6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh. Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung.

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur ?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laxative.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .[](EA)

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung
  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung
  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Do’s & Don’ts Saat Memakai Lensa Kontak

Lensa kontak banyak menjadi pilihan wanita yang bosan atau tak suka dengan penggunaan kacamata. Sayangnya, penelitian terbaru menemukan banyak pengguna lensa kontak yang malas mengikuti aturan dan cara pemakaian yang tepat. Seperti yang dikutip dari Webmd, sebanyak 80 persen orang tahu betul mengenai aturan dan cara pemakaian lensa kontak dengan benar. Tetapi hanya dua persen yang benar-benar melakukan aturan tersebut. Dan kurang dari satu persen yang mau mencuci tangan mereka sebelum memakai lensa kontak, menggunakan cairan pembersih khusus dan tidak mengenakan lensa kontak terlalu sering. Survei yang diterbitkan dalam jurnal 'Optometry and Vision Science' itu, dilakukan pada pasien yang menjalani pemeriksaan mata dalam praktek swasta atau universitas. Sebagian besar, yaitu 85 persen dari peserta survei telah merasa menepati petunjuk pemakaian lensa kontak, tetapi hanya 0,4 persen yang mengikuti semua petunjuk. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai lensa kontak tahu apa yang harus mereka lakukan untuk menghindari komplikasi. Namun, sedikit yang benar-benar mengikuti semua rekomendasi. Komplikasi yang paling sering dilaporkan oleh pemakai lensa kontak [...]

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Redakan Radang Sendi dengan Aerobik

Berjalan kaki pada pagi hari, terutama jika disertai udara yang segar, amatlah baik untuk kesehatan jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Bagi penderita radang sendi, rutinitas berjalan kaki dapat membantu mengurangi nyeri pada sendi. Selain berjalan kaki, masih banyak jenis olahraga lain yang sangat bermanfaat untuk penderita radang sendi. Berikut di antaranya: 1. Latihan aerobik. Aktivitas ini melibatkan kelompok otot besar tubuh, dengan cara repetitif dan berirama. Latihan aerobik memperbaiki fungsi jantung, paru-paru, otot, serta sirkulasi darah. Khusus untuk penderita radang sendi, latihan ini membantu kontrol berat badan, perbaikan mood, kualitas tidur, dan vitalitas tubuh. Latihan aerobik yang dapat dilakukan penderita radang sendi adalah latihan yang bersifat low impact, antara lain: Berjalan kaki, di luar maupun di dalam ruangan dengan treadmill. Bersepeda, di luar maupun di dalam ruangan dengan sepeda statis. Dansa aerobik. Olahraga air, seperti berenang atau hidroterapi. Rekomendasi waktu latihan aerobik adalah sekitar 150 menit sehari (waktu total dalam seminggu, dapat dibagi dalam beberapa periode waktu atau hari), dengan intensitas sedang, setiap minggunya. 2 [...]

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu. Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih. Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan. Penyebab Keputihan Berwarna Coklat Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstr [...]

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Melacak Penyakit dengan CT Scan

Pemindaian dengan teknologi computerized tomography atau biasa disebut CT scan, muncul pada awal tahun 1970-an. Sejak itu CT scan menjadi alat yang penting untuk pencitraan medis. Lalu apa manfaatnya? CT Scan menggabungkan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh. Membantu Proses Diagnosis CT scan adalah mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar, cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan CT scan untuk dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti: Melakukan diagnosis kelainan otot dan tulang, seperti tumor atau retak pada tulang. Menentukan lokasi tumor, infeksi, atau bekuan darah. Memandu prosedur medis ketika melakukan operasi, biopsi, atau terapi radiasi. Mendeteksi dan memonitor kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker, sakit jantung, nodul pada paru-paru, dan massa pada hati. Mencari tahu cedera atau pendarahan internal. Penggunaan CT scan kini juga makin banyak digunakan sebagai pemindaian [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Ini Dia Bahaya Makan Pedas Terlalu Banyak

Ini Dia Bahaya Makan Pedas Terlalu Banyak

Ragam masakan Indonesia kaya akan rempah-rempah dan cenderung pedas. Bahkan, bagi kebanyakan orang tidak bisa makan kalau tidak menggunakan sambal. Padahal jika Anda kebanyakan makan makanan pedas, akan menyebabkan perut mulas, melilit, atau diare. Tunggu dulu, seperti yang dirangkum dari Health Me Up, ternyata terlalu banyak makan makanan pedas, bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis seperti di bawah ini.1. Refluks AsamRefluks asam adalah pengaliran kembali isi lambung ke dalam kerongkongan. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, peradangan, serta kerusakan kerongkongan. Makanan pedas pada dasarnya merupakan kombinasi asam. Ketika terlalu banyak asam masuk kedalam perut, maka akan berpotensi merusak dinding lambung.2. Gastritis (Maag) AkutGastritis disebabkan peradangan dari mukosa lambung, membran yang melapisi perut. Serangan ringan gastritis terkadang dirasakan sesekali. Namun kebanyakanorang berpikir itu hanyalah gangguan pencernaan sederhana. Gastritis akut biasanya ditandai dengan gejala seperti muntah, mual, demam, diare, serta sakit kepala.3. Ulkus Gaster (Tukak Lambung)Makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil, yang b [...]

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Apakah Anda termasuk rajin membersihkan karang gigi 2 kali setahun ke dokter gigi? Kalau jawaban Anda adalah iya, maka Anda telah menurunkan 24% resiko terkena serangan jantung dan 13 % penurunan resiko terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ke dokter gigi atau hanya ke dokter gigi sekali per dua tahun. Penemuan data ini dikemukakan oleh para peneliti dari Taiwan yang di presentasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association, Orlando, Amerika Serikat hari minggu kemarin (13/11) seperti dilansir dalam USA Today. Penelitian ini dilihat dari 100.000 orang tanpa latar belakang gangguan jantung selama rata-rata 7 tahun, dan mereka yang rajin ke dokter gigi untuk melakukakan pembersihan karang gigi atau biasa disebut tooth scaling paling tidak dua kali setahun selama dua tahun, mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 24% dan stroke sebesar 13%. Hasil dari penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya di Sweden yang mengemukakan bahwa jenis penyakit periodontal dan bakteri yang berkembang selanjutnya dalam mulut diperkirakan memberikan resiko dalam serangan jantung, stroke dan gagal jantung. Bahkan Dr. Emily (Zu-Yin) Chen selaku [...]

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Dalam sehari rata-rata orang hanya punya waktu dua jam untuk memanjakan dirinya sendiri, bahkan bisa kurang dari itu. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. Menurut Ayoe, waktu yang sesingkat itu hendaknya dimanfaatkan sebisa mungkin untuk menikmati 'me time'.Kenapa 'me time' menjadi hal yang penting bagi peningkatan kualitas hidup? Psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini memberi penjelasannya."Pada dasarnya manusia, meskipun dia bersosialisasi tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri bikin kita jadi orang yang lebih baik dan menyenangkan," tutur Ayoe, saat acara 'My Bathroom, My Sanctuary' di Kohler Design Center, Jl. Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).'Me time' merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan 'me time' seseorang bisa menjadi mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan.Aktivitas relaksasi ini pun sebaiknya dilakukan setiap hari dan sesering mungkin, [...]

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Saat Anak Terkena Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyebab kematian anak di sebagian negara Asia, termasuk Indonesia. Hindari mengabaikan demam pada anak. DBD dapat merenggut nyawanya dalam hitungan hari. Gejala DBD pada Anak Anak yang mengalami kasus ringan DBD umumnya tidak merasakan gejala apapun. Namun pada kasus yang lebih berat, anak dapat mengalami gejala yang umumnya berupa: Demam. Nyeri di bagian belakang mata. Nyeri pada tulang, otot, dan sendi. Sakit kepala. Mual dan muntah. Selain itu, anak dapat mengalami bintik-bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Pada kondisi yang lebih jarang, dapat terjadi pendarahan ringan dari gusi dan hidung. Gejala ini umumnya terjadi pada 4 hingga 10 hari setelah anak tergigit nyamuk yang terinfeksi virus dengue. Umumnya gejala di atas akan sembuh dalam waktu kurang lebih sepekan. Namun pada situasi tertentu, gejala dapat memburuk dan mengancam nyawa akibat kebocoran pembuluh darah dan penurunan jumlah trombosit. Situasi ini membawa risiko pendarahan dalam, gangguan pada paru-paru, ginjal, dan jantung serta sakit parah pada bagian perut. Bagaimana Penanganan yang Tepat? Segera bawa ke dokter jika anak Anda mengalami beberapa gejala di ata [...]

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Wanita Lebih Gampang Kena Infeksi Saluran Kemih

Oleh: dr. Adithia Kwee Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang memiliki angka kejadian yang tinggi, terutama bagi mereka yang wanita. Apa yang menyebabkan wanita lebih sering terpapar? Saluran kencing wanita memiliki ukuran lebih pendek (sekitar 4 cm) dibandingkan dengan saluran kencing pria, yakni sekitar 12 cm. Hal inilah yang menjadi penyebab utama. Dengan memiliki saluran kencing yang lebih pendek, bakteri E.coli, agen infeksius yang paling sering menjadi penyebab infeksi saluran kemih lebih mudah memanjat ke dalam saluran kemih yang pendek. Pencegahan Pada prinsipnya langkah-langkah menjaga kebersihan vagina adalah kunci yang utama. Namun dewasa ini infeksi saluran kemih dapat dicegah melalui pemilihan menu makanan. Salah satu makanan yang dapat mencegah infeksi saluran kemih yang populer saat ini adalah buah cranberry. Sekalipun belum begitu populer di Indonesia, peminatnya sudah banyak. Dimakan langsung atau dijus, begitulah cara kebanyakan orang menikmati buah cranberry. Buah kecil ini selain nikmat dimakan, juga memiliki khasiat menguntungkan bagi kesehatan kita. Ya, buah cranberry dapat mencegah dan meringankan gejala dari infeksi saluran kemih. Bagaimana buah mungil [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *