6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung.

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur ?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .[](EA)

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung
  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung
  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Punya Riwayat Penyakit, Bisakah Saya Operasi?

Menjalani operasi bukanlah suatu hal yang ringan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, baik fisik maupun mental demi kelancaran proses operasi yang akan dijalani. Terkadang kita bertanya-tanya, saya pernah mengalami penyakit X, bisakah saya menjalani suatu operasi? Anda tidak perlu khawatir, tidak semua bentuk penyakit memiliki dampak dalam proses operasi. Jangan sampai riwayat penyakit tertentu menghambat Anda untuk menjalani suatu operasi yang Anda butuhkan. Namun Anda sendiri harus waspada, kenalilah keadaan-keadaan yang berpotensi memberikan hasil yang tidak diharapkan. Bila Anda ingin tahu jenis kondisi apa yang dapat mempengaruhi jalannya operasi, simak penjelasan di halaman berikut: Faktor yang Mempengaruhi Jalannya Operasi: Usia Pada pasien lanjut usia, umumnya ketahanan dan fungsi organ-organ tubuh telah mengalami penurunan. Hal yang dikhawatirkan berkurangnya kompensasi tubuh terhadap manipulasi organ yang dilakukan selama operasi. Selain itu, seringkali dalam usia lanjut telah ada beberapa penyakit yang kemungkinan belum terdeteksi. Oleh sebab itu pemeriksaan pasien lanjut usia yang akan menjalani operasi dilakukan secara lebih lengkap. Penyakit [...]

Godaan Berat Saat Puasa: Iklan Sirup di TV

Godaan Berat Saat Puasa: Iklan Sirup di TV

Apa godaan terberat Anda saat puasa? Survei wolipop menemukan, maraknya iklan sirup di televisi menjadi godaan berat bagi beberapa orang dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan.Ada 10% responden yang mengatakan kalau godaan terberat mereka dalam berpuasa adalah melihat iklan sirup di televisi. Tidak jauh berbeda, 17,5% responden lain juga merasa minuman segar seperti air putih dingin, es teh dan es krim menjadi cobaan berat ketika tengah puasa.Dalam survei wolipop yang digelar secara online dan diikuti sekitar 123 orang ini terungkap berbagai hal lainnya yang dianggap sebagai cobaan terberat ketika puasa. 30% responden menjawab, sulit menahan emosi atau amarah yang jadi godaan berat saat Ramadan."Nahan emosi, amarah dan ngeluh," begitu tulis salah satu responden survei wolipop di Twitter, Kamis (19/7/2012). "Menghindari emosi yg macem2 bentuknya," tulis seorang responden lainnya.Selain emosi, godaan lainnya yang juga dianggap cukup berat adalah menahan haus. Ada 15% responden yang mengaku sangat sulit menahan haus selama puasa.Kondisi menahan haus ini semakin tidak terhankan ketika harus menghadapi cuaca yang panas. Untuk 12,5% responden, cuacalah yang jadi kendala terbesar me [...]

Kesehatan Jiwa Dari Aktifitas Olahraga Bola

Kesehatan Jiwa Dari Aktifitas Olahraga Bola

Kebahagiaan, kehidupan dan Tanggung Jawab Setiap orang mempunyai aktifitas yang berbeda-beda, entah itu bermain, belajar dan bekerja. 3 aspek tersebut sangatlah luas dan bisa kita kembangkan menurut kesenangan kita pribadi. Olahraga bisa menjadi asupan serta nutrisi bagi beberapa aspek kehidupan. Bermain sepeda, voli, bulutangkis dan berenang bisa dibilang kita melalukan suatu aktifitas/kegiatan yang identik dengan nama olahraga. Tidak hanya bermain, belajar dan bekerja pun erat kaitannya dengan olahraga. Departemen Latihan dan Olahraga Ilmu Pengetahuan , University of Copenhagen melakukan penelitian tentang efek kesehatan dari latihan sepak bola yang dipimpin langsung oleh Profesor Peter Krustrup dan Jens Bangsbo. ?Soccer adalah olahraga tim yang sangat populer yang beriisi faktor-faktor motivasi dan sosial positif yang dapat memfasilitasi kepatuhan dan memberikan kontribusi pada pemeliharaan gaya hidup aktif secara fisik,? demikian tutur Pemimpin studi Peter Krustrup menyimpulkan. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga dengan peminatnya hampir sebagaian besar penduduk yang ada di belahan dunia. Selama jalannya permainan, setiap pemain bertekad untuk mencapai puncak kemen [...]

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

Setiap hari tubuh harus terhidrasi agar tidak lemas dan tetap berenergi. Apakah Anda sering pusing atau migrain saat sedang beraktivitas? Hal itu mungkin karena tubuh kurang cairan. Bagaimana mengetahui kalau Anda mengalami sakit kepala akibat kurang minum?Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah delapan tanda-tanda Anda kurang banyak minum air putih, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Mulut Terasa KeringJika mulut kering, kemungkinan besar Anda dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas Anda bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.2. Sakit KepalaBila Anda merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau Anda harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.3. Urin Berwarna GelapBagi Anda yang mengalami dehidrasi, warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, Anda perlu meminum banyak air.4. PusingPusing adalah sala [...]

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Memahami Sisi Kesehatan dari Transgender

Transgender tidak disebut sebagai gangguan mental jika tidak sampai menimbulkan depresi hingga ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari. Namun risiko kesehatan fisik tetap dapat mengintai. Gender merujuk pada refleksi manusia terhadap dirinya sendiri, yang terbentuk dari konstruksi peran sosial, aktivitas, tingkah laku, dan lingkungan. Transgender adalah orang-orang yang merasa bahwa identitas gender ataupun orientasi seksualnya tidak sesuai dengan jenis kelaminnya saat lahir. Kaum transgender ini dapat diidentifikasi menjadi banyak jenis seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan sebagainya. Transgender pada umumnya tidak dikategorikan sebagai gangguan mental. Namun ada kalanya kaum transgender lebih berisiko mengidap gangguan mental karena konflik dalam dirinya sendiri tentang identitas gendernya, juga tekanan sosial. Orang transgender dapat mengalami gangguan identitas gender/ gender identity disorder (GID) jika menjadi transgender membuatnya menjadi tertekan, depresi, atau menjadi tidak mampu beraktivitas sehari-hari seperti bekerja dan membangun hubungan dengan orang lain. Meski demikian, gangguan ini umumnya bersifat sementara dan dapat disembuhkan d [...]

Mengenal Sari Nabati, Cairan Sehat yang Sering Disebut dengan Susu Kacang

Mengenal Sari Nabati, Cairan Sehat yang Sering Disebut dengan Susu Kacang

Mengonsumsi susu menjadi salah satu rutinitas yang masih sering dilakukan banyak orang. Namun seiring dengan perkembangan zaman, ada berbagai variasi susu yang ditawarkan. Salah satunya adalah susu nabati yang terbuat dari kacang-kacangan atau yang biasa disebut dengan susu kacang, salah satunya yang paling sering dikenal adalah susu almond.Tetapi terminologi 'susu kacang' tersebut menurut Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dirasa kurang tepat. Ia menjabarkan, definisi susu yang sebenarnya adalah seluruh cairan yang berasal dari kelenjar mammae atau kelenjar susu hewan.Pada beberapa kasus tertentu, penyebutan susu kacang biasanya digunakan karena tekstur yang dihasilkan setelah dihancurkan dan disaring mirip seperti tekstur susu pada umumnya. "Kalau kacangan-kacangan yang diolah menyerupai susu itu seharusnya disebut dengan sari nabati. Menurut saya penyebutan susu itu tidak tepat," tuturnya saat dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015).Sari nabati yang terbuat dari kacang ini banyak ditemukan di negara yang memproduksi kacang dalam jumlah besar, seperti bagian selatan Amerika dan negara-negara mediterania. Ada beberapa jenis kacang yang bisa diolah menjadi susu, beberapa di antaranya adal [...]

Penyebab dan Cara Mengatasi Vagina Kering

Penyebab dan Cara Mengatasi Vagina Kering

Vagina kering dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri saat berhubungan seksual. Selain itu, juga dapat menyebabkan kesulitan untuk berjalan atau berolahraga. Vagina yang normal akan terasa lembap karena memiliki pelumas alami yang diproduksi oleh serviks atau leher rahim. Dengan adanya pelumas alami, vagina tidak terasa nyeri saat berhubungan seksual. Pelumas berupa cairan jernih tersebut juga bertugas melindungi vagina dari infeksi dan menjaga vagina agar bersih dengan cara mengalirkan darah menstruasi maupun sel-sel mati ke luar vagina. Pada kondisi vagina kering, penderita dapat merasakan vagina terasa gatal atau seperti terbakar. Vagina yang kering mempunyai lapisan yang lebih tipis dan kering, kehilangan kelenturan atau elastisitas, serta menimbulkan iritasi akibat vagina kurang asam. Penyebab Vagina Kering Jumlah pelumas alami yang dibutuhkan vagina dapat optimal selama kadar hormon estrogen cukup. Estrogen juga berfungsi menjaga lapisan vagina tetap elastis, tebal, dan sehat. Namun, pada masa menopause produksi hormon estrogen mulai berkurang dan secara bertahap berhenti. Hal ini terjadi pada lebih dari 50% perempuan berusia 51-60 tahun. Menurunnya kadar hormon es [...]

5 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

5 Tips Atasi Kaki Bengkak saat Hamil

Pada perempuan yang hamil, kaki bengkak seringkali menjadi keluhan umum di akhir trimester kedua atau ketika memasuki trimester tiga. Sebanyak 75% perempuan hamil akhirnya mengalami keluhan ini, dari derajat yang paling ringan hingga yang berat. Keluhan kaki bengkak biasanya terjadi di lokasi sekitar pergelangan kaki dan telapak kaki. Bengkak ini dapat memburuk saat cuaca panas atau ketika mencapai penghujung hari, khususnya bila Anda sepanjang hari banyak berdiri atau duduk. Penyebab kaki bengkak saat hamil pada umumnya karena peningkatan cairan tubuh, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel, dan bahkan karena adanya cairan ketuban. Pembengkakan derajat ringan yang hanya terjadi di kaki dan membaik dengan istirahat, tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini masih dapat dianggap normal. Jurs Atasi Kaki Bengkak Selama Kehamilan. Meskipun bagian paling bawah dari tubuh adalah bagian yang paling sering terkena pembengkakan akibat retensi air ini, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi pembengkakan di daerah tangan bahkan muka. Pada kasus-kasus dengan derajat pembengkakan yang berat seperti ini, jangan lupa berkonsultasilah dengan dokter And [...]

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Konsumsi Air Bersih untuk Menghindari Penyakit

Sanitasi dan air minum yang tidak sehat membuat tidak sedikit penduduk yang meninggal karena diare. Kondisi ini biasa menimpa penduduk di negara berkembang seperti Indonesia. Air minum yang sehat adalah air yang karakteristik fisik, kandungan mikroba, dan bahan kimianya sesuai dengan ketentuan World Health Organization (WHO) atau standar nasional kualitas air minum. Di Indonesia, menurut Keputusan Menteri Kesehatan No. 907/MENKES/SK/VII/2002, air minum diwajibkan memenuhi persyaratan umum sebagai berikut: Secara fisik tidak berasa, berbau atau berwarna, tidak keruh, dan tidak berada dalam suhu tinggi. Tidak mengandung bakteri seperti E. coli. Tidak mengandung bahan kimia, misalnya pestisida dan desinfektan melebihi batas yang diperbolehkan. Jenis Air Minum Secara umum, air minum di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis utama berdasarkan sumber, cara pengolahan, dan penyediaannya. Air produksi Perusahaan Air Minum (PAM) Air yang didistribusikan melalui pipa atau tangki untuk keperluan rumah tangga ini umumnya digunakan untuk melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci, dan memasak. Saat digunakan untuk minum, umumnya air direbus sebelum dikonsumsi. Air tanah Air tanah biasanya did [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *