6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
6 Solusi Nyeri Punggung Bawah

6 Solusi Nyeri Punggung Bawah

Keluhan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua adalah nyeri punggung bawah. Keluhan ini mungkin terdengar sepele namun dapat menyebabkan gangguan aktivitas yang cukup bermakna hingga menyebabkan keterbatasan fisik. Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, bahkan seringkali memang penyebab nyeri punggung bawah sulit untuk ditentukan. Namun demikian, pada prinsipnya keluhan nyeri punggung bawah sebenarnya dapat dicegah. Beberapa tips untuk mencegah perkembangan keluhan nyeri punggung bawah adalah sebagai berikut. 6 Solusi Nyeri Punggung Bawah Keluhan kesehatan yang sering muncul pada anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua adalah nyeri punggung bawah. Keluhan ini mungkin terdengar sepele namun dapat menyebabkan gangguan aktivitas yang cukup bermakna hingga menyebabkan keterbatasan fisik. Ada banyak penyebab keluhan nyeri punggung bawah, bahkan seringkali memang penyebab nyeri punggung bawah sulit untuk ditentukan. Namun demikian, pada prinsipnya keluhan nyeri punggung bawah sebenarnya dapat dicegah. Beberapa tips untuk mencegah perkembangan keluhan nyeri punggung bawah adalah sebagai berikut. [...]

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

4 Asupan untuk Sahur Agar Tidak Lemas di Hari Pertama Puasa

Tidak sedikit orang yang terlihat lemas saat baru menjalani hari pertama puasa. Hal itu dipengaruhi oleh perubahan pola makan Anda terutama bagi yang selalu makan teratur tiga hari sekali ditambah camilan. Agar tubuh tetap bugar dan tidak lemas di hari pertama puasa, konsumsi lima asupan ini saat sahur yang bisa meningkatkan energi Anda seharian.1. Air LemonMenurut pakar food combining, Erikar Lebang, dalam bukunya yang berjudul 'Food Combining di Bulan Ramadhan', mengonsumsi satu gelas air hangat yang diberi sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur baik untuk tubuh. Air lemon ampuh untuk mendetox liver. Selain itu, air lemon juga akan meningkatkan oksigen dan kalsium dalam hati yang akhirnya mempengaruhi kadar oksigen dalam darah.2. Minum Ekstra Air PutihSaat berpuasa Anda sering disarankan minum ekstra air putih oleh para ahli. Air putih berguna untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Hindari kopi dan teh terlalu banyak karena bisa menyebabkan dehidrasi. Selain itu, mengonsumsi gula hanya akan membuat tubuh cepat lemas. Gula memang bisa memberi tambahan energi dengan instan, sayangnya itu adalah energi palsu."Gula membuat kadar gula darah cepat naik, [...]

USG Ketika Kehamilan? Kenapa Penting Sih?

USG Ketika Kehamilan? Kenapa Penting Sih?

Oleh: dr. Dina Kusumawardhani Ultrasonografi (USG) merupakan salah satu pemeriksaan penunjang radiologi yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menilai struktur organ tubuh. Pemeriksaan USG saat kehamilan sangat penting dilakukan terutama untuk menilai kondisi janin dan melihat apakah apakah ada cacat bawaan seperti Down?s syndrome, spina bifida, hidrosefalus, dan lain-lain. Berapa kali sebaiknya pemeriksaan USG dilakukan? Pemeriksaan USG tidak perlu terlalu sering dilakukan, cukup 3 kali selama kehamilan, yaitu pada setiap trimester. Kecuali ditemukan kondisi-kondisi tertentu yang membutuhkan pemantauan dan pemeriksaan yang lebih akurat, seperti perdarahan pervaginam. Apa saja yang dinilai? Trimester pertama: Menilai apakah benar hamil/tidak, menilai letak embrio (di dalam/luar rahim), mendeteksi mola hidatidosa, denyut jantung,kehamilan ganda, dan usia kehamilan. Trimester kedua: Melihat kondisi janin (ukuran, lingkar kepala) apakah sesuai dengan usia kehamilan, mendeteksi kelainan kongenital (cacat bawaan), mengevaluasi pertumbuhan janin. Pada trimester dua juga dapat melihat perkembangan struktur janin seperti tulang belakang, ekstrimitas, otak, jantung, [...]

5 Cara Memasak yang Tidak Merusak  Gizi Makanan

5 Cara Memasak yang Tidak Merusak Gizi Makanan

Memasak dengan sehat sebenarnya mudah untuk dilakukan. Anda dapat berkreasi dalam memodifikasi menu makanan dengan alternatif yang lebih sehat. Misalnya dengan menggunakan alat masak antilengket untuk mengurangi kebutuhan minyak goreng atau mentega. Atau memasak dengan metode berikut agar kandungan gizi dalam makanan tetap terjaga: 1. Merebus Proses merebus makanan tidak memerlukan minyak. Apabila merebus daging, maka lapisan lemak di bagian atas air rebusan dapat dengan mudah disingkirkan. Kuah sup yang dihasilkan dari metode rebusan juga kaya akan rasa; kandungan gizi dari makanan pun tidak hilang. 2. Memanggang Ketika memanggang, kelebihan lemak yang ada di makanan akan keluar. Proses ini juga tidak memerlukan minyak untuk memasak. Rasa dan aroma makanan lebih renyah dan wangi. 3. Mengukus Mengukus tidak memerlukan minyak, kematangan makanan lebih merata, kemudian rasa dan nutrisi makanan pun tidak hilang. Untuk sayuran, lebih banyak kandungan gizi yang terjaga dengan metode mengukus dibandingkan dengan merebus. 4. Memasak dengan panci tekan Memasak dengan panci tekan dapat memperpendek waktu masak. Selain itu rasa dari makanan juga tidak hilang. Metode ini cocok untuk daging, b [...]

4 Kebiasaan Buruk yang Sebenarnya Baik untuk Kesehatan

4 Kebiasaan Buruk yang Sebenarnya Baik untuk Kesehatan

Menggigiti kuku, buang gas dan meludah sering dianggap sebagai kebiasaan buruk dan jorok. Tapi tahukah Anda, kebiasaan ini ternyata bisa menjadi hal yang baik untuk kesehatan? Ini alasannya, seperti dikutip dari Daily Mail.1. Menggigiti KukuKebiasaan buruk ini bisa menjadi baik bagi kesehatan, menurut Dr Hilary Longhurst, seorang spesialis imunologi. Ia menjelaskan asal tangan tidak terlalu kotor, bakteri yang masuk ke tubuh lewat mulut saat menggigiti kuku bisa meningkatkan sistem imun. Sistem pertahanan tubuh ini mempunyai memori dan bisa 'mencatat' bagaimana caranya melawan bakteri jika suatu saat datang lagi.Ketika bakteri masuk tubuh untuk kedua kalinya, sistem imun akan mengingat lagi memorinya dan melepaskan senjata --disebut lymphocytes-- yang tahu bagaimana cara melawannya. Jadi meskipun perannya kecil, mengigiti kuku juga berkontribusi terhadap ketahanan tubuh. Sama halnya seperti mengupil. Hanya saja jangan lakukan kebiasaan ini terlalu sering dan dalam keadaan tangan sangat kotor, misalnya sehabis memegang daging mentah, lumpur atau debu.2. Buang GasBuang gas mungkin dianggap jorok, tapi penting untuk tubuh mengeluarkan angin. "Kita buang gas ada alasannya. Gas terda [...]

Bahayanya Tidak Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Bahayanya Tidak Cuci Tangan Setelah Menggunakan Toilet

Kulit manusia bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri, virus dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit, baik melalui pernafasan atau sentuhan. Coba bayangkan, betapa berisikonya penularan bakteri akibat penggunaan toilet secara bergantian.Penularan tersebut pun dapat bertambah parah jika Anda tidak mencuci tangan setelah menggunakan toilet. Berikut adalah penyakit yang disebabkan akibat tidak mencuci tangan setelah memakai toilet, seperti dilansir dari Live Strong.1. Penyakit Tangan, Kaki, dan MulutPenyakit tangan, kaki, mulut atau disebut juga flu Singapura adalah penyakit yang disebabkan oleh virus coxsackie yang menular melalui kontak langsung, makanan, maupun kotoran. Penyakit yang umumnya menyerang bayi dan anak-anak ini, dimulai dengan adanya gejala seperti benjolan yang tampak melepuh pada mulut, telapak tangan dan kaki. Untuk mencegahnya, cucilah tangan setelah menggunakan toilet untuk mencegah penularan virus.2. Hepatitis APenyakit infeksi hati yang ditandai dengan gejala seperti kelelahan, kulit menguning, warna urin gelap, mual, dan muntah ini dapat menular melalui virus. Penularannya bisa terjadi ketika seseorang yang terkontaminasi virus hepatitis A, tidak mencuci [...]

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

5 Dampak Buruk Televisi untuk Kesehatan

Menonton televisi biasanya menjadi alternatif seseorang untuk melepas penat sehabis pulang kantor atau beraktifitas. Tetapi tanpa disadari, Anda bisa menghabiskan waktu lebih dari empat jam, hal itulah yang berbahaya. Seperti yang dikutip dari lifemojo, ini lima alasan mengapa kebiasaan menonton televisi dapat merugikan kesehatan.1. Meningkatkan risiko penyakit jantungBerdasarkan analisis data yang dikumpulkan selama enam tahun dari 8.800 pria dan wanita Australia (di atas usia 25 dan tidak memiliki riwayat penyakit jantung), peneliti menemukan bahwa menonton televisi dapat meningkatkan risiko kematian seseorang akibat serangan jantung sebesar 18 persen dan kanker sebesar 9 persen. Kesimpulannya, orang yang menonton televisi lebih dari 4 jam memiliki 80 persen peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung dalam kurun waktu enam tahun, bila dibandingkan dengan orang yang menonton hanya dua jam tiap harinya.2. Sebabkan ganguan tidurSinar yang dipancarkan dari televisi memiliki pengaruh buruk dan dapat mengurangi kadar melatonin otak. Inilah yang mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat Anda terbangun lebih lama dan sebabkan kelelahan yang ekstrim.3. Meningkatkan risik [...]

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Menu Program Diet Untuk Mempercepat Metabolisme

Dalam program diet ini, makanan dipecah menjadi empat jenis 'kalori aktif' - makanan kenyal, makanan lezat, makanan energi, dan makanan pemanasan. Berikut adalah cara masing-masing mendorong tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Makanan Kenyal (Daging tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran utuh). Kalori ini membuat tubuh Anda bekerja langsung pada saat memakannya. Makanan tinggi protein sebenarnya sekutu terbaik Anda dalam Diet Kalori Aktif karena makanan ini membuat mulut lebih banyak bekerja untuk mengunyah dan lebih lama untuk meninggalkan perut sehingga Anda mengambil lebih banyak waktu untuk makan dan memiliki meninggalkan rasa kenyang lebih lama. Makanan Sehat (Buah, sayuran, beras merah, gandum dan sereal). Selain kenyal, Kalori Aktif ini kaya akan serat, sehingga mengambil lebih banyak ruang di perut Anda (dibandingkan dengan makanan lain dengan jumlah kalori yang sama), dan meninggalkan sedikit ruang untuk porsi kedua. Makanan yang mengambil lebih banyak waktu untuk mengunyah, secara harfiah membuat mulut bekerja lebih keras (menambahkan pembakaran kalori sebesar 10 persen. Makanan Energi (Kopi, teh hitam dan hijau, dark chocolate). Anda bi [...]

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Kondisi Serius di Balik Batuk Berdarah

Jangan anggap remeh batuk berdarah atau hemoptisis. Kondisi ini dapat menjadi gejala adanya penyakit serius yang mengancam nyawa. Darah yang keluar saat batuk umumnya bercampur dengan dahak. Batuk berdarah pada orang berusia muda bisa jadi bukan gejala sakit serius dan dapat segera ditangani. Namun kondisi ini bisa menjadi indikator berbahaya terutama bagi mereka yang berusia tua dan para perokok. Penyebab Batuk Berdarah dari Ringan hingga Berat Adanya darah dalam dahak ketika batuk umumnya dapat disebabkan batuk parah dalam waktu lama. Namun ada banyak kondisi lain yang dapat menjadi penyebab batuk berdarah, yaitu: Bronkitis: gangguan saluran pernapasan dalam jangka panjang yang menyebabkan penumpukan dahak. Bronkitis dapat dipicu oleh banyak penyebab, seperti infeksi paru-paru yang pernah dialami dan menghirup unsur polusi. Tuberkulosis (TB): infeksi paru-paru yang tergolong parah dengan gejala umum berupa demam, keringat, batuk disertai dahak yang berwarna atau mengandung nanah, dan rasa sesak di dada. Batuk berdarah akan reda segera setelah infeksi disembuhkan. Embolisme paru: pembekuan darah pada pembuluh darah di paru-paru yang dapat menyebabkan sesak napas dan nyeri d [...]

Rajinlah Bercermin untuk Mendeteksi Adanya Penyakit Sejak Dini

Rajinlah Bercermin untuk Mendeteksi Adanya Penyakit Sejak Dini

Wajah bukan saja menjadi refleksi kecantikan seseorang. Tapi juga bisa memberitahu apakah ada yang tidak beres dalam organ dalam tubuh. Saat bercermin, perhatikan dengan seksama perubahan pada wajah Anda. Apakah ada perubahan, atau sesuatu yang aneh? Sebab beberapa penampakan di wajah bisa menjadi tanda awal Anda mengalami kondisi medis yang serius, seperti dikutip dari Times of India.1. Jerawat di DahiDahi Anda terhubung dengan sistem pencernaan dan jarak antara kedua alis berkenaan ke liver. Ketika Anda makan terlalu banyak makanan mengandung lemak, minyak dan alkohol, liver akan bekerja lebih keras. Penumpukan lemak dan racun pada liver bisa dilihat dengan adanya jerawat di daerah tersebut. Maka perbaikilah kebiasaan makan Anda. Konsumsi diet bergizi dan seimbang serta cukupi asupan cairan dalam tubuh.2. Noda atau Jerawat di PipiAda banyak penyebabnya. Tapi yang paling umum adalah karena tempat tidur Anda tidak bersih, atau hormon yang tidak seimbang. Selain itu pipi juga terhubung dengan paru-paru. Jadi kemunculan noda kecokelatan atau jerawat di area itu bisa mengindikasikan adanya masalah pada sistem pernapasan.3. Jerawat di DaguBiasanya muncul saat wanita memasuki periode [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *