6 Makanan Pencegah Perut Kembung

kembung-nyeri-maag-sakit-perut-makanan-obat-minuman-pencegah-sebab-cara.JPG

Kita semua pasti pernah merasakan perut kembung. Perasaan kembung ini bukan hanya tidak nyaman dirasa tubuh tapi dapat juga sampai merusak mood.

Mengapa kembung dapat terjadi?

Perasaan kembung merupakan suatu proses natural selama pencernaan, yang dipicu oleh akumulasi dari cairan dan produksi gas di dalam tubuh.

Kembung belum tentu selalu disebabkan oleh produksi dari gas yang terlalu banyak namun juga bagaimana tubuh memproses gas itu.

Keadaan kembung dapat dikurangi dengan pemilihan makanan yang tepat serta perubahan gaya hidup.

Halaman berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mencegah kembung:

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

  1. Nasi
    Beberapa jenis karbohidrat dapat dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan dan beberapa jenis karbohidrat hanya dapat dicerna sebagian. Nah, yang hanya dapat dicerna sebagian inilah yang dapat membuat kembung. Menurut American College of Gastroenterology, jenis karbohidrat berupa nasi dapat dicerna secara penuh di usus halus, sehingga tidak memiliki potensi untuk menimbulkan kembung.

  2. Pisang (Kalium)
    Kembung tidak selalu disebabkan oleh kelebihan gas. Konsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dapat menjadi pemicu. Banyak makanan yang sekarang dijual di supermarket atau rumah makan yang mengandung banyak garam, dimana garam dapat menarik air dan menyimpan air di dalam tubuh. Kalium di sisi lain, dapat melawan efek dari garam. Nah, pisang sangat kaya akan kalium. Menjaga keseimbangan dari kalium dan garam dapat menjaga keseimbangan air sehingga mencegah terjadinya kembung. Sebagai contoh bila Anda merasa kembung setelah mengkonsumsi makan malam yang asin, coba konsumsi pisang setelahnya untuk menjaga keseimbangan.

  3. Yogurt (probiotik)
    Yogurt yang tepat adalah yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium (bakteri baik). Bakteri baik ini akan menjaga pencernaan dan mencegah kembung. Yogurt yang paling baik adalah yang polos dan tidak mengandung lemak, bila Anda ingin mendapatkan rasa manis, hindari pemakaian gula pada yoghurt Anda, sebaiknya coba dikombinasikan dengan buah-buahan.

  4. Peppermint Tea atau Teh Herbal Peppermint
    Peneliti dari Nerve-Gut Research Laboratory menemukan bahwa peppermint dapat mengaktifasi jalur?anti-nyeri? di perut dan meredakan radang. Untuk meredakan kembung secara cepat coba konsumsi teh peppermint yang dapat menenangkan saluran pencernaan.

  5. Timun (diuretik natural)
    Bila Anda kembung, timun memiliki efek natural untuk meratakan perut. Timun mengandung tinggi air dan rendah serat yang meningkatkan urinasi, yang otomatis akan membuat Anda mudah menurunkan berat badan.

  6. Pepaya
    Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung getah putih yang dinamakan papain yang membuat buah jenis ini efektif menjadi laksatif.

Ingat, bahwa kembung yang muncul sesekali merupakan normal dan dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan diatas, namun saat kembung menjadi semakin berat, konsultasikan ke dokter kami melalui fitur .

Baca juga:

  • Menghilangkan Kembung

  • 4 Makanan Penyebab Perut Kembung

  • Mencegah Kembung

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Apakah Kanker Lambung Itu?

Apakah Kanker Lambung Itu?

Kanker lambung adalah penyakit yang disebabkan oleh sel-sel ganas yang terbentuk di lapisan lambung. Lambung terdapat pada perut bagian atas dan membantu dalam proses pencernaan makanan.Hampir semua kanker lambung adalah adenokarsinoma (kanker yang dimulai di sel-sel yang membuat dan melepaskan lendir dan cairan lainnya). Jenis lain dari kanker lambung adalah tumor gastrointestinal karsinoid, tumor stroma gastrointestinal, dan limfoma.Penyebab dari kanker lambung sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun terdapat beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit kanker lambung. Salah satunya adalah infeksi dari bakteri Helicobacter pylori, yang menimbulkan luka pada lambung (tukak lambung). Peradangan pada lambung yang disebut gastritis, anemia kronis, dan polip lambung juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.Beberapa hal lain yang dapat berperan dalam meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung antara lain :Klik ?next? untuk membaca lanjutan artikelnya. [...]

Inilah Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

Inilah Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

Lambung merupakan salah satu saluran cerna dari sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Berbentuk seperti kantung dan terletak di bagian atas rongga perut, lambung berfungsi untuk mencerna makanan dan menyerap sari-sari makanan.Dalam mencerna makanan diperlukan asam lambung. Asam lambung ini tidak mengakibatkan masalah jika diproduksi dalam jumlah normal, namun ada beberapa penyakit yang bisa timbul akibat asam lambung yang berlebihan.Dan beberapa penyakit berikut ini, berbahaya jika dianggap sepele. Dan semakin awal untuk ditangani, semakin besar potensi penyembuhannya. Dengan demikian, ada baiknya Anda mengenal lebih jauh satu per satu beberapa penyakit yang sering menyerang lambung berikut ini:Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang lambung: Inilah Jenis-jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung 1. GASTRITISGastritis adalah peradangan pada mukosa (lapisan) lambung. Sayangnya, [...]

Anda Punya Sakit Maag? Jangan Makan Gorengan dari Sekarang!

Anda Punya Sakit Maag? Jangan Makan Gorengan dari Sekarang!

Gorengan merupakan salah satu makanan favorit semua orang. Selain praktis dalam membuatnya, cita rasa yang ada pada gorengan juga cukup memikat apalagi dimakan selagi hangat. Namun, di balik rasa yang enak tersebut, gorengan juga bisa membahayakan kesehatan pada waktu mendatang, misalnya kolesterol tinggi, jantung, dan stroke.Pada makanan yang digoreng terjadi perubahan kandungan nutrisi, yakni makanan akan kehilangan kandungan air dan kadar lemakNYA pun meningkat. Selain itu para pedagang gorengan di pinggir jalan sering kali menggunakan minyak yang sudah dipakai berulang-ulang, sehingga berisiko pada terjadinya proses oksidasi dan hidrogenasi yang mengakibatkan hilangnya lemak tidak jenuh dan terjadinya peningkatan lemak trans.Tapi jangan salah, bukan hanya makanan yang digoreng saja yang mengandung lemak! Makanan cepat saji dan pizza juga merupakan makanan yang sangat berpengaruh pada kesehatan lambung.Gorengan sama sekali tidak baik bagi penderita maag, karena dengan adanya lemak, lambung akan cepat terisi tapi lebih lambat dicerna. Alhasil, seseorang akan merasa sudah kenyang padahal baru makan dalam porsi sedikit. Hal ini tentu akan membuat kerja lambung terganggu.Dan tidak s [...]

Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis

Ciri-ciri Penyakit Maag Kronis

Maag, atau dalam medis dikenal dengan istilah gastritis kronis adalah peradangan atau inflamasi pada dinding atau lapisan lambung yang sudah terjadi menahun atau orang dengan gastritis dan tidak diobati dengan benar maka terjadi gastritis kronis. Gastritis pada umumnya merupakan hal yang banyak dijumpai pada masyarakat 3 dari berbagai usia, jenis klamin, maupun profesi.Secara kondisi (histopatologis), klasifikasi gastritis kronik di dasari pada perubahan pada berbagai mukosa (lapisan) lambung, derajat dan aktifasi gastritis serta jenis metaplasia. Menurut Strikland dan Mackey, klasifikasigastritis kronikterbagi menjadi tiga, yaitu: Gastritis kronik tipe A Gastritis tipe ini diduga terjadi dikarenakan proses immunologik tidak bergejala dan lebih dari 20% menyebabkan anemia pernisiosa. Gastritis kronik tipe B Terjadi karena iritasi kronis dalam waktu yang lama. Gastritis kronik tipe AB Adalah gabungan dari tipe A dan tipe B.Gastritis kronis paling sering disebabkan oleh karena infeksi bakteri Helicobacter pylori. Lalu bagaimana dengan pengobatan gastritis kronis? Halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya: [...]

6 Kiat Menjalankan Diet bagi Penderita Maag

6 Kiat Menjalankan Diet bagi Penderita Maag

Banyak orang yang berkeinginan untuk melakukan diet demi menurunkan berat badan, namun terkadang terkendala oleh penyakit maag yang dideritanya. Mereka menganggap bahwa diet akan memicu maag, padahal jika melakukan diet yang benar maka tidak akan timbul gangguan maag.Maag terjadi apabila pola makan yang diterapkan berubah. Jadi, apabila jadwal makan menjadi tidak teratur, lambung akan menjadi sulit untuk beradaptasi dan jika produksi asam lambung terjadi secara terus-menerus, dinding mukosa pada lambung akan mengalami iritasi. Sehingga akan muncul kondisi mual dan rasa perih yang pada akhirnya akan menggagalkan diet.Halaman selanjutnya adalah kiat-kiat diet yang benar bagi penderita maag selengkapnya: 6 Kiat Menjalankan Diet bagi Penderita Maag Buatlah Jadwal Pola Makan Bagi penderita maag, jadwalkan pola makan tiga jam sekali dengan jumlah porsi yang kecil atau sedikit. Jangan biasakan untuk menu [...]

Amankah Menjalani Diet Mayo?

Amankah Menjalani Diet Mayo?

Mayo Diet merupakan metode diet yang dikembangkan oleh Mayo Clinic di Minnesota, Amerika. Diet ini tidak hanya fokus terhadap apa yang Anda konsumsi namun juga berapa berat badan Anda dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Diet Mayo mengharuskan Anda mengkonsumsi 6 jenis kelompok makanan yang terdiri dari: Buah Sayuran Gandum Protein seperti buncis dan ikan Lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan dan minyak zaitun Makanan manis, dalam jumlah sedikit Diet mayo harus dibedakan dengan diet Paleolithic yaitu diet yang menyerupai makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang di kehidupan zaman dahulu yaitu makanan yang tinggi akan protein dan daging, sedikit sayuran dan buah, dan tidak mengkonsumsi produk susu, gandum, minyak, gula ataupun garam. Jadi sangat berbeda dengan prinsip dari diet Mayo Clinic.Penjelasan selanjutnya di halaman berikut selengkapnya. Amankah Menjalani Diet Mayo? Pada diet mayo, s [...]

Sedang Kembung? Makanlah Makanan Berikut ini!

Sedang Kembung? Makanlah Makanan Berikut ini!

Seringkali seseorang merasakan perasaan seperti penuh pada bagian perutnya, hal tersebut bisa disebabkan oleh karena banyak gas dalam lambung. Terdapat beberapa makanan yang baik dimakan saat lambung penuh oleh gas. Berikut penjelasannya : Protein Hewani Protein hewani adalah bahan makanan yang biasanya tidak menghasilkan gas sehingga asupan protein hewani ini baik jika Anda terlalu banyak mengandung gas pada lambung Anda. Pada keadaan lambung yang penuh dengan gas Anda bisa makan daging tanpa lemak seperti ayam, ikan, kalkun atau daging merah dengan sedikit lemak. Makanan sederhana seperti dipanggang atau dikukus adalah makanan yang dianjurkan, hindari gorengan dan minuman yang akan meningkatkan ketidaknyamanan pada lambung. Probiotik Probiotik adalah sekutu yang baik ketika Anda memiliki gas berlebih pada lambung. Probiotik membantu untuk meningkatkan pencernaan dan meningkatkan proses pada usus. Contoh probiotik yang baik dikonsumsi adalah yoghurt rendah lemak dan susu kedelai. Flaxseed juga bisa dikonsumsi sebagai probiotik, ia juga dapat membantu jika Anda mengalami sembelit.Berikut makanan lainnya yang dapat meredakan kembung, selengkapnya di halaman selanjutnya: [...]

Fakta Tentang Heartburn

Fakta Tentang Heartburn

Heartburn adalah istilah yang menggambarkan sensasi terbakar yang dimulai dari bagian tengah dada dan bergerak naik ke tenggorok, akibat asam lambung yang naik ke tenggorok. Sensasi terbakar terjadi ketika beberapa isi lambung mendorong ke kerongkongan. Hal ini disebut refluks, dan hal itu menyebabkan iritasi dan rasa sakit yang dialami sebagai heartburn. Kadang-kadang heartburn disebut regurgitasi asam, asam refluks, atau pyrosis.Berikut penjelasan fakta tentang heartburn yang baik untuk diketahui. Peppermint dapat memicu heartburn Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi peppermint dapat mendinginkan atau menenangkan nyeri pada bagian perut atau lambung. Hal tersebut ternyata salah, ternyata peppermint harus dihindari jika Anda memiliki gejala heartburn. Peppermint dapat melemaskan otot-otot pada lambung. Dimana hal tersebut bisa menjadi masalah karena dapat melemaskan sfingter esofagus bagian bawah (Lower Esophageal sphincter, LES). Sfingter tersebut merupakan otot yang memisahkan lambung dari kerongkongan. Jika sfingter tersebut melemah, maka asam lambung dapat meresap atau naik sampai ke kerongkongan sehingga menyebabkan heartburn. Hiatus hernia adalah penyebab tersering d [...]

Tips Atasi Sakit Maag untuk Ibu Hamil

Tips Atasi Sakit Maag untuk Ibu Hamil

Sakit maag atau gastritis adalah istilah medis yang digunakan ketika terdapat peradangan atau infeksi pada lapisan dinding lambung. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Gastritis dan kehamilan memiliki keterkaitan yang erat. Seringkali wanita hamil mengalami gejala gastritis yang diakibatkan oleh beberapa penyebab.Salah satu penyebabnya adalah stres, dimana seorang wanita biasa mengalaminya selama masa kehamilan. Rendahnya asupan makanan asupan gizi yang kurang, diet yang tidak seimbang, merokok, dan mengkonsumsi alkohol adalah alasan lain untuk terjadinya gastritis selama kehamilan.Untuk gastritis yang sudah berlangsung lama, faktor utama penyebabnya biasanya berhubungan dengan infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori yang terdapat dalam lambung. Obat-obat tertentu, terutama obat-obatan anti inflamasi non steroid (OAINS) juga faktor risiko untuk gastritis selama kehamilan. Dalam gastritis lapisan lendir lambung terkikis oleh kelebihan produksi asam lambung, ketika kondisi tersebut tidak diobati dapat menyebabkan ulkus atau luka lambung.Pada wanita hamil sakit maag dapat dipengaruhi oleh hormon-hormon yang terjadi selama kehamilan. Misalnya seperti hormon esterogen ya [...]

Pikiran, Stres dan Maag

Pikiran, Stres dan Maag

Sakit maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering membawa seseorang untuk datang ke dokter mencari pertolongan medis. Sakit maag yang membawa pasien datang ke dokter kadang memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit maag.Dari tinjauan bahasa, sebetulnya kata ?maag? sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya lambung, maka orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit maag. Secara medis istilah yang sering digunakan untuk sakit maag ini adalah Dispepsia.Sekilas Mengenai DispepsiaSecara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Gastritis adalah salah satu penyebab sindrom dispepsia. Gastritis berasal dari kata gaster artinya lambung, sedangkan ?itis? adalah peradangan, jadi gastritis adalah peradangan pada lambung. Kedua istilah ini dapat digunakan untuk orang yang sakit maag.Pasien dengan sakit maag juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti: Kembung, Cepat kenyang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *