6 Makanan yang Ampuh untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

sarapansehat.jpg

Terlalu banyak kolesterol di dalam darah bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu penyebab utama kolesterol tinggi adalah pola makan yang tidak sehat misalnya terlalu banyak konsumsi makanan berlemak juga bergula. Jadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah lonjakan kolesterol adalah mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Seperti dikutip dari ABC Australia, beberapa makanan yang harus dibatasi adalah yang telah mengalami banyak proses pengolahan seperti biskuit, cake serta makanan tinggi lemak. Di samping itu penerapan pola makan yang sehat bisa dilakukan dengan cara memasukkan lebih banyak makanan bernutrisi. Ini dia rekomendasi makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kolesterol tetap stabil dan jantung pun sehat.

1. Oatmeal
Oatmeal kaya akan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah (LDL). Saat berada di dalam tubuh, serat larut akan bekerjasama dengan bile acid, asam yang ada di sistem pencernaan –terbuat dari kolesterol– dan mengeluarkannya. Ketimbang bubur ayam, coba ganti menu sarapan Anda dengan bubur oatmeal yang tak kalah rasa lezatnya.

2. Apel
Buah yang manis renyah ini sangat baik untuk dikonsumsi tiap hari sebagai camilan maupun pemenuhan kebutuhan serat hadian Anda. Apel kaya akan pectin, jenis serat larut yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Makanlah apel bersama kulitnya karena di antara batas kulit dan daging apel terdapat polifenol, sejenis antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari perubahan dan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

3. Salmon
Konsumsi ikan yang mengandung minyak sehat 2-3 kali dalam seminggu bisa menurunkan kolesterol. Salmon, mackerel dan sarden memiliki asam lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kolesterol baik, sehingga kadarnya dalam darah pun lebih sehat. Asam lemak ini juga mengurangi lemak-lemak tidak sehat seperti trigliserda dan menurunkan risiko detak jantung tidak teratur.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang polong dan kacang merah juga kaya akan serat larut. Selain itu juga sumber protein yang lebih sehat, rendah lemak serta diperkaya nutrisi penting bagi tubuh. Anda bisa mencampurkan kacang ke dalam salad, sup atau kukusan. Kacang panjang, buncis dan teman-temannya membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga hasrat untuk makan bisa terkontrol. Dengan begitu, Anda juga bisa terbantu jika ingin menurunkan berat badan.

5. Almond
Kacang almond rendah kolesterol dan baik untuk jantung. Kacang dengan citarasa gurih ini juga kaya akan lemak tak jenuh dan phytosterol yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus menyehatkan jantung. Almond merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi, selama tidak diberi garam atau dilapisi gula. Selain itu karena kalorinya cukup tinggi, sebaiknya batasi konsumsi almond hanya sebesar genggaman tangan dalam sehari.

6. Terong
Selain rasanya yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan, terong ternyata merupakan salah satu makanan paling baik untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah. Terong mengandung serat larut, antioksidan, vitamin serta mineral penting. Terong bisa diolah dengan cara dipanggang, dikukus atau sebagai bahan tambahan pada masakan kari, tumisan bahkan pasta.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Fakta dan Mitos Sulit BAB

Fakta dan Mitos Sulit BAB

Sulit BAB (buang air besar) atau dalam medis dikenal dengan istilahkonstipasi, dapat terjadi pada bayi, anak, maupun orang dewasa. Beratnya konstipasi itu sendiri bervariasi pada setiap orang. Sebagian besar orang mengalami konstipasi untuk waktu yang singkat saja (akut). Namun, pada beberapa orang, konstipasi dapat terjadi secara kronik atau berlangsung lama sehingga menyebabkan rasa nyeri, tidak nyaman, dan mempengaruhi kualitas kehidupan penderitanya. Beberapa komplikasi yang dapat timbul dengan konstipasi kronik adalah wasir atau hemoroid, impaksi tinja (tinja mengeras dan terkumpul dalam rektum), inkontinensia usus (keluarnya tinja cair tanpa disadari). (Baca: 7 Solusi Sulit Buang Besar) Simaklah delapan mitos dan fakta mengenai konstipasi di bawah ini: 1. Anda harus buang air besar (BAB) setiap hari: INI MITOS Frekuensi defeksasi yang normal bervariasi untuk tiap orang. Ada yang BAB 3x dalam sehari, ada juga yang baru BAB setiap 2 hari. Konstipasi berarti BAB kurang dari 3x dalam seminggu. 2. Konstipasi menyebabkan diserap kembalinya substansi beracun dalam tinja: INI MITOS Tidak ada yang dapat membuktukan bahwa tinja memproduksi toksin atau bahwa laksatif maupun pembersih [...]

Mengorok: Gejala Berbahaya!

Mengorok: Gejala Berbahaya!

Oleh: dr. Alvin Nursalim Janganlah Anda menganggap remeh mengorok, karena mengorok bisa jadi gejala dari kelainan yang lebih serius. Kelainan yang umum dihubungkan dengan mengorok adalah Obstructive Sleep Apnea (OSA). Kelainan ini merupakan kelainan yang paling umum ditemui dan berhubungan dengan obstruksi saluran pernafasan bagian atas. Mari kita kenali kelainan OSA ini lebih lanjut. Apakah Obstructive Sleep Apnea (OSA)? OSA merupakan sebuah kelainan obstruktif jalan pernafasan bagian atas. Kelainan ini ditandai dengan berhentinya pernafasan secara berulang selama tidur. Periode henti nafas ini disebabkan karena penyempitan saluran pernafasan sehingga aliran udara dapat berhenti. Hal ini bisa terjadi karena otot badan umumnya menjadi lebih rileks selama tidur, sehingga dinding sekitar tenggorokan dapat mengecil yang akhirnya menyebabkan OSA. Pasien OSA jarang menyadari keluhan yang dialaminya, karena pasien sedang tertidur. Biasanya pihak yang menyadari adalah orang lain yang tidur bersama penderita OSA. Penderita OSA biasanya berhenti bernafas selama 20-40 detik. Mengorok: Gejala Berbahaya! Apa gejala pasien dengan OSA? Mengorok saat tidur Salah satu kel [...]

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Penyakit kanker payudara masih menjadi pembunuh utama wanita di Indonesia, berkejar-kejaran dengan kanker mulut rahim (kanker serviks). Maka, kesehatan payudara sudah seharusnya menjadi perhatian khusus bagi semua wanita Indonesia. Apa saja yang perlu diperhatikan? Apakah hanya benjolan? Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan. Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut: Gejala Kanker Payudara Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau ?lesung pipit? pada daerah sekitar payudara. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai. Nyeri pada payudara. Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali. [...]

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Mitos dan Fakta Soal Denyut Jantung

Denyut jantung merupakan jumlah jantung Anda berdetak per menit. Level aktivitas, kesehatan, ukuran tubuh, emosi dan obat-obatan dapat mempengaruhi denyut jantung Anda. Dalam keadaan normal, denyut jantung yang ?sehat? adalah antara 60-100 kali per menit. Denyut jantung sendiri merupakan salah satu indikator paling penting dari kesehatan jantung Anda. Namun sangat sedikit orang yang mengehahui tentang denyut jantung mereka. Mitos 1: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat perlu dikhawatirkan Fakta: Denyut jantung 50-90x/menit saat beristirahat bukan selalu berarti bahwa ada yang salah dalam kondisi jantung Anda atau Anda memiliki jantung yang "lemah". Orang yang berolahraga rutin dan dalam intensitas yang tinggi dapat memiliki denyut jantung <60x/menit. Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Berikut mitos tentang denyut jantung lainnya yang perlu Anda ketahui: Mitos 2: Denyut jantung yang normal berarti tekanan darah Anda juga normal Fakta: Denyut jantung yang normal tidak selalu berarti tekanan darah Anda normal. Orang yang memiliki denyut nadi normal dapat memiliki tekanan darah yang tinggi. Juga sebaliknya, seseorang [...]

Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia Bisa Timbul Tanpa Disadari

Infeksi Cacing Pita di Tubuh Manusia Bisa Timbul Tanpa Disadari

Cacing pita dapat masuk ke dalam tubuh siapa saja, kemudian menyebabkan infeksi. Kenali gejala-gejala infeksi cacing pita dan cara mengatasinya. Cacing pita juga dikenal dengan nama cestodes. Tubuhnya bertekstur rata, menyerupai pita dan memiliki ruas-ruas pada tubuhnya. Panjang cacing pita dewasa bisa mencapai 9 meter. Mengonsumsi makanan atau air yang mengandung larva atau telur cacing pita merupakan penyebab terjadinya infeksi cacing pita. Telur cacing pita yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat menetas sehingga menyebabkan infeksi usus. Sementara itu, jika telur cacing pita berhasil keluar dari saluran pencernaan, dapat memasuki jaringan tubuh atau organ lain sehingga menyebabkan infeksi yang bersifat invasif. Mengenali Gejala Umumnya infeksi usus akibat cacing pita tergolong ringan. Meski demikian, infeksi yang bersifat invasif karena cacing pita bermigrasi keluar saluran pencernaan, dapat memicu komplikasi yang lebih berbahaya. Seringkali orang yang terkena infeksi usus akibat cacing pita tidak merasakan gejala apa pun. Beberapa gejala yang dapat terjadi ketika mengalami infeksi usus antara lain mual, sakit perut, lemah, kehilangan nafsu makan, diare, turun berat badan [...]

Mineral dan Vitamin Anak yang Penting bagi Pertumbuhan Mereka

Mineral dan Vitamin Anak yang Penting bagi Pertumbuhan Mereka

Anak-anak memerlukan nutrisi agar pertumbuhan dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan ini, vitamin anak dan mineral harus disertakan dalam makanan keseharian mereka. Agar mampu melakukan berbagai hal, tubuh anak memerlukan bantuan berbagai macam vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral ini bisa dengan mudah didapat dengan mengonsumsi berbagai makanan yang berbeda. Berikut mineral dan vitamin untuk anak yang diperlukan oleh tubuhnya. Vitamin A Selama ini vitamin A dikenal memainkan peran penting bagi kesehatan mata. Vitamin A memang membantu kita dapat melihat dalam gelap dan membedakan berbagai warna, namun bukan itu saja manfaat vitamin anakini. Vitamin A juga berperan dalam kesehatan kulit, membantu sistem kekebalan tubuh bekerja melawan infeksi dengan baik, mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak secara normal, serta memperbaiki tulang dan jaringan. Vitamin A bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu sumber hewani dalam bentuk retinoid (hati, ginjal, telur, produk olahan susu) dan sumber nabati dalam bentuk karotenoid (bayam, wortel, ubi, paprika merah, mangga, papaya, aprikot). Vitamin B Vitamin B terdiri dari beberapa vitamin, yaitu thiamin (vi [...]

Cegah Pikun di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Cegah Pikun di Usia Dini dengan Memejamkan Mata

Pernahkah Anda lupa menaruh kunci mobil? Ataukah lupa mengingat password e-mail? Sebaiknya Anda patut waspada karena hal tersebut adalah salah satu tanda-tanda penurunan daya ingat di usia dini.Namun jangan khawatir, ada satu cara mudah untuk mencegahnya, yaitu cukup dengan memejamkan mata. Hal ini dibuktikan dengan sebuah eksperimen yang dilakukan oleh ahli psikolog dari University of Surrey Inggris yang mengadakan percobaan kepada 200 pria dan wanita.Dalam percobaan tersebut mereka diperlihatkan suatu film pendek yang hanya diisi oleh adegan-adegan tanpa suara. Setelah itu, mereka kembali disajikan sebuah film yang dilengkapi dengan suara.Kemudian para ahli melontarkan berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan film-film yang baru saja mereka lihat. Hasilnya, sebanyak 71% relawan menjawab pertanyaan secara tepat dengan mata terpejam. Sedangkan 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka justru memberikan jawaban yang kurang tepat.Metode memejamkan mata untuk mengingat kembali suatu kejadian ini dipercaya sebagai salah satu teknik yang memungkinkan pelakunya untuk membangun bayangan yang lebih detail dalam pikirannya. Salah satu penelitinya, Robert Nash mengatakan orang- [...]

Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Harus Menjadi Bekal Tiap Orang

Pengetahuan Resusitasi Jantung Paru Harus Menjadi Bekal Tiap Orang

Resusitasi jantung paru (RJP) merupakan merupakan metode untuk mengembalikan fungsi napas dan atau sirkulasi tubuh yang terhenti. Resusitasi jantung paru bertujuan menjaga darah dan oksigen tetap beredar ke seluruh tubuh. RJP sendiri biasanya dilakukan kepada orang-orang yang mengalami henti jantung dan atau tidak mampu bernapas dengan benar. Contoh yang mana RJP diperlukan adalah pada mereka yang tidak bernapas dengan benar dan atau denyut nadinya terhenti setelah mengalami kecelakaan, tenggelam, atau serangan jantung. Male instructor showing CPR on training doll Selain itu, RJP juga wajib diberikan jika orang yang mengalami kecelakaan tidak bergerak atau tidak merespons tindakan penyadaran yang diberikan orang lain. Untuk melakukan RJP, seseorang disarankan sudah pernah menjalani pelatihan medis dasar. Inilah Tahapan-tahapan Melakukan Resusitasi Jantung Paru Tahapan melakukan tindakan penyelamatan melalui RPJ disingkat menjadi C-A-B yang merupakan singkatan dari compression, airways, dan breathing. Compression atau kompresi adalah tahap menekan dada, selanjutnya airways adalah membuka jalur pernapasan, dan breathing adalah memberi bantuan napas. Di bawah ini adalah sedikit [...]

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Kurang Minum Air Bisa Buat Wanita Bad Mood

Apakah Anda sering mengalami bad mood atau suasana hati buruk? Jika ya, mungkin Anda kurang banyak minum air. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dehidrasi bisa buat wanita mengalami bad mood.Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition melibatkan 25 wanita dengan kondisi hidrasi yang berbeda-beda. Hasilnya ditemukan bahwa wanita yang sedikit minum air putih cenderung mudah mengalami gejala-gejala kelelahan seperti sakit kepala dan hilangnya konsentrasi.Seperti yang dikutip dari Times, beberapa gejala itulah yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati. Dalam penelitian ini efeknya muncul bahkan pada kondisi dehidrasi paling ringan yakni saat cairan tubuh hanya berkurang 1 persen.Meskipun pria tidak ikut serta ke dalam objek penelitiannya, ada kemungkinan berlaku hasil yang sama. Jadi jika Anda merasa letih, kesal dan sensitif, cobalah untuk meminum air mineral dingin atau minuman lain yang menyegarkan. Namun, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein karena bersifat diuretik --mengurangi cairan tubuh."Makin pekat warna urin, itu tandanya seseorang sedang kekurangan cairan dan harus segera minum. Agar tidak mudah dehidrasi, pilih air putih [...]

Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes

Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes

Biotransformasi menggunakan bakteri dari kulit buah blueberry tersebut menghasilkan jus blueberry yang memiliki peranan sebagai anti-obesitas dan anti-diabetes. Penelitian yang dilakukan di Universitas de Montral, the Institut Armand-Frappier dan Universitas de Moncton dipublikasikan di International Journal of Obesity, membandingkan efek dari biotransformasi jus blueberry dengan minuman blueberry biasa pada tikus. ?Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa biotrasnformasi jus blueberry memiliki efek luar biasa sebagai anti-obesitas dan anti-diabetes,?kata penulir senior Pierre S. Haddad, seorang profesor di bidang farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas de Montral?s. ?Biotransformasi jus blueberry mungkin dapat dikembangkan menjadi agen terapeutik mengingat khasiatnya yang mampu menurunkan kondisi hiperglikemia pada tikus dengan diabetes dan dapat melindungi tikus muda dari obesitas dan diabetes. Inilah cara para peneliti tersebut melakukan pengujian. Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes Para peneliti melakukan pengujian efek dari jus blueberry transformasi ke dalam grup tikus yang rentan akan terjadinya obesitas, resistensi insulin, diabetes, dan hipe [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *