6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

6-Dosa-yang-Sering-Dilakukan-Ketika-Membersihkan-Wajah.jpg

Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika kita banyak terpapar polusi, kotoran, minyak dan keringat, serta make-up. Cara membersihkan kulit yang baik perlu mendapat perhatian. Ada kalanya cara membersihkan kulit yang tidak tepat dan berlebihan justru membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.

Terdapat beberapa kesalahan cara membersihkan wajah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dijumpai:

  1. Mencuci muka terlalu sering

Air merupakan bahan pembersih yang paling baik. Namun mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya akibat iritasi ringan yang terus menerus akibat kebiasaan mencuci muka yang terlalu sering.

  1. Menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa)

Hindari mencuci muka menggunakan sabun yang kuat dan bersifat basa karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab supaya kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal.

  1. Menggunakan sabun mengandung detergen

Deterjen memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menghilangkan minyak sehingga bagus sebagai bahan pembersih. Namun hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit karena menyebabkan rusaknya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya.

Berikut kebiasaan lainnya yang mungkin biasa Anda lakukan tanpa Anda sadari. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

  1. Menggunakan pembersih tanpa air secara berlebihan.

Pembersih tanpa air ini dirancang untuk menghilangkan minyak, sehingga jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Pembersih jenis ini sebaiknya digunakan sesekali saat menggunakan kosmetik ber ataua aktivitas yang menyebabkan penumpukan kotoran dan keringat serta minyak di wajah yang berlebih. Penggunanaanya juga sebaiknya dikombinasi dengan mencuci muka dengan air dan sabun yang mengandung pelembab.

  1. Menggunakan pembersih yang mengandung alkohol

Bahan pembersih seperti ini akan mudah sekali menyebabkan kulit menjadi kering. Alkohol merupakan bahan yang dapat menghilangkan minyak termasuk lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan iritasi pada kulit, akibatnya kulit dapat menjadi kering, merah, dan gatal.

  1. Mencuci muka menggunakan air terlalu panas

Air yang terlalu panas dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit menjadi merah. Selain itu juga dapat merusak lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan cara membersihkan wajah, semoga kita dapat menghindari kerusakan pada kulit akibat kulit kering. Demikiannya kulit kita akan semakin terjaga dan tampak sehat dan lembut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Jenis Kulit Apakah Anda?

Jenis Kulit Apakah Anda?

Untuk dapat menentukan perawatan kulit yang tepat, terlebih dahulu kita harus mengenali dengan baik jenis kulit yang dimilki. Karena pada prinsipnya, setiap jenis kulit akan berbeda teknik perawatannya. Pada dasarnya, terdapat 3 klasifikasi jenis kulit pada manusia, ketiga tipe dasar kulit adalah kering, berminyak, dan kombinasi. 1. Kulit BerminyakKulit berminyak memiliki ciri-ciri khusus, yakni mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ?menangkap? kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibangdingkan jenis kulit kering. Tak ayal, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit. Perawatan Kulit Berminyak: Sesungguhnya kendala ini mudah diatasi dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mene [...]

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode

Pada umumnya, terdapat 5 tahap perawatan khusus pada wajah berdasarkan metode perawatannya, yakni: 1. Pembersihan (Cleansing)Kegunaan : - Untuk membersihkan kotoran, debu, sekresi lemak dan sisa-sisa tata rias. - Menjaga kebersihan kulit wajah agar senantiasa muda dan segar. - Pembersihan make-up mata untuk membersihkan kotoran dari sisa make-up mata dapat terangkat dengan baik. - Pembersihan make-up bibir untuk mengangkat sisa lipstick pada bibir. - Pembersihan dengan sabun dapat membersihkan wajah lebih mendalam dan untuk mencegah tumbuhnya bibit penyakit. - Membersihkan area kulit lainnya, bisa dilakukan dengan mandi dengan air yang mengalir dan bersih. Pastikan Anda menggunakan pembersih yang tepat bagi kulit Anda.2. Penyegaran (Fresher/ Toner)Kegunaan : - Untuk menyegarkan dan menormalkan kembali kulit wajah. - Meringkas pori-pori, terutama untuk kulit bermasalah. - Menghilangkan sisa pembersih. 3. Pengelupasan (Peeling)Kegunaan : - Mengangkat sel-sel kulit ari yang telah mati. - Merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. - Menjadikan kulit halus dan lembut. 4. Pengurutan (Massage)Kegunaan : - Membantu melancarkan peredaran darah. - Menyehatkan metabolisme di bawah k [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Mengatasi Stretch Marks

Mengatasi Stretch Marks

Oleh: dr. Jessica Florencia Stretch Marks atau dalam istilah medis dikenal dengan striae, kerap menjadi suatu sumber kegelisahan tertentu bagi ibu hamil pada masa kehamilan. Bila stretch marks tidak terlalu luas, Ibu tidak perlu khawatir karena lama kelamaan akan menghilang dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, jika stretch marks pada Ibu hamil mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Ibu alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Ibu. Ketika menemui dokter, Ibu dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan penanganan apa yang paling tepat untuk membantu memperbaiki stretch marks Ibu. Dokter akan membantu Ibu untuk mempelajari beberapa pertimbangan seperti usia stretch marks, kelebihan dan kekurangan suatu metode penanganan dan perbandingan biaya.Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi: Krim tretinoinKrim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang [...]

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Kulit menjadi kering ketika tidak mampu mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini dapat terjadi akibat proses penuaan, terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang tidak tepat, iklim yang dingin, atau akibat adanya masalah medis tertentu.Agar kulit yang kering senantiasa lembap dan bebas masalah, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk kecantikan atau mengubah pola hidup. Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh sehingga sel kulit dapat memperbaiki diri, mempertahankan kelembapannya, serta membentengi diri dari berbagai masalah.Langkah berikut dapat Anda lakukan sehari-hari agar kulit tetap lembap dan bebas masalah:1. Minum air.Air mudah ditemukan di sekitar Anda. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Sisa metabolisme sel kulit akan lebih mudah keluar bila konsumsi air mencukupi. Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, berkilau, dan lembap.2. Konsumsi buah dan sayuran segar.Sama seperti air, buah dan sayuran selalu te [...]

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Sejak dulu madu sudah digunakan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Ingatkah kisah Cleopatra yang konon mencelupkan madu ke dalam bak mandinya agar tetap awet muda? Betul, konon tidak hanya susu yang biasa dijadikan bahan mandinya, tapi juga madu. Bahkan madu sudah dipakai sebagai obat luka pada abad ke-1 setelah masehi.Diyakini kebiasaan merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi Yunani. Kemudian bagaimanakah kehadiran madu dewasa ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Apakah terbukti oleh ilmu pengetahuan modern dapat memberikan khasiat yang diyakini selama ini? Belum lagi dengan sederetan khasiatnya yang beraneka ragam, apakah benar madu memang seistimewa itu? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini: Khasiat Madu untuk Kulit Wajah 1. Melembapkan Kulit Senyawa humektan dalam madu mampu merawat kulit yang kerin [...]

Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

Sekarang ini, banyak sekali produk perawatan kulit yang hadir. Kalau diperhatikan, semuanya menawarkan kelebihan yang mirip, yaitu menjaga kesehatan kulit. Tapi kalau semua sama, bagaimana caranya memilih produk mana yang sesuai untuk kulit Anda?. Di sini, Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Kita perlu mengetahui dengan jelas apa kandungan yang ada pada produk perawatan kulit. Terkait dengan hal tersebut hal yang Aulia dan Klikdokter sepakat, setidaknya ada 2 hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit, diantaranya adalah: 1. Perhatikan Dahulu Jenis Kulit Anda Pertama kali harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit adalah jenis kulit Anda. Ada 3 fakta yang kita harus ketahui tentang tipe kulit: Tipe kulit kulit dapat berbeda. Tipe kulit dapat berbeda-beda bergantung dari berbagai faktor seperti: genetik, cuaca, hormonal, dsb. Cermati sekali lagi jenis kulit Anda. Keadaan kulit wajah yang kita lihat sesaat belum tentu menggambarkan tipe kulit yang sesungguhnya. Jika perlu, cari pendapat dokter. Menentukan jenis kulit adalah langkah terpenting dalam perawatan kulit. Oleh karen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *