7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

goodmood.jpg

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Baik itu karena masalah pekerjaan, percintaan atau keluarga. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, tak ayal bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis menurun dan berujung pada depresi. Pergi ke spa atau rekreasi bisa menjadi cara untuk meredakan stres. Tapi ada cara lain yang lebih murah dan mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Ini tujuh cara terbaik untuk mengusir stres, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Cari Udara Segar
Keluarlah di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Penelitian menyebutkan bahwa produksi vitamin D dalam tubuh yang dipicu oleh paparan sinar matahari pagi bisa meningkatkan hormon bahagia serotonin. Menikmati pemandangan, suara-suara dan aroma pagi di sekitar juga akan mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Tidak bisa keluar rumah karena tinggal di perkotaan yang sibuk dan macet? Tempatkanlah beberapa tanaman di rumah atau apartemen Anda. Studi yang dilakukan Washington State University menemukan, menaruh tanaman di dekat meja kerja akan menurunkan tekanan darah, yang artinya stres jadi berkurang.

2. Lakukan Rutinitas Menyenangkan
Setiap harinya, pasti ada satu rutinitas yang kita sukai. Entah itu mandi air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik favorit dalam perjalanan ke kantor, menonton serial drama atau mengajak anjing peliharaan jalan-jalan di pagi hari. Saat stres, lakukanlah rutinitas yang menyenangkan buat Anda karena bisa membuat hati dan pikiran lebih tenang.

“Tubuh kita secara alami membutuhkan rutinitas, dan dengan fokus pada ritual harian, Anda berarti meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi masalah fisik yang disebabkan stres,” ujar Christy Matta, terapis dan penulis The Stress Response.

3. Buat Tangan/Kaki Sibuk
Jika otak tidak bisa berhenti memikirkan hal-hal negatif, itu karena stres suka membuat pikiran Anda berantakan. Untuk mengatasinya, alihkan otak Anda dari pikiran negatif dengan melakukan aktivitas fisik yang melibatkan tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Misalnya menggambar, merajut atau panjat tebing. Ketika tubuh Anda mulai asyik dengan gerakan yang berulang-ulang, sinyal akan dikirimkan ke otak agar menjadi lebih relaks dengan seketika.

4. Bayangkan Tempat yang Tenang
Bayangkan tempat yang kira-kira bisa membuat Anda tenang. Misalnya pantai dengan pemandangan laut biru, pegunungan atau taman bunga beraneka warna. Kemudian tutup mata, fokus pada pernapasan dan bayangkan Anda berada di tempat tersebut. Lakukan selama beberapa menit setiap hari. Penelitian dari University of California, Los Angeles menunjukkan bahwa tubuh akan memproduksi lebih sedikit hormon stres (kortisol) ketika otak membayangkan tempat yang indah dan menenangkan.

5. Mandi
Air punya efek menenangkan tubuh dan pikiran karena mengingatkan kembali akan sensasi nyaman ketika berada di rahim ibu. Mandi di bath tub lebih efektif menghilangkan stres, tapi mandi di bawah shower juga punya efek meredakan stres. Isi bath tub Anda dengan air hangat, tuangkan beberapa tetes minyak aromaterapi atau nyalakan lilin wangi. Pilih keharuman lavender atau melati karena berkhasiat menenangkan dan mengurangi stres.

6. Ekspresikan Rasa Syukur
Sejumlah penelitian telah mengungkapkan efek positif dari mengekspresikan rasa bersyukur. Saat meneliti aktivitas otak, peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa partisipan yang tidak segan menunjukkan rasa bersyukur dan terima kasih, tingkat aktivitas di hypothalamusnya lebih tinggi. Hypothalamus adalah bagian dari otak yang berperan besar memengaruhi tingkat stres. Rasa syukur juga mengaktifkan hormon dopamin yang bertugas mengirimkan rasa senang ke otak. Bagaimana mengungkapkan rasa syukur? Bisa dengan menuliskan hal-hal positif yang Anda alami di notes kecil, jurnal, atau mengucapkan terima kasih kepada teman dan keluarga karena sudah ada untuk Anda.

7. Olahraga
Fitnes, olahraga atau aktivitas fisik intens lainnya akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang akan membuat perasaan Anda lebih baik. Hormon ini juga bertugas mengatur ritme tidur, menurunkan gejala depresi, meningkatkan energi serta membantu Anda tetap tenang dan lebih fokus saat menghadapi stres. Pilih jenis olahraga yang Anda sukai dan cari jadwal yang sedikit lengang dari rutinitas kerja.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Preeklampsia dan Eklampsia Masih Kontributor AKI 2011

Preeklampsia dan Eklampsia Masih Kontributor AKI 2011

Jumlah Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih dikontribusi dari kasus preeklampsia dan eklampsia, AKI di Indonesia saat ini 228 per 100.000 kelahiran hidup. Jauh dengan Malaysia yang memiliki AKI hanya 31 per 100.000 kelahiran hidup. Membuat kondisi AKI di Indonesia kurang lebih sama dengan Myanmar yang kondisi negaranya jauh lebih miskin. Untuk kasus Myanmar dikaitkan dengan keadaan ekonomi yang rendah. ?Namun tidak melulu preeklampsia maupun eklampsia ini selalu dikaitkan dengan keadaan faktor ekonomi rendah, justru di Jakarta banyak juga ditemukan pada ibu hamil dari kelas sosial menengah dan keatas,? ujar dr. Irvan Adenin, SpOG. ketika mengisi acara Talkshow Mengenal Preeklampsia dan Eklampsia yang diselenggarakan oleh panitia gerakan Selamatkan Ibu di Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (10/11) lalu. Walau penyebab dari preeklampsia masih belum diketahui secara jelas, keadaan sindrom gangguan preeklampsia pada ibu hamil dilatarbelakangi dengan kondisi tekanan darah tinggi. Pre-eklampsia dalam kehamilan adalah apabila dijumpai tekanan darah 140/90 mmHg setelah kehamilan 20 minggu (akhir triwulan kedua sampai triwulan ketiga) atau bisa lebih awal terjadi. Sedangkan pengertian [...]

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Inilah Akibatnya Jika Teknik Mencukur Anda Salah

Bagi para pria, mencukur seperti tak ubahnya bagian dari rutinitas wajib harian ataupun mingguan. Mencukur, bila dilakukan dengan teknik yang tepat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan membantu eksfoliasi kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Namun sebaliknya, bila dilakukan dengan cara yang salah dapat menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri. Apa yang akan terjadi jika teknik mencukur Anda salah? Mencukur bertujuan untuk membuat wajah Anda tampak lebih bersih dan penampilan lebih prima. Namun bila dilakukan dengan cara yang salah, dapat mengakibatkan berbagai masalah yang menganggu kenyamanan dan merusak penampilan. Razor burn Merupakan suatu kondisi dimana terjadi iritasi pada kulit akibat adanya gesekan langsung antara pisau cukur dengan kulit. Hal ini biasanya terjadi karena tidak menggunakan krim cukur. Untuk mengatasinya, gunakan kompres air dingin dan pelembab non alkohol. Folliculitis Kondisi ini terjadi ketika bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam folikel rambut. Gejala yang timbul biasanya berupa kemerahan, gatal dan tampak adanya benjolan-benjolan kecil berwarna putih. Hal ini pada umumnya akan hilang dengan sendiriny [...]

9 Fakta Keren Lemon

9 Fakta Keren Lemon

Di Indonesia, buah ini tidak terlalu banyak diketahui umum. Kehadirannya baru dikenali umum pada sajian minuman teh di restoran-restoran populer dewasa ini bernama; lemon iced tea. Disajikan dingin bersama teh, jeruk limun dicelup ke teh untuk menambah sensasi segar. Semua pasti mengetahui fungsi dari jeruk nipis di dapur yang berguna untuk makanan, kue dan beberapa jenis makanan. Tapi tahukah Anda, kehadirannya bukan hanya sekedar variasi perasa. Ternyata lemon atau limun ini memilki manfaat kesehatan yang luar biasa. Pasalnya, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C, magnesium, kalsium, kalium, beberapa mineral dan antioksidan yang dapat membantu kesehatan kulit, rambut serta kuku. Apa saja manfaat kesehatan lemon? Berikut beberapa fakta tentang jeruk lemon: 9 Fakta Keren Lemon Dapat menyembuhkan jerawat dan komedo: jeruk limun (lemon) memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan natural untuk mengobati jerawat. Caranya mudah: Dengan mengoleskan air dari jeruk limun (lemon) sedikit saja di wajah, Atau campurkan dengan beberapa tetes madu Oleskan pada daerah dengan komedo Diamkan selama 5 -10 [...]

Keluhan Mata Gatal Akibat Alergi

Keluhan Mata Gatal Akibat Alergi

Mata gatal merupakan gejala paling umum dari alergi mata. Mata terasa gatal ketika terpapar benda-benda kecil seperti debu, kotoran, tungau, dan bulu hewan yang bisa memicu reaksi alergi. Dalam dunia kedokteran, ini diistilahkan sebagai alergi okular atau alergi konjungtivitis. Sebenarnya benda-benda kecil penyebab alergi tersebut tidak berbahaya. Namun, ketika benda kecil itu menyentuh selaput lendir pelapis bagian putih mata (konjungtiva), sistem kekebalan tubuh akan keliru mengenalinya. Sistem imun kemudian bereaksi dengan membuat antibodi yang menyebabkan mata melepaskan zat histamin dan senyawa kimia lain. Hal inilah yang membuat mata menjadi gatal, merah, dan berair. Gejala lainnya yaitu mata terasa sakit atau terbakar, sensitif terhadap cahaya, dan bengkak. Gejala alergi mata dapat langsung terasa ketika mata bersentuhan dengan alergen atau pemicu alergi. Namun, bisa juga gejalanya baru muncul setelah dua hingga empat hari. Jenis Alergi Mata Alergi mata atau alergi konjungtivitis dibagi menjadi beberapa jenis berikut. Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan komplikasi dari penggunaan lensa kontak yang kurang bersih. Jika Anda penyuka lensa kontak, sebaiknya gunakan le [...]

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Awas! Kurang Tidur Bisa Sebabkan Kematian

Banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa kurang tidur bisa merusak kesehatan. Namun ternyata ada fakta yang lebih mengejutkan lagi, kurang tidur juga bisa membunuh Anda.Dikutip dari askmen, semakin hari waktu tidur orang dewasa semakin sedikit. Belum lagi dengan kebiasaan meminum kafein yang membuat Anda sulit tidur nyenyak. Kurang tidur erat kaitannya dengan kelelahan fisik dan mental yang bisa mempercepat kematian. Berikut lima dampak mematikan dari kurang tidur.1. Tewas dalam kecelakaan mobilDiperkirakan terjadi 100 ribu kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk atau tertidur saat mengemudi. Hal tersebut menyebabkan tingkat kematian mencapai 1500 dan korban luka-luka yang tak terhitung tiap tahunnya.2. Tewas di tempat kerjaTidak memiliki waktu tidur yang cukup akan mempengaruhi performa kerja sehingga bisa berdampak pada jenjang karir Anda selanjutnya. Dampak kematian terburuk bisa terjadi jika bekerja dengan alat berat, sebab Anda berisiko membuat diri atau orang lain mengalami kecelakaan kerja yang bisa menyebabkan kematian.3. Tewas karena depresiTidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat And [...]

Luka Bakar? Jangan Disiram Kecap!

Luka Bakar? Jangan Disiram Kecap!

Dalam memberikan pertolongan pada luka bakar, perlu diketahui perbedaan luka bakar ringan dan serius serta derajat kerusakan jaringan yang terkena. Terdapat 3 klasifikasi luka bakar: Luka bakar derajat satu Kulit kemerahan Terkadang bengkak dan nyeri Luka bakar derajat dua Terdapat gelembung / lepuh yang berisi cairan Kulit memerah dan tampak seperti bercak-bercak Nyeri dan bengkak Luka bakar derajat tiga Lemak, otot, bahkan tulang terkena Kulit tampak pucat abu-abu gelap atau hitam Tidak ada lepuh Tidak nyeri Berikut adalah penanganan pertama untuk luka bakar ringan (derajat 1 dan 2) dengan diameter area kurang dari 8 cm: Penanganan Pertama Luka Bakar Berikut adalah penanganan pertama untuk luka bakar ringan (derajat 1 dan 2) dengan diameter area kurang dari 8 cm: Hentikan kontak dengan api atau benda panas Sirami dengan air mengalir selama sekurang-kurangnya 15 menit Tutup area luka bakar dengan kasa steril. Jangan gunakan kapas ataupun bahan lain yang dapat menempel pada luka. Balut secara longgar untuk menghindari tekanan pada luka Jangan gunakan es batu. Pemberian es secara langsung pada luka akan menyebabka [...]

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Mengenal Berbagai Jenis Flu

Kebanyakan orang berpikir flu itu merupakan satu jenis penyakit yang disebabkan oleh satu jenis virus. Padahal kenyataannya, virus influenza ada 3 jenis, yaitu virus A, B, dan C. Flu atau influenza merupakan virus yang sangat menular dan menginfeksi saluran napas. Virus flu paling sering ditularkan melalui droplet yaitu partikel-partikel yang dikeluarkan saat seseorang batuk, bersin, atau bicara. Droplet tersebut dapat masuk ke mukosa mulut atau hidung orang yang berada di sekitarnya dan kemudian masuk ke paru-paru. Selain itu, kita juga bisa terkena flu karena memegang benda yang terkontaminasi virus flu kemudian menyentuh mulut atau hidung. Di Amerika Serikat, flu menjadi menyebabkan 49.000 orang meninggal dan 200.000 orang harus rawat inap setiap tahunnya. Untuk mencegah penyakit ini, kita harus menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi flu, mencuci tangan sesering mungkin, dan melakukan vaksinasi. Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Berikut penjelasan selengkapnya di halaman berikut. Mengenal Berbagai Jenis Flu Apa perbedaan dari setiap jenis flu? Virus A Virus influenza tipe A ditularkan melalui binatang, misalnya unggas. Virus jenis ini dapat bermu [...]

Ahok Kena DBD

Ahok Kena DBD

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dikabarkan terpapar demam berdarah dengue (DBD). Setelah sebelumnya mantan Bupati Belitung Timur tersebut mengeluhkan pusing dan demam. Setelah pemeriksaan di rumah sakit sekitar kediamannya, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara, hasil tes darah menunjukan Gubernur DKI menderita demam berdarah dengue. Hingga berita ini diturunkan orang nomor satu DKI itu masih beristirahat untuk proses penyembuhan. Menurut keterangan Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat pada Senin (9/3) kemarin, diduga paparan DBD adalah dari daerah sekitar kediaman Gubernur DKI, Pantai Mutiara, Pluit, Jakarta Utara. Hal ini dikuatkan pula pada terjangkitnya putra bungsu Ahok tengah dalam proses pemulihan DBD. Fogging di Wilayah Kediaman Ahok Kepala Dinas Kesehatan DKI Koesmedi Priharto pada Senin (9/3) kemarin juga telah menjelaskan sudah ada tindakan rutin fogging setiap pekan dari Dinas Kesehatan DKI. Namun pihaknya menemui kendala pada pemeriksaan jentik pada setiap lingkungan, karena tertutupnya lingkungan tersebut. Karena sebagaimana kita ketahui, fogging saja pada prnisipnya tidak dapat menghentikan DBD. (Baca: Fogging Kurang Berhasil Memberantas DBD). K [...]

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

8 Tanda Anda Kurang Minum Saat Beraktivitas

Setiap hari tubuh harus terhidrasi agar tidak lemas dan tetap berenergi. Apakah Anda sering pusing atau migrain saat sedang beraktivitas? Hal itu mungkin karena tubuh kurang cairan. Bagaimana mengetahui kalau Anda mengalami sakit kepala akibat kurang minum?Untuk penjelasan lebih lanjut, simaklah delapan tanda-tanda Anda kurang banyak minum air putih, seperti dikutip dari All Women Stalk.1. Mulut Terasa KeringJika mulut kering, kemungkinan besar Anda dehidrasi. Sediakan sebotol air dalam tas Anda bila berpergian. Perlu diingat, kalau obat juga bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika Anda sedang mengonsumsi obat, mulut kering dapat dikarenakan obat atau keduanya.2. Sakit KepalaBila Anda merasa sakit kepala, itu merupakan gejala lain dari dehidrasi. Tubuh mungkin ingin memberitahu kalau Anda harus minum lebih banyak air. Oleh sebab itu, siapkan satu gelas air mineral atau minuman manis di meja ketika sedang bekerja.3. Urin Berwarna GelapBagi Anda yang mengalami dehidrasi, warna urinnya lebih gelap dari biasanya. Maka dari itu, lihat warna urin saat buang air kecil. Jika memang warnanya gelap, apalagi hingga menuju coklat, Anda perlu meminum banyak air.4. PusingPusing adalah sala [...]

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Minum Teh 4 Cangkir Sehari Bisa Cegah Kerusakan Gigi

Hobi minum teh hitam? Kabar baik bagi Anda, karena kemungkinan mengalami kerusakan gigi bisa lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian terbaru, rutin minum teh setiap hari bisa menyehatkan gigi dan mengurangi risiko kerusakan serta pembusukan gigi.Para peneliti menemukan bahwa teh hitam bisa melawan bakteri Streptococcus dan Lactobacillus yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Menurut Dr Carrie Ruxton yang memimpin penelitian tersebut, 3-4 cangkir teh sehari merupakan 'dosis' yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Penelitian tersebut juga menunjukkan, teh hitam bisa melawan pengeroposan dan pembusukan gigi bahkan setelah dicampur sedikit gula. Dr Ruxton mengatakan, ada bukti yang cukup kuat bahwa minum teh bisa melindungi gigi orang dewasa agar tidak copot sampai tua."Bukti menunjukkan bahwa minum teh hitam 3-4 cangkir sehari bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. Saya yakin berita ini akan disambut gembira oleh dokter gigi dan ahli kesehatan yang mengedukasi masyarakat akan pentingnya perawatan mulut dan gigi," ujar Dr Carrie, seperti dikutip dari Daily Mail.Tak hanya teh hitam, teh hijau pun memiliki efek yang sama. Selain mencegah k [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *