6 Saran Dokter Mengatasi Galau

emosi-stres-galau.jpg

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang.

Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah.

Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya.

Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi.

Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan.

Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri.

Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya.

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut:

1. Ambil waktu untuk tenang.

Pilihlah suatu waktu setiap hari untuk menenangkan diri, baik sebelum tidur atau sesaat setelah bangun atau ketika siang hari.

2. Matikan dan hindari semua perangkat teknologi.

Jauhkan diri dari kebisingan teknologi untuk sesaat. Matikan telepon genggam, smartphone, tablet, laptop, komputer dan lainnya untuk sesaat.

3. Sediakan waktu 20 menit.

Ambil waktu 20 menit setiap hari untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan membebani.

4. Relaksasi otot.

Dalam 20 menit tersebut, biarkan otot-otot di seluruh tubuh Anda menjadi rileks. Lepaskan semua ketegangan.

5. Latihan pernapasan.

Dalam 20 menit tersebut, lakukan teknik pernapasan dalam dengan menarik dan membuang napas dalam, secara teratur dan berirama. Lakukan perlahan-lahan dan santai.

6. Penuhi nutrisi dan gizi seimbang

Jika Anda belum mengetahuinya, ada beberapa nutrisi yang mengambil peran penting kenapa kita mudah cemas, stres, depresi dan galau. Salah satunya adalah zat besi. Selain depresi, anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, penurunan kecerdasan, mudah lelah, lemas, cemas, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, kerontokan rambut, dan autisme pada anak.

Pada saat latihan relaksasi, kita akan merasa jauh lebih santai, namun segera setelah kembali beraktivitas, kegalauan itu akan muncul kembali.

Hal ini termasuk wajar. Diperlukan latihan yang konsisten dan teratur hingga beberapa minggu sehingga kita dapat mengatasi dan mengendalikan kegalauan dalam diri dan merasa lebih rileks. Mampu mengatasi kegalauan akan membantu kita tidak terjatuh dalam masalah mental yang lebih berat lagi di kemudian hari.

Baca juga:

  • Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta
  • Putus Cinta Bisa Sebabkan Kematian!
  • Jomblo, Bikin Cepat Tua
  • Flappy Bird Sebabkan Burung Loyo Pada Pria

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
40 Persen Persalinan di Indonesia Masih di Rumah

40 Persen Persalinan di Indonesia Masih di Rumah

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia memaparkan keprihatinannya terhadap kondisi kualitas kesehatan ibu hamil dan melahirkan di Indonesia. Pada kesempatannya dalam memberikan sambutan pada acara Forum Diskusi Rekomendasi Perbaikan Gizi Nasional Terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan, pada Selasa (14/8) pagi lalu, Prof. dr Ali Ghufrom Mukti M.Sc.,Ph.D. menyampaikan masih banyak ibu hamil di seluruh Indonesia yang melakukan persalinan di rumah. Persalinan merupakan proses yang sangat membutuhkan atensi aspek kesehatan secara penuh. Dimana kehamilan dan persalinan yang tidak aman dapat menempatkan ibu maupun calon bayi dalam kondisi yang membahayakan nyawanya. "Tidak seperti banyak negara tetangga kita, di Indonesia 40% persalinan masih dilakukan di rumah," tutur pria yang dikenal media sebagai 'Pakar Jamkesmas'. Lebih lanjut Wamenkes menyampaikan harapannya terhadap proses peningkatan kualitas kesehatan ibu hamil, ibu melahirkan dan gizi anak di Indonesia dapat mencapai target MDG's 4 & 5. Pada kesempatan yang sama, dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K) juga menyampaikan hal keprihatinan yang senada dari aspek kesehatan anak di Indonesia. "Angka kematian balita d [...]

Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Cabut Gigi Harus Punya Alasan Tepat

Mulut yang tidak dijaga kesehatannya bisa menyebabkan penyakit gusi yang berujung pada kerusakan gigi. Normalnya, gigi tetap akan menemani hidup seseorang hingga akhir hayat. Namun kesehatan gigi dan mulut yang tak baik bisa membuat hal tersebut gagal terlaksana. Ada saja gigi yang rusak atau mengalami masalah hingga sakit dan akhirnya terpaksa dicabut. Ada beberapa alasan seseorang mencabut gigi diantaranya alasan estetika dan medis. Berikut ini alasan-alasan seseorang mencabut gigi yang biasa disampaikan kepada dokter gigi. Infeksi gigi Infeksi pada gigi biasanya menimbulkan nyeri berdenyut yang sangat mengganggu. Sebaiknya segera kunjungi dokter gigi. Dokter gigi akan menilai seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Selain itu, dokter gigi akan menilai apakah infeksi sudah sampai ke bagian tengah gigi (pulpa), yaitu lokasi pembuluh darah dan saraf. Cabut gigi bisa dilakukan jika dokter menilai infeksi tidak bisa disembuhkan dengan minum antibiotik atau setelah perawatan akar gigi tidak berhasil. Gigi bertumpuk Siapa pun ingin memiliki susunan gigi yang rapi. Sayangnya, banyak yang memiliki gigi bertumpuk karena gigi-gigi besar tapi rahang kecil sehingga tempat tumbuhnya gig [...]

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal

Pentingnya Mengetahui Tingkat Kolesterol Normal

Kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan sirkulasi darah yang buruk. Mengetahui kadar kolesterol dalam darah merupakan upaya pencegahan dari penyakit tersebut. Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah. Pemeriksaan kolesterol dalam darah berguna untuk mendeteksi risiko tersebut. Pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya dilakukan berkala agar dapat memantau kondisi kesehatan secara keseluruhan. Lantas, kapan sebaiknya kita mulai melakukan pemeriksaan kadar kolesterol? Bila Anda merokok, memiliki berat badan yang berlebih, tekanan darah tinggi, mengidap diabetes dan ada keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan sejak usia 20 tahun. Namun, jika Anda tidak merokok dan tidak mengidap penyakit-penyakit tersebut pemeriksaan dapat dimulai sejak usia 35 tahun. Jika hasilnya normal, Anda dapat kembali menge [...]

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Entah sejak kapan persisnya sauna dikenal di Indonesia, namun tren sauna dapat kita katakana salah satu tren yang tak lekang oleh waktu, dulu hingga hari ini, fasilitas sauna dapat kita temukan dimana-mana, penggunanya pun tetap mencintai fasilitas yang bersuhu tinggi ini meskipun dapat kita katakan hari hari ini banyak sekali variasi fasilitas sejenis yang tersedia, apa rahasia dibalik kelanggengan sauna? Apakah sauna hanya sekedar gaya hidup? Atau justru memiliki manfaat tertentu? Jika Anda bertanya kepada para konsumen sauna, beragam jawaban akan Anda dapatkan ketika ditanya mengapa mereka memilih bersauna, mulai dari jawaban sebagai sarana berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati atmosfer panas yang membuat tubuh serasa dimanjakan setelah selesai bersauna. Jawaban-jawaban tersebut dapat Anda temukan. Namun benarkah pendapat mereka? Bagi kami jawaban pertama menarik perhatian, banyak sekali konsumen sauna yang menganggap mereka serta merta tidak perlu melakukan olahraga karena telah menunaikan rutinitas sauna mereka. (Baca: Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Anda) Sauna tentunya berbeda dengan kegiatan olahraga yang sesungguhnya, mari kita pikirkan sekali lagi, me [...]

4 Manfaat Tidur Tanpa Underwear

4 Manfaat Tidur Tanpa Underwear

Tidur menjadi salah satu aktivitas penghilang lelah yang pasti dilakukan oleh setiap manusia. Oleh karena itu, pakaian yang dikenakan pun harus senyaman mungkin, seperti piyama longgar, atau paduan t-shirt dan celana pendek. Namun ada beberapa orang yang memilih untuk tidur tanpa menggunakan pakaian dalam, misalnya tanpa celana dalam atau bra.Seperti yang dikemukakan buku berjudul 'The Best Sex of Your Life' karya Jennifer Hunt dan Dan Baritchi, tidur tanpa pakaian dalam ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?1. Melepaskan Hormon OksitosinOksitosin adalah hormon yang dilepas dengan cara kontak antar kulit. Saat kulit bersentuhan mulai dari ujung rambut sampai kaki, manfaat hormon ini akan sangat terasa, di antaranya meningkatkan detak jantung, mengurangi rasa stres, meningkatkan rasa kepercayaan dan mendorong gairah seksual. 2. Membangkitkan Hasrat BercintaMembangkitkan hasrat bercinta dapat menjadi suatu tantang bagi para wanita. Saat tubuh lelah dan suasana hati sedang tidak mood untuk bercinta, mungkin saja ia sedang menghadapi suatu masalah. Cobalah untuk tidur tanpa pakaian dalam untuk menstimulasi perasaan seksual. Pasangan yang melihatnya pun me [...]

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Musik Membuat Anda Lebih Pintar?

Beberapa manfaat musik adalah menenangkan pikiran dan membantu menambah kreativitas dalam bekerja. Apakah musik dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar? Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Harvard baru-baru ini membuktikan bahwa musik tidak ada pengaruh terhadap kepintaran. Sebanyak 80% orang dewasa di Amerika berpikir bahwa musik dapat meningkatkan intelegensi seorang anak dikatakan Samuel Mehr dan profesor Elizabeth Spelke dari Harvard. Mitos mengenai pengaruh musik terhadap intelegensi ini bermulai saat sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 1993 pada the Journal Nature yang membahas mengenai ?The Mozart Effect? dimana disebutkan pada jurnal tersebut seseorang yang dapat memainkan alat musik berpengaruh terhadap kemampuan mereka dalam bekerja. Namun studi ini tidak lama kemudian dibatalkan dan dianggap hanya sebagai mitos. Inilah hasil penelitian Mehr... Musik Membuat Anda Lebih Pintar? Mehr dan teman-temannya melakukan penelitian untuk membuktikan hal ini dimana mereka melakukan penelitian terhadap 29 orangtua yang memiliki anak dengan usia 4 tahun. Dimana mereka memberikan pelatihan musik untuk satu kelompok dan untuk kelompok lain tida [...]

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

5 Masalah Kesehatan Akibat Menatap Komputer Terlalu Lama & Solusinya

Tak sedikit orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama delapan jam atau lebih saat bekerja. Lamanya akan semakin bertambah jika di rumah Anda masih juga menatap komputer untuk urusan bisnis atau pekerjaan yang lain. Duduk terlalu lama di komputer setiap hari bisa merugikan kesehatan. Mulai dari mata lelah, leher kaku hingga membuat postur tubuh bungkuk. Segera atasi dengan langkah-langkah berikut yang dikutip dari Cosmopolitan USA.1. Garis Halus di WajahSaat menatap komputer dalam waktu lama, secara tidak sadar Anda akan mengernyitkan dahi atau memicingkan mata. Menurut dermatologist Dr. Boris Zaks, "Jika seseorang terlalu banyak memicingkan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, maka akan terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata dan antara kedua alis."Solusi: Krim mata akan membantu membuat kulit di area mata lebih lembab dan elastis. Jika ingin mencoba cara alami, Dr. Boris menyarankan untuk menggunakan teh chamomile. Didihkan air dan teh chamomile, celupkan handuk ke teh, peras airnya dan gunakan handuk yang telah dibasahi untk mengompres kulit mata selama 10 menit. Lakukan seminggu dua kali.2. Lingkaran Gelap Bawah MataSemakin lelah bera [...]

Olahraga 38 Menit Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Olahraga 38 Menit Setiap Hari Bisa Kurangi Risiko Terkena Kanker Rahim

Ada alasan kuat kenapa Anda disarankan rajin berolahraga atau aktif bergerak untuk menjaga kesehatan. Penelitian terbaru menemukan satu lagi manfaat olahraga, yaitu bisa mengurangi risiko terkena kanker rahim.Cukup dengan berolahraga atau fitnes selama 38 menit sehari, dikombinasikan dengan menjaga berat badan tetap ideal, risiko kanker rahim bisa berkurang hingga 44 persen. The World Cancer Research Fund menemukan ada bukti kuat bahwa 3.700 penyakit kanker rahim bisa dicegah setiap tahunnya.Kanker rahim umumnya menyerang wanita di atas usia 60, tapi tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi di bawah usia tersebut. Jenis kanker yang paling banyak terjadi adalah edometrial yang menyerang dinding rahim.Doktor Elisa Bandera, profesor Epidemiology di Rutgers Cancer Institute, Amerika Serikat mengatakan, "Kanker endometrial ada salah satu jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita, tapi kasusnya bisa dicegah setiap tahun dengan menjaga berat badan dan aktif secara fisik."Para peneliti di Imterial College London telah membandingkan dan meninjau semua penelitian ilmiah tentang hubungan antara kanker rahim, pola diet, aktivitas fisik dan berat badan sejak 2007. Para ahli dan ilm [...]

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Dampak Hujan Asam terhadap Kesehatan

Beberapa daerah di Indonesia terindikasi mengalami hujan asam. Meski sifatnya masih berupa dugaan, tidak ada salahnya mengetahui seluk-beluk hujan asam, terutama efeknya terhadap kesehatan. Secara kasat mata hujan asam terlihat sama seperti hujan pada umumnya. Yang membedakan adalah kandungan yang terdapat pada tiap tetesan airnya. Hujan asam terjadi akibat adanya pembuangan senyawa sulfur dioksida dan nitrogen oksida ke udara di sekitar kita. Kedua zat ini dapat terakumulasi di udara dan bereaksi dengan molekul air di atmosfer sehingga menghasilkan hujan dengan kadar asam tinggi. Dengan kata lain, tiap tetesan air hujan ini mengandung zat asam. Keberadaan zat sulfur dioksida dan nitrogen oksida dipicu oleh kegiatan sehari-hari manusia, seperti asap pembuangan dari penggunaan kendaraan bermotor, pembangkit tenaga listrik, dan penggunaan batu bara sebagai tenaga listrik. Selain itu, sambaran petir dan letusan gunung berapi juga turut berkontribusi terhadap kehadiran kedua zat ini. Efek langsung hujan asam terhadap kesehatan sebenarnya tidak ada. Anda masih aman jika terguyur atau terkena percikan air hujan asam. Namun, partikel yang dihasilkan oleh hujan asam, seperti sulfur dioks [...]

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Anda Menipis

Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Anda Menipis

Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan kita yang tanpa kita sadar telah mencetuskan kerontokan rambut? Berikut berapa kebiasaan-kebiasaan yang biasa kita lakukan dan ternyata menyebabkan kerontokan rambut: Mandi dengan air panasSama seperti kulit, air panas dapat membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. Tidak hanya "minyak asli" rambut yang berfungsi sebagai proteksi yang hilang, tetapi panas juga akan membuka pori-pori kulit kepala dan meningkatkan produksi minyak sehingga dapat merusak akar rambut. Tips: cucilah rambut dengan menggunakan temperatur sedang atau dingin. Menggunakan alat penata rambut yang panasTemperatur yang sangat panas dari alat catok ataupun hair dryer dapat merusak protein rambut dan kutikel nya. Ketika kutikel rusak, rambut Anda menjadi lebih mudah patah. Tips: batasi penggunaan alat catok ataupun hair dryer 2-3 kali seminggu saja dan mulailah dengan suhu yang tidak terlalu panas. Kebiasaan Buruk Penyebab Rambut Anda Menipis Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan-kebiasaan kita yang tanpa kita sadar telah mencetuskan kerontokan rambut? Berikut berapa kebiasaan-kebiasaan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *