring dengan waktu, tipe kulit Anda dapat berubah. Misalnya, ketika remaja, Anda bertipe kulit berminyak tapi ketika Anda sudah dewasa menjadi tipe kulit normal. Berikut ini tips kecantikan yang bisa Anda ketahui dan praktikan perawatannya sesuai jenis/tipe kulit: Kulit Tipe NormalKulit tipe normal memiliki karakteristik tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Ciri-cirinya: � Pori-pori tidak terlihat besar. � Tidak terlalu sensitif � Secara keseluruhan, kulit normal terlihat halus Untuk merawat kulit jenis normal, gunakanlah pe [...]

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut di antaranya:1. Hindari Makanan Rendah LemakMakanan berlemak dan makanan yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Konsumsilah makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Pilih yoghurt tanpa lemak ketimbang yoghurt manis yang ditambahi susu. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng.Berikut menu makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak: Makanan Lainnya Pencegah Kulit Berminyak [...]

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Mencegah Ruam Kulit Pada Bayi

Oleh: dr. Jessica Florencia Ruam kulit pada bayi menyebabkan bayi Anda lebih rewel. Belum lagi menyedihkan hati rasanya jika melihat sang buah hati tak berdaya menderita karena gatal-gatal akibat ruam kulit yang di deritanya. Ada beberapa faktor pencetus dan penyebab dari munculnya ruam kulit pada bayi. Antara lain: Popok yang jarang digantiPenyebab paling sering adalah ruam popok. Anda dapat mengantisipasinya dengan lebih sering mengganti popok pada bayi Anda. Dengan demikian kebersihannya terjaga dengan baik dari risiko paparan kotoran-kotoran pencetus ruam pada kulit. Alergi popok atau bahan pakaian lainnyaHindari pemakaian bahan pakaian dari serat sintetis atau wol. Gunakanlah bahan katun alami yang sekiranya lebih nyaman dikenakan bayi Anda. Perhatikan juga jenis popok yang Anda pakaikan pada si kecil. Pilihlah jenis popok yang tidak mengandung bahan pewangi yang dapat mencetuskan alergi. Ukuran popok atau pakaian yang terlalu kecil dan ketatPakaian yang terlalu ketat dapat menimbulkan iritasi dan perlukaan (lecet) pada kulit bayi. Anda dapat menyesuaikan kembali ukuran pakaian yang sepantasnya. Penggunaan produk kulit bayi yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *