6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang?

Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya. Bahkan tidak sedikit yang membeli berbagai multivitamin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya. Di Amerika, hampir sepertiga penduduknya mengkonsumsi multivitamin atau suplemen mineral sebagai kebutuhan harian. Pertanyaannya, apakah benar multivitamin memiliki manfaat bagi kesehatan? Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang? Saat ini semakin banyak orang yang peduli akan kesehatannya. Bahkan tidak sedikit yang membeli berbagai multivitamin dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, dan sebagainya. Di Amerika, hampir sepertiga penduduknya mengkonsumsi multivitamin atau suplemen mineral sebagai kebutuhan harian. Pertanyaannya, apakah benar multivitamin memiliki manfaat bagi kesehatan? Temuan Penelitian: Perlukah Multivitamin? Atau Hanya Buang-buang Uang? Menurut jurnal Annals of Internal Medicine, konsumsi multivitamin tidak memiliki manfaat kesehatan jangka panjang dan justru harus dihindari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa multivitamin tidak memiliki efe [...]

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Kenali Gejala dan Penyebab Wasir

Wasir merupakan pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena di daerah anus. (Baca: Menikmati Hidup Bebas Wasir) Meskipun bukan termasuk penyakit yang akut, rasa nyeri yang diakibatkan wasir sangatlah menganggu. Ingin duduk, salah. Berdiri pun salah. Nah, sebelum bertambah parah, sebaiknya Anda kenali dulu gejala-gejala wasir: Terjadi pendarahan saat buang air besar/kecil Darah berwarna merah muda menetes dari lubang anus Ada benjolan di anus saat BAB Rasa gatal di sekeliling anus Sebenarnya, hampir semua orang pernah kena wasir. Nah supaya tak kena kedua kalinya, beberapa adalah penyebabnya: Faktor genetika Sembelit atau Diare Hipertensi Obesitas Kehamilan Kurang makanan tinggi serat Kurang minum air putih Kini Anda sudah mengetahui gejala dan penyebab kondisi wasir, tidak akan sulit untuk melakukan pencegahannya, bukan? di laman website kami.[](HM/DA) Baca juga: Menikmati Hidup Bebas Wasir Pertolongan Pertama Ketika Wasir Datang [...]

Dry Drowning, Jangan Sampai Terjadi Tenggelam Pada Anak Anda

Dry Drowning, Jangan Sampai Terjadi Tenggelam Pada Anak Anda

Barangkali ini baru pertama kalinya Anda mendengar istilah dry drowning atau tenggelam kering. Seseorang tidak perlu berada di kolam renang atau bak mandi untuk mengalami tenggelam kering. Meski tenggelam jenis ini terdengar mengerikan, namun prevalensinya tidak umum (hanya terjadi sebanyak 1 sampai 2 persen dari seluruh kecelakaan tenggelam). Kebanyakan tenggelam kering terjadi pada anak-anak, meski orang dewasa juga bisa mengalaminya. Pada tenggelam kering, seseorang dapat kehilangan nyawa meskipun tidak ada air yang masuk ke saluran pernapasan. Selain itu, dalam tenggelam kering, terjadi kekakuan laring (tenggorokan) secara mendadak. Ini terjadi karena laring menutup sebagai respons untuk melindungi?air tidak bisa masuk, begitu pula udara. Hal itu disebut sebagai spasme laring atau penyempitan otot dalam saluran pernapasan. Jadi, semakin lama waktu yang dibutuhkan laring untuk merenggang atau santai, semakin lama tubuh kekurangan oksigen. Anak-anak dengan kelainan jantung dan kesulitan pernapasan seperti asma berisiko untuk mengalami tenggelam kering. Seiring dengan kesulitan bernapas, tenggelam kering memiliki gejala batuk, nyeri dada, dan merasa sangat letih. Apabila anak Anda [...]

5 Tips Memulai Berolahraga

5 Tips Memulai Berolahraga

Oleh: dr. Sophia B. Hage Gaya hidup yang tidak aktif saat ini merupakan masalah kesehatan yang semakin cepat berkembang dan termasuk faktor penyebab berbagai macam penyakit tidak menular di Indonesia, termasuk diantaranya adalah obesitas, penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kanker, depresi, dan osteoporosis. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2007, penyebab kematian terbanyak disebabkan oleh penyakit tidak menular, dan tiga penyakit utama adalah stroke, hipertensi dan diabetes. Seperti disinggung di atas, ketiga penyakit ini seperti penyakit lainnya dalam kelompok penyakit tidak menular, sangat terkait dengan gaya hidup yang tidak aktif. Bahkan orang yang tidak aktif dalam hidupnya memiliki risiko terkena serangan jantung dua kali lebih besar daripada orang yang teratur melakukan olahraga. Melihat fakta di atas, maka tampak bahwa peran olahraga dan aktivitas fisik dalam kehidupan kita sehari-hari sangatlah penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat langkah pertama Anda berolahraga lebih mudah dan ringan: Realistis dengan waktu. Tidak jarang alasan tidak punya waktu adalah hal pertama yang kita ungkapkan ketika hendak melakukan olahraga. Tetapi c [...]

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Kanker Serviks, Kanker Mematikan pada Wanita

Oleh: dr. Jessica Florencia Bulan Januari diperingati dunia sebagai Bulan Kewaspadaan Kanker Serviks. Kanker ini memang perlu diwaspadai karena merupakan pembunuh yang terselubung (silent killer). Berdasarkan data WHO pada tahun 2008, di Indonesia, setiap harinya terdapat 38 kasus baru kanker serviks dan 21 orang wanita meninggal. Itu artinya, terdapat 13.870 kasus baru dan 7.665 wanita meninggal setiap tahunnya karena kanker serviks. Pada wanita, meskipun jumlah penderitanya menempati peringkat kedua setelah kanker payudara, namun kanker serviks menyumbang angka kematian karena kanker di peringkat pertama. Serviks (Leher Rahim) ? sumber gambar Di mana letak serviks? Serviks terletak di bagian bawah rahim dan merupakan bagian penghubung antara rahim dan vagina pada wanita dengan panjang sekitar 2,5 cm. Apa yang Anda ketahui tentang kanker serviks? Kanker serviks adalah tumor ganas yang mengenai daerah serviks (leher rahim), yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) tipe 16, 18, 45, 31, 33, 52, 58, 35, 59, 56, 51, 39, 68, 73, dan 82. Virus ini ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman. Virus tersebut dapat bertahan dalam tubuh dan menyebabkan perubahan sel- [...]

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Mengatasi Bau Mulut Ketika Berpuasa

Bau Mulut saat berpuasa, bagaimana cara mengatasinya? 90 % bau mulut berasal dari mulut, sisanya dapat disebabkan oleh masalah pencernaan dan penyakit umum lainnya. Makanan dan rokok juga dapat menjadi sumber bau mulut namun sifatnya hanya sementara. Jadi bila Anda merasa nafas Anda berbau tak sedap, pastikan gigi dan mulut Anda bebas dari masalah. Perhatikan kondisi gigi Anda. Apakah ada yang tumpang tindih, berlubang, ada abses (bisul) pada gusi, ada karang gigi, atau ada gigi yang sering terselip makanan? Bagaimana kesehatan gusi Anda, apakah ada yang bengkak, atau mudah berdarah, atau warnanya merah tua? Kondisi tersebut dapat berkontribusi terhadap timbulnya bau mulut tak sedap.Segera kunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan lebih lanjut. [...]

Ini Alasan Mengapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur

Ini Alasan Mengapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur

Beberapa orang sudah terbiasa minum teh pagi dan malam. Saat Ramadan, tradisi minum teh tersebut juga dilakukan ketika sahur maupun berbuka puasa. Namun sebenarnya teh manis tidak dianjurkan untuk sahur. Mengapa?Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG., teh manis tidak terlalu baik dikonsumsi saat sahur. "Buka puasa minum teh manis boleh kalau nggak ada makanan manis jadi buat pengganti makanan manis. Kalau saat sahur, terlalu banyak gula nanti rasanya malah haus," tutur dr. Johannes saat dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014).dr. Johannes melanjutkan, daripada minum teh manis lebih baik diganti jus segar tanpa gula tapi maksimal 150 cc atau 3/4 gelas berukuran besar. Namun hindari mengonsumsinya secara berlebihan karena jika Anda minum jus terlalu banyak dapat meningkatkan trigliserda (lemak darah). Lemak darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol, hingga jantung.Pria lulusan S2 di Deakin University, Melbourne, ini juga menganjurkan agar minum air putih setiap hari minimal dua liter. Ketika puasa, minumlah dua gelas di waktu sahur dan berbuka, serta empat gelas setelah salat Magrib.Air putih memang lebih baik dikonsumsi daripada te [...]

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril Lavigne

Mengenal Lyme Disease, Penyakit yang Diderita Avril LavigneAvril Lavigne terdiagnosa mengidap Lyme disease, dan untuk pertamakalinya pada Senin (29/6/2015), ia blak-blakan mengenai penyakit yang sudah dideritanya selama hampir dua tahun di televisi. Berurai air mata, Avril menceritakan tentang perjuangan kerasnya lepas dari penyakit mengerikan itu dan kini ia sedang dalam proses pengobatan intensif.Lyme disease merupakan penyakit yang disebabkan penularan infeksi bakteri, oleh kutu pembawa bakteri Borrelia Burgdorferi. Sekitar 15 persen kasus penularan penyakit Lyme terjadi ketika seseorang bepergian ke luar negeri, terutama Inggris dan Wales. Dikutip dari situs National Health Service UK, gejala awal penyakit Lyme ditandai dengan ruam-ruam kemerahan berbentuk lingkaran pada area yang terkena gigitan kutu. Ruam tersebut biasanya muncul sekitar tiga hingga 30 hari setelah digigit. Bentuk ruam ini seperti motif lingkaran target pada papan dart.Sayangnya, tidak setiap orang yang tergigit kutu pembawa penyakit Lyme mengalami ruam sehingga sulit terdeteksi. Sekitar satu dari tiga orang yang terkena gejala Lyme tidak mengalami ruam pada kulitnya.Selain ruam, gejala awal tertular Lyme [...]

Orang Dewasa Masih Perlu Vaksinasi

Orang Dewasa Masih Perlu Vaksinasi

Selama ini Anda berpikir bahwa vaksinasi berlaku untuk bayi dan anak-anak saja. Siapa yang menyangka bahwa orang dewasa ternyata masih membutuhkan suntikan pelindung ini? Pada keadaan tertentu, orang dewasa membutuhkan suntik vaksin tambahan tiap beberapa periode. Dengan menerima vaksin, Anda tidak saja melindungi diri sendiri dari serangan penyakit tapi juga ikut mencegah penyebarannya. Vaksinasi Wajib Vaksinasi adalah proses penyuntikan mikroorganisme penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau dibunuh ke dalam tubuh Anda atau penyuntikan protein buatan laboratorium yang mirip dengan mikroorganisme tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga ketika Anda terjangkit virus yang sebenarnya, tubuh sudah siap menangkalnya agar tidak berkembang menjadi penyakit. Di Indonesia, ada lima jenis vaksin yang wajib diterima, yaitu hepatitis B, BCG, Polio, MMR, dan DTP. Jika Anda belum menerimanya sewaktu kecil, Anda wajib mendapatkan suntik vaksin jenis-jenis tersebut. Hepatitis B Penyebaran penyakit yang menyerang organ hati ini sangat tinggi di Indonesia. Pada akhir tahun 2013, ada sekitar 25 juta penduduk Indonesia yang menderita penyakit ini . Itulah [...]

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah

Kurang darah atau dalam dunia medis disebut dengan anemia merupakan kondisi yang disebabkan karena menurunnya jumlah sel darah merah. Sel darah merah yang mengandung komposisi hemoglobin, berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh sel tubuh manusia. Kekurangan sel darah merah ini akan mempengaruhi proses transportasi oksigen dan karbondioksida dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan gejala dan tanda sebagai berikut: Lesu dan lemas Cepat lelah Jantung berdebar-debar tanpa sebab yang jelas atau pada saat berolah raga Napas yang terengah-engah, terutama pada saat berolah raga Sulit berkonsentrasi Pusing Sakit kepala Pucat Kesemutan atau kedinginan pada tangan dan kaki Sulit tidur Apa saja penyebab munculnya anemia? Klik next. Sering Lemas? Waspadai Gejala Kurang Darah Bila gejala dan tanda tersebut sudah dialami dalam waktu cukup lama, maka perlu dilakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. Jika kadar hemoglobin rendah maka diagnosis anemia dapat ditegakkan. Anemia sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal seperti: Kekurangan zat besi, Kekurangan vitamin B-12, Penya [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *