6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung.

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur ?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .[](EA)

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung
  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung
  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kerutan di Wajah Tanda Tulang Makin Keropos

Kerutan di Wajah Tanda Tulang Makin Keropos

Keriput atau kerutan halus di wajah tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menjadi indikator kesehatan tulang seseorang. Makin banyak keriput di wajah pertanda kepadatan tulang menurun dan tulang makin keropos.Sebuah studi yang dilakukan Yale School of Medicine di New Haven menunjukkan bahwa wanita dengan banyak keriput memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah daripada wanita dengan wajah halus secara alami. Pada dasarnya keriput bukanlah pemicu terjadi pengeroposan tulang, tetapi kedua hal tersebut saling berhubungan. Hal ini akan terlihat jelas pada wanita yang sudah memasuki usia menopause."Informasi ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi risiko patah tulang pada wanita postmenopause, tanpa bergantung pada tes yang mahal," jelas peneliti Dr Lubna Pal, ahli endokrinologi reproduksi di Yale School of Medicine di New Haven, Conn, seperti dilansir Myhealthnewsdaily.Dr Pal menjelaskan bahwa tulang dan kulit berbagi blok pembangun, yaitu kelompok protein yang dikenal sebagai kolagen."Seperti usia kita, perubahan kolagen dapat menjelaskan yang berkaitan dengan perubahan kulit terkait usia. Termasuk keriput kulit yang makin memburuk dan kendur, juga berkontribus [...]

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9

Indonesia Siaga H7N9 Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Pemerintah Indonesia sudah siap siaga mencegah peredaran virus flu burung H7N9. Saat ditemui usai membuka Hari Kesehatan Dunia, Minggu, 7 April 2013, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan bahwa koordinasi antara Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah sudah dilakukan. Menurut beliau, infeksi virus ini lebih mematikan dibandingkan dengan virus yang sudah beredar sebelumnya. Dinas kesehatan daerah telah diinstruksikan untuk waspada bila ada unggas yang mati. Kehebohan ini bermula dari Cina di mana virus ini sudah menginfeksi 18 orang (yang dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium), 6 diantaranya meninggal dunia, 10 sakit berat, dan 2 kasus ringan. Delapan dari kasus-kasus tersebut ditemukan di Propinsi Shanghai, enam dari Proponsi Jiangsu, tiga dari Propinsi Zhejiang, dan satu dari Propinsi Ahui. Lebih dari 530 orang yang berkontak dekat dengan pasien-pasien ini dimonitor ketat. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa hingga tanggal 6 April 2013, terdapat 18 kasus infeksi influenza A H7N9 di Cina yang telah dikonfirmasi dengan pemeriksaan laboratorium, termasuk 6 [...]

Ini Cara Efektif Mengatasi Serangan Panik

Ini Cara Efektif Mengatasi Serangan Panik

Rasa panik bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Bahkan bagi beberapa orang, panik sudah menjadi kebiasaan sehari-harinya. Ketimbang menjadikannya lawan, ada baiknya jika Anda mengubah rasa panik menjadi kawan Anda.Gemetaran, keringat dingin, ketakutan, salah mengucapkan kata dan pemikiran yang kacau sering melanda orang yang sedang dilanda kepanikan. Sebenarnya, terdapat dua hal yang dapat memperparah panik, yaitu ketika seseorang membiarkan kepanikan itu berlanjut dan mengendalikan dirinya, serta ketika seseorang takut terhadap panik itu sendiri.Lalu bagaimana mengatasi rasa panik? Jawabannya sangat sederhana, yaitu dengan mewaspadainya, mengalihkannya dan mengendalikannya. Dikutip dari Huffingtonpost, ini dia cara sederhana mengubah kepanikan dari lawan menjadi kawan.1. Waspada terhadap gejala panikJika Anda selalu waspada dengan gejala panik, Anda tidak akan menjadi korban kepanikan. Waspada maksudnya melihat gejalanya, merasakan, dan jangan sampai menjadi korban kepanikan. Waspada berarti juga Anda melihat faktor apa yang bisa membuat panik, lalu mencoba menghindarinya atau menghadapinya tanpa rasa takut yang berlebihan.2. Alihkan perhatianUmumnya ketika seseorang panik, [...]

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Solusi Rambut Rontok Setelah Kehamilan

Oleh dr. Jessica Florencia Rambut Rontok Setelah Persalinan Selama kehamilan, rambut Ibu hamil biasanya menjadi semakin lebat dan berkilau. Hal ini disebabkan karena pengaruh hormon yang mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut sehingga hanya sedikit rambut yang rontok. Hal ini juga biasanya tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan rambut di kulit kepala namun juga di kulit tubuh lainnya. Beberapa daerah tubuh yang pertumbuhan rambutnya meningkat pada saat hamil biasanya adalah daerah wajah, lengan, tungkai dan punggung. Pertumbuhan rambut berlebih di daerah-daerah ini biasanya akan kembali normal setelah 6 bulan paska persalinan. Dua sampai empat minggu setelah persalinan, rambut Ibu hamil akan mengalami kerontokan yang cukup berat. Hal ini termasuk wajar dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal ini hanya akan berlangsung selama 3-4 bulan dan rambut akan tumbuh kembali dalam 6-15 bulan. Jika kerontokan rambut terjadi hanya di daerah depan dan samping, maka Ibu perlu mengkonsultasikan hal ini dengan dokter karena ini merupakan hal yang tidak lazim. Kuku Rapuh dan Mudah Patah Saat Hamil Pada saat hamil, cukup banyak Ibu hamil yang mengeluhkan kukunya menjadi rapuh dan mudah patah. Namun [...]

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat

8 Hal yang Harus Dihindari dalam Perawatan Jerawat Oleh : dr. Jessica Florencia Pengobatan jerawat memang bukanlah hal yang mudah. Seringkali pasien maupun dokternya dapat merasa frustasi karena proses pengobatan jerawat yang tidak mungkin instan. Dibutuhkan kerja sama antara dokter dengan pasien untuk dapat mengatasi masalah jerawat ini dengan tepat dan efektif. Penanganan cara mengobati jerawat yang salah atau kurang tepat seringkali cenderung memperburuk keadaan sehingga semakin sulit diobati dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Berikut ini adalah beberapa panduan untuk Anda menghindari perawatan dan penanganan yang salah dalam menghadapi jerawat. Cepat putus asa dalam pengobatan jerawat. Pengobatan jerawat memang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menghasilkan respon positif, yaitu sekitar 2-6 minggu. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah obat jerawat Anda untuk jangka waktu 1 bulan sebelum memutuskan untuk menghentikan pengobatan tersebut. (Baca: Cara Mengobati Jerawat) Jika Anda melihat adanya perbaikan, maka sebaiknya pengobatan tersebut diteruskan. Terkadang, dalam masa pengobatan awal, jerawat Anda akan terlihat lebih parah, hal tersebut wajar dan tid [...]

Benarkah Parfum & Produk Kecantikan Bisa Buat Orang Sakit?

Benarkah Parfum & Produk Kecantikan Bisa Buat Orang Sakit?

Setiap harinya, hampir semua wanita menggunakan parfum dan produk kecantikan. Namun ada penelitian yang mengungkapkan bahwa produk perawatan itu bisa merugikan kesehatan. Benarkah?Dikutip dari Prevention internasional, sebuah penelitian terbaru dari University of Rochester menemukan bahwa semakin banyak produk kecantikan yang digunakan maka semakin banyak pula kandungan kimia yang muncul pada urin mereka. Mengapa hal itu dirasa penting?Alasannya karena beberapa produk kecantikan dan produk rumah tangga diketahui mengandung bisphenol A (BPA) dan phthalates, zat yang dapat menyebabkan cacat lahir pada tikus dan juga dipercaya mengakibatkan masalah sama pada manusia."Adanya penelitian ini benar-benar menunjukkan seberapa sering kita menggunakan produk perawatan pribadi kepada tubuh dan kita mengekspos diri terhadap kandungan yang ada di dalam produk itu, "ujar Lauren Parlett, penulis penelitian dan seorang kandidat kedokteran untuk Department of Public Health Sciences di University of Rochester.Dalam penelitiannya, Parlett menguji hubungan antara penggunaan produk kecantikan dan tingkat zat kimia pada tubuh secara keseluruhan kepada beberapa wanita di Amerika. Penelitian yang sama [...]

5 Tanda Kelainan Penis

5 Tanda Kelainan Penis

Penis merupakan organ vital bagi setiap pria. Organ ini tidak hanya berguna untuk membuang zat sisa tubuh berupa air kencing, namun juga penting dalam sistem reproduksi manusia. Namun ada beberapa kelainan penis yang dapat mengganggu fungsi penis Anda, apa saja itu? Yuk, kita simak beberapa kelainan penis. Disfungsi Ereksi Disfungsi ereksi berarti ketidakmampuan seorang untuk mempertahankan ereksi dalam waktu yang lama. Seorang dengan disfungsi ereksi dapat mengalami gangguan dalam hal hubungan seksual dengan pasangan atau masalah kepuasan seksual. Beberapa penyebab dari disfungsi ereksi adalah penggunaan obat tertentu, faktor psikogenik (cemas dalam berhubungan) dan faktorpenuaan. 2. Priapisme Berlawanan dengan disfungsi ereksi, pada kelainan priapisme justru seorang mengalami ereksi untuk waktu yang lama. Penis pria dengan priapisme justru terus menerus ereksi. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah gangguan darah dan pembuluh darah. Kelainan ini merupakan keadaan emergensi yang membutuhkan penanganan segera. Priapismus terjadi ketika darah yang mengisi penis untuk membuatnya ereksi tidak dapat mengalir keluar lagi. Kondisi ini da [...]

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

4 Kebiasaan yang Bisa Memperpanjang Umur

Umur manusia memang di tangan Tuhan. Namun menurut penelitian, beberapa kebiasaan baik ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan memperpanjang umur Anda dari segi medis. Apa saja kebiasaan baik tersebut? Berikut ini jawabannya, seperti dikutip dari Aol Health.1. Bersihkan Gigi dengan Dental FlossMenyikat gigi minimal dua kali sehari bisa mencegah gigi dari keropos, gigi berlubang dan pembentukan plak. Ditambah dengan dental floss, Anda punya kemungkinan hidup enam tahun lebih lama. Dalam buku 'YOU: The Owner's Manual', Dr Michael Roizen dan Dr Mehmet C. Oz menulis, flossing dan menyikat gigi setiap hari, ditambah dengan rajin mengecek kesehatan gigi ke dokter secara rutin, bisa membuat Anda hidup lebih lama.Saat membersihkan sela-sela gigi dengan benang, berarti Anda menyingkirkan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan pada gusi. Peradangan pada gusi bisa menghantarkan virus dan bakteri ke jantung, sehingga berpotensi menimbulkan penyakit jantung.Dalam bukunya 'The Real Age Makeover', Roizen juga menemukan studi dari Emory University yang mengungkapkan bahwa orang yang menderita radang gusi dan periodontitis (peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi) memiliki angka [...]

Makan Telur Sebabkan Bisulan Adalah Mitos

Makan Telur Sebabkan Bisulan Adalah Mitos

Pasti Anda sudah akrab dengan makanan yang satu ini.Telur adalah makanan yang umum dimakan sebagai lauk masyarakat Indonesia. Namun banyak informasi yang beredar tentang makanan yang satu ini. Salah satunya adalah bahwa telur menyebabkan bisul dan kulit berjerawat. Apa benar? Mari kita simak tentang makanan yang satu ini. Apa kandungan pada telur? Telur adalah makanan yang mengandung banyak zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Telur mengandung protein, lemak, dan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur dibutuhkan untuk menjaga berbagai fungsi tubuh, mulai dari otak sampai pertumbuhan otot. Apakah benar telur menyebabkan bisul? Berikut penjelasannya: Apakah benar telur menyebabkan bisul? Pernyataan ini adalah mitos. Makan telur tidak menyebabkan bisul. Bisul, atau dalam dunia kedokteran disebut furunkel, adalah penyakit kulit akibat infeksi bakteri. Seorang dengan bisul akan mengeluhkan adanya kulit kemerahan dan sakit. Umumnya di dalam bisul akan terkandung nanah atau pus. Nanah ini mengandung jaringan kulit, sel darah putih dan sisa metabolisme yang perlu dikeluarkan. Makan telur tidak menyebabkan adanya gangguan kulit seperti bisul. Tidak ada hubu [...]

Lebih Banyak Waktu di Sekolah Dapat Meningkatkan IQ

Lebih Banyak Waktu di Sekolah Dapat Meningkatkan IQ

Seperti kita tahu, sekolah memang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan para siswanya. Tapi tahukah Anda, dengan menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah dapat meningkatkan IQ? Hasil penelitian yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences di Norwegia menunjukkan bahwa dengan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam kelas dapat meningkatkan IQ sampai hampir mendekati 4 poin. Para peneliti seperti dilansir dari BBCNewsHealth pada hari rabu 28 Desember 2011, mengatakan, ?Lebih banyak waktu di sekolah memiliki efek yang cukup besar pada peningkatan IQ di masa awal dewasa. Akan tetapi, hasil tersebut masih belum jelas apakah hasil penelitian ini berlaku untuk semua anak, atau hanya anak-anak yang terlibat dalam penelitian ini saja. Dan sudah ditetapkan, sebuah hubungan antara IQ yang lebih tinggi dengan pendidikan yang lebih tinggi.? Namun, untuk menentukan apakah menghabiskan lebih banyak waktu di sekolah benar-benar dapat meningkatkan IQ, itu masih sangat sulit. Hal tersebut mungkin dikarenakan anak-anak yang memiliki IQ yang lebih tinggi, memang cenderung memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam sistem pendidikan. Para peneliti dari Statistic Norway, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *