6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh.

Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup.

Halaman berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung:

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laksatif.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung

  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung

  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Merokok Penyebab Penyakit Asam Lambung

Merokok Penyebab Penyakit Asam Lambung

Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang, merokok identik dengan masalah pernapasan atau paru-paru. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan buruk tersebut juga bisa merusak lambung.Kandungan zat kimia pada asap rokok sangat berbahaya, di antaranya karbon monoksida, nitrogen oksida, amonia, hidrogen sianida, nikotin, dan lain-lain. Selain nikotin, peningkatan paparan hidrokarbon, oksigen radikal, dan substansi racun lainnya turut bertanggung jawab pada berbagai dampak rokok terhadap kesehatan.Zat beracun yang terdapat dalam rokok mampu mengikis lapisan lambung dan menyebabkan enzim pencernaan tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan perokok berat mengalami kesulitan dalam mencerna makanan yang dikonsumsinya.Merokok juga dapat menambah modifikasi radang yang terjadi karena bakteri Helicobacter Pylori. Bakteri Helicobacter Pylori merupakan zat perusak lambung serta dinding usus dua belas jari. Selain itu, rokok juga menyebabkan melemahnya katup pylorus (lambung bagian bawah yang akan menyalurkan makanan ke usus) dan meningkatkan cairan asam lambung.Lalu bagaimana hubungannya rokok dapat menyebabkan peningkatan asam lambung? Halaman selanjutnya selengkapnya. [...]

Inilah Makanan-Makanan Penangkal Lemak

Inilah Makanan-Makanan Penangkal Lemak

Tak bisa dimungkiri, menjaga pola makan sangatlah penting untuk keberhasilan diet. Ada banyak makanan yang terbukti bagus untuk membantu metabolisme tubuh dan membakar lemak. Jika dikonsumsi secara rutin, tentu akan memberikan hasil yang signifikan pada tubuh Anda (apalagi jika diimbangi dengan olahraga teratur dan tidur cukup). Berikut adalah makanan-makanan tersebut:Teh HijauBeberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan melalui pembakaran lemak. Teh hijau mengandung catechin, yaitu suatu fitokimia yang dapat membantu metabolisme tubuh.SemangkaMakanan yang tinggi kadar airnya akan mengisi ruang lebih banyak dalam perut Anda. Hal ini akan mengirimkan signal pada tubuh bahwa Anda sudah cukup makan dan tidak ada lagi ruang untuk makanan tambahan. Banyak buah dan sayuran segar yang kaya akan air dan vitamin serta rendah kalori. Semangka adalah salah satunya. Selain itu, semangka juga merupakan sumber antioksidan likopen yang baik dan akan memberikan Anda tambahan vitamin A dan C.Berikut adalah makanan-makanan lainnya yang dapat menangkal lemak, selengkapnya di halaman berikutnya. [...]

Makanan yang Dapat Memicu Sakit Maag

Makanan yang Dapat Memicu Sakit Maag

Selain harus makan dengan teratur, penderita sakit maag juga tidak bisa makan seenaknya dengan sembarangan. Karena terdapat beberapa makanan yang dapat memicu sakit maag. Jika tidak menghindari makanan-makanan tersebut makan resiko yang terjadi adalah timbulnya sakit maag yang tentunya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jika sudah begitu maka pekerjaan sehari-hari Anda akan terabaikan dan tentunya harus mengkonsumsi obat agar sakit maag cepat hilang.Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari makanan yang dapat memicu sakit maag berikut ini : Makanan yang digoreng dan berlemak Makanan yang digoreng dan berlemak akan sulit dicerna sehingga akan membuat lambung bekerja lebih ekstra. Hal tersebut dapat membuat pengosongan lambung lebih lama dan akan membuat produksi asam lebih meningkat lagi. Selain makanan yang digoreng, makanan yang sulit dicerna lainnya contohnya adalah keju, cokelat, dan kue dengan krim. Buah dan sayur yang menghasilkan gas Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan yang berlebihan ketika dikonsumsi. Gas yang berlebihan tersebut akan membuat rasa penuh pada bagian perut. Contoh buah dan sayur yang menghasilkan gas setelah [...]

Serba-serbi Penyakit Maag

Serba-serbi Penyakit Maag

Maag atau bahasa kedokterannya disebut gastritis adalah peradangan pada mukosa (lapisan) lambung. Sayangnya, istilah "gastritis" telah disalahgunakan untuk memasukkan berbagai masalah perut bagian atas. Namun, gastritis yang benar mengacu pada lapisan lambung (mukosa lambung) yang meradang, bisa semua atau sebagian dari mukosa lambung yang terkena.Gastritis dapat diklasifikasikan sebagai akut atau kronis. Gastritis akut dapat dicirikan sebagai gastritis erosive (peradangan pada sel-sel mukos) dan non erosive. Gastritis kronis ditentukan oleh histopatologi (penampakan mukosa lambung yang dilihat menggunakan mikroskop).Apa Saja Gejala Maag? Gejala gatritis berbeda pada tiap individu, atau bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun terdapat gejala yang umum pada gastritis adalah: Rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut bagian atas Mual Muntah Kembung Perut terasa terbakar atau perih saat waktu makan atau malam hari Cegukan Hilangnya nafsu makan Gastritis erosif dapat menyebabkan luka atau erosi pada lapisan lambung yang dapat berdarah. Tanda-tanda jika perdarahan di perut, antara lain muntah darah dan tinja berwarna hitam.Apa saja penyebab sakit maag? Beriku [...]

8 Cara untuk Menghindari Maag Kambuh Lagi

8 Cara untuk Menghindari Maag Kambuh Lagi

Maag atau istilah kedokterannya disebut dengan gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya, maag akan menimbulkan gejala berupa nyeri pada ulu hati atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Untuk menghindari serangan maag, berikut adalah 8 cara yang bisa Anda terapkan: Makan Tepat Waktu Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis). Apabila di dalam lambung Anda tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri. Kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung. Jadi, biasakanlah untuk makan tepat waktu. Hindari Makanan Pencetus Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna akan meringankan beban kerja lambung. Jenis makanannya pun perlu diperhatikan. Sebaiknya penderita maag menghindari makanan atau minuman yang asam (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus, serta makanan pedas karena dapat memicu produksi asam lambung. Cokelat, kue tart, keju, dan makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan) juga harus dihindari karena sulit dicerna oleh lambung.Usahakan mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna. Po [...]

Kenali Sindrom Dispepsia Lebih Dalam

Kenali Sindrom Dispepsia Lebih Dalam

Dispepsia merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan berbagai keluhan nonspesifik. Digambarkan sebagai kumpulan gejala yang terdiri dari rasa tidak nyaman, perih, atau nyeri pada perut bagian atas, dispepsia bukanlah penyakit dan orang awam kerap menyebutnya dengan masuk angin.Dispepsia diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu dispepsia organik dan nonorganik.Dispepsia organik adalah dispepsia yang telah diketahui adanya kelainan organik sebagai penyebab, misalnya tukak lambung, usus dua belas jari, radang pankreas, radang empedu, dan lain-lain. Dispepsia organik sering ditemukan pada usia lebih dari 40 tahun.Dispepsia fungsional merupakan dispepsia yang paling sering ditemukan dan terjadi tanpa disertai dengan kelainan atau gangguan struktur organ berdasarkan pemeriksaan klinis, laboratorium, radiologi, dan endoskopi.Halaman selanjutnya terdapat penyebab-penyebab dispepsia fungsional: Kenali Sindr [...]

Kenali Lebih Dalam Tentang Maag Kronis

Kenali Lebih Dalam Tentang Maag Kronis

Maag atau dalam istilah kedokteran disebut dengan gastritis adalah suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Dilihat dari waktu terjadinya, gastritis dibagi menjadi dua macam, yaitu gastritis akut dan gastritis kronis.Gastritis akut adalah suatu peradangan berat yang terjadi secara tiba-tiba pada lapisan lambung. Sedangkan gastritis kronis adalah peradangan pada dinding lambung yang sudah terjadi menahun, atau orang dengan gastritis dan tidak diobati dengan benar maka terjadi gastritis kronis.Pembagian gastritis kronik terdiri atas tiga, yaitu: Gastritis kronik tipe A Gastritis tipe ini diduga terjadi dikarenakan proses immunologik tidak bergejala dan lebih dari 20% menyebabkan anemia pernisiosa. Gastritis kronik tipe B Terjadi karena iritasi kronis dalam waktu yang lama. Gastritis kronik tipe AB Adalah gabungan dari tipe A dan tipe B.Tapi tahukah Anda, penyebab gastritis kronis yang paling sering ternyata bukan karena telat makan semata? Tapi juga infeksi bakteri! Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Pikiran, Stres dan Maag

Pikiran, Stres dan Maag

Sakit maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang ke dokter mencari pertolongan medis. Sakit maag yang membawa pasien datang ke dokter kadang memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit maag.Dari tinjauan bahasa, sebetulnya kata ?maag? sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya lambung, maka orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit maag. Secara medis istilah yang sering digunakan untuk sakit maag ini adalah Dispepsia.Sekilas Mengenai DispepsiaSecara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Gastritis adalah salah satu penyebab sindrom dispepsia. Gastritis berasal dari kata gaster artinya lambung, sedangkan ?itis? adalah peradangan, jadi gastritis adalah peradangan pada lambung. Kedua istilah ini dapat digunakan untuk orang yang sakit maag.Pasien dengan sakit maag juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti: Kembung, Cepat kenyang [...]

Bolehkah Penderita Maag Berpuasa?

Bolehkah Penderita Maag Berpuasa?

Siapa bilang penderita sakit maag tidak bisa puasa? Hal ini tidak perlu dikhawatirkan bagi Anda penderita maag yang ingin menjalankan puasa. Puasa bisa dijalankan dengan baik tanpa terjadi kambuhnya penyakit maag, bahkan puasa memiliki manfaat bagi penderita maag.Sakit maag atau gastritis merupakan suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Maag dibagi menjadi dua macam, yaitu: Maag fungsional adalah sakit maag yang disebabkan oleh karena kesalahan pola makan (makan tidak teratur dan makan makanan yang memicu timbulnya sakit maag), stress, emsi, dan juga merokok. Pada maag fungsional tidak terdapat kelainan pada pemeriksaan endoskopi, oleh karena itu tidak terdapat kerusakan atau kelainan di dalam organ lambung dan maag jenis ini masih mungkin untuk melakukan ibadah puasa ? justru puasa sangat baik dilakukan bagi penderita maag fungsional, dikarenakan pola makan menjadi teratur.Jenis maag lainnya, yaitu maag organik. Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Berbahayakah Jika Punya Maag?

Berbahayakah Jika Punya Maag?

Jangan sepelekan jika Anda memiliki penyakit maag. Bila tidak ditangani dengan baik, sakit maag bisa mengakibatkan terjadinya perforasi lambung (lambung menjadi bolong). Sakit maag ditandai dengan meningkatnya asam lambung ? jika hal ini dibiarkan dan menjadi kronis maka akan menyebabkan tukak lambung, dan jika dibiarkan lagi maka akan menjadi perforasi gaster (lambung).Tukak lambung adalah luka pada lapisan dalam dari lambung yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri di saluran cerna. Sedangkan perforasi gaster adalah bocornya atau bolongnya lambung yang menyebabkan asam lambung atau isi makanan tumpah kedalam rongga perut, sehingga menyebabkan rasa yang amat sakit dan mendadak.Penyebab utama dari tukak lambung adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab lainnya adalah obat anti inflamasi non steroid (OAINS) yang dikonsumsi dalam jangka panjang dan juga merokok. Stres dan konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan bukan penyebab dari tukak lambung, tetapi dapat memperburuk kondisi tukak lambung yang sudah ada.Halaman selanjutnya menjelaskan apa itu bakteri Helicobacter pylori: [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *