6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6-Jenis-Asupan-untuk-Kulit-Awet-Muda.jpg

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.

Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.

Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:

1. Air

Supaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.

2. Buah

Semua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh:

  • Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang penting bagi sel kulit.
  • Golongan beri (strawberi, bluberi, dll) kaya akan vitamin C dan vitamin A. Seperti halnya pada buah buah golongan sitrus, pepaya, kiwi, atau apel.

Vitamin C berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dengan cara memperbaiki kerusakan jaringan kolagen dan elastin kulit, sehingga kulit tetap kenyal. Sementara vitamin A berperan penting dalam regenerasi sel kulit lama dengan yang baru.

Berikut asupan lainnya yang dapat membantu kulit awet muda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

3. Sayur

Untuk mempermudah Anda, pastikan menu Anda sehari-hari mengandung sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Warna merah seperti pada tomat dan bit. Hijau seperti bayam, kale, ginseng, bok choy, dan brokoli. Kuning seperti pada paprika, atau oranye seperti pada wortel. Semakin gelap atau cerah warna sayur tersebut, semakin banyak vitamin dan mineral yang terkandung.

4. Rempah-rempah

Rempah amat sering digunakan di Indonesia. Selain memperkaya rasa makanan, beberapa contoh rempah seperti kunyit dan cengkeh juga mengandung antioksidan. Kayu manis dan pala diketahui mengandung senyawa antiperadangan, antibakteri, dan dapat memperbaiki sirkulasi darah. Jinten juga mengandung vitamin E dan efek antibakteri untuk menghambat pembentukan jerawat.

5. Protein

Pertama, protein dari hewan yang hidup di air. Ikan seperti kakap, tuna, salmon, sarden; udang; kepiting; tiram; tinggi akan selenium. Mineral selenium membantu melindungi kulit dari zat radikal bebas. Zat radikal bebas berperan dalam proses penuaan, kerusakan jaringan, dan penyakit. Salmon juga kaya akan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6. Namun, pilihlah produk yang segar dan bebas pengawet.

Kedua, protein dari unggas. Daging unggas kaya akan coenzyme Q10 yang menghambat zat radikal bebas. Secara alami, tubuh menghasilkan jenis antioksidan ini, namun seiring pertambahan usia, produksinya semakin menurun.

6. Minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan

Minyak canola (bunga matahari), zaitun, kemudian golongan biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam emak esensial omega-3 dan omega-6 yang membantu mengembalikan minyak alami pelindung kulit agar kulit tetap kenyal dan lembap. Contoh kacang-kacangan antara lain kacang almond, kenari, hingga kedelai yang mudah ditemukan dalam bentuk tempe atau susu kedelai.

Variasikan menu makanan Anda dengan bahan-bahan di atas dalam takaran secukupnya. Selain memberikan nutrisi dari dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit wajah dan menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya untuk hasil yang optimal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

6 Dosa yang Sering Dilakukan Ketika Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan kulit merupakan hal yang sangat penting. Terlebih lagi jika kita banyak terpapar polusi, kotoran, minyak dan keringat, serta make-up. Cara membersihkan kulit yang baik perlu mendapat perhatian. Ada kalanya cara membersihkan kulit yang tidak tepat dan berlebihan justru membuat kulit menjadi kering dan tidak sehat.Terdapat beberapa kesalahan cara membersihkan wajah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dijumpai: Mencuci muka terlalu sering Air merupakan bahan pembersih yang paling baik. Namun mencuci muka terlalu sering kurang baik untuk kesehatan kulit. Kulit yang terlalu sering dicuci justru akan kehilangan kelembabannya akibat iritasi ringan yang terus menerus akibat kebiasaan mencuci muka yang terlalu sering. Menggunakan sabun alkali tinggi (pH basa) Hindari mencuci muka menggunakan sabun yang kuat dan bersifat basa karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Gunakanlah sabun yang mengandung pelembab supaya kulit menjadi bersih dan tetap terjaga kelembabannya. Kulit yang lembab akan tampak lebih halus, terasa lembut dan kenyal. Menggunakan sabun mengandung detergen Deterjen memiliki kemampuan yang sangat t [...]

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

Tanpa kita sadari, cuaca panas terik yang menyengat atau cuaca dingin dengan kelembapan rendah dapat membuat kulit menjadi kering, retak, gatal, dan kusam. Jika dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat maka dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut, muncul bercak kehitaman, dan lebih cepat menua.Untuk mencegah kerusakan kulit, jangan lupakan 3 langkah sederhana untuk memastikan kulit kita tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti apapun. Mandi Saat panas berlebih, mandi diperlukan untuk membersihkan kotoran kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit. Pada saat cuaca dingin ekstrem, mandi diperlukan untuk membantu kelembapan kulit.Untuk itu, mandi merupakan elemen yang sangat penting. Jangan lupa untuk menghindari air yang terlalu panas pada saat cuaca dingin berlebih, dan menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar kulit dapat bertahan menghadapi cuaca ekstrem, yang dapat mengikis kelembapan kulit. Minum Air minum penting untuk hidrasi kulit. Saat cuaca dingin maupun panas berlebih, air minum akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Pastikan asupan air minum sebanyak 1,5-2 L tetap terpenuhi dalam sehari. Minimalis Gesekan pakaian, bahan kimia [...]

Masker Wajah

Masker Wajah

Pemakaian masker pada wajah memberikan manfaat tersendiri pada wajah bagi kesehatan kulit. Kulit yang sehat merupakan representatif dari kulit yang cantik. Manfaat masker wajah itu sendiri pada kulit wajah adalah untuk menyegarkan, memperbaiki serta mengencangkan kulit wajah. Disamping melancarkan peredaran darah, merangsang kembali kegiatan sel-sel kulit dalam hal ini proses regenerasi sel serta mengangkat sel tanduk yang telah mati. Hal inilah yang membuat masker merupakan sarana pembersih wajah yang paling efektif. Ada baiknya, pemakaian masker dilakukan secara berkala dengan interval waktu tertentu. Bentuk masker wajah dapat berupa bubuk, cair transparan, serta bentuk lainnya. Apapun bentuk masker itu sendiri, tidak akan memengaruhi proses penyerapan manfaat bagi kulit. Penting adanya untuk menyesuaikan jenis kulit dengan jenis masker yang akan digunakan. Berikut beberapa jenis masker Masker untuk kulit normal Masker yang berbahan dasar sayur atau buah-buahan segar dapat dimanfaatkan utnuk jenis kulit normal, diantaranya seperti buah ketimun, wortel, pepaya, kentang, tomat. Masker untuk kulit kering Untuk kulit kering bisa mengambil pisang, alpukat dan buah-buahan lain yang m [...]

Bersahabat dengan Make-up

Bersahabat dengan Make-up

Kaum perempuan pada umumnya mengenal make-up secara dekat. Apalagi saat ini semakin semarak macam dan jenis riasan. Rasanya tampilan belum lengkap tanpa pulasan make-up. Tapi tahukah Anda cara perawatan kulit yang tepat setelah penggunaan make-up agar kulit tetap sehat? Tahukah Anda risiko apa saja yang dapat menimpa kulit Anda akibat pemilihan kosmetik dan cara perawatan kulit yang tidak tepat?Setiap kali setelah menggunakan make-up, kita harus membersihkan kulit. Sangat penting untuk mencuci muka setiap kali setelah menggunakan make-up. Mengapa?Inilah yang terjadi pada kulit Anda ketika menggunakan make-up : Ketika menggunakan make up, secara langsung zat-zat yang terkandung di dalamnya akan menempel pada kulit. Terdapat berbagai zat kosmetik yang mempunyai potensi menyebabkan jerawat. Jerawat dapat muncul dalam beberapa hari saja setelah penggunaan, bisa juga muncul setelah pemakaian kosmetik beberapa waktu. Kelainan kulit yang timbul dapat berupa jerawat merah berisi nanah, ataupun yang berbentuk komedo. Pemakaian foundation terutama pada kulit berminyak dapat menyebabkan sumbatan saluran kelenjar minyak. Selain dapat menimbulkan jerawat, hal ini dapat juga menyebabkan pori [...]

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Inilah yang dapat mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh. Yang lebih menyebalkan: kulit wajah Anda ikut terkena dampaknya. Seperti diketahui, kortisol memicu peradangan yang dapat memecah kolagen ? protein yang membantu kulit tetap elastis, kencang dan bebas keriput. Tapi Anda tak perlu cemas. Anda masih bisa melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengekang tingkat stres dan melindungi kulit. Bagaimana caranya? Berikut ini 8 cara efektif untuk menurunkan kortisol dan mempertahankan kecantikan kulit:1. Minum teh hitamPenelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam. Kandungan kimia alaminya seperti polifenol dan flavonoid dipercaya ampuh untuk efek menenangkan.2. Pergi ke tempat-tempat hijauLewatkanlah waktu untuk pergi tempat-tempat hijau seperti taman. Lakukan yoga atau rapat kantor di area terbuka ketimbang ruang konferensi yang kaku dan minimalis.3. Mendengarkan musikDi Japan?s Osaka Medical Ce [...]

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Memilih Kosmetik yang Aman Selama Kehamilan

Dewasa ini sangat banyak pihan yang ditawarkan oleh produsen kosmetik untuk memperjaya pilihan usaha memperindah kulit kita.Tidak sedikit pula yang menawarkan janji-janji menggiurkan dari yang menawarkan wajah putih instan dalam hitungan waktu mingguan hingga yang kosmetik yang mampu membuat wajah tetap awet muda.Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, tidak sedikit produk kosmetik yang beredar dipasaran belum tentu melengkapi kebutuhan jaminan keamanan kesehatan bagi kulit anda. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Kiat Aman Kosmetik Berbahaya Selama Kehamilan Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ikutilah beberapa kiat berikut ini: Teliti sebelum membeli. Pastikan merek kosmetik pilihan anda terdaftar oleh Dinas Kesehatan RI dan BPOM RI. Sesuaikan kebutuhan kosmetik dengan jenis kulit anda. Penting juga untuk menyesuaikan merk produk yang sesu [...]

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kulit Tetap Kencang dengan Kolagen

Kolagen hadir di tubuh kita dengan memberikan multi fungsi. Salah satunya pada kulit, kolagen bersama dengan elastin menjaga kulit ketat dan elastis. Namun sama seiring dengan proses penuaan serta paparan sinar matahari, produksi kolagen menjadi mulai berangsur berkurang. Tak ayal hal ini memunculkan kondisi penuaan paling wajar di kulit, yakni munculnya keriput dan garis ekspresi raut di wajah. Untuk tubuh yang normal, sedikitnya kita mulai kehilangan kolagen dari tubuh kita sejak usia 25 tahun sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan tubuh yang kerap kali terpapar faktor-faktor penuaan dini? Bisa dibayangkan hampir pasti prosentase kehilangan kolagen per tahunnya akan lebih cepat. Namun demikian bukan berarti kita hanya bisa pasrah dengan proses penuaan tersebut. Kita bisa memelihara tingkat kekencangan kulit dan menunda penuaan kulit dengan asupan nutrisi yang mengandung zat pencetus pembentukan kolagen. Untuk memastikan asupan kolagen Anda stabil ketika Anda diatas usia 25 tahun, maka ada beberapa sumber makanan yang bisa diambil sebagai sumber nutrisi guna membantu produksi kolagen di tubuh. Dalam salah satu penelitian yang diumumkan di International Journal Cosmet [...]

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

2 Hal yg Harus Diperhatikan Ketika Memilih Produk Perawatan Kulit

Sekarang ini, banyak sekali produk perawatan kulit yang hadir. Kalau diperhatikan, semuanya menawarkan kelebihan yang mirip, yaitu menjaga kesehatan kulit. Tapi kalau semua sama, bagaimana caranya memilih produk mana yang sesuai untuk kulit Anda?. Di sini, Anda harus menjadi konsumen yang cerdas. Kita perlu mengetahui dengan jelas apa kandungan yang ada pada produk perawatan kulit. Terkait dengan hal tersebut hal yang Aulia dan Klikdokter sepakat, setidaknya ada 2 hal yang sangat perlu diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit, diantaranya adalah: 1. Perhatikan Dahulu Jenis Kulit Anda Pertama kali harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan kulit adalah jenis kulit Anda. Ada 3 fakta yang kita harus ketahui tentang tipe kulit: Tipe kulit kulit dapat berbeda. Tipe kulit dapat berbeda-beda bergantung dari berbagai faktor seperti: genetik, cuaca, hormonal, dsb. Cermati sekali lagi jenis kulit Anda. Keadaan kulit wajah yang kita lihat sesaat belum tentu menggambarkan tipe kulit yang sesungguhnya. Jika perlu, cari pendapat dokter. Menentukan jenis kulit adalah langkah terpenting dalam perawatan kulit. Oleh karen [...]

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Teh Hijau Bisa Mencegah Jerawat & Kanker Kulit

Telah diakui bahwa teh hijau memiliki banyak manfaat. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya produk kecantikan maupun produk non-kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan dasar. Namun, apakah teh hijau baik untuk kesehatan kulit wajah? Berikut penjelasannya:Teh hijau banyak dikonsumsi di negara-negara Asia, termasuk India, Jepang, Korea, dan Cina. Seperti teh hitam dan teh oolong, teh hijau berasal dari tanaman Camellia sinensis. Namun, tidak seperti dua varietas lainnya, daun teh hijau tidak difermentasi sebelum dikukus dan pengeringan sehingga tetap segar.Hasan Mukhtar, seorang profesor dermatologi dari Case Western Reserve University di Cleveland, menjelaskan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau memiliki kekuatan untuk melindungi kulit. "Dari semua antioksidan yang dikenal manusia, komponen teh hijau adalah yang paling ampuh,? ujar Mukhtar. Antioksidan adalah senyawa yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas, yang merupakan agen dan penyebab kerusakan sel maupun jaringan. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *