6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6-Langkah-untuk-Memiliki-Kulit-Sehat-dan-Cantik-Copy.jpg

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.

Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P – 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:

1. Perawatan Rutin yang Teliti

Bersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam.

2. Penggunaan Sabun yang Lembut

Gunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Pelembap

Gunakan pelembap segera setelah mandi agar dapat memberikan efek optimal dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar dapat memberikan efek yang tepat.

Berikut beberapa tips lainnya untuk kulit sehat & cantik.

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

4. Tentukan Nutrisi yang Seimbang

Menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting karena makanan yang kita makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan tinggi antioksidan dapat mencegah penuaan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Makanan kaya vitamin A dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Makanan dengan kandungan lemak juga tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal. Pastikan asupan nutrisi Anda bervariasi dan seimbang sehingga kesehatan kulit dapat terjaga dari berbagai aspek.

5. Rajin Berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang berolahraga dengan rutin memiliki kulit yang lebih lentur, sehat, dan awet muda.

6. Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan tepat. Meskipun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, namun jika ruangan Anda memiliki kaca-kaca yang tembus sinar matahari (sinar ultraviolet), baik itu ruangan kantor, ruangan di dalam mobil atau ruangan dapur, maka Anda tetap membutuhkan tabir surya.

Sama seperti jantung, otak, hati, lambung, dan ginjal kita, kulit membutuhkan perhatian dan perawatan. Jadi, jangan sepelekan perawatan kulit yang tepat agar kulit senantiasa sehat dan cantik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Memilih Kosmetik BB Cream

Memilih Kosmetik BB Cream

Oleh: dr. Jessica Florencia Beauty balm atau blemish balm cream sebelumnya dikembangkan oleh dokter spesialis kulit dari Jerman sebagai suatu krim untuk melindungi kulit dan menutupi bekas kulit setelah perawatan laser. Formula ini menjadi populer di Korea Selatan dan kemudian meluas di seluruh Asia. Dewasa ini BB Cream dapat digunakan seperti krim dasar rias wajah (foundation). Selain sebagai dasar rias wajah, produk ini juga mengandung bahan-bahan seperti tabir surya, anti penuaan dan pelembab. Namun, jangan terjebak dengan berpikir bahwa BB Cream adalah solusi dari segala masalah kulit Anda. BB Cream tidak dapat digunakan sendiri saja untuk perawatan kulit. Jika Anda memiliki kulit yang berjerawat maka Anda tetap harus mendapatkan perawatan kulit khusus untuk kulit berjerawat. Sedangkan bila kulit Anda adalah kulit yang sangat kering, Anda tetap membutuhkan pelembab tambahan untuk kulit Anda. Bila Anda memiliki kulit yang mudah mengalami alergi maka penggunaan produk kulit yang baru Anda gunakan juga tetap memerlukan kewaspadaan khusus, tidak terkecuali BB Cream. Memilih BB Cream yang cocok untuk kondisi kulit Anda harus menjadi perhatian khusus karena tidak semua BB Cream cocok [...]

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

Tanpa kita sadari, cuaca panas terik yang menyengat atau cuaca dingin dengan kelembapan rendah dapat membuat kulit menjadi kering, retak, gatal, dan kusam. Jika dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat maka dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut, muncul bercak kehitaman, dan lebih cepat menua.Untuk mencegah kerusakan kulit, jangan lupakan 3 langkah sederhana untuk memastikan kulit kita tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti apapun. Mandi Saat panas berlebih, mandi diperlukan untuk membersihkan kotoran kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit. Pada saat cuaca dingin ekstrem, mandi diperlukan untuk membantu kelembapan kulit.Untuk itu, mandi merupakan elemen yang sangat penting. Jangan lupa untuk menghindari air yang terlalu panas pada saat cuaca dingin berlebih, dan menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar kulit dapat bertahan menghadapi cuaca ekstrem, yang dapat mengikis kelembapan kulit. Minum Air minum penting untuk hidrasi kulit. Saat cuaca dingin maupun panas berlebih, air minum akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Pastikan asupan air minum sebanyak 1,5-2 L tetap terpenuhi dalam sehari. Minimalis Gesekan pakaian, bahan kimia [...]

Sering Mandi, Kulit Jadi Happy

Sering Mandi, Kulit Jadi Happy

Kalau kulit dapat berbicara, ia pasti akan mengeluh. Bayangkan, setiap hari kulit Anda terkena panas terik sinar matahari, polusi kendaraan, dan debu kotor. Semua ini memicu kulit menjadi lekas kering dan penuaan dini.Makanya, supaya kulit jadi bersahabat, Anda harus membuatnya senang. Dan caranya gampang kok. Tak perlu repot ke spa, cukup dengan mandi. Kenapa mandi? Karena mandi adalah langkah awal pemeliharaan kulit. Mandi tak hanya membersihkan kulit, tapi juga merawat kelembutannya. Kulit jadi rileks dan tetap cantik.Tapi mandi pun ada aturannya. Berikut adalah yang harus dihindari ketika mandi: Jangan terlalu sering mandi air hangat Setelah hari yang melelahkan, enak banget rasanya mandi pakai air hangat. Badan jadi rileks. Tapi sebenarnya, mandi air hangat terlalu sering dapat membuat kulit jadi kering karena dapat mengurangi kelembapan alami kulit. Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis lipid pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan, sehingga kulit menjadi lebih kering. Terlalu sering mandi Mandi yang betul itu cukup dua kali sehari. Jadi salah kalau Anda membutuhkan waktu beberapa kali untuk mandi, karena berpotensi membuat kul [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

3+1 Makanan untuk Atasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak bisa dimiliki oleh semua perempuan dari usia muda hingga lanjut. Aktivitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan adalah penyebab utamanya. Tak heran kulit berminyak mudah dikenali dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengilap. Mengubah pola asupan nutrisi sehari-hari dapat mengatasi masalah kulit berminyak. Apa saja makanan yang perlu dikonsumsi? Berikut di antaranya:1. Hindari Makanan Rendah LemakMakanan berlemak dan makanan yang digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak karena dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. Konsumsilah makanan segar yang rendah lemak trans dan lemak jenuh. Pilih yoghurt tanpa lemak ketimbang yoghurt manis yang ditambahi susu. Olahan ikan atau unggas tanpa kulit (yang tidak digoreng) juga baik untuk disantap ketimbang ayam goreng.Berikut menu makanan lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak: Makanan Lainnya Pencegah Kulit Berminyak [...]

Solusi Kulit Berjerawat

Solusi Kulit Berjerawat

Timbulnya jerawat merupakan permasalahan lanjutan dari persoalan jenis kulit berminyak. Jerawat pada kulit umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dilapisan tengah kulit. Pada lapisan ini terdapat kelenjar lemak pilo sebacea, serta merta akibat pengaruh iklim, kosmetik, faktor keturunan, peningkatan jumlah hormon (pada masa menjelang menstruasi), debu, dan makanan berlemak (junk food), acapkali terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga demikiannya timbul jerawat pada kulit. Penting adanya ketika membersihkan kulit wajah gunakanlah sabun bayi yang dinilai aman bagi kulit orang dewasa atau dengan sabun yang pH-nya normal (pH 6-7). Tidak sulit untuk mencegah timbulnya, kuncinya adalah hidup bersih dan pola makanan bergizi. Sisanya cukup hindari penggunaan kosmetik yang berganti-ganti merk. Segeralah berkonsultasi dan berobat ke dokter jika terdapat kasus jerawat yang meradang, agar semakin cepat diberikan penanganan dan pengobatan secara medis. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan tanpa petunjuk dokter. Setiap kasus jerawat memiliki keunikan tersendiri, masing-masing kasus pun memiliki cara penanganan yang berbeda satu sama lainnya. Dalam hal ini , pada umumnya terdapa [...]

Pilihlah Sabun Dengan PH Seimbang, Maka Kulit Indah Cemerlang

Pilihlah Sabun Dengan PH Seimbang, Maka Kulit Indah Cemerlang

Namanya memilih sabun gampang-gampang sulit. Banyak yang harus diperhatikan. Salah satunya apakah sabun yang Anda pilih memiliki tingkat asam yang seimbang? Jangan berburuk sangka dulu dengan kata asam. Asam yang dimaksud di sini adalah tingkat keasaman alias pH. Nah, kulit manusia memiliki tingkat pH yang rendah. Derajatnya berkisar sekitar 5,4-5,9 namun derajat tersebut bisa berbeda-beda bergantung dari area kulit, usia, ras dan jenis kelamin (Sumber: US National Library of Medicine National Institutes of Health: Normal pH value of human skin -Red). Lalu kenapa penting untuk kita mempertahankan keseimbangan pH? Di kulit kita ada acid mantle yang melindungi kulit dari serangan alergi dan mikroorganisme. Akibat terparahnya kulit bisa terasa perih dan mengelupas. Nah, agar menjaga acid mantle tetap kokoh dan tidak rusak, maka dibutuhkan pH yang seimbang. Solusinya, plihlah sabun dengan kandungan � moisturizing milk yang berfungsi untuk mempertahankan pH balanced pada kulit. Kelebihan sabun yang mengandung � moisturizing milk, selain dapat digunakan untuk kulit tubuh juga bisa digunakan sebagai cuci muka karena pH-nya netral. (NO/HW)Sources: htt [...]

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini: 1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit- Hindari stresPada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan [...]

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita. Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas. Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda. [...]

Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *