6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6-Langkah-untuk-Memiliki-Kulit-Sehat-dan-Cantik-Copy.jpg

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.

Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P – 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:

1. Perawatan Rutin yang Teliti

Bersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam.

2. Penggunaan Sabun yang Lembut

Gunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Pelembap

Gunakan pelembap segera setelah mandi agar dapat memberikan efek optimal dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar dapat memberikan efek yang tepat.

Berikut beberapa tips lainnya untuk kulit sehat & cantik.

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

4. Tentukan Nutrisi yang Seimbang

Menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting karena makanan yang kita makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan tinggi antioksidan dapat mencegah penuaan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Makanan kaya vitamin A dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Makanan dengan kandungan lemak juga tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal. Pastikan asupan nutrisi Anda bervariasi dan seimbang sehingga kesehatan kulit dapat terjaga dari berbagai aspek.

5. Rajin Berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang berolahraga dengan rutin memiliki kulit yang lebih lentur, sehat, dan awet muda.

6. Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan tepat. Meskipun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, namun jika ruangan Anda memiliki kaca-kaca yang tembus sinar matahari (sinar ultraviolet), baik itu ruangan kantor, ruangan di dalam mobil atau ruangan dapur, maka Anda tetap membutuhkan tabir surya.

Sama seperti jantung, otak, hati, lambung, dan ginjal kita, kulit membutuhkan perhatian dan perawatan. Jadi, jangan sepelekan perawatan kulit yang tepat agar kulit senantiasa sehat dan cantik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Bersahabat dengan Make-up

Bersahabat dengan Make-up

Kaum perempuan pada umumnya mengenal make-up secara dekat. Apalagi saat ini semakin semarak macam dan jenis riasan. Rasanya tampilan belum lengkap tanpa pulasan make-up. Tapi tahukah Anda cara perawatan kulit yang tepat setelah penggunaan make-up agar kulit tetap sehat? Tahukah Anda risiko apa saja yang dapat menimpa kulit Anda akibat pemilihan kosmetik dan cara perawatan kulit yang tidak tepat?Setiap kali setelah menggunakan make-up, kita harus membersihkan kulit. Sangat penting untuk mencuci muka setiap kali setelah menggunakan make-up. Mengapa?Inilah yang terjadi pada kulit Anda ketika menggunakan make-up : Ketika menggunakan make up, secara langsung zat-zat yang terkandung di dalamnya akan menempel pada kulit. Terdapat berbagai zat kosmetik yang mempunyai potensi menyebabkan jerawat. Jerawat dapat muncul dalam beberapa hari saja setelah penggunaan, bisa juga muncul setelah pemakaian kosmetik beberapa waktu. Kelainan kulit yang timbul dapat berupa jerawat merah berisi nanah, ataupun yang berbentuk komedo. Pemakaian foundation terutama pada kulit berminyak dapat menyebabkan sumbatan saluran kelenjar minyak. Selain dapat menimbulkan jerawat, hal ini dapat juga menyebabkan pori [...]

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kenali Pencetus Munculnya Eksim

Kulit gatal, kemerahan, sensitif, bersisik, dan berbintil-bintil? Keluhan-keluhan tersebut adalah keluhan-keluhan yang sering didapatkan penyakit eksim (dermatitis).Eksim (dermatitis) merupakan kondisi kulit yang biasanya terjadi karena alergi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan dermatitis atopik. Tampilannya dapat berbeda-beda. Pada anak-anak, kelainan kulit dapat basah dan gatal. Sedangkan, pada orang dewasa biasanya memberikan tampilan eksim kering pada kulit.Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi keparahan eksim. Berat badan yang berlebih dapat membuat gesekan kulit bertambah dan meningkatkan kelembapan sehingga dapat menyebabkan eksim bertambah parah, namun tidak menjadi penyebab langsung. Pada beberapa orang, makanan juga dapat menjadi pencetus munculnya eksim. Faktor-faktor ini biasanya sifatnya individual, berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.Berikut beberapa hal yang membuat kondisi eksim semakin parah: [...]

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Berapa Kali Dalam Sehari Baiknya Membersihkan Wajah?

Rekomendasi umum yang beredar di masyarakat, memang dianjurkan untuk mencuci wajah dengan frekuensi dua kali sehari menggunakan pembersih yang ringan serta tidak bersifat iritatif. Masyarakat awam percaya bahwa kulit yang super bersih tanpa ada kuman sedikitpun akan membuat wajah semakin berkilau dan terhindar dari berbagai macam masalah. Inilah mitos yang harus diluruskan.Kegiatan membersihkan wajah dan aktivitas menggosok berlebihan ternyata dapat memperburuk kondisi kulit karena flora normal kulit yang sejatinya berfungsi untuk memberikan proteksi juga akan hilang bersamaan dengan kelembaban di lapisan luar kulit yang terkikis dengan cairan pembersih tersebut.Pasalnya, sudah ada penelitian di Harvard Medical School mengenai hal tersebut. Berikut penjelasannya: Frekuensi Membersihkan Wajah Sekelompok peneliti dari Harvard Medical School melakukan penelitian pada sekelompok populasi yang memuci waj [...]

Saat Mandi, Saatnya Merawat Kulit Tubuh

Saat Mandi, Saatnya Merawat Kulit Tubuh

Mandi itu penting! Mandi bukan sekedar rutinitas membersihkan tubuh tapi juga pangkal dari kulit indah Anda. Ketika Anda mandi, Anda sekaligus merawat kulit tubuh Anda. Namun tidak sedikit yang kurang memahami hal tersebut. Padahal, salah pilih sabun bisa-bisa kulit Anda malah bukan menjadi perawatan kulit, tapi justru dapat membuat kulit menjadi kering. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam mandi adalah penggunaan sabun mandi. Ilmunya cukup satu: Pilihlah sabun mandi yang mengandung bahan pembersih yang lembut, mengandung nutrisi dan pelembab dengan bahan yang dapat menyerap ke dalam kulit. Jika jenis kulit Anda kering, hindari sabun antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering dan mulai gunakan sabun mandi yang mengandung moisturizing milk. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit Anda agar tetap sehat serta terasa lembut dan kenyal. Selain itu, dengan bahan pembersih yang lembut dapat digunakan untuk kulit sensitif. (NO/HW) Sources: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1980146/?page=1: Soap & the Skin http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11845951: Soaps and detergents: understanding their composition and effect. Ditulis oleh: dr.Nadia Octavia Ang [...]

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo - Komedo adalah penyumbatan pori-pori pada kulit dan menimbulkan titik hitam atau putih yang biasanya terjadi di wajah, leher, dada atau punggung. Hal ini seringkali dialami oleh remaja yang menginjak masa pubertas.Sebelum kita bisa memahami bagaimana langkah menghilangkan komedo yang benar, ada baiknya kita mengenal dahulu bagaimana serba-serbi komedo terlebih dahulu.Komedo terjadi karena terdapatnya produksi berlebihan dari kelenjar minyak (sebum), kemudiannya karena berlebihan sebum itulah akhirnya menjadi penyumbatan di pori-pori.Terdapat 2 jenis komedo: Komedo terbuka atau yang lebih dikenal dengan blackheads Komedo tertutup atau yang lebih dikenal dengan whiteheads Cara Menghilangkan Komedo: Jenis-jenis Komedo 1. Komedo terbukaKomedo terbuka terjadi ketika produksi minyak atau sebum yang berlebih "membanjiri" pori-pori dan menyumbat pori itu sendiri. Sebum kemudian dapat menjadi "sarang bakteri" dan sel kulit mati yang kemudian bisa menjadi cikal bakal jerawat.Udara dapat masuk ke dalam komedo terbuka, mengoksidasi sebum dan mengubah warnanya dari putih ke hitam (blackheads). 2. Komedo tertutupSama saja pada komedo terbu [...]

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

Cara Kulit Tetap Cantik di Usia 40

40 mungkin angka yang cukup ditakuti oleh banyak wanita. Pada usia tersebut, kemampuan kulit untuk mempertahankan kondisinya semakin menurun sehingga tanda-tanda penuaan pada wajah mulai terlihat secara signifikan. Misalnya, garis-garis halus di sekitar mata, kerutan, serta penurunan kekencangan kulit.Proses penuaan tersebut dipengaruhi oleh banyak hal, di antaranya paparan sinar matahari, polusi, stres, dan lainnya.Berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terlihat cantik dan segar: Lakukan pengelupasan Pengelupasan atau eksfoliasi adalah pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit. Menghapus sel-sel mati akan memperbaiki warna kulit, membuka penyumbatan pori-pori, dan membantu mencegah jerawat. Gunakan scrub wajah yang lembut Gunakan pelembap Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung menjadi kering karena kelenjar penghasil minyak menjadi kurang aktif. The Mayo Clinic merekomendasikan untuk memilih pelembap berbasis minyak yang mengandung petrolatum, bersamaan dengan antioksidan atau AHA untuk memerangi kerutan Fokus pada mata Riasan pada mata akan mengalihkan perhatian dari setiap garis-garis halus atau kerutan. Untuk se [...]

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

8 Jurus Bebas Stres & Kulit Tetap Cantik

Ketika Anda mengalami stres, tubuh akan melepas hormon kortisol. Inilah yang dapat mengakibatkan perubahan proses metabolisme tubuh. Yang lebih menyebalkan: kulit wajah Anda ikut terkena dampaknya. Seperti diketahui, kortisol memicu peradangan yang dapat memecah kolagen ? protein yang membantu kulit tetap elastis, kencang dan bebas keriput. Tapi Anda tak perlu cemas. Anda masih bisa melakukan langkah-langkah sederhana untuk mengekang tingkat stres dan melindungi kulit. Bagaimana caranya? Berikut ini 8 cara efektif untuk menurunkan kortisol dan mempertahankan kecantikan kulit:1. Minum teh hitamPenelitian yang dilakukan di University College London menunjukkan bahwa ketika diberi tugas yang sulit dan rentan stres, mereka yang mengonsumsi teh hitam secara rutin mengalami penurunan kortisol 20% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak minum teh hitam. Kandungan kimia alaminya seperti polifenol dan flavonoid dipercaya ampuh untuk efek menenangkan.2. Pergi ke tempat-tempat hijauLewatkanlah waktu untuk pergi tempat-tempat hijau seperti taman. Lakukan yoga atau rapat kantor di area terbuka ketimbang ruang konferensi yang kaku dan minimalis.3. Mendengarkan musikDi Japan?s Osaka Medical Ce [...]

Cara Menilai Jenis Kulit Sendiri dengan Tepat

Cara Menilai Jenis Kulit Sendiri dengan Tepat

Kulit wajah memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi kecantikan. Bila tidak diimbangi oleh kulit wajah yang sehat, Anda pun akan tampak kusam dan lelah. Sayangnya, sebagian dari Anda bahkan tidak mengenal jenis kulit sendiri, sehingga sulit bagi Anda untuk memilih perawatan yang baik dan tepat.Nah, berikut ini jenis-jenis kulit wajah yang perlu Anda ketahui. Termasuk yang manakah Anda?Kulit keringCiri-ciri: Pori-pori umumnya tidak terlihat Kurang elastis Kusam dan tidak bercahaya Terlihat adanya garis kerutan halus Kulit normalCiri-ciri: Lembap. Tidak terasa seperti ?ditarik? dan tidak terasa berminyak. Halus dan mulus Tidak ada jerawat Elastis Ciri Jenis Kulit dan Cara Mengenalinya Kulit kombinasiCiri-ciri: Kering dan berminyak di bagian berbeda Terasa berminyak di area ?T?: dahi, hidung, dagu Pori-pori membesar Kulit mengilat Kulit sensitifCiri-ciri: Sangat kering Mudah bereaksi dengan berbagai produk kecantikan Kemerahan, gatal, [...]

Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit

Waktu-waktu Tepat Merawat Kulit

Dalam segi perawatan waktunya, kesemua metode tersebut disesuaikan kembali dengan kebutuhan kebersihan kulit wajah, yakni: Perawatan Harian :Untuk perawatan harian lakukan proses Pembersihan dan Penyegaran 2x sehari. Perawatan Mingguan :Untuk perawatan mingguan lakukan proses seluruhnya secara berkala 2 kali dalam seminggu. Perawatan Kulit Bermasalah : � Kulit Berjerawat Melakukan perawatan rutin Pembersihan dan Penyegaran setiap hari serta mengobati bagian jerawat saja. Dilarang keras melakukan Peeling dan Massage. � Kulit Flek a. Melakukan perawatan harian (Pembersihan dan Penyegaran). b.Menipiskan flek dengan mengobati bagian fleknya saja agar flek menipiskan/hilang dengan Peeling, Massage (Pengurutan) dan Pemupukan. � Kulit Keriput a. Melakukan perawatan wajah yang keriput agar kulit wajah lembab lebih kencang dan halus. b. Secara rutin melakukan harian (Pembersihan& Penyegaran). c. Memupukkan kulit dengan perawatan nutrisi pada malam hari dengan krem malam. d. Setiap minggu melakukan perawatan P5 secara lengkap dan Pemupukan / Masker khusus untuk kulit keriput. Pemutihan (Pencerahan [...]

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

3 Langkah Perawatan Kulit Saat Cuaca Ekstrem!

Tanpa kita sadari, cuaca panas terik yang menyengat atau cuaca dingin dengan kelembapan rendah dapat membuat kulit menjadi kering, retak, gatal, dan kusam. Jika dibiarkan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat maka dapat menyebabkan kulit menjadi lebih cepat berkerut, muncul bercak kehitaman, dan lebih cepat menua.Untuk mencegah kerusakan kulit, jangan lupakan 3 langkah sederhana untuk memastikan kulit kita tetap sehat dalam kondisi cuaca seperti apapun. Mandi Saat panas berlebih, mandi diperlukan untuk membersihkan kotoran kulit dan membantu menjaga kelembapan kulit. Pada saat cuaca dingin ekstrem, mandi diperlukan untuk membantu kelembapan kulit.Untuk itu, mandi merupakan elemen yang sangat penting. Jangan lupa untuk menghindari air yang terlalu panas pada saat cuaca dingin berlebih, dan menggunakan sabun yang mengandung pelembap agar kulit dapat bertahan menghadapi cuaca ekstrem, yang dapat mengikis kelembapan kulit. Minum Air minum penting untuk hidrasi kulit. Saat cuaca dingin maupun panas berlebih, air minum akan membantu menjaga kelembapan kulit dari dalam. Pastikan asupan air minum sebanyak 1,5-2 L tetap terpenuhi dalam sehari. Minimalis Gesekan pakaian, bahan kimia [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *