6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Serba-serbi Stroke

Serba-serbi Stroke

Jika Anda tinggal di sekitar ibukota Jakarta atau Tangerang, Anda akan melihat iklan salah satu rumah sakit di wilayah Tangerang ketika melintas di sebuah jalan tol, di iklan itu tertulis ?in stroke, time is brain? yang artinya dalam kasus stroke, waktu berarti bagi penyelamatan otak, semakin lambat ditangani, kerusakan jaringan otak yang terjadi akan semakin signifikan dan menimbulkan kematian. Apa itu Stroke Sesungguhnya? Anda tentu pernah mendengar penyakit jantung koroner, yang tak lain adalah penyakit jantung dimana pembuluh darah yang memperdarahi jantung tidak dapat melakukan tugasnya karena tersumbat, sehingga penderita akan mengalami gagal jantung, karena si jantung yang tidak memperoleh oksigen akan serta merta mogok kerja menyuplai darah ke tubuh Anda. Nah jika Anda memahami penyakit jantung koroner, tidak sulit bagi Anda untuk mengerti apa yang sesungguhnya terjadi pada penyakit stroke. Pada stroker, pembuluh darah yang tersumbat adalah yang memperdarahi otak, apa yang kemudian muncul sebagai gejala pada pasien tinggal bergantung pada daerah otak mana yang tidak mendapat suplai darah dengan baik, jika pembuluh darah yang terlibat bertugas menyuplai otak yang fungsinya [...]

4 Benda Sehari-hari yang Bahaya Jika Dipakai Bergantian

4 Benda Sehari-hari yang Bahaya Jika Dipakai Bergantian

Berhati-hatilah bagi Anda yang sering meminjam telepon genggam orang lain. Menurut penelitian, handphone merupakan salah satu benda yang paling banyak mengandung bakteri.Sebuah penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine pada 390 handphone, menemukan bahwa hampir semua ponsel mengandung bakteri. Beberapa di antaranya mengandung 1000 jenis kuman, seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan E.Coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan.Selain handphone, para peneliti percaya ada beberapa benda yang berbahaya jika dipakai secara bergantian karena bisa menularkan bakteri jahat. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, berikut empat benda tersebut.1. Keyboard dan Mouse KomputerSebuah jajak pendapat yang dibuat oleh lembaga konsumen, Which? menemukan bahwa keyboard komputer di kantor-kantor mengandung kuman lima kali lebih banyak dari dudukan toilet. Begitu juga dengan mouse komputer, menurut University of Arizona, rata-rata mouse mengandung 1.676 mikroba per inci persegi.Hal tersebut tentu tidak terlalu mengejutkan karena 10 persen dari pekerja kantor mengklaim tidak pernah membersihkan keyboard mereka. Hal ini semakin diperparah dengan [...]

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Tua

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Cepat Tua

Pernahkah Anda merasakan ketika berkaca terbesit kenapa kulit terlihat lebih tua dari usia Anda seharusnya? Kerutan-kerutan kecil bermunculan di sekitar kulit wajah, seperti di ujung mata, garis di ujung kedua hidung yang semula halus menjadi semakin tegas, bahkan kerutan samar di dahi menjadi kian jelas. Padahal usia di KTP menunjukan seharusnya belum saatnya garis-garis kerutan tersebut belum muncul. Namun kenyataannya, usia biologis tubuh Anda sudah melampaui usia di KTP Anda. Jika demikian, sudah saatnya Anda untuk memperhatikan lagi kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan sehari-hari. Pasalnya, kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar kita lakukan itu ternyata salah dan banyak memberikan kerugian kepada kesehatan kulit dan tubuh keseluruhan. Hasilnya, tubuh menjadi lebih tua dari usia seharusnya. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut? 6 Kebiasan yang Membuat Anda Cepat Tua Pernahkah Anda merasakan ketika berkaca terbesit kenapa kulit terlihat lebih tua dari usia Anda seharusnya? Kerutan-kerutan kecil bermunculan di sekitar kulit wajah, seperti di ujung mata, garis di ujung kedua hidung yang semula halus menjadi semakin tegas, bahkan kerutan samar di dahi [...]

Inilah Risikonya Menjadi Ayah Baru di Usia Tua

Inilah Risikonya Menjadi Ayah Baru di Usia Tua

Dengan bertambahnya usia perempuan, kesuburan berkurang, dan risiko masalah genetik pada bayi mereka. Sekarang, semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa pria setengah baya mungkin lebih cenderung mempunyai anak dengan masalah kesehatan mental, serta gangguan genetik langka, seperti jenis yang paling umum dari dwarfisme (kerdil). Sebagai contoh, sebuah studi baru-baru ini Swedia yang lahir antara tahun 1973 dan 2001 menemukan bahwa mereka yang lahir dari ayah 45 dan lebih tua lebih mungkin untuk memiliki berbagai gangguan otak dan sistem saraf seperti: Autisme, Gangguan bipolar (kepribadian ganda), Skizofrenia, dan ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder) Hal itu semua dikarenakan peningkatan mutasi pada sperma pria yang berumur lebih tua. Anak-anak dari ayah yang lebih tua lebih mungkin untuk mendapatkan nilai-nilai buruk di sekolah, narkoba, dan percobaan bunuh diri. Brown , seorang Profesor yang melakukan penelitian di Amerika, menerbitkan sebuah studi tahun lalu itu, tidak seperti studi di Swedia, bahwa Brown menemukan hubungan antara usia ayah pada saat pembuahan dan risiko anak dari gangguan bipolar. Lalu jika Anda menaruh sperma Anda di bank sperma untuk dibek [...]

Memperkenalkan Berenang pada Bayi

Memperkenalkan Berenang pada Bayi

Oleh: dr. Sophia B. Hage Akhir-akhir ini mulai bermunculan tempat yang menawarkan fasilitas bagi bayi untuk berenang. Sewajarnya, bersamaan dengan hal tersebut muncul kekhawatiran pada ibu-ibu mengenai risiko yang terkait dan waktu yang paling tepat bagi bayi tercinta untuk melakukan kegiatan dalam air. Pertama, harus dibedakan antara belajar berenang (belajar napas, gaya bebas, dsb) dengan memperkenalkan air. Pada bayi istilah yang lebih tepat digunakan adalah memperkenalkan air, bukan berenang karena pada usia kurang dari 4 tahun perkembangan motorik bayi belum sesuai untuk mulai belajar berenang. Tetapi ini bukan berarti bayi tidak boleh diperkenalkan dengan air dan kolam renang. Hanya saja, bentuk kegiatan ini tidak bertujuan untuk membuat bayi dapat berenang, tetapi hanya untuk memperkenalkan bayi terhadap lingkungan baru dan yang baru. Salah satu penelitian yang dilakukan tahun 2010 di Norwegia menunjukkan bahwa bayi-bayi yang mulai melakukan air pada usia 2-3 bulan terbukti mengalami kemajuan dalam keseimbangan (balance) dan kemampuan menggenggam serta memegang (grasping skills) yang lebih baik dibandingkan bayi-bayi yang tidak melakukan air. Beberapa literatur mengatakan pe [...]

Yuk, Mengenal Jenis Teh & Manfaatnya

Yuk, Mengenal Jenis Teh & Manfaatnya

Di negara seperti China, Thailand dan Jepang, teh menjadi minuman sehari-hari bagi para penduduknya. Alasannya, karena tradisi dan manfaat baik yang ditawarkan teh pada kesehatan tubuh. Tiap jenis teh memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, teh hijau yang dapat melangsingkan dan teh chamomile berguna untuk mengurangi stress. Namun tidak hanya dua jenis teh itu saja yang memiliki dampak positif. Berdasarkan perkembangan saat ini, makin banyak produsen yang berlomba-lomba untuk menemukan manfaat untuk setiap teh. Berikut adalah jenis-jenis teh dan manfaatnya, dilansir dari situs Health Me Up.Teh OolongTeh hasil fermentasi ini sangat terkenal akan kasiatnya menurunkan berat badan. Selain itu teh oolong juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat, mengurangi tekanan darah, mencegah kerusakan gigi, dan baik untuk kulit karena mengandung banyak antioksidan. Para penderita penyakit jantung dan diabetes sangat dianjurkan untuk meminum teh oolong secara teratur.Teh PeppermintTeh dari tumbuhan Pudina atau yang biasa dikenal dengan peppermint ini adalah sejenis teh herbal untuk mengobati sakit perut. Pengujian secara klinis telah membuktikan bahwa teh peppermint dapat menimbulk [...]

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal bukan hanya memberikan postur tubuh yang menarik dilihat, namun juga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun banyak orang tidak mengetahui berapa sebenarnya berat badan ideal mereka. Prinsip paling pertama adalah Anda harus mengetahui dahulu target berat badan ideal yang ingin Anda capai. Mari kita cari tahu cara menghitung berat badan ideal dan cara mencapai berat badan ideal. Bagaimana mengetahui berat badan ideal? 3 Prinsip Sederhana Menurunkan Berat Badan Berat badan ideal dapat dihitung dengan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT didapat dengan menggunakan rumus kuadrat dari berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Misalkan berat badan Anda 70 kg dan tinggi badan 1,7 meter maka IMT Anda adalah 70 kg/ (1,7 m)2, yaitu 24,2 kg/m2. IMT yang ideal untuk orang Indonesia adalah 18,5-22,9, untuk IMT dibawah 18,5 berarti berat badan kurang, sedangkan IMT lebih dari 23 maka Anda mengalami obesitas. Atau untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan tools Indeks Massa Tubuh PeduliSehat.info dengan klik disini. Prinsip kedua adalah Anda harus mengetahui dan mencamkan baik-baik bahaya dari kondisi obesitas atau [...]

Hanya Perlu 6 Langkah Ini untuk Kurangi Stres

Hanya Perlu 6 Langkah Ini untuk Kurangi Stres

Hampir setiap orang pernah mengalami stres. Baik itu karena pekerjaan, percintaan atau masalah keluarga. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi agar stres tidak berkepanjangan mulai dari olahraga, yoga, meditasi atau liburan. Tapi bagi Anda yang tidak punya cukup banyak waktu untuk melakukan itu semua, ada cara lebih mudah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini cara mengurangi stres hanya dalam enam langkah, seperti dikutip dari Healthy Women.1. Pahami Apa yang Mampu Anda KontrolStres seringkali datang karena Anda berusaha terlalu keras untuk mengontrol situasi atau orang lain di luar kemampuan. Penyangkalan terhadap sesuatu juga bisa meningkatkan stres. Maka dari itu, Dr. Molitor menyarankan Anda agar tahu benar apa pilihan yang ada di tangan. Kontrol atau aturlah sesuatu yang berada di zona kapabilitas Anda, tidak perlu memaksakan diri.2. Pikirkan Hal-hal Positif Tentang Diri SendiriCara yang satu ini cukup sederhana tapi efektif. Banyak orang yang bertambah stres karena selalu memikirkan kekurangan dirinya. Daripada galau dengan hal-hal negatif, lebih baik fokus pada kemampuan diri yang Anda punya. Penelitian menunjukkan, memikirkan percaya pada diri sen [...]

6 Solusi Bibir Pecah-pecah

6 Solusi Bibir Pecah-pecah

Warna merah pada bibir didapat dari warna darah yang mengalir di dalam pembuluh di lapisan bawah kulit bibir. Seperti halnya pada kulit, warna bibir dipengaruhi oleh faktor eksternal (misal kebiasaan merokok, paparan sinar matahari) maupun internal seperti pigmen. Selain itu, orang yang berkulit gelap cenderung memiliki bibir berwarna gelap. Sayangnya hingga saat ini belum ada terapi yang dapat mengubah warna bibir. Operasi bedah plastik pun hanya dapat mengubah bentuk dan ukuran saja, namun tidak dapat membuat bibir menjadi lebih merah. Jika Anda ingin bibir Anda tampak sehat dan indah, langkah berikut patut Anda coba. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); .iht-1 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_4.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; padding-top: 105px; background-size: 100px; margin-left:5px; height: 50px; } .iht-2 { background: url(http://klikdokter.com/assets/healthtools/ht_2.gif) no-repeat 0px 0px; width: 105px; float: left; text-align: center; [...]

6 Fakta Menarik Tentang Hidung Manusia

6 Fakta Menarik Tentang Hidung Manusia

Hidung manusia berfungsi sebagai indera penciuman, bernapas, menyaring udara kotor dari luar juga membedakan aroma dan rasa pada lidah. Mungkin hanya sedikit dari Anda yang tahu bahwa hidung bisa membuat orang jatuh cinta bahkan 'mencium' adanya bahaya. Tidak hanya itu saja, banyak fakta-fakta menarik lain tentang hidung yang mungkin belum banyak orang ketahui. Apa saja?1. Bisa Mendeteksi 1 Triliun Jenis Aroma yang BerbedaHidung kita memiliki sekitar 400 reseptor yang bisa mengidentifikasi sedikitnya satu triliun aroma yang berbeda. Hal itu terungkap lewat studi yang dilakukan peneliti di Rockefeller University, New York. Dalam penelitian sebelumnya, diperkirakan bahwa manusia hanya mampu membedakan 10 ribu jenis bau-bauan namun sering berkembangnya teknologi, jumlah itu bertambah.2. Hidung Manusia Bisa Mencium EmosiTidak hanya aroma atau wewangian, manusia juga bisa merasakan emosi leway indra penciumannya. Penelitian di Utrecht University, Belanda menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi berbagai macam emosi dengan mencium senyawa kimia atau hormon yang dilepaskan tubuh. Ya, manusia bisa merasakan emosi manusia lainnya juga. Misalnya rasa takut atau jijik bisa diketahui dengan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *