6 Masalah Kesehatan yang Disebabkan Kurang Tidur

womansleeping.jpg

Apa Anda sering mengalami gangguan tidur atau insomnia? Hati-hati kurang tidur bisa meningkatkan risiko diabetes, bahkan meningkatkan risiko kematian 2 kali lebih besar!
Seperti yang dikutip dari Prevention internasional, berikut enam masalah kesehatan yang disebabkan kurangnya waktu tidur.

1. Penyakit kardiovaskular
Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal ‘Sleep 2010’, para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data terhadap 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi National Health Interview tahun 2005. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, lebih berisiko terhadap penyakit jantung. Selain itu, wanita di bawah 60 tahun yang tidur kurang dari 5 jam, berisiko 2 kali lipat lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan jurnal diabetes tahun 2011 lalu, penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan Northwestern University menemukan bahwa penderita diabetes yang kurang tidur dapat mengembangkan produksi kadar glukosa sebesar 9%, kadar insulin puasa (fasting insulin) sebesar 30%, dan resistensi insulin meningkat hingga 43%. Kontrol gula darah adalah salah satu dari banyak proses yang diatur oleh jam biologis tubuh, yang salah satu caranya dengan tidur. Terganggunya proses tidur itu akan berdampak langsung pada kontrol gula darah.

3. Kanker Payudara
Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Tohoku di Sendai, Jepang menemukan bahwa kurang lebih 24.000 wanita dengan rentan usia 40 sampai 79 tahun yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari, memiliki risiko 62% lebih tinggi terhadapa kanker payudara, dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 9 jam setiap malam.

4. Masalah Urin
Dalam temuan yang dipresentasikan American Urological Association pada tahun 2011, para peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria dan perempuan paruh baya yang memiliki masalah tidur. Hasil yang ditemukan, kurang tidur dalam jangka waktu 5 tahun (tidur kurang dari 5 jam semalam) akan meningkatkan 80 hingga 90% risiko pada wanita, dan 34% pada pria untuk bangun di malam hari dan buang air kecil (nokturia) atau bahkan sampai mengompol. Para peneliti berteori bahwa kurang tidur dapat menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada kandung kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah penelitian terhadap 1.240 orang yang diterbitkan pada tahun 2011 lalu, peneliti dari Case Western University menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 47% lebih mungkin untuk mengalami polip kolorektal, yang dapat mengakibatkan kanker, dibanding mereka yang tidur minumal 7 jam semalam.

6. Kematian
Penelitian terhadap 16.000 orang selama 10 tahun yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Kopenhagen menghubungkan titik antara kurang tidur dengan peningkatan risiko kematian. Ternyata orang-orang yang memiliki pola tidur yang buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki risiko kematian dua kali lebih tinggi.

Selain itu, mereka yang memiliki tiga atau lebih gangguan ketika tidur malam, memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dari orang-orang yang tidurnya tidak terganggu. Penelitian ini juga melaporkan, mereka yang memiliki gangguan tidur cenderung memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

(eya/eya)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenapa Bisa Pilek?

Kenapa Bisa Pilek?

Pilek merupakan suatu kondisi ketika rongga hidung dipenuhi oleh cairan lendir dan biasanya disertai keluhan hidung tersumbat, bersin, dan gatal. Hal ini terjadi jika jaringan hidung mengalami iritasi atau inflamasi (radang). Berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan pilek: 1. Rinitis Alergi Jika Anda sering pilek, gatal di hidung, atau bersin-bersin terutama pada pagi hari, Anda mungkin mengalami rinitis alergi. Rinitis alergi disebabkan oleh alergen atau benda-benda yang memicu alergi, seperti debu, binatang peliharaan, serangga, kapuk, dan lain-lain. 2. Influenza Gejala flu mirip dengan selesma, tetapi biasanya lebih berat dan berupa batuk, demam tinggi, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala, hidung terseumbat, dan lemah. Flu disebabkan oleh virus influenza. Ada tiga jenis virus influenza yaitu A, B, dan C. Virus influenza A merupakan penyebab tersering dan dapat menimbulkan pneumonia. Virus ini dapat ditularkan melalui udara setalah 24 jam terinfeksi. 3. Selesma Selesma juga merupakan infeksi saluran napas atas. Berbeda dengan flu, gejala selesma biasanya lebih ringan, tidak menyebabkan komplikasi yang berat, dan lebih cepat membaik dalam 3-7 hari. Ada lebih da [...]

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Cokelat Lebih Sehat Ketimbang Jus Buah

Siapa bilang cokelat tidak terlalu bermanfaat bagi kesehatan maupun penampilan? Nyatanya, sebuah studi mengungkapkan bahwa cokelat ternyata lebih sehat ketimbang jus buah.Penelitian dari Hershey Centre for Health & Nutrition di Amerika mengungkapkan bahwa dark chocolate dalam bentuk bubuk mengandung lebih banyak anti-oksidan dan polifenol, yang dipercaya dapat melindungi tubuh dari kanker dan serangan jantung. Berdasarkan laporan dari jurnal Chemistry Central, cokelat juga dapat mecegah kerusakan sel-sel sehat.Dalam studi tesebut, peneliti melakukan percobaan dengan membandingkan satu porsi dark chocolate, biji cokelat dengan jus buah yang dipercaya kaya akan kandungan oksigennya seperti acai berry, cranberry dan buah pome. Hasilnya, dark chocolate dan biji cokelat memiliki kandungan anti-oksidan dan flavanol yang lebih tinggi dari pada jus buah tersebut.Anti oksidan yang terkandung di biji cokelat dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah penyakit-penyakit seperti kanker dan sakit jantung koroner. Senyawa tersebut juga bisa mencegah penuaan. Sedangkan flavanol, meningkatkan fungsi arteri dan mengurangi stres pada jantung.Dengan adanya hasil peneltian ini, bukan berarti [...]

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan

Penyakit kanker payudara masih menjadi pembunuh utama wanita di Indonesia, berkejar-kejaran dengan kanker mulut rahim (kanker serviks). Maka, kesehatan payudara sudah seharusnya menjadi perhatian khusus bagi semua wanita Indonesia. Apa saja yang perlu diperhatikan? Apakah hanya benjolan? Benjolan merupakan gejala paling sering yang menjadi tanda waspada kanker payudara. Namun, kanker payudara dapat memberikan gejala lain selain benjolan. Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut: Gejala Kanker Payudara Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau ?lesung pipit? pada daerah sekitar payudara. Perubahan pada puting susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai. Nyeri pada payudara. Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali. [...]

Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes

Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes

Biotransformasi menggunakan bakteri dari kulit buah blueberry tersebut menghasilkan jus blueberry yang memiliki peranan sebagai anti-obesitas dan anti-diabetes. Penelitian yang dilakukan di Universitas de Montral, the Institut Armand-Frappier dan Universitas de Moncton dipublikasikan di International Journal of Obesity, membandingkan efek dari biotransformasi jus blueberry dengan minuman blueberry biasa pada tikus. ?Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa biotrasnformasi jus blueberry memiliki efek luar biasa sebagai anti-obesitas dan anti-diabetes,?kata penulir senior Pierre S. Haddad, seorang profesor di bidang farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas de Montral?s. ?Biotransformasi jus blueberry mungkin dapat dikembangkan menjadi agen terapeutik mengingat khasiatnya yang mampu menurunkan kondisi hiperglikemia pada tikus dengan diabetes dan dapat melindungi tikus muda dari obesitas dan diabetes. Inilah cara para peneliti tersebut melakukan pengujian. Blueberry Melawan Lemak dan Diabetes Para peneliti melakukan pengujian efek dari jus blueberry transformasi ke dalam grup tikus yang rentan akan terjadinya obesitas, resistensi insulin, diabetes, dan hipe [...]

Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Memadai

Mendapatkan Asupan Vitamin D yang Memadai

Mendapatkan asupan vitamin D yang memadai untuk tubuh sangat mudah dengan makanan yang kita konsumsi. Vitamin D sangat penting bagi kesehatan tulang. Penelitian terbaru menunjukkan vitamin D juga memiliki manfaat lain, seperti melindungi dari flu dan melawan depresi. Berikut cara untuk menjamin asupan vitamin D yang memadai. 1. Sinar Matahari Sinar matahari memacu tubuh untuk membuat vitamin D, namun karena risiko kanker kulit. Jangan khawatir dan takut dengan sinar matahari, ada beberapa cara untuk mendapatkan sinar matahari yang baik dengan mengetahui jam yang tepat. Dari matahari terbit sampai jam 9 pagi adalah sinar yang bagus untuk diserap, cukup lakukan 20 sampai 25 menit saja. 2. Lemak Ikan Ikan berlemak dapat menjadi sumber vitamin D yang baik. Pilihan ikan berlemak ada pada salmon, makarel, tuna dan belut. 3. Ikan Tuna Kaleng Ikan segar bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan asupan vitamin D, kita bisa mendapatkannya dari makanan kaleng seperti ikan tuna kaleng dan sarden, kedua jenis ini mengandung vitamin D. Tuna kaleng memiliki vitamin sekitar 150 IU-per 4 ons dan sarden kaleng memiliki sedikit lebih dari 40 IU per dua sarden. 4. Jamur Portobello Sama seperti m [...]

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Sabun Cair Vs Batang, Lebih Baik Mana untuk Kesehatan Kulit?

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Begitu pula ketika memilih sabun mandi, ada yang lebih nyaman menggunakan sabun cair dan beberapa masih lebih menyukai memakai sabun batang. Sebenarnya mana yang lebih baik, sabun cair atau batang?Menurut dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RSCM, dr Atika, sabun cari dan batang memiliki fungsi yang sama. Kedua jenis sabun memiliki kandungan serupa hanya soal kenyamanan saja."Keduanya mempunyai fungsi yang sama hanya bagaimana kenyamanan setiap orang, kan ada yang sukanya pakai sabun cari tapi ada juga yang lebih suka pakai batangan. Jadi tergantung selera, berganti sabun pun nggak masalah," tutur Atika saat berbincang di acara Lifebuoy, Kembang Goela, Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (15/6/2015).Hal yang sama juga dipaparkan oleh Senior Brand Manager Lifebuoy, Indriani. Indri mengatakan sabun cair dan batang memang memiliki kandungan yang sama namun kenyamanannya berbeda. Indri mengklaim bahwa dengan memakai sabun cair, kulit terasa lebih segar dan memberikan ketenangan. Berbeda dengan sabun batangan yang hanya membersihkan saja. Meski demikian, pilihan tetap jatuh pada keputusan masing-masing."Mungkin kalau sa [...]

Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Atasi Tekanan Darah Rendah dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Apa Anda seringkali merasa pusing, lesu, atau depresi? Mungkin Anda sedang mengalami tekanan darah rendah. Orang dikatakan mengalami tekanan darah rendah jika tekanan sistolik (angka atas dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 90 mmHg atau nilai tekanan diastolik (angka bawah dalam pembacaan tekanan darah) kurang dari 60 mmHg.Penyebab tekanan darah rendah bisa akibat dehidrasi hingga gangguan pada sinyal otak yang mengatur tentang pemompaan darah. Tekanan darah rendah bisa menyebabkan gejala pusing hingga pingsan yang memicu kerusakan jantung, endokrin atau gangguan saraf.Sebagai langkah awal mengatasi kurang darah, Anda bisa memilih cara yang lebih alami yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Dikutip dari Health Me Up, berikut ini lima makanan terbaik mengatasi tekanan darah rendah atau hipotensi.1. Kacang-kacanganPenelitian di Harvard Heart Letter merekomendasikan untuk memakan kacang-kacangan karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kacang-kacangan dapat dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah Anda naik. Jadi, jangan lupa memasukan buncis, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau ke dalam daftar menu harian Anda.2. Air Miner [...]

Ini Sebabnya Para Peminum Alkohol Punya Perut Buncit

Ini Sebabnya Para Peminum Alkohol Punya Perut Buncit

Perut yang buncit sering disebut dengan beer belly. Selain karena lemak berlebih yang menumpuk di area abdominal ini, ada alasan kenapa perut buncit lebih dikenal dengan istilah tersebut.Penyebab utamanya tentu saja karena memang kebiasaan minum bir. Bir merupakan minuman dengan kalori cukup tinggi, sekitar 150 kalori per gelas. Kalori pada bir setara dengan tujuh keping biskuit susu atau es serut dengan topping susu dan kacang merah. Belum lagi camilan yang biasa dikonsumsi untuk menemani minum bir, mulai dari keripik kentang hingga kacang yang semakin menambah asupan kalori ke dalam tubuh.Jadi bisa dibayangkan berapa banyak kalori yang masuk hanya dengan segelas bir beserta 'teman-temannya' itu. Lalu, kenapa lemak cenderung berkumpul di perut? Penyebabnya ada dua faktor, yaitu gender dan usia. Seperti dikutip dari BBC, beer belly umumnya lebih banyak dimiliki kaum pria karena secara metabolisme, tubuh pria akan menyimpan kelebihan lemak di perut. Saat usia di atas 35 tahun, metabolisme tubuh akan melambat dan tidak bisa lagi mengolah lemak serta kalori menjadi energi dengan maksimal.Sementara pada wanita, lemak lebih banyak disimpan di bagian punggung dan pinggul. Maka tak her [...]

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker

8 Tips Menghindari Kanker. Kanker adalah kata yang sungguh menakutkan. Begitu mendengar kata itu yang terbayang adalah kematian, umur yang pendek, penderitaan panjang, tabungan terkuras habis. Kalau memang menakutkan, apakah kita pernah berpikir untuk mencegahnya? Bagaimana cara pencegahannya? Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #1 1. Hentikan Tembakau Risiko terkena kanker paru-paru meningkat 23 kali pada laki-laki dan 13 kali pada wanita yang merokok. Tembakau meningkatkan risiko kanker mulut, bibir, pankreas, pita suara, cerviks, kandung kemih dan ginjal. Terbukti bila para perokok berhenti merokok dalam sehari maka risiko untuk terkena kanker dapat hilang. Cara Mengurangi Risiko Terkena Kanker #2 2. Kurangi Paparan Sinar Matahari Bila Anda berkulit putih, dan saat terkena matahari kulit Anda mudah terbakar menunjukkan bahwa kandungan melanin di kulit Anda sedikit. Kulit terbakar ini dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit jenis melanoma. Melanoma carcinoma (Kanker kulit) Beberapa tips penting yang perlu diingat adalah hindari paparan sinar matahari pukul 10.00?15.00, gunakan baju yang menutupi daerah yang akan terpapar sinar matahari, gunakan kacamata hitam [...]

6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bisa Ditiru

6 Kebiasaan Sehat Orang Jepang yang Bisa Ditiru

Dengan perkembangan teknologi yang begitu maju, Jepang pun mampu membuat 'lompatan besar' dalam pengobatan kanker dan penyakit jantung. Namun nyatanya hal itu tidak semata-mata berkat teknologinya.Pola hidup mereka yang baik membuat orang Jepang panjang umur dan lebih sehat. Seperti yang dikutip dari Self, berikut beberapa kebiasaan sehat para orang Jepang yang bisa ditiru.1. Makan Rumput LautRumput laun merupakan salah satu bahan utama masakan orang Jepang. Secara haraviah, rumpu laut mengandung multivitamin yang berisi potasium, kalsium, magnesium, besi, yodium vitamin C, serat dan bea karoten.2. Makan IkanSudah menjadi kebiasaan orang Jepang untuk mengonsumsi ikan tuna, makarel dan salmon. Ketiganya dipercaya mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara.3. Minum Teh Hijau atau OchaMenurut penelitian, orang yang minum enam cangkir teh dalam sehari memiliki risiko 36 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Kandungan antioksidannya juga dapat mengurangi risiko osteoporosis dan kanker.Sejumlah penelitian juga mengatakan bahwa senyawa kimia EGCG dan antioksidan catechin yang ditemukan dalam teh hijau, bisa mempercepat metab [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *