6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
loading...
RELATED ARTICLES
Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Vegetarian Tingkatkan Intelegensia

Tahukah anda memakan vegetarian dapat tingkatkan intelegensia? British Medical Journal menerbitkan hasil penelitian tersebut, di mana penelitian mengukur IQ sejumlah responden pada usia 10 tahun dan kemudian mengikuti perkembangan mereka hingga umur 30 tahun. Data yang ada menunjukkan bahwa mereka yang menjadi vegetarian saat anak-anak memiliki IQ sekitar lima poin lebih tinggi daripada rata-rata orang dewasa yang bukan vegetarian. Mereka yang vegetarian juga lebih cenderung memiliki pekerjaan dan gelar yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan, menurut para peneliti, pola makanan yang kaya sayuran dan buah-buahan mampua mengingkatkan kemampuan otak di antara manfaat kesehatan lain untuk meningkatkan kecerdasan. ?Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak vegetarian tumbuh lebih tinggi dan memiliki IQ lebih tinggi daripada teman-teman sekolahnya, risiko untuk penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan pengyakit lain juga menurun untuk jangka panjang,? ujar para peneliti. Namun, hasil penelitian ini masih menimbulkan pertanyaan. Apakah anak-anak yang cerdas memutuskan akan menjadi vegetarian ketika dewasa nanti, ataukah mereka menjadi vegetarian agar menjadi lebih cerdas. Mereka yang me [...]

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Pentingnya Punya Me Time Bagi Wanita Agar Jauh dari Stres

Dalam sehari rata-rata orang hanya punya waktu dua jam untuk memanjakan dirinya sendiri, bahkan bisa kurang dari itu. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Ayoe Sutomo, M.Psi. Menurut Ayoe, waktu yang sesingkat itu hendaknya dimanfaatkan sebisa mungkin untuk menikmati 'me time'.Kenapa 'me time' menjadi hal yang penting bagi peningkatan kualitas hidup? Psikolog lulusan Universitas Tarumanegara ini memberi penjelasannya."Pada dasarnya manusia, meskipun dia bersosialisasi tapi tetap adalah makhluk individual. Butuh waktu buat sendiri. Manusia butuh menyenangkan diri sendiri tanpa harus melibatkan orang lain. Melakukan sesuatu sendiri bikin kita jadi orang yang lebih baik dan menyenangkan," tutur Ayoe, saat acara 'My Bathroom, My Sanctuary' di Kohler Design Center, Jl. Panglima Polim Raya, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2013).'Me time' merupakan momen krusial bagi seseorang untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan 'me time' seseorang bisa menjadi mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan.Aktivitas relaksasi ini pun sebaiknya dilakukan setiap hari dan sesering mungkin, [...]

Pakai High Heels Bisa Sebabkan Kaki Datar?

Pakai High Heels Bisa Sebabkan Kaki Datar?

Walau dapat membuat penampilan lebih bergaya dan seksi, sepatu hak tinggi seringkali menjadi penyebab masalah pada kaki. Menurut penelitian terbaru, high heels bisa sebabkan perubahan bentuk telapak kaki.Para ilmuwan mengatakan bahwa high heels bisa menjadi pemicu rasa sakit dan nyeri pada kaki. Kondisi tersebut dapat bertambah parah jika mengenakan sepatu berhak tinggi dalam jangka waktu yang cukup lama.Menurut sebuah penelitian dari University of East Anglia, hal itu dapat terjadi karena tendon kaki melemah akibat protein alami dalam tubuh. Sang peneliti Dr. Graham Riley, mengatakan bahwa high heels tidak hanya dapat menimbulkan rasa sakit, tetapi juga berpotensi membuat bentuk telapak kaki menjadi rata (flat feet).Riley menjelaskan bahwa high heels tidak mendukung kaki dengan baik. Pemakaian sepatu bertumit tinggi dalam jangka lama memicu perubahan bentuk telapak kaki. Tekanan yang timbul bisa membuat cekungan telapak kaki menjadi datar.Kaki datar, atau telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan flat feet, mengacu pada suatu kondisi medis dimana lengkungan kaki menjadi rata atau datar. Sehingga seluruh bagian telapak kaki menempel pada tanah. Kondisi ini membuat kaki [...]

Anak yang Jarang Olahraga Lebih Mudah Sakit

Anak yang Jarang Olahraga Lebih Mudah Sakit

Musim pancaroba biasanya merupakan musim yang rawan bagi anak-anak. Sistem imunitas anak-anak terkadang masih belum optimal sehingga mereka mudah terkena pilek, batuk ataupun influenza. Lalu bagaimanakah meningkatkan imunitas anak-anak sehingga dapat mencegah terkena penyakit terkait lingkungan ini? Beberapa penelitian menemukan bahwa selain asupan nutrisi yang adekuat, olahraga juga membantu sistem imun memerangi infeksi seperti flu. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa olahraga dan latihan fisik merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit kronis. Olahraga yang teratur bermanfaat meningkatkan kebugaran anak yang nantinya akan meningkatkan sistem imun tubuh mereka, yang merupakan pertahanan tubuh terhadap infeksi. Melalui olahraga teratur, jumlah dan agresivitas sel imun tertentu, yang disebut sebagai natural killer cells meningkat sebanyak 50% hingga 300%. Peningkatan ini dapat membantu sistem imun bekerja lebih efisien dalam menghancurkan sel asing yang menyebabkan penyakit atau infeksi. Beberapa penelitian menemukan bahwa olahraga intensitas sedang selama 30 menit per hari seperti jogging atau berlatih di gym 3 kali seminggu selama 60 menit atau bersepe [...]

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol

? Hasil pemeriksaan kesehatan menyebutkan Anda memiliki masalah kolesterol? Pastinya kemudian akan terpikirkan bagaimana cara untuk menjaga makan. Simak empat makanan berikut ini yang dapat membantu usaha Anda menyusun menu diet menurunkan kolesterol Anda. 1. Oatmeal dan makanan tinggi serat Oatmeal mengandung seratyang mudah dicerna yang dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol ?jahat?. Serat yang mudah dicerna ini juga dapat ditemukan pada apel, pir dan buah prune. Makanan yang tinggi serat dapat menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam peredaran darah. Dengan mengonsumsi 5 hingga 10gram serat sehari maka dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL Anda. Klik next untuk tahu berbagai makanan lainnya. 4 Makanan untuk Turunkan Kolesterol 2. Ikan dan asam lemak omega 3 Mengkonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat menurunkan tekanan darah dan risiko penimbunan plak yang dapat berujung pada serangan jantung, stroke dan kematian.American Heart Association merekomendasikan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 porsi ikan dalam satu minggu. Asam lemak omega 3 tertinggi dapat ditemukan pada ikan: Mackarel Sarden Salmon Tuna Nam [...]

Berjalan Lebih Cepat Bisa Buat Anda Panjang Umur

Berjalan Lebih Cepat Bisa Buat Anda Panjang Umur

Umur hanya Tuhan yang tahu, namun manusia bisa berusaha menjalani gaya hidup sehat untuk memperoleh umur panjang. Banyak cara untuk memperoleh umur panjang seperti; berteman di kantor, berjemur, hobi belanja, hingga bercinta!Baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan bahwa ada cara sederhana untuk memperpanjang umur Anda, yakni dengan cara menambah kecepatan langkah saat berjaan kaki. University of Pittsburgh mengumpulkan data dari 35.000 peserta survei yang semuanya wanita berusia 65 tahun ke atas.Dikutip dari situs Oprah, mereka yang berjalan lebih cepat 0.1 meter/detik, terhubung dengan penurunan risiko kematian sebesar 12%. Sedangkan mereka yang berusia 75 hingga 84 tahun, 92% dari mereka yang suka berjalan cepat (1.4 meter/detik atau lebih cepat), hidup 10 tahun lebih lama ketimbang mereka yang lebih lambat (35% wanita berjalan lambat = 0.4 meter/detik)."Alasan mengapa kecepatan bisa mempengaruhi vitalitas seseorang adalah banyak organ dan sistem tubuh bekerja saat kita bergerak lebih cepat: jantung, paru-paru, otot, sendi, tulang dan otak," ujar Stephanie Studenski, MD, penulis dari studi tersebut. Ia berspekulasi bahwa suatu saat nanti, kecepatan bergerak akan menjadi tol [...]

Empat Jenis Makanan Penambah Sperma

Empat Jenis Makanan Penambah Sperma

Jumlah sperma yang sedikit dan tidak berkualitas bisa menghambat Anda menjadi seorang ayah. Tapi hal itu mungkin bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan penambah sperma. Menurut penelitian, pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi serta kualitas sperma Anda. Agar kinerja sperma saat proses pembuahan berjalan optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah sperma kaya nutrisi yang bisa membantu merangsang produksi sperma yang berkualitas. Berikut 4 jenis makanan penambah sperma yang mungkin bisa meningkatkan sekaligus memperbaiki kualitas sperma Anda: Makanan dengan antioksidan yang tinggi Zat antioksidan bisa membantu meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya mengalami kerusakan. Anda bisa mendapatkan asupan antioksidan dari wortel, anggur, buah beri (blueberi, stroberi, dan raspberi), sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli), ubi manis, kacang-kacangan, teh, dan makanan yang terbuat dari gandum. Makanan yang mengandung asam folat Asam folat adalah nama lain dari vitamin B9. Menurut penelitian, pria yang kekurangan vitamin ini sulit memproduksi sperma yang berkualitas. Anda bisa mendapatkan asam folat dari sayuran hijau, sereal, kacang-kacangan, dan buah- [...]

Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang

Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang

Tulang Belakang (Punggung) merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Selain sebagai tulang penopang tubuh, di dalamnya terdapat saraf-saraf penting dimana substansinya sama dengan saraf di otak yang sangat sensitif. Dapat dibayangkan jika karena sesuatu hal saraf-saraf tersebut mengalami cedera, akan berimplikasi pada morbiditas dan mortalitas, umumnya menyebabkan gangguan permanen pada tubuh. Cedera yang terjadi pada bagian tulang belakang atau saraf tulang belakang disebut sebagai Cedera Saraf Tulang Belakang atau Spinal Cord Injury (SCI) dan penyebab tertinggi adalah karena kecelakaan, tetapi bisa juga disebabkan kareana adanya peradangan atau tumor. Seperti apa gejala cedera saraf tulang belakang? . Sel Punca untuk Terapi Cedera Saraf Tulang Belakang Tulang Belakang (Punggung) merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Selain sebagai tulang penopang tubuh, di dalamnya terdapat saraf-saraf penting dimana substansinya sama dengan saraf di otak yang sangat sensitif. Dapat dibayangkan jika karena sesuatu hal saraf-saraf tersebut mengalami cedera, akan berimplikasi pada morbiditas dan mortalitas, umumnya menyebabkan gangguan permanen pada tubuh. Cedera [...]

Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Wanita Lebih Rentan Dehidrasi

Air putih adalah pelarut universal dan merupakan nutrisi utama yang mengandung semua mineral. Air merupakan zat yang paling penting bagi tubuh kita, karena 70-80 persen organ tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh, antara lain : untuk mengatur suhu tubuh sebagai pelumas sendi, melindungi organ dan jaringan tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung serta mencegah sembelit dan masih banyak lagi manfaatnya. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, yang akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh, termasuk pada tingkat kinerja, kognitif dan mood seseorang. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD, menyimpulkan bahwa wanita lebih rentan dengan tingkat dehidrasi 1,3 persen terhadap dampak negatif dehidrasi pada kinerja, kognitif dan mood dibandingkan dengan pria. Penelitian pertama yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD melibatkan 26 pria dan 25 wanita dewasa sehat dengan usia 20-30 tahun. Para partisipan diminta untuk melakukan treadmill sebanyak 3x40 menit pada suhu ruangan kerja dan diminta untuk menyelesaikan tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan dehidrasi sebesar 1,5per [...]

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Hati-hati, Pakai Bra Kekecilan Bisa Sebabkan Sakit Punggung!

Mengenakan ukuran bra yang salah, tidak hanya dapat membuat penampilan payudara jadi tak karuan. Bra yang kekecilan bisa memicu terjadinya sakit pada punggung. Kok bisa?"Hampir 70 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah dan kebanyakan dari mereka mengeluh sakit punggung dan mengalami disfungsi segmen pada tulang belakangnya," kata pakar kesehatan Dr Andrew Kirschner, seperti yang dikutip dari Glamour.Ditambahkan Andrew, banyak wanita yang menyepelekan masalah bra dan tidak pernah menyesuaikan dengan ukuran payudara sebenarnya. Mereka pikir, mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil bisa membuat penampilan semakin seksi."Ukuran yang sekarang dipakai biasanya adalah ukuran beberapa tahun yang lalu, padahal payudara wanita umumnya membesar seiring bertambahnya umur, terutama setelah memiliki anak. Wanita jarang melakukan re-fitting ukuran atau bentuk bra, padahal aktivitas yang berbeda memerlukan bra yang beda pula," tutur Andrew.Untuk itu, Andrew menyarankan agar para wanita memakai bra yang sesuai (tidak kekecilan atau kebesaran) serta menanyakan pada pakar kesehatan mengenai bra seperti apa yang cocok untuk aktivitas tertentu."Jangan karena ingin payudaranya y [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *