6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

6-Dosa-yang-Sering-Dilakukan-Ketika-Membersihkan-Wajah.jpg

Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika kita banyak terpapar polusi, kotoran, minyak dan keringat, serta make-up. Cara membersihkan kulit yang baik perlu mendapat perhatian. Ada kalanya cara membersihkan kulit yang tidak tepat dan berlebihan justru membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.

Terdapat beberapa kesalahan cara membersihkan wajah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dijumpai:

  1. Mencuci muka terlalu sering

Air merupakan bahan pembersih yang paling baik. Namun mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya akibat iritasi ringan yang terus menerus akibat kebiasaan mencuci muka yang terlalu sering.

  1. Menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa)

Hindari mencuci muka menggunakan sabun yang kuat dan bersifat basa karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab supaya kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal.

  1. Menggunakan sabun mengandung detergen

Deterjen memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk menghilangkan minyak sehingga bagus sebagai bahan pembersih. Namun hal ini tidak baik untuk kesehatan kulit karena menyebabkan rusaknya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya.

Berikut kebiasaan lainnya yang mungkin biasa Anda lakukan tanpa Anda sadari. Selengkapnya di halaman selanjutnya.

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

  1. Menggunakan pembersih tanpa air secara berlebihan.

Pembersih tanpa air ini dirancang untuk menghilangkan minyak, sehingga jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan hilangnya lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Pembersih jenis ini sebaiknya digunakan sesekali saat menggunakan kosmetik ber ataua aktivitas yang menyebabkan penumpukan kotoran dan keringat serta minyak di wajah yang berlebih. Penggunanaanya juga sebaiknya dikombinasi dengan mencuci muka dengan air dan sabun yang mengandung pelembab.

  1. Menggunakan pembersih yang mengandung alkohol

Bahan pembersih seperti ini akan mudah sekali menyebabkan kulit menjadi kering. Alkohol merupakan bahan yang dapat menghilangkan minyak termasuk lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan iritasi pada kulit, akibatnya kulit dapat menjadi kering, merah, dan gatal.

  1. Mencuci muka menggunakan air terlalu panas

Air yang terlalu panas dapat menyebabkan peradangan pada kulit sehingga kulit menjadi merah. Selain itu juga dapat merusak lapisan minyak alami kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Dengan mengetahui beberapa kesalahan cara membersihkan wajah, semoga kita dapat menghindari kerusakan pada kulit akibat kulit kering. Demikiannya kulit kita akan semakin terjaga dan tampak sehat dan lembut.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Makanan untuk Atasi Kulit Kering

5 Makanan untuk Atasi Kulit Kering

Kulit kering sering terdapat pada orang dewasa dan lanjut usia. Penyebabnya adalah akibat ketidakseimbangan sekresi sebum. Ciri-ciri kulit kering antara lain: Bagian tengah muka normal, Di sekitar pipi dan dahi kering, tidak lembab dan tidak berminyak. Kulit terlihat sedikit kasar, namun halus karena kering jika diraba, Dirasa seperti rasa tipis, dan rapuh. Kulit kering cepat menjadi tua karena kelenjar lemak tidak berfungsi dengan baik. Untuk membuat kulit kering terhidrasi, ada baiknya Anda tidak hanya melakukan perawatan dari luar tetapi juga dari dalam, yakni dengan mengonsumsi 5 makanan sehat yang dijelaskan pada halaman berikut ini: Makanan untuk Membantu Atasi Kulit Kering 1. SeledriSeledri mengandung silica, bahan yang dapat meningkatkan kelembaban sekaligus elastisitas. Campurkan seledri dalam salad untuk sarapan agar kulit tetap lentur. 2. MentimunSeperti seledri, mentimun juga mengand [...]

Mengatasi Stretch Marks

Mengatasi Stretch Marks

Oleh: dr. Jessica Florencia Stretch Marks atau dalam istilah medis dikenal dengan striae, kerap menjadi suatu sumber kegelisahan tertentu bagi ibu hamil pada masa kehamilan. Bila stretch marks tidak terlalu luas, Ibu tidak perlu khawatir karena lama kelamaan akan menghilang dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun, jika stretch marks pada Ibu hamil mengenai bagian tubuh cukup luas maka sebaiknya Ibu mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah stretch marks yang Ibu alami merupakan kondisi yang normal terjadi atau diperlukan pemeriksaan hormon untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan lain yang mendasari stretch marks Ibu. Ketika menemui dokter, Ibu dapat mendiskusikan dengan dokter pilihan penanganan apa yang paling tepat untuk membantu memperbaiki stretch marks Ibu. Dokter akan membantu Ibu untuk mempelajari beberapa pertimbangan seperti usia stretch marks, kelebihan dan kekurangan suatu metode penanganan dan perbandingan biaya.Pilihan-pilihan penanganan stretch marks saat ini meliputi: Krim tretinoinKrim tretinoin memperbaiki stretch marks dengan meningkatkan pembentukan kolagen dan dapat membantu memperbaiki stretch marks yang [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt

Yoghurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu yang difermentasikan oleh bakteri asam laktat. Selain mempunyai rasa yang unik, yoghurt juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bakteri yang terdapat di dalam yoghurt yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt biasanya ditambahkan Lactobacillus acidophilus, agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan.Beberapa keutamaan dari yoghurt, di antaranya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit (patogen), meningkatkan sistem imun, dan mengurangi kolesterol pada darah. Di balik itu semua, ketika dioleskan pada kulit, yoghurt juga memiliki manfaat yang tak kalah luasnya. Bahkan yoghurt mulai banyak digunakan sebagai masker wajah.Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehatan kulit? Simak penjelasannya di halaman berikut ini: Ingin Kulit Mulus? Coba Masker Yoghurt Namun, seberapa efektifkah yoghurt untuk kesehata [...]

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Dewasa ini sangat banyak pihan yang ditawarkan oleh produsen kosmetik untuk memperjaya pilihan usaha memperindah kulit kita.Tidak sedikit pula yang menawarkan janji-janji menggiurkan dari yang menawarkan wajah putih instan dalam hitungan waktu mingguan hingga yang kosmetik yang mampu membuat wajah tetap awet muda.Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, tidak sedikit produk kosmetik yang beredar dipasaran belum tentu melengkapi kebutuhan jaminan keamanan kesehatan bagi kulit anda. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Kiat Aman Kosmetik Berbahaya Selama Kehamilan Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Teliti sebelum membeli. Pastikan merek kosmetik pilihan anda terdaftar oleh Dinas Kesehatan RI dan BPOM RI. Sesuaikan kebutuhan kosmetik dengan jenis kulit anda. Penting juga untuk menyesuaikan merk produk yang sesu [...]

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Pada saat memasuki usia 20 sampai 30 tahun, Anda mungkin akan mulai memperhatikan adanya tanda-tanda penuaan yang muncul pada wajah. Tanda yang muncul dapat berupa kulit kusam, garis halus atau keriput di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, dan hiperpigmentasi (flek hitam). Tanda-tanda penuaan tersebut akan semakin jelas seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang mempengaruhi progresifitas proses penuaan pada manusia, seperti diet, pola hidup, merokok, stres, paparan sinar ultraviolet (UV), dan lain-lain.Berikut ini adalah cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan yang muncul di daerah wajah: Crow?s feet Merupakan galis halus/kerutan yang muncul di sekitar mata, terutama saat tersenyum. Gunakan eye cream dengan kandungan pelembab yang tinggi, oleskan pada area mata setiap hari. Jika Anda menginginkan hasil yang cepat dan mencegah pembentukan garis keriput baru, dokter spesialis kulit atau bedah plastik dapat memberikan injeksi botox atau disport pada are tersebut. Kantung mata Seiring bertambahnya usia, area bawah mata akan menjadi hitam dan kendur. Makeup dapat menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata. Filler hyaluronic ac [...]

Kulit Kering, Hindari Pakai Wol!

Kulit Kering, Hindari Pakai Wol!

Wol memang nyaman untuk dieknakan ketika cuaca dingin. Namun jika Anda memiliki karakter kulit kering, hindarilah mengenakan pakaian berbahan wol. Karena teksturnya yang cenderung kasar ke kulit, menyebabkan wol berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Terlebih jika karakter kulit kering dimana iritasi sangat mudah bisa terjadi. Tidak hanya pakaian berbahan wol, pakaian yang dibuat dari bahan wol dan katun sintetis serta lainnya juga berpotensi menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Kulit yang kering sebaiknya mengenakan pakaian berbahan katun alami dan nyaman dikenakan. Namun jika Anda terlanjur jatuh cinta pada sweater wol yang baru saja Anda terlanjur beli, Anda bisa mengkiatkan dengan mengenakan pakaian tipis yang terbuat dari katun alami sebagai sandang lapisan pertama yang kontak dengan kulit Anda. Hal lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk urusan pakaian dengan kulit kering adalah kebersihan pakaian yang Anda kenakan. Hindari mengenakan pakaian yang berulang kali Anda pakai hingga menjadi jarang dicuci. Karena dengan menjaga kebersihan pakaian, kulit kering yang mudah teriritasi jauh dari risiko terpapar infeksi lebih lanjut. Kulit kering yang teriritasi sangat mudah [...]

Cantik Sehat dan Alami

Cantik Sehat dan Alami

Kecantikan sesungguhnya adalah ketika seseorang tetap terlihat menarik walau tanpa polesan perias wajah sedikit pun. Walau penilaian cantik adalah hak relatif setiap individu, yang membedakan adalah bagaimana tampil awet muda lebih lama. Kecantikan akan memudar seiring dengan waktu. Persepsi ini salah besar. Mamang benar adanya proses penuaan merupakan proses yang tidak mungkin dihindari, namun yang masih bisa dilakukan seorang manusia dalam menghadapi proses penuaan ialah menunda proses penuaan pada tubuh lebih lama. Pemakaian kosmetik dan dandanan pakaian tidak banyak membantu menghilangkan kerutan wajah yang timbul lebih dini. Tanpa disadari, cara paling sehat dalam usaha cantik awet muda lebih lama tanpa kosmetik ada didepan mata kita dan sangat mudah sekali dilakukan, berikut beberapa kiatnya: 1. Makanlah Secukupnya. Dari jaman dahulu sama sekali tidak ada pakem khusus yang menyatakan resmi jadwal makan wajib manusia adalah tiga kali sehari. Selama ini kita banyak dipengaruhi primordialisme yang turun temurun dari leluhur manusia sejak dahulu. Makanlah secukupnya ketika lapar, jangan berlebihan. Pola makan kekenyangan (baca: berlebihan) hanya menimbulkan masalah kesehatan lanj [...]

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

Curcuma longa atau yang lebih dikenal sebagai kunyit, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India dan daerah tropis lainnya di Asia. Di Indonesia, kunyit telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas baik di perkotaan maupun di pedesaan, misalnya untuk resep masakan. Beberapa orang juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.Kurkumin, senyawa utama yang terkandung dalam kunyit, diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit, sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan kunyit bagi kulit: 3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit 1. Mengobati KudisKudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, yang ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.Untuk mengobati kudis, ini caranya: sediakan rimpang kunyit [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *