6 Saran Dokter Mengatasi Galau

emosi-stres-galau.jpg

Galau. Kosakata yang menghiasi keseharian generasi muda zaman sekarang.

Secara medis, galau perlu diwaspadai sebagai cabang masalah kesehatan ?gangguan cemas? yang paling rendah.

Jika tidak diatasi dengan baik maka kegalauan dapat menjurus kepada masalah kesehatan mental yang lebih serius dan menyulitkan seperti stres, depresi, gangguan cemas, gangguan panik dan lainnya.

Untuk itu, ketika masih dalam tahapan yang paling rendah, kegalauan seseorang perlu segera ditangani. Ada banyak cara untuk mengatasi kegalauan, misalkan dengan ?curhat? (mencurahkan isi hati ? Red), konseling dengan tenaga medis, dan relaksasi.

Lebih jauh lagi, bila kegalauan sudah masuk ke dalam tahap yang lebih serius maka diperlukan terapi perilaku dan juga obat-obatan untuk mengatasi kegalauan.

Relaksasi sebagai salah satu metode untuk mengatasi kegalauan, dapat dilakukan sendiri.

Inilah lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan. Silakan klik next untuk informasi selengkapnya.

6 Saran Dokter Mengatasi Galau

Lima langkah yang dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi kegalauan adalah sebagai berikut:

1. Ambil waktu untuk tenang.

Pilihlah suatu waktu setiap hari untuk menenangkan diri, baik sebelum tidur atau sesaat setelah bangun atau ketika siang hari.

2. Matikan dan hindari semua perangkat teknologi.

Jauhkan diri dari kebisingan teknologi untuk sesaat. Matikan telepon genggam, smartphone, tablet, laptop, komputer dan lainnya untuk sesaat.

3. Sediakan waktu 20 menit.

Ambil waktu 20 menit setiap hari untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu dan membebani.

4. Relaksasi otot.

Dalam 20 menit tersebut, biarkan otot-otot di seluruh tubuh Anda menjadi rileks. Lepaskan semua ketegangan.

5. Latihan pernapasan.

Dalam 20 menit tersebut, lakukan teknik pernapasan dalam dengan menarik dan membuang napas dalam, secara teratur dan berirama. Lakukan perlahan-lahan dan santai.

6. Penuhi nutrisi dan gizi seimbang

Jika Anda belum mengetahuinya, ada beberapa nutrisi yang mengambil peran penting kenapa kita mudah cemas, stres, depresi dan galau. Salah satunya adalah zat besi. Selain depresi, anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan kesulitan konsentrasi, penurunan kecerdasan, mudah lelah, lemas, cemas, kehilangan nafsu makan, gangguan tidur, kerontokan rambut, dan autisme pada anak.

Pada saat latihan relaksasi, kita akan merasa jauh lebih santai, namun segera setelah kembali beraktivitas, kegalauan itu akan muncul kembali.

Hal ini termasuk wajar. Diperlukan latihan yang konsisten dan teratur hingga beberapa minggu sehingga kita dapat mengatasi dan mengendalikan kegalauan dalam diri dan merasa lebih rileks. Mampu mengatasi kegalauan akan membantu kita tidak terjatuh dalam masalah mental yang lebih berat lagi di kemudian hari.

Baca juga:

  • Inilah Cara Medis Menjelaskan Cinta
  • Putus Cinta Bisa Sebabkan Kematian!
  • Jomblo, Bikin Cepat Tua
  • Flappy Bird Sebabkan Burung Loyo Pada Pria

Sumber: KlikDokter.com

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Penyakit Ini Menimbulkan Bintik Merah Pada Kulit dan Bernanah

Penyakit Ini Menimbulkan Bintik Merah Pada Kulit dan Bernanah

Kulit bisa terinfeksi oleh bakteri, virus, dan jamur. Infeksi ini dapat menimbulkan bintik merah pada kulit, dan bahkan hingga bernanah. Kulit melindungi organ, tulang, dan otot-otot pada tubuh. Namun, kulit juga dapat mengalami infeksi. Berikut adalah beberapa penyakit atau infeksi yang menimbulkan bintik merah pada kulit dan bernanah. Cacar air Penyakit yang sering kali menyerang anak-anak di bawah usia 10 tahun ini menimbulkan ruam atau bintik merah pada kulit yang disertai rasa gatal dan munculnya cairan atau nanah. Penyakit yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini sangat mudah menular. Mulai dari terkena bersin, batuk, berbagi makanan dan minuman yang sama dengan penderita, hingga tersentuh cairan nanah cacar. Orang dewasa juga bisa terkena cacar, terutama mereka yang belum pernah mengalaminya ketika kecil. Di Eropa, ?musim cacar? biasanya terjadi antara bulan Maret dan Mei. Di Indonesia bisa terjadi kapan saja tapi umumnya usia penderita lebih tua di Asia Tenggara dibanding penderita di negara bermusim dingin. Jerawat Sebagian besar orang pasti pernah berjerawat, entah itu di wajah, punggung, atau dada. Jerawat ringan bisa berupa bintik-bintik hitam atau putih, sedang [...]

4 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur yang Buat Pagi Anda Tak Bersemangat

4 Kebiasaan Buruk Saat Bangun Tidur yang Buat Pagi Anda Tak Bersemangat

Pagi adalah waktu yang paling krusial karena bisa menentukan performa aktivitas Anda. Ketika bangun pagi diawali dengan mood dan kondisi fisik yang baik, maka aktivitas pun berjalan lancar sepanjang hari. Tapi ketika mood negatif yang menyerang, maka kemungkinan besar Anda akan tidak bersemangat. Kenapa mood bisa menjadi buruk? Ini kesalahan yang umum dilakukan, yang membuat pagi Anda menjadi lesu.1. Tergantung pada AlarmTerbangun karena alarm sebenarnya tidak terlalu baik, karena itu berarti tubuh dipaksa untuk terjaga. Akibatnya Anda merasa lemas, lesu dan masih mengantuk sehingga memencet tombol 'snooze'. Bukannya bangun pagi, Anda justru bisa kesiangan. Maka dari itu biasakanlah bangun pagi tanpa bantuan alarm. Tidurlah lebih awal sehingga Anda bisa bangun lebih pagi. Mungkin akan butuh waktu dua hingga tiga minggu sampai Anda terbiasa bangun pagi secara otomatis.2. Memeriksa PonselPonsel atau smartphone kini menjadi bagian penting bagi hampir semua orang. Biasanya, hal pertama yang kita lakukan saat membuka mata adalah memeriksa apakah ada telepon masuk, pesan teks atau notifikasi email dan sosial media. Ternyata kebiasaan ini tidak direkomendasikan oleh para psikolog. Mema [...]

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

6 Anjuran Kesehatan yang Klise, Tapi Terbukti Benar Secara Ilmiah

Sebagian dari Anda mungkin ingat di kala kecil, ibunda sering melarang bermain keluar saat hujan turun karena bisa terkena pilek. Ada pula 'orang dulu' yang mengatakan kalau sering makan pisang saat hamil akan melahirkan bayi laki-laki, banyak-banyaklah makan sup ayam agar flu cepat sembuh, dan masih banyak lagi anjuran lainnya. Anjuran orangtua zaman dulu kerap disepelekan karena dianggap mitos, klise dan kurang masuk akal. Tapi sejumlah penelitian telah membuktikan ada beberapa yang berdasarkan fakta dan telah terbukti kebenarannya.1.'Jangan Hujan-hujanan, Nanti Pilek'Tubuh yang basah dan kedinginan, jika dibiarkan terlalu lama memang bisa memicu pilek, hal itu telah dibuktikan berdasarkan penelitian dari Cardiff University, Inggris. Penelitian melibatkan dua kelompok responden, kelompok pertama diminta merendam kaki mereka ke dalam baskom berisi es batu selama 20 menit. Sedangkan kelompok kedua memasukkan kaki mereka ke baskom kosong. Empat atau lima hari kemudian, hampir 30 persen responden yang merendam kakinya dalam baskom es batu mengalami gejala pilek. Jumlah ini jauh lebih besar ketimbang kelompok kedua yang hanya sembilan persen."Terkena hawa dingin terutama di area ka [...]

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Sering Migrain? Hati-hati Risiko Stroke!

Mungkin Anda pernah mengalami migrain atau sakit kepala sebelah, atau bahkan sering mengalaminya saat sedang banyak pikiran. Walau tidak berlangsung lama, tapi jangan Anda sepelekan. Sebuah penelitian yang dikutip dari Daily Mail menyatakan migrain yang disertai dengan kaburnya pandangan memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology selama 15 tahun itu menunjukkan, dari sampel sebanyak 27.860 wanita, 1.435 diantaranya mengalami migrain yang didului dengan gejala sensorik, atau dikenal juga 'migrain dengan aura'.Ditemukan pula, migrain aura menempati urutan kedua yang berisiko tinggi mengarah pada stroke dan serangan jantung, setelah tekanan darah tinggi."Ini berisiko lebih tinggi dibanding diabetes, perokok, obesitas dan penyakit keturunan," ungkap Dr Tobias Kurth, sebagai peneliti.Apa saja tanda-tandanya? Gangguan sensorik yang mungkin merupakan migrain aura dapat berupa blind spot atau titik buta pada pandangan, kerlipan cahaya, perubahan dalam penglihatan, dan pandangan seakan melihat cahaya melayang-layang. Jika Anda pernah mengalami gejala tersebut, konsultasikan ke dokter adalah solusi terbaik. Lebih [...]

Inilah Risikonya Menjadi Ayah Baru di Usia Tua

Inilah Risikonya Menjadi Ayah Baru di Usia Tua

Dengan bertambahnya usia perempuan, kesuburan berkurang, dan risiko masalah genetik pada bayi mereka. Sekarang, semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa pria setengah baya mungkin lebih cenderung mempunyai anak dengan masalah kesehatan mental, serta gangguan genetik langka, seperti jenis yang paling umum dari dwarfisme (kerdil). Sebagai contoh, sebuah studi baru-baru ini Swedia yang lahir antara tahun 1973 dan 2001 menemukan bahwa mereka yang lahir dari ayah 45 dan lebih tua lebih mungkin untuk memiliki berbagai gangguan otak dan sistem saraf seperti: Autisme, Gangguan bipolar (kepribadian ganda), Skizofrenia, dan ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder) Hal itu semua dikarenakan peningkatan mutasi pada sperma pria yang berumur lebih tua. Anak-anak dari ayah yang lebih tua lebih mungkin untuk mendapatkan nilai-nilai buruk di sekolah, narkoba, dan percobaan bunuh diri. Brown , seorang Profesor yang melakukan penelitian di Amerika, menerbitkan sebuah studi tahun lalu itu, tidak seperti studi di Swedia, bahwa Brown menemukan hubungan antara usia ayah pada saat pembuahan dan risiko anak dari gangguan bipolar. Lalu jika Anda menaruh sperma Anda di bank sperma untuk dibek [...]

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Sauna, Gaya Hidup atau Terapi Kesehatan?

Entah sejak kapan persisnya sauna dikenal di Indonesia, namun tren sauna dapat kita katakana salah satu tren yang tak lekang oleh waktu, dulu hingga hari ini, fasilitas sauna dapat kita temukan dimana-mana, penggunanya pun tetap mencintai fasilitas yang bersuhu tinggi ini meskipun dapat kita katakan hari hari ini banyak sekali variasi fasilitas sejenis yang tersedia, apa rahasia dibalik kelanggengan sauna? Apakah sauna hanya sekedar gaya hidup? Atau justru memiliki manfaat tertentu? Jika Anda bertanya kepada para konsumen sauna, beragam jawaban akan Anda dapatkan ketika ditanya mengapa mereka memilih bersauna, mulai dari jawaban sebagai sarana berolahraga, atau sekedar bersantai menikmati atmosfer panas yang membuat tubuh serasa dimanjakan setelah selesai bersauna. Jawaban-jawaban tersebut dapat Anda temukan. Namun benarkah pendapat mereka? Bagi kami jawaban pertama menarik perhatian, banyak sekali konsumen sauna yang menganggap mereka serta merta tidak perlu melakukan olahraga karena telah menunaikan rutinitas sauna mereka. (Baca: Kebiasaan Buruk yang Membahayakan Kesehatan Anda) Sauna tentunya berbeda dengan kegiatan olahraga yang sesungguhnya, mari kita pikirkan sekali lagi, me [...]

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus

Penelitian terbaru akhirnya dapat menunjukkan dengan pasti jenis dan takaran asupan serat alami bagi kesehatan tubuh khususnya dalam menurunkan resiko kanker usus pada manusia. Apabila selama ini kita telah sering mendengar manfaat dan kebutuhan serat dalam makanan sehari-hari, tentu kita akan selalu beranggapan bahwa serat alami tersebut cukup dari buah dan sayuran semata. Namun kenyataannya, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the British Medical Journal menemukan bahwa asupan serat alami dari gandum dan biji-bijian lebih mempunyai khasiat dalam mencegah berbagai penyakit khususnya di usus. Para peneliti dari Imperial College London, Inggris ini menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dan biji-bijian sehari, telah mampu meningkatkan kebutuhan serat alami tubuh sekaligus menurunkan resiko terkena kanker usus sebanyak 10%. Berbanding terbalik dengan hasil 25 studi sebelumnya yang hanya menggunakan buah serta sayuran. Gandum dan Biji-bijian Terbukti Menurunkan Resiko Kanker Usus Meskipun buah dan sayuran juga mempunyai serat alami yang baik bagi tubuh, namun kadar dan khasiatnya tidak memberikan perubahan pada penurunan resiko ka [...]

Cara Menyimpan ASI Botolan yang Baik dan Benar

Cara Menyimpan ASI Botolan yang Baik dan Benar

Tidak sedikitdari beberapa ibu diharuskan kembali bekerja setelah 3 bulan masa cuti. Sedangkan bayi masih harus mendapatkan ASI Esklusif. Demikiannya, memerah atau memompa ASI dan menyimpannya di kulkas untujk digunakan di kemudian hari menjadi pilihan solusi. Memerah ASI bisa menggunakan tangan (teknik marmet) maupun dengan alat bantu. Hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan penyimpanan ASI perah adalah pastikan Anda memberikan tanda atau label tanggal dan jam saat memerah ASI. Dengan demikian Anda akan mudah memilih botol ASI mana yang paling duluan dapat digunakan, agar kualitas ASI tetap terjaga. Namun menyimpan ASI bukanlah suatu hal yang dapat dianggap sepele. Pasalnya, jika Anda salah mengelola, salah-salah ASI Anda bisa rusak kualitasnya dan pemberian ASI pun terganggu. Untuk mengetahui bagaimana mengelola ASI yang baik dan benar, Cara Menyimpan ASI Botolan yang Baik dan Benar Tidak sedikitdari beberapa ibu diharuskan kembali bekerja setelah 3 bulan masa cuti. Sedangkan bayi masih harus mendapatkan ASI Esklusif. Demikiannya, memerah atau memompa ASI dan menyimpannya di kulkas untujk digunakan di kemudian hari menjadi pilihan solusi. Memerah AS [...]

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tips Memakai Komputer Agar Tak Merusak Mata

Tidak hanya menyebabkan kondisi mata menjadi lelah, menatap layar komputer terlalu lama juga bisa merusak mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut beberapa cara menggunakan komputer yang tepat.Menurut sebuah penelitian, layar komputer tidak memancarkan radiasi berbahaya seperti sinar X atau cahaya ultraviolet. Jadi, kelelahan yang biasa terjadi saat menatap layar komputer terlalu lama bukan dikarenakan oleh paparan sinar monitor, melainkan oleh faktor lain, seperti yang dikutip dari lifemojo.Faktor lain tersebut adalah pencahayaan yang buruk, posisi komputer atau barang lain yang tidak benar. Ketegangan yang berlebihan pada mata atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome dapat mengakibatkan mata gatal atau terasa terbakar, penglihatan ganda atau kabur serta sakit kepala. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari kelelahan dan ketegangan. Hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah pengaturan posisi komputer dan pencahayaan.1. Jauhkan komputer kurang lebih 20-30 inci atau sekitar panjang lengan dari mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan arah pandang mata Anda. 2. Miringkan layar monitor ke arah belakang sebanyak 1 [...]

7 Posisi yang Benar Saat Beraktivitas Agar Tubuh Tidak Bungkuk

7 Posisi yang Benar Saat Beraktivitas Agar Tubuh Tidak Bungkuk

Banyak orang yang menderita sakit punggung dan leher, serta postur tubuh membungkuk karena salah posisi dalam melakukan berbagai aktivitas. Bagaimana posisi tubuh yang benar ketika nonton TV, tidur atau menyetir agar tubuh tidak bungkuk? Ini panduan untuk Anda, seperti dikutip dari Times of India.1. Saat TidurTerlalu banyak bantal yang menopang kepala saat tidur, atau tidur di atas tempat yang terlalu empuk bisa membuat sakit punggung dan postur jadi bungkuk. Saat tidur, kepala harus tertopang dengan baik tapi tetap sejajar dengan tulang belakang. Untuk itu cukup gunakan satu bantal saja. Pilihlah bantal berkualitas (tidak terlalu lembut atau keras) dan sebaiknya ganti tiap satu tahun sekali. Posisi tidur ideal adalah celentang atau menyamping. Hindari tidur sambil tengkurap dan meringkuk.2. Saat BersinBersin umumnya gejala yang menyertai flu dan pilek. Perlu diketahui, bersin adalah salah satu penyebab paling umum sakit punggung. Saat bersin, tubuh akan terkena guncangan secara tiba-tiba dan itu bisa menyebabkan sakit pada punggung serta leher. Saat merasa akan bersin, sebaiknya tekuk lutut untuk mencegah tekanan atau guncangan ketika bersin mengenai tulang belakang.3. Saat Pak [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *