6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6-Jenis-Asupan-untuk-Kulit-Awet-Muda.jpg

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.

Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.

Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:

1. Air

Supaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.

2. Buah

Semua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh:

  • Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang penting bagi sel kulit.
  • Golongan beri (strawberi, bluberi, dll) kaya akan vitamin C dan vitamin A. Seperti halnya pada buah buah golongan sitrus, pepaya, kiwi, atau apel.

Vitamin C berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dengan cara memperbaiki kerusakan jaringan kolagen dan elastin kulit, sehingga kulit tetap kenyal. Sementara vitamin A berperan penting dalam regenerasi sel kulit lama dengan yang baru.

Berikut asupan lainnya yang dapat membantu kulit awet muda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

3. Sayur

Untuk mempermudah Anda, pastikan menu Anda sehari-hari mengandung sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Warna merah seperti pada tomat dan bit. Hijau seperti bayam, kale, ginseng, bok choy, dan brokoli. Kuning seperti pada paprika, atau oranye seperti pada wortel. Semakin gelap atau cerah warna sayur tersebut, semakin banyak vitamin dan mineral yang terkandung.

4. Rempah-rempah

Rempah amat sering digunakan di Indonesia. Selain memperkaya rasa makanan, beberapa contoh rempah seperti kunyit dan cengkeh juga mengandung antioksidan. Kayu manis dan pala diketahui mengandung senyawa antiperadangan, antibakteri, dan dapat memperbaiki sirkulasi darah. Jinten juga mengandung vitamin E dan efek antibakteri untuk menghambat pembentukan jerawat.

5. Protein

Pertama, protein dari hewan yang hidup di air. Ikan seperti kakap, tuna, salmon, sarden; udang; kepiting; tiram; tinggi akan selenium. Mineral selenium membantu melindungi kulit dari zat radikal bebas. Zat radikal bebas berperan dalam proses penuaan, kerusakan jaringan, dan penyakit. Salmon juga kaya akan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6. Namun, pilihlah produk yang segar dan bebas pengawet.

Kedua, protein dari unggas. Daging unggas kaya akan coenzyme Q10 yang menghambat zat radikal bebas. Secara alami, tubuh menghasilkan jenis antioksidan ini, namun seiring pertambahan usia, produksinya semakin menurun.

6. Minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan

Minyak canola (bunga matahari), zaitun, kemudian golongan biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam emak esensial omega-3 dan omega-6 yang membantu mengembalikan minyak alami pelindung kulit agar kulit tetap kenyal dan lembap. Contoh kacang-kacangan antara lain kacang almond, kenari, hingga kedelai yang mudah ditemukan dalam bentuk tempe atau susu kedelai.

Variasikan menu makanan Anda dengan bahan-bahan di atas dalam takaran secukupnya. Selain memberikan nutrisi dari dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit wajah dan menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya untuk hasil yang optimal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit

Curcuma longa atau yang lebih dikenal sebagai kunyit, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India dan daerah tropis lainnya di Asia. Di Indonesia, kunyit telah dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas baik di perkotaan maupun di pedesaan, misalnya untuk resep masakan. Beberapa orang juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.Kurkumin, senyawa utama yang terkandung dalam kunyit, diakui memiliki sifat yang dapat melawan kanker kulit, sehingga mampu mencegah pertumbuhan pembuluh darah tumor dan efek langsung pada sel-sel kanker. Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan kunyit bagi kulit: 3 Keajaiban Kunyit untuk Kulit 1. Mengobati KudisKudis adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabei, yang ditandai dengan rasa gatal pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, dan selangkangan.Untuk mengobati kudis, ini caranya: sediakan rimpang kunyit [...]

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

Tanpa kita sadari, cuaca panas terik yang menyengat atau cuaca dingin dengan kelembapan rendah dapat membuat kulit menjadi kering, retak, gatal, dan kusam. Jika dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat maka dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut, muncul bercak kehitaman, dan lebih cepat menua.Untuk mencegah kerusakan kulit, jangan lupakan 3 langkah sederhana untuk memastikan kulit kita tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti apapun. Mandi Saat panas berlebih, mandi diperlukan untuk membersihkan kotoran kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit. Pada saat cuaca dingin ekstrem, mandi diperlukan untuk membantu kelembapan kulit.Untuk itu, mandi merupakan elemen yang sangat penting. Jangan lupa untuk menghindari air yang terlalu panas pada saat cuaca dingin berlebih, dan menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar kulit dapat bertahan menghadapi cuaca ekstrem, yang dapat mengikis kelembapan kulit. Minum Air minum penting untuk hidrasi kulit. Saat cuaca dingin maupun panas berlebih, air minum akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Pastikan asupan air minum sebanyak 1,5-2 L tetap terpenuhi dalam sehari. Minimalis Gesekan pakaian, bahan kimia [...]

Kulit Sehat di Hari Ibu

Kulit Sehat di Hari Ibu

Peran seorang ibu dalam suatu keluarga sungguh berarti, kasih sayangnya kepada keluarga sungguh tak dapat tergantikan oleh apa pun. Maka dari itu, untuk menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember, para ibu, terutama ibu hamil perlu untuk tampil sempurna di hari perayaan mereka. Caranya tidak sulit, dengan merawat kulit cantik ibu dengan teratur dari sekarang, maka ibu akan mendapatkan kulit terbaik di Hari Ibu. Saat mengandung, para ibu sering merasakan pengalaman yang bahagia dan juga stres karena perubahan kulit yang terjadi saat hamil. Perubahan keadaan kulit pada ibu hamil adalah hal yang normal, jerawat, kulit kering dan gatal perlu diatasi dengan perawatan kecantikan yang khusus. Hati-hati saat ibu memilih produk kecantikan, dikhawatirkan produk kecantikan yang ibu pilih justru membahayakan janin karena kandungan kimianya yang tidak sesuai dengan kondisi hamil. Bijaksanalah dalam memiliih kosmetik, dan tidak lupa senantiasa konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum pemakaian. Berikut adalah tips aman untuk ibu hamil yang ingin mendapatkan kulit cantik saat Hari Ibu: 1. Makanan dan minuman seimbang untuk kulitTidak hanya tubuh yang memerlukan makanan seimbang, kulit [...]

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Makanan Super untuk Kulit Sehat Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperlukan untuk pembentukan kulit yang sempurna. Selain itu, ikan juga merupakan sumber asam lemak esensial omega-3. Omeg [...]

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Wajah adalah asset kita yang perlu dirawat dengan baik. Jika kulit wajah kenyal dan segar, penampilan kita akan terlihat jauh lebih menarik. Tentu lebih nyaman memandang wajah yang kulitnya bersinar daripada wajah yang kusam, bukan?Tak perlu bersusah payah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal dan segar: Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan sabun berpelembab. Air dan sabun bertujuan mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan wajah. Tapi perlu diingat, kulit kita tetap memerlukan lapisan minyak alaminya supaya dapat menjaga kelembabannya sehingga tetap kenyal dan lembut. Oleh karena itu, hindari menggunakan sabun yang terlalu keras, terlalu basa (pH tinggi) karena dapat merusak lapisan minyak alami kulit yang akibatnya menyebabkan kulit menjadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki daya pembersih namun juga sekaligus mengandung pelembab supaya selain membersihkan kotoran, kulit terpelihara kelembabannya. Cuci muka menggunakan sabun cukup dilakukan 2-3 kali sehari. Semakin sering kita mencuci muka belum tentu memberikan hasil yang lebih baik. Ternyata mencuci muka cukup 2-3 kali sehari untuk menjaga kebugaran kulit. Terlal [...]

Memilih Sunblock yang Aman

Memilih Sunblock yang Aman

Penting adanya untuk memilah pilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti halnya sunblock atau tabir surya. Sunblock lumrah digunakan untuk mencegah kulit terbakar dari sinar matahari ketika beraktifitas diluar ruangan. Begitu banyak ragam produk yang ditawarkan oleh produsen kosmetik sunblock yang beredar di pasaran dewasa ini. Guna memudahkan proses pencermatan tiap produk yang benar-benar dibutuhkan dan sesuai oleh tubuh kita, simak beberapa kiat berikut ini: Pilihlah Sunblock yang Memiliki SPF 30 atau Lebih.SPF 30 memberi perlindungan kulit dari sinar matahari selama durasi 300 menit. Jadi, sesuaikan dengan pemilihan sunblock dengan lama aktifitas anda dibawah sinar matahari langusng. Gunakan Sunblock dengan Spektrum yang Cukup Lebar.Sunblock yang memiliki spektrum yang cukup lebar mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari jenis UVA dan UVB. Sinar ultraviolet UVA adalah sinar ultraviolet dari matahari yang tidak langsung jatuh di permukaan kulit, sinar inilah yang berpotensi menimbulkan kanker kulit. Sementara UVB merupakan sinar ultraviolet dari matahari yang langsung jatuh kepermukaan kulit. Gunakan Sunbl [...]

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Sejak dulu madu sudah digunakan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Ingatkah kisah Cleopatra yang konon mencelupkan madu ke dalam bak mandinya agar tetap awet muda? Betul, konon tidak hanya susu yang biasa dijadikan bahan mandinya, tapi juga madu. Bahkan madu sudah dipakai sebagai obat luka pada abad ke-1 setelah masehi.Diyakini kebiasaan merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi Yunani. Kemudian bagaimanakah kehadiran madu dewasa ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Apakah terbukti oleh ilmu pengetahuan modern dapat memberikan khasiat yang diyakini selama ini? Belum lagi dengan sederetan khasiatnya yang beraneka ragam, apakah benar madu memang seistimewa itu? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini: Khasiat Madu untuk Kulit Wajah 1. Melembapkan Kulit Senyawa humektan dalam madu mampu merawat kulit yang kerin [...]

Mengapa Kulit Berkerut, Padahal Masih Muda?

Mengapa Kulit Berkerut, Padahal Masih Muda?

Sering kali wanita langsung didera kepanikan karena menemukan kerutan-kerutan yang muncul lebih dini daripada seharusnya. Mereka menganggap kerutan-kerutan itu membuat penampilan menjadi lebih tua. Kerutan yang muncul pada usia muda ini disebut dengan penuaan dini.Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit.Secara alami, kulit akan mengalami penuaan atau berkerut seiring bertambahnya usia. Ini memang disebut dengan penuaan kronologis. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat.Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan. Hormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah, serta berkurangnya kekenyalan kulit seiring dengan bertambahnya usia.Hal [...]

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

Saat bulan puasa, kita menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Dari matahari terbit hingga terbenam kita tidak minum air agar puasa kita tidak batal. Tapi hati-hati. Alih-alih puasa lancar, tubuh kita bisa terkena dehidrasi yang membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Normalnya, kita akan kehilangan cairan tubuh antara 1000 ? 4500 ml/hari melalui keringat, BAB, atau buang air kecil. Makanya kita disarankan minum minimal 8 gelas per hari untuk menggantinya. Tapi ketika bulan puasa, kita harus menunggu waktu berbuka untuk minum air. Akibatnya, banyak orang mengalami dehidrasi ketika bulan puasa. Bagi kesehatan tubuh, hal ini dapat menyebabkan kita lemas, letih, mata berkunang-kunang, bahkan dapat jatuh pingsan. Begitu pula bagi kesehatan kulit. Karena kekurangan cairan untuk melembabkan, kulit akan kering, bersisik, bahkan hingga pecah-pecah karena dehidrasi. Nah, sebagai wanita, tentu kita perlu menjaga kulit tetap lembab dan segar berseri. Selama berpuasa pun, kulit bisa tetap tampil luar biasa dengan cara: Hindari suhu panas yang ekstremSalah satu penyebab kulit kering adalah suhu udara yang ekstrem. Pakailah pelindung kepala dan pakaian berlengan panjang ketika Anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *