6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

Ini Keuntungan Jika Anda Makan Sebutir Apel Tiap Hari

Makan apel sebutir setiap hari tidak hanya akan menjauhkan Anda dari dokter. Tapi juga memberi banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Apa saja? Ini daftar keuntungan jika rajin makan apel yang bisa Anda dapatkan, seperti dikutip dari Huffington Post.1. Menurunkan KolesterolSatu butir apel ukuran sedang mengandung sekitar empat gram serat. Beberapa jenis apel mengandung pectin, jenis serat larut yang diketahui bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Serat ini memblokir penyerapan kolesterol, membantu tubuh untuk menggunakannya sebagai tenaga. Tidak menyimpannya hingga menumpuk di dalam tubuh.2. Mengenyangkan Perut Tanpa Kalori BerlebihApel kaya akan serat yang membuat perut terasa kenyang lebih lama, tanpa Anda harus mengasup kalori terlalu banyak. Apel ukuran medium mengandung 95 gram serat. Kandungan seratnya yang tinggi membuat tubuh memerlukan waktu lama untuk mencernanya ketimbang gula atau nasi putih. Sehingga lebih lama memberikan efek perut terasa penuh.3. Melangsingkan TubuhMakanlah apel bersama kulitnya setelah dicuci bersih. Di dalam kulit apel terdapat ursolic acid, zat yang membantu mengurangi risiko obesitas. Ursolic acid berfungsi memperbanyak pembakaran kalori, sekali [...]

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kenali Alergi Pada Ibu Hamil

Kemunculan alergi pada seseorang bisa sangat mengganggu kehidupan sehair-hari, tidak terkecuali pada ibu hamil. Ibu hamil dengan segala kemungkinan kelainan dalam kehamilannya, perlu benar-benar menjaga kesehatan agar alergi tidak perlu terjadi. Apa saja yang harus Anda ketahui mengenai alergi pada kehamilan? Isabella Pali-Sch�ll, Ph.D., dalam artikelnya yang bertajuk ?Asthma dan Allergic in Pregnancy? mengatakan bahwa asma dan alergi dalam kehamilan dapat menimbulkan banyak masalah. Misalnya saja dalam pemilihan obat alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa wanita hamil tidak bisa sembarangan mengonsumsi obat karena efeknya dapat mempengaruhi janin. Idealnya, Anda tidak mengonsumsi obat apa pun yang dapat memicu masalah dalam perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan. Kemunculan asma dan alergi pada kulit dalam kehamilan sangat sering dijumpai. Bentuk alergi sangat bermacam-macam di antaranya: Kelainan kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan Kelainan pernapasan seperti batuk dan hidung meler Kelainan pencernaan seperti diare, konstipasi, dan nyeri perut Gejala berat seperti bengkak mata, mulut, dan kesulitan bernapas Memang, alergi tidak dapat dihila [...]

Ini Jumlah Konsumsi Gula yang Disarankan untuk Cegah Gigi Rusak dan Kegemukan

Ini Jumlah Konsumsi Gula yang Disarankan untuk Cegah Gigi Rusak dan Kegemukan

Terlalu banyak konsumsi gula bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari kerusakan pada gigi, kegemukan atau obesitas hingga diabetes. World Health Organization (WHO) menyarankan, konsumsi gula sebaiknya hanya 10 persen dari total angka kebutuhan kalori per harinya.Namun efek konsumsi gula kini semakin mengkhawatirkan, sehingga baru-baru ini WHO mengusulkan rekomendasi baru. Konsumsi gula sebaiknya hanya lima persen dari keseluruhan energi yang masuk ke tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Public Health bahkan menyarankan jumlah yang lebih ekstrem lagi, yaitu hanya tiga persen.Penelitian yang dilakukan University College London dan London Scool of Hygiene and Tropical Medicine menyatakan, gerakan 'pangkas konsumsi gula' penting dilakukan setelah para peneliti melihat efek buruknya terhadap kesehatan gigi dan biaya yang diperlukan untuk merawatnya. Menurut mereka, gula adalah faktor utama penyebab kerusakan dan pembusukan gigi. Maka dari itu mengurangi konsumsi gula menjadi hanya tiga atau lima persen per hari juga akan mencegah kerusakan gigi pada anak-anak hingga dua kali lipat. Para peneliti, seperti dikutip dari BBC juga menyarankan, untuk prod [...]

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

4 Permainan Tradisional Anak Membakar Kalori

Oleh: dr. Sophia B. Hage Keberadaan permainan tradisional yang sering kita mainkan di masa kecil saat ini sudah jarang ditemui di perkotaan. Permainan-permainan seperti meloncat di tanah yang bergambar yang biasa disebut petak jungkit atau main jingkat, bentengan (tak benteng), petak umpet dan gobak sodor sudah mulai asing kita dengar. Padahal, permainan tradisional ini merupakan aktivitas sosial yang menyenangkan, melatih fungsi kognitif dan juga membakar kalori. Tidak ada salahnya kita mulai kembali memasyarakatkan permainan tradisional Indonesia tersebut dengan mengajarkan anak kita bagaimana bermain permainan-permainan tersebut sambil membakar kalori dengan cara yang menyenangkan. Bentengan atau Tak Benteng merupakan permainan yang cukup populer saat kita masih kecil. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus sarana bersosialisasi yang cukup baik dengan teman sepermainan. Satu sesi tak benteng dapat berdurasi pendek ataupun panjang tergantung dari jumlah peserta dan kecepatan permainan. Selain itu, satu sesi tak benteng dapat melibatkan aktivitas lari yang cukup banyak ataupun jarang, tergantung dari tipe permainan yang dilakukan. Karena variasi yang c [...]

Teh Putih dan Manfaatnya

Teh Putih dan Manfaatnya

Seperti banyak diketahui khalayak umum, teh memiliki fungsi membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan pembuluh darah tersumbat. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenol di dalam teh yang berfungsi sebagai zat antioksidan. Namun demikian, teh juga menandung kafein tetapi tidak sebanyak yang terkandung pada kopi. Beberapa jenis teh yang sudah dikenal masyarakat luas adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong, teh pu-erh, dan teh herbal chamomile. Namun, di antara jenis-jenis teh tersebut, teh putih merupakan teh yang paling sedikit mengandung kafein dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh putih adalah daun teh yang belum diawetkan dan belum teroksidasi. Karena daun teh putih dipanen saat umurnya masih muda untuk kemudian dikukus sebentar dan dikeringkan tanpa adanya proses fermentasi. Oleh karena itu, kandungan antioksidan di dalam teh putih sangatlah tinggi. Selain itu, teh putih memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih manis daripada teh hijau. Terlebih lagi, teh putih juga memiliki sifat antimikroba. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari teh putih yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu: Mencegah kerusakan pada tubuh Terdapat senyawa polif [...]

6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak

Anda sering lupa menaruh kunci mobil? Atau Anda sering lupa apa saja yang baru dibicarakan oleh kolega Anda? Hati-hati barangkali Anda sudah mulai mengalami penurunan ketajaman otak! Sekilas sepele, tetapi jika disimak penurunan ketajaman otak ini sangat dapat mengganggu performa diri, terutama jika Anda profesional muda yang tengah berkarir di bidang pekerjaan yang Anda cintai. Salah-salah performa ketajaman otak bisa menghambat karir Anda. Bagaimana penurunan ketajaman otak dapat terjadi dan apa saja tipsnya? Simak dan ketahui beberapa tips berikut ini: 6 Cara Meningkatkan Ketajaman Otak Anda sering lupa menaruh kunci mobil? Atau Anda sering lupa apa saja yang baru dibicarakan oleh kolega Anda? Hati-hati barangkali Anda sudah mulai mengalami penurunan ketajaman otak! Sekilas sepele, tetapi jika disimak penurunan ketajaman otak ini sangat dapat mengganggu performa diri, terutama jika Anda profesional muda yang tengah berkarir di bidang pekerjaan yang Anda cintai. Salah-salah performa ketajaman otak bisa menghambat karir Anda. Bagaimana penurunan ketajaman otak dapat terjadi dan apa saja tipsnya? Simak dan ketahui beberapa tips berikut ini: [...]

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Rasakan Manfaat Buah Kiwi Setelah 14 Hari Mengonsumsinya

Menurut riset, sebanyak 93,6 persen penduduk Indonesia dengan usia lebih dari 10 tahun kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Padahal buah-buahan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh kesehatan tubuh. Hal itu dipaparkan oleh pakar gizi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp.GK.Kiwi, merupakan salah satu dari buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dokter yang tergabung dalam Pengurus PDGKI (Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia) itu juga menjelaskan, buah kiwi mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah lingkar pinggang membesar."Wanita yang ingin langsing makan serat yang banyak karena serat dari buah itu kalorinya tidak tinggi. Dalam buah kiwi tidak hanya serat tapi juga memiliki vitamin C yang dua kali lebih tinggi daripada jeruk dan vitamin E yang lima kali lebih tinggi dibanding apel makanya bagus buat tubuh," tutur Fiastuti saat workshop Zespri Kiwifruit di Club House, Ecopark Ancol, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Selasa (30/4/2013).Oleh karena itu, perusahaan kiwi asal New Zealand, Zespri, ingin mengajak masyarakat Indonesia makan buah secar [...]

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Obat Sakit Mata Merah untuk Anak

Kondisi mata merah pada anak bisa sangat mengejutkan. Tapi jangan asal pilih obat sakit mata. Pengobatan mata merah pada anak harus disesuaikan dengan penyebabnya. Mata merah atau konjungivitis merupakan peradangan pada lapisan transparan yang melindungi bagian putih pada mata. Peradangan tersebut membuat pembuluh darah menjadi terlihat, sehingga memperlihatkan kondisi mata merah tersebut. Kemungkinan penyebab mata merah yaitu virus dan bakteri. Sakit mata yang diakibatkan keduanya sangat mudah menular. Selain itu, mata merah pada anak juga dapat dipicu oleh alergi, seperti tungau debu, serbuk sari, bulu hewan, polusi udara, dan lain-lain. Mengatasi dengan Tepat Mata merah yang disebabkan virus umumnya akan sembuh tanpa perlu pengobatan. Sementara, mata merah akibat infeksi bakteri dapat dikenali dari keluarnya cairan kuning dari mata, sehingga membuat kelopak mata menjadi rapat ataupun bengkak. Untuk kasus semacam ini, dokter akan memberikan antibiotik berupa obat tetes mata ataupun salep. Demikian juga jika mata merah yang terjadi tergolong parah atau berlangsung lebih dari dua minggu. Ada dua jenis antibiotik untuk obat sakit mata merah yang umumnya diresepka [...]

Sabun Antibakteri Tidak Lebih Efektif Bunuh Kuman dari Sabun Biasa

Sabun Antibakteri Tidak Lebih Efektif Bunuh Kuman dari Sabun Biasa

Sabun antibakteri selama ini dipercaya lebih efektif membunuh kuman dibandingkan sabun biasa. Namun menurut penemuan terbaru dari Food and Drug Administration Amerika (FDA), sabun antibakteri ternyata tidak lebih efektif ketimbang sabun pada umumnya, terutama dalam pencegahan penyakit flu. Bahkan, jenis sabun ini kemungkinan mengandung zat kimia yang berbahaya.Temuan tersebut membuat FDA menghimbau perusahaan produsen sabun antibakteri, khususnya di Amerika untuk menyertakan data akurat yang menunjukkan keamanan dan keefektifan produk-produk mereka. Apa sebenarnya arti dari label antibakteri pada sabun atau cairan pembersih lainnya?Seperti dikutip dari Women's Health Mag, kata 'antibakteri' mengartikan bahwa produk tersebut mengandung zat tertentu yang bisa membunuh bakteri. Umumnya zat tersebut dinamai triclosan atau triclocarban. Namun Anthony Hay, P.D., associate professor of microbiology di Cornell University menjelaskan bahwa semua sabun pemberih sebenarnya juga bisa membunuh kuman dan bakteri meskipun tidak mengandung dua zat tersebut."Sabun sudah berfungsi sebagai antibakteri. Tidak perlu lagi tambahan zat antibakteri lainnya. Malah tambahan bahan antimikroba ini bisa mem [...]

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

6 Gejala Medis yang Perlu Diwaspadai

Tidak sedikit akhir-akhir ini banyak penderita penyakit degeneratif yang datang ke dokter justru sudah dalam kondisi sudah kronik. Sebut saja diantaranya seperti diabetes, osteoporosis, stroke, hipertensi dan masih banyak lagi. Sangat disayangkan temuan kondisi tubuh sulit disembuhkan kecuali dengan upaya keras pasien dan dokter serta izin Tuhan YMK. Hal ini banyak difaktori karena tidak sedikit juga pasien yang tidak menyadari telah muncul gejala-gejala penyakit tersebut sebelumnya, namun diabaikan karena kurangnya pengetahuan kesehatan ataupun rendahnya pemaknaan nilai kesehatan pada dirinya. Semua penyakit-penyakit tersebut dikenal memiliki sebagai ?silent killer?, karena munculnya seolah sekonyong-konyong tiba-tiba akut, padahal penyakit-penyakit tersebut sejatinya kronis dan lama mengintai. Namun jika Anda peduli dengan kesehatan Anda lebih dini, maka tetap lanjutkan membaca artikel ini, karena berikut ini adalah beberapa paparan gejala-gejala penyakit yang seringkali disepelekan namun fatal bak bom waktu, antara lain: Gejala yang Patut Diwaspadai: Beberapa gejala yang harus segera diwaspadai dan disikapi dengan tindak lanjut pemeriksaan oleh dokter: Ke [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *