6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh.

Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup.

Halaman berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung:

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laksatif.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung

  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung

  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenali Lebih Dalam Tentang Maag Kronis

Kenali Lebih Dalam Tentang Maag Kronis

Maag atau dalam istilah kedokteran disebut dengan gastritis adalah suatu proses peradangan yang terjadi pada dinding yang melapisi lambung. Dilihat dari waktu terjadinya, gastritis dibagi menjadi dua macam, yaitu gastritis akut dan gastritis kronis.Gastritis akut adalah suatu peradangan berat yang terjadi secara tiba-tiba pada lapisan lambung. Sedangkan gastritis kronis adalah peradangan pada dinding lambung yang sudah terjadi menahun, atau orang dengan gastritis dan tidak diobati dengan benar maka terjadi gastritis kronis.Pembagian gastritis kronik terdiri atas tiga, yaitu: Gastritis kronik tipe A Gastritis tipe ini diduga terjadi dikarenakan proses immunologik tidak bergejala dan lebih dari 20% menyebabkan anemia pernisiosa. Gastritis kronik tipe B Terjadi karena iritasi kronis dalam waktu yang lama. Gastritis kronik tipe AB Adalah gabungan dari tipe A dan tipe B.Tapi tahukah Anda, penyebab gastritis kronis yang paling sering ternyata bukan karena telat makan semata? Tapi juga infeksi bakteri! Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya. [...]

Serba-serbi Penyakit Maag

Serba-serbi Penyakit Maag

Maag atau bahasa kedokterannya disebut gastritis adalah peradangan pada mukosa (lapisan) lambung. Sayangnya, istilah "gastritis" telah disalahgunakan untuk memasukkan berbagai masalah perut bagian atas. Namun, gastritis yang benar mengacu pada lapisan lambung (mukosa lambung) yang meradang, bisa semua atau sebagian dari mukosa lambung yang terkena.Gastritis dapat diklasifikasikan sebagai akut atau kronis. Gastritis akut dapat dicirikan sebagai gastritis erosive (peradangan pada sel-sel mukos) dan non erosive. Gastritis kronis ditentukan oleh histopatologi (penampakan mukosa lambung yang dilihat menggunakan mikroskop).Apa Saja Gejala Maag? Gejala gatritis berbeda pada tiap individu, atau bahkan ada yang tidak menimbulkan gejala sama sekali. Namun terdapat gejala yang umum pada gastritis adalah: Rasa sakit atau ketidaknyamanan pada perut bagian atas Mual Muntah Kembung Perut terasa terbakar atau perih saat waktu makan atau malam hari Cegukan Hilangnya nafsu makan Gastritis erosif dapat menyebabkan luka atau erosi pada lapisan lambung yang dapat berdarah. Tanda-tanda jika perdarahan di perut, antara lain muntah darah dan tinja berwarna hitam.Apa saja penyebab sakit maag? Beriku [...]

Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung

Cara Mencegah Naiknya Asam Lambung

Gastroesophageal reflux disease atau disingkat GERD, adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi sfingter esofagus bagian bawah (Lower Esophageal Spinchter, LES), yaitu cincin otot antara esofagus dan lambung. Gejala utama dari GERD adalah heartburn (sensasi terbakar di dada) atau gangguan pencernaan asam lambung, yang sering dialami banyak orang, terutama wanita hamil. Dalam kebanyakan kasus, heartburn dapat disembuhkan dengan cara diet dan perubahan gaya hidup. Namun, pada beberapa orang mungkin memerlukan pengobatan atau bahkan operasi.Gastroesophageal mengacu pada lambung dan kerongkongan. Refluks berarti mengalir kembali. Oleh karena itu, gastroesophageal reflux adalah kembalinya isi lambung kembali ke kerongkongan.Pada pencernaan yang normal, sfingter esofagus bagian bawah membuka untuk memungkinkan makanan masuk ke lambung dan menutup untuk mencegah makanan atau jus asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Gastroesophageal reflux terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah lemah atau melemah disaat yang tidak tepat, dimana memungkinkan isi lambung mengalir sampai ke kerongkongan.Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

8 Cara untuk Menghindari Maag Kambuh Lagi

8 Cara untuk Menghindari Maag Kambuh Lagi

Maag atau istilah kedokterannya disebut dengan gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya, maag akan menimbulkan gejala berupa nyeri pada ulu hati atau perut kiri atas, mual, kembung, dan muntah. Untuk menghindari serangan maag, berikut adalah 8 cara yang bisa Anda terapkan: Makan Tepat Waktu Asam lambung bersifat korosif/iritatif (mengikis). Apabila di dalam lambung Anda tidak ada makanan, maka yang akan dicerna oleh asam lambung adalah lapisan lambung kita sendiri. Kondisi ini dapat memperparah penyakit maag menjadi tukak lambung. Jadi, biasakanlah untuk makan tepat waktu. Hindari Makanan Pencetus Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna akan meringankan beban kerja lambung. Jenis makanannya pun perlu diperhatikan. Sebaiknya penderita maag menghindari makanan atau minuman yang asam (asam cuka, jahe, jeruk), susu, sari buah sitrus, serta makanan pedas karena dapat memicu produksi asam lambung. Cokelat, kue tart, keju, dan makanan yang berlemak (mengandung minyak, santan, gorengan) juga harus dihindari karena sulit dicerna oleh lambung.Usahakan mengkonsumsi makanan yang teksturnya lembut (lunak) dan mudah dicerna. Po [...]

Perbanyak Kalsium Jika Ingin Cepat Langsing

Perbanyak Kalsium Jika Ingin Cepat Langsing

Apakah Anda termasuk orang yang menghindari susu dan produk susu lainnya demi mencegah berat badan naik? Jika ya, Anda perlu mengetahui fakta bahwa terdapat studi yang menunjukkan fungsi tambahan kalsium, yakni untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.Penelitian telah memperlihatkan bahwa ketika seseorang meningkatkan asupan kalsium dalam diet, maka pemecahan lemak juga akan meningkat dan produksi lemak menjadi berkurang. Hasilnya, lemak total akan berkurang.Beberapa orang juga beranggapan bahwa diet rendah kalori tidak dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Hal itu dikarenakan tubuh akan cepat merasa lapar. Akibatnya, beberapa pelaku diet mengurangi asupan susu dan produk susu yang mereka percaya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.Namun sebenarnya, susu merupakan sumber kalsium bagi orang yang ingin diet karena laktosa dalam susu mampu meningkatkan penyerapan kalsium. Penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya. [...]

Makanan yang Dapat Memicu Sakit Maag

Makanan yang Dapat Memicu Sakit Maag

Selain harus makan dengan teratur, penderita sakit maag juga tidak bisa makan seenaknya dengan sembarangan. Karena terdapat beberapa makanan yang dapat memicu sakit maag. Jika tidak menghindari makanan-makanan tersebut makan resiko yang terjadi adalah timbulnya sakit maag yang tentunya akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jika sudah begitu maka pekerjaan sehari-hari Anda akan terabaikan dan tentunya harus mengkonsumsi obat agar sakit maag cepat hilang.Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari makanan yang dapat memicu sakit maag berikut ini : Makanan yang digoreng dan berlemak Makanan yang digoreng dan berlemak akan sulit dicerna sehingga akan membuat lambung bekerja lebih ekstra. Hal tersebut dapat membuat pengosongan lambung lebih lama dan akan membuat produksi asam lebih meningkat lagi. Selain makanan yang digoreng, makanan yang sulit dicerna lainnya contohnya adalah keju, cokelat, dan kue dengan krim. Buah dan sayur yang menghasilkan gas Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan yang berlebihan ketika dikonsumsi. Gas yang berlebihan tersebut akan membuat rasa penuh pada bagian perut. Contoh buah dan sayur yang menghasilkan gas setelah [...]

Sedang Kembung? Makanlah Makanan Berikut ini!

Sedang Kembung? Makanlah Makanan Berikut ini!

Seringkali seseorang merasakan perasaan seperti penuh pada bagian perutnya, hal tersebut bisa disebabkan oleh karena banyak gas dalam lambung. Terdapat beberapa makanan yang baik dimakan saat lambung penuh oleh gas. Berikut penjelasannya : Protein Hewani Protein hewani adalah bahan makanan yang biasanya tidak menghasilkan gas sehingga asupan protein hewani ini baik jika Anda terlalu banyak mengandung gas pada lambung Anda. Pada keadaan lambung yang penuh dengan gas Anda bisa makan daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, kalkun atau daging merah dengan sedikit lemak. Makanan sederhana seperti dipanggang atau dikukus adalah makanan yang dianjurkan, hindari gorengan dan minuman yang akan meningkatkan ketidaknyamanan pada lambung. Probiotik Probiotik adalah sekutu yang baik ketika Anda memiliki gas berlebih pada lambung. Probiotik membantu untuk meningkatkan pencernaan dan meningkatkan proses pada usus. Contoh probiotik yang baik dikonsumsi adalah yoghurt rendah lemak dan susu kedelai. Flaxseed juga bisa dikonsumsi sebagai probiotik, ia juga dapat membantu jika Anda mengalami sembelit.Berikut makanan lainnya yang dapat meredakan kembung, selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Ini Akibatnya Jika Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Ini Akibatnya Jika Mengunyah Makanan Terlalu Cepat

Banyak orang yang mengunyah makanan dengan cepat ? apalagi jika sedang terburu-buru ? tanpa mengetahui bahwa hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa akibat yang timbul jika mengunyah makanan terlalu cepat: Menaikkan Berat Badan Otak dan perut (lambung) melakukan kerja sama saat kita makan, yaitu perut akan menyampaikan sinyal kenyang ke otak dan dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengantarkan sinyal tersebut. Jadi, jika Anda makan dan mengunyah makanan dengan cepat, otomatis lambung akan terisi penuh makanan lebih cepat sebelum sinyal kenyang disampaikan. Hal ini menyebabkan Anda makan lebih banyak dan mengonsumsi kalori berlebih, sehingga berat badan akan naik.Kebiasaan makan dengan cepat juga akan memaksa otot lambung untuk lebih meregang dan membesar. Semakin sering makan dengan cepat, maka otot lambung akan mudah untuk meregang, sehingga semakin hari semakin banyak makanan yang dibutuhkan untuk bisa merasa kenyang. Tertelannya Udara Makan terlalu cepat dapat menyebabkan tertelannya udara ke dalam lambung. Hal ini terjadi karena porsi dalam sekali suap cenderung lebih besar dan akibatnya udara yang ikut masuk bersama makanan juga dalam jumlah y [...]

Kopi Menyebabkan Maag

Kopi Menyebabkan Maag

Sakit maag atau istilah medis disebut gastritis (peradangan pada lambung) merupakan penyakit yang sering terjadi di masyarakat. Peningkatan asam lambung merupakan faktor utama terjadinya sakit maag. Lapisan pertahanan lambung yang mencegah lambung kontak langsung dengan asam lambung dapat menjadi rusak bilamana produksinya berlebihan. Bila terpapar terus menerus dengan asam, lapisan mukosa lambung dapat berubah menjadi tukak/ulkus (luka pada mukosa/lapisan lambung).Penyebab sakit maag dapat bermacam-macam diantaranya pola makan yang tidak teratur, makan-makanan yang mengandung minyak dan berlemak, obat-obatan tertentu, alkohol, kopi, stres, dan lain sebagainya. Selain itu terdapat mikroorganisme yang disebut bakteri helycobacter pylori. Bakteri ini merupakan penyebab utama terjadinya tukak/ulkus lambung.Bagaimana kopi dapat menyebabkan sakit maag?Seperti yang sudah disebutkan di atas, kopi merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan sakit maag, karena kandungan kafein yang terdapat didalamnya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Asam lambung yang berlebihan dapat mengiritasi permukaan mukosa lambung sehingga menyebabkan peradangan pada lambung. Bagi penderita yang meman [...]

Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung

Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung

Makanan yang dimakan, akan berjalan melalui mulut, ke kerongkongan, lalu masuk ke dalam lambung. Jika seseorang memiliki refluks asam (asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan), hal tersebut dapat menyakitkan.Banyak makanan yang dapat memperburuk atau memperparah gejala refluks asam yaitu dengan cara membuat lemas atau lemah katup yang memisahkan kerongkongan dari lambung, memperpanjang waktu makanan berada di dalam lambung atau menyebabkan lambung memproduksi asam lambung berlebih.Ada juga makanan yang menyebabkan lambung memproduksi terlalu banyak asam lambung, yang dapat kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn (sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan).Berikut beberapa makanan yang tidak baik dikonsumsi bagi penderita refluks asam, selengkapnya di halaman selanjutnya: Makanan Pantangan Bagi Asam Lambung Tomat Tomat memiliki kandungan sitrat dan asa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *