6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6-Jenis-Asupan-untuk-Kulit-Awet-Muda.jpg

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.

Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.

Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:

1. Air

Supaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.

2. Buah

Semua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh:

  • Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang penting bagi sel kulit.
  • Golongan beri (strawberi, bluberi, dll) kaya akan vitamin C dan vitamin A. Seperti halnya pada buah buah golongan sitrus, pepaya, kiwi, atau apel.

Vitamin C berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dengan cara memperbaiki kerusakan jaringan kolagen dan elastin kulit, sehingga kulit tetap kenyal. Sementara vitamin A berperan penting dalam regenerasi sel kulit lama dengan yang baru.

Berikut asupan lainnya yang dapat membantu kulit awet muda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

3. Sayur

Untuk mempermudah Anda, pastikan menu Anda sehari-hari mengandung sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Warna merah seperti pada tomat dan bit. Hijau seperti bayam, kale, ginseng, bok choy, dan brokoli. Kuning seperti pada paprika, atau oranye seperti pada wortel. Semakin gelap atau cerah warna sayur tersebut, semakin banyak vitamin dan mineral yang terkandung.

4. Rempah-rempah

Rempah amat sering digunakan di Indonesia. Selain memperkaya rasa makanan, beberapa contoh rempah seperti kunyit dan cengkeh juga mengandung antioksidan. Kayu manis dan pala diketahui mengandung senyawa antiperadangan, antibakteri, dan dapat memperbaiki sirkulasi darah. Jinten juga mengandung vitamin E dan efek antibakteri untuk menghambat pembentukan jerawat.

5. Protein

Pertama, protein dari hewan yang hidup di air. Ikan seperti kakap, tuna, salmon, sarden; udang; kepiting; tiram; tinggi akan selenium. Mineral selenium membantu melindungi kulit dari zat radikal bebas. Zat radikal bebas berperan dalam proses penuaan, kerusakan jaringan, dan penyakit. Salmon juga kaya akan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6. Namun, pilihlah produk yang segar dan bebas pengawet.

Kedua, protein dari unggas. Daging unggas kaya akan coenzyme Q10 yang menghambat zat radikal bebas. Secara alami, tubuh menghasilkan jenis antioksidan ini, namun seiring pertambahan usia, produksinya semakin menurun.

6. Minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan

Minyak canola (bunga matahari), zaitun, kemudian golongan biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam emak esensial omega-3 dan omega-6 yang membantu mengembalikan minyak alami pelindung kulit agar kulit tetap kenyal dan lembap. Contoh kacang-kacangan antara lain kacang almond, kenari, hingga kedelai yang mudah ditemukan dalam bentuk tempe atau susu kedelai.

Variasikan menu makanan Anda dengan bahan-bahan di atas dalam takaran secukupnya. Selain memberikan nutrisi dari dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit wajah dan menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya untuk hasil yang optimal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat Kontrasepsi Bawah Kulit (AKBK)

Alat kontrasepsi bawah kulit atau dikenal juga dengan istilah implant progestinumumnya berupa kapsul plastik, tipis, fleksibel, yang mengandung 36mg levonorgestrel yang dimasukkan ke dalam kulit lengan wanita. Setelah diberi obat bius, dibuat sayatan dan dengan bantuan jarum dimasukkan kapsul implan. Tidak perlu dilakukan penjahitan. Kapsul ini melepaskan progestin ke dalam aliran darah secara perlahan dan biasanya dipasang selama 5 tahun. Mencegah kehamilan dengan cara menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur), mempertebal lendir mukosa leher rahim, mengganggu pergerakan saluran tuba, dan menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium. Kontrasepsi ini efektif dalam waktu 48 jam setelah diimplan dan efektif selama 5-7 tahun. a. Efektivitas Kehamilan terjadi pada 0,05/100 wanita pada 1 tahun penggunaan pertamab. Keuntungan Sangat efektif, bekerja untuk jangka waktu lamac. Kerugian Membutuhkan prosedur operasi kecil untuk pemakaian dan pelepasan, tidak melindungi dari PMSd. Efek samping Sakit kepala, payudara menjadi keras, peningkatan berat badan, kerontokan rambut, jerawat, perubahan mood, gangguan metabolisme lemak, hirsutisme, gangguan m [...]

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Mengatasi 4 Tanda Penuaan pada Wajah

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Pada saat memasuki usia 20 sampai 30 tahun, Anda mungkin akan mulai memperhatikan adanya tanda-tanda penuaan yang muncul pada wajah. Tanda yang muncul dapat berupa kulit kusam, garis halus atau keriput di daerah mata atau sekitar bibir, kantung mata, dan hiperpigmentasi (flek hitam). Tanda-tanda penuaan tersebut akan semakin jelas seiring bertambahnya usia. Banyak faktor yang mempengaruhi progresifitas proses penuaan pada manusia, seperti diet, pola hidup, merokok, stres, paparan sinar ultraviolet (UV), dan lain-lain.Berikut ini adalah cara untuk mengatasi tanda-tanda penuaan yang muncul di daerah wajah: Crow?s feet Merupakan galis halus/kerutan yang muncul di sekitar mata, terutama saat tersenyum. Gunakan eye cream dengan kandungan pelembab yang tinggi, oleskan pada area mata setiap hari. Jika Anda menginginkan hasil yang cepat dan mencegah pembentukan garis keriput baru, dokter spesialis kulit atau bedah plastik dapat memberikan injeksi botox atau disport pada are tersebut. Kantung mata Seiring bertambahnya usia, area bawah mata akan menjadi hitam dan kendur. Makeup dapat menyamarkan kantung mata dan lingkar hitam di bawah mata. Filler hyaluronic ac [...]

Sering Mandi, Kulit Jadi Happy

Sering Mandi, Kulit Jadi Happy

Kalau kulit dapat berbicara, ia pasti akan mengeluh. Bayangkan, setiap hari kulit Anda terkena panas terik sinar matahari, polusi kendaraan, dan debu kotor. Semua ini memicu kulit menjadi lekas kering dan penuaan dini.Makanya, supaya kulit jadi bersahabat, Anda harus membuatnya senang. Dan caranya gampang kok. Tak perlu repot ke spa, cukup dengan mandi. Kenapa mandi? Karena mandi adalah langkah awal pemeliharaan kulit. Mandi tak hanya membersihkan kulit, tapi juga merawat kelembutannya. Kulit jadi rileks dan tetap cantik.Tapi mandi pun ada aturannya. Berikut adalah yang harus dihindari ketika mandi: Jangan terlalu sering mandi air hangat Setelah hari yang melelahkan, enak banget rasanya mandi pakai air hangat. Badan jadi rileks. Tapi sebenarnya, mandi air hangat terlalu sering dapat membuat kulit jadi kering karena dapat mengurangi kelembapan alami kulit. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis lipid pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan, sehingga kulit menjadi lebih kering. Terlalu sering mandi Mandi yang betul itu cukup dua kali sehari. Jadi salah kalau Anda membutuhkan waktu beberapa kali untuk mandi, karena berpotensi membuat kul [...]

Memilih Kosmetik BB Cream

Memilih Kosmetik BB Cream

Oleh: dr. Jessica Florencia Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok [...]

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Di tengah kesibukan, menyiasati waktu berkualitas bersama keluarga tentu amat sulit. Semua rencana yang sudah dibuat untuk liburan ke luar kota bersama, kadang kandas karena ada pekerjaan yang harus dikerjakan tepat waktu. Padahal, memanfaatkan waktu untuk bersama tak harus pergi ke luar kota atau rumah. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di dalam rumah. Bahkan lebih seru. Dan aktivitas ini juga bisa menciptakan kedekatan dan kehangatan. Berikut adalah beberapa ide seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah. 1. SELFIE KELUARGA Ajak seluruh anggota keluarga untuk foto selfie dengan kamera smartphone Anda. Supaya lebih seru, Anda dan keluarga bisa memakai kostum atau dandanan yang lucu. Foto selfie memberikan Anda dan keluarga kedekatan dan kehangatan yang bisa di dapat dari sentuhan kulit. Jadi jangan sampai ada memiliki kulit yang kering dan kasar. Pilihlah krim kulit yang mengandung Glycerin supaya kulit senantiasa lembab dan halus. 2. FACE PAINTING Buat sebuah permainan. Tutup mata anak Anda. Lalu Anda gambar wajahnya dengan cat khusus. Bila sudah selesai, gantian Anda yang ditutup matanya dan membiarkan anak Anda merias wajah A [...]

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Kulit Sikut, Lutut, Tumit Kering & Tebal? Ini Solusinya!

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Bagian kulit kita pada lutut, tumit dan sikut kerap kali lebih kering dan menebal. Untuk sebagian orang hal ini acapkali mengganggu kepercayaan diri. Belum lagi jika kondisi kulit cenderung kering, area kulit tersebut akan semakin tak sedap dipandang. Tak halus dan tak rata warnanya. Namun dari segi medis, bukan hanya soal penampilan yang dikhawatirkan, tetapi juga potensi risiko akan mudah terpapar penyakit kulit yang disebabkan infeksi bakteri atau virus karena proses iritasi. Wah, lalu bagaimana cara menghindarinya? Tenang, ladies. Simak dan lakukan tips berikut ya: Hindari berlama-lama mandi dan terutama menggunakan air panas. Air panas menghilangkan minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan air hangat. Terlalu lama mandi malah membuat kulit kering. Batasi kegiatan mandi Anda selama 5 ? 10 menit saja setiap harinya dengan air hangat. Gunakan kosmetik yang tidak beraroma ?keras?.Gunakan kosmetik perawatan kulit yang tidak menggunakan pengharum atau sabun yang tidak terlalu ?keras?. Pilah-pilihlah kosmetik yang digunakan, karena zat tambahan aroma dan pewangi dalam kosmetik yang tidak diperlukan bisa berpotensi menyebabkan alerg [...]

Inilah Vitamin dan Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Inilah Vitamin dan Antioksidan yang Baik untuk Kulit

Anda pasti sudah hapal luar kepala dengan kiat-kiat peremajaan kulit: menghindari diri dari paparan sinar matahari, tidak merokok, dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Namun ingatlah bahwa kesehatan kulit tidak lepas dari peran vitamin. Inilah jenis-jenis vitamin dan antioksidan yang berguna bagi kulit Anda:Vitamin C dan E dan SeleniumVitamin C dan E, serta selenium, dapat membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit. Tiga antioksidan ini bekerja dengan cara mempercepat sistem perbaikan alami kulit dan secara langsung menghambat kerusakan lebih lanjut.Koenzim Q10 Koenzim Q10 adalah antioksidan alami dalam tubuh yang membantu sel-sel tumbuh dan melindungi mereka dari kerusakan akibat kanker. Penurunan tingkat koenzim Q10 yang terjadi dianggap berkontribusi terhadap penuaan kulit. Karena itu, mengaplikasikan koenzim Q10 pada kulit dapat membantu meminimalkan munculnya keriput.Asam alfa lipoatAntioksidan ini, bila diterapkan secara topikal sebagai krim, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Penelitian menunjukkan, jika dioleskan setiap hari, krim-krim wajah dengan kadar asam alfa lipoat 3%-5% akan membuat perub [...]

Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit? Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang [...]

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode

Perawatan Kulit Berdasarkan Metode

Pada umumnya, terdapat 5 tahap perawatan khusus pada wajah berdasarkan metode perawatannya, yakni: 1. Pembersihan (Cleansing)Kegunaan : - Untuk membersihkan kotoran, debu, sekresi lemak dan sisa-sisa tata rias. - Menjaga kebersihan kulit wajah agar senantiasa muda dan segar. - Pembersihan make-up mata untuk membersihkan kotoran dari sisa make-up mata dapat terangkat dengan baik. - Pembersihan make-up bibir untuk mengangkat sisa lipstick pada bibir. - Pembersihan dengan sabun dapat membersihkan wajah lebih mendalam dan untuk mencegah tumbuhnya bibit penyakit. - Membersihkan area kulit lainnya, bisa dilakukan dengan mandi dengan air yang mengalir dan bersih. Pastikan Anda menggunakan pembersih yang tepat bagi kulit Anda.2. Penyegaran (Fresher/ Toner)Kegunaan : - Untuk menyegarkan dan menormalkan kembali kulit wajah. - Meringkas pori-pori, terutama untuk kulit bermasalah. - Menghilangkan sisa pembersih. 3. Pengelupasan (Peeling)Kegunaan : - Mengangkat sel-sel kulit ari yang telah mati. - Merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. - Menjadikan kulit halus dan lembut. 4. Pengurutan (Massage)Kegunaan : - Membantu melancarkan peredaran darah. - Menyehatkan metabolisme di bawah k [...]

Memilih Sunblock yang Aman

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan. Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini: Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit. Gunakan Sunbl [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *