6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh.

Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup.

Halaman berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung:

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laksatif.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung

  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung

  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Inilah Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

Inilah Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

Lambung merupakan salah satu saluran cerna dari sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Berbentuk seperti kantung dan terletak di bagian atas rongga perut, lambung berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap sari-sari makanan.Dalam mencerna makanan diperlukan asam lambung. Asam lambung ini tidak mengakibatkan masalah jika diproduksi dalam jumlah normal, namun ada beberapa penyakit yang bisa timbul akibat asam lambung yang berlebihan.Dan beberapa penyakit berikut ini, berbahaya jika dianggap sepele. Dan semakin awal untuk ditangani, semakin besar potensi penyembuhannya. Dengan demikian, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh satu per satu beberapa penyakit yang sering menyerang lambung berikut ini:Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang lambung: Inilah Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung 1. GASTRITISGastritis adalah peradangan pada mukosa (lapisan) lambung. Sayangnya, [...]

Fakta Dispepsia yang Belum Anda Tahu

Fakta Dispepsia yang Belum Anda Tahu

Dispepsia adalah kondisi umum dan biasanya menggambarkan sekumpulan gejala dan bukan satu gejala dominan saja. Gejala utamanya adalah rasa sakit atau tidak nyaman pada bagian perut atas. Selain itu, ada gejala-gejala lainnya juga, diantaranya adalah: Sakit perut atau rasa tidak nyaman pada perut Kembung Merasa tidak nyaman dan terasa penuh setelah makan Mual kehilangan selera makan Heartburn (sensasi terbakar pada dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan) Bersendawa Penyebab umum dari dispepsia meliputi beberapa hal, selengkapnya di halaman selanjutnya: Fakta Dispepsia yang Belum Anda Tahu Penyebab umum dari dispepsia meliputi beberapa hal, antara lain: Naiknya isi lambung dan gas ke kerongkongan (regurgitasi atau refluks) disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau hernia hiatus Gangguan yang mempengaruhi pergerakan makanan melalui usus, seperti irritable bowel synd [...]

Amankah Menjalani Diet Mayo?

Amankah Menjalani Diet Mayo?

Mayo Diet merupakan metode diet yang dikembangkan oleh Mayo Clinic di Minnesota, Amerika. Diet ini tidak hanya fokus terhadap apa yang Anda konsumsi namun juga berapa berat badan Anda dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Diet Mayo mengharuskan Anda mengkonsumsi 6 jenis kelompok makanan yang terdiri dari: Buah Sayuran Gandum Protein seperti buncis dan ikan Lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan dan minyak zaitun Makanan manis, dalam jumlah sedikit Diet mayo harus dibedakan dengan diet Paleolithic yaitu diet yang menyerupai makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang di kehidupan zaman dahulu yaitu makanan yang tinggi akan protein dan daging, sedikit sayuran dan buah, dan tidak mengkonsumsi produk susu, gandum, minyak, gula ataupun garam. Jadi sangat berbeda dengan prinsip dari diet Mayo Clinic.Penjelasan selanjutnya di halaman berikut selengkapnya. Amankah Menjalani Diet Mayo? Pada diet mayo, s [...]

Inilah Makanan-Makanan Penangkal Lemak

Inilah Makanan-Makanan Penangkal Lemak

Tak bisa dimungkiri, menjaga pola makan sangatlah penting untuk keberhasilan diet. Ada banyak makanan yang terbukti bagus untuk membantu metabolisme tubuh dan membakar lemak. Jika dikonsumsi secara rutin, tentu akan memberikan hasil yang signifikan pada tubuh Anda (apalagi jika diimbangi dengan olahraga teratur dan tidur cukup). Berikut adalah makanan-makanan tersebut:Teh HijauBeberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan melalui pembakaran lemak. Teh hijau mengandung catechin, yaitu suatu fitokimia yang dapat membantu metabolisme tubuh.SemangkaMakanan yang tinggi kadar airnya akan mengisi ruang lebih banyak dalam perut Anda. Hal ini akan mengirimkan signal pada tubuh bahwa Anda sudah cukup makan dan tidak ada lagi ruang untuk makanan tambahan. Banyak buah dan sayuran segar yang kaya akan air dan vitamin serta rendah kalori. Semangka adalah salah satunya. Selain itu, semangka juga merupakan sumber antioksidan likopen yang baik dan akan memberikan Anda tambahan vitamin A dan C.Berikut adalah makanan-makanan lainnya yang dapat menangkal lemak, selengkapnya di halaman berikutnya. [...]

Kenali Sindrom Dispepsia Lebih Dalam

Kenali Sindrom Dispepsia Lebih Dalam

Dispepsia merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai keluhan nonspesifik. Digambarkan sebagai kumpulan gejala yang terdiri dari rasa tidak nyaman, perih, atau nyeri pada perut bagian atas, dispepsia bukanlah penyakit dan orang awam kerap menyebutnya dengan masuk angin.Dispepsia diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu dispepsia organik dan nonorganik.Dispepsia organik adalah dispepsia yang telah diketahui adanya kelainan organik sebagai penyebab, misalnya tukak lambung, usus dua belas jari, radang pankreas, radang empedu, dan lain-lain. Dispepsia organik sering ditemukan pada usia lebih dari 40 tahun.Dispepsia fungsional merupakan dispepsia yang paling sering ditemukan dan terjadi tanpa disertai dengan kelainan atau gangguan struktur organ berdasarkan pemeriksaan klinis, laboratorium, radiologi, dan endoskopi.Halaman selanjutnya terdapat penyebab-penyebab dispepsia fungsional: Kenali Sindr [...]

Jenis Makanan yang Dapat Menyembuhkan Sakit Maag

Jenis Makanan yang Dapat Menyembuhkan Sakit Maag

Sakit maag adalah peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Istilah medisnya dikenal dengan gastritis. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh obat-obat anti radang non-steroid, penyalahgunaan alkohol, alergi makanan, menelan zat korosif, bahkan gangguan autoimun.Selain itu, gangguan pola makan serta jenis makanan juga mempengaruhi timbulnya penyakit ini. Namun gastritis juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori yang bilamana tidak diobati dapat menyebabkan luka yang dikenal sebagai tukak lambung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan-makanan tertentu dapat membantu penyembuhan gastritis.Berikut akan dibahas mengenai 4 jenis makanan yang dapat membantu penyembuhan gastritis:1. Sayuran berwarna hijauBila Anda memiliki gastritis dan tukak lambung, Anda harus mengkonsumsi sayuran berwarna hijau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, sayuran yang berwarna hijau merupakan sumber vitamin yang baik terutama vitamin A, C, K, asam folat, zat besi, kalsium serta mineral. Vitamin dan mineral penting dalam proses penyembuhan gastritis dan tukak lambung. Jenis-jenis sayuran ini diantaranya adalah brokoli, kubis, kol, aspa [...]

Fakta Tentang Heartburn

Fakta Tentang Heartburn

Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar yang dimulai dari bagian tengah dada dan bergerak naik ke tenggorok, akibat asam lambung yang naik ke tenggorok. Sensasi terbakar terjadi ketika beberapa isi lambung mendorong ke kerongkongan. Hal ini disebut refluks, dan hal itu menyebabkan iritasi dan rasa sakit yang dialami sebagai heartburn. Kadang-kadang heartburn disebut regurgitasi asam, asam refluks, atau pyrosis.Berikut penjelasan fakta tentang heartburn yang baik untuk diketahui. Peppermint dapat memicu heartburn Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi peppermint dapat mendinginkan atau menenangkan nyeri pada bagian perut atau lambung. Hal tersebut ternyata salah, ternyata peppermint harus dihindari jika Anda memiliki gejala heartburn. Peppermint dapat melemaskan otot-otot pada lambung. Dimana hal tersebut bisa menjadi masalah karena dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah (Lower Esophageal sphincter, LES). Sfingter tersebut merupakan otot yang memisahkan lambung dari kerongkongan. Jika sfingter tersebut melemah, maka asam lambung dapat meresap atau naik sampai ke kerongkongan sehingga menyebabkan heartburn. Hiatus hernia adalah penyebab tersering d [...]

Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung

Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung

Makanan yang dimakan, akan berjalan melalui mulut, ke kerongkongan, lalu masuk ke dalam lambung. Jika seseorang memiliki refluks asam (asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan), hal tersebut dapat menyakitkan.Banyak makanan yang dapat memperburuk atau memperparah gejala refluks asam yaitu dengan cara membuat lemas atau lemah katup yang memisahkan kerongkongan dari lambung, memperpanjang waktu makanan berada di dalam lambung atau menyebabkan lambung memproduksi asam lambung berlebih.Ada juga makanan yang menyebabkan lambung memproduksi terlalu banyak asam lambung, yang dapat kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).Berikut beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi bagi penderita refluks asam, selengkapnya di halaman selanjutnya: Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung Tomat Tomat memiliki kandungan sitrat dan asa [...]

Apa Sebenarnya Fungsi Lambung?

Apa Sebenarnya Fungsi Lambung?

Lambung, atau dalam istilah kedokterannya disebut gaster, adalah salah satu organ pencernaan yang terdapat dalam tubuh manusia.Terletak di bawah diafragma yang berupa kantong dan berbentuk seperti huruf J, lambung terdiri atas tiga bagian, yakni kardiak sebagai pintu masuk makanan dari kerongkongan; fundus, bagian tengah lambung yang bentuknya membulat sebagai tempat menyimpan makanan yang tercerna dan juga gas yang dilepaskan dari pencernaan kimia makanan; serta pylorus, lambung bagian bawah yang akan menyalurkan makanan ke usus.Lambung melakukan beberapa fungsi, yaitu fungsi motorik, fungsi sekresi (pengeluaran), serta fungsi pencernaan dan absorpsi (penyerapan). Berikut penjelasannya:1. Fungsi MotorikFungsi motorik terbagi menjadi tiga: Menyimpan makanan dalam jumlah besar sehingga makanan tersebut dapat ditampung pada saluran cerna bagian bawah Mencampur makanan tersebut dengan cairan asam lambung sehingga membentuk suatu campuran setengah padat yang dinamakan kimus Mengeluarkan makanan dengan lambat dari lambung masuk ke usus halus dengan kecepatan yang sesuai untuk pencernaan dan absorpsi oleh usus halus Halaman selanjutnya, penjelasan fungsi lambung selengkapn [...]

Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

Diet golongan darah pertama kali dipopulerkan oleh seorang naturopati bernama Peter J. D'Adamo. D'Adamo mengklaim bahwa makanan yang Anda makan bereaksi secara kimia dengan golongan darah Anda. Oleh karena itu, bila menjalani diet berdasarkan tipe golongan darah tertentu (A, B, AB, O), tubuh Anda dapat mencerna makan dengan lebih efisien.Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan mengenai diet golongan darah serta jawabannya:Bagaimana cara melakukan diet golongan darah?Diet golongan darah dibagi berdasarkan tipe golongan darah:Tipe O: diet tinggi protein dengan banyak mengonsumsi daging merah, daging unggas, ikan, sayur, gandum, kacang-kacangan, dan produk susu dan olahannya.Tipe A: diet bebas daging dan lebih didasarkan pada buah, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Lebih bagus lagi jika makanannya organik dan segar, karena menurut D'Adamo, orang dengan golongan darah A memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif.Tipe B: pada golongan darah ini, D'Adamo menganjurkan untuk menghindari jagung, gandum, kacang-kacangan, tomat, dan ayam. Lebih dianjurkan untuk makan sayuran hijau, telur, daging, dan susu rendah lemak.Tipe AB: difokuskan untuk makan tahu, mak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *