6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung.

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur ?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .[](EA)

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung
  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung
  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3 Cara Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh seseorang berpengaruh terhadap rentan atau tidaknya seseorang untuk terjangkit sebuah penyakit. Daya tahan tubuh kita akan menjadi benteng pertahanan pertama jika ada kuman yang masuk ke tubuh kita. Semakin tinggi daya tahan tubuhnya, maka kemungkinan untuk terinfeksi akan semakin kecil. Sebaliknya jika daya tahan tubuh seseorang sedang turun, maka akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dimulai dari hal yang setiap hari kita lakukan, antara lain: Daya Tahan Tubuh Kiat menambah daya tahan tubuh: 1. Tidur Cukupkan dan jagalah pola tidur Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya. 2. Kurangi pikiran mencekam atau stres Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda. 3. Supl [...]

Apa Itu Anabolisme

Apa Itu Anabolisme

Pernahkah Anda mendengar istilah anabolisme? Proses biokimia ini memungkinkan kita untuk tumbuh dan memperbaiki kerusakan dalam tubuh. Proses-proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dinamakan metabolisme. Ada dua jenis reaksi metabolisme, yaitu katabolisme dan anabolisme. Reaksi katabolisme memecah molekul-molekul kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, biasanya reaksi ini menghasilkan energi. Sebaliknya, anabolisme bertugas untuk membentuk atau mensintesis molekul-molekul yang lebih kompleks dari molekul-molekul sederhana. Fungsi Reaksi Anabolisme di dalam Tubuh Anabolisme, atau disebut juga biosintesis, memungkinkan tubuh untuk membangun atau menumbuhkan sel-sel baru dan memelihara jaringan tubuh. Caranya adalah dengan menggunakan energi yang dihasilkan reaksi katabolisme, reaksi anabolisme mensintesis berbagai hormon, enzim, dan substansi lainnya sebagai bahan untuk menumbuhkan sel dan jaringan. Ibaratnya, tukang bangunan menggunakan batu bata untuk membuat rumah. Contoh proses anabolisme antara lain adalah pertumbuhan dan mineralisasi tulang serta peningkatan massa otot. Peranan Hormon pada Reaksi Anabolisme Hormon-hormon berikut ini dikategorikan seba [...]

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

Tidak Makan Daging Bisa Terhindar dari Kanker, Mitos atau Fakta?

Apa tujuan seseorang menjadi vegetarian? Kebanyakan orang menghindari makan daging dan beralih ke sayuran untuk mendapatkan hidup yang sehat. Salah satunya untuk terhindari dari penyakit kanker.Sejumlah pendapat memang menyatakan bahwa konsumsi sayuran dan buah, atau bahan-bahan lain yang berasal dari nabati lebih sehat ketimbang hewani. Tapi benarkah tidak makan daging sama sekali bisa mencegah kanker?Menurut Ketua Cancer Council Australia Kathy Chapman, diet berbabis nabati seperti buah, sayuran dan gandum utuh memang bisa melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker tertentu. Namun belum ada bukti pasti bahwa menghindari semua makanan yang terbuat dari daging akan mengurangi risiko terkena kanker."Kami di Cancer Council jelas menyarankan orang untuk banyak makan buah dan sayuran. Jika Anda ingin menjalani diet vegetarian maka Anda harus memastikan bahan-bahannya memang sehat. Tapi jika tujuannya untuk menurunkan risiko kanker, itu tidak selalu," terang Kathy yang juga anggota komite nutrisi dan aktivitas fisik Australia, seperti dikutip dari ABC Australia.Jika tujuannya untuk hidup sehat maka mengonsumsi banyak sayur dan buah adalah hal yang tepat. Namun sekali lagi Kathy mene [...]

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Ini lho, Manfaat Protein Sebenarnya

Oleh: dr. Adithia Kwee Sudah tidak sedikit sumber yang menyampaikan betapa pentingnya protein. Tapi tahukah Anda apa manfaat protein sebenarnya untuk tubuh kita? Inilah beberapa fungsi protein untuk tubuh kita: Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga angka kecukupannya harus sangat diperhatikan. Hampir semua proses kimia dalam tubuh membutuhkan protein. Berbagai molekul kecil dan ion-ion dalam tubuh diangkut oleh protein. Koordinasi keempat anggota gerak kita membutuhkan protein. Antibodi dalam tubuh kita yang berguna untuk menyerang bakteri dan virus yang masuk juga berupa protein. Protein juga berfungsi untuk menyediakan bahan-bahan yang penting peranannya untuk pertumbuhan dan memelihara jaringan tubuh, serta mengatur kelangsungan proses di dalam tubuh. Protein juga sebagai sumber energi jika keperluannya tidak dapat dipenuhi oleh karbohidrat dan lemak, untuk pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, serta untuk membantu proses penyembuhan luka. Begitu banyak kegunaan protein untuk tubuh. Dapat terbayang apa yang akan terjadi bila tubuh kita kekurangan protein. Kebutuhan protein harus dipenuhi melalui asupan makanan kaya protein. Kebutuh [...]

Nyeri Dada? Inilah Artinya

Nyeri Dada? Inilah Artinya

Pernahkah Anda mengalami nyeri dada? Rasa nyeri pada dada secara umum selalu dikaitkan dengan sakit jantung, padahal tidak semuanya demikian, bagaimana membedakannya? Mari kita telaah lebih jauh. Di dalam rongga dada manusia terdapat jantung, paru-paru, juga otot-otot pernafasan manusia, melalui hal ini kita dapat menyimpulkan nyeri dada dapat timbul sebagai akibat gangguan pada beberapa organ tubuh yang baru saja disebutkan. Setiap nyeri dada yang ditimbulkan akibat organ-organ tersebut biasanya muncul dengan memiliki karakter sendiri-sendiri. Bagaimana caranya menentukan nyeri dada yang diakibatkan gangguan jantung? Apa bedanya nyeri dada yang diakibatkan masalah lambung? Bagaimana nyeri dada yang diakibatkan oleh masalah paru-paru? Berikut ini penjelasannya: Nyeri Dada Karena Gangguan Jantung: Nyeri dada yang menandakan adanya gangguan pada jantung biasanya dirasakan sebagai sensasi tertindih beban berat, berlokasi di belakang tulang dada dan seringkali menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang, gigi, hingga lengan kanan. Rasa nyeri ini dapat dirasakan 10 hingga 20 menit, semakin lama nyeri tidak teratasi maka kerusakan pada jantung akan semakin berat, karena i [...]

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi

Rajin menyikat gigi belum tentu bisa membuat gigi selalu sehat, jika Anda masih melakukan kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi. Lalu, apa saja kebiasaan buruk tersebut?Anda seringkali menggunakan gigi untuk melakukan hal lain selain mengunyah makanan. Misalnya saja, untuk membuka botol dan mengigit kuku. Nah, berbagai kebiasaan itulah yang nantinya akan memberikan dampak buruk bagi gigi. Agar bisa menghindarinya, kenalilah lima kebiasaan buruk itu.1. Menggunakan gigi sebagai alatBanyak orang yang menggunakan gigi mereka sebagai alat pembuka botol dan kemasan plastik atau mencabut label harga pada baju. Kebiasaan ini dapat menyebabkan efek traumatis pada gigi, melemahkan tepi gigi bahkan bisa sebabkan maloklusi (kelainan susunan gigi).2. Mengunyah es batuTidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengunyah batu es terutama sehabis meminum minuman dingin. Bentuknya yang keras dan temperatur dingin dari batu es, sebenarnya dapat sebabkan gigi patah dan mengikis enamel. Para dokter gigi menyarankan agar membiarkan es batu lumer daripada harus mengunyahnya.3. Menggigit benda kerasMenggigit pensil atau pulpen juga merupakan kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang. [...]

Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental

Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental

Fenomena menikah muda sudah mulai bergeser, khususnya di perkotaan. Tuntutan karir dan keadaan sosial membuat usia pernikahan pria dan wanita bergeser ke usia yang lebih tua. Fenomena ini terasa khususnya di negara adidaya, Amerika Serikat. Indonesia pun tak luput dari fenomena ini akibat tuntutan hidup yang semakin besar. Namun adakah dampak negatif yang disebabkan oleh fenomena ini? Anak yang lahir dari ayah dengan usia yang lebih tua ternyata memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita gangguan psikiatri dan gangguan belajar. Kesimpulan ini didapatkan dari sebuah penelitian berskala besar di Swedia yang melibatkan dua juta anak di Swedia. Berdasarkan penelitian ini, anak yang lahir dari ayah dengan usia diatas 45 tahun, lebih rentan untuk menderita berbagai gangguan seperti autis gangguan bipolar dan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (ADHD, Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Usia Ayah Tua, Anak Berisiko Sakit Mental Anak yang lahir dari ayah dengan usia lebih dari 45 tahun ternyata memiliki risiko lebih besar 3.5 kali untuk menderita autisme dan 13 kali lebih besar untuk menderita penyakit hiperaktivitas dan pemusatan perhat [...]

Agar Tidak Boros Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Agar Tidak Boros Mengonsumsi Suplemen Vitamin

Suplemen tidak dapat menjadi pengganti semua nutrisi yang Anda butuhkan dari kandungan makanan segar, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika telah mengonsumsi beragam makanan sehat, seperti aneka buah dan sayur, daging, ikan, dan sumber karbohidrat, Anda sebenarnya tidak membutuhkan suplemen vitamin. Suplemen umumnya dikonsumsi pada kondisi ketika kebutuhan meningkat atau terjadi defisiensi asupan, misalnya ketika sedang sakit, wanita hamil atau menyusui, orang-orang lanjut usia, atau dalam masa pemulihan setelah sakit. Di samping itu, sebelum mengonsumsi suplemen, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal dan untuk menghindari risikonya. Periksa Sebelum Mengonsumsi Jika dokter memberi Anda resep suplemen vitamin atau Anda berinisiatif membelinya sendiri, setidaknya ada dua hal yang perlu Anda tanyakan, baik kepada dokter maupun kepada diri sendiri. Apakah saya benar-benar membutuhkan suplemen ini? Apa manfaat dan risiko dari mengonsumsi vitamin ini? Jika Anda benar-benar membutuhkan atau memutuskan untuk mengonsumsi suplemen tersebut, coba perhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada dokte [...]

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Tisu Basah Berbahaya bagi Kulit Bayi. Benarkah?

Kehadiran tisu basah mungkin membantu sebagian orang, khususnya yang memiliki bayi. Tapi, ada kekhawatiran mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Tisu basah dapat dipakai menggantikan air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti debu, keringat, cipratan makanan, air seni, atau tinja. Bisa dibilang, benda ini wajib ada di tas perlengkapan bayi. Sebenarnya tisu basah sama efektifnya dengan air ketika digunakan untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Untuk bayi yang memiliki kulit normal, mungkin tisu basah tidak menimbulkan reaksi negatif ketika diusapkan pada kulit mereka. Namun, reaksi negatif mungkin saja timbul jika mengaplikasikan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif. Hal itu mungkin merupakan reaksi yang ditimbulkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam tisu basah. Dahulu, produsen memasukkan bahan pengawet jenis paraben dan formalin pada tisu basah. Tapi setelah zat tersebut dilarang digunakan, produsen beralih ke jenis pengawet lain yaitu methylisothiazolinone (MI). Sayangnya, zat pengawet ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi seperti Ruam parah. Lecet. Gatal-gatal. Pengerasan kulit. Bengkak. Melepuh. Biasanya, are [...]

Debat Ganja Sebagai Anti Nyeri

Debat Ganja Sebagai Anti Nyeri

Di Inggris baru-baru ini, ide ganja (cannabis sativa) untuk digunakan sebagai anti nyeri kembali meramaikan dunia medis. Kendati legalitas penggunaannya masih dilarang di beberapa negara, tidak menjadikan penelitian dari University College London berhenti. Pakar pengobatan nyeri University College London, Tony Dickenson mengemukakan dengan merokok ganja dengan pipa efektif untuk meredakan nyeri pada pasien yang menderita kerusakan saraf. Lebih lanjut ditemukan indikasi pada pasien adanya perbaikan kualitas tidur dan peredaan terhadap kecemasan. Namun demikian, para peneliti harus melakukan kajian lebih lanjut, hal ini dikarenakan dampak dari ganja tersebut masih terbilang potensi kecil. Mengkonsumsi ganja dapat mempengaruhi perubahan struktur otak. Nah lho? Berikut ini penjelasannya: Ganja : Abnormalitas Struktur Otak Walau demikian, masih perlu dipertimbangkan mengenai ancaman paparan ganja dalam waktu yang lama dan jumlah yang banyak. Yakni berkaitan dengan abnormalitas struktur otak. Peneliti dari Universitas Melbourne, Australia, menemukan bahwa hipokampus dan amygdala (salah satu bagian di otak), berukuran lebih kecil pada pengguna ganja berat dibandingka [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *