6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Mencukur Rambut Kemaluan Pengaruhi Aroma Miss V, Benarkah?

Mencukur Rambut Kemaluan Pengaruhi Aroma Miss V, Benarkah?

Tak hanya di kepala, setiap manusia memiliki rambut pada organ intimnya setelah ia beranjak dewasa. Untuk wanita, fungsi rambut kemaluan untuk menyerap cairan Miss V serta zat pheromones, yaitu sejenis zat kimia yang dilepaskan ke udara berupa keringat atau bau dan berfungsi untuk melindungi organ intim wanita serta saluran kemih.Namun terkadang, para wanita merasa risih saat rambut yang menyerupai bulu halus tersebut tumbuh dengan lebat dan mulai mengeluarkan aroma tertentu sehingga mereka kerap kali mencukurnya tipis-tipis. Lantas apakah tebal dan tipisnya rambut kemaluan tersebut dapat mempengaruhi aroma miss v?Dr. Febriansyah Darus, Sp.OG menerangkan, rambut kemaluan yang terlalu tebal cenderung membuat miss v lebih lembab. Terlebih lagi jika wanita kurang menjaga kebersihan daerah kewanitaannya, hal itu mengakibatkan aroma yang kurang sedap."Sebaiknya rambut kemaluan dicukur tetapi jangan sampai 'gundul' karena secara otomatis kulit akan luka dan iritasi. Pada saat rambut kemaluan mulai tumbuh pun akan terasa tajam dan jadi tidak nyaman," ujarnya saat dihubungi Wolipop, Rabu (27/5/2015).Jika rambut kemaluan dicukur seluruhnya, kulit menjadi kasar atau kemerahan dan terasa l [...]

Apa Itu Antibiotik?

Apa Itu Antibiotik?

Sejak ditemukan pada tahun 1927 oleh Alexander Fleming dan digunakan pertama kali pada tahun 1940-an, antibiotik telah membawa perubahan besar pada pelayanan kesehatan dan penyembuhkan infeksi bakterial. Tak heran jika antibiotik menjadi golongan obat yang paling banyak digunakan di dunia, termasuk Indonesia. Kata ?antibiotik? mengacu pada bahan alam yang dihasilkan oleh jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membunuh bakteri. Kini, antibiotik dapat berupa bahan sintetis (tidak dihasilkan oleh mikroorganisme) yang juga membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri. Meski antibiotik memiliki banyak manfaat, pemakaiannya yang tidak rasional sering kali terjadi di mana-mana. Ditandai dengan penggunaan obat yang terlalu banyak atau tidak sesuai dosis, lama konsumsi tidak tepat, peresepan obat yang tidak sesuai diagnosis, serta pengobatan sendiri dengan obat yang seharusnya menggunakan resep dokter. Contohnya, penggunaan antibiotik di masyarakat masih tinggi untuk beberapa gejala umum seperti batuk, pilek, demam, yang bukan disebabkan oleh infeksi bakteri. Padahal, gejala tersebut mungkin diakibatkan oleh infeksi virus yang sebenarnya cukup diatasi dengan istirahat, asupan nutrisi yang [...]

Ini Dia Penyebab Bau Badan Anda Tak Kunjung Hilang

Ini Dia Penyebab Bau Badan Anda Tak Kunjung Hilang

Apakah Anda memiliki bau badan yang terbilang parah? Hal ini mungkin dikarenakan oleh faktor genetik. Sebuah studi mengungkapkan bahwa sepertiga dari orang-orang yang memiliki bau badan (yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya) ternyata positif mengidap trmethylaminuria, sebuah ketidakseimbangan genetik yang membuat seseorang menebar aroma tubuh yang busuk dan amis.Orang yang mengidap trimethylaminuria atau singkatnya TMAU, tidak bisa mengolah zat kimia tubuh karena mutasi gen FM03. Tubuh menghasilkan bau dari konsumsi makananan yang mengandung zat choline yang tinggi seperti telur, bakteri gandum, daging jeroan, ikan asin hingga kacang-kacangan tertentu. Bau badan ini tidak bisa hilang, namun bisa dikurangi dengan menghindari makanan yang disebutkan tadi.Studi dilakukan terhadap 353 orang yang datang berobat ke Monell Chemical Senses Center di Philadelphia. Mereka semua memiliki masalah bau badan yang bukan disebabkan karena kesalahan higinitas. Setelah semuanya diperiksa, 118 dari mereka (sepertiga) ternyata memiliki TMAU.Salah satu peneliti, George Preti, Ph.D., mengatakan kepada Huffington Post bahwa meskipun seseorang tidak memiliki bau badan amis khas TMAU, ketidakseimbanga [...]

Terapi Suntikan Penurun Kolesterol

Terapi Suntikan Penurun Kolesterol

Sebuah penelitian terbaru berhasil menurunkan 64% kadar kolesterol ?jahat? dalam tubuh dengan hanya pemberian 1 kali suntikan. Tidak hanya menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein) namun juga menurunkan keseluruhan total kolesterol termasuk apo-8 yang merupakan partikel lemak dalam darah yang turut berperan dalam meningkatkan resiko penyakit jantung. Hasil penelitian ini di publikasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association di Orlando, Amerika Serikat (14/11). Meskipun penelitian ini masih terbilang awal, namun tidak diayal menerima banyak dukungan karena penderita kelebihan kolesterol mempunyai resiko kematian yang tinggi. Bahkan seringkali pasien juga mengeluhkan harus meminum obat penurun kolesterol setiap hari. Sehingga dengan menemukan cara penurunan yang lebih cepat dan efektif akan memberikan kemungkinan tambahan terapi pada pengobatan penderita kolesterol tinggi maupun sebagai salah satu cara untuk merendahkan kadar kolesterol ?jahat? dalam tubuh. Sebab apabila kadar LDL dalam darah lebih dari 100 mg/dL maka sudah termasuk tahap waspada. Untuk itu penelitian ini baru memulai memberikan 1 dosis suntikan pada 54 orang pria dan 2 wanita usia 18 ? 45 tahun [...]

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Kurangi 5 Makanan Tak Sehat Ini Untuk Anak

Sudah seharusnya bahwa orang tua memperhatikan benar apa yang dikonsumsi oleh anak. Jangan hanya karena alasan sibuk, orang tua malah memberikan makanan yang tidak sehat. Untuk menghindarinya, simak lima makanan yang sebaiknya tidak Anda sajikanuntuk si kecil, seperti yang dikutip dari Lifemojo.1. Chicken nuggetsMakanan ini merupakan salah satu makanan favorit anak-anak. Sayangnya, makanan ini mengandung banyak garam, perasa buatan dan bahan pengawet. Belum lagi chicken nugget dimasak dengan cara digoreng di dalam minyak yang kaya akan lemak trans (salah satu jenis lemak yang tidak baik bagi kesehatan karena bisa mengikis kolesterol baik) Memakannya dengan saus tomat atau sambal botolan tentu semakin memperparah keadaan.Tak diragukan lagi, makanan ini memang lezat namun sedikit sekali nutrisi yang bisa diambil oleh tubuh. Sebaiknya, ganti chicken nugget dengan dada ayam bakar yang dibentuk lucu, mungkin diperlukan usaha dan kreatif lebih untuk membuatnya tapi ini berguna agar si kecil termotivasi untuk mengonsumsinya.2. Sereal manisSereal manis dengan berbagai rasa seperti cokelat atau marshmellow juga menjadi santapan favorit si kecil saat sarapan. Sebagian sereal tersebut meng [...]

4 Kebiasaan yang Buat Gigi Cepat Rapuh

4 Kebiasaan yang Buat Gigi Cepat Rapuh

Apakah Anda menyikat gigi terlalu sering atau punya kebiasaan menggemeretakkan gigi? Segera hentikan itu dari sekarang kalau ingin gigi yang sehat. Terkadang perawatan yang terlalu ekstra justru dapat membuat gigi patah dan cepat rapuh. Hindari empat kebiasaan ini, seperti yang dikutip dari She Knows.1. Menyikat Gigi Secara BerlebihanSebagian orang menganggap kebersihan gigi berawal dari seberapa sering kita menyikat gigi. Hal itu benar, tapi menyikat gigi yang dilakukan lebih dari 2 kali dalam sehari tidak baik untuk kesehatan gigi kita."Saya sudah bertemu dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan sikat gigi 20 kali dalam sehari," kata Dr. Sally Cram, ahli gigi di Washington D.C.Terlalu sering menyikat gigi tidak akan membuat gigi Anda bersih lebih lama. Justru akan melukai gusi dan mengikis enamel gigi. Menyikat hanya perlu dua kali sehari dan yang terpenting, adalah cara Anda melakukannya. Gosoklah dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan, samping, dalam dan geraham. Lalu gunakan dental floss untuk membersihkan sisa-sisa makanan di antara celah gigi selama dua menit.2. Pemutihan Gigi Terus-menerusAgar gigi terlihat lebih putih biasanya kita memutihkan kulit dengan meto [...]

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Facebook Bisa Buat Orang Khawatirkan Bentuk Tubuh

Menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuka Facebook tidak hanya dapat berdampak buruk bagi produktivitas Anda saja. Menurut penelitian, kebiasaan itu bisa membahayakan kesehatan Anda juga.Dalam survei, ditemukan bahwa ada 51 persen dari pengguna Facebook yang merasa terlalu khawatir dengan tubuhnya setelah melihat foto diri mereka di situs jejaring sosial itu. Hasil survei tersebut didapat dari The Center for Eating Disorders."Facebook membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak untukmengkritik tubuh mereka sendiri dan berharap mereka tampak seperti orang lain," ujar Direktur 'The Center for Eating Disorders', Dr Harry Brandt dalam laporannya."Dalam era teknologi modern dan akses yang konstan yang bisa didapat dari SmartPhone, itu membuat orang susah menghapus diri dari imej dan pemicu lainnya yang mempromosikan citra tubuh negatif, rendah diri dan akhirnya mengalami gangguan makan," tambah Brandt lagi.80 persen dari peserta survei yang berusia 14 hingga 40 tahun itu, mengatakan bahwa mereka "minimal sehari sekali" membuka situs jejaring Facebook. Sehingga tak mungkin bagi mereka untuk tidak melihat fotonya sendiri atau foto teman-temannya.Penelitian juga menemukan, 44% orang [...]

Vaksin Diabetes Karya Mahasiswa Malang

Vaksin Diabetes Karya Mahasiswa Malang

Enam mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya, Malang telah sukses mengembangkan sebuah formula vaksin untuk pencegahan diabetes. Agustin Capriati, Laili Fitri Niamita, Annisa Maulidia Mahdi, Sri Ratna Widyati dan Fetero Negeo, ialah keenam mahasiswa yang telah berhasil mengujicobakan vaksin ke tikus dengan hasil temuan indikator kerusakan menurun. Lebih lanjut, sebagaimana yang dilansir di Surabaya Post, vaksin yang tengah dikembangkan telah diklaim selain menjaga tubuh seseorang dari paparan diabetes, vaksin tersebut juga memiliki khasiat pemulihan pada organ pankreas yang rusak. Vaksin yang dikembangkan berbahan AGE BSA protein terglikasi KLH yang diambil dari moluska. Proses pengembangan tengah dalam proses pengujian pada kultur tubuh manusia, sekaligus pengajuan hak paten atas vaksin temuan tim. Keberhasilan percobaan vaksin diabetes dalam skala dunia bukan kali yang pertama. Profesor Len Harrison dari Walter and Eliza Hall Institute, Melbourne dari Juni 2011 lalu sudah mulai memasuki pengujian vaksin yang dikembangkannya pada manusia. Namun bagaimanapun langkah praktisi medis muda di Indonesia merupakan sebuah karya yang pantas dibanggakan. Vaksin diabetes karya para mahasi [...]

Manusia Kini Hanya Tidur Lelap 6 Jam 41 Menit, Ini Penyebabnya

Manusia Kini Hanya Tidur Lelap 6 Jam 41 Menit, Ini Penyebabnya

Orang kini hanya punya waktu tidur rata-rata enam jam dan 41 menit setiap malamnya. Kurang satu jam 19 menit dari lama waktu tidur yang direkomendasikan, yaitu delapan jam. Bahkan 48 persen orang tidak bisa menikmati waktu istirahatnya di akhir pekan, saat tidak disibukkan lagi dengan urusan pekerjaan. Rata-rata orang juga kesulitan tertidur lelap setiap malamnya. Dan Sekitar 65 persen orang hanya tidur enam jam 27 menit.Survei yang dilakukan Travelodge dan melibatkan 2.000 responden tersebut juga menemukan, lebih dari 1/4 orang (27 persen) mendapatkan waktu tidur yang lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Sebagian besar responden juga punya kebiasaan menunda alarm untuk bisa dapat tambahan waktu tidur 11 menit setelah bangun. Menurut pakar kesehatan, kebiasaan itu bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.Empat dari 10 responden yang mengikuti polling Travelodge mengaku memasang alarm lebih awal dari seharusnya, lalu memencet tombol 'tunda alarm' atau snooze di ponsel sebanyak dua kali untuk mendapatkan tambahan waktu tidur. Salah satu alasan utama kenapa kini makin banyak orang yang terbiasa memencet tombol 'tunda alarm' karena 68 persen orang ketergantungan dengan ponselny [...]

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Riset: Wanita Adalah Pengemudi yang Buruk

Terlepas dari masalah mabuk atau mengantuk, wanita kerap kali disebut-sebut sebagai gender dengan kemampuan menyetir terburuk. Hal itu bahkan dibuktikan secara ilmiah oleh sebuah penelitian dari Amerika.University of Michigan menemukan bahwa wanita lebih sering mengalami kecelakaan kendaraan bermotor ketimbang pria, walaupun mereka lebih jarang menyetir. Wanita juga berkontribusi sebesar 10 persen atas kecelakaan mobil ketika pria menyetir karena suka mengomel saat berada dalam mobil.Sebanyak 60 persen pria mengendarai mobil. Sedangkan wanita hanya mencapai 40 persen. Meski begitu, terdapat 6,5 laporan kecelakaan mobil yang melibatkan wanita sebagai pengemudinya. Menurut Askmen, jumlah tersebut lebih tinggi dari yang diharapkan.Tempat yang paling sering menjadi lokasi kecelakaan saat mengemudi adalah jalan raya, area penyeberangan dan persimpangan jalan. Dalam hal ini diperkirakan bahwa wanita cenderung ragu saat mengambil keputusan untuk berhenti atau belok, sehingga terjadi kecelakaan.Banyak teori yang menjelaskan alasan mengapa wanita lebih sering kecelakaan ketimbang pria. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa wanita seringkali dandan sambil mengemudi dan bertubuh lebih pen [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *