6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

sarapansehat.jpg

Terlalu banyak kolesterol di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak konsumsi makanan berlemak juga bergula. Jadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Seperti dikutip dari ABC Australia, beberapa makanan yang harus dibatasi adalah yang telah mengalami banyak proses pengolahan seperti biskuit, cake serta makanan tinggi lemak. Di samping itu penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan cara memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi. Ini dia rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan jantung pun sehat.

1. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Saat berada di dalam tubuh, serat larut akan bekerjasama dengan bile acid, asam yang ada di sistem pencernaan –terbuat dari kolesterol– dan mengeluarkannya. Ketimbang bubur ayam, coba ganti menu sarapan Anda dengan bubur oatmeal yang tak kalah rasa lezatnya.

2. Apel
Buah yang manis renyah ini sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari sebagai camilan maupun pemenuhan kebutuhan serat hadian Anda. Apel kaya akan pectin, jenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Makanlah apel bersama kulitnya karena di antara batas kulit dan daging apel terdapat polifenol, sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari perubahan dan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

3. Salmon
Konsumsi ikan yang mengandung minyak sehat 2-3 kali dalam seminggu bisa menurunkan kolesterol. Salmon, mackerel dan sarden memiliki asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kolesterol baik, sehingga kadarnya dalam darah pun lebih sehat. Asam lemak ini juga mengurangi lemak-lemak tidak sehat seperti trigliserda dan menurunkan risiko detak jantung tidak teratur.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan kacang merah juga kaya akan serat larut. Selain itu juga sumber protein yang lebih sehat, rendah lemak serta diperkaya nutrisi penting bagi tubuh. Anda bisa mencampurkan kacang ke dalam salad, sup atau kukusan. Kacang panjang, buncis dan teman-temannya membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga hasrat untuk makan bisa terkontrol. Dengan begitu, Anda juga bisa terbantu jika ingin menurunkan berat badan.

5. Almond
Kacang almond rendah kolesterol dan baik untuk jantung. Kacang dengan citarasa gurih ini juga kaya akan lemak tak jenuh dan phytosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menyehatkan jantung. Almond merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, selama tidak diberi garam atau dilapisi gula. Selain itu karena kalorinya cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi almond hanya sebesar genggaman tangan dalam sehari.

6. Terong
Selain rasanya yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, terong ternyata merupakan salah satu makanan paling baik untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah. Terong mengandung serat larut, antioksidan, vitamin serta mineral penting. Terong bisa diolah dengan cara dipanggang, dikukus atau sebagai bahan tambahan pada masakan kari, tumisan bahkan pasta.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Anak?

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Anak?

Kalsium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Kalsium memiliki banyak fungsi, di antaranya untuk membangun tulang dan gigi, menjaga fungsi saraf dan otot, membantu proses pembekuan darah, dan mengaktifkan enzim yang diperlukan untuk mengubah makanan menjadi energi. Makanan utama yang mengandung kalsium adalah susu dan produk turunannya, seperti yoghurt, keju, mentega, dan lain-lain. Susu dan produk turunannya tersebut berkontribusi terhadap 70 hingga 80 persen kebutuhan kalsium harian. Sekitar 240 ml susu atau yoghurt ?setara dengan 425 gram keju ? mengandung 300 mg kalsium. Selain susu, ada pula jenis makanan lain yang juga mengandung kalsium, yaitu tahu, roti gandum, lobak, bayam, polong-polongan, kacang-kacangan, dan susu kedelai. Beberapa produk makanan jadi seperti jus dan sereal juga telah difortifikasi dengan kalsium. Berikut adalah angka kebutuhan kalsium untuk anak berdasarkan usia, menurut Institute of Medicine: Usia 1-3 tahun: 700 miligram per hari Usia 4-8 tahun: 1000 miligram per hari Usia 9-18 tahun: 1300 miligram per hari Menurut penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), asupan kalsium a [...]

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Merelakan Payudara Diangkat Guna Kurangi Risiko Kanker

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia Payudara. Dua buah penonjolan hemisfer di atas dada yang mengantungi kumpulan jaringan lemak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf yang sensitif, serta kelenjar-kelenjar penghasil susu manusia. Pada satu sisi, mereka memiliki sifat keibuan, sebagai simbol kekuatan. Di sisi lain, mereka seduktif, seksual. Dengan peran ganda tersebut, eksistensi payudara masih diasosiasikan dengan feminitas. Bagaimana bila kemudian seorang harus kehilangan payudaranya tersebut? Apakah berarti ia menjadi ?kurang? wanita? Pertanyaan tersebut dijawab tegas oleh Angelina Jolie. Aktris yang pernah dinobatkan menjadi wanita tercantik di dunia itu memilih untuk merelakan kedua buah dadanya diangkat untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Ia menjalani mastektomi ganda pada tanggal 16 Februari 2013 setelah pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA (BReast CAncer) 1 dan 2 dalam tubuhnya. Mutasi gen ini diwarisi dari neneknya yang menderita kanker ovarium serta ibunya yang pernah menderita kanker payudara dan meninggal karena kanker ovarium. Dengan diangkatnya kedua payudaranya, risiko Angelina menderita hal yang sama pun turun dari 87% menjadi di bawah 5%. Ia me [...]

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Yuk Lari! Riset Membuktikan Olahraga Lari Bisa Cegah Penyakit Jantung

Lari atau jogging kini menjadi olahraga yang tren di kalangan anak muda. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, berlari dapat dilakukan secara rutin dengan waktu yang fleksibel dan kalori yang dikeluarkan pun lebih maksimal. Tak hanya membakar kalori, lari pun memiliki manfaat kesehatan.Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Ilmu Kardiologi di Amerika Serikat, berlari dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah dalam waktu beberapa menit dapat mencegah risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Penelitian yang dalam waktu 15 tahun ini dilakukan kepada lebih dari 55.000 orang dewasa berusia antara 18 sampai 100 tahun. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kesehatan mereka secara keseluruhan, meliputi apakah mereka berolahraga dan berapa lama mereka hidup.Peneliti menemukan bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki risiko kematian sebesar 45% lebih rendah akibat penyakit kardiovaskular dibanding orang-orang yang jarang berlari. Faktanya para pelari rata-rata bisa bertahan hidup tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak berlari. Riset ini juga melihat usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, merokok dan kebias [...]

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seputar Tato yang Perlu Anda Ketahui

Seiring dengan perkembangan jaman, semakin marak kita melihat orang-orang yang memiliki tato di tubuh. Ada beberapa jenis tato yang sekarang ada di dunia, ada tato untuk kecantikan seperti tato alis dan tato bibir. Ada juga tato adat, biasanya digunakan untuk pertanda dalam suatu adat tertentu. Ada tato professional, tato yang sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu tato yang digambar oleh seniman tato. Tato merupakan suatu tanda atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen-pigmen yang dimasukkan melalui tusukan pada lapisan atas kulit. Biasanya para seniman tato menggunakan mesin yang serupa dengan mesin jahit dengan 1 atau lebih jarum untuk menusuk kulit. Pada setiap tusukan, jarum-jarum tersebut akan memasukkan tetesan tinta. Proses tersebut berlangsung tanpa dilakukan anestesi sehingga dapat menimbulkan perdarahan dan rasa nyeri. Tahukah Anda, sebenarnya ada risiko dan konsekuensi kesehatan tubuh yang dapat ditimbulkan jika melakukan pembuatan tato? Efek Samping dari Membuat Tato Berikut terlampir juga beberapa efek samping dari tato : Infeksi: Pada keadaan yang sangat buruk, misalnya menggunakan jarum bekas, Anda bisa memiliki resiko tertul [...]

Amankah MSG untuk Dikonsumsi?

Amankah MSG untuk Dikonsumsi?

Monosodium glutamate atau MSG telah dikenal sebagai salah satu bahan utama penyedap rasa dalam makanan. Reputasi buruknya pun sudah banyak menjadi perdebatan di berbagai kalangan. Walaupun MSG mulai terkenal tahun 1960-an, tetapi sebenarnya memiliki sejarah panjang. Berawal dari Kikunae Ikeda, seorang profesor di Universitas Tokyo, yang tertarik dengan rasa unik dari rumput laut (konbu). Ia menduga bahwa ada komponen yang tidak diketahui dalam makanan tersebut. Kemudian pada tahun 1907, ia memulai sebuah proyek untuk mencoba mengidentifikasi komponen konbu kering tersebut. Dalam waktu setahun, ia menemukan kunci kelezatan itu pada kandungan asam glutamat. Penemuan tersebut melengkapi 4 jenis rasa sebelumnya?asam, manis, asin, dan pahit?dan diberi nama umami (dari akar kata umai yang dalam bahasa Jepang berarti lezat). Sejak penemuan itu, Jepang memproduksi asam glutamat melalui ekstraksi dari bahan alamiah. Tetapi karena permintaan pasar terus melonjak, tahun 1956 mulai ditemukan cara produksi L-glutamic acid melalui fermentasi. L-glutamic acid inilah inti dari MSG, yang berbentuk butiran putih mirip garam. MSG sendiri sebenarnya tidak memiliki rasa. Namun bila ditambahkan ke dalam [...]

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Sendi Menyerang

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Sendi Menyerang

Nyeri yang timbul akibat radang sendi (arthritis) umumnya berlangsung secara kronik atau dalam jangka waktu lama. Terkadang nyeri datang dan pergi sebelum Anda dapat memahami pola kekambuhannya. Konsumsi obat rutin mungkin juga belum mampu mengatasi keluhan Anda. Lantas, apa yang harus dilakukan jika nyeri sendi menyerang? Jika Anda belum pernah berobat terkait dengan radang sendi Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan Anda. Ceritakan riwayat kesehatan dan pengobatan apa saja yang pernah Anda terima, lalu tanyakan jenis radang sendi yang Anda alami agar Anda dapat memahami dengan baik terapi dan penyebabnya. Sementara itu jika nyeri menyerang, Anda dapat melakukan hal-hal berikut di rumah, seperti yang dijelaskan pada halaman berikut ini: Hal yang Harus Dilakukan Ketika Nyeri Sendi Menyerang 1. Kompres panas atau dingin Kompres panas membantu mengurangi ketegangan otot, sementara kompres dingin membantu mengurangi nyeri dan radang. Hindari kontak langsung antara panas atau dingin dengan kulit agar kulit tidak terluka. Sebaiknya gunakan kompres khusus atau handuk untuk ditempelkan ke kulit. 2. Latihan fisik Bila terdapat rasa kaku [...]

Bedakah Khasiat Obat Generik dengan Obat Lainnya?

Bedakah Khasiat Obat Generik dengan Obat Lainnya?

Banyak orang yang masih ragu dengan khasiat obat generik. Tak ayal, hal ini dikarenakan sulitnya melepaskan persepsi harga ekonomis dengan kualitas yang acapkali dianggap rendah. Padahal tidaklah demikian. Tak pelak lagi, banyak yang beranggapan obat paten lebih manjur daripada obat generik. Kenapa hal demikian bisa terjadi? Besar kemungkinan, kurangnya asupan informasi menjadi faktor utamanya. Salah kaprah persepsi ini dapat diluruskan dengan beberapa fakta di artikel ini. Untuk itu, berikut ini ada dua hal yang perlu Anda perhatikan mengenai obat paten dan Obat Generik Berlogo (OGB): Beberapa Komponen Obat Generik yang Perlu Anda Ketahui Sama Kualitasnya dengan Obat Lainnya Zat aktif Dari sisi komponen utama, obat generik (baik berlogo maupun bermerek dagang) memiliki unsur yang persis sama dengan obat paten. Namun obat generik lebih murah dibanding obat yang dipatenkan. Mutu Mutu obat generik tidak berbeda dengan obat paten karena bahan bakunya sama. Ibarat sebuah baju, fungsi dasarnya untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari dan udara dingin. Hanya saja, modelnya beraneka ragam. Begitu pula dengan obat. Kemasan obat generik dibuat biasa, karena yang t [...]

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Spray ‘Ajaib’, Menghilangkan Rasa Sakit Saat Pakai High Heels

Sebagian besar wanita mengeluhkan rasa sakit pada telapak kaki serta tumitnya saat mengenakan high heels. Fashion item yang satu ini memang menjadi dilema bagi para wanita. Di satu sisi, high heels membuat tampilan wanita lebih menarik, tapi di sisi lain juga menyiksa kaki.Tapi kini rasa sakit saat memakai high heels bisa diatasi berkat penemuan terbaru ini. Seorang dokter bedah plastik menciptakan spray yang bisa membuat kaki 'mati rasa' saat memakai high heels. Spray 'Heel No Pain' keluaran Biochemistry ini diklaim bisa meredakan rasa sakit pada telapak kaki serta tumit hingga tiga jam."Rasa sakitnya bisa hilang dan bertahan dua hingga tiga jam. Waktu yang cukup untuk tampil di pesta atau red carpet," ujar Dr. Randal Haworth, spesialis bedah plastik asal Beverly Hills yang menciptakan spray ini, seperti dikutip dari Mail Online.Dr Randal telah mengembangkan spray ini selama lebih dari dua tahun. Idenya berasal dari para pasien wanita yang meminta dirinya memasukkan bantalan di ujung tumitnya. Ia pun mencoba injeksi filler, namun prosesnya sangat menyakitkan dan hasil bisa berbeda-beda tiap pasien. Belum lagi efek samping yang mungkin terjadi.'Heel No Pain pada dasarnya adalah [...]

Apa yang Buat Payudara Nyeri Saat Jelang Menstruasi?

Apa yang Buat Payudara Nyeri Saat Jelang Menstruasi?

Menjelang haid, tubuh wanita mengalami banyak perubahan yang dinamai PMS (premenstrual syndrome). Selain mood yang naik turun, gejala PMS seringkali ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada payudara. Mengapa bisa terjadi?Menurut dr. Dhely Lesthama SpOG, dokter spesiali obstetri-ginekologi, Payudara nyeri atau terasa membesar sebelum dan saat menstruasi adalah normal dan tidak berbahaya jika nyerinya tidak terjadi terus menerus. Nyeri tersebut terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen.Hal yang tak jauh berbeda diungkap oleh dr Denni Joko Purwanto SpBK Onk, spesialis bedah onkolog. Menurut dr Denni, saat menjelang mensturasi payudara wanita secara fisiologis dipengaruhi oleh hormon. Akibatnya, payudara menjadi sembab dan kencang sehingga timbul rasa nyeri.Menurut pakar kesehatan, banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat haid. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat, menjauhi makanan yang mengandung banyak garam, berolahraga sampai melakukan akupuntur.Namun untuk urusan nyeri payudara karena haid, pijat adalah salah satu cara yang paling tepat. Caranya? Oleskan minyak pijat seperti, minyak aromaterapi, minyak telon atau minyak zaitun, di sekitar payudara [...]

14% Remaja di AS Kelaparan Saat Berangkat Sekolah

14% Remaja di AS Kelaparan Saat Berangkat Sekolah

Seberapa sering Anda dan si kecil melewatkan sarapan? Menurut survei terbaru di Amerika, setidaknya ada 14% anak-anak yang pergi ke sekolah kelaparan karena tidak sarapan.Survei tersebut dibuat oleh NPD, perusahaan riset ternama di Amerika Serikat. Dalam penelitian berjudul 'Morning MealScape 2011' itu ada 27.180 responden yang terlibat.Para responden itu diminta mengisi kuisioner online antara Januari-Maret 2011 lalu. Dari hasil survei diketahui, 1 dari 10 orang di Amerika tidak pernah sarapan.Peneliti menemukan pria berusia 18-34 tahun yang paling sering melewatkan sarapan. Sedangkan orang berusia 55 tahun merupakan mereka yang tidak pernah melewatkan waktu makan di pagi hari.Di kelompok anak-anak, remaja berusia 13-17 tahun lah yang paling sering pergi ke sekolah dalam keadaan lapar. 14% dari mereka tidak sarapan.Seperti dikutip dari NY Daily News, sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau melewatkan sarapan justru bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kegemukan. Penelitian dari Universitas Minnesota misalnya menunjukkan remaja yang memulai hari mereka dengan sarapan menjadi lebih sehat, aktif dan tidak berisiko mengalami peningkatan berat badan di kemudian hari.P [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *