6 Makanan yang Bisa Atasi Berbagai Tipe Bad Mood

womancoklat.jpg

Ada banyak tipe mood buruk yang dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari rasa kesal, sedih, stres hingga marah. Namun ada cara menyenangkan untuk mengatasinya, yaitu dengan makan.

Tenang, jangan terburu panik! Makanan-makanan ‘penghilang’ mood buruk ini terbukti menyehatkan dan tak membuat berat badan naik secara drastis. Seperti yang dikutip dari womansday, ini dia enam makanan dan minuman yang bisa bantu atasi berbagai tipe ‘bad mood’.

1. Stres: Dark Chocolate
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa dark chocolate dapat membantu mengurangi hormon stres. Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Swiss dalam Journal of Proteome Research, menemukan bahwa memakan sepotong kecil dark chocolate dapat menurunkan tingkat kortisol –hormon stres– dan kolamin, mengurangi kecemasan, serta menambah energi.

2. Lesu & Tak Bisa Berkonsentrasi : Bayam
“Lupakan kopi dan makanlah salad bayam. Tingginya kadar homocysteine –asam amino yang diproduksi tubuh– berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah, dan menggangu aliran darah ke otak sehingga membuat Anda lesu, lambat memproses atau mengingat informasi,” ujar Dr. Joanna Dolgoff, MD penulis buku ‘Red Light, Green Light, Eat Right’. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau atau kacang polong. “Asam folat bantu tubuh memproses tingkat homocysteine menjadi lebih rendah,” jelas Dolgoff.

3. Kesal: Apel dengan Selai Kacang
Merasa kesal dan mudah tersinggung, bisa menjadi tanda bahwa Anda kekurangan energi. Menurut Dr. Dolgoff, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein adalah cara mengatasi rasa kesal. Karbohidrat adalah sumber energi yang cepat terbakar, sedangkan protein dan lemak dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat kadar gula dan energi stabil untuk waktu lebih lama. Dr. Dolgoff menyarankan agar memakan apel yang dibalut dengan selai kacang, karena apel adalah karbohidrat kompleks dan selai kacang merupakan lemak sehat.

4. Gelisah: Salmon
Saat Anda merasa khawatir mengenai keuangan, interview kerja atau apa saja, cobalah mengonsumsi salmon. Ikan yang satu itu merupakan sumber omega 3 paling tinggi, dan kandungan tersebut bisa membantu mengurangi kecemasan. “Memakan secara rutin omega 3 baik untuk pencegahan serta pengobatan depresi secara klinis. Omega 3 juga membantu mengurangi amarah dan rasa mudah tersinggung,” jelas Stephen Ilardi, PhD, penulis buku ‘The Depression Cure’.

5. Marah: Teh Hijau
Apapun penyebab marah Anda, solusinya cukup dengan meminum secangkir teh hijau. Menurut Jacob Teitelbaum, MD peneliti dan pakar nutrisi mengatakan,” Teh hijau mengandung theanine, yang dapat menenangkan Anda dan membatu mempertahankan konsentrasi serta fokus.”

6. Sedih: Sereal Gandum Utuh & Susu Rendah Lemak
Saat Anda merasa kesedihan, numgkin saja karena Anda kekurangan vitamin D. “Nutrisi ini memiliki peran dalam tubuh, salah satunya membantu produksi serotonin –hormon yang membuat senang–,” ujar Dr Dolgoff. Jika Anda sedang tidak ingin memakan sereal, meminum suplemen kalsium dan vitamin D bisa menjadi alternatif lain.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa

Ibu Perokok = Jantung Koroner Pada Calon Bayi Hingga Dewasa

Para peneliti di Australia telah menemukan, bahwa ibu perokok pada saat masa kehamilan akan menyebabkan perubahan perkembangan permanen pada bayi yang belum lahir hingga dewasa. Ketika bayi lahir dari ibu perokok, maka tubuh bayi akan memiliki jenis kolesterol yang dikenal sebagai pelindung dari penyakit jantung dikemudian hari dalam tingkat yang lebih rendah dari normalnya. Penelitian yang diterbitkan di European Heart Journal, menunjukkan bahwa, pada usia delapan tahun, anak yang lahir dari ibu perokok memiliki kadar kolesterol sekitar 1.3 milimol per liter (mmol / L), dibanding dengan yang nomal 1.5 mmol/L pada anak yang lahir dari ibu yang tidak merokok. Para peneliti menemukan bahwa efek ini adalah murni dari paparan asap rokok setelah melahirkan. Hal ini menunjukkan bahwa, paparan asap rokok pra-melahirkan memiliki dampak paling besar pada perkembangan anak selanjutnya, hingga dampak permanen pada masa dewasa sang bayi. Lanjutnya, meskipun merokok selama atau setelah masa kehamilan, diketahui terkait dengan masalah kesehatan anak, termasuk perilaku neurokognitif dan kematian bayi mendadak. Sampai sekarang belum jelas apa efek dari paparan langsung asap rokok pra-melahirkan te [...]

Rajin Makan Semangka Atasi Hipertensi dan Kurangi Risiko Serangan Jantung

Rajin Makan Semangka Atasi Hipertensi dan Kurangi Risiko Serangan Jantung

Selain rasanya yang segar dan membantu menghilangkan dahaga, semangka juga disebut-sebut bisa meningkatkan libido pada pria. Bahkan menurut penelitian dari A&M Fruit Vegetables Improvement di Amerika Serikat, efek semangka hampir menyamai Viagra.Ternyata manfaat buah dengan rasa manis segar ini tidak sampai di situ. Penelitian terbaru menunjukkan kalau semangka juga bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dengan kelebihan berat badan serta menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension tersebut mengungkapkan, semangka paling baik dimakan untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko gangguan jantung, terutama saat cuaca dingin. Disebutkan dalam penelitian tersebut, serangan jantung lebih banyak terjadi kala udara dingin karena membuat organ dalam bekerja lebih keras untuk membuat tubuh tetap hangat.Untuk menghangatkan tubuh, tekanan darah pun ditingkatkan dan kondisi ini membuat jantung juga berdetak lebih kencang. Kondisi ini membuat orang lebih berisiko terkena serangan jantung atau stroke. Dengan konsumsi semangka, ditemukan penurunan tekanan darah dan detak jantung yang lebih tenang set [...]

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Taruh Ponsel di Pinggang Bisa Sebabkan Osteoporosis

Apakah Anda termasuk orang yang gemar menaruh ponsel di pinggang? Jika ya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Menurut sebuah penelitian, kebiasaan menaruh ponsel di pinggang bisa berakibat buruk bagi kesehatan tulang Anda.Dikutip dari Times of India, orang yang sering menaruh ponselnya di ikat pinggang sebelah kanan dapat mengurangi kandungan mineral tulang atau Bone Mineral Content (BMC). Sedangkan di sebelah kiri, bisa mempengaruhi kepadatan tulang atau Bone Mineral Density (BMD). BMC dan BMD adalah suatu pemeriksaan kuantitatif untuk mengukur kandungan mineral tulang. Pemeriksaan ini membantu untuk mengetahui apakah seseorang mengalami osteoporosis atau tidak.Dr. Sravi dari National University di Cuyo, Mendoza, melakukan tes dual-energy x-ray absorptiometry untuk mengukur BMC dan BMD pada pinggul kanan dan kiri responden yang sehat. Tes dilakukan pada 24 responden yang tidak menggunakan ponsel dan 24 yang menaruh ponsel pada ikat pinggang sebelah kanan selama satu tahun.Rata-rata kadar BMC dan BMD pada pinggul tidak terlalu berbeda di antara kedua kelompok responden tersebut. Namun, kelompok yang tidak menggunakan ponsel memiliki kadar mineral lebih tinggi pada tulang [...]

Depresi Sebagai Gangguan Pada Otak

Depresi Sebagai Gangguan Pada Otak

Ganguan psikologis yang sering menghinggap seseorang saat merasakan sedih yang berlebih, akan menimbulkan keadaan dimana tubuh dan pikiran mereka menjadi terganggu atau biasa disebut dengan depresi. Seringkali depresi diatasi dengan pemberian obat anti depressant yang hanya memberikan efek sesaat dan bisa menimbulkan ketergantungan, sehingga membawa para dokter dan peneliti untuk memberikan solusi lebih baik. Salah satu solusi yang dikemukakan adalah dengan mengadopsi penggunaan terapi gen yang berhasil dalam mengobati pasien Parkinson secara aman. Untuk itu Michael Kaplitt beserta kolega dari Weil Cornell Medical College, bekerja sama dengan pemenang Nobel Prize dalam hal meneliti sel otak Paul Greengard dari Rockefeller University di New York, Amerika Serikat, merancang molekul obat yang mampu mengantarkan p11 dan komponen lain ke dalam otak tanpa mempengaruhi jaringan sel sekitar. P11 merupakan nama salah satu protein yang terlihat berkurang dalam sel jaringan otak manusia saat mereka mengalami depresi sama seperti penurunan protein p11 dalam otak tikus yang mengalami gejala depresi. Sehingga upaya memperbaiki gen yang menghasilkan protein ini, diharapkan mampu memberikan efek m [...]

Sederet Faktor Pencetus Sakit Kepala Bagian Belakang

Sederet Faktor Pencetus Sakit Kepala Bagian Belakang

Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala. Keluhan yang dirasakan bisa sangat beragam karena kondisi tiap orang yang berbeda. Sakit kepala bagian belakang termasuk salah satu yang kerap dikeluhkan. Apa yang menjadi penyebabnya? Sakit kepala atau cephalgia adalah rasa nyeri yang bisa dirasakan pada atas mata dan telinga, bagian atas kepala, bagian belakang kepala hingga leher bagian atas. Mengenali Penyebab Untuk mengetahui apakah sakit kepala bagian belakang ini memerlukan dokter segera atau tidak, maka Anda perlu mengenali gejalanya lebih lanjut. Beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang antara lain: Sakit kepala tegang Kurang tidur, stres, tegang, dan rasa lapar bisa memicu sakit kepala tegang. Sakit kepala yang toleransinya berkisar antara nyeri ringan hingga sedang ini banyak dikeluhkan orang dewasa. Saat kambuh, seseorang akan merasa tegang dan ada tekanan di bagian dahi atau bagian belakang kepala dan leher selama sekitar 30 menit hingga beberapa hari. Sakit kepala tegang dapat terjadi secara periodik atau kurang dari 15 hari per bulan, ataupun kronis yang menyerang lebih dari 15 hari per bulan. Umumnya sakit kepala tegang tidak sampai menghambat seseorang dalam [...]

21% Wanita Rela Absen Bercinta Selama Setahun demi Tampil Awet Muda

21% Wanita Rela Absen Bercinta Selama Setahun demi Tampil Awet Muda

Penuaan kulit tak dipungkiri lagi menjadi persoalan yang membuat sebagian besar wanita was-was. Berbagai cara pun banyak dilakukan untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan. Mulai dari penggunaan produk kecantikan hingga facial, laser, botox dan operasi.Sejauh mana wanita berusaha terlihat muda selama mungkin membuat Elizabeth Arden tergelitik untuk mengetahuinya lebih jauh lagi. Brand kosmetik asal Amerika itu pun mengadakan polling tentang 'apa yang akan mereka korbankan demi terlihat lebih muda'.Seperti dikutip dari Daily Mail, ada 76 persen responden wanita yang bersedia melakukan sesuatu yang ekstrem untuk menunda penuaan. Sebanyak 21 persen wanita bahkan rela tidak berhubungan seks selama setahun, jika itu 'harga' yang harus dia bayar untuk menjadi tampak lebih muda dari usia sebenarnya.Sementara itu, 19 responden mengatakan bersedia hidup tanpa ponsel atau smartphone selama satu tahun, apabila bisa ditukar dengan penampilan yang tampak jauh lebih muda. Kebanyakan wanita juga lebih memprioritaskan penampilan mereka dibandingkan aspek kehidupan lain yang mungkin jauh lebih penting.Ada 45 persen responden yang mengaku lebih khawatir dengan penuaan dini ketimbang biaya yan [...]

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu

Pernah merasa gigi ngilu saat menyantap es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda mengalami gigi sensitif. Gigi yang terasa ngilu atau disebut juga gigi sensitif mengakibatkan aktivitas sederhana sehari-hari seperti makan, minum, dan menyikat gigi menjadi menyakitkan. Namun dengan mendeteksi penyebabnya, kondisi ini dapat diatasi. Kenapa Gigi dapat Menjadi Sensitif? Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan email atau karena terpaparnya akar gigi. Gigi Anda menjadi sensitif ketika gusi terbuka, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan. Dentin terdiri dari bagian dalam gigi dan akar yang terhubung pada ribuan saluran kecil yang menuju saraf pusat gigi. Kondisi ini menyebabkan paparan dingin, panas, atau gesekan keras dapat memicu rasa ngilu. Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah: Lubang pada gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bakteri bersarang. Efek samping karena prosedur yang dijalankan di dokter gigi seperti pemutihan gigi. Radang pada gusi (gingivitis). Menyikat gigi terlalu kencang. Penumpukan plak. Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam. Mengusir Ngilu Gigi Memeriksakan [...]

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Bumil Terlalu Gemuk Berisiko Melahirkan Prematur

Oleh: dr.Dewi Ema Anindia Risiko kelahiran bayi prematur yaitu kelahiran bayi sebelum usia kehamilan 37 minggu ternyata dapat meningkat bila sang ibu adalah seorang obesitas atau overweight (kelebihan berat badan) seperti yang dikemukakan oleh sebuah studi di Swedia. Sven Cnattingius, MD, PhD yang melakukan studi ini mengatakan ?Risiko dalam kehamilan saat ini lebih sering terjadi pada ibu yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan?. Telah lama disebutkan bahwa obesitas pada ibu dapat meningkatkan risiko pre-eklampsia, keguguran, diabetes gestasional, dan kelahiran dengan operasi sesar (sectio caesare), namun penelitian ini menemukan bahwa kelebihan berat badan pada ibu pun diakitkan dengan kelahiran prematur dan berat badan bayi rendah. Penelitian ini menganalisa 1,599,551 kelahiran di Swedia pada tahun 1992 hingga 2010, dan menganalisa IMT (Index Masa Tubuh) pada setiap ibu pada saat visit antenatal. Selanjutnya para peneliti membagi kelahiran ibu-ibu tersebut menjadi 3 kelompok yaitu, extremely premature (usia kehamilan 22?27 minggu), very premature ( usia kehamilan 28?31 minggu) dan premature (usia kehamilan 32?36 minggu). Penelitian ini menemukan bahwa bila dibandingk [...]

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Mogok Dokter Nasional 2013: Stop Kriminalisasi Dokter

Para Dokter di Indonesia melakukan mogok massal serta aksi demonstrasi di depan kantor Mahkamah Agungpada hari Rabu (27/11) lalu. Aksi tersebut dianggap sebagai manifestasi solidaritas antar kolegium kedokteran Indonesia serta bentuk keprihatinan terkait putusan Mahkamah Agung yang memvonis dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr. Hendry Simanjuntak, dan dr. Hendy Siagian dengan 10 bulan penjara setelah didakwa melakukan malpraktik dalam penanganan proses kelahiran pasien Julian Fransiska Makatey hingga meninggal dunia pada 10 April 2010 silam. Vonis yang dijatuhkan dianggap sebagai tindakan kriminalisasi terhadap profesi dokter. Dimana menurut staf pengajar Fakultas Kedokteran Maranatha, DR. dr, J. Teguh Widjaja, Sp.P, tindakan vonis yang ada berlawanan dengan kaidah prosedural medis yang sudah sesuai dalam kasus terkait. ?Kami protes karena ini adalah kasus pertama di dunia seorang dokter dipenjara karena komplikasi tindakan, padahal semua prosedur sudah dijalankan dengan benar,? demikian kutipan paparannya. Seperti yang diketahui, kasus ini bermula pada ketika pasien Julian Fransiska Makatey datang ke RS dr. Kandau Manado untuk melahirkan berdasarkan rujukan dari Puskesmas. Pasien Jul [...]

Hidup Di Kota Besar Bisa Buat Orang Jadi Tak Sehat?

Hidup Di Kota Besar Bisa Buat Orang Jadi Tak Sehat?

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dan tumbuh di kota besar berpotensi menghadapi berbagai masalah kesehatan baik secara fisik maupun mental yang serius. Masalah ini jelas merupakan ancaman besar, karena semakin hari semakin banyak orang yang pindah ke kota.Pada tahun 1990, hanya 14 persen dari penduduk dunia yang tinggal di kota besar. Tahun 2008, penduduk yang tinggal di kota meningkat menjadi 50 persen. PBB memperkirakan jumlah penduduk dunia yang tinggal di kota besar akan meningkat menjadi 70 persen.Secara umum, masyarakat perkotaan lebih memiliki kualitas hidup yang baik daripada masyarakat pedesaan. Mereka memiliki penghasilan yang cukup, karir yang cemerlang, fasilitas kesehatan yang memadai, sanitasi yang baik, dan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Tapi ternyata hidup di perkotaan berpotensi meningkatkan resiko gangguan kesehatan kronis seperti penyakit mental, penyakit kekebalan tubuh, arthritis, penyakit jantung, kanker dan masalah kesuburan.Sebagai konsekuensi dari semakin padatnya penduduk perkotaan, masalah tersebut menjadi semakin buruk. Hasil penelitian menyebutkan bahwa polusi di perkotaan mempengaruhi kesehatan manusia, bahkan janin yang masih [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *