6 Saran Dokter Mengatasi Galau

emosi-stres-galau.jpg

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang.

Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah.

Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya.

Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi.

Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan.

Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri.

Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya.

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut:

1. Ambil waktu untuk tenang.

Pilihlah suatu waktu setiap hari untuk menenangkan diri, baik sebelum tidur atau sesaat setelah bangun atau ketika siang hari.

2. Matikan dan hindari semua perangkat teknologi.

Jauhkan diri dari kebisingan teknologi untuk sesaat. Matikan telepon genggam, smartphone, tablet, laptop, komputer dan lainnya untuk sesaat.

3. Sediakan waktu 20 menit.

Ambil waktu 20 menit setiap hari untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan membebani.

4. Relaksasi otot.

Dalam 20 menit tersebut, biarkan otot-otot di seluruh tubuh Anda menjadi rileks. Lepaskan semua ketegangan.

5. Latihan pernapasan.

Dalam 20 menit tersebut, lakukan teknik pernapasan dalam dengan menarik dan membuang napas dalam, secara teratur dan berirama. Lakukan perlahan-lahan dan santai.

6. Penuhi nutrisi dan gizi seimbang

Jika Anda belum mengetahuinya, ada beberapa nutrisi yang mengambil peran penting kenapa kita mudah cemas, stres, depresi dan galau. Salah satunya adalah zat besi. Selain depresi, anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, penurunan kecerdasan, mudah lelah, lemas, cemas, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, kerontokan rambut, dan autisme pada anak.

Pada saat latihan relaksasi, kita akan merasa jauh lebih santai, namun segera setelah kembali beraktivitas, kegalauan itu akan muncul kembali.

Hal ini termasuk wajar. Diperlukan latihan yang konsisten dan teratur hingga beberapa minggu sehingga kita dapat mengatasi dan mengendalikan kegalauan dalam diri dan merasa lebih rileks. Mampu mengatasi kegalauan akan membantu kita tidak terjatuh dalam masalah mental yang lebih berat lagi di kemudian hari.

Baca juga:

  • Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta
  • Putus Cinta Bisa Sebabkan Kematian!
  • Jomblo, Bikin Cepat Tua
  • Flappy Bird Sebabkan Burung Loyo Pada Pria

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
5 Tanda Gagal Jantung

5 Tanda Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui.. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung) Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung? 5 Tanda Gagal Jantung Gagal jantung merupakan penyakit yang umum ditemui. Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.(Baca: Penyakit Jantung) Apa saja gejala yang umum ditemui pada pasien gagal jantung? Tanda #1: Mudah Lelah Pasien dengan gagal jantung umumnya mengeluh cepat lelah.Pada kasus gagal jantung tahap awal, maka kelelahan yang terjadi masih minimal. Namun seiring semakin berat keadaan gagal jantung pasien, maka keluhan mudah lelah juga akan semakin berat. Umumnya pasien mengel [...]

Manfaat Gelang Power Balance Diklaim Menyesatkan

Manfaat Gelang Power Balance Diklaim Menyesatkan

Distributor dari produk terkenal Power Balance wristbands Australia telah diperintahkan untuk menarik seluruh gelang yang sudah terjual di konsumen. Gelang yang disebut-sebut dapat meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan kekuatan itu dinyatakan sebagai klaim ?menyesatkan? oleh Badan Pengawas Konsumen Australia (ACCC), karena tidak terbukti kebenarannya. Gelang ini dikembangkan di California dan diimpor ke Australia oleh dua pengusaha Melbourne, Tom O'Dowd dan Sean Condon, hingga mempunyai lebih dari 700 gerai di seluruh negeri. Power Balance Australia telah terjual senilai jutaan dolar sejak perusahaannya didirikan pada bulan Agustus tahun 2009 dan berbasis di Port Melbourne. Namun pada bulan November 2010, The Therapeutic Goods Complaints Resolution Panel mengeluhkan tentang pelanggaran kode iklan barang terapi yang ditemukan pada website mereka. Lalu pada Oktober 2010 kelompok advokasi konsumen Choice juga menemukan bahwa gelang-gelang tersebut hanyalah karet yang diberi hologram plastik. Ketua ACCC, Graeme Samuel, seperti dikutip dari SMH.com.au, Selasa (4/1/2011) mengungkapkan, Power Balance pun telah mengakui bahwa tidak ada dasar ilmiah yang kredibel untuk menguatkan kla [...]

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Jus Buah Bisa Tingkatkan Risiko Kanker?

Anggapan bahwa jus buah baik untuk kesehatan tubuh tampaknya perlu dipertanyakan lagi. Menurut penelitian terbaru, jus buah justru berisiko meningkatkan penyakit kanker tertentu.Seperti yang dikutip dari Times of India, para ilmuwan Australia menjelaskan bahwa pada kenyataannya, jus buah yang sudah melalui proses dan hadir dalam bentuk kemasan, sudah tidak lagi mengandung nutrisi yang berfungsi memerangi tumor.Dalam penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana perbedaan keefektifan antara buah, sayur dan jus dalam fungsinya terhadap kanker usus. Para peneliti memeriksa 2.200 orang dewasa yang melakukan diet dengan melihat kebiasaan makan mereka tiap harinya.Hasilnya tidak terlalu mengejutkan. Peneliti menemukan bahwa kebiasaan memakan apel, kecambah, kembang kol dan brokoli tiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker tersebut.Namun, mereka yang mengonsumsi banyak jus buah justru memiliki risiko yang sangat tinggi. Penelitian melaporkan, mereka yang meminum jus buah tiga kali dalam sehari punya kemungkinan lebih besar terkena kanker kolon dan rektum --kanker yang menyerang usus besar dan rektum.Peneliti percaya bahwa yang menyebabkan hal itu adalah [...]

Jus Buah Tak Selalu Sehat, Gulanya Bisa Lebih Banyak dari Soft Drink

Jus Buah Tak Selalu Sehat, Gulanya Bisa Lebih Banyak dari Soft Drink

Berpikir bahwa jus buah selalu sehat dan aman dikonsumsi setiap hari, dalam jumlah sebanyak apa pun? Anggapan itu ternyata keliru. Jus buah, bisa saja mengandung gula lebih banyak ketimbang minuman soda atau sirup.Komunitas pemerhati konsumsi gula, Action on Sugar telah meneliti lebih dari 200 jenis jus, smoothies dan minuman sari buah di pasaran. Mereka mendapati bahwa kebanyakan produk minuman berlabel 'buah' mengandung gula yang sama dengan yang digunakan pada minuman bersoda. Bahkan jumlahnya seperempat kali lebih banyak. Seperti dikutip dari Female First, rata-rata jus buah dalam kemasan mengandung 13 gram gula (1 sendok makan penuh) dalam 100 ml, bahkan ada yang mencapai 16,1 gram (1,5 sendok makan) per 100 ml. Sedangkan soft drink atau minuman soda rata-rata mengandung 10,6 gram per 100 ml.Produk jus dan smoothies buah ini biasanya menargetkan anak-anak sebagai konsumennya yang rata-rata dikemas dalam botol kecil maupun kotak sebagai 'teman' makan siang. Kepada BBC, pakar nutrisi Kawther Hashem mengatakan bahwa banyak orangtua yang membekali makan siang anaka-anaknya dengan jus buah dalam kemasan, dengan anggapan bahwa itu adalah minuman sehat kaya vitamin dan mineral."Na [...]

Ditemukan Anti Kanker Baru

Ditemukan Anti Kanker Baru

Pada pertemuan pertemuan American Society of Clinical Oncology yang berakhir Minggu (5/6) lalu telah mengemukakan beberapa obat sebagai anti kanker terbaru yang memberikan titik cerah harapan penderita kanker payudara dan kanker kulit. Eribulin Untuk Kanker Payudara Nama obat Eribulin diperkenalkan pada pertemuan tersebut sebagai obat baru untuk pengobatan kanker payudara. Obat ini ditemukan oleh tim peneliti dari Universitas Leads, Inggris. Tim peneliti menyampaikan terdapat peningkatan angka harapan hidup pada pasien yang menjalani kemoterapi dan menerima pengobatan Eribulin sebanyak dua setengah bulan lebih lama dibandingkan pasien yang hanya menjalani kemoterapi. Eribulin berasal dari bunga karang laut yang diyakini melalui riset memiliki kemampuan menghentikan sel terbelah hingga dapat menekan risiko kematian. Walau masih tengah dalam proses pengajuan perizinan hingga 30 September 2011 mendatang kepada Badan Obat dan Makanan Amerika (FDA), hingga saat ini Eribulin masih tengah diteliti lebih lanjut oleh produsen obat Eisai untuk harapan pengobatan baru kepada pasien kanker prostat dan kanker paru-paru. Vemurafenib & Ipilimumab untuk Kanker Kulit Nell Barrie dari Cancer Re [...]

Awet Muda Dengan Tempe

Awet Muda Dengan Tempe

Tempe memiliki kandungan isoflavon yang kaya yang terbukti mampu menghambat proses penuaan dini khususnya untuk wanita menjelang masa menopause. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan staf pengajar Fakultas Kedokteran Undip Semarang, DR. dr. Prasetyowati, Sp.KK. yang menguji sekitar 30 responden wanita yang diminta mengkonsumsi kapsul berisi ekstrak isoflavon kedelai tempe selama tiga bulan. Dari hasil yang dicatat, ternyata kulit mereka lebih kenyal dibandingkan dengan responden yang tidak diberi ekstrak isoflavon. Menurut Prasetyowati hormon ekstrogen dalam isoflavon kedelai bisa menghambat penuaan. Selain itu mengkonsumsi kedelai untuk menjaga kecantikan selain murah juga aman, dibanding bahan kimiawi yang menjanjikan hasil cepat namun berisiko. Dokter yang meraih penghargaan atas penelitiannya ini menyarankan kaum hawa agar menggunakan bahan alami sebagai resep menjaga badan tetap sehat dan cantik di usia paruh baya. Menurutnya wanita paruh baya setiap hari paling tidak membutuhkan 50-100 miligram isoflavon. Bila setiap 60 gram tempe mengandung 10 mg isoflavon, maka perempuan pada usia senja harus lebih banyak mengonsumsi tahu dan tempe. Sepotong tempe mengandung berbaga [...]

Jatuhnya Simoncelli pasca Kecelakaan

Jatuhnya Simoncelli pasca Kecelakaan

Oleh: dr. Muhammad Deryl Ivansyah Sebuah tragedi terjadi pada tanggal 23 Oktober 2011, di sirkuit Sepang Malaysia. Honda RC212V yang dikendarai Marco ?Sic? Simoncelli dengan cepat melintas tak terkendali di hadapan pembalap asal Amerika Colin Edwards dan rekan satu negara Sic, Valentino Rossi. Kecelakaan tak terelakkan. Tubuh Marco Simoncelli pun tergeletak tak berdaya di tengah Sirkut Sepang setelah secara tidak sengaja terlindas motor Edwards dan Rossi. Paramedis langsung menuju ke arah Simoncelli, dan melakukan transportasi (pemindahan) dari sirkuit balap ke mobil ambulans. Tim bergegas menuju ambulans, namun terlihat satu anggota jatuh, sehingga tandu berikut tubuh Simoncelli ikut terjatuh. Apa yang terjadi? Transportasi korban Transportasi adalah pemindahan korban dari satu tempat ke tempat lain, tujuannya: Menyelamatkan jiwa korban Mencegah cacat Membantu proses penyembuhan Memindahkan korban dari tempat yang berbahaya ke tempat dengan fasilitas medis yang memadai Mengetahui tools (alat-alat) yang bisa digunakan untuk transportasi korban sangat penting karena situasi-situasi tertentu mengharuskan kita berpikir lebih kreatif. Tools tersebut adalah man-power (penolong [...]

Mencermati Penyebab Batuk Pada Bayi

Mencermati Penyebab Batuk Pada Bayi

Ketika bayi Anda batuk, hal tersebut bisa terdengar memprihatikan. Apalagi jika batuk pada bayi mengganggu kenyamanannya. Umumnya, batuk pada bayi akan mereda dengan sendirinya setelah dua minggu, namun bukan berarti Anda bisa menganggapnya remeh. Orang tua perlu mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis batuk dan tanda-tanda jika telah terjadi perkembangan penyakit atau bahkan komplikasi. Mengenali Jenis Batuk Sebagaimana orang dewasa, bayi dapat mengalami batuk kering atau batuk berdahak. Batuk kering merupakan upaya menghilangkan gangguan yang terjadi karena rasa gatal pada bagian belakang tenggorokan. Ini terjadi karena adanya pembengkakan pada tenggorokan dan saluran pernapasan. Batuk kering biasanya menjadi gejala terjangkitnya pilek atau flu. Bayi memiliki kemungkinan mengalami pilek hingga delapan kali per tahun. Namun jangan khawatir karena seiring waktu kekebalan tubuh si kecil akan meningkat. Sementara itu, batuk berdahak merupakan upaya alami untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru. Batuk pada bayi juga bisa saja diikuti dengan gejala-gejala lain, seperti demam, hidung tersumbat, radang tenggorokan, mata merah, tidak nafsu makan, dan rewel. Selain itu bisa muncul [...]

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

10 Jenis Aroma yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis aroma yang bisa memberikan dampak positif pada kesehatan Anda. Sebab, ragam aroma ini mampu membuat perasaan dan kondisi tubuh menjadi lebih baik, segar, dan berenergi. Wangi lavender misalnya, tanpa disadari aromanya tersebut ternyata bisa menenangkan saraf Anda. Selain lavender, kira-kira wewangian apa lagi ya yang diklaim baik untuk kesehatan? Simak di sini, seperti dikutip dari Bold Sky.1. KopiApakah Anda juga menyadari bahwa aroma kopi lebih memikat ketimbang dengan rasanya? Aroma kopi merupakan stimulan untuk memberi energi lebih banyak untuk tubuh Anda dan dapat mengatasi rasa lelah. 2. LavenderAroma lavender mampu menghilangkan stres dan menenangkan saraf. Jika Anda sedang merasa gelisah setelah menghadapi hari yang menegangkan dan penuh dengan tekanan, sebaiknya hiruplah wewangian lavender agar hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang.3. Citrus (Jeruk atau Limau)Wewangian citrus, seperti jeruk atau limau bisa membuat Anda menjadi lebih waspada. Tak hanya itu saja, aroma ini juga mampu membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik karena dapat melawan rasa mual.4. Minyak Kayu PutihApakah hidung Anda tersumbat dan telinga mendengung karena kedinginan? Ada [...]

8 Makanan Penting untuk Wanita Agar Tetap Sehat

8 Makanan Penting untuk Wanita Agar Tetap Sehat

Kalsium, asam lemak omega-3, antioksidan dan beberapa jenis mineral serta vitamin adalah nutrisi yang tidak boleh ketinggalan dikonsumsi oleh wanita setiap harinya. Beberapa nutrisi tersebut penting untuk mencegah osteoporosis, penyakit jantung sampai kanker payudara. Delapan makanan ini, mengandung nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh wanita. Apa saja? Ini daftarnya seperti yang dikutip dari iDiva.1. Flax SeedBiji yang berbentuk pipih ini kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara. Kandungan anti inflamasi yang ada di dalamnya dapat mencegah peradangan pada sendi-sendi tubuh, atau yang dikenal dengan nama arthritis. Flax seed juga berfungsi meringankan sindrom iritasi usus besar.2. SalmonJika Anda penggemar Sushi, sudah dipastikan akrab dengan jenis ikan yang satu ini. Kandungan asam lemak Omega-3 di dalamnya dapat mencegah mood yang berubah-ubah, stres atau depresi.3. CranberryDengan mengkonsumsi segelas jus cranberry setiap hari, Anda dapat terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing, kanker payudara dan penyakit jantung.4. BayamBerada dalam jajaran sayuran yang kurang disukai, sebenarnya bayam kaya akan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *