6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh.

Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup.

Halaman berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung:

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laksatif.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung

  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung

  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Makanan untuk Penderita Maag

Makanan untuk Penderita Maag

Jika Anda memiliki penyakit maag atau gastritis maka Anda tidak dapat makan semua makanan yang diinginkan, karena jika Anda salah makan, maka gejala sakit maag bisa muncul. Berikut makanan yang aman untuk maag Anda : Buah Buah mengandung vitamin esensial, mineral, serat, fitokimia dan antioksidan. Jika Anda memiliki penyakit maag atau gastritis, Anda harus mengkonsumsi 2-4 porsi buah per hari. Pilihan yang baik termasuk buah apel atau jus apel, peach, pir, anggur, melon dan kiwi. Rata-rata, satu porsi buah segar dalam ukuran sedang, atau 4 ounces jus buah. Ada beberapa buah yang juga perlu dihindari bagi penderita maag karena rasa asam pada buah dapat mengiritasi lapisan lambung. Buah tersebut diantaranya adalah buah jeruk atau jus jeruk, berries dan buah yang dikeringkan. Sayur Sayuran juga kaya nutrisi dan juga dapat membantu dalam menjaga berat badan. Sayuran harus dikonsumsi 2-4 porsi sayuran per hari. Makan 1 cangkir sayuran segar, 1/2 cangkir sayuran yang dimasak, 4 ons jus sayuran atau 2 cangkir salad hijau adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan sayuran dalam diet Anda. Terdapat beberapa sayuran yang dapat memproduksi gas sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan [...]

Menjaga Agar Tetap Langsing Setelah Berpuasa 30 Hari

Menjaga Agar Tetap Langsing Setelah Berpuasa 30 Hari

Selesai bulan puasa dan Anda teriak di dalam hati, ?yes!? target Anda untuk mengurangi berat badan tercapai! Selamat untuk Anda. Namun setelah itu muncul pertanyaan baru, ?bagaimana ya cara kita agar berat badan kita tetap stabil dan tetap langsing setelah usaha yang kita lakukan selama bulan puasa??Apalagi kesibukan sudah mulai tiba setelah lebaran, dimana sangat dapat sia-sia usaha kita untuk menurunkan berat badan, karena sajian demi sajian merayakan kemenangan. Nah, berikut ada 5 rahasia yang Anda bisa lakukan untuk menjaga berat badan Anda agar tetap langsing. Aktivitas Fisik Anda tidak bisa menjaga berat badan Anda agar stabil hanya dengan diet menjaga pola makan. Namun harus diiringi dengan aktivitas fisik. Lakukan aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan bervariasi dari jalan selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya, yoga, atau berolahraga di gym. Hindari Stres Banyak orang melampiaskan stres ke makanan. Apabila hal tersebut adalah Anda, maka coba cari cara untuk menjaga emosi Anda. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan dari berkebun, berolahraga, hingga yoga.Halaman selanutnya kiat menurunkan berat badan selagi menjalankan ibadah berpuasa. [...]

Kenali Sindrom Dispepsia Lebih Dalam

Kenali Sindrom Dispepsia Lebih Dalam

Dispepsia merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai keluhan nonspesifik. Digambarkan sebagai kumpulan gejala yang terdiri dari rasa tidak nyaman, perih, atau nyeri pada perut bagian atas, dispepsia bukanlah penyakit dan orang awam kerap menyebutnya dengan masuk angin.Dispepsia diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu dispepsia organik dan nonorganik.Dispepsia organik adalah dispepsia yang telah diketahui adanya kelainan organik sebagai penyebab, misalnya tukak lambung, usus dua belas jari, radang pankreas, radang empedu, dan lain-lain. Dispepsia organik sering ditemukan pada usia lebih dari 40 tahun.Dispepsia fungsional merupakan dispepsia yang paling sering ditemukan dan terjadi tanpa disertai dengan kelainan atau gangguan struktur organ berdasarkan pemeriksaan klinis, laboratorium, radiologi, dan endoskopi.Halaman selanjutnya terdapat penyebab-penyebab dispepsia fungsional: Kenali Sindr [...]

Berbahayakah Jika Punya Maag?

Berbahayakah Jika Punya Maag?

Jangan sepelekan jika Anda memiliki penyakit maag. Bila tidak ditangani dengan baik, sakit maag bisa mengakibatkan terjadinya perforasi lambung (lambung menjadi bolong). Sakit maag ditandai dengan meningkatnya asam lambung ? jika hal ini dibiarkan dan menjadi kronis maka akan menyebabkan tukak lambung, dan jika dibiarkan lagi maka akan menjadi perforasi gaster (lambung).Tukak lambung adalah luka pada lapisan dalam dari lambung yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri di saluran cerna. Sedangkan perforasi gaster adalah bocornya atau bolongnya lambung yang menyebabkan asam lambung atau isi makanan tumpah kedalam rongga perut, sehingga menyebabkan rasa yang amat sakit dan mendadak.Penyebab utama dari tukak lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adalah obat anti inflamasi non steroid (OAINS) yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan juga merokok. Stres dan konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan bukan penyebab dari tukak lambung, tetapi dapat memperburuk kondisi tukak lambung yang sudah ada.Halaman selanjutnya menjelaskan apa itu bakteri Helicobacter pylori: [...]

Vitamin yang Penting untuk Kesehatan Pencernaan

Vitamin yang Penting untuk Kesehatan Pencernaan

Vitamin esensial disebut penting karena dibutuhkan oleh tubuh, namun karena tidak diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga dibutuhkan asupan dari luar. Karena tubuh tidak melakukan produksi secara alami vitamin-vitamin tersebut, maka perlu untuk mendapatkan vitamin ini dari makanan yang dimakan atau dari suplemen vitamin.Semua vitamin esensial penting untuk kesehatan dan terdapat beberapa vitamin esensial yang berperan penting pada kesehatan pencernaan. Dalam kebanyakan kasus, seseorang bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari diet yang sehat, tapi mungkin tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen multivitamin dan suplemen tambahan vitamin.Vitamin B untuk Kesehatan PencernaanVitamin B penting untuk kesehatan pencernaan. Vitamin B juga larut dalam air dan tidak dapat tersimpan dalam sel lemak, sehingga perlu dikonsumsi rutin dalam diet sehari-hari. Vitamin B terutama terlibat dalam mendapatkan energi dari makanan yang dimakan ke dalam sel.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

Fakta Tentang Heartburn

Fakta Tentang Heartburn

Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar yang dimulai dari bagian tengah dada dan bergerak naik ke tenggorok, akibat asam lambung yang naik ke tenggorok. Sensasi terbakar terjadi ketika beberapa isi lambung mendorong ke kerongkongan. Hal ini disebut refluks, dan hal itu menyebabkan iritasi dan rasa sakit yang dialami sebagai heartburn. Kadang-kadang heartburn disebut regurgitasi asam, asam refluks, atau pyrosis.Berikut penjelasan fakta tentang heartburn yang baik untuk diketahui. Peppermint dapat memicu heartburn Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi peppermint dapat mendinginkan atau menenangkan nyeri pada bagian perut atau lambung. Hal tersebut ternyata salah, ternyata peppermint harus dihindari jika Anda memiliki gejala heartburn. Peppermint dapat melemaskan otot-otot pada lambung. Dimana hal tersebut bisa menjadi masalah karena dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah (Lower Esophageal sphincter, LES). Sfingter tersebut merupakan otot yang memisahkan lambung dari kerongkongan. Jika sfingter tersebut melemah, maka asam lambung dapat meresap atau naik sampai ke kerongkongan sehingga menyebabkan heartburn. Hiatus hernia adalah penyebab tersering d [...]

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Tidur

Sebenarnya tidak apa-apa jika Anda menyantap makanan ringan sebelum tidur, terutama jika sudah berjam-jam sejak makan malam. Hal itu berguna untuk mencegah Anda kelaparan saat tidur nanti. Namun, walau mengonsumsi makanan ringan diperbolehkan sebelum tidur, bukan berarti Anda bebas makan apa saja yang Anda mau.Hindarilah makanan yang berminyak atau asin, karena akan sulit dicerna saat Anda tidur. Begitu pula dengan makanan yang pedas atau asam, seperti saus tomat atau jeruk, yang dapat memicu rasa mulas. Es krim juga dapat meningkatkan energi dikarenakan kandungan gula di dalamnya.Sebaliknya, konsumsi segelas susu hangat sangat baik dilakukan sebelum tidur. Cairan yang hangat dapat membuat Anda mengantuk dengan cara meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, susu mengandung triptofan dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.Konsumsi makanan yang ideal sebelum tidur adalah sekitar 200 kalori dan merupakan kombinasi dari karbohidrat ditambah sedikit protein.Berikut ini komponen-komponen yang dapat dikonsumsi sebelum tidur, selengkapnya pada halaman selanjutnya: [...]

Apa Dampak Jika Mengabaikan Penyakit Maag?

Apa Dampak Jika Mengabaikan Penyakit Maag?

Jangan sepelekan penyakit maag, karena jika tidak ditangani dengan baik, maag bisa mengakibatkan terjadinya perforasi lambung (lambung menjadi bolong). Sakit maag ditandai dengan meningkatnya asam lambung, dan bila dibiarkan hingga kronis akan menyebabkan tukak lambung dan jika dibiarkan lagi maka akan menjadi perforasi gaster (lambung).Tukak lambung adalah luka pada lapisan dalam dari lambung yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada saluran cerna. Sedangkan perforasi gaster adalah bocornya atau bolongnya lambung yang menyebabkan asam lambung atau isi makanan tumpah ke dalam rongga perut, sehingga menyebabkan rasa yang amat sakit dan mendadak.Penyebab utama dari tukak lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Yang lainnya adalah obat anti inflamasi non steroid (OAINS) yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan juga merokok. Stres dan konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan bukan penyebab dari tukak lambung, tetapi dapat memperburuk kondisi tukak lambung yang sudah ada.Halaman selanjutnya menjelaskan bakteri Helicobacter pylori selengkapnya. [...]

Sakit Maag atau Cacingan?

Sakit Maag atau Cacingan?

Cacingan dan sakit maag memiliki gejala yang hampir sama, diantaranya adalah mual, kembung atau nyeri pada perut. Ketika Anda mengalami gejala tersebut, mungkin Anda akan mengira bahwa Anda terkena penyakit maag, karena jarang seseorang akan mengira bahwa dirinya menderita cacingan.Penyakit cacingan pada manusia sering dimanifestasikan oleh parasit cacing yang hidup di usus besar dan usus halus.Cacing-cacing ini bisa bertahan hidup, karena mendapat nutrisi dari menyerap darah di dinding usus dan sari makanan yang Anda makan.Terdapat 3 macam cacing yang sering menyerang manusia, diantaranya cacing kremi, cacing gelang, dan cacing pita.Halaman berikut menjelaskan ciri-ciri cacingan berdasarkan cacing yang dapat membuat infeksi: Sakit Maag atau Cacingan? Cacing Kremi Cacing kremi ini banyak dialami oleh anak-anak. Cacing ini menginfeksi usus dan kadang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun terda [...]

6 Efek Buruk Diet Ekstrem

6 Efek Buruk Diet Ekstrem

Ketika Anda harus menghadiri acara penting (misalnya, pernikahan teman) dan harus menurunkan berat badan secara cepat, diet ketat dan tidak makan sama sekali bagaikan solusi instan untuk mendapatkan perut rata.Namun diet terlalu ekstrem atau sering juga disebut dengan crash diet dapat memberikan berbagai efek negatif untuk tubuh.Apa itu crash diet?Crash diet dapat berupa makan dengan kalori sangat rendah, tidak makan apa pun namun berolahraga berlebih, hanya minum saja atau lainnya.Crash diet adalah segala bentuk diet ekstrem untuk menurunkan berat badan dalam jumlah banyak secara cepat.Apa saja efek negatifnya? Halaman berikut penjelasannya: 6 Efek Buruk Diet Ekstrem Apa saja efek negatifnya? Berat badan akan kembali naik secara cepat Tentu Anda tidak akan melakukan diet ini untuk selamanya, bukan? Jadi setelah Anda kembali ke pola makan normal, bobot tubuh Anda tentu akan kembali naik secara cepa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *