6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

6-Jenis-Asupan-untuk-Kulit-Awet-Muda.jpg

Saat ini, semakin banyak produk kecantikan di pasaran yang diyakini dapat membuat kulit Anda segar dan tampak awet muda. Namun tidak cukup dari luar saja, makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sama pentingnya dengan produk kecantikan yang dioleskan ke kulit.

Makanan dan minuman tersebut akan diurai menjadi berbagai jenis nutrien yang bermanfaat bagi sel tubuh, termasuk kulit. Perawatan kulit wajah rutin tidak akan memberikan hasil yang maksimal apabila asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi kurang bergizi.

Berikut asupan yang tidak boleh Anda lewatkan agar kulit senantiasa sehat:

1. Air

Supaya nutrisi dari makanan mudah diserap oleh kulit, sel-sel kulit membutuhkan air sebagai perantaranya. Air juga membantu sel mengeluarkan racun dan zat sisa metabolisme dari tubuh. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, lembap, serta tidak mudah timbul keriput atau garis penuaan. Air kelapa merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan elektrolit yang hilang karena dehidrasi.

2. Buah

Semua jenis buah baik untuk dikonsumsi, namun beberapa di antaranya diyakini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan kulit. Sebagai contoh:

  • Alpukat tinggi akan lemak sehat dan fitonutrien yang penting bagi sel kulit.
  • Golongan beri (strawberi, bluberi, dll) kaya akan vitamin C dan vitamin A. Seperti halnya pada buah buah golongan sitrus, pepaya, kiwi, atau apel.

Vitamin C berperan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dengan cara memperbaiki kerusakan jaringan kolagen dan elastin kulit, sehingga kulit tetap kenyal. Sementara vitamin A berperan penting dalam regenerasi sel kulit lama dengan yang baru.

Berikut asupan lainnya yang dapat membantu kulit awet muda, selengkapnya di halaman selanjutnya:

6 Jenis Asupan untuk Kulit Awet Muda

3. Sayur

Untuk mempermudah Anda, pastikan menu Anda sehari-hari mengandung sayuran berwarna merah, kuning, dan hijau. Warna merah seperti pada tomat dan bit. Hijau seperti bayam, kale, ginseng, bok choy, dan brokoli. Kuning seperti pada paprika, atau oranye seperti pada wortel. Semakin gelap atau cerah warna sayur tersebut, semakin banyak vitamin dan mineral yang terkandung.

4. Rempah-rempah

Rempah amat sering digunakan di Indonesia. Selain memperkaya rasa makanan, beberapa contoh rempah seperti kunyit dan cengkeh juga mengandung antioksidan. Kayu manis dan pala diketahui mengandung senyawa antiperadangan, antibakteri, dan dapat memperbaiki sirkulasi darah. Jinten juga mengandung vitamin E dan efek antibakteri untuk menghambat pembentukan jerawat.

5. Protein

Pertama, protein dari hewan yang hidup di air. Ikan seperti kakap, tuna, salmon, sarden; udang; kepiting; tiram; tinggi akan selenium. Mineral selenium membantu melindungi kulit dari zat radikal bebas. Zat radikal bebas berperan dalam proses penuaan, kerusakan jaringan, dan penyakit. Salmon juga kaya akan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6. Namun, pilihlah produk yang segar dan bebas pengawet.

Kedua, protein dari unggas. Daging unggas kaya akan coenzyme Q10 yang menghambat zat radikal bebas. Secara alami, tubuh menghasilkan jenis antioksidan ini, namun seiring pertambahan usia, produksinya semakin menurun.

6. Minyak zaitun, biji-bijian, kacang-kacangan

Minyak canola (bunga matahari), zaitun, kemudian golongan biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam emak esensial omega-3 dan omega-6 yang membantu mengembalikan minyak alami pelindung kulit agar kulit tetap kenyal dan lembap. Contoh kacang-kacangan antara lain kacang almond, kenari, hingga kedelai yang mudah ditemukan dalam bentuk tempe atau susu kedelai.

Variasikan menu makanan Anda dengan bahan-bahan di atas dalam takaran secukupnya. Selain memberikan nutrisi dari dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kulit wajah dan menggunakan pelindung kulit seperti tabir surya untuk hasil yang optimal.

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

5 Solusi Kulit Kering Saat Puasa

Saat bulan puasa, kita menahan lapar dan dahaga selama sebulan. Dari matahari terbit hingga terbenam kita tidak minum air agar puasa kita tidak batal. Tapi hati-hati. Alih-alih puasa lancar, tubuh kita bisa terkena dehidrasi yang membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Normalnya, kita akan kehilangan cairan tubuh antara 1000 ? 4500 ml/hari melalui keringat, BAB, atau buang air kecil. Makanya kita disarankan minum minimal 8 gelas per hari untuk menggantinya. Tapi ketika bulan puasa, kita harus menunggu waktu berbuka untuk minum air. Akibatnya, banyak orang mengalami dehidrasi ketika bulan puasa. Bagi kesehatan tubuh, hal ini dapat menyebabkan kita lemas, letih, mata berkunang-kunang, bahkan dapat jatuh pingsan. Begitu pula bagi kesehatan kulit. Karena kekurangan cairan untuk melembabkan, kulit akan kering, bersisik, bahkan hingga pecah-pecah karena dehidrasi. Nah, sebagai wanita, tentu kita perlu menjaga kulit tetap lembab dan segar berseri. Selama berpuasa pun, kulit bisa tetap tampil luar biasa dengan cara: Hindari suhu panas yang ekstremSalah satu penyebab kulit kering adalah suhu udara yang ekstrem. Pakailah pelindung kepala dan pakaian berlengan panjang ketika Anda [...]

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

Krim untuk kulit? Bukannya itu hanya untuk urusan perempuan saja? Salah besar. Kebutuhan krim untuk kulit sejatinya dibutuhkan untuk seluruh anggota keluarga, dari anak, bahkan hingga pria dewasa, semua membutuhkan krim untuk kulit. Kok bisa? Berikut ini 6 alasan utama kenapa Anda perlu untuk senantiasa memiliki krim untuk kulit di rumah. Pertolongan Pertama Kulit Gatal karena Kulit KeringKulit gatal paling sering dicetuskan oleh kondisi kulit yang kering. Kulit yang kering membutuhkan perawatan pelembab yang paling baik dan aman untuk kulit. Anda dapat memilih krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, Panthenol dan glycerol. Karena trio kandungan ini dapat aktif lebih baik menjaga kelembaban kulit Anda sepanjang hari. Glycerol membantu kelembaban kulit, didukung dengan Panthenol yang membantu penetrasi ke dalam lapisan kulit yang dalam, sehingga glycerol lebih awet menjaga kelembaban kulit. Eucerit adalah lanolin alkohol yang telah melalui proses pemurnian berkali-kali, yang membuatnya relative aman digunakan semua anggota keluarga. Penanganan Luka BakarLuka bakar ringan dapat Anda atasi dengan penggunaan krim untuk kulit. Dari sundutan rokok, terp [...]

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

4 Nutrisi Kebutuhan Kulit Ibu Hamil

Oleh: dr. Nadia Octavia Kehamilan adalah suatu proses alamiah yang sangat penuh dengan keindahan, dimana seorang menjadi wanita bertransisi menjadi sesosok ibu. Namun, seringkali proses kehamilan diikuti oleh perubahan fisik termasuk kulit diantaranya. Sebut saja seperti munculnya stretchmarks atau pun garis kehitaman di beberapa bagian tubuh. Bagi Anda yang menjelang masa kehamilan, tidak perlu khawatir. Sejatinya perubahan fisik yang ada dapat disikapi dengan memastikan beberapa asupan berikut ini untuk dipenuhi setiap harinya, antara lain; 1. Antioksidan Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, ataupun seafood. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kulit, namun 2 diantaranya adalah: Vitamin C: berfungsi untuk membentuk kolagen, kekenyalan serta mengencangkan kulit. Dapat ditemui pada gandum, apel, jeruk dan kiwi. Upayakan asupannya hingga 75 mg per hari. Vitamin E: Melindungi membran sel dan nutrisi penting pada kulit dari paparan sinar UV. Dapat ditemui dari selai kacang dan almond. Upayakan asupannya hingga 15 [...]

4 Makanan untuk Kulit Sehat

4 Makanan untuk Kulit Sehat

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit merupakan suatu organ pada tubuh yang penting. Selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. - Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. - Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. - Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Khasiat Madu untuk Kulit Wajah

Sejak dulu madu sudah digunakan sebagai bahan ramuan untuk berbagai hal, termasuk kecantikan. Ingatkah kisah Cleopatra yang konon mencelupkan madu ke dalam bak mandinya agar tetap awet muda? Betul, konon tidak hanya susu yang biasa dijadikan bahan mandinya, tapi juga madu. Bahkan madu sudah dipakai sebagai obat luka pada abad ke-1 setelah masehi.Diyakini kebiasaan merawat kecantikan dan kesehatan kulit dengan madu diprakarsai oleh Dioscorides, seorang ahli farmasi Yunani. Kemudian bagaimanakah kehadiran madu dewasa ini untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Apakah terbukti oleh ilmu pengetahuan modern dapat memberikan khasiat yang diyakini selama ini? Belum lagi dengan sederetan khasiatnya yang beraneka ragam, apakah benar madu memang seistimewa itu? Baca penjelasan lengkapnya berikut ini: Khasiat Madu untuk Kulit Wajah 1. Melembapkan Kulit Senyawa humektan dalam madu mampu merawat kulit yang kerin [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Mengapa Kulit Berkerut, Padahal Masih Muda?

Mengapa Kulit Berkerut, Padahal Masih Muda?

Sering kali wanita langsung didera kepanikan karena menemukan kerutan-kerutan yang muncul lebih dini daripada seharusnya. Mereka menganggap kerutan-kerutan itu membuat penampilan menjadi lebih tua. Kerutan yang muncul pada usia muda ini disebut dengan penuaan dini.Penuaan dini merupakan suatu proses penuaan yang terjadi jauh lebih cepat sebelum proses penuaan itu sendiri terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini paling mudah terlihat dari kondisi kulit.Secara alami, kulit akan mengalami penuaan atau berkerut seiring bertambahnya usia. Ini memang disebut dengan penuaan kronologis. Kulit yang menua secara alami akan tetap halus dan tanpa pigmentasi dengan penegasan garis ekspresi wajah pada beberapa tempat.Dengan bertambahnya usia maka kondisi tubuh, termasuk kulit akan mengalami penurunan. Hormon estrogen telah diteliti berperan dalam pembentukan kolagen kulit. Menurunnya produksi hormon estrogen seiring pertambahan usia menyebabkan turunnya produksi kolagen. Hal ini berkontribusi terhadap terjadinya kulit yang lebih tipis dan kering, munculnya keriput atau penegasan garis ekspresi wajah, serta berkurangnya kekenyalan kulit seiring dengan bertambahnya usia.Hal [...]

Pakaian Bersih, Kulit Bersih dari Bisul

Pakaian Bersih, Kulit Bersih dari Bisul

Pakaian bersih menentukan juga kondisi kesehatan tubuh. Pada khususnya kulit. Karena kulit merupakan organ terbesar manusia. Luas organ kulit pada orang dewasa dapat mencapai 2 meter persegi dengan berat mencapai 3,6 kilogram. Dengan ukurannya yang besar dan melindungi seluruh tubuh, pakaian menjadi benda yang banyak bersentuhan langsung dengan kulit. Menjadikan pakaian mengambil peran penting dalam kesehatan kulit. Salah satu penyakit kulit yang dapat diantisipasi melalui menjaga kebersihan pakaian adalah bisul. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Dalam hal ini, pakaian yang kotor dan lama tidak dicuci berpotensi memaparkan kulit pada kondisi pencetus bisul. Hindari penggunaan pakaian kotor berulang. Hal yang paling sering terjadi adalah pada pemakaian celana jeans. Jagalah kebersihan kulit Anda dengan mencuci pakaian Anda secara berkala dan tetap. Dengan demikian kebersihan kulit Anda terjaga dan bisul terhindarkan. [...]

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

4 Hal yang Dapat Anda Lakukan di Valentine untuk Kesehatan Kulit

Hari Kasih Sayang menjelang di bulan Februari ini. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mengutarakan kasih sayang Anda kepada anggota keluarga di rumah, beberapa diantaranya adalah menunjukan kepedulian kesehatan kulit dengan senantiasa menyediakan krim untuk kulit di rumah Anda. Dengan krim untuk kulit, banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam mewujudkan kasih sayang di hari Valentine ini, antara lain: Bermasker-Krim-Kulit-ria untuk Kesehatan KulitAmbil krim untuk kulit Anda, dan mulailah ratakan krim untuk kulit Anda ke seluruh wajah. Diamkan sejenak selama 10-20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat dan handuk. Kulit Anda akan terasa lebih kencang, lembab dan kenyal. Terutama jika Anda menggunakan krim yang mengandung Eucerit, glycerol dan Panthenol. Ketiga kandungan ini saling melengkapi kebutuhan nutrisi kulit Anda. Memberikan Pijatan Kasih Sayang dengan Krim untuk KulitJika Anda bersama pasangan, Anda dapat mengajaknya dalam suasana pijatan yang romantis dengan krim untuk kulit. Pilihlah krim untuk kulit yang memiliki aroma lembut dan mengandung Panthenol. Kandungan Panthenol membantu memberikan sensasi kulit yang segar dan sejuk, menambah suasan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *