6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6-Langkah-untuk-Memiliki-Kulit-Sehat-dan-Cantik-Copy.jpg

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.

Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P – 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:

1. Perawatan Rutin yang Teliti

Bersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam.

2. Penggunaan Sabun yang Lembut

Gunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Pelembap

Gunakan pelembap segera setelah mandi agar dapat memberikan efek optimal dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar dapat memberikan efek yang tepat.

Berikut beberapa tips lainnya untuk kulit sehat & cantik.

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

4. Tentukan Nutrisi yang Seimbang

Menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting karena makanan yang kita makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan tinggi antioksidan dapat mencegah penuaan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Makanan kaya vitamin A dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Makanan dengan kandungan lemak juga tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal. Pastikan asupan nutrisi Anda bervariasi dan seimbang sehingga kesehatan kulit dapat terjaga dari berbagai aspek.

5. Rajin Berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang berolahraga dengan rutin memiliki kulit yang lebih lentur, sehat, dan awet muda.

6. Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan tepat. Meskipun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, namun jika ruangan Anda memiliki kaca-kaca yang tembus sinar matahari (sinar ultraviolet), baik itu ruangan kantor, ruangan di dalam mobil atau ruangan dapur, maka Anda tetap membutuhkan tabir surya.

Sama seperti jantung, otak, hati, lambung, dan ginjal kita, kulit membutuhkan perhatian dan perawatan. Jadi, jangan sepelekan perawatan kulit yang tepat agar kulit senantiasa sehat dan cantik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Cantik & Sehat ala Julie Estelle

Cantik & Sehat ala Julie Estelle

"Yang jelas, aku ngga ada pantangan makan," demikian tuturnya ketika ditanya Klikdokter soal kiat menjaga kesehatan Julie Estelle. Gadis kelahiran 1989 silam ini juga mengaku tidak banyak kiat kesehatan lainnya yang rutin dijalani. Meskipun demikian, Julie ada satu kegiatan olahraga rutin yang sedang diupayakan. "Dulu waktu sekolah aku sering berenang, tetapi sekarang sudah ngga pernah rutin lagi. Tapi sekarang karena aku sedang terlibat syuting film action dan ada tuntutan menggemukan badan dengan otot, jadi aku mulai nge-gym, for gaining my muscles" tutur Julie yang diproyeksikan akan mengambil peran sebagai Hammer Girl di film Berandal garapan sutradara Gareth Evans yang akan dirilis pertengahan 2014. Pemilik nama lengkap Julie Estelle Gasnier memang sangat mengedepankan esensi professional dalam berkarirnya. Diakui dirinya waktu yang tersedia baginya sangat sedikit untuk menyempatkan berolahraga secara rutin. Agaknya gayung bersambut, kesibukannya dalam film terbarunya membuat aktris peraih penghargaan Most Favorite Rising Star MTV 2005 ini akan lebih rutin berolahraga. Selain dikenal karena senyumannya yang menawan, aktris yang memulai berkarir dari tahun 2005 ini juga memilik [...]

Tips Merawat Kulit

Tips Merawat Kulit

Tips Merawat Kulit Berikut beberapa tips dalam perihal usaha merawat kulit kian optimal yang telah melalui pertimbangan medis: Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah AndaPenting adanya faktor kebersihan dalam melakukan perawatan wajah. Bakteri bisa datang dari mana saja, temasuk diantaranya tangan kita sendiri. Senantiasa lakukan pembersihan kulit pada pagi dan malam hari Kulit yang telah seharian ikut beraktivitas tanpa kita sadari terpapar oleh bakteri ataupun kuman, oleh karena itu penting untuk melakukan pembersihan kulit wajah pada malam hari. Pun, pembersihan di pagi hari adalah guna membersihkan kulit dari lemak yang dikeluarkan oleh tubuh selama tidur malam hari. Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Lakukan dengan cairan penyegar guna memberikan efek relaksasi pada kulit setelah lelah beraktifitas. Untuk kulit kering: Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda: lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka Mulailah menggunakan produk perawatan anti-aging, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebi [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Merawat Kulit dari Dalam dan Luar Agar Bebas Keriput

Kulit berperan sebagai pembatas antara lingkungan eksternal dengan internal (tubuh) oleh karena itu berperan penting untuk perlindungan terhadap kerusakan mekanik, kimia, mikroorganisme, maupun kerusakan karena ultraviolet. Bagaimana dengan kesehatan kulit Anda? Apakah Anda mulai menyadari kerutan pada wajah Anda? Apakah Anda mengetahui bahwa konsumsi makanan tertentu dapat membantu mengurangi kulit keriput? Nutrisi dan perawatan kulit memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan kulit secara keseluruhan dari dalam dan luar tubuh.Makanan membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Cobalah sertakan beberapa makanan berikut dalam menu harian Anda yang dapat membantu untuk mengurangi kulit keriput berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan: Sayuran Hijau dan Kuning Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi sayuran hijau dan kuning secara signifikan mengurangi keriput pada kulit. Kandungan antioksidan pada sayur-sayuran dapat mengurangi kerusakan kulit karena radikal bebas. Bayam, seledri, dan asparagus merupakan beberapa contoh sayuran yang telah diteliti dapat mengurangi kerutan pada kulit. Ikan Salmon dan ikan lainnya merupakan sumber protein yang penting. Protein diperl [...]

Kerutan dan Keriput

Kerutan dan Keriput

Kerut dan keriput tidak hanya menyerang kulit wajah anda, tapi juga kulit tubuh. Kulit tubuh yang kendur lebih sering diabaikan karena tidak terlihat dari luar, tidak seperti halnya keriput di wajah. Proses penuaan pada kulit memang tidak bisa dihindari. Penuaan ini di mulai saat kolagen dan elastin di kulit dermal mengalami degenerasi. Faktor utama yang menyebabkan degenerasi kolagen dan elastin adalah sinar UV matahari. Bagian kulit tubuh yang terlihat lebih cepat menua adalah talapak tangan bagian atas, paha dan betis. Proses penuaan biasanya di mulai saat seseorang memasuki usia 40 tahun dan akan semakin cepat jika kulit tubuh anda selalu dibiarkan tanpa pelembab yang baik. Dan saat memasuki usia 50 tahun, penuaan kulit akan semakin parah dengan kendurnya otot-otot tubuh jika Anda kurang olahraga. Menjadi tua merupakan hal alami yang pasti dialami oleh setiap orang. Tapi menjadi tua tidak berarti anda harus tampil dengan wajah yang tua juga. Segala permasalahan kulit seperti keriput, kering, kusam dan flek, dapat diatasi dengan perawatan wajah yang benar. Memiliki tubuh yang sehat dan bebas keriput, bukanlah suatu hal mustahil. Seperti halnya dengan kulit wajah, kesehatan kulit [...]

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

5 Kebiasaan Penyebab Kulit Sensitif & Kering

Kulit impian para wanita adalah kulit sehat, putih, dan bersih. Untuk mendapatkannya, setiap wanita akan melakukan berbagai cara. Tapi kadang, selalu saja muncul masalah pada kulit yang mengesalkan, salah satunya kulit sensitif dan kering. Ada banyak faktor yang membuat kulit Anda menjadi kering: Kebiasaan mandi dengan air panas Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan mandi dengan air bertemperatur ruangan. Kebiasaan malas minum air putihKurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kulit kering.Seringlah minum air putih terutama kalau Anda ada di dalam ruangan ber-AC. Kebiasaan malas mengkonsumsi makanan sehatPenelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung omega 3 akan membantu membentengi minyak alami kulit. Kebiasaan usia lanjutFungsi organ tubuh akan berkurang sejalan bertambahnya usia. Pada usia lanjut, pembentukan zat elastin untuk menjaga elastisitas kulit akan berkurang. Kebiasaan merokokZat-zat dalam rokok dapat merusak jaringan kolagen yang berfungsi sebagai elastisitas kulit. Solusinya mengatasi kulit [...]

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Atasi Kulit Kering dengan Makanan Ini

Kulit menjadi kering ketika tidak mampu mempertahankan kelembapan yang cukup. Hal ini dapat terjadi akibat proses penuaan, terlalu sering mandi, penggunaan sabun yang tidak tepat, iklim yang dingin, atau akibat adanya masalah medis tertentu.Agar kulit yang kering senantiasa lembap dan bebas masalah, tidak cukup hanya dengan menggunakan produk kecantikan atau mengubah pola hidup. Banyak orang yang menginginkan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga. Salah satunya adalah dengan memperbaiki nutrisi untuk tubuh sehingga sel kulit dapat memperbaiki diri, mempertahankan kelembapannya, serta membentengi diri dari berbagai masalah.Langkah berikut dapat Anda lakukan sehari-hari agar kulit tetap lembap dan bebas masalah:1. Minum air.Air mudah ditemukan di sekitar Anda. Agar tubuh tetap sehat, konsumsi air yang disarankan adalah sekitar 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita. Sisa metabolisme sel kulit akan lebih mudah keluar bila konsumsi air mencukupi. Selain itu kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak segar, berkilau, dan lembap.2. Konsumsi buah dan sayuran segar.Sama seperti air, buah dan sayuran selalu te [...]

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

5 Kebiasaan Yang Merusak Kulit

Kita sering tidak menyadari bahwa beberapa kegiatan atau kebiasaan yang kita lakukan ternyata berdampak buruk pada kesehatan kulit. Hindari kebiasaan-kebiasaan ini: 1. Memasang Wajah Sedih Isi hati yang sedih direfleksikan oleh ekspresi wajah yang sedih pula ? dahi berkerut, bibir manyun, otot-otot wajah tegang. Selain mengatasi rasa sedih, ada satu cara instan untuk wajah Anda. Cobalah menggerakkan telinga ke belakang tanpa menyentuhnya. Anda tidak bisa mengkerutkan wajah sambil mencoba menggerakkan telinga ke belakang. Selain itu Anda dapat merasa terhibur. 2. Lupa Menggunakan Tabir Surya Sembilan puluh persen kerutan wajah disebabkan oleh pajanan matahari. Penggunaan tabir surya sangat penting dalam hal pencegahan penuaan wajah. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari. Tabir surya yang Anda gunakan sebaiknya melindungi dari sinar UVA dan UVB (broad sprectum). Sinar UVB membakar kulit, sedangkan UVA menyebabkan kulit menjadi lebih gelap namun berkeriput. 3. Banyak Makan Makanan Manis Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan kulit melalui proses yang disebut glikasi. Gula ?menyerang? kolagen dan elastin yang diperl [...]

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Inilah yang dapat mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh. Yang lebih menyebalkan: kulit wajah Anda ikut terkena dampaknya. Seperti diketahui, kortisol memicu peradangan yang dapat memecah kolagen ? protein yang membantu kulit tetap elastis, kencang dan bebas keriput. Tapi Anda tak perlu cemas. Anda masih bisa melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengekang tingkat stres dan melindungi kulit. Bagaimana caranya? Berikut ini 8 cara efektif untuk menurunkan kortisol dan mempertahankan kecantikan kulit:1. Minum teh hitamPenelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam. Kandungan kimia alaminya seperti polifenol dan flavonoid dipercaya ampuh untuk efek menenangkan.2. Pergi ke tempat-tempat hijauLewatkanlah waktu untuk pergi tempat-tempat hijau seperti taman. Lakukan yoga atau rapat kantor di area terbuka ketimbang ruang konferensi yang kaku dan minimalis.3. Mendengarkan musikDi Japan?s Osaka Medical Ce [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *