6 Nutrisi Dan 3 Efek Samping Dalam Mengonsumsi Coklat

coklat

Siapa yang tak tau jenis makanan yang satu ini…. Coklat merupakan salah satu jennies makanan faforit yang banyak digemari oleh banyak kalangan, baik dari kalangan anak-anak maupun kalangan dewasa. Coklat memiliki rasa yang unik yaitu rasa manis legit dengan kombinasi sedikit pahit yang menambah kenikmatan tersendiri bagi pecinta coklat. Selain rasanya yang sangat menarik, coklat juga memiliki berbagai macam oalahan. Dari olahan coklat batang, permen coklat, kue kering maupun kue basah dari bahan coklat hingga banyak varian minuman yang diolah dengan menggunakan kombinasi coklat. Selain itu juga ditambah banyaknya olahan makanan maupun minuman dengan kombinasi coklat yang diolah dengan tampilan penyajian yang sangat unik dan menarik. Harga yang ditawarkan dalam sajian dengan bahan dasar coklat pun juga bervariasi. Namun bagi anda pecinta makanan dengan bahan dasar coklat, penting untuk anda ketahui tentang beberapa kandungan vitamin maupun zat-zat yang terkandung dalam coklat yang baik untuk tubuh dan kesehatan anda. Hal ini juga perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehat anak-anak yang menyukai dan sering mengonsumsi coklat.

Sebelum membahas tentang kandungan dalam makanan coklat, maka perlu anda tahu apa coklat sebenarnya. Coklat merupakan salah satu jenis makanan yang diolah dari bahan dasar dari biji kakao (Theobroma Cacao). Jenis buah ini juga sangat banyak tumbuh subur didaerah pulau jawa. Buah memiliki biji didalamnya dengan tekstur daging dengan warna putih dan tekstur daging buah yang tipis, sehingga daging buah ini jarang dikonsumsi dan hanya memanfaatkan dari bijinya saja dengan mengolahnya menjadi bahan makanan coklat. Coklat memiliki kandungan alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida yang memiliki efek fisioligis. Secara lebih lengkapnya perlu anda simak tentang beberapa kandungan lain yang terdapat pada makanan coklat.

1. Anti oksidan
Coklat memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Namun untuk mendapatkan nutrisi anti oksidan tinggi, disarankan untuk tetap mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki kandungan anti oksidan lebih baik.

2. Mencegah pertumbuhan kanker
Coklat juga memiliki kandungan yang dapat mencegah timbulnya kanker. Kandungan yang ada didalamnya dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang ada dalam tubuh dan mengurangi peradangan kanker. Namun dalam konsentrasi pencegahan tumbuhnya sel-sel kanker, disarankan untuk tetap mengonsumsi buah-buahan seperti anggur merah, the, bawang putih.

3. Mengurangi stress
Coklat memiliki kandungan seperti molekul psikoaktif yang dapat membuat fikiran menjadi tenang, kandungan coklat antara lain caffeein, theobromine, methylxanthine dan phenylethylalanine. Dimana kandungan-kandungan tersebut mampu menjadikan mood seseorang menjadi lebih baik. Sifat kandungan ini juga mampu menenangkan fikiran dan mengurangi rasa kelelahan dan mampu membuat fikiran relaks.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Kandungan senyawa yang terdapat pada kandungan coklat memiliki fungsi sebagai penenang syaraf-syaraf yang tegang. Sehingga bagi penderita penyakit tekanan daah tinggi sangat cocok dengan mengonsumsi coklat secara rutin dimana kandungan ini dapat membantu menenangkan fikiran agar tekanan darah tinggi dalam tubuh seseorang tersebut tetap terjaga alam kondisi yang stabil. Bagi penderita tekanan darah tinggi harus dan wajib menjaga pola makan yang baik, berolah raga dan tetap menjaga tingkat emosi yang ada dalam dirinya untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga pemicu naiknya tekanan darah, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi coklat dengan jenis Dark Chocolate yang telah teruji mampu menurunkan tekanan daah tinggi.

5. Menjaga awet muda
Kandungan dalam coklat memiliki fungsi untuk menjaga kesegaran tubuh. Hal ini dikarenakan coklat mampu menjaga kesehatan kulit, mengurangi keriput. Kandungan coklat yang mampu menenangkan fikiran mampu menjaga kesehatan dan kesetabilan fikiran dan kesehatan. Kesegaran tubuh pun mampu terjaga dengan seiring menjaga tingkat pola gaya hidup sehat dan menjaga kesetabilan kerja otot dalam tubuh.

6. Menjaga kekuatan dan kesehatan gigi
Coklat juga memiliki fungsi sebagai nutrisi penguat gigi dengan kandungan zat theobromine yang terdapat didalamnya. Untuk kerusakan gigi akibat mengonsumsi coklat itu merupakan hal yang kurang benar. Kerusakan gigi yang terjadi bukan diakibatkan dari mengonsumsi coklat. Namun diakibatkan dari kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi setelah mengonsumsi coklat. Sehingga untuk kalangan anak-anak yang gemar mengonsumsi coklat lebih baik untuk diperhatikan tentang kebersihan gigi setelah mengonsumsi coklat.

Efek samping mengonsumsi coklat

1. Meningkatkan berat badan
Kandungan lemak dan protein tinggi dalam kandungan coklat mampu membuat seeorang mengalami kelebihan berat badan. Ini dapat terjadi apabila mengonsumsi coklat dalam jumlah yang berlebihan. Setidaknya mengonsumsi coklat sekitar 2,5 pon dalam seminggu. Selain mengonsumsi coklat. Untuk mendapatkan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh anda sebaiknya anda menambahkan menu sehat dari buah-buahan dan sayuran bergizi untuk keseimbangan nutrisi dalam tubuh anda dan juga untuk menjaga keseimbangan berat badan anda. Mengonsumsi coklat baiknya tidak dilakukan secara berlebihan karena coklat juga memiliki zar caffeein tinggi yang juga kurang baik untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

2. Gangguan pencernaan
Tidak semua kandungan bergizi yang ada dalam kandungan coklat baik untuk tubuh anda. Sebagian orang memiliki kesehatan pencernaan dan kondisi tubuh yang berbeda-beda. Untuk sebagian orang yang memiliki kesehatan pencernaan yang kurang baik, maka disarankan untuk menjaga pola makan dengan bahan coklat. Ini dikarenakan untuk mencerna makanan dengan bahan dasar coklat memerlukan enzin khusus untuk dapat mencernanya dengan cepat. Karena kandungan kakao yang terdapat dalam kandungan coklat sulit dicerna bagi seseorang yang memiliki pencernaan yang lemah.

3. Menimbulkan rasa gelisah dan depresi
Mengonsumsi coklat secara berlebihan justru membuat anda merasa gelisah. Kandungan serotonin yang ada dalam kandungan coklat apabila dikonsumsi secara berlebihan dan kandungan serotonin yang masuk dalam tubuh melebihi dari yang dibutuhkan oleh tubuh, maka justru akan mampu membuat perasaan dan fikiran menjadi gelisah dan depresi. Untuk efek samping seperti ini dianjurkan untuk emngonsumsi coklat dengan ukuran yang wajar.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Nutrisi Kentang Untuk Kesehatan Dan 3 Tips Memasaknya

Nutrisi Kentang Untuk Kesehatan Dan 3 Tips Memasaknya

Makanan merupakan unsur pokok yang diperlukan oleh tubuh manusia. Dengan mengonsumsi makan makanan yang bergizi dan mengandung nutrisi tinggi, maka kebutuhan zat yang deperlukan tubuh untuk tetap menghasilkan tenaga yang dibutuhkan untuk kelancaran aktifitas manusia akan dapat terpenuhi. Dalam mengonsumsi makan makanan juga haruslah diperhatikan tentang kebersihan dan tatanan yang sesai saat mengolahnya. Karena dengan cara mengolah bahan makanan dengan cara yang kurang tepat akan membuat nutrisi yang ada justru akan hilang. Selain itu perlu juga diperhatikan dalam memahami dan mengetahui kandungan yang ada dalam setiap menu makanan yang kita konsumsi, hal ini bersangkutan dengan nutrisi dan kandungan makanan apa yang sesuai dan dibutuhkan oleh tubuh kita. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki jenis dan kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing orang. Dalam hal ini kita akan membahas tentang makanan pokok dalam jenis makanan kentang. Kentang merupakan salah satu jenis makanan pokok dengan tekstur padat yang termasuk dalam jenis makanan ubi-ubian. Kentang tumbuh dalam tanah dengan ukuran yang berbeda-beda. Banyak yang menyukai makanan [...]

4 Kasiat Hebat Buah Pepaya untuk Tubuh & Tips Mengolahnya

4 Kasiat Hebat Buah Pepaya untuk Tubuh & Tips Mengolahnya

Buah merupakan makanan dalam kategori penting untuk menambah vitamin dalam tubuh manusia. Banyaknya vitamin yang terkandung didalamnya dan rasa nikamat daging buahnya membuat banyak masyarakat menyukai buah-buahan. Namun tidak sedikit pula orang yang tidak menyukai beberapa jenis buah dengan alasan tekstur buah yang kurang sesuai dengan selera, aroma buah yang menyengat, rasanya kurang mengikat hingga pada karena buah tertentu dijual dengan harga yang cukup mahal. Untuk memenuhi kebutukan vitamin buah anda, tidak harus dengan menggunakan jenis buah dengan criteria yang cukup sulit didapatkan. Pada bahasan artikel ini membahas tentang kasiat buah papaya dan tips pengolahan yang nikmat akan kami sajikan untuk anda. Buah papaya merupakan buah yang pohonnya dapat tumbuh subur diIndonesia, sehingga buahnya pun tidak sulit untuk diperoleh dengan harga yang cukup murah, untuk 1 biji buah papaya kira-kira hanya berkisar 5.000 sampai 15.000 saja dengan ukuran besar. Ada beberapa jenis papaya tertentu yang memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun untuk nilai gizi tidak terlalu jauh dengan papaya dengan harga yang cukup terjangkau. Buah papaya mengandung banyak vitamin seperti vitami [...]

Sayur-Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Sayur-Sayuran Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan zat besi. Sayuran memiliki kandungan herbal yang memiliki rasa yang alami. Selain kandungan dan rasanya yang segar, sayuran sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Terutama pada anak-anak, pertumbuhan dan kecerdasan daya berfikir anak juga sangat dipengaruhi dari apa yang dikonsumsi. Terutama yaitu kandungan sayur-sayuran yang sangat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Namun manfaat yang begitu banyak didalamnya tidak diiringi dengan tingkat kesukaan seseorang maupun anak-anak untuk mengonsumsi sayuran. Namun hal ini perlu diperhatikan untuk membiasakan ibu-ibu untuk membiasakan seorang anak mengonsumsi sayuran, dengan cara mengurangi tingkat konsumsi makan makanan instan dan siap saji. Karena kebiasaan dalam mengonsumsi sesuatu dapat mempengaruhi kebiasaan apa yang akan jadi asupan makanan dimasa mendatang. Hal lain yang mempengaruhi kurangnya kandungan vitamin terserap oleh tubuh adalah bagaimana sayuran tersebut diolah dengan baik atau tidak. Karena hal ini akan mampu mempengaruhi kualitas sayuran itu sendiri. Dengan cara pengolahan sayuran dengan cara yang kurang [...]

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Nutrisi dan Bahaya Es Krim Untuk Anak-anak

Siapa yang tak mengenal jenis makanan yang satu ini. Makanan ini merupakan makanan yang pada dasarnya disukai diberbagai kalangan. Tidak mengenal waktu yang pas untuk mengonsumsinya. Selain rasanya yang sangat menggoda, jenis makanan ini juga juga memiliki berbagai macam varian rasa yang dibalut dengan desain yang sangat menarik dengan warna yang cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan harga yang ditawarkanpun memiliki berbagai macam. Ada yang memiliki kisaran harga yang cukup mahal hingga pada kisaran yang sangat murah dan terjangkau. Pada musim panas tentunya jumlah peminat makanan ini sangatlah banyak. Namun banyak kalangan masyarakat yang mengabaikan akan gizi yang terkandung didalamnya. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar banyak masyarakat yang beranggapan bahwa makanan ini merupakan jenis makanan biasa yang tidak menimbulkan banyak resiko. Sebelum anda gemar terhadap jenis makanan yang satu ini, perlu anda ketahui jenis kandungan apa saja yang ada didalam jenis makanan ini dan apa efek yang ditimbulkan dari makanan ini terutama untuk anak-anak, dan tidak lupa kami akan membahas tentang tips tips membuat dan menyajikan eskrim yang sehat dan cantik. Es krim merupakan j [...]

10 Makanan Berbahaya Dan Baik Untuk Mencegah Kanker

10 Makanan Berbahaya Dan Baik Untuk Mencegah Kanker

Pola hidup sehat merupakan gaya hidup yang sangat penting untuk diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki gaya hidup sehat, seseorang dapat memiliki kesehatan dalam jangka waktu yang lebih panjang dengan kondisi badan yang bugar. Kesehatan merupakan pokok penting yang harus dimiliki dan djaga oleh setiap orng. Menjaga kesehatan biasanya dilakukan dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat. Namun, untuk menjaga kesehatan baiknya dilakukan dengan berbagai cara untuk melengkapi keseimbangan kesehatan tubuh. Seperti halnya dengan menjada pola makan secara teratur dan mengonsumsi makan makanan yang memiliki kandungan vitamin yang baik dan diperlukan tubuh seperti banyak mengonsumsi makan makanan yang berasal dari sayur sayuran segar dengan pengolahan yang benar. Dalam menjaga pola makan yang benar dan mengonums makanan dengan kandungan yang baik dapat menjaga kesehatan tubuh terutama pada system pencernaan dan menjaga kesehatan lambung. Hal ini juga merupakan salah satu dari menjaga daya tahan tubuh dari berbagai radikal bebas yang mampu membuat seseorang menjadi mudah sakit dan terserang virus. Hal lain untuk menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan cara teratur bero [...]

Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Jahe Dan Pengolahan Jahe Untuk Kesehatan

Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang biasa digunakan sebagai obat-obatan tradisional yang mudah ditemui. Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dimasukkan dalam masakan sebagai bahan peyedap bumbu masakan dan masih banyak lagi pemanfaatan tanaman jahe yang dapat diperoleh. Jenis tanaman ini bisa ditemui pada lahan dengan kontur tanah yang gembur dan subur seperti dilahan persawahan atau ladang. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan panjang seperti halnya rumput liar. Jahe dapat hidup secara liar maupun dipelihara karena hanya dengan tanah yang subur dan memiliki cukup air maka tanaman ini sudah mampu bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Jahe sendiri hidup berkembang didalam tanah yang menyerupai jenis umbi-umbian dengan kedalaman sekitar 5 cm didalam tanah. Untuk mengenal tanaman jahe lebih jauh, perlu anda tahu bahwa jahe memiliki beberapa jenis yaitu jahe merah, jahe putih (jahe emprit), dan jahe gajah. Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki nama latin yaitu Zingiber Officinale, dalam kategori ini jahe memiliki beberapa jenis jahe antara lain : 1. Jahe putih (jahe emprit) Jahe putih merupakan jenis jahe yang biasa kita [...]

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

5 Khasiat Penting Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan buah yang banyak hidup dengan baik didaerah sekitar kita. Buah ini memiliki jenis pohon yang sangat kuat dengan daun yang cukup lebat dengan ukuran yang cukup besar. Pertumbuhannyapun tidak membutuhkan perawatan yang cukup rumit. Jenis pohon ini juga mampu menghasilkan banyak buah. Buah mengkudu biasa hidup secara liar, karena pada dasarnya buah ini memiliki tampilan yang kurang menarik ditambahkan bau menyengat dan rasa pahit masam yang cukup kuat. Sehingga banyak kalangan masyarakaat mengabaikan bahkan tidak memperhatikan buah tersebut. Kebanyakan hanya menganggap bahwa buah ini adalah buah yang tidak ada manfaatnya. Karena jika dilihat secara kasat mata buah ini kurang memikat untuk dikonsumsi. Bahkan tidak jarang banyak yang sangat tidak menyukai bau yang dihasilkan dari buah tersebut. Buah ini memiliki tekstur yang cukup keras saat buah pada usia muda dengan warna kulit hijau mengkilat. Permukaan kulitnya memiliki totol-totol bulat diseluruh permukaan kulitnya. Saat masa masaknya buah ini akan berubah warna menjadi putih sedikit kekuningan dan totol-totol dipermukaan kulitnya dengan tekstur daging yang cukup lembut. Pada saat b [...]

Dahsyatnya Manfaat Sayur Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Dahsyatnya Manfaat Sayur Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Bagi pecinta sayuran, wortel murapakan salah satu sayuran yang cocok untuk anda. Selian warnanya yang memikatm buah ini juga memiliki kasiat yang sangat baik untuk tubuh anda. Buah yang memiliki warna terang ini juga memiliki kasiat populer sebagai penambah kesehatan mata dengan kandungan vitamin A nya. Buah ini sangat baik untuk masa pertumbuhan balita, namun jangan risau dengan balita yang tidak menyukai sayuran. Disini kita juga akan menambah tips cara pengolahan wortel secara lebih praktis dan dapat dinikmati dengan berbagai cara dimana hal ini akan membuat anda merasa tidak bosan dengan buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh :D Taukah anda jika buah ini memiliki banyak kasiat yang sangat diperlukan tubuh?,,ya sangat banyak salah satunya yaitu kasiat sayur wortel yang sangat populer yaitu vitamin A yang dapat membantu kesehatan mata. Vitamin A berasal dari warna orange yang mengandung beta-carotene yang kemudian berubah menjadi vitamin A. Selain itu juga mengandung serat, antioksidan dan mineral. Serat yang terdapat pada sayuran wortel ini berfungsi untuk membantu kesehatan pencernaan. Untuk anda yang memiliki masalahpencernaan sayur ini sangat cocok untuk anda [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *