6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

6-Langkah-untuk-Memiliki-Kulit-Sehat-dan-Cantik-Copy.jpg

Setiap wanita menginginkan kulit yang cantik. Namun, apa definisi dari kulit yang cantik yang sebenarnya? Kulit yang cantik adalah kulit yang sehat, terawat, dan dapat membuat seseorang merasa nyaman dan percaya diri. Definisi tersebut tidak dapat terwujud secara instan dan dalam semalam. Untuk mencapai hal tersebut, tentu saja diperlukan langkah-langkah khusus yang dilakukan dengan rutin dan cermat.

Jadi bagaimana kita dapat memiliki kulit yang sehat dan cantik? Berikut ini adalah 6 langkah khusus, 3P – 3T yang dapat mewujudkan kulit sehat dan cantik yang telah dilakukan juga oleh para wanita dengan kulit sehat dan cantik:

1. Perawatan Rutin yang Teliti

Bersihkanlah kulit dua kali sehari. Jangan terlalu sering karena dapat mengganggu lapisan minyak alami kulit, namun juga jangan terlalu jarang karena dapat membuat kulit kotor dan kusam. Pastikan agar semua riasan, tabir surya, pelembap, dan bahan apa pun yang diaplikasikan pada kulit pada pagi atau siang hari dibersihkan sebelum tidur malam.

2. Penggunaan Sabun yang Lembut

Gunakanlah sabun yang lembut yang mengandung pelembap cukup untuk kulit. Hindari sabun yang mengandung pewangi berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Pelembap

Gunakan pelembap segera setelah mandi agar dapat memberikan efek optimal dalam menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit agar dapat memberikan efek yang tepat.

Berikut beberapa tips lainnya untuk kulit sehat & cantik.

6 Langkah untuk Memiliki Kulit Sehat & Cantik

4. Tentukan Nutrisi yang Seimbang

Menentukan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi penting karena makanan yang kita makan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Makanan tinggi antioksidan dapat mencegah penuaan. Makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti sayur dan buah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Makanan kaya vitamin A dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Makanan dengan kandungan lemak juga tetap dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal. Pastikan asupan nutrisi Anda bervariasi dan seimbang sehingga kesehatan kulit dapat terjaga dari berbagai aspek.

5. Rajin Berolahraga

Penelitian menunjukkan bahwa para wanita yang berolahraga dengan rutin memiliki kulit yang lebih lentur, sehat, dan awet muda.

6. Tabir Surya

Gunakanlah tabir surya dengan tepat. Meskipun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, namun jika ruangan Anda memiliki kaca-kaca yang tembus sinar matahari (sinar ultraviolet), baik itu ruangan kantor, ruangan di dalam mobil atau ruangan dapur, maka Anda tetap membutuhkan tabir surya.

Sama seperti jantung, otak, hati, lambung, dan ginjal kita, kulit membutuhkan perhatian dan perawatan. Jadi, jangan sepelekan perawatan kulit yang tepat agar kulit senantiasa sehat dan cantik!

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Dampak Buruk Sinar Matahari untuk Kulit

Setiap makhluk hidup di permukaan bumi terpapar terhadap sinar ultraviolet (UV) yang merupakan bagian dari sinar matahari. Sinar matahari selain dibutuhkan sebagai sumber energi utama kehidupan, juga dapat memberikan pengaruh yang baik secara langsung bagi tubuh.Dalam porsi kecil, sinar matahari dapat mengaktifkan vitamin D dalam tubuh yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Meskipun demikian, sinar UV dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan bahan genetik tubuh (DNA) yang merupakan awal mula terjadinya kanker kulit. Paparan sinar UV yang berlebih juga dapat menyebabkan kulit terbakar, kulit menghitam, penuaan dini, munculnya kerutan lebih cepat, dan kanker kulit.Ironisnya, dengan semakin luasnya kerusakan ozon, paparan radiasi ultraviolet yang mencapai perbukaan bumi menjadi semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak dapat diabaikan.Sinar UV dikelompokkan ke dalam 3 jenis, ultraviolet A (UVA), ultraviolet B (UVB), dan ultraviolet C (UVC), yang masing-masing berbeda panjang gelombangnya. Meskipun UVA dapat menembus ke dalam kulit, UVB merupakan sinar yang lebih berperan dalam menyebabkan kerusakan kulit.Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu [...]

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Tahukah Kamu Bahwa Polusi dapat Membahayakan Kesehatan Kulit Kita?

Kulit berfungsi sebagai pelindung terhadap air, suhu yang ekstrem, sinar matahari dan bahan-bahan kimia. Sebagai bagian tubuh yang paling luar, kulit merupakan salah satu organ yang paling banyak terpengaruh oleh sinar matahari dan polusi udara. Polusi dan polutan dapat menembus kulit, merusak kulit bahkan hingga masuk ke dalam tubuh, dan karena wajah adalah bagian kulit yang jarang tertutup, maka kulit wajah menjadi bagian kulit yang sering terpapar dengan polutan. Polusi dapat menjadi faktor penyebab tidak langsung dan faktor penyebab langsung terhadap kerusakan kulit. Penyebab Tidak Langsung Saat ini polusi sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, terutama bagi yang tinggal di daerah perkotaan. Polusi dapat menyebabkan kerusakan ozon. Ozon yang semakin menipis menyebabkan meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV) terutama Ultraviolet B. Hal ini berkaitan langsung dengan terjadinya kanker kulit.Selain itu, ada penyebab langsung. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

5 Barang Rumah Penyebab Iritasi Kulit

Anda sering mengeluh gatal pada tangan? Atau mengeluh adanya kemerahan pada kulit? Iritasi kulit sangat umum terjadi, dan bisa jadi Anda tidak mengetahui penyebabnya. Sering kali penyebab iritasi kulit adalah barang yang ada di sekitar kita. Bahkan penyebab iritasi kulit di sekitar kita kerap kali merupakan barang yang tidak yang kita duga sebelumnya sebagai pencetus iritasi kulit. Iritasi kulit adalah masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Secara ringkas, iritasi kulit menimbulkan gejala seperti kulit terlihat merah mentah seperti tersiram air panas, atau terbakar. Kerap kali menimbulkan sensasi gatal atau bahkan perih. Membuat Anda jauh dari nyaman dan acapkali mengganggu kelancaran aktivitas. Apa saja barang di sekitar rumah yang berisiko sebagai pemicu iritasi kulit? Berikut ini kami akan merangkum apa saja bahan di rumah yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit yang ada di dalam rumah Anda. [...]

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Tips Kulit Wajah Kenyal dan Segar

Wajah adalah asset kita yang perlu dirawat dengan baik. Jika kulit wajah kenyal dan segar, penampilan kita akan terlihat jauh lebih menarik. Tentu lebih nyaman memandang wajah yang kulitnya bersinar daripada wajah yang kusam, bukan?Tak perlu bersusah payah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal dan segar: Bersihkan wajah menggunakan air bersih dan sabun berpelembab. Air dan sabun bertujuan mengangkat minyak dan kotoran dari permukaan wajah. Tapi perlu diingat, kulit kita tetap memerlukan lapisan minyak alaminya supaya dapat menjaga kelembabannya sehingga tetap kenyal dan lembut. Oleh karena itu, hindari menggunakan sabun yang terlalu keras, terlalu basa (pH tinggi) karena dapat merusak lapisan minyak alami kulit yang akibatnya menyebabkan kulit menjadi kering. Pilihlah sabun yang memiliki daya pembersih namun juga sekaligus mengandung pelembab supaya selain membersihkan kotoran, kulit terpelihara kelembabannya. Cuci muka menggunakan sabun cukup dilakukan 2-3 kali sehari. Semakin sering kita mencuci muka belum tentu memberikan hasil yang lebih baik. Ternyata mencuci muka cukup 2-3 kali sehari untuk menjaga kebugaran kulit. Terlal [...]

Bahaya Stres pada Kulit

Bahaya Stres pada Kulit

Memang betul bahwa stres atau faktor emosional dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kelainan pada kulit. Penelitian menunjukkan 30% dari kelainan kulit memiliki masalah psikologis yang mendasari. Stres bersifat personal dan individual, sesuatu yang dianggap menimbulkan kondisi stres pada seseorang belum tentu sama untuk orang lain. Stres yang dimaksud disini termasuk perasaan marah, cemas, depresi, dan tegang. Tapi tahukah Anda, stres bisa berakibat kepada kondisi kesehatan kulit?Kelainan kulit yang disebabkan oleh gangguan psikis/stres emosional disebut dermatosis psikokutan atau psikodermatologi. Pada kondisi stres, tubuh akan mengeluarkan neuropeptida, suatu hormon yang dihasilkan oleh syaraf kulit. Neuropeptida ini sebenarnya berperan untuk melindungi kulit, dengan cara menimbulkan reaksi peradangan dan sensasi tidak nyaman pada kulit, seperti gatal, nyeri, dan lain-lain. Dengan kata lain, kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif, sehingga dapat memperparah kelainan kulit yang sudah ada sebelumnya. Bagaimana cara mencegahnya? OlahragaLatihan teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, yoga, meditasi, visual imagery (membayangkan sesuatu yang m [...]

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Memanfaatkan Quality Time Bersama Keluarga

Di tengah kesibukan, menyiasati waktu berkualitas bersama keluarga tentu amat sulit. Semua rencana yang sudah dibuat untuk liburan ke luar kota bersama, kadang kandas karena ada pekerjaan yang harus dikerjakan tepat waktu. Padahal, memanfaatkan waktu untuk bersama tak harus pergi ke luar kota atau rumah. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di dalam rumah. Bahkan lebih seru. Dan aktivitas ini juga bisa menciptakan kedekatan dan kehangatan. Berikut adalah beberapa ide seru yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di rumah. 1. SELFIE KELUARGA Ajak seluruh anggota keluarga untuk foto selfie dengan kamera smartphone Anda. Supaya lebih seru, Anda dan keluarga bisa memakai kostum atau dandanan yang lucu. Foto selfie memberikan Anda dan keluarga kedekatan dan kehangatan yang bisa di dapat dari sentuhan kulit. Jadi jangan sampai ada memiliki kulit yang kering dan kasar. Pilihlah krim kulit yang mengandung Glycerin supaya kulit senantiasa lembab dan halus. 2. FACE PAINTING Buat sebuah permainan. Tutup mata anak Anda. Lalu Anda gambar wajahnya dengan cat khusus. Bila sudah selesai, gantian Anda yang ditutup matanya dan membiarkan anak Anda merias wajah A [...]

Berani Selfie Dengan Kulit Wajah Berseri

Berani Selfie Dengan Kulit Wajah Berseri

Yang mana pose selfie andalan kamu? Apakah duck face, di mana kamu selfie sambil memanyunkan bibir dan menyipitkan mata biar kelihatan gemesin dan imut? atau gaya burung pipit, dengan mata membelalak dan bibir seolah akan meniupkan sesuatu? Apapun posenya, yang sudah pasti smartphone kamu isinya kebanyakan foto selfie. Apalagi sekarang tinggal sekali sentuh, foto-foto selfie kamu langsung tersiar di media sosial. Sekali-kali boleh dong narsis dan bangga punya wajah cantik? Tapi bagaimana kalau wajah cantik tapi jerawatan? Mau selfie juga serba salah. Jerawat sebisa mungkin ditutup dengan rambut atau tangan. Nah, tambah susah deh mencari foto yang bagus untuk di-upload di media sosial. Masalah jerawat memang masalah sejuta umat. Semua orang dibuat kesal sama ?mahluk? yang satu ini. Menghilangkannya susah sekali. Harus sabar. Padahal, untuk mencegah jerawat kamu hanya butuh rajin cuci muka setiap pagi dan setelah beraktivitas. Dengan begitu, kotoran atau bakteri tidak menempel dan menyumbat pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat. Supaya lebih optimal, cuci muka kamu dengan Pond?s Acne Clear White Facial Foam + Scrub. Dengan formula aktif yang mengandung 4 bahan khusus, yaitu Sa [...]

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

8 Masalah Kulit yang Sering Disepelekan

Kadang kita tidak menyadari bahwa kulit kita ternyata mengalami masalah. Karena ketidaktahuan kita ini, kita tidak memahami bahwa kulit menjadi tidak sehat akibat kesalahan cara perawatan kulit. Banyak kebiasaan-kebiasaan yang diyakini baik untuk kulit ternyata sebenarnya membahayakan kesehatan kulit, misalnya kebiasaan membersihkan wajah menggunakan alkohol, menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat, dan lain sebagainya. Kemerahan pada kulit Kemerahan pada kulit dapat disebabkan oleh adanya peradangan. Kemerahan yang samar dapat menunjukan peradangan bersifat ringan. Namun ketika kulit sudah mengalami radang, maka kemampuan perlindungan kulit semakin menurun. Akibatnya kulit menjadi lebih rentan dan sensitif. Apabila kondisi ini didiamkan beberapa waktu, maka dapat terjadi reaksi yang semakin hebat. Rasa gatal pada kulit Rasa gatal pada kulit juga menunjukkan adanya suatu reaksi radang. Kadang gatal dirasakan hanya samar-samar, yaitu berupa sensasi ?menyelekit? yang tidak terlalu kentara. Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi kulit yang kering. Sensasi gatal atau ?menyelekit? ini biasanya dirasakan ketika kulit terpajan suhu dingin, kelembaban yang rendah (seperti di [...]

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Menjaga Kulit Tetap Sehat Saat Berolahraga

Berolahraga sambil melihat pemandangan indah di luar memang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi musuh bagi kulit.?Bahaya utama jika Anda berolahraga di luar ruangan adalah paparan sinar matahari,? ungkap April Armstrong, MD, asisten profesor dermatologi di University of California. Sinar matahari tidak hanya dapat membuat wajah tampak lebih tua, tetapi juga meningkatkan risiko kanker kulit. Tidak mau ?kan jika tubuh Anda bugar, tapi kulit Anda malah bermasalah?Armstrong menambahkan, waktu yang tepat untuk menghindari olahraga di luar ruangan adalah pukul 10 pagi hingga 4 sore. Namun jika Anda memang harus berolahraga saat matahari sedang puncak-puncaknya, maka gunakanlah tabir surya. Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak atau masalah dengan jerawat, pilih produk bebas minyak dengan perlindungan SPF.Meski demikian, jangan hanya mengandalkan tabir surya sendiri untuk melindungi kulit. Karena keringat yang mengucur saat Anda berolahraga dapat melunturkan tabir surya, sehingga meningkatkan kemungkinan wajah jadi terbakar. Untuk perlindungan tambahan, kenakan pakaian yang benar-benar menutupi kulit dan topi.Untuk mencegah ruam atau masalah kulit lainnya setelah berolahraga, Anda [...]

Manfaat Mandi bagi Kulit

Manfaat Mandi bagi Kulit

Ah, tubuh kita rasanya segar banget sehabis mandi. Apalagi sehabis beraktifitas yang melelahkan. Pikiran terasa lebih rileks dan kita pun jadi lebih gampang untuk beristirahat. Banyak sekali manfaat dari mandi yang kita dapatkan. Selain menghilangkan stress dan menajamkan fungsi otak, mandi pun merupakan poin penting dalam perawatan kulit. Ketika mandi, air akan membersihkan kotoran dan kuman yang menempel di badan. Dengan kata lain, mandi adalah proses detoksifikasi yang mengembalikan kesegaran kulit. Tapi terkadang dalam prosesnya, mandi pun mengurangi lipid alami kulit. Ini dapat terjadi karena, pemilihan sabun yang kurang tepat, kebiasaan mandi dengan air hangat atau menggosok kulit dengan scrub yang kasar. Akibatnya, kulit bisa menjadi kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa memilih sabun yang mengandung Surfactant dan � moisturizer untuk melembabkan kulit. Kandungan ini amat penting untuk mengembalikan kekenyalan dan kelembutan kulit. Apalagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif dan kering. Mulai sekarang mandi jangan asal mandi. Gunakanlah produk perawatan kulit yang benar. Kulit jadi bersih, sehat, dan lem [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *