6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6-Langkah-untuk-Memiliki-Kulit-Sehat-dan-Cantik-Copy.jpg

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.

Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P – 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:

1. Perawatan Rutin yang Teliti

Bersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam.

2. Penggunaan Sabun yang Lembut

Gunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Pelembap

Gunakan pelembap segera setelah mandi agar dapat memberikan efek optimal dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar dapat memberikan efek yang tepat.

Berikut beberapa tips lainnya untuk kulit sehat & cantik.

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

4. Tentukan Nutrisi yang Seimbang

Menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting karena makanan yang kita makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan tinggi antioksidan dapat mencegah penuaan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Makanan kaya vitamin A dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Makanan dengan kandungan lemak juga tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal. Pastikan asupan nutrisi Anda bervariasi dan seimbang sehingga kesehatan kulit dapat terjaga dari berbagai aspek.

5. Rajin Berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang berolahraga dengan rutin memiliki kulit yang lebih lentur, sehat, dan awet muda.

6. Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan tepat. Meskipun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, namun jika ruangan Anda memiliki kaca-kaca yang tembus sinar matahari (sinar ultraviolet), baik itu ruangan kantor, ruangan di dalam mobil atau ruangan dapur, maka Anda tetap membutuhkan tabir surya.

Sama seperti jantung, otak, hati, lambung, dan ginjal kita, kulit membutuhkan perhatian dan perawatan. Jadi, jangan sepelekan perawatan kulit yang tepat agar kulit senantiasa sehat dan cantik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Makanan untuk Atasi Kulit Kering

5 Makanan untuk Atasi Kulit Kering

Kulit kering sering terdapat pada orang dewasa dan lanjut usia. Penyebabnya adalah akibat ketidakseimbangan sekresi sebum. Ciri-ciri kulit kering antara lain: Bagian tengah muka normal, Di sekitar pipi dan dahi kering, tidak lembab dan tidak berminyak. Kulit terlihat sedikit kasar, namun halus karena kering jika diraba, Dirasa seperti rasa tipis, dan rapuh. Kulit kering cepat menjadi tua karena kelenjar lemak tidak berfungsi dengan baik. Untuk membuat kulit kering terhidrasi, ada baiknya Anda tidak hanya melakukan perawatan dari luar tetapi juga dari dalam, yakni dengan mengonsumsi 5 makanan sehat yang dijelaskan pada halaman berikut ini: Makanan untuk Membantu Atasi Kulit Kering 1. SeledriSeledri mengandung silica, bahan yang dapat meningkatkan kelembaban sekaligus elastisitas. Campurkan seledri dalam salad untuk sarapan agar kulit tetap lentur. 2. MentimunSeperti seledri, mentimun juga mengand [...]

6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

6 Alasan Penting Adanya Krim Untuk Kulit di Rumah

Krim untuk kulit? Bukannya itu hanya untuk urusan perempuan saja? Salah besar. Kebutuhan krim untuk kulit sejatinya dibutuhkan untuk seluruh anggota keluarga, dari anak, bahkan hingga pria dewasa, semua membutuhkan krim untuk kulit. Kok bisa? Berikut ini 6 alasan utama kenapa Anda perlu untuk senantiasa memiliki krim untuk kulit di rumah. Pertolongan Pertama Kulit Gatal karena Kulit KeringKulit gatal paling sering dicetuskan oleh kondisi kulit yang kering. Kulit yang kering membutuhkan perawatan pelembab yang paling baik dan aman untuk kulit. Anda dapat memilih krim untuk kulit yang memiliki kandungan Eucerit, Panthenol dan glycerol. Karena trio kandungan ini dapat aktif lebih baik menjaga kelembaban kulit Anda sepanjang hari. Glycerol membantu kelembaban kulit, didukung dengan Panthenol yang membantu penetrasi ke dalam lapisan kulit yang dalam, sehingga glycerol lebih awet menjaga kelembaban kulit. Eucerit adalah lanolin alkohol yang telah melalui proses pemurnian berkali-kali, yang membuatnya relative aman digunakan semua anggota keluarga. Penanganan Luka BakarLuka bakar ringan dapat Anda atasi dengan penggunaan krim untuk kulit. Dari sundutan rokok, terp [...]

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Pencegahan Jerawat untuk Ibu Hamil

Oleh: dr. Adithia Kwee Kehamilan merupakan suatu kondisi yang spesial bagi setiap wanita. Selain kegembiraan karena kehamilan, terkadang ada berbagai kondisi tambahan yang dapat memperberat dan menyulitkan kehamilan seorang wanita. Kehamilan memang mempengaruhi seluruh kondisi tubuh, termasuk kulit. Salah satu yang paling sering dikeluhkan oleh Ibu hamil adalah jerawat. Lalu timbulah pertanyaan ini, bisakah jerawat dicegah? Kabar baik, jerawat dapat dicegah, ikuti tips berikut ini: Mulailah mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Perlu diketahui makanan dengan indeks glikemik tinggi berarti makanan tersebut dengan cepat menaikkan kadar gula dalam darah, makanan dengan indeks glikemik rendah bermakna sebaliknya. Kadar gula yang tinggi di darah tentunya akan memacu kadar insulin yang juga akan meninggi di darah, insulin inilah yang kemudian membuat aktivitas kelenjar minyak menjadi berlebihan, jerawat pun lebih mudah timbul. Makanan dengan indeks glikemik rendah antara lain: Sayur-sayuran, Buah, yoghurt, makanan rendah karbohidrat, [...]

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Kulit Lebih Sehat di Tahun Baru

Siapa yang tidak ingin merasa lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya? Tentunya kebanyakan dari kita ingin merasa lebih baik dari sebelumnya, bukan? Apalagi jika kita bicara soal penampilan. Ingin tampil lebih menarik, ingin tampil lebih baik dan tentunya sekaligus ingin tampil lebih sehat. Bagi Anda yang memiliki tekad memperbaiki penampilan di tahun baru 2014 ini, maka simak tips-tips perawatan berikut ini: 1. Jauhi Kebiasaan Buruk untuk Kulit- Hindari stresPada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit yang disebut dengan neuropeptida. Hormon ini sebenarnya berfungsi untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Namun karena kondisi stres, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Jadi untuk menghindari stres, Anda dapat melakukan aktivitas relaksasi seperti yoga atau pemijatan. Anda dapat melakukan pemijatan ringan dengan menggunakan krim untuk kulit yang mengandung glycerol, eucerit dan panthenol. Glycerol selain bersifat melubrikasi, juga sekaligus memberikan [...]

Stretch Marks di Saat Hamil

Stretch Marks di Saat Hamil

Wanita hamil sebagian besar akan mendapatkan stretch marks pada bagian-bagian tertentu tubuhnya selama melalui masa kehamilannya. Dalam dunia medis stretch marks disebut dengan striae gravidarum. Beberapa wanita akan mendapat stretch marks di bagian perut. Beberapa wanita hamil lain akan mengalami stretch marks di daerah dada, lengan atas, pinggang, paha bagian dalam dan bokong. Biasanya stretch marks ini akan timbul ketika tubuh wanita menjadi semakin bertambah besar selama kehamilan. Stretch marks dapat berwarna merah, kecoklatan atau keunguan. Setelah persalinan stretch marks tersebut akan menjadi berwarna keputihan atau keabuan. Stretch marks dalam kehamilan disebabkan terutama disebabkan karena peregangan kulit dan pengaruh hormon. Namun, stretch marks dapat juga disebabkan oleh beberapa hal lain selain karena peregangan kulit yang disebabkan oleh kehamilan, yaitu: Peningkatan berat badan yang bermakna, olah raga dengan angkat beban dan usia remaja dalam pertumbuhan dapat menyebabkan peregangan kulit yang menyebabkan timbulnya stretch marks. Penggunaan krim kortikosteroid ataupun obat minum kortikosteroid dalam jangka waktu lama. Penyakit gangguan hormon, seperti [...]

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

Kulit merupakan organ tubuh terbesar yang membungkus otot serta pembuluh darah. Seperti halnya organ tubuh lainnya, kulit pun membutuhkan perawatan dan perlindungan. Untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk melakukan perawatan mahal. Jadi, bagaimana solusinya? Cukup dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga penampilan, termasuk kulit. Nah, untuk menjalani gaya hidup sehat, ada beberapa kebiasaan yang perlu Anda hindari, berikut diantaranya: 1. Berlama-lama di bawah sinar matahari Berjemur selama 15 - 20 menit pada pagi hari memang memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi, jika kulit terlalu sering terpapar matahari di waktu yang salah tanpa tabir surya maka dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Anda dapat dengan mudah mengetahui bila seseorang sering beraktivitas di bawah sinar matahari dalam jangka waktu lama dan tanpa pelindung. Kulit akan terlihat lebih keriput dan dipenuhi dengan flek atau noda hitam. 2. Malas menggunakan tabir surya Banyak orang membuat kesalahan terbesar dengan tidak menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yan [...]

Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

Stres Menyebabkan Kelainan Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit? Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang [...]

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

6 Makanan yang Perlu Dikendalikan Demi Kesehatan Kulit

Pepatah lama ?You are what you eat? juga berlaku untuk kesehatan kulit. Bahkan, nutrisi yang buruk memiliki dampak yang sama jeleknya dengan merokok. Mengapa demikian? Pola makan yang buruk dapat menyebabkan peradangan, yang memicu stres oksidatif dan pada akhirnya merusak kolagen serta DNA. Inilah yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih tua. Berikut adalah 6 jenis makanan yang perlu Anda hindari agar kesehatan kulit tetap terjaga:1. Nasi putihNasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang akan mempengaruhi pelepasan insulin. Karbohidrat apapun dengan indeks glikemik tinggi dapat membuat penumpukan ?gula? di dalam tubuh sehingga menyebabkan wajah terlihat lebih tua.2. Kue Beras Dulu kue beras menjadi makanan para supermodel untuk menjaga berat badan, kemudian hal tersebut diikuti oleh banyak orang. Namun sayangnya menurut Valori Treloar, MD, dermatologi dan penulis The Clear Skin Diet, kue beras dapat menyebabkan gula darah melonjak dan mempercepat pembentukan keriput. [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Cara Menilai Jenis Kulit Sendiri dengan Tepat

Cara Menilai Jenis Kulit Sendiri dengan Tepat

Kulit wajah memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi kecantikan. Bila tidak diimbangi oleh kulit wajah yang sehat, Anda pun akan tampak kusam dan lelah. Sayangnya, sebagian dari Anda bahkan tidak mengenal jenis kulit sendiri, sehingga sulit bagi Anda untuk memilih perawatan yang baik dan tepat.Nah, berikut ini jenis-jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui. Termasuk yang manakah Anda?Kulit keringCiri-ciri: Pori-pori umumnya tidak terlihat Kurang elastis Kusam dan tidak bercahaya Terlihat adanya garis kerutan halus Kulit normalCiri-ciri: Lembap. Tidak terasa seperti ?ditarik? dan tidak terasa berminyak. Halus dan mulus Tidak ada jerawat Elastis Ciri Jenis Kulit dan Cara Mengenalinya Kulit kombinasiCiri-ciri: Kering dan berminyak di bagian berbeda Terasa berminyak di area ?T?: dahi, hidung, dagu Pori-pori membesar Kulit mengilat Kulit sensitifCiri-ciri: Sangat kering Mudah bereaksi dengan berbagai produk kecantikan Kemerahan, gatal, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *