7 Cara Paling Efektif Hilangkan Stres, Tak Perlu ke Spa atau Liburan

goodmood.jpg

Setiap orang tentu pernah mengalami stres. Baik itu karena masalah pekerjaan, percintaan atau keluarga. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, tak ayal bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis menurun dan berujung pada depresi. Pergi ke spa atau rekreasi bisa menjadi cara untuk meredakan stres. Tapi ada cara lain yang lebih murah dan mudah. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan uang. Ini tujuh cara terbaik untuk mengusir stres, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Cari Udara Segar
Keluarlah di pagi hari untuk mendapatkan udara segar. Penelitian menyebutkan bahwa produksi vitamin D dalam tubuh yang dipicu oleh paparan sinar matahari pagi bisa meningkatkan hormon bahagia serotonin. Menikmati pemandangan, suara-suara dan aroma pagi di sekitar juga akan mengalihkan pikiran Anda dari kekhawatiran. Tidak bisa keluar rumah karena tinggal di perkotaan yang sibuk dan macet? Tempatkanlah beberapa tanaman di rumah atau apartemen Anda. Studi yang dilakukan Washington State University menemukan, menaruh tanaman di dekat meja kerja akan menurunkan tekanan darah, yang artinya stres jadi berkurang.

2. Lakukan Rutinitas Menyenangkan
Setiap harinya, pasti ada satu rutinitas yang kita sukai. Entah itu mandi air hangat sebelum tidur, mendengarkan musik favorit dalam perjalanan ke kantor, menonton serial drama atau mengajak anjing peliharaan jalan-jalan di pagi hari. Saat stres, lakukanlah rutinitas yang menyenangkan buat Anda karena bisa membuat hati dan pikiran lebih tenang.

“Tubuh kita secara alami membutuhkan rutinitas, dan dengan fokus pada ritual harian, Anda berarti meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi masalah fisik yang disebabkan stres,” ujar Christy Matta, terapis dan penulis The Stress Response.

3. Buat Tangan/Kaki Sibuk
Jika otak tidak bisa berhenti memikirkan hal-hal negatif, itu karena stres suka membuat pikiran Anda berantakan. Untuk mengatasinya, alihkan otak Anda dari pikiran negatif dengan melakukan aktivitas fisik yang melibatkan tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya. Misalnya menggambar, merajut atau panjat tebing. Ketika tubuh Anda mulai asyik dengan gerakan yang berulang-ulang, sinyal akan dikirimkan ke otak agar menjadi lebih relaks dengan seketika.

4. Bayangkan Tempat yang Tenang
Bayangkan tempat yang kira-kira bisa membuat Anda tenang. Misalnya pantai dengan pemandangan laut biru, pegunungan atau taman bunga beraneka warna. Kemudian tutup mata, fokus pada pernapasan dan bayangkan Anda berada di tempat tersebut. Lakukan selama beberapa menit setiap hari. Penelitian dari University of California, Los Angeles menunjukkan bahwa tubuh akan memproduksi lebih sedikit hormon stres (kortisol) ketika otak membayangkan tempat yang indah dan menenangkan.

5. Mandi
Air punya efek menenangkan tubuh dan pikiran karena mengingatkan kembali akan sensasi nyaman ketika berada di rahim ibu. Mandi di bath tub lebih efektif menghilangkan stres, tapi mandi di bawah shower juga punya efek meredakan stres. Isi bath tub Anda dengan air hangat, tuangkan beberapa tetes minyak aromaterapi atau nyalakan lilin wangi. Pilih keharuman lavender atau melati karena berkhasiat menenangkan dan mengurangi stres.

6. Ekspresikan Rasa Syukur
Sejumlah penelitian telah mengungkapkan efek positif dari mengekspresikan rasa bersyukur. Saat meneliti aktivitas otak, peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa partisipan yang tidak segan menunjukkan rasa bersyukur dan terima kasih, tingkat aktivitas di hypothalamusnya lebih tinggi. Hypothalamus adalah bagian dari otak yang berperan besar memengaruhi tingkat stres. Rasa syukur juga mengaktifkan hormon dopamin yang bertugas mengirimkan rasa senang ke otak. Bagaimana mengungkapkan rasa syukur? Bisa dengan menuliskan hal-hal positif yang Anda alami di notes kecil, jurnal, atau mengucapkan terima kasih kepada teman dan keluarga karena sudah ada untuk Anda.

7. Olahraga
Fitnes, olahraga atau aktivitas fisik intens lainnya akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang akan membuat perasaan Anda lebih baik. Hormon ini juga bertugas mengatur ritme tidur, menurunkan gejala depresi, meningkatkan energi serta membantu Anda tetap tenang dan lebih fokus saat menghadapi stres. Pilih jenis olahraga yang Anda sukai dan cari jadwal yang sedikit lengang dari rutinitas kerja.

(hst/hst)

Jangan lupa di share ya :)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Loading...
RELATED ARTICLES
Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Kenapa Bisa Terjadi Keputihan Berwarna Coklat?

Keputihan adalah hal yang wajar untuk dialami oleh perempuan pada segala usia, namun berbeda artinya jika keputihan yang terjadi disertai dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, baik coklat muda maupun coklat gelap, bisa menjadi pertanda kepada kondisi tubuh tertentu. Keputihan memegang peranan penting bagi sistem reproduksi wanita sebagai proses pembuangan cairan yang dihasilkan kelenjar di dalam serviks dan vagina. Cairan ini membawa bakteri dan sel mati yang nantinya dapat mencegah infeksi dan membuat vagina tetap bersih. Keputihan berwarna coklat biasanya terjadi pada akhir periode menstruasi atau bisa juga terjadi pada masa kehamilan. Jika keputihan Anda tidak hanya berwarna, tapi juga berbau, disertai gatal, atau gejala lainnya, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda adanya gangguan kesehatan. Penyebab Keputihan Berwarna Coklat Keputihan bisa disebabkan oleh tanda ovulasi, awal pada masa kehamilan, mendekati menopause, atau sudah memasuki menopause. Keputihan yang terjadi biasanya berwarna coklat muda hingga coklat tua. Keputihan berwarna coklat pekat juga bisa terjadi jika Anda mengalami pendarahan dinding rahim atau endometrium. Biasanya terjadi sebelum menstr [...]

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

5 Cara Menjaga Kebersihan Vagina yang Tepat

Menjaga kebersihan vagina sebenarnya mudah dilakukan. Membersihkan organ kewanitaan dapat dilakukan dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik Anda melakukannya pada saat mandi sore hari. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan: 1. Perhatikan Sabun yang Digunakan Bersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Lebih baik lakukan pada saat mandi sore hari. Selain karena air hangat menciptakan efek rileks, air hangat juga dapat meredakan nyeri jika sedang menstruasi. 2. Perhatikan Bahan Celana Dalam yang Dikenakan Kenakan celana dalam katun, jenis tekstil yang terbuat dari serat alami, sehingga kulit tetap dapat bernapas, sirkulasi udara lancar, dan membuat perasaan menjadi lebih segar. Jika sedang mengalami keputihan, gantilah celana dalam 3 kali sehari. Berikut ini adalah hal lainnya untuk membersihkan vagina yang tepat dan sehat: Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membersihkan Vagina Berikut ini adalah hal lainnya untuk membersihkan vagina yang tepat dan sehat: 4. Penggantian Pembalut Jika sedang mengalami menstruasi, gantilah pembalut setiap 4 jam. 5. Pe [...]

Pilah-pilih Susu Nabati Paling Sehat: Rasa Almond atau Mete?

Pilah-pilih Susu Nabati Paling Sehat: Rasa Almond atau Mete?

Beberapa jenis kacang seperti almond, hazelnut, edamame, macadamia, dan cashew (mete) tak hanya bisa dikonsumsi sebagai penganan ringan. Seiring dengan kemajuan zaman dan ilmu yang terus berkembang, kacang-kacangan tersebut kini diolah menjadi sari nabati yang teksturnya menyerupai susu. Maka tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai susu almond, susu cashew atau susu hazelnut.Dari berbagai jenis kacang yang diproduksi menjadi sari nabati, almond dan cashew menjadi salah satu kacang yang paling sering diolah. Kedua kacang ini mudah ditemukan dan lebih dikenal karena seringkali digunakan sebagai pelengkap dalam beberapa hidangan. Menilik dari manfaat keduanya yang bebas kolestrol dan rendah lemak, lantas mana yang paling baik?Emma Wood, pemilik London's Blend and Press juice bar menyarankan bahwa sebaiknya melihat kandungan nutrisi dari masing-masing kacang sebelum mengolahnya. "Jika Anda merendam almond dalam air selama seharian dan terkena paparan sinar matahari, perlahan mereka akan tumbuh karena pada kenyataannya, almond adalah biji," ungkapnya seperti dikutip dari Huffington Post.Benih kecambah yang tumbuh ini mengaktifkan enzim-enzim yang bermanfaat sehingga jika almond di [...]

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Di kala berbuka dan sahur, hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi karena cepat dicerna sehingga mengakibatkan mudahnya menjadi lapar kembali Saat sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak terlalu lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang mengandung pengawet, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula (ex: junk food) Berpuasa akan melambatkan jalannya sistim pencenaan sehingga ingatlah untuk berbuka puasa perlahan-lahan. Minumlah terlebih dahulu minuman yang manis atau jus buah dan kemudian diikuti dengan makanan ringan. Asupan makanan tetap harus seimbang baik karbohidrat, protein, vitamin, lemak, vitamin, dan mineral untuk pertumbuhan janin. Jangan lupa lengkapi asupan dengan susu dan buah Hindari minuman berkafein (teh, kopi, kola) terlalu banyak karena minuman berkafein merupakan diuretik (penarik cairan) yang menyebabkan seringnya berkemih di kala puasa dan berujung pada dehidrasi (kekurangan cairan). Minuman berkafein juga sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan ?sakit kepala? akibat efek adiksi Jika udara di luar dalam kondisi panas dan lembab, sebaiknya ibu hamil berada di dalam ruangan agar tidak [...]

Delapan Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Delapan Jenis Sakit Kepala Terus-menerus

Sakit kepala yang dirasakan bisa sangat mengganggu. Apalagi jika yang terjadi adalah sakit kepala terus-menerus. Sakit kepala terus-menerus atau kronis ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, yang terjadi selama tiga bulan berturut-turut. Berdasarkan penyebabnya, sakit kepala kronis dikelompokkan menjadi dua, yaitu sakit kepala kronis primer, yaitu sakit kepala murni tanpa adanya penyakit dasar lain yang memicu sakit kepala, dan sakit kepala kronis non-primer, yaitu sakit kepala kronis yang disebabkan atau dipicu dari penyakit lain. Mengenali Gejala yang Timbul Banyak kasus sakit kepala kronis primer yang tidak diketahui penyebabnya. Namun, sakit kepala kronis non-primer, memiliki beberapa kemungkinan penyebab, antara lain infeksi, peradangan atau gangguan pembuluh darah otak, tumor otak, cedera dan gangguan tekanan pada otak. Beberapa jenis sakit kepala terus-menerus yang umum dikeluhkan, antara lain : Sakit kepala tegang kronis Sakit kepala jenis ini ditandai dengan gejala rasa sakit yang menekan pada dua sisi kepala. Intensitasnya mulai dari ringan hingga menengah. Sakit kepala tegang yang terjadi secara kronis dapat terjadi tanpa pemi [...]

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Drinkorexia, Gangguan yang Buat Penderita Pilih Minum daripada Makan

Gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia kerap terjadi pada wanita, terutama di usia remaja. Gejala anoreksia ditandai dengan perasaan selalu merasa gemuk sehingga membiarkan tubuh kelaparan, sedangkan bulimia adalah keinginan makan sebanyak-banyaknya namun setelah kenyang makanan tersebut segera dimuntahkan kembali.Kini bertambah satu lagi gangguan makan yang bisa membahayakan jiwa, yang kerap disebut para ahli dengan drinkorexia. Pengidap gangguan makan ini terlalu terobsesi dengan asupan kalori dari makanan hingga akhirnya tak berani mengonsumsinya dan lebih memilih hanya minum. Lebih mengkhawatirkan lagi, minuman yang mereka pilih adalah wine atau minuman beralkohol lainnya.Wanita dengan gangguan makan ini lebih memilih minuman ketimbang makanan sebagai sumber energinya sehari-hari. Orang-orang ini adalah mereka yang sangat memerhatikan jumlah kalori dan terobsesi membatasi asupannya namun dengan cara yang ekstrem.Makanan pun mereka anggap tak penting lagi untuk dikonsumsi, tapi digantikan dengan minuman beralkohol. Biasanya mereka lebih memilih minum dalam keadaan perut kosong agar efek dari minuman beralkohol lebih maksimal.Belum diketahui secara pasti kenapa para peng [...]

Kawat Gigi pada Anak

Kawat Gigi pada Anak

Oleh: drg. Martha Mozartha Para ibu yang memperhatikan tumbuh kembang anaknya seringkali merasa cemas saat menyadari susunan gigi sang anak tampak tidak teratur. Gigi berjejal, posisi gigi yang maju, miring atau tumpang tindih sudah dapat terlihat saat anak memasuki usia sekolah, yaitu saat gigi tetapnya sudah mulai tumbuh. Tak jarang timbul pertanyaan di benak para ibu kapankah saat yang tepat untuk membawa anaknya ke dokter gigi, dan apakah susunan gigi yang tak rata tersebut dapat diperbaiki. Hingga saat ini, masih terdapat perdebatan di kalangan dokter gigi mengenai waktu yang tepat untuk merawat pasien anak-anak dengan menggunakan alat orthodontik (kawat gigi/behel). Perawatan orthodontik pada anak-anak, disebut juga dengan interceptive orthodontics bertujuan untuk mencegah terjadinya maloklusi atau mencegah maloklusi yang sudah ada menjadi bertambah berat. Perawatan ini umumnya dilakukan pada periode gigi bercampur (mixed dentition), yaitu saat gigi permanen anak sudah mulai tumbuh namun pada saat yang sama masih ada gigi susu yang belum tanggal. Pertentangan terjadi karena beberapa praktisi berpendapat bahwa perawatan orthodontik yang dilakukan saat periode tersebut membutuh [...]

Kulit Menghitam Saat Hamil

Kulit Menghitam Saat Hamil

Oleh: dr. Jessica Florencia Hampir 90% wanita, terutama yang berkulit agak gelap akan mengalami masalah kulit saat kehamilan. Para calon Ibu ini akan mengalami hiperpigmentasi (penghitaman kulit) di bagian-bagian kulit tertentu yang seringkali kurang menyenangkan. Hiperpigmentasi kulit ini terjadi pada awal-awal kehamilan dan seringkali dapat merupakan tanda awal terjadinya kehamilan. Bagian-bagian kulit yang biasanya menjadi lebih hitam adalah bagian puting payudara, areola payudara (daerah sekitar payudara yang lebih gelap), wajah, leher, punggung belakang, ketiak, selangkangan, paha bagian dalam, daerah sekitar pusar dan garis tengah perut. Jaringan parut yang baru terbentuk atau tahi lalat yang baru muncul juga akan menjadi semakin menghitam. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan yang mempengaruhi pembentuk pigmen kulit oleh sel-sel melanosit (pembentuk pigmen pada kulit). Bagian kulit yang menghitam tersebut akan semakin menghitam selama kehamilan dan menjadi lebih terang setelah persalinan, namun seringkali memang tidak dapat kembali seperti warna kulit sebelumnya. Untuk mengatasi hiperpigmentasi kulit pada masa kehamilan, Ibu hamil perlu memperhatikan hal [...]

4 Jenis Makanan untuk Kulit

4 Jenis Makanan untuk Kulit

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia Kulit Anda merupakan suatu organ pada tubuh yang penting selain untuk kecantikan, kulit penting untuk melindungi tubuh kita dari beberapa faktor lingkungan seperti virus, bakteri, beberapa bahan kimia, dan perubahan temperatur. Kulit juga mengandung pigmen melanin yang melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet dari matahari.Untuk menjaga kesehatan kulit dibutuhkan upaya yang cukup berat. Nah, untuk melindungi kulit dan mempertahankan kesegaran kulit Anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menjadi sumber nutrisi untuk kulit untuk kemudahan Anda menjaga kesehatan kulit. 1. Sayur dan Buah-buahan Sayur dan buah-buahan merupakan grup makanan yang penting untuk kesehatan kulit Anda. Bayam, merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menghilangkan jerawat dan membantu pemulihan kulit. Kentang, merupakan sumber dari vitamin C yang dapat berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan suatu protein dalam kulit yang dapat meminimalkan keriput pada kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit anda. Blackberry, blueberry dan strawberry merupakan buah-buahan yang megandung antioksidan, berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan o [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *