7 Alasan Anda Perlu Marah

marah3.jpg

Orang akan melakukan berbagai cara untuk bahagia. Tapi, kebahagiaan bukan berarti Anda harus menyembunyikan kemarahan Anda. Ada kalanya Anda perlu melepaskan kemarahan Anda ketika perlu. Tapi, bukan berarti Anda harus memaksakan diri untuk marah atau menjadi pemarah.

Pernahkah Anda diberitahu untuk tetap tenang dalam menanggapi sesuatu hal, bukannya bereaksi? Untuk waktu singkat itu oke-oke saja. Tapi, marah juga diperlukan. Ini merupakan emosi yang harus digunakan dan tak ditekan.

Dawn Rosenberg McKay, penulis The Everything Practice Interview Book, mengatakan, kemarahan merupakan emosi yang menjadi reaksi terhadap ancaman nyata. Secara fisiologis, marah membuat jantung berdetak cepat, pipi memerah, dan rahang mengepal.

Menurutnya, kemarahan bisa menimbulkan rasa sakit hati. Hal ini juga bisa membuat seseorang kurang produktif di tempat kerja karena menyebabkan stres yang pada gilirannya menyebabkan sakit dan absensi.

“Kita harus belajar untuk menggunakan energi yang diciptakan oleh kemarahan kita dengan cara yang positif,” katanya.

Berikut beberapa alasan Anda harus marah seperti dilansir LifeHack, Minggu (18/5/2014):

1. Ketika seseorang yang Anda cintai meninggal

Ada beberapa orang yang mengatakan kepada Anda bahwa itu tak masalah, bahwa sudah waktunya mereka pergi. Jadi berbahagialah karena mereka sudah hidup dengan enak.

Namun, di sisi lain kemarahan mungkin diperlukan karena Anda telah kehilangan seseorang yang Anda sayangi dan Anda tak pernah melihatnya lagi.

2. Hidup Anda menyebalkan

Setidaknya ketika Anda merasa diri Anda menyebalkan, Anda mungkin memiliki orang yang datang mengatakan hal-hal yang menghibur. Apabila Anda merasa hidup Anda menyebalkan, Anda bisa marah. Anda memiliki hak untuk marah.

3. Seseorang menyakiti Anda

Orang bisa membahayakan Anda dengan sengaja atau tidak. Ketika itu terjadi pada Anda, seringkali Anda marah tergantung situasi. Faktanya Anda terluka dan Anda berhak untuk marah.

4. Anda bangkrut

Keadaan ini tak terduga-duga datangnya. Ketika bangkrut, Anda tak bisa memberi makan keluarga Anda. Dan pada saat yang sama, Anda memiliki impian dan tujuan yang ingin segera dicapai.

Anda mungkin ingin jalan-jalan atau membantu orang lain serta membuat perbedaan. Tapi, saat ini itu tak mungkin dan Anda frustasi. Normal saja apabila di titik ini Anda merasa marah.

5. Seseorang membodohi Anda

Anda orang baik yang selalu membantu orang lain menemukan jalan keluar. Anda baik, ceria, dan sebagian besar waktu Anda bahagia. Kemudian seseorang berusaha mengambil keuntungan dengan menggunakan kebaikan Anda sebagai kelemahan Anda.

Apa yang Anda lakukan? Nah mungkin Anda akan memperingatkan mereka untuk tak mengambil keuntungan dari Anda. Tapi, mereka tetap melakukannya. Jadi apa yang Anda lakukan? Anda tak bisa tinggal diam karena orang itu akan melakukannya lagi. Gunakan kemarahan Anda untuk membiarkan orang itu tahu.

6. Pasangan Anda berselingkuh

Ini tentu membuat setiap pasangan marah besar. Anda tak perlu memendamnya.

7. Sistem menyebalkan

Anda berpikir mengapa beberapa orang di dunia yang begitu kaya bisa di rumah, makan seenaknya dan memiliki banyak pakaian. Sementara di sisi lain, orang-orang kelaparan dan sekarat karena kelaparan. Apakah Anda berpikir itu normal?

Ketika Anda bangun dan manyadari ini bagian dari rencana, Anda akan marah-marah. Anda akan bertanya mengapa orang-orang kelaparan di seluruh dunia, hidup di bawah garis kemiskininan? Bangunlah, mulailah hidup pada tingkat sadar dan mempertanyakan segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda.

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Pria China Harus Masuk Rumah Sakit Usai Minum Cairan Pembersih

Pria China Harus Masuk Rumah Sakit Usai Minum Cairan Pembersih

Kesalahan fatal yang dilakukan seorang pramusaji bisa mengorbankan konsumen. Seorang pria bermarga Shen dirawat di rumah sakit setelah seorang pramusaji keliru mengisi gelas dengan cairan pembersih.Ini terjadi di sebuah restoran Italia di Beijing pada 30 Desember 2013. Istri Shen ingat betul apa yang terjadi pada malam ini.Pasangan suami istri itu pergi ke restoran untuk makan malam dan setelah makan, Shen meminta dua cangkir berisi air hangat. Tanpa sengaja, pelayan itu malah memberinya dua cangkir limun dingin. Alhasil, Shen meminta pramusaji itu menggantinya dengan air hangat seperti yang dimintanya.Pelayan itu kemudian menuangkan gelas dengan `air` dan Shen langsung meminumnya. "Seluruh mulut saya mati rasa dan tenggorokanku terbakar," kata Shen.Saat itu, sang istri melihat tubuh suaminya gemetar. Menurut rumah sakit, gejala yang dialami Shen berangsur membaik, tapi tingkat kerusakan usus Shen masih perlu dianalisa lebih lanjut seperti dilaporkann Shanghaiist, Selasa (7/1/2014).Dengan bantuan polisi, istri Shen memastikan air yang diminum suaminya itu pembersih dan deterjen.Seorang perwakilan hukum dari restauran bermarga Zhang mengakui bahwa kecelakaan tersebut tanggung jawab [...]

Donna Agnesia : Hidup Sehat Tak Boleh `Nanggung`

Donna Agnesia : Hidup Sehat Tak Boleh `Nanggung`

Memiliki tubuh yang bugar menjadi sebuah keharusan bagi pasangan selebritis Donna Agnesia (35) dan Darius Sinathrya (28). Dengan begitu, keduanya dapat menghabiskan banyak waktu untuk selalu bersama ketiga buah hatinya. Lantas, apa saja yang dilakukan keduanya untuk membuat tubuh senantiasa bugar?Menurut Donna, agar dia dan suami senantiasa bugar, salah satu cara yang harus dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat. Cara melakukannya pun tidak boleh nanggung."Ngomongin gaya hidup sehat itu harus all in. Makanan, olahraga, dan pola istirahat harus diperhatikan dengan benar. Tak hanya itu, kesehatan mental juga harus diperhatikan," kata Donna dalam acara 'Buahvita Bersama Donna dan Darius Ajak Fruitarian Terapkan Kebiasaan Belanja Sehat', di Restoran Thai Alley, Gandaria City, Jakarta, ditulis Senin (10/1/2014)Sebagai seorang ibu sekaligus istri, Donna dituntut untuk pintar dalam memenuhi nutrisi seluruh keluarga kecilnya tersebut. Donna sadar betul, Darius yang sedari kecil bukanlah sosok penyuka sayuran, membuat wanita cantik itu harus memperbanyak stok buah di rumahnya. "Darius itu fruitarian sejati. Harus ada buah atau jus buah. Kalau memang tidak sempat, Darius cukup membawa j [...]

Polusi Terkait dengan Autis dan Skizofrenia yang Tinggi

Polusi Terkait dengan Autis dan Skizofrenia yang Tinggi

Satu lagi bukti adanya hubungan antara paparan polusi dan autisme serta skizofrenia. Setelah penelitian yang pernah dipublikasikan dalam JAMA Psychiatry menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di daerah berpolusi tinggi didiagnosis dengan gangguan perkembangan saraf dan mengarah autisme. Sekarang, peneliti dari University of Rochester menemukan mekanisme biologis yang dapat menjelaskan bagaimana polusi menempatkan orang pada risiko tinggi autisme dan skizofrenia. "Dari sudut pandang toksikologi, sebagian besar fokus penelitian adalah polusi udara pada sistem cardiopulmonary--jantung dan paru-paru. Jadi saya pikir polusi dapat menambah risiko gangguan perkembangan saraf seperti autisme," kata penulis studi yang juga profesor kedokteran lingkungan di University of Rochester, Deborah Cory-Slechta. Penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Heath Perspectives mencatat, tikus yang terkena paparan polusi mengalami kritis perkembangan otak. Dalam empat jam selama empat-hari, tikus yang sering terkena polusi mengalami perubahan perilaku. Hal ini jauh bila dibandingkan dengan tikus yang hidup di lingkungan bersih."Kami melihat perubahan dalam tingkat aktivitas dan memori pada laki-la [...]

Warga Bali Diduga Terinfeksi Virus Korona

Warga Bali Diduga Terinfeksi Virus Korona

PeduliSehat.info, Denpasar Virus Korona atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS CoV) membuat sejumlah orang khawatir. Seorang orang warga Bali berinisial AS (50) diduga terkena virus Mers-CoV. AS belum lama ini baru saja mengunjungi Arab Saudi untuk menjalani ibadah Umroh.Informasi dugaan terkena Virus Korona tersebut sudah diterima Kepala Dinas Kesehatan PRovinsi Bali, Ketut Suarjaya. "Kami mendapat laporan bahwa ada satu pasien yang diduga terjangkit virus Mers-CoV. Dia dirujuk ke ruang isolasi RSUP Sanglah," kata Suarjaya di Denpasar, Rabu (7/5). Sebelum dilarikan ke RSUP Sanglah, Suarjaya menceritakan jika AS sebelumnya pernah menjalani pengobatan di RSU Surya Husada Denpasar. Keluhan yang dideritanya mirip dengan gejala Mers yakni sesak napas, batuk sejak empat hari lalu, disertai demam mencapai 36 derajat celcius. "Atas kecurigaan ini, pasien kemudian dirujuk ke RSUP Sanglah untuk menjalani rawat inap di ruang isolasi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Di Bali, hal ini untuk ketiga kalinya RSUP Sanglah mendapat rujukan pasien yang dicurigai terduga virus Mers-CoV," jelasnya. Kasus AS yang diduga terjangkit virus Mers bukan kali pertama di Bali. Sebelumnya, pasie [...]

Pernah Kena Kanker Ovarium, Shahnaz Haque Jaga Pola Makan

Pernah Kena Kanker Ovarium, Shahnaz Haque Jaga Pola Makan

Hidup sebagai survivor kanker ovarium, membuat penyiar sekaligus presenter Shahnaz Haque (41) tidak boleh sembarangan dalam memilih asupan makanan yang dikonsumsinya bersama suami dan ketiga anaknya. "Karena survivor, maka pola hidup sehat terutama makanan adalah penting. Jadi, makanan itu harus dimasak lalu dimakan. Enggak ada tuh yang namanya bolak-balik dipanasin. Rendang sih, sudah bye-bye. Ikan asin dan bakar-bakaran, sudah enggak juga. Kalau pun iya, sesekali," kata Shahnaz bercerita kepada Health Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Minggu (23/3/2014). Pada tahun 1998, Shahnaz didiagnosis dengan kanker ovarium. Tanpa pikir panjang, pada tahun 1999, adik kandung Marissa dan Soraya Haque ini memutuskan untuk menjalani operasi. "Pada 2001, ketemu Gilang, dengan kondisi satu ovarium," kata dia menambahkan. Ternyata, Shahnaz besar di lingkungan yang gen CA-nya sangat kuat. Ibu dan nenek Shahnaz adalah seorang penderita kanker, yang akhirnya meninggal dunia. Pun dari keluarga besar Gilang Ramadhan, ada yang meninggal karena kanker prostat dan kanker payudara. Maka itu, ketika tahu didiagnosa kanker ovarium, Shahnaz memutuskan menjalani operasi. Saat menerima pinangan Gila [...]

Pembanguanan RSUD Banten Terhambat Kasus Atut

Pembanguanan RSUD Banten Terhambat Kasus Atut

Pembangunan di RSUD Provinsi Banten terkendala dengan kasus alat kesehatan (alkes) yang menimpa Ratu Atut Choisyah dan Tubagus (Tb) Chaeri wardhana, adik dari Gubernur Banten non aktif."Karena statusnya ga jelas, rencananya mau di lidik, kaitannya dengn alkes mungkin risih juga, tapi ga tau ya. Tapi sampe sekarang juga belum ada sih audit-auditnya," kata Asep Rohana, kepala sub bagian (kasubag) Kasubag Umum RSUD Banten diruangannya (05/12/2014).Pembangunan yang terbengkalai adalah pembangunan ruang bedah central dan ruang perawatan yang pembangunannya bersumber dari dana APBN dan APBD Provinsi Banten sebesar Rp 7 Miliar. Dimana, pembangunan ruang bedah central sendiri kini baru berdiri tiang-tiang beton penyangga bangunannya saja. Sedang ruang perawatan akan menggunakan dana APBN."Ada kaitannya dengan permaslahan alkes, ruang bedah dan pasien, sehingga berdampak pada pembangunan fisik," terangnya.Dua bangunan yang terbengkalai itu lokasinya berada dibelakang bangunan utama gedung RSUD rujukan di Provinsi Banten. Kini, nasib dua bangunan tersebut menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten."Biayai APBD rencananya untuk bedah sentral. Yang untuk perawatan [...]

Kenapa Cukrik atau Miras Oplosan Bisa Membunuh?

Kenapa Cukrik atau Miras Oplosan Bisa Membunuh?

Minuman keras (miras) oplosan atau yang disebut cukrik di Surabaya bisa berdampak buruk bagi seseorang. Racun yang ditimbulkan bisa mematikan seseorang. Ketika seseorang mengonsumsi miras oplosan ada efek yang dimunculkan di tubuh yakni efek akut dan kronis.Menurut Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Jakarta Raya (PAPDI JAYA) Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, efek akutlah yang bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.Demikian disampaikan Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (7/1/2013)."Akut itu bisa disebabkan tekanan sistem saraf pusat. Dia menjadi tidak normal lagi kesadarannya, mengantuk, bicara kacau. Itu tanda-tandanya seperti orang mabuk," kata Dr Ari.Lantas seperti apa efek kronis? Menurut Dr Ari, efek kronis bisa berupa gangguan hati, saluran pencernaan menjadi luka-luka, alkohol juga bisa memicu kanker pencernaan.Seperti diketahui miras oplosan ini kadar alkoholnya sulit ditakar. Kadar yang berlebihan bisa memberikan efek toksik (meracuni) yang paling berbahaya. Berbeda dengan minuman alkohol lainnya yang kadar alkoholnya sudah jelas.(Mel/*) [...]

Orang Indonesia Lebih Banyak Makan Karbo daripada Sayur

Orang Indonesia Lebih Banyak Makan Karbo daripada Sayur

Orang Indonesia ternyata lebih banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dibanding makanan berbahan sayur dan buah. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA Kementerian Kesehatan RI, Dr. Anung Sugihantoro, M. Kes dalam diskusi bertajuk 'Masalah Nutrisi Pada Anak dan Penanganannya' di Jakarta, Rabu (22/1/2014). "Masalah gizi sejauh ini memang lebih banyak karena kelebihan karbohidrat. Data susenas bahkan menunjukkan bahwa 57 persen biaya yang paling besar dihabiskan di rumah tangga untuk makanan. Yang non-makanan paling tinggi adalah bayar rumah dan pulsa telepon. Yang makanan, kelebihan karbohidrat mencapai 10 persen lebih," kata Anung. Bagaimana tidak, menurut Anung selain makanan instan yang mudah dibuat, jenis makanan ini juga mudah didapat di pinggir jalan. Selain itu, masalah gizi lainnya terbagi menjadi 3 hal, yaitu kekurangan gizi, badan pendek (stunting), badan terlalu kurus dan kegemukan. (Fit/Abd) [...]

Pandji Lebih Peduli Kesehatan Sejak Punya Anak

Pandji Lebih Peduli Kesehatan Sejak Punya Anak

Kehadiran sang buah hati dalam keluarga tidak hanya membawa kebahagiaan tapi bisa juga mengubah perilaku orangtuanya. Hal ini seperti yang dialami pria multitalenta Pandji Pragiwaksono yang mengakui mengalami perubahan dari segi peduli kesehatan saat dirinya menjadi seorang ayah."Dulu saya termasuk yang tidak terlalu peduli tentang kesehatan. Tetapi sejak punya anak jadi semakin sadar hidup sehat itu penting," kata Pandji saat ditemui dalam acara `Peringatan 10 Tahun Berbagi Sehat Lifebuoy`, ditulis Jumat (7/3/2014). Penyiar, penulis buku, penyanyi, presenter dan pelawak Indonesia ini mengatakan sejak saat itulah ia lebih meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam keluarganya."Sekarang setiap dari luar sampai rumah, saya selalu mencuci tangan dengan sabun kemudian bersih-bersih badan. Kalau dari luar itu kan membawa bakteri atau virus kita tidak tahu. Jangan sampai itu menyebar ke keluarga terutama anak-anak, tapi paling sering istri saya yang selalu mengingatkan hidup sehat," kata Ayah dari Wadilla Dipo Wongsoyudo ini.Pandji mengaku bukanlah orangtua yang bawel tentang kesehatan anak, menurutnya dengan mencotohkan sudah termasuk salah satu upaya membiasakan PHBS. [...]

PK Dikabulkan, Dokter Ayu dkk Bebas

PK Dikabulkan, Dokter Ayu dkk Bebas

Ketiga dokter yang dijebloskan penjara karena dugaan malapraktik akhirnya dibebaskan. Mereka adalah dr Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr Hendi Siagian, dan dr Hendry Simanjuntak. Peninjuaan Kembali (PK) yang diajukan ketiga dokter ini dikabulkan Mahkamah Agung (MA)."Perkara PK atas nama terpidana Dr Ayu dkk dikabulkan," tulis Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur, dalam pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (6/2/2014)."Diputus hari ini. Pada pokoknya mengabulkan PK para terpidana pemohon PK. Membatalkan putusan judex juris. Mengadili kembali, menyatakan putusan PN Manado sudah tepat." Sidang PK ini dipimpin Ketua majelis Dr M Saleh dan anggota Prof Dr Surya Jaya, Maruap Dohmatiga Pasaribun, Syarifudin Dan Margono. "Putus barusan, siang ini, 7-2-2014. Pak Surya Jaya (DO) Dissenting Opinion," katanya lagi.Selain itu, hakim meminta segera mengeluarkan para terpidana dari LP, memulihkan nama baik dan harkat martabat ketiga pemohon PK. "Dasar pertimbangan mengabulkan PK yaitu para terpidana tidak menyalahi SOP dalam penanganann operasi sectio caesarea sehingga pertimbangan judex facti pada PN sudah tepat benar. Putusan ini diketok oleh majelis hakim 5 hakim agung yaitu Dr [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *